Review Infinix Zero 2 LTE: Bodi Kevlar, RAM 3 GB, dan LTE

Meskipun kiprahnya di Indonesia baru seumur jagung, Infinix mulai menjadi bahan pembicaraan di kalangan pengguna ponsel. Ponsel pertamanya di sini, Infinix Hot Note, dianggap menggiurkan. Bagi konsumen di kelas menengah, kapan lagi ada ponsel Android dual SIM, prosesor delapan inti, RAM 2 GB, dan baterai jumbo 4.000 mAh dijual Rp 1,599 juta saja.

Ketika produk kedua meluncur, Infinix Zero 2 LTE dengan harga Rp 2,499 juta, sebagian pengguna dan pedagang ponsel langsung menilai Infinix terlalu percaya diri. “Wah, harganya ngawur. Siapa yang mau membeli ponsel merek tidak terkenal dengan harga segitu.” Umpama belum melihat spesifikasinya, penulis mungkin akan berpendapat senada. Namun, setelah mencermati spesifikasi dan kemudian mencobanya, Zero 2 LTE ternyata memiliki modal kuat untuk dihargai segitu.

Zero 2 LTE-3

RAM 3 GB dan LTE. Itulah dua poin yang menjadi nilai jual utama Zero 2 LTE. Di antara seluruh ponsel dengan RAM 3 GB yang beredar resmi di Indonesia, setahu penulis, harga jual Zero 2 LTE adalah yang termurah. Ponsel bersistem operasi Android 5.1 Lollipop tersebut juga mendukung layanan 4G LTE.

Kompatibel dengan layanan LTE di band atau frekuensi berapa? Nah, itu dia masalahnya. Di situs resmi Infinix pun tak ada keterangan. Namun, merujuk kepada uji pakai yang penulis lakukan, ponsel itu setidaknya dapat dipakai untuk menikmati layanan LTE di band 3 (1800 MHz) dan 8 (900).

Alasannya sederhana. Selama menggunakan Zero 2 LTE, penulis sukses memadukannya dengan LTE XL dan Telkomsel di Surabaya. LTE XL di Kota Pahlawan mengudara di frekuensi 1800, sedangkan mayoritas LTE Telkomsel masih memanfaatkan frekuensi 900.

Zero 2 LTE-1

Daya tarik lain Zero 2 LTE berhubungan dengan kondisi fisik. Ponsel itu memanfaatkan layar Super AMOLED buatan Samsung. Bentang layarnya lima inci dengan resolusi HD 1.280 x 720 piksel. Karena sudah mengadopsi Corning Gorilla Glass 3, permukaan layar tersebut relatif lebih sulit tergores.

Ketika ponsel siaga, tetapi layar padam, tersedia dua cara untuk mengaktifkan layar tanpa menekan tombol power. Cara pertama, ketuklah layar dua kali dengan menggunakan jari. Layar akan menyala dan masih dalam posisi terkunci. Untuk meng-unlock layar, pengguna tinggal mengusapkan jari dari bawah ke tengah layar. Bisa pula dengan menyapukan telapak tangan di bagian atas ponsel, dari kiri ke kanan atau sebaliknya.

Cara kedua serupa dengan yang sebelumnya telah penulis rasakan di ponsel Jolla dan BlackBerry 10. Saat layar ponsel padam, dengan sedikit tekanan, sapukan jari dari bawah layar ke atas. Layar akan menyala sekaligus terbuka.

Bodi belakang Zero 2 LTE terbuat dari Kevlar. Kevlar merupakan bahan yang fleksibel, kuat, dan tahan panas. Beratnya hanya seperlima besi. Material tersebut lazim dipakai dalam pembuatan ban, pakaian luar angkasa, hingga rompi antipeluru.

Ponsel itu tersedia dalam dua varian warna, hitam dan merah. Calon pengguna yang ingin tampak lebih macho disarankan meminang yang hitam. Tampilan permukaan Kevlar-nya akan mengingatkan pengguna dengan, misalnya, ponsel Motorola RAZR XT910 yang tiga tahun lalu beredar di sini. Lantaran enggan terlihat pasaran, penulis sengaja memilih Zero 2 LTE merah.

Diadu dengan ponsel berlayar lima inci lain yang beredar di pasar, bobot Zero 2 LTE yang 118 gram tergolong ringan. Ukuran bodinya pun relatif tipis. Yaitu, 145 x 71,5 x 6,7 milimeter. Pengguna seharusnya akan merasa nyaman kala menggenggam maupun mengantonginya.

Spesifikasi lain ponsel itu, antara lain, prosesor 64-bit MediaTek MT6735 1,3 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, ROM 16 GB, dan selot kartu microSD. Saat ponsel belum diutak-atik, sisa memori internal mencapai 10,78 GB. Ponsel yang juga memiliki fitur radio FM itu menggunakan baterai tanam berkapasitas 2.300 mAh.

Zero 2 LTE-2

Dua nomor GSM, keduanya memakai kartu micro SIM, bisa siaga bersamaan di Zero 2 LTE. Pengguna bebas memilih nomor mana yang akan digunakan untuk berinternet. Nomor yang dipilih otomatis leluasa masuk ke jaringan 2G, 3G, dan 4G LTE. Satu nomor lainnya bakal terkunci di jaringan 2G saja.

Kamera utama ponsel itu beresolusi 13 megapiksel. Kamera dengan fokus otomatis dan lampu kilat tersebut sanggup pula menghasilkan klip video full HD 1080p. Spesifikasi kamera depannya lebih rendah. Kemampuan maksimalnya memproduksi foto beresolusi lima megapiksel dan klip video VGA.

Sekarang saatnya membicarakan soal kinerja. Layar Zero 2 LTE mampu menampilkan gambar dan tulisan dengan vivid. Kalau dijelaskan dengan bahasa yang membumi, warna demi warna sangat keluar, bahkan kadang melebihi kondisi aslinya. Penulis seringkali menyebutnya sebagai ndangdut. Para penggemar ponsel Samsung pasti cocok dengan karakter layar seperti itu.

Respons ponsel yang antilelet, menurut penulis, menjadi hal yang paling menyenangkan dari Zero 2 LTE. Daya tahan baterainya agak di luar dugaan. Dengan kapasitas baterai 2.300 mAh dan spesifikasi umum yang cukup tinggi, calon pembeli mungkin menyangka baterai itu hanya sanggup bertahan setengah hari.

Praktiknya tidak demikian. Sekali diisi ulang sampai penuh, baterai Zero 2 LTE mampu bertahan rata-rata 14 jam. Dua nomor selalu siaga bersamaan dan salah satu di antaranya berada di jaringan LTE. Selama rentang waktu tersebut, ponsel dipakai penulis untuk aktivitas telepon, SMS, email, WhatsApp, dan browsing ringan. Memantau Twitter dan memotret objek menarik sesekali dilakukan pula.

Sisi minus Zero 2 LTE versi penulis, kinerja kameranya tidak memuaskan, terutama bila dipakai di tempat berpencahayaan terbatas. Di tempat yang terang pun, foto yang dihasilkan cenderung kurang tajam dan lebih kusam daripada warna aslinya. Proses membidik objek, memotret, sampai menyimpan foto juga agak lambat

Ketika dipakai bertelepon, suara yang keluar dari earpiece tidak benar-benar jernih. Cara membayangkannya begini. Anggaplah Anda mendengarkan siaran radio FM, tetapi penempatan frekuensinya kurang tepat. Seharusnya 105,1 FM, tetapi posisi roda pengatur frekuensi di 105,0 FM.

Terakhir, tombol power dan volume yang terletak di sisi kanan ponsel terasa kurang kukuh. Kata orang Jawa, uglik-uglik. Saat Zero 2 LTE penulis padukan dengan jelly case transparan, sensasi “tombol goyang” itu langsung menghilang.

***

Inilah foto-foto yang dihasilkan Zero 2 LTE.

Zero 2 LTE-4

Zero 2 LTE-5

Zero 2 LTE-6

Zero 2 LTE-7

Zero 2 LTE-8

Zero 2 LTE-9

Zero 2 LTE-10

Zero 2 LTE-11

Zero 2 LTE-12

Zero 2 LTE-13

Zero 2 LTE-14

Mencoba lampu kilat kamera Zero 2 LTE. Dimulai dengan lampu kilat padam.

Zero 2 LTE-16

Lampu kilat menyala.

Zero 2 LTE-17

Lampu kilat padam lagi.

Zero 2 LTE-18

Lampu kilat menyala lagi.

Zero 2 LTE-19

Satu foto berikut ini dijepret menggunakan kamera depan.

Zero 2 LTE-15

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

Zero 2 LTE-20

Zero 2 LTE-21

Zero 2 LTE-22

154 thoughts to “Review Infinix Zero 2 LTE: Bodi Kevlar, RAM 3 GB, dan LTE”

  1. Akhirnya muncul juga review Infinix Zero 2. Inilah ponsel yang saya tunggu-tunggu. Dari review Bapak sepertinya sangat positif, ya Pak? Tapi sayangnya 2 hari yang lalu saya sudah terlanjur beli Xiaomi Mi4i gara-gara ponsel lama saya sudah bermasalah. Jika dibandingkan dengan Mi4i apa saja plus minusnya Pak Herry?

    1. Pak Michel,

      Ya, secara umum penilaian saya terhadap Zero 2 LTE positif.

      Kalau dibandingkan dengan Mi 4i, plus minusnya sebagai berikut:
      * Bodi Zero 2 LTE cenderung lebih adem daripada Mi 4i.
      * Biarpun kapasitas baterainya lebih kecil daripada Mi 4i, daya tahan baterai Zero 2 LTE dalam pemakaian nyata seringkali justru lebih lama.
      * Kamera Zero 2 LTE kalah bagus dibandingkan Mi 4i.
      * Layar dua ponsel itu sama-sama bagus. Namun, saya lebih suka dengan layar Mi 4i. Terasa lebih sejuk di mata dan lebih mudah dilihat di bawah sinar matahari.
      * Zero 2 LTE dilengkapi selot microSD. Kalau Mi 4i kan tidak ada.

  2. Pak Herry SW, kalo menurut bapak kwalitas prosesor buatan Mediatek apakah sdh mumpuni ? Dibanding dgn prosesor buatan Quallcom, thanks

    1. Pak Harry M,

      Sudah. Berani diadu dengan Quallcomm deh. MediaTek sekarang berbeda dengan bertahun-tahun silam.

  3. Wuih free ram nya masih 2gb+. Koh Herry klo di pake ngegame dikit kyknya Baterai nya ga sampe 14 jam deh. Dan juga lampu Flash nya terang amat

  4. saya suka sekali disainya sama layarnya pak, untuk harga segitu sudah layak beli gak pak, soalnya saya mau migrasi dr redmi 2..
    pengenya sih yang kameranya lebih bagus dan bodinya gak murahan, kisaran maksimal 2,7 juta

    1. Pak Arief,

      Layak beli.

      Oh, kalau Anda mengidamkan ponsel dengan kamera bagus, Zero 2 LTE bukan pilihan bijak.

      Hmm… kamera bagus dan bodi tidak murahan? Coba cek Acer Liquid Jade.

  5. Cakep ya Koh fisiknya

    Untuk suhunya apakah mudah panas ?
    Mengingat bodi nya yang tipis itu

    Juga semisal diberi rating 1 – 10
    Kokoh beri nilai berapa Infinix ini ?

  6. Wah, ulasan yg menarik Oom Herry!

    Mau numpang nanya, kalau dg anggaran 2jt (bisa naik dikit), saran dr Oom Herry ponsel apa ya?
    Spek: batere tahan lama (malas pake powerbank), android lolipop, dual sim, ROM 16GB, gak lelet, bisa dikoneksikan dg PC/laptop, dan layanan purna jual bagus

    Sy condong ke merk ASUS, dan Xiaomi. Dua merk itu dr pengamatan sy, paling sebanding klo bikin produk, sebanding harga dg fitur (CMIIW), terutama utk kalangan menengah ke bawah. Gmn oom?

    1. Pak Paijo,

      Hmm… tidak ada deh. Minimal ada satu kriteria Anda yang tak bisa dipenuhi.

      Asus? He… he… mending dicoret dulu deh. Dikaitkan dengan kriteria Anda, kalau membeli Asus minimal ada dua poin yang tidak memenuhi syarat.

      Andai Xiaomi Redmi Note bergaransi resmi masih tersedia, Anda sebenarnya bisa melirik ponsel itu. Ponsel tersebut hanya tidak memenuhi syarat di Lollipop.

  7. Untuk kamera apakh msuk dalam kategori standar?
    Dan dibandingkan dengan kamera saudaranya hot note bagus mana om Herry?

    1. Pak Ipong,

      Ya, kamera Zero 2 LTE tergolong biasa-biasa saja.

      Hot Note hanya unggul di daya tahan baterai. Unsur lain lebih mantap Zero 2 LTE.

    1. Pak Djunaedi,

      Rekam jejaknya layanan pusat perbaikan resminya belum ketahuan. Ada. Di Mastech alias kompleks Giant Maspion.

  8. Akhirnya direview Om HSW juga…

    Selain performanya yang gegas dan layar yang jernih, saya dulu ga sreg akibat terasa ringkih dan kamera kurang memadai.

    Satu yang ingin saya tanyakan, bahan kevlar di tangan Om Herry apakah mudah meninggalkan bekas minyak atau sidik jari?

    Thanks Om Herry πŸ™‚

    1. Pak Hilmy,

      Ya, kameranya memang kurang bagus.

      Tidak. Permukaan belakang ponsel itu tetap bersih. Beda jauh dengan saat saya memakai Galaxy Note 5. Permukaan belakang Note 5 mudah “merekam” sidik jari saya.

  9. Sore pak herry,
    Pertanyaan saya agak melenceng tapi masih merk infinix.Yaitu infinix hot note apakah layak beli dengan harga 1.599.000,-?

    1. Pak Rinto3w,

      Ya, layak beli. Saran saya, pilihlah yang berwarna putih kombinasi emas karena tampilan fisiknya lebih keren daripada yang berwarna abu-abu.

  10. salut ama review nya… akhirnya tidak ragu2 kalau mau beli merek infinix… yg saya suka kalau Ko Herry review selalu ada foto kuliner.. itu yg bikin saya suka.. i love food… especially traditional food.. wakakakakakk.. Sukses terus ya Ko Herry

    1. Pak Gondo,

      Karena Redmi 2 Prime-nya belum saya uji pakai, melainkan baru towel-towel sebentar, saya belum bisa jawab dengan tuntas. Sepintas saja ya:
      * Tingkat kegegasan: memang Zero 2 LTE.
      * Kamera: menang Redmi 2 Prime.

  11. Pak Herry, kualitas suara ketika bertelepon itu dirasakan dalam ruangan tidak bergerak atau dalam kendaraan yg laju (dalam mobil) ? soalnya kualitas suara ketika bertelepon untuk hp merk tiongkok saya rasa memang tidak sejernih hp high end merk ternama (walaupun seri lama)

  12. Menurut pak Herry lebih worthed mana bila dibandingkan dengan Redmi 2 Prime dari kesepadanan harga dan performa?

  13. mf pak herry mlenceng dari topik nih,, saya smpt liat di ROXYMAS jakarta redmi 2 frime di jual di toko2 tersebut terbilang banyak,, sempet saya tanya katanya garansi resmi, harganya kisaran 1,9 jt, yang ingin saya tanyakan, apa ciri2 redmi 2 frime brgaransi resmi?

  14. Maaf OOT Pak Herry,
    Saya lebih tertarik dgn foto ibu2 yg jualan bubur heheheehh itu lokasinya dimana ya?
    Terima kasih dan mohon maaf. πŸ™‚

  15. mf saya sambung pertanyaan saya yagi atas,, hehehe ngetik blum slesai gak sadar jari saya menyentuh post comment,, maksudnya saya di atas xiaomi redmi2 frime tersebut asli ato palsu pak?
    jujur saja saya tertarik tuk meminang hp tersebut,

    1. Pak Darum,

      Kalau Redmi 2 Frime saya belum pernah tahu. Bila Redmi 2 Prime, silakan melihat jawaban saya sebelum ini.

  16. Wah ram 3gnya g main2 ya pak free ram 2,5g gtu msh ksongan ya pak?
    Unt kualitas kmera biasa z ya tp kalo dari pengamatan saya nilai plusnya kualitas flashlightnya pak itu trgolong trang jk dbndingkan hp asus dan xiaomi lho

    1. Pak Hero,

      Benar. Itu kondisi RAM saat ponsel barusan dinyalakan kali pertama dan belum saya gunakan. Sebagai pembanding, Samsung Galaxy Note 5 dibekali RAM 4 GB. Ketika ponsel barusan dinyalakan, sisa RAM tinggal setengahnya.

      Iya, kamera biasa. Benar, lampu kilatnya terang, tetapi saya nilai kurang cerdas. Lampu kilat itu cenderung menyala dengan kekuatan penuh. Kalau jarak ponsel dengan objek kurang jauh, jadinya malahan putih berlebihan deh.

  17. pak herry,menurut saya zero 2 punya harga yg bersaing dikelas hp 2 jutaan,tapi ada hp yg lebih bagus lagi dikelas ini,yaitu zenfone 2 laser.
    kekurangan terbesar zero 2 ini adalah,sc belum memadai karena masih pemain baru didunia perponselan.

    1. Pak Fariz,

      Buat saya sih Asus langsung dicoret dulu saja. Kalau saya perhatikan, Asus memang terlihat sudah ada perbaikan sih. Namun, belum menyentuh ambang batas minimal untuk saya nyatakan layak dicoba.

  18. Pagi pak herry,

    Untuk gpu nya infinix zero 2 lte klo ga salah mali 450 mp4 ya. Klo dibandingkan sama adreno 320 lebih bagus mana pak?

  19. Maaf sedikit melenceng pak Herry.

    Sy mau nny kok Meizu M2 Note ga direview? Minta tlg direview dunk.. Secara M2 Note gadget murah dgn spesifikasi yang waaah…

    Thanks b4..

  20. Selamat sore pak herry,

    Maaf sebelumnya pertanyaan saya OOT, bagaimana caranya pak herry mengetahui kualitas servise center sebuah merk? Apakah ponsel pak herry sering rusak dan sering keluar masuk servise center setiap merk? :p

    1. Pak Kurnia,

      Dari dua sumber:
      * Pengalaman pribadi dengan menggunakan ponsel pribadi atau ponsel milik orang lain.
      * Testimoni dari konsumen yang saya terima dari berbagai jalur.

  21. Mau nanya nih Ko Herry. Maaf kalau OOT.

    HP merk Acer itu memang beneran bagus kah ko? Soalnya saya sering diceritain sama temen2 spy gak beli merk Acer krna gampang rusak. Apakah bener ko? Durabilitynya produk2 Acer bgmn ya ko? Katanya krn quality control yg kurang bagus jadi ya kalo beli merk Acer itu untung2an, bisa dpt yg bagus, bisa dpt yg jelek kalo lg gak hoki. Kalau tablet punyanya Acer apakah ada yg layak untuk dibeli ya ko? Thank you πŸ™‚

    1. Bu Merry,

      Memang ada guyonan Acer itu Awas Cepat Rusak. Namun, menurut saya, ponsel dan tablet Acer baik-baik saja kok.

  22. Mantion ga d blas?
    Stelah ini review yg nyusul apa lgi?
    Meizu m2 vs m2 note unggul mana ya om?
    Liat review blog sbelah m2 note kameranya bagus..

    1. Pak Ipong,

      Mantion apa ya? *bingung*

      Yang antre: LG G4 Stylus, Redmi 2 Prime, Note 5, Hisense, dan Sony.

      Tak tahu. Belum pernah coba dua ponsel Meizu itu. Minggu lalu saya beli M2 di Blibli. Sampai sekarang barang belum dikirimkan. Padahal, hari ini Blibli sudah jualan M2 lagi.

  23. wah,kayak nya pak herry alergi bgt ya sm hp asus?apa gara2 kasus zenfone 4 nya dulu,?
    saya udah lama ngikuti blog bpk sejak dulu,tapi cuma sebatas silent reader,
    tulisan bapak sangat bagus,jujur apa ada nya.
    hal ini yg membedakan tulisan bapak dgn yg lain.
    tapi kayak nya dikasus hp asus,bapak kayak sangat dendam membara ya?
    hahahahaha….

    1. Pak Fariz,

      Ha.. ha.. bukan gara-gara Zenfone 4 itu kok. Saya melihat Asus di sini mengalami masalah yang kompleks, mulai dari distribusi, kontrol harga, pengendalian kualitas, sampai purna jual. Dari waktu ke waktu sudah terlihat ada perbaikan. Namun, menurut saya, tetap belum menyentuh ambang batas minimal.

      Kalau tetap mau nekat beli Asus, beli Padfone S saja. Ponsel itu saya nilai bagus. Lebih bagus daripada aneka tipe Zenfone.

  24. Pak herry infinix zero 2 diadu dengan samsung galaxy j5 menang siapa pak ??? , samsung galaxi j1 ace cukup menarik pak pasalnya banyak orang yg mengidamkan ponsel samsung tapi harganya 1 jutaan nahh itu bisa menjadi keunikan sendiri dimana samsung galaxy j1 ace sudah support 4g dan saya minta bapak mereviewnya boleh kan pak ????? , makasih

    1. Pak Bayu,

      Secara keseluruhan saya lebih memilih Zero 2 LTE.

      Saya belum pernah mencoba Galaxy J1 Ace sehingga tak bisa me-review-nya.

  25. Koh herry, menurut kokoh enakan saya ambil redmi 2 prime garansi resmi atau ambil redmi note 2 garansi distri di tokopedia? Saya mau nyoba2 xiaomi nih koh. Katanya bagus banget ya? Maaf pengguna awam nih. Saya aja buka situs ini karena rekomendasi teman πŸ™‚ ditunggu sarannya koh

  26. Kelupaan nih koh. Kokoh juga mau review meizu m2 kan? Nah hasil kamera depan belakang bagus mana sama redmi 2 prime?

  27. waw free ram-nya aduhai :0
    kalo sekarang (setelah terinstal banyak aplikasi), free ram-nya berapa, Koh Herry?
    kalo menurut anda, infinix zero 2 sama alcatel one touch flash 2, lebih pilih yang mana? terima kasih, Koh Herry. πŸ™‚

    1. Pak Fajar,

      Saya malahan nggak memperhatikan sisa RAM-nya setelah dipakai. Saya tak berpikir sampai ke sana karena ponsel selalu terasa gegas. Tidak nge-lag.

      Tak tahu. Lha menyentuh Flash 2 pun belum pernah. Kalau Flash Plus pernah coba dan saya sangat kecewa. Buat saya, di antara seluruh smartphone yang saya coba sejak Januari 2015 sampai saat ini, Flash Plus adalah yang terburuk.

  28. Mas Pak Herry,

    bukankah Infinix Hot 2 merupakan ponsel low-end ‘non lokal’ termurah yang menggunakan RAM 2 GB plus dukungan dari Google langsung (Android One)? Menurut saya tiu worthed banget Pak. Saya harap Pak Herry mereviewnya, hehe.

  29. D’twitter om, antre bnyak ya!

    Wah ini nih yang aku gak suka beli online..
    Takut barang gak nyampe rumah apa lagi lokasi jauh dari pusat perkotaan…

    Mudah2an meizu m2’nya cepat datang dgn slamat ya om? Sbab pnasaran reviewnya….

  30. Ko… Mau minta pendapat koko nih
    Mending saya beli redmi 2 prime atau meizu 2 note ? Soalnya harganya sama
    Oh iya hp tsb diatas bisa di beli dimana ya ko selain di lazada ? Saya malas ikut flashsale.. Kalo di toko pedia aman gak ya ? Thanks before

    1. Pak Yohanes,

      Maaf, saya tak tahu. Sebab, sekadar menyentuh Meizu M2 Note pun saya belum pernah.

      Redmi 2 Prime bisa dibeli di Mi.com/id. Kalau M2 Note memang baru dijual di Lazada.

      Asalkan mengikuti prosedur baku Tokopedia, seharusnya aman.

  31. koh saya tadinya mau beli acer liquid jade, tapi jadi ragu karena penggunanya amat sedikit, btw itu udah pake nano sim ya pak???
    ada rencana gak buat bikin ulasan ponsel kamera terbaik….? supaya ada tambahan refrensi buat yang baca, hehe

  32. Saya makai samsung galaxy star pak (sayasangatkecewa) , menurut bapak samsung galaxy star vs alcatel flash plus kecewaan mana pak ?? :v

    1. Pak Rama,

      Dibandingkan Flash Plus, Galaxy Star unggul di penerimaan sinyal. Selain satu hal itu, Flash Plus menang telak atas Galaxy Star.

      Btw, dua ponsel itu mestinya tidak tepat diadu satu sama lain. Beda kelas.

  33. Selamat siang om Herry,

    Sebenarnya saya agak galau nih mo ganti gawai, menurut om Herry klo Infinix Zero ini di ‘adu’ dg Lenovo A7000, saran om Herry pilih yg mana yah ? O ya, Infinix Zero 2 sanggup menggunakan memory micro sd card 128gb dan sdh OTG belum yah ?
    Matur nuwun sebelumnya atas sarannya om Herry ..

  34. Pak..maaf oot… saya mau tanya apakah bapak akan merivew hisense pureshot ga???kalo iya kira2 kapan yaa???terima kasih pak.. ?

  35. Misi Pak Herry SW , Saya mau nanya, bapak gak suka samsung apa gimana? , setahu saya, LG di bawah flagshipnya jelek spesifikasinya, Dulu emang LG lebih affordable dibanding Samsung, Tapi sekarang kebalikannya malah, Boleh bapak jelaskan kenapa bapak selalu merekomendasikan Ponsel LG? Apa bapak itu Fans LG? LG G2 aja masih direkomendasikan, padahal itu ponsel lama , Terimakasih Pak Herry

    1. Pak Fariz Khristy,

      Dengan asumsi sama-sama non-flagship, menurut saya, di kelas yang setara ponsel LG masih lebih bagus daripada Samsung.

      Mengapa saya merekomendasikan ponsel LG? Ya karena setelah saya coba, ponsel LG tersebut saya anggap bagus.

  36. Oh iya, 1 lagi, Bapak juga kayak Alergi sama Samsung, Asus , apa alasan bapak bisa mencoret Ponsel Asus? Padahal Infinix ini juga Aftersalesnya gak jelas, LG Aftersalesnya Standar, kalau Acer memang OK, tapi ada apa dengan Samsung dan Asus yang kayaknya Bapak alergi sama vendor tersebut, Terimakasih Pak Herry

    1. Pak Fariz Khristy,

      Yang benar, saya alergi dengan merek Oppo.

      Mengapa Asus saya coret? Saya sebenarnya sudah sering menjawabnya di blog. Ini saya copy paste-kan lagi:
      1. Sejak zaman Transformer, Nexus, dll sering terlambat memasukkan barang. Khusus poin ini, saya lihat Asus di sini sudah mulai membaik.

      2. Pengaturan distribusi terlihat acak adut. Pada rentang waktu tertentu, saya melihat unsur kedekatan sangat berperan.

      3. Selama mencoba ratusan tipe ponsel, baru di Asus saya mendapatkan sebuah ponsel baru gres sudah geripis di tiga sisi.

      4. Pusat perbaikan resminya cukup andal dalam melatih pengendalian emosi.

  37. Maaf pak saya keluar dari topik..
    Saya ingin tanya, xiaomi mi4i dengan LG G2 lebih bagus mana ya? Terutama disektor layar dan kamera pak, dan kenyamanan untuk dipakai keseharian. Karna harga jualnya sekaranh sudah tidak terlalu jauh. Terimakasih

    1. Pak Reza Maulana,

      Layar dan kamera mending Mi 4i. Kalau kenyamanan dalam pemakaian sehari-hari lebih unggul G2.

  38. Koh Herry

    Untuk kamera hot note 2 ini ada mode apa saja ya ?
    Kalau di adu dengan redmi 2 prime bgs mana ya koh? Makasih

  39. Koh Hery,
    mohon rekomendasinya untuk tab/note yang harganya dibawah 5 jt dengan kualitas spek yang sudah bagus dan kamera yang bagus juga. terimakasih

    1. Pak Arief,

      Bukankah dua ponsel itu sama? Liquid Jade bergaransi resmi Acer Indonesia dibekali RAM 2 GB dan ROM 16 GB.

  40. oh maaf kirain saya berbeda, soalnya waktu liat di lazada kalo yang pake hurup s55 harganya berbeda (lebih mahal)..
    makasih pak atas penjelasanya

  41. menurut bapak gimana tentang android yg sering di britakan rentan virus & hacker yg bisa mencuri data??
    mkasih πŸ™‚

    1. Pak Wawan,

      Intinya sih jangan sembarangan menginstalasikan aplikasi. Saat proses menginstalasikan aplikasi, biasanya pengguna diberitahu aplikasi itu akan mengakses apa saja. Kalau dirasa ada yang mencurigakan, batalkan instalasi.

  42. Om Herry, smartphone dengan spesifikasi Ram 3gb, Rom minim 16gb, dual sim LTE dan harga maksimal 3jt apakah ada? Sebelumnya saya pakai Xiaomi Redmi Note 3G 8Gb dan sekarang saya mengalami kekurangan ruangan u/ aplikasi karena tidak bisa di movable ke SD Card. Atau mungkin om Herry bisa kasih saran/cara untuk bisa memindah aplikasi ke SD card?? Hehehe..Thank You.

    1. Pak Lanang,

      Kalau yang dimaksud dengan outdoor adalah untuk aktivitas seperti mendaki gunung, panjang tebing, dan sejenisnya, ponsel itu kurang cocok.

  43. Nunggu review alcatel flash 2 dari om Herry nih… hehehe πŸ™‚
    Hari ini udah mulai jual dari lazada.
    Kalau perlu compare-nya dengan infinix zero 2 ya om lebih bagus mana..
    Thanks

  44. Om Herry, Infinix memang masuk kriteria tapi kalau baca minusnya di area kamera dan suara telepon jadi mikir-mikir lagi untuk meminangnya om..hehehe

  45. Mohon info, apa pak Herry tau dimana beli Infinix Hot 2 bergaransi resmi selain di Lazada? Apa pembelian offline sudah tersedia? Trims

    1. Pak Adrian,

      Baru ada di Lazada sih. Infinix memang belum berencana menjual ponselnya di Indonesia secara offline. Di pusat-pusat penjualan ponsel biasanya ada toko yang menjual Infinix. Biasanya pemilik toko kulakan dari Lazada, lalu dijual lagi dengan harga lebih tinggi.

  46. Pak Herry,
    di antara hp yang pernah bapak review ini, mohon diurutkan mulai yang paling awet baterainya ya pak.
    Infinix Zero 2, LG G2 Mini, Xiaomi Mi 4i, dan Sony Xperia E4.

  47. koh herry saya mau tanya, itu susunan tombol virtualnya yg segitiga,bulat, dan kotak apa bisa diubah2 posisinya seperti di hp LG apa ndak?

  48. Selamat siang, Pak Herry.

    Saya ingin bertanya, kebetulan saya ingin membeli redmi note 2, menurut Bapak adakah toko yang telah menyediakan garansi resmi Trikomsel atau Erajaya? Dengar-dengar ada yang sudah membeli di toko swalayan ca*r*f*ur dan mendapatkan redmi note 2 dengan kardus bertuliskan diimpor oleh pihak Trikomsel atau Erajaya.
    Bagaimana menurut Pak Herry? Apakah bisa dipertanggungjawabkan nanti saat klaim garansi ke pusat?

  49. Pak Herry,

    Jika dalam kegegasan processor dan daya tahan baterai serta kualitas built in, mana yang lebih direkomendasikan oleh Bapak, antara Lenovo p70 dan Zero 2?

    Terimakasih untuk jawabannya.

  50. koh herry nice review (lagi)

    untuk surabaya, dimana ya bisa beli infinix zero 2 ?
    kok rasanya jarang bgt lihat..

    yang penting daya tahan baterai, bodi premium, tidak panas dan tergolong mini.. enak dioperasikan 1 tgn,, mungkin 5” kebawah..

    awalnya saya melirik lenovo vibe s1.. tapi tdk tahu apakah sudah rilis di surabaya atau tidak (mungkin koh Herry lebih tahu bisa tolong di share ? :D)

    utk kisaran 2-3jt, ada tdk ya ponsel lain yang koh Herry rekomendasikan ?
    terima kasih

    1. Pak Willy,

      Di WTC sudah ada yang jual kok. Namun, harga jualnya tentu lebih tinggi daripada Lazada. Di toko mana?
      * Grand Shop, WTC lantai 1.
      * Platinum, WTC lnatai 1.
      * Satu toko lagi di lantai 2. Namun, saya lupa nama tokonya. Ancar-ancarnya, toko itu berhadapan dengan Oke Shop yang berada di samping lorong menuju ke toilet WTC lantai 2 Galeria. Di kaca toko itu ditempelkan gambar dan harga Zero 2 LTE.

      Vibe S1 belum beredar resmi di sini deh.

      Di rentang harga Rp 2 juta sampai Rp 3 juta, tipe lain yang layak dilirik adalah Hisense Pureshot. Harga barunya Rp 2,699 juta. Pureshot adalah saudara kembar tidak identik Pureshot+ yang sudah saya review di blog ini.

  51. Terima kasih utk feedback nya koh Herry..
    Tadi saya berjalan2 keliling wtc dan saya menemukan mmg banyak yang menjual infinix zero2…

    Disaat yang sama.. Saya (iseng) masuk ke salah satu gallery yang memamerkan produk samsung.. Samsung galaxy a3.. Harga 2.6jt..
    Nah ini koh herry.. Dgn harga 2-3jt..
    Saya mencoba mencari handphone murah namun tidak tampak murahan, tipis, cukup prestige, dan berukuran kecil (jadi nyaman dioperasikan dgn 1 tangan saja).

    Menurut koh herry, ponsel mana ya yang cocok memenuhi kebutuhan tsb?
    Terima kasih sebelumnya

    1. Pak Willy Kurniawan,

      Kalau kriteria Anda kayak gitu, ya silakan membeli Galaxy A3 tersebut. Namun, saya beritahu dulu ya, ponsel itu lumayan lemot. Biarpun Infinix kalah terkenal, saya sih lebih memilih Infinix Zero 2 LTE daripada Galaxy A3.

  52. selamat siang om,

    mau menanyakan bagaimana jika terjadi kerusakan untuk ponsel infinix secara sengaja / tidak sengaja?

    pelayanan service senternya bisa diandalkan atau lelet seperti brand ternama milik s*ny ?

    yang harus menunggu berbulan bulan..

    saya pengguna infinix zero 2 om

    1. Pak Antonio Sandy Pratama,

      Tergantung kerusakan sengaja atau tidak sengajanya apa dulu. Kalau ponsel rusak karena tanpa sengaja tercebur ke kolam renang, garansi tetap akan hangus.

      Layanan pusat perbaikan resmi Infinix belum saya ketahui. Sebab, selama ini belum ada testimoni masuk dari konsumen. Kalau diadu dengan layanan pusat perbaikan resmi Sony yang “aduhai” itu, saya yakin Infinix masih lebih bagus.

    1. Pak Waxzwer,

      Di WTC ada kok. Namun, harga jualnya tentu lebih tinggi daripada harga jual di Lazada. Saya berikan dua ancar-ancar toko penjual Zero 2 LTE ya.

      1. Dari pintu masuk utama, setelah melewati kaca silakan langsung belok kanan. Di sisi kanan, sebelum gerai Vivo, ada toko kecil yang menawarkan Zero 2 LTE. Bila tak salah ingat, nama tokonya Platinum.

      2. Silakan Anda pura-pura akan ke toilet yang berada di WTC Galeria lantai 2. Saat memasuki lorong terakhir, di sisi kanan Anda akan ada gerai Oke Shop yang cukup besar. Nah, di seberang Oke Shop itu ada toko yang menawarkan Zero 2 LTE.

  53. Mas thanks bgt buat review.dalam web resminya tidak dijelaskan support LTE di frekwensi brp. Untuk mengetahui support LTE di frekwensi brp aja bisa pencet *#*#3646633#*#* dihandsetnya. Mohon infonya mas.

  54. Mas Herry ini hp bisa di pasangin kartu smartfren ga? Kalo boleh rekues, tolong liatin support LTE smartfren yg bermain di band 5 850 & band 40 2300.makasih ya mas

  55. Maaf koh mo nanya… Saya baru saja pake infinix zero 2… Dari ulasan bapak mengenai suhu tidak panas… Tp punya saya kog panas ya… Kira2 kenapa koh? Mohon jawabannya. Terima kasih

    1. Pak Tejo,

      Boleh tahu dulu aplikasi apa saja yang Anda gunakan?

      Apakah Anda memakai layanan 4G LTE XL?

      Bagaimana kondisi sinyal yang tersaji di layar ponsel? Ada berapa garis? Apakah sering naik turun?

    1. Pak Ozi,

      Kita nantikan jawaban dari Pak Gan dulu ya.

      Setahu saya sih bisa diganti di pusat perbaikan resmi.

  56. Wahhh enak ya reviewnya pak heri, beneran interaktiv jadi banyak tercerahkan…
    Kalau dibanding mi 4c dikelas ram 3gb gimana pak? Masih bisa mengalahkan mi 4c
    Terimakasih

    1. Pak Gilang,

      Tak tahu. Saya belum tertarik mencoba Mi 4c karena yang bergaransi resmi belum masuk. Hanya sesekali saya iseng menguji pakai ponsel tanpa garansi resmi.

  57. Permisi pak herry, sejujurnya saya agak bingung memilih antara infinix zero 2 3GB dengan zenfone selfie (ROM 32GB RAM 3GB)
    untuk masalah harga lebih mahal zenfone selfie (3jt),
    dilihat dari sisi kamera sepertinya lebih unggul ASUS,
    namun utk performa sendiri menurut pak herry gimana?
    antara MediaTek MT6735 dan Qualcomm Snapdragon 615?
    plus dari sisi layanan purnajual dan kualitas secara keseluruhan..
    saya lihat dari review2 yg ada, score AnTuTu dari infinix zero 2lebih unggul dr zenfone selfie..

    Terimakasih pak

    1. Pak Fabian,

      Maaf, saya tak tahu karena belum pernah mencoba Zenfone Selfie.

      Soal layanan pusat perbaikan resmi, Infinix masih misterius sedangkan Asus sudah jelas. Berhubungan dengan pusat perbaikan resmi Asus harus banyak melatih kesabaran.

  58. selamat malam Pak Herry SW
    begini pak, saya punya uang 3jt pas. dan saya mau belik smartphone yg spesifikasi yg bagus, RAM 2GB, kamera depan/belakang bagus, 4G LTE, OS Android Lolipop keluaran terbaru, bergaransi resmi, batre tahan, tidak cepat panas, dan tidak ada yg memproduksi replika/sejenisnya. merk apa menurut bapak yg bagus selain dari merk iphone, asus, samsung?

    1. Pak Rival,

      Kalau kriterianya seperti itu, belum ada ponsel yang memenuhi syarat deh.

      Lho, jangan beli ponsel replika. Replika itu ponsel palsu lho.

      Samsung bagus? Nggak deh. Kalau anggaran terbatas, silakan melirik merek-merek pendatang baru yang barangnya bagus. Misalnya, Infinix dan Xiaomi. Kalau anggaran lebih longgar, coba pertimbangkan membeli merek LG.

  59. Maaf Pak. Sya numpang Tanya. Bagaimana Menurut Bapak ttg Sony Xperia M4 Aqua dibandingkan Infinix Zero 2? bagusan mana Pak? Makasih

  60. Android ram 2gb( sisa ram 1 gb keatas), kamera bening . OS minimal lolipop. Batre awet ( gk harus besar). 4g. Dual sim. Harga 2 jutaan.
    Rekomendasi Bapak apa y ?
    Soalnya bingung nih. Udah 1 thn gk nemu2. Hihi..

  61. secara keseluruhan lebih bagus mana
    dibanding redmi note
    terutama peforma dan kameranya
    klo boleh diurutkan
    mana yang lebih dipilih
    zero 2.redmi note dan lenovo p1 turbo

    1. Pak Gunawan,

      Vibe P1 Turbo, Zero 2, lalu Redmi Note.

      Anda ini sebenarnya mau beli ponsel apa tho? Sudah belasan tipe ponsel Anda tanyakan lho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *