Review Lenovo K900: Android Berprosesor Intel Atom

Logo Intel Inside biasanya dijumpai di PC atau laptop. Kalau suatu saat Anda berkesempatan memegang Lenovo K900 dan menjumpai logo tersebut di bagian belakang ponsel, tak perlu bingung. Sebab, K900 menggunakan prosesor dua inti (dual core) Intel Atom Z2580 dengan kecepatan sampai 2 GHz.

K900 sebenarnya bukan ponsel berprosesor Intel pertama yang mendarat di Indonesia. Dalam pantauan penulis, ia merupakan ponsel Intel kedua yang dipasarkan di Indonesia. Predikat ponsel Intel pertama disandang oleh Acer Liquid C1 yang mulai dijual pada Maret lalu.

K900-1

Di atas kertas, spesifikasi K900 mungkin terlihat kurang menarik. Dijual dengan harga ritel Rp 4,999 juta, ponsel itu “hanya” berprosesor dua inti alias dual core. Padahal, dengan harga setara bahkan lebih rendah, tersedia beragam ponsel Android dengan prosesor empat inti atau quad core.

Eits… jangan terburu mengambil kesimpulan! Lenovo mengklaim, prosesor dual core Intel di K900 setara dengan smartphone lain yang memakai prosesor quad core. Merujuk pada uji pakai yang penulis lakukan, klaim itu tampaknya tidak berlebihan. Kinerja K900 memang terasa gegas. Antilelet. Aplikasi tambahan yang lazim dipakai untuk mengetahui spesifikasi perangkat keras Android juga menganggap prosesor K900 terdiri atas empat inti.

Mendukung HSPA+ 42 Mbps, bluetooth, Wi-Fi, GPS, radio FM, RAM 2 GB, dan ROM 16 GB merupakan sebagian spesifikasi lain K900. Ruang penyimpanan di ponsel Android 4.2 Jelly Bean itu terbagi dua, internal storage dan USB storage. Kali pertama diaktifkan, dari total 4,68 GB internal storage, sebanyak 1,79 GB di antaranya berstatus kosong. Sementara itu, kapasitas USB storage yang mencapai 9,77 GB masih utuh. Tidak tersedia selot microSD di K900.

Layar sentuh IPS 5,5 inci beresolusi 1.920 x 1.080 piksel di K900 relatif mampu memanjakan mata penggunanya. Karena telah mengadopsi Gorilla Glass 2, layar tersebut relatif lebih tahan terhadap goresan. Kalau LG G2 memiliki fitur knock on, K900 mempunyai fitur knock to light. Fungsinya sama. Untuk menyalakan layar, pengguna cukup mengetukkan jari dua kali.

Dalam praktiknya, fitur ketuk-ketuk layar di K900 kalah nyaman dan efektif dibandingkan G2. Pengguna K900 harus mengetuk layar dengan cukup keras. Tingkat kegagalannya juga cukup tinggi, sekitar 50 persen. Umpama dinilai dengan skala satu hingga sepuluh, G2 layak mengantungi nilai sembilan, sedangkan K900 cuma lima.

Bentuk fisik K900 yang didesain unibodi, memadukan polikarbonat dan stainless steel, terlihat mewah dan solid. Baterai yang ditanamkan berjenis lithium polymer dengan kapasitas 2.500 mAh. Dengan perilaku pemakaian ala penulis, satu kali diisi ulang sampai penuh, baterai K900 rata-rata bertahan delapan jam saja.

K900-2

Ponsel GSM dengan satu selot kartu micro SIM itu dibekali sepasang kamera. Kamera utama yang terletak di bagian belakang ponsel memiliki spesifikasi yang tergolong mantap. Yaitu, fokus otomatis, dual LED flash, sensor BSI, dan bukaan lensa f/1,8. Ia mampu menghasilkan foto beresolusi 13 megapiksel dan klip video full HD 1.920 x 1.080 piksel.

Sementara itu, sama dengan kamera ponsel lain, kamera depan K900 tanpa fokus otomatis maupun lampu kilat. Kamera tersebut dapat memproduksi foto dua megapiksel dan klip video full HD.

Selama berhari-hari penulis menggunakan K900 sebagai ponsel utama. Hasilnya, ponsel itu selalu responsif. Performa kameranya secara umum juga relatif bagus. Kamera itu hanya kedodoran kalau diajak memotret objek dalam jarak dekat di dalam ruangan. Berkali-kali warna objek terekam tidak akurat.

Betapa pun, ponsel berdimensi fisik 78 x 157 x 6,9 mm dan berat 162 gram itu tak luput dari sisi kurang menarik. Bodi belakangnya sangat cepat menghangat, lalu panas. Konsumsi baterai yang tak bisa dibilang hemat juga menjadi sisi minus utama K900. Karena daya tahan baterai ponsel itu rata-rata delapan jam saja, penulis wajib membekali diri dengan charger atau power bank selama beraktivitas. Mustahil membawa baterai cadangan karena K900 memanfaatkan baterai tanam.

Saran penulis, kalau Anda tertarik dengan K900 dan tidak wajib memakai ponsel baru, cobalah mencari K900 bekas dulu. Penulis mengamati, K900 bekas yang beredar di pasar kebanyakan hanya dipakai sebentar oleh pemilik lamanya. Ada yang cuma beberapa hari, ada pula yang sampai hitungan minggu. Harga jualnya bervariasi, mulai Rp 3,75 juta sampai Rp 4,1 juta, dan seringkali telah dilengkapi aneka aksesori tambahan. Lumayan kan, Anda bisa berhemat lebih dari setengah juta rupiah.

Catatan:

  • Paket penjualan K900 terdiri atas ponsel, kepala charger 2 ampere, kabel micro USB, dan handsfree berkabel.
  • Saat ini (23 Oktober 2013), harga K900 baru di sebagian gerai sudah terkoreksi Rp 500 ribu menjadi Rp 4,499 juta.

36 thoughts to “Review Lenovo K900: Android Berprosesor Intel Atom”

  1. Pak Herry,

    Lenovo S560 punya saya sudah 2 bulan lebih saya garansikan karena ada area touch di layar yg tidak berfungsi, namun sampai sekarang masih belum selesai.

    Saya pernah melihat beberapa kasus serupa (S560 juga) di suatu situs.

    Jika berkenan, saya minta tolong kepada pak Herry untuk menyampaikan kepada petinggi Lenovo mobile Indonesia agar lebih memperhatikan kualitas after sales dari Lenovo.

    Padahal sebelumnya, saya hampir selalu merekomendasikan smartphone Lenovo jika ada teman / saudara yang ingin membeli smartphone.

    Terima Kasih.

    1. Pak Yopie,

      Lenovo tak bisa mengelak bila kinerja pusat perbaikan resminya masih jauh dari sempurna. Ada banyak hal yang wajib mereka benahi. Semoga saja segera membaik. Saya pribadi sudah berkali-kali “berteriak”, baik langsung ke petinggi Lenovo maupun lewat Trikomsel sebagai distributor ponsel Lenovo di sini.

    1. Pak Jeffry,

      Saya belum pernah mencoba S920.

      Harga Rp 2 jutaannya sampai berapa? Sebab, Rp 2,999 juta masih termasuk Rp 2 jutaan.

  2. Kalo untuk acer c1 sendiri gimana pak performanya?? Rekomended kah?? Pa herry blm pernah review.. worthed kah dibeli?? Sesama intel pa..

    1. Pak Yosep,

      Mohon maklum karena saya baru bisa merespons pertanyaan pada malam ini. Kebetulan beberapa hari terakhir sedang sibuk pindahan ke rumah kontrakan baru.

      Saya memang belum pernah me-review Liquid C1 karena belum pernah menguji pakainya.

  3. pak herry saya mau beli lenovo K900, tetapi sy masih ragu, karena bnyk yg bilang cepat panas, gimana menurut pak herry? Apakah hal itu sangat menggangu? Atau bisa di atasi dengan cara – cara tertentu? Mohon masukan nya pak.

  4. Iya pak nampak’a masalah panas ini menjadi minus yg berarti buat sy pribadi, menurut bapak, dengan kisaran harga dan spek gk beda jauh dengan K900 itu android apa ya pak baik’nya yg sy pilih?

    1. Pak Fawqo,

      Beli Lenovo S820 saja deh. Harga baru sekitar Rp 2,8 juta. Sisa anggarannya bisa ditabung dulu atau digunakan untuk keperluan lain.

  5. Saya pakai lenovo k900 nggak pernah ada keluhan tuh….nyaman-nyaman saja.
    Dua kali ketuk layar langsung menyala…..
    Panas…?, nggak juga tuh….rasanya wajar aja kalau alat electronik dipakai terus menerus satu jam atau lebih pasti suhunya sedikit naik, tapi nggak sampai panas heboh gitu…..
    Nyaman kok……!
    Saya pake lenovo baru kali ini , sebelumnya pake samsung, pernah juga LG dan yang lainnya.
    Nikmati aja apa yang ada digenggaman…..syiiik…..asyiiik…..!

    1. Pak Anto,

      Saat saya mencoba K900, bodi ponsel itu benar-benar panas. Bukan sekadar hangat lagi. Panasnya panas yang sudah nyaris tak memungkinkan digenggam tangan lagi. Hal tersebut berkali-kali terjadi dan tak perlu menunggu sampai satu jam.

      Kalau soal tampilan fisik, K900 memang keren banget sih. Layarnya juga nyaman di mata.

  6. Harga bersahabat dengan spesifikasi tinggi. Tanpa sarung pelindung bagian belakang terasa lebih panas terutama saat bermain game berat. Solusinya gunakan sarung pelindung (case) utk mengurangi panas saat digenggam. Buat mendukung kerja dan nonton, K900 sangatlah tepat.

    1. Pak Nawir,

      Saya lupa K900 bisa ber-video call atau tidak. Ponsel Android Lenovo sih biasanya dapat dipakai video call. Caranya, ketikkan nomor tujuan, tekan options, lalu pilih video call.

    1. Pak Wong Clip,

      Setuju. K900 adalah ponsel Android Lenovo termahal sekaligus terburuk yang pernah saya coba.

  7. Pak Herry, saya sempet ngincar ponsel ini, tapi berhubung review ini bilang panas lah, batre cpt abis lah, layarnya kurang peka lah, saya jd bingung. Mnurut saya ponsel ini powerful bgt meski dual core, tp berhubung non removable batt n LiPo pula jd males beli deh. Skrg harganya 3.2 jt di pasaran, saya cm mo nanya ponsel apa yg lebih bagus dr K900 di kisaran 3-4 jt (dimana speknya udah Quad, full hd vid n cam, suara kayak Sony, OTG, ram 2 gb, cam dpn min 2 mp, bisa upgrade kitkat, ready LTE) maklum agak perfect Pak, soalnya saya males gonta ganti hp, kali bisa beli hp bisa ngikutin jaman smp 5 taun ke depan. trims

    1. Pak Adrian,

      Jawabannya, maaf, tidak ada ponsel yang saat ini memenuhi semua kriteria yang Anda sebutkan. Kalau harga sesuai kriteria, spesifikasi tak memenuhi syarat. Demikian sebaliknya.

    1. Pak Arif,

      Dengan anggaran segitu, saya akan pilih LG G2 Mini yang harganya Rp 3,299 juta. Review sudah diunggah ke blog Ponselmu.com ini.

      Kalau tidak terburu-buru, bulan ini bakal muncul Acer Liquid E700, ponsel Android triple SIM GSM-GSM-GSM. Harganya Rp 3,099 juta. Saya sudah pernah mencoba versi prototipe-nya dan hasilnya bagus. Versi komersial biasanya minimal sama, bahkan lebih bagus, dibandingkan prototipe.

  8. Review saya sbagai pengguna k900 yg hampir 1thn pmakaian. Mnurut saya utk panasnya k900 kalau di pakai utk bermain game saja, pemakaian yg lain seperti internet dan lainya normal saja. Memang waktu pertama kali pakai saya sempat kaget juga kok knp panas ya cover blakangnya tpi stelah di liat saya rasa wajar krn pemakaian back cover nya dari bahan alumunium stelah sbulanan normal saja, n memang batery,y hanya than 1hri sja. Overall sya puas skali dgn kinerja k900 dgn harga yg 3jt an….

    1. Pak Arya,

      Anda menyebutkan kalau telah memakai K900 selama hampir setahun. Sekarang Januari 2015. Saya asumsikan Anda mulai memakai ponsel itu sekitar Februari 2014. Kemungkinan saat itu Anda sudah memperoleh K900 dengan firmware yang lebih baru. Sehingga, ponsel cenderung lebih dingin.

      Pakai K900 warna apa, Pak? Yang warna oranye keren.

  9. Pak hery..
    Mohon maaf sebelumnya,saya mau tanya ttg solusi lenovo K900 yg bermasalah dg kamera tdk fokus lg,selali butam tdk jernih seperti saya baru pakai.
    Atas infonya saya ucapakn terimakasih

    1. Pak Zinyo,

      Kemungkinan besar masalah di hardware yang mesti dituntaskan di pusat perbaikan resmi. Silakan lakukan factory reset dan cobalah kameranya. Kalau sembuh, Anda beruntung. Bila kamera masih bermasalah, silakan mampir ke pusat perbaikan resmi Lenovo.

  10. Terima kasih pak heri yg baik hati atas infonya,maaf saya br merespon,saya br lihat lg..
    Blm saya lakukan tips dari pak heri…
    Dari beli sampai saat ini memang blm saya riset kefactory setting…
    Klo tidak berhasil nasib deh hrs ke servis centre…
    Pasti lama pak heri….
    Saya lebih suka bersabar aja deh kondisi kamerany tdk fokus….
    Salam sukses buat pak heri

  11. Aku punya hp k900 gan..bermasalah pada wifi dan blutooth ..tidak berfungsi…bisa di kasih nyala tapi tidak dapat berfungsi..gimana caranya supaya berfungsi lagi gan..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *