Review Lenovo A6600 Plus: Buat Yang Enggan Memakai Andromax

Kalau Anda memiliki anggaran lebih dari Rp 2 juta untuk membeli ponsel baru, ulasan ini lebih baik diabaikan. Sementara itu, bila dana yang tersedia hanya sekitar Rp 1,5 juta, tulisan berikut wajib dibaca tuntas. Demikian pula kalau Anda baru memigrasikan nomor lama Smartfren ke nomor 4G LTE dan enggan memakai ponsel Andromax.

Lenovo A6600 Plus. Itulah nama lengkap ponsel yang dibanderol Rp 1,599 juta ini. Usai membelinya, konsumen tak perlu mengeluarkan anggaran ekstra untuk berbelanja aksesori tambahan. Sebab, di paket penjualan telah disertakan selembar pelindung layar (screen protector) dan jelly case.

Dual SIM non-hybrid dan mendukung layanan 4G LTE, menurut penulis alias HSW, menjadi daya tarik utama A6600 Plus. Sepasang micro SIM dan sekeping kartu microSD dapat diselipkan bersamaan. Pengguna bebas menentukan ingin berinternet memakai nomor di selot SIM1 atau SIM2. Mana pun yang dipilih, nomor itu bakal leluasa masuk ke jaringan 4G LTE, 3G, dan 2G.

A6600 Plus mendukung 4G LTE di band 1, 3, dan 5. Kalau diterjemahkan ke dalam bahasa yang lebih merakyat, ponsel itu kompatibel dengan layanan 4G LTE Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooreedo, Tri, dan Smartfren. Spesifik ke Smartfren, A6600 Plus memiliki kemampuan native VoLTE. Jadi, tanpa perlu menginstalasikan aplikasi tambahan, pemilik nomor Smartfren bisa berinternet maupun bertelepon.

Apakah A6600 Plus dapat dipadukan dengan Bolt? Dengan mengacu kepada lembar spesifikasi, mestinya tidak bisa. Alasannya, ponsel tersebut tidak mendukung LTE band 40. Padahal, layanan 4G LTE Bolt aktif di band 40 alias frekuensi 2300 MHz.

Ponsel bersistem operasi Android 6.0 Marshmallow itu dibekali layar IPS 5 inci beresolusi HD 1.280 x 720 piksel. Berdimensi fisik 141 x 71 x 8,8 milimeter dan berat 142 gram, A6600 Plus terasa nyaman digenggam maupun dikantongi. Sumber daya ponsel berasal dari baterai 2.300 mAh yang dapat dilepas pasang. Dengan perilaku pemakaian ala HSW, sekali diisi ulang baterai itu bisa bertahan 10-12 jam.

Kamera utama ponsel dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat. Ia sanggup menghasilkan foto beresolusi maksimal delapan megapiksel dan klip video HD 720p. Mode kamera yang tersedia dua macam saja, otomatis dan panorama. Plus, beberapa pilihan efek warna. Tidak ada mode manual. Secara umum, kinerja kamera utama A6600 Plus tergolong pas-pasan. Hanya cukup bagus di lokasi yang terang benderang.

Kemampuan kamera depan ponsel itu lebih terbatas lagi. Kamera tanpa fokus otomatis maupun lampu kilat tersebut cuma mampu menghasilkan foto beresolusi dua megapiksel. Kalau difungsikan sebagai perekam video, resolusi terbesarnya hanya VGA. Pantang mengharapkan hasil menawan dari kamera di sisi muka A6600 Plus. Dibilang pas-pasan pun masih belum layak.

Spesifikasi lain A6600 Plus, di antaranya, prosesor empat inti (quad core) MediaTek MT6735P 1 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, RAM 2 GB, dan ROM 16 GB. Saat ponsel baru dikeluarkan dari kardus, sisa memori internalnya tercatat 10,63 GB. Ada pula radio FM yang siarannya dapat direkam. Ponsel yang tidak memiliki kemampuan USB On-the-Go (USB OTG) itu tersedia dalam dua pilihan warna. Yakni, hitam dan putih.

Selain kamera, HSW memberikan satu catatan khusus terhadap GPS A6600 Plus. Ia mampu mengunci lokasi dengan cepat dan akurat. Masalahnya, ketika digunakan bernavigasi sambil mengendarai kendaraan bermotor, GPS itu berkali-kali linglung selama beberapa detik.

Misalnya, dari Bandara Soekarno Hatta pagi itu HSW meluncur ke depot penjual mie di Pantai Indah Kapuk Jakarta. Keluar dari pintu tol, awalnya navigasi Google Maps di layar A6600 Plus mengarahkan mobil Uber yang ditumpangi HSW bergerak lurus. Baru melaju sekitar 50 meter, tiba-tiba ponsel seperti kehilangan ingatan. Umpama manusia, ia tolah-toleh ke kiri kanan, lupa harus bergerak ke mana. Tanpa diutak-atik, sekitar tiga detik kemudian navigasi yang ditunjukkan kembali normal.

Kesimpulan versi HSW, dengan memperhatikan beragam faktor, hanya ada dua kelompok konsumen yang masih boleh melirik A6600 Plus. Pertama, individu yang ingin berinternet dan bertelepon via jaringan 4G LTE Smartfren, tetapi tak mau memakai ponsel Andromax. Ponsel termurah yang memenuhi syarat dan layak beli adalah A6600 Plus.

Kedua, peminat ponsel Android dual SIM 4G LTE yang hanya memiliki anggaran sekitar Rp 1,5 juta. Konsumen kelompok kedua ini sebenarnya masih mempunyai alternatif ponsel lain. Selain A6600 Plus, mereka bisa mempertimbangkan Hisense Pureshot, Hisense Pureshot+, dan Infinix Hot 3 LTE (X553).

Seandainya bukan termasuk dua kelompok konsumen di atas, membeli ponsel lain tampaknya lebih bijak. Peminat A6600 Plus yang mampu mengeluarkan dana tambahan sekitar Rp 200 ribu, misalnya, lebih bijak membeli Moto E3 Power. Kenikmatan ekstra yang bakal dinikmati pengguna E3 Power, kalau dirupiahkan, bernilai lebih dari 200 ribu. Baterai lebih tahan lama, kamera lebih bagus, tampilan fisik lebih gahar, dan tak perlu khawatir bila ponselnya kehujanan atau terguyur air minum.

***

Inilah foto-foto yang dihasilkan kamera A6600 Plus.

Satu foto di bawah ini dijepret menggunakan kamera depan.

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

175 thoughts to “Review Lenovo A6600 Plus: Buat Yang Enggan Memakai Andromax”

  1. Mohon ijin pak buat berlangganan blog yg mantapp jiwa ini. Btw, sya suka banget dgn pilihan kata-kata nya dan gaya penulisan. Maju teruss pak!

  2. nilai minus lain, pak HSW, adalah dukungan sd card max hanya 32 GB, sama halnya dengan ponsel Lenovo low budget lain nya, termasuk Motorola E3 power.

  3. malam koh
    mau tanya kenapa koh hery selalu rekomendasikan ponsel asus zenfone 2 laser ze500kl? padahal ponsel tersebut sudah cukup lama beredar dan spesifikasinya termasuk standar di kisaran harganya??

  4. Inilah hebatnya pak herry, walau dengan kamera yang biasa saja bisa menghasilkan gambar/foto yang amazing heheh.. oh iya pak apakah yang di maksud dalam “Ia mampu mengunci lokasi dengan cepat dan akurat.” seharusnya adalah ‘tidak mampu’?
    Melihat hh ini, sepertinya jauh lebih worth it kalau membeli hisense pureshot ya pak.

    1. Pak Tyan,

      Tidak. Beneran mampu mengunci lokasi dengan cepat dan akurat kok. Namun, kalau dipakai bernavigasi dengan naik kendaraan bermotor, kadang ia linglung. Tak tahu harus bergerak ke mana. Ponselnya sih tetap menunjukkan posisinya dengan akurat.

      Ya. Kalau bisa dapat Pureshot sesuai harga resmi sih ya mending ambil Pureshot.

  5. Salam pak Herry.
    Sebelumnya saya mau mengucapkan terima Kasih atas review power bank delcell Grand 16.800 Mah. Walaupun saya membeli type lain yaitu delcell note 10.500 MAh saat promo di Lazada Rp 99.000 dari harga normal 250 ribuan, tetapi saya berpatokan pada merk delcell yang bapak review bagus. Dan ternyata setelah saya pakai memang benar real capacity sesuai yang tertera.
    Sehubungan dengan review bapak tentang Lenovo A6600. Bagaimana jika dibandingkan dengan Xiaomi mi4c yang harganya kurang lebih sama. Menurut bapak lebih baik dipinang Mi4C atau Moto E3 Power.
    Satu lagi Pak Herry. Saat ini saya memakai Samsung Lakota, tetapi sudah mulai usang dan bermasalah. Saya ingin mengganti hp tersebut dengan hp lain. Yang menjadi masalah adalah saya susah mencari hp sejenis yang mampu menampung 1000 kontak ( phonebook). Atas jawaban dan masukan bapak saya ucapkan terima Kasih.

    1. Pak Agung Ristanto,

      Yang saya review A6600 Plus lho, bukan A6600.

      Mi 4c sih langsung dicoret saja. Selain pasti tanpa garansi resmi, telah banyak beredar Mi 4c hasil rekondisi. Jadi, bukan barang yang 100% baru.

      A6600 Plus atau E3 Power? Saya sih lebih memilih E3 Power.

      Nokia 105 kan bisa menampung sampai 2.000 kontak, Pak.

  6. maaf pak HSW, OOT banget nih tolong bantu jawab y?!
    mohon pencerahan hp seharga 2,5-3,5 juta (hp kelas menengah) yang siap digunakan pemakain cukup atau sangat lama (kalo bisa sampai lima tahun g rusak2 :D) soalnya males gonta ganti hp, dengan spek:
    -sudah 4g all operators
    -sudah otg
    -kamera depan bersaing lah (kurang begitu penting tapi sering di pake buat selfie ?
    -dual sim
    -anti gores
    -dan yang pasti hardware n software sangat kuat (mau di pake long therm using) sampai jarang ada keluhan

    sekian pak HSW ,btw kl gak ada yang persis spek yang saya sebutkan, mendekati juga tidak masalah, yang penting siap di pake buat pemakaian lama dengan aktivitas sehari-hari (saya doyan browsing dan baca artikel)

    maaf pak HSW kl panjang banget dan ngerepotin
    terima kasih banyak

    1. Pak Fery,

      Tadi saya yakin sudah menjawab pertanyaan yang persis sama, tetapi nama pengirimnya berbeda. Apakah itu Anda?

    2. ya pak betul itu saya
      maaf double post, soalnya saya kurang sabar
      hehehe makasih pak sudah sabar

      btw setelah saya baca review anda tentang k5 plus kok saya malah beralih pandangan ke k4 note ya pak, soalnya di lazada harganya terpaut 100k
      menggiurkan banget harga segitu dapat yang lebih banyak dari adiknya
      yang saya mau tanyakan adalah:
      1. apakah lenovo k4 note cocok untuk long therm use seperti yang saya harapkan( yaitu software dan hardware kuat)? tapi lihat beberapa trit di kas kus mengenai beberapa isu saya agak ragu, jadi bingung dah. apakah lenovo k4 note sejelek itu sih pak? memang harga itu g bohong tapi menurut beberapa kabar lenovo sudah di produksi disini (cmiiw), jadi ya wajar bila harganya valueble
      2.apakah baterai yang tertanam itu tidak cocok untuk long therm use? karena saya sering beberapa kali bila hp mengalami hang yang cukup parah, saya cabut baterainya dan masalah clear(menurut saya:D ). karena isu itu saya jadi tambah bingung mau pilih k4 note (baterai tertanam) atau k5 plus (baterai bisa di cabut)
      3. ada kah win win solution dari pak HSW selain 2 merk tersebut? tapi saya ngebet banget dengan k4 note yang menurut saya valueble

      mohon di mengerti pak pertanyaan saya
      makasih banyak pak sudah mau meluangkan waktunya menjawab pertanyaan saya sebelumnya, dan memang anda orang yang sabar dengan para readers, jempol buat pak HSW
      sukses selalu pak

      1. Pak Fery,

        1. Ponselnya sih tahan. Namun, saya tak yakin Anda bisa bertahan dengan godaan aneka ponsel baru. Vibe K4 Note tidak jelek kok. Ehmm… diproduksi di Indonesia justru membuat biaya produksi per unit lebih mahal lho.

        2. Cocok saja sih. Ponsel dengan baterai tanam pasti memiliki kombinasi jurus tertentu untuk me-restart ponsel bila hang. Kombinasi jurus tiap ponsel berbeda.

        3. Ya sudah, beli Vibe K4 Note saja tho.

  7. Sama sama direntang harga Rp 1,5 juta-an. antara ponsel Lenovo 6600 plus dan Hisense pureshot plus, mending beli yang mana pak?

  8. Pak Herry,
    Dibandingkan dengan Moto E3, apakah ponsel ini memiliki performa CPU yang sama? Mengingat hobi saya adalah browsing dan membaca PDF.

  9. Pagi Om Herry…..
    Layak beli nih hp buat yg budgetnya minim….yg mau sy tanya :
    1. Memory external nya bisa dipasang maksimal brp giga om….
    2. Maaf OOT….apa handphone android memang lebih sering ngelag drpd iphone, sy pakai Coolpad Max, kalo multitasking trs buka Instagram setelah agak lama sering ngelag.
    Terima kasih om….sehat selalu

    1. Pak Yudia Pratidinawan,

      1. 32 GB.

      2. Tidak selalu. Saya belum pernah coba Coolpad Max. Kalau Coolpad Max Lite sih memang jelek.

  10. Pagi pak Herry,
    Mantap ulasannya jd tidak penasaran lagi, jika dibandingkan dg pureshot+ kayanya bukan tandingannya ya pak herry

  11. Kalau dibandingkan dengan lenovo vibe k5 plus dan hisense pureshot bagaimana pak dilihat dari kegegasan, kamera, dan baterai

    1. Pak Jefri,

      Yang pernah saya uji pakai Vibe K5 Plus – RAM 3 GB ya. Vibe K5 Plus unggul di kegegasan dan baterai, sedangkan Pureshot menang di kamera.

  12. Ko Herry
    Selamat menyongsong tahun baru 2017 ya… semoga di tahun 2017 blog ini semakin sukses

    Mau tanya
    1.
    Dgn budget 1.5 – 2jt diantara
    A. Lenovo A6600 plus
    B. Lenovo A7000
    C. Galaxy Note 3 second
    D. Zenfone 2 ZE551ML second
    mana yang lebih recommended? Atau ada rekomendasi lain?
    Saya butuh yang layar diatas 5″ dan internal minimal 16GB. Kondisi second gapapa dan 4G boleh dikesampingkan karena di daerah saya belum optimal.

    2. Jika membeli HP second apa yang harus diperhatikan? Hal2 apa yang bisa ditolerir dari kondisi HP second?

    Terima kasih

    1. Pak Ersan Madjiah,

      Amin. Terima kasih atas doanya.

      1. Item B saya belum pernah coba. Coret tiga ponsel yang lain. Belilah Moto E3 Power atau Asus Zenfone 2 Laser yang kode tipenya berakhiran KL.

      2. Cek kondisi fisik, periksa fungsi-fungsi dasar, dan perhatikan status garansi. Carilah yang garansi resminya belum habis. Yang bisa ditoleransi: kelengkapan tidak komplet.

      1. Terima kasih sarannya

        1. Kalau yang diatas 5.5 inch apakah ada yg memenuhi? Moto E3 Power saya pernah coba masih kurang bersahabat dengan mata saya.

        2. Mau tanya.. maksud “kelengkapan tidak komplet” apakah ponsel batangan yang tanpa dus buku dan kelengkapan bisa ditoleransi?

        3. Menurut Pak Herry, bagaimana dengan membeli ponsel ex-flagship second seperti Galaxy S4, S5, LG G3, Xperia Z, Galaxy Note 3? Apakah masih menarik?

        1. Pak Ersan Madjiah,

          1. Silakan membeli Infinix Note 2 baru. Harga Rp 1,9 juta.

          2. Ya. Tanpa kardus dan buku masih bisa ditoleransi. Tanpa charger pun tak masalah, kalau Anda di rumah memiliki charger yang kompatibel. Dengan alasan agar lebih murah, saya kadang sengaja mencari ponsel yang tidak lengkap. Yang penting ada ponsel, baterai, dan kartu garansi. Kelengkapan lain boleh tidak ada.

          3. Karena usianya sudah lumayan lama, mending jangan beli deh.

  13. Selamat pagi pak Herry,
    Dengan anggaran 1.5-2 juta, saya minta pendapat pendapat dintara Lenovo 6600+, Motorola E power, LG K10, Oppo A37. Memang kalau tdk salah, merk Oppo jarang direview, tapi saya sepintas melihat spesifikasi yg ada, rasanya cukup menarik terutama yg ditonjolkan kamera dengan range harga segitu.

    1. Pak Danny Mamesah,

      Tak ada ponsel bernama Lenovo 6600+ dan Motorola E Power. Apakah yang Anda maksud Lenovo A6600 Plus dan Moto E3 Power?

      Dengan anggaran Rp 2 juta, berarti K10 dicoret karena harganya melebihi Rp 2 juta. Oppo A37 juga dicoret saja.

      Tersisa dua pilihan. Saya lebih condong ke E3 Power.

      1. Wow, Saya tunggu tuh pak review LG V20nya. Boleh saya titip u/ review lensa ultra widenya lebih mendalam seperti dinamic range, distorsi, ketajaman, kecerahan warna. Apakah ada softwarenya u/ memperbaiki distorsi. Apakah bisa HDR dipakai saat kamera pada mode Manual?

        Terima kasih pak Herry 🙂

        1. Pak Iwan,

          Terus terang saya nggak paham soal dynamic range dll. Ntar saya unggah aneka hasil fotonya deh. Soal distorsi kalau pakai lensa sudut lebar, rasanya tak bisa diperbaiki ya. Kan itu sudah karakteristik lensa optik.

  14. Pak Herry
    Menyambung komennya Pak Tyan.
    Selain kamera, HSW memberikan satu catatan khusus terhadap GPS A6600 Plus. Ia mampu mengunci lokasi dengan cepat dan akurat. Masalahnya, ketika digunakan bernavigasi sambil mengendarai kendaraan bermotor, GPS itu berkali-kali linglung selama beberapa detik.
    Apa tidak seperti ini Pak Herry
    “Walaupun”Ia mampu mengunci lokasi dengan cepat dan akurat. “Namun” ini Masalahnya, ketika digunakan bernavigasi sambil mengendarai kendaraan bermotor, GPS itu berkali-kali linglung selama beberapa detik.
    Mohon maaf.kalau saya salah
    Maju terus Ponselmu.com.terima kasih

    1. Bu Nurul,

      Tidak. Sebab, kalau dipakai bernavigasi tapi ponsel bergerak lambat (misalnya sambil berjalan kaki), ponsel takkan linglung.

  15. Pak Herry.
    Melanjutkan komennya Pak Tyan.
    Selain kamera, HSW memberikan satu catatan khusus terhadap GPS A6600 Plus. Ia mampu mengunci lokasi dengan cepat dan akurat. Masalahnya, ketika digunakan bernavigasi sambil mengendarai kendaraan bermotor, GPS itu berkali-kali linglung selama beberapa detik.
    Apa tidak seperti ini Pak Herry
    “Sekalipun” Ia mampu mengunci lokasi dengan cepat dan akurat. “Namun” ini masalahnya, ketika digunakan bernavigasi sambil mengendarai kendaraan bermotor, GPS itu berkali-kali linglung selama beberapa detik.
    Mohon maaf kalau saya salah,
    Mau tanya Pak ,apa bedanya 4G dengan LTE ,karena ada Hp bisa LTE tapi tidak 4G
    Maju terus Ponselmu.com ,terima kasih.

    1. Bu Yana,

      Apakah Anda sama dengan satu orang yang berkomentar sebelum ini? Sebab, pertanyaan pertama Anda persis sama.

      Menjawab pertanyaan kedua, kondisi saat ini sama. Cuma beda istilah. Ponsel yang bisa LTE ya berarti bisa 4G. Namun, tampilan indikator di tiap ponsel memang belum tentu sama. Ada yang menampilkannya LTE, ada pula yang menyajikannya sebagai 4G.

  16. Maaf mau nanya lagi Ko Herry;
    Kalau asus zenfone laser ze601kl dengan asus zenfone max dengan samsung J7 prime pilih yang mana?
    Terima kasih.

    1. Pak Gondo,

      Saya lebih condong ke ZE501KL. Kombinasi antara kamera bagus dan baterai yang relatif tahan lama.

    1. Pak Sunar,

      Kalau Anda bisa menambahkan anggaran sekitar Rp 100 ribu, silakan beli Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL.

  17. Ponsel ini (Lenovo A6600 plus) saya beli buat hadiah anak saya yang masih SMP. Menurut saya kekurangannya :
    1. LED notifikasi hanya berwarna merah meski baterei sudah full.
    2. Speaker kurang lantang
    3. Kamera payah di kondisi gelap
    Tapi sudah 4G dan RAM 2 GB adalah daya tarik saya untuk beli ponsel ini.
    Disamping itu kalo kita buka galeri foto (tampilan kotak kecil2) maka yang format video tampil bergerak gerak.

    1. Pak Heri,

      Hasil foto Xperia Z5 lebih natural, sedangkan hasil jepretan G5 SE biasanya lebih terang. Untuk kinerja keseluruhan saya lebih pilih G5 SE.

    1. Pak Yuwono,

      Ini ngunci lokasinya cepat dan akurat kok. Namun, kalau dipakai bernavigasi sambil bergerak cepat, ponsel kadang jadi linglung. Hal serupa tak terjadi kalau tidak bergerak cepat. Misalnya, sambil berjalan kaki.

  18. Pak Herry SW,

    Saya mau beli android smartphone max budget 3jt, rekomendasi dari Pak Herry kira2 merk dan tipe apa ya?
    – Prioritas pertama, kamera hasil nya memuaskan lalu kalau poto di kondisi kurang cahaya juga hasil nya tidak mengecewakan. kamera bukan dipakai untuk selfi2 tapi untuk poto barang dagangan.
    – Prioritas kedua, punya storage yang besar minimal 16Gb tp pengen nya sih 32Gb(jika memungkinkan dgn budget max 3jt).
    – Prioritas ketiga, bisa pakai 4G privoder Bolt.
    – Tidak masalah mau garansi resmi/tidak.

    Terima Kasih.

    1. Pak/Bu Hany,

      Langsung ke poin terakhir dulu ya. Saya hanya akan merekomendasikan ponsel dengan garansi resmi. Ponsel tanpa garansi resmi, karena berbagai faktor, sebaiknya jangan dibeli.

      Dengan kriteria seperti itu, saya merekomendasikan Infinix Zero 3. Kompatibilitas dengan Bolt tidak saya ketahui. Kebetulan saya sehari-hari di Surabaya dan di sini tidak ada layanan Bolt.

  19. Malam kho HSW, mau tanya tentang ponsel murah 1,5 juta yg layak beli, saya hanya membutuhkan kamera yang oke dan jaringan lte, kalo bisa android marshmellow, apakah lg K8 (1,6 jt) layak beli atau lebih baik menunggu xiaomi garansi resmi, dengar2 redmi 4 sudah d produksi di indonesia atau menunggu pilihan lain mengingat baru tahun baru.
    Terimakasih sebelumnya. Selamat tahun baru.

    1. Bu Isna,

      Kalau ingin beli segera, ya berarti Hisense Pureshot+ Rp 1,499 juta.

      Saya belum pernah mencoba K8 sehingga tak tahu layak beli atau tidak.

      Redmi 4 diproduksi di Indonesia? Setahu saya tidak demikian.

  20. Setelah saya baca review nya Lenovo 6600 plus spesifikasinya dan hasil kamera yg lumayan saja sama banget seperti hisense purshot lite f30 punya saya, AnTuTu juga berkutat di 24ribu juga
    Tp menurut saya lebih value for money purshot lite hemat 300ribu , body metal di kira temen saya pake i-phone 6s hehehe ? , bisa OTG , baterai 2500mah irit bisa 15jam saya pake baru ngecas lagi , kamera depan 5 Migapixel
    31 desember 2016 Beli di gerai Smartfren 1,199,000 saja bonus lumayan kartu Smartfren dan Telkomsel 6GB nambah 20ribu aja
    awalnya pengen beli lenovo a6600 plus untuk menggantikan lenovo s930 saya yg rusak tp saya cuma bawa dana 1 juta lebih dikit, saya mengurungkan niat beli 6600 plus dan melirik hisense saja yg ramah di kantong

  21. ko Herry terima kasih atas saran nya memilih p9 lite dibandingkan vibe shot…saya beli p9 lite second harga 2.8jt baru sebulan pakai jd garansi panjang.kameranya bagus puas banget,berani adu sm vibe shot,bahkan sm galaxy s5. ato sony z3..jadi pengen belajar fotografi ponsel sm ko herry tapi ndak tau harus kemana….?

  22. Maaf oot om heri sw.. Katanya xiaomi akan hadir secara resmi kembali ke Indonesia tahun ini.. Dan merilis 3 gawai.. Kira-kira apa saja yo om??

  23. Pak hsw
    Ponsel harga 2.5 jutaan yang sudah ram 3Gb 4G LTE yang paling rekomendasi untuk dibeli apa ya pak? Trimakasih.

  24. Pak hsw

    Pak hsw punya saran bagaimana agar slotsimcard awet meski suka ganti kartu? Tolong banget ini masuh mikir belum ketemu solusinya

    1. Pak Seto,

      Tak ada saran khusus. Lha saya sering banget ganti kartu dan terbukti selot kartu SIM-nya baik-baik saja kok.

  25. Pak Herry, Saya tertarik meminang Smartfren Andromax E2 Plus. Saya memilih smartphone tersebut dengan alasan hanya smartfren yang menjangkau jaringan 4G di rumah saya (900 MHz). Tapi ada rumor Andromax E3 akan meluncur sebentar lagi. Lebih baik saya menunggu E3 atau Membeli E2 plus jika budget saya 1 juta pas?

    1. Pak Alfond,

      Mungkin yang Anda maksud 4G di frekuensi 850 MHz ya?

      Saya belum mengetahui tentang Andromax E3. Kalau memang sudah perlu ponsel, ya beli Andromax E2+ (bukan Andromax E2 Plus) sekarang saja tho.

  26. Benar Pak Herry .orang yang sama dengan sebelumnya

    Berkenaan pertanyaan saya bedanya 4G dengan LTE
    LG Magna.kata penjualnya tidak 4G .tapi di brosur tertera LTE (lte model only),di review bapak hanya sebatas 3G saja
    Terima kasih

    1. Bu Yana,

      LG Magna yang beredar resmi di sini pasti tidak mendukung 4G LTE. Ponsel itu untuk ukuran sekarang sudah saya kategorikan sebagai tidak layak beli.

  27. Pak HSW Selamat Malam (jam 18.40 sekarang) hehe
    Pak, saya sudah membeli Huawei P9 Lite sesuai dengan saran Bapak di laman ini..
    Nah, sekarang saya butuh pendapat Bapak lg mengenai tripod yang Bapak rekomendasikan untuk perangkat saya tersebut.
    Kalau bisa, tripod dg harga tidak terlalu mahal (dengan harga dibawah 200rb) namun kualitasnya prima dan baik pak (saya tidak terlalu peduli dg brand, yg penting buat saya adl kualitasnya)..
    Dan jika Bapak merekomendasikan dari sebuah toko online, mohon diberikan pula alamat pembeliannya..
    Terimakasih Pak HSW

    1. Bu Annisa Ayu Nashiro,

      Boleh tahu dulu tripod yang Anda butuhkan seperti apa? Yang tingginya berapa sentimeter?

  28. Pak Herry SW,

    Tahun lalu bapak membuat artikel tentang “Daftar Ponsel Ter-… 2015 versi HSW”.
    Tahun ini apa juga akan membuat artikel serupa untuk Ponsel keluaran Tahun 2016?

    Terima Kasih & Selamat Tahun Baru..

  29. Saya juga msh bingung pak, saya cuma butuh tripod yg mudah dibawa kemana2 (untuk nongkrong dan travelling) yg tepat untuk mengambil gambar time lapse, slow mo, juga untuk light painting pak..
    Kira2 idealnya saya paka tripod yg bagaimana ya pak?

    1. Bu Annisa Ayu Nashiro,

      Hmmm… cari yang tingginya sekitar satu meter mestinya cukup. Tak ada rekomendasi merek karena dengan kriteria anggaran Anda, mau tidak mau harus berurusan dengan tripod yang mereknya nggak jelas. Jadi, mending datang langsung ke toko penjual, lihat-lihat dan pilih yang cocok.

  30. Berarti masih mending ambil Hisense Pureshot ya pak dibanding Lenovo ini? Sekarang harga resmi Pureshot berapa ya pak? Thx…

    1. Pak Jeffry,

      Ya. Rp 1,299 juta. Masalahnya di mana-mana sudah kosong nih. Lima unit terakhir di Surabaya saya borong untuk memenuhi titipan follower Twitter @herrysw.

  31. Ma’af OOT pak Herry

    HP kamera bagus, sudah OTG, dual sim bebas 4G, harga maks 2 jt, rekomendasi pak HSW apa ? terima kasih

  32. Koh herry sya mau tanya
    Jujur saya penasaran sama smartphone LAVA

    Smartphone lava tuh buatan dari vendor mana?

    Dan smartphone lava termasuka ponsel lokal atau branded/global??

  33. Pak Herry

    Maaf OOT apa bpak berminat mereview infinix note 3?
    Dan mau tnya, apa bapak punya kenalan servise hp yang terpercaya dan murah tentunya, karena hp saya lenovo p1 turbo pecah lcd,,
    Terima kasih sebelumnya

    1. Pak Firdza,

      Kalau beredar resmi di sini kemungkinan akan saya review. Kalau tak beredar resmi, takkan saya review.

  34. secara kualitas dan keawetan smartphone lava bgmna pak?
    jika di bandingkan dengan evercoss,advan dkk bagaimna?.

  35. Ma’af OOT pak Herry

    1.Punya kenalan atau teman yg bisa ganti LCD p1 turbo saya yg Pecah?? kalo ke resmi mesti mahal pak,
    2.Apakah ada rencana mereview Infinix Note 3 pak?

    mohon maaf mungkin karena sinyal internet hp yang ngadat, mungkin bisa terkirim banyak komennya,
    Demikian terima kasih

    1. Pak Rian,

      Tolong diperhatikan. Pertanyaan yang sama jangan dikirimkan berulang-ulang. Silakan cek jawaban saya di bawah pertanyaan pertama yang Anda kirimkan.

  36. Dear Pak Herry……:)
    ada beberapa pertanyaan yg ingin saya tanyakan:
    1. apakah Xiaomi RedMi 3 Prime, RedMi Note 3 kapan bisa digunakan untuk 4G-nya?
    2. mohon direkomendasikan ponsel Android yang akan selalu mendapatkan update secara teratur merek dan tipenya.
    3. apakah ponsel yang diproduksi atau dirakit didalam negeri akankah lebih murah harganya daripada import dari luar negeri?
    atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.:)
    saya ingin minta rekomendasi dari Pak Herry untuk ponsel android yang pasti selalu mendapatkan update secra teratur, kira-kira merek apa dan tipe apa?

    1. Pak Deny Yen Martin Rahman,

      1. Kalau keduanya sudah lulus TKDN. Melihat perkembangan terkini, saya menduga selamanya takkan lulus TKDN.

      2. Cari saja seri Nexus. Boleh juga mencari ponsel flagship merek global.

      3. Sampai saat ini aktivitas perakitan di dalam negeri justru akan membuat harga jual lebih mahal. Sebab, biaya produksi per unit menjadi lebih tinggi.

  37. Selamat Sore Pak,
    ini Asus Zenfone 3 Zoom sudah resmi diluncurkan di CES 2017, tinggal pemasarannya bulan Februari nanti.
    Kameranya katanya betul” ciamik, technologi zoomnya seperti Iphone 7 Plus, technologi dual pixelnya seperti Galaxy S7, baterenya 4850 mAh bisa untuk powerbank ngecas smartphone lain.
    Apa Pak Herry berencana akan mereviewnya nanti??

    1. Pak Sujono,

      Jadwal edar resmi di Indonesia belum diketahui. Kalau masuk resmi, mungkin saya akan me-review-nya.

    1. Pak Banjir.banjir,

      ZD551KL itu Zenfone Selfie lho. Jadi, yang Anda tanyakan sebenarnya Zenfone 2 Laser atau Zenfone Selfie?

  38. saya sekarang beli hp lava iris 505,sebgai hp cadangan
    saya mau berbagi kisah dengan lava q ini

    1) harga 900ribu dengan spek yg sangat standar
    yaitu minus koneksi 4g,baterai 1400mAh,gsm/3g dual band,cpu dual core & tampilan monoton android 5.1 vanilla

    tapi di luar itu lava iris punya sejumlah kelebihan,

    1) bodi tipis solid dan kokoh,meski hanya polikarbonat, bentuknya cantik tipis kotak persegi, mirip iphone 5s
    2) kualitas lcd tftnya ngejreng,tajam & cerah
    warnanya kontras,sayang layarnya tampak reflektif/memantulkan bayangan
    3) suara speakernya aduhai broo,BAGUSS
    ngebas dan jernih, mirip speaker nokia XpressMusic
    4) sudah android 5.1, rom 8gb + ram 1gb
    jd minim lag
    5) walau baterai cuma 1400mah, baterainya tidak boros

    kesimpulan :
    mengacu pengalaman saya memakai lava iris 505
    ponselnya enak di pakai,casingnya solid dan kokoh, desain kece morip iphone
    jd menurutku, kualitas lava iris 505 secara keseluruhan, Jauh jauh lebih baik deh di banding ponsel lokal seperti advan,evercoss dkk..

    jd koh herry jgn nyacat ponsel lava jelek sebelum memakai & mencobanya sendiri

    menurut q ponsel buatan india ini JAUH LEBIH baik dari pda ponsel buatan indonesia

    spesifikasi :

    harga – 900ribu
    GSM Dualband/3G
    Layar 4inch Wvga
    kamera 2mp depan belakang,dual flash depan belakang
    android 5.1, rom 8gb, ram 1gb
    cpu dual core 1.3ghz
    gpu mali 400
    dll…

    1. Pak Rian,

      Benar, saya belum pernah menguji pakai ponsel Lava. Namun, saya sudah pernah mencoba sepintas aneka tipe ponsel Lava. Saya tak hafal tipenya satu per satu. Dalam beberapa kesempatan yang berbeda, saya sempat mencicipi Lava di pameran atau toko ponsel. Menurut saya, memang kurang bagus sih.

      Saya tidak melangkah ke tahap uji pakai karena tak mau rugi banyak. Menjual ponsel Lava bekas itu tak mudah. Dijual setengah harga pun belum tentu laku.

      Mengacu kepada kondisi di atas, ketika kemudian beberapa pemilik toko menceritakan kondisi konsumen yang membeli Lava di tokonya, hmm… klop deh. Cocok.

      Lava bukan buatan India lho. Dia memang merek India, tetapi tidak diproduksi di India.

  39. pak herry bilang ponsel lava jelek dari info pemilik toko yaa,
    wahh bisa jadi pemilik toko itu berdusta
    maklum ponsel lava khan baru masuk pasar indonesia,
    ponsel lava tidak hanya beredar di indonesia & india lho pak
    tapi di timur tengah,rusia,bangladesh,nepal,thailand dan sekitarnya, juga di meksiko
    jd koh herry salah jika menjelek jelekkan ponsel lava sebelom mencobanya sendiri

    menurut q yg sudah mencoba ponsel lava,ponselnya bagus dan kokoh
    kualitasnya jauh diatas evercoss,advan,mito dkk

    1. Pak Rian,

      Saya yakin pemilik toko tidak berdusta. Alasannya:
      1. Mereka sebenarnya cukup senang menjual ponsel Lava karena besaran keuntungannya lumayan.
      2. Yang mengatakan hal serupa lebih dari satu pemilik toko.
      3. Cocok dengan pengalaman pribadi mencicipi ponsel Lava di pameran dan toko. Detailnya sudah saya sebutkan di atas.

      Ponsel Lava baru masuk Indonesia? Tidak deh. Merek itu sudah lebih dari satu tahun beredar di sini.

      Saya tahu kalau Lava beredar di beberapa negara yang Anda sebutkan.

      Saya tegaskan lagi, saya belum pernah menguji pakai Lava, tetapi sudah pernah mencobanya dalam waktu yang singkat sehingga tak layak dijadikan bahan tulisan review.

  40. terakhir komentar saya
    ponsel merk global dengan kualitas hardware TERBURUK adalah LENOVO dan Xiaomi
    kedua merek di atas hardwarenya ringkih sekali
    apalagi Lenovo,wah parah bgtt

    Maaf bukannya saya menjelek jelekkan kedua merek diatas,
    tapi sebatas pengetahuan saya dari kawan2 saya tukang servis android,
    saya punya banyak kenalan tukang servis android
    maaf bukannya saya sok

    1. Pak Dani,

      Bisa, tetapi bukan langsung dari menu ponsel. Harus mengetikkan kode-kode tertentu dulu. Itu pun kurang manjur. Kadang tetap bisa turun ke 3G.

      1. Andromax R Se Hisense pureshot lite dan…………….Sony Z1 Compact Refurbish Batam(Bukan Admin Bb*nk)

      2. Pak sebut saja pak, nanti malah yang bunyi “telolet” nya :v
        BTW, Vivo itu termasuk jujur gak koh? Koq gak ada rencana buat review vivo v5 yang kamera depannya gede bgt ya?

        1. Pak You,

          Sejauh ini jujur. Beda dengan Oppo.

          V5 saya sempat berencana review, bahkan sudah datang ke toko untuk membeli satu unit. Namun, karena tidak ready stock, akhirnya saya batal beli sekaligus batal review.

          1. Gimana ? Lenovo A6600 Plus ini Overpriced kan ? Hisense Pureshot Lite yang lebih murah tapi Speknya 11:12 tapi malah udah pake Body metal

  41. Sorry pak Herry oot, saya mau tanya ke pak Rian yang komen soal Lava 505. Kalau boleh tau pak Rian pakai hp apa sebagai hp utama? Lava 505 sebagai hp cadangan apa cuma dipakai untuk telepon & sms saja? Kebetulan saya pernah hands on & kesan saya sangat berbeda jauh dengan pak Rian, thanks.

    1. Pak Bayu,

      Benar. Asyik deh, Nokia akhirnya kembali lagi dan kali ini menggunakan Android. Meskipun pesimis, saya masih berharap ponsel itu beredar resmi di sini.

  42. selamat malam Pak Herry, untuk android harga 2-2,5jt apa yg bapak rekomendasikan, asus/lenovo, untuk Lenovo saya sebenernya sudah jatuh hati dng Lenovo Vibe K4 note. tp saya ingin minta pendapat bapak, Asus apa yg sekelas&sebanding dengan K4 note dikisaran harga yang sama. terimakasih pak

    1. Pak Askari,

      Selamat siang.

      Vibe K4 Note layak beli sih. Untuk Asus, Anda boleh mempertimbangkan Asus Zenfone 3 Max. Harga barunya Rp 2,1 juta. Spesifikasi di bawah Vibe K4 Note, kecuali kapasitas baterai yang lebih besar.

    1. Pak Billy,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota dan laptop yang sehari-hari saya pakai untuk membalas tumpukan pertanyaan mendadak tak mau menyala.

      A6600 Plus dibekali RAM 2 GB, sedangkan A6600 hanya 1 GB.

  43. Maaf OOT bung Herry. Mau nanya, ponsel android sederhana 5″, ram 1gb, kualitas lumayan dan harga ekonomis 1juta lbh sedikit kira2 apa yg tepat? Gampangnya kira2 sekelas Acer z330 tp yg layarnya 5″. Trima kasih.

  44. hai pak,
    secara kualitas menurut bapak andromax bagaimana ? apakah sama dengan hp lokal

    kalo saya baca2 komennya pak hsw punya banyak kenalan pemilik toko hp apakah banyak masalah dengan hp merek ini

  45. Koh,mau nanya saya bingung mau beli antara infinix zero 3 atau infinix note 3 bags yang mana ya?makasih

    1. Bu Adinda Pramitha,

      Tentukan pilihan berdasarkan skala prioritas. Kalau mengutamakan kamera, beli Zero 3. Kalau mengutamakan daya tahan baterai, ambil Note 3 Pro.

  46. Saya baru saja membeli HP Lenovo A6600+ sekitar 1 Minggu yg lalu
    Menurut saya hp ini cukup bagus dengan harga sekian.dari segi kamera juga cukup bagus walaupun tidak bagus banget .gambar yg dihasilkan cukup terang walaupun kondisi minim cahaya.baterai juga lumayan awet.dari pengisian full sampai lowbat kira2 bertahan selama 10jam
    Kinerja juga oke menurut saya.
    Banyak aplikasi berat yg saya pasang tapi ga ada masalah.ga tau kalo pemakaian sudah lebih dari 1 bulan ya.
    Yang kurang oke menurut saya adalah waktu pengemasannya yg lama , bisa 4-5 jam Dr lowbat ke 100%
    Secara umum nilai saya untuk hp ini adalah 7,5

    1. Pak Wahyu,

      Waktu pengemasan? Mungkin yang Anda maksud waktu yang dibutuhkan untuk nge-charge ya? Seharusnya tak sampai 4-5 jam. Anda menggunakan charger bawaan atau apa nih?

      1. Iya salah ketik..hehe maksudnya waktu pengecasannya
        Saya pakai charger bawaan.lalu saya coba ganti kabel datanya ternyata waktu nya jadi lebih singkat.kurang bagus memang chargernya.tapi kalau untuk gawai ny sendiri sudah oke lah dibanding dengan harganya

  47. Salam p.Herry
    maaf br sebulan saya pake a6600 plus & cukup puas tp mau menyalin/ ekspor-impor dr memori tlpn ke kontak sim selalu gagal gmn pak.
    Makasih

    1. Pak Andoenk,

      Dari memori telepon ke kontak SIM? Boleh tahu notifikasi gagalnya apa?

      Hal yang perlu diperhatikan:
      * Kapasitas kontak di memori internal jauh lebih besar/banyak daripada di kontak SIM. Jadi, kalau kontak Anda banyak dan ingin disalin semua ke kartu SIM, pasti tidak cukup.
      * Kontak di memori internal mendukung multiple entry. Satu nama bisa terdiri atas beberapa nomor telepon, email, alamat rumah, dll. Sedangkan kontak di kartu SIM hanya terdiri atas satu nama dan satu nomor telepon. Jadi, mustahil kontak di memori internal disalin utuh ke kontak di kartu SIM.

  48. Dengan spesifikasi ponsel ukuran 6 inch atau lebih, berharga 2 juta kebawah, & bergaransi resmi, apakah Lenovo Phab Plus merupakan satu²nya pilihan?

        1. Pak Adrian,

          Untuk ukuran saat ini, spesifikasi dan kinerja umum Phab Plus sebenarnya sudah kurang menggiurkan. Masalahnya, dengan kriteria yang Anda sebutkan, ya ketemunya cuma Phab Plus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *