Review Infinix Note 4: Memang Boleh Lupa Charger

Tagar alias hashtag #LupaCharger rutin dipakai Infinix saat memperkenalkan dan mempromosikan ponsel ini. Usai menjajal Infinix Note 4, penulis alias HSW menyimpulkan tagar tersebut tidak berlebihan. Baterainya memang awet.

Dengan perilaku pemakaian ala HSW, baterai Note 4 setidaknya sanggup bertahan mulai subuh hingga tengah malam. Bahkan, sesekali ponsel itu baru perlu dihubungkan ke charger setelah digunakan selama 28 jam.

Betapa pun, Note 4 tidak luput dari hal-hal yang berpotensi mengurangi daya tarik. Silakan terus membaca ulasan ini sampai tuntas untuk mengetahuinya satu per satu.

Note 4 hadir dengan layar IPS 5,7 inci beresolusi full HD 1.920 x 1.080 piksel. Untuk mengaktifkan dan memadamkan layar, pengguna cukup mengetukkan jari dua kali di permukaan layar. Alternatif lain, memanfaatkan sensor sidik jari yang tersedia di bawah layar. Cara paling kuno, yaitu menekan tombol power, masih bisa dilakukan.

Tombol volume dan power terletak di sisi kanan ponsel. Di sisi atas terdapat sebuah konektor audio 3,5 milimeter, sedangkan di bawah ada speaker dan konektor micro USB. Bagian kirinya polos.

Walaupun memakai baterai tanam, penutup belakang ponsel bisa dilepas. Dengan melepaskan bagian itulah pengguna Note 4 dapat memasangkan kartu SIM dan kartu microSD. Ponsel berkode tipe X572 tersebut bukan menganut sistem hybrid. Dua kartu micro SIM dan sekeping kartu microSD bisa diselipkan bersamaan.

Sepasang nomor bakal siaga bersamaan. Pengguna bebas menentukan ingin berinternet via SIM1 atau SIM2. Nomor pilihan itu selanjutnya leluasa berkelana di jaringan 4G LTE, 3G, maupun 2G. Sedangkan satu nomor lainnya harus rela dikunci di jaringan 2G.

Merujuk kepada spesifikasi di situs resmi Infinix, Note 4 dapat beroperasi di jaringan 4G LTE band 1, 3, 5, 7, 8, 20, 38, dan 40. Hal tersebut bermakna ia kompatibel dengan semua operator 4G LTE di Indonesia, termasuk Smartfren. Namun, ponsel berdimensi fisik 159 x 78,8 x 8,4 milimeter dan berat 198 gram itu tidak mendukung native VoLTE.

Sepasang kamera dibenamkan ke Note 4. Kamera di sisi belakang dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat. Kemampuan maksimalnya menghasilkan foto beresolusi 13 megapiksel dan klip video full HD 1080p.

Tersedia mode profesional yang mengizinkan pengguna mengubah metering, kecepatan rana, dan ISO secara manual. Kecepatan rana bebas diatur mulai 1/100 sampai enam detik, sedangkan ISO mulai 100 hingga 1600. Kompensasi pencahayaan, white balance, dan pemfokusan juga dapat diubah.

Soal kinerja, asalkan tidak dipakai memotret di lokasi yang remang-remang, hasil jepretan kamera utama Note 4 tergolong cukup bagus di kelasnya. Nekat memakainya untuk mengabdikan objek di lokasi berpencahayaan kurang memadai? Bersiaplah mendapatkan foto yang berbintik-bintik kasar. Tidak sedap dipandang mata.

Beralih ke kamera depan. Ia mampu menghasilkan foto beresolusi delapan megapiksel dan klip video full HD 1080p. Kamera tanpa fokus otomatis itu dibekali lampu kilat. Ada tiga tingkat pencahayaan yang bebas dipilh pengguna: strong, medium, dan weak.

Menurut HSW, performa kamera depan Note 4 kurang prima. Saat digunakan berswafoto, foto yang dihasilkan relatif terang, tetapi tidak tajam. Warna kulit wajah lumayan sering terlihat pucat.

Masih terkait kamera, di menu kamera bawaan Note 4 terdapat fitur level. Fungsinya membantu pengguna memotret dengan lurus. Sekilas fungsinya menyerupai waterpass yang biasa digunakan oleh tukang bangunan. Pengguna tinggal memiringkan ponsel ke kiri atau kanan sampai terbentang sebuah garis lurus berwarna hijau. Masalahnya, fitur leveling itu justru menyesatkan. Bila mengikuti panduan garis berwarna hijau di layar, foto yang dihasilkan pengguna pasti miring. Waks!

Prosesor delapan inti (octa core) MediaTek MT6753 1,3 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, Miracast, RAM 3 GB, dan ROM 32 GB merupakan sebagian spesifikasi lain Note 4. Ketika ponsel kali pertama diaktifkan, kapasitas tersisa di memori internal mencapai 23,16 GB.

Ponsel Android 7.0 Nougat itu juga dibekali radio FM dan penyaring panggilan telepon maupun SMS masuk. Ia mendukung USB On-the-Go (USB OTG). Mau difungsikan sebagai power bank juga bisa.

Baterai berkapasitas 4.300 mAh yang ditanamkan ke bodi ponsel siap mendampingi pengguna beraktivitas seharian penuh, bahkan lebih. Jadi, tak masalah seandainya pengguna lupa membawa charger. Malam hari setibanya di rumah ponsel baru perlu disambungkan dengan pengisi daya.

Ketika daya baterai melemah, teknologi Xcharge ala Infinix menjanjikan proses pengisian ulang baterai yang cepat. Dengan menggunakan charger bawaan, dalam setengah jam daya baterai yang awalnya sepuluh persen akan terisi hingga 50 persen. Semakin mendekati penuh, kecepatan pengisian ulang semakin melambat. Untuk mengisi ulang baterai Note 4 sampai penuh dibutuhkan waktu sekitar dua jam 15 menit.

Saat HSW mengetikkan ulasan ini, Note 4 yang dijual eksklusif via Lazada sedang dibanderol Rp 1,899 juta. Konsumen yang memiliki anggaran kurang dari Rp 2 juta dan memimpikan ponsel dengan baterai relatif awet plus kamera lumayan boleh meliriknya. Tak perlu mengeluarkan dana tambahan untuk membeli aksesori. Sebab, di paket penjualan telah disertakan jelly case dan pelindung layar.

***

Berikut foto-foto yang dijepret menggunakan kamera Infinix Note 4. Semua memakai mode otomatis dan tanpa mengaktifkan lampu kilat, kecuali disebutkan khusus. Olah digital yang dilakukan hanya resize foto dan kompresi ukuran file.

Empat foto di bawah ini dihasilkan oleh kamera depan.

Kamera depan Note 4 dilengkapi lampu kilat dengan tiga tingkat pencahayaan. Seperti apa bedanya?

Dimulai dengan tingkat pencahayaan kuat (strong).

Kini tingkat pencahayaan menengah (medium).

Terakhir, tingkat pencahayaan lemah (weak).

***

Tangkapan layar Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

169 thoughts to “Review Infinix Note 4: Memang Boleh Lupa Charger”

  1. Huahahaha, Alexisnya.. (^^)

    Pertanyaan saya masih sama seperti yg di twitter pak.. apakah Infinix X571 akan direview juga?

    Terimakasih.

  2. Wah keknya mending redmi 4 X ya koh dengan harga yg mirip sama sama 3 GB Dan 32 GB.camera juga so so tpi prosessor dpet snapdragon ……

    1. Pak Icip Icip HP,

      Iya, pesaing Redmi 4X.

      Kalau cari yang lebih enak digenggam, built quality lebih bagus, dan ada remote control, silakan ambil Redmi 4X.

      Kalau cari yang dual SIM non-hybrid dan charging cepat, ambil Infinix Note 4.

  3. Dari sisi harga kan relatif imbang dengan Xiaomi Redmi 4X, ya Om? Kalo saya boleh minta saran, saya mending beli Infinix Note 4 atau Xiaomi Redmi 4X? Terima kasih

    1. Bu Muhtahida,

      Cara memilihnya sederhana.

      Kalau cari yang lebih enak digenggam, built quality lebih bagus, dan ada remote control, silakan ambil Redmi 4X. Oh ya, Redmi 4X juga bisa simultan 4G-3G.

      Kalau cari yang dual SIM non-hybrid dan charging cepat, ambil Infinix Note 4.

  4. Om herry,
    Dibandingkan dg infinix note 4 pro mending mana ya? Kalo bisa sekalian dong review note 4 pro nya, apalagi karena fiturnya sprti galaxy note.

  5. jika dibandingkan dengan xiaomi redmi note 4 :
    1. batrenya awet mana?
    2. performa kamera lebih bagus mana?
    3. lebih layak beli ini atau redmi note 4? (price to performa)

    1. Pak Reza,

      1. Saya lupa dulu waktu pakai Redmi Note 4 bisa bertahan berapa jam. Sepertinya kalah tipis dibandingkan Note 4.

      2. Note 4.

      3. Bergantung kebutuhan sih. Karena kemampuan simultan 4G-3G lebih saya perlukan, saya condong ke Redmi Note 4.

  6. Terima kasih atas reviewnya Pak, jadi untuk keseluruhan antara Xiaomi Redmi 4x, Xiaomi Redmi Note 4 dan Infinix Note 4 ini mana yg paling baik jika diurutkan secara peringkat Pak Hery?

    Dan 1 lagi, seingat saya Pak Hery pernah mengatakan di twitter jika saya tidak salah kurang lebih maksudnya seperti ini “tidak masalah meng-charge baterai gawai semalaman (saya anggap ini ditinggial tidur) dengan kondisi dimatikan gawainya”, itu tidak masalah ke umur baterai ya Pak?

    Mohon dijawab ya Pak agar saya tercerahkan, terima kasih.

    1. Pak Fernando,

      * Mengacu kepada kebutuhan pribadi, untuk ponsel utama saya condong ke Redmi Note 4 dulu, kemudian Redmi 4X, baru Note 4. Kebetulan saya memerlukan kemampuan 4G-3G secara simultan. Remote control menjadi manfaat ekstra.

      * Benar. Kondisi itu berlaku bila ponsel dipadamkan total selama proses charging dan charger yang dipakai bukan merek abal-abal. Saya pernah coba mengukur, setelah baterai penuh, arus yang lewat sangat kecil. Nyaris nol.

      1. Terima kasih atas jawabannya Pak Herry, maaf sebelumnya saya salah menuliskan nama Bapak.

        Dengan menggunakan gawai berdaya baterai besar, tidak mungkin diisi kala beraktivitas karena memakan waktu lama, kecuali mempunyai beberapa gawai, jadi saya berencana membeli Xiaomi Redmi Note 4 asalkan masalah Charging gawai dapat dilakukan ketika tidur tanpa takut merusak baterai. Saya semakin yakin membeli gawai tersebut setelah dicerahkan oleh Bapak Herry.

        Terima kasih atas perhatian dan waktu yang diluangkan, sehat selalu dan semakin sukses ya Pak.

        1. Pak Fernando,

          He… he… kalau Herry ditulis Hery, Heri, atau Herri masih saya maklumi kok. Namun, kalau tertulis Harry, Henry, atau sejenisnya, bakal saya jawab, “Kita nantikan kemunculan Pak Harry/Henry” deh. 🙂

          Sip deh. Saya sarankan membeli Redmi Note 4 yang varian RAM 4 GB dan ROM 64 GB.

          1. Pak Herry, kenapa menyarankan RAM 4 GB dan ROM 64 GB? Apakah varian RAM 3 GB dan ROM 32 GB ada kekurangan “bawaan pabrik” (bug tertentu) atau bagaimana Pak Herry?

            Sayapun sebelumnya memang ingin membeli yang varian RAM 3 GB dan ROM 32 GB, dengan adanya masukan dari Pak Herry saya kembali mempertimbangkan untuk membeli varian RAM 4 GB dan ROM 64 GB.

            Terima kasih, Pak Herry.

          2. Terima kasih atas balasannya Pak Herry.

            Kalau boleh tau apa alasan Bapak merekomendasikan varian tersebut? Apakah ada kendala (bug, dll) pada varian RAM 3 GB dan ROM 32 GB Pak Herry? Karena awalnya saya minat dengan yang varian RAM 3 GB karena asumsi saya makin minim konsumsi daya baterainya.

            Mohon bimbingannya Pak, terima kasih.

          3. Pak Fernando,

            Hmm… tadi sudah saya jawab deh. Alasannya sederhana, yaitu agar Anda memiliki ponsel dengan memori lebih lega.

  7. Selamat malam Pak Herry,
    Jika bapak mau menjawab pertanyaan saya ini, saya berterima kasih sekali sebelumnya..
    Menurut bapak, brand ponsel apa yang build quality nya terbaik? Dari segi seperti batrai nya yang awet tidak cepat drop( bukan lowbat ya) dll.
    Terima kasih pak.

    1. Pak Rayner,

      Hmm… tergantung tipe juga sih. Perilaku pemakaian turut menentukan kondisi baterai pula. Jadi, agak sulit digeneralisasi. iPhone biasanya cenderung mampu memenuhi dua kriteria itu.

  8. Selamat malam Pak Herry.. Setelah sekian lama Saya hanya jadi ‘silent reader’ nya ponselmu.com, kali ini Saya mau bertanya. Ini kalau dibandingkan dengan Asus Zenfone Max generasi pertama (bukan Asus Zenfone 4 Max), kameranya bagusan mana Pak? Terima Kasih..

    1. Pak Wahidin,

      Boleh dibilang imbang. Di lokasi berpencahayaan terang benderang, warna yang dihasilkan Infinix Note 4 lebih terang/keluar. Sedangkan di lokasi remang-remang, Zenfone Max unggul tipis.

  9. Saya pengguna Infinix Note 4 X572. Baterainya saya rasa rada boros. Standar aja.
    Pagi Jam 07.00 dices sorenya jam 17.00 minta ces lagi. Pemakaian standar. Sosmed & browsing. Sim aktif keduanya . Tidak ada main game.

    1. Pak Andi Muz,

      Lho… berarti hanya sepuluh jam pemakaian ya? Kok boros banget.

      Sama. Saya juga mengaktifkan dua nomor. Satu di jaringan 4G LTE, satu lagi di jaringan 2G. Saya pun tidak bermain game. Saya memakainya untuk Twitter, Facebook, WhatsApp, browsing, dan email (sekitar 700 email per hari).

      1. Punya saya cabut charger jam 1 dinihari tadi, ini jam 12.50 siang udah sisa 21%
        Pemakaian hanya WA dan Telegram, Facebook, gak main game juga, tapi beberapa kali video call di WhatsApp dan sempat 2 jam di airplane mode, karena penerbangan Jakarta ke Makassar
        Pake kartu XL 4G dan Telkomsel di 2G

        1. Pak Taufan Siswadi,

          Apakah sinyal XL kurang stabil dan kuat? Kalau sedang keliling uji sinyal, kadang saya nemu daerah yang sinyalnya empot-empotan dan bikin baterai boros.

  10. Setelah membaca jauh ke belakang ulasan hp di blog bapak, saya tertarik dengan lenovo vibe shot, karena harga baru sekarang 2,2jt an. Dengan mengutamakan hasil kamera belakang, apakah masih wort 2 buy pak, lalu di kisaran harga >3jt, hp yang setara hasil kameranya apakah ada? Thnks.

    1. Bu Dita,

      Hmm… masih boleh sih.

      Di kisaran harga lebih dari Rp 3 juta? Ada banyak ponsel yang hasil jepretan kameranya bukan sekadar setara, melainkan lebih bagus. Misalnya, Xiaomi Mi A1, Motorola Moto G5s Plus (ini harga resminya Rp 2,999 juta), dan Asus Zenfone Zoom S.

  11. Pak Herry, kok punya saya applikasi camera nya gak bisa tekan 3 tombol yang dibawah itu ya? Yang untuk setting? Apa ada trik khusus untuk tekan nya? Hehe

      1. Iya, tadi saya udah sapukan ke kiri kanan gak mau, hehe
        Jadi saya factory reset aja tadi, udah normal nih
        Makanya bingung, gak nemu menu² di camera nya

  12. Om Herry mohon izin sebelumnya, kalau dibolehkan bolehkah saya ambil beberapa artikel yang mas Herry tulis. Artikel tsb saya gunakan sekadar untuk tugas saja dan tidak akan dipublikasikan di media apapun. Mohon maaf sebelumnya. Trimakasih

  13. Selamat pagi pak Herry.

    Baru pertama ini saya baca ulasan review dari Pak HSW, ternyata komplit ya. Suka saya, langsung check notify new post by email deh. Pertanyaan saya ya pak, mau minta rekomendasi Hape untuk harga di kisaran 1,5jt buat gaming. Terima kasih

    1. Pak Yusron,

      Saya bukan penggemar game. Jadi, terus terang nggak berani memberikan rekomendasi kalau spesifik untuk gaming.

      Di kisaran harga segitu, saya biasanya merekomendasikan Moto E3 Power. Namun, sekali lagi, saya tidak mengetahui keandalannya kalau dipakai bermain game ya.

  14. Pak Herry sy ingin bertanya bagaimana pelayanan purna jual ponsel Xiaomi saat ini? Sy lokasi di Sidoarjo, apakah di Plaza Marina ada service center Xiaomi? Sy pengguna Samsung selama bertahun-tahun karena puas dgn pelayanan purna jualnya, sehingga jika ingin berganti hp sy mencari pelayanan purna jual yg baik. Terima kasih, Pak Herry.

    1. Bu Tasalina Yohana,

      Maaf baru bisa merespons pertanyaan Anda pada sore ini.

      * Cukup baik.

      * Ada. Namun, saya lebih merekomendasikan Anda berurusan dengan pusat perbaikan resmi Xiaomi yang berada di WTC lantai 2 Surabaya.

  15. Halo Pak Herry..
    Setelah Infinix Note 2 saya mati total (Hanya berusia 1,5 tahun), edisi sakit hati, akhirnya saya pindah ke lain gawai dan meilih redmi note 4 varian 4/64 resmi (harga 2.550.000)..tentunya setelah membaca rekomendasi dari Pak Herry…

    – adapun penilaian saya..redmi note 4 lebih awet ketahanan baterainya dibanding dengan infinix note 2 dan ada kemungkinan infinix note 4 pun kalah..snapdragon 625 memang irit daya dan tidak panas ketika dipakai gaming dalam waktu lama..
    – proses charging pun tidak terpaut jauh dari 0 s/d 100%, saya perhatikan cuma 2.5 jam saja (dalam keadaan data mati)
    – OS lebih menarik dibanding Infinix menurut saya, dan terasa lebih gegas (benar tidak Pak Herry?)
    – Untuk yang mau beli infinix jangan khawatir..unit saya kebetulan rusak di usia 1.5 tahun, tapi punya kakak saya infinix note 2 nya masih bertahan dan tidak ada masalah sampai sekarang..

    Oh ya Pak Herry saya mau tanya :
    – Saya punya kamera saku Sony jadul (8 Mp)..dahulu beli seharga 2.8 jt, setelah saya perhatikan..hasil fotonya koq lebih bagus redmi note 4 yah?..itu saya lihat setelah diperbesar dilayar komputer..benarkah penilaian saya ?

    1. Pak Slamet,

      * Ya, kalau dibandingkan Infinix Note 2, Xiaomi Redmi Note 4 lebih gegas dan smooth.

      * Tergantung kamera Sony-nya sih. Kamera saku keluaran lama kalau diadu dengan kamera ponsel keluaran terkini memang bisa kalah.

  16. Duh, kapan ya infinix akan mengeluarkan hape yg nyaman digenggam? Ini bodi nya gede banget ya. Tertarik dengan hape ini, cuma ya itu, repot bawanya

  17. Selamat malam pak herry, semoga sehat selalu. Saya membeli xiaomi redmi note 4 3/32, garansi Tam . secara umum sangat memuaskan seperti review bapak. Tetapi saya ada kendala untuk pasang sidik jari. Beberapa kali saya coba selalu gagal. Apakah bapak bisa membantu memberikan solusi? Apakah Android nougat dan miui 9 sudah bisa diaplikasikan di handphone ini? Terima kasih, saya tunggu jawaban bapak

    1. Pak Purwoko Adhi Widhi Nugroho,

      Ini ceritanya Anda sedang coba merekam sidik jari, tetapi gagal ya? Cobalah mencuci tangan dulu menggunakan sabun, lap sampai kering, kemudian lakukan perekaman ulang. Kegagalan perekaman sebenarnya jarang terjadi, tetapi memang berpeluang dialami pengguna yang jari tangannya cenderung halus atau berkeringat.

  18. Mantap Om Herry, review yang saya tunggu akhirnya keluar.

    Menurut Om, dibandingkan dengan infinix hot S, lebih baik mana dari segi :
    1. Kamera
    2. Kegegasan (Whatsapp, FB Messenger, Instagram, dan sesekali main game)
    3. Daya tahan baterai

    Terima kasih Om atas jawabannya.

  19. Pak Herry,
    Jika bapak bisa merekomendasikan saya brand smartphone yang kebanyakan ponselnya minim bug dan UI nya mulus, brand apa yang bapak sarankan? Selain apple ya.
    Saya pake xiaomi redmi note 4 snapdragon semakin di update softwarenya malah semakin banyak bug nya menurut saya. Yang saya hanya suka dari ponsel ini adalah baterainya.

    Tolong sarankan ya pak, Terimakasih

  20. Selamat malam pak herry.
    Saya bekerja sebagai tukang ojek online. Selama ini saya menggunakan xiaomi redmi note 4 sebagai hp utama untuk menunjang kegiatan mencari nafkah. Saya membutuhkan hp cadangan dgn harga dibawah 1 juta, menurut pak herry hp apa yg pas untuk saya ?.
    Terima kasih.

    1. Pak Dani,

      Terus terang saya tidak berani memberikan rekomendasi. Ponsel unlocked dengan harga kurang dari Rp 1 juta seringkali kurang nendang.

      1. Oh begitu ya pak. Terima kasih untuk respon nya.
        Kalau di range harga 1,2 jutaan ada gak pak ? Kalau bisa di bawah harga tersebut pak .

    2. Sorry koh, Herry saya bantu jawab.
      Utk hp cadangan dibawah 1jt, cari second aja. Misal Xiaomi Redmi 4a, secondnya sekitar 900rb sampai 1jt

        1. Terima kasih saya untuk pak herry dan pak ming.

          Dengan mempertimbangkan dana, saya memilih membeli Redmi 4A seperti yg disarankan oleh pak Ming, kebetulan salah seorang teman main futsal juga memiliki hp tersebut.

  21. Koh saranya dong, paket data matrix pascabayar disurabaya, kecepatannya seperti apa ya? Apakah direkomendasikan? Terimaksih koh

    1. Pak/Bu Diaa,

      Sedang agak bagus, tetapi tak lebih dari 1,1 Mbps. Kalau boleh memilih operator lain, saran saya, coba Smartfren deh.

        1. Pak Dias,

          Saya tak berani menjamin 100% Surabaya terlayani oleh Smartfren. Namun, di area saya biasa berkeliling, layanan 4G LTE Smartfren selalu ada sih.

  22. Malam pak Harry,

    Mengingat Lenovo vibe P1 turbo harganya turun, diatas infinix note 4 sedikit harganya..
    Untuk jaman now, lebih pilih mana ya?

  23. Malam Pak Herry

    Mengingat harga Lenovo vibe P1 turbo turun harganya..
    Lebih mahal sedikit ketimbang infinix note 4,
    Untuk jaman now, lebih pilih yg mana pak?
    Apakah Lollipop Lenovo vibe P1 turbo bisa update?

    1. Pak Yusuf Ahmad,

      Pertanyaan pertama tadi sudah saya jawab deh.

      Tak tahu. Saya sudah tidak mengikuti perkembangan versi OS ponsel itu.

  24. Pak herry, ijin untuk bertanya
    Mohon bantuan sarannya, menurut pak herry SW, apa hp yang memiliki kualitas kamera terbaik di rentang 3 – 4 juta?
    saat ini saya baru memiliki dua opsi xiaomi mi a1 atau lg g5 se, apakah pak herry memiliki saran yg lain? saya lebih mengutamakan hasil kamera belakang yg baik, tidak penting kamera depannya

    1. Pak Sapul,

      Kalau pilihannya dua ponsel itu, ya mending G5 SE. Kameranya mantap. Namun, baterai ponsel itu relatif boros.

  25. Pak Herry,
    Mohon maaf kalo OOT..
    1. Apakah Pak Herry akan mereview Oppo F5? Mengingat secara spek dan harga menurut saya sih masih wajar.
    2. Apakah Pak Herry jg akan mereview Samsung Galaxy Note FE? Terus terang harganya tergolong miring utk HP dengan spek tersebut, apakah aman dan layak beli?
    Terima Kasih

    1. Pak Wandi,

      1. Belum ada rencana.

      2. Tidak. Menurut saya, harganya tidak bisa dikatakan miring mengingat ponsel itu kan sebenarnya refurbished dari Note 7. Tak tahu layak beli atau tidak karena saya tak pernah mencobanya.

      1. Permisi Om Herry, sekedar informasi saja nih, berdasarkan situs resmi Samsung, keterangan pada dus unit Note FE, dan hasil pembicaraan telepon saya dengan Layanan Pelanggan Bebas Pulsa nya Samsung, Note FE ternyata disebutkan bukan “refurbished” dalam arti menggunakan komponen bekas dari unit tarikan/recall Note7 dahulu kala, namun menggunakan “komponen baru yang sedianya digunakan pada Note7, dan komponen lain”. Jadi, bisa disimpulkan bahwa komponen yg dipakai seburuk-buruknya merupakan komponen yg sudah jadi dan siap dirakit ketika Note7 masih diproduksi. Begitu dihentikan produksinya, komponen disimpan dalam gudang persediaan Samsung hingga dipakai dalam Note FE bersama sebagian “komponen lain” (mungkin komponen yg benar benar baru seperti baterai kali ya).

        Terima kasih Om sudah memberi kesempatan kepada saya berbagi informasi ini, barangkali ada yang penasaran seperti saya, dengan kesimpangsiuran status kebaruan produk ini

        1. Pak Ega_32,

          Di situs resmi dan kardus Galaxy Note FE apakah ada keterangan bahwa ponsel itu bukan refurbished? Boleh minta tautannya ke situs resmi?

          Yang di Indonesia memang bukan memakai unit tarikan Galaxy Note 7. Lha ponsel itu kan belum sempat diedarkan di sini. Baru tahap pre-order, lalu dibatalkan menjelang waktu serah terima.

          Setahu saya, proses produksi Galaxy Note 7 saat itu sudah berlangsung. Atas instruksi dari kantor pusat, Galaxy Note 7 batal diedarkan. Nah… komponen tersebut, kecuali baterai, kini dipakai untuk Galaxy Note FE.

          1. Ini Om tautan produk di Samsung Indonesia.

            http://www.samsung.com/id/smartphones/galaxy-note-fan-edition-n935/SM-N935FZBDXID/

            Pada dus produk yang diedarkan resmi disini dan negara tetangganya juga tertulis “menggunakan komponen yang dimaksudkan untuk smartphone Galaxy Note7 yang belum dibuka dan belum digunakan, serta bagian-bagian lain.” Kebetulan saya sempat lihat dusnya 🙂 ini jepretan belakang dusnya
            http://i67.tinypic.com/205r3ut.jpg

            Memang begitu Om memanfaatkan banyak komponen Note7 yang dulu terlanjur diproduksi. Hanya tinggal tanda tanya aja apakah nanti ketika stok tersebut habis, produksi dilanjutkan dengan komponen baru yang kelak baru akan dibuat, ataukah model ini langsung didiskontinu. Hanya Samsung dan Tuhan yang tahu haha..

          2. Pak Ega_32,

            Mohon maaf karena saya baru bisa merespons pertanyaan Anda pada hari ini. Dua minggu terakhir aktivitas saya kebetulan sedang sangat padat.

            Terima kasih. Tautan itu barusan saya buka dan ada keterangan ini.

            Galaxy Note Fan Edition is an entirely new device that has been reengineered with unused components and unopened Galaxy Note 7 devices replaced with safe batteries. They are brand new devices made exclusively for fans of the Galaxy Note.

            Kebetulan ini kasus yang agak unik. Komponennya pernah dipakai di ponsel lain, tapi ponsel itu belum pernah digunakan. Menurut saya sih, bagaimana pun itu tetap tergolong bekasnya Galaxy Note 7.

            Mungkin bakal langsung diskontinyu ya.

      1. Xiaomi mi A1, LG G5 se, samsung a5 (2017), ini yang di bawah 5 juta semua, klo tanpa lihat harga, apa tetap lebih baik zenfone zoom s pak?

        Terima kasih

  26. Pak Herry.. Maksud dari jaringan 4G-3G bekerja secara simultan apa sih Pak ? Apa Infinix Note 4 ini 4G nya ga bagus gitu ya Pak?

    Sama ngomong2, minta rekomendasi gadget max.2 juta dong Pak? Spek nya yg utama pasti udah 4G, RAM 3gb dan bukan hybrid , lain2 menyesuaikan saja. Barangkali Pak Herry ada saran, mohon Saya kasi masukan 3 sampai 5 ponsel sebagai perbandingan, lebih dari 2 juta jg gpp tapi dikit aja, hehe.. Trims 🙂

    1. Pak Dico Sugandhiko,

      Ketika SIM1 berada di jaringan 4G LTE, nomor di selot SIM2 masih bisa masuk ke jaringan 3G. Di sebagian ponsel SIM2 bakal terkunci di jaringan 2G. Akibatnya nomor di selot SIM2 akan sulit dipakai menelepon maupun ditelepon. Jadi, dalam kasus ini, bukan berarti 4G-nya Note 4 jelek ya.

      Coba cari sisa stok Lenovo Vibe P1 Turbo. Harga ritel resmi masih Rp 2,2 jutaan, tetapi kadang ada penjual yang menawarkannya kurang dari Rp 2 juta. Tidak ada rekomendasi lain.

      1. “Cari stock Lenovo Vibe P1 Turbo” ? Berarti apa ponsel tsb termasuk ponsel keluaran lama ya Koh ? Ada link review nya ga Koh ?

        Oo ya.. Kalo ponsel ASUS masih layak beli ga Koh? Kira2 ponsel apa Koh kalo budget 2jutaan? Coz Saya orangnya klo udh nyaman 1 merk bakal itu terus, he he.. Pengalaman pake ponsel ASUS ini udah jalan 2 taun lancar jayaa ?

        *Sorry double re-post*

  27. Pagi Pak Herry SW,
    Maaf pertanyaannya melenceng. Menurut Pak Herry, mana yang lebih direkomendasikan, Xiaomi redmi note 4 dengan processor Qualcomm Snapdragon 625 RAM 3GB memori internal 32 GB atau Xiaomi redmi note 4x dengan processor Mediatex Helio X20 RAM 4 GB memori internal 64 GB? Terima kasih

    1. Pak Yuda,

      Redmi Note 4X pasti tanpa garansi resmi. Jadi, langsung coret deh.

      Apakah tidak lebih baik sekalian melirik Redmi Note 4 bergaransi resmi varian RAM 4 GB dan ROM 64 GB?

        1. Pak Yuda,

          Yang beredar resmi di sini Redmi Note 4. Kadang penjual menyebut Redmi Note 4 varian RAM 4 GB dan ROM 64 GB sebagai Redmi Note 4 Pro.

  28. Koh Herry,

    Maaf OOT, Saya mau tanya beberapa pertanyaan :

    1. Koh Herry tidak ada keinginan untuk buat artikel perbandingan paket data antar operator kah ? Saya rasa itu akan sangat berguna untuk referensi para pembaca

    2. Koh, ada referensi merk / type charger yang mendukung fast charging kah ?

    Terima Kasih,

  29. Selamat siang pak herry..

    Saya mau nanya pak, lebih baik beli Asus zenfone 4 max (ZC520KL) atau redmi note 4 ya pak? Hp dikisaran harga 2,5jt yg masih enak dipakai buat 2-3 tahun kedepan.. Terimakasih pak

  30. Malam Pak Herry

    Mengingat harga HP Lenovo vibe P1 turbo sekarang turun,
    Diatas infinix note 4 sedikit lebih mahal..
    Untuk jaman now, lebih pilih mana untuk HP sehari-hari?

    1. Pak Yusuf Ahmad Putranto,

      * Entah sebelumnya yang bertanya Anda atau bukan. Namun, saya yakin sudah pernah menjawab pertanyaan serupa. Kalau ternyata yang bertanya Anda, lain kali pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja.

      * Kalau harga cuma beda tipis, mending Vibe P1 Turbo.

  31. Pak Herry masih memakai feature phone sebagai ponsel pendamping tidak? Mau tanya tentang pepesanan di ponsel baheula nih, yaitu daya tampung maksimal pesan (pesan masuk/pesan terkirim) di Nokia X2-02 berapa yah? Apakah ada batasanya juga seperti kontak?

    Karena baru² ini ponsel saya mengalami masalah yang cukup unik, bisa dibilang “pesan gandul” dimana seseorang telah sukses mengirimkan pesan tetapi pesan tersebut tidak masuk di kotak masuk saya, bukan hanya 2-3 pesan tapi tepatnya 40 pesan lebih

    Apakah faktor yang mempengaruhi yah?
    1. Jumlah pesan yang ditampung
    2. Jaringan 2G yang semakin buruk

    Kalau HSW punya referensi feature phone yang sudah mendukung 3G (yang masih bisa dicari) sangat diapresiasi sekali

    Sebelumnya mohon maaf telah out of topic. Terimakasih

    1. Pak Dhimas,

      Tidak. Ya, pasti ada batasan, tetapi saya sudah lupa jumlah maksimal di X2-02 berapa pesan.

      Kemungkinan pesan di ponsel Anda terlalu banyak.

      Tidak ada rekomendasi.

  32. Pak, mohon rekomendasinya donk hp dengan ram 6 gb, kamera dan ketahanan baterai bagus dengan budget di bawah 9 juta apa ya?

    1. Pak raja bantu jawab ada Samsung Galaxy C9 Pro dan Infinix Zero 5 untuk infinix sih barangnya belum resmi di indonesia tp spesifikasinya memenuhi kriteria anda.

  33. Om herry saya tertarik dengan promosi baterai besar dan fitur fast charging , secara saya berjiwa muda dan aktif terus disosmed, rekommend gasih om infinix ini ? Terus mau tanya lagi ,dgn layar sebesar itu pake satu tangan masih nyaman apa bikin pegel ? Hehe trm kasih sebelumnya om

  34. Pak, untuk hp dengan hasil kamera diatas huawei p9 apa ya? mingkin bisa kasih saran 5 buah hp yang lebih bagus kameranya

  35. Selamat pagi pak herry, semoga selalu diberi kesehatan dan kesuksesan. Pertanyaan saya di luar topik. 1. Situs online apa yang bisa bapak rekomendasikan dan terpercaya untuk membeli suatu produk smartphone secara online? 2. Bagaimana cara memilih penjual yang terpercaya di situs online agar kita mendapatkan barang yang sesuai dengan pilihan kita ? 3. Saya membaca di blibli.com di bagian review para buyer smartphone, ada yang bilang bahwa kartu garansi dan kwitansi tidak disertakan. Apabila terjadi sesuatu dengan barang yang dibeli apakah bisa diklaimkan ? Saya tunggu jawabannya pak, terimakasih

    1. Pak Purwoko Adhi Widhi,

      1. Erafone.com. Namun, harga yang ditawarkan biasanya kurang atraktif. Pilihan berikutnya, Blibli.com.

      2. Kalau yang di Erafone, semua barang pasti disediakan mereka. Untuk Blibli, carilah yang disediakan dan dikirimkan oleh Blibli.

      3. Kartu garansi ponsel apa dulu nih? Ponsel merek tertentu tak memerlukan kartu garansi fisik. Tentang kuitansi, yang Anda maksud nota pembelian kan? Tinggal dicetak sendiri dengan cara login ke akun Blibli. Ya, bisa klaim garansi.

      2.

  36. Sorry koh Herry sedikit keluar dari topik, hehehe. dari review yang saya lihat di youtube (salah satu reviewer terkenal di indonesia) kabarnya infinix meluncurkan seri Zero terbaru (Zero 5 pro). apakah koh Herry berencana untuk mereviewnya juga ? saya sedikit kepo tentang hp ini karena baru saja dpt Mi A1, apakah si infinix Zero 5 Pro ini layak menjadi pertimbangan untuk dibeli dari segi kamera dan juga harga? terima kasih

    1. Pak Ryan,

      Tidak. Lha belum beredar resmi di sini.

      Tak tahu. Sekadar menyentuh pun belum pernah, gimana saya bisa menilai layak beli atau tidak.

  37. Pak herry, jika kamera ponsel ini di bandingkan dengan xiaomi redmi note 4 snapdragon, menurut bapak lebih bagus mana? Dan apakah ponsel ini terasa panas karna prosesor nya jika dipakai nonton/main game? SOT yang bapak dapatkan berapa jam pak?
    Terimakasih sebelumnya..

    1. Pak Rayner,

      Dalam hal kamera, Infinix Note 4 lebih bagus. Selain satu faktor itu, saya lebih menjagokan Xiaomi Redmi Note 4.

      Nonton YouTube sih tidak panas. Saya tidak bermain game.

      SOT tidak saya cek. Saya tak peduli SOT karena bagi saya itu tidak bisa dijadikan patokan daya tahan baterai.

  38. Pak Herry,
    Apakah bapak berencana mereview Blackberry Keyone? Kayaknya saya pernah baca di twitter kalau bapak mungkin akan mereview.
    Apakah menurut pak Herry Blackberry Keyone worthed to buy, jika dilihat dr harga dan spek?
    Menurut saya, harga resmi Blackberry Keyone 8.9jt agak tidak masuk akal.
    Dengan processor dan RAM seperti Xiaomi Redmi Note 4, tapi dijual dengan harga nyaris 4x lipat.
    Blackberry Keyone kan dibuat TCL, seharusnya bs lebih murah, ini malah dijual dengan harga yang “kemahalan”, menurut saya sih pak.
    Bahkan harga jualnya mendekati Samsung Galaxy S8 SEIN.
    Di US sendiri Blackberry Keyone unlocked dijual USD 500, atau sekitar 6.5jt.
    Paman saya sebenarnya sedang mencari smartphone berkeyboard fisik, tapi melihat harganya saya lebih mengusulkan Samsung Galaxy Note 5 atau S7 dengan accessories keyboard tambahan yg dipasang di layar.
    Bagaimana menurut pak Herry?
    Thank you.

    1. Pak Ming,

      Niat hati begitu. Bahkan, saya sudah membeli aksesorinya.

      Layak dibeli atau tidak belum bisa saya jawab. Lha belum pernah coba. Sulit memberikan rekomendasi hanya berdasarkan spesifikasi dan harga.

      Versi KEYone yang beredar di AS berbeda dengan Indonesia lho. Yang di sana single SIM. Frekuensi band LTE-nya, bila tak salah, juga tidak selengkap yang di Indonesia.

      Galaxy Note 5 + keyboard tambahan di bawahnya terasa tidak nyaman. Entah kalau Galaxy S7.

  39. Sore Pak,
    mohon saran atau rekomendasi merk apa yang kabel cas type C ( kalau bisa kabelnya pipih atau berbahan kuat agar tak mudah putus ) dan support quick charge 3.0 .

    terima kasih pak

      1. ada rekomendasi merk lain tidak pak? soalnya cari anker yg usb C susah, sudah cek beberapa official store dan webnya tapi stock kosong

  40. Pak herry selamat sore

    Mohon info hp ini (infinix note 4) klo dipakai main game mobile legend gampang panas g?trims jawabnnya

  41. Pak Herry,
    Maaf saya out of topic lagi,
    Apalah bapak menyarankan jika saya jual Redmi Note 4 saya dan beli Asus Zenfone 3 ZE552KL? Dan apakah ponsel Asus itu masih worth it untuk saat ini? Atau akan ada ponsel yang menarik dan akan segera keluar dalam 1-2 bulan kedepan dengan harga dibawah 4jt namun lebih meng goda dibanding ZE552KL tersebut? TerimaKasih sebelum nya Pak.

  42. mau nanya nih koh herry,
    1. selain hp ini dengan keunggulan battery, apakah ada lagi hp lain yg battery yg besar tetapi proccesor lebih bagus koh?
    -2.dan kira-kira menurut koh herry yg buat ngojek online enaknya pake hp apa koh, yg GPS sama Batternya bagus koh?

  43. Wah, kalau dibandingkan dengan infinix hot note, upgrade nya sudah sangat jauh ya Pak.
    Saya lihat pada komen2 diatas, sepertinya Pak Herry lebih rekomen lenovo vibe p1 turbo ya, dibanding dengan infinix not 4? Apakah memang kualitasnya nya jauh lebih bagus ya? Kalau dilihat dari segi hasil jepret kamera dan kegegasan, menang mana ya pak?
    Sebentar lagi tahun baru ya Pak, bakal ada list hape terbaik lagi kah?

    1. Pak Amaris,

      Lenovo Vibe P1 Turbo terasa lebih mantap dan gegas.

      Kamera lebih bagus Note 4. Kegegasan menang Vibe P1 Turbo.

      Ya. Pertengahan Januari 2018 saya buatkan daftarnya.

  44. Selamat pgi koh Herry, maaf oot sebentar :

    Mau tanya koh, dengan asumsi harga baru sama sekitar 2,6 jt, mna smartphone yg terbaik dari 3 berikut ini, redmi note 4 versi ram 4gb/64gb, asus zenfone 3 ze520kl, dan infinix zero 4 plus?

    Atau ada rekomendasi lain di rentang harga >2.6 jt rupiah?
    Terima kasih pak.

    1. Maaf maksud saya rentng harga <2,6 juta.

      Dari ketiga smartphone diatas, sebagai ponsel utama, boleh diurutkan mana preferensi koh herry? Terima kasih koh

      1. Pak Rizal,

        Ups… maksud Anda kurang dari Rp 2,6 juta ya?

        Pilihannya berarti yang sudah saya sebutkan di atas. Bergantung saya sedang perlu ponsel untuk keperluan apa dulu.

    2. Pak Rizal,

      Selamat malam. Mohon maaf karena saya baru bisa merespons pertanyaan Anda pada hari ini. Dua minggu terakhir aktivitas saya kebetulan sedang sangat padat.

      Asumsi harga sama ya. Kuncinya titik berat pemilihan Anda di apa dulu nih?
      * Kapasitas memori dan daya tahan baterai —> Redmi Note 4.
      * Kamera dan dimensi fisik —> ZE520KL.
      * Kamera dan daya tahan baterai —> Zero 4 Plus. Btw, di mana Anda bisa mendapatkan Zero 4 Plus harga Rp 2,6 juta? Murah banget tuh.

      Di rentang harga lebih dari Rp 2,6 juta sih ada banyak pilihan. Misalnya, xiaomi Mi A1, Motorola Moto G5s Plus, dan Huawei Nova 2i.

  45. Diantara Infinix note 4, Redmi Note 4,Zenfone Max,moto E3 power yg terbaik yg mana untuk :
    – kamera belakang
    – kamera depan (selfie)
    – low light.
    Terima kasih.

    1. Pak Agus Suntoro,

      Mohon maaf karena saya baru bisa merespons pertanyaan Anda pada hari ini. Dua minggu terakhir aktivitas saya kebetulan sedang sangat padat.

      Zenfone Max menjadi pemenang di tiga poin itu. Masalahnya, ponsel tersebut sudah diskontinyu lho.

    1. Pak Khusnul,

      Mohon maaf karena saya baru bisa merespons pertanyaan Anda pada hari ini. Dua minggu terakhir aktivitas saya kebetulan sedang sangat padat.

      Xiaomi Redmi 5A.

    1. Pak Ade,

      Mohon maaf karena saya baru bisa merespons pertanyaan Anda pada hari ini. Dua minggu terakhir aktivitas saya kebetulan sedang sangat padat.

      Maaf, tak ada. Sudah lama saya belum mencoba tablet lagi.

  46. Permisi mas, mau tanya ada ga hp yg dibwah 2 juta memiliki kamera yg fokus setara kyk dslr dan jernih soalnya mw pake foto tanaman dilab. Kira2 merk apa yg cocok yaaa?
    Terima kasih

    1. Bu Lyly,

      Mohon maaf karena saya baru bisa merespons pertanyaan Anda pada hari ini. Dua minggu terakhir aktivitas saya kebetulan sedang sangat padat.

      Kalau kriterianya seperti itu, jawabannya tidak ada.

    1. Pak Afiyan,

      Mohon maaf karena saya baru bisa merespons pertanyaan Anda pada hari ini. Dua minggu terakhir aktivitas saya kebetulan sedang sangat padat.

      Kebutuhan Anda apa dulu nih?

  47. Pak herry, mau tanya kalo hp bekas terbaik pada kisaran harga:
    1) 1-1, 5 juta
    2) 1, 5-2 juta
    Pilihan terbaik mnurut pak herry apa ya?
    Tolong sarannya Terimakasih..

  48. pak herry,,
    sayang sekali saya baru membaca ulasan lengkap anda hari ini .. di saat saya sudah memesan infinix note 4 seharga 1,9 jt di lazada .. ternyata saya lebih membutuhkan yang nyaman di genggam, seperti redmi 4x , namun redmi 4x yang ramnya 3 gb harganya kisaran 2,2 jt pak (masih di lazada) ..
    membaca balasan pak herry pada pak ray,, dimanakah saya bisa mendapat redmi 4x dengan kisaan 1-1,5 pak? barangkali pesanan saya bisa di batalkan dan ganti pesanan baru .. hehe

  49. ko herry mau tanya sy mau belikan hp untuk ibu saya, hp yang bagus kameranya serta body elegan internalnya gede layar 5 inc – 5,5 inc harga 2,5 hingga 3,5 juta apaan yaaa? mungkin ada recommendasi yang tepat. thx ko

      1. Bagaimana dibandingkan dengan kamera huawei nova yg barusan koko review?
        Kalau saya minimalkan harga menjadi 2,5jt koko recommend in hp apa? Thx

        1. Bu Lely,

          Kamera lebih bagus Nova 2i (yang saya review bukan Nova saja lho). Kegegasan dan daya tahan baterai lebih bagus ZE552KL.

          Asus Zenfone 3 ZE520KL.

  50. Selamat malam, Pak.

    Ada 2 prioritas kebutuhan saya pada smartphone, yaitu web browsing dan chatting. Sedangkan dana ada max 2,5 juta.
    Saya memiliki pilihan Lenovo P1 Turbo (2 juta, OS : up to Marshmellow) atau Infinix Note 4 (1,9 juta, OS : up to Oreo) karena keduanya punya daya tahan baterai di atas rerata.

    Mohon saran atas kedua pilihan tersebut, Pak.
    Atau mungkin juga ada saran gawai lainnya.
    Terima kasih.

    1. Pak Chicho,

      Kalau kebutuhan Anda seperti itu, lebih baik membeli Xiaomi Redmi Note 4. Yang varian RAM 3 GB harga barunya sekitar Rp2,1 juta.

  51. Terima kasih, sarannya Pak.
    Saya juga mengakui Redmi Note 4 dengan segala kelebihan spesifikasi dan kekurangan harganya.
    Namun ada beberapa hal yang membuat saya enggan membelinya, yaitu charging lebih lama, non hybrid dan merupakan HP sejuta umat di Tahun 2017.

  52. Terima kasih tanggapannya, Pak.
    Terakhir, antara Lenovo P1 Turbo dan Inginix Note 4,
    manakah yang akan Bapak pilih jika pertimbangan pembeliannya adalah : a. kenyamanan genggaman; b. rencana pakai yang lebih lama (misal 2 tahun ke depan)?

    Semoga hal-hal baik lebih sering dan banyak terjadi pada Pak Herry dan keluarga.

  53. Hay om Herry.. saya ingin bertanya.. apakah infinix note 4 punya bapak masih awet saat ini..? Rencananya saya mau beli infinix note 4.. kebutuhan buat sosmed browsing youtube game dan foto.. dan kadang kala saya suka edit2 game dan video dan juga design rumah di planner 5D.. kalau main game gamenya juga game offline tapi yang ukuran filenya gajah bukan yang kecil2.. seperti GTA Real Racing 3 dll yg gede2..
    Saya mau minta pendapatnya apakah saya beli infinix note 4 atau yg lain saja.. mohon di jawab.. sekian dan terimakasih..

    1. Pak Rizki Anwar,

      Karena harus sering mencoba ponsel baru, saya sudah lama berpisah dengan Infinix Note 4.

      Kebetulan saya buka penggemar game. Anggaran Anda berapa ya? Sekarang ada Infinix Zero 5 Rp3,499 juta yang jauh lebih bagus daripada Note 4.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *