Review Lenovo S820: Template Puzzle untuk Padukan Foto

Dengan memperhatikan berbagai faktor, menurut penulis, Lenovo K900 bukanlah ponsel yang sangat menarik dilirik. Tampilan fisiknya memang cantik dan elegan. Layak mendapatkan dua jempol. Namun, bodi yang mudah terasa panas, konsumsi baterai yang tergolong boros, plus harga jual yang tak bisa dibilang murah membuat K900 boleh dibiarkan berlalu.

Rekomendasi di atas tidak berlaku untuk Lenovo S820. Dibanderol lebih murah, ponsel dual SIM GSM-GSM itu justru lebih pantas dibeli. Ya, penampakan fisiknya harus diakui tidak semewah K900. Maklum, bodinya bukan terbuat dari logam atau kaca. Tetapi, saat dipakai beraktivitas, bodinya tidak gemar memanas.

Lenovo S820-1

Daya tahan baterai S820 juga cukup bagus. Di tangan penulis, baterai lithium polymer 2.000 mAh ponsel itu mampu bertahan sampai 16 jam. Minimal ia sanggup mendampingi penulis mulai pagi hingga waktu makan malam.

S820 dibekali fitur smart answer. Untuk menerima panggilan telepon masuk, pengguna tak perlu menekan tombol apa pun. Cukup dekatkan ponsel ke telinga, lalu silakan memulai percakapan dengan lawan bicara.

Prosesor empat inti (quad core) Mediatek MT6589W 1,2 GHz, RAM 1 GB, ROM 4 GB, selot microSD, dan mendukung layanan HSPA 21 Mbps adalah sebagian spesifikasi lain S820. ROM ponsel itu dibagi dua, internal storage dan USB storage. Kala ponsel kali pertama diaktifkan, internal storage sebesar 2,13 GB masih tersisa 769 MB. Sedangkan USB storage-nya sama sekali belum terpakai.

Lenovo S820-2

Ponsel berdimensi fisik 139,5 x 69,7 x 8,95 mm dan berat 143 gram itu juga dilengkapi Wi-Fi, bluetooth, dan GPS. Siaran radio FM di ponsel tersebut bisa didengarkan tanpa perlu menancapkan handsfree berkabel. Pengguna dapat pula merekam siaran yang sedang dinikmati.

Layar sentuh IPS S820 berukuran 4,7 inci dengan resolusi 1.280 x 720 piksel. Tampilan layarnya sungguh sedap dipandang mata. Ingin bermain game? Tiga judul permainan telah diinstalasikan ke ponsel Android 4.2.1 Jelly Bean tersebut. Tersedia game Asphalt 7, Block Breaker, dan Little Big City. Khusus Asphalt 7, pengguna harus satu kali mengunduh data tambahan sekitar 0,5 GB dulu.

Kamera utama S820 dibekali fokus otomatis dan lampu kilat. Kemampuan maksimalnya menghasilkan foto beresolusi 13 megapiksel dan klip video full HD 1080p. Berbagai pilihan efek kamera siap memanjakan pengguna yang senang berkreasi. Sementara itu, kamera depan S820 bisa memproduksi foto dua megapiksel dan klip video VGA. Kinerja kamera S820 secara umum tergolong lumayan.

Lenovo S820-3

Masih terkait foto, pengguna ponsel yang sekarang dijual mulai Rp 2,78 juta sampai Rp 2,899 juta itu pantas mengutak-atik menu Super Gallery. Di sana ada pilihan untuk membuat file berformat GIF. Gambar bisa dibikin bergerak. Tersedia pula pilihan untuk memadukan beberapa foto dalam satu bingkai. Lenovo mengistilahkannya sebagai template puzzle.

Hal yang terasa kurang sempurna di S820, tiga tombol sentuh di bawah layar ponsel itu tidak dilengkapi lampu. Jadi, bila pengguna harus berponsel dalam kegelapan, siap-siap saja meraba dan menebak posisi tombol. Kamera yang menonjol di bagian belakang juga berpotensi memicu kekhawatiran pengguna saat meletakkan ponsel di bidang datar. Jangan-jangan lensa atau lingkaran krom di sekeliling kamera bakal tergores.

96 thoughts on “Review Lenovo S820: Template Puzzle untuk Padukan Foto

  1. S820 vs p780 bagaimana pak?
    Saya sebenarnya menunggu p780 yg 8 Gb..domisili saya disurabaya tetapi saya belum menemukan p780 yg 8Gb. Sedangkan menurut informasi yg saya baca, dijakarta dan bandung telah beredar yg 8Gb. Mungkin bapak tahu lokasi penjualan utk p780 8Gb di surabaya? Trims

    1. Bu Novi,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan lagi. Karena padatnya aktivitas, sampai minggu pertama Desember 2013 saya akan lambat dalam merespons pertanyaan.

      Saya belum menguji pakai P780 sehingga belum berani membandingkannya dengan S820.

      P780 8 GB dalam jumlah sangat terbatas sebenarnya sudah sempat masuk ke Surabaya kok. Jangan mencarinya di Oke Shop atau Global Teleshop ya. Sampai detik ini (19 November 2013) di dua tempat itu pasti belum ada. Silakan memburunya di toko-toko independen. Yang punya stok memang masih jarang. Harga pasar Rp 3,35 juta.

      Yang di Jakarta dan Bandung pun jumlah P780 8 GB yang beredar juga terbatas kok. Saya rasa tak lebih dari 300 unit.

    1. Pak Yudi,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan lagi. Karena padatnya aktivitas, sampai minggu pertama Desember 2013 saya akan lambat dalam merespons pertanyaan.

      P770 di Surabaya sudah sangat mudah dijumpai kok. Harga ritel resmi Rp 1,999 juta, sedangkan harga pasar Rp 1,87 juta sampai Rp 1,9 juta.

    1. Pak Fauzi,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan lagi. Karena padatnya aktivitas, sampai minggu pertama Desember 2013 saya akan lambat dalam merespons pertanyaan.

      Kalau melihat spesifikasi dan kinerjanya, S820 di kisaran harga tersebut masih boleh dilirik.

    1. Pak Buyutroda,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan lagi. Karena padatnya aktivitas, sampai minggu pertama Desember 2013 saya akan lambat dalam merespons pertanyaan.

      Ya, saya juga pernah berkali-kali membaca kalau kamera S820 dibilang beresolusi 12 megapiksel. Saat saya mencoba sendiri ponsel itu, ukuran foto terbesar yang mampu diproduksi adalah 12,58 piksel atau dibulatkan menjadi 13 megapiksel. Sengaja dibulatkan ke atas karena sudah lebih dari 0,5 atau setengah.

  2. bagaimana kualitas hasil kameranya? terutama kecepatan ambil, blur pas goyang, en kekuatan flashnya?
    mohon infonya, dan lebih baik bila ada perbandingan dengan ponsel lain yang sekelas.
    terima kasih

    1. Pak Haris,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan lagi. Karena padatnya aktivitas, sampai minggu pertama Desember 2013 saya akan lambat dalam merespons pertanyaan.

      Hasil jepretan tergolong lumayan. Kalau objek yang dijepret bergerak cepat, proses focusing kamera pasti kalah cepat. Kekuatan lampu kilat biasa-biasa saja.

      Di atas kertas, S820 bisa dikomparasikan dengan Lenovo S920. Perbedaan yang paling terasa adalah ukuran layar.

  3. Pak Herry, saya juga salah satu yg tertarik dgn produk Lenovo seperti S820, S920 dan P780…jika dibandingkan antara S820 dan S920… mana yang lebih baik, Pak? terutama dari kualitas kamera dan ketahanan battery nya?

    Thanks sebelumnya

    1. Pak Stephen,

      Saya belum pernah mencoba S920 sehingga belum tahu bagaimana perbandingan kinerjanya dengan S820. Kalau sekadar menebak, dugaan saya begini:
      * Kamera
      Resolusi lebih besar S820 (13 megapiksel versus 8 megapiksel). Namun, soal ketajaman hasil foto, diduga sama.

      * Baterai.
      S820 menggunakan baterai 2.000 mAh, sedangkan S920 2.250 mAh. Daya tahan dalam pemakaian nyata kemungkinan relatif sama. Sebab, S920 memiliki ukuran layar lebih besar.

  4. Buat gadget android maks. 4 juta lebih baik ngambil apa ya pak Herry SW.? Atau lebih baik nunggu kitkat aja keluar.? Terima kasih..

    1. Pak/Bu Dwi,

      Bila ada ancang-ancang Kitkat, berarti silakan membeli LG Nexus 4. Harga barunya Rp 3,999 juta. Kelak Anda bisa ber-Kitkat.

  5. Hp android untuk budget maks. 4 juta lebih baik ngambil apa ya.? Atau nunggu dulu sampai kitkat keluar.? Terima kasih pak Herry SW

    1. Pak Iwan,

      Kalau tanpa melihat harga, saya memilih S820. Kapasitas baterai memang tak sebesar P770, tetapi setidaknya cukup dipakai seharian. Layar lebih sedap dipandang mata, kamera lebih bagus, dan lebih baru.

      Namun, bila melihat harga jual keduanya yang berbeda sekitar Rp 900 ribu, menurut saya, P770 masih lebih menarik.

  6. Apakah sinyal pd lenovo s820 tuh stabil ya? Soalnya sinyal,terutama pd dim 1 sering ga stabil,naik turun.semula sy mengira hal ini terkait sinyal dr operator,tp setelah operator yg semula sy taruh pd sim1 sy ganti ke sim 2,maka sinyal menjadi lebih stabil.lalu pd sim 1 sy isi dg operator lain tetap saja ga stabil tetap naik turun bahkn kadang ga ada sinyal sm sekali

    1. Pak Eri,

      Selama saya mencobanya, sinyal SIM1 maupun SIM2 stabil. Saya menggunakan kombinasi Telkomsel, XL, dan Indosat.

    1. Pak Lathif,

      Anda boleh mempertimbangkan LG G Pro Lite, Sony Xperia C (silakan coret kalau Anda gemar bermain game), dan Lenovo S820.

  7. Maaf Pak Herry pertanyaan saya mungkin diluar bahasan.saya biasa mendownload video youtube via aplikasi tubemate.tapi akhir2 ini hasil downloadan hanya setengah yg bisa ditonton.sisanya teracak dan tdk bisa diputar.saya paikir krn android saya yg sudah jadul yakni samsung galaxy 5 yg memang sdh tdk mampu memutarnya.tp ternyata pas saya coba di samsung galchat ternyata begitu juga.pas saya beralih ke hp andromax c ternyata bagus.hasil downloadan bisa ditonton sampai hbs.nah,barusan saya beralih ke lenovo a390 ternyata hasil downloadan kembali hanya setengah yg bisa ditonton?apakah krn versi androidnya dimana galaxy 5 saya v 2.2 dan galchat v 4.0 -punya saya sdh update 4.1- serta a390 msh v 4.0 sementara andromax c sdh v 4.1.

    thanks atas jawaban dr Pak Herry

    1. Pak Rizal,

      Sudah lama banget saya tidak mencoba Tubemate sehingga tak mengetahui kondisi terkini.

      Rekan-rekan yang memantau thread ini dan kebetulan bisa menjawab, tolong bantu Pak Rizal ya.

  8. saya bingun mau pilih P780 atau S820, saya suka body P780, tidak pasaran tapi s820 camera lebih mantap. jadi galau ;( mohon bantuannya pak

    1. Pak Fawqo,

      Karena saya belum pernah menguji pakai P780, saya belum bisa menjawab.

      Sekadar informasi, keunggulan utama P780 sebenarnya terletak di kapasitas baterai yang ekstrabesar. Btw, untuk pemakaian sehari-hari, baterai S820 pun mestinya masih memadai buat mendampingi aktivitas mulai pagi sampai malam.

  9. Ko herry, apa beda s820 dengan s820 8GB? Apa hanya pada memory saja?

    Untuk pak rizal sepertinya itu karena adanya bug di program karena versi sebelumnya lebih parah hasil downloadannya. Tapi untuk yg terbaru sudah mulai diperbaiki walaupun masih beberapa kali gagal download dg sempurna. Jadi bukan karena os nya. Saya pakai sony xperia s sudah jelly bean.

    1. Pak/Bu Tian,

      Di dalam paket penjualan Lenovo S820 seharusnya disertakan buku panduan pemakaian. Kalau Anda ingin mengunduh soft copy-nya, coba masuk ke http://support.lenovo.com/en_US/detail.page?DocID=UM018221

      Penggunaan pelindung layar alias screen protector seharusnya tidak mengurangi sensitivitas layar. Pelindung layar yang tebal pun, asalkan berkualitas prima, kini terbukti tetap memungkinkan pengguna ponsel berlayar sentuh mengoperasikan acang itu dengan nyaman kok. Kalau Anda sudah memasangkan pelindung layar dan ternyata membuat layar sentuh tidak responsif, bisa jadi pelindung layar tersebut kebetulan kurang bagus.

  10. O iya mas 1 lg…
    Pemakaian pelindung layar berpengaruh g y pada responsif sentuh layar???
    Karena saya pake pelindung layar Tp terkadang kurang responsif…
    Apa karena layar nya udah gollira glass y mas?? Mohon pencerahan y…
    Makasih…

  11. Link tersebut menuju ke download buku panduan yg biasa mas dan saya sudah khatam bapanya tu… Kn Kyk Novian atau Samsung ada panduan lengkap per item yg ada di hp tersebut termasuk tombol kombinasi tuk melakukan sesuatu dll…
    Saya ngbrol dgn pengguna s890, katanya dia punya buku pandangnya yg ada petunjuk tuk tombol kombinasi screenshoot, di buku panduan s820 g ada mas….
    Apa model terbaru g dilengkapi lg buku panduan lengkapnya y???

    Dgn kondisi seperti itu mas…
    Apakah dgn adanya layar gorilla glass berpengaruh g ketika dipasang pelindung layar??

    1. Pak/Bu Tian,

      Oh, yang Anda maksud buku panduan ekstralengkap tho. Saya juga tak tahu bisa mengunduhnya di mana. Setahu saya buku panduan Lenovo hanya satu versi. Saya malahan baru tahu kalau pernah ada buku panduan S890 versi ekstralengkap.

      Untuk melakukan screen capture di S820, Anda cukup menekan tombol power dan volume ke bawah secara bersamaan. Tahan beberapa lama.

      Layar Gorilla Glass boleh dipasang pelindung layar, bahkan saya justru merekomendasikannya. Tidak mempengaruhi sensitivitas layar kok.

      Btw, Novian yang Anda sebutkan di paragraf pertama itu maksudnya Nokia ya?

    1. Pak Fajar Perkasa,

      Saya belum pernah mencoba dua ponsel Lenovo tersebut. Karena itu, saya belum bisa menjawab pertanyaan Anda.

    1. Pak Fajar Prakasa,

      Jadi, saya ibarat membeli kucing dalam karung ya. Tanpa melihat harga, saya lebih memilih A706 dengan alasan RAM dan prosesornya lebih tinggi daripada A516.

  12. Pak Herry saya mau tanya, apakah Lenovo S820 untuk audionya sudah dilengkapi dolby? Apakah kualitas suaranya bila mendengarkan musik menggunakan headset bagus? Soalnya saya pernah mendengarkan musik via headset di Lenovo S920 kok suaranya kurang nendang (mendem). Trims

    1. Pak Han,

      Seingat saya, S820 belum mengadopsi tata suara tertentu yang secara pemasaran bisa dianggap bernilai jual. Entah Dolby, DTS, atau Beats Audio.

      Kualitas suara bila menggunakan handsfree berkabel lumayan. Satu informasi tambahan, suatu ponsel Lenovo kala dipadukan dengan handsfree bukan bawaan paket penjualan kadangkala suaranya kurang nendang. Padahal, yang ditancapkan sebenarnya handsfree orisinal bawaan ponsel Lenovo tipe lain.

  13. Tambahan mas fajar @

    Adreno 200 = PowerVR SGX 531 (low
    class)
    Adreno 203 > Adreno 205 (mid class)
    Adreno 320 (high class) > Adreno 225 > Adreno 220 (high class)

    Mali 400 = PowerVR SGX 540 = Adreno 203 = ULP GeForce in Tegra2 (mid class)

    Mali 400MP2* = PowerVR SGX 544 = Adreno 220 (high class)

    Mali 400MP4* = PowerVR SGX 544MP2* = ULP GeForce in Tegra3 (high class)

    Mali T604 < Adreno 320 < PowerVR SGX 543MP4 < PowerVR SGX 554MP4

    1. Pak Dedykiyut,

      Kalau ingin mempelajari mengenai aneka GPU, saya bisa membaca informasinya di mana ya? Pengin belajar nih.

  14. Untuk handsfree Lenovo S920 yang kapan hari saya coba menggunakan bawaan dari paket penjualan tapi kok terasa mendem ya? Sewaktu handsfree coba saya tancapkan di samsung galaxy tab saya juga masih terdengar mendem. Apakah hal ini dikarenakan handsfree tsb cacat atau gimana ya? Kalo antara S820 dengan P780 anda lebih recomend yg mana? Trims sebelumnya Pak Herry , maaf banyak bertanya soalnya saya bingung memilih antara Lenovo dengan Sony M dual

    1. Pak Han,

      Saya tak berani memastikan. Namun, membaca paparan Anda, dugaan kebetulan mendapatkan handsfree berkabel S920 yang cacat tak bisa dikesampingkan.

      S820 atau P780? Penentunya sederhana saja. Kalau Anda ingin layar yang lebih tajam dan cemerlang, ambillah S820. Sementara itu, bila Anda memprioritaskan daya tahan baterai, P780 lebih cocok.

  15. Pak Herry, saya masih bingung memilih antara LG G Pro Lite, Sony Xperia C, dan Lenovo S820. Kl Lenovo sdh baik dlm layanan after sales dan QC sdh psti sy mmlih S820,nmn krn ragu jd sy melirik Xperia C dan LG G Pro.
    Lebih smooth mn/tdk ngelag mana antr Xperia C dan LG G Pro. hrsnya yg quad core y Pak menang y Pak?
    Dan overall lbh bagus mana antara 3 smartphone tsb?
    Terimakasih Pak Herry.

    1. Bu Vera,

      Xperia C atau G Pro Lite? Saya memilih G Pro Lite. Di atas kertas spesifikasi G Pro Lite memang lebih rendah. Namun, ia justru lebih nyaman dipakai.

      G Pro Lite atau S820? Kalau Anda ingin yang berlayar besar dan ada fitur ketuk-ketuk layar, silakan ambil G Pro Lite. Bila Anda lebih suka yang ukurannya tak terlalu besar, S820 lebih tepat dipilih.

  16. Setelah galau memilih gadget yg pas dengan kantong.. Akhir nya saya memilih lenovo s820.. Gk sia2 beli nya. Thanks masukan dan review dari ponselmu.com, semoga byk review2 gadget yang lain.

  17. Hallo ko herry, sejak saya berniat move on dari BB ke android, saya jadi pembaca setia tulisan2 anda ๐Ÿ˜€ tp skrg saya masih galau memilih S820 atau galaxy grad, kalau dr spek dan pertimbangan harga sih sepertinya S820 lebi baik, tp gmn dg pertimbangan harga purna jual nya ya? Kemudian ada yg blg kamera 8MP milik galaxy grand hasilnya masih lebih bagus drpd S820, tolong beri saya pencerahan ko.. ๐Ÿ˜€

    1. Pak/Bu Napupara,

      Menurut saya, performa S820 lebih bagus daripada Galaxy Grand. Harga jual S820 bekas relatif bagus kok. Persentase penurunan harga jualnya relatif setara dengan Galaxy Grand.

      Ya, kamera S820 lebih bagus daripada Galaxy Grand.

      Jadi, bila harus memilih, saya akan memilih S820. Kalau Anda ingin yang layarnya lebih lebar, Anda bisa mempertimbangkan Lenovo S920. Nah, kalau S920 ini performanya setara dengan Galaxy Grand. Harga lebih murah daripada S820 dan Galaxy Grand.

  18. Pak herry utk android hrga kisaran 2-3jt yg kualitas audio (baik menggunakan headseat atau speker) diatas rata2 kira2 apa ya? Lebih bagus mana oppo clover atau s820? Trims

  19. Setuju dah ma pak herry!! Tapi sayang ya pak, oppo clover kapasitas baterainya cmn 1.700 MAh. Kira ยช?a?? yg lebih besar ??ยช? pak kapasitas baterai dr oppo clover tapi dgn hrg n kualitas audio yg setara ma si clover?? Trims

    1. Pak Arry,

      Di atas kertas, Oppo Find 5 tampaknya memenuhi syarat. Namun, karena belum pernah mencoba ponsel itu, saya tak tahu realitanya bagaimana. Oh ya, harga jual jauh di atas Clover.

      Jadi, bila Anda sebenarnya tertarik Clover, tetapi terkendala kapasitas baterai, mungkin lebih bijak membeli ponsel itu plus sebuah power bank.

  20. Pak Herry,

    Saya ingin bertanya, kalau Lenovo S820 apakah nyaman untuk dipakai bermain game? Saya sempat bingung memilih S820 atau P780, tapi menurut saya P780 layarnya terlalu besar sehingga tidak muat di kantong dan layarnya kurang jernih. Terus apakah Kamera 13 mp nya menjamin foto menjadi bening? Apakah sama dengan kamera 13 mp pada merek lain seperti Samsung,LG,dan Sony?

    1. Pak Brama,

      Saya sesekali bermain game, tetapi bukan game yang tergolong berat. Misalnya, Doodle Jump dan Minion Rush. Game itu dapat berjalan dengan baik di S820.

      Resolusi yang besar (dalam satuan megapiksel) bukan jaminan hasil fotonya tajam dan cemerlang. Sebab, kualitas lensa dan sensor juga turut menentukan. Berikut saya berikan contoh hasil foto S820. Silakan melihatnya di:
      http://postimg.org/image/t40zo7qc9/
      http://postimg.org/image/upvh6u72x/

  21. Jadi lenovo S820 ga bisa untuk main game berat ya pak? Kalau lenovo P780 atau Samsung Galaxy Grand apa bisa memainkan game berat? Terima kasih ๐Ÿ™‚

    1. Pak Brama,

      Saya tidak mengatakan S820 tidak bisa memainkan game berat. Yang saya katakan, saya hanya sesekali bermain game dan kebetulan bukan game berat.

      Jawaban serupa berlaku untuk pertanyaan Anda terkait P780 dan Galaxy Grand.

  22. Jadi lenovo S820 ga bisa untuk main game berat ya pak? Kalau lenovo P780 atau Samsung Galaxy Grand apa bisa memainkan game berat? Boleh sarankan lebih baik pilih yang mana? Terima kasih ๐Ÿ™‚

    1. Pak Brama,

      Kalau diurutkan dari yang paling saya pilih ke yang paling tidak saya pilih: Lenovo P780, S820, dan Samsung Galaxy Grand.

  23. halo pak,saya bingung skrg antara lenovo s920 dan s820

    1.saya gaming
    2.selalu cek sosial media / chatting
    3. foto2an

    lebih baik saya memilih yg mana ya ?

    saya lihat dr review di web sebelah s920 penyakitnya multi touchnya kadang error ( dead pixel )
    s820 tombol backnya kadang sulit di pencet

    saya tidak tahu kebenarannya,yg jelas saya bingung ingin memilih yg mana ?

    1. Pak Moch,

      Spesifikasi S920 dan S820 sebenarnya relatif sama. Beda di ukuran layar dan resolusi kamera saja. Dengan perbedaan harga yang minimal setengah juta rupiah, menurut saya, S920 yang lebih murah justru lebih menarik dibeli.

      Dua keluhan yang Anda sebutkan tidak pernah saya alami saat memakai S920 dan S820.

  24. budget saya 2.500.000 – 2.700.000 mentok..
    setelah 1 minggu saya hanya menemukan 4 ponsel yaitu

    sony xperia m dual ( jaringan gsm di rumah bagus )
    smartfren andromax z ( jaringan cdma di rumah bagus )
    lenovo s920 4gb
    lenovo s820 4gb
    apa ada rekomendasi dari bpk ?
    mungkin diluar hp tsb..terimakasih

    1. Pak Moch,

      Dengan anggaran tersebut, pilihan terbaik sepertinya S920 8 GB. Ya yang 8 GB. Anggaran Anda cukup kok.

  25. Terimakasih pak,saya akan meluncur membeli lenovo s920 jika begitu..
    Tp tidak masalah kan bila saya membeli yg 4gb ? Karena bisa saya akali dengan external mmc yg 16gb

    1 pertanyaan lagi,layar s920 dan s820 apakah sudah diberi corning gorilla glass ? Sy lihat review dr sebelah hanya s820 yg mempunyai protection di lcdnya..
    Sekali lg terimakasih bpk herry

    1. Pak Moch,

      Karena anggaran tersedia, menurut saya, lebih baik beli yang 8 GB. Kapasitas memori untuk instalasi aplikasi di S920 yang 4 GB kurang dari 1 GB. Pemasangan microSD 16 GB bukanlah solusi karena kartu memori itu berfungsi untuk menyimpan file multimedia.

      Di lembar spesifikasi yang dikeluarkan Lenovo, dua ponsel itu tidak disebutkan telah menggunakan Corning Gorilla Glass. Mau memakai Gorilla Glass atau tidak, saya tetap menyarankan Anda memasangkan screen protector.

    1. Pak/Bu Lee,

      Mohon maaf karena saya baru bisa merespons pertanyaan pada saat ini. Beberapa hari terakhir saya terkena sinusitis sehingga kesulitan berlama-lama menatap layar laptop atau ponsel.

      Spesifikasi K900 lebih tinggi daripada G Pro Lite. Namun, kalau disuruh memilih, saya justru mencoret K900. Mengapa? Pertama, baterai ponsel itu boros banget. Kedua, bodi K900 mudah sekali panas. Ya, panas, bukan cuma hangat. Ketiga, K900 menggunakan baterai tanam dan terus terang saya masih meragukan ketersediaan suku cadang ponsel Lenovo.

      Jadi, bila disuruh memilih, dengan yakin saya akan menunjuk G Pro Lite.

    1. Pak Tito,

      Kalau Anda ingin yang lebih nyaman dikantongi dan respons ponsel lebih gegas, silakan melirik Lenovo S820.

      Kalau Anda ingin yang layar lebar, bisa difungsikan sebagai remote control TV, baterai lebih tahan lama, dan layanan pusat perbaikan resmi lebih bagus, silakan meminang LG G Pro Lite.

    1. Pak Tito,

      S820 unggul di dimensi fisik yang lebih enak digenggam maupun dikantongi. Ia juga lebih gegas dibandingkan G Pro Lite.

      Sementara itu, G Pro Lite unggul di daya tahan baterai dan bisa dijadikan remote control TV. Layanan pusat perbaikan resmi LG juga jauh lebih bagus daripada Lenovo.

  26. pak, saya mau membeli handphone, tp bingung antara Lenovo s820 atau Samsung galaxy grand. kalau pak herry milih yg mana ?
    dan kualitas hasil gambar kamera baik depan dan blkg mana yg lebih baik antara s820 dg Samsung galaxy grand ?
    trmksh

    1. Pak Iky,

      Kalau pilihannya dua tipe itu, tentu dengan cepat dan tanpa ragu saya memilih Lenovo S820. Ia unggul di segala lini dibandingkan Galaxy Grand. Kecuali di tiga hal: kecepatan penguncian GPS, popularitas merek, dan kinerja layanan pusat perbaikan resmi.

  27. Pak Herry SW

    Terkait masalah kamera lebih unggul mana hasil jepretan antara S820 ini dengan P780 ya Pak ?

  28. Saya punya HP lenovo s820 masih garansi, sepertinya ada kerusakan di slot simcard 1 (3G). Sinyal hilang dan tidak bisa konek ke paket data. Saya pikir masalah di provider, tp setelah saya coba pindah simcard ke slot 2 (2G), sinyal bagus dan bisa konek ke paket data. kira-kira ada masalah apa ya?
    saya belom sempat ke service center. terima kasih
    mohon pencerahannya

    1. Pak Adam Alhady,

      Apakah Anda sudah coba memasangkan kartu SIM lain ke selot SIM pertama? Bila sudah dan tetap tak ada sinyal, mungkin selot SIM1 rusak. Silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Lenovo untuk dicek.

  29. Om mau minta saran. Saya pengen beli smartphone, dan ini smartphone pertama buat saya. Budget sekitar 3,5jt. Saya bingung memilih dengan banyaknya smartphone yang ada sekarang ini. Tolong sarannya, om Herry.

  30. apakah ada rekomendasi lain selain kedua ponsel tersebut, om ?
    menurut om herry, bagaimana dengan asus zenfone 5 dan zenfone 6 ? juga dengan lenovo s850. mohon pencerahannya. om.

    1. Pak Iwan,

      Rekomendasi lain adalah Sony Xperia M2 dual.

      Zenfone? Jangan deh. Saya merekomendasikan Anda jangan membeli tablet dan ponsel Asus. Keseriusan Asus di dua lini itu patut diragukan. Dalam pemasaran Zenfone, Asus sudah sukses memberikan bukti kalau mereka adalah PHP (Pemberi Harapan Palsu) kelas wahid. Kalau mengurus distribusi saja (berarti dapat duit) mereka nggak becus, apalagi bila kelak harus menangani klaim garansi (berarti keluar biaya) yang diajukan konsumen. Zenfone 5 teman saya yang usia pemakaiannya tak sampai sebulan sudah mati total.

  31. Dear Pak Herry SW

    Sekedar berbagi dengan pembaca yang lain, Lenovo S820 yang saya gunakan, kemarin (01 Agustus 2014) mendapatkan update via OTA ke Kitkat. File yang cukup besar, 715MB. Sekarang Lenovo S820 saya di 4.4.2. Semuanya berubah, tidak ada lagi app drawer melainkan jadi di homescreen semua, tampilan, ikon, skin, wallpaper, dll, berubah.
    Satu hal yang paling menggembirakan adalah tidak ada lagi partisi utk memori internal. Dari 4GB yg tersedia, sekitar 1,5 GB utk sistem, sisanya bebas utk digunakan utk aplikasi dll, cukup jauh berbeda ketika dipartisi yg hanya di 769 MB.
    Saya tidak menyangka Lenovo akan memberikan update utk handphone bukan flagship mereka. Tadinya sudah berpikir utk mengganti ke hp lain karena kendala memori internal, tp selalu tertahan karena msh sayang dgn kamera yg buat saya memuaskan. Sekarang dgn update ini, sptnya tidak akan berpindah hati. Hehehe..

    Semoga info dari saya berguna. Terimakasih.

    1. Pak Patra,

      Terima kasih atas sharing informasinya. Terus terang saya juga kaget waktu P780, lalu S920 dan S820, mendapatkan update ke KitKat. Sebab, biasanya Lenovo tergolong payah dalam memberikan update. Semoga ini menjadi penanda bahwa Lenovo terus berbenah ke arah yang positif. Tinggal layanan pusat perbaikan resmi Lenovo nih yang perlu diperbaiki habis-habisan.

  32. malem om, saya mau tanya nih. hp lenovo s820 saya kalo mau liat bbm yg masuk saya harus masuk/buka aplikasi bbm dulu. padahal dulu nggak gitu. misal sehari saya nggak buka bbm terus jam 9 malam buka bbm maka mak brullllll….. bbm pada masuk. ada yg dikirim pagi, siang, sore dan itu semua nggak ada notif kl ada bbm masuk. padahal paket data aktif terus. tapi kalo saya lg aktif chat bbm mesti ada notif bbm masuk yg lagi chat sama saya. temen saya yg dulu pake lenovo jg pernah gitu. ada jg yg pake mito jg gitu. saya sudah pernah hapus data bbm, uninstall, log in lagi tp tetep aja gitu. bbm jg makan batere wl sudah ada aplikasi battery saver. trakhir saya flash dan sekarang pake bbm versi awal keluar utk android dan iphone. awal2nya lancar tapi terus kembali kayak dulu lagi (harus buka bbm utk liat bbm yg masuk krn gak ada notif). mau saya perbarui takutnya ntar juga sama aja tetep error. sementara utk aplikasi lainnya kayak fb,wa,line, dll gak masalah. kira2 solusinya apa ya? masak gara2 1 aplikasi saya harus mengorbankan aplikasi2 lain dg beli hp baru? kan eman-eman apalagi kameranya mak nyus. sekian, terima kasih dan matur nuwun.

    1. Pak Jati Patitis,

      Terus terang saya tak tahu penyebab pastinya. Kebetulan saya bukan pengguna BBM. Jadi, tak pernah mengalami hal itu.

  33. Pak Jati Patitis
    Sepertinya itu masalah bug di lenovo bapak. Lenovo S820 saya memang tidak mengalami kendala seperti bapak keluhkan , tapi terkadang kalau layar sudah padam atau off, jaringan seluler nya ikutan off. Walaupun memang tdk terlalu sering terjadi, tapi cukup mengganggu. Apa bapak udah coba upgrade lagi ke kitkat? Karena di lenovo saya, setelah upgrade ke kitkat, masih ada upgrade kecil lagi 3 kali bbrp bulan kemudian. Dan upgrade kecil yg saya terima semakin meningkatkan kinerja lenovo saya. Kalo misalnya ternyata masih mengalami hal yg sama lagi setelah upgrade, ada baiknya bapak melirik produk baru. Hehehehe. Terimakasih. Semoga bisa membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *