Review LG A275: Gagal Jual Berarti Bebal

Ada beberapa prinsip yang perlu dipegang saat akan membeli ponsel, terutama bila Anda tertarik dengan ponsel merek lokal buatan Tiongkok. Pertama, ponsel merek lokal yang gencar beriklan atau menjadi sponsor acara di televisi belum tentu bagus. Biarpun iklannya mengesankan ponsel tersebut berkualitas Eropa, praktiknya bukan mustahil bertolak belakang.

Kedua, kalau memang memungkinkan, lebih baik membeli ponsel merek global. Seburuk-buruknya merek global biasanya masih mendingan dibandingkan merek lokal yang seolah keren. Apalagi, harga ponsel merek global sudah semakin terjangkau.

LG A275-1

LG A275 saat ini menjadi contoh nyata terbaik poin kedua. Ponsel dual standby GSM-GSM itu dibanderol Rp 200 ribuan saja. Dalam pantauan penulis, mayoritas pemilik toko menjualnya Rp 210 ribu atau Rp 215 ribu. Sementara itu, segelintir penjual yang memanfaatkan ketidaktahuan konsumen menawarkannya Rp 250 ribu.

Biarpun murah, A275 tidak murahan. Tampilan fisiknya justru lebih bagus daripada beberapa tipe ponsel Nokia dan Samsung yang dijual lebih mahal. Pengetikan SMS bisa dilakukan dengan cukup nyaman karena keypad A275 tergolong membal. Ponsel pun cukup responsif.

Ponsel berdimensi fisik 44,9 x 107,2 x 14,16 mm dan berat 65,7 mm gram itu hadir dengan layar TFT 1,45 inci. Layar tersebut beresolusi 128 x 128 piksel dan sanggup menyajikan sampai 65 ribu warna.

Senter dengan tiga lampu yang terang terdapat di bagian atas ponsel. Langkah tercepat untuk menyalakannya adalah memencet tombol navigasi ke atas. Di sisi kiri ponsel tersedia konektor charger berwujud micro USB.

LG A275-2

Bila hendak mendengarkan siaran radio FM, pengguna cukup menekan tombol navigasi ke kanan. Tak usah menancapkan handsfree berkabel. Sampai 12 stasiun radio favorit dapat disimpan untuk mempercepat akses di masa mendatang.

Kala ingin mengetikkan SMS, pengguna tinggal memencet tombol navigasi ke kiri. Bila yang ditekan tombol navigasi ke bawah, di layar ponsel akan tersaji fitur kalender.

Spesifikasi lain A275, di antaranya, buku telepon 250 nama yang masing-masing bisa dipadukan dengan dua nomor, kalkulator, alarm, stopwatch, memo, dan jam dunia. Saat ingin mencari alasan untuk meninggalkan orang lain, manfaatkan saja fitur self call. Ponsel akan berdering dan layar menyajikan nama plus nomor telepon yang telah diprogram. Seolah ada panggilan masuk yang wajib diterima pengguna.

Untuk membedakan suatu panggilan telepon atau SMS masuk ditujukan ke nomor mana, pengguna cukup melihat warna latar belakang nomor atau pesan. Kalau hijau, penelepon atau pengirim SMS berarti menghubungi nomor pertama. Sedangkan kalau ungu, berarti yang disasar nomor kedua.

Nada dering telepon maupun nada SMS dua nomor yang terpasang bisa dibedakan. Namun, pilihan nada yang tersedia sangat terbatas. Hanya ada lima pilihan nada dering telepon dan tiga nada SMS. Pengguna tak dapat menambahkan nada baru.

LG A275-3

Secara umum, menurut penulis, ponsel yang memanfaatkan baterai lithium ion 950 mAh itu menarik dibeli oleh pemburu ponsel dual SMS dengan anggaran sangat terbatas. Ketiadaan kamera, selot memori eksternal, bluetooth, dan akses internet boleh dimaklumi mengingat harga jual A275 yang begitu terjangkau. Satu keterbatasan yang pantas dianggap sebagai kekurangan, wallpaper ponsel itu tak bisa diganti.

Di kisaran harga jual yang setara, A275 memiliki tiga “musuh” di pasar. Yaitu, Nokia 103, 105, dan Samsung Keystone 2. Kalau 103 masih berlayar monokrom, 105 dan Keystone 2 telah berlayar warna. Tetapi, ketiga ponsel GSM itu hanya single SIM.

Dengan memperhatikan keunggulan komparatif A275, ponsel itu seharusnya laris manis. Kalau ia sampai menuai kegagalan di pasar, maaf, distributor dan personel LG Mobile di Indonesia pantas diberi predikat bebal. Evaluasi mendalam mutlak dilakukan. Langkah ekstrem tak ada salahnya dilakukan: copot semua!

319 thoughts to “Review LG A275: Gagal Jual Berarti Bebal”

  1. Bu Melisa,

    Dengan pemakaian ala saya, hampir tiga hari. Ponsel menyala 24 jam per hari alias tidak pernah dimatikan.

  2. Tampaknya Pak Herry sangat gemas dengan kinerja LG Mobile Indonesia πŸ˜€ (mungkin karena ponselnya lumayan bagus, tapi koq kalah laris dari pesaingnya)
    Dari review2 ponsel LG sebelumnya (sebelum era Android) di Ponselmu.com, anda cukup puas dengan kualitas, kinerja dan kenyamanan ponsel LG dibandingkan ponsel Samsung dengan level yang sama, terutama yang low end.
    Yang ingin saya tanyakan, apakah LG Mobile di Korea Selatan sendiri promosinya juga redup seperti di Indonesia ?

    1. Pak Yopie,

      He… he… iya. Saya gemas dan geram banget dengan LG Mobile Indonesia. Kalau produk jelek, lalu nggak laku, ya itu wajar. Lha ini produk menarik dan kompetitif, tetapi penjualannya melempem.

      Bertahun-tahun silam, zaman LG pakai brand ambassador Agnes Monica, eksistensi ponsel LG di Indonesia lumayan lho. Memang jauh di bawah Nokia yang saat itu menjadi raja. Namun, setidaknya lebih terdengar daripada sekarang.

      Saya kurang tahu bagaimana kondisi promosi LG Mobile di Korea. Kapan-kapan kayaknya perlu survei ke sana sekaligus berkunjung lagi ke pabrik LG ya. πŸ™‚

  3. saya nyari2 hp low end dari lg yg seperti ini g nemu ternyata baru keluar, jadi beli saya ht batrenya 1800 mAh standby bisa 3 minggu

    1. Pak Anto,

      Yang dimaksud dengan “… jadi beli saya ht batrenya 1800 mAh standby bisa 3 minggu” itu apa ya? Saya bingung. Kalau maksudnya HT Mobile, sepertinya bukan karena merek itu sudah almarhum.

  4. Ponsel yang menarik ini. Setuju dengan pak HSW, kalau sampai kalah berarti bebal. Hehe.

    Kalau sekarang LG sama Nokia penjualannya kok sepertinya masih tetap tinggi Nokia ya. Lebih sering lihat lumia daripada LG optimus.

    1. Pak Christian Utomo,

      Penjualan feature phone dan seri Asha milik Nokia memang masih tinggi. Sedangkan Lumia-nya ada beberapa tipe yang tergolong laris, ada pula yang lebih banyak jadi pajangan toko.

      Sementara itu, LG sudah lumayan lama tidak mengeluarkan ponsel feature phone yang baru. Mereka lebih bermain dengan ponsel Android yang praktiknya lebih banyak sayup-sayup terdengar daripada laris manis.

  5. berat kok 65.7 mm hehe

    kadang kepengen juga pake hp dual on sederhana seperti LG ini tapi kok takut kalau dibutuhkan internet, kamera dsb repot juga kalau ga ada

    1. Pak Liat2aja,

      Ha iya tha? Wah, saya “mabuk” berarti saat mengetik. Segera dikoreksi. Thanks, Pak.

  6. aduh baru tau yah ternyata HT moble itu sudah almarhum.
    saya inget banget dulu akhir tahun 2009 saat demam ‘NexBerry’ masih mewabah.. saya sempat bela-belain antre mengular berdiri 1 jam-an supaya dapet HT mobile type G33.

    sekarang ponselnya sih masih nyala, sekalipun sudah saya istirahatkan jadi penghias laci πŸ™‚

    1. Pak WRD,

      Iya, Pak. HT Mobile sudah almarhum. Saya termasuk yang menyayangkan terjadinya hal itu. Apalagi, almarhumnya HT Mobile itu bukan karena barangnya nggak laku atau bangkrut, melainkan lantaran terjadi perpecahan di internal mereka.

      Hal serupa sebelumnya terjadi di Hi Tech. Anggaplah ada lima pemegang saham. Pemikiran mereka sudah tidak sejalan sehingga akhirnya pecah kongsi. Sebagian akhirnya melahirkan HT Mobile. Eh, ternyata perbedaan visi misi itu terulang lagi di HT Mobile.

  7. ht mobile A25 harga 250rb selain batre yang berkapasitas besar,radio bisa di setel tanpa menancapkan handfree selain itu slot microsd ada 2 ,tapi daya tarik utama bagi saya adalah batrenya .kenapa ht mobile “almarhum” pak ? padahal produk nya lumayan,hp ini pernah jatuh sekitar satu meter tapi ga ada lecet sedikitpun.

    1. Pak Anto,

      Wow… HT Mobile A25 itu padahal barang lama banget. Ternyata masih ada yang punya stok. Bapak tinggal di kota mana ya?

      Betul. Di antara aneka ponsel merek lokal buatan Tiongkok, ponsel HT Mobile termasuk yang paling sering saya rekomendasikan untuk dibeli. HT Mobile almarhum karena terjadi perpecahan di internal mereka. Para pemegang saham sudah tidak sejalan lagi.

  8. kalo Lenovo termasuk brand apa ya, pak? Global kah?
    Lenovo A 390 kan baru rilis, gimana review pak HSW? apa masuk kategori best value?

    1. Pak Rizal,

      Lenovo termasuk merek global. Ya, A390 sudah memasuki pasar. Harga ritel yang disarankan Rp 1,199 juta. Saya belum tahu bagus atau tidak karena belum pernah mencobanya.

  9. Dibogor pak,tadinya saya mengincar lenovo a185 yang batrenya juga 1800mAh ternyata stock nya habis kemudian ditawari A25 dan A35 pertama saya ambil A35 ada temen yang suka dan di pake temen lalu saya beli yang A25 kata pemiliknya punya stock 3 biji,sangat memuaskan dibanding merk lokal lain.sekalian mau tanya pak,kenapa pak Herry tidak menyarankan hp lokal macam crs,advn,im* dll padahal dari merk2 tsb dengan harga murah specnya lumayan saya tertarik dengan crs a7s dan adv s5.Apa pertimbangan utamanya “menolak” brand2 tsb?

    1. Pak Anto,

      Thanks infonya. Wah, mendadak jadi pengin iseng beli A25 nih.

      Saya tidak menyarankan ponsel-ponsel merek lokal tersebut di atas karena sebagian sejak dulu memang kurang bandel. Sebagian lagi dulu bagus, tetapi setelah laris, terasa ada penurunan kualitas yang signifikan.

  10. Maaf, ikut nimbrung πŸ™‚
    HT A25 baterai awet pantas saja, lha feature phone dengan 1800 mAh.
    Saya setuju dengan pak Herry bahwa HT mobile termasuk ponsel lokal berkualitas.
    Teman saya punya G30 sudah pernah jatuh berulang kali sampai layar depan LCD retak, namun sampai sekarang masih bisa digunakan dengan lancar.
    Dulu saat pameran HT mobile, saya juga pernah tertarik dengan G78 yang memiliki fitur GSM+GSM+CDMA, dan dari tampilannya menurut saya cukup elegan. Selain itu ada X5 dan X10 yang tahan banting yang waktu itu iklannya kalau tidak salah ingat dilempar ke tembok sampai jatuh, dan masih baik2 saja.
    Seandainya dulu LG Mobile membeli semua saham HT Mobile dan memproduksi kembali banyak feature phone (jangan hanya fokus di Android) yang benar2 tahan banting.

    1. Pak Yopie,

      Betul, X5 dan X10 memang tahan dilempar-lempar.

      He… he… guyonan yang beredar, HTC itu penerusnya HT Mobile. πŸ™‚

  11. Pak HSW, thx atas kiriman ponsel ini. Ini kesan saya padanya:

    Setelah nyoba si LG A275 ini, menarik juga kok sbg ponsel kelas entry level. Yang terasa awal kali itu empuuk sekali keypad-nya, nyaman buat sms-an. Selain itu feature menarik lainnya sebagai ponsel di kelas harga 200 ribuan yaitu adanya senter (ini sering dibutuhkan saat malam), bobot yang ringan (seperti tidak membawa ponsel), menu sangat sederhana (utk kebutuhan cukup telpon dan sms aja lebih dari cukup), dan yg terpenting adalah perpindahan antar menu yg cepat. Tidak lelet seperti produk ponsel entry level merek M*t*r*la dan S*ms*ng yang saya pernah gunakan. Radio tanpa handsfree juga bonus feature yang menarik.
    Ponsel ini juga cocok sebagai ponsel cadangan, yaitu dipakai saat ponsel lain habis baterai atau rusak mendadak. Cukup disimpan di handbag atau di laci mobil, in case of emergency.

    Sebenarnya jika pihak LG lebih serius garap pasarnya, produk ini gak boleh layu di pasar. Mereka kudu lebih dekat dengan para dealer/distributor di pusat2 penjualan. Terutama pd product knowledge para produknya, agar para dealer/distributor tersebut dpt sampaikan dgn baik ke pembeli potensialnya.
    Saya rasa penekanannya bukan pada uraian spesifikasi belaka, yaitu apa yang bisa dilakukan oleh si produk. Tetapi tekankan pada “sesuatu apa” yang akan pembeli dapatkan dari produk ini. Ini terkait dengan positioning si produk juga. Dan saya rasa hal ini juga berlaku untuk produk-produk lainnya.

    Klo bagi saya yang orang Surabaya, sebenarnya akan lebih sip lagi jika dual-nya GSM-CDMA. Karena fenomena di sini kan pengguna ponsel sering juga pakai nomor Fleksi sbg nomer kedua ato ketiga, dibanding di kota2 lainnya. Mungkin kualitas Fleksi di Surabaya rada lebih baik dari di kota lain, walo masih tetep dlm range “belum sangat memuaskan” karena tampak belum optimal digarap oleh penyedianya.

    Itu saja kesan saya terhadap ponsel ini, sebagai “oleh-oleh” atas special gift dari Pak HSW. Matur nuwun.

  12. Pak Hananto,

    Terima kasih atas sharing-nya. He.. he.. merek tak perlu disensor, Pak. Ditulis lengkap saja: Motorola dan Samsung. πŸ™‚

    Kalau ponselnya dual on GSM-CDMA, pasti harganya takkan semurah A275.

  13. LG A275 baterainya cuma tahan 3 hari ya pak?..padahal saya tertarik karena katanya baterainya tahan lama..buat ganti HP Maxtron MG218 4 kartu dan Micxon MX7 yg keduanya itu cuma tahan baterainya 3 hari jika aktif semua..saya kira LG A275 sama kaya samsung type GT E1080F yg tahan 12 hari tp sayang cuma single SIM

    thanks atas infox pak πŸ™‚

    1. Pak Rizal,

      Baterai A275 yang tahan tiga hari itu merujuk pada perilaku pemakaian ala saya ya. Sekadar pembanding, dengan perilaku pemakaian ala saya, baterai Samsung E1080T bertahan empat hari. Tak pernah bisa tembus 12 hari.

  14. makasih pak Herry atas infonya..kalau pemakaian saya utk E1080 tahan 12 hari…siap2 ke toko ponsel nih smg A275nya msh ada πŸ™‚

  15. Yth, Om Herry

    Yang ini jika dipakai lama panas nggak?
    Saya punya LG jadul lama bentuknya mirip juga dengan A275 di atas, dulu harga 300 ribu. Saya pakai seperti ada radiasi panas, sampai sekarang masih ada di saya.

    1. Pak Tricahyo Abadi,

      Lama ini berapa menit ya? Kebetulan durasi bertelepon saya rata-rata hanya 1,5 menit. Paling lama 15 menit, tetapi jarang banget. Sampai 15 menit sih tidak terasa hangat.

  16. Pak Herry mau tanya kl hape yg cm fitur standar dan baterai tahan lama plg ga semingguan dan single sim ada rekomendasi ga? terima kasih

    1. Pak Welly,

      Ponsel terakhir yang di tangan saya baterainya bisa bertahan lebih dari seminggu adalah Smartfren Enduro. Ia adalah ponsel CDMA keluaran pertengahan 2011 dan kini sudah tak beredar lagi.

      Cobalah melihat Nokia 100 (layar warna), 103 (layar hitam putih), dan 105 (layar warna). Seluruhnya single SIM GSM. Dengan perilaku pemakaian ala saya, daya tahan baterai maksimal bertahan lima hari. Namun, siapa tahu di tangan Anda bisa bertahan lebih dari satu minggu.

      Sekadar pembanding, silakan membaca naskah review LG A275 ini http://ponselmu.com/review-lg-a275-gagal-jual-berarti-bebal/. Perhatikan bagian komentarnya. Di situ ada Pak Rizal yang mengungkapkan bila baterai Samsung E1080 yang dipakainya sekali di-charge bisa bertahan sampai 12 hari. Ponsel tipe yang sama kala saya pakai hanya mampu mendampingi selama empat hari.

  17. slm knal om herry,,
    jbetulan saya cukup tertarik dgn Lg A275 ini bwt mendampingi android saya..yg saya ingin tanyakan brp kapasitas inbox smsnya?trus laporan pngiriman smsnya msk ke inbox atau gak ya?soalnya saya pnh pakai samsung keystone 2 krng suka di laporan smsnya krn msk inbox..klo LG A275 ini model laporan sms seperti apa ya?mirip hp lokal,nokia 103?mkasih om herry tuk jawabannya

    1. Pak Ronnie,

      Saya cobakan dulu ya. Sebab, saya nggak terlalu suka SMS. Baru ada sekitar 10 SMS di inbox sudah saya hapus.

      Kalau sampai besok malam saya belum memberikan update, silakan diingatkan lagi.

  18. ok mas…saya tunggu update an terbarunya..soalnya saya lagi nyari hp low end (bkn lokal) yg sms nya memadai…saya jg tertarik dgn nokia 103 soalnya fitur smsnya cukup memadai tp syang msh monochrome n single sim

    1. Pak Ronnie,

      Kapasitas SMS 100 pesan. Delivery report muncul di layar dan langsung menghilang usai dibuka. Jadi, tidak masuk ke inbox.

  19. Salam kenal ????Γ£

    Tgl 25 juli 2013 kmrn, sy beli hp LG A275 ini diMalang.
    Sebelumnya sy adalah pemakai berat Android.
    Alasan sy pakai ini adalah ngegantiin hp Samsung keystone2 ΓΏΒͺ?g hilang.

    Sy suka kinerjanya, batere 3 ?????i. Tp sayang SIM2 sering error.
    Atau keluar komentar EMERGENCY.
    Lalu sy balikin ke tokonya. Langsung dp tuker baru.
    Sampe rumah gejala error msh berlanjut. Kartu ??a? saya bolak balik.
    Sampe beli kartu perdana bbrp kali. Tetep Βͺ?Βͺ.

    Kira2x gimana Y???? solusinya ???
    ??Ε‘? minta telp service center LG Kediri ??

    Makasih

    1. Pak Nurhidayat,

      Apakah yang bermasalah hanya SIM2, sedangkan SIM1 normal?

      Coba lakukan hal berikut:
      * Masuk ke menu, Settings, Network Selection, lalu pilih SIM2.
      * Pilih Preferred, kemudian hapus nama semua operator yang ada di situ.
      * Sudah? Kembali ke layar utama. Masuk lagi ke Settings, Network Selection, lalu pilih SIM2. Sekarang pilih manual. Ponsel akan berusaha mencari sinyal.
      * Setelah 1-2 menit ponsel mestinya bakal memperoleh sinyal.

      Maaf, saya tak mengetahui nomor telepon pusat perbaikan resmi LG di Kediri.

  20. kalau untuk hp dual on gsm-cdma yang seperti Samsung W139 atau hp android yg dual on gsm-cdma yg tidak terlalu mahal apa ya pak?

    terima kasih

    1. Pak Cun Cun,

      Ada beberapa merek dan tipe, tetapi saya tidak atau belum berani merekomendasikannya. Apa saja?

      * Jambu (versi unlocked). Selot CDMA ponsel ini sebenarnya dikunci Smartfren. Namun, di pasar ada banyak penjual Jambu unlocked. Harga baru sekitar Rp 300 ribu. Setelah di-unlocked, fitur bluetooth dan radio FM seharusnya tidak berfungsi.

      * Alcatel one touch D668. Ini ponsel Android dual on GSM-CDMA. Harga pasar sekitar Rp 1,275 juta.

      * Alcatel one touch D920. Ini juga ponsel Android dual on GSM-CDMA. Harga pasar Rp 1,7 juta sampa Rp 1,775 juta. Kalau tidak berencana memakai kartu bawaan ponsel, sebelum menyalakan ponsel untuk kali pertama, pastikan Anda sudah melepaskan kartu yang terselip dulu.

  21. maaf pak Hery saya mau tanya kualitas HP merk Polytron itu bagus ga?tadi saya lihat di konter yg tipe C 301. soalnya LG A275 dah keburu hbs waktu itu cuma ada 2 biji warna hitam dan putih. Di kota saya HP LG A275 cuma 1 konter aja yg jual di konter lain ga ada jual πŸ™‚

  22. akhirnya neh hp dah saya beli mas…kesan pertama mkn fitur menunya yg trlalu simpel,phonebook yg hanya dpt menampung 250 kontak,walpaper ga bs dignti n ringtone panggilan cm tersedia 5 biji…pemakaian bru 1hari (sms+telf 1jam lbh) tp indikator batre blm berkurang sama skali..kbtulan saya hnya memakai 1 sim saja…

  23. mas herry..kr2 handsfree yg cocok bwt hp ini apa ya?saya sdh coba pakai handsfree bwt samsung dan nokia tp ga ada yg cocok..klo pke nokia nyalanya cuma sebelah doang,,pke samsung ga mau konek sama skali..klo tau tlng ksh info ya mas..makasih

  24. Pak Ronnie,

    Lho, kok hemat banget bisa pakai dua hari tanpa baterai berkurang?

    Handsfree berkabel Nokia seringkali konektornya agak beda. Jumlah garisnya tak sama dengan aneka ponsel lain. Ada teman yang pakai handsfree-nya iPhone di A275 dan dapat berfungsi sempurna.

  25. iya mas msh utuh neh batrenya,pdhl tiaop hari dipke bwt telf minimal 1hr 1jam…rada ssh jg ya klo nyari handsfree iphone..

  26. mas heri, salam kenal
    klo dibanding lg a190 mana yang lebih baik?
    oia klo dgn spek lg a275 trus dtmbah ad mp3 player serta slot microsd, hp apa yang di rekomen oleh mas heri?

    1. Pak Mas Bim,

      Salam kenal juga. A190 dan A275 memiliki plus minus tersendiri.

      A190 unggul di kapasitas buku telepon yang 500 nama. Kalau A275 kan hanya 250 nama. Sementara itu, A275 menang di lampu senter yang jauh lebih terang daripada A190.

      Dulu di A190, saat siaga sinyal kartu kedua kadang terlihat naik turun secara signifikan. Hal serupa tak ditemui di A275.

      A275 + pemutar MP3 + selot microSD? Ada Nokia 101 yang harga barunya Rp 295 ribu. Namun, konektor charger-nya bukan micro USB ya.

  27. thanks respon jawaban cepatnya mas heri, oia nokia 101 apakah sudah dual stand by? saya cari hp low end dual sim dual standby bisa radio, dan pemutar musik, dan ckp utk telpon dan sms tentunya

  28. saya dapat info, nokia 101 ini sering restart krna sofwareny bermasalah,apa benar mas heri? trus selain nokia 101 merk lain ada lagi mas? oia panggil saya mas bim aja ya mas heri, hehhe

    1. Mas Bim,

      He… he… sebelumnya saya menyangka “Mas Bim” itu nama komplet Anda. Karena saya biasa menyapa dengan Pak atau Bu, maka jadi Pak Mas Bim.

      Saya pernah memakai tiga unit Nokia 101 yang berbeda. Jarak pemakaian unit pertama dengan kedua sekitar dua bulan, sedangkan jarak pemakaian unit kedua dengan ketiga sekitar setengah tahun. Masing-masing unit saya pakai sekitar satu bulan. Nah, dengan kondisi seperti itu, hanya satu kali saya mengalami 101 restart sendiri. Saya lupa waktu itu sedang melakukan aktivitas apa di ponsel. Kejadian itu saya anggap wajar karena cuma satu kali di tiga ponsel dengan pemakaian yang kalau ditotal mencapai tiga bulan.

      Selain 101 ada apa lagi? Ada Nokia X1-01 (harga sekitar Rp 375 ribu), X2-02 (sekitar Rp 650 ribu), dan 301 (sekitar Rp 815 ribu). Tipe terakhir itu menarik karena mendukung layanan 3G. Ia tak lagi memakai konektor charger Nokia dua milimeter alias bundar kecil, melainkan sudah menggunakan konektor micro USB. Saya sendiri saat ini sedang memakai 301 warna kuning.

  29. Mas heri, klo utk dibawah 300 ribuan maksud saya, hehe. Apakah ada type LG lainnya yang fungsinya hampir mirip dengan nokia 101. Klo tidak ada bearti saya beli nokia 101 aja, Oia merk cina/lokal jg dpp asal direkomen mas heri..

    Btw buat Mas Heri, saya respect banget. Baik dari sapaan maupun jawaban. Mudah2an saya bisa seperti mas heri..

    Terima kasih2 atas jawaban – jawabannya Mas Heri, tambah sukses yo

    1. Mas Bim,

      Kalau di bawah Rp 300 ribu, tidak ada pilihan lain lagi, Pak.

      Terima kasih atas doanya.

      Paket penjualan LG A275 tidak termasuk handsfree berkabel. Saya tak ingat paket penjualan Nokia 101 termasuk handsfree berkabel atau tidak.

  30. Oia klo untuk kualitas suara di Handsfree nya, suara bass nya manteb nda pak, soale biar bisa dipake utk jogging Mas..

  31. saya di pontianak mas heri, abis dari penhecasan pertama, ini malam kedua masih sisa dua bar baterenya, kdng2 dipake utk radio, blm utk telpon, walaupun sdh saya pasang satu sim

    1. Mas Bim,

      Oh, di Pontianak. Di luar Pulau Jawa seringkali harga ponsel memang berbeda tipis. Khusus di daerah yang lebih pelosok, selisihnya baru lumayan besar.

  32. oia mas, bisa rekomen android dibawah 2jutaan, performa yang manteb,spek kira2 digunakan untuk game hd, kamera dgn flash, batere tahan lama

    1. Mas Bim,

      Sebenarnya saya ingin merekomendasikan ponsel Lenovo. Sayang, tipe yang akan saya rekomendasikan sudah diskontinyu. Di rentang harga yang sama, ada pula beberapa ponsel Android LG yang sepertinya memenuhi syarat. Namun, karena saya belum mencobanya sendiri, saya belum berani memberikan rekomendasi.

      Bagaimana kalau melirik Oppo Find Piano, Pak? Harga Rp 1,999 juta. Sebenarnya terlalu mahal untuk sebuah ponsel merek China yang tak mau mengaku merek China. Tetapi, secara kinerja, ponsel itu cukup bagus.

  33. Lenovo seri apa pak? barangkali di sini masi ada stoknya?
    N klo LG seri apa pak, dpp klo blm di review menjadi tg jawab saya pak, hehehe

    1. Mas Bim,

      Lenovo P700i. Tapi, kamera tanpa lampu kilat ya. Harga resmi Rp 1,999 juta, sedangkan harga pasar terakhir sekitar Rp 1,85 juta.

  34. Mas Heri SW,Waduh klo kamera yang sdh ada flashnya? merk apa yah? p770i gmn?
    N klo merk lainnya? LG seri apa Mas heri?

    1. Mas Bim,

      Lenovo P770 (bukan P770i) layak beli sih. Kemarin saya tidak menyebutkannya karena harga jualnya lebih dari Rp 2 juta alias tak sesuai dengan kriteria yang Anda sebutkan.

      LG ada Optimus L4 II dan Optimus L5 II, baik yang versi single SIM maupun dual SIM. Tetapi, saya belum pernah mencobanya.

    1. Pak Rizal,

      Kemungkinan besar saya takkan me-review-nya. Kalau tidak mendapatkan pinjaman dari distributor atau prinsipal, berarti saya harus membeli sendiri. Nah, saya yakin T375 bekas sangat sulit dijual kembali dengan harga rasional.

    1. Pak Gian,

      Tidak. Dua selot kartu SIM A275 berada di balik baterai. Jadi, pengguna harus mematikan ponsel dan melepaskan baterai untuk mengakses selot tersebut.

  35. Pak Herry, untuk hp seperti LG a275 ini, tapi ada kamera+mp3+microsd, yg dual standby, konektor charger-nya micro USB, budget 500rb, yg paling recommended apa ya?

    1. Pak Wisnu,

      Hmmm… pilihannya cuma Samsung C3322 alias Lakota. Tapi, dengan kondisi dolar AS sekarang, mungkin harus nambah anggaran sedikit ya.

      Dulu ponsel itu juga memiliki bug. Saya kurang tahu sudah diperbaiki di firmware keluaran terbaru atau belum. Apa saja bug-nya?
      * Setelah tiga kali disinkronisasikan dengan kontak di Microsoft Outlook, maka pada percobaan keempat dan seterusnya pasti error. Ponsel harus di-reset dulu.
      * Bila dihubungkan dengan headset bluetooth, saat tersambung, pemutar musik di ponsel otomatis menyala dan memainkan musik.

  36. Wah, terimakasih banyak Pak Herry atas responnya, sayang LG A230 sudah diskontinyu padahal sudah saya incar tuh πŸ˜€ sekarang sepertinya beralih ke Samsung C3322, kalau untuk yg single sim gsm apa ya pak yg rekomended untuk kriteria seperti diatas?

    1. Pak Wisnu,

      Kalau pun A230 masih ada, saya takkan terlalu merekomendasikan. Sebab, tampilan layarnya kurang nyaman di mata.

      Kemarin anggaran Anda Rp 500 ribu ya? Umpama hanya perlu single SIM, silakan tetap ambil C3322 saja, Pak. Cukup diisi dengan satu kartu.

  37. pak saya mau tanya tentang kualitas sinyal & nelpon hp lg a 275 ini gmn?
    truz pada waktu kita sms, apakah a275 ini bisa tekan enter/ spasi kebawah ?
    soalnya saya takut sperti lg a180 dlu gk bisa spasi ke bawah πŸ˜€

    1. Pak Huda,

      Kualitas sinyal baik-baik saja. Suara earpiece saat dipakai bertelepon lebih enak didengar dibandingkan Nokia berharga jual setara.

      Saat mengetikkan SMS, tak ada tombol Enter. Kalau ingin membuat baris kosong, pengguna harus menekan spasi berkali-kali.

    1. Pak Ciekmien,

      Sesaat setelah salah satu nomor dipakai bertelepon, sinyal memang akan hilang sesaat. Namun, mestinya beberapa detik kemudian bakal kembali muncul.

      Kalau sedang siaga tiba-tiba sinyal menghilang, saya pernah mengalaminya. Langkah yang saya lakukan, masuk ke settings, network selection, pilih SIM yang akan diatur, lalu preferred. Masuk ke enter new network, kemudian isikan MCC dan MNC sesuai operator yang Anda gunakan.

      Ini daftarnya:
      * Telkomsel 510 10
      * Indosat 510 01
      * XL 510 11
      * Axis 510 08
      * Tri 510 89

      Setelah ditambahkan dengan preferred network, kasus sinyal hilang tak lagi dialami.

    2. Pak Ciekmien,

      Saya lupa satu hal. Selain menambahkan preferred network, boleh pula mencoba menukar posisi kartu. Kartu yang sebelumnya dipasang di selot SIM1 silakan dipindahkan ke SIM2. Demikian sebaliknya.

  38. Pak Herry…LG C333 Triple Sim Card tidak ada beredar ya?…saya baru tahu LG keluarkan yg triple sim card pas browsing…tp hampir semua toko di daerah saya tidak ada yg jual tipe tsb…trm kasih

    1. Pak Rizal,

      LG C333 memang tidak beredar di sini. Selain C333, ada LG A290 yang juga dilengkapi tiga selot kartu SIM. Bedanya, C333 hadir dengan qwerty keypad, sedangkan A290 candybar.

      LG Mobile Indonesia setahu saya memutuskan tidak memasarkan dua ponsel tersebut ke sini karena harga jualnya terlalu tinggi. Padahal, potensi pasar ponsel dengan tiga kartu SIM tergolong sangat terbatas.

  39. Padahal LG tipe tsb sangat menarik..btw, tanya lg nih Pak Herry..kira2 LG A275 dibandingkan HP Maxtron Power Bank dgn kapasitas baterai 2100 mAH dan HP Prince PC 9000 dgn kapasitas baterai 5600 mAH kuatan mana ya daya tahan baterainya?…trm ksh

    1. Pak Rizal,

      Di atas kertas sih mestinya lebih kuat baterai dua ponsel yang Anda sebutkan ya. Praktiknya belum tahu.

      Btw, daripada membeli merek lokal, lebih baik melirik merek global lho. πŸ™‚

      Hal lain, di mana Anda menemukan ponsel Prince PC 9000 itu? Saya kok jadi penasaran.

  40. Di toko2 ponsel di Banjarmasin banyak Pak…awalnya tahu maxtron power bank yg harganya 255 ribu…pas lihat2 ada juga HP Prince yg ditulisi penjualnya power bank…padahal sudah lama juga lihat HP Prince tsb tp belum tahu kalau kapasitas baterainya 5600 mAH…harganya saya lupa…ntar siang mau lihat lagi…soalnya sempat nyoba2 test HP Prince PC 333 ternyata tampilan menu layarnya lbh bagus daripada maxtron ip67-1

    cuma memang saya juga tidak yakin dgn kualitas merk2 tsb

    thanks Pak Herry atas sarannya πŸ™‚

  41. Harga Prince PC 9000 Rp 310 ribu pak..ada senternya besar..dan suaranya sangat keras walau dalam volume minimal..kebetulan pas saya lihat2 ada yg beli tadi jadi saya pinjam sebentar πŸ™‚

    tampilan menunya huruf2nya juga besar

    1. Pak Rizal,

      Hmm… jadi makin penasaran nih. Kalau pas keliling ke pusat penjualan ponsel di Surabaya saya coba cari ah. Baru kali ini dengar merek Prince.

  42. Waktu pertama beli, dengan ukuran yg mungil saya kira dual SIM ukuran micro SIM, ternyata ukuran standar, jadi gak ribet.

    Secara overall bagi saya sangat bagus untuk handphone kelas entry. Fitur utama saya lebih kepada fungsi, selanjutnya ke entertainment yg independen (dalam arti kata: sudah tersedia tanpa perlu tindakan/tambahan lebih), yaitu radio FM.

    Keterbatasan ringtones & setting wallpaper bukan masalah, karena ringtones yg disediakan cukup berbeda satu sama lainnya dan sangat jelas terdengar. Sedangkan wallpaper hanya pemanis.

    Harga waktu pembelian (26/09/2013) Rp210.000. Sejak sore harinya kondisi baterai full 100%, sampai sekarang (03/10/2013) battery bars belum ada yg hilang/berkurang.

  43. btw…knp ga sekalian review maxtron power bank juga pak? πŸ™‚

    maxtron PB di daerah saya paling murah harganya Rp 255 ribu tp ada juga yg jual dgn harga 270 ribu, 275 ribu dan 290 ribu

    saya lihat juga di web Pak Herry ga ada merk maxtron di list hp merk lokal

    1. Pak Rizal,

      He… he… satu-satu dulu, Pak. Nah, di antara dua tipe itu, Prince sepertinya lebih menarik dan unik.

    1. Pak Rizal,

      Jangankan menemukan ponselnya, waktu saya menyebut merek Prince saja, yang jaga toko sudah kebingungan.

  44. Saya baru beli PC 9000 ini pak

    model menu utama seperti nokia jadul tp versi warna tidak berkolom2. hanya ada 7 pilihan menu utama. layarnya terang juga menurut saya.

    kamera VGA tapi harus pasang memory card baru bisa dipake

    konektor charger udah sama samsung, BB atau LG

    Material casing full plastik.

    digenggam enak tp krn lebar, jempol saya agak sulit mengetik. tp keypad empuk.

    baterai sampai saat ini belum berkurang 1 garis pun meski putar musik.

    tapi kekurangannya menurut saya adalah kapasitas inbox telpon hanya 20 sms dan kontak hanya 200 nama. nomor di SIM 1 dan SIM 2 tdk bisa disembunyikan. dan juga letak memory card ada di bawah SIM 2 yg berada di bawah SIM 1. jd kalau mau cabut memory card mesti cabut baterai dulu lalu lepas SIM 1 dan SIM 2. ribet jadinya hehe.

    suara tidak terlalu pecah dalam volume maksimal. dan senter besar krn pake lampu led besar.

    bisa internetan juga walau cuma GPRS πŸ™‚

  45. benar kata Pak Herry ” lebih baik membeli ponsel merek global. Seburuk- buruknya merek global biasanya masih mendingan dibandingkan merek lokal yang seolah keren.”

    mending beli LG A275 aja deh πŸ™‚

  46. hehe ga sesuai dgn kriteria Pak..tp ganti hp maxtron power bank krn penasaran pengen tahu dalamnya..ternyata jauh lbh bagus dr HP Prince..cuma ada cumanya juga pak..baru pake sehari baterai dah turun 1 bar padahal cuma dipake sms bentar n telp bentar ga nyampe 15 menitan..sisanya dibiarkan stand by..jd ragu benar ga sesuai iklan baterai 2100 mAH bisa tahan stand by 45 hari..paling ga maunya saya dgn pemakaian saya bisa tahan 30 hari lah..la wong HT A25 saja bisa 3 minggu dgn baterai yg cuma 1800 mAH.

    oh ya HP Maxtron PB ini browser bawaannya pake QQ Browser Pak πŸ™‚

    1. Pak Rizal,

      Minggu lalu saya coba menelusuri WTC Surabaya, mulai dari lantai dasar sampai atas. Saya coba mencari ponsel Prince maupun Maxtron. Eh, tak ada satu pun yang menjualnya.

      Saya lalu coba menghubungi beberapa pemain besar ponsel di Surabaya. Ternyata, mereka juga tak mengetahui penjual dua merek ponsel tersebut.

  47. kok bisa ya Pak..padahal di Banjarmasin banyak beredar.malah PC 9000 kemarin tinggal sedikit stoknya.

    btw,maxtron PB nya juga udah saya jual Pak krn baterainya cuma tahan 3 hari.padahal pemakaian saya sama kaya samsung E1020 yg bisa tahan 12 hari.

    kalau menurut saya maxtron PB cukup memuaskan cuma kriteria awet baterai utk saya tdk terpenuhi dan tidak sesuai dgn iklannya yg katanya mampu stand by 45 hari.

  48. untuk maxtron PB posisi slot memory card, SIM 1 dan 2 persis sama dgn PC 9000. trus kotak masuk sms 100 sms dan kontak telpon 500 nama. yg unik menurut saya cara buka kunci layar tidak seperti HP biasanya yg tekan tombol kirim dan bintang tp justru tekan tombol menu beberapa detik dan layar akan membuka seperti tirai terbuka.

  49. Ikutan share ahh…

    Tertarik dengan ulasan Pak Herry tentang LG A275 ini akhirnya saya beli ponsel LG A275 beberapa hari yang lalu seharga 200rb.

    Ponsel ini cukup menyenangkan: ringan, mungil dan hemat battery. Sejak tgl 8 Nov hingga kini tgl 11, indikator baterry masih tetap full, padahal layaknya ponsel baru maka tiap hari saya oprek2 fiturnya dan ON 24jam.

    Hingga kini tidak ada masalah seperti muncul emergency atau hilang sinyal atau lainnya. Saya memakai double SIM CARD = XL di ponsel ini.

  50. Kenapa punya saya tidak bisa pakai kartu simpati di sim 2? Sinyalnya selalu darurat. Kalau di sim 1 baik2 saja. Operator lain seperti im3 dan xl juga baik2 saja di sim 2

    1. Bu Khaza inir Rahmi,

      Kasus agak aneh nih. Sudah coba memasangkan kartu simPATI lain? Untuk sementara, saran saya, kunjungi kantor layanan Telkomsel dan minta dilakukan penggantian kartu SIM tanpa perlu mengubah nomor.

    1. Bu Octha Josepha,

      Hmm… kasus agak aneh. Pengalaman di LG dulu, coba dipancing ganti bahasa dulu. Kalau saat ini ponselnya menggunakan menu berbahasa A, ubahlah ke bahasa B.

  51. Pak Herry, saya tertarik untuk membeli LG A275, cuma masalahnya kemungkinan di kota saya di samarinda produk yang seperti ini jarang ada, kira-kira bisa rekomendasi kalo mau beli online di mana?

  52. pak Herry, saya sudah beli A275, lmyn oke, mungil, serasa tidak pegang hp (biasa pegang bb dan android yg layar lebar)
    yg mau saya tanyakan, untuk telp memakai sim2 dan cek pulsa sim2 gimana ya caranya?baca di buku petunjuknya tidak ada

    1. Pak Yoni,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan lagi. Karena padatnya aktivitas, sampai minggu pertama Desember 2013 saya akan lambat dalam merespons pertanyaan.

      Setelah menekan nomor telepon atau kode untuk mengecek pulsa, silakan menekan options, lalu pilih SIM2 (saya agak lupa menunya. Kalau tak salah ada pilihan call from SIM2).

  53. kasus nih, sim 2 jika pake telkomsel sering emergency tetapi jika dipindah sim 1 normal2 saja. solusinya bgmn ini para master? terimakasih

    1. Pak Irfan Agung Maulana,

      Ini kasus kedua atau ketiga yang saya terima. Selot SIM2 kalau diisi Telkomsel sering hilang sinyal, sedangkan bila dipadukan dengan kartu SIM operator lain baik-baik saja. Saya belum pernah mengalaminya karena kebetulan Telkomsel menjadi nomor utama saya. Jadi, kartu SIM Telkomsel saya selipkan ke selot SIM1.

      Saya tak menjamin cara ini manjur. Namun, tak ada salahnya dicoba. Silakan mengunjungi kantor layanan Telkomsel dan minta dilakukan penggantian kartu SIM, tanpa perlu mengubah nomor.

      Alternatif lain yang boleh dicoba dulu:
      * Masuklah ke settings, network selection, pilih SIM2, lalu preferred.
      * Masuk ke enter new network, kemudian isikan MCC dan MNC dengan 510 10.

    1. Pak Irfan Agung Maulana,

      Mohon maklum karena saya baru bisa merespons pertanyaan pada malam ini. Kebetulan beberapa hari terakhir sedang sibuk pindahan ke rumah kontrakan baru.

      Alternatif cara lain: datang ke kantor layanan Telkomsel dan meminta dilakukan penggantian kartu SIM.

  54. Numpang lewat πŸ˜€
    Saya pakai lg A275 baru 3 hari tapi Alhamdulillah belum ada masalah, namun kemampuannya lumayan untuk hp seharga 200rb dibanding lainnya..
    Saya pakai haedset nya samsung champ dan blackberry semua ?k(y) ?k(y) ?k(y) ?k(y) ?k(y) aktif semua dan bisa buat telefon dengan jelas…
    Trimakasih buat pak Herry atas info dan rekomennya

  55. dear Pak Herry,

    trims tipnya, sudah bisa pak , namun untuk cek pulsa di sim ke 2 gimana ya?

    overall saya puas pakainya 5 hari saya pakai belum berkurang 1 bar pun baterainya (telp,radio,senter kadang-kadang pakai) dibanding android yg tiap hari harus charge..trus headset saya pakai milik sony, nendang suara radionya. cuma saat terima telp suara lawan bicara kadang kurang jelas, padahal sinyal full.

    bener kata pak herry klo marketing LG g bisa promosiin hp ini..suruh sekolah lagi aja…harusnya jadi hp sejuta umat..hehe

    1. Pak Yoni,

      Mohon maklum karena saya baru bisa merespons pertanyaan pada malam ini. Kebetulan beberapa hari terakhir sedang sibuk pindahan ke rumah kontrakan baru.

      Syukurlah kalau sudah bisa mengecek sisa pulsa. Terima kasih pula atas sharing-nya.

    1. Pak Rigga,

      Saya lupa ada menu untuk mematikan salah satu kartu SIM atau tidak. Saat ini kebetulan saya sudah tidak memakai A275 sehingga tak bisa mengecek langsung.

      Rekan pengguna A275 yang memantau thread ini, tolong bantu Pak Rigga ya.

  56. Bisa Pak Herry SW / Rigga…

    Salah satu SIM yg sudah ada di ponsel bisa di nonaktifkan melalui menu SETTING – DUAL SIM.

    Asik banget lah pake ponsel ini, mungil, ringan, longtime dll… mudah2an awet dipakenya.

  57. Terima kash Pak Hery, kini saya sudah memiliki LG A275, ada yang ingin saya tanyakan untuk pengaturan pengamanan ponsel,pada ponsel sebelumnya saya terbiasa menggunaka phone code sehingga hanya saya yg bs membuka ponsel tsb, nah pada LG A275 saya mengalami kesulitan untuk menggunakan phone code, pada menu pengamanan kemudian kunci ponsel kita diminta untuk memasukkan kode, saya sudah mencoba 1234 – 12345 – 123456 namun tetap saja muncul peringatan kode pengaman salah, Mohon pencerahannya Pak Hery, Tks

    1. Pak Sakakiwa,

      Saya lupa saat phone code di A275 kali pertama diakses, ponsel langsung menggunakan kode standar atau pengguna dipersilakan membuat kode baru. Dengan asumsi langsung memakai kode standar dan tiga kombinasi di atas telah Anda coba, tetapi gagal, silakan mencoba kode-kode ini:
      0000
      00000
      1111
      11111
      1122

      Terima kasih.

  58. Pak Andi K. Yuwono,

    Kode standarnya berapa tho? Jadi penasaran nih.

    Hmm…. kayaknya seru ya kalau beli A275 lagi. Berarti, bakal menjadi A275 kesepuluh yang saya beli dong. πŸ™‚

  59. Pak Herry SW,

    Wah sudah banyak sekali Bapak beli LGA275, buat apa aja ? setahu saya 2 buah diberikan sebagai hadiah, lalu yang lain dikemanain ? πŸ™‚

    Referensi Bapak tentang HP ini gak salah, memang asik banget bawa ponsel mungil ini. Ringtone SMSnya bisa di set periodik, jadi bbrp menit kemudian akan berdering kembali untuk mengingatkan kita kalau ada SMS yg belum dibaca. Cuma kekurangannya gak bisa milih panah bawah / ENTER di sms/note.

    Hmmm, kasih tahu gak kodenya…. πŸ˜‰
    Hmmmmmm….. kasih tahu aja deh spesial request dari Pak Herry. Kodenya adalah 0000 (nol empat kali) dan itu ada di buku manualnya (hal 21).

    Saya juga pengen beli buat koleksi… πŸ™‚ terutama yang warna hitam karena yang sebelumnya pilih yg putih.

    Tq.

    1. Pak Andi K. Yuwono,

      Macam-macam, Pak. Ada yang saat saya pakai kemudian dibeli paksa oleh teman. Gara-garanya, saat bertemu dengannya saya memamerkan ponsel itu, menebar “racun”, lalu dia tak mau repot-repot pergi ke toko ponsel. Ada pula yang dijual karena bosan, kemudian beberapa minggu kemudian kangen, dan akhirnya beli lagi.

      Oh, kodenya 0000 ya.

      Saya baru satu kali beli A275 warna putih. Lainnya selalu hitam karena saya menilai A275 hitam lebih bagus daripada putih.

  60. Terima kasih Pak Hery, sudah saya coba kode 0000 dan berhasil,
    Andi K. Yuwono: saya mmg gak detail baca manualnya, terima aksih informasinya, senang rasanya pake hp murah tapi gak murahan alias branded, ringan dan simple bgt ni hp.

    1. Pak Andi K. Yuwono,

      He.. he.. benar sekali, Pak. Sama-sama penggemar warna biru pun, misalnya, seleranya bisa berbeda. Yang satu suka biru muda, yang lain suka biru tua.

  61. Baru beli a275 dan dan ada 2 kekurangan yg sangat berguna bagi saya, 1. Sim 2nya sering darurat tp nggak bisa balik kcuali di restart, 2. Nggak ada fitur group atau yg sejenis sehingga ndak bisa kirim sms ke lebih dari 3 kontak sekaligus, jadi misal kalo mau sms ke 20 orang harus mengulangi ber x2.. Ni sy cmn sharing aja..

    1. Pak Amasdan,

      Lho, kok dua kekurangan yang sangat berguna? *bingung*

      Untuk kasus nomor 1, apakah kartu SIM yang dipasangkan ke selot SIM2 adalah nomor Telkomsel?

  62. he he he…. maksud sy 2fitur itu andaikan ada sangat berguna..Pak Heri.. Pak sebenarnya sy lagi nyari2 hp java cdma yg suport JSR75 atau yg bisa nyimpen halaman di opera mini, yg layarnya minimal 2,4”.. sy udah pake hp qwerty smartfren CD-981Z tapi leletnya minta ampun…Pak,, sy belinya udah 2tahun yg lalu,, buat buka aplikasi java harus nunggu lama,, pengenya yg cepet kaya nokiaX2-01 gitu minimal,, tapi yg cdma ada rekomen ndak Pak sampean… oya itu a275nya sim 2nya XL tru tak tuker kartu AS skrg kalo darurat bisa respon lagi tanpa di matiin hpnya…

    1. Pak Amasdan,

      Beberapa waktu terakhir saya beberapa kali menerima keluhan. Kalau kartu Telkomsel dipasangkan ke selot SIM2, nomor itu sering kehilangan sinyal. Sedangkan bila dipasangkan ke selot SIM1, nomor tersebut baik-baik saja. Karena itu, saya awalnya berpikir jangan-jangan yang Anda selipkan kartu Telkomsel. Ternyata, bukan Telkomsel melainkan XL.

    2. Pak Amasdan,

      Soal kriteria ponsel CDMA yang mendukung JSR75, maaf, saya tak mengetahui detail teknisnya sampai sedalam itu. Kalau memang butuh menyimpan halaman situs dan harus ponsel CDMA, saran saya, belilah ponsel CDMA dengan sistem operasi Android 4.0 ICS atau yang lebih baru. Kalau ada halaman tertentu yang ingin disimpan, Anda tinggal melakukan screen capture.

  63. Salam kenal, mau tanya nih om. kalo beli LCD LG A275 dmn ya? soalnya LCD LG A275 saya dah rusak dan gak tau sebabnya. apakah accesoris LCD nya da dijual? soalnya saya cari d daerah jogja kok gak ada ya?? thank,, ditunggu infonya om..

    1. Pak/Bu Irwa,

      LCD A275 itu apakah rusak karena terjatuh, tertindih, terbentur, atau sebab lain yang bisa dikategorikan kesalahan pengguna? Kalau tidak, cobalah melakukan klaim garansi ke pusat perbaikan resmi LG.

      Andaikan rusaknya karena terjatuh atau hal lain yang bisa dikategorikan kesalahan pengguna, Anda juga bisa membawanya ke pusat perbaikan resmi kok. Namun, tentu Anda akan dikenakan biaya perbaikan. Kalau di pasaran, sepertinya tak ada yang menjual LCD ponsel itu.

      Aksesori A275 yang pernah saya lihat adalah jelly case alias TPU case. Saya belum pernah melihat aksesori lain yang didesain khusus untuk ponsel itu.

  64. mau ksh testi ,saya sudah menggunakan hp LG A275 ini , menurut saya fiturnya sangat menarik ,bentuknya imut ringan minimalis dan harganya pun sangat terjangkau ,. sudah hampir 1 bln pakai ,saya baru cas 3x (sms intensitas sangat sering dan tlfon agak jarang) ,trimakasih Pak Herry SW dan teman2 skalian atas Review nya

    saya puas menggunakan hp LG A275 ini ,walau ada kekurangan sdkit (tak ada pilihan ENTER di sms) tp tak seakan begitu berarti

    tinggal LG mau gencar mempromosikan si Imut ini atau tidak agar bisa mengalahkan pesaing2 di kelasnya (samsung Keystone / Nokia 100 series )

    di tunggu untuk Review2 gadget baru lainya .Trimakasih

    1. Pak Ardiantoyugo,

      Maaf, saya tak tahu. Selain belum pernah mencoba E1272, setahu saya, ponsel itu tidak beredar di sini.

  65. Selamat Malam Pak Herry, saya baru beli LG A275, baru sehari saya pake, hp nya tiba2 mati sendiri, sedangkan lampu pada keypad menyala kedap-kedip. lalu saya bawa kembali ke toko semula, mereka pun menggantinya dengan yg baru. terus setelah saya pakai bbrp jam, masalah yang sama pun berulang lagi. apakah ini memang kelemahan dari LG A275?
    Terima kasih

    1. Pak Jamal,

      Ini kasus pertama yang saya terima dengan keluhan seperti itu. Karena masalah sama terjadi di dunia unit A275 yang berbeda, terus terang saya mencurigai kartu SIM yang Anda gunakan.

      Saran saya, coba pasangkan kartu SIM lain dulu. Boleh dari operator yang sama, tetapi fisik kartu SIM-nya harus berbeda dengan yang pernah Anda pasangkan di dua unit A275 tersebut. Bila ternyata ponsel berfungsi dengan normal, berarti sumber masalah memang di kartu SIM. Kunjungi kantor layanan operator seluler yang Anda gunakan dan mintalah petugas di sana melakukan penggantian kartu SIM dengan nomor sama. Biayanya hanya sekitar Rp 2 ribu dan bisa ditunggu.

  66. Saya kecewa dengan LG A275 . Awalnya ngebet banget pengen beli, setelah saya beli , sim 1 saya pake X* dan sim 2 pake Telk*ms*l . Sim 2 sering banget darurat. Jadi berasa kaya pake hp single sim aja. Dan juga sewaktu awal saya menyalakan hpnya, tiba-tiba mati sendiri, sedangkan lampu pada keypad menyala kedap-kedip sama kaya kasus pak jamal .

    Saya sudah mengikuti saran pak herry untuk mengganti settingan di preferrednya tapi selalu muncul tulisan GAGAL .

    Saya juga sudah mencoba mengganti posisi sim 1 dan sim 2 dengan nomor berbeda, tapi kembali di sim 2 nya darurat .

    1. Pak Nanad,

      Saya turun prihatin atas kejadian yang Anda alami. Saran saya, coba kunjungi kantor operator seluler yang Anda gunakan dan mintalah dilakukan penggantian kartu SIM.

  67. Pak Herry SW, kalau baca di buku manualnya (hal 5) disana tercantum kalimat “hanya SIM 2G yang didukung”.

    Apa itu yang menjadi penyebab errornya LG A275 yang berhubungan dengan SIM CARD ? mungkin SIM CARD sekarang yang platnya kecil itu lebih cenderung 3G/HSPA/

    1. Pak Andi K. Yuwono,

      Wah, ada keterangan seperti itu ya? Saya malahan tidak memperhatikan. Terima kasih atas informasinya.

      Saya tak berani memastikan hal tersebut menjadi penyebab A275 error. Lebih tepatnya mungkin bukan masalah kartu SIM 2G atau 3G, melainkan kartu SIM keluaran lama atau berkapasitas tertentu tak berjalan optimal di ponsel itu.

  68. bagaimana comparison besar font & ketajaman tulisan dibanding Samsung e1205? Saya mau belikan untuk orang tua (telpon doang, jarang sms) jadi butuh yg fontnya gede & jelas saat dial nomor di keypad.

    1. Pak Oentung TJ,

      Relatif setara. Kalau ingin yang ukuran hurufnya lebih besar, silakan melirik Nokia 206. Ukuran keypad-nya juga besar.

  69. Saya rasa bukan dari kartu SIM pak , karena saya coba pindah kan No Telkomsel ke sim 1 berjalan lancar . Sedangkan saya pindahkan lagi ke sim 2 langsung darurat . Begitu juga dengan XL ataupun indosat, semua berjalan lancar di sim 1, tapi di sim 2 selalu darurat. Berarti permasalahan ada di hpnya .

    Sore ini juga saya jual lagi hpnya pak. Saya tidak mau dibuat repot dengan hal seperti itu. Kira-kira pak herry, hp dual sim nokia tipe apa yang mendukung dual sim dual stanby dengan harga tidak lebih dari 400rb DAN tidak sering error di sim 2 seperti A275 ini? Terima kasih .

    1. Pak Nanad,

      Wah, ternyata sudah dicoba aneka kartu dari berbagai operator tho. Hmm…. apa selot SIM2 A275 itu bermasalah ya.

      Ponsel dual SIM Nokia yang harganya kurang dari Rp 400 ribu adalah Nokia 101. Namun, respons menunya tidak secepat A275.

    1. Pak Tedja,

      Apakah yang Anda tanyakan adalah cara bertelepon memakai nomor kedua? Kalau iya, urutannya begini:
      * Ketikkan nomor telepon yang akan dihubungi atau pilih nama kontak dari buku telepon.
      * Tekan Options di kiri bawah layar.
      * Pilih call via.
      * Lalu pilih SIM2.

  70. Saya beli LG A275 warna hitam, baru sehari muncul EMERGENCY di SIM2-nya. Kartu di SIM2 menggunakan XL, di SIM1 normal-normal saja. Apa ada yg mengalami dan bagaimana membereskannya ?? Terima kasih.

    1. Pak Melvin Sengke,

      Saya asumsikan saat ini XL terpasang di selot SIM2 ya. Silakan lakukan langkah-langkah berikut ini:
      * Masuk ke Settings, Network selection, lalu SIM2.
      * Pilih Preferred.
      * Hapus semua nama operator yang ada di dalamnya.
      * Tekan options, enter new network, ketikkan 510 di MCC dan 11 di MNC. Jangan lupa di-save ya.
      * Matikan ponsel sebentar, lalu nyalakan lagi.

      Kalau langkah di atas belum menuntaskan masalah, silakan ke XL Center dan minta dilakukan penggantian kartu SIM tanpa mengganti nomor.

    1. Pak Rizal,

      Lho, S-Nexian di Banjarmasin masih eksis ya? Di Surabaya praktis sudah menghilang dari pasar. Saya belum pernah mencoba ponsel yang Anda tanyakan.

  71. HP LG A275 memang mantap Pak sesuai dgn keperluan saya utk keawetan baterai.pertama beli tgl 22 feb, baterai hp waktu pertama dinyalakan 2 bar dari 3 bar.kemudian saya charge tetapi tidak sampai 100 persen baterai full 3 bar.dan dgn pemakaian saya sehingga hari ini tgl 28 feb ini baterai baru berkurang 1 bar πŸ™‚

    1. Pak Rizal,

      Pada 3-4 kali charging pertama, sebaiknya ponsel di-charge dalam kondisi padam dan sampai benar-benar penuh lho. Demi keawetan baterai di masa mendatang.

  72. oh begitu ya Pak.kemarin ga sabar pengen cepat pakai hp nya jadi ga dicharge sampai full.total 8 hari saya pakai hp tsb πŸ™‚

    1. Pak Rizal,

      Delapan hari baru di-charge sekali? Berarti, frekuensi pemakaian Anda tidak terlalu tinggi ya.

  73. iya Pak paling sms n telpon g bnyk juga.

    btw knp ya pak kalau komen pakai browser bawaax andromax c, misal kita salah ketik huruf trus kita hapus.pas ketik huruf lg malah menghapus huruf lainnya ke belakang.seperti ketika mengetik di komputer tertekan tombol insert.jadi harus tekan T9 2x terus agar normal lg.

    thanks Pak Herry

    1. Pak Rizal,

      Oh, kalau frekuensi telepon dan SMS tidak banyak, baterai tentu akan lebih hemat.

      Soal papan ketik di Andromax C, lho kok bisa ya? Terus terang saya juga bingung.

    1. Pak Han,

      Kalau disuruh memilih dengan cepat, saya akan menunjuk LG A230. Sebab, paling mudah untuk sinkronisasi kontak dengan laptop. Harganya juga terjangkau, Rp 345 ribu.

      Kalau dipaparkan dengan detail, seperti ini:

      * LG A275.
      Harganya Rp 200 ribu, termurah dibandingkan dua tipe lain. Ada radio FM yang siarannya bisa didengarkan tanpa menancapkan handsfree berkabel. Ada lampu senter yang cahayanya terang.

      * LG A230.
      Harga Rp 345 ribu. Tidak ada lampu senter. Siaran radio FM bisa didengarkan tanpa menancapkan handsfree berkabel, tetapi tidak seprima A275. Kalau ingin menikmati siaran radio FM dengan lebih baik, pengguna harus memasangkan handsfree berkabel. Kontak di ponsel ini dengan mudah disinkronkan dengan laptop/PC.

      * Samsung C3322.
      Harga sekitar Rp 510 ribu. Tampilan fisik lebih mewah daripada dua ponsel lain. Tampilan layar juga lebih cemerlang. Kontak bisa disinkronkan dengan laptop/PC, tetapi hanya sukses tiga kali sinkron. Pada percobaan keempat dan berikutnya, pasti error. Ponsel harus di-reset dulu agar dapat disinkronkan lagi.

  74. Kalo hp merk nokia dengan harga max 600 ribu an yg bisa dual on gsm tipe apa? Sebagai pembanding dengan LG A230 karena yg akan memakai hp ini adalah orang tua yg hanya mengedepankan fitur telepon dan sms. Trims sebelumnya

    1. Pak Han,

      Kalau menambah anggaran sekitar Rp 50 ribu apakah bersedia? Kalau bersedia, saya menilai Nokia 206 tepat dipilih untuk orang tua. Layar cukup besar, tulisan relatif besar, dan keypad juga besar.

  75. setelah memakai hp lg a275 ini hampir 2 minggu ada hal yg cukup mengganggu.

    pertama pakai hp ini saya menyelipkan sim 1 utk tsel dan sim 2 utk tri.selama ini tdk ada masalah apapun.berhubung hp evercoss saya telah selesai di servis maka kartu tri di sim 2 pada lg saya pindah ke hp evercoss.jadilah kemudian sim 2 di lg ditempati oleh xl.setelah pemakaian hari ke 3 dgn kartu xl di sim 2 tiba2 utk sim 2 muncul emergency. saya csabut kartu dan pasang kembali,sinyal xl muncul lg.

    ternyata keesokan harinya kejadian serupa terulang kembali.namun usaha cabut pasang kartu tdk berhasil memulihkan sinyal bahkan dibaca lg slot sim R tdk ada kartu. saya pun mencoba menukarkan kartu yakni sim 1 dipasang xldan sim 2 dipasang tsel dan hasilnya……..hp lg mengatakan tdk ada kartu yg terpasang di hp alias kedua slot sim dianggap tdk ada kartunya.

    akhirnya dgn terpaksa kartu tri kembali dipasang di slot 2 lg dan xl di evercoss. dan hp lg kembali normal seperti awal beli. hehehe sungguh disayangkan kualitas hp lg ternodai dgn masalh ini.

    1. Pak Rizal,

      Saya anggap saat ini selot SIM1 diisi Telkomsel, sedangkan SIM2 XL ya. XL berkali-kali tidak dapat sinyal.

      Silakan lakukan langkah-langkah berikut ini:
      * Masuk ke Settings, Network selection, lalu SIM2.
      * Pilih Preferred.
      * Hapus semua nama operator yang ada di dalamnya.
      * Tekan options, enter new network, ketikkan 510 di MCC dan 11 di MNC. Jangan lupa di-save ya.
      * Matikan ponsel sebentar, lalu nyalakan lagi.

      Kalau langkah di atas belum menuntaskan masalah, silakan ke XL Center dan minta dilakukan penggantian kartu SIM tanpa mengganti nomor.

    1. Pak Rizal,

      Lho, kalau tertulis empty, berarti kartu SIM Anda tidak dikenali oleh ponsel. Jadi, ceritanya bukan kartu SIM dikenali, tetapi tak memperoleh sinyal.

      Wah, asli kasus lebih aneh lagi nih. Kalau masih mau mencoba, silakan ke XL Center dan minta dilakukan penggantian kartu SIM lagi.

  76. Maaf saya baru koment, soalnya lagi mau nyari hp yg kayak gini, yg dual sim tahan baterai, dual standby. Po
    stingan menarik menurut saya dari pak Henry,,sblumnya salam kenal y pak Henry SW. Klw dibandingkan sm nokia 107 gimana pak? tolong review nokia 107 nya ya pak..

  77. beberapa hari saya biarkan kartu xl saya di HP LG dlm keadaan tetap tdk terbaca.hari ini saya pindah ke hp samsung malah tdk bisa dibaca juga.bongkar pasang beberapa kali tetap tdk terbaca.

  78. Sharing lagi nihh…

    Pengalaman saya menggunakan HP LGA275 yang pertama (warna putih) tidak ada masalah baik itu sinyal, suara maupun kedua SIM CARD semua aktif tanpa masalah. Ini membuat saya menyukai HP ini.

    Masalah timbul ketika saya memutuskan membeli HP yang sama yang berwarna hitam. Setelah beberapa hari HP ini dipakai, SIM CARD kedua sering muncul EMERGENCY.
    Lalu atas petunjuk Pak Herry saya ke XL Center untuk ganti kartu, kebetulan kartu XL saya model lama yg platnya besar.

    Belum lama dipakai, masalah lain tumbul yaitu layar menjadi buram keputih-putihan.
    Lalu saya bawa ke service center LG, disana teknisi mendapati HP ini cacat produk dan teknisi memutuskan langsung mengganti baru mainboardnya.

    Sampai hari ini HP ini baik-baik saja…

    1. Pak Andi K. Yuwono,

      Terima kasih atas sharing-nya. Pak Rizal, di Banjarmasin apakah ada pusat perbaikan resmi LG? Kalau ada, coba dibawa ke sana. Siapa tahu dapat solusi sama dengan Pak Andi.

  79. Xl saya di hp evercoss mau pak,tp kalo d samsung n lg malah ga mau.

    Tp nanti mau saya cek lg sc deh pak.

    Sekedar info di pemakaian terakhir hp lg saya tembus 10 hari baru d recharge πŸ™‚

  80. salam kenal Mas Herry,
    apa LG A275 ini ada fitur blacklist call dan sms seperti pada Nokia 105 dan Samsung 1080?contact 250 nomor ya?
    Kalau membaca review teman-teman di atas yang banyak terkendala di dual SIM nya, nampaknya harus pikir-pikir lg untuk ambil hp ini

    1. Pak Yayan,

      Tidak ada fitur blacklist. Yup, kapasitas buku telepon 250 nama multiple entry.

      Kalau ingin lebih besar, silakan melirik LG A230. Kapasitas buku teleponnya 1.000 nama multiple entry dan dilengkapi kamera maupun selot microSD.

  81. trimakasih Mas Herry,

    Sebenarnya saya tidak terlalu perlu kapasitas contact, sih. Kayaknya saya lebih tertarik samsung 1080f, tapi di Surabaya kelihatannya sudah gk ada yang jual barunya. atau mungkin keystone 2 ya, sama apa gk sama 1080f?

    1. Pak Yayan,

      Mungkin yang Anda maksud E1080 ya? Ponsel itu sudah diskontinyu dan digantikan oleh Keystone 2.

  82. saya dari pekanbaru baru kemaren beli LG A275 hargan240 ribu untuk mendampingi android saya tapi saya belum paham bagaimana jika ingin menggunakan sim2 untuk sms atau nelpon.mohon bantuannya

    1. Bu Yossi,

      Usai mengetikkan nomor telepon atau SMS, tekan tombol di kiri bawah layar. Nah, bakal muncul pilihan call/SMS via SIM1 atau SIM2.

      Soal SIM2 yang emergency, untuk sementara coba pindahkan ke selot SIM1. Lakukan pengaturan sampai selesai, baru kemudian dikembalikan ke selot SIM2. Bila langkah itu tidak menuntaskan masalah, kunjungi kantor layanan operator dan minta dilakukan penggantian kartu SIM.

    1. Pak Zulfahri,

      Keypad sudah coba ditekan berkali-kali tetap tak mau mati? Terpaksa pakai cara kekerasan: matikan ponsel dan baterai dilepas.

  83. pak yosie..
    Saya juga pake lg a275, beberapa bulan pertama emang saya mengalami kendala pada sim 2 yg darurat sinyal. Tp, saya coba cari trik2 untuk menguatkan sinyal hp. Ternyata manjur bnget pak.!

    1. Pak Rian,

      Kalau tidak keberatan, trik untuk memperkuat sinyal silakan Anda bagikan di blog ini.

      Terima kasih.

  84. pak melvin dan lainnya.
    Maaf pak, saya salut sama pak hery yg udah recomend hp lg a275 dan ngasih solusi smua permasalahan sinyal sim 2 nya. Beberapa pengguna hp ini mungkin terbantu dengan cara2 yg dsarankan pak hery untuk mengatasi sinyal sim 1 atw 2 yg darurat. Tapi, jika masih ada diantara tman2 yang blum bisa ngatasi masalah sinyal ini, saya bersedia berbagi dngan tman2 1 cara sederhana untuk mengatasinya. Cara ini biasa2 saja, tapi lumayan mujarab lo kwan2.
    Baik langsung saja, untuk memperkuat sinyal hp ini saya memakai bahan aluminium kecil yg saya lingkarkan ke antena hp berwarna kuning yg berada di lubang dibagian bawah baterai jika casing bagian blakang dibuka. Dan, alhamdulillah sinyalnya langsung kncang kwan2…

  85. gimana kalau dibandingkan dengan Polytron C240 pak saya mau beli hp yang murah dual sim mungkin ada rekomendasi lain hehe πŸ™‚

    1. Pak Ambang,

      Ini ceritanya LG A275 versus Polytron C240 ya? Kalau saya lebih memilih A725 dengan alasan terasa lebih gegas, ada lampu senter yang terang, dan bisa mendengarkan siaran radio FM tanpa perlu menancapkan handsfree berkabel.

  86. saya mau tanya, kenapa tiap saya memasukkan telkomsel ke krtu 2 selalu ada tulisan darurat, klau selain telkomsel bisa ? tolong dibntu

    1. Pak Adib,

      Saya asumsikan kartu Telkomsel saat ini berada di selot kartu SIM2.
      * Masuklah ke settings, network selection, pilih SIM2, lalu preferred.
      * Masuk ke enter new network, kemudian isikan MCC dan MNC dengan 510 10.

      Silakan dicoba dulu.

  87. Saya beli hp lg a275 2 hari yg lalu, sprtinya hp ini kurang bersahabat dgn telkomsel. Sim 1 saya isi kartu 3 dan sim 2 kartu smpati. Hari ini kartu simpati nya emergency, stelah saya coba trik” diatas yg berhasil hanya trik penggantian kartu dan itu hanya berlaku 5 mnt saja pak
    Cara mengatasinya bagaimna pak?

    1. Bu Nova,

      Cara yang ini apakah sudah dicoba? Saya asumsikan kartu Telkomsel saat ini berada di selot kartu SIM2.
      * Masuklah ke settings, network selection, pilih SIM2, lalu preferred.
      * Masuk ke enter new network, kemudian isikan MCC dan MNC dengan 510 10.

  88. Parah, asli pengen ane jual lagi..
    Awalnya normal..setelah sehari pemakaian bermasalah.
    Ane pake XL di sim 1, Trus telkomsel di sim 2, Telkomsel sinyalnya EMERGENCY.
    Ane pindah XL ke sim 2, telkomsel sim 1, Telkomsel tetap Emergency.
    Ane harus coba restart hp puluhan kali sambil berdoa, sesekali berhasil.
    Untuk cara yang dianjurkan di blog ini, saya heran, apakah sudah pernah dicoba??
    Karena saya coba hapus yang ada di preferred, malah error, list operator seperti Singtel Globe, TH gsm, tulisannya jadi berubah jadi karakter2 gak jelas ( seperti ini: *(&^*^ _0)*%^%&)
    Cara lainnya juga saya coba, yaitu ganti MCC dan MNC, tapi keluar peringatan FAIL ketika di save.
    Sangat bikin frustasi.

    1. Pak Doni,

      Cara yang saya sarankan sudah pernah saya coba di A275 yang dulu saya gunakan dan berhasil.

  89. mas, mohon dibantu.
    ada rekomendasi basic phone dual sim dengan senter yg terang selain LG a275 ini?
    saya cari2 di kota saya sangat susah a275 ini, dan baca2 di komentar banyak sekali yg ngeluh problem SIM 2.
    trims mas.

    1. Pak Ben’,

      Di Surabaya pun A275 mulai sulit ditemukan. Belakangan ini saya belum menemukan ponsel dual SIM lain yang bagus dan dibekali lampu senter seterang A275.

    1. Pak Hammam,

      LG A230. Harga Rp 345 ribu. Bedanya dibandingkan A275, ada kamera, bluetooth, dan selot microSD. Namun, tanpa lampu senter.

  90. Tapi bukannya itu nggak ada mp3nya pak? Saya pengen yang fiturnya seperti N 101, no kamera, no internet tapia da mp3nya, sayang dia cuma betah 3 hari dengan penggunaan yang sangat jarang.

    Saya kamarin beli Samsung Keystone 2, cukup kecewa ternyata single sim. Padahal dari yang saya baca tapi bukan disini, samsung versi ini dual sim,

    1. Pak Didin,

      A275 sudah diskontinyu. Kalau pun masih ada yang punya stok, harga jual yang dipatok biasanya melebihi harga ritel resmi terakhir.

  91. Pak Herry saya sudah ublek-ublek cari A275 di Plaza marina sudah gak ada sama sekali
    apakah di WTC masih ada ya ?
    di toko mana kira-kira ?

    TQ

  92. Pak Herry…knp ya LG A275 saya kok tiba tiba blank sendiri. kejadiannya hari ini. saya cabut baterai nyalakan lagi tetap ga mau hanya sampai di logo LG saja. terus saya inisiatif cabut kartu sim baru bisa aktif lagi. terus saya pasang lagi kedua kartu sim kembali cuma sampai logo LG. pas saya cabut sim card 2 dan tetap pasang sim card 1 HP mau aktif lagi. Sim 1 Tsel dan Sim 2 XL. apa harus saya servis ga pak LG saya mumpung garansi sisa 2 bulan lagi.
    trm ksh Pak Herry

    1. Pak Rizal,

      Coba lakukan reset ke pengaturan awal. Bila tetap mengalami masalah sama, saran saya, lebih baik diperiksakan di pusat perbaikan resmi LG. Mumpung masih garansi.

    1. Pak Wahyu Hidayati,

      Wah, saya tak mengetahui harga suku cadang, Pak. Silakan langsung ke pusat perbaikan resmi LG.

    1. Pak Tomy,

      Maaf, mohon tidak menggunakan kata sapaan gan di blog ini.

      Silakan langsung ke pusat perbaikan resmi LG untuk penggantian LCD.

  93. Salam kenal pak… Tolong saran hp dual sim buat telpon dan sms dgn fitur sbb :
    1. Batere awet
    2. Bisa sync contact dgn Outlook atau Gmail
    3. Bluetooth
    Rencananya buat hp cadangan, Thx in advance pak.

    1. Pak Albert,

      Silakan berburu LG A230. Terakhir harganya Rp 230 ribu. Dengan pemakaian ala saya baterai bisa sekitar tiga hari. Bisa sync kontak dengan MS Outlook di laptop/PC, tetapi tak bisa sync kontak dengan Gmail. Ponsel itu dual SIM GSM-GSM dan dilengkapi bluetooth, kamera, maupun selot microSD.

    1. Pak Didin,

      Kalau ada LG A230 Rp 230 ribu, saya juga mau, Pak. Harga barunya saat ini Rp 345 ribu. Di WTC Surabaya masih ada yang jual.

  94. wah, berarti Pak Herry salah ketik ya? itu lho yg balesan untuk Pak Albert,
    “Pak Albert,
    Silakan berburu LG A230.
    Terakhir harganya Rp 230 ribu.”

    hehehe

    1. Pak Didin,

      Glodaks… iya, saya salah ketik. Berarti saat itu otak dan jari tangan tidak sinkron. Seharusnya Rp 345 ribu.

  95. Thanks infonya pak Herry πŸ™‚
    Bisa tolong diinfokan toko apa di WTC Surabaya yang masi ada stock LG A230?

    1. Pak Albert,

      Tahun lalu (he… he… beberapa hari lalu kan berarti 2014 alias tahun lalu), satu-satunya toko yang masih punya stok A230 adalah Garuda Teknik.

  96. Lapor pak Herry, kemarin sempat cek Garuda Teknik kosong barangnya. Mungkin bisa diinfo dimana di Surabaya ada stok LG A230? Tq πŸ™‚

    1. Pak Albert,

      Kalau di Garuda Teknik sudah kosong, berarti amat mungkin se-Surabaya sudah ludes deh. Sebab, setahu saya, Garuda Teknik adalah toko terakhir yang masih mempunyai stok A230.

  97. Iya pak utk sync dgn Outlook perlu krn contact dipindahkan manual bisa keriting jempol πŸ˜€
    Kalo utk Nokia 301 apa masi ada stok Bnib di Sby? Tq

    1. Pak Albert,

      Maaf baru bisa membalas pertanyaan Anda. Beberapa hari ini aktivitas saya kebetulan sangat padat.

      Nokia 301 seharusnya masih bisa dijumpai di WTC atau Plasa Marina. Sebelum pergantian tahun, kebetulan ada teman yang usai beli.

  98. Gpp pak juga sibuk… Dpt info sy sdh senang πŸ™‚
    Kemarin sempat ke Apollo dan Garuda Teknik di WTC tapi Nokia 301 sdh tdk ada di pricelist.
    Mungkin pak Herry bisa info toko nya yg ready dan harga terakhir?

    1. Pak Albert,

      Di Apollo sudah lama kosong. Di Garuda Teknik terakhir juga sudah kosong, meskipun masih tercantum di daftar harga.

      Coba cari di toko lorong belakang lantai 1. Jadi, kalau dari pintu masuk utama, jalan lurus saja melewati Oppo di kiri dan eskalator di sisi kanan. Ada satu toko yang terlihat memajang aneka ponsel Nokia. Saya lupa namanya. Harga seharusnya sekitar Rp 900 ribu.

  99. pak herry

    sya baru 2 hari membeli hp ini, tp kok sim 2 nya emergency gtu..hrs sya restart dl baru keluar sinyaknya..
    kartu sya indosat dan three..tadinya saya kira krn ksalahan jaringan operator tp stelah sya tukar kartu nya ttap sim 2 nya emergency dan hrs d restart. solusinya bgmn ini yaa?

    1. Pak Ephi,

      Coba lakukan langkah berikut: masuk ke settings, network selection, pilih SIM yang akan diatur, lalu preferred. Masuk ke enter new network, kemudian isikan MCC dan MNC sesuai operator yang Anda gunakan.

      Ini daftarnya:
      * Telkomsel 510 10
      * Indosat 510 01
      * XL 510 11
      * Axis 510 08
      * Tri 510 89

      1. Saya juga alami problem SIM2 Emergency dari beli LG A275 tahun lalu. Akhirnya nemu situs ini, dan saya sudah ikuti langkah2 yg diajarkan Pak Herry SW. Syukurlah akhirnya problem solved. Sekarang SIM2 sdh tidak emergency lagi. Terimakasih banget pak Herry.

  100. Lapor pak Herry… Info Nokia 301 ternyata sdh punah baik di Plaza Marina maupun WTC πŸ™
    Minta saran lg dr pak kira2 hp candy bar apa yg ada bluetooth, 1000 contact, batere awet, & sync Outlook?
    Thx in advance πŸ™‚

    1. Pak Albert,

      Gagal dapat 301 ya?

      Nah… itu dia masalahnya. Di pasar masih ada Nokia 208, tetapi saya tak yakin bisa sync dengan Outlook atau tidak. Kriteria bluetooth, seribu kontak, dan baterai awet sih seharusnya terpenuhi.

  101. Iya pak masi blm ketemu… Dapat nya Samsung Caramel di GM dan LG A275 di Lazada tp keduanya blm memenuhi kebutuhan sy πŸ™
    Btw bisa dibantu cek sync contact utk Nokia 208 apa bisa?
    Selain itu sy baca di user review gsmarena mengeluh masalah battery apa betul?
    Thx in advance pak πŸ™‚

    1. Pak Albert,

      Saya belum pernah menguji pakai 208. Cuma pernah utak-atik sebentar. Jadi, saya tak berani memastikan soal sinkronisasi kontak. Soal baterai saya juga tak tahu.

    1. Pak Didin,

      He… he… saya sudah lama tidak memakai A275. Saya beralih ke A230 yang memungkinkan sinkronisasi data kontak antara ponsel dan Microsoft Outlook di laptop/PC.

  102. Pak Herry

    Itu lho pak, LG A275nya Pak Albert, katanya belum memenuhi kebutuhan, barangkali mau dilepas, hehehe

    oiya, kok sepertinya harga di teknoup lebih mahal dari toko2 fisik biasa ya,

    1. Pak Didin,

      Oh, LG A275-nya Pak Albert tho. Coba ditawar saja deh. Terakhir Pak Albert sudah beralih ke LG A230 kok.

  103. Saya akhirnya beli lg a275 setelah tertarik dengan review pak herry di atas

    Oh ya yg saya mau tanyakan baterai lg a275 beli dimana ya?

    1. Pak Budiman,

      Beli di pusat perbaikan resmi LG saja. Harganya murah kok. Saya lupa Rp 62.000 atau Rp 62.500.

  104. Pak,kl lg a275 ada menu sim tool kit untuk mbanking? Untuk kelas 200rban yg ada fitur sim toolkit pilihan nya apa ya pa? Trims

    1. Pak Robby,

      Ada. Namun, A275 sudah tidak tersedia di pasar lho.

      Di rentang harga Rp 200 ribuan, Anda bisa melirik Nokia 105.

      1. Trims atas info nya pa,respon yg cepat, ok ntar coba cari2 info lg tentang nokia 105, soal nya lg a275 ud ok spek nya (2 sim,radio,senter) cm perlu buat tlp sama mbanking aja soal nya.

        1. Pak Robby,

          Ya, A275 memang layak beli. Yang jadi masalah, ponsel itu sudah tidak diproduksi lagi. Mencari A725 bekas pun sulit banget.

      2. Trims atas info nya pa,respon yg cepat, ok ntar coba cari2 info lg tentang nokia 105, soal nya lg a275 ud ok spek nya (2 sim,radio,senter) cm perlu buat tlp sama mbanking aja soal nya.
        Selain itu pilihan nya cuma nokia 105 ya pa?

        1. Pak Robby,

          Kalau cari yang termurah ya 105 itu. Tak ada tipe yang lebih murah lagi, kecuali Anda mau berurusan dengan merek lokal yang tidak saya rekomendasikan.

    1. Pak Corneds,

      Wah… ada ya. Sayang Dukomsel di Bandung. Kalau di Surabaya, sekarang juga saya berangkat beli.

  105. Saya kemaren lihat di website nya butik dukomsel ready om. Trus mo beli online. Kebetulan pas ada teman dinas ke bandung saya nitip belikan.
    Beli online kan bisa om..

    1. Pak Corneds,

      Kemarin saya sempat coba beli online. Namun, ongkos kirimnya kok mahal banget. Sekitar 20 persen harga ponsel.

  106. SAYA BUTUH A275 PUNYA SAYA MASUK MESIN CUCI JADI RUSAK SANGAT MUDAH OPRASIONALNYA APALAGI UNTUK TRANSAKSI PULSA DAN M-BANKING MASIH ADAKAH STOCKNYA…?

    1. Pak Muhamad Jamhari,

      Lain kali jangan menuliskan kalimat dengan huruf besar semua ya. Di internet, hal itu dianggap sebagai marah-marah, berteriak, dan tidak sopan lho. πŸ™‚

      A275 sudah diskontinyu. Anda berada di kota mana? Saya sebenarnya masih punya simpanan satu unit A275 dalam kondisi baru gres. Kardus masih tersegel. Namun, saya belum berencana menjualnya.

  107. Koh Herry

    Saya baru aja beli di bl*bli.com
    Ada baru dengan harga 229rb

    Saya ambil warna putih… tp kok keliatan keren warna hitam ya ?
    hape enteng.. senter terang bener.. semoga ga masalah di SIM 2 ya

    Rencana buat hape cadangan aja sih
    Untuk Tri dan XL

    Makasih review nya

    1. Pak Revaldo,

      Lho, di Blibli ada ya?

      Iya, memang lebih keren yang hitam. Senternya pun lebih terang yang hitam karena cahaya “tidak merembes” ke bodi. Kalau ponselnya warna putih, sebagian cahaya akan “merembes”.

  108. Lapor Om Herry, akhirnya saya dapat LG A230 dari seorang kenalan saya di Jakarta.
    Harganya 300rb incl Ongkir. Katanya si brand new. Lumayan buat gantikan A275 saya.
    Saya ganti karena kapasitas kontak A275 kurang buat saya.

  109. Coba saya tanyain ya Om? Kalo masih ada stok, Om Herry mau nitip pesan kah?
    Infonya si ada garansi distributor. Tapi gak tau distributor mana.
    Buat harga segitu, saya anggap tanpa garansi aja gpp. Bisa dapet unitnya aja udah syukur.
    Btw A230 bisa nampung berapa banyak kontak ya Om & apa support multi-number?
    Thx

    1. Pak Leonardo,

      Iya. Kalau harga segitu saya mau iseng titip satu unit.

      Saya lupa kapasitas kontaknya 500 atau 1.000 nama multiple entry.

  110. Mau share simulasi SIM aja Koh…

    1. SIM 1 Only ( XL ) OK
    2. SIM 2 Only ( XL ) OK
    3. SIM 1 XL (OK), SIM 2 TELKOMSEL ( No SIM Card )
    4. SIM 1 TELKOMSEL (OK), SIM 2 XL (OK – Sinyal Lemah )
    5. SIM 1 TELKOMSEL, SIM 2 TRI ( NO SIMCARD keduanya )

    Aneh, curiga di slot sim nya / hape nya ini
    Dan untuk radio nya, emang harus selalu loudspeaker ya Koh ?
    Ga ada opsi untuk dengar via headset ?

    Regards,

    1. Pak Revaldo,

      Poin nomor 3 memang terjadi di sebagian kartu SIM Telkomsel. Jurusnya bisa dilihat di bagian komentar.
      Poin nomor 4 dan 5 yang sungguh aneh.

      Untuk radio, saya tak pernah coba menancapkan handsfree berkabel.

  111. Pak herry masi punya stok LG A 275 tidak? Kalo tidak ada, hp basic dual sim konektor charge micro usb budget dibawah 300ribu apa yg recomended pak herry? Makasi

  112. Mau tanya Om Herry, apakah LG A275 ini pada microphone nya ada fitur active noise cancelation seperti smartphone branded?
    Sehingga ketika HP LG tersebut dipakai telepon di keramaian, si penerima telepon masih bisa dengan jelas mendengar suara kita tanpa terdengar suara berisik disekitar.
    Feature phone apa saja yang kira kira ada fitur active noise cancelation?
    Terima kasih atas perhatiannya.

    1. Pak Heidy Ismanto,

      Dengan memperhatikan harga jualnya dulu, jangan berharap dapat fitur active noise cancelation deh.

      Saat ini sepertinya tak ada feature phone dengan fitur tersebut. CMIIW.

  113. pak hery sy mau tanya, baterai LG A275 jenisnya LGIP 531A ( 950mah; 3,7V) bawaan dari pabriknya. kalo LG A275 di pasangin baterai jenis LGIP 430A (900mah; 3,7V) ada efeknya gak pak sebab beda 50mah. sy sdh cari baterai LGIP 531A di toko online tapi stonya sdh pada habis semua, yang ada LGIP 430A. trm ksh ats penjelasan nya

    1. Pak Ulwi,

      Asalkan bisa masuk dan terpasang erat, silakan saja dipakai. Tak apa-apa.

      Btw, lain kali pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja ya. Jangan dobel-dobel seperti sekarang.

  114. LG A275 saya rusak karena dipelindas mobil setelah terjatuh dari kantong saya πŸ™
    lalu akhirnya dapat nokia 105 dual sim .
    setelah dipakai dua hari, saya tukeran dengan LG a275 milik istri saya πŸ™‚

    maaf pak Herry, cuman pengen cerita saja πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *