Review Lenovo S660: Buat Yang Ingin Meremajakan S560 atau P700i

Setelah hampir dua tahun memakai Lenovo S560 atau P700i, sebagian pengguna tampaknya berencana meremajakan ponsel. Spesifikasi yang diidamkan tidak muluk-muluk. Cukup harus lebih canggih dan memiliki daya tahan baterai minimal sama dengan ponsel lamanya.

Kepada penulis, mereka seringkali menyebutkan memiliki anggaran dua jutaan rupiah. Pertanyaan mengejar harus disodorkan. “Tepatnya dua juta berapa? Sebab, Rp 2,999 juta masih tergolong Rp 2 jutaan lho.” Kalau kemudian terlontar angka maksimal Rp 2,5 juta, berarti sudah ada alternatif ponsel pengganti. Namanya, Lenovo S660.

Lenovo S660-3

S660 dibekali layar IPS 4,7 inci beresolusi 960 x 540 piksel. Penutup baterainya berbahan baku logam. Bukan polos, melainkan bergaris-garis yang sanggup mempercantik sekaligus mencuatkan kesan lebih mewah. Permukaan seperti itu lazim diistilahkan sebagai brushed metal. Kalau bingung membayangkan penampakannya, ambil saja sabun colek, lalu oleskan di wastafel atau lantai. Sudah? Kini dengan memakai sikat yang halus, tariklah garis tipis dari atas ke bawah.

Baterai bawaan S660 berjenis lithium polymer dengan kapasitas 3.000 mAh. Kapasitas baterai yang dapat dilepas pasang itu berarti 500 mAh lebih besar daripada baterai P700i. Kalau dikomparasikan dengan baterai S560, kapasitasnya lebih banyak 1.000 mAh.

Singkatnya, dalam hal tampilan fisik, S660 cukup cantik dan elegan. Ia juga nyaman dikantongi maupun digenggam. Menyangkut baterai, bagi kebanyakan pengguna, baterai bawaan S660 mestinya mampu mendampingi mereka beraktivitas mulai pagi sampai malam.

Lenovo S660-1

Dua nomor GSM dapat siaga bersamaan di S660. Dulu pengguna S560 dan P700i tak bisa menikmati jaringan 3G via nomor di selot SIM2. Kini pengguna S660 dapat melakukannya. Pengguna bebas menentukan nomor mana yang akan dimasukkan ke jaringan 3G. Asalkan didukung layanan operator, pengguna berpeluang merasakan layanan HSPA 21 Mpbs. Pengguna juga bisa mengunci ponsel supaya selalu berada di jaringan 3G.

Prosesor empat inti (quad core) MediaTek MT6582m 1,3 GHz, RAM 1 GB, ROM 8 GB, selot microSD, Wi-Fi, bluetooth, dan GPS merupakan spesifikasi lain S660. Total memori internal ponsel, setelah dipotong sistem operasi, mencapai 5,59 GB. Sebanyak 5,22 GB di antaranya masih kosong dan leluasa dimanfaatkan pengguna.

Dua kamera dapat dijumpai di ponsel berdimensi fisik 137 x 68,8 x 9,95 mm dan berat 151 gram itu. Kamera belakang dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat. Ia sanggup memproduksi foto beresolusi sampai delapan megapiksel dan klip video HD 720p. Sementara itu, kamera depan yang tanpa fokus otomatis hanya mampu menghasilkan foto dan video beresolusi VGA.

Lenovo S660-2

Menurut penulis, asalkan bukan dipakai untuk memotret objek yang bergerak cepat atau berjarak dekat, kamera utama S660 mampu menghasilkan foto yang tajam. Sayang, warna di foto yang diproduksi terlihat kurang menyala. Penilaian yang lebih parah penulis sematkan ke kamera depan ponsel Android 4.2.2 Jelly Bean itu. Sebab, foto yang dihasilkannya jauh dari memuaskan.

Saat penulis mengetikkan tulisan ini, harga ritel resmi S660 Rp 2,249 juta. Harga pasar di toko-toko milik perorangan nyaris selalu lebih murah. Mereka biasanya menjual di rentang harga Rp 2,14 juta sampai Rp 2,15 juta. Kalau harga S560 bekas sekitar Rp 700 ribu dan P700i bekas sekitar Rp 800 ribu, mulai sekarang Anda sudah bisa berhitung harus menyiapkan dana berapa. Selamat meremajakan ponsel.

***

Paket penjualan terdiri atas ponsel, baterai, kabel micro USB, kepala charger 1A, dan handsfree berkabel.

Β ***

Contoh hasil kamera S660. Seluruh pemotretan dilakukan tanpa memakai lampu kilat. Foto terbawah dijepret menggunakan kamera depan.

Lenovo S660-4

Lenovo S660-5

Lenovo S660-6

Lenovo S660-7

Lenovo S660-8

Lenovo S660-9

***

Screen capture Antutu Benchmark dan Android Sensor Box.

Lenovo S660-10

Lenovo S660-11

46 thoughts to “Review Lenovo S660: Buat Yang Ingin Meremajakan S560 atau P700i”

    1. Pak Liat2aja,

      Benar, pakai mini SIM.

      Kalau tidak saya sebutkan berarti menggunakan mini SIM. Kalau saya sebutkan, ya tinggal mengikuti saya sebutkan pakai mini SIM, micro SIM, atau nano SIM.

    1. Bu Meia,

      Request diterima, tetapi sampai saat ini belum ada rencana mewujudkannya. Kecuali, tiba-tiba ada yang mengirimkan S850. πŸ™‚

  1. selamat siang Pak Herry,
    tolong tanya apakah memory internal S660 ini menjadi 1 kesatuan ataukah di terpisah seperti pada lenovo S560?
    apakah Pak Herry pernah menggunakan mito A95? koq ada yang bilang spek nya lumayan dan harga tidak terlalu mahal.

    terima kasih πŸ˜€

    1. Pak Cun Cun,

      Memori internal S660 dan aneka tipe ponsel Lenovo keluaran terkini sudah digabung menjadi satu partisi.

      Mito? Waduh. Mending beli ponsel merek lain deh. Lebih bijak melirik merek global karena harga jualnya pun kini sudah semakin terjangkau.

  2. Saat ini saya memakai sony xperia m dual menurut P Herry layak tidak jika saya beralih ke lenovo S 660 jika melihat dari sisi kinerja ponsel tsb? Seandainya lenovo s660 dibandingkan dengan Acer E 700 anda lebih mana jika dilihat dari kinerja & kesesuaian harga? Terima kasih

    1. Pak Han,

      Kalau dari Xperia M dual Anda beralih ke Lenovo S660, loncatannya tidak terlalu terasa. Lebih baik Anda beralih ke Acer Liquid E700. Minggu depan saya akan mengunggah review E700.

    1. Pak Rahadian Chandranata,

      Kalau tidak keberatan dengan baterai tanam, P780 lebih menarik daripada S660. Layar lebih sedap dipandang mata, baterai juga lebih awet.

  3. Salam pak Herry SW
    Pak ada pengalaman Lenovo P780 mati sendiri ndak? saya punya Lenovo P780 8 Gb sering mati sendiri (dari sejak beli bulan april 2014 sudah 3 kali mati sendiri), mati sendiri yang pertama dan kedua masih bisa saya hidupin lagi dengan menekan tombol power lama-lama…tapi yg ketiga sekarang cara yg sama tidak dapat dihidupkan lagi.

    mohon saran dan bagi pengalamannya, terima kasih.

    1. Pak Ibrahim,

      Saya tak pernah mengalami hal itu. Saran saya, bawalah ponsel tersebut ke pusat perbaikan resmi Lenovo. Mumpung garansi resminya belum habis.

  4. Dear pak herry,

    Boleh diberikan referensi smartphone nggak pak? saya punya budget maksimal 3juta.. spec yg saya cari: kameranya bagus, fisiknya tahan banting dan bisa dibuat update blog :)… Mohon sarannya.. terima kasih

    1. Pak Reza,

      Dengan kriteria seperti itu, tidak ada yang memenuhi syarat deh. Terkendala di poin “fisiknya tahan banting”.

    1. Pak Rizal,

      Kalau saya malahan lebih tertarik mencoba Andromax G2 Qwerty. Kan sekarang jarang ada ponsel Android dengan qwerty keypad fisik.

      Kita coba tunggu kehadiran Pak Harry dulu ya. πŸ™‚

  5. maaf pak pertanyaan saya melenceng dari topik, pilih mana antara lenovo p770 atau LG L70 atau asuz zenfone 4s?
    mohon pencerahannya
    terimakasih

    1. Pak Ifan,

      Jangan membeli tablet dan ponsel merek Asus dulu deh. Prinsipalnya di sini saya lihat masih setengah hati, nggak becus, dan jago PHP (Pemberi Harapan Palsu).

      P770 atau L70? Kalau ingin baterai yang awet, pilih P770. Kalau ingin yang memperoleh kenyamanan pemakaian lebih optimal, pilih L70.

  6. hahaha sadarnya pas sudah terkirim Pak habisnya beberapa waktu ini memang intens komunikasi dgn teman bernama Harry jd otak saya rekamnya ya nama itu hihihi belum di upgrade ke kit kat soalnya Pak hahaha…eh kebetulan juga saya memang lagi nunggu review-an Aver e700 nih hehe mantap deh Pak Herry benar benar pas πŸ™‚

  7. pak herry kalo saya punya buget sampai dengan 3.000.000 saya butuh untuk foto, putar video, streaming, dan kbutuhan dasar dengan kemampuan baterai paling oke, saya lebih baik ambil apa ya? makasih

    1. Pak Vito,

      Anda boleh mempertimbangkan LG L90. Kalau ingin yang kapasitas baterainya lebih besar, tetapi hasil kamera sedikit lebih buruk, ada Lenovo P780. Review dua ponsel itu ada di blog ini. Anda tinggal mengetikkan tipe ponselnya di baris pencarian.

    1. Pak Vitp,

      Waduh! Sampai batas waktu yang belum diketahui, jangan membeli tablet dan ponsel merek Asus dulu, Pak. Prinsipalnya di sini saya lihat masih setengah hati, nggak becus, dan jago PHP (Pemberi Harapan Palsu).

  8. Assalammu’alaikum Pak Hery..
    Saya minta petunjuknya dong pak,bingung banget untuk milih hh dari brand LenovoS960 sama Zenfone6.. kalau menurut bapak pilih yang mana..??? bagusan yang mana..???

    1. Pak Maulana,

      Saran saya, jangan membeli tablet dan ponsel merek Asus. Kecuali, Anda sekaligus ingin melatih keberuntungan dan kesabaran.

      Dengan harga terkini Rp 2,999 juta, Anda boleh membeli Lenovo S960 alias Vibe X. Review-nya ada di blog ini kok. Anda tinggal mengetikkan kata kunci Vibe X di baris pencarian.

  9. Salam kenal Pak Herry
    Setelah mengikuti dn membaca tulisan Pak Herry yang informatif dan netral, saya usul nih agar pak Herry bisa membuat rekomendasi ponsel terbaik berdasarkan harga, mulai dari 1 jutaan, 2 jutaan dst. Untuk Ponsel 1 jutaan rekomendasi kira2 paling kurang 3 merk ponsel agar bervariasi pilihannya. Makasih Pak Herry.

  10. Ko mau tanya kenapa ya td saya beli samsung core 2. Waktu bawa pulang kermh sampai dirmh hpnya tidak nyala harus tekan power lg baru nyala? Padahal td tidak dimatikan cuma tarug ditas aja.trims

    1. Pak Leos,

      Mungkin saat di tas tanpa sengaja tertekan sehingga ponsel padam? Coba dipakai dulu lagi. Kalau hal serupa terulang, berarti Anda perlu membawa ponsel itu ke service center Samsung.

  11. Dear Pak Hery..
    Terimakasih,. Tapii kenapa dengan merk AsusZenfone pak..??? Toh bukannya Asus Sedang Naik daun..??? Sedang ramai di perbincangkan bukan..??

    1. Pak Maulana,

      Ramai diperbincangkan bukan berarti layak beli lho. Saran saya, hindari membeli tablet dan ponsel merek Asus dulu.

    1. Pak Reymon,

      Saya tidak memperhatikan. Menjelang tidur saya charge, bangun tidur penuh. Kalau pakai hitung-hitungan dan dengan asumsi di-charge menggunakan charger 1A, kira-kira penuh dalam empat jam.

  12. Pak Herry ysh

    Sa’at sy bertanya ini, di tabloid yg sy pny, hrg S660 berdekatan dg Acer Z520, Lumia 535, & LG L70 ds. Beberapa tabletphone pun bnyk di kisaran hrg tsb.

    Menurut Bapak, lbh rwekomendasi yg mana ?
    Di antara smartphone tsb mana yg sdh support usb otg?

    Sebelum & sesudahnya sy ucapkan terima kasih.

    1. Pak Musario,

      Saya belum pernah mencoba Liquid Z520. Di antara tiga ponsel yang tersisa, saya memilih S660. Saya tak ingat ponsel itu mendukung USB OTG atau tidak. Sepertinya tidak.

  13. nongol lagi nih saya hehe….

    om herry dulu saya sempat mau beli hp lenovo, tp kata penjualnya di tempat saya (banda aceh) tidak ada tempat service lenovo. jadi kalau hp nya rusak ga bisa di perbaiki lagi…..

    pertanyaannya
    1.apakah benar di banda aceh tdk ada sc lenovo ?

    2.dan kalau memang tdk ada apa iya hp nya tdk bisa diperbaiki lagi ?

    maaf saya masih kurang paham tentang yg begituan…..

    1. Pak Anshari,

      1. Terus terang saya tak tahu di sana ada pusat perbaikan resmi Lenovo atau tidak.

      2. Anggaplah di Banda Aceh ternyata tidak ada pusat perbaikan resmi Lenovo. Bila ponsel Lenovo rusak, peluang diperbaiki tetap ada. Anda tinggal memilih dua cara ini:
      * Ponsel dikirimkan ke pusat perbaikan resmi di kota terdekat atau sekalian ke Jakarta.
      * Ponsel Anda perbaiki di tempat servis independen di kota Anda. Namun, garansi resmi akan hangus.

  14. makasih om herry sangat membantu….
    bukannya dapat lenovo malahan saya dapat oppo.

    sesuai yg om herry katakan kalau penjualnya berusaha keras menawarkan produk oppo dengan berbagai alasan, seperti oppo produk laris dan tahan banting.

  15. lenovo s660 kamera berkedip garis2 tp hasil kamera sekilas normal.kr2 knpa ya om?apa memang sprti itu dr sononya.trmksh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *