Review Infinix Zero 4 Plus: Cukup Disapa “Hai HSW” agar Menyala

Pada 19 April lalu penulis alias HSW menghadiri acara peluncuran Xiaomi Mi 6 di Beijing, Tiongkok. Pantulan yang tak sengaja tampak di foto Mi 6 berwarna biru mencuatkan pertanyaan dari pembaca blog Ponselmu dan pengikut akun Twitter @herrysw. Ponsel Infinix apakah yang dipakai?

Jawabannya, Infinix Zero 4 Plus. Menjelang terbang ke Tiongkok, ponsel itu sedang menjalani uji pakai ala HSW. Dengan agak nekat, HSW memutuskan sekalian memakainya sebagai kamera utama kala menghadiri acara peluncuran Mi 6. Seandainya hasil jepretan Zero 4 Plus ternyata mengecewakan, di saku celana HSW toh tersedia iPhone 7 yang siap diberdayakan.

Realita di lapangan, kinerja kamera Zero 4 Plus ternyata tak membuat HSW cemberut. Sebagian contoh foto yang dihasilkan bisa dilihat di tautan berikut. Dipadu dengan baterai tanam berkapasitas 4.000 mAh, aktivitas live tweet dan live Periscope dapat dilakukan tanpa khawatir kehabisan daya. Selama di Tiongkok, Zero 4 Plus juga terbukti sukses dipakai menikmati layanan roaming internasional via nomor prabayar Smartfren dan kartuHalo Telkomsel.

Gawai dengan kode tipe X602 itu dibekali layar enam inci beresolusi full HD 1.920 x 1.080 piksel. Ketika ponsel siaga, tetapi layar padam dan terkunci, terdapat beragam alternatif cara untuk mengaktifkannya. Pertama, yang paling kuno nih, menekan tombol power kemudian menyapukan jari di permukaan layar.

Kedua, ketukkan jari dua kali di permukaan layar. Layar bakal menyala. Selanjutnya sapukan jari untuk membuka pengunci layar. Ketiga, sentuhkan ujung jari ke sensor sidik jari (fingerprint sensor) yang berada di sisi belakang ponsel.

Alternatif keempat, dengan memanfaatkan fitur vocal command, sapalah ponsel. Kalimat sapaannya bebas dipilih pengguna. Misalnya, HSW menggunakan kata sapaan “Hai HSW” agar layar Zero 4 Plus otomatis menyala dan terbuka.

Prosesor sepuluh inti (deca core) MediaTek Helio X20 MT6797M 2 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, RAM 4 GB, dan ROM 32 GB merupakan sebagian spesifikasi lain Zero 4 Plus. Saat ponsel belum diutak-atik, kapasitas memori internalnya masih tersisa 23,48 GB.

Pengguna ponsel itu juga bakal menjumpai radio FM yang siarannya bisa direkam, penyaring SMS dan panggilan telepon masuk, serta fitur multiakun (multi account). Dengan multiakun, pengguna bisa mengaktifkan dua akun sekaligus di satu ponsel. Misalnya, masing-masing sepasang akun Facebook, Twitter, dan WhatsApp.

Zero 4 Plus menganut selot kartu hybrid alias 3-pilih-2. Kalau membutuhkan kemampuan dual SIM, pengguna dapat memasangkan satu kartu micro SIM dan satu kartu nano SIM. Dua nomor akan siaga bersamaan. Nomor mana pun yang digunakan untuk berinternet leluasa masuk ke jaringan 2G, 3G, maupun 4G LTE. Sedangkan satu nomor lainnya akan terpaku di jaringan 2G.

Lebih memerlukan selot memori eksternal? Pengguna yang termasuk kelompok itu direkomendasikan menyelipkan satu kartu micro SIM dan satu keping microSD. Kemampuan dual SIM otomatis lenyap.

Di lembaran spesifikasi, tak ada penjelasan detail mengenai frekuensi 4G LTE yang didukung oleh Zero 4 Plus. Mengacu kepada percobaan yang dilakukan, HSW sukses memakainya untuk menikmati layanan 4G LTE XL, Telkomsel, dan Smartfren. Dengan demikian, ponsel tersebut seharusnya bisa pula dipadukan dengan 4G LTE Indosat, Tri, dan mungkin Bolt.

Zero 4 Plus memanfaatkan baterai tanam berkapasitas 4.000 mAh. Dengan perilaku pemakaian ala HSW, baterai itu rata-rata mampu bertahan selama 24 jam. Tersingkat 16 jam dan terlama menyentuh 30 jam.

Selama masa pemakaian, dua nomor selalu siaga. Salah satu nomor dikunci di jaringan 4G LTE dan aktif dipakai berinternet. Mulai dari browsing, chatting, media sosial, hingga surel alias email. Ponsel berdimensi fisik 160,5 x 82,97 x 8,25 milimeter dan berat 203 gram itu juga digunakan untuk bertelepon dan memotret.

Ketika daya baterai nyaris habis, hubungkan ponsel ke sumber listrik. Charger bawaan ponsel itu sanggup mengisi ulang daya baterai sampai penuh dalam waktu sekitar 1,5 jam. Relatif cepat, bukan?

Bersistem operasi Android 6.0 Marshmallow dengan tampilan antarmuka XOS Chameleon 2.1.0, Zero 4 Plus dibekali dua kamera. Kamera utamanya dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat ganda. Ia siap menghasilkan foto beresolusi 21 megapiksel dan klip video full HD 1080p.

Tersedia mode pro yang mengizinkan pengguna mengatur parameter pemotretan secara manual. Misalnya, kecepatan rana diubah antara 1/100 detik dan enam detik. ISO, kompensasi pencahayaan, white balance, dan pemfokusan bisa pula diatur manual.

Beralih ke kamera depan. Kamera 13 megapiksel tanpa fokus otomatis itu dibekali lampu kilat. Pengguna leluasa memakainya untuk berswafoto. Kalau difungsikan sebagai perekam video, kamera itu siap memproduksi klip video full HD 1080p.

Ketika pengguna akan berfoto, baik memakai kamera depan maupun belakang, ada cara praktis untuk memerintahkan kamera menjepret. Sentuhkan jari ke sensor sidik jari yang berada di sisi belakang ponsel. Spontan kamera bakal memotret.

Sama dengan Zero 3 yang tahun lalu HSW uji pakai, kinerja kamera Zero 4 Plus tergolong memuaskan. Lebih baik dibandingkan ponsel Infinix seri lain. Bagaimana bila diadu dengan kamera Huawei P9, LG V20, atau Samsung S7 Edge? Hmmmโ€ฆ bukan perbandingan yang “apel dengan apel” deh. Sebab, harga ritel resmi Zero 4 Plus Rp 3,699 juta alias jauh lebih murah ketimbang tiga ponsel lain yang disebutkan. Saat ini P9 masih dibanderol Rp 6,999 juta, V20 Rp 7,999 juta, sedangkan S7 Edge Rp 8,999 juta.

Zero 4 Plus lebih cocok dikomparasikan dengan Asus Zenfone 3 ZE520KL. Zero 4 Plus menang mutlak di daya tahan baterai dan kecepatan pengisian ulang. Sedangkan ZE520KL unggul dalam hal kecepatan pemfokusan kamera dan kemampuan 4G-3G secara simultan.

Merujuk kepada pengalaman memakai Zero 4 Plus sebagai ponsel utama, HSW hanya memberikan dua catatan minus kepada ponsel tersebut. Pertama, kecepatan pemfokusan kamera agak lambat. Aktivasi fitur touch capture tak bisa dijadikan solusi karena kamera malahan akan sering sudah menjepret kala proses pemfokusan belum sempurna.

Kedua, bila dipakai mengetik cepat, layar sentuhnya sesekali terasa sedikit liar. Ia gagal mengimbangi pergerakan sepasang jempol milik HSW yang menari-nari di atas layar sentuh. Bodi yang agak bongsor dan berat, menurut HSW, bukanlah kekurangan. Hal tersebut merupakan konsekuensi logis dari gawai berlayar besar dan berbaterai besar.

Kalau saat ini Anda mencari ponsel dengan layar besar, baterai tahan lama sekaligus, mendukung pengisian cepat, dan dibekali kamera yang tergolong bagus di kelasnya, Infinix Zero 4 Plus pantas dijadikan pasangan baru. Apalagi, bila Anda memiliki kriteria tambahan: dual SIM 4G LTE dan terdapat pilihan 4G only di menu pengaturan jaringan.

Satu informasi tambahan, di paket penjualan ponsel itu telah disertakan selembar tempered glass dan satu buah hard case transparan. Dengan demikian pengguna tak perlu menyiapkan anggaran ekstra untuk membeli aksesori.

***

Inilah foto-foto yang dihasilkan kamera Zero 4 Plus.

Dua foto di bawah ini dijepret memakai kamera depan.

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android dan kondisi awal RAM.

170 thoughts on “Review Infinix Zero 4 Plus: Cukup Disapa “Hai HSW” agar Menyala

  1. Wah mantap nih HPnya. Kok bung HSW sudah bisa dapet duluan Infinix Zero 4 plus ?
    Usulan nih, distributor Infinix bisa membuka program tukar tambah dari Infinix lama seperti yang dilaKUKAN oleh Samsung. Saya pengen ganti dari Infinix Zero 3 ke Zero 4 plus nih. Mungkin banyak berpikiran seperti saya, tapi malas untuk jual HP lamanya ke pasaran, dengan adanya program tukar tambah dari Infinix, jadinya lebih lancar prosesnya. Apakah bung HSW punya kenalan atau akses ke distributor Infinixnya sehingga bisa bantu usulan ini ?

    1. Pak Marvin,

      Lah… Zero 4 Plus kan sudah lama tersedia di pasar.

      Kayaknya posting ini dipantau mereka deh. Pagi ini saya lihat review versi saya ini sudah dibagikan oleh distributor Infinix di Jawa Timur. ๐Ÿ™‚

      1. Terima kasih atas response bung HSW, satu bulan lebih lalu saya sempet cari-cari di BEC Bandung, katanya belum keluar. Makanya saya kaget ternyata bung HSW sudah pakai Infinix Zero 4 plus.

        Untuk distributor Infinix yang memantau posting ini, saya mengusulkan Infinix membuat program tukar tambah dari Infinix lama seperti yang dilakukan oleh Samsung. Banyak yang pengen ganti ke Infinix terbaru, tetapi tidak terbiasa harus menawarkan-menawarkan HP lamanya ke counter HP second dan harus tawar menawar harganya. Jadi lebih baik dikelola oleh distributor Infinix proses tukar tambahnya.

        Terima kasih.

    2. Pak Marvin,
      Coba ditanyakan dulu di toko resmi Infinix. Saya pernah tawar menawar agar bisa tukar tambah dan akhirnya berhasil. Saya tukar tambah infinix zero 3 dengan infinix zero 4 plus

        1. Pak Handoko,
          Waktu itu bulan April saya tukar tambah, saya tambah sekitar 2jutaan. Maaf, saya lupa persisnya berapa, Pak.

  2. Pak Herry. Jika mengabaikan garansi. Secara umum Infinix zero 4 diadu dgn Xiaomi Mi 6 sekilas lebih pilih mana ? Terima kasih Pak

    1. Pak Ibnu Mudhoffar,

      Kinerja kamera yang dimaksud di sini adalah kecepatan pemfokusan ya, Pak. Kalau hasil foto akhir, keduanya imbang. Malahan kalau dicermati dengan teliti, Zero 4 Plus terasa unggul tipis.

      1. Baik Pak, untung saja saya belum jadi beli zenfone 3. Satu pertanyaan lagi pak, untuk mematikan layar infinix zero 4 plus ini apa bisa dengan cukup mengetuk layar 2x seperti pada asus zenfone? Kalo bisa, berarti saya beli infinix zero 4 plus ini saja Pak.

        1. Pak Ibnu Mudhoffar,

          Tak bisa. Saya menambahkan aplikasi Off Screen dari Play Store. Jadi, untuk memadamkan layar, tinggal menyentuh satu ikon.

          1. Pak KuatWJ,

            Serius? Punya saya kok nggak bisa ya. Sempat saya coba 2-3 kali. Hmmm… perlu cek pengaturan lagi deh.

        2. Pak Ibnu Mudhoffar,

          Pak Kuatwj benar. Ternyata layar bisa dipadamkan dengan mengetuknya dua kali. Kemarin sudah saya coba. Kok dulu nggak bisa ya. He.. he.. asli bikin penasaran.

  3. Wah, reviu yang memuaskan atas infinix zero 4 plus…. Saya telah pakai sejak gawai ini rilis di pasaran dan gawai yang itu akhirnya diganti unit sama infinix (pusat perbaikan infinix di Semarang) karena mengalami cacat produksi pada layar.

    1. Pak KuatWJ,

      Cacat di layar seperti apa, Pak?

      Wah… bagus juga ya diganti satu unit utuh. Bukan sekadar ganti layar.

      1. Cacat karena ada bright pixel om, pas saya ke sana terus dapat ganti unit…. Saya juga terkejut om, tapi senang, hahahahaha

  4. Jadi ini rekomendasi koh utk pesaing Zenfone 3 ya. Tapi secara kamera masih kalah terutama kecepatan fokus tapi unggul daya tahan baterai. Mohon infonya apakah zero 4 plus ini ada bloatware gak? Atau mgkn kutu yg sangat menganggu ala meizu? Mengingat gaung infinix kurang gencar, jd informasinya minim. Thx

    1. Pak Roy Agustinus,

      Pembanding yang paling pas kalau dilihat dari harga.

      Betul. Hasil akhir kamera sih kalau dicermati ternyata Zero 4 Plus unggul tipis atas Zenfone 3.

      Ada beberapa aplikasi bawaan, tapi bisa dihapus atau di-disable kok. Tak ada kutu yang mengganggu.

  5. Untuk saat ini (april 2017) Zero 4 Plus adalah hape Infinix dengan spek tertinggi ya Pak?
    Kalau tidak salah ada aksesoris tambahan nya juga ya? Yg seperti lensa eksternal itu. Apa diuji juga oleh Pak Herry?

    Wah, artikel yg ini ada video nya! Akhirnya bisa dengar suara merdu Pak Herry, hehe.

  6. Salam…Mau nanya nih koh.klo diantara zero 4 plus,p9 lite,ZE520KL,zero 3,Vibe shot berdasarkan point utama di kamera urutannya dari yang terbaik yg mana? Trm kasih..

    1. Pak Arkarna,

      Hasil akhir kamera atau kecepatan pemfokusan nih?

      Kalau hasil akhir kamera, jagoan saya Zero 4 Plus. Awalnya, sepintas saya lihat ZE520KL lebih unggul. Namun, setelah saya cermati lebih detail, ternyata Zero 4 Plus yang unggul tipis.

      Kalau dari kecepatan pemfokusan, ZE520KL yang jadi juara.

  7. Koh HSW,

    Dua sisi minus;
    “Pertama, kecepatan pemfokusan kamera agak lambat. Aktivasi fitur touch capture tak bisa dijadikan solusi karena kamera malahan akan sering sudah menjepret kala proses pemfokusan belum sempurna.

    Kedua, bila dipakai mengetik cepat, layar sentuhnya sesekali terasa sedikit liar”.

    Apakah dua hal itu cukup mengganggu ?

    Sukses selalu Koh …

  8. Wah bagus reviewnya. Saya punya beberapa pertanyaaan pak. Saya punya rencana ingin meminang zero 4 plus tapi menunggu review dulu dari pak herry
    1. Kalo boleh tahu zero 4 plus punya pak Herry sudah dapat update nougat belum? Kira-kira setelah di update lebih mulus lagi gak performanya dibanding marshmellow atau ada bug? Saya iseng masuk forum infinix ternyata update nougatnya ada beberapa bug walaupun gak parah banget sih masih bisa ditolerin.
    2. Kualitas fotonya dibanding asus zenfone 3 kira-kira lebih bagus mana pak?
    3. Lalu screen on time baterai dengan ala penggunaan pak herry dapat berapa jam dari baterai 100% sampai dibawah 10%?
    Terima kasih.

    1. Pak Rudi,

      1. Belum. Kan sudah saya tulis masih Android 6. Saat saya cek software update, dibilang belum ada yang baru. Berarti, firmware Android 7 untuk ponsel itu memang belum tersedia yang resmi secara OTA.

      Wah… ya mana tahu lebih mulus atau tidak. Lha belum pernah coba Nougat di Zero 4 Plus.

      2. Hasil foto akhir, di luar dugaan nih, justru Zero 4 Plus unggul tipis.

      3. Saya tidak memperhatikan screen on time. Buat saya, screen on time kurang pas dijadikan patokan. Mengapa? Contohnya, perilaku pengguna kebetulan begini:
      * Ponsel tidak dipakai berinternet dan hanya digunakan untuk melihat foto. Screen on time pasti akan sangat tinggi.
      * Ponsel hanya dipakai untuk tethering. Hasilnya, screen on time pasti rendah sekali.

    1. Pak Arif,

      Salah satu yang terbaik, tergantung dari kebutuhan Anda seperti apa. Kandidat lain Asus Zenfone 3 ZE520KL.

  9. Lah… ada foto saat dimana pak Herry ke Gandaria City….. ? Kalau tahu saat itu bisa kopdar..:).. Sukses pak

  10. Om HSW,
    Nice review Om, bgmn performa voice command nya apa prnh Om HSW jumpai kendala? Oiya, Setelah review Infinix Zero 4 Plus, gawai selanjutnya apa?

    1. Pak Apri,

      Kalau dioperasikan di tempat yang gaduh, vocal command alias voice command kurang mampu bekerja secara optimal.

      Ada charger Anker dengan enam colokan.

  11. om, kalo tadi dibandingin sama Huawei p9 kan gak apel sama apel. kalo sama Huawei p9 lite gimana?
    lagi bingung mau naik kelas dari Xiaomi Mi3. spek ga usah tinggi2 amat, yg penting tidak ada kekurangan yang fatal. layar yg sedang, dan feel-nya tidak ringkih. ada rekomendasi om??

  12. Maaf oot, mau nanya
    1. Apa pak hsw berniat mereview gawai nubia yg baru diresmikan?
    2. Bisa diberitau daftar urutan gawai yg review ny akan diterbitkan, krn saya ada beberapa gawai yg saya tunggu review ny dr Hsw
    3. Untuk dana 2- 2,3 jt gawai apa yg Hsw rekomendasikan?
    Terimakasih

  13. Koh, kok sekarang webnya agak amburadul gitu ya, Menurut saya lebih enak yang dulu karena lebih simpel & Sekarang kalo di ketik “ponselmu.com” di google gak bisa langsung ke home

    1. Pak Faizal,

      1. Desain/theme sebelum ini agak bermasalah saat diakses via ponsel. Pada sebagian ponsel, tulisan di sisi kanan tidak bisa tampil utuh. Ada bagian yang terpotong.

      2. Soal kalau diketik Ponselmu.com di Google tak bisa masuk ke home, seharusnya itu tak ada kaitannya dengan pergantian theme. Saran saya, di browser langsung ketikkan Ponselmu.com saja. Jadi, bukan masuk ke Google dulu.

  14. Om Herry maaf oot..
    Beli Infinix Zero 4 Plusnya dimana??
    Soalnya saya lihat di lazada penjualannya tak disertai bonus case sma tempered glass ya..
    Terima Kasih..

  15. Saya naksir iniii.. tapi kok hybrid ??? dualsim & memorycard itu sama2 penting huhuhu… Koh, klo pendahulunya Zero3 hybrid juga kah? Zero4 ini lensa kamera utamanya Sony juga kah? Terima kasih utk jawabannya?

        1. Pakai lensa sony kok nggak ditonjolkan sbg jualan ya? Kalau infinix 3 sama xiaomi note 4 gambaran kasarnya oke mana ya om HSW

          1. Hehe iya maaf pak. Saya salah. Maksud saya Infinix zero 3 dan xiaomi redmi note 4

          2. Pak Dhan,

            Kalau Anda mengutamakan kamera, ambillah Zero 3. Kalau Anda lebih mengutamakan daya tahan baterai, pilih Redmi Note 4.

  16. Koh, nggak berencana mereview Coolpad Cool Dual jika sudah tersedia? Dual camera, garansi resmi, dan harganya hanya sekitaran 3.2 juta rupiah..

  17. Sekarang saya pakai Zero 3, pengennya mau upgrade. Saran om HSW, jika kriteria batrai kapasitas besar >3500 mah, bukan hybrid, ram minim 3gb, rom minim 32gb, kamera di atas rata2 minim seperti Zero 3. Thank you

      1. Om HSW, jika kriteria ram 3-4 gb, rom minim 32gb, budget tidak lebih dr 3.5 juta. Sarannya apa? Mungkin sarannya bisa lebih dari 1. Thankm you om ๐Ÿ™‚

  18. Halo Koh Herry, kalau Zero 4 dibandingkan dengan Zero 3, dari sisi kamera dan dari segi gegas atau tidaknya lebih bagus yang mana ya?

    Terima kasih.

      1. Maaf Koh Herry, maksud saya antara Zero 3 dengan Zero 4 Plus, lebih bagus mana ya?
        Terima kasih.

  19. Pak HSW,
    Mana yang lebih sesuai dengan selera dan kebutuhan bapak, Zero 4 plus atau P1 Turbo?
    Terima kasih.

  20. 1.pak Herry, kira-kira anda berniat me-review smartphone Lenovo P2 Turbo yang baru-baru ini sudah dijual resmi
    di Indonesia?
    2. dan menurut pak Herry jika bisa diberi urutan nilai kira-kira Service Center dari smartphone pabrikan mana
    yang bagus dan kurang bagus?

    1. Pak Gilson Alves,

      1. Ada rencana ke arah sana.

      2. Terbaik LG, disusul Samsung. Di bawahnya sih beda-beda tipis. Kalau pusat perbaikan resmi merek global terburuk, untuk saat ini sepertinya masih diduduki oleh Sony.

  21. Salam kenal Pak Herry…
    Gara2 kemarin anak minta ganti HP akhirnya saya ‘terdampar’ di blog ini.. ๐Ÿ™‚
    Dan setelah membandingkan beberapa merk + tipe ponsel serta melihat budget… sempat mengerucut antara infinix zero 3 dan hisense pureshot+… dan setelah diskusi sm anak… akhirnya ampil keputusan beli infinix zero 3… Alhamdulillah… anak puas krn sesuai kebutuhan dan bapaknya senang krn sisa budget bisa buat kebutuhan yg lain… hehehe… Makasih banyak pak Herry… Oya kl ada teman nanya2 review ponsel selalu saya arahkan kesini… ๐Ÿ˜€

  22. Sore Pak Herry, saya mau tny, apakah prosesor MediaTek Helio X20 MT6797M itu termasuk prosesor lama Pak? Kalo dibandingkan dgn Snapdragon, kira2 sekelas dgn Snapdragon yg mana Pak?
    Terima kasih Pak Herry…

    1. Pak Edwin,

      Keluaran tahun lalu.

      Saya tak terlalu paham hal teknis terkait komponen. Kira-kira setara dengan Snapdragon 625.

  23. Ko, ada rencana uji pakai tablet dalam waktu dekat ini? Pengen cari rekomen tablet dibawah 3 jt….

  24. MAAF OOT,
    konsultasi@herrysw.com , itu akun G-Suit pak? Yg katanya bwt bisnis itu ya, berhubung HSW pengguna akun gmail bisnis bolehlah tnya dikit ?
    | kalo mendaftar G-Suit kan dpt trial 14 hari, lah bayarnya per-user kan 30 dolar (utk yg plg bawah) pertahun, itu pembayaranya dilakukan di awal priode pd masa trial habis atau stlh 1 tahun lamanya pak?

    1. Pak Dhimas,

      Sudah saya jawab di pertanyaan sebelumnya ya. Pertanyaan yang sama lain kali harap dikirimkan satu kali saja.

  25. Pak.. Ingin tau.. Telpon genggam yg bpk pakai sehari-hari sebagai telpon genggam utama apa ya pak?
    Sudah berapa lama bpk memakainya?

  26. om HSW numpang nanya ,minta saran donk , ponsel 5 inchi terbaik (batre dan kamera) ada anggaran 3 juta , terima kasih

    1. Pak Abdul Aziz,

      Hmm… kriteria layar lima inci ini yang susah. Sebab, trennya layar ponsel cenderung membesar. Kalau mau sedikit lebih besar, ada Huawei P9 Lite yang berlayar 5,2 inci.

  27. Selamat siang Om Herry..

    1. Adakah rumus untuk menghitung harga jual kembali (bekas) ponsel yang sudah dihentikan produksinya? Jika kondisinya adalah kita menjual ke pemakai lain (bukan toko ponsel bekas), apakah tepat jika menggunakan rumus Harga ponsel bekas = 75% * harga ponsel model baru bermerk sama yg spesifikasinya mirip?

    2. Saya mengetahui Om telah menjual Galaxy S8 karena kebutuhan ekonomi tertentu. Apakah ini juga berarti Om batal mengulasnya disini? Karena saya cukup menantikan ulasan ponsel Android Samsung baru ala Om HSW setelah absen 1,5 tahun, walau saya bukan fanatik Samsung serta tidak terlalu senang dengan layar dual-curved dan ergonomi S8 sih hehe.. Kira kira (secara garis besar) apa keunggulan dan kelemahan S8 yang menurut Om perlu diperhatikan khalayak?

    Terima kasih telah bersedia merespon Om ๐Ÿ™‚

    1. Pak Ega_32,

      1. Tidak ada rumus baku. Rumus yang Anda sebutkan tak berlaku kalau ponsel yang akan dijual adalah ponsel bekas bermerek tidak populer atau merek Tiongkok seperti Oppo dan Coolpad.

      2. Ya, tetapi sampai sekarang belum laku. Benar, otomatis batal me-review-nya.

      Dari pengalaman beberapa kali towel-towel S8 yang dipajang di toko, ponsel itu tak nyaman digenggam. Cenderung kayak mau jatuh. Penempatan sensor sidik jarinya juga tidak ergonomis. Nggak pas banget deh. Kelebihannya, berdesain cantik.

  28. Pak herry.
    Saya mau tanya 3 lingkaran di bagian atas depan pada infinix zero 4 plus itu apa saja pak? Flash depan, kamera dan yang sebelah kanan itu lingkaran apa ya pak? Thx

  29. Pak HSW, saya mau tanya pak klo hp di cas pas mlm waktu kita tidur trus dicabut esok pagi apakah akan mengurangi kekuatan baterai?

  30. Selamat malam Pak Herry,

    Sekitar seminggu yang lalu saya kehilangan Infinix Zero 3 saya.
    Apakah ada tips dan trick bagaimana memblokir nomor IMEI HP saya agar tidak dapat digunakan kembali oleh pencurinya?

    Nomor IMEI nya:
    – 354656070047148
    – 354656070047155

    Info dari M-Care, untuk HP merek Infinix (khususnya tipe Zero 3), walaupun di-factory reset, jika HP sudah diberi PIN/password maka tidak akan bisa digunakan jika tidak mengetahui PIN/password sebelumnya.
    Apakah benar begitu, Pak Herry?

    Apakah mungkin dari tempat service lain (yang tidak resmi) dapat melakukan factory reset pada HP tersebut?

    Terima kasih.

    1. Pak Adrian,

      Memblokir ponsel yang hilang dengan mengacu kepada data IMEI sampai saat ini belum bisa dilakukan di Indonesia. Hal itu bukan hanya berlaku untuk merek Infinix.

      Intinya, masih ada banyak lubang yang memungkinkan pencuri atau penemu ponsel Anda menggunakan ponsel tersebut.

  31. Pak Herry,

    Jika tanpa memperhatikan ketersediaan di pasar, lebih bagus mana dari sisi price to performance antara Infinix Zero 4 plus baru, dibandingkan dengan LG G4 second bergaransi (sampai Sept 2017) seharga 3,3 juta?
    (dengan asumsi LG G4 second nya tidak ada cacat dan berfungsi normal)

    Lalu jika dibandingkan performa kemeranya lebih bagus mana antara kedua ponsel di atas?

    Terima kasih.

    1. Pak Adrian,

      Hmmm… LG G4-nya terlalu mahal deh. Walaupun masih ada sisa garansi resmi, idealnya harga tidak lebih dari Rp 3 juta. Saya melepas G4 bekas eks-garansi resmi Rp 2,5 juta kok.

      Performa keseluruhan sih masih lebih bagus G4, apalagi kameranya. Namun, baterai G4 jauh lebih boros dibandingkan Zero 4 Plus.

  32. baru tau saya , kalo nama
    om HSW = Herry Setiadi Wibowo
    saya liat d kartu undangan Zenvolution ^_^

    1. Pak Christianua,

      Oppo langsung coret. Kalau mengutamakan kamera, ambillah Huawei P9. Kalau mengutamakan baterai, ambillah Zero 4 Plus.

      1. Oh begitu, baik om. Saya mau tanya satu lagi untuk overall lebih baik P9 atau Oneplus 3T, soalnya kalau oneplus inikan BM.. lebih baik yang mana ya… Mengingat kan om selalu bilang beli yang bergaransi resmi. Terima kasih

        1. Bu Christianua,

          Saya belum pernah coba OnePlus 3T. Benar, lebih baik membeli ponsel yang bergaransi resmi.

  33. Selamat malam Pak Herry,

    hari ini saya kehilangan infinix zero 3 saya (padahal dah nyaman bgt, buat game dll)

    rekomen dari bapak yang bagus buat ganti nya apa ya pak
    dr sisi koneksi
    gps
    ram 3gb
    dan procesor nya
    sekitaran 2 – 3 jutaan pak

    makasih pak.

      1. malam pak Herry SW
        begini pak ceritanya

        saya membeli Infinix zero 3 dari tokop**** lokasi toko jakarta
        dalam iklan nya itu hape new n garansi juga baru
        pemesanan dan pembayaran saya lakukan minggu pukul 7 mlm
        barang sampai selasa siang (hari ini)
        paket baru bisa saya buka sekrang (7;30 mlm)

        setelah saya hidupkan hape
        ternyata sudah ada walpaper gambar seorang wanita
        dan terkunci

        saya khawatir ini bukan hape baru

        apa yang harus saya lakukan pak

        maaf pak keluar topik
        tapi saya baru mengalami ini

        terimakasih banyak pak

  34. Selamat malam, Pak. Mohon saran, HP dengan kriteria sensor sidik jari, dual sim, kamera bagus, servis center bagus. Mohon beberapa pilihan untuk a. Maksimal 2 juta b. Maksimal 2,5 juta.
    Terimakasih banyak Pak Herry. Semoga makin sukses untuk Ponselmu.com.

  35. Selamat siang, Pak. Menyambung pertanyaan saya tanggal 17 Mei, karena tidak ada pilihan yang ada. Bolehkah saya minta tolong rekomendasi Pak Herry, dengan kriteria seperti itu sebaiknya saya beli HP apa yang murah. Yang paling penting sebetulnya dual sim, sensor sidik jari, kegegasan, kalau bisa ROM minimal 32 gb dan servis Center bagus sih, Pak. Tolong beri beberapa pilihan dan alasannya ya, Pak. Terimakasih banyak, Pak.

  36. Selamat malam pak HSW,

    Saran HP dengan bajet max 4jt kira kira apa ya? terutama untuk photografi.

    Makasih

  37. Malam Pak Herry…
    Apakah sudah pernah mencoba GPS navigation pada Zero 4 plus ?
    saya baca dari review sebelumnya Zero 3 terdapat kendala dalam GPS tracking, dan apa sudah ada perbaikan dalam seri Zero 4 Plus?

    Thanx…

    1. Pak Darius,

      Sudah, bahkan rutin saya pakai. Lancar jaya.

      Sedikit tip singkat saat membaca review ponsel yang saya buat, bila saya tidak membahas GPS secara khusus, berarti GPS ponsel yang saya review itu seharusnya baik-baik saja. Saya baru membahasnya secara khusus bila terjadi kondisi yang tidak biasa. Misalnya, GPS susah nge-lock atau (sebaliknya) ternyata GPS-nya luar biasa mantap.

      1. terima kasih informasinya,
        bagaimana kualitas camera jika dibandingkan dengan handphone dual camera yang beredar saat ini seperti Xiaomi Redmi pro, Xiaomi 5 plus, dan Asus Zenfone 3 zoom.
        Apakah sebaiknya beli HP ke kualitas MegaPixel yang besar atau Dual camera ?
        Mohon sarannya…terima kasih

        1. Pak Darius,

          * Xiaomi Redmi Pro: saya tidak berminat coba karena tanpa garansi resmi.
          * Xiaomi 5 Plus: tak ada ponsel bernama itu.
          * Asus Zenfone 3 Zoom: di Indonesia beredar resmi dengan nama Asus Zenfone Zoom S. Saya belum pernah menguji pakai ponsel itu, tapi kelak akan menjajalnya.

          Terserah.

  38. Malam Pak Herryโ€ฆ
    Apakah sudah pernah mencoba GPS navigation pada Zero 4 plus ?
    saya baca dari review sebelumnya Zero 3 terdapat kendala dalam GPS tracking, dan apa sudah ada perbaikan dalam seri Zero 4 Plus?

    Thanxโ€ฆ

    1. Pak Darius,

      Saya yakin sudah pernah menjawab pertanyaan ini, tetapi entah dari Anda atau bukan.

      Saya rutin memakai GPS-nya dan lancar jaya. Tak ada kendala.

      1. Sorry saya posting ulang, karena comment dari bpk baru terupdate tgl 28.
        Terima kasih atas infox pak..

        1. Pak Darius,

          Kalau suatu pertanyaan belum saya jawab, pertanyaan itu memang takkan muncul di blog, Pak.

  39. Ko Herry

    Boleh minta rekom tempat penjualan offline di surabaya yg recomended untuk infinix? Matur nuwun

    1. Pak Yanto,

      * WTC lantai 2 (sebelah gerai Huawei)
      * Garuda Teknik di WTC lantai 1
      * G Shop di WTC lantai 1
      * Sentra di WTC lantai 2
      * Insight di Plasa Marina lantai 2

  40. Malam koh,

    Tlog Bisa rekomen hp 3-4 jutaan yg awet baterai jg kameranya mumpuni (g jelek” amat) klo ini menarik tpi diliat” gede banget ukurannya y.. Heheheh 5, 9 inch? Biasanya cari yg 5, 5 inch aja.. Redmi note 3 sdr sy sudah bnyk yg pakai.. Jd sdh tdk tertarik, Minus Zenfone 3 ZE520KL jg, bedanya apa y sama yg seri zc553kl?
    krn battery’ny kurang klo buat saya yg g bisa jauh dr hp.. Hehehehebedanya apa y sama yg zenfone 3 seri zc553kl? Blm ada review y?

    Thx sebelumny?

  41. Terimakasih ulasannya pak HSW, sangat membantu. Mohon maaf mau tanya ttg camera:
    1. Apakah sudah mencoba utk fitur portrait (bokeh), dan bagaimana hasilnya?
    2. Pada saat minim cahaya, hasil foto pd saat di zoom jd pecah?
    Terimakasih atas waktunya, salam.

    1. Pak Yayok,

      1. Tidak ada fitur khusus bokeh. Namun, hasil foto sebenarnya bisa bokeh kok. Cobalah melihat foto kacamata di atas.

      2. Secara umum masih bagus sih. Cobalah melihat foto-foto saat saya berada di dalam gedung peluncuran Mi 6.

    1. Pak Criscito,

      Sejauh ini belum ditemukan Zero 4 Plus non-garansi resmi beredar di Indonesia sih. Jadi, seharusnya aman. Tak perlu bingung membedakannya.

  42. Pa Herry, kemarin saya cari tipe zero 4 plus di bandung tp habis, distributor jakarta jg habis katanya. Nah kalau saya niat ambil antara note 3 pro atau zero 4 kira2 recommend yg mana pa? Trims

    1. Pak Andi,

      Coba ke 123 Deal di Jl Rappocini 75. Kalau tipe yang Anda cari sedang kosong, minta tolong mereka untuk mencarikannya.

  43. Om Herry,
    Setahun ini saya pakai LG G4 dan keluhan saya selama ini hanya satu yaitu baterai yg boros. Setelah membaca review ini saya jadi ingin nanya:
    1. Layak kah Zero 4 Plus ini untuk menggantikan G4? Dilihat dari poin kegegasan, baterai dan kamera.
    2. Mana yg lebih bagus hasil fotonya antara Zero 4 Plus dan G4? Terutama di keadaan minim cahaya.
    3. Apa ada kekurangan di Zero 4 Plus bila dibandingkan dengan G4?
    Terima kasih Om Herry sukses selalu.

    1. Pak Alam,

      1. Kegegasan tidak layak, baterai layak, sedangkan kamera tidak layak.
      2. Kinerja kamera G4 masih lebih bagus.
      3. Kamera Zero 4 Plus masih belum bisa mengimbangi, apalagi mengalahkan G4.

      1. Gitu yah om. Kalau smartphone yang cocok untuk menggantikan LG G4, yg kegegasan dan kamera sepadan, tapi kualitas baterai lebih baik, ada engga om di rentang harga 3-4 jutaan? Makasih Om Herry.

          1. Oh kalau di 5 jutaan apa om yang cocok? Paling kalau barunya 5 jutaan saya nunggu bekasnya aja hehe.

          2. Pak Alam,

            LG G5 SE. Namun, karena sekarang Anda sudah memakai G4, sedangkan kinerja keseluruhan G5 SE tidak berbeda banyak dengan G4, mending bertahan dulu di G4 deh.

  44. Pak HSW,

    Bila mengabaikan garansi, antara Infinix Zero 4 Plus & Xiaomi Mi Max mana yg lebih unggul dalam hal kegegasan, daya tahan baterai & kamera?
    Kebetulan saya adalah pengguna Xiaomi Mi Max 3GB/32GB & tertarik dengan Infinix Zero 4 Plus, setelah membaca review Pak HSW.

    Terima kasih.

  45. Pak mw tanya antara Infinix Zero 3 vs LG G4 vs mi4c mana yg terbaik hasil kameranya secara berurutan??

    1. Pak Andrian Ade P,

      Mi 4c dicoret karena tanpa garansi resmi dan belum pernah saya coba ya.

      G4 menang telak atas Zero 3.

  46. om herry saya mau nanya secara keseluruhan bagus vivo v5s, oppo f3 atau infinix zero 4 plus, mohon jawabannya..
    makasih

    1. Pak Entik1998,

      Saya belum pernah menguji pakai dua ponsel pertama. Infinix Zero 4 Plus sih layak beli.

        1. Pak Entik1998,

          * Saat mengirimkan pertanyaan, baris website silakan dikosongkan saja, Pak. Tak usah diisi.

          * Saya tak tahu kondisi terkini. Silakan langsung mengeceknya langsung dari menu system update di ponsel.

  47. om herry saya mau nanya secara keseluruhan bagus vivo v5s, oppo f3 atau infinix zero 4 plus, mohon jawabannya..
    terima kasih sblm nya..

    1. Pak Entik1998,

      Hmmm… pertanyaan yang sama sudah saya jawab deh. Lain kali pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja ya.

  48. Selamat pagi Pak HSW. Salam sehat dan sejahtera untuk kita semua.

    Saya mau tanya, Pak. Kebetulan saya sedang cari smartphone merk Infinix Zero 4 X555, saya diberi opsi oleh penjual dari Surabaya, mau yang made in China (kode hardware 2300 dengan harga 2,8juta) atau assembly Indonesia / batam (kode hardware 2310 dengan harga 2,3juta). Kata penjual kalau yang assembly Indonesia/batam sering kedapatan klaim garansi dari pelanggannya (banyak masalah baik dari kamera, baterai yang cepat habis atau hanya bertahan 1 hari meskipun kapasitasnya >3000mah dengan beban normal, layar yang lebih gelap, suhu kerja yang cenderung panas sehingga menyebabkan kerusakan komponen), sementara yang made in China belum pernah ada masalah dari pelanggannya. Yang made in China dijual 500 ribu lebih mahal ketimbang yang assembly Indonesia. Baik yang made in China maupun assembly Indonesia, katanya keduanya bisa klaim garansi di service center resmi infinix manapun.

    Pertanyaan saya, apa benar memang demikian? Lantas mengapa justru yang assembly Indonesia (TKDN) dia jual lebih murah ketimbang yang impor China? Sementara dari informasi yang saya terima di internet (termasuk disini) justru menyatakan bahwa yang assembly Indonesia dijual lebih mahal ketimbang yang impor China. Saya khawatir kalau ternyata apa yang diceritakan oleh penjual hanya sekedar trik dagang semata untuk menghabiskan stok impor yang dia miliki. Bahkan yang bersangkutan sempat menambahkan bahwa hampir semua smartphone assembly Indonesia (termasuk merk sekelas Samsung sekalipun) setelah dirakit di Indonesia banyak yang mengalami masalah. Sudi kiranya Pak HSW berkenan memberi pencerahan, agar kami yang awam bisa teredukasi sehingga dapat menjadi smart-buyer. Terima kasih banyak,Pak.

    O ya, sekalian mau tanya Pak. Untuk smartphone infinix selain dirakit di Batam, katanya saat ini dirakit juga di Cikarang ya Pak (dibawah PT. Haier Electrica Appliances)?

    1. Pak Heru Prabowo,

      Infinix Zero 4 memenuhi aturan TKDN dari sisi hardware. Jadi, ponsel tersebut mestinya dirakit oleh Sat Nusapersada di Batam. Standar kualitas unit yang dirakit di sini seharusnya sama dengan yang dibuat di Tiongkok.

      Dikaitkan dengan kasus Anda, ada dua kemungkinan:
      1. Penjual kulakan Zero 4 buatan Tiongkok entah dari mana. Unit itu sebenarnya tanpa garansi resmi, tetapi dibilang bergaransi. Ini berarti penjual yang nakal.

      2. Penjual kulakan Zero 4 buatan Tiongkok dari pihak yang sah dan unit itu benar-benar bergaransi resmi. Bila ini yang terjadi, berarti Infinix Indonesia telah melakukan pelanggaran berat terhadap aturan TKDN.

      Terus terang saya jadi penasaran menelusuri kejadian ini.

      Saran saya, lebih baik membeli yang dirakit di Batam karena itu pasti bergaransi resmi. Harga juga Anda sebutkan lebih murah tho.

      Infinix dirakit di Haier? Dulu Infinix memang bekerja sama dengan mereka, tetapi kemudian pindah ke Sat Nusapersada di Batam.

      UPDATE 26 Juli 2017 pukul 10.42: saya barusan chat dengan instansi terkait. Ternyata, asalkan spesifikasi persis sama, praktik di atas bukan dianggap sebagai pelanggaran. ๐Ÿ™

      1. Selamat pagi Pak HSW.
        Baik Pak HSW terima kasih untuk pencerahannya.

        Ya Pak, kebetulan saya sempat baca mengenai perakitan Infinix yang katanya di Cikarang :
        https://inet.detik.com/consumer/d-3172825/ponsel-4g-infinix-sudah-made-in-cikarang
        Namun dari penjelasan Bapak ternyata justru sekarang telah beralih dari Cikarang (oleh PT. Haier Electrica Appliances) ke Batam (oleh PT. Sat Nusapersada).

        Jika bapak penasaran bapak bisa berkunjung kesini (dengan tidak mengurangi rasa hormat kepada pemilik link yang saya sisipkan) :
        https://www.tokopedia.com/domainsubur/infinix-zero-4-x555-gold-grey-free-temper-dan-chase-1?trkid=f=Ca0000L000P0W0S0Sh00Co0Po0Fr0Cb0_src=search_page=3_ob=3_q=infinix+zero+4_catid=24_po=15
        Disana bahkan tertera deskripsi terkait made in China maupun assembly (TKDN) Indonesia. Bagaimana menurut bapak? Terima kasih.

          1. Baik Pak Herry SW, sekali lagi saya ucapkan terima kasih untuk pencerahan dan sarannya,Pak. Sukses selalu untuk Pak Herry SW.

  49. Selamat malam Omm…. Mau nanya bagaimana cara sambungkan USB OTG ke Zero 4 Plus ini? Apa ada pengaturannya? Saya sudah coba berkali-kali tetapi tidak bisa terbaca, beda kalau disambungkan ke Sony Z Ultra langsung terbaca. Terima kasih informasi dan jawabannya Omm..

    1. Pak Johny K,

      Saya malahan lupa Zero 4 Plus mendukung USB OTG atau tidak. Kalau mendukung, tidak ada cara khusus. Tinggal Anda pasangkan, kemudian Anda masuk ke menu settings lalu storage.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *