Review LG C399: Tiga Nomor GSM Siaga Bersamaan

Tak banyak pencinta ponsel di tanah air yang mengetahui kalau LG dan Samsung sebenarnya memproduksi ponsel dengan tiga kartu SIM. LG mempunyai A290, C333, C399, dan LG L1 II Tri, sedangkan Samsung memiliki Galaxy Star Trios. LG malahan telah meluncurkan C299 yang memungkinkan empat nomor GSM siaga bersamaan.

Namun, diduga karena pesimistis harga yang dipatok bakal diterima pasar, dua produsen asal Korea itu enggan memboyong deretan produk di atas ke Indonesia. Berkat kebaikan seorang teman, penulis berhasil meminang satu unit LG C399. Ponsel itu dibeli di sebuah gerai Carrefour di Qatar. Harganya QAR 299 atau bila dikonversikan dengan kurs saat pembelian setara dengan Rp 987 ribu.

LG C399-5

Tampilan fisik C399 cukup cantik. Warna putihnya terang, bukan buram atau cenderung krem. Layarnya berukuran 2,3 inci dan lumayan sedap dipandang mata. Papan ketik qwerty ponsel itu pantas mendapatkan acungan dua jempol. Tombol demi tombol terasa empuk, membal, dan cukup menonjol kala ditekan. Sepasang jempol penulis yang tak bisa dibilang kecil pun dengan cepat bisa lancar mengetik.

Tiga selot kartu SIM terdapat di bagian belakang ponsel. Silakan menyelipkan kartu operator GSM apa saja. Mau Telkomsel, XL, Indosat, Axis, atau Tri, seluruhnya bisa. Tiga sinyal bakal tersaji di layar sebagai penanda kalau tiga nomor GSM sedang siaga bersamaan.

LG C399-2

Untuk mengidentifikasi masing-masing nomor, pengguna tinggal memperhatikan warna latar belakang indikator sinyal, SMS, atau riwayat telepon. Pengguna dapat pula mencermati warna lampu mungil yang menyala di kanan atas layar. Warna biru merujuk ke nomor pertama, merah nomor kedua, dan hijau nomor ketiga.

Nada dering telepon dan SMS masing-masing nomor yang terpasang bisa dibedakan. Kalau mau, pengguna bisa menambahkan file MP3 kesukaan. Rutin melakukan mobile banking via ponsel? Tenang saja. Kebiasaan itu tetap bisa dilanjutkan karena C399 mendukung SIM tool kit untuk seluruh nomor yang siaga.

LG C399-1

Ketika bertelepon, pengguna dengan mudah dapat merekam percakapan yang berlangsung. Caranya, cukup menekan soft key kanan satu kali. Kemampuan istimewa yang penulis temukan, C399 dibekali kemampuan pre-recording. Bila fitur itu diaktifkan, pengguna dapat merekam percakapan yang terjadi mulai tiga, sepuluh, atau 60 detik sebelum tombol record ditekan. Ya, sebelum tombol perekam dipencet!

Ada pula fitur self call alias pembuat panggilan telepon palsu. Pengguna bebas memilih nama dan nomor telepon pemanggil. Lain waktu, kalau ingin selalu menolak panggilan masuk dari nomor telepon tertentu, pengguna tinggal mengoptimalkan fitur call reject. Panggilan dari nomor yang telah dimasukkan dalam daftar hitam akan ditolak secara otomatis.

LG C399-4

Buku telepon seribu nama multiple entry yang bisa disinkronkan dengan Microsoft Outlook di PC/laptop, bluetooth, Wi-Fi, dan konektor charger micro USB merupakan sebagian spesifikasi lain C399. Ada pula radio FM yang siarannya bisa direkam, stopwatch, kalkulator, dan perekam suara.

Ponsel itu belum mendukung layanan 3G. Untuk berinternet via jaringan seluler, pengguna maksimal hanya bisa merasakan layanan GPRS/EDGE. Baterai bawaan C399 berjenis lithium ion dengan kapasitas 1.500 mAh. Dengan perilaku pemakaian ala penulis, baterai tersebut biasanya mampu bertahan 3-4 hari sebelum harus diisi ulang. Selama periode itu, ponsel siaga siang malam. Sama sekali tak pernah dipadamkan.

C399 hanya dibekali satu kamera. Kamera tanpa fokus otomatis maupun lampu kilat itu dapat menghasilkan foto beresolusi dua megapiksel dan klip video 320 x 240 piksel. Kapasitas memori internal yang leluasa dipakai pengguna mencapai 62,4 MB. Tersedia juga selot kartu microSD.

LG C399-3

Secara umum, untuk sebuah ponsel triple SIM yang bukan tergolong smartphone, C399 menarik dilirik. Sisi minus paling fatal yang penulis temukan, saat ponsel dipakai di ruangan yang mengandalkan cahaya lampu, huruf dan angka yang tercetak di keypad ponsel sering sulit dibaca. Solusinya, lampu keypad harus dipadamkan.

Solusi yang lebih jitu sepertinya membeli C399 lagi, tetapi kali ini yang bodinya berwarna hitam. Eh nggak ding, kini penulis mengincar LG C299 yang mampu menampung empat kartu SIM sekaligus. Semoga petinggi LG Mobile Indonesia khilaf, lalu memutuskan memasarkan C299 ke Indonesia. Setuju?

***

Paket penjualan terdiri atas ponsel, baterai, charger micro USB dengan output 0,7 A, kabel micro USB, dan handsfree berkabel.

***

Contoh foto yang dihasilkan kamera C399. Tidak layak diacungi jempol.

LG C399-6

LG C399-7

LG C399-8

LG C399-9

15 thoughts to “Review LG C399: Tiga Nomor GSM Siaga Bersamaan”

  1. wah saya perlu yg 4 kartu dlm 1 hp.hp cina 4 kartu yg pernah saya pakai yakni merk micxon dan maxtron.kedua2nya kurang dari setahun sudah rusak sendiri terutama lcd yg selalu kena.padahal saya termasuk apik dan hati2 dlm menggunakan hp.smg LG C299 bisa masuk indonesia juga.

    1. Pak Priadi,

      Dengan kriteria seperti itu, berarti berurusan dengan aneka merek lokal buatan Tiongkok. Saya tak berani memberikan rekomendasi.

  2. Padahal kalo di pasarkan di indonesia pasti laku kaya kacang goreng yg 3 sampai 4 sim dengan catatan harus dari merk terkanal semacam LG atau Samsung, apa mereka tdk bisa melihat peluang itu ? Aneh bin ajaib kesempatan meraih untung besar lepas begitu saja…

    1. Pak Solikin,

      Iya, selain ceruk pasar itu ada, bisa hadir dengan relatif tanpa pesaing sesama merek global ya.

  3. Wah saya nyari HP ini nih, tapi mau tau kalau LG C399 ini OS Android atau bukan ya? Bisa dipakai chatting melalui aplikasi sejenis LINE, BBM, WA ga pa? Kalau mau beli harus dari luar negeri ya?

    1. Pak Rangga,

      C399 itu termasuk feature phone, bukan smartphone Android. Jadi, fungsi utamanya sebenarnya untuk telepno dan SMS plus berinternet yang ringan banget.

      Kalau kebutuhan Anda seperti di atas, C399 bukan pilihan tepat. Ya, harus berburu di luar negeri.

  4. Oh begitu. Punya rekomendasi HP Android Smartphone Triple SIMCard, qwerty ga Pa? Yg sudah bisa aplikasi chating seperti LINE dan BBM. Soalnya saya ga nyaman pakai touchscreen, kalau yg touchscreen saya pernah liat android 3 kartu cuman qwerty keypad belum pernah, siapa tau ada rekomendasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *