Review LG G Pro Lite: Dual SIM Peduli Privasi

Dari namanya, mudah ditebak bila LG G Pro Lite merupakan versi lebih rendah atau lebih murah dari LG Optimus G Pro. Meskipun demikian, G Pro Lite sebenarnya juga mengadopsi fitur-fitur menarik LG G2 yang saat ini menjadi ponsel termahal LG. Misalnya, fitur knock on, guest mode, dan quick remote.

Tak seperti biasanya, dalam uji pakai kali ini penulis menggunakan ponsel versi purwarupa (prototipe), bukan versi komersial. Karena itu, bukan mustahil bakal ditemukan sedikit perbedaan kinerja dibandingkan G Pro Lite yang dijual bebas di pasar. Asal tahu, produk versi komersial biasanya lebih bagus.

G Pro Lite-1

Knock on memungkinkan pengguna menyalakan atau memadamkan layar ponsel hanya dengan dua kali mengetukkan jari ke permukaan layar. Praktiknya, tingkat keberhasilan menyalakan layar jauh lebih tinggi saat penulis mengetukkan jari 3-4 kali. Kalau penulis hanya mengetukkan jari dua kali, layar G Pro Lite kadang belum menyala. Sementara itu, ketukan dua kali nyaris selalu berhasil memadamkan layar ponsel.

Beralih ke guest mode alias mode tamu. Ketika ponsel dual SIM GSM-GSM itu diaktifkan pada mode tamu, siapa pun yang memakai G Pro Lite hanya bisa mengakses fungsi atau aplikasi tertentu yang telah ditetapkan pemilik ponsel. Dibandingkan mode serupa di G2, menurut penulis, mode tamu di G Pro Lite lebih menarik. Sebab, tampilan wallpaper mode tamu otomatis menyesuaikan dengan personal mode atau mode personal. Di G2, wallpaper mode tamu selalu bergambar balon berwarna merah bertuliskan G2.

Satu fitur lain yang penulis gemari adalah quick remote. Pilihan jenis perangkat yang bisa dikendalikan memang tak sebanyak di G2. Penulis, misalnya, tak dapat memfungsikan G Pro Lite sebagai remote control AC. Namun, setidaknya penulis masih bisa mengontrol televisi, pemutar DVD, dan pemutar Blu-ray yang tidak harus bermerek LG. Produk Haier, Panasonic, Samsung, Sony, dan Toshiba pun bisa.

G Pro Lite-3

Dua nomor GSM bisa siaga bersamaan di ponsel berdimensi fisik 150,2 x 76,9 x 9,48 mm dan berat 161 gram tersebut. Satu nomor di antaranya dapat masuk ke jaringan 3G dan menikmati layanan HSDPA dengan kecepatan unduh sampai 7,2 Mbps. Pengguna bebas memilih kartu SIM pertama atau kedua yang diperkenankan masuk ke jaringan 3G. Untuk mengubah nomor default alias “nomor utama”, pengguna cukup menekan hotkey bersimbol kartu SIM di ujung kanan bawah ponsel.

Layar sentuh IPS 5,5 inci beresolusi 960 x 540 piksel, Wi-Fi, bluetooth, dan GPS merupakan sebagian spesifikasi lain G Pro Lite. Ponsel bersistem operasi Android 4.1.2 Jelly Bean itu memakai prosesor berinti ganda (dual core) MediaTek MT6577 1 Ghz. Performanya memang tidak sangat gegas, tetapi juga belum layak disebut lambat.

Ada pula radio FM yang siarannya bisa direkam, RAM 1 GB, ROM 8 GB, dan selot microSD. Memori internal ponsel tersebut hanya terdiri atas satu partisi. Saat ponsel masih segar, sebanyak 4,27 GB di antara total kapasitas 4,67 GB masih berstatus kosong.

Di bagian bawah ponsel terdapat dua speaker, sedangkan di bagian atas terselip sebuah stylus. Speaker ganda itu mampu memperdengarkan suara dengan keras dan cukup jernih. Namun, jangan membandingkannya dengan speaker ganda milik HTC One ya. Beda kelas. Stylus di G Pro Lite, menurut penulis, kurang bermanfaat. Stylus berujung tumpul itu tidak mempunyai fungsi spesial ala s-pen di seri Samsung Galaxy Note.

G Pro Lite-2

G Pro Lite dibekali sepasang kamera. Kamera belakang dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat. Ia mampu menghasilkan foto beresolusi delapan megapiksel dan klip video HD 720p. Sedangkan kamera depan maksimal memproduksi foto 1,3 megapiksel dan klip video HD 720p.

Selama mencoba G Pro Lite, ada beberapa hal yang penulis catat sebagai sisi minus ponsel itu. Pertama, ponsel tak bisa dikunci supaya selalu berada di jaringan 3G. Kedua, deretan tombol sentuh di bawah layar ternyata tidak dilengkapi lampu. Akibatnya, pengguna berpotensi kesulitan menentukan posisi tombol saat harus mengoperasikan G Pro Lite di dalam kegelapan.

Terakhir, hotkey untuk mengubah nomor default sering tertekan tanpa sengaja. Β Padahal, tiga tombol lain yang sederet dengan hotkey aman-aman saja. Kondisi itu membuat penulis selama mencoba G Pro Lite harus rutin mencermati nomor default yang aktif.

Saat ini G Pro Lite dijual di kisaran harga Rp 3,625 juta. Dengan memperhatikan spesifikasi, harga, kinerja, dan plus-minusnya, ponsel itu layak dibeli oleh pengidam ponsel Android dual SIM berlayar lebar yang peduli dengan kenyamanan dan privasi.

***

Berikut beberapa contoh hasil jepretan kamera G Pro Lite.

Hasil foto G Pro Lite-1

Hasil foto G Pro Lite-2

Hasil foto G Pro Lite-3

181 thoughts to “Review LG G Pro Lite: Dual SIM Peduli Privasi”

  1. Pagi Pak Herry, Bila memilih LG G Pro Lite dan Optimus G yang saat ini sudah turun, lebih memilih mana? dengan mengesampingkan dual sim. Resolousi layarnya beda jauh menurut spek corning gorilla glass, tapi hasilnya bagaimana apakah jauh? Oya bila didandingan Lenovo setara speknya harganya jauh lebih murah, layak manakah yang dibeli?

    1. Pak Michael,

      Anda mendapatkan penawaran Optimus G di harga berapa dulu nih?

      Tanpa melihat harga, kemampuan dual SIM, fitur ketuk-ketuk layar, dan guest mode, kinerja nyata Optimus G lebih menarik daripada G Pro Lite.

      Lenovo apa? P770? Dengan memperhatikan perbedaan harganya (P770 Rp 1,9 jutaan dan G Pro Lite Rp 3,625 juta), menurut saya, kesepadanan harga P770 lebih bagus.

  2. drpd LG G pro lite untuk spek yg mirip,,, saya sich pilih Xperia C layar 5 inch dual sim, Quadcore (sayang pake mediatek) harga 3.5 juta…. ato Xperia SP walaupun dual core tapi Galaxy note sama S3 lewat….

    1. Pak Gusteg,

      Ya, meskipun ukuran layar berbeda setengah inci, kehadiran Xperia C memang menjadi ancaman buat G Pro Lite. Karena itu, LG idealnya mengoreksi harga G Pro Lite, entah langsung menjadi Rp 2,999 juta atau maksimal Rp 3,25 juta.

  3. pak herry..
    saya sebenernya lagi seneng sama lg g pro lite,
    cuma harganya kok ga turun2..
    harga yang cocok menurut saya memang sekitar 3-3,2 jt..
    di lazada minggu kemarin sempat segitu,
    tapi selalu kalah cepat saya..

    numpang tanya..
    mending g pro lite apa nunggu samsung grand 2 ya..
    ada bocoran kah kapan samsung grand 2 resmi dipasarkan
    di indonesia?

    1. Pak Amal Brill,

      Lho, di Lazada sempat menyentuh Rp 3 juta ya? Harga termurah yang pernah saya lihat di sana Rp 3,3x juta. Itu pun sudah habis.

      Isunya sih Galaxy Grand 2 Duos akan masuk sebelum pergantian tahun. Entah benar atau tidak. Harga sih sepertinya mustahil di kepala 3.

    1. Pak Fauzi,

      Karena saya baru mengunggah review Xperia M, maka review ponsel Sony lain ditunda dulu. Sekitar sepuluh hari lagi review Xperia C akan saya unggah ke Ponselmu.com.

  4. beneran nih om LG G Pro Lite ini nggak bisa diset 3G only?
    minta tampilan settingan data connection nya dong om
    sayang sekali kalo tidak ada settingan 3G only, sebab untuk bisa dapat sinyal 3G, kadang saya harus di”pancing” dulu dengan mode 3G only tersebut, baru kemudian settingan dikembalikan ke auto 3G/2G mode

    1. Pak Heidy Ismanto,

      Beneran, Pak. Btw, yang saya gunakan untuk uji pakai adalah unit prototipe. Saya tak tahu versi komersialnya tetap begitu atau tidak.

      Maaf, saya tidak bisa memberikan screen capture-nya karena G Pro Lite sudah tidak di tangan saya.

  5. Secara total g pro lite ini boleh di bilang bagus dan cukup memuaskan, kekurangannya menurut saya setelah memakai hp ini hanya ‘Sound nya saja yg di nilai kurang

    1. Pak Syafiq,

      Kemungkinan bisa. Saya tidak mencobanya. Penjelasan saya merujuk pada kondisi out of the box alias kondisi standar pabrikan.

  6. Pak Herry, saya sedang mencari hp low budget yg dibutuhkan cuma untuk sms & telpon saja, dg fitur sms panjang (1000+ karakter per 1 sms tanpa harus dipotong/dijadikan multi sms) dan juga punya banyak ruang memori untuk menyimpan sms yg banyak, serta kabel chargernya usb, ada rekomendasi pak?

    1. Pak Wisnu,

      Pesan sepanjang seribu karakter pasti akan dianggap sebagai lebih dari satu SMS. Kalau yang Anda maksud adalah ponsel yang bisa menerima SMS panjang (long SMS) plus beberapa kriteria yang Anda sebutkan, saran saya, silakan mencari BlackBerry Huron bekas saja. Harga pasarannya sekitar Rp 300 ribu saja. Konektor charger-nya mini USB.

  7. Mohon maaf pak mau tanya, lg g pro lite ini apa sudah memakai layar corning gorilla glass? Kalau sudah versi ke berapa? Trima kasih

  8. Pak Herry, minta tolong saranya utk hp android dual sim gsm-cdma. Yg saya butuhkan gsm-nya sudah bisa HSDPA dan cdma-nya jg bisa EVDO. (jadi support dua-duanya)
    Harapannya adalah saat salah satu sinyalnya lagi jelek, masih bisa satunya.

    Selama ini, setahu saya kl dual sim gsm-cdma itu cdma-nya yg EVDO sdgkan gsm-nya hanya max.edge. Dan yg paling banyak adalah andromax (hampir semua tipe)

    Tq pak.

    1. Pak Warsita,

      Jawabannya, belum ada ponsel yang sesuai dengan keinginan Anda. Yang GSM-nya bisa HSDPA, sedangkan CDMA-nya cukup 1x pun belum ada kok.

  9. Pak Herry,
    Secara kebetulan, sepertinya saya sudah menemukan ponselnya, di website smartfren ada produk HTC one dual sim. Kalau lihat di sana malah bisa EVDO rev B jg. sayangnya harga tidak cocok dengan dompet. Btw terima kasih responnya.

    1. Pak Warsita,

      Ponsel HTC yang Anda sebutkan belum sesuai dengan kebutuhan Anda lho. Mengacu pada pertanyaan sebelumnya, saya menerjemahkannya kalau Anda membutuhkan ponsel dual on GSM-CDMA dengan kondisi sebagai berikut:
      * Selot 1 CDMA dan mendukung EvDO.
      * Selot 2 GSM dan mendukung HSDPA.
      * Posisi selot 1 dan 2 boleh sebaliknya.

      Nah, HTC One dual SIM bukan seperti itu.
      * Selot 1 di ponsel itu bisa diisi nomor CDMA atau GSM. Kalau diisi CDMA, pengguna bisa menikmati EvDO rev B. Kalau diisi GSM, pengguna bisa menikmati HSDPA.
      * Selot 2 di ponsel itu hanya dapat diisi dengan nomor GSM. Bila dipakai berinternet, maksimal cuma GPRS/EDGE. Tak bisa 3G.

  10. Pak Herry, tyt saya salah mengartikan info brosur htc di web smartfren. Memang yg saya butuhkan seperti yg pak Herry sebutkan, yaitu dual sim dimana masing2 slot-nya bisa support high speed data.

    Kalo dengan spek yg mirip htc one ini, tapi harga <4jt kira2 pak Herry pernah tahu /ga ya?
    Cdma-nya tidak perlu hingga rev B, masalah hrs copot sim dulu kl mau ganti cdma/gsm ngga terlalu masalah.

    Tq pak.

    1. Pak Warsita,

      Setahu saya belum ada. Ketika CDMA-nya bisa EvDO, tak peduli rev A atau rev B, selot GSM-nya cuma bisa GPRS/EDGE.

  11. Pak herry,, mau nanya apakah Lg G Pro lite bisa memindahkan aplikasi ke memory eksternal?? Soalny saya coba semua aplikasi tidak ada pilihan move to SD ny..
    Minta info untuk flip cover atau pelindung untuk G pro lite ny juga pak. Soalny sudah keliling marina ga ktemu..

    1. Pak Daniel,

      Sudah coba masuk ke settings, apps, lalu memilih aplikasi yang coba dipindahkan ke kartu microSD? Kalau tak ada tombol move to SD, berarti memang tak bisa dipindahkan. Dulu saya tak mencobanya karena memori internal 8 GB masih memadai.

      Flip cover atau lebih tepatnya book cover bukankah seharusnya Anda dapatkan saat membeli G Pro Lite? Kalau ingin beli terpisah, sejauh ini saya baru menemukannya di http://www.qoo10.co.id.

    1. Pak Herry Sutanto,

      Ini maksudnya G Pro Lite versus Xperia C ya? Di atas kertas, spesifikasi Xperia C lebih tinggi. Namun, untuk kenyamanan pemakaian dan performa nyata, saya lebih memilih G Pro Lite.

      Sekadar info, harga pasar G Pro Lite baru kini sudah turun ke kisaran Rp 2,9 juta. Paket penjualan termasuk bonus flip case.

      Layanan pusat perbaikan resmi Sony tidak sebagus LG.

  12. Pak Herry jika anda harus memilih lebih bagus mana antara LG G Pro Lite, Sony Xperia M dual dengan Sony Xperia C? Jika dilihat dari kesepadanan harga, kualitas barang dan layanan purna jual. O ya apakah processor dual core pada LG GPro dan quad core pada Sony Xperia C terasa beda jauh dalam pemakaian? Karena saya suka install aplikasi dan sering browsing

    1. Pak Han,

      Urutan teratas LG G Pro Lite, lalu Xperia M dual. Xperia C yang spesifikasinya di atas kertas paling tinggi, secara kinerja, menurut saya, justru paling tidak mengesankan.

      Untuk pemakaian sehari-hari ala saya, dual core di G Pro Lite dengan quad core di Xperia C perbedaannya tak terasa sangat signifikan. Pemakaian saya biasanya untuk email, WhatsApp, browsing, dan sesekali Twitter. Saya juga bermain game, tetapi bukan game yang sangat berat. Contoh game yang saya makinkan adalah Minion Rush, Stick Tennis, dan Doodle Jump.

  13. Kalo menurut Pak Herry kenapa LG G Pro Lite bisa menempati urutan teratas sefangkan sony xperia m dual kedua? Tanpa melihat ukuran layarnya. Untuk processor yg dipakai LG G Pro dengan Xperia C sama2 mediatek bahkan pada Xperia C sudah quad core tapi kenapa perbedaannya tak terlalu signifikan? Sekilas info kemarin saya bertanya di erafone malang harga Lg G Pro Rp 2.999.000 bonus flip cover dan dapat 1 kupon undian sedangkan Xperia M dual Rp 2.600.000 tidak ada bonus sama sekali

    1. Pak Han,

      Sebab, G Pro Lite lebih nyaman dipakai. Daya tahan baterai juga lebih bagus.

      Prosesor hanya salah satu faktor yang berpengaruh. Optimasi firmware dan beragam faktor lain turut menentukan kinerja dan kenyamanan keseluruhan ponsel.

  14. Terima kasih banyak P Herry atas masukannya, saat ini pilihan saya sudah tinggal 2 antara LG G Pro Lite dan Xperia M dual semoga saya bisa segera memutuskan meminang yang mana. Saya masih berat dengan Xperia M dual dikarenakan sudah terlanjur kesengsem dengan fitur walkman playernya he3

    1. Pak Han,

      Sama-sama. Kalau prioritas utama kemampuan memainkan musik, Xperia M memang lebih bagus daripada G Pro Lite.

  15. Pak herry sy butuh masukan ni… mw ty pak selama bpk memakai lg pro lite ngelag ga ketika browsing atw perpindahan aplikasi 1 k aplikasi laen.. Suka lemot ga pak? Soalny dgr2 kekurangannya performany krg dan suka ngelag jg.. Soalny lg galau antara lg pro lite atw g2 karena sy tertarik dg fitur guest mode dan quick translatorny.. Klo lg pro lite sdh turun hrg jd sdh ramah dikantong untuk spesikasiny.. Klo G2 utk skrg hrgny sy kira msh kepala 5 atw 6 gt.. Tp sesuai dg spekny yg ktny oKee.. Tp jika lg pro lite ga ngelag sy ingin ambil ini tp klo suka lemot sy ambil g2.. Lg pro lite dg samsung grand duos mnurut pak herry pilih mana? Dan ksh tw alasannya ?ΒͺΒͺ pak herry…Apa bener samsung grand 2 duos sdh keluar? Maaf kpanjangan.. Thankss ?ΒͺΒͺ

    1. Bu Leni,

      Kalau sampai ngelag sih tidak. Namun, bila yang dimaksud tidak ekstragegas, memang iya.

      Lho, kalau galaunya bingung memilih G Pro Lite atau G2, jawabannya ya mudah banget. Langsung ambil G2 saja. Ponsel itu jauh lebih menggiurkan daripada G Pro Lite. Harga pasar G Pro Lite saat ini Rp 2,9 juta, sedangkan G2 Rp 5,8 juta (16 GB) dan Rp 6 juta (32 GB).

      G Pro Lite versus Galaxy Grand Duos? Saya pilih G Pro Lite.

      Ya, Galaxy Grand 2 sudah diumumkan oleh Samsung, tetapi belum beredar di sini.

  16. Tidak extra ngegegasnya sampai lemOt gt ga pak herry lg pro liteny? Iyaa G2 mmg lbh okee hrgny 2x lipat jg πŸ™‚ agak takut nyesel klo ambil G2. Performa ga sesuai dg spek yg disebutkan, soaly teman pernah pk hp LG dulu2 tp spekny ga smp wah ttp dibwh sam* jd rada takut nyesel keluar duit sgt tp ga sesuai harapan.. Tp setelah liat review pak herry ttg G2 kykny mmg sesuai antara spek,performany

    1. Bu Leni,

      Tidak sampai lemot atau menimbulkan emosi jiwa kok. πŸ™‚

      Karena sempat menyebut Samsul eh… Samsung (di sini penulisan merek tak perlu disensor), G2 lebih enak daripada Galaxy S4 lho.

  17. Pak Herry, bs minta tolong review perbandingannya gak antara lenovo S920 vs LG G Pro Lite dari sgala aspek nya??, tambahan juga klo bisa tolong direview jg yaa pak Herryperbandingan kelebihan dan kekurangan lenovo s920 vs LG G Pro Lite nya mnurut Pak Herry…. Soalnya ane galau niih milih lenovo atau LG nya cz barusan saya liat pameran gadget di Jogja trus ane jg kagum sm fitur bawaannya LG G Pro Lite Dual SIM, tp d sisi laen jg lenovo S920 tidak kalah menggiurkan jg pak, makanya ntu ane jd bngung milih d antara keduanya…

    1. Pak Hanafi,

      * S920 unggul di kecepatan respons. Ponsel terasa lebih gegas.
      * S920 unggul di harga yang lebih murah. S920 8 GB saat ini maksimal Rp 2,5 juta, sedangkan G Pro Lite yang ROM-nya juga 8 GB dijual Rp 2,9 juta.
      * G Pro Lite unggul di fitur ketuk-ketuk layar untuk menyalakan dan memadamkan layar. Jadi, frekuensi pemakaian tombol power bisa diminimalkan.
      * Layanan pusat perbaikan resmi LG jauh lebih baik daripada Lenovo.

    2. Pak Hanafi,

      Tadi saya kelupaan satu hal. G Pro Lite bisa difungsikan sebagai remote control televisi. S920 kan nggak bisa.

  18. Pak Herry, ntu td budget yg ane punya antara 2,5 jt smpe 3,5 jt… hehe maaf lupa ngasih info budgetnya..

    Makasih yaa Pak :))

    1. Pak Hanafi,

      Dengan anggaran segitu, berarti G Pro Lite dan S920 8 GB sama-sama memenuhi syarat. Tinggal tentukan lebih berat ke faktor mana, sesuai yang saya jelaskan di atas.

  19. Kenapa pak herry lebih memilih LG g pro lite drpd galaxy grand?alasannya ap,pak?karena saya bingung memilih diantara keduanya.mana yg lbh bgs,dari kameranya sampai kcepatnnya..
    Terimakasih..(^^)

    1. Pak Kaoru,

      Alasannya sederhana. Tampilan layar lebih bagus, baterai lebih hemat, bisa jadi remote control, dan harga lebih murah.

  20. malam pak Herry .. Saat ini saya lagi mempertimbangkan antara LG G Pro Lite, Samsung Grand, dan Mega 5.8 .. Tapi dari segi fitur dan lain-lain saya sangat tertarik dgn LG G Pro lite, yang membuat saya ragu adalah G Pro Lite memakai CPU dualcore 1Ghz dan GPU PowerVR SGX531 yang masih kalah dengan GPU grand dan mega yg sudah memakai Videocore IV .. Pertanyaan saya adalah apakah dengan CPU dan GPU tersbut , LG G Pro Lite masi bisa bermain game sekelas HD? Karena saya pencinta game … Lalu kalau menurut bapak pribada, apa yg bapak pilih antara LG G Pro Lite, Grand dan Mega 5.8″? Terima kasih mohon masukannya pak Herry

    1. Pak Hery,

      Maaf, baru pagi ini saya sempat membalas pertanyaan Anda.

      Kebetulan saya tak pernah memainkan game HD di ponsel-ponsel tersebut. Saya sebenarnya sudah pernah membeli game Asphalt yang ukurang filenya sekitar 1,5 GB. Namun, karena sering berganti ponsel, saya enggan selalu mengunduh permainan itu.

      Tanpa melihat kemampuan menjalankan game HD, saya lebih memilih LG G Pro Lite. Apalagi, kini harga jualnya barusan turun lagi menjadi Rp 2,85 juta.

  21. Oke .. Gpp pak, akhirnya jatuh pada LG G Pro Lite sudah beli 3hri yg lalu .. So far so good lah .. Fitur2nya oke .. Cuma buat game ada lag cm no problem .. Cukup memuaskan sejauh ini .. Recommend dah πŸ™‚ .. Terima kasih pak herry

    1. Pak Hery,

      Boleh tahu game apa yang terasa lag?

      Saya kayaknya bakal beli G Pro Lite lagi nih. Pengin beli warna merah.

  22. pak Herry,
    saya mau tanya, maksudnya memori internal 8 GB itu apa ya ?
    saya baru beli LG G Pro Lite, lalu saya masuk ke Settings, terus saya masuk ke Storage dan di situ tertulis Total Space nya 4,67 GB itu penjelasannya gimana ya pak ? bukannya seharus nya 8 GB ?
    Terima Kasih

    1. Pak Hendry,

      Memori internal itu maksudnya ruang penyimpanan di ponsel, bukan di kartu microSD.

      Menurut saya, wajar kalau totalnya segitu. Sebab, sebagian memori internal kan telah digunakan oleh sistem operasi.

  23. Permisi pak Herry,

    Seperti yang saya baca, banyak sudah menanyakan tentang LG G Pro Lite dengan Sony Xperia C. Sekarang ini, saya punya hp Lenovo S920. Memang benar, kinerjanya sangat memuaskan. Hargapun terjangkau, tapi saya sudah 2x harus service karena masalah hp nya mati total. Karena itu, saya memikirkan untuk menjual dan mengganti antara Sony Xperia C dengan LG G Pro Lite.

    Saya tipikal yang suka gonta-ganti hp, jadi Kalau seandainya kedua hp tersebut dijual kembali, mana yang harganya akan lebih stabil ?

    Thanks sebelumnya

    1. Bu Stefany,

      Turut prihatin atas kondisi yang dialami. Boleh tahu bagaimana kronologisnya sampai S920 Anda dua kali mati total? Kalau tak keberatan, tolong ceritakan pula bagaimana layanan di pusat perbaikan resmi Lenovo. Baik atau buruk silakan diceritakan apa adanya. Saya ingin tahu. Sebab, informasi yang disampaikan pasti akan bermanfaat bagi orang lain.

      Sekarang menjawab pertanyaan Anda. Kalau soal harga bekas saat dijual kembali, saat ini Xperia C lebih tinggi daripada G Pro Lite. Namun, bila berbincang soal kenyamanan pemakaian, saya lebih menyarankan Anda membeli G Pro Lite.

  24. Pak Hery,

    saya mau minta saran, budget 2,5 smpai 3,5 juta. Saya membutuhkan android dengan lebar sekitar 5inch , dual sim , kamera bagus ( krn saya butuh foto jernih utk keperluan jualan ) , tidak nge-lag saat membuka beberapa aplikasi ( krn saya pengalaman pakai LENOVO S880 sering hank & lemot terutama saat pindah aplikasi. biasanya saya aktif 5 aplikasi ).

    minta pencerahannya pak, krn benar2 emosi pakai lenovo s880.
    makasih

  25. oiya pak hery kl bisa juga kecepatan utk browsing & download bagus. maklum hp mau dipake pribadi & keperluan jualan. makasih πŸ™‚

  26. LG G pro Lite sudah masuk list pak, untuk lenovo saya ragu apakah memang merk lenovo sering nge lag & hang ? apa hanya lenovo s880 yg saya pakai saat ini?

    utk kamera &tahan banting antara lenovo & LG lebih unggul mana ya pak?

    trims

    1. Bu Tika,

      Untuk ukuran saat ini, spesifikasi Lenovo S880 kan memang tidak terlalu tinggi. Jadi, ya tidak segegas ponsel Lenovo keluaran terbaru yang memiliki spesifikasi lebih menggiurkan. Misalnya, Lenovo P780 8 GB.

      Kamera lebih unggul P780, sedangkan layanan purna jual jauh lebih bagus LG. Soal tahan banting, hal itu bersifat relatif sih ya.

  27. oiya pak , saya baca review untuk lenovo p780 batrai tdk bisa dilepas. apa itu nanti tdk bermasalah? soalnya saya tdk pernah pakai smartphone dgn batre permanen.

    thx

    1. Bu Tika,

      Benar, P780 menggunakan baterai tanam. Selama masa garansi sih mestinya hati Anda boleh agak tenteram. Kelak, menjelang masa garansi setahun berakhir, sebaiknya Anda melakukan peremajaan ponsel.

  28. Pak Herry

    saya ingin bertanya lg g pro lite ini kan dual sim card dan yang saya dengar ke dua sim card tersebut memiliki jaringan 3g. pertanyaan saya apakah kedua sim card tersebut bisa kita gunakan semau kita misal sim 1 untuk menelpon, sms dan browsing sedangkan sim 2 untuk IM saja misal BBM, WA, dll….

    terima kasih

    1. Pak Angga Saputra,

      Pada satu waktu, hanya salah satu nomor yang dapat dipakai untuk berinternet. Jadi, Anda tak bisa mengatur supaya SIM1 khusus untuk browsing, sedangkan SIM2 khusus untuk BBM dan WhatsApp.

      Yang bisa dilakukan, contohnya, untuk internet pasti pakai SIM1. Sedangkan untuk telepon dan SMS bisa SIM1 maupun SIM2.

  29. Pak Herry
    Sisa Ram dari hh ini berapa ketika belum berisi aplikasi lain selain aplikasi bawaan? apakah terasa Lag? dan kira2 apakah LG optimus g pro lite ini akan mendapatkan update kitkat?

    1. Pak Angga Saputra,

      Sisa RAM awal 575 MB. Sisa memori internal untuk instalasi aplikasi 4,27 GB.

      Tidak terasa lag, tetapi juga tidak ekstragegas.

      Saya tak berani pastikan apakah G Pro Lite akan memperoleh update ke KitKat.

  30. Mengkoreksi Kalimat “Selama mencoba G Pro Lite, ada beberapa hal yang penulis catat sebagai sisi minus ponsel itu. Pertama, ponsel tak bisa dikunci supaya selalu berada di jaringan 3G.” …. Ponsel android tetapi bisa di kunci di jaringan 3G atau GSM dengan cara tekan *#*#4636#*#*
    terima kasih

    1. Pak Rusianto,

      Terima kasih atas informasinya. Pemaparan saya kebetulan mengacu pada menu standar pabrikan, bukan kode-kode tambahan yang tidak dijelaskan di buku panduan pemakaian.

      Iya, kalau pakai kode tersebut, memang bisa dikunci di 3G. Btw, saya pernah coba menjalankan kode itu di ponsel Android Huawei (lupa tipe apa), tetapi tak berfungsi. Apakah ada kode lain yang mungkin Bapak ketahui?

  31. Pak Herry
    pernahkah anda membandingkan hp ini dengan hp di kelasnya dari brand lain? bagaimana pendapat anda

    1. Pak Angga Saputra,

      Membandingkan langsung di satu naskah tak pernah. Alternatif yang harga setara Lenovo P780. Review ponsel itu bisa dilihat di blog ini juga.

  32. Baik Pak Herry

    terima kasih atas saran dan pencerahannya…
    keputusan jatuh pada LG G Pro LIte ini

    Terima Kasih

  33. Pak Herry
    Setelah membaca review lg g pro lite ini, saya jadi tertarik, kebetulan saya sedang di surabaya. Toko yang rekomended untuk beli lg g pro lite ini di surabaya dimana yang pak? Terima kasih.

    1. Pak Widia Darma,

      Tidak ada rekomendasi toko khusus. Anda bisa mencarinya di WTC atau Plasa Marina Surabaya.

  34. Stlh baca review ttg lg g pro lite terutama tulisan ini, akhirnya tgl 20 april jd beli hp ini, sempat ditawarin lg g2 tp krn hrg dan dual kartu jd pilih lg g pro lite saja, trmks pak Herry πŸ˜‰

    1. Pak Ade,

      Sama-sama. G2 spesifikasinya lebih mantap sih. Namun, memang bukan dual SIM dan harganya dua kali lipat G Pro Lite.

  35. Saya skrg sdg berpikir apakah worth it jika beralih dari iphone ke LG, handphone utama saya msh di iphone, lg g pro lite mjd hp kedua saya. Msh berat beralih dari iphone, juga kabarnya iphone akan keluar dg layar lebih besar pd juni nanti, menurut bapak bgmn? Btw saya perempuan pak, memang nama ade umum yah πŸ˜‰

    1. Bu Ade,

      Karena kini Anda sehari-hari sudah memakai iPhone maupun G Pro Lite, berarti Anda bisa merasakan sendiri apakah G Pro Lite cukup pantas digunakan sebagai ponsel utama. iPhone generasi mendatang memang rumornya akan memakai layar lebih besar. Namun, sampai saat ini kan belum ada pengumuman resmi dari Apple.

  36. Pak herry saya telah beli lg g pro lite, tp ada yg menganjal nih. Utk setting default supaya bisa save ke memory card kok g ada ya d setting? Ato saya saja yg belum menemukannya. Thx.

    1. Pak/Bu Bounty,

      Itu maksudnya untuk menyimpan file multimedia kan? Coba cari-cari di menu settings, lalu storage. Saya sudah tak ingat struktur menu detail G Pro Lite seperti apa.

  37. pak kok nggak ditampilkan review hasil kamera sih…
    jadi meragukan karena dengar2 banyak yg mengeluhkan hasil kameranya.

    1. Pak Rudy,

      Kebiasaan menyertakan hasil foto di naskah review baru saya mulai Januari 2014. Nah, review G Pro Lite kebetulan muncul sebelum itu. Karena barusan saya cari ternyata saya masih menyimpan contoh hasil jepretan G Pro Lite, setelah ini saya unggah deh.

  38. Reviewnya menggalaukan saya, pak.
    Pak, kualitas kamera utama dan depan, serta hasil rekaman videonya, bagusan mana, antara lg pro lite, lenovo 780, atau samsung grand 2?
    Ada rekomendasi tentang gadget dual sim gsm, kualitas hasil kamera utama bagus, kamera depan pun bagus untuk selfie dengan suami πŸ˜€ , lumayan juga kalau hasil rekaman videonya bagus, bisa edit file office, budget maksimal 4 jutaan. Saya cari yang awet, soalnya saya tipe setia, ga punya banyak budget buat gonta-ganti HP. Pengen coba iphone, tapi ga sesuai budget saya.

    1. Bu Desika,

      Saya belum pernah mencoba Samsung Galaxy Grand 2. Kalau LG G Pro Lite versus Lenovo P780, dalam hal kamera saya lebih menjagokan P780.

      Berlanjut ke pertanyaan Anda berikutnya. Jawabannya, belum ada yang dapat memenuhi semua kriteria. Yang kamera depannya bagus untuk selfie saat ini kok ya kebetulan banget cuma single SIM.

  39. Pak, kalau untuk kondisi saya, dual sim lenovo yang paling bagusnya 780 kah? Klo dibanding 820, gimana?

    Kira-kira, 8 mp samsung dan lenovo, bagusan mana? Apa benar, hasil kamera tergantung dari kerapatan layar?

    Emang kalo single sim, rekomendasi bapak apa? Hehehe.

    1. Bu Desika,

      Ya, kalau pilihannya P780 versus S820, saya lebih pilih P780.

      Kamera sama-sama delapan megapiksel. Satu Samsung, satu lagi Lenovo. Bagus mana? Bergantung tipe ponselnya juga sih. Hasil kamera sama sekali tidak dipengaruhi oleh kerapatan layar. Biarpun layarnya superjelek, kalau kameranya bagus, ya hasilnya tetap bagus. Memang mungkin takkan terlihat bagus saat dilihat di layar ponsel. Namun, saat ditransfer ke komputer, bakal terlihat cantik deh.

      Untuk single SIM, Anda boleh berburu LG G2 bekas. Kalau harus baru, coba cari LG Optimus G atau Optimus G Pro.

  40. kalau untuk kondisi saya, dual sim lenovo yang terbaik yang 780 kah? Klo tipe lain gimana? S820, gimana pak?

    Kira2 8 mp kamera lenovo dengan samsung, bagusan mana? Apa benar bahwa kualitas hasil jepretan kamera juga tergantung dari kapasitas layar gadgetnya?

    Kalau single sim, apa rekomendasi bapak? Hehehe.

  41. Pak Herry.. Sehari pegang LG ini, bingung Aplikasi nya nggak bisa dipindah ke kartu sd.. Jadi mikir kalo mau download game diatas 1gb.. Hehe..

    1. Pak Novianto,

      Memang tak semua aplikasi bisa dipindahkan ke microSD. Coba lihat settings, apps, lalu pilih aplikasi yang ingin dipindah. Kalau tak ada pilihan move to SD, ya berarti tak bisa dipindah.

  42. Pak Herry, saya sudah seminggu lebih pake LG G Pro Lite ini, fitur yang saya sukai, pertama adalah layar yang lebih terang & nyaman daripada samsung Mega 5.8 milik istri.. Kedua, Fitur remote nya.. ketiga, Fitur Ketuk layar (walau kadang agak ngadat) hehe.. Keempat, Baterai kapasitas besar 3140mah, lumayan bisa tahan seharian dengan pemakaian normal, tapi belum sempet saya “paksa” dengan waktu yang lama buat online.. Oiya pak, ada 1 minus ponsel saya ini, kalo dipakai buat nulis pake stylus pen, pas layar dibagian tengah, tidak bisa digunakan, jadi misal narik garis lurus dari atas ke bawah pasti di tengah layar kepotong, padahal pake jari normal & bisa penuh misal membuat garis dari atas ke bawah.. Tadi sudah saya ke Service Center LG, katanya memang ada masalah di lcd ponsel saya, ponsel disuruh bawa pulang, saya disuruh mengisi biodata diri, misal spare part ada langsung dikabari.. Sementara sharing itu dulu pak.. Trimakasih..

    1. Pak Novianto,

      1. Iya, meskipun resolusinya tidak terlalu tinggi, tampilan layar G Pro Lite memang nyaman di mata.

      2. Setuju. Remote control-nya asyik, buat dipakai beneran maupun ngisengin orang. πŸ™‚

      3. Untuk menyalakan layar, sebaiknya ketuk tiga kali. Kalau dua kali sesuai petunjuk, kadang tak berhasil menyalakan layar. Kalau untuk mematikan layar, cukup ketuk dua kali dan tingkat keberhasilannya mendekati 100 persen.

      Stylus di G Pro Lite kurang asyik. Dulu waktu saya memakai ponsel itu, stylus yang tersedia praktis tak saya gunakan. Namun, seharusnya tidak ada masalah seperti yang Anda alami. Syukurlah kalau sudah Anda bawa ke service center dan telah dipesankan suku cadang pengganti.

  43. pak Herry, saya galau niiih
    menurut bapak, mending asus zenfone 6 atau lg g pro lite ini ya pak?
    terimakasih πŸ˜€

    1. Bu Ayu,
      Terlepas dari Zenfone 6 ternyata bagus atau tidak, peranti itu silakan dicoret dulu dari daftar belanjaan. Lha baru jualan saja Asus Indonesia terlihat tidak becus kok. Apalagi, kelak ketika harus memberikan layanan purna jual.

      Untuk LG G Pro Lite, sejak LG L90 dan LG G2 Mini beredar, ponsel itu tidak menarik lagi. Silakan mempertimbangkan L90 atau G2 Mini saja.

  44. Pak Herry,
    kenapa yah signal sim kedua sering sekali edge, apakah karena lokasi atau mesti ada setting yang harus dilakukan?

    Terima kasih.

  45. Pak Ade,

    Pengaturan standar di G Pro Lite kan SIM2 memang maksimal EDGE. Jadi, kalau sering sekali EDGE, hal itu justru bagus.

  46. Pak,,, akhirnya saya malah meminang lg G2 mini, itu pun di kota saya baru beredar di erafone.

    Soalnya pikir-pikir meminang lenovo yang masih belum tau dimana service center khusus smartphone-nya. belum lagi takut kebingungan dengan pembagian 2 partisinya.

    bapak ga ada rencana mereview lg g2 mini kah, pak?
    untuk micro sd, masih bingung nih pak, mau beli yang merek apa. kemaren dulu pakai vgen, pernah korup sekali dan belum saya format ulang. padahal lumayan 16gb. tapi takut juga kalau korupnya terulang lagi dan terancam kehilangan data. ada saran kah, pak?

    kalau pake back up di google +, aman aja kah privasi saya?
    maafpak, kebanyakan nanya. hehehe.

    1. Pak/Bu Desika,

      G2 Mini memang tidak dijual di toko-toko biasa. Cara termudah menemukannya ya sudah benar di Erafone.

      Saya kelak akan me-review G2 Mini bersamaan dengan L90.

      Saya biasanya pakai kartu microSD Sandisk atau Transcend. Ya, saya berkali-kali menjumpai kartu microSD V-Gen mendadak bermasalah. Namun, biasanya hal itu terjadi di kartu microSD V-Gen berkapasitas kecil. Jarang terjadi di kapasitas 16 GB.

      Kalau kita berbicara privasi, saya rasa tak ada yang berani menjamin 100 persen aman. Asalkan data yang disimpan tidak sangat rahasia, menurut saya, tidak masalah sih.

  47. Pak herry, layar Prolite saya udah normal lagi, setelah tgl 14 mei kemaren saya ke SC, tgl 18 nya saya di sms kalo spare part sudah ada, saya pun meluncur ke SC, setelah menunggu hampir 1 jam, lcd nya sudah ganti baru, saya cek ditempat, lancar, tapi pas sampai dirumah, ada masalah sama lcd lagi, kali ini malah layar kalo disentuh keluar semacam tinta, ungu kemerah2an, akhirnya, tgl 19 mei saya masukin lagi, dan disuruh rawat inap, setelah sebelumnya, sedikit debat sama teknisi, karna dia bilang memang prolite kalo ditekan, layarnya ikut turun (ambles), saya masih ngeyel, soalnya, layar sebelum saya masukin, terlihat tebal, gak setipis layar lcd yg habis diganti, setelah beberapa saat, akhirnya teknisi sedikit “mengalah” & disuruh ninggal dulu, walopun agak was wasa & mungkin butuh waktu lama, akhirnya dengan berat hati saya tinggal, agak dongkol juga, tidak dikasih tau jadinya kapan. Tapi pagi harinya, tgl 20 mei, saya di sms SC kalo prolite udah jadi, sampai sekarang masih lancar..

    1. Pak Novianto,

      Terima kasih atas update dan sharing-nya. Dulu waktu memakai G Pro Lite, saya tak pernah coba menarik garis lurus satu layar penuh memakai stylus. Stylus ponsel itu saya nilai kurang asyik. Sehingga, akhirnya tak pernah digunakan lagi.

      Saya malahan baru dengar kalau L70 rentan bright pixel maupun dead pixel. Saya pernah memakai dua unit L70 yang berbeda. Keduanya baik-baik saja.

      Bright pixel itu ada titik tertentu yang lebih terang daripada titik-titik lain. Kalau dead pixel, ada titik tertentu yang mati/gelap.

  48. Oiya pak, banyak temen2 pemakai LG G ProLite senasib seperti saya, dipakai buat stylus gak bisa 1 layar penuh, terpotong di tengahnya.. Apakah ini suatu kebetulan apa memang kualitasnya nggak seperti dulu ya? Kemaren saya merasa kalo Prolite saya cacat pabrik, tapi kok banyak temen2 yg kasusnya sama.. Ada 3 orang temen saya.. Kalo LG L70 katanya juga banyak yang bright screen / dead pixel ya pak? Bisa minta tolong dijelaskan artiannya? Soalnya masih rancu tentang pengertian dead pixel & bright screen, trimakasih sebelumnya..

  49. Buat pak Ade, bisa dicoba *#*#4636#*#* pilih wcdma only.. Saya dari awal internet pake sim 2, sinyal H terus, oiya, itu dikasih info sama spb yang jualan..

    1. Pak Novianto,

      Iya, kode tersebut memang bisa berfungsi. Berarti, saat itu Anda kebetulan dilayani oleh SPB yang memiliki pengetahuan memadai.

  50. Terimakasih pak herry infonya.. Oiya pak, apakah LG prolite kalo ditekan / disentuh, layare ikut turun / ambles?

  51. maaf pa mau tanya..lg g pro lite dual bisa upgrade to kitkat? apakah hasil ny akan normal atau ada pengaruh buruk ny? dan apakah setelah di upgrade ke kitkat, lg g pro lite dual bisa/dapat menjalankan fitur knock code? mhon pnjelasannya.. trmaksh..

    1. Pak/Bu Wilda,

      Saya sudah tidak menggunakan G Pro Lite. Silakan langsung coba mengeceknya dari menu software update. Dugaan saya sih tidak ada upgrade ke KitKat.

  52. Selamat pagi pak herry,
    Dengan budget kurang lebih 3jtan saya lebih baik membeli hp apa ya pak? Prioritas utama saya adalah kamera,musik,game, dan tentu saja baterai yg tahan lama hehe. Terima kasih pak, mohon pencerahannya

    1. Pak Yudha,

      Rp 3 jutaan itu sampai berapa nih? Sebab, Rp 3,999 juta masih termasuk Rp 3 jutaan lho. πŸ™‚

      Saya anggap Rp 3 juta lebih sedikit dulu ya. Dengan mengacu pada kriteria Anda, ada dua kandidat utama:
      1. Lenovo P780 8 GB.
      Harga baru Rp 3 juta, maksimal Rp 3,1 juta. Baterai yang dahsyat menjadi daya tarik utama ponsel berlayar sentuh lima inci itu.

      2. LG G2 Mini.
      Harga baru Rp 3,299 juta. Baterai bawaannya tak sebesar P780. Namun, dengan perilaku pemakaian ala saya, setidaknya masih cukup untuk pemakaian mulai pagi sampai malam. Nyaman digenggam, ada fitur ketuk-ketuk layar untuk mem-password maupun menyalakan ponsel, dan bisa dijadikan remote control TV merupakan sebagian sisi menarik ponsel itu.

  53. Terimakasih pak herry
    Tanpa melihat selisih harga dari kedua hp tersebut, secara performa rata rata menurut pak herry lebih baik mana antara lennovo p780 dengan LG G 2 mini? Kalo dengan samsung atau sony bagaimana pak?
    Terimakasih, mohon pencerahannya

    1. Pak Yudha,

      Saya lebih memilih G2 Mini daripada P780. Samsung dan Sony di kisaran harga sama belum ada yang dapat mengalahkan dua ponsel tersebut.

  54. Pak herry… saya mau tanya… saya pake g pro lite ni.. pertama beli katanya ni g pro lite bisa 2 password/kode kunci layar… tapi saya lupa settingannya … bisa tolong jelasin g pak gimana caranya… makasih…

    1. Bu Tina,

      Kalau lupa password, biasanya kan ada kode rahasia pamungkas. Lupa juga? Berarti, ponsel Anda perlu diformat. Silakan mampir ke pusat perbaikan resmi LG untuk meminta bantuan petugas di sana. Prosesnya tak lama kok. Hanya sekitar sepuluh menit.

      Ups… saya salah paham nih kayaknya. Ini ceritanya belum terkunci dan kini Anda akan mengatur password ya. Pengaturannya ada di settings, display, lalu lock screen.

  55. Pak herry
    Tlg saya
    Gimana caranya mensetting agar jaringan nya jadi wcdma only saja
    Di LG G Pro Lite
    Tolong bgt pak., makasi., saya tunggu balasannya bpk..

    1. Bu Intan,

      Secara standar memang tak bisa. Namun, bisa diakali dengan cara ini: ketikkan *#*#4636#*#* di menu telepon. Seolah-olah Anda akan menelepon. Berikutnya, pilih phone information dan ubahlah set preferred network type menjadi WCDMA only.

  56. Dear pak herry,
    bisa bantu compare antara LG Pro Lite dengan HP slate 6, lebih bagusan mana ya?
    klo dari segi ketahanan batre info forum sebelah bagusan HP.
    terima kasih sebelumnya.

    Heru

    1. Pak Heru,

      LG Pro Lite yang Anda maksud itu LG G Pro Lite kan? Kalau iya, kini ponsel itu sudah tergolong tidak menarik. Di antara sesama LG, ia sudah kalah menarik dibandingkan L90 dan G2 Mini.

      Bila diadu dengan Slate6 VoiceTab, menurut saya, fitur yang membuat G Pro Lite unggul praktis hanya remote control TV. Faktor lain lebih menggiurkan Slate6.

  57. Pak herry..
    Saya ingin brtanya, apakah kamera depan yg dimiliki g pro lite dual bagus dan jernih ??? Lalu apakah settingan jaringannya sangatlah sulit.
    Terima kasih πŸ™‚

  58. Pak herry. Lalu apakah benar yg dikatakan beberapa org bahwa autofocus pada saat mengambil gambar suka tidak tepat pada yg di tunjuk (kabur2an) ??? Mohon infonya πŸ™‚
    Terima kasih πŸ™‚

    1. Bu Catherine Sisilia,

      Untuk kamera belakang, fokusnya akurat kok. Sesuai dengan yang disentuh jari.
      Untuk kamera depan, kamera itu kan tanpa fokus otomatis. Mau disentuh juga percuma. Yang penting aturlah supaya jarak kamera dengan objek yang hendak difoto jangan terlalu dekat.

  59. Pak herry..

    Terima kasih pak untuk sarannya mngenai LG g2 mini
    Saya hari ini sudah ambil g2 mini..
    Bisa dibilang untuk kamera blkng sangat bagus..
    Tapi pak saya ingin brtanya lgi Knp saya mndapat sinyal E dimna saja..??? Atau krna sinyal simpati sedang tidak bagus. Mohon bantu saya pak herry πŸ™‚ terima kasih πŸ™‚

    1. Bu Catherine Sisilia,

      Coba masuk ke settings, network, tethering & networks, dan mobile network. Lalu pilih SIM1 atau SIM2 sesuai dengan di selot mana Anda memasangkan kartu simPATI. Pada network mode, pilihlah GSM/WCDMA (auto mode). Dengan mengaktifkan pilihan itu, ponsel akan memilih jaringan secara otomatis. Kadang 2G, kadang 3G, bergantung mana yang lebih kuat.

      Seandainya Anda ingin mengunci ponsel supaya selalu berada di jaringan 3G, pilihlah WCDMA only. Konsekuensinya, bila tak ada sinyal 3G, maka ponsel sama sekali tidak mendapatkan sinyal alias SOS.

  60. Pak Herry

    Apakah LG G2 mini bisa menggunakan GSM dan CDMA (misal esia) sekaligus, dan apakah maksud dari adanya pengkhususan penggunaan slot1 untuk GSM dan slot2 untuk EDGE?

    terima kasih

  61. Pak Herry

    Apakah LG G2 mini bisa menggunakan GSM dan CDMA (misal esia) sekaligus, dan apakah ada pengkhususan penggunaan slot1 dan 2 sebagaimana HTC One dual SIM seperti penjelasan bapak ke pak warsita berikut :

    * Selot 1 di ponsel itu bisa diisi nomor CDMA atau GSM. Kalau diisi CDMA, pengguna bisa menikmati EvDO rev B. Kalau diisi GSM, pengguna bisa menikmati HSDPA.
    * Selot 2 di ponsel itu hanya dapat diisi dengan nomor GSM. Bila dipakai berinternet, maksimal cuma GPRS/EDGE. Tak bisa 3G.

    terima kasih

    1. Pak Eko,

      Lain kali tolong cukup satu kali dalam mengetikkan pertanyaan ya. Tak perlu sampai diulang-ulang dan diposting di berbagai tempat.

      G2 Mini adalah ponsel dual SIM GSM-GSM. Tidak bisa diisi nomor CDMA. Satu nomor di antara dua nomor GSM yang terpasang dapat diarahkan ke jaringan 3G. Pengguna bebas memilih nomor pertama atau kedua.

    1. Pak Syaiful,

      Maksimal Rp 3 jutaan itu sampai berapa ya? Sebab, Rp 3,999 juta masih termasuk tiga jutaan.

      Alternatifnya sejauh ini:
      * Rp 2,899 juta ada Acer Liquid E3.
      * Rp 2,999 juta ada LG L70.
      * Rp 3,1 jutaan ada Sony Xperia M2 Dual.
      * Rp 3,299 juta ada LG G2 Mini.
      * Rp 3,4 jutaan ada Samsung Galaxy Grand 2.

      Kalau yang diutamakan kamera, pilihan terbaik Acer Liquid E3. Kalau kenyamanan dan kinerja keseluruhan, pilihan terbaik adalah LG G2 Mini.

  62. pak Hery,
    saya bingung niech..ada temen saya yg ajak barter zenfone 5 saya dengan lg g pro lite dual nya dia..
    menurut anda gmna?dilanjutkan atau tidak?
    soalnya saya kalau masalah performa lebih suka zenfone 5..cuma yg kurangnya itu baterainya yg lumayan terkuras karena processornya adalah intel..dari segi kamera belakang sama2 8mp,cuma membandingkan kamera zf5 sama lg g pro lite dual ini dari hasil review msh bagus zf5..

    1. Pak Vayn,

      Dilanjutkan atau tidaknya bergantung Zenfone 5 milik Anda yang spesifikasi apa. RAM berapa dan ROM berapa? Kalau yang RAM 1 GB, langsung tukar deh. πŸ™‚

      Zenfone 5 sebenarnya lebih gegas daripada G Pro Lite. Kameranya juga lebih bagus. Namun, ponsel itu mudah panas dan baterainya cukup boros.

      Kelebihan G Pro Lite, ia dilengkapi fitur ketuk-ketuk layar dan bisa difungsikan sebagai remote control televisi.

  63. Pak Herry saya mau nanya,

    LG g Prolite apakah simcardnya tidak bisa digonta ganti, saya pertama kali dulu pemasangan kan sim1 saya kasih simpati, sim2 IM3, nah ceritanya mau saya ganti sim1 nya kartu 3 untuk menghemat kuota internet tapi setiap kali saya ganti kok jadi tidak ada jaringan ya, apakah perlu ada setting2an atau memang tidak bisa diganti. Terimakasih

    1. Pak/Bu Wiwied,

      Bisa diganti-ganti kok. Saya dulu rutin melakukannya. Kalau masih belum bisa, coba lakukan factory reset dulu.

  64. Lg glpro ya susah ya cari asesoris ya,,,,
    Sya dah cari” susah bangett,,,,
    Ayo donkk LG banyakin asesoris LG GLpro yaa,,,
    Pasti byak yang berminat,,,
    Lg Glpro bagus bangettt,,,

    1. Bu Siti,

      Ini yang Anda maksud LG Optimus G Pro, G Pro Lite, atau G Pro 2?

      Kalau G Pro Lite, aksesorinya agak mudah ditemukan kok. Silakan berburu di pusat penjualan aksesori.

      Kalau Optimus G Pro dan G Pro 2, aksesorinya memang sulit dijumpai.

  65. saya mau tanya cara penyimpanan file supaya langsung di external memori card pada hp LG prolite gimana?saya cari di menu setting kok gk ada…terima kasih

    1. Pak Febri,

      Untuk penyimpanan hasil foto dan video, coba cari di menu kamera. Saya tak ingat detailnya di dalam sub menu mana.

      Kalau untuk aplikasi, standarnya memang akan masuk ke memori internal. Tak bisa diubah.

  66. pak mau tanya, kok hp lg g pro lite saya beberapa hari ini tidak bisa mendownload file ya pak? baik file pdf, doc, maupun mp3. padahal memory internal yg free masih 4gb pak. mohon bantuannya terimakasi

    1. Bu Ica,

      Pesan error yang muncul apa? Apakah koneksi internet cukup cepat dan stabil?

      Karena saya tak bisa mengecek langsung ponsel Anda, saran saya, bawalah ke pusat perbaikan resmi LG. Mintalah petugas di sana untuk mengeceknya.

  67. Pak hery, minta tolong ni pro lite saya , mau ganti nada dering tidak bisa, tulisanya ” no application can this action. Enable disable built in application ” tolong saran nya ya pak. Matur sembah nuwun.

    1. Pak Andy Soldim,

      Kalau melihat paparan Anda, tampaknya ada fitur bawaan yang tak sengsaja nonaktif. Bisa pula firmware-nya corrupt. Lebih baik Anda mem-backup data ponsel itu, lalu membawa G Pro Lite tersebut ke pusat perbaikan resmi LG. Prosesnya di pusat perbaikan resmi tidak lama kok. Kira-kira 15 menit terhitung sejak ponsel Anda ditangani teknisi.

  68. Setelah 8 bulan memakain lg pro lite so far ga ada masalah layarnya nyaman di mata kalo di compare samsung dan touchscreennya lebih enak dibanding samsung grand duos istri lumayan puas lah

  69. Pak, LG pro Lite sy koq tdk bisa menampilkan dan mengirimkan pesan multimedia (MMS)
    Setiap kali meu mengirim atau menerima MMS selalu minta settingan padahal sy sdh menyetelnya,, ada kah cara lain dalam pengaturan multimedia utk G Pro Lite?? Terima kasih sebelumnya

    1. Pak Romeo,

      Kemungkinan pengaturan MMS dianggap kurang tepat. Langkah termudah, silakan mampir ke kantor layanan operator GSM yang Anda gunakan. Mintalah petugas di sana mengeceknya.

  70. pak saya mau tanya..
    br beli g pro lite 2nd hrg 1,4jt..
    kt yg jual layar udah gorilla glass.
    saya buktikan sdiri emg g ad goresan dan saat tkena kotoran gmpg ilang..
    bener kah itu gorilla glass?
    tp mslahnya knp durasi ngecharge nya lamanya minta maaf bgt…
    dr jam stg9mlm…sampe jam1 mlm br full(itpun full stelah saya charge lagi dg laptop krn lwt adaptor luama bgt)
    dlm keadaan terpakai ngecharge 5jam lbh msh di taraf 80%
    emg ini biundling g ori..
    charge pake lenovo..
    tp udah sy ganti charge ori lg e410..
    tp knp lm buanget????

    mhon solusinya….

    1. Pak/Bu Dika,

      Setahu saya, LG tak pernah menyatakan G Pro Lite mengadopsi Gorilla Glass.

      Nge-charge via laptop mestinya lebih lama daripada nge-charge memakai travel charger? Kalau yang terjadi sebaliknya, berarti kepala charger yang Anda gunakan tidak optimal.

      Cobalah mengisi ulang G Pro Lite itu memakai charger lain dengan output minimal 1A. Selama proses charging, pastikan ponsel dalam kondisi padam total.

  71. Pak saya baca thread di kaskus ad yg bilang
    lg g pr lite pake kabel data samsung dan kepala chrager samsung tab2
    ngecharge jd cepet
    saya liat keterangan
    charger samsung tab 2
    output 2.0 a
    apa tidak apa2 pak jika pake itu?
    saya sedih nih dg kondisi hp saya…
    padahal suka..
    tp ngechargenya bner2 bikin sedih…

    Tlg pak solusinya…
    terima kasih bnyak..

    **Saya perempuan..

    1. Bu Dika,

      Silakan pakai charger Samsung itu. Dia bisa menyesuaikan output-nya dengan kebutuhan ponsel kok.

  72. Pa Herry,…
    HH sy sdh di root,…
    cara mengatasi UBL /Unlock Boot Loader,…gmn,
    yaa…Pa,…apakah ada trick khusus,…apa memang pihak LG blum membukanya,….???
    Jadi sy slalu mentok di UBL,..pd saat masuk customrom,….
    Trus ada code rahasia di LG G Pro Lite,..apa maksudnya…???
    Hp sy LG G Pro Lite,..base Rom KK,…
    dan setau sy hanya LG G Pro Lite yg chipsetnya MTK,..di banding LG lainya Snapdragon,…
    Apakah ini alasan LG,…tidak OPEN,….!!!
    Mohon Pa,..Herry,.Pencerahanya,…..

    Trimakasih,….

    1. Pak Tubagus,

      Kalau mau marah-marah, tempatnya bukan di blog ini. Penulisan ??? dan !!! dipadukan dengan banyak huruf besar menunjukkan kalau Anda sedang marah atau minimal berteriak.

  73. Pak herry,
    Mau nanya nih. Cara meng nonaktifkan mode tamu gimana ya? Saya bingung sekarang LG saya diem aja nih karna terlanjur pake mode tamu tapi gatau cara non aktifkannya:(

    1. Pak Muhammad Iqbal,

      Karena Anda sudah bisa masuk ke guest mode (mode tamu), berarti Anda telah mengaktifkan dua pattern lock. Satu pattern lock untuk mode normal, satu lagi untuk mode tamu.

      Jadi, sekarang silakan menyalakan ponsel, kemudian masukkan pattern lock mode normal. Setelah berhasil masuk, nonaktifkan mode tamu dengan masuk ke settings, general, personal, lalu guest mode.

  74. Pak heri
    Saya mau tanya nih,setelah 1 thn pake lg g pro lite ada muncul tulisan sayang sekali lg system server telah berhenti.dan selama ada tulisan itu fungsi menu gk bisa dijalankan,bagaimana mengatasi itu pak ? Sudah saya coba masuk pengaturan pabrik,tetep saja tulisan itu muncul juga ? Terima kasih.

    1. Pak Firman Gunawan,

      Karena factory reset ternyata tidak menyelesaikan masalah, berarti Anda perlu membawa G Pro Lite itu ke pusat perbaikan resmi LG.

  75. mau tanya, ketahanan baterai lg g pro lite vs g2 mini apakah setara atau lebih awet yang mana? secara g2 mini layar 4,7″ 2440 mAh g pro lite 3140 mAh 5,5 inci. terima kasih.

    1. Pak Ian,

      Waktu siaga G Pro Lite lebih lama daripada G2 Mini. Saya sudah lupa durasi tepatnya. Namun, G Pro Lite pasti lebih lama.

        1. Pak Ian,

          Bagi kebanyakan pengguna, mestinya cukup buat mendampingi beraktivitas mulai pagi sampai malam. Namun, hal itu tentu dipengaruhi kondisi jaringan dan perilaku pemakaian ya.

  76. pak maaf saya mau tanya hp saya lv gpro lite kok matii total kenapa ya padahal cuma buat tlfn tiba tiba matii di hidupin enggk bisa trimakasih mohon bantuan nya

    1. Pak Angger,

      LG G Pro Lite atau LV G Pro Lite nih?

      Kalau LG, silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi LG. Mereka yang bisa menelusuri penyebabnya dan mencarikan solusi.

  77. selamat pagi pak
    saya pake lg g prolite d686, sim 1 saya gunakan untuk kartu pribadi saya. sim 2 mau saya buat untuk kartu internetan akan tetapi kartu yang akan saya masukkan di sim 2 itu gk terbaca sama sekali pak, itu bagaimana ya pak cara mengatasinya?
    terimakasih

    1. Bu Riris Lumbantobing,

      Kalau kartu yang sekarang terpasang di SIM1 Anda pindahkan ke SIM2, apakah juga tidak terbaca? Saya meminta Anda melakukan percobaan itu untuk menelusuri kira-kira permasalahannya di kartu SIM atau selot kartu SIM.

  78. Pak herry..

    Saya penggunan Lg pro lite…saya tidak tau harus service kmna karena saya tidak bisa menerima sms baik dari sim 1 maupun sim 2.

    Terimakasih

  79. Pa herry..

    Klo boleh tau di daerah bandung dmna ya? Soalnya sy pernah cari tau tempatnya sudah pindah…barang kali pa herry tau…

  80. Pak Herry,

    Sebenarnya LG G Pro Lite bisa difungsikan sebagai remote AC tidak ya? saya sudah coba download app remote universal (mengingat Qremote bawaan hanya bisa menjadi remote TV, DVD Player dan Blu-ray player) tapi tetap tidak respon ke AC.. bagaimana ya Pak? menurut Pak Herry, hape android dual SIM apa yang ada infrarednya dan pasti bisa berfungsi menjadi remote AC? (sepengetahuan saya LG G2 mini, G3 Beat, bahkan G3 Stylus juga tidak bisa difungsikan sbg remote AC.

    Terimakasih sebelumnya..

    1. Pak Yanto,

      G Pro Lite tak bisa dipakai sebagai remote control AC. Kalau G2 Mini dan G3 Stylus saya tak ingat. G3 Beat saya belum pernah coba.

  81. selamat pagi. Mau tanya pak. LG pro lite saya kok nada dering sms nya nggak mau berbunyi kenapa ya. Padahal di setingan sudah saya seting berbunyi. Mohon solusinya njih. Terimakasih.

  82. Mohon bantuan nya bang, kenapa ya hp lg pro lite klo nerima telpon layarnya langsung mati, dimana letak pengaturan sensor proximty nya.. Sebelumnya terima kasih.

    1. Pak Firdaus,

      Saat Anda menerima panggilan dan mendekatkan ponsel ke kepala/telinga, layar memang akan padam. Sensor proximity berada di bagian atas layar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *