Review Lenovo Livo alias Sisley S90: Dual SIM LTE Berwajah iPhone 6

Tak perlu bingung dengan nama Lenovo Livo, Sisley, atau S90. Ketiganya sebenarnya merujuk kepada ponsel yang sama. Di Indonesia, ponsel Android dual SIM yang mendukung layanan LTE tersebut dipasarkan dengan nama Livo. Karena itu, lebih baik Anda menyebutnya Livo saja.

Livo berdimensi fisik 14,6 x 7,17 x 0,69 sentimeter dan berat 129 gram. Saat dipandang mata, ia terlihat tipis, cantik, dan mewah. Kalau Anda menilainya mirip dengan Apple iPhone 6, Anda tidak salah. Memang begitu kok. Soal harga, Livo yang dibanderol Rp 3,799 juta jelas jauh lebih murah daripada ponsel “apel kroak” itu.

Lenovo Livo-1

Bodi belakang Livo terbuat dari aluminium. Baterai lithium polymer berkapasitas 2.300 mAh ditanamkan ke dalamnya. Untuk memasangkan kartu SIM, pengguna harus menusuk lubang mungil di sisi kiri ponsel, lalu menarik penampang yang menyembul keluar. Dua tatakan kartu micro SIM bakal terlihat. Kartu yang diletakkan di selot SIM1 bisa mengakses jaringan 2G, 3G, maupun 4G/LTE. Sementara itu, kartu di selot SIM2 hanya dapat masuk ke jaringan 2G.

Ponsel Android 4.4.4 KitKat itu kompatibel dengan LTE band 1, 3, 7, dan 20. Kalau dikaitkan dengan layanan LTE Telkomsel, XL, dan Indosat, normalnya pengguna Livo belum bisa merasakan nikmatnya LTE. Sebab, tiga operator itu baru diizinkan menggelar layanan LTE secara komersial di frekuensi 900 MHz. Bila penataan ulang frekuensi 1.800 MHz selesai, mereka baru direstui menawarkan LTE 1.800 MHz.

Praktiknya tidak demikian. Sekarang pun pengguna Livo di kota tertentu sudah bisa merasakan ngebutnya berinternet via LTE. Penulis telah membuktikannya di Surabaya. Dengan embel-embel trial atau uji coba, LTE XL rupanya telah mengudara di frekuensi 1.800 MHz. Pengguna Livo yang sudah membeli paket data 4G LTE XL langsung dapat mencicipinya.

Livo memanfaatkan layar Super AMOLED HD lima inci. Namanya saja HD alias high definition, berarti layar sentuh itu beresolusi 1.280 x 720 piksel. Seseorang yang selama ini menyukai ponsel Samsung karena warna layarnya dianggap “lebih hidup dan berwarna”, mestinya bakal jatuh hati pula dengan layar Livo.

Asalkan telah mengaktifkan fitur smart answer, pengguna bisa menerima panggilan telepon masuk tanpa menyentuh layar atau menekan tombol. Caranya, cukup dekatkan Livo ke telinga. Dengan memanfaatkan fitur perekam otomatis (auto-record), ponsel juga dapat serta merta merekam percakapan.

Lenovo Livo-2

Kamera utama Livo dibekali fokus otomatis dan lampu kilat. Ia mampu menghasilkan foto beresolusi 13 megapiksel dan klip video full HD 1080p. Kalau mau, pengguna bisa mengatur beberapa parameter pemotretan secara manual. Misalnya, ISO/ASA, white balance, kontras, saturasi warna, ketajaman (sharpness), dan exposure.

Hasil jepretan kamera belakang Livo, menurut penulis, secara umum lumayan. Belum bisa disebut istimewa. Satu perkecualian penulis berikan kepada fitur HDR. Kalau fitur itu diaktifkan, warna objek di foto yang dihasilkan seringkali menyimpang jauh dibandingkan warna aslinya. Warna yang tersaji terlalu vivid. Ngejreng.

Beralih ke kamera di sisi muka ponsel Android 4.4.4 KitKat itu. Biarpun tanpa fokus otomatis, spesifikasi kamera depan Livo bukan ala kadarnya. Ia dilengkapi lampu kilat. Kamera tersebut siap memproduksi foto beresolusi delapan megapiksel dan klip video HD 720p.

Agar kamera depan menjepret, pengguna tidak wajib menekan layar. Gerakan tertentu mata atau tangan akan memicu kamera memotret. Misalnya, begitu pengguna memejamkan mata secara perlahan, penghitung waktu segera bekerja. 3… 2… 1… cekrik. Performa kamera depan itu pantas memperoleh acungan jempol.

Prosesor 64-bit quad core Qualcomm Snapdragon MSM8916 1,2 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, wireless display, RAM 2 GB, dan ROM 32 GB merupakan sebagian spesifikasi lain Livo. Karena tidak mempunyai selot microSD, pengguna hanya bisa mengandalkan memori internal dan penyimpanan awan (cloud storage). Namun, keterbatasan itu seharusnya tak perlu dirisaukan. Sebab, ruang kosong di memori internal Livo relatif lega. Saat ponsel baru dikeluarkan dari kardus, sisa kapasitas yang tersedia masih 25,12 GB.

Kalau ditelusuri, masih banyak fitur lain yang tersedia di Livo. Contohnya, Ultimate Power Saver Mode dan Busy Mode. Kegunaan utama Ultimate Power Saver Mode untuk menghemat konsumsi baterai, ketika baterai lemah dan ponsel belum sempat di-charge. Padahal, saat itu pengguna tetap harus bisa dihubungi via telepon dan SMS. Pada mode tersebut, koneksi internet dan beragam fitur lain akan nonaktif. Fitur yang dapat digunakan hanya telepon, SMS, kontak, dan alarm.

Lenovo Livo-20

Sementara itu, Busy Mode akan membuat ponsel diam membisu. Kala ada panggilan telepon dan SMS masuk, ponsel takkan berdering maupun bergetar. Nomor-nomor tertentu dapat dikecualikan dari saringan Busy Mode. Masukkan saja nomor itu ke dalam daftar putih (white list).

Ponsel tersebut juga dibekali fitur anti-spam, private space, dan parental control. Fitur anti-spam siap menghalangi SMS dan telepon masuk dari nomor yang tidak dikehendaki. Private space memungkinkan pengguna menyimpan kontak dan SMS yang dirahasiakan. Sedangkan parental control untuk menyembunyikan aplikasi tertentu dari layar ponsel.

Asal tahu, selama menguji pakai Livo, ada fitur yang setiap malam penulis rasakan manfaatnya. Penulis memadukan timed switch dengan Ultimate Power Saver Mode. Di timed switch, penulis mengatur supaya setiap pukul 23.00-06.00 ponsel otomatis berubah ke Ultimate Power Saver Mode.

Hasilnya, kala penulis tidur malam, ponsel tetap siaga. Panggilan telepon dan SMS tetap bisa masuk, sedangkan email dan pesan WhatsApp sementara tertunda dulu. Saat bangun pagi, ponsel telah kembali ke mode normal. Email dan pesan WhatsApp yang masuk ketika penulis tertidur telah “didorong” ke ponsel. Penulis tinggal membacanya.

Dengan mengabaikan layanan pusat perbaikan resmi ponsel Lenovo, menurut penulis, Livo sebenarnya menarik untuk dimiliki. Apalagi, bila selama ini Anda terobsesi dengan iPhone 6, tetapi belum memiliki anggaran yang memadai.

Kalau mau sedikit usil, setelah membeli Livo mampirlah ke gerai yang menawarkan jasa pemasangan skin atau stiker pelapis bodi ponsel dan laptop. Pasangkan stiker berwarna keemasan dengan logo Apple. Agar warna dan kemulusan stiker itu lebih tahan lama, gunakan hardcase transparan yang disertakan dalam paket penjualan Livo. Nah… sekarang Anda telah memiliki iPhone 6 jadi-jadian bersistem operasi Android dan dual SIM GSM-GSM. Mau coba?

***

Berikut contoh foto yang dihasilkan Livo. Bila tanpa keterangan tambahan, berarti pemotretan dilakukan tanpa mengaktifkan lampu kilat.

Lenovo Livo-3

Lenovo Livo-4

Lenovo Livo-5

Lenovo Livo-6

Pemotretan pagi hari. HDR nonaktif.

Lenovo Livo-7

Pemotretan pagi hari. HDR aktif.

Lenovo Livo-8

Suatu sore yang gerah di suatu restoran.

Lenovo Livo-9

Suatu malam di sebuah toko buah.

Lenovo Livo-10

Kode voucher ini belum pernah saya gunakan. Kalau ada yang akan berbelanja, silakan memakainya. Lumayan, belanja Rp 150.000 cukup bayar Rp 50.000.

Lenovo Livo-11

Lenovo Livo-12

Saatnya mencoba kamera depan Livo. Pemotretan dilakukan di tepi jalan, tanpa mengaktifkan lampu kilat. Tak berani di tengah jalan karena tubuh saya belum kebal kendaraan bermotor.

Lenovo Livo-13

Lenovo Livo-14

Kamera depan Livo dilengkapi lampu kilat. Saatnya mencicipi lampu mungil itu.

Kali ini lampu kilat padam.

Lenovo Livo-15

Sekarang lampu kilat diaktifkan.

Lenovo Livo-16

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

Lenovo Livo-17

Lenovo Livo-18

Lenovo Livo-19

92 thoughts to “Review Lenovo Livo alias Sisley S90: Dual SIM LTE Berwajah iPhone 6”

  1. tanpa menghiraukan masalah harga, kl dibandingkan dg lumia 730, dr mulai kamera, baterai, dan lain2 menurut koh herry mana yg lebih layak dipinang?
    makasih koh

    1. Pak/Bu Nur,

      * Kamera depan: lebih bagus Livo.
      * Kamera belakang: lebih bagus Lumia 730.
      * Baterai: relatif sama.
      * Fleksibilitas sistem operasi: saya sih lebih pilih Android daripada Windows Phone.

  2. Dibanding acer e3, kameranya bagus mana Pak? Batere kira2 bisa bertahan berapa jam dengan aktif bbm dan wa?

    1. Pak Budi Raharjo,

      Kamera belakang lebih bagus Liquid E3, sedangkan kamera depan jauh lebih bagus Livo.

      Saya tidak pakai BBM. Untuk pemakaian ala saya, baterai bisa bertahan 12-14 jam.

    1. Pak Wahyu,

      Kalau dibandingkan Lenovo K910 alias Vibe Z, secara umum lebih baik Lenovo Livo. Keunggulan utama Vibe Z dalam hal daya tahan baterai. Kapasitas baterai tanam Vibe Z kan memang lebih besar daripada Livo.

      Bagaimana bila diadu dengan Vibe X2? Nah… itu yang saya tidak tahu. Sebab, saya tidak pernah menguji pakai Vibe X2.

  3. Waaah ko herry suka bikin ngiler ya..kamera depannya bagus tuh ko..
    Cuma harganya yg 4 jt an rada bikin ngeri kalau ada apa2..
    Saya masih penasaran sama bb sgn os10 nya, andro sm wp sdh pernah. Ada rekomen gak ko?

    1. Pak Edi Santosa,

      Iya, kamera depannya bagus. Sedangkan kamera belakangnya hanya tergolong lumayan.

      Kalau mau coba BB10, beli Z10 atau Z3 bekas dulu saja lho.

  4. Bung Herry, OOT (Out Of The Topic). Untuk flip Acer Z500,apakah kalau flip di tutup,ponsel otomatis mati,dan kalau flip di buka apakah otomatis ponsel menyala. Karena perasaan saya dulu waktu pertama beli,kalau flip di buka dan di tutup berpengaruh pada ponsel. Tapi sekarang,kalau flip di tutup atau di buka tidak berpengaruh pada ponsel. Bung herry,apakah ini wajar atau memang ada gangguan pada flip ponsel. Teria kasih.

    1. Pak Tri Firmansyah,

      Ya, seharusnya otomatis. Coba cek ke menu settings, lalu flip wakeup. Pastikan pilihannya sudah aktif.

  5. Wah, itu lampu kilat padam bisa fokus gitu fotonya. Hasil beberapa kali jepret atau memang bagus kameranya?

    Kipasnya sama banget dengan punya saya. Hihihihi.

    1. Pak/Bu Audi,

      Foto saya pakai helm dan wajah terlihat gelap? Satu kali jepret saja kok. Mungkin masih tertolong pencahayaan di latar belakang ya. Kamera depan Livo, menurut saya, bagus.

      He.. he.. cintailah ploduk-ploduk Indonesia ya.

    1. Pak Victor,

      Oh, itu karena saya mengaktifkan fitur photo mirroring. Jadi, bukan salah kamera depannya.

      Penjelasannya begini:
      * Hasil foto kamera depan ponsel merek apa pun biasanya akan “terbalik”. Misalnya, saya memakai helm tersebut dan mengangkat jempol kanan. Di foto yang dihasilkan, tulisan KYT akan terbaca normal, sedangkan jempol saya ada di bagian kiri foto. Padahal, yang tadi saya acungkan sebenarnya jempol kanan lho.

      * Kamera depan Livo memiliki fitur photo mirroring. Kalau itu saya aktifkan, di foto jempol kanan saya akan terlihat tetap di sebelah kanan. Namun, tulisan KYT jadi terbalik.

      Begitulah ceritanya.

  6. Dengan harga begitu mahal, sensor yg kita dapat sangat minim apalagi belum bisa otg. Yg menarik dr produk ini cuma layar super amoled tp sayang kita harus menebusnya dengan harga yg sangat tinggi. Ini pendapat saya pak.

    1. Pak Kenshin,

      Saya memiliki beberapa alasan. Ada yang masih valid sampai sekarang, ada pula yang sudah kadaluarsa.

      1. Saya tidak selalu memakai peranti BlackBerry. —> ini sudah basi ya.
      2. Memakai nomor HP sebagai identitas saya nilai lebih praktis daripada menggunakan nomor PIN.
      3. Karakter pengguna BBM cenderung tidak sabar. Kalau mengirimkan pesan dan belum dibalas, cenderung nge-ping terus. Padahal, baru lima menit lho.

  7. Pak Herry,
    Kalau ada waktu tolong dibuatkan perbandingan dengan Lenovo P 70 dong. 🙂 Yang jelas batre P70 akan juara,
    BTW baru ngeh Pak Herry ganti frame kaca mata ya? Terlihat lebih ganteng Pak!

    1. Pak Andi A Rusli,

      Tidak akan saya buat dalam bentuk perbandingan. Namun, saya sudah berencana me-review P70 kok. Tanggal 20-an April ponsel itu baru didistribusikan resmi ke Indonesia.

      Iya, saya ganti bingkai kacamata. Gagang kiri dan kanan bingkai yang lama sudah mengelupas. Waktu pilih-pilih bingkai, pemilik toko mengatakan sekarang yang sedang tren frame ala Korea. Ya saya ikut saja deh.

  8. gawai lenovo yg baru1 kok sensornya malah dipotong ya ko, kyk kompas ini kalo sy buat naik gunung berguna bgt buat nentuin kiblat, trs gyroscope buat motret biar sejajar pfftt lenovo yg batre 4000mah jg sensor standar jg yg lg booming a6000 tiada kompas, padahal xiomi sensor lumayan komplit

    1. Pak Arichels,

      Saya penasaran dengan satu hal. Mohon pencerahannya. Anda menuliskan “…gyroscope buat motret biar sejajar…”. Itu cara pakainya gimana ya?

  9. Wah kern juga tampang Livo ini pak…. Menurut Pak HSW, apakah Livo ini cukup layak dengan harganya? 🙂

    1. Pak Tuxlin,

      Menurut saya, lebih asyik kalau harganya Rp 3 jutaan tipis ya. Lebih baik lagi kalau bisa Rp 2,999 juta. 🙂

  10. Om, mau tanya link aplikasi lock screen di home screen itu?
    Soalnya saya search “one lock key” kok ga ketemu.
    Iconnya bagus jadi saya mau coba 🙂
    Atau itu bawaan dari Lenovo ya?
    Matur thank you …

  11. Pak Herry apa pernah melihat atau memegang / mengelus2 Lenovo Vibe X2? Saya ingin tahu menurut Pak Herry secara penampilan fisik dan feel di tangan lbh enak Livo ini atau Vibe X2.

    1. Pak Iwan,

      Melihat Vibe X2 pernah. Memegang beberapa menit juga pernah. Namun, saya belum pernah menguji pakainya.

      Buat digenggam sih lebih enak Livo.

    1. Bu Aaa,

      Tidak benar. Tulisan Lenovo di sisi belakang ponsel tak bisa menyala. Anda mendapatkan informasi dari mana kalau tulisan tersebut dapat menyala?

    1. Pak Ali,

      Mohon maaf atas keterlambatan saya dalam memberikan respons.

      Saya pilih P70. Baterainya itu lho mantap.

    1. Bu Fitri,

      Buat saya, selama cara Oppo berjualan masih kurang jujur, saya takkan me-review dan merekomendasikan produk itu. Mau sebagus dan semurah apa pun, Oppo tetap saya coret deh.

  12. Pak Herry saya pengguna Livo. untuk fitur smart answer, anti-spam, private space, dan parental control itu terdapat di menu apa? trims

    1. Pak Ihsan,

      Saya lupa fitur smart answer ada di sub menu mana. Coba cari dari menu phone atau call settings.

      Anti-spam dan private space ada di dalam menu security.

      Parental control saya juga lupa tepatnya ada di mana. Tak jauh dari menu security deh.

  13. Minta saran

    Saya pengguna lenovo s90 livo sekitar seminggu yg lalu..dihari pertama beli saat di restart hape tidak bisa start up hanya sampai tulisan logi lenovo who those..dan berhenti..sampai akhirnya saya klaim ke tempat saya beli dan diganti unit baru..tapi masalah itu timbul lagi dihape berikutnya..

    Apa ada saran atau solusi..karna toko sudah tidak bisa ganti baru kembali..

    Mohon masukanya

    1. Pak Evan Prihandono,

      Satu-satunya saran yang bisa saya berikan adalah membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Lenovo.

  14. Saya menggunakan lenovo livo sejak 2 bulan lalu, untuk menggantikan sony xperia saya yg 2 bulan di sony service center tanpa ada kepastian.
    Yg kurang dari lenovo livo cuma baterainya & signal yg kadang2 hilang.
    Pak Herry saya mau tanya, dg budget dibawah 5 hp apa yg kira2 bagus, terutama aftersalesnya?
    Terima kasih

    1. Pak Prast,

      Kalau berbincang soal layanan purna jual yang bagus, berarti pilihannya cuma LG, Samsung, dan Acer. Saran saya, silakan melirik LG G2 32GB atau LG G Pro 2. Harga barunya Rp 4 juta.

  15. Pak saya mau tanya bagaimana ya cara untuk menonaktifkan fitur miroring pada kamera depan? Biar tdk kebalik hasilnya. Terima kasih

    1. Bu Nina,

      Saya tak ingat detailnya. Coba jalankan kamera depan dulu, kemudian masuk ke menu pengaturan kamera.

  16. Pak saya mau tanya bagaimana caranya menonaktifkan fitur mirroring pada kamera depan lenovo? Biar hasilnya tdk terbalik.. Terima kasih

    1. Bu Nina,

      Ponsel Lenovo tipe berapa nih? Saya tak hafal satu per satu. Intinya, jalankan kamera depan dulu, kemudian masuklah ke menu pengaturan. Kalau di sana tidak ada, berarti Anda memang tak bisa mengubah fitur mirroring.

  17. saya sudah pakai lenovo s90 dan memakai kartu 4G XL, tetapi tidak bisa mendapatkan akses signal 4G, padahal coverage di tempat saya untuk 4G XL sudah bisa di nikmati.
    bisa minta tolong solusinya koh, kenapa lenovo s90 saya tidak bisa akses ke 4G lte..
    Terima Kasih

    1. Pak Andi Sutriandi,

      Apakah Anda yakin sinyal 4G LTE XL di lokasi Anda bagus? Saya sehari-hari di Surabaya. Di sini sinyal LTE XL nggak terlalu bagus lho.

      Hal lain, apakah Anda sudah berlangganan paket data 4G LTE XL? Kalau belum, Anda takkan bisa berinternet di jaringan 4G LTE XL.

  18. saya kepingin beli ini, tapi pas baca kalo dia ga ada slot microSD jadi ragu2. bener tuh 32GB masih cukup untuk menyimpan? saya takut insufficient storage lagi kayak hp saya sekarang..

    1. Bu Talisa,

      Kalau Anda tidak menyimpan banyak file multimedia atau menginstalasikan banyak aplikasi tambahan, 32 GB mestinya masih memadai.

  19. ko herry saya mo tanya klo dbandingkan dengan lenovo A7000 plus bagus mn? krn dr segini hrg dan spec ga kalah ma seri S90 livo, Thx

  20. bapak,

    kalo mau meminang HP ini sama zenfone selfie kira2 oke mana ya?
    saya sebenernya cari macam xiaomi yg kameranya bagus, tapi internal cuma 16 dan gbisa nambah external 🙁 [saya g mau beli xiaomi garansi distributor]

  21. Pak herry , mau nanya , aaya pengguna livo baru beli semalam, saya masih bingung jika saya ingin telfon/sms selalunya otomatis lewat sim 1 , padahal saya ingib call/sms lewat sim 2 , nah di situ ga ada pilihan sim 2 , hanya pilihan sim 1 , itu bagaimana caranya pak ?

    1. Pak Denazar,

      Saya tak ingat menu detailnya. Coba masuk ke settings, lalu cari menu SIM Management atau yang bermakna mirip. Di bagian call, ubahlah dari SIM1 menjadi always ask.

  22. kak bagusan mana antara lenovo s90 dengan samsung galaxy j5/j5(2016) berdasarkan hasil kamera depannya .makasih

    1. Bu Syifa,

      Kamera depan S90 versus Galaxy J5: lebih bagus S90.

      Kalau dengan Galaxy J5 (2016) saya tak tahu karena belum pernah mencoba ponsel itu.

    1. Pak Denny,

      Ketika iPhone tipe tertentu akhirnya masuk resmi ke sini, sudah terasa terlambat banget. Ditambah dengan harga jual nan tinggi, nggak berani iseng beli deh.

  23. Pak Herry,

    1) Lenovo Livo S90 vs Asus Zenfone Max, hasil foto kamera belakangnya lebih bagus mana ?
    2) Apakah Lenovo Livo S90 ada GPS ? Bila ada, apakah GPS-nya bisa diandalkan ?

    Terima kasih

  24. Pak gimana biar hasil video lenovo sisley ini tdk terbalik (unmirror) nyesel deh beli hp ini klo hasil videonya kebalik, udh di cari pengaturan gaada jga, cma foto doang yg ada efek mirror nya, video gabisa, apa ada solusi?

    1. Pak Andre,

      Maksudnya terbalik kiri-kanannya ya? Sepertinya memang tak bisa diatur. Coba install aplikasi kamera pihak ketiga saja deh.

      1. Iya terbalik kiri kanan hasil videonya, saya udh nyoba beberapa aplikasi video record dan hasilnya pun tetep sama, mengecewakan.

        1. Pak Andre,

          Kalau Anda sudah mencoba aneka aplikasi dan tetap kecewa, saya nggak bisa berkata-kata lagi deh.

  25. Pak kenapa hasil kamera depan video lenovo livo ini gambarnya terbalik (mirror). saya udah otak-atik pengaturan, tapi hasilnya tetep aja gambarnya terbalik, cuma foto doang yg ada fitur mirror agar gambar tidak terbalik, saya nyesel beli hp lenovo livo ini kalo hasil rekaman video kamera depannya terbalik, Apa ada solusi agar hasil video kamera depan nya tidak terbalik? thx

    1. Pak Andre,

      Terbalik kiri-kanan atau atas-bawah? Kalau kiri-kanan dan memang tak ada pengaturannya, ya silakan mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga deh.

  26. Hpku sering banget pas restart gamau nyala cuma sampai logo mau ga mau harus restart data pabrik lagi,udah 4x aku harus instal ulang dan kehilangan semua file&aplikasi.. Knp kebanyakan yg punya hp s90 pernah ngalamin seperti itu,sarannya dong om harus gmna,sedih bgt selalu instal ulang ky hp baru lg

    1. Pak Pandu,

      Apakah Anda sudah menggunakan kartu SIM yang mendukung 4G LTE? Apakah Anda berada di area 4G LTE dan pengaturan ponsel sudah benar? Tiga hal itu wajib terpenuhi semua.

  27. Koh sya pengguna baru livo mau nanya si lokasi saya sdh 4g kartu perdana saya jga udah updrade ke 4g tapi sinyal msih di posisi H+ ,Kalo kartu sya pindahkan ke hp samsul j3 signal ya 4g ok. Mohon petunjuk pangaturan livo yang tepat dan benar.

    1. Pak Darham,

      Cek pengaturan jaringan ponsel Anda. Pastikan yang aktif adalah otomatis LTE/3G/2G atau yang bermakna sama.

  28. pak Herry, apakah pernah mereview asus zenfone selfie ZD551KL
    untuk kualitas video call, lebh bagus yang mana ya? lenovo S90 ataukah asus zenfone selfie ZD551KL

    Terimakasih banyak atas informasinya

  29. Pak Herry,
    Hari ini saya beli S90 lewat Blibli. Penasaran ama NFCnya pak. Dalam rangka non tunai tol di Jakarta dan Bandung pak, jadi bisa dipakai minimal buat cek sisa saldo dalam kartu. Saat uji pakai, pak Herry sempat menggunakan NFCnya? Kira2 saat ini apakah sdh dpt update ke Lolipop ya pak?

    1. Pak Erwin Priyatna,

      * Saya tak ingat dulu sempat mencoba NFC-nya atau tidak.
      * Tak tahu. Saya sudah tidak mengikuti perkembangan ponsel itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *