Review Kata C1: Bisa Beli Pulsa Harga Murah

Anda mungkin langsung mengernyitkan dahi saat membaca merek ponsel ini. Kata? “Iya, ponsel Kata. Setelah ini akan muncul ponsel kalimat dan paragraf,” goda penulis alias HSW ketika mengetahui seseorang kebingungan melihat ponsel Kata.

Kata C1 menjadi ponsel Kata pertama yang HSW uji pakai. Bila hanya memperhatikan spesifikasi teknisnya, ponsel itu kurang menggetarkan hati. Dual SIM, 3G, RAM 1 GB, dan ROM 8 GB. Namun, maukah Anda membeli pulsa isi ulang pecahan Rp 5.000 dengan harga sama? Kalau mau, lanjutkan membaca ulasan berikut.

kata-c1-3

Pada menit-menit pertama memegang C1, HSW memberikan penilaian positif terhadap penampakan fisik ponsel itu. Bodi ponsel dikerjakan dengan bagus. Tak terkesan ringkih, asal-asalan, atau murahan. Tekstur mirip kulit jeruk di sisi belakang ponsel membuatnya terlihat lebih mewah sekaligus enak digenggam.

Ketika satu per satu menu ponsel dipelajari, ada hal menarik lain yang ditemukan di C1. Ponsel bersistem operasi Android 5.1 Lollipop itu dibekali aplikasi MegaVPN plus masa berlangganan gratis selama 60 hari. Dengan memanfaatkan aplikasi tersebut, pengguna leluasa mengakses aneka situs yang seharusnya tidak bisa diakses dari Indonesia.

kata-c1-21

Mayoritas pengguna ponsel di Indonesia menggunakan nomor prabayar. Amat mungkin Anda salah satunya. Ketika suatu hari Anda ingin membeli pulsa isi ulang pecahan Rp 5.000 atau Rp 10.000, berapakah uang yang harus Anda keluarkan? Bisa jadi Anda membayar Rp 5.500 atau Rp 6.000 untuk mendapatkan pulsa Rp 5.000.

Pengguna C1 dan ponsel Kata tipe lain memperoleh fasilitas istimewa. Mereka bisa membeli pulsa pecahan Rp 5.000 hanya dengan membayar Rp 5.000. Kalau pulsa yang dibeli Rp 10.000, uang yang perlu dikeluarkan juga Rp 10.000 saja. Intinya, harga pulsa isi ulang yang harus dibayarkan selalu sesuai dengan nominal pulsa yang dibeli.

kata-c1-22

Untuk menikmati fasilitas tersebut, awalnya pengguna wajib mengunduh dan menginstalasikan aplikasi Sahabat Kata dari Google Play Store. Berikutnya, pengguna melakukan registrasi akun. Para promotor Kata yang tersebar di toko dan pusat penjualan ponsel siap membantu proses registrasi.

Setelah proses registrasi berhasil, pengguna akan memperoleh username, password, dan saldo Rp 50.000. Saldo itu bisa dipakai untuk melakukan berbagai transaksi pembelian dan pembayaran. Di antaranya, membeli pulsa isi ulang semua operator di Indonesia, paket data, dan token PLN. Mengacu kepada pengalaman HSW, hanya dalam satu menit pulsa isi ulang telah masuk ke nomor tujuan.

Aktivitas membayar tagihan PDAM juga dapat dilakukan via Sahabat Kata. Kelak membayar tiket pesawat pun bisa dibereskan lewat aplikasi yang sama. Ketika saldo yang tersedia telah habis, pengguna tinggal melakukan isi ulang dengan mentransfer dana ke nomor rekening tertentu.

kata-c1-23 kata-c1-24 kata-c1-25 kata-c1-26 kata-c1-27 kata-c1-28

Bolehkah aktivitas pembelian pulsa dilakukan untuk nomor orang lain? Sangat boleh. Jadi, kalau mau, pengguna C1 dapat menjadi pedagang pulsa dadakan. Saran HSW, fokuskan menjual pulsa pecahan Rp 5.000 dan Rp 10.000. Minimal Anda bisa mendapatkan keuntungan sepuluh persen per transaksi. Karena pecahan kecil, modal yang perlu disiapkan tak terlalu besar.

Layar IPS 5,5 inci beresolusi HD 1.280 x 720 piksel, Wi-Fi, bluetooth, GPS, selot microSD, RAM 1 GB, dan ROM 8 GB merupakan sebagian spesifikasi lain C1. Untuk mengaktifkan layar, pengguna bisa mengetukkan jari sebanyak dua kali di permukaan layar. Saat ponsel belum diutak-atik, ruang kosong di memori internal mencapai 3,5 GB.

Ponsel dengan radio FM yang siarannya bisa direkam itu mendukung USB On-the-Go (USB OTG). Ia memanfaatkan prosesor empat inti (quad core) MediaTek MT6580 1,3 GHz. Sumber daya C1 berasal dari baterai 2.600 mAh yang mudah dilepas pasang.

kata-c1-1

Dua nomor GSM bisa siaga bersamaan di ponsel berdimensi fisik 77,6 x 155,3 x 7,85 milimeter itu. Selot SIM1 menggunakan kartu mini SIM, sedangkan selot SIM2 memakai micro SIM. Pengguna bebas memilih akan berinternet memakai nomor yang mana. Nomor pilihan itu selanjutnya leluasa berkelana ke jaringan 2G maupun 3G. Sayang, tak ada pilihan untuk mengunci ponsel agar selalu berada di jaringan 3G.

Kamera utama C1 beresolusi 13 megapiksel. Ia dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat. Bila difungsikan sebagai perekam video, kamera itu sanggup menghasilkan klip video full HD 1080p. Beralih ke kamera depan. Kemampuan maksimalnya memproduksi foto lima megapiksel dan klip video VGA.

Saat ini C1 dibanderol Rp 1,399 juta. Untuk sebuah ponsel dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi, kecepatan respons ponsel itu agak mengejutkan. Lebih gegas daripada yang semula HSW sangka. Layar sentuhnya pun tergolong nyaman.

Sisi minusnya, kamera ponsel tersebut jauh dari memuaskan. Tingkat konsumsi baterainya di luar dugaan. Awalnya HSW menyangka baterai C1 setidaknya mampu bertahan mulai pukul 06.00 sampai sekitar pukul 22.00. Realitanya, ponsel itu sudah harus dihubungkan dengan charger paling lambat saat makan malam.

kata-c1-2

Dengan mempertimbangkan beragam faktor, menurut HSW, C1 tidak cocok dibeli oleh seseorang yang murni ingin memiliki ponsel baru. Alasannya sederhana. Kesepadanan antara spesifikasi dan harga jual ponsel itu kurang bagus.

C1 lebih pas dipinang oleh calon pembeli ponsel yang sekaligus berencana mencari tambahan penghasilan. Yakni, dengan menjadi pedagang pulsa, token PLN, dan jasa pembayaran lainnya. Aplikasi Sahabat Kata-lah yang menjadi tempat kulakan. Harga pulsa pecahan kecil di Sahabat Kata lebih murah daripada harga kulakan agen pulsa elektrik lho. Apalagi, kalau diadu dengan harga eceran di pasar.

***

Inilah foto-foto yang dihasilkan Kata C1.

kata-c1-4

kata-c1-5

kata-c1-6

kata-c1-7

kata-c1-8

kata-c1-9

kata-c1-10

kata-c1-11

kata-c1-12

kata-c1-13

kata-c1-14

kata-c1-16

kata-c1-15

Satu foto berikut dijepret memakai kamera depan.

kata-c1-17

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

kata-c1-18

kata-c1-19

kata-c1-20

141 thoughts to “Review Kata C1: Bisa Beli Pulsa Harga Murah”

  1. Koh, app sahabat kata bisa diinstall di HP non-kata gak? Jadi misal punya HP samsung meleduk (note 7) bisa dipake buat jualan pulsa pake app tersebut tanpa perlu ngulak ke kulakan nya ya?

      1. Koq bisa begitu ya? Emang udh terintegrasi penuh ya sama ponselnya..? Maksudnya kaya app walkman yg eksklusif di sony xperia saja dan gak bisa diinstall di ponsel lain sekalipun diinstall offline lewat apk tapi tetep gak mau terinstall di ponsel tsb..

  2. Bung Herry SW

    Apakah produk “Kata i4” masih diperjual belikan?
    lalu dimana saya bisa mendapatkan “Kata i4” tersebut Bung ?
    ~terima kasih~

  3. Maaf oot
    Koh kalau review pasti hp beli sendiri?
    Hbs direview lalu dijual apa g selalu rugi koh?
    Harga hp second kan lebih murah dr yg baru.

    1. Bu Rosna,

      Tidak selalu beli sendiri. Kalau beli, saya juga tidak selalu beli baru.

      Ya kalau dijual lagi pasti harganya turun. Kecuali, kalau mendadak barang langka dan ponsel itu banyak peminatnya. Jadinya malahan untung deh. Namun, hal itu sangat jarang terjadi.

  4. Pak Herry… apakah kualitas rekaman video berbanding lurus dengan kualitas foto yg dihasilkan?
    Sebab review pak herry hanya menampilkan hasil foto.
    Terima kasih dan matur nuwun

  5. Sepertinya kurang menarik ya, Ko? Harga dibawahnya msh ada Infinix hot 3 lite dgn ukuran layar sama ram dan intenal yg 2x lipat. Atau bbrp merk lain seperti Asus dan huawei di rentang harga yg sama, walaupun layar sedikit lebih kecil.

    1. Pak Fiqto,

      Makanya, seperti sudah saya sebutkan di bagian akhir tulisan, ponsel ini tidak cocok untuk konsumen yang murni ingin membeli ponsel baru. C1 cocoknya buat konsumen yang juga ingin berdagang pulsa.

  6. Pak Herry SW

    Maaf keluar dari topik. Saya ingin mengganti ponsel saya yang sudah mulai tua, sebelumnya saya menggunakan Nexus 5, yang saya tahu dulu ponsel itu kan termasuk flagship dari Google (maaf jika salah), nah yang jadi masalah kok rasanya ponsel flagship yg resmi di indonesia kok cuma sedikit yg saya tahu ya Galaxy S7, boleh minta saran pak herry untuk hp pengganti budget tidak terbatas, kebutuhan kamera bagus, layar jernih, processor kencang dan terbaru, kalau ada dualsim sama waterproof pak herry buat bonus.

    Terimakasih

    1. Pak/Bu Dwi,

      Karena ada aturan TKDN, para produsen non-Samsung sempat mengalami kendala dalam memasarkan ponsel flagship-nya ke sini.

      Hmmm… dengan kriteria itu, di atas kertas sih Galaxy Note 7 cocok. Saya pun sempat tertarik mencobanya. Saya malahan sudah membeli aksesorinya. Biar kalau ponselnya tiba, saya tinggal pasangkan aksesorinya. Eh, lha kok Note 7-nya malahan meledak.

  7. Hehehe.. Iya Ko, maaf maaf..
    Habisnya saya kesel Ko, hp spesifikasi kaya gini kok harga kaya gitu. Di awal2 pas baca artikel saya mikir pasti harganya antara 800rb – 1jt.. Ternyata 1.4jt. Pasti promotornya berjuang keras sampai titik darah penghabisan untuk menjual 1 hp.

    Untuk review selanjutnya apa Ko? Saya nunggu asus zenfone 3 nya. Ada rencana untuk beli, tapi katanya stok barang langka, kalaupun ada harga sedikit lebih tinggi dari yg seharusnya. Saya sendiri blm membuktikan krn belum sempat ke wtc. Apakah itu benar Ko?

    1. Pak Fiqto,

      Ha… ha… ha… berjuang keras sampai titik darah penghabisan.

      Review berikutnya memang Zenfone 3. Stok langka? Rasanya tidak deh. Berminat meminang punya saya? Rp 3,5 juta saja deh. Bonus Nillkin Nature Series TPU Case.

  8. Foto mie yg di bawah burger itu beli di mana? Kelihatannya topping nya melimpah. Btw tlg info fitur 4G di infinix hot s sdh bisa diaktifkan? Thx

      1. Oo, mie nya di sekitar pademangan jakarta. Kalo daerah sana memang banyak mie enak. Saya kira di surabaya. Btw tolong tanya tips beli smartphone android second apa saja yg perlu di cek?

        1. Pak Djunaedi,

          Oh, di area sana memang banyak mie enak ya? Saya menemukannya tanpa direncanakan sih. Jadi, saya menginap di hotel Holiday Inn Express Jakarta Expo. Karena datang terlalu awal, saya belum bisa check-in. Sambil menunggu saya iseng mencari tempat makan di sekitar situ via Google Maps. Trus, saya lihat ada Bakmi Ace yang jaraknya tidak terlalu jauh. Saya berjalan kaki ke sana deh.

          Intinya sih silakan cek kondisi fisik, layar sentuh, dan fungsi-fungsi dasar. Berikutnya cek kelengkapan, status garansi, dan kesesuaian nomor IMEI ponsel dengan stiker IMEI di kardus.

  9. maaf oot pak herry,

    mau tanya menurut pak herry xiaomi max dengan oppo f1s bagusan mana yah, dari aspek keseluruhan ?

    terimakasih pak herry ๐Ÿ™‚

    1. Bu Aidhila Syafitri,

      Mi Max silakan langsung dicoret karena tanpa garansi resmi.

      Oppo F1s? Duh… jangan beli ponsel merek Oppo deh.

      Seandainya dipaksa memilih, saya lebih condong ke Mi Max.

  10. Om Herry.. Mau tanya kira2 Hisense pureshot plus 2 layak beli dengan harga seperti sekarang? Saya tertarik sama all compatible 4G LTE nya.. Btw selain pureshot plus 2, om Herry ada referensi ponsel lain yg punya kemampuan sama dengan pureshot plus 2… Hehe ..kl ada yg lebih murah Om. Garansinya yg resmi ? Terima kasih sebelumnya.

    1. Pak Robin,

      Dengan harga saat ini yang Rp 3.699.000, kalau saya sih tidak berani beli. Alasannya sederhana. Kalau baru dipakai satu minggu lalu bosan dan ingin menjualnya, ditawarkan Rp 3.000.000 pun (berarti per hari nilainya berkurang Rp 100 ribu) pasti masih sulit terjual.

      Spesifikasi seperti Pureshot+ 2, tapi lebih murah? Hmm…. belum ada ide.

  11. Maaf oot pak..
    Untuk hp merk samsung. Samsung apa yg menurut pak Herry lebih oke,.,
    Mau beli kan hp ponakan,mau nya merk samsung aja soalnya.. dengan dana 2juta kebawah?? Kasih tips pak. Terima kasih sebelumnya..

    1. Bu Nur Aini,

      Ponsel Samsung dengan anggaran di bawah Rp 2 juta? He.. he.. nggak ada yang bagus deh. Jangankan di bawah Rp 2 juta, di rentang harga kurang dari Rp 4 juta pun jelek kok.

      1. Malem pak,

        barusan iseng liat harbolnas, ternyata tidak ada yang menarij dari sisi harga untuk hp idaman zf3, sempet liat Samsung gal note 4 di harga 4.4-4.6jt. Apa harga segitu sudah masuk akal?

        thanks

    1. Pak Seto,

      Saya sih nggak pernah khusus mencoba browser. Saya sebatas memakai browser bawaan ponsel.

      Z2 akan saya review. Namun, masih antre.

        1. saya terkadang pakai opera mini di andromax e-s saya utk membuka blog ponselmu.com kok, Pak

          dulu waktu pakai andromax c2 yang masih RAM nya 512 MB pun juga bisa

  12. Maaf Ko Herry, pertanyaannya agak menyimpang,
    Dari sekian banyak ponsel yang anda coba, menurut anda tipe dan merek apa yang kiranya paling bandel, kualitas kamera yang bagus sama kegegasanya serta daya tahan baterainya ?

    1. Pak/Bu Virga,

      Saya belum pernah menyatakan service center Asus sudah membaik lho. Yang membaik itu service center Lenovo.

      Asli deh kebijakan dalam pembelian baterai cadangan itu aneh banget.

  13. Pagi Om Herry.. mau nanya apa diharga seperti sekarang hisense pureshot plus 2 termasuk layak beli? Saya tertarik all compatible 4G yg dimilikinya. Selain all 4G nya kira2 apalagi yg menjadikan ponsel ini mahal. Barang kali Om Herry punya referensi gawai lain yg kemampuan jaringan sama tp garansinya resmi juga. Kl ada yg lebih murah Om. Makasih.

    1. Pak Robin,

      Tolong diperhatikan. Pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja. Jangan berulang-ulang. Kali ini pertanyaan Anda saya terima tiga kali. Sebagian sudah saya hapus.

  14. Siang pak herry , mau tanya galeri indosat yang bertempat di jl.kayoon surabaya itu tutupnya jam berapa ya pak? Terima kasih ๐Ÿ™‚

    1. Bu Like Dian,

      He… he… saya tidak hafal jam operasional Galeri Indosat. Sepertinya pada Senin-Jumat tutup pada pukul 19.00 atau 20.00.

  15. Koh Herry SW .
    Maaf sebelumnya kalau pertanyaan saya tidak sesuai dengan topik pada thread ini.
    Saya memiliki Samsung S6 Edge Black Sapphire 64GB yang dibeli second. namun Box yang saya terima Gold Platinum 64Gb. Kelengkapan pada box yang saya terima semua original. Namun Boxnya saja yang berbeda seperti yang saya sebutkan tadi. sewaktu waktu saya ingin mengklaim garansi service center samsung apakah nantinya akan menjadi masalah ? atau masih bisa diterima untuk klam garansi?
    Terimakasih.

    1. Pak Popon,

      Kartu garansinya sesuai kan? Kalau sesuai, takkan ada kendala saat proses klaim garansi.

      Masalah lebih berpotensi timbul saat Anda akan menjual ponsel itu. Pembeli amat mungkin bakal menganggap Anda menjual ponsel tanpa kardus.

  16. Pak Herry SW

    Nah itu pak yang jadi masalah, rasanya kok kasus galaxy note 7 meledak membuat saya batal meminang ponsel tersebut lagipula layar seri note tidak nyaman digunakan 1 tangan karena terlalu besar. Sebenarnya saya sudah ada daftar ponsel buat pengganti menurut pak Herry lebih bagus yang mana
    1. Galaxy S7 flat (sengaja tidak pilih edge karena layar 5.5 sudah terlalu besar)
    2. Xiaomi Mi5 (spesifikasi diatas kertas begitu menggoda, menurut review luar baterainya awet, plus quick charge 3.0)
    3. LG G5 32gb dual (Penasaran dengan dual camera LG)
    Oh iya untuk xiaomi dan lg sengaja saya titip teman yang berada di singapore karena disini tidak beredar resmi

  17. Iya pak soal nya ponakan sy pngen nya Samsung tok..
    Kalo gtu mnrut komentar bapak merk hp Android apa pak,yg oke dg harga di bawah Rp.2jt itu?.Ini untuk pemakaian cewek pak??
    Sy baca2 review Bpk.. ada yg Bpk kasih saran untuk beli Lenovo a2010.sy baca spesifikasi nya a2010 cukup bagus juga.ada saran lain lagi gak pak selain a2010??
    Thank’s pak… sukses&sehat sllu

    1. Bu Nur Aini,

      Belikan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL deh. Karena cewek, carikan yang warna merah.

      A2010 itu jawaban saya buat yang punya anggaran Rp 1 juta. Karena anggaran Anda di atas itu, lebih bijak membeli Zenfone 2 Laser.

  18. Sorry oot dri review ini..
    atas rekomen bapak kemaren lusa sy baru aja beli HP Android Lenovo ViBe K4 note paakk ? langsung jatuh hati memang nie HP pak…
    Langsung otomatis upgrade ke Android marshmallow..
    Garansi Resmi itu dilihat dari mana nya pak?cara nya gimana…

    Thank’s … sukses&sehat sllu

    1. Bu Nur Aini,

      Garansi resmi dilihat dari mana? Wah… pertanyaan Anda telat deh. Mestinya ini ditanyakan sebelum membeli ponsel.

      Perhatikan saja stiker putih di kardus ponsel. Kalau ada keterangan Lenovo Indonesia, berarti garansi resmi.

  19. Tertarik sama epayment kata, kalau distributor kata di sini sudah tidak ada gairah alias mati suri apa aplikasi epayment nya masih jalan tidak yah pak?
    Kan banyak distributor atau pemilik rebrand yang mati suri seperti cyrus, imo, hitech, ht, skybee dll

    Kalau pulsa yang 5000 mah murah di pake sendiri tapi kalau sudah yang 25000 agak mahal karena di elevenia kadang cuma 23000 kalau di tokopedia kadang cash back 5 persen

    Kalau penjual pulsa elektronik pulsa 5000 modalnya berapa yah pak dari sananya?

    1. Pak Dani,

      Anda berada di kota mana?

      Aplikasi e-payment-nya kan justru barusan muncul.

      Betul. Yang pasti murah itu pulsa pecahan Rp 5.000 dan Rp 10.000.

      Pulsa Rp 5.000 di agen pulsa biasanya dijual sekitar Rp 5.300. Pengecer menjualnya Rp 5.500 hingga Rp 6.000 ke konsumen akhir.

  20. Pak kalau mau membeli xiaomi bergaransi erajaya dan trikomsel(resmi) di daerah bogor dimana ya pak ? terima kasih , salam hangat
    Maaf out of topic hehe

  21. Pak Herry
    Mau tanya beberapa hal
    1. Klo HP Kata ini dibandingkan Andromax R2 lebih layak beli hp mana?

    2. Klo Andromax R2 vs Pureshot lebih baik yang mana? Saya agak bingung, mengingat Pureshot sudah koreksi harga, tetapi saya memang akan menggunakan Smartfren untuk koneksi data nya.

    3. Kalau HP Andromax E2+ vs Samsung J1 Ace lebih unggul mana?

    Thanks

    1. Pak Ersan,

      1. Andromax R2.

      2. Dua ponsel itu boleh dikatakan sebenarnya kembar. Selain beda tampilan fisik, hanya ada satu perbedaan utama di antara keduanya. Andromax R2 hanya bisa menikmati 4G LTE Smartfren, sedangkan Pureshot dapat dipadukan dengan 4G LTE operator mana pun di Indonesia.

      3. Andromax E2+.

  22. Saya hapus manual cookienya karena terus terusan atas nama Roby wibowo

    Saya di kota bandung pak, berarti lumayan yah kalau di agen saja jualnya 5000 lebih, saya kan punya beberapa nomor operator, satu operator saja minimal 2 nomor ๐Ÿ˜€
    Dulu beli persiapan kalau ada promosi murah pulsa, kaya yang baru baru ini kan di lazada pulsa 50000 bayar cuma 15000 cuma sayang saya dapatnya cuma 1 x.
    Lumayan buat perpanjang masa aktif murah.
    kalau beli online registrasi epaymentnya bisa sendiri pak?

    1. Pak Dani,

      Lakukan clear cache browser saja, Pak.

      Iya, kalau merawat beberapa nomor, bisa berhemat lumayan.

      Registrasi pertama sebaiknya minta bantuan promotor Kata yang bertugas di pusat penjualan ponsel.

  23. Selamat malam Ko Herry,

    Sedikit melenceng nih.. Saya ingin mencari hp untuk operational kantor yang banyak memakai hp (untuk whatsapp dan bbm dengan contact yang banyak). Kira2 hp apa ya yang bagus dengan buget 1.8 jutaan? Paling tidak yang tidak lemot dan baterainya tahan lama.. Makasih Ko Herry

  24. koh herry untuk review Asus Zenfone 3 kapan keluar nih ?
    btw antrian review ponsel selanjutnya ada LG X Power atau tidak ?

  25. PAK HSW

    smartphone yang cocok menggantikan samsung galaxy j1 ace saya dengan kriteria layar 5 – 5,5 inchi, ram 3, rom 32, os android marshmallow dan anggaran saya 4 juta pas.

  26. Maaf om Herry mau tanya nih,antara sony z5 dual dan lg g5 se pilih mana?dilihat secara kinerja overall nya dan alasannya apa?terimakasih sebelumnya.

  27. Smartfren ada promo lagi beli kuota dapat ponsel andromax, pertanyaannya kalau ponsel stok lama yang ada di gudang penjual itu apa dapat kuota juga atau tidak yah pak?

    1. Pak Dani,

      Lebih baik beli di Galeri Smartfren deh. Sekalian minta tolong diaktifkan sampai bonus-bonusnya keluar.

  28. Pak Herry, kalau hp dengan kamera yang bagus, RAM minimal 2 GB dan baterai awet dengan budget maksimum Rp 3 juta apa yang disarankan?

    Terima kasih.

    1. Pak Aray,

      Semoga ini bukan pertanyaan dobel ya. Sebab, tadi pagi saya merasa sudah menjawab pertanyaan yang sama. Entah pengirimnya Anda atau bukan.

      Lihat saja nama distributor/importirnya. Kalau Bintang Cemerlang, berarti bergaransi resmi.

  29. Dear, Tn. Herry.
    Bila tidak berkeberatan ijinkan saya bertanya. Dalam waktu dekat saya berencana membeli ponsel berbasis OS Android. Dalam rentang harga 2juta-3,5juta, kira-kira ponsel terbaik apakah yang pantas saya miliki? Kebutuhan saya untuk OS Android ini tak lebih dari mendengarkan musik, menonton film, dan memainkan game sekelas 7knights atau Township, Instagram atau whatsapp (akhir des2016 whatsapp tidak supportBB10), dan tidak memasang BBM karena saya memiliki BB10 sebagai penopang kerja. Selain itu saya menginginkan ponsel yang gegas dan awet bila dipakai jangka 1 tahun kedepan :p.
    Oh iya, bisakah Tn. Herry tidak memasukan Xiaomi pada list yang bapak berikan? Karena Xiaomi sudah mainstream di lingkungan saya (perbedaan itu indah).
    Terima kasih, mohon maaf bila terlalu panjanh dan njelimet.

  30. trmksih atas reviewnya yg selalu menarik Pak HSW, semoga selalu sehat yaa. Pak saya mau tanya, saya mau beli android bujet 1,8 yg sudah 4g dan aftersales bgus apa ya? Kmrn ditawarin vivo y51/huawei y5 ii tpi saya masih ragu.untuk hp asus/lenovo/xiaomi distri saya skip dulu.trm kasih pak

    1. Pak Satria,

      Amin. Terima kasih atas doanya.

      Karena ada kriteria layanan purna jual bagus, yang service center-nya bagus saat ini praktis cuma LG, Samsung, dan Acer. Di kisaran harga segitu, terus terang tak ada tipe yang saya rekomendasikan dari tiga merek tersebut.

      Kalau service center cukup bagus, apakah mau? Kalau mau, silakan beli Hisense Pureshot. Harga baru Rp 1,799 juta.

      1. Terima kasih atas rekomendasinya pak, minggu kemarin saya ke Jogtron dan ditawari Meizu M3s, karena saya kepincut dan si penjual bilang kalo ini resmi (baru tahu di rumah kalo dibohongi) terus saya bungkus saja.overall UI nya smooth mirip IOS, 4g lancar dan loading app gegas, sayang kamera sedikit pucat. Mungkin lain waktu bapak berminat untuk review? Hehehe

      1. apakah lenovo vibe shot masih cukup baik di era sekarang ?
        sepertinya sudah cukup lama seri tersebut beredar disini ,,,

  31. slamat malam koh Herry, tolong dong rekomendasi ponsel dengan kriteria ram min 2gb, 4G, gegas, layar 5 – 5,5 in, batrei tahan trus kalau kamera tidak terlalu diutamakan. dana saya mentok di 3 jt… trimakasih

    1. Pak San,

      Hmm… kalau dana bisa ditambah menjadi Rp 3,299 juta, silakan membeli Lenovo Vibe P1 Turbo.

      Kalau dana tak bisa ditambah, paling-paling Infinix Note 2 ya. Namun, layarnya hampir enam inci.

    1. Pak Aldyan,

      Ada beragam merek. Kuncinya, anggaran Anda berapa dulu nih? Percuma saya berikan rekomendasi yang terbaik kalau ternyata tidak sesuai dengan anggaran Anda.

  32. bisa jadi aplikasi sahabat kata yg buat tranaksi pulsa mirip 1 chip all operator(multi)?
    harganya bisa murah terus apa ndak ya pak?mengingat harga pulsa dari dealer resmi aja skitar 5300-5450 untuk pulsa senilai 5000.
    kalau buat transaksi masuknya kira2 brapa detik atau menit ya pak?
    kalau emang bandel buat transaksi..mending pakai kata c1 aja..sebulan bisa balik modal.

    1. Pak Kevin,

      Ya.

      Dugaan saya akan terus sesuai nominal sebenarnya. Jadi, untuk pecahan kecil, jatuhnya lebih murah daripada harga pasar.

      Sekitar satu menit.

    1. Pak Galih,

      Komentar yang mana ya?

      Pertanyaan dan komentar yang dikirimkan memang tidak langsung muncul. Harus lewat moderasi dulu. Jadi, harap bersabar.

  33. pak. saya ingin membeli infinix hot s. denger kabar katanya 4g nya belom aktif. cara ngaktifinnya gimana ya pak? oh iya sekalian tanya rekomendasi tempat beli hpnya. makasih

    1. Pak Andri,

      Kalau proses TKDN belum selesai, fitur 4G LTE di Hot S belum bisa diaktifkan.

      Jalur penjualan resmi Hot S hanya via Lazada. Pastikan memilih metode pembayaran “bayar di tempat” alias COD saat bertransaksi.

    1. Pak Yudi,

      Kalau aktif main game, terus terang saya tak berani memberikan rekomendasi. Kebetulan saya bukan penggemar game. Idealnya sih cari yang prosesor tinggi, RAM minimal 2 GB, dan baterai besar. Namun, ya takkan dapat ponsel seperti itu dengan anggaran Rp 1,5 juta.

  34. malam pak harry,
    pak ada pernah review himex gak pak ato nnti ada pak?

    menurut bapak dari keseluruhan secara umum himex dengan infinix bagus mana pak??
    tq pak.

  35. ko HSW,
    kalo untuk pembelian pulsa berlaku untuk semua jenis ponsel KATA apa emang khusus buat KATA C1 ?
    makasih

  36. Om Herry, mau tanya.
    Dealer distributor atau service center resmi hp kata dimana ya?
    Punya om Herry, hp kata udah di jual apa belum?hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *