Review Infinix Zero 3: Serasa Ponsel Global Empat Jutaan

Kelas dan segmentasi suatu ponsel sebenarnya bisa diketahui hanya dengan membaca nama tipe. Sony, misalnya, menamakan ponsel seri teratasnya Xperia Z yang diikuti angka. Sedangkan ponsel Samsung dengan kemampuan terbaik diberi nama Galaxy Note, Galaxy S, atau Galaxy S edge. Tepat setelah Note atau S diselipkan angka yang menunjukkan edisi atau urutan keluar.

Hal serupa diterapkan oleh Infinix yang Juni mendatang bakal merayakan ultah pertamanya di Indonesia. Ponsel Infinix berspesifikasi tertinggi dinamakan seri Zero. Di bawahnya ada seri Note, disusul seri Hot yang harga jualnya selalu dipatok paling rendah. Jadi, kalau kini penulis alias HSW membahas Infinix Zero 3, Anda sudah tahu ponsel itu berada di kasta mana, bukan?

Zero 3-1

Infinix Zero 3 merupakan ponsel termahal yang sekarang ditawarkan Infinix di Indonesia. Biarpun termahal, jangan membayangkan harganya mencapai Rp 10 juta. Ponsel paling mahal ala Infinix itu dipatok Rp 2,599 juta saja.

Zero 3 tersedia dalam dua pilihan warna, abu-abu tua dan emas. Kali pertama melihatnya pada acara peluncuran Zero 3 di Jakarta, HSW langsung teringat dengan tampilan fisik ponsel Sony Xperia Z, Xperia Z1, dan Xperia Z2. Sepintas serupa, walaupun tidak persis sama.

Di sisi atas ponsel terlihat sebuah konektor audio 3,5 milimeter untuk menancapkan handsfree berkabel. Di sisi kiri, terdapat selot yang siap menampung dua kartu micro SIM. Selot kartu microSD, tombol volume, dan tombol power ditempatkan di bagian kanan. Sedangkan konektor micro USB bakal dijumpai di bagian bawah ponsel.

Zero 3-4

Ponsel itu dibekali layar IPS 5,5 inci beresolusi full HD 1.920 x 1.080 piksel. Permukaan layar tersebut lebih tahan terhadap goresan lantaran telah mengadopsi Corning Gorilla Glass 3. Meskipun demikian, seperti yang rutin HSW sarankan, pengguna sebaiknya tetap memasangkan pelindung layar tambahan.

Dengan demikian, seandainya terjadi musibah, pengguna tak terlalu menyesal. Pelindung layar tambahan itu tinggal dilepas dan diganti baru. Selain lebih hemat biaya, pengguna lebih hemat waktu daripada harus meluangkan waktu ke pusat perbaikan resmi Infinix demi mengganti kaca layar.

Untuk menyalakan dan memadamkan layar, pengguna tak harus menekan tombol power. Asalkan fitur tap to wake telah diaktifkan, pengguna cukup mengetukkan jari dua kali di permukaan layar. Dua kali untuk mengaktifkan layar, dua kali pula untuk memadamkan layar.

Karena ponsel berlayar 5,5 inci buat sebagian pengguna terasa sulit dioperasikan memakai satu tangan, Infinix menyiapkan alternatif solusi. Namanya, one hand mode. Tampilan layar bisa diperkecil menjadi setara ponsel berlayar empat inci atau 4,7 inci. Lebih ramah tangan, bukan?

Zero 3-38

Zero 3-39

Untuk “memotret” layar alias screen capture, pengguna tinggal menekan dan menahan tombol power plus volume ke bawah secara bersamaan. Bila cara itu dirasa merepotkan, tersedia satu alternatif lain. Pengguna cukup menyapukan tiga jari dari bagian atas/tengah layar ke bawah atauβ€”sebaliknya–dari bagian bawah ke atas layar.

Prosesor delapan inti (octa core) MediaTek Helio X10 2 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, RAM 3 GB, ROM 16 GB, dan selot microSD merupakan sebagian spesifikasi lain Zero 3. Saat ponsel kali pertama diaktifkan, memori internal masih memiliki ruang kosong sebesar sembilan GB.

Zero 3 juga dilengkapi radio FM yang siarannya bisa direkam, kompas, dan penyaring panggilan telepon maupun SMS. Sama dengan pendahulunya, Infinix Zero 2 LTE, Zero 3 menggunakan baterai tanam. Kapasitasnya kini diperbesar menjadi 3.030 mAh.

Saatnya membahas dua hal paling menarik dari Zero 3. Dua nomor dapat siaga bersamaan di ponsel bersistem operasi Android 5.1 Lollipop itu. Nomor yang dipilih untuk berinternet, tak peduli berada di selot kartu pertama atau kedua, dapat masuk ke jaringan 4G LTE. Mau dikunci di 4G only pun bisa dilakukan dengan mudah. Sebab, di menu ponsel tersedia pilihan tersebut.

Zero 3-37

Mengacu kepada uji pakai ala HSW, Zero 3 terbukti kompatibel dengan 4G LTE Telkomsel, XL, dan Indosat Ooredoo yang mengudara di frekuensi 1800 MHz. Ponsel itu juga siap dipadukan dengan 4G LTE Smartfren di frekuensi 850 MHz. Pengguna mustahil merasakan 4G LTE Smartfren via frekuensi 2300 MHz karena Zero 3 memang tidak mendukung spektrum tersebut.

Zero 3-35

Kamera menjadi nilai jual utama lain Zero 3. Ia menggunakan sensor CMOS Sony IMX230. Kamera utama ponsel dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat ganda. Kemampuan maksimalnya menghasilkan foto beresolusi 20,7 megapiksel dan klip video beresolusi 4K.

Saat baru dipasarkan di Indonesia, hasil rekaman video 4K Zero 3 berformat 3gp. Merespons keluhan dan permintaan konsumen, Infinix kemudian mengeluarkan pembaruan firmware. Kini tersedia dua pilihan format file, 3gp dan mp4.

Pengguna yang gemar mengeksplorasi kamera layak menjajal mode profesional yang tersedia. Di mode tersebut, pengguna leluasa mengatur parameter pemotretan secara manual. Di antaranya, kompensasi pencahayaan (exposure compensation), white balance, dan focusing. ISO dapat dipilih mulai 100 hingga 1.600. Sementara itu, kecepatan rana alias shutter speed bisa diubah mulai 1/100 detik sampai 10 detik.

Zero 3-36

Beralih ke kamera depan. Kamera itu tanpa fokus otomatis, tetapi dibekali lampu kilat. Ia siap memproduksi foto beresolusi maksimal lima megapiksel. Kalau difungsikan sebagai perekam video, kamera tersebut hanya mampu menghasilkan klip video beresolusi VGA.

Secara umum, menurut HSW, kinerja kamera terintegrasi di Zero 3 layak mendapatkan acungan jempol. Terutama, kamera belakang yang performanya berani diadu dengan ponsel merek global berharga jual Rp 4 jutaan. HSW tak berani mengadunya dengan ponsel merek global Rp 5 jutaan karena di rentang harga tersebut saat ini bercokol LG G4 yang kameranya harus diakui sangat bagus. Kamera Zero 3 pasti juga bertekuk lutut bila dikomparasikan dengan hasil jepretan Sony Xperia Z5 Dual yang harga jualnya Rp 8,499 juta.

Satu catatan dari HSW, khusus pada mode otomatis, kamera Zero 3 sesekali terlalu berani menggunakan ISO tinggi. Misalnya, kala suatu siang dipakai memotret ayam goreng saus asam manis alias koloke di tempat yang terang, Zero 3 ternyata memakai ISO 800. Pengguna yang tak menyadari kondisi itu berpotensi menggerutu dan menilai hasil jepretan Zero 3 mengandung banyak noise.

Zero 3-2

Adakah hal-hal yang berpotensi mengurangi daya tarik Zero 3? Ada. HSW menemukan tiga poin. Pertama, tampilan email di aplikasi Gmail berbeda dengan mayoritas ponsel Android. Email masuk yang belum dibaca tidak disajikan supertebal.

Untuk membedakan antara email yang sudah dibaca dan belum dibaca, pengguna sebaiknya berpatokan pada tampilan waktu. Bila jam tertulis dengan warna biru, berarti email itu belum dibaca. Sedangkan bila jam tampil dalam warna hitam, berarti email tersebut sudah dibuka.

Zero 3-34

Kedua, GPS Zero 3 kurang andal dipakai bernavigasi. Lokasi yang telah terkunci kadangkala mendadak lepas. Pergerakan kendaraan bermotor juga sering terlambat diperbarui. Jedanya 1-2 detik atau sekitar 40 meter. Walaupun hanya terlihat sedikit, tetapi praktiknya sangat merepotkan saat pengguna mengandalkan ponsel untuk mengarah ke lokasi tertentu yang kurang dikenali. Instruksi belok kanan di persimpangan, contohnya, baru muncul setelah pengguna melewati persimpangan yang dimaksud.

Sebaliknya, bila pengguna diam di satu titik lalu ingin mengetahui lokasinya saat itu, GPS Zero 3 masih sangat layak diandalkan. Penguncian lokasi tergolong cepat dan akurat. Pengguna cuma perlu menunggu beberapa detik.

Ketiga alias terakhir, entah mengapa, Zero 3 selalu gagal memesan transportasi via aplikasi Uber. Setiap kali HSW memesan Uber, beberapa detik setelah proses requesting, selalu muncul notifikasi There was an error processing your request. If this continues, please reach out to support@uber.com.

Tidak akurnya Zero 3 dengan aplikasi Uber hanya terjadi pada proses pemesanan. Kalau HSW memesan Uber via ponsel lain dulu, Zero 3 selanjutnya lancar dipakai memantau pergerakan mobil yang menjemput, perjalanan ke lokasi tujuan, hingga memberikan penilaian kepada pengemudi Uber.

Zero 3-3

Dengan memperhatikan spesifikasi, kinerja, plus minus, dan harga jual yang Rp 2,599 juta, HSW menilai Zero 3 layak dilirik oleh Anda yang sedang mencari ponsel baru dengan anggaran maksimal Rp 3 juta. Kriteria gegas, 4G LTE, RAM besar, dan kamera bagus dapat dipenuhi oleh ponsel itu.

Daya tahan baterai Zero 3 memang lebih singkat daripada Infinix Note 2, Asus Zenfone Max, atau Lenovo Vibe P1 Turbo. Namun, minimal ponsel itu masih siap mendampingi pengguna mulai pagi hingga petang, bahkan makan malam.

Anda yang lebih menyukai tampilan mewah disarankan memilih Zero 3 warna emas. Sedangkan Anda yang cenderung menggemari tampilan gahar sebaiknya membeli Zero 3 warna abu-abu tua. Paket penjualan ponsel itu sudah termasuk jelly case transparan yang siap melindungi bodi tanpa mengurangi kecantikan ponsel.

***

Inilah contoh foto yang dihasilkan kamera Infinix Zero 3.

Bila tidak diberikan catatan khusus, berarti pemotretan dilakukan memakai mode otomatis dan tanpa lampu kilat. Supaya ukuran file tidak terlalu besar, sebelum diunggah setiap foto menjalani proses resize dan kompresi file 80 persen. Tidak ada aktivitas cropping dan olah digital lain.

Zero 3-5

Zero 3-6

Di foto berikut terlihat sebuah mobil sedang diparkir. Berapakah nomor pelatnya?

Zero 3-7

Ini dia pelat nomornya.

Zero 3-7a

Zero 3-8

Zero 3-9

Suasana di WTC Galeria lantai dasar Surabaya. Perhatikan yang ditandai dengan kotak merah. Apakah yang tertulis di standing banner itu?

Zero 3-10

Mari kita zoom…. Oh, ternyata ponsel merek Kata. Kapankah bakal muncul ponsel merek Kalimat dan Alinea? πŸ™‚

Zero 3-10a

Cocok buat yang masih jomblo.

Zero 3-11

Zero 3-12

Zero 3-13

Zero 3-14

Zero 3-15

Zero 3-16

Pencahayaan di pawon alias dapur ini aslinya remang-remang.

Zero 3-17

“Istana” lampion.

Zero 3-18

Ssttt… HSW berikan bocoran bagaimana proses memotret satu foto di atas ya. Ini dia. HSW menjadi korban candid seorang pengguna LG G4.

Zero 3-40

Zero 3-19

Sekarang mencoba mode profesional di kamera Zero 3. Ada tiga kecepatan rana yang HSW gunakan: 1/10 detik, 1 detik, dan 5 detik.

Zero 3-20

Zero 3-21

Zero 3-22

Foto berikut dijepret menggunakan mode otomatis/normal.

Zero 3-23

Objek yang sama kini dijepret memakai mode profesional dengan kecepatan rana 1/10 detik.

Zero 3-24

Saatnya menjajal pemotretan memakai lampu kilat.

Dimulai dengan pemotretan tanpa lampu kilat.

Zero 3-25

Kini lampu kilat diaktifkan.

Zero 3-26

Di Zero 3 tersedia mode PIP. Kamera depan dan belakang digunakan bersamaan. Hasil jepretan otomatis dirangkai dalam satu gambar. Seperti ini contohnya.

Zero 3-27

Tiga foto di bawah ini dijepret menggunakan kamera depan.

Zero 3-28

Lampu kilat kamera depan dalam kondisi padam.

Zero 3-29

Sekarang lampu kilat kamera depan berstatus aktif.

Zero 3-30

Untuk memenuhi permintaan beberapa pembaca setia Ponselmu, HSW telah mengunggah tujuh foto dalam resolusi asli. Silakan melihatnya di http://postimg.org/gallery/qkrqmicq/

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

Zero 3-31

Zero 3-32

Zero 3-33

629 thoughts to “Review Infinix Zero 3: Serasa Ponsel Global Empat Jutaan”

  1. Kalau saya bandingkan dengan Zenfone Selfie yang berada di harga sama ada beberapa poin kelebihan dan kekurangan diantara keduanya. Ya, sayang sekali Om HSW belum pernah mereview Zenfone Selfie.

    Kelebihan Zero 3:
    -Processor MTK Helio 10 yang memang lebih baik dan lebih adem dari Snapdragon 615
    -ROM yang irit ram, berbeda dengan Asus yang memang boros ram. Tapi keduanya tetap gegas dalam penggunaan.
    -Baterai, beda 30 MAh. Zenfone Selfie hanya 3000MAh.
    -Kamera belakang, Zenfone Selfie hanya 13MP
    -Kelengkapan frekuensi jaringan 4G. Zenfone Selfie sebenarnya sudah built in frekuensi 850MHz tetapi tidak dapat di lock.

    Sedangkan Kelebihan Zenfone Selfie:
    -Kamera depan. Sesuai namanya, tentu 13MP dengan dual tone flash ditambah manual mode jauh mengungguli milik Infinix Zero 3.
    -Fitur kamera belakang, Zenfone Selfie hanya menang laser autofokus. Tetapi sangat terasa dalam kecepatan fokus baik di tempat terang maupun gelap.
    -Kemampuan GPS, sudah umum kemampuan dan kecepatan locking GPS Snapdragon tergolong baik, bahkan tanpa bantuan A-GPS melalui jaringan nirkabel sekalipun.
    -Memory internal yang lebih besar. Dengan harga yang sama memory internal Zenfone Selfie berkisar 32GB. Sedangkan dengan harga yang lebih murah 200rb memory internal sebesar 16GB.
    -Jaminan update android ke versi M.

    Jangan dianggap promosi Asus ya, saya hanya sekilas membandingkan dengan Zenfone Selfie yang saya punya. Sempat tertarik dengan Infinix tetapi sudah terlanjur suka ZenUI beserta fiturnya (terutama back up aplikasi) yang tanpa perlu akses root.

    Saya ada dua pertanyaan nih Om HSW.
    1. Apakah Infinix Zero 3 akan mendapatkan android M?
    2. Kok tumben saya ga lihat konsumsi baterainya serta screen on time’nya. Ah ini bukan pertanyaan ya.

    1. Pak Roti Goreng (serius itu nama Anda?),

      Terima kasih atas kesediaan Anda membuatkan perbandingan.

      1. Belum tahu. Dugaan saya sih akan dapat.
      2. Saya kan memang terbiasa tidak menyertakan informasi screen on time di naskah review. Sebab, menurut saya, itu tidak bisa dijadikan patokan. Soal daya tahan baterai, sudah saya singgung di bagian akhir naskah lho.

  2. Pak Herry,

    maaf sebelumnya. bukannya kecepeatan rana (Shutter speed) paling kecil 1/100 ya? kliatan di tangkapan layar pak Herry..
    atau memang pak Herry memakai yang 1/10?

    Trus untuk ponsel Kata, dulu yang saya tahu pernah masik di Indonesia tipenya Kata i1. ternyata sekarang ada lagi yang baru ya? hehehe…

    Saya rasa Infinix ini salah satu vendor ponsel baru yang cukup konsisten dan serius dalam mengeluarkan produk-produknya.

    Demikian Pak Herry.
    Terima kasih.

    1. Pak Erik,

      Benar. Kecepatan rana paling cepat 1/100 detik, sedangkan paling lama 10 detik. Dalam beberapa pemotretan yang diatur manual, saya menggunakan kecepatan rana 1/10 detik.

      Ehmm… sekitar 2013 ya, Pak? Distributor Kata saat itu berbeda dengan sekarang. Saya lihat Kata terlalu percaya diri dalam menetapkan harga jual.

  3. Untuk Infinix Hot 3 yang dijual di Indonesia, apakah mendukung frekuensi 850 mHz juga Pak? Soalnya untuk luar kota besar, Smartfren hampir pasti hanya tersedia di frekuensi 850 mHz saja.

    Untuk Infinix Zero 3, apakah mendukung OTG pak?

    1. Pak Daru Kartiko Novianto,

      Jawaban pertanyaan pertama: tak tahu. Sebab, saya belum pernah menguji pakai Hot 3.

      Jawaban pertanyaan kedua: Zero 3 mendukung USB OTG. Saya lupa menyebutkannya di naskah ya.

    1. Bu Restu,

      Sebab, iPhone bergaransi resmi selalu terlambat masuk dan harganya “mengerikan”.

      Btw, saya pernah satu kali me-review iPhone kok. Saya lupa iPhone generasi pertama atau generasi kedua. Saat itu saya belum nge-blog. πŸ™‚

  4. Pak Herry,
    Saya jadi terpancing bertanya nih, hehehe. Bagus mana hasil foto (depan & belakang) bila dibandingkan dengan Lenovo Vibe Shot yang bercokol di harga 4jt-an.

    1. Pak Ivan,

      Secara umum lebih bagus hasil jepretan kamera Zero 3. Kalau dikuliti lagi, Zero 3 unggul di kamera belakang, sedangkan Vibe Shot menang di kamera depan. Akurasi warna lebih bagus Zero 3.

  5. Pak Herry SW, saya ada anggaran 2,5jutaan. Jika dibandingkan dengan Asus Zenfone 2 Lase ZE550KL harganya sekitar 2,4jutaan dan sudah garansi resmi, Pak Herry lebih rekomendasikan yang mana, Asus atau infinix? Terimakasih

    1. Pak Aceen,

      Tak tahu. Sebab, saya belum pernah mencoba Zenfone 2 Laser ZE550KL. Yang pernah saya coba ZE500KG dan ZE500KL.

  6. Pak HSW,

    Overall kalau dibandingkan dengan Pureshot / Pureshot + lebih layak beli mana (maaf kalau tidak apple to apple) ?

    “Ponsel itu juga siap dipadukan dengan 4G LTE Smartfren di frekuensi 850 MHz. Pengguna mustahil merasakan 4G LTE Smartfren via frekuensi 2300 MHz karena Zero 3 memang tidak mendukung spektrum tersebut.”
    4G LTE Smartfren apakah beroperasi di 2 frekuensi yang berbeda Pak ?

    Matur nuwun

    1. Pak Eko Kaleksanan,

      Bergantung Anda mengutamakan poin apa dulu. Hal lain, faktor harga dan baterai tanam vs baterai removable dipertimbangkan atau tidak?

      Ya, 4G LTE Smartfren mengudara di dua frekuensi. Di kota-kota besar biasanya berjalan di 850 dan 2300 MHz, sedangkan di kota kecil hanya di 850 MHz.

  7. Saya termasuk pengguna batch pertama, pertama kali nyalain hape langsung ada update buat 4G. Sampai sekarang masih ada bug seperti urutan gambar di gallery yang acak dan berhubung body logam, gak bisa lama2 dibawah terik matahari karena langsung panas mendidih

    1. Pak REC*303,

      Saya tidak mengalami kendala di urutan gambar yang acak di galeri. Bodi juga tak sampai panas mendidih.

      Anda menyebutkan bodi logam? Yang Anda maksud yang di sebelah mana?

      Selama menguji pakai Zero 3, saya tiga kali memperoleh update. Anda sudah melakukan update berapa kali?

      1. Maksud saya kalau kena sinar matahari langsung secara terus-terusan, body hape jadi panas, bukan karena prosesornya

        Oh, saya kira body infinix ini logam, koq rasanya solid banget yak hehehe…

        Untuk update saya juga sudah 3 kali

        1. Pak REC*303,

          Lah… kalau kena sinar matahari terus menerus yang ponsel apa pun bodinya akan terasa panas.

  8. Jadi rekomended pak untuk harga 2,6 juta terutama kameranya?rencana mau beli ini untuk menggantikan Alcatel flash 2
    Jika dibandingkan, kamera Xiaomi Mi4i skornya 9 berapa skor kamera untuk Infinix Zero 3?
    Trims

    1. Pak Rinto3w,

      Iya, dengan harga Rp 2,599 juta, Zero 3 layak beli.

      Kalau dibandingkan kamera Mi 4i, skornya paling beda setengah poin. Namun, Zero 3 kan tidak mengalami kendala lag, bodi panas, dan baterai boros seperti yang dikeluhkan oleh pengguna Mi 4i usai melakukan update firmware.

    1. Bu Isla,

      Zero 3 dong. Menurut saya, Ridge 4G Fever unggul di layar dan bodi yang bisa berpendar. Poin-poin lainnya dimenangkan oleh Zero 3.

    1. Pak Iwan Joni,

      Secara umum lebih bagus hasil jepretan kamera Zero 3. Kalau dikuliti lagi, Zero 3 unggul di kamera belakang, sedangkan Vibe Shot menang di kamera depan. Akurasi warna lebih bagus Zero 3.

  9. Koh herry.
    Jadi ponsel ini termasuk layak beli? Dan hasil kameranya kalau dibandingkan sama hinsense pureshot+, mi4i, zenfone 2 laser, mana yg lebih bagus?

    1. Pak Okky,

      Resmi belum dijual di toko offline. Namun, sudah ada toko offline yang jual. Harganya tentu lebih mahal.

    1. Pak Adi SR,

      Sudah ada. Lokasinya di Mastech F11. Kalau tak tahu Mastech, itu lho… Maspion Giant di Jl Ahmad Yani.

  10. Jadi Infinix zero 3 ini tidak mendukung jaringan LTE smartfren di 2300 Mhz…Pernah baca baca klu untuk kota kota besar (Jakarta surabaya) LTE smartfren menggunakan frekuensi 2300 Mhz.Pertanyaannya : Apakah di Surabaya LTE smartfren memakai 2 frekuensi 850 Mhz dan 2300 Mhz ?.Klu di Surabaya LTE smartfren Cuma memakai yg 2300 Mhz gak bisa dunk buat Infinix zero 3.

    Pengalaman memakai Samsung J2 (Mendukung LTE 850 Mhz dan 2300 Mhz) dan Xiaomi Redmi Note 2 (Mendukung LTE 2300 Mhz tidak mendukung LTE 850 Mhz).
    Ketika sama sama di surabaya LTE Smartfren Bisa (Samsung J2 dan Xiaomi Redmi Note 2 sama sama mendukung LTE 2300 Mhz).
    Ketika pulang kampung ke Madiun Samsung J2 tetap bisa menangkap LTE smartfren,sedangkan Xiaomi Redmi note 2 Tidak bisa menangkap LTE Smartfren.
    Ternyata setelah baca baca untuk kota kota kecil LTE smartfren berjalan di frekuensi 850 Mhz yg tentunya di tangkap Samsung J2 yg sudah mendukung Sinyal LTE di 850 Mhz dan 2300 Mhz.

    1. Pak Joko,

      Di kota-kota besar, termasuk Surabaya, 4G LTE Smartfren mengudara di 850 dan 2300 MHz. Sedangkan di kota-kota kecil, biasanya 4G LTE Smartfren hanya aktif di 850 MHz.

  11. Maaf pak Herry,Post saya di atas lupa memberi salam dan Menyebut nama Pak Herry dan mengucapkan terima kasih

    1. Pak Joko,

      Ha… ha… tak masalah kok. Tetap saya jawab.

      Lupa memberikan salam tetap akan saya jawab. Demikian pula bila tidak menyebutkan nama saya.

      Yang bakal saya abaikan atau direspons dengan bercanda adalah bila Anda melakukan hal-hal berikut:
      * Menggunakan kata sapaan “gan”.
      * Salah menyebutkan nama saya. Misalnya, Anda menuliskannya Pak Harry atau Om Henry.
      * Semau gue menyingkat nama lengkap ponsel. Misalnya, Infinix Zero 3 disingkat menjadi IZ3 dan Xiaomi Redmi Note 2 disingkat menjadi Reno 2.

  12. wah ke hok lay wajib minum fosco dan makan lunpia Pak Herry πŸ™‚

    wah sayang GPSnya tidak akurat ya Pak

    1. Pak Welly,

      Ketahuan saya ke Hok Lay karena Anda hafal dengan lantai dan mejanya ya. Saat saya ke sana, saya sudah sempat mencicipi Fosco, lumpia Semarang (menurut saya nggak mirip lumpia Semarang sih), dan nasi pancawarna.

      GPS akurat bila hanya sebagai penunjuk lokasi. Kalau dipakai buat bernavigasi, nah… itu baru bikin puyeng.

      1. buat saya GPS adalah salah satu yang penting Pak, bila kurang akurat bisa kesasar ga karuan. apalagi bila seharusnya belok kebablas terus sementara U-turn nya jauh sekali eheheh

  13. Dua hari lalu iseng-iseng ke ITC Roxy Mas dapat ini hp. Selamat pakai dua hari ini puas banget dengan kamera belakang dan output musik dari speakernya. Mantab banget! GPS terkunci sangat cepat, namun arahnya agak kacau ketika bergerak dalam Google Map. Namun hasilnya lebih bagus dan stabil dengan Route 66. Saya ngga tahu kenapa bisa seperti itu. Secara keseluruh puas banget, terutama harganya yg super ajaib.. He he he.. Thanks, ko Herry atas ulasannya.

    1. Pak Anton Chris Arsen,

      Berarti, pengalaman Anda sama dengan saya. Kalau dipakai bernavigasi lumayan sering ngaco. Oh, kalau pakai Route 66 lancar ya? Thanks infonya.

  14. Pak Herry, terima kasih untuk review nya.
    Beberapa foto diambil di rumah makan Djoglo dan Taman Indie di kota Malang ya Pak πŸ™‚

    Apakah boleh jika saya diberikan hasil uji foto yang masih ukuran aslinya (belum di-resize)?
    Mungkin bisa dikirim ke email saya, atau upload di Internet, terserah Pak Herry mau pakai cara apa.

    Pengalaman saya menggunakan ponsel ini, sepertinya masih belum ada fitur fast charging ya?
    Rata-rata saya butuh sekitar 1,5 jam untuk charge dari kondisi battery 20%, bahkan kadang mencapai 2 jam jika sambil menggunakan instant messenger.

    Terima kasih.

    1. Pak Adrian Soetanto,

      Rumah makan Djoglo? Ehmm… saya tidak ke sana deh. Taman Indie? Ya, benar. Sayang saya tiba di sana terlalu malam. Andai sore sudah mendarat di sana sepertinya lebih cantik.

      Ok. Saya akan coba unggah beberapa foto dalam ukuran asli dulu. Tautannya saya update di blog. Bila sampai besok (12 April 2016) saya belum meng-update-nya di bagian bawah naskah, silakan ingatkan saya.

      Benar, memang belum fast charging.

  15. Mantap….
    Ko herry, coba pakai app google earth untuk navigasinya aktif ga ?
    Karna dari beberapa vendor smartphone ada yang tidak berfungsi.

  16. Keluar juga review zero 3, foto nya memuaskan ya bg. Apakah noise dan keluhan kamera lainnya uda ada updatenya bg ? byk yg komen tuh kameranya mengalami noise yg berlebih, terus dr infinix nya berjanji bakal ngasih updatenya

    1. Pak Hafiz,

      Oh, ada banyak komentar dari pengguna dan Infinix menjanjikan update ya? Rasanya belum ada. Sebab, saat saya pakai memotret, Zero 3 masih hobi menggunakan ISO tinggi sehingga peluang mendapatkan noise lebih terbuka.

      Keluhan lain yang berhubungan dengan kamera apa ya? Kalau soal format video 4K-nya 3gp, hal itu sudah di-update oleh Infinix. Kini ada pilihan format MP4.

  17. Lho bukannya dlu ko herry pernah mengunggah artikel ini ya, kok diunggah lg, apa saya yg salah ingat,,
    Kapan review yg baru muncul koh, saya pembaca setia artikel koh herry,he

  18. Wow, plat no mobil nya bisa kebaca. Usaha luar biasa dr penulis terlihat dari hasil candid camera. Salut Ko. Seandainya Infinix mengeluarkan versi compact (4,7 inch) dgn jeroan seperti ini, akan sangat menarik. Mau melirik versi compact Xperia, ga kuat harganya.
    Seperti biasa, review yg sangat bagus Ko. Terimakasih

  19. Hasil kameranya mantap pak herry. Diadu dengan Lenovo Vibe Shot dan Hisense PureShot dalam urusan kamera urutan 1,2,3 terbaik menang mana pak? Trus Review kualitas audionya belum dibahas pak sama pak herry. Dipakai musik dan telepon Performa audionya gimana pak?

    1. Pak Nazriel,

      Urutan kamera: Zero 3, Vibe Shot, dan Pureshot.

      Saya bukan pemilik “telinga emas”. Menurut saya, audio Zero 3 baik-baik saja sih.

      1. Terima kasih pak sudah dijawab.
        Masih dilema antara ambil Infinix zero 3 atau menunggu Xiaomi Redmi Note 3 (Snapdragon) garansi resmi. Apa Pak herry punya info terbaru tentang Redmi Note 3 yg akan masuk indonesia, kapan waktunya?

  20. Kamera nya bagus ya pak? Tapi gmana kalo dibandingin dengan pureshot+, mengingat harganya yang tak terlampau jauh?

  21. Dear pak HSW

    3 kelemahan diatas menurut koh HSW apakah disebabkan oleh softwarenya? Kalau iya mungkinkah kelemahan tersebut hilang setelah mendapat update?

    1. Pak Kurnia,

      Kelemahan pertama dan ketiga karena software. Jadi, mestinya dapat diatasi dengan update firmware.

      Kelemahan kedua awalnya saya duga berhubungan dengan hardware. Namun, di atas ternyata ada pengguna Zero 3 yang berbagi pengalaman. Kalau pakai Google Maps memang navigasinya kadang bermasalah. Namun, kalau pakai aplikasi Route 66 yang dapat diunduh di Play Store ternyata lancar jaya. Jadi, tampaknya masalah software juga.

  22. Pak Herry, maaf nih kalo OOT banget. Di naskah Pak Herry bilang kalo Infinix ada tiga 3 seri, yaitu zero, note dan hot. Nah kalo Infinix Hot Note x551, itu masuknya seri yg mana?
    Dan juga seriusan di zero 3 belum ada fast charging? Padahal di hot note yg lebih tua ada lohloh. Terima kasih atas jawabannya pak.

    1. Pak Amaris,

      Hot Note X551 termasuk seri Note.

      Serius. Zero 3 belum ada fast charging. Selama ini fitur fast charging tersedia di ponsel Infinix seri Note.

  23. Saya ragu sama infinix

    Lha saya pakai infinix zero 2 simcard sering ilang ilangan. Fitur update OTA dipakai kayaknya gak ada perubahan itu itu mulu updatenya capek downloadnya habisin kuota aja.

    Mau gak mau harus sabar walau saya akui infinix zero 2 ringan dan cepat karena ram udah 3 gb

    1. Pak Fajar Rukmo,

      SIM card sering ilang-ilangan gimana ya, Pak? Kartunya terlepas dari selot kartu lalu hilang?

      Kalau tidak ada update OTA, seharusnya Anda tak perlu lelah mengunduh. Kuota yang terpakai untuk mengecek juga sangat sedikit. Jadi, yang sempat Anda unduh itu apa ya? #bingung

    2. Pak herry,
      Utk infinix zero 3 signal hp nya pernah kadang2 bisa hilang sendiri nggak? Sy pakai yg zero 2 kadang2 bisa hilang2 sendiri signalnya. Jadi signal kedua2nya hilang trus nggak lama muncul lg, padahal kedua simcard nggak longgar. Pertama sy pikir hp sy mulai rusak, tp ternyata stlh baca ulasan pak fajar rukmo tgl 11 april, berarti bukan sy sj yg mengalami hal tsb. Apa ada solusinya ya pak herry? Tq

      1. Pak Hariyanto,

        Zero 3: sinyal baik-baik saja.

        Solusi untuk Zero 2: coba periksakan ke pusat perbaikan resmi deh.

  24. Mengkoreksi pak Adrian Soesanto bukan rumah makan djoglo, tapi nampaknya Djati lounge πŸ™‚

    Pak Herry SW, sepertinya seru juga nih pak kalo diinformasikan tempat – tempat yg dikunjungi bapak, karena setiap saya kunjungi ponselmu.com selain baca review ponsel juga sering dapet informasi kuliner yang menarik untuk dicoba hehehe…

    1. Pak Aditya Wardhana,

      Iya, saya berkunjung ke Djati Lounge. Sempat kaget waktu lihat daftar menunya. Mahal banget. Air mineral saja Rp 20 ribu. πŸ™

      He… he… tempat yang saya kunjungi belum tentu menawarkan hidangan enak dengan harga rasional, Pak. Kadang harga terjangkau, tetapi cita rasa amburadul. Demikian sebaliknya.

  25. Om kalau zero3 vs redmi note3 pro ram3/32 gb menang mana sih? Pernah coba kamera nya redmi note3 pro? Apakah bisa sebagus zero3

  26. Numpang nanyak bg, kemarin xiaomi ketauan daftar kan 3 (klo gk salah) ponsel nya di dirjen postel ? kira2 apa ponselnya ya bg ?

  27. Ya Pak Herry dan Pak Aditya, maksud saya rumah makan Djati Lounge. Terima kasih koreksinya. Saya lupa perbedaan nama antara rumah makan dan penginapannya yang berarsitektur Bali itu hehehe..

    Sambil menunggu link untuk download fotonya, saya ada pertanyaan lagi, Pak Herry:

    1. Apakah sudah ada aksesoris terutama sarung (case) yang lebih tertutup dibandingkan jelly case yang disertakan di paket pembelian Infinix Zero 3?
    Di mana saya bisa mendapatkannya, terutama di Surabaya atau Malang?

    Sebenarnya jelly case yang disertakan sudah cukup baik, tetapi saya kuatir dengan bagian kamera belakangnya yang setelah dipasang jelly case menjadi rata dengan permukaannya sehingga mudah tergores pada saat ponsel diletakkan di permukaan kasar dan bergeser secara tidak sengaja.

    2. Apakah ada cara untuk men-disable automatic charging pada saat kita mencolokkan ponsel ke komputer menggunakan kabel data?

    Kenapa saya ingin men-disable fitur tersebut? Karena saya sering melakukan transfer data dari ponsel ke notebook/PC dan tidak ingin umur battery ponsel menjadi berkurang karena terlalu sering di-charge. Apalagi Infinix Zero 3 ini menggunakan battery tanam (non removable).

    3. Dari pengalaman Pak Herry selama ini, jika battery ponselnya non removable, apakah masih dimungkinkan untuk mengganti battery nya jika suatu saat battery tersebut menjadi drop atau berkurang daya tahannya?

    Terima kasih banyak atas jawabannya.

    1. Pak Adrian Soetanto,

      Oh, di Djati Lounge ada penginapannya juga ya?

      Foto dengan resolusi asli barusan saya unggah. Ini tautannya http://postimg.org/gallery/1usbio2ui/

      1. Tak tahu. Saya tidak berusaha mencarinya karena saya lebih suka memakai jelly case. Jadi, ketika di paket penjualan sudah disertakan jelly case, saya tak berkeliling mencari aksesori lagi.

      2. Rasanya tak bisa di-disable.

      Kalau Anda sering melakukan transfer file, lebih baik instalasikan aplikasi SHAREit di ponsel dan laptop, Pak. Lebih praktis. Ini tautannya http://shareit.lenovo.com/

      3. Bisa diganti di pusat perbaikan resmi.

    2. Selain aplikasi shareit, ada juga aplikasi airdroid. Menurut saya airdroid lebih praktis karena untuk berbagi file, cukup hp androidnya saja yg diinstal airdroid. Sedangkan komputer atau hape lain yg hendak mengirim atau menerima, tidak perlu ada aplikasi airdroidnya juga. Proses menerima dan mengirim dapat melalui browser saja. Jaringan yg digunakan pun hanya menggunakan wifi (atau hotspot dari hp yg bersangkutan). Wifi yg offline pun bisa. Hanya sekedar saran saja, karena saya sendiri sring memakai airdroid.

  28. Selamat malam pak Herry

    Ada Yg mau saya tanyakan tapi diluar topik ini. Rekomendasi dari pak Herry utk HP dibawah harga sejuta apa ya pak? HP yg mempunyai kelebihan seperti layar yg responsif bagus, LTE 4g, prosesor cepat, ram 1 gg, batrei awet (yg disebutin itu hanya kalangan HP dibawah sejuta). Terima kasih atas recomended nya pa Herry. Sukses selalu

  29. Koh herry, mau nanya maaf oot
    Kalo Hp kisaran harga 1-2jt yg bagus buat:
    Sosmed, gaming ringan, sama baterai yang lumayan awet. Apakah ada rekomendasi? Makasih Koh πŸ™‚

        1. Pak Kevin Naufalizar,

          Oh layar lima inci. Hmmm… Lenovo P70. Namun, harganya lebih dari Rp 2 juta.

          Alternatif lain Hisense Pureshot, tetapi baterainya tidak seawet beberapa tipe ponsel yang sudah saya sebutkan.

  30. Mas, mau tanya nih heheh
    Sy baru menggunakan infinix zero 3 sekitar 3 hari. tiap mengecas hp nih body belakang dan layar depan selalu panas banget kayak air mendidih..itu kenapa yaa mas??
    Apakah karna fitur fast charging yg membuatnya jadi panas banget saat mengecas..atau ada hal lain?
    Mohon tips dan bantuannyaa..

    Thx

    1. Pak Samuel,

      Lho kok aneh. Saya tak pernah mengalami hal itu. Pasti bukan karena fast charging karena Zero 3 belum mendukung fast charging.

      Apakah Anda men-charge ponsel dalam kondisi menyala dan aktif dipakai?

      1. Infinix zero 3 sy sudah mendukung fast charging sepertinya mas, karna sy mengecas dr 25% hanya butuh sekitar 1 jam saja utk penuh 100%.
        Sy tidak pernah memainkan hp saat mengecas, selalu menggunakan mode airplane.
        mohon bantuannyaaa mas..

        1. Pak Samuel,

          Anda nge-charge pakai charger output berapa Ampere?

          Menurut saya sih belum fast charging. Dari 10 persen sampai penuh sekitar dua jam. Charger yang saya gunakan memiliki output 2A dengan voltase 5 atau 5,1 volt (lupa tepatnya).

          1. Charger asli dr awal pembelian.. sama seperti punya mas tuh …5.0V = 2.0A
            Infinix sy juga tergolong panas ketika penggunaan.. padahal sy gak pernah main game..
            Gimanaa yaa solusinya mas ???

          2. Sy menggunakan 4G LTE 3(tri) mas..
            Rencana mau ganti 4G LTE telkomsel..
            Apakah itu berpengaruh ???

          3. Pak Samuel,

            Saya belum pernah mencicipi 4G LTE Tri. Mungkinkah area layanan dan sinyal 4G LTE Tri masih lemah? Kalau kondisinya seperti itu, ponsel akan bekerja keras mencari sinyal. Akibatnya ponsel menjadi panas dan boros baterai.

          4. Kalo dirumah sy memang kurang stabil jaringan 4G tri mas.. kadang 4G, kadang turun jadi 3G…
            Mungkin karna itu penyebabnyaa hp jadi cepat panas ya mas.
            Mas sy mau tanya juga, aplikasi yg bagus utk menghemat baterai atau menghibernate aplikasi yg sedang berjalan apa ya?
            Sebab ketika sy tidur malam hari baterai dr 70% jadi 50% bangun paginya. padahal jaringan data seluler sudah sy matikan.
            Mohon tips nyaaa..

            Thx

          5. Pak Samuel,

            Kalau membaca paparan Anda berikutnya (data mati, tidur malam baterai 70% dan bangun 50%), sinyal Tri layak diduga keras menjadi pemicu. Mending kalau malam hari ponsel dipadamkan saja. Aplikasi penghemat baterai dll takkan membantu dalam kondisi seperti itu.

  31. Pak herry, maaf oot nih…
    Btw, kenapa ya nexus 5x dan 6p tidak masuk indonesia?
    Servis center motorola di surabaya di mana ya pak?

    Terima kasih.

    1. Pak Alvo A,

      Untuk Nexus 5X, sejak awal memang tak ada rumor ponsel itu bakal beredar di sini.

      Sedangkan untuk Nexus 6P, awalnya sempat beredar rumor ponsel tersebut akan dimasukkan oleh Huawei. Namun, terakhir tampaknya batal karena Huawei tak ingin ponsel itu berperang melawan Mate S. Alasan lain, Nexus 6P tampaknya mustahil dimasukkan sebagai ponsel 3G untuk menyiasati peraturan yang berlaku.

      Di Surabaya, setahu saya, belum ada pusat perbaikan resmi Motorola.

  32. Bung HSW.

    Berani sekali ya infinix memberikan kamera wah di kelas menengah.

    menurut Bung infinix itu PINTAR atau BODOH yang telah berbak hati kasih kamera 20mp direntang harga 2,599 juta?
    lalu apa alasanNya Bung?

    terima kasih

    1. Pak Yoobee,

      Ya pintar dong. Sebagai merek pendatang baru, dia berusaha menawarkan spesifikasi tinggi dengan harga terjangkau.

  33. Bung HSW.

    oh ya sampai lupa!
    yang masih pegang asus zenfone selfie buruan buang jauh kelaut gih.
    hape jelek kok di bandingkan dengan infinix zero 3.
    ga level kale.
    zenfone itu udah mahal, pake cpu kelas bawah, buat maen game ngelag sampai force close, cepat panas, bererai boros, bloatwear banyak tidak bisa di hapus lagi.
    nyebelin banget Kan.

    pokokNya jangan sampai deh Bung meReview lagi produk zenfone.

    terima kasih

  34. klo menurut ko herry
    bagaimana klo sama lenovo vibeshot
    apakah bagusan vibeshot atau Infinix Zero 3?
    thanks ko

    1. Pak Akbar,

      Sudah ada dua pertanyaan serupa yang masuk dan saya jawab. Silakan cek di atas ya. Intinya sih secara umum menang Zero 3. Kecuali, untuk urusan yang sangat spesifik.

  35. ko herry sy jg mo tanya klo di surabaya infinix yg di jual offlinex bagian mana ya ? krn klo beli online sering ngga kebagian !!!!!

    1. Pak Ramlan,

      Yang paling sering punya stok G Shop dan Pyramid di WTC lantai dasar. Namun, harga pasti lebih tinggi dibandingkan online ya.

  36. Pak herry, merek infinix blm global brand? Di gsmarena tidak tercantum merek infinix. Apa merek ini khusus untuk Indonesia seperti polytron? Kuatir aja nanti pasaran sepi merek nya hilang.

    Thx

    1. Pak Djunaedi,

      Infinix belum termasuk merek global. Xiaomi pun masih proses ke sana lho.

      Infinix pasti bukan hanya untuk pasar Indonesia. Ponsel Infinix juga sudah beredar di Afrika, Eropa Timur, dan Timur Tengah.

    1. Pak Ilham,

      Karena saya belum pernah khusus menguji pakai kemampuan virtual reality, saya tak bisa menjawab pertanyaan Anda.

    1. Pak Okky,

      Di Marina belum pernah lihat. Di WTC sempat ada beberapa toko yang jual, tetapi stok kini sudah ludes semua.

  37. Wah, menarik juga membaca pak herry menyatakan kamera zero 3 lebih baik dari vibe shot..
    Selain kamera pak, apakah fitur-fitur lain zero 3 juga lebih baik? Mengingat perbedaan harga yang lumayan juga..
    Terimakasih pak.

    1. Pak Hari,

      Ya, secara umum begitu. Kecuali, Anda sangat hobi swafoto (selfie) atau melakukan pemotretan manual dengan shutter speed bulb.

      Lain-lain sih relatif setara ya.

  38. om herry, mau tanya donk :
    1. di atas disebut klo pake aplikasi Lain (route 66) navigasi akan lebih baik.. minta reviewnya kalo pake aplikasi Waze donk om..
    2. untuk operator tri nantinya akan pake 4G di network band brp yaa..? mungkin ada info.
    trims om..

  39. Ko, mau nanya nich
    saya punya anggaran max 2jt untuk beli hp yg bisa videocall layar min 5 inc,Ram 2 Gb, OS kalau bisa lolipop. kira2 merk apa yg bisa saya beli?

    1. Pak Ari,

      Terus terang saya sudah tidak mengamati kemampuan video call via 3G lagi saat menguji pakai ponsel. Coba cek merek Lenovo dan Samsung.

    1. Pak Ridha,

      Tak bisa. Dipakai buat telepon, WhatsApp, email, browsing, memotret, serta melihat-lihat Facebook dan Twitter.

  40. Selamat Malam Pak Herry….
    Td saya baca komen2 di atas Pak, Zero 3 ini blum tersedia di toko offline secara resmi, trus kalo mau beli yg resmi dgn harga yg juga “resmi” dimana ya Pak?
    Kemudian, slama menggunakan Zero 3 ini apa Pak Herry menggunakan pelindung layar? Kalo iya, beli dimana Pak? Hehe…
    Makasih Pak…

    1. Pak Edwin,

      Ya beli di Lazada, Pak. Namun, stok saat ini sedang kosong.

      Tidak. Layar sengaja saya biarkan telanjang. Sekaligus untuk mengetes daya tahannya dalam pemakaian normal sehari-hari.

  41. Pak herry ,maaf mau tanya diluar topik. kalau beli hp/android baru di toko apa kah kartu garansinya harus di isi jg sama toko ? supaya kalau kenapa2 bisa claim garansi. sebelum2nya saya membli hp baru,tp toko tdk isi kartu garansinya.makasih.

  42. Review yang keren pak HSW, kamera nya dengan rentang harga segitu punya Infinix bisa dibilang yang terbaik kah? Untuk masalah daya tahan gadget Infinix ini gmn ya pak? Maksudnya termasuk ringgkih, kokoh, atau malah rawan rusak mengingat rentang harganya yang menengah kebawah hehe..
    Oh iya satu pertanyaan lagi nih, pak HSW punya info mengenai Nokia Android C1? Apakah gadget tsb beneran ada dan bakal dipasarkan di indonesia? Trims Pak HSW.

    1. Pak Bennylie,

      Ya, di rentang harga sebitu boleh dibilang kamera Zero 3 yang terbaik.

      Soal daya tahan, saya jarang memakai suatu ponsel dalam jangka waktu lama. Beberapa kenalan yang sudah lumayan lama menggunakan ponsel Infinix tidak mengeluh sih. Ponselnya masih baik-baik saja.

      Belum ada info. Jangankan di Indonesia, secara global pun Nokia C1 masih sebatas rumor.

  43. Pak Herry,
    Mantap reviewnya infinix zero 3, hasil kameranya bagus ditambah yg megang hpnya jago, memang hp keluaran infinix bagus2, saya sendiri pakai infinix hot 3 & saya puas hasil cameranya ok, biarpun kelas entry level tapi cukup gegas & performanya baik, saya mau tanya kabel charger/data bawaan infinix hot 3 yg tipis kayak xacti delcell apakah memang lebih bagus dari pada kabel yg biasa? terima kasih dan sukses selalu buat pak Herry SW

    1. Pak Emir,

      Wah, sudah pakai Hot 3 ya. Bagus? Terpilih jadi pembeli yang bisa memesan casing bertuliskan kata sesuai keinginan sendiri nggak, Pak?

      Soal kabel, tak tahu. Lha saya belum pernah mencoba.

  44. Ko Herry,

    Sedikit masukan mengenai GPS, rupanya hp perlu dikalibrasi lebih dulu agak tidak kacau navigasinya di Google Map. Yang saya lakukan yaitu dengan menampilkan kompas, dan lakukan kalibrasi dengan arah memutar seperti angka 8 miring ke samping atau simbol tak terhingga ?, sampai jarum menunjukkan Utara dengan benar. Kemarin sudah saya tes, dan sudah berjalan dengan benar.

    1. Pak Anton Chris Arsen,

      Soal kompas dan angka 8, sejak awal saya sudah melakukan hal itu. Namun, saat dipakai bernavigasi via Google Maps, kuncian lokasi kadang lepas.

  45. Ko Herry,

    Jika anda dihadapkan dgn Redmi 2 Prime dan Infinix Hot Note anda lbh prefer yg mana Ko? Dan apa alasanya?

    Saya plening mau Upgrade dari Redmi 2, mungkin ko herry punya refrensi hh bagus kisaran hrg 1,5 jutaan?

    1. Pak Dhimas,

      Saya memilih Redmi 2 Prime dengan alasan sudah 4G LTE. Daya tahan baterainya memang tidak selama Hot Note, tetapi masih lumayan memadai.

      Di kisaran Rp 1,5 juta ada Infinix Hot 3. Namun, saya belum pernah mencobanya.

  46. Benar Pak Herry, di Djati Lounge ada penginapannya juga, cuman memang tarifnya mahal seperti harga makanannya hehehe…
    Terima kasih untuk upload foto dan jawabannya.

  47. Pak, kalau baterai tanam kayak seri zero 3 ini, kalau baterainya ngedrop, gimana solusinya?

    Antara infinix note 2 dan xiaomi redmi 2 prime, pak herry pilih yang mana?

    Kualitas kameranya bagusan mana antara infinix dan xiaomi ya, pak?

    1. Bu Desika,

      Bu Desika,

      Bisa ganti baterai di pusat perbaikan resmi.

      Kalau ngejar daya tahan baterai pilih Note 2. Kalau ngejar kamera dan kenyamanan digenggam, pilihlah Redmi 2 Prime.

  48. Om mau tanya, kl liat di komen2 di instagram katanya hp ini cepat panas,
    Apa betul?
    Adakah LED notifnya?
    Sy msh bimbang antara lenovo vibe shot ato infinix zero3 ini, kl dr harga sih yaa mending infinix, tapi blm banyak review yg muncul

    1. Bu Ririn Sekarini,

      Tidak benar. Tak cepat panas kok.

      Saya tidak memperhatikan LED notifikasi lagi. Alasan saya, mengapa harus bingung dengan LED notifikasi kalau saya rutin memantau dan melihat layar ponsel.

  49. OM herry
    boleh minta pertimbangan.
    saya bimbang antara hisense pure shot atau sony m4 aqua.
    boleh minta saran?

    1. Pak Bagus,

      Minta saran sih boleh-boleh saja. Masalahnya, dalam kasus ini saya tak bisa memberikan saran karena belum pernah mencoba Xperia M4 Aqua.

  50. pak harry,saya juga kebetulan baru pakek zero3….dpt nya di flashsale ke 3,dah kisaran 2-3mingguan deh.sejauh ni keluhan saya hanya batre yg emang kerasa boros jika di banding sony m5 (istri yg makek).spek sama beda layar doang ama batre lbh gede zero3.yg mau saya tanyakan apakah pak harry bs ks info dimana saya bs dptkan file update 1.Z.3.2 yg ms beta? karna sempet baca di fb infinix ada yg post kalau sensor gyro nyala di update terbaru.tapi gk di saranin ama admin nya karna ms beta jd belum stabil.saya sudah ubek2 di forum infinix jg gk nemu tuh update.malah post di fb kek nya di hapus admin.bagi yg ada info update terbaru mohon bs di share. terakhir baca2 ada yg nanya kalau zero3 ama m5 bgs mana kamera nya,dr hrg ama merk aja dah tau pst menang sony?.di outdoor siang hr mungkin ms bs ngimbangin,tapi indoor ama lowlight kalah telak ni zero3.kamera depan jg kalah telak,m5 kameranya dpan nya dah msk kelas raja selfie?.

  51. Pak Herry,Infinix Zero 3 ini dibandingkan Xiaomi Mi4i,baik dari performa dan juga kamera(depan dan belakang),lebih bagusan yang mana?

  52. Pak Herry,

    Saya ingin beli hp baru untuk menggantikan acer z4 yang sudah kuhibahkan kepada keponakan. kriterianya layar 5 inch, pemakaian untuk whatsapp, bbm, sms, dan telpon serta harga tidak boleh lebih dari 1,3juta. Apakah acer z520 yg kini seharga 1,1juta layak beli atau ada alternatif lain. Terus terang saja saya orang yang tidak suka menghabiskan uang banyak-banyak untuk gadget hehehe…

    1. Bu Lusi,

      Saya belum pernah mencoba Acer Liquid Z520. Dengan anggaran segitu, silakan melirik Infinix Hot 2.

      1. Pak Herry,

        Saya cari cari di tangerang tidak ada yang jual infinik ya pak, ternyata harus online katanya. Yah sudah setelah capai terus istirahat makan di solaria yg porsinya selalu jumbo^^ akhirnya kepingin coba ponsel merk lokal, yah untung untunganlah, kebetulan saat itu ada promo polytron rocket t4 R2506 kitkat 4.4.2 seharga 1.049k bonus sandisk ultra 8GB dan tempered glass merk abal-abal. Setelah pakai 2 hari kesan saya, cukup responsif, buat ngetik cepat enak juga, layar tidak cemerlang seolah-olah hanya 100ppi warna juga tidak bagus, batrei yg 1750 mAh hanya bertahan 4-6 jam, suara speaker baik depan maupun belakang cempreng dan pecah, kamera 8mp ternyata hanya interpolasi dan hasilnya sangat menyedihkan seperti lukisan cat air, kalah jauh dengan lumia 520 saya, body build quality seperti mainan plastik murahan, dan hasil akhirnya saya diejek ibu ibu sosialita karena katanya terlalu pelit masa bawanya mazda cx5 hpnya murahan. Tapi saya bengga beli merk lokal yg sudah dibuat di kudus oleh tenaga lokal, kedepannya akan tetap saya pakai sampai bosan gawai ini karena sudah cukup memenuhi kebutuhan dasar komunikasi saya.

        1. Bu Lusi,

          Infinix resminya memang baru dijual online via Lazada. Namun, praktiknya sering ada pemilik toko ponsel yang kulakan dari Lazada, lalu dijual di tokonya.

          Dengan cara apa Anda mengetahui kalau kamera 8 megapiksel itu interpolasi?

          1. Pak Herry,

            Yah memang caranya tidak bisa dipertanggungjawabkan sih pak karena cuma perasaan, hasil foto 8mp polytron di zoom di pc tampak kabur, tidak fokus, kehilangan ketajaman, tidak solid dan banyak noise, masih bagus hasil kamera saku jadul 5mp dan lumia 520.

            Sekarang polytron sudah tidak ditangan saya lagi pak, saya tidak tahan karena kalau buat telepon suaranya sangat tidak nyaman, saya ganti LG Magna yang lebih adem dan lebih empuk suaranya.

  53. hahaha….sorry yah,karna posting nya tengah malam jd salah ketik ni,sehrs nya pak herry.maklum dah ngantuk berat.sekali lg mohon maap karna salah ketik nama πŸ™

    1. Pak Bambang Hermanto,

      Karena barang sedang kosong di mana-mana, yang kebetulan masih punya stok bisa buka harga sampai Rp 3 juta.

    1. Pak Baskoro,

      Mending beli Zero 3 deh. Sebab, masa edar G3 sudah cukup lama. Kalau beli bekas, risiko mendapatkan baterai yang kemampuannya sudah menurun relatif besar.

      Ya, kamera boleh dibilang sekelas.

  54. sayang banget dengan harga segitu gk suport gyro sensor…padahal andromax R2 yg harganya jauh lebih murah udah suport gyroscope…

  55. Pak Herry mohon rekomendasi smartphone yang terutama bisa 4G, layar tidak lebih dari 5,5 inch, harga tidak sampai 2 juta, kamera standar tidak masalah karena yang saya butuhkan koneksi 4Gnya

    Terima kasih

  56. Selamat siang pak herry

    Apakah infinix zero 3 garansi pt bintang cemerlang termasuk garansi resmi infinix?
    Gimana cara pengaturan camera pada malam hari pak? Kok agak kekuningan (lampu flash kuning)

    Terima kasih pak Herry

    1. Pak Andry,

      Ya. Itu garansi resmi. Bintang Cemerlang merupakan importir Zero 3.

      Warna lampu kilatnya sih tidak bisa diatur. Silakan masuk ke mode profesional, lalu mengutak-atik white balance sampai menentukan hasil yang sesuai selera.

  57. maaf koh butuh saran.
    android layar 4,5inch yang batre awet dari pagi sampe malem rekomen apa?
    aktivitas normal tdk terlalu intens.
    suwun

    1. Pak Angga,

      Untuk saat ini saya tidak memiliki rekomendasi. Kecuali, layar bersedia dinaikkan menjadi 4,6 inci. Silakan melirik Sony Xperia Z3 Compact.

  58. Maaf OOT om Herry, mau tanya apakah om herry ada tempat servis tablet android cina yang terpercaya di plasa marina, atau WTC? kebetulan ada tablet Chuwi saya yang on screen button untuk back, home dan option yang ga respon. terima kasih sebelumnya.

    1. Pak Purwanto,

      Boleh coba ke Khing GSM di WTC lantai 2. Namun, belum tentu mereka mempunyai suku cadang untuk tablet merek Chuwi lho.

  59. Wah saya juga pakai smartphone ini sekarang ini, menggantikan merek sebelah yang ber casing metal hehehehe… Kameranya memang Mantab, tapi baterai memang agak boros menurut saya πŸ™‚

  60. Yth pk herry
    Diluar topik,akhirnya saya beli LG G4 atas rekomendasi anda beli di (blibli)…?
    1.Yg saya tanya Lg G4 apa bisa otg??
    2.klo saya upgrade ke marshmallow,fungsinya apa atau berubah banyak kah?
    3.perlu tidak donlod aplikasi clean master atau sejenisnya?
    4aplikasi apa yg bagus buat catatan2?
    Terima kasih pak herry sw?

    1. Pak Deto,

      1. Bisa.

      2. Tak tahu. Saya sudah lama berpisah dengan G4, ketika ponsel itu belum dapat update Marshmallow.

      3. Tak perlu.

      4. Silakan cari di Play Store dengan kata kunci Notepad atau Memopad. Carilah yang paling sesuai dengan selera. Alternatif lain, unduhlah aplikasi Evernote.

  61. Pak HSW, minta rekomendasi ponsel direntang harga 2jt – 3jt per bulan April 2016. Saya cari yang service centernya oke dan mudah ditemukan itu saja. Terima kasih atas jawabannya. Salam hangat dari saya (pengunjung setia) ponselmu.com

    1. Pak Pujo Pambudi,

      Kalau service center oke, berarti cuma ada tiga merek: LG, Samsung, dan Acer. Masalahnya, di rentang harga segitu, tak ada ponsel yang nendang nih.

      Kalau kriteria service center boleh diturunkan, silakan melirik Infinix Zero 3 atau Wiko Ridge 4G Fever.

        1. Pak Leo,

          Sejauh ini belum ada testimoni masuk. Kalau melihat rekam jejak pengelola pusat perbaikan resminya (Unicom), mestinya sih bagus.

  62. Pak herry, susah sekali cari produk infinix ini di sby. Kalo infinix note 2 offline nya dmn pak? Purna jual infinix gmn pak?

    1. Pak Efendi,

      Normalnya Infinix belum main offline. Coba cari di G Shop WTC lantai 1 nomor (kalau tak salah ingat 125).

      Saya belum pernah menerima testimoni terkait service center Infinix.

    1. Pak Efendi,

      Asus Zenfone Max masih dalam proses uji pakai. Targetnya nanti malam selesai dicoba.

      Blade A711 saya belum pernah coba.

  63. Pak Herry,

    Kalo kamera belakang Zero 3 di tutup plastik anti gores apakah sensor kameranya nanti terganggu?

    Biasanya anda membersihkan gadget dgn alat apa Pak?

    1. Pak Dhimas,

      Ada kemungkinan terjadi penurunan kualitas hasil foto.

      Saya menggunakan lap seperti yang biasa dipakai untuk membersihkan kaca mata.

  64. Pak Herry SW
    Menurut anda infinix zero 3 vs xiaomi mi4i anda pilih mana? Tolong juga berikan alasan nya pak. Terima kasih

    1. Pak Jeffry,

      Zero 3 dengan alasan kamera lebih bagus, ponsel lebih responsif, dan tidak ada gejala panas berlebihan.

  65. sekedar info buat user zero3,update terbaru 1.3.Z.2 sudah resmi keluar.jika belom dpt notif dr hp nya bs lsg ke forum infinix buat donlot.khusus buat pak hsw hrs di update ni zero3 nya biar pertanyaan saya bs di jawab :).setelah update dpt bonus gyro sensor aktif,tapi kok tulisan nya software gyroscope yah.apa beda nya ama yg asli hardware? kalau bener ada software gyroscope,apakah hp tanpa sensor gyro bs di install software agar gyroscope nya aktif,kalau bs apa nama software nya?

    1. Pak Hertono,

      He… he… saya sudah tidak bisa mencobanya. Zero 3 saya telah dibeli paksa oleh seorang teman yang kesulitan menemukan stok Zero 3 di Surabaya.

    1. Pak Muhammad Arditya Affandi,

      Resminya hanya dijual online via Lazada. Namun, praktiknya banyak pemilik toko ponsel yang beli di Lazada, kemudian menjualnya secara offline.

  66. Pak herry, katanya infinix zero 3 belum bisa 4G karena belum memenuhi TKDN, saya mau beli zero 3 jadi ragu. Gmana mnurut pak herry ?
    Trimakasih

    1. Pak Arief,

      Saat diperkenalkan di Indonesia, Zero 3 memang belum lulus TKDN. Kini sudah beres kok. Ponsel itu lulus TKDN sehingga sudah bisa dipakai untuk menikmati layanan 4G LTE.

  67. Out of topic
    Share
    Saya sempat pakai infinix note 2. Belum sebulan sudah eror, tiba2 layar blank,mati ga bisa nyala. Mgkn saya kebagian produk cacat.
    Akhirnya saya service di mcare maspion square surabaya.
    Melihat data dari CS di mcare, rata2 service infinix 1 bulan lebih.
    Hp saya sendiri akhirnya mendapat swap unit baru setelah 1bulan 1minggu.

    1. Pak Dipho,

      Terima kasih atas testimoninya. Kalau disimpulkan, berarti layanan sebenarnya bagus (dapat swap unit) tapi lama ya.

  68. Pak Herry,

    Menyambung pertanyaan Pak Bagus diatas, kalo memang Pak Herry menghindari garansi TAM, lantas untuk buyer ponsel Xiaomi sebaiknya milih garansi mana nih?
    Apakah TAM adalah garansi resmi untuk Xiaomi?

    Mengingat garansi dari TAM adalah yg termahal dibanding garansi yg lain (untuk Xiaomi)

    1. Pak WRD,

      Karena ponsel Xiaomi bergaransi resmi hanya didistribusikan oleh Erajaya (TAM) dan Trikomsel, ya terpaksa beli yang TAM. Sebab, yang Trikomselnya statusnya malahan lebih goyah. Namun, kalau Anda berada di Jakarta, saat kelak melakukan klaim garansi, jangan ke pusat perbaikan resmi Xiaomi yang dikelola TAM. Kunjungi pusat perbaikan resmi yang di sini saja:

      Mi Exclusive Service Center – Jakarta Roxy Mas
      Ruko Niaga Roxy Mas blok B1 no. 29, Jl. KH Hasyim Ashari, Jakarta Pusat

      1. Jadi tergelitik mau tanya ngeliat namanya mi exclusive service center, jangan2 d situ terima servis yg dijual distributor.
        Meet up aja admin twitter Xiaomi indonesia ga pernah mempermasalahkan yg distribusi resmi ato yg lain.

  69. Pak Herry mau nanya. Sama sama diharga 3 jutaan mending beli m4 aqua apa zero 3? Paling dipakenya buat game sama social media.

    1. Pak/Bu Tara Salistiyo,

      Tak tahu karena saya belum pernah menguji pakai Xperia M4 Aqua.

      Btw, harga Zero 3 tak sampai Rp 3 juta lho. Kok Anda bisa dikasih harga Rp 3 jutaan?

  70. ini beneran koh hasil kamera infinix??? kok gak kaya orang2 katakan ya? (kamera ponsel cina itu ancur)
    sayang koh fotonya di perkecil, padahal saya pengen banget ngunduh foto dapur (keren banget koh)…

    1. Pak Dadang,

      Serius beneran hasil jepretan kamera Zero 3. Lha kan saya ceritanya sedang me-review Zero 3.

      Ukuran foto saya perkecil karena kalau diunggah sesuai ukuran asli, bakal superduper terlalu besar.

      Foto dapur dengan resolusi asli barusan saya unggah ke http://postimg.org/image/i6qh1us2x/. Silakan mengunduhnya.

      1. wah thanks koh herry,….
        luamayan buat wallpapers di hape πŸ˜€
        semoga semakin banyak yang sadar bahwa masih banyak ponsel bagus yang tak harus menguras kantong πŸ™‚

        1. Pak Dadang,

          Sama-sama, Pak.

          Iya, semoga semakin banyak konsumen yang sadar kalau popularitas merek bukan segalanya.

  71. Selamat pagi Om Herry,

    Saya berniat ganti HP nih Om, sebelumnya pakai Lenovo P780 atas saran Om Herry juga . selama 3tahun ini saya merasa puas .. Tadinya saya mau ganti ke P1a42 Turbo karna battery.a besar tapi lihat testimoni.y katanya kamera.a sdikit mengecewakan. Setelah Om Herry meriview infinix zero 3 ini saya jadi tertarik.

    Kalu batre infinix zero 3 ini dari pagi sampai sore masih bisa tahan kan Om ??

    Kalo di Bndung saya bisa cari toko offline.y ga yah
    Dan Service center.y di mana ??

    1. Bu Ikha Mulya,

      Bergantung perilaku pemakaian. Untuk kebanyakan pengguna, baterai Zero 3 mestinya masih bisa bertahan mulai pagi sampai sore.

      Resminya belum dijual offline. Coba saja cari di pusat penjualan ponsel di Bandung. Siapa tahu ada pemilik toko yang kulakan dari Lazada.

      Ini data service center Infinix di Bandung:
      M-Care Bandung
      Balubur Town Square Lantai 1 T10 – T11
      Jl. Taman Sari, Bandung
      Phone : 022 – 21000300
      Business Hours :
      Mon – Fri (10.00 – 18.00), Sat (10.00 – 15.00), Sun (Closed)

  72. OM HERRY
    akhirnya pilihan saya jatuh di pureshot.
    seusai ulasan om herry.
    dan saya puas menggunakannya.
    terima kasih om herry

  73. Ponsel Xiaomi Redmi 3 & Redmi Note 2 / 3 kapan dirilis secara resmi di Indonesia Pak? Apakah Bapak dapat bocoran infonya?
    Sudah satu bulanan lebih saya menunggu Redmi Note 2, belum keluar juga sampai sekarang. Padahal di Singapura & Malaysia sudah.

  74. wah…cpt banget kejual nya zero3 pak hsw?. gk terjawab deh pertanyaan saya πŸ™ .
    @rudy
    update sopwer terbaru buat zero 3 telah ada sensor gyroscope.sudah saya test sendiri berfungsi dgn baek gyroscope nya.

    buat pak hsw….bs di revisi tuh review nya kalau zero3 telah ada sensor gyroscope.

  75. Bung herry, saya pakai lenovo a6000 android lollipop. Sering ada problem kadang ngelag dan tidak ada notification masuk dan whatsapp, bbm tidak bisa sync. Itu kenapa ya? Apakah ada solusi? Terimakasih?

  76. Bung Herry,tanggal 15 April yang lalu,saya beli Lenovo 6000 Special edition yang RAM 1 giga dan memory 16 giga dan sistem operasi Lolipop (beli di WTC harga Rp.1.450.000). Yang menjadi problem, kalau ada Whatsapp,BBM,Line yang masuk,mengapa tidak ada notifikasi. Jadi kita harus buka aplikasinya dulu baru tahu kalau ada yang masuk,karena tidak ada pemberitahuannya. Dan kadang sering ngelag. Sebelumnya saya juga sudah membeli Lenovo 6000 plus yang Ram 2 giga dan memory 16 giga tapi sistem operasi masih Kitkat. Tapi lancar-lancar saja. Tapi setelah coba yang Lolipop,ada sedikit problem. Mungkin bung herry ada solusi. Terima kasih.

    1. Pak Tri Firmansyah,

      Maksudnya A6000 ya? Saya belum pernah mencoba ponsel itu. Jadi, maaf, saya tak memiliki gambaran alternatif solusi.

  77. Pak Herry, saya lihat spec Zero 3 ini di webnya, support 4G di 2300. Apakah bisa Bolt dipake di hp ini?

    Kalau tidak, punya referensi hp 4G yg support 4G dari operator Bolt, XL dan Tsel?

    Thx.

    1. Pak Rio,

      Di mana Anda membaca Zero 3 mendukung 4G LTE 2300? Boleh minta tautannya?

      Setahu saya, Zero 3 tidak kompatibel dengan 4G LTE 2300. Jadi, tak bisa dipadukan dengan Bolt.

      Ponsel 4G LTE yang siap dipadukan dengan LTE Bolt, XL, dan Telkomsel? Silakan melirik Hisense Pureshot Rp 1,999 juta.

        1. Pak Rio,

          Lah… itu kan bukan situs resmi Infinix.

          Penjelasan di situs resmi produsen ponsel saja kadang tak sesuai dengan unit ponsel yang beredar di sini kok.

  78. Kalau di lihat dari kemampuan kamera mode auto, urutan nya gimana koh hery … ???
    LG G2, LG G3, HisensePureshot, SamsungNote4, Mi4i, LenovoViveShot, InfinixZero3, XperiaZ3,
    terimakasih Jawabannya.

    1. Pak Hadi,

      Hmmmm… agak sulit kalau diurutkan satu per satu. Namun, tetap saya coba deh.

      Urutannya (dimulai dari terbaik): Infinix Zero 3, Lenovo Vibe Shot (bukan Vive Shot), Sony Xperia Z3, Samsung Galaxy Note 4, Hisense Pureshot, Xiaomi Mi 4i, LG G3, dan LG G2.

  79. Pak herry, gimana pengaturan file video zero 3? Sudah pilih 4k tapi kok hasil rekam masi 3gp y?
    @pak hertono, update software ny via apa y pak, OTA kah? XUI sya masi di z21 tapi update ota kalau d buka sudah terbaru, apa memang tidak smuany dpat update? Terima kasih

    1. Pak Andry,

      Setelah memilih 4K, jangan lupa memilih format yang tersedia: 3gp dan mp4. Kalau Anda tidak memilih, hasilnya akan 3gp karena pengaturan awalnya 3gp.

  80. Koh herry, saya ingin mencari hp dengan dana 2.8 keatas. Saya mementingkan performa dan gaming. Kira kira hp apa yg cocok dengan kriteria tersebut? Pilihan saya ada lenovo vibe k4 note. Atau koh herry ada saran lain? Sebelumnya terima kasih

  81. Slamat malam om hery..

    Saya sedang mencari smartphone/ponsel dual sim.
    yg saya tau om hery ini pggemar smartphone/ponsel dual sim, nah ada yg mw saya tanyakan ttg teknologi dual sim.
    Apakah ponsel dual sim skrg berbeda dgn dual sim terdahulu? Contoh kasus saya pakai smsung galaxy grand duos selalu kesulitan nerima tlp masuk, kata temen saya pas di tlp no.saya gak aktif (padahal sdh saya setting aktif sim 1 dan sim 2).
    nah apakah ponsel dual sim keluaran skrg msih sama cara kerjanya dgn ponsel dual sim lawas (galaxy grand duos)..?
    Adapun info yg saya dpt dual sim itu ternyata ada 2 macam. Dual sim dan dual active, yg mana bedanya dual active memakai 2 antena, brbeda dgn dualm sim hanya 1 antena. Contoh smartphone yg memakai dual active adalah asus zenfone 2. Cm saya kurang suka asus.

    Mohon pencerahannya om.. karan saya butuh smartphone dual sim shingga praktis ga perlu ribet bawa dua handphone kemana2 tanpa harus mengalami kasus kesulitan dihubungi oleh org lain.
    Terima kasih

    1. Pak Iqbal Mameen,

      Mayoritas ponsel dual SIM yang beredar di pasar saat ini adalah dual SIM single connection atau, bila mengacu kepada istilah Anda, adalah dual SIM single active. Namun, tak perlu khawatir. Kondisinya sudah jauh lebih bagus daripada zaman dulu.

  82. pak herry, kamera zero 3 ini setara dengan kamera saku nggak ya?
    dan kapan nih pak herry mereview asus zenfone 2 deluxe se 256gb secara lengkap? saya penasaran sama kamera dan performanya :3

    1. Pak/Bu Yka Raanchan,

      Sedikit di bawah kamera saku berharga jual maksimal Rp 1 juta.

      Saya takkan me-review Zenfone 2 Deluxe Special Edition. Ponsel itu kan prinsipnya Zenfone 2 varian RAM 4 GB dengan memori internal yang diperbesar. Kameranya kurang bagus.

  83. Pak Herry,

    tidak ada rencana review produk asli dalam negeri? Polytron Zap 6? terserah tipe apa..
    saya tertarik sama Fira OS-nya yang mirip-mirip dengan MIUI. sama pernah sempat melihat di sebuah video di youtube yang menampilkan ada menu Fira Directory..
    kayaknya keren. hehe…

    terima kasih.

    1. Pak Erik,

      Kalau varian Zap 5 yang dibekali baterai 5.800 mAh sudah muncul, mungkin saya akan me-review-nya. Namun, bergantung harga jualnya juga sih.

  84. Pak Herry,

    Iya kenapa ya Polytron sudah memperkenalkan 5 varian Zap 6, tapi belum semuanya tersedia di pasar? jadi “nanggung”. Padahal kalau dilihat dari segi harga cukup bersaing sih, apalagi dengan andalannya FiraOS.
    Sudah gitu banyak kerancuan dalam merujuk seri Zap 6. terutama antara Zap 6 Posh Note dan Zap 6 Note.
    Oya, kalau gak salah yang baterainya 5800mAh itu Zap 6 Power 4G502 pak. Dan sepertinya sudah ada fingerprint-nya. Tapi sayang sampai sekarang belum ada di pasaran.

    Terima kasih pak.

    1. Pak Erik,

      Iya, Zap 6 ada beragam varian. Benar, varian dengan baterai besar itu sampai sekarang belum beredar di pasar.

  85. mas mau tanya.. kok sy masih belum dpt pembaharuan sistem terbaru yaa?? sy ada baca artikel infinix zero 3 udh bisa ganti format video 3gp ke mp4.. sy masih belum dpt pembaharuan itu mas… mohon bantuannya..

    thx

    1. Pak Samuel,

      Silakan langsung memeriksanya dari menu software update.

      Berapakah versi firmware ponsel Anda saat? Versi terakhir yang saya gunakan saat menguji pakai Zero 3 berakhiran 0315.

    1. Pak Putra,

      Hot 3 akan di-review kok. Namun, masih antre menunggu giliran.

      Sharp? Saya tak ada rencana me-review-nya.

  86. Pk herry infinix zero 3 ini sdah bergaransi resmi di indo ya? Klo bli offline / online dimna dijamin keasliannya? Service centernya gimana? Di bali apa sudah ada service centerna

    1. Pak Agus,

      Ya, garansi resmi.

      Jalur penjualan resmi hanya secara online via Lazada.

      Di Bali ada pusat perbaikan resminya.

  87. siang pa herry
    saya mau tanya pa herry,
    saran ponsel harga 2-4 jutaan ( second juga gpp pa herry ), diutamakan ada fitur manual mode yang bisa atur shutter speed, kira-kira diharga segitu saya beli handphone merk apa ya pa herryv?
    makasih pa herry

    1. Pak Dawier95,

      Kalau baru, silakan beli Infinix Zero 3 atau Asus Zenfone 2 Laser.

      Kalau bekas, silakan mencari Lenovo Vibe Shot.

  88. Dengan kebutuhan kamera & baterai yg baik dan selisih 300 ribu, apa layak meminang Infinix Hot 3 daripada Note 2?

  89. kelemahan yang ditemukan pada zero3 (sudah update firmware)
    1. wifi kadang hilang pada saat mode sleep(tidur) walaupun setinggan sudah dirubah
    2.notifikasi bar atas sering ngaco data sim nyala tapi tampilan bar atas TIDAK
    3.sinyal wifi kadang hilang / penangkapan sinyal wifi tergolong PAYAH / sering tak tersambung
    4.FOTO / GAMBAR yang dihasilkan oleh kamera belakang banyak sekali menghasilkan NOISE padahal setingan ISO sudah dirubah

    1. Pak Rudy,

      Hal-hal di atas justru terjadi setelah Zero 3 menjalani update paling baru ya? Saya sudah berpisah dengan Zero 3 sehingga tak sempat merasakan update paling baru.

  90. Bpk herry saya berniat membeli infinix zero 3 di lazada tapi misal ada kerusakan bagaimana cara menklaim garansi resmi nya..

  91. Ko Herry, salam kenal. Maaf sebelumnya kalau misalnya ada kesalahan penulisan dll. Kemarin saya baca review mengenai Infinix Zero3 ini dan beli di lazada bulan kemarin. Hari H baca review hari H beli krn dah pusing bingung mau beli smartphone yang mana, dan review dari Ko Herry jelas sekali jd saya putuskan beli. Ni saya termasuk org yang msh harus belajar banyak tentang gadget ko, minta infonya ya. Lossless BT mode di bagian sound enhancement itu untuk apa ya ko? Dan hari ini saya baru terima barang dari lazada, baru saya nyalakan 1-2jam tiba2 ada notifikasi Lossless BT mode : Cannot found lossless BT device.
    Apakah itu berarti ada device yang nggak lengkap atau agak longgar di dalamnya atau bagaimana ya ko? Saya cb browsing d google tp blm menemukan jawabannya. Makasih πŸ™‚

  92. Hallo pak HSW,

    saya pengikut setia anda, tapi baru kali ini, memberikan komen dan nanya, nanyanya juga oot, saya mau tanya kamera apa aja yg pak HSW pakai sehari hari untuk review gawai atau traveling,

    Maturnuwun pak

    1. Pak Nofiar,

      Untuk memotret gawai, saya biasanya menggunakan kamera Sony NEX-3. Sedangkan saat traveling, saya biasanya membawa ponsel yang saat itu sedang diuji pakai.

  93. Salam sejahtera Pak HSW,

    Akhirnya setelah berjuang mantengin Lazada (selama 10 hari terakhir) saya berhasil membeli zero 3 ini, kesan awal fisik nya besar banget pak, saat saya kantongin di saku kemeja sangat tidak nyaman, klo performa selama 3 hari 2 malam saya pakai cukup memuaskan, respon sangat gegas, kamera memuaskan, fitur ketuk2 lancar, signal cukup lancar saat saya bawa traveling ke jember dan banyuwangi(voice call dan sms only), saya isikan kartu indosat dan xl, cuman sementara paket internet nya nebeng telkomsel via iphone saya, masih bingung pilih paket internet indosat atau xl yg lbh stabil ya? ( mungkin ada saran paket internet yg murmer khusus indosat dan xl pak, keperluan nya hanya untuk Whatsapp) selama pemakaian ini saya hanya 1x mendapatkan update software, dan tidak mendapatkan masalah seperti sharing pak rudy di atas, baterai nya cukup awet pak, sampai jam 23.31 masih tersisa 20 persen, cabut charge jam 7 pagi, mungkin karena belum aktif paket internet nya juga, overall cukup memuaskan pak, sesuai dengan yang bapak recomendasikan untuk budget 2,6jt masih worth it, sekalian tanya pak apabila bapak berkenan saat saya di surabaya mungkin kalau ingin kontak ke pak HSW untuk berjumpa langsung bisa janjian dulu dengan bapak via apa ya? Semoga sehat selalu pak HSW dan makin sukses buat ponselmu.com

    1. Pak Charles,

      Internetan pakai XL atau Indosat? Beda lokasi beda prestasi sih. Secara umum, di area saya biasa beraktivitas, 4G LTE Indosat jauh lebih bagus daripada XL.

      Kalau cuma untuk WhatsApp, beli saja paket yang harganya Rp 50 ribuan per bulan.

      Janjian saja via Twitter @herrysw. Terima kasih.

      1. Salam sejahtera Pak HSW,

        Mohon maaf sebelumnya pak, saya kelupaan menyertakan CP saya, bila berkenan dan kebetulan pak herry ada waktu luang saat di surabaya mohon bisa sms saya di no 0896-**** nanti saya akan call back ke pak herry, saya agak gaptek untuk penggunaan twitter pak, biasa hanya untuk baca2 saja, saya kurang faham caranya untuk DM via twitter
        Semoga sehat selalu pak HSW dan makin sukses buat ponselmu.com

        1. Pak Charles,

          Maaf, saya tidak melayani komunikasi via SMS dan telepon. Kalau tak biasa pakai Twitter, silakan kirim pesan via blog deh.

  94. Pak mau tanya,
    Dgn budget maks 3 juta, kamera yg bagus, hp mana yg layak dilirik
    Ingin Zero3, tp msh ngeri kalau beli online
    Apa Xiaomi Mi4i atau Redmi 3 pantas menggantikan hp Samsung S4 saya?

    1. Bu RirinSekarini,

      Silakan beli online saja di Lazada, tetapi pilihlah metode pembayaran COD alias bayar di tempat. Jadi, Anda baru membayar saat kurir mengantarkan pesanan Anda.

  95. Menyambung pertanyaan sebelumnya pak
    Karena biasanya saya beli hp di counter, jdi saya tidak trbiasa utk starting hp itu sendiri, taku salah juga malah berabe hehe
    Adakah saran pak??

    1. Bu RirinSekarini,

      Kalau kondisinya begitu, silakan berburu Zero 3 secara offline deh. Kunjungi pusat penjualan ponsel di kota Anda. Saya yakin ada toko yang punya stok, dari hasil kulakan di Lazada. Namun, harganya tentu lebih mahal dari Rp 2,599 juta.

  96. ko herry, saya mau tanya..
    saya baru beli infinix zero 3 2 hari yang lalu di lazada..

    kenapa simcard saya yg menggunakan LTE 4G Telkomsel tiba2 sering gak kedetect ya..
    kadang keluar 4Gnya tapi tidak nyambung koneksi internetnya..
    pertama saya kira dari simcardnya tapi saya coba di hh lain ternyata bisa..
    apakah simcard slotnya infinix saya bermasalah ? atau kenapa ko herry ?
    bisa minta pencerahannya ko ?

    1. Pak Adhimas Paramadina Mahdi,

      Coba mampir ke GraPARI Telkomsel dan minta ganti kartu USIM deh. Bila masalah serupa masih muncul, mungkin ada sesuatu yang tidak benar dengan Zero 3 Anda.

  97. Saya Baru Beli Infinix Zero 3 ini Kamis Kemarin di Salah satu toko di WTC yang terkenal murah. Kena Harga 2,850 (Paling murah dibanding beberapa toko lain yang pasang harga diatas itu). Impressi awal kok ini Hape bongsor banget ya. Tapi setelah memakai Sangat enak digunakan, Hape ini ini juga cukup gegas Sesuai sekali dengan review Pak HSW. Saya sudah 3x Update XUI nya dan yang terbaru Versi 1. Z.3.3
    Terima Kasih sekali sudah merekomendasikan Merk ini Pak. Harga Murah Kualitas Mewah.

    Saya tanya untuk Service Centre resmi Infinix di Surabaya dimana ya Pak?

    Saya yang kapan hari sempet ketemu dengan Pak HSW di BG Junction, Lupa ndak minta Foto bareng πŸ™‚

    1. Pak Reza Rendi,

      Inisial tokonya A? Kalau iya, di sana sebenarnya tidak selalu murah lho. Spesifik ke Zero 3, ada toko lain yang saya ketahui pasang harga sedikit di bawah Rp 2,85 juta.

      Sama-sama. Terima kasih kembali. πŸ™‚

      Ada di Mastech blok F11. Itu lho… Giant Ahmad Yani.

      He… he… terus terang saya sudah lupa. Dulu ketemu di sebelah mananya BG Junction ya?

      1. Inisial tokonya depannya G, sdh beberapa kali sy beli hape ditmpt tsb dan harganya menurut sy lebih murah drpd toko lain.

        Ketemu didepan Bank B** di BG Junction, katanya Bapak sdng nyuci helm terus mau ke Bank tsb.

        Kalau boleh saran Pak HSW, Bisa buat video tutorial atau video sehari2 ketika sdng uji pakai Gadget yg akan direview. Sehingga orang kyk sy yg newbie bisa lbh tahu dan memaksimalkan gadget tsb ketika setelah membeli.

        Terimakasih dan Sukses selalu

        1. Pak Reza Rendi,

          Oh… G. Iya, harga ponsel di sana biasanya memang lebih murah dibandingkan toko lain. Pelayanannya juga cukup baik.

          Oh ok… iya… iya…. Saya mulai ingat.

          Terima kasih atas sarannya.

        2. maaf ya ikut ni,brung, toko G apa ya klo boleh tau. minta bocorannya yaa. atau alamatnya aja deh, g usah sebut merek hehehhe

          1. Bu Nina,

            Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

            Garuda Teknik di WTC lantai 1.

  98. Kalau menurut saya WIKO RIDGE 4G FEVER lebih (UNGGUL) dari INFINIX ZERO 3 X551,, kalau kwalitas kamera infinix hasil jepretan seperti di edit kelihatan terlalu di perhalus kayak pakai fitur beautfy,, kalau Wiko untuk camera lebih mengutamakan ketajaman dan terang,, sedangkan untuk sensor lebih unggul Wiko,, infinix hanya 5 sensor,, Wiko 9 sensor yg aktif,,

  99. Om Herry, boleh minta rekomendasi smartphone best value dengan budget max 3 juta dengan kebutuhan processor dan kamera mumpuni? Pertimbangan pertama saya Infinix Zero 3 ini sih, atau ada gawai lain yang bisa jadi pertimbangan juga dari om Herry? Terima kasih banyak.

  100. pak herry klw utk iz3 vs zte blade s7. Lbh merekomendsikan yg mana pak,? Dan kualitas ketahanan bahan. Sy mw cri2 hp dibawa 3jt’an

  101. Saya ingin tanya. Apakah bbm, line dan WA termasuk dalam aplikasi system (bawakan) dari hape infinix ? Karena saya waktu itu beli HP infinix hot 3 di WTC, kemudian saya minta copy kan aplikasi. kurang tau ini apa saja yg copy kan. ternyata waktu mau digunakan bbm. Line tidak bisa. Bisanya hanya saat di connect in wifi. Dan aplikasi bbm, line WA di hp saya lebih besar kapasitasnya darioada di playstore. Line aja 103 mb hanya aplikasinya saja, padahal di playstore hanya 23mb. Saya coba update aplikasi itu tapi tetap masih tidak bisa digunakan.
    Tapi saat saya download aplikasi yg line lite, aplikasinya bisa digunakan walau engga di connect in wifi. Jadi intinya
    Saya juga ingin bertanya, apakah bisa aplikasi luar dijadikan aplikasi system?

    1. Bu Nurul,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Saya belum memperhatikan BBM, Line, dan WhatsApp termasuk aplikasi bawaan Hot 3 atau bukan. Saran saya sederhana. Hapuslah aplikasi yang Anda dapatkan dari penjual itu. Berikutnya, unduhlah dari Play Store dan lakukan instalasi ulang.

      Aplikasi dari luar normalnya tidak bisa Anda tanamkan ke firmware, kecuali Anda memiliki kemampuan teknis yang sangat dalam.

  102. saya punya dana antara 2.5jt s/d 3jt menurut ko herry HP apa ya yg paling bagus untuk range harga tersebut (3 HP biar ada opsi) utamakan kamera, RAM dan 4G. tx b4

    1. Pak Sandy Prasetya,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      1. Infinix Zero 3 Rp 2,599 juta.
      2. Wiko Ridge 4G Fever Rp 2,899 juta.
      3. Asus Zenfone Max Rp 2,599 juta.
      4. Lenovo Vibe K4 Note Rp 2,899 juta.

    1. Pak Beryl,

      Maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Silakan pilih mau Infinix Zero 3, Wiko Ridge 4G Fever, atau Lenovo Vibe K4 Note.

    1. Bu Fransiska Yuliyanti,

      Maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Belum ada ponsel Infinix Note 3. Kalau yang Anda maksud Infinix Zero 3, ponsel itu jauh lebih gegas dibandingkan LG Magna.

  103. Om Herry, boleh minta saran? Saya mau beli hape dan bingung mau hape merk apa. Dengan uang 2,7 hape apa yg bisa saya beli? mengingat saya suka selfie, suka foto-foto (apapun), sosmed, game. Benci hape yang lemot dan benci layar sentuh yang kurang sensitif.

    Lusa, saya menemukan hape Infinix Zero 3 bergaransi resmi PT.Bintang Cemerlang. menurut Om Herry bagaimana? saya kurang ngerti tentang garansi resmi. Kalo di xiaomi garansi resmi hanya Erajaya Swasembada dan Trikomsel Oke. Kalo infinix bagaimana Om???

    mohon bantuannya Om Herry. Terimakasih πŸ™‚

    1. Pak/Bu Firyal,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Pilihan Anda sudah tepat tuh. Infinix Zero 3 layak beli. Bintang Cemerlang itu distributor resmi Infinix.

  104. Maaf Om, untuk yang garansi resmi sudah terjawab (saya kurang teliti baca)

    Tmbahan aja, kalo Infinix Zero 3 dengan Huawei P8 Lite. Menurut Om dengan melihat kebutuhan saya, lebih pas/cocok yang mana?

    Terimakasih Om Herry πŸ™‚

    1. Pak/Bu Firyal,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Ok, soal garansi resmi sudah beres ya.

      Zero 3 vs P8 Lite? Tak tahu. Sebab, saya belum pernah mencoba P8 Lite.

  105. iz3 itu mksudnya saya infinix zero 3 pak HSW Hehehee….. Mklum lah pak Hsw biar lbh singkat. Thank ats infonya pak Hsw smga lancar dlm urusannya dan sht sllu.

    1. Pak/Bu Iin Sahputra,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Lain kali harap menuliskan tipe ponsel dengan benar ya. Jangan disingkat semaunya. Terima kasih.

  106. Jadi tertarik beli Infinix Zero 3 ini…… BTW, imei di screenshotnya keliatan, tuh….. baterenya gimana nih pak?? tahan berapa jam kalo dipake 4g dan beraktivitas?

    1. Pak Fauzan,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Nomor IMEI kelihatan masih oke deh. Kalau nomor ponsel terlihat, nah… itu yang bermasalah. πŸ™‚

      Kalau aktivitas Anda tak terlalu tinggi, kira-kira bisa bertahan mulai pagi sampai sore.

  107. Malam pak Hsw..
    Pak, sy sudah pakai hp infinix zero 3 ini selama kurang lebih 2 minggu. Sejauh ini puas banget, hanya saja batere nya tergolong sangat boros.
    Gambaran penggunaan baterai sy, Pagi pukul 7.00 full 100%, pemakaian hanya sesekali telp & SMS, data seluler dimatikan. Siang hari pukul 13.30 hanya tersisa 42%. Background data restricted juga sdh diaktifkan. Kecerahan layar mode auto. Kartu yg dipasang Indosat (SIM 1), SIM 2 dibiarkan kosong. Yg ingin sy tanyakan :
    1. Bpk mengalami hal yg sama atau tidak ketika menggunakan zero 3?
    2. Apakah aplikasi penghemat baterai (cth : du battery saver) benar2 bs menghemat baterai?
    3. Pak Hsw ketika pakai hp ini, pasang antigores tambahan atau tidak pak? Soalnya dr spek nya, sdh gorilla glass (kalo sy tdk salah). Sbner nya sy mau pasang tempered glass, namun susah cari yg sesuai untuk infinix zero 3 di area Medan pak. Menurut bpk, apakah perlu dipasang antigores/tempered glass tambahan tidak pak?
    Terimakasih utk jawabannya pak. Salam sukses utk bpk..

    1. Pak Fikri Ahadian,

      1. Saya tidak mengalami hal itu. Kondisi yang Anda alami, menurut saya, tidak normal. Lha ponsel tidak dipakai berinternet. Anda juga hanya sesekali telepon dan SMS. Apakah penerimaan sinyal di lokasi Anda sangat buruk?

      2. Nggak perlu pakai aplikasi seperti itu deh. Ngapain beli smartphone kalau kemudian “diperkosa” menjadi dumbphone dengan memanfaatkan aplikasi penghemat baterai.

      3. Saya tidak memasangkan pelindung layar tambahan. Kalau Anda berencana memakainya dalam jangka panjang, saya sangat menyarankan Anda menggunakan pelindung layar tambahan.

      Ponsel merek apa pun yang sudah mengadopsi Gorilla Glass bukan berarti layarnya tidak bisa tergores lho. Jadi, untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, pasangkan pelindung layar tambahan.

  108. Om Herry, rekomen dong, smartphone bujet 1-2 juuta Rupiah, dengan penggunaan menelpon ,sosmed browsing (jualan online) dan streaming, 4G LTE layar Klo bisa dibawah 5.5 inchi denngan batere bisa tahan dari pagi sampe malam, dual sim. Syukur2 kamera bagus dan bisa ngegame (bonus).

    1. Pak Dimas,

      Wah… bingung deh saya. Permintaan banyak, tapi anggaran maksimal Rp 2 juta.

      Kalau tak keberatan dengan layar 5,98 inci, beli Infinix Note 2 saja deh. Harga Rp 1,899 juta.

  109. Klo infinix hot 3 gimana pak? Td saya browsing sudah 4G dan batere sudah 3000mah klo nda salah?

  110. Saya Cewek Om πŸ™

    Om Herry kan pernah review huawei p8 (mungkin penulisan saya yg salah ya Om?)
    menurut om lebih puas mana, infinix zero 3 atau huawei p8 ?

    terimakasih Om πŸ™‚

    1. Bu Firyal,

      Huawei P8 atau Infinix Zero 3? Ya lebih asyik Huawei P8. Namun, harga jual dua ponsel itu kan berbeda banget. Rp 6,499 juta versus Rp 2,599 juta. Jadi, kurang tepat dibandingkan deh.

    2. Udah di jawab khan sama pak Herry, lebih asyik P8. Apalagi beda harga udah jauh gitu.
      Saran pak Herry, menghindari nanya muter2 kayak Bu Nina di posting pain mohon yg nanya menjurus ngeyel ga Usah di approve untuk muncul posting komentarnya

      1. Pak Priyo Sucipto,

        Saya akan meng-approve semua pertanyaan masuk. Kalau pertanyaannya muter-muter, paling pada titik tertentu saya omeli. πŸ™‚

  111. pak saya mau minta saran, soalnya mau ganti hp, tapi masih bingung2.
    – dukung usb OTG
    – dual sim 4G, ada microSD
    – Nggak terlalu bongsor
    – gegas, dan OS lollipop ya pak
    – Kalau bisa RAM nya minim 2 GB
    – Kalo bicara kamera, di kesamping kan aja pak.
    Kira2 ada ya gak pak? Budget 2 jutaan. Trima kasih sbelumnya

  112. Mas Herry,

    Lagi menimbang-nimbang mau ambil Infinix Zero 3 atau menunggu Flash Plus 2. Secara umum, spec wise saya prefer Flash Plush 2. Tapi agak ragu di processor P10nya dibanding Zero 3 yang X10 serta kamera yang kelihatannya masih unggul Zero 3.
    Kalau rentang harganya sama, tanpa dilakukan hands on, yang mana kira-kira yang Mas Herry pilih.

    Thx & Rgds

  113. infinix zero 3 ya pak.. πŸ™‚ apa infinix zero 3 gk terlalu bongsor pak? Soalnya teman saya ada yg make, kesan pertama saya itu hp nya agak bongsor. Kalau saran lain ada gak ya pak?

  114. Maaf ya pak banyak tanya πŸ™‚ mau nanya lagi, infinix kan buatan tiongkok, apa hp infinix yg buatan tiongkok ini mudah rusak pak? karna sering kali beredar hp buatan cina mudah rusak dan kualitas nya kurang di percaya, jadi masih ragu2 pak. Tolong kasih pendapat ya pak, terima kasih.

    1. Bu Indah,

      Tidak.

      Ponsel buatan Tiongkok tidak selalu jelek, tetapi juga tidak selalu bagus. Nah, Infinix termasuk yang oke.

  115. Om, says pakai Infinix Zero 3 tapi saat melakukan benchmarking menggunakan Antutu kenapa hanya menghasilkan skor 44ribuan ya? Beda dengan tes yang dilakukan Om Herry yang hasilnya 50ribu keatas.
    Kira-kira apa yang menyebabkan seperti itu? Apa bisa device saya dioptimasi sehingga performanya stabil dan skornya tinggi lagi? Terima kasih

    1. Pak Hafizh,

      Nggak usah pusing dengan skor Antutu deh.

      Banyak hal yang mempengaruhi skor Antutu. Posisi ponsel pun, dipegang versus diletakkan di meja, bisa menghasilkan skor yang berbeda lho.

    1. Pak Shiddiq,

      Sabar dulu ya, Pak. Karena ada beberapa kendala teknis dan non-teknis, review Hot 3 yang awalnya saya targetkan muncul pada 20 Mei 2016 terpaksa ditunda.

  116. Tapi kok bisa jauh sekali begitu selisihnya ya Om hehe. Iya sih ga perlu dipusingin tapi rasanya ada yg janggal gitu takut ada yg kenapa2 dgn gadget saya ini.

    1. Pak Hafizh,

      Seperti sudah saya sebutkan, kondisi saat menjalankan Antutu bisa berpengaruh. Sudah deh, nggak usah dipikirkan.

  117. Om, ada saran gak semisal mau beli smartphone ini di Online shop?
    terlalu banyak Online shop, saya jadi bingung dan banyak ragu-ragu (its okay jika COD&bayar ditempat). Jika Om Herry SW pernah berbelanja Online, mohon bisa berbagi pengalaman berbelanja Online Om.

    Terimakasih

    1. Pak/Bu Ayam (ehmm… itu nama asli Anda?),

      Karena jalur penjualan resminya di Lazada, silakan beli di sana dan pilihlah metode pembayaran COD. Jangan melakukan pembayaran di muka.

  118. Salam pak Herry

    Untuk infinix zero 3 ini.. Apakah CDMA bisa buat telp?
    Saya pengguna aktif smartfren voice dan data. Dan selalu pakai andromax. Meski sempat kecewa dengan andromax R generasi pertama. Sekarang masih pakai andromax i3

    Bimbang antara pilihan pureshot atau infinix zero 3 ini.
    Terima kasih informasinya

    1. Pak Anton Fernu,

      Zero 3 tidak mendukung CDMA. Kalau perlu CDMA, ya berarti Pureshot lebih tepat buat Anda.

  119. Pak Herry,

    Semisal belanja online dg sistem COD, setelah kurir sampai ditempat Pak Herry apakah yg akan Pak Herry lakukan? Membuka isi paketan terlebih dahulu baru membayarnya jika barang yg dipesan sesuai atau sebaliknya?
    Jujur saya belum pernah berbelanja Online.

    1. Pak/Bu Ayam,

      Membayar transaksi, menerima paket, lalu membuka kiriman.

      Sebenarnya sih lebih asyik kalau bisa menerima paket, membuka kiriman, baru kemudian membayar transaksi. Namun, kurir takkan mau. Sebab, tugas mereka sebatas menerima pembayaran dan menyerahkan paket.

      Kalau setelah dibuka ternyata ditemukan kerusakan atau ketidaksesuaian, itu adalah urusan antara saya sebagai pembeli dan tempat belanja online.

  120. Pak Herry
    Mau nanya klo mau beli,hp infinix note2 di itc roxy mas Jakarta ada gk yaaa
    Apa hrus di lazada
    Tks

    1. Pak Acipp,

      Saya yakin ada, tetapi tak tahu toko tepatnya. Harga jualnya tentu lebih mahal daripada Lazada. Sebab, tak sedikit pemilik toko yang beli di Lazada, trus dijual lagi.

    1. Pak Acipp,

      Hayo… lain kali pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja. Jangan dobel-dobel.

  121. heehehe….sory P.Herry
    Biasa hp.a agak lemot pdhal ram 2Gb
    Kyak.a btuh ram yg 3Gb Zero 3 kali

    Tks vry mch atas penjelasnnya P.Herry

    1. Bu Fransiska,

      Resminya ponsel Infinix baru dijual online via Lazada. Namun, tak sedikit pedagang ponsel yang kulakan dari Lazada, kemudian menjual di toko miliknya.

      Saya yakin di Medan ada yang melakukan hal serupa. Karena saya tak tahu medan perponselan di sana, saya tidak bisa menyebutkan nama toko secara spesifik. Cobalah mencarinya di pusat penjualan ponsel di Medan.

  122. Pak Herry,
    Sy sudah seminggu ini pakek Infinix Zero 3.
    Yg mau sy tanyakan :
    1. HP ini sering hilang sinyalnya. Sy rasa bukan masalah dr providernya (IM3) karna terjadi sering sekali dan setiap hari. Sudah sy serviskan ke Counter sy beli (TOP RELOAD CELL JOMBANG), katanya sudah di upgrade dan sudah sehat. Tp tetep aja sampai sekarang. Menurut Pak Herry, Infinix Zero 3 sy ini kenapa? Solusi terbaik Gmn pak?
    2. Kualitas Kamera Infinix Zero 3 ini pernah sy bandingkan dengan Kamera Samsung A5 2016 yang notebene “cuma” 13 megapixel. Tp hasilnya jauh banget lebih bagus Samsung A5 2016 Pak. Apalagi kamera selfienya.. Kok bisa kayak gini ya Pak Herry? Apa sy nya aja yang kurang jeli? Mungkin Pak Herry kapan2 bisa me-Review Samsung A5 2016.
    Terima Kasih

    1. Pak Farid,

      1. Kalau yang Anda pasangkan kartu operator lain, apakah ponsel mengalami kendala serupa? Di Jombang, setahu saya, tidak ada pusat perbaikan resmi Infinix. Apakah penjual mengirimkannya ke Jakarta atau Surabaya?

      2. Sudahkah hasil fotonya sama-sama Anda pindahkan ke laptop/PC? Tampilan di layar ponsel seringkali menipu lho. Saya belum pernah mencoba Galaxy A5 2016 sehingga tak bisa berkomentar lebih lanjut.

  123. Slmt mlm,pak herry.
    Mhn m’f mw tny2..
    Infinix zero 3 ini apa harus memakai sim card 4g aja ya..?
    Krn saya baru beli smartphone ini n coba insert pk XL n smartfren yg keduanya blm 4g, tdk dapat terbaca n tak dpt digunakan.
    Sblm n sesudahx kmi ucpkn trm ksh n mhn maaf klo sy akan sering tny2.

    1. Pak Sam,

      Lain kali tolong ketikkan kata demi kata dengan lengkap. Jangan disingkat-singkat.

      Infinix Zero 3 bisa dipadukan dengan kartu non-4G kok. Saya sudah membuktikannya sendiri.

      Dikaitkan dengan pengalaman Anda:
      * Ponsel seharusnya bisa mendapatkan sinyal XL.
      * Khusus Smartfren, yang dipasangkan harus kartu 4G LTE. Sebab, Zero 3 tidak mendukung layanan CDMA.

      Bila masih mengalami kesulitan, silakan mampir ke pusat perbaikan resmi Infinix terdekat.

  124. Slmt mlm,pak herry.
    Mhn m’f sy mw tny2..
    Apakah infinix zero 3 hny bisa digunakan dgn sim card 4g aj y..?
    Krn sy baru beli smartphone ini dan insert pake card XL n smartfren yg belum 4g. Dan ternyata tdk dpt terbaca n digunakan.
    Sblm n sesudahx sy ucapkan trm ksh n mhn maaf klo sy akan sering bertanya.

    1. Pak Sam,

      Tolong diperhatikan:
      1. Biasakan mengetikkan kata demi kata dengan lengkap. Jangan disingkat-singkat.
      2. Kirimkan pertanyaan yang sama satu kali saja. Ya, satu kali saja. Tak perlu diulang-ulang. Kali ini pertanyaan Anda saya terima empat kali. Sebagian sudah saya hapus.

    1. Pak Seto,

      Hmm… dengan kriteria seperti itu, tak ada deh. Supaya semua kriteria terpenuhi, Anda perlu melipatgandakan anggaran dulu.

  125. tapi diantara xiaomi redmi 2 prime, zenfone max, zenfone 2 l
    aser 4g, andromax r2, hisense pureshot, hisense pureshot , inflix zero 3, inflix hot 3, samsung j5,
    1. paling cocok utk kamera sma gk suka ngelag yg mna ? sma dukung 4g aneka operator ? tlong dijawab pak herry

  126. P.Herry

    Mau nanya Saya pakai infinix zero3
    Udh di install banyak aplikasi
    Sisa ram 1.5an Gb lah
    Menurut P.Herry hp apa yg sisa ram terbanyak saat ini
    Cos kemarin Saya liat kalau hp galaxy note5 sisa nya tinggal 50% atau 2 Gb padahal habis di reset
    Apalagi kalau sudah install bnyak aplikasi, ram 4Gb

    Kira2 hp apa yg sisanya terbanyak
    Tks vry mch
    Good Luck

    1. Pak Acipp,

      Wah, saya tidak memperhatikan ponsel apa yang memiliki sisa RAM terbanyak.

      Poin yang sebenarnya lebih perlu dicermati adalah bagaimana kinerja nyata ponsel. Lebih baik sisa RAM-nya bukan terbanyak, tetapi tetap gegas, daripada sisa RAM banyak, tetapi tersendat.

  127. pak heri, menurut anda mending beli iphone 5 ato infinix zero3? dari segi harga beda tipis tapi dari segi lain gimana yah? bisa kasih saran
    oke
    makasih

    1. Pak Satria,

      Tak tahu karena saya belum pernah menguji pakai iPhone 5. Btw, iPhone 5 yang saat ini beredar di pasar setahu saya sudah jarang banget yang 100% baru. Banyak barang hasil rekondisi. Ngeri.

  128. Pak Herry
    Mau nanya ada gk kiar2 hp tanpa bazel(pinggiran hp) ,kalau ada kecil aja 1/1,5mm
    Biar agak ringkas hp nya
    Jadi kalau hp 6inchi tidak terlalu bongsor
    Misal Saya selidiki zero 3 ini punya bazel relatif kecil.kurang lebih 3,7mm setiap bazelnya
    Untuk perbandinag kalau Note2 3,5mm
    Dan Galaxy note 5 2,5mm

    Mungkin ada hp yg lebih kecil lagi atau tanpa bazel

    Tks vry mch P.Herry
    Good Luck

    1. Pak Acipp,

      Wah… saya malahan tak pernah mengukur sampai sebegitu detail.

      Ponsel Sharp Aquos Crystal tuh bezel-nya tipis banget.

    1. Pak Aditya,

      Sudah coba diutak-atik di menu kameranya? Usai update, susunan menu kameranya memang agak berubah.

  129. Pak Herry yth,
    Mohon pencerahan…
    Saya baru operasikan infinix zero 3 & sudah upgrade 4g nya.
    pertanyaan saya :
    – kenapa masih ad pemberitahuan pembaruan sistem lagi.
    – untuk apakah pembaruan tersebut.
    – apakah perlu kita perbarui lagi. (karna saya tinggalkan tapi tetap muncul ikon pemberitahuan di halaman depan).
    Sebelum & sesudahnya kami ucapkan bnyk terima kasih & mhn maaf jika ad posting berulang atau pengetikan kata yang kurang pas.
    Jaya selalu Ponselmu

    1. Pak Sam,

      1. Berarti, saat ponsel berada di gudang/toko, Infinix kebetulan mengeluarkan pembaruan lagi.

      2. Lihat saja penjelasannya. Saat ada notifikasi pembaruan, biasanya ada keterangan pembaruan yang tersedia itu untuk perbaikan apa.

      3. Perbarui saja.

  130. Pak herry kalau boleh tau kalau beli Hp infinix zero 3 yang bergaransi resmi di area surabaya-sidoarjo mana ya?

    1. Pak Rafly Fajar,

      Di WTC Surabaya ada kok. Coba cari di G Shop, WTC lantai 1. Nomor ruangannya kalau bukan 125 ya berarti 126.

  131. Pak herry kalau boleh tau kalau beli hp infinix zero 3 yang bergaransi resmi di surabaya-sidoarjo itu dimana ya?

    1. Pak Rafly Fajar,

      Pertanyaan yang sama lain kali harap dikirimkan satu kali saja ya. Silakan cek jawaban saya di bawah pertanyaan pertama Anda.

  132. Punya sy lapisan UV protection di kaca pelindung kamera IZ-3 terkupas, apa mempengaruhi kualitas foto?kl ganti kacanya bisa ya?

    1. Pak Joval,

      Asalkan rata, mestinya tak terlalu berpengaruh.

      Bisakah ganti kaca? Tanyakan ke service center untuk kepastiannya.

  133. Pak Herry, memang hasil foto tak berpengaruh sih..kelihatan kurang kinclong aja…
    Sekitar sebulan pake zero 3 kesimpulan sama dgn pak herry deh..’ini termasuk yang oke’..
    Untuk masalah panas saya aplikasikan dgn greenify+batteray saver/doctor+aplikasi bawaan infinix..adem aja tuh..
    Kalau pake tambahan card external mungkin lebih adem ya pak?
    Terima kasih banyak pak herry…ditunggu ulasan zero 3 selanjutnya….

    1. Pak Joval,

      Tambah kartu microSD jadi lebih adem? Saya kok ragu ya.

      Ulasan Zero 3 selanjutnya? He… he… satu ponsel cukup di-review satu kali.

  134. Pak Herry,

    Saya mau tanya Saya bingung pilih Infinix Note 2 X600 atau Infinix Zero 3 karena kalau Saya pilih Note 2 itu kan baterai nya 4000 mah jadi awet dan kalau pilih Zero 3 itu baterai nya lumayan dan kamera nya TOP. Saya kan juga senang bermain game dan saya ingin baterai yang awet ?? Pilih yang mana Zero 3 atau Note 2 tolong kasih saran.. Thanks

  135. Pak Herry tolong di accept follow twitter Saya karena Saya masih ingin tahu lebih banyak tentang Zero 3 ini dan minta saran… Thanks

    1. Pak Timothy,

      Accept follow Twitter? Akun Twitter saya tidak diproteksi kok. Siapa pun bisa mem-follow tanpa perlu saya approve.

  136. Misi pak Heri, saya tertarik beli zero 3 ini tapi saya agak ragu karena beberapa komentar yg menurut saya kurang memuaskan seperti baterai yg cepat panas.Menurut Pak Heri sendiri penyebabnya apa ya pak? Apa karena sinyal yg terganggu sesuai yg pak Heri katakan? Jika benar kira kira kartu mana ya yg sinyalnya cocok untuk zero 3 ini?

    Saran hp gaming dengan harga yg tidak jauh beda sma zero 3 apa ya pak?

    1. Pak Caesar,

      Selama saya memakai Zero 3, tidak terasa cepat panas kok. Kondisi jaringan operator dan perilaku pemakaian dapat memicu ponsel menjadi panas. Kalau ingin membuat ponsel panas sih sebenanrya mudah. Cari lokasi yang sinyalnya kurang bagus, trus pakailah ponsel untuk bermain game CoC. Bakal panas deh.

      Hmm… karena saya bukan penggemar game, agak sulit nih. Paling Lenovo Vibe P1 Turbo ya.

  137. Pak Herry,
    Saya punya 3 pertanyaan nih…
    1. Saya pernah baca review lainnya kalau Infinix Zero 3 baterainya boros, hanya bertahan sekitar 5 jam. Apa benar pak Herry?
    2. Pak Herry lebih pilih mana antara Infinix Zero 3 dgn Xiaomi mi4i ?
    3. Kalau beli Infinix Zero 3 di Semarang dimana ya pak Herry?
    Terima kasih atas jawabannya.

    1. Pak Arya,

      1. Dengan perilaku pemakaian ala saya sih jauh lebih lama daripada lima jam sih. Namun, kalau harus menghabiskan daya baterai Zero 3 dalam lima jam, saya bisa melakukannya. Tinggal cari lokasi yang sinyalnya kurang bagus, dikunci ke jaringan 4G LTE, fitur tethering diaktifkan, trus dipakai untuk main game berat terus menerus. Habis deh.

      2. Zero 3.

      3. Jalur penjualan resmi Zero 3 saat ini hanya secara online via Lazada. Kalau ingin beli offline di Semarang, silakan berburu di pusat penjualan ponsel. Misalnya, di Plaza Simpang Lima (yang di sebelah Hotel Horison itu lho). Namun, harga tentu lebih tinggi daripada harga resminya.

  138. Pak Herry,

    Menurut Pak Herry, lebih memilih Zero 3 atau Note 2 ? Menurut Pak Herry Zero 3 sama Note 2 lebih cepet panas yang mana ?? Thanks sarannya

    1. Pak Timothy,

      Lha Anda lebih mengutamakan daya tahan baterai (berarti Note 2) atau kinerja kamera (Zero 3)?

      Sama-sama nggak mudah panas sih. Kalau tetap harus diadu, Zero 3 lebih cepat panas.

  139. Pak Herry,
    Saya ingin bertanya nih…
    1. Saya pernah baca review yg lain kalau baterai Infinix Zero 3 boros, hanya bertahan sekitar 5 jam. Apa betul pak?
    2. Antara Infinix Zero 3 dan Xiaomi mi4i pak Herry pilih yg mana?
    Trm kasih jawabannya.

    1. Pak Arya,

      Pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja. Jangan dobel-dobel.

      Silakan cek jawaban saya di bawah pertanyaan pertama yang Anda kirimkan.

  140. Bang Herry, saya mau konsultasi:

    1. Dari semua segi mending mana Infinix Zero 3 dan Hisense Pureshot+ karena sekarang harganya sudah kurang lebih di 2.6 juta?
    2. Untuk kedepannya dimana Volte akan menjadi strategi operator, kira-kira mana yang lebih survive pak dari kedua smartphone di atas?
    3. Apakah kedua smartphone di atas memiliki fitur quick charging?

    1. Pak Dimas,

      1. Kamera lebih bagus Zero 3. Kompatibilitas LTE lebih komplet Pureshot+. Nah, tinggal pilih sesuai kebutuhan deh.

      2. Pureshot+.

      3. Tidak.

  141. Pagi pak,
    Mau tnya antara infinix zero 3 dengan xiomi note 3 pro pilih mana ea pak,
    Dinilai dark segi camera, ketahanan dan kecepatan proces loading aplikasi.
    Trimaksih

  142. Pagi pak herry,
    Mau tnya pak antara infinix zero 3 dengan xiomi note 3 pro pilih mana pak,
    Diukur dari segi kamera, procesor saat membuka aplikasi, dan saat main game

  143. Pak kamera saya kok bisa di bilang jelek ya kalau dibanding dengan hasil jeprtan bapak. Dan tidak 4K di video saya

    1. Pak Rafly,

      Karena saya tak bisa mengecek langsung ponsel Anda, silakan mampir ke pusat perbaikan resmi Infinix untuk memeriksakan ponsel Anda deh.

  144. Pak Herry,

    Saya ketahui dari komentar2 sebelumnya, pak Herry terpaksa menjual infinix zero 3-nya. Tapi saya coba tetap bertanya karena saya belum dapat solusi dari kendala yang saya miliki dengan infinix zero 3.
    Saat saya belum memasang memori eksternal default lokasi untuk penyimpan ada di internal memori. Namun saat saya pasang memori eksternal, default penyimpanan otomatis berpindah ke memori eksternal, meski dalam settingan tetap dipilih memori internal. Apa ada cara untuk mengatasi hal tersebut? Mohon pencerahannya. Trims.

    1. Pak Sulung Saputra,

      Anda menuliskan pengaturan default berubah ke memori eksternal, tetapi ada pilihan untuk mengubahnya ke memori internal. Berarti, sudah beres kan. Cara untuk mengatasi apakah yang Anda tanyakan?

  145. Pak Herry,

    Mohon maaf pertanyaan saya kurang jelas. Berkenaan dengan pertanyaan saya sebelumnya. Setting penyimpanan default sudah saya ganti ke memori internal, namun saat dipakai download data hasil download tetap masuk ke eksternal. Nah, saya ingin supaya hasil download bisa masuk ke internal meskipun sudah saya pasang memori eksternal. Ada petunjuk pak?

    1. Mungkin
      Saya bisa Bantu Menjawab
      Pertanyaan P.Sulung Saputra
      Untuk Download file biasanya
      Kita buka browser
      ntah itu UcBrowse, Mozilla, Chrome
      Biasanya setting di Browser tsb
      Msih sd Card bukan Memory Internal

      Mungkin yg dimaksud P.Herry
      Download via PlayStore
      Biasanya bisa di setting di pengaturan

  146. Pak Herry, kalo untuk kamera depannya Infinix Zero 3 vs Wiko Ridge 4g fever, kira2 menang mana ya pak? Dalam hal luasnya area penangkapan gambar (wide) dan ketajaman warna?
    Saya lihat di Wiko Ridge 4g fever ada mode wide, apakah Infinix Zero 3 bisa menyaingi ya? Terima kasih Pak Herry, sukses selalu!

    1. Pak Amaris,

      Kamera depan Zero 3 menang tipis.

      Luas area penangkapan gambar: wah… ini dia. Kalau nggak langsung pegang dua ponsel secara bersamaan, saya kesulitan menjawabnya.

      Ketajaman warna: Zero 3.

  147. Om herry,

    Overall jika infinix zero 3 dibandingkan dengan lenovo k4 note bagaimana ?
    Apakah lebih oke infinix ato lenovo k4 note ?

    Terima kasih

    1. Pak Aditama Wakhgi,

      Tergantung Anda lebih mengutamakan fitur apa.
      * Kamera: Zero 3.
      * Sensor sidik jari dan VR: Vibe K4 Note.

  148. pak herry permisi mau tanya nih
    saya mau bli zero 3 tp ad pesaing baru muncul namanya xiaomi redmi 3 pro,speknya
    1.snapdragon 616 quad core 1,5 ghz dan quad core 1,2 ghz
    2.kamera 13 dan 5 megapiksel
    3.batre 4100mah
    4.fingerprint
    5.body metal
    6.rom 32gb ram 3gb
    7.layar 5″hd
    8.4g lte
    di lihat dari spekny Bagus mana sama zero 3??terimakasih

    1. Pak Jason,

      Tak tahu. Sekadar menyentuh Redmi 3 Pro pun saya belum pernah. Satu hal yang perlu Anda ketahui, ponsel itu pasti tanpa garansi resmi.

  149. mau tanya ko henry,
    kok infinix saya resolusi videonya cuma sampai 1080p ya? gak ada 4k nya.

    terima kasih

        1. Pak Suseno,

          Apakah Infinix Zero 3? Kalau iya, ada kok. Namun, setelah muncul update, posisinya memang agak ngumpet. Saya tak hafal kalau tidak melihat ponselnya langsung.

          1. iya pak infinix zero 3, ngumpetnya dimana ya? soalnya pilihan kualitas videonya hanya sampai 1080p meski sudah bisa format mp4.

            terima kasih

          2. Pak Suseno,

            Maaf, saya tak bisa membantu mencarikan karena sudah berpisah dengan Zero 3.

  150. Kalo Beli Smartphone bekas hasil review dari Admin Ponselmu.com , biasanya harganya diturunkan berapa dibandingkan Smartphone seri sama yang masih baru?

    Note: Saya tidak terbiasa Menggunakan istilah istilah sapaan di dunia maya

    1. Pak Isa Ganteng,

      Bergantung merek dan tipe. Biasanya lebih rendah 10% sampai 40% dibandingkan harga baru.

  151. pak herry klo di bandingkan dengan lenovo vibe k4 note Bagus mana??(lupakan dengan kamera,fingerprint,dan antvr)yg penting gegas memori besar

  152. selamat pagi pak Herry
    sy pembaca baru ponselmu.com dan pertama kali liat review ttg infinix zero 3 sy langsg suka dan da niat mo bli krn kamera 20 mp ram dan internal besar dan yg penting memori external tersedia,tp sy jd bimbang stlh muncul xiaomi redmi note 3 yg resmi, sy baca kl infinix menggunakan mediatex helio smntra xiaomi redmi note 3 menggunakan snapdragon 650, mnrt pak Herry dr segi dapur pacu tersebut lebh OK mana?
    dan apakah xiaomi redmi note 3 ada external memori nya krn dr bbrp yg sy baca tdk ada tp di artikel lain ada external memori. sy suka browsing donlod video donlod musik nnton youtube jd butuh memori besar dan batere yg tahan lama.
    mohon sarannya pak Herry dan maaf tulisannya rada panjang.
    terima kasih atas saran dan jawabannya.

    1. Bu Sila,

      Saya baru akan memulai uji pakai Redmi Note 3. Silakan menanyakan lagi kepada saya pada 21 Juli 2016.

      Redmi Note 3 menggunakan selot hybrid. Jadi, pilihannya begini:
      * Dual SIM tanpa kartu memori, atau
      * single SIM dengan kartu memori.

  153. selamat siang pak Herry,
    trmaksih jawabannya. kl pilihannya sy pilih yg kedua saja tp lebih baik sy tunggu review dr pak Herry dlu ttg Redmi note 3, jd nnti sy tanya lagi tgl 21 juli ’16.

      1. bapak memang tidak suka distributor kenapa?padahal teman saya banyak yang membeli Xiaomi garansi distributor

        1. Pak Husein,

          1. Layanan purna jual tidak jelas. Ketika pengguna mengajukan klaim garansi, seringkali dimunculkan aneka alasan agar garansi hangus.

          2. Spesifikasi ponsel yang dijual belum tentu sesuai dengan kondisi jaringan di Indonesia.

          3. Firmware yang dipakai belum tentu orisinal, stabil, dan aman.

          4. Aksesori yang disertakan belum tentu orisinal.

          5. Unit yang dijual belum tentu orisinal. Bukan mustahil replika.

  154. Pak Herry, maaf kalo oot, kira-kira kalau hisense pureshot plus 2 sudah beredar di pasaran, pak Herry tertarik untuk mereviewnya apa tidak?
    Saya sebenarnya begitu membaca review pak Herry tentang zero 3 menjadi sangat tertarik untuk membelinya(walaupun sebelumnya sudah kepengen beli hisense pureshot), namun saya tunda dulu karena melihat berita kalau hisense juga sudah meluncurkan pureshot plus 2. Karena saya termasuk orang yang merasa puas dengan performa kamera hisense (saya pemakai andromax r2 yang beli karena membaca review yang mencerahkan dari pak Herry),maka keinginan membeli zero 3 saya tahan dulu, sambil berharap ada review yang mencerahkan tentang pureshot plus 2 dari pak herry.
    Maaf jikalau ada kesalahan dalam penulisan nama maupun yang lainnya.

    1. Pak Ahmad Tigor,

      Dengan harga seperti yang direncanakan semula, tembus Rp 4 juta, saya tak tertarik me-review-nya.

      1. Oh begitu, saya kira rentang harganya antara 3jt-3,5jt sama seperti pureshot plus generasi awal.
        Kalo tembus 4jt sih, walaupun bagus juga, gak kuat beli, hehehe….
        Tapi semoga aja harganya beda tipiiis dengan pureshot plus generasi pertama, biar direview oleh pak Herry.

        Terima kasih atas responnya ya pak Herry.

  155. Permisi pak Herry, mau nanya
    1 : Setelah mencoba lenovo k4 note dan infinix zero 3 selama pemakaian yang sama dalam sehari mana yg lebih cepat terasa hangat?

    2 : untuk urusan dapur pacu lebih ngegas snapdragon nya lenovo atau heliuxnya infinix?
    ( maaf kalau salah ketik )

    3 : Diluar dari “baterai,kamera,vr, dan fingerprint” dan hanya dibandingkan dengan Procesor dan Mesin nya mana yang pak herry rekomendasikan? Lenovo K4 note atau Infinix zero 3 ?

    Terima kasih πŸ™‚

  156. selamat siang pak Herry

    maaf pa nanya lgi, kl mnrt pak Herry antara redmi note 3 dan flash plus 2 dr spesifikasi, dapur pacu, kamera, baterai bgus mn pa secara tertulis sj pak? wlpun pak Herry blm menggunakan kedua” ny.. soalny sy penasaran pak..

    terima kasih pak Herry maaf kalau nanya melulu..

  157. Pak Herry,

    Terus terang saya sangat tertarik ponsel ini. Saya telah membaca beberapa artikel spesifikasi Infinix Zero 3 di beberapa website. Artikel tersebut menjelaskan bahwa Infinix Zero 3 memiliki sensor gyroscope. Akan tetapi, berdasarkan print screen Sensor Box Android yang Bapak tampilkan, justru Infinix Zero 3 tidak ada. Mohon penjelasannya untuk soal ini. Apakah memang benar tidak ada gyroscope sensor pada Infinix Zero 3?

    1. Pak D Iman,

      Tidak ada hardware sensor giroskop. Namun, terakhir konon muncul update firmware yang salah satunya menambahkan sensor giroskop dalam bentuk software, bukan hardware.

  158. salam pak harry

    sekedar berbagi sy juga pake infinix zero 3 gold dan sy harus akui bahwa hp yg satu ini sangat memuaskan untuk harga 2 jt,an. dari segi batrei mmg blm terlalu awet melihat lebar layar yg 5,5 inci tp itu masih bisa di taktisi kok.. untuk kameranya sendiri sangat-sangat bagus hasil jepretannya apalagi jika memotretnya di siang hari..

    pak harry sdh ada info belum untuk infinix zero 4 kira2 kapan bisa hadir di indonesia soalnya udah g sabar buat coba yg seri zero selanjutnya. buat teman2 yang lain sy rekomendasikan infinix zero 3 jika budget hanya kisaran 2 jutaan.. makasih.

  159. Selamat siang pak herry sy mau tanya infinix zero 3 memang tdk support gyroscope,? Ada yg bilang sudah support gyroscope..

    Pertanyaan kedua diatas ada foto di wtc sby,, apa infinix zero juga beredar di outlet2 wtc? Soalnya denger2 infinix hanya tersedia online di lazada..

    Terimakasih

    1. Pak Bagus,

      Ada sensor giroskop secara software, bukan hardware.

      Jalur penjualan resminya memang via online di Lazada. Namun, beberapa pedagang di WTC punya stok kok. Harga jualnya tentu lebih tinggi daripada Lazada.

  160. Pak, mau tanya nih, kalau dibandingkan kasus zen selfie , xiaomi note 3 pro dan infinix zero 3 ini bagusan mana ya ? Dr penggunanya yg gk gampang lemot.

    1. Bu Septyarini,

      Memangnya ada kasus apa terkait Zen Selfie (ini maksudnya Zenfone Selfie kan)?

      Xiaomi Note 3 Pro? Belum ada ponsel Xiaomi dengan nama tersebut.

      Infinix Zero 3? Yang paling menonjol dari ponsel ini adalah kinerja kameranya plus RAM 3 GB. Layak beli.

  161. Pak Herry mau numpang tanya kalau untuk infinix zero 3 dan infinix hot s pilih yang mana ya ?
    Gps ga bisa kayak snapdragon ya ?
    Sistem operasi gimana nge lag ?
    bisa diupgrade marshmallow kah ?

    1. Pak Bert,

      Belum bisa jawab karena saya belum pernah menguji pakai Hot S. Dua ponsel itu sebenarnya beda kelas.

      GPS-nya siapa nih? Zero 3? Penguncian lokasi cepat. Namun, kalau diajak bernavigasi cepat (misalnya sambil naik mobil), penguncian lokasi kadang terlepas. Itu sih bukan gara-gara Snapdragon atau bukan.

      Tidak nge-lag.

      Kalau kelak ada update-nya, ya bisa di-update.

  162. Pak HSW,
    Kalau dari mi4i ke zero 3 ini bisa disebut upgrade tidak ya?

    Saya sekarang pakai mi4i, mau ganti hp yg sekitar 3jutaan. Ada Rekomendasi?

    Tks

  163. Koh ponsel ini sudah hilang dari peredaran kah? Koh Herry dulu beli lewat mana?
    Kok sepertinya susah sekali mencari yang ready stock T.T

    1. Bu Anita,

      Sebenarnya belum diskontinyu. Namun, jumlah pasokan tampaknya tidak sebanding dengan permintaan. Akibatnya, setiap kali stok di Lazada diisi ulang, tak lama kemudian sudah habis lagi.

      Jalur penjualan resmi Zero 3 hanya via Lazada. Jadi, ya Anda harus rajin memantau situs itu.

  164. malam koh Herry,,

    sangat tertarik sama zero3,,tapi sayang,,saya dari kota kecil Bukittinggi SumBar. dimana kira2 saya bisa beli hp ini koh?

    oya,,entah saya ga ngeliat atau gimana,,apakah zero3 support OTG koh? terimakasih koh.

    1. Pak Dadjie,

      Jalur penjualan resmi Zero 3 hanya via Lazada. Jadi, silakan berbelanja online di sana. Namun, Anda harus rajin-rajin mengecek ya. Sebab, stok Zero 3 di Lazada sangat sering kosong.

      Ya, mendukung USB OTG.

  165. Pak HSW,

    Apakah pemesanan Uber nya sampai sekarang masih belum bisa? Sayang juga soalnya klo masih belum bs.

    Seberapa jauh ya pak, performa internet Smarfren di frek 850 MHz dgn 2300 MHz? Mau pindah dari andromax u, nih.

    1. Pak Hendrawan,

      Untuk pemesanan Uber via Zero 3, kini sudah bisa.

      Jadi gini, frekuensi 850 MHz unggul di luasnya area cakupan. Kecepatan akses sih biasanya tak lebih dari 10 Mbps. Kalau frekuensi 2300 MHz area cakupannya lebih sempit, tetapi kecepatan bisa lebih ngebut. Dalam pemakaian nyata bisa tiga kali lipat lebih cepat dibandingkan LTE Smartfren di 850 MHz.

      1. Maaf Pak HSW nanya lagi,

        Untuk penggunaan Smartfren di Zero 3 itu bagaimana ya? Di tangan saya sudah ada Zero 3 nya, saya masukan sim cardnya tapi cuma terdetect saja, sempat bisa dipakai nelp tapi tidak mau untuk internetan. Apakah sudah coba di search ulang secara manual operatornya, tapi malah tidak ketemu nama smartfre (keluarnya kode angka plus 4G dibelakangnya). Mohon bimbingan pak HSW supaya kartu smartfren saya yg sudah saya ganti jadi 4G ini bisa jalan di zero 3.

        Satu hal lagi, kalau boleh pak HSW, saya kepingin dapet full resolution foto2 indoornya zero3 nya pak HSW. Soalnya pas saya pake buat jepret, saya kok liat bnyk noise warna-warni, padahal iso sudah kecil dan saya akali dari shutter speed

          1. Pak Hendrawan,

            Lha memang seharusnya tak bisa dipakai bertelepon kok. Kalau sempat bisa dipakai telepon, itu sungguh keajaiban dunia.

        1. Pak Hendrawan,

          Gambaran umumnya begini:
          1. Selipkan kartu Smartfren di SIM1.
          2. Aturlah jaringan ke LTE only.
          3. Bila belum ada, buatlah profil APN baru untuk berinternet.
          * APN: smartfren4g
          * username: smartfren
          * password: smartfren
          4. Tunggu beberapa saat. Seharusnya sinyal 4G LTE akan muncul. Kalau belum muncul, lakukan pencarian jaringan secara manual.

          Tanpa aplikasi tambahan, layanan 4G LTE Smartfren di Zero 3 seharusnya hanya bisa dipakai berinternet. Kalau Anda bilang sempat bisa dipakai buat telepon, lah… saya jadi bingung deh. Seharusnya hal itu tak bisa dilakukan.

          Foto full resolution? Hari ini sudah saya unggah ke tautan berikut ini. Silakan dikunjungi.
          https://goo.gl/9epSbN

  166. pak herry

    saya tinggal di jakarta
    saya tertarik dengan hp infinix zero 3 ini
    saya tunggu stok dari lazada tapi selalu kosong

    adakah rekomendasi dari bapak mengenai penjualan online yang aman atau ditoko-toko di jakarta yang menjual infinix garansi resmi asli ?
    gimana cara ngecek ini garansi resmi atau tidak ?

    terimakasih atas perhatian bapak.

    1. Pak Tombak,

      Iya. Permintaan dan pasokan Zero 3 sangat tidak seimbang. Jadi, sering banget habis deh.

      Barusan saya cek di Blibli dan Bukalapak ada penjual Zero 3. Namun, harganya tentu saja lebih tinggi daripada harga resminya.

      Toko offline? Sampai saat ini jalur penjualan resmi Zero 3 hanya via online di Lazada. Penjualan selain lewat jalur itu sebenarnya bukan jalur resmi, biarpun unit yang dijual tetap bergaransi resmi.

      Lihat saja nama distributornya. Kalau Bintang Cemerlang ya berarti garansi resmi. Sejauh ini belum pernah ditemukan Zero 3 tanpa garansi resmi beredar di Indonesia sih.

  167. Mau tanya ni om
    Infinix kualitasnya sama kah
    Kaya kualitas ponsel cina lainya
    Seperti oppo.xiaomi dan lenovo/asus
    Kameranya cuma gimmik ya om
    Kok kualitasnya sama kaya hasil 13mp
    Klo dibanding oppo.xiaomi.lenovo dan asus
    Kamera mana yg paling bagus
    Baik indoor ataupun utdor

    1. Pak Ari,

      Ya, secara umum kualitasnya sama dengan merek-merek yang Anda sebutkan, tetapi harga Infinix lebih murah.

      Resolusi kamera tidak menentukan bagus tidaknya foto yang dihasilkan lho. Yang Anda komentari hasil jepretan kamera apa nih? Zero 3? Pembandingnya yang Anda bilang 13 megapiksel itu ponsel apa?

  168. Waw hasil kameranya sebagus mi4i atau lenovo p1 turbo ni om
    Klo secara keseluruhan lebih pilih mana
    Lenovo p1 turbo atau zero 3

    1. Pak Ari,

      Berani diadu dengan hasil kamera Mi 4i. Kalau lawannya kamera Vibe P1 Turbo, ya Zero 3 menang telak.

      Tergantung Anda mengutamakan daya tahan baterai (Vibe P1 Turbo) atau kamera (Zero 3).

  169. Kirain cuma gimmik om
    Kamera 13mp asus dan oppo om
    Jadi secara keseluruhan lebih pilih
    Zero 3 ya dibanding lenovo vibe shot

  170. Ko herry saya mau membeli infinix zero 3 di lazada ternyata stok sudah habis semua, pemesanan dimana lagi ya ko ?

  171. selamat pagi pak Herry

    maaf pak mau tanya… back case zero 3 ini ga bs dilepas ya pak… kl flash plus 2 khan bisa tuh soalnya sy br ngeh pak..
    lalu sy liat jawaban bpk atas komentar orang lain ttg pilihan antara zero 3 dgn flash plus 2 lalu bpk lebih memilih zero 3 .. boleh tau alasannya pak Herry lebih rinci ..dr segala aspek pak.. (yg penting dari segi dapur pacu, kualitas kamera, baterai, gegas)

    terima kasih banyak pak Herry jawabannya..
    maaf nanya melulu krn masih gaptek soal hp.. ?

  172. Selamat siang, Pak Herry
    Saya pengguna sony xperia M2 mau bertanya mengenai fokus otomatis dari kamera depan infinix zero 3 yg tidak ada. Apakah itu akan mengurangi hasil jepretan (blur) atau masih bisa di siasati dengan manual fokus (touch focus). Terima kasih Pak.

    1. Pak Ryan,

      Kamera depan nyaris semua ponsel memang tidak dilengkapi dengan fokus otomatis. Kamera itu juga tidak dibekali fokus manual. Ia menggunakan fixed focus. Jadi, kalau ingin hasil jepretan tajam, ya silakan memposisikan objek pemotretan tidak terlalu dekat dengan kamera. Jarak sekitar setengah meter biasanya sudah oke kok.

  173. Selamat pagi Pak,

    Sy mau membantu review HP Infinix Zero 3 ini
    Stlh sekitar 2bulan saya pakai, blm ada hambatan yg berarti, awal memang tidak bisa 4G, akhirnya sudah bisa

    So far, saya puas dgn hp ini, sy mmg kurang paham ttg spesifikasi hp, setidaknya bisa dipakai dan nyaman sudah cukup bagi saya
    Kamera nya oke punya, kmrn sy bawa hp ini utk liburan, hasilnya oke. Bisa dibilang setara dgn pocket camera, krn lebih ringkas akhirnya saya simpan saja pocket cameranya, dan pakai hp ini sj sudah cukup

    Kmrn sy tdk dpt stok di Lazada, tp krn sy sudah terlanjur pnasaran dgn hp ini, akhirnya saya cari di Tokopedia dan dapat dgn harga tdk jauh beda
    Sy cuma bilang, meskipun rekan2 sy byk yg sangsi dan meremehkan hp seperti ini, apalagi ‘infinix’ blm byk dikenal orang2 awam, sy puas dgn hp ini. Kamera oke, layar juga oke, sudah 4G, harganya tergolong murah, spesifikasi oke, RAM oke, ^^
    Terima kasih saran nya pak utk mcoba hp ini

  174. Om Herry,
    Apakah Infinix Zero 3 sudah bisa USB OTG? Saya sekarang pakai Pureshot plus, menurut Om Herry apakah layak meminang Zero 3? Selain sisi kamera yg lebih unggul, hal apa lagi yang bisa dijadikan alasan u/ ganti ke Zero 3? Thx

  175. Pak Herry SW,saya mau nanya nih.
    1.Apakah infinix sudah dpt di beli di erafone.
    2.dan juga apakah benar infinix zero 3 cepat panas,dan batre boros.
    3.ketika pak herry review ngecharge brp jm dan bisa untk brp jm

    1. Pak Santos,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons karena saya baru pulang dari luar kota.

      1. Belum dan memang tak ada rencana dijual via Erafone.

      2. Tidak benar. Baterai memang tidak superawet, tetapi juga tidak sangat boros.

      3. Tidak saya hitung. Paling sering saya charge menjelang tidur, besok pagi saya cabut. Bisa bertahan belasan jam.

  176. dua, GPS Zero 3 kurang andal dipakai bernavigasi. Lokasi yang telah terkunci kadangkala mendadak lepas. Pergerakan kendaraan bermotor juga sering terlambat diperbarui. Jedanya 1-2 detik atau sekitar 40 meter. Walaupun hanya terlihat sedikit, tetapi praktiknya sangat merepotkan saat pengguna mengandalkan ponsel untuk mengarah ke lokasi tertentu yang kurang dikenali. Instruksi belok kanan di persimpangan, contohnya, baru muncul setelah pengguna melewati persimpangan yang dimaksud.

    Membaca text diatas, jadi dipakai main pokemon go dengan zero 3 (dalam posisi didalam mobil) kurang enak ya pak?

    1. Pak Dhali,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons karena saya baru pulang dari luar kota.

      Nah… itu saya kurang tahu. Pas menguji pakai Zero 3, belum ada Pokemon Go nih.

  177. Mau nanya Pak Herry
    Saya pengguna Zero 3
    Puas dg hp ini,
    Yg mau ditanyakan
    Untul penggunaan batre;

    Kebanyakan dr Kita
    Berpikir untuk menggunakan aplikasi berat
    Seperti main Game, Nonton Film di Hp
    Klo mnggunakan hp tanpa di chass
    Durasi untuk bertahan hidup tentu akan berkurang
    Yg biasanya 10-15Jam
    Mungkin jd 4-8 Jam saja
    -Pertanyaan 1; apa itu berpengaruh dg kinerja hp tsb, klo sering terpakai
    -pertanyaan 2; kalau sambil di chass, apakah itu berpengaruh jg dg kinerja batre dan hp tsb,
    Mengingat main game/nonton film sambil di chass

    1. Pak Acipp,

      Maaf karena respons saya lama. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota.

      1. Ya pasti berpengaruh. Sudah Anda sebutkan sendiri gitu lho dampaknya. Konsumsi baterai akan lebih boros.

      2. Untuk jangka panjang iya. Lebih baik ponsel di-charge tanpa dipakai dulu.

  178. Selamat Pagi, Pak Herry..
    Terima kasih untuk reviewnya.

    Pak, Saya Mau tanya..
    1. Untuk pemakaian jangka panjang, antara Infinix Zero 3 dengan Redmi Note 3, mana yang lebih “tahan banting” (awet)?
    2. Antara Infinix Zero 3 dengan Redmi Note 3, mana yang lebih gegas?
    3. Mohon recomendasinya untuk HP apa yang gegas dan awet dengan budget 2 jutaan, Pak.. (dari semua merk).

    Terima kasih, Pak Herry..

    1. Pak Iwan,

      1. Saya asumsikan Redmi Note 3-nya yang pakai chipset Snapdragon ya, Pak. Mestinya sama-sama awet.

      2. Relatif imbang. Kalau diperhatikan benar-benar, Redmi Note 3 sedikit sekali lebih gegas.

      3. Lenovo Vibe K5 Plus, Infinix Zero 3, dan Wiko Ridge 4G Fever.

  179. Salam Pak Herry,
    Saya tertarik sekali sebenarnya dengan Infinix Zero 3 ini, hanya 1 keraguan saya di masalah kamera yg menonjol keluar. Pertimbangan saya karena sy punya anak balita, takut dibanting, lecet dan semacam itulah πŸ™ Dan lagi service centernya mudah ditemukan ngga ya pak? (Saya di Denpasar) Saya maunya punya ponsel 1 untuk selama mungkin, hehe… kira2 ponsel ini recomended ngga ya buat saya?

    1. Bu Ayu Nova,

      Wah, kalau bakal dibanting-banting, saya tidak berani memberikan rekomendasi deh.

      Di Denpasar ada service center Infinix. Ini alamatnya:
      Graha Insan Surya
      Komp. Ruko Investama
      Jl. Teuku Umar No. 123, Blok C8, Denpasar, Bali
      Phone : 0361 – 246553 / 0361 – 239720
      Business Hours : Mon – Sat (10.00 – 18.00), Sun (Closed)

  180. Selamat malam Om Herry SW,

    Salam kenal Om Herry SW.
    1. HP ini sudah support NFC belom ya?
    2. Firmware Infinix terbaru masih ada masalah dengan lock GPS ngga ya? Karena secara tidak langsung, suka menggunakan fitur GPS pada HP.
    3. Infinix Zero3 dengan Infinix Zero3 Pro bedanya apa ya? Hanya memory sajakah?
    4. Agak susah ya cari HP ini ya Om, pelayanan purnajualnya baik kah Om?
    Maaf banyak bertanya ya Om.
    Terima kasih.

    Dari Chocky

    1. Pak Chocky,

      Salam kenal juga.

      1. Tidak ada NFC.

      2. Kurang tahu karena saya sudah berpisah dengan Zero 3. Kalau untuk pemesanan Uber, sekarang sudah lancar jaya.

      3. Ya, hanya beda kapasitas memori internal. Yang Pro berkapasitas 64 GB.

      4. Betul. Sampai sekarang permintaan masih lebih tinggi daripada pasokan. Layanan purna jual tergolong lumayan.

  181. siang pak herry
    mau tanya apa benar skarang zero 3 sdh support 4g karna sudah memenuhi TKDN Indonesia ?
    lalu kalau dibandingkan antara zero 3, asus zenfone max, zenfone laser, flash plus2 dan xiomi redmi note3 dr kamera lbh bagus mana ya jika diurutkan ?
    terimakasih

    1. Bu Fitriii,

      Benar sekali. Zero 3 sejak beberapa bulan lalu sudah bisa dipakai menikmati 4G LTE.

      Dimulai dari terbaik sampai terburuk: Zero 3, Zenfone 2 Laser (bukan Zenfone Laser) dan Zenfone Max imbang, lalu Flash Plus 2, dan Redmi Note 3.

  182. oh iya terimakasih pak
    kalau pak herry beli zero 3 dmn ya lazada kah ?
    untuk daerah bandung beli zero 3 di toko offline dmn ya pak soalnya kurang pas aja kalau beli online ?
    terimakasih

    1. Bu Fitriii,

      Ya, jalur penjualan resminya di Lazada, tetapi sering kosong. Jadi, Anda boleh juga berburu di Bukalapak atau Tokopedia dengan konsekuensi harga sedikit lebih mahal.

      Saya kurang tahu toko offline di Bandung yang punya stok siapa. Coba berburu di BEC.

  183. Pak HERRY SW
    Untuk saat ini harga infinix zero 3 brp? Sekarang harga baru nya kisaran berapa? Garansi nya bagaimana? Toko offline yg menjual di area SBY dimana? Terima kasih pak.

    1. Pak Jeffry,

      Harga ritel resmi Rp 2,599 juta. Kalau Anda beli secara offline maupun online di jalur non-resmi, tetapi ponselnya tetap bergaransi resmi, harga pasti lebih tinggi.

      Garansi resmi kan.

      Silakan cari di WTC atau Marina. Namun, harganya pasti lebih tinggi dari Rp 2,599 juta.

  184. Koh herry,

    Saya tertarik lenovo k4 note, setelah membaca review infinix zero 3, jadi goyah.

    -body & frame zero 3 apakah metal/plastik dan dilengkapi dng 2 slot sim + slot microSD asli (non hybrid)?

    -apakah skrng sdh bekerja baik dng smartfren 4G LTE area surabaya (kartu merah maupun hitam)?

    -kesimpulannya apakah zero 3 msh pantas utk mengalahkan kandidat lenovo k4 note dng fitur VR, double speaker dolby atmos, fingerprint, design elegan, gyroscope sensor, dll (sesekali saya main game first person, racing, simulator)?

    1. Pak OkkyLiauw,

      Pertanyaan pertama dan kedua sudah terjawab di naskah di atas.

      Untuk pertanyaan ketiga, berarti titik berat Anda di gaming ya. Karena saya bukan penggemar game, maaf, saya tak berani menjawabnya. Satu hal yang pasti, kinerja kamera Zero 3 jauh lebih bagus daripada Vibe K4 Note.

  185. Pak Herry,
    Kalau fokus terutama pada kamera (tapi tetap memerhatikan kenyamanan dan fitur lainnya), mending Infinix Zero 3 atau LG G4? Atau ada saran hp lain kisaran 2,5 – 3,5jtan?

  186. Pak Herry, infinix zero 3 kan dual sim, kalau saya menggunakan telkomsel pada kedua slot simcard, salah satu tidak terbaca, padahal seminggu pertama masih terbaca. Kemudian saya coba telkomsel dan kartu lain, lancar jaya. Mohon bantuannya ya Pak Herry..

    1. Bu Mischa,

      Hmmm… aneh. Kartu Telkomsel yang tidak terbaca itu kalau dipindahkan ke ponsel lain bagaimana hasilnya?

      1. Iya Pak,
        Saya bingung yg rusak slot simcard nya atau memang kartunya. Sudah dicoba Pak, masih terbaca di ponsel lain..
        Mungkin infinix tidak mendukung dual sim utk satu provider ya?

        1. Bu Mischa,

          Mendukung kok. Saya sempat berhari-hari pakai dua nomor dengan operator yang sama di ponsel itu. Kalau mau dicoba, mampir ke GraPARI Telkomsel dan bilang minta ganti kartu deh. Jangan cerita kalau kartu berfungsi normal di ponsel lain.

  187. Dear om Herry..

    Seperti yg disarankan om Herry saya akhirnya membeli infinix zero 3..yg mau saya tanyakan di hp infinix kalau saya clear Ram (yg tanda kotak) kalau ad chat dari bbm or wa yg masuk knp jadi tdk ad notif nya ya om? Jadi harus di buka dl bbmnya baru chat2 nya pada masuk

    1. Bu Zeina,

      Saya tak mengalami kondisi tersebut saat memakai WhatsApp. Coba cek pengaturan auto start di ponsel Anda. Pastikan WhatsApp termasuk dalam daftar aplikasi yang diizinkan auto start (saya lupa istilah tepatnya di Zero 3).

      Kalau BBM, saya kebetulan bukan pengguna BBM. Kemungkinan jalan keluarnya sama.

  188. Pa Herry,

    Sebagai informasi, di Bandung, Infinix Zero 3 mulai di jual di BEC, bahkan ada Counter/pamerannya dengan SPG resmi dari Infinix. Tadi barusan beli dengan harga 2,699 juta (Include Jelly Casenya).
    Ini sebagai informasi buat bagi peminat Infinix Zero 3. Warna yang tersedia gold dan grey.

  189. Dear om Herry

    Iya om untuk BBM saja yang hilang icon nya kalau di clear ram..sdh saya auto start juga tapi untuk BBMnya msih sama juga..bagaimana ya om,ad cara lain ga ya πŸ™‚

  190. Bu Zeina,

    Agar BBM tidak close sewaktu clear RAM, cukup sekali kasih gembok di BBMnya (gemboknya muncul waktu tombol clear RAM di tekan).
    Hal yang sama berlaku jika ada apps yang tidak mau di close waktu clear RAM, cukup beri gembok saja di Appsnya.

    Terima kasih.

    1. Pak Heri,

      Tak tahu. Saya sehari-hari di Surabaya dan di sini tidak ada Bolt. Kalau melihat spesifikasi di atas kertas sih seharusnya tak bisa.

  191. Pagi Mas Herry SW:
    Mohon sarannya, saya pengguna infinix zero 3, dan beberapa hari yg lalu dapat pemberitahuan untuk Update OXS ke Android 6. Namun saat mau di download muncul pemberitahuan kapasitas cache tidak cukup, padahal di memori internal masih tersedian ruang kosong 4,5 Gb (kapasitas ruang utk oxs baru +- 1,3 gb). Atas sarannya terima kasih sebelumnya.

    1. Pak Ibrahim,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Ya berarti Anda perlu menghapus lagi sebagian isi memori internal ponsel. Seringkali memang dibutuhkan ruang kosong yang jauh lebih besar dulu agar OS baru sukses dibenamkan.

  192. Dear Om Herry

    Hp infinix ku kok lampu wrna merahnya berkedip trs ya om.. Padahal batre tdk sedang low dan sdg tdk ad notif apapun..Itu knp ya om?

    Trs ak mau nanya cara foto hasil jepretan om yang tanaman kaktus dan makanan it kok belakang nya nge blur y.. Cara nya bagaimana y om.. Terimakasih

    1. Bu Zeina,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Tak berani saya pastikan kalau tidak melihat dan menelusuri langsung di ponsel Anda.

      Pastikan jarak antara ponsel dan kaktus/tanaman cukup dekat, sedangkan jarak antara kaktus/tanaman dengan latar belakang lumayan jauh. Maka, latar belakangnya akan tampak ngeblur.

  193. Selamat pagi Pak Herry
    Maaf bertanya pagi” begini pak

    Mau tanya pak
    Kalau mau membersihkan lensa kamera zero 3 ini bS tdk pak krn lensa kamera saya yg belakang maupun depan berembun krn tidak sengaja terkena uap panas dr rice Cooker.

    Seandainya diganti lensanya apakah bisa pak?
    Apakah biayanya mahal dan apakah secara otomatis garansinya akan hangus krn adanya pembersihan atau penggantian lensa krn bru dua bulan pemakaian

    Terimakasih sebelumnya
    Mohon jawabannya pak Herry

    1. Bu Sila,

      Berarti, bagian dalamnya juga berembun ya? Coba mampir ke service center dan minta tolong dibersihkan deh.

      Kalau hanya berembun, seharusnya tak perlu sampai ganti lensa deh. Namun, bila embun itu tak kunjung hilang, saya menyarankan Anda mampir ke pusat perbaikan resmi. Sebab, untuk membersihkan bagian dalamnya kan ponsel perlu dibongkar. Soal status garansi, silakan langsung menanyakannya saat mampir ke service center.

  194. Selamat sore Pak Herry

    Terima kasih jawabnya Pak.
    Embunnya sudah hilang dan sy coba kamera depan masih oke jelas.. Tapi kamera belakangnya seperti berkerak lensanya wlpun jelas fotonya tpi hasil fotonya jd seperti berbayang..

    Jd perlu diganti ya pak?
    Nanti sm cb ke pusat service resminya.. Alamat yg tertera Yg di kartu garansinya itu pusat perbaikan resmi nya kan pak?

    Terima kasih pak.

  195. Slmt siang,pak herry.
    Saya mau tanya mengenai infinix zero 3 saya.
    Mengapa gadget saya ini sering hang di touchscreennya (tdk dpt berfungsi di satu bidang tertentu. contoh : baris 4-5-6 papan tombol tlp).
    Terima kasih sebelumnya.

    1. Pak Sam,

      Membaca paparan Anda, saya menduga ada masalah di digitizer-nya. Lakukan klaim garansi di pusat perbaikan resmi Infinix saja deh.

  196. Salam kenal pak herry, saya pengguna pureshot plus dan zero 3
    Saya menggunakan 3 nomor yaitu smartfren 4G, tri 3G dan telkomsel 3G
    Mohon bantuan infonya
    1. jika slot sim 1 dimasukan card telkomsel 3G untuk internetan dan slot sim 2 utk smartfren 4G namun hanya utk sms dan telpon, bisakah ?
    2. Jika saya ingin menggunakan 2 whatsapp dengan nomor smartfren dan nomer tri, namun koneksi internet menggunakan telkomsel bisakah jika di sim 2 telkomselnya 3G dan sim 1 nya smartfren ? Bagaimana saran pemasangan yg optimal ?
    3. Untuk video kamera depan memang hanya dibatasi VGA 480p saja ya ? Walaupun sudah diupgrade terakhir ke marshmallow 6

    4. Bagaimana memunculkan notifikasi bbm dan whats app di zero3 ini? Apakah perlu download dari playstore aplikasi khususnya ?
    Terima kasih sekali atas bantuannya

    Info tambahannya, maksudnya saya ingin digunakan di 1 HP saja yaitu zero 3 karena repot membawa 2 HP, namun karena internet lebih cepat Telkomsel 3G dibanding smartfren 4G, sementara tri 3G juga lebih cepat utk downloadnya saja, namun nomor whats app yg dipakai yang tri dan smartfren, jadi pemasangan di zero 3 idealnya bagaimana?
    Terima kasih sekali atas bantuannya

    1. Pak Rudy Master,

      1. Tidak bisa.

      2. Zero 3 tidak memiliki kemampuan dual apps. Jadi, Anda hanya bisa mengaktifkan satu WhatsApp.

      3. Ketika dulu saya menguji pakai Zero 3, kamera depannya hanya bisa menghasilkan klip video VGA. Saya tak mengetahui kondisi terkini dengan firmware terbaru.

      4. Saya tidak memakai BBM. Untuk WhatsApp, tak ada pengaturan tambahan yang perlu saya lakukan. Notifikasi WhatsApp langsung muncul kok.

  197. terima kasih atas sarannya pak πŸ™‚
    tapi setelah baca yg ini saya kok tertarik jg ya.. apalagi artikel terbaru bapak tentang layanan servis jemput ke rumah dari infinix.
    jika infinix zero 3 ini bandingkan dengan xiaomi redmi 3 prime, lebih worth to buy yg mana pak?
    kebutuhan saya lebih ke multitasking aplikasi office, foto produk & dokumen, browsing garis keras hehe

    makasi pak herry

    1. Bu Hilda,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Karena ada kriteria “foto produk dan dokumen”, berarti Zero 3 lebih cocok buat Anda. Daya tahan baterai ponsel itu memang tak selama Redmi 3 Prime. Namun, kinerja kameranya jauh lebih unggul.

  198. aduh saya telat banget jatuh cinta sama ni hape infinix zero 3. kira2 masih ada ngga ya koh, saya cek di lazada stok habis

    1. Pak Fahrizal,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Masih ada. Coba cek di Blibli, Bukalapak, atau Tokopedia.

  199. Salam kenal Koh HSW dan rekan rekan follower, saya chek di beberapa Counter di WTC Surabaya masih ada stok koq dengan harga kisaran Rp.2,7 juta, dan benar kata Koh HSW di Bli-bli dan lapak lain sptnya masih ada juga.

  200. Pak herry,
    Infinix zero 3 milik saya dapat pemberitahuan untuk Update ke Android 6, lebih baik saya lakukan apa tidak? Tapi ketika saya coba tekan “install” muncul “cache tidak cukup, tambahkan kartu sd external untuk download”, padahal internalnya masih ada sekitar 7,7 gb, bagaimana solusinya pak?

  201. Selamat pagi Pak Herry
    Pak mau tanya.. Barusan sy dpt pemberitahuan perangkat android 6.0 XUI1.Z.3.3 ini upgrde ke versi M y pak?? Mohon bantuan caranya bgamn pa?? Apa sy langsg instal sj krn dibagian bawahnya tertulis download dan instal..
    Data” saya nanti hilang ga pak kl sudah di update??
    Mohon bantuan infonya pak.. Maklum sy br tahu hal yg seperti ini.. Baru 4 bln pake hp ini..

    Terima kasih Pak Jerry

    1. Bu Sila,

      Ya silakan ikuti petunjuk di layar. Di situ mestinya juga ada keterangan update yang dilakukan akan menghapus data atau tidak.

  202. kualitasnya sesuai resolusinya gak om
    klo dibanding lg g4 dan lenovo vibe shot
    yg punya resolusi kamera lebih kecil
    lebih bagus mana hasil kameranya
    klo boleh di urut hasil kamera mana yg paling baik
    xiaomi mi4i,lg g4 ,lenovo vibe shot dan zero 3

    1. Pak Gunawan,

      Sesuai.

      Kalau diadu dengan G4, lebih bagus G4. Kalau dengan Vibe Shot, hasil jepretan kamera belakang Zero 3 saya nilai lebih bagus.

  203. permisi pak Herry SW, saya mau minta masukan bila berkenan.
    dengan menilai buged dan kelebihan masing-masing hp. tetapi sy lebih mengenyampingkan kamera karna bagi saya kamera lumayan saja sudah ok.
    pilih lenovo p1 turbo atau infinix zero 3 pak?? saya sdh baca2 seminggu ini webnya dan sangat bermanfaat dan menambah info saya tentang ponsel yg akan saya beli ini.
    1 lg, antara lenovo p1 dan infinix zero 3 yang nyaman di pegang lama dan masuk kantong menurut bapak yang mana.

    1. Pak/Bu Zelvi,

      Kalau kamera cukup lumayan, Vibe P1 Turbo lebih menarik daripada Zero 3.

      Untuk dipegang lama, buat saya, Vibe P1 Turbo lebih nyaman. Kalau masuk ke kantong sih lebih enak Zero 3.

  204. Pak HSW,
    Sedang galau nih, sedang mencari calon hp dgn kriteria: kamera bagus, baterai awet dan 4g, budget 3jt max. Mau LG tp mahaal ya? Apakah infinix zero 3 masih layak pilih saat ini? Atau bpk ada alternatif lain?
    Terima kasih sblmnya utk tanggapannya.

    1. Bu Erna,

      Dengan kriteria seperti itu, jawabannya tidak ada ponsel yang memenuhi syarat.

      Zero 3 kameranya bagus, harga tak sampai Rp 3 juta, dan masih layak beli. Namun, baterainya tidak bisa digolongkan awet.

    1. Bu Sevi,

      Di WTC sih ada. Saya nggak ingat nama tokonya, tetapi ancar-ancarnya begini:
      1. Masuklah lewat pintu utama WTC.
      2. Jalan lurus ke depan sampai melewati eskalator naik.
      3. Tepat setelah eskalator beloklah ke kanan. Jalan terus sampai di kiri Anda ada gerai Oke Shop.
      4. Tepat di samping gerai Oke Shop ada lorong. Masuk ke sana. Kira-kira dua toko di sisi kanan, ada rak pajangan Infinix. Nah… di situ deh.

  205. siang mas Herry
    saya liat di bukalapak ada yang jual Infinix Zero 3 X552 Free Softcase Garansi Resmi di harga Rp1.899.000, apa memang harganya sudah turun? kira2 apa gawainya rekomended untuk di beli?
    atau ada tempat jual beli online yang di rekomendasikan?
    * di kota saya (samarinda) tidak ada yang jual gawai merk infinix πŸ™‚

    1. Pak Adeozzy,

      Itu baru atau bekas? Saat Imlek kemarin harga Zero 3 memang sempat promo jadi Rp 1,999 juta. Namun, sekarang sudah balik lagi ke Rp 2,699 juta.

      Zero 3 sih layak beli. Untuk online, jagoan saya masih Blibli.com.

  206. malam mas Herry
    saya liat bagian di komentar pelapaknya, udah ada yang beli bilang barang di segel, berarti baru bukan bekas.
    untuk pemakaian ala mas Herry infinix zero 3 tahan berapa lama?

    1. Pak Adeozzy,

      Penjual yang nakal bisa menyegel kembali ponsel bekas lho. πŸ™‚

      Saya sudah lupa tepatnya. Rasanya sekitar 12 jam.

  207. Pak heri mau nanya untuk pembelian infinix Zero 3 di blibli. Com apa sudah jelas garansi resmi
    Untuk yang garansi bnip apa itu termaauk garansi resmi

  208. Maaf salah ketik yang bnib maksudnya…
    Untuk ponsel harga 2 jutaan yang rekomend apa ya menurut pak heri. Kebutuhan layar 5 inc bisa otg. Dual sim yang tidak hybrid. Ada micro sim. Tentu saja sudah 4g kamera bagus

    1. Pak Noha,

      Oh ok. Infinix BNIB di Blibli sih mestinya garansi resmi.

      Wah… nggak ada deh. Terkendala di dual SIM non-hybrid.

  209. Kalo yang garansi bnib saya temui di tokopedia dengan harga 2.2 an sedangkan di blibli 2.6 an lebih tapi tidak tahu jenis garansi yang mana di blibli. Menurut pak heri mending ambil di tokopedia atau di blibli??

    1. Pak Noha,

      Begini saja. Kepada penjual di Tokopedia, tanyakan itu garansi resmi atau tidak. Kalau garansi resmi, mending sikat yang itu.

  210. Dear Pak Herry,

    Mohon infonya apakah aksesoris untuk Infinix Zero 3 ini sudah banyak tersedia di toko aksesoris handphone dan di mana yang cukup lengkap, terutama untuk tempered screen guard?

    Waktu awal pembelian, saya kesulitan untuk mencari tempered screen guard yang cocok untuk Infinix Zero 3, dan sekarang ingin mencoba cari lagi.

    Terima kasih.

    Best Regards,
    Adrian

    1. Pak Adrian,

      Saya belum pernah khusus mencari tempered glass untuk Zero 3. Dulu saya membeli screen protector yang bening biasa.

  211. Selamat pagi Pak Herry,

    Sudah 1 tahun dari ulasan ini, Infinix Seri 3 dengan harga baru (di salah satu toko online) Rp 1.860.000 apakah masih menarik??

  212. Pak Herry dan Pak Didin,

    Jika benar harga baru Infinix Zero 3 sekarang Rp 1,86 juta, berarti turunnya lumayan banyak dari harga tahun lalu ya?
    Seingat saya harga tahun lalu sekitar Rp 2,6 juta.

    Terima kasih,
    Adrian

    1. Pak Adrian,

      Harga ritel resmi ketika peluncuran Rp 2,599 juta. Harga ritel resmi saat ini Rp 1,999 juta. Penurunan yang tergolong wajar deh.

  213. Selamat malam pak Herry, salam kenal.
    Pak saya mau tanya, akhir akhir ini saya liat foto infinix zero 3 di online shop, dibagian belakang tidak ada tulusan zero’nya tepat diatas lubang (seperti difoto) apa itu asli atau tidak ya?
    Terus sekarang infinix sudah ndak bisa video 4K lagi ya pak?

    1. Pak Irwan,

      Tak bisa saya pastikan sebelum memegang sendiri barangnya.

      Kondisi terkini saya kurang tahu. Saya sudah lama berpisah dengan Zero 3.

  214. Koh Herry,

    Kalau dari segi desain dan kamera, koh Herry pilih mana antara Infinix Zero 3 atau Huawei GR5 ?

  215. Baik.
    Mau tanya lagi pak. Melihat produk hp terbaru saat ini apa zero 3 masih worth to buy pak?
    Jika ada rekomendasi hp lain, selain zero 3 dengan mengutamakan kegegasan, kamera jernih dan tajam, hp tidak mudah panas dan layar full hd, kira kira hp apa? Dengan anggaran 2 jutaan.
    Terimakasih sebelum dan sesudahnya pak.

    1. Pak Irwan,

      Kalau cari ponsel dengan kamera bagus, Zero 3 yang kini dibanderol Rp 1,999 juta masih layak beli.

      Hmmm… Huawei P9 Lite. Harga ritel resminya Rp 3,199 juta. Namun, kalau rajin cek penawaran di toko online, bisa dapat di harga Rp 2,9 jutaan.

  216. Pak tolong bisa gak tolong review infinix zero 3 vs lenovo k4 note masih bingung pilih yang mana??? Sekian terima kasih…

    1. Pak Vivo Y21,

      Cara milihnya gampang. Wajib ada sensor sidik jari? Ambil Vibe K4 Note. Selain satu hal itu, mending beli Zero 3.

  217. Om HSW, saya mau nanya, harga hp infinix zero 3 second pembelian bulan 02 2017, dijual harga 1,7 jt apakah mahal atau murah kondisi fullset,,, Tks

  218. Om herry minta rekomendasi nya seller yang bisa diandalkan dilazada dan di blibli soalnya aku juga mau beli infinix xero3 ni om herry,terima kasih

  219. Pak Herry… Jujur Saya ketinggalan update nih seputar ponsel Infinix, soalnya biasanya cuma tertarik dg ponsel merk2 global atau yg familiar saja seperti ASUS, SAMSUNG, mentok mlipirnya ke XIAOMI πŸ™‚

    Well, yg pengen saya tanyakan
    1. Bagus ga sih Pak ponsel Infinix? Terutama Infinix Zero 3 ini ? Aftersales nya gimana?

    2. Kalo saya berniat meminang ponsel ini, dijamin resmi kan Pak ? Takutnya pas saya beli nantinya ternyata disodorin yg non resmi seperti Xiaomi yg keluaran Non Resmi

    3. Boleh tau alamat servis centre yg di Semarang Pak ? Atau mungkin sekalian toko offline yg rekomended menurut pak herry di Semarang (kalo ada)

    Sebelumnya jg ini Saya yg tadi siang nanya2 sekilas tentang ponsel Infinix lewat twitter dan blog pak Herry, he he.. Mohon berkenan dijawab ya Pak, biar saya tambah mantaap! Makasih

    1. Pak Dico Sugandhiko,

      1. Secara umum oke. Saya perhatikan mereka berpikir jangka panjang untuk pasar Indonesia. Infinix Zero 3 memiliki nilai jual utama di kamar. Layanan pusat perbaikan resmi tergolong cukup. Belum layak dibilang bagus.

      2. Belum pernah menu yang BM di pasar sih.

      3. Service center di Semarang, seingat saya, masih berstatus collection point. Lokasinya di Alfa Selular, Jl Jend Sudirman 256. Rekomendasi toko di Semarang? Wah… saya tak tahu.

  220. Berarti gak bisa menggunakan apps uber di zero 3? Saya sering bgt pake uber(fasilitas) kalo balik malem dari kantor soalnya..

    1. Pak Boy,

      Bug tersebut sudah lama beres. Jadi, silakan memesan Uber sesering mungkin saat memakai Zero 3.

  221. pak Herry
    maaf saya mau tanya, vivo v3 dengan infinix zero 3, pak Herry lebih ngerekomendasikan yang mana?

  222. Slmt malam, pak herry.
    Mhn maaf sy mau konsultasi ni..
    Menurut bapak, ponsel 4G (klo bisa LTE) dikisaran harga 1,5jt yg gegas (Ram besar) & kamera OK, rekomendasi apa ya pak ?
    Trm ksh sebelum & seaudahnya.
    Sukses selalu ponselmu.

    1. Pak Syamsul,

      Jawabannya, tidak ada. Di kisaran harga itu maksimal dapat ponsel dengan RAM 2 GB saja. Yaitu, Moto E3 Power Rp 1,55 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *