Review Lenovo P90: Penerus K900 yang Bebas Panas

Setiap mendengar kata Lenovo dan Intel, penulis langsung teringat dengan Lenovo K900. Dua tahun lalu penulis mencoba ponsel itu. Tampilan fisiknya keren, tetapi bodinya mudah panas. Ya, panas. Bukan sekadar hangat. Ketika telah panas, tangan telanjang mulai kesulitan menggenggam K900.

Dua bulan silam, kala Lenovo P90 dipasarkan resmi di Indonesia, penulis tertarik mencobanya. “Ingin tahu masih panas seperti K900 atau tidak,” jawab penulis saat ditanya beberapa teman. Hasil akhirnya, P90 lebih sejuk daripada K900. Ponsel itu juga sedikit lebih adem ketimbang Asus Zenfone 2 yang pernah penulis uji pakai.

Lenovo P90-3

P90 hadir dengan layar IPS 5,5 inci beresolusi full HD 1.920 x 1.080 piksel. Tampilan layarnya cenderung teduh di mata. Ikon dan huruf dapat disajikan dengan prima. Tombol volume dan tombol power diletakkan di sisi kiri ponsel. Konektor audio 3,5 milimeter akan ditemukan di sisi atas, sedangkan konektor micro USB di bagian bawah ponsel.

Penulis menggunakan P90 berwarna putih. Putihnya ponsel itu bukan menyerupai putih susu atau putih beras, melainkan lebih mirip putihnya mutiara. Agak mengilap. Saat digenggam, permukaan ponsel tidak terasa licin. Bila ingin lebih kasat, pengguna tinggal memasangkan hard case tambahan yang disertakan dalam paket penjualan.

Ponsel berukuran 150 x 77,4 x 8,5 milimeter dan berat 156 gram itu dibekali dua kamera. Kamera utamanya sanggup menghasilkan foto beresolusi 13 megapiksel dan klip video full HD 1080p. Kamera tersebut dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat.

Lenovo P90-1

Satu kamera lain berada di sisi muka. Ia siap memanjakan pengguna yang gemar melakukan selfie. Kemampuan maksimalnya memproduksi foto beresolusi lima megapiksel dan klip video full HD 1080p.

Kamera depan P90 tanpa fokus otomatis dan lampu kilat. Kalau merasa pencahayaan di lokasi selfie kurang terang, pengguna tinggal masuk ke menu kamera depan, lalu memilih fill light. Hasilnya, sebagian area layar akan memendarkan cahaya. Cahaya yang dipancarkan memang tidak sekuat lampu kilat, tetapi dalam kondisi tertentu lumayan membantu.

Prosesor 64-bit empat inti (quad core) Intel Atom Z3560 1,83 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, RAM 2 GB, dan ROM 32 GB merupakan sebagian spesifikasi lain P90. Memori internal ponsel single SIM itu terdiri atas satu partisi saja. Saat ponsel kali pertama diaktifkan, ruang kosong yang tersedia mencapai 23,74 GB.

Lenovo P90-2

Di P90 tidak tersedia selot microSD. Pengguna yang gemar membawa koleksi film dapat menyimpan kumpulan file miliknya di USB flashdisk. Selanjutnya, hubungkan USB flashdisk itu ke P90 dengan memanfaatkan adapter USB On-The-Go. Adapter tersebut telah disertakan dalam paket penjualan.

Satu-satunya selot kartu di P90 siap menampung sekeping micro SIM. Nomor yang siaga leluasa memasuki jaringan 2G, 3G, maupun 4G LTE. Pengguna bisa mengunci ponsel agar selalu berada di jaringan 2G atau 3G. Namun, pengguna tak bisa mengatur ponsel setia di jaringan 4G.

Apakah kemampuan LTE P90 bisa dipakai di sini? Ponsel itu mendukung LTE FDD band 1, 3, 7, dan 20. Kalau diterjemahkan sesuai kondisi LTE di Indonesia, P90 cocok untuk LTE 1800. Sekarang baru XL yang menjalankan LTE 1800 di beberapa kota. Telkomsel dan Indosat yang kini mengoperasikan LTE 900 bakal segera menyusul di LTE 1800.

Lenovo P90-4

Beberapa fitur lain P90 yang menarik dicoba, di antaranya, perekam percakapan otomatis. Cara mengaktifkannya, masukkan ke settings, system, call settings, lalu auto voice recording. Geserlah tombol di sisi kanan atas sampai berwarna biru. Pembicaraan telepon yang dilakukan pengguna bakal direkam dan disimpan di folder audio. Untuk mempermudah pencarian hasil rekaman, ponsel otomatis akan membuat folder berdasarkan nomor telepon. Satu nomor telepon, satu folder.

P90 juga dilengkapi smart answer. Dengan mengaktifkan fitur itu, pengguna tak perlu menyentuh layar atau menekan tombol apa pun saat akan menerima panggilan masuk. Pengguna cuma perlu mendekatkan ponsel ke telinga. Dalam hitungan sepersekian detik, pengguna sudah dapat mulai menyapa penelepon.

Untuk memantau kecepatan koneksi internet, pengguna tidak usah menginstalasikan tambahan. Silakan masuk ke settings, system, dan notification center. Kini sentuhlah kotak kosong di samping tulisan display current network speed. Kecepatan koneksi spontan muncul di kanan atas layar.

Ponsel Android 4.4.4 KitKat tersebut menggunakan baterai tanam 3.900 mAh. Penulis rutin memakainya untuk bertelepon, WhatsApp, email, browsing, memotret objek menarik, dan (terpaksa) menerima SMS spam penawaran ini-itu. Dengan perilaku pemakaian seperti itu, baterai P90 rata-rata bertahan 16 jam.

Sesekali, saat daya baterai mulai melemah, penulis belum bisa segera men-charge baterai ponsel. Untuk menghemat konsumsi baterai, penulis mengaktifkan Ultimate Power Saver Mode. P90 bakal berubah menjadi ponsel dengan kemampuan terbatas. Koneksi internet padam, tetapi penulis masih bisa bertelepon dan ber-SMS.

Lenovo P90-25

Menurut penulis, secara umum kinerja P90 cukup memuaskan. Ponsel itu tergolong gegas. Bodi yang hangat masih bisa dimaklumi. Tidak adanya selot microSD juga dapat ditoleransi. Bagi penulis yang tak gemar menonton kumpulan video via ponsel, sisa memori awal sebesar 23,74 GB sudah memadai kok.

Penulis justru lebih mempermasalahkan posisi tombol volume dan power yang berada di samping kiri. Dua tombol itu akan lebih nyaman ditekan seandainya diletakkan di sisi kanan. Satu lagi, umpama P90 adalah ponsel dual SIM, ia akan lebih menarik.

Saat ini harga ritel resmi P90 dipatok Rp 3.999.000. Terlalu tinggi sehingga kurang menarik dibandingkan aneka ponsel lain, termasuk sesama Lenovo? Iya, penulis berpendapat begitu. Lenovo seyogianya segera melakukan koreksi harga jual resmi. Paling gampang, perhatikan pergerakan harga pasar Asus Zenfone 2 ZE551ML deh.

Ssstt… ada bocoran untuk peminat P90. Cobalah mampir ke gerai Erafone terdekat. Gerai berjaringan nasional itu sudah menurunkan harga jual P90 menjadi jauh di bawah harga ritel resminya. Peminat bisa menebusnya dengan uang mahar sedikit di atas Rp 3 juta saja. Jadi berapa? Gantilah salah satu angka sembilan dengan angka nol.

***

Contoh foto yang dihasilkan P90.

Lenovo P90-5

Lenovo P90-6

Lenovo P90-7

Lenovo P90-8

Lenovo P90-9

Kamera P90 dilengkapi mode HDR. Bagaimana hasil fotonya dibandingkan mode normal?

Foto ini dijepret dengan mode normal.

Lenovo P90-10

Mode HDR diaktifkan. Seperti ini hasilnya.

Lenovo P90-11

Lenovo P90-12

Lenovo P90-13

Lenovo P90-14

Lenovo P90-15

Lenovo P90-16

Lenovo P90-17

Lenovo P90-19

Lenovo P90-18

Lenovo P90-20

Satu foto berikut ini dijepret menggunakan kamera depan.

Lenovo P90-21

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

Lenovo P90-22

Lenovo P90-23

Lenovo P90-24

176 thoughts to “Review Lenovo P90: Penerus K900 yang Bebas Panas”

  1. Pak Herry apakah ada yang versi dual sim? dengan harga segitu worthed nggak untuk dibeli? produk yang sebanding speknya merk apa ya Pak? Terimakasih

    1. Pak Al,

      Tidak ada yang dual SIM.

      Menurut saya, harganya terlalu tinggi. Idealnya maksimal Rp 2.999.000. Yang paling cocok dijadikan pembanding adalah Asus Zenfone 2 ZE551ML dan Lenovo P70. Saya lebih memilih P70.

  2. Dear pak herry
    Terima kasi pak herry buat reviewnya, sudah lama saya merhatikan ponsel ini, cuma karena harga yg msh tinggi dan os yg sdkit trtinggal mengurungkan niat saya buat membeli
    Hasil kameranya sendiri jika dibandingkan dengan xiaomi mi4i bagusan mana ya pak? Performanya sendiri sepertinya sekelas zenfone 2 ram 2 giga ya

    1. Pak Qashmal,

      Lebih bagus hasil jepretan kamera Mi 4i.

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba Zenfone 2 yang RAM 2 GB.

  3. Pak herry,

    Jika disandingkan p90 dengan mi4i mana lebih baik ?
    dari segi performance dan juga desain.

    Tks

    1. Pak Achmad,

      Lain kali pertanyaan yang sama cukup dikirimkan satu kali ya. Jangan dobel seperti sekarang.

  4. Ini dia yang sudah saya tunggu. Mohon info pak Herry apakah kalau hasil kamera dibandingkan dengan lenovo P70 dan xiaomi mi4i lebih bagus mana baik dari sisi kamera depan maupun belakang.

  5. Jadi gimana pak kalau di bandingkan dengan xiaomi mi4i secara keseluruhan ?hehehehe ( masih penasaran )

  6. Malam Pak Herry
    Menurut Bapak Antara Lenovo dan Xiaomy
    Mana yang Lebih Baik tentang servis center nya
    Dan Masalah Suku Cadang
    Antara lenovo dan Xiaomy lebih gampang mana pak bila kita mencari bukan dari servis center masing-masing
    Makasih Pak Herry

    1. Bu Winda Sirait,

      Xiaomy? Mungkin yang Anda maksud Xiaomi ya. Layanan pusat perbaikan resmi Xiaomi lebih bagus daripada Lenovo.

      Soal suku cadang, kalau Anda mencari di luaran, ya sama-sama sulit deh.

  7. Penasaran saja, sepertunya dulu akan di review adalah P90 hitam, tapi diaini kok jadi putih?

    Apakah jadi mereview alcatel onetouch flash plus Pak?

  8. Oke pak terimakasih
    Tapi kalau di liat dari paket penjualannya lenovo lebih niat jualan ya pak hehehehe

    1. Pak John Kristianto,

      Ya, isi paket penjualan Lenovo tergolong lebih komplet. Pengguna tak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli aksesori.

  9. kompetitor sesungguhnya buat Zenfone 2 ram 4 gb kayaknya K80 koh. ada bocoran apakah K80 akan dijual di indonesia ga?

    1. Pak Eykin,

      Belum ada kabar soal rencana pemasaran K80 di Indonesia. Kalau K80 black market sih sudah ada. Sempat ada yang menawari saya.

  10. Lenovo P90 awalnya saya anggap sebagai pengganti lenovo P780, tapi ternyata tidak.

    Lenovo sekarang tidak seperti dulu, seperti ikan mati, hanya mengikuti arus saja.

    Redmi note disusul lenovo A7000
    Redmi 2 disusul lenovo A6000

    Soal kamera lenovo juga kurang serius, ui pun sangat membosankan. Saya sebagai pengguna Lenovo P780 turut berduka atas kelahiran adiknya lenovo P70 yg mempunyai kamera mengecewakan, layar sebatas HD, dan masih pakai mediatek.

  11. Pak, boleh tanya ga? tp bukan tentang p90 tentang kartu 3, kenapa ya kadang kalau buka website kayak kaskus, dll itu ada tulisan “Timeout occurred while processing the operation.” ?

  12. Pak Herry,
    ada beberapa rekomendasi dual sim LTE di bawah 5jt? tadi sempat cari huawei ascend p7 & honor 6, ternyata yg masuk versi single sim.
    mi4i sempat masuk pertimbangan, tapi agak minus di microSD
    terimakasih

    1. Pak Prast,

      Untuk kondisi sekarang, idealnya cari ponsel dual SIM LTE yang mendukung LTE 900 dan 1800.

      Dengan anggaran kurang dari Rp 5 juta, yang saya rekomendasikan justru beberapa tipe ponsel dual SIM yang harganya di bawah Rp 2 juta.
      * Xiaomi Redmi 2
      * Acer Liquid Z410

  13. saya tadi sempat lihat foto anda yg ada iklan nya bb passport saat melihat review ini. itu dimana ya pak?

    Di plasa simpang5 semarang yg bagian jual beli hp sekarang malah didominasi iklan merk oppo, dan ruang iklan untuk samsung semakin sedikit. Sebelumnya variasi antara bb, samsung dan beberapa merk lokal, tapi lebih banyak iklan samsung nya.

    1. Pak Ari,

      Foto saya yang ada iklannya BlackBerry Passport? Oh, maksudnya foto neon board Passport yang saya jepret ya? Itu di WTC Surabaya.

      Kalau di Surabaya, neon board Oppo sempat mendominasi, menggantikan Samsung. Kini sebagian di antaranya telah diambil alih Samsung (lagi) dan Vivo.

  14. Pak Herry,
    maaf oot, mau tanya kira-kira tablet yang layak beli apa ya sekarang. Kebutuhannya hanya untuk nonton film, browsing, main game causal, sosial media.
    Budget kalo bisa jangan lebih dari 3 juta. Tablet hanya digunakan kebutuhan sekunder, saya masih ada ponsel utama.
    Terima kasih πŸ™‚

  15. Pak Herry minta rekomendasinya dong.. mau beli andro budget 1,5 jutaan.. tapi bingung mana yg speknya bagus.. Redmi 2 produk cina tapi apakah performanya bgus pak? trima kasih..

    1. Pak Tuxlin,

      Benar. P70 kan lebih murah plus dual SIM. Trus, P70 lebih sering dipromosikan daripada P90.

  16. Pak Herry

    Saya sudah sempatkan baca review Mi Pad nya. Tapi sayang Mi Pad tanpa SIM Card. Bisa sih tabletnya saya tether via wifi dengan ponsel utama, tapi ponsel utama saya akan cepat habis baterainya. πŸ˜€

    Ada saran lain Pak Herry untuk tablet yang punya fitur 3G? Buat jaga-jaga saja sih pak tujuannya.

    1. Pak Sacti,

      Hmmm… pilihan saya adanya di atasnya (Rp 5 jutaan) atau jauh di bawahnya (kurang dari Rp 1,5 juta.

      Kalau yang Rp 5 jutaan, Samsung Galaxy Tab S. Sedangkan yang kurang dari Rp 1,5 juta, ada Acer Iconia Tab 7 dan HP 7 Voice Tab.

  17. oom herry, kalo anggaran maks 4jt (mumpung THR :p) bisa dapat hp apa? kebutuhan kamera oke, ga lelet, batere oke. nuhun.

    1. Pak Reymon,

      Anda boleh melirik LG G Pro 2. Kalau anggaran bisa ditambah sampai Rp 4,5 juta, silakan meminang Sony Xperia Z1.

  18. Koh kalo ada kesempatan tolong di review Alcatel Flash Plus , sy penasaran krn sy pakai Jiayu S3 yg speknya mirip, namun Alcatel punya layar HD yg pst lbh ramah pada batre, selain batre nya juga besar 3500mAh. Ini spek ideal versi sy loh…

    1. Pak Dudde Riz,

      Kalau sebelumnya Anda memakai P780, saya lebih menyarankan Anda migrasi ke P70, bukan P90. Biar tetap merasakan baterai besar dan dual SIM. Harga P70 juga lebih murah daripada P90.

  19. maaf pak out of topic. kalau di suruh pilih antara lenovo a6000, xiaomi redmi 2, smartfren andromax r. pak herry lebih pilih yang mana?
    ngomong2 kemaren malam minggu pak herry ke BNS ya?

    1. Pak Danny,

      Saya belum pernah menguji pakai A6000 dan Andromax R. Jadi, ya belum tahu pilih yang mana.

      Ini maksudnya BNS di Batu? Kalau iya, berarti konfirm bukan saya. Saya sudah bertahun-tahun tidak bepergian ke Batu. Terakhir kali pada Oktober 2012.

  20. Pak Herry,

    apa gak ada rencana review Wiko?
    saya tertarik ama Wiko Ridge Fab 4G yang lagi PO di blibli.com, harga promo juga..

    atau Pak Herry ada recommend utk harga kisaran 2jt, buat gantiin K-Touch istri saya nih..

    Thanks pak Herry.

    1. Pak Erik,

      Belum ada rencana. Mau iseng beli juga belum berani karena harga jual bekasnya pasti turun banget.

      Kisaran Rp 2 juta itu maksimal berapa, Pak? Sebab, Rp 2,999 juta pun masih termasuk sekitar Rp 2 juta. Ini ada beberapa ponsel yang saya rekomendasikan. Anda tinggal menyesuaikannya dengan anggaran:
      1. Acer Liquid Jade Rp 1,999 juta.
      2. Sony Xperia M2 dual Rp 2,475 juta.
      3. Xiaomi Mi 4i Rp 2,799 juta.

  21. pak herry mo numpang tanya nich untuk 3 hp ini mana yg lebih baik dr segi performa, hasil kamera dan suara speaker oh y 1 lg servis center.ny.
    lenovo a7000
    zte nubia z5s mini
    xiaomi redmi note 4g

    mksi ats jawaban.nya

    1. Pak Ncak Nardi,

      Saya belum pernah menguji pakai A7000 dan Redmi Note 4G. Jadi, belum tahu bagaimana perbandingannya. Kalau Nubia Z5s Mini secara umum cukup bagus.

      Soal pusat perbaikan resmi:
      * Lenovo: kinerjanya tergolong mengerikan.
      * ZTE: masih misterius.
      * Xiaomi: Redmi Note 4G berarti pasti bukan bergaransi resmi. Siap-siap emosi deh berurusan dengan pusat perbaikan milik distributor independen.

      Jadi, dalam kasus ini, pusat perbaikan resmi Lenovo yang lebih bagus. Bukan karena kini kinerja pusat perbaikan resmi Lenovo sudah jempolan, melainkan karena dua lawannya lebih ringan. πŸ™‚

  22. Sekedar sharing. Saya pakai Lenovo P70 sudah dua bulan lebih, secara puas banget dengan kinerja dan daya tahan baterainya. Kamera lumayan walau tidak sebagus Lenovo K900. Suara music lewat speaker kurang nendang walau cukup keras. Yang paling saya suka GPS-nya bagus banget nguncinya cepat, dual sim, ada slot SD card dan USB OTG.

  23. Pak tolong tanya, saya ada rencana ambil mi 4i , tetapi sy dengar mi4i ini cepat panas , apakah benar ? Apakah bapak pernah mereview mi 4i ? Kalo sdh tolong bisa di share linknya , terima kasih

  24. O yah 1 lagi denger2 camera nya juga kurang bagus buat 13 mega , apakah benar ? Terima kasih pak di tunggu reviewnya

  25. Pak Herry,

    dgn ram yg sisa 300 itu apa gak lag pak?
    kira2 apa yg bikin ram tersisa cuma sesedikit itu ya pak meski kondisi kosongan bawaan pabrik?

    makasih

    1. Pak Hendra Martono N,

      Tidak lag.

      Lha ponsel kan saya gunakan untuk telepon, WhatsApp, dll. Jadi, ya sangat wajar kalau RAM-nya berkurang. Kalau RAM-nya utuh, hal itu justru aneh.

  26. Pak Herry,

    yg dimaksud bapak 300 mb diatas itu kondisi setelah diinstali macam2 kah?
    saya kira baru keluar dari box udah segitu
    foto diatas ada yg dibawahnya bertuliskan ram 1.1gb used 0,93gb free itu kondisi masih belum diinstali apapun ya pak?

    kalo dibanding mi4i gegas mana pak? dan juga kalau buat main game yg berat bagus mana?

    maaf ya pak banyak tanya
    makasih

    1. Pak Hendra Martono N.,

      Ya, 300-an MB itu setelah saya pakai macam-macam.

      Kondisi awal waktu belum diutak-atik seperti yang terlihat di screen capture.

      Tingkat kegegasan relatif sama. Game berukuran file terbesar yang saya coba Asphalt 7: Heat. Sama-sama lancar.

  27. Pak Herry SW, saya mau mengajukan 2 pertanyaan:
    1. Kalau Lenovo P90 dibandingkan dengan Xiaomi mi4i, kelebihan apa saja yang dimiliki Lenovo P90?
    2. Dengan pemakaian yang relatif sama, Lenovo P90 dengan mi4i kira-kira bisa dipakai berapa lama?

    Terima kasih sebelumnya.

    1. Pak Dickey,

      1. Sekali di-charge, baterai P90 mampu bertahan lebih lama.

      2. Durasi bergantung intensitas pemakaian. Baterai P90 secara umum bisa bertahan sekitar dua lebih lama daripada Mi 4i.

  28. Selamat Pagi Pak Herry
    Saya mau tanya erafone di wtc surabaya ada tidak?
    Terus Kira-kira promo lenovo p90 di erafone sampai kapan?
    Yang terakhir selain lenovo p90 ada tidak promo lenovo yang lain ?
    trims..

    1. Pak Reza Fadel,

      Wah, Anda serasa bertanya ke pengelola Erafone. Saya tak tahu sampai sedetail itu. Silakan datang langsung ke Erafone.

  29. pak herry,

    saya tertarik dengan lenovo A7000… kapan akan dibahas pak karena banyak menarik peminat tiap ada flash salenya.

  30. Ko Herry,

    menurut anda suara speaker P90 ini cempreng/tidak? soalnya 2x saya menemui org yg mengeluh cempreng, terutama jika volume agak dikeraskan. makasih.

    1. Pak Hendra Martono N.,

      Saya sempat mengalami hal itu saat yang terpasang kartu SIM Indosat. Begitu diganti dengan nomor Telkomsel, XL, maupun Tri, suara cemprengnya hilang. Balik ke Indosat, eh… cempreng lagi. Jadi, saya menyimpulkan kalau yang salah operatornya.

  31. Ko Herry,
    bukan, maksud saya bukan earpiece tapi speaker belakang yg lobang kecil2 itu. coba dibuat setel musik apa cempreng?

    dan kalo di mi4i anda sering dengar cacat produk layar ngangkat, kalo di p90 ini apa ada cacat yg perlu saya perhatikan waktu membeli?

    thx

    1. Pak Hendra Martono N.,

      Oh speaker di belakang. Tidak cempreng.

      Tak ada hal khusus yang perlu diperhatikan.

  32. Ko Herry,

    ko led notifikasi di p90 ini cuma jalan buat sms sama missedcall ya?
    kalo buat lainnya spt wechat bbm whatsapp LINE gak ada yg jalan semua ya?
    thanks

    1. Pak Hendra Martono N.,

      Ya, benar. Kalau tak salah ingat, telepon masuk juga bisa dapat notifikasi.

  33. Ko Herry,

    wah gmn ya kalo gak jalan semua gitu led notifikasinya?
    apa gitu itu bisa sembuh jika ada software update lagi?

    1. Pak Hendra Martono N.,

      Lha LED notifikasinya sejak awal kan memang cuma didesain untuk fungsi tersebut. Bukan untuk yang lain.

      1. ko hery klo lenovo p70 vs xiaomi mi4i vs alcatel one touch flash plus n zte blade s6.
        diantara 4 hp tersebut yg paling bgs performa, kamera, n batre yg paling awet ko hery lebih recomended yg mana..?

        1. Pak Ncak Nardi,

          Saya belum pernah mencoba Flash Plus dan Blade S6.

          Kalau P70 versus Mi 4i:
          * Kamera lebih bagus Mi 4i.
          * Baterai jauh lebih awet P70.
          * Performa lain relatif imbang.

  34. Pak Herry, kalau misalnya saya beli P70 sambil menunggu vibe shot masuk Indo kira2 rugi atau gmna pak?pas vibe shotnya masuk, p70 saya jual biasanya laku brpa ya pak?
    Trus menurut bapak xperia M4 aqua gimana scr spek dll pak?

    1. Pak Doni Turnip,

      Ya pasti rugi. Kan harga jual ponsel bekas selalu turun, kecuali ada kejadian yang di luar dugaan. Misalnya, kurs dolar AS mendadak naik tajam dan barang langka.

      Saya belum tahu Vibe Shot layak beli atau tidak. Karena masa tunggunya tinggal sekitar sebulan, menurut saya, bila Anda memang tertarik Vibe Shot, lebih baik jangan membeli P70 dulu.

      P70 bekas kalau dijual ke pengguna langsung masih bisa tembus Rp 2,2 juta. Kalau Anda tawarkan ke toko, bisa-bisa ditawar Rp 1,5 juta.

      Saya belum pernah menguji pakai Xperia M4 Aqua. Jadi, belum bisa berkomentar.

  35. Ko Herry,

    oala berarti lain ya ko dgn mi4i? saya tanya2 ke bbrp org katanya di mi4i jalan semua led notifikasinya utk semua aplikasi diatas

  36. Kalau gt saya tunggu vibe shot aja deh, ngikutin saran Pak Herry…
    Perkiraan harganya katanya 5jutaan ya Pak?
    Lanjut nabung lagi kalo gitu mah..
    Terimakasih Pak sarannya

    1. Pak Doni Turnip,

      Dengan kurs Rp 13 ribu, mestinya Rp 4,5 juta sampai Rp 4,6 juta. Entah kalau kemudian ada perubahan kondisi atau kebijakan.

      Vibe Shot tanpa garansi resmi sudah mulai muncul di pasar. Harga Rp 5,3 juta.

  37. Ko Herry sy mau nanya, merek merek kayak lenovo xiaomi sama asus itu aman ga sih? Soalnya udah terbiasa sama merek nokia samsung sony dan sejenisnya dan blm pernah make hp yang merek merek baru sekarangini. Aman disini maksudnya jangka waktu pemakaian dan kualitas servis center. Saya mau ganti antara Xperia E4, G2 Mini sama Lenovo A6000+. Menurut ko herry bagusan mana? Sekarang saya pake nokia xl. Jawabannya ditunggu ya ko

    1. Pak Toni Harianto,

      Hmmm… kalau yang dimaksud aman adalah jangka waktu pemakaian dan kualitas layanan pusat perbaikan resmi, berarti Lenovo dan Asus silakan Anda coret. Xiaomi masih aman.

      Saya belum pernah mencoba A6000 Plus. Kalau Xperia E4 versus G2 Mini, saya lebih memilih G2 Mini.

  38. Soalnya saya takut cepet rusak ko. Merek merek gituan kan katanya cepet rusak. Pengalaman pake nexian mirip bb dulu baru 2 bulanan keyboard nya udah gak bisa ngetik lagi

    1. Pak Toni Harianto,

      He.. he.. Nexian jangan dibandingkan dengan Lenovo, Asus, apalagi Xiaomi deh. Beda kelas.

  39. Pagi.maaf minta saran pak hery.budget maks 3 jt,kamera bagus audio ok,internet cepat dan purna jual bagus,baiknya hp apa?baiknya beli dmn?biar gak ketipu.

    1. Bu Pipit,

      Purna jual yang dimaksud di sini apakah layanan pusat perbaikan resminya? Kalau iya, berarti pilihannya hanya LG, Samsung, dan Acer.

      Dengan anggaran maksimal Rp 3 juta, sepertinya pilihan yang tepat Acer Liquid Jade. Beli di gerai Erafone saja.

      Di rentang harga segitu, sebenarnya ada pula LG Magna dan Acer Liquid X1. Namun, saya belum pernah coba.

  40. Pak herry knp tidak tertarik review lenovo a7000? Saya mau beli jadi gk berani….. kira2 bugjet 2 juta dg ram 2g yg bagus apa ya. Kebutuhan cuma foto n internetan aja.makasih

  41. Mas…., ada beberapa pertanyaan nih.

    1. Setelah baca komentar dari atas, batre p90bisa lebih tahan lama 2 jam dari mi4i, nah klo dibandingka p70 gimana?

    2. Saya lagi berniat cari hape lagi satu berhubung p780 udah berumur 2 tahun. Pilihannya p70, p90 atau mi4i.
    Dengan p780 sy biasa bertahan dari jam 5 atau 6 pagi sampai jam 9 atau 10 malam, dengan pemakaian saya ini kira2 klo pake mi4i, kira2 hape akan habis batre jam berapa ya mas?

    3. Sebenarnya saya masukkan mi4i dalam list karena kamera selfienya keren dengan f. 1.8.. Klo masalah kamera belakang atau spek lain sih saya ga pertimbangkan karena sy juga makai vivo xshot. Cuma sepertinya kamera selfie mi4i lebih keren dari xshot. Terus terang sy cukup narsis, sejauh ini puas dg kamera selfie xshot (terutama dg fitur HDR pada kamera selfie xshot). Nah menurut mas apakah kamera depan mi4i ini lebih baik dari xshot?

    4. Sisa ram p90 yg mas bilang cm sisa 300mb koq mengkhawatirkan ya? Bagaimana dengan sisa di p70 atau mi4i? Sy merasa aneh, karena di xshot sy sisa ram selalu diatas 800 walau berjubel aplikasi socmed sy install.

    1. Pak Adit,

      1. Baterai P70 lebih awet lagi.

      2. Kira-kira habis dalam tujuh jam.

      3. Ya, kamera depan Mi 4i lebih oke daripada Xshot.

      4. 300 MB masih oke deh. Saya tidak terbiasa memperhatikan sisa RAM masing-masing ponsel setelah dipakai macam-macam. Baru mulai saya intip kalau ponsel terasa lemot. Saat itu, biasanya sisa RAM sudah di bawah 100 MB.

    1. Pak Hans Ricardo,

      Kalau baru, silakan melirik LG G2 – 32 GB, LG G Pro 2, dan Sony Xperia Z1.

      Kalau tak keberatan dengan ponsel bekas, carilah Vivo Xshot, LG G3, Sony Xperia Z3 Compact, dan Samsung Galaxy S5.

  42. Hmmmmm saya gak mau beli yg new buat hp yg new bagus mana yaa kalo g2 udah sama kyk kakak saya gk di blhin -_-

    1. Pak Hans Ricardo,

      Anda menuliskan “…gak mau beli yg new buat hp yg new…”. Jadi, apakah Anda memang berencana membeli ponsel bekas? Kalau iya, silakan berburu Vivo Xshot, LG G3, Sony Xperia Z3 Compact, atau Samsung Galaxy S5 bekas.

  43. Cari yg hp harga 4.5 jt ram 4gb/3gb internal diatas 32 gb spek bagus kamera juga batrai tahan lama apa ya bagus maunya sih g2 lg tapi gak boleh sama kakak

    1. Pak Hans Ricardo,

      Dengan kriteria seperti atas, jawaban saya, “Tidak ada ponsel yang memenuhi syarat deh.”

  44. Pak Herry,

    Lenovo K3 Note belum rilis ya di Indonesia??
    Minta rekomendasi hp Harga maks 1 juta yang speknya bagus dan dengan harga maksimal 1,5jt berbagai merk. Terima kasih..

    1. Bu Nurul,

      Ya, K3 Note belum beredar resmi di sini.

      Hmm… dengan harga maksimal Rp 1 juta, sulit dapat spesifikasi bagus. Di rentang harga segitu, terbaik yang pernah saya coba ada Acer Liquid Z205 dan Nexian Journey 1. Sebenarnya juga ada AccessGo 4E, tetapi kini sudah sulit diperoleh.

      Kalau harga maksimal Rp 1,5 juta, pilihan terbaik adalah Xiaomi Redmi 2. Pastikan beli yang bergaransi resmi.

  45. Maaaf maksud saya, maunya beli yang new jadi inceran saya hp bagus sekitar 4.5 jtan dengan ram 4gb tapi tidak asus 2 soalnya kata kakak saya lebih pilih p90dr pada asus 2 jadi yang bagus apa toj?

    1. Pak Hans Ricardo,

      Harga Rp 4,5 jutaan, RAM 4 GB, dan bukan Asus Zenfone 2. Jawabannya, tidak ada, Pak.

    1. Pak Hans Ricardo,

      Biasakan menulis tipe ponsel dengan lengkap dan benar. Tidak ada ponsel bernama Asus 2. Yang ada Asus Zenfone 2. Saya sih tidak merekomendasikan Anda membeli ponsel itu.

    1. Pak Hans Ricardo,

      Zenfone 2 yang beredar resmi di Indonesia ada empat varian. Varian mana yang Anda maksud?

  46. Tapi juga saya mau tanya kalo hapi ram 4 gb apa saja yaaaa ? Truss hp yg ram 3 gb apa saja Tapi yang menurut koko bagus ? makasih :’)

    1. Pak Hans Ricardo,

      Yang RAM 4 GB ada Xiaomi Mi Note Pro dan Lenovo K80. Namun, saya belum pernah mencoba dua ponsel itu.

      Ponsel dengan RAM 3 GB yang layak beli: LG G4. Sebenarnya ada pula Xperia Z3+, tetapi masih dalam proses uji pakai. Jadi, saya belum bisa menyimpulkan bagus tidaknya.

  47. Baik koh jadi yang saya maksud bagusan lenovo p90 atau asus zenfone 2 itu varian apa saja menurut koko yg mana ?

    1. Pak Hans Ricardo,

      Ok. Tanpa melihat harga, kalau yang diadu Zenfone 2 varian RAM 4 GB dan ROM 64 GB vs P90, Anda boleh ambil Zenfone 2 deh.

  48. Jadi menurut koko Diantara Asus Zenfone 2 Ram 4 GB Rom 64 Dibanding p90 Lebih milih asus toh?

    Satu lagi peranyaan sayaa itu ram 4gb dan rom 64 harganyaa berapa yaaa di erafonee Depok ??

    1. Pak Hans Ricardo,

      Sebenarnya pilihan susah sih. Namun, kalau harus memilih, ya, mending ambil Zenfone 2 RAM 4 GB dan ROM 64 GB.

      Soal harga di Depok, saya tak tahu.

  49. pak mau tanya, mending pilih lenovo p70 atau xiomi mi4i ya? dilihat dari semua spesifikasinya, terimakasih

    1. Bu Evi Arviani,

      Kuncinya sederhana. Anda lebih mengutamakan baterai atau kamera? Kalau baterai, pilih P70. Kalau kamera, pilih Mi 4i.

  50. Pak Herry,

    saya pengguna z3 compact, ingin ganti ke hp dual sim yg punya kemampuan overall setidaknya setara dengan z3c saya, dan dual-sim-nya bisa akses minimal 3G dua2nya tanpa harus bongkar pasang pindah kartu dari slot sim1 ke 2 dan sebaliknya, apa ada rekomendasi?

    1. Pak Wisnu,

      Kalau harus Sony lagi, silakan melirik Xperia Z3+. Kalau tidak harus Sony, ada LG G4 yang layak dibeli.

      1. Pal herry mo tanya donk.
        Klo mo dibandingkan hasil kamera xiaomi mi4i vs xiaomi redmi note 4g vs lenovo p70.
        Maka nilai masing2 gadget brp?
        Dan nilai masing2 gadget untuk ketahanan baterenya jg brp.?
        Mksi

        1. Pak Ncak Nardi,

          Saya belum pernah uji pakai Redmi Note 4G. Kalau Mi 4i vs P70, kamera Mi 4i lebih bagus. Wah bingung saya kalau pakai nilai-nilaian segala. Intinya kinerja kamera Mi 4i lebih prima daripada P70.

          Kalau ketahanan baterai, P70 menang mutlak melawan Mi 4i.

  51. Selamat Pagi Pak Herry,

    Menurut anda, kualitas produk lenovo bagaimana. Untuk HP mid-end, dilihat dr segi hardware, service center, apakah layak beli. Soalnya saya ada rencana belikan istri saya lenovo a6000 plus. Direntang harga 1,5jutaan segitu perbandingan saya hanya ada asus zenfone 5, xiaomi redmi 2, dan pasti anda akan mencoret asus dr daftar, hehehe. Kalau xiami sy kurang sreg. Pengalaman teman2 yg pakai xiaomi kata mereka masalahnya sering ngelag. Sedang lenovo saya belum prnah pakai.jadi mungkin ada masukan dari pak Herry tentang HP lenovo.
    Atau mungkin ada masukan lain dr pak Herry untuk HP max 2juta. Terima kasih sebelumnya…

    1. Pak Lukman,

      Secara umum lumayan. Namun, khusus seri A, menurut saya, biasanya kurang nendang. Pendapat saya ini mengacu kepada pengalaman pribadi mencoba aneka tipe ponsel Lenovo.

      Oh, kalau service center, layanan pusat perbaikan resmi Lenovo tergolong sangat buruk. Pantas diadu dengan pusat perbaikan resmi Sony deh.

      Saya belum pernah mencoba A6000 Plus.

      Di harga Rp 1,5 jutaan, menurut saya, Redmi 2 sangat layak dibeli. Tidak nge-lag kok. Alternatif lain yang boleh dilirik adalah Infinix Hot Note. Review-nya ada di blog ini.

      Kalau maksimal Rp 2 juta dan akan dipakai istri, belikan Acer Liquid Jade warna putih saja, Pak. Tampilan fisik ponsel itu cantik banget. Review juga bisa dibaca di blog ini.

  52. Ok Pak Herry, Sy sudah pernah baca review infinix dan acer di blog anda. Tapi akan sy baca lagi untuk memastikan pilihan.terima kasih masukannya.

  53. Pak Herry, saya pengunjung baru di blog bapak, dan menurut saya review bapak sangat bagus dan menarik untuk dibaca, dibandingkan review dari blog-blog lainnya.

    Saya mencari ponsel dengan batterai besar. Setelah keliling di blog bapak, saya minat dengan Lenovo P70 dan Lenovo P90. Saya mau tanya beberapa hal :

    1. Kalau di atas kertas, nampaknya spek P90 tidak jauh berbeda dibanding P70, akan tetapi selisih harga keduanya lumayan jauh bagi saya. Apa ada keuntungan yg signifikan kalau saya memilih P90 daripada P70 ?

    2. CPU kedua HP nampaknya tidak jauh beda, P90 pakai Intel 64-bit 1,83 GHz, P70 pakai Mediatex 1,7 GHz. Kalau di atas kertas nampaknya lebih tinggi P90, tapi kalau lihat hasil Antutu di review bapak, P70 memberi hasil yang lumayan jauh lebih tinggi dibanding P90 (P70 dapat 42.179, sedang P90 cuma 40.971).

    Selain itu, RAM keduanya juga sama 2 GB. Tapi kalau saya lihat di review bapak, nampaknya pada kondisi awal P90 memakan RAM yg jauh lebih banyak dibanding P70 (P90 pakai 1.1 GB, sedang P70 cuma 490 MB saja).

    Jadi, pertanyaan saya yang kedua, pada pemakaian sehari-hari, yg mana yg terasa lebih smooth dan gegas di antara P90 dan P70 ?

    3. P90 kan memakai CPU Intel yang terkenal lebih panas dibanding CPU lain. Apakah P90 jauh lebih panas dibanding P70, dan apakah ada pengaruh terhadap daya tahan battery selama digunakan ?

    4. P90 juga menggunakan CPU berbasis 64-bit. Pertanyaan saya, apakah ada aplikasi di Play Store yang tidak kompatibel dengan P90 yang pakai 64-bit tersebut ?

    5. Terakhir, kalau disuruh memilih antara P90 dan P70, yang mana yang bapak pilih ? Atau bapak ada rekomendasi lain untuk HP dengan battery besar ?

    Sekian pertanyaan dari saya, mohon maaf atas panjangnya pertanyaan dari saya. Terima kasih.

    1. Pak Fadli,

      Selamat datang di blog sederhana ini. Terima kasih atas apresiasinya.

      1. Menurut saya, tidak ada. Lebih baik Anda membeli P70.

      2. Boleh dibilang berimbang, Pak.

      3. Kebetulan tidak jauh lebih panas. Saya pun sempat heran. Sebab, prosesor Intel di ponsel biasanya panas. Baterai P90 tak sampai boros banget.

      4. Selama saya gunakan, aplikasi tambahan yang rutin saya instalasikan kebetulan jalan semua, Pak.

      5. Tanpa ragu saya akan lebih memilih P70 daripada P90. Ponsel lain dengan baterai besar? Silakan melirik Infinix Hot Note yang harga barunya Rp 1,599 juta. Pesan saya, jangan membeli Alcatel onetouch Flash Plus yang kapasitas baterainya juga besar. Saya sempat pakai Flash Plus dan hasilnya kecewa berat.

  54. Pak henry
    Mau tnya lenovo p90 sudah ada update 1.4gb kan? Nah itu apa yg berubah? Kata org lbh irit ya? P90 klo buat chatting sm brpwsing pke paket data tahan brp lama? Bs 2 hari tidak? Dan p90 klo standby dalam 3g tahan brp lama? Thx

    1. Pak Alan,

      Maaf, saya sudah tidak memakai P90.

      Di tangan saya, ponsel pintar yang terhubung dengan internet takkan bisa bertahan dua hari, apalagi tiga hari. Mayoritas baterainya hanya bertahan mulai pagi sampai malam.

        1. Pak Alan,

          A7000 Plus? Apakah yang dimaksud A7000 Special Edition? Karena saya belum pernah mencoba ponsel itu, saya tak tahu bagus tidaknya.

          Kalau layarnya 6 inci apakah mau? Bila mau, Huawei Ascend Mate7 boleh dipertimbangkan.

  55. Om henry, saya kemarin beli lenovo p90, ngecharge dari 10% ke 100% kok 2.5jam ya kata lenovo ada quick charge, lalu wktu om henry punya p90 udh di update firmware yg 1.4gb blm? Klo udh apa perbedaannya setelah update? Makasi

  56. Pak Henry, menurut Bapak lebih baik Lenovo P90, Vibe Z K910, K80 32 gb atau Xiaomi Mi4i ? Baik dari segi kamera dan performa
    Terimakasih

  57. Pak Herry, menurut Bapak lebih baik Lenovo P90, Vibe Z K910, K80 32 gb atau Xiaomi Mi4i ? Baik dari segi kamera dan performa
    Terimakasih

    1. Bu Arifah,

      Saya belum pernah coba K80. Vibe Z untuk ukuran sekarang sudah ketinggalan. Tersisa P90 dan Mi 4i. Kalau saya lebih pilih Mi 4i.

  58. Klo dalam hal sensor lebih bagus lenovo p70 atau p90 , kalau dalam segala hal seperti ram,kamera,dll itu lebih bagus mana p70 atau p90 , klo hp yg bagus spesifikasi maupun kamera depan/belakanv hp apa tpi dengan budget d bawah 3 jutaan

    Makasih

    1. Pak Tirta,

      Pertanyaan Anda masuk lima kali. Lain kali tolong kirimkan pertanyaan yang sama satu kali saja. Jelas?

  59. kamera lenovo p90 saya rusak, mau ganti seferfatnya belum keluar kira kira bisa diganti pake kamera apa ya yg cocok sama lenovo p90 mohon infonya tq

  60. Pak herry, p90 memakan RAM 1.1 GB gimana cara mengurangi beban RAM tersebut dan aplikasi bawaan apa aja yg dapat di hapus agar RAM tidak berkurang terlalu banyak

    1. Pak Tirta,

      Nggak usah bingung, Pak. Tetap dipakai seperti biasa saja. Biarkan ponsel yang mengatur manajemen RAM.

  61. Ini mau nanya lagi pak, tahan lama mana batrai p90 atau mi 4i pak. Dan dari keseluruhan bagus p90 atau mi 4i. Trima kasih πŸ™‚

    1. Pak Tirta,

      Soal baterai, saya sudah lupa detailnya. Seingat saya P90 sedikit lebih tahan lama.

      Keseluruhan lebih menarik Mi 4i.

  62. Saya pembaca baru blog, bapak. Saya terkesan dengan dengan review bapak thd pengalaman menggunakan smartphone, dan semua pertanyaan dijawab dengan tegas dan lugas. Kebetulan saya sudah pernah menggunakan Lenovo P90, tp saya kasih ke adik saya, lalu sekarang saya menggunakan lenovo P70, tp rencananya ibu saya mau menggunakan hp ini jadi saya mau ganti hp lg. Budget saya 3 juta, pak. Saya menunggu lenovo k80, tp sepertinya di Medan belum ada. Kalau Lenovo P1 Turbo, masih tinggi sekali harganya. Batre yang besar, kamera yg bagus, ram 2 atau 3 gb. Sejauh ini saya masih puas menggunakan lenovo, cuma saya mengalami perbedaan di kamera p90 dan p70, kamera p90 utk selfie jauh lebih bagus. Saran bapak utk hp dengan spek tersebut budget 3 jutaan apa ya pak? Saya ga keberatan ganti merk asal speknya kurang lebih memenuhi dr segi ram, batre, dan kamera.

    1. Bu Ria Angelida,

      Lenovo K80 tidak akan beredar resmi di Indonesia.

      Berarti, ponsel idaman Anda memiliki baterai besar, kamera bagus (terutama buat selfie), RAM minimal 2 GB, dan harga maksimal Rp 3 juta ya? Hmm… jawabannya belum ada. Anda harus memilih lebih mengutamakan baterai besar atau kamera bagus.

      Kalau baterai besar, ada Infinix Note 2 yang dibanderol Rp 1,999 juta. Namun, kameranya lebih buruk daripada P70.
      Kalau kamera bagus, silakan melirik Hisense Pureshot Rp 1,999 juta.

      Review dua ponsel itu dapat Anda baca di:
      http://ponselmu.com/review-infinix-note-2-tak-perlu-lagi-membawa-mifi-terpisah/
      http://ponselmu.com/review-hisense-pureshot-cocok-dengan-layanan-lte-dan-telepon-semua-operator/

  63. Sore koh…mau tanya…kenapa saya susah sekali mencari aksesoris P90 y?trus update softwarenya nya ke lollipop jg tidak ada?apa ini termasuk produk gagal dan nggak laku ya?hape saya ada dead pixelnya.uda saya bawa ke Lenovo sc di solo,katanya harus nginep sekitar 2 minggu karena lcd harus dipesan ke Jakarta dulu.saya jadi takut meninggalkan hape saya di sana.selain karena ini hape utama saya ,ulasan di internet mengatakan sc nya payah abis….menurut koh Herry,apa yang harus saya lakukan?garansi abis 2 bulan lagi,fungsi yang lain masih normal.terima kasih.donny

    1. Pak Donny,

      Anda mencari aksesori apa nih? Case, screen protector, dan tempered glass-nya sudah ada yang jual kok.

      Saya sudah tidak memakai P90. Silakan cek dari menu update software. Kalau dibilang ponsel Anda sudah memakai versi OS terbaru, ya berarti memang belum ada update.

      Deadpixel-nya berapa titik? Kalau kurang dari tiga titik dan tidak mengganggu, menurut saya, mending dibiarkan.

  64. Thx buat responnya koh…saya mencari back chasing kok.di solo gak ada.dead pix cm 2 titik,tdk begitu kentara kecuali klo pas gelap.cm,kan sayang koh klo masih garansi.apa emang SOP ganti LCD spt itu ya?kan harusnya tdk mesti nginep.begitu lcd sdh ada,kan tinggal sc kabari saya dan lgs ganti ya koh?trus os saya masih Kitkat.meskipun so far so good but ya terasa jadul gitu padahal p90 termasuk keluaran baru.kira kira solusinya gimana ya koh

    1. Pak Donny,

      Kalau di Solo Anda tak berhasil menemukan penjual case P90, ya silakan berbelanja online.

      Dua titik mestinya tak bisa digaransikan. Bila petugas di pusat perbaikan resmi Lenovo di sana ternyata mau melayani, hal itu sudah bagus banget. Coba saja dinego apakah ponsel bisa dibawa dulu sampai LCD pengganti datang.

      Alternatif solusi sudah saya paparkan di atas.

  65. Lenovo p90 tidak bisa instalasi game DOMINATION
    Versi tdk kompatibel
    Masalahnya dimana ??
    Butuh pencerahannya

  66. mau tanya pak,
    setelah update softwarenya, kenapa kamera belakang p90 saya kabur, dan ada suara menggelitik seperti jangkrik. kamera bergetar.
    thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *