Review LG C299: Siap Menampung Empat Kartu SIM Sekaligus

Penulis termasuk telat memiliki akun Twitter. Akun @herrysw baru penulis buat pada Juni 2010. Jumlah pengikut atau follower-nya pun sangat kalah banyak dibandingkan beberapa orang yang penulis kenal. Sampai saat penulis mulai mengetikkan tulisan ini, pengikut @herrysw hanya 3.947. Kalau diadu dengan akun Twitter selebritis, jumlah tersebut itu laksana debu di padang pasir deh.

Meskipun demikian, perlahan penulis mulai merasakan asyiknya mencuit di Twitter. Sesekali penulis berbagi informasi dan menjawab pertanyaan seputar ponsel di sana. Lain waktu, saat membutuhkan informasi tertentu, tak jarang penulis merepotkan para pengikut. Berawal dari Twitter pula akhirnya penulis mencicipi ponsel LG C299.

LG C299-1

Ceritanya, Pak Andry, salah seorang pengikut @herrysw memberikan tawaran yang terlalu sayang untuk dilewatkan. Pengelola situs www.belikopi.com itu memiliki C299. Kalau berminat, tulisnya di Twitter, penulis boleh meminjam ponsel tersebut. Jawaban penulis sangat bisa ditebak: mauuu!

C299 hanya feature phone dengan qwerty keypad. Ia bukan ponsel pintar bersistem operasi Android, Windows Phone, atau BlackBerry. Meskipun demikian, ada satu hal yang membuatnya sangat menarik. Ponsel itu sanggup menampung empat kartu SIM sekaligus. Iya, empat. Seluruh nomor GSM itu dapat siaga bersamaan.

Kalau penutup baterai dilepaskan, di sisi kiri belakang ponsel terlihat ada satu selot kartu microSD dan tiga selot kartu mini SIM. Satu selot kartu mini SIM lagi terdapat di sisi kanan ponsel. Baterai bawaan ponsel berjenis lithium ion dengan kapasitas 950 mAh.

LG C299-2

Ponsel berkonektor charger micro USB itu dibekali layar 2,2 inci dengan resolusi 320 x 240 piksel. Di kiri atas layar terlihat empat indikator sinyal, sebagai penanda bahwa saat itu ada empat nomor GSM yang sedang siaga. Nama masing-masing operator dapat dibaca di bagian tengah layar.

Papan ketik qwerty C299 relatif nyaman, termasuk bagi penulis yang berjari tangan besar. Untuk menentukan nomor mana yang akan dipakai bertelepon atau ber-SMS, pengguna tinggal menekan tombol bersimbol kartu SIM di kiri tombol navigasi. Indikator sinyal yang latar belakangnya terlihat diblok, itulah nomor yang dipilih.

Nada dering telepon empat nomor yang terpasang dapat diatur berbeda-beda. Kalau mau, pengguna juga bisa menambahkan file MP3 sebagai nada dering telepon. Sedangkan untuk nada SMS, pengguna mustahil membedakannya. Satu nada SMS berfungsi sekaligus untuk seluruh nomor GSM yang siaga. Hanya tersedia sepuluh pilihan nada SMS yang mustahil ditambah maupun dikurangi.

Tampilan SMS di C299 bisa diatur sesuai selera. Ada dua pilihan, standard view dan conversation view. Kalau pengguna memilih yang pertama, SMS akan disajikan satu per satu. SMS dari nomor yang sama takkan digabungkan. Sedangkan pada conversation view, SMS bakal ditampilkan layaknya sebuah percakapan. Memori internal ponsel sanggup menampung hingga seribu SMS.

LG C299-3

Ponsel berdimensi fisik 110 x 70 x 10 mm dan berat 101 gram itu belum mendukung layanan 3G. Ia juga tidak dibekali konektivitas Wi-Fi. Pengguna hanya dapat menikmati layanan akses data berbasis GPRS. Kapasitas memori internal C299 yang siap dioptimalkan pengguna sekitar 40 MB.

Spesifikasi lain ponsel itu meliputi bluetooth, buku telepon seribu nama multiple entry, kalkulator, dan SIM tool kit untuk seluruh nomor. Tersedia pula tombol khusus guna mengakses Facebook. Satu-satunya kamera di C299 tidak dilengkapi fokus otomatis maupun lampu kilat. Ia cuma sanggup menghasilkan foto VGA dan klip video beresolusi 480 x 320 piksel.

Di kala senggang, pengguna C299 dapat memainkan dua game yang tersedia. Silakan pilih ingin menjalankan Mini Game Planet atau Numeral Cafรฉ. Untuk memantau informasi terbaru, pengguna leluasa mengaktifkan radio FM di C299 tanpa perlu menancapkan handsfree berkabel. Kalau mau, siaran yang sedang didengarkan bisa direkam.

LG C299-4

Sering menerima panggilan dari nomor tertentu yang tak diinginkan? Aktifkan saja fitur blacklist. Sebanyak 20 nomor dapat dimasukkan ke dalam daftar hitam. Panggilan dari nomor-nomor tersebut otomatis akan ditolak. C299 juga mampu spontan menendang panggilan dari nomor yang tak dikenal.

Berbincang mengenai performa, secara umum, C299 cukup menarik. Baterai bawaan ponsel itu setidaknya siap menemani pengguna selama dua hari, sebelum harus diisi ulang lagi. Buku telepon yang tak dapat disinkronkan dengan laptop/PC membuat pengguna mesti mengetikkan data kontak secara manual. Satu per satu.

Berminat membeli C299? Ada kabar buruk buat Anda. Ponsel itu tidak dipasarkan resmi di Indonesia. Harganya pun tak bisa dibilang murah untuk sebuah ponsel yang masih tergolong feature phone. Pak Andry, pemilik asli C299 yang penulis uji pakai, membeli ponsel itu di Dubai dengan harga AED 540. Kalau dikonversikan ke rupiah sesuai kurs sekarang, harga itu setara sekitar Rp 1,7 juta.

***

Contoh foto yang dihasilkan C299. Semua memakai kamera belakang. Sebab, ponsel itu memang tidak dibekali kamera depan.

LG C299-5

LG C299-6

LG C299-7

LG C299-8

LG C299-9

26 thoughts on “Review LG C299: Siap Menampung Empat Kartu SIM Sekaligus

  1. Maaf OOT pak herry,kemaren saya baru upgrade LG G Pro ke android versi 4.4.2,eh setelah di instal,game yang sudah di install malah kadang nge lag,gak gegas,ada saran? Terimakasih

    1. Pak Fatoni,

      Usai menjalani major update ke KitKat, sebaiknya Anda melakukan factory data reset dulu.

  2. Wow menarik juga 4 kartu SIM siaga bersamaan. Btw, mau nanya nih Pak Herry.. Smartphone saya hari ini Jumat 11 Juli 2014 pukul 09.00 nge-hang untuk pertama kalinya sejak saya beli 16 April lalu. Smartphone saya Lenovo P780 nge-hang waktu saya mau ganti profile BB Android. Kondisinya saat ini masih menampilkan layar BB dengan cahaya layar yang redup. Meski nge-hang tetap saya charge supaya nggak drop. Masalahnya gini Pak, saya matikan gak bisa, layarnya saya colek2 gak bisa, saya coba responnya dgn cara saya telpon pake hp lain juga ga bisa. Ada saran atau solusi Pak? Masalahnya Lenovo P780 pake batere tanam ๐Ÿ™ Thx

    1. Pak Adrian Nugraha,

      Bukalah penutup baterai P780. Seingat saya, di bawah selot microSD ada lubang kecil. Itu tombol untuk melakukan reset. Tusuklah memakai tusuk gigi atau klip kertas.

  3. Thx Pak solusinya. Berhasil! Btw, Maksud Pak Herry mgkn kualik. Dibawah slot microSD itu ada TOMBOL MERAH kecil yang ‘pesek’, tombol inilah yang saya tekan pake tusuk gigi dan akhirnya Lenovo saya reinkarnasi. Mgkn karena salah menyimak maksud Pak Herry, sebelumnya saya sempat tekan lubang kecil di bawah lampu flash light (setelah cover belakang saya buka). Saya tusuk berkali-kali pake tusuk gigi dan ujung paperclip yang ternyata area lubang itu ditutup busa kecil. Saya tekan2 nggak ada efeknya. Yang saya tanyakan…
    1. Lubang apa itu?
    2. Apa gunanya?
    3. Setelah saya tekan berkali-kali, rusakkah?
    Trims

    1. Pak Adrian Nugraha,

      Iya, yang saya maksud beneran di bawah selot microSD.

      1. Saya tak ingat ada tidaknya lubang di bawah lampu kilat. Sepertinya tak ada deh.
      2. Karena penasaran, barusan saya coba cari foto bagian belakang P780 di internet. Bentuknya kotak hitam ya? Saya tidak yakin apa fungsinya. Saya curiga itu mikrofon kedua.
      3. Kalau terlalu dalam dan berkali-kali, bisa jadi akan terjadi kerusakan.

  4. Wah harus factory reset dulu ya? Bererti harus back up data dulu dong pak herry? Nanti saya coba back up dulu di google drive,mudah mudahan jadi lancar lagi ????

    1. Pak Fatoni,

      Ya, usai menjalani major update sebaiknya di-factory reset dan fresh install satu per satu. Data kontak dan kalender otomatis akan tersinkronisasi lagi dengan Gmail.

  5. Pak herry. Lebih baik memilih smartfren atau lenovo.
    Saya bimbang menggunakan lenovo, karna yg saya tau lenovo dari Cina.

    1. Pak/Bu Wida,

      Kalau boleh tahu, mengapa bimbang dengan produk buatan Tiongkok/China? Ponsel buatan Tiongkok tidak selalu jelek lho. Lenovo memang merek Tiongkok yang diproduksi di Tiongkok. Namun, ia sudah tergolong merek global.

      Smartfren pun memesan ponsel dari, contohnya, Hisense dan Haier yang sama-sama dibuat di Tiongkok.

      Jadi, pilih Smartfren atau Lenovo? Tergantung Smartfren dan Lenovo-nya tipe apa dulu.

  6. Pak Herry.
    Sebelumnya saya berterimakasih kepada anda yg telah menjawb dan memberi informasi yg sangat jelas tentang lenovo maupun smarfren.
    Btw. Saya laki-laki:-D mash ABG labil.
    1. Menurut pak herry sendiri, kwalitas smartfren dan lenovo lebih bagus yg mana?
    2. Bpk. Herry memilih, Smarfren 13 atau lenovo dengan seri A?
    Terimakasih pak.:-D

    1. Pak Wida,

      He… he… maaf, tadi saya ragu ini Pak atau Bu. Jadi, saya tuliskan Pak/Bu. Tanpa melihat usia, kebiasaan saya di blog ini menyapa penanya pria dengan Pak dan penanya wanita dengan Bu.

      1. Mesti dilihat tipe per tipe sih, Pak. Kalau secara umum keduanya boleh dibilang setara.

      2. Smartfren 13? Mungkin maksud Anda Smartfren Andromax i3 ya? Saya lebih memilih itu daripada Lenovo seri A.

  7. Pak herry, sebelumnya saya ingin tanya mengenai LG G3, kalau boleh tahu kapan ya reviewnya keluar, sama management ramnya bagaimana ya pak? oh ya bila dibandingkan dengan samsung galaxy note 3, apakah LG G3 lebih baik? dalam hal performance, kamera, dan baterai? terima kasih ๐Ÿ™‚

  8. siang pak Herry, saya mau tanya review untuk LG G3 kapan ya keluarnya ? hehehehe, oh ya pak menurut bapak zenfone 5 yg versi 2gb ram apakah sudah bagus ?, karena yang saya lihat bapak baru mereview zenfone 4 :), terima kasih pak ๐Ÿ™‚

    1. Pak Joseph,

      Kemarin tengah malam review G3 sudah saya unggah ke Ponselmu.com. Silakan membacanya di http://ponselmu.com/review-lg-g3-terlalu-sayang-untuk-dilewatkan/

      Saya belum pernah menguji pakai Zenfone 5. Saran saya, lupakan Zenfone tipe apa pun deh. Asus Indonesia terbukti PHP (Pemberi Harapan Palsu) kelas wahid. Kalau mengurusi jualan saja (yang berarti dapat duit) mereka terbukti tidak becus, apalagi ketika kelak harus menangani klaim garansi dari konsumen (yang berarti mereka mengeluarkan biaya). Satu info tambahan, Zenfone 5 milik teman saya kini sudah mati total. Padahal, usia pemakaiannya belum sampai sebulan.

  9. Pak Herry
    saya mau tanya lagi? Hehehe:-D
    anda lebih memilih :
    acer liquid z4
    lenovo a316i
    smartfren g2?
    T.E.R.I.M.A.K.A.S.I.H

    1. Pak/Bu Wida,

      Saya belum pernah mencoba Andromax G2. Di antara dua ponsel yang tersisa, tanpa ragu saya akan memilih Liquid Z4. Oh ya, harga ritel resmi ponsel itu baru naik dari Rp 899 ribu menjadi Rp 999 ribu.

  10. Terimakasih Pak Herry.
    Saya laki-laki pak :-D.
    Btw g papa lah, mungkin saya harus merubah nama saya menjadi WIDA GANTENG.:-D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *