Review Lenovo S890: Penerus S880 yang Legendaris

Sejak beredar resmi di Indonesia pada Agustus tahun lalu, Lenovo S880 masih rutin diburu konsumen. Bedanya, sekarang peminat bisa langsung membawa pulang ponsel idamannya. Tak perlu lagi inden sampai sekitar dua minggu.

Kini penerus S880 yang legendaris itu telah memasuki pasar. Ia diberi nama Lenovo S890. Berbagai pengembangan bisa dijumpai di ponsel yang menggunakan sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean itu.

Lenovo S890-1

Sama dengan S880, S890 hadir dengan layar sentuh lima inci. Namun, kalau dicermati, resolusi layar dua ponsel tersebut berbeda signifikan. Layar S880 beresolusi 480 x 800 piksel, sedangkan layar S890 540 x 960 piksel. Layar yang memanfaatkan LCD IPS di S890 terlihat lebih tajam dan halus.

Bila S880 memakai prosesor satu inti (single core) MTK6575 1 GHz, S890 memanfaatkan prosesor dua inti MTK6577T dengan kecepatan 1,2 GHz. Kapasitas RAM yang 512 MB di S880 ditingkatkan menjadi 1 GB di S890.

Perubahan terjadi pula di kamera. Kamera utama S880 beresolusi lima megapiksel dan dibekali fokus otomatis, namun tanpa lampu kilat. Di S890, resolusi kamera utama diperbesar sampai delapan megapiksel. Ia tetap memiliki fitur fokus otomatis dan sekarang diperkaya dengan lampu kilat. Bila difungsikan sebagai perekam video, kamera itu mampu menghasilkan klip video HD 720p. Kamera kedua yang berada di sisi muka dibiarkan sama dengan S880. Yaitu, beresolusi VGA, tanpa fokus otomatis, dan tanpa lampu kilat.

Ada aneka pengembangan, ada sedikit pemangkasan. Tidak seperti di S880, pengguna S890 harus menancapkan handsfree berkabel saat ingin mendengarkan siaran radio FM. Entah mengapa, fitur pemancar FM alias FM transmitter juga dihapus dari S890.

Sama dengan mayoritas ponsel Android dengan dua selot kartu SIM, dua nomor GSM dapat siaga bersamaan di S890. Nomor di selot pertama leluasa mengakses jaringan 3G dan berpeluang menikmati akses data dengan kecepatan unduh sampai 7,2 Mbps. Sementara itu, nomor di selot kedua hanya bisa berinternet via layanan GPRS/EDGE.

Baterai 2.250 mAh, bluetooth, Wi-Fi, GPS, selot microSD, dan ROM 4 GB merupakan sebagian spesifikasi lain S890. ROM di ponsel itu dibagi dua, internal storage dan USB storage. Ketika ponsel kali pertama dinyalakan, sebanyak 618 MB di antara 2,04 GB kapasitas internal storage berstatus kosong. Pada saat bersamaan, USB storage yang berdaya tampung 1,58 GB masih utuh.

Lenovo S890-2

Umpama pengguna bingung mengoperasikan S890, ia tak perlu repot membongkar kardus ponsel di lemari, lalu mengeluarkan buku panduan. Ada cara lain yang lebih mudah dan portabel. Cukup tekan ikon Novice Tutorial di ponsel. Selanjutnya, pengguna tinggal memilih fitur atau menu apa yang ingin dipelajari. Sebagian panduan memadukan tulisan dengan gambar sehingga pengguna dapat memahami instruksi secara lebih mudah.

Layar yang lebar, respons yang gegas, dan baterai yang mampu mendampingi penulis beraktivitas sehari penuh merupakan kumpulan sisi menarik S890. Asal tahu, paket penjualan ponsel itu menyertakan magic cover alias flip cover. Saat cover ditutup, layar otomatis padam. Sebaliknya, ketika cover dibuka, layar spontan bakal menyala. Karena berbagai alasan, sebagian pengguna mungkin kurang menyukai flip cover. Tak masalah. Gunakan saja penutup baterai standar bawaan.

Bodi yang relatif licin dan keharusan menancapkan handsfree berkabel saat ingin mendengarkan radio FM, menurut penulis, menjadi sisi minus S890. Andaikan permukaan belakang S890 dibuat bertekstur seperti S880 warna hitam, ia akan lebih nyaman dan aman digenggam.

Ponsel berdimensi fisik 143,6 x 74,2 x 9,3 mm dan berat 176 gram itu dipasarkan dengan harga ritel resmi Rp 2,699 juta. Dalam pengamatan penulis, pemilik toko ponsel independen lebih sering menawarkannya di rentang harga Rp 2,56 juta sampai Rp 2,6 juta.

Pengguna S880 yang berencana meremajakan acangnya dan tetap ingin mempunyai ponsel berlayar lebar pantas melirik S890. Peminat Samsung Galaxy Grand Duos yang masih menabung juga boleh mempertimbangkannya. Mengapa harus menunda transaksi, bila dana yang tersedia sudah cukup untuk meminang satu unit S890. Biarpun di Indonesia nama Lenovo belum sepopuler Samsung, keduanya sama-sama merek global lho.

175 thoughts on “Review Lenovo S890: Penerus S880 yang Legendaris

  1. pak herry. di lenovo tipe s890 apa ada aplikasi lenovo note? apa bisa hasil file lenovo note langsung disend ke hp tipe lain seperti Bb misalnya. soalnya saya tertarik dengan aplikasi smemo di samsung. cuma harganya samsung kok terlalu mahal. hehehehe . thanks ya.
    btw beli hp ini dtoko mana ya? 2minggu lalu saya cari di wtc danmarina kosong smua -.-” . mending s890/p770?

  2. Bu Meiliani,

    Di S890 tersedia aplikasi Lenovo Note. Di dalam aplikasi itu tak ada pilihan untuk mengirimkan note yang disimpan, baik via email maupun bluetooth. Jadi, tampaknya tak bisa dibagikan ke ponsel lain.

    S890 dan P770 saat ini memang sedang kosong. Pada dua minggu lalu, mestinya masih ada 1-2 toko yang punya stok S890. Kalau P770 sudah ludes.

    Mending S890 atau P770? Saya sih lebih memilih P770. Baterainya mantap banget. Selalu tembus lebih dari 24 jam dengan pemakaian ala saya. Kalau kepepet, bisa pula dijadikan power bank.

  3. Oh, radionya bisa kok tanpa handsfree, syaratnya, tancapkan dulu itu handsfree, dapatkan frekuensi yang diinginkan, lalu cabut saja… Memang kurang bagus penangkapan sinyalnya, tapi berfungsi. Paling gampang, cari saja handsfree 3.5 yang sudah rusak, ambil saja ujungnya, dan potong. Bisa dijadikan antena mungil yang tidak mengganggu karena minus kabel”…

  4. Pak Yunianto,

    Saya pernah mencoba jurus tancap handsfree dulu, lalu dicabut. Hasilnya, siaran radio yang awalnya jelas langsung berubah jadi kresek-kresek dan beberapa detik kemudian padam.

    Kalau jurus pakai handsfree lalu kabelnya dipotong, sejak bertahun-tahun silam saya sering mempraktikkannya. Biasanya kabel saya sisakan sedikit. Sekitar tiga cm.

  5. Bagaimana kualitas gambar yang dihasilkan kamera, Pak Herry? Apakah ada beda sama punya S880, P700i ataupun P770?

  6. Pak Fendy,

    P770-nya saya abaikan dulu ya. Sebab, masih dalam proses uji pakai.

    Dengan asumsi pemotretan tanpa lampu kilat, hasil jepretan S880, P700i, dan S890 relatif sama.

    Namun, kalau pemotretan dilakukan di tempat gelap dan pakai lampu kilat, ya otomatis pemenangnya S890. Sebab, dua ponsel lain kameranya tanpa lampu kilat.

  7. Sebelumnya makasi pak Herry untuk review lenovo s890 nya :)) (y)
    Tp pak,knp s890 seperti kehabisan stok dimana2 ya pak?di tangerang selatan jg bgitu :’| pak Herry ada info kira2 kapan restock?
    Menurut pak Herry, lebih oke lenovo s890 atau LG optimus L9 ya pak?
    Maaf byk nanya ya pak hehe
    TIA pak Herry :))

  8. Bu Tyagibot,

    S890 dan P770 memang sedang kosong karena pasokan tidak sebanding dengan permintaan. Saya tak berani memastikan kapan bakal tersedia lagi. Kalau merujuk pada kondisi saat S880 dulu, kekosongan itu biasanya terjadi 2-3 minggu, kemudian barang mulai masuk lagi.

    Tanpa lihat dual SIM-nya, saya lebih suka LG Optimus L9. Sebab, tampilan layar lebih nyaman di mata, personalisasi home screen bisa mendalam, dan lebih enak digenggam.

  9. Buat yg cari s890 atau p770, sy sempat melihatnya ready stok di carrefour ngagel terpampang rapi seminggu yg lalu.

  10. Pak Yusuf,

    Terima kasih atas informasinya. Ayo… yang cari S890 atau P770 silakan meluncur. 🙂

  11. Kemungkinan besar msh ready stok krn mulai dr dipajang mid april lalu, msh ada…(klo belanja klg rutin ke situ krn dekat rumah)…btw sebetulnya hp lenovo bagus cm sayangnya ga ada kompas kecuali s880 yg msh single core & tanpa flash camera.

  12. Pak Herry, berarti maksud pak Herry & pak Yusuf diatas,kalo S890 diinstall aplikasi Kompas,ia tetap tidak bisa berfungsi?
    Di S880 saya install kompas & berfungsi normal.
    Mengenai SMS yg bs diperbesar,benar bisa melalui dicubit sesuai kata pak Herry selain cara saya dgn menekan tombol volume.

    Kalo saya tak salah,saya juga pernah melihat video review HTC Desire VC yang katanya juga kompasnya tdk bs berfungsi biarpun ada aplikasi kompas di layar HTC Desire VC.

  13. Pak Chely Sutio,

    Kompas yang dimaksud di sini adalah penunjuk arah ya. Saya perlu perjelas dulu karena di kalimat Pak Chely kata “Kompas” ditulis dengan huruf K besar. Khawatirnya rancu dengan Kompas yang koran terkenal itu.

    Saya tak pernah mencoba menginstalasikan aplikasi kompas di S890. Namun, kalau sensor di ponsel itu dicermati, tak ada kompas di sana.

  14. haduhh…susah bener sih nyari ni barang ( s890 n p770) muter2 di outlet2 okeshop ma teleshop di jakarta pasti jawaban nya ” maap pa ga ada barangnnya “, display pun ga ada…cuapee deh..

    strategy bisnis atau emang ga niat jualan sih lenovo…ko distribusinya senen – kemis ky gini…( * geleng – geleng )

    bisa2 pindah kelain hati ni ma LG optima L7 ii dual simcard…layar ciamik…kamera mantep…baterai kuat 2460 MAh…( sempet ngulik displaynya..)

  15. Untung saja saya sudah dapat P770 dari pertengahan bulan kemarin dengan harga sedikit di bawah price list OKE Shop (beli di toko independen). Sampai saat ini saya merasa sangat puas pakai P770, malah sejak pakai ini jadi pikir 2x sebelum ganti ke HH Android tipe lain, meskipun tipe hi-end sekalipun macam Xperia Z atau S4, karena jujur saja, untuk kebutuhan sehari-hari, fitur2 yg ada di P770 udah sangat mumpuni apalagi internal memory sudah saya partisi ulang jadi 2GB sehingga tidak akan kekurangan space untuk pasang aplikasi.

    Namun untuk yg senang layar besar, tampaknya memang S890 cukup mumpuni. Tapi menurut saya S890 lebih menyasar kaum hawa ya, soalnya desainnya terkesan feminim sekali.

  16. Pak herry… utk maps nya akurat ga ya? hasil kamera gmn? utk internet bs diandalkan gak? sy smpt lihat2 review s890 di internet kok kyknya maps krng akurat n hasil kamera krng bagus…

  17. Pak Dwi Budi,

    Barang memang kosong karena permintaan jauh lebih tinggi daripada pasokan.

    Saya menduga keras, munculnya aturan terbaru terkait impor acang turut memberikan sumbangsih terhadap langkanya S890 dan P770. Beberapa produsen acang lain juga terimbas aturan baru itu.

    Wah, sudah coba LG Optimus L7 II dual ya, Pak? Btw, beneran itu kan yang dimaksud? Sebab, tidak ada ponsel LG Optima.

  18. Pak Tejo Kusumo,

    Maps akurat kok. Namun, GPS-nya tidak sangat cepat dalam mengunci lokasi ya. Dalam posisi diam perlu waktu sekitar dua menit.

    Hasil kamera cukup bagus, meski warnanya kurang vivid. Coba cek http://ponselmu.com/indosat-buka-community-lounge-di-cito/. Foto di tautan itu saya jepret memakai kamera S890.

    Kalau soal internet, hal itu lebih ditentukan oleh operator GSM yang digunakan. Ponselnya sih baik-baik saja.

  19. Makasih atas jawabannya pak herry… Oia, ada saran nih pak.. gmn klo bikin review komparasi hp (contoh: lenovo s890 vs LG L7ii dual) tp yg lbh detil bukan cm dari spek-nya aja…

    1. Pak Tejo Kusumo,

      Terima kasih atas masukannya. Saya jarang sempat membuat komparasi karena keterbatasan waktu. Kadang juga karena ponsel yang ada tidak benar-benar tepat untuk dikomparasikan.

      Terkait Optimus L7 II dual, saya belum pernah mencobanya.

    1. Pak Rianto,

      He.. he.. sabar dulu, Pak. Review Lenovo S890 kan baru saya unggah. Review produk dengan merek sama minimal berjarak sekitar dua minggu. 🙂

  20. Thanks atas koreksinya pak herry, betul yg di maksud adalah LG Optimus L7 II dual..

    ketika sedang hunting p770 n s890, kebetulan saya melihat displaynya di erafone megastore di salah satu mall besar di kelapa gading jakarta…langsung samber ulik abis2an….:p

    penantang serius p770 n s890…performanya mnrt saya ciamik

    1. Pak Dwi Budi,

      Sama-sama.

      Oh, jadi waktu itu dicoba habis-habisan sampai puas ya, Pak. Akhirnya dipinang untuk dibawa pulang?

  21. Betul pak, kesempatan gak datang 2 kali…:)
    tapi ga sampe di bawa pulang cukup jadi pembanding aja…
    tetep masih menunggu p770 n S890…

    sempet kontak ke okeshop pusat ktnya bulan juni baru hadir di outlet2..oleh okeshop sempet di tawarin dikirim via jne kebetulan mereka masih punya stok 1 ( one and only…)… tp sabar menanti aja deh…kurang sip kalo ga ngeliat displaynya langsung…..

  22. Pak Dwi Budi,

    Oh ok, nggak sampai dipinang tho.

    Iya nih, P770 dan S890 kosong terus di pasar. Dugaan saya sih nggak sampai bulan Juni. Semoga bulan ini sudah mulai mengalir lagi.

  23. terimakasih pak atas reviewnya. pertanyaan saya:

    1. apakah body belakangnya mudah tergores seperti s560?

    2. dengan kapasitas bater yang sama dengan s880, 2,250 tetapi dengan ram dan prosesor yang lebih besar, apakah membuat ponsel ini boros daya? karena menurut saya performa baterai s880 sudah sangat pas untuk pengguna yang aktif dan mobile.

    terimakasih, sukses terus pak

  24. iya,pak Herry. Saya salah tulis huruf besar “K” jadinya bisa2 aplikasi koran Kompas.ha..ha..ha..
    Tetapi maksud saya sebenarnya kompas yg notabenya “penunjuk arah” timur,barat,..dst.

    Kalo di S890 tdk bs berfungsi penunjuk arah (kompas) biarpun sudah di install,jadi percuma dong? atau ada pemakai (pembaca) sudah ada beli,tolong di informasikan karena itu akan membuat pembaca semakin tahu ttg S890.

  25. Pak Dipr2,

    1. Bodi belakang S890 tidak mudah tergores. Beda dengan S560.

    2. Untuk pemakaian ala saya, setidaknya mampu menemani beraktivitas mulai pagi sampai malam, Pak. Terus terang di luar dugaan saya yang awalnya menebak baterai S890 paling cuma bisa mendampingi mulai pagi sampai sore.

  26. Pak Chely Sutio,

    Kompas (yang buat menunjukkan arah mata angin ya) mestinya ada hubungannya dengan hardware alias peranti keras. Jadi, kalau pun diinstalasikan aplikasi, logikanya sih tak berfungsi sebagaimana mestinya.

    Saya tak pernah menginstalasikan aplikasi kompas di S890. Namun, saya pernah coba menginstalasikan aplikasi kompas di P770. Hasilnya, ya tidak bisa jalan.

  27. Pak Apriyanto Wahyu H.,

    Lho, di S880 ada kompas ya? Seingat saya tidak ada. Wah, berarti saya silap ingatan. Terima kasih atas koreksinya.

  28. sebenarnya kalo di s880 sdh ada 12 sensor , termasuk magnetic field ( Compas ) , tp belakangan di lenovo sensornya banyak yang dihilangkan , mungkin tersisa 3 sensor aja , gak tau kenapa saya masih nunggu lenovo yang ada sensor magneticnya , tp setiap kemunculan lenovo , selalu tdk ada sensor magneticnya .

  29. Pak Disan,

    Di S880 ada 12 sensor ya? Saya malahan sudah lupa. Iya nih, Lenovo sering melupakan sensor magnetik.

  30. trims pak Herry & pak Apriyanto Wahyu atas informasinya ttg S890.

    Yah….sangat disesalkan, di saat lenovo uda ada LCD 5 inci IPS & camera with flash kayak S890/P770 ,fitur kompasnya ditiadakan.

  31. Benar, dulu waktu ngincer S880 carinya susah bgt. Harus nginden dlu lah 1-2 minggu bahkan lebih 🙁

  32. pak HSW,,
    saya termasuk pemakai android 🙂 sejak awal dulu belum booming (saya pakai xperia mini pro dr tahun 2010) dan sudah sangat sangat sangat puass dengannya (udh dioprek2 di root ganti pake CWM segala :D)..
    nah berhubung sekarang kebutuhan meningkat,,saya butuh untuk cek email+cek web dg cepat+komunikasi dg customer via whastapp/wechat/YM+take picture dg resolusi tinggi (atleast 5MP) jadi si mungil mini pro terasa makin ngos ngosan utk aplikasi2 yg saya butuhkan..
    tapi dg pertimbangan harga,,saya kok tertarik melirik ponsel2 alternatif macam lenovo/huawei/LG ini pak..yang penting ramah untuk dioprek,,pasti bisa dibuat gak kalah dg anroid yg ber”merk” ataupun ber”harga high-end” kan ya pak?
    tanya ya pak :
    1. untuk kebutuhan saya itu enaknya lenovo s890 atau P770 atau LG optimus y pak?atau ada pilihan lain? jujur saya masih bingun mau meminang yg mana untuk menggantikan mini pro saya ini..
    2. maaf OOT, saya kok penasaran semua ponsel hasil uji pak HSW trus dikemanain ya? 😀 tertarik untuk menampung lego-annya 😀

    terimakasih ya pak

    1. Pak/Bu Auli,

      Saya malahan tak pernah mainan root, apalagi CWM.

      1. LG Optimus Y? Itu yang mana ya, Pak? Kalau Lenovo S890 atau P770, kuncinya Bapak ingin yang berlayar lebih besar (S890) atau yang baterainya lebih tahan lama (P770). Dua ponsel itu sama-sama menarik sih. Saya pribadi lebih suka P770.

      2. Mau tahu saja atau mau tahu banget nih? 🙂 Macam-macam deh kelanjutan nasib ponsel itu.

  33. pak harry katanya lenovo gak ada enternya yach??? apa itu benar?? kalo iya trus gimana caranya untuk sms atau menulis keperluan lain di lenovo ???

    1. Pak Ariy,

      * Saat mengetik SMS, di papan ketik qwerty virtual Lenovo memang tidak ada tombol Enter-nya. Namun, saat mengetik email atau memo, misalnya, tersedia tombol Enter. Bagaimana cara menulis SMS? Ya tinggal diketikkan saja. Kalau Anda ingin papan ketik qwerty yang ada tombol Enter-nya ketika mengetikkan SMS, silakan mengunduh aplikasi keyboard di Play Store. Salah satu yang terbaik adalah Swiftkey Keyboard.

      * Di S890 tidak tersedia aplikasi yang sama dengan Quick Memo di LG Optimus L9. Saya belum pernah mencoba mencari aplikasi serupa di Play Store.

  34. pertanyaan kedua apakah di lenovo s890 juga terdapat aplikasi semacam quickmemo seperti yg terdapat di LG optimus L9?? kalau gak ada apakah ada aplikasi semacam yang dapat ditambahkan??

    terima kasih sebelumnya

  35. Pak HSW,
    Setelah membandingkan antara p770 & s890, koq jd lbh minat p770 ya.. tp kenapa warna cm hitam saja ya? Pengennya ada warna putih gitu ya.. ;p

    1. Pak/Bu Dee,

      P770 yang beredar di sini sebenarnya warna biru yang lumayan tua sehingga sekilas tampak seperti hitam.

      P770 putih tidak beredar di sini. Entah apa pertimbangan dari distributornya. Kalau ingin cari P770 putih, tampaknya harus berburu di China. Konsekuensinya, selain garansinya tidak berlaku di sini, kemungkinan tidak tersedia Play Store di ponsel tersebut.

  36. Oh gitu pak…huff…
    Ada saran selain s890, android dgn spec, dual sim& harga serupa, android merk&tipe apa ya? :p
    Makasih pak..

    1. Pak/Bu Dee,

      Ada LG Optimus L5 II Dual (Rp 2,299 juta) dan Optimus L7 II Dual (Rp 2,899 juta). Namun, saya belum pernah menguji pakai ponsel itu.

      Ada pula Lenovo P770 yang sangat menarik dan layak beli. Tetapi, stok sudah dua bulan kosong.

  37. Maaf… mw nanya… q pengguna S890 ni… puas si pakenya… tp knapa y 3 hari ini S890 q suka tertutup gitu… jd kita buka kunci na ampe bs berkali2… mksd na locker na itu loh.. kira2 mslh na apa y..?? Bntu dong..

    1. Bu Dhewie,

      Lain kali kalau bertanya jangan disingkat-singkat ya. Bingung bacanya.

      Apakah yang dimaksud lock screen-nya terkunci berkali-kali? Bukankah seharusnya lock screen cuma ada satu. Mungkin pengguna kurang sempurna saat menyapukan jari ke layar sehingga lock screen tidak langsung terbuka.

  38. Bukan seperti itu pak… tapi pada saat kita buka pesan atau facebook atau yg lainnya…. tiba2 dia mati… pada saat kita tekan layar dia mati hidup dan nanti muncul lock screen sperti kita buka awal.. kira2 mslh na apa y pak..??

  39. Waktu pertama beli g seperti itu… ini sudah 3 hari seperti itu… mgkn seperti alat elektronik yg jika kabelnya longgar.. mati hidup.. seperti itu pak.. tolong bantu saya… kira2 masalah na apa… trims.

  40. Gmana y pak mengatasi masalah saya?? sampai skrg masih suka tertutup sendiri….mati hidup mati hidup pak… bntu dong pak… saya sudah coba mati…trus saya tekan tombol daya dan tombol volume(+) secara bersamaan tetapi muncul tulisan bahasa cina… saya tidak mengerti sama sekali… gmana y pak??trima kasih…

  41. Bu Dhewie,

    Hmm… kasus yang kemungkinan dipicu oleh masalah di hardware. Mari kita melakukan satu hal untuk mempertegas kemungkinan itu. Silakan coba lakukan factory data reset. Setelah itu, pakailah ponsel tanpa menginstalasikan aplikasi tambahan dulu.

    Bila masalah serupa tetap muncul, kemungkinan besar memang ada komponen yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi ponsel Lenovo.

  42. Salam kenal.. Saya pengunjung baru di situs ini.. Saya suka Review dari Pak Herry yg singkat, sederhana dan mudah dimengerti..

    Hanya coba membantu masalah Bu dhewie. masalah layar padam itu mukin karena efek magnet magic cover (flip cover) penutup layar. Saya dulu pengguna S890 dan juga mengalami hal sama. Masalah sering terjadi saat menggunakan ponsel dan magic cover dilipat ke belakang (menempel pada bagian belakang hp). Mukin ini efek magnetik yang tetap terdeteksi oleh sensor ponsel walau cover dilipat kebelakang sehingga layar jadi padam.

    Solusi ibu dhewie mukin bisa mengganti dengan cover belakang yang bawaan yang tidak ada penutup layar. dan mudah-mudahan masalah teratasi..

  43. Pak Herry, buku petunjuk pemakaian lenovo S890 dapat di download dari alamat web mana ya?
    Terima kasih

    1. Pak James,

      Bukankah saat membeli S890 seharusnya mendapatkan buku panduan pemakaian?

      Saya belum pernah mengunduh softcopy buku panduan pemakaian ponsel Lenovo. Tadi saya coba carikan. Ternyata, memang sulit banget ya. Beda dengan Sony atau Nokia yang dengan mudah bisa dijumpai di situs resminya.

      Dari hasil cari sana-sini, pencarian mengerucut ke tautan ini: http://ideaservice.lenovo.com.cn/ProductCategoryList.aspx

      Masalahnya, saya tidak bisa bahasa Mandarin. Tadi dengan jurus ngawur klik sana-sini, saya berhasil mendapatkan softcopy buku panduan pemakaian Lenovo S890. Namun, saat saya buka, ternyata beraksara China. 🙁

    1. Pak Sukamto,

      Ini maksudnya case untuk Lenovo P700i atau P770 ya?

      Kalau P700i, saya lihat di pasaran sudah cukup mudah ditemukan. Carilah di pusat penjualan ponsel di kota Anda.

      Kalau P770, masih jarang yang jual aksesorinya sih. Bapak bisa membelinya secara online. Saya lihat situs langganan saya sudah jual. Ini tautannya http://www.gadgetsvillage.net/products/257/0/Lenovo-P770/

    1. Bu Uci,

      Saya belum pernah menguji pakai K-Touch S100 Titan. Namun, saya sempat towel-towel sebentar dan kesan pertama saya atas produk itu cukup bagus.

      Dengan asumsi saya sama sama-sama belum pernah menguji pakai S890 maupun S100, tetapi sempat towel-towel keduanya selama 1-2 menit, saya berani berspekulasi membeli S100 yang dibanderol Rp 2 juta.

  44. oh bgt ya pa,sy liat si lmyn specnya quadcore dgn layar 5,3inci…cm merknya ktouch…sy gatau brand ini gmn pa…di blog bapa aja ga ad merk ini…hehe…aga sedikit sangsi mau bli merk ini..
    klo sy bandingkan ktouch ini aga sedikit mirip galaxy mega 5.3inci pa

    1. Bu Uci,

      Lain kali kalau ngetik jangan disingkat-singkat ya. Saya bingung saat membacanya. 🙂

      Iya, saya belum pernah me-review ponsel K-Touch. Di Surabaya jarang banget ada yang jual. Dulu saya towel-towel S100 itu waktu mengunjungi pameran di Jakarta.

      K-Touch itu tergolong merek China buatan China. Jadi, jangan menyamakan K-Touch dengan Cross, Mito, Imo, dan aneka merek lokal lain ya.

  45. jadi bisa saya simpulkan merk ktouch ini lebih berbobot dari cross gitu ya…terimakasih sudah menjawab pertanyaan saya pa…wasalam

  46. akhirnya..setelah berbulan2 menanti dapet juga si c890 ini…:D
    dah bosen denger jawaban dari okeshop ma global ” lagi kosong
    “…ehh lagi jalan2 di sekitar mangga dua ada counter HP yg ngedisplay ni barang tinggal 2 pula, garansi resmi pula dari trikomsel, langsung cas cis cus ujungnya bungkusss…hahaha

    worthed deh ni stuff..CIAMIK…

  47. Pak Herry, terima kasih untuk jawaban pada artiket Review Xperia SP 🙂 sayangnya Xperia SP tidak memiliki lubang gantungan hp saat saya cek di Global kemarin,sehingga tidak memungkinkan untuk dikalungin. Apakah Lenovo S890 ini juga tidak memiliki lubang gantungan HP?

    1. Pak Roy,

      Wah, saya malahan tidak pernah memperhatikan ada tidaknya lubang untuk gantungan ponsel. Saya pribadi merasa menggantungkan ponsel di leher itu terasa aneh.

  48. terimakasih pak atas reviewnya.
    tapi ada yang mau saya tanyakan. lenovo s890 dengan sony xperia L bagus mana ya pak di lihat dari sisi kamera, music playernya, layar, dan performanya?
    atau bapak bisa menyarankan merk lain yang harga max 3 juta namun untuk kamera dan music playernya bagus?
    trimakasih

  49. Bu Lulu,

    Saya belum menguji pakai Xperia L. Di lemari saya sudah ada sih. Tapi, belum dicoba.

    Harga maksimal Rp 3 juta ya. Coba cari stok lama Sony Ericsson Xperia ray atau Xperia arc S.

  50. sony xperia ray dan xperia arc S itu sudah tidak keluar lagi ya pak? soalnya saya cari di tabloid handphone tidak ada..

    lenovo s890 dengan LG optimus L7 II Dual P715 bagus mana pak untuk kamera dan music playernya?
    boleh request review sony xperia L pak.? hehehe

    1. Bu Lulu,

      Benar, Xperia ray dan Xperia arc S sudah diskontinyu. Namun, kemungkinan besar masih ada toko yang memiliki sisa stok.

      Saya belum pernah mencoba LG Optimus L7 II Dual. Sekadar menyentuh pun belum pernah.

      Xperia L memang dalam antrean uji pakai, untuk selanjutnya saya review. Ponselnya sudah ada di lemari tuh. 🙂

  51. pak herry , mumpung belon telat……ada info bagi para pemakai ponsel / tablet yg ada GPS internalnya , bisa donlod app 7WAYS di google play , gps app ini free , ndak terkait jaringan , so , bebas pulsa , map indonesianya bisa di donlod free juga di forum NAVIGASI.NET.
    semoga membantu mereka yg mo mudik lebaran / jalan jalan 😀

  52. sekedar info , app ini sudah saya pakai di : lenovo S880 , HTC ONE V , SAMSUNG tab 8.9 dan HEADUNIT MTECH untuk mobil ,(app 7WAYS untuk basis WinCE ada di web 7WAYS)

  53. menarik sekali pak reviewnya. saya jadi tertarik untuk tanya pak apa sih perbedaan mendasar kode S dan P pada lenovo?

    1. Pak Munawar,

      S itu memperhatikan unsur style. Stylish gitu deh.
      P lebih menyasar pengguna yang menomorsatukan performa ponsel.

      Ada dua seri lagi yang saya ketahui:
      A untuk ponsel dengan harga terjangkau. Performa keseluruhan tidak setinggi S dan P.
      K untuk ponsel high end. Seri papan atasnya deh.

  54. permisi pak,apakah review p770nya sudah ada ?
    sekalian tanya kalau lenovo p780 sama s820 apakah masih lama rilis di indonesia ? terimakasih pak 😀

  55. Mohon nimbrung Pak,
    Kasus saya sama seperti kasus Dhewie diatas, yaitu jika sedang kita pakai S890 sering nglock screen dengan sendirinya. Setelah kita buka lagi, selisih sebentar ngelock lagi. Sudah saya tanyakan ke toko penjualnya dan sekarang sudah diganti barangnya dengan yang baru, tapi ternyata sama saja seperti itu. Padahal belum ada software tambahan. Apakah itu berkaitan dengan hardware atau software? Mohon informasinya dan bagaimana solusinya jika ternyata kita terlanjur membeli barang gagal produk. Terimakasih

    1. Pak Felix,

      Saya kok lebih mencurigai hardware ya. Kebetulan saya pernah memakai dua unit S890 yang berbeda. Satu dengan flip cover bawaan, satu lagi tanpa flip cover bawaan. Selama memakai S890 tersebut, saya tak mengalami hal yang Pak Felix keluhkan.

      Mungkinkah hanya sebagian S890 keluaran periode tertentu yang mengalami hal itu? Entahlah. Saya tak berani memastikan.

      Kalau masih ingin bereksperimen, coba lakukan langkah-langkah ini, Pak:
      * Lakukan factory data reset.
      * Gunakan S890 itu tanpa menginstalasikan aplikasi tambahan dulu. Jeda waktu sampai layar terkunci coba diubah menjadi 30 detik atau satu menit.

  56. Maaf bertanya pak…rata-rata Lenovo itu menggunakan Memori Internal hanya 4Gb saja…apakah itu cukup? Mengingat aplikasi app2SD tidak terlalu berguna bisa memindahkan semuanya ke kartu memori eksternal…

    1. Pak Roy,

      Asalkan tidak menginstalasikan banyak aplikasi tambahan, memori internal 4 GB masih memadai. Saya sehari-hari menerima ratusan email. Saya coba ber-WhatsApp di ponsel. Dengan perilaku seperti itu, kapasitas beberapa ponsel Lenovo yang pernah saya coba masih cukup sih. File multimedia saya simpan di kartu microSD ya, Pak.

      Alternatif lain, coba melirik Lenovo seri K yang memiliki memori internal lebih besar.

  57. Pak Herry,saya pengguna Lenovo s890
    saya ingin menanyakan mengapa saya menginstal arah kiblat di ponsel saya tidak jalan,padahal gps nya terus running…saya mendonload berbagai macam software arah kiblat tetapi tidak jalan semua.
    apakah perlu software tambahan?
    terima kasih

    1. Pak Redy,

      Saya tak pernah mencoba aplikasi penunjuk kiblat. Apakah aplikasi tersebut membutuhkan kompas? Kalau iya, seingat saya S890 tidak dilengkapi kompas.

  58. pak Herry,

    software tersebut sama dengan software kompas.(penunjuk arah)
    masa hape secanggih ini tidak support untuk software kompas?
    apakah ada software lain yang sama untuk penunjuk arah?

    1. Pak Redy,

      Supaya kompas dapat berfungsi dibutuhkan magnetic sensor berupa hardware, bukan software. Nah, seingat saya, S890 tidak mempunyai magnetic sensor.

    1. Bu Kaidah,

      Menggunakan magic flip cover bawaan seharusnya takkan merusak layar. Lenovo tentu sudah mendesain aksesori itu sedemikian rupa agar tidak menimbulkan efek samping yang negatif.

    1. Pak Wisnoe17,

      SMS yang diterima dobel mestinya lebih disebabkan oleh operator seluler, bukan ponsel. Operator seluler di sini bisa operator seluler pengirim, bisa pula operator seluler penerima.

  59. Pak Herry saya ada masalah ni dgn Lego ane S890.
    Permasalahannya ada pada SIM 1 lego (sim 1 nya sepertinya statusnya intermiten),,jadi saya pake kartu sim 1 three dan sim 2nya Isat.untuk Call ,sms dan internet di setting di SIm 1 ada full signal tetapi tidak dapat di di pake Call ,sms dan internet,Sim pun dah coba saya switcing tapi tetap saja sim 1 tidak bisa di buat apa2,untuk sIM 2 sih normal…jalan yg udah saya tempuh reset factory ,ganti firmware,juga tetap sama aja ga berfungsi..bagaimana ya pak Solusi untuk masalah Ini..terimakasih sebelumnya

  60. pak herry,, kenapa S890 saya sim 1 nya gak bisa main jaringan wcdma/ 3g, mode nya cuma bisa gsm aja.. kalau saya ganti mode nya ke auto atau wcdma only, jaringan ada tapi gak mau jalan. setelah ganti mode gsm only baru mau jalan. saya sudah coba ganti2 kartu tapi tetap saja begitu.. mohon pencerahannya? thank.

    1. Pak/Bu Azmi,

      Bila Anda ganti ke WCDMA only, apakah ponsel sama sekali tidak mendapatkan sinyal? Kalau iya, mungkinkah saat itu Anda berada di lokasi yang memang belum termasuk dalam area layanan 3G operator yang Anda gunakan?

  61. terima kasih pak herry,
    ganti ke auto sinyalnya dapat tapi gak bisa jalan pak WCDMA juga begitu pak.. Ganti Gsm only baru jalan pak.
    sekarang saya di banda aceh, waktu di jakarta juga saya mengalami maslah yang sama.. operator yg sudah saya coba, Telkomsel, XL dan sekarang 3.
    dulu waktu pertama beli 2 bln yg lalu lancar aja pak.. baru 2 mingguan ni begitu.. mohon pencerahannya Pak..
    thank.. note: hh belum di root pak..

    1. Pak/Bu Azmi,

      Wah, kalau melihat cerita dan percobaan yang sudah Anda lakukan, tampaknya konfirm ada sesuatu yang tidak normal nih.

      Silakan coba lakukan factory data reset terhadap S880 itu. Bila masih tak bisa mendapatkan sinyal 3G, padahal Anda yakin di lokasi Anda mencobanya pasti termasuk dalam area layanan 3G operator yang dipakai, mau tak mau Anda harus ke pusat perbaikan resmi ponsel Lenovo.

  62. Pak, mau tanya, kalo lock screen lenovo s890 ga bis dibuka kenapa ya?
    dah geser berkali-kali tapi tetap ga bisa buka, apanya yang rusak ya
    tks

  63. saya pemakai lenovo s890, yg pengen sy tanyakan, kenapa lenovo saya selalu panas ya saat saya pakai untuk browsing atau sekedar chat menggunakan whatsapp ataupun bbm? padahal sinyal sudh 3g.. apakah terdapat kerusakan dr hape sy atau lenovo memang seperti ini? terimakasih sblmny

    1. Pak Rizal,

      Panas atau hangat nih? Bila sinyal 3G kurang kuat dan ponsel aktif Anda gunakan, bodi ponsel memang bakal terasa hangat. Hangat yang masih bisa dipegang dengan tangan ya. Bukan panas yang tak memungkinkan lagi digenggam.

    1. Pak Eza,

      Lho, kalau layar sentuhnya tidak bermasalah, ya tinggal sapukan jari saja di layar. *masih setengah bingung dengan kondisi ponsel Pak Eza*

    1. Pak Adi,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan lagi. Karena padatnya aktivitas, sampai minggu pertama Desember 2013 saya akan lambat dalam merespons pertanyaan.

      Sering hang-nya bagaimana? Biasanya terjadi saat melakukan aktivitas apa? Langkah termudah sih silakan melakukan factory data reset. Lalu, silakan memakai ponsel itu tanpa menginstalasikan aplikasi tambahan dulu. Bila sudah lancar, barulah Anda menginstalasikan aplikasi tambahan sedikit demi sedikit. Sebaliknya, kalau tanpa aplikasi tambahan pun ternyata S890 itu sering hang, silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Lenovo.

  64. permisi,sy pengguna lenovo s920..

    mau bertanya kenapa ych saat sy reset factory,pilihannya berbahasa cina?

    yg harus saya pilih yg mana?
    send by email:dna1508@gmail.com

    Mohon bantuannya.Terimakasih

    1. Bu Dina,

      Lho, kok pilihan yang muncul berbahasa China? *ikut bingung*

      Apakah tidak ada simbol atau ikon lain yang muncul? Kalau ada, pilih yang kira-kira mengarah ke pengaturan. Entah gambar kunci Inggris atau semacam simbol huruf.

  65. saya mau tanya,knapa tiap kali mau download aplikasi psti playstore brhenti..trus saya pake go launcher,jga go sms pro..tp ktika aplikasi saya default go sms pro ko aplikasi pesan bawaan hp ttp muncul pdhal sdah di hiden..shingga saya selalu mnrima 2 sms yg sama,tntu sngat mrpotkan jg mmnuhi stts bar..pdhl ktika saya pake galaxy young tdak mngalami hal ini..mohon bantuannya..

    1. Pak Ardy,

      Saya pernah menerima keluhan senada dari pengguna tipe ponsel tertentu. Sepertinya memang ada semacam “ketidakcocokan” antara Go SMS dan ponsel tertentu.

  66. maaf sblmnya, saya mau tanya, hp saya matot gara2 lowbat ketiduran semalem, sdh saya pancing dgn batre normal tetep tdk mau nyala, kira2 apa solusinya

    1. Pak Draok,

      Kalau Anda sudah coba memasangkan baterai yang dipastikan berfungsi normal, tetapi ponsel masih tak mau menyala, berarti masalahnya bukan di baterai. Silakan membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Lenovo untuk diperiksa.

  67. kenapa screen hp saya sebelah kiri ga bisa sama sekali diapa2in, ga ada respon sedikitpun saat di sentuh, itu kenapa ya? makasih.

    1. Pak Dams,

      Kalau Anda menanyakan mengapa bisa begitu, saya tak mengetahuinya.

      Kondisi yang Anda alami menandakan layar sentuh ponsel itu, kemungkinan digitizer-nya, bermasalah. Silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Lenovo.

  68. Saya baru beli Lenovo P780, kemudian muncul encryption unsuccessfull dan minta factory reset. Gimana cara mengatasinya?
    Kemudian saya searching cara factory reset, lalu saya coba tekan power & volume +. Setelah itu muncul Factory Mode dengan pilihan bahasa cina…..Kalau seperti itu gimana ya…? Karena setelah saya tunggu beberapa lama setelah factory mode tak ada respon, yang ada hanya logo lenovo yang muncul terus menerus….mohon bantuannya, terima kasih.

    by. anas

    1. Pak Awan,

      Kalau barusan beli (1-2 hari), langsung dibawa ke penjual lagi saja.

      Alternatif lain, coba lepaskan penutup baterai. Di dekat selot microSD ada tombol reset. Tekanlah itu.

  69. tambahan…..

    Kalau pake hard reset (cabut battery) gak berani karena ada peringatan agar battery tidak dicabut……terima kasih.

  70. pak Herry , saya baru pakai Lenovo p 780 8 Giga.. Untuk sim 1 nya jaringan 3G sulit dapat sinyal nya jika saya tukar ke sim 2 yg jaringan nya 2G malah full sinyal nya ??
    mohon bantuannya apakah saya salah setting atau apa nya ??

    Terima kasih,

    1. Pak JO,

      Kalau membaca cerita Anda, saya curiga kekuatan sinyal 3G operator yang Anda gunakan kebetulan kurang bagus di lokasi Anda beraktivitas. Coba dikunci dulu di jaringan 3G/WCDMA only, Pak.

  71. diatas sepertinya ada yang bahas jg tentang ktouch titan ya?
    saya sekarang pakai ktouch s100 titan.
    dengan harga baru 1,9jt kalau dibandingkan dari sisi speknya sih lebih unggul ktouch. tapi bodynya rapuh. baru jatuh 1x, mix-nya dah mati. ada kenalan orang yang punya ktouch titan jg masalahnya di mix yg mati. dan casingnya seperti dari plastik gitu. keliatan rapuh. ini baru 1th, tombol powernya sudah copot.
    kalau lenovo body/casingnya gimana ya?
    saya kok tertarik dengan lenovo p770

    1. Bu Dyah,

      Kapan Anda membeli K-Touch S100 Titan? Sejak beberapa bulan lalu, setahu saya, harganya sudah turun ke kisaran Rp 1,5 juta. Wah, lumayan mudah bermasalah dalam hal fisik ya.

      Bodi Lenovo secara umum oke sih. Sejauh ini baru satu kali saya dapat laporan casing ponsel Lenovo bisa retak sendiri tanpa terjatuh atau terbentur. Hal itu menimpa A706 dengan usia pemakaian sekitar sebulan. Yang mengalami kebetulan teman saya.

  72. pak hery, sy mau nanya… baru pakai lenovo s890 seminggu ini. setiap di charge,lampu lednya menyala, tapi setelah bberapa jam,lampu lednya jadi kedap kedip, padahal itu belum complete charge, dan kalo dicharge perlu waktu lama … kira kira itu normal apa tidak pak ? makasih 🙂

    1. Pak Dylan,

      Saya sudah lupa tampilan LED di S890 seperti apa. Berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mengisi ulang baterai S890 sampai penuh? Asumsinya ponsel dalam kondisi padam ya. Kalau maksimal sekitar empat jam sih masih bisa dianggap normal.

  73. iyaa pak, saya charge selalu dalam kondisi padam. lamanya charge 6 – 8 jam. kadang tulisannya complete,tp setelah dihidupkan ternyata pengisiaannya baru 85 %. selama saya pakai seminggu ini, baru satu kali charge yang pengisiannya full 100 %. selebihnya selalu 94 %, 90 % bahkan pernah 81 % (padahl tertulis complete charge)… jadi bingung pak 🙁

    1. Pak Dylan,

      Hmm… tidak normal deh. Coba Anda charge memakai charger ponsel lain.

      Ponsel Lenovo memang kadang tidak bisa di-charge sampai 100 persen. Namun, selalu lebih dari 90 persen. Jadi, kalau hanya 81 persen dan proses charging sudah dilakukan 6-8 jam, berarti ada yang tidak normal. Dugaan sementara di charger atau kabel datanya.

    1. Pak Anzar Gumilar,

      Password bluetooth-nya bergantung tampilan di layar ponsel atau kode standar peranti bluetooth yang Anda miliki. Tidak ada kode khusus yang bersifat universal.

  74. terimakasih penjelasannya pak 🙂 sepertinya baterainya yg bermasalah… kemaren charge 75% sy cabut dan tekan2 baterainya kemudian pasang kembali,chargenya berubah jadi 87%. padahal wktu itu beli baru :'(

  75. Pak Herry SW, maaf sebelumnya saya tanya, saya baru beli hp lenovo s960 setelah saya donlot aplikasi2, dan permainan,awalnya tidak ada masalah, danb bbm juga bisa, namun setiap ada pembaharuan bbm saat saya akan liat icon bbm melalu layar utama yg ditarik ke bawah selalu tidak bisa, dan harus melihat aplikasi bbm melalui tombol menu. anehnya utk aplikasi lain, pesan, dan brita whatsapp bisa lngsung saya liat di layar pemberitahuan. tanpa harus masuk ke pilihan menu. terimakasih sebelumnya

    1. Bu Ochi,

      Saya kebetulan tidak ber-BBM. Kalau ingin mencoba, silakan hapus dulu aplikasi BBM di ponsel Anda, kemudian lakukan instalasi ulang.

  76. mohon bantuan pak herry, saya baru saja membeli hp ini. skarang permasalahannya hp ini susah skali konek ke komputer. stelah colok usb, centang usb usb storage konek dia hanya loading mulu. kadang2 berhasil nyambung tapi kalo diklik drivenya malah jadi loading tiada henti yg ujung2nya malah bikin komputer not responding, stelah dicabut usb ny baru kmputer kembali normal. gmana solusinya pak? trims banget pak.

    1. Pak Reymon,

      * Ponsel coba Anda factory reset dulu.
      * Komputer silakan Anda restart lagi.
      * Kalau kala ditancapkan ke suatu port USB gagal terdeteksi, coba tancapkan ke port USB yang lain.

      Btw, sistem operasi yang Anda gunakan Windows berapa?

  77. windows 7 64bit pak, ngaruh ga? saya udah instal usb driver lenovo juga tapi masih blum bisa. bisa ke detek tapi pas diklik loading mulu sampe not responding padahal micro sd kebaca pak di hp nya sendiri. ada solusi lain pak? yg belum saya coba hanya factory reset saja pak.

    1. Pak Reymon,

      Sudah dua tahunan ini saya juga memakai Windows 7 64 bit. Jadi, seharusnya bukan faktor itu ya. Sebab, dulu waktu pakai S890, saya tak mengalami masalah.

  78. 1 lagi pak, hp saya ini membutuhkan waktu kurang lebih 3 – 4 jam sampe dicas penuh dalam keadaan mati, knapa lama bgt ya pak? apakah dulu hp pak herry juga bgitu?

  79. pak herry, kata temen saya hp saya replika karna made in china + ga ada stiker hologram gitu. cara ngecek ke-ori-an hp ini gimana ya?

    1. Pak Reymon,

      Boleh tolong disebutkan merek dan tipe ponsel Anda?

      Ponsel made in China tidak selalu replika lho. Kalau buatan Tiongkok selalu replika, wow… betapa banyak pengguna iPhone, Nokia, Motorola, dan aneka merek lain yang tergolong replika di negeri ini.

  80. hp saya lenovo s890 pak, kata temen saya yg ori made in korea. apakah benar begitu pak? saya juga udah bolak balik ni hp tapi ga ada stiker hologram gt macam hp sony saya sebelumnya. tolong pak saya jadi galau kalau ini beneran replika 🙁

    1. Pak Reymon,

      He… he… sejak kapan tuh ada ponsel Lenovo made in Korea. Abaikan pendapat teman Anda deh.

      Saya sudah mencoba aneka ponsel Lenovo bergaransi resmi. Di bodi ponsel tak pernah saya jumpai ada stiker hologram.

  81. Pak herry sy mau tanya,lenovo s890 sy keluar notif “Sayangnya pengaitan Lokasi WLAN berhenti” itu kenapa ya pak? Mohon pencerahannya ..trmksh banyak sblmnya..

    1. Pak Fazar,

      Ketika muncul notifikasi itu, aplikasi seharusnya tidak hilang. Kalau di ponsel Anda ternyata hilang, saya juga bingung mengapa bisa seperti itu.

      Btw, lain kali kalau mengetikkan pertanyaan cukup satu kali dan di satu tempat. Tak perlu berulang-ulang. Saya akan jawab kok.

    1. Pak Arka,

      Bila pengaturan yakin benar dan tetap tak bisa 3G, coba lakukan factory data reset. Kalau masih gagal 3G, silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Lenovo.

  82. mau tnya pak Herry,
    smartphone android apa yg paling recomended harga dibawah 2,5 juta ?
    terutama handal dalam masalah kamera.

    1. Pak Fendy,

      Hmm… nggak ada yang kameranya sangat andal di kisaran itu. Kalau Anda bisa menambah anggaran sampai Rp 2,9 jutaan, silakan meminang Acer Liquid E3. Bila tak keberatan dengan ponsel bekas, Rp 2,5 juta pasti sudah bisa membawa pulang satu unit Liquid E3 bekas.

      Kalau harus ponsel baru dan anggaran Anda di bawah Rp 2,5 juta, silakan mencoba berburu Lenovo S920 atau LG L70.

      Review S920, L70, dan Liquid E3 sudah saya unggah di blog ini. Silakan mencarinya di arsip.

  83. Mau tanya Pak Hery..Lenovo S890 sy klo waktu dipake buka-baca/menulis Pesan ko lemooott sekali ya..?? Padahal utk membuka aplikasi2 lainya lancar jaya ga ada masalah…hanya utk mengakses
    Pesan sms lemot banget.
    Mohon pencerahanya..!
    Makasih P Hery

    1. Pak Roesman Hadi,

      Di beberapa kasus memang ditemukan hal serupa. Lemotnya selalu saat membuka SMS. Satu-satunya solusi tuntas adalah melakukan factory data reset.

  84. pak, hp saya Lenovo s960, saya lupa pola jadi hp saya gak bisa di buka, pakai id google juga gak bisa, saya harus bagaimana pak? thanks ya pak

  85. selamat malam pak, sebelumnya saya berterima kasih atas respon bapak terhadap komentar saya di review sii Xperia J, dan XJ saya pun dalam proses perbaikan. Namun saya berniat untuk menjual sii XJ dan membeli smartphone baru. Menurut bapak smartphone mana yang bisa saya beli bila dilihat dari konektivitas, ketajaman layar, kamera, dapur pacu/performa, juga kenyamanan dalam pemakaian. saya punya budget 2.5 juta. Awalnya saya punya beberapa pilihan yaitu Sony Xperia E3 Dual, Samsung Galaxy Core II, Motorola Moto G+1, LG L80 Dual. Mungkin bapak bisa kasih saran dari beberapa smartphone di atas atau dari merk lain yang menurut bapak lebih masuk kriteria. trims 🙂

    1. Pak Muhammad Hasby,

      Saya belum pernah mencoba Xperia E3 Dual. Galaxy Core 2 sebaiknya dicoret karena kurang mantap. Moto G+1? Kalau yang dimaksud Moto G, secara umum ponsel itu layak dibeli. Titik lemahnya di kamera. Sementara itu, L80 Dual belum pernah saya coba.

      Di rentang harga sampai Rp 2,5 juta, Anda boleh mempertimbangkan (saya urutkan mulai dari yang termurah) Xiaomi Redmi Note, Acer Liquid Z500, dan Acer Liquid E3.

  86. Lenovo S890 saya tidak bisa koneksi data 3G, padahal indikator sinyal ada. Saya sudah factory reset tetapi masih tidak bisa. Apakah Pak Herry ada saran?
    Service center Lenovo di Jakarta yang pelayanannya baik dimana?

    1. Bu Dian,

      Saran saya, bawalah ke pusat perbaikan resmi Lenovo.

      Konon yang di kompleks ruko Mangga Dua Square bagus. Namun, saya belum pernah membuktikannya sendiri.

      Oh ya, ancar-ancar lokasinya begini: Mangga Dua Square blok F25. Di sisi kiri mal, di seberang pintu Jayakarta.

  87. Pak Herry, numpang tanya..
    Saya pengguna lenovo S820 4gb selama hampir setahun.. Kenapa ya Pak sekarang jadi sering hang, terutama saat di pakai main game tertentu.. Clash Of Clans, padahal selama ini tidak ada masalah.. Mohon petunjuknya.. Matur nuwun..

    1. Pak Bagus,

      Setelah lama dipakai, file sampah di ponsel pintar seringkali terus bertambah. Kinerja ponsel pun menurun. Hal itu bukan hanya terjadi di Android. Nokia Symbian zaman dulu juga mengalami hal serupa.

      Dalam kondisi seperti di atas, langkah paling jitu adalah melakukan factory reset.

  88. menurut saya lenovo s890.kinerja cukup baik saya biasa charger menembus 3jam atau lebih sedikit jika batrai mulai dari 13%

  89. Pak saya mau tanya nih gmna caranya ganti jaringan edge ke jaringan 3g soalnya HP s890 saya edge trus jaringan nya pak , saya ga ngerti cara ganti ke 3g nya, lokasi saya bandung pak makasih!

    1. Pak Dicky,

      Saya sudah tidak memakai S890. Saya pun telah lupa dengan struktur menu di ponsel itu.

      Intinya:
      * Masuk ke settings.
      * Cari menu mobile networks.
      * Cari preferred network type.
      * Lalu coba pilih WCDMA only.
      Kalau tetap tak dapat sinyal 3G, berarti di area Anda memang tidak ada sinyal 3G. Pilihan di preferred network type silakan diubah lagi menjadi WCDMA/GSM auto.

  90. Mau tny hp sy Lenovo S890 salah satu tombol sentuhnya tdk berfungsi (tombol kiri bawah), sdg tombol lainnya (tengah dan kanan) normal). Awalnya normal tp lama2 sulit dan akhirnya tdk brfungsi sm sekali. Mhn solusinya? Trims.

    1. Pak Ahmad Sabarudin,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman yang saya tuliskan di blog, jawaban atas pertanyaan yang masuk pada 24-30 Mei 2015 akan mengalami penundaan. Pada rentang waktu tersebut saya sedang berada di Beijing, Tiongkok, untuk mengikuti Lenovo Tech World.

      Solusinya ya silakan membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi atau tempat servis independen. Sebelumnya, tak ada salahnya coba melakukan factory reset dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *