Review Joway JP15, Delcell P40, The Slim Bazel 5000, dan Mix Style: Tambun Hingga Setara Lipstik

Bervariasinya permintaan dan selera konsumen mendorong munculnya power bank dengan berbagai ukuran. Ada yang bertubuh tambun, ada pula yang mungil laksana lipstik. Konsumen bebas memilih sesuai kebutuhan dan selera.

Joway JP15. Kapasitasnya 15.000 mAh, terbesar dibandingkan seluruh power bank yang dibahas di tulisan ini. Ia mempunyai output ganda, 1 Ampere (A) dan 2 A, yang kompatibel dengan beraneka tipe ponsel maupun tablet.

Powerbank-1

Bodi dengan sentuhan akhir yang prima dan tersedianya lampu senter menjadi nilai tambah JP15. Paket penjualannya menyertakan sebuah kabel, konektor micro USB, dan konektor Apple keluaran lama (30 pin).

Merek Joway memang terdengar sangat asing di telinga. Namun, merujuk pada hasil uji pakai, JP15 yang dijual Rp 550 ribu terbukti bukan produk abal-abal dengan kualitas ala kadarnya. Ia pantas dibeli oleh pemilik banyak acang.

Delcell P40. Bodinya terlihat mewah dan elegan. Tebalnya cuma sembilan milimeter. Sisi mukanya berwarna perak, sedangkan sisi belakangnya krom. Satu konektor output di peranti seberat 128 gram itu mampu melewatkan arus listrik 1 A.

Baterai lithium polymer 4.000 mAh dibenamkan ke P40. Untuk mengetahui kapasitas tersisa, pengguna cukup mengusapkan jari ke touch display. Semakin banyak lampu biru yang menyala bermakna semakin banyak daya yang tersisa.

Pesan penulis, sisi muka P40 jangan sampai terkena benda tajam. Sebab, goresan yang mungkin timbul akan mudah terlihat sehingga peranti itu menjadi kurang sedap dipandang mata. Paket penjualan P40 termasuk sebuah kabel micro USB. Saat ini ia dijual Rp 299 ribu.

Powerbank-2

The Slim Bazel 5000. Dengan dimensi fisik 60 x 116 x 12 milimeter, power bank berkapasitas 5.000 mAh itu masih pantas disebut ramping. Motif kotak-kotak di sisi muka yang berwarna putih susu mengilap membuatnya terlihat lebih cantik. Konektor output-nya hanya satu dan mampu melewatkan arus maksimal 1 A.

Pembeli Bazel 5000 yang dibanderol Rp 248 ribu itu akan memperoleh kabel dan aneka konektor. Di antaranya, konektor mini USB, micro USB, Nokia dua milimeter alias colokan bundar kecil, dan Apple iPhone/iPod 30 pin.

Mix Style. Ukurannya mungil, setara dengan lipstik dan bisa dijadikan gantungan kunci. Warna merah mudanya feminin, berpotensi memikat wanita. Ia juga memiliki satu kemampuan unik, yaitu bodinya dapat memancarkan aroma wangi.    Sayang, performa power bank dengan harga jual normal Rp 150 ribu itu terburuk di antara power bank lain yang dikupas penulis. Diklaim berkapasitas 2.600 mAh dan output 1 A, kenyataannya di bawah itu. Kapasitasnya sekitar 1.800 mAh saja dengan output maksimal 0,7 A. Kabel micro USB bawaannya juga pilih-pilih. Dipadukan dengan ponsel A lancar, tetapi bermasalah kala dipasangkan dengan ponsel B.

Di iklan, Mix Style dibilang mampu mengisi ulang baterai BlackBerry 2-3 kali. Percayalah, hal itu mustahil terwujud, kecuali pengisiannya cuma asal ditancapkan beberapa menit. Ssst… ada yang lucu di kemasannya. Kalimat yang tercetak di bagian belakang kardus adalah mobile power brank. Ya, power brank!

15 thoughts to “Review Joway JP15, Delcell P40, The Slim Bazel 5000, dan Mix Style: Tambun Hingga Setara Lipstik”

  1. ko HSW, slim bezel dan dellcell beli nya ditoko mana ya di marina? kemaren sempat nanya 1-2 toko kok ada nya merk2 lain
    kebetulan sy butuh yg model slim agar mudah simpannya
    btw untuk 2 merk slim bezel dan dellcell kok review nya cm model dan kelengkapan saja ya 🙂 mengenai perfomance dan estimasi kapasitas murni gimana?

  2. Pak Donny,

    Di Marina, coba cari di Phone Shop atau Marlindo. Keduanya di lantai 2. Di WTC, coba cari di Garuda Teknik di lantai 1. Toko-toko tersebut dalam pantauan saya rutin nyetok power bank Bazel (bukan Bezel lho) dan Delcell.

    Alternatif lain, beli di kantor cabang Delcell saja, Pak. Alamatnya di Jl Biliton 1 (sebelah Rumah Cantik Citra).

    Dua tipe itu pembahasannya singkat banget karena keterbatasan tempat. Naskah tersebut konsep awalnya kan buat di media cetak. Jadi, akhirnya yang saya prioritaskan dipaparkan lebih dalam Joway dan Mix Style.

    Alasannya, Joway merek baru dan kinerjanya belum diketahui. Sedangkan Mix Style dibahas lebih dalam karena barang itu tidak layak beli. Konsumen perlu diberi peringatan.

    Kinerja The Slim Bazel 5000 dan Delcell P40 secara umum cukup bagus. Saya lebih merekomendasikan P40. Kapasitas nyata sesuai klaim yang 4.000 mAh.

    Yang Bazel 5000 lampu indikatornya kurang mantap. Kapasitas nyata sekitar 4.000 mAh.

  3. Pak Herry,

    Maaf melenceng dari topik postingan. Kebetulan lagi baca postingan ini, dan perlu untuk menanyakan ponsel apa yang user friendly, budgetnya 2 juta, yang penting bisa untuk internetan.

    Penggunanya ibu-ibu rumah tangga 50an tahun yang senang googling dan nonton film korea. Hehehe

    Kemudian, bagaimana dengan Asha 311 menurut bapak?
    Terima kasih banyak sebelumnya, Pak Herry.

    1. Bu Olivia,

      Dengan anggaran Rp 2 juta, ada berbagai ponsel Android yang boleh dilirik. Salah satu tipe yang sempat menjadi hot item adalah Lenovo S880. Harga ritel yang disarankan untuk ponsel itu Rp 1,999 juta. Harga pasar di pusat penjualan ponsel seringkali di bawah itu.

      Untuk Asha 311, karena anggaran Anda sebenarnya sampai Rp 2 juta, ponsel itu boleh Anda coret. Layar sentuh yang kecil dan kurang nyaman dibandingkan aneka ponsel Android membuat ponsel itu mungkin tak mampu memuaskan Anda. Ragam pilihan aplikasi tambahannya juga tak semenarik Android.

  4. Om Herry, penah review power bank merek enerpad ga? trus hp nokia paling murah untuk keperluan telpon, sms dan whatsapp kira2 tipe apa ya? thank before.

    1. Pak Purwanto,

      Saya belum pernah mencoba merek Enerpad.

      Ponsel Nokia termurah yang bisa WhatsApp adalah Nokia 306. Harga baru mendekati Rp 700 ribu. Kalau Anda masih bisa menemukan X2-01 baru, sepertinya itu lebih murah.

  5. Sekedar bagi informasi utk pak Purwanto & para pembaca semuanya;
    ponsel Nokia tipe N5800 Express Music jg bisa diinstall aplikasi Whats App. Saya sendiri sudah mencobanya dan bisa berfungsi seperti di hp Android.

    kalo Nokia N73 Music Edition itu tidak bisa di install Whats App.
    Yang ada hanya tips memakai Whats App di Nokia Download Aplication pada N73 ME.

  6. Pak Chely Sutio,

    Terima kasih atas sharing-nya. Wah, ternyata ponsel jadul pun ada yang bisa WhatsApp ya.

  7. Hi pak herry, saya salah satu anak didiknya bpk di ubaya kampus ngagel, sekretaris taon 2003. Slim bazel 5000, dijual dibali juga kan ya? Ada recommend nama toko juga kah? Thx b4

    1. Mbak Dwi,

      Sekretaris 2003? Ehmm… ini Dwi yang pernah ngantor di Marriott?

      Slim Bazel 5000 mestinya juga tersedia di Bali. Saya coba carikan info tentang dilernya dulu ya. Kalau pun ternyata tak ada, tinggal memesan secara online.

    1. Pak Andi,

      Anda tinggal di kota mana? Kalau di Surabaya, di WTC dan Marina ada kok.

      Kalau di WTC, coba cari di Sentra lantai 2 atau Centro lantai 3. Kalau di Marina, coba cari di Marlindo atau Phone Shop. Keduanya di lantai 2.

  8. Pak Gerry, posisi saya di Jakarta. Apakah bapak tahu di mana bisa saya cari toko yang jual JP15 di Jakarta atau bisa pesan online?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *