Review LG G2 (2): Selamat Tinggal Power Bank

LG G2 bukan hanya dilengkapi aneka fitur yang mempermudah penggunanya. Ponsel Android 4.2.2 Jelly Bean itu juga dibekali spesifikasi yang gahar. Ia merupakan ponsel pintar pertama di dunia yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 800. Prosesor empat inti (quad core) dengan kecepatan 2,26 GHz tersebut diyakini mampu memberikan pengalaman terbaik kepada pengguna G2.

Berdimensi fisik 138,5 x 70,9 x 8,9 mm dan berat 143 gram, ukuran G2 relatif sama dengan aneka ponsel lain yang berlayar sentuh lima inci. Sebut saja, Samsung Galaxy S4. Namun, G2 hadir dengan layar sentuh IPS full HD 5,2 inci. Perluasan layar tanpa pembengkakan bodi itu dapat terwujud karena bezel atau bingkai di sekeliling layar G2 amat tipis. Hanya 2,65 mm. Bila dilihat, tampilan fisik keseluruhan G2 terlihat tipis, cantik, dan elegan.

G2 dual camera

Sepasang kamera dapat dijumpai di G2. Kamera belakang dilengkapi fokus otomatis lampu kilat, dan–ini yang paling penting–optical image stabilizer. Ia mampu menghasilkan foto beresolusi maksimal 13 megapiksel. Bila difungsikan sebagai perekam video, kamera itu sanggup memproduksi klip video full HD 1.920 x 1.080 piksel dengan 60 bingkai per detik. Hal tersebut berarti dua kali lipat lebih tinggi daripada kemampuan mayoritas kamera ponsel kelas atas yang “hanya” dapat menghasilkan klip video full HD 30 bingkai per detik. Semakin besar satuan bingkai per detik alias frame per second, semakin halus pergerakan video yang dihasilkan.

Sementara itu, kamera di sisi muka G2 tanpa fokus otomatis dan lampu kilat. Resolusi foto maksimal yang dapat dihasilkan sebesar 2,1 megapiksel. Sedangkan resolusi video maksimal yang diproduksi adalah full HD dengan 30 bingkai per detik.

G2 Mode Kamera

Pengguna G2 yang gemar fotografi dapat mengekplorasi kamera ponsel itu dengan lebih dalam. Kalau mau, mereka leluasa melakukan pengaturan fokus secara manual. Hendak memotret atau merekam video memakai dua kamera sekaligus pun bisa dilakukan. Hasil dari kamera depan dan belakang itu dapat ditampilkan bersamaan di satu layar.

Ada pula fitur audio zoom dan tracking zoom yang pantas dioptimalkan kala melakukan perekaman video. Audio zoom memfokuskan suara pada objek tertentu, sedangkan tracking zoom memungkinkan pengguna melakukan zoom dan mengikuti pergerakan suatu objek.

G2 Slide Aside

Pengguna yang rutin bekerja memakai beberapa aplikasi sekaligus patut mempelajari slide aside. Kata kuncinya: tiga. Tiga aplikasi bisa dijalankan bersamaan. Sapukan tiga jari ke kiri untuk menyembunyikan aplikasi yang aktif. Sapukan tiga jari ke kanan untuk melihat aplikasi yang aktif.

Selama ini sebagian pengguna ponsel rutin melakukan screen capture untuk menyimpan materi menarik yang didapatkannya saat browsing. G2 memiliki fitur capture plus yang fungsi dasarnya sama, yaitu “memotret” halaman yang sedang dilihat pengguna. Kelebihannya, capture plus dapat menyimpan satu halaman yang panjang secara utuh. Tidak terbatas satu layar ponsel.

Wi-Fi, bluetooth, GPS, radio FM, mendukung HSDPA maupun LTE, RAM 2 GB, dan ROM 32 GB merupakan sebagian spesifikasi lain G2. Saat ponsel kali pertama dinyalakan, memori internal yang siap dioptimalkan pengguna mencapai 24,55 GB. Tidak tersedia selot microSD di ponsel yang harga jual resminya Rp 6,799 juta itu.

G2 One Hand

G2 menggunakan baterai tanam berkapasitas 3.000 mAh. Dengan perilaku pemakaian ala penulis, rekor daya tahan baterai G2 mencapai 29 jam. Rata-rata ia mampu bertahan mulai pagi sampai pergantian hari alias melewati pukul 24.00. Kondisi itu menunjukkan baterai G2 lebih awet daripada Samsung Galaxy Note 2 dan Galaxy S4. Selama memakai G2, penulis tanpa ragu dapat berkata, “Selamat tinggal power bank.”

Bila dirangkum, G2 adalah ponsel yang sedap dipandang mata dan sukses memberikan aneka kemudahan kepada penggunanya. Ditambah dengan kamera yang prima dan baterai yang tahan lama, jadilah G2 sebagai ponsel Android yang sangat layak dibeli. Ia merupakan kandidat kuat ponsel Android high end terbaik 2013. Bagi penulis, G2 lebih “beracun” daripada LG Nexus 4, HTC One, Sony Xperia Z, Lenovo K900, dan Samsung Galaxy S4, Kompetitor kuat G2 sepertinya Sony Xperia Z1 yang akan dipasarkan di Indonesia mulai 21 Oktober mendatang.

Catatan:Β review ini merupakan bagian kedua dari dua naskah yang penulis buat. Naskah pertama bisa dibaca di tautan berikut (silakan klik).

178 thoughts to “Review LG G2 (2): Selamat Tinggal Power Bank”

  1. tengkyu banget review-nya her.
    bdasar hasil gugling, aku s7 klo lg g2 relatif setara dg xperia z1. cm harganya lbh mahal z1 tuh. hehehehe..
    1 pertanyaan her, apa hal yg menurutmu mengganggu, selama pake g2 utk keperluan sehari-hari?

    1. Toge,

      Mahal Xperia Z1 karena lebih baru, spesifikasi kamera lebih tinggi, plus siap diajak main air. πŸ™‚

      Wallpaper guest mode yang tak bisa diubah itu terasa mengganggu. Betapa asyiknya kalau user interface guest mode sama dengan mode normal, padahal sebenarnya sebagian aplikasi sudah disembunyikan.

  2. Wah, review yang bagus tentang G2….

    benar benar menarik ini LG G2, semoga penjualannya moncer nih acang πŸ˜€

  3. sip. klo cuma soal itu, buat aku ga majalah. jd, niat utk lepas dari jerat kabel powerbank bs segera terlaksana akhir minggu ini. hehehehe.. n kabarnya di plasa marina lg ada pameran lg g2 ya. sapa tau bs dpt fasilitas pendukung yg bikin makin nyaman. πŸ˜€
    tengkyu her..

    1. Toge,

      Di Mal Galaxy dengar-dengar juga sedang ada pameran LG G2. Coba bandingkan harga di pameran itu, Plasa Marina, dan toko-toko biasa. Perhatikan harga dan paket penjualan yang didapatkan.

      Anggaplah ada toko yang jual Rp 6,3 juta dengan paket penjualan standar. Trus, penjual lain pasang harga Rp 6,4 juta dan termasuk headset bluetooth HBS-730 maupun boneka Line. Dalam kondisi seperti itu, jatuhnya lebih murah penawaran kedua.

  4. harga sesuai kualitas ya ini LG G2.menurut saya pesaing terberat dari ponsel G2 ini adalah OPPO N1.saya lihat spesifikasinya OPPO N1 gk kalah sama LG G2.sisi plusnya dari kamare OPPO N1 adalah kamera putarnya yg pertama di dunia.

    1. Pak Fauzi,

      Iya, Oppo N1 secara spesifikasi terlihat cukup menggiurkan. Namun, harga yang Rp 6,999 juta itu, menurut saya, tergolong tinggi untuk sebuah ponsel merek China buatan China.

      Soal kamera putar, Oppo N1 saya pastikan bukan ponsel pertama yang dibekali kamera putar. Nokia dan Samsung bertahun-tahun lalu pernah menawarkan ponsel dengan kamera putar. Saya lupa tipenya. Harus bongkar-bongkar arsip dulu.

  5. Pak Herry, apakah LG G2 ini bisa wifi tethering spt pada Note 2. Jd bisa dipakai internetan di laptop melalui sinyal wifi yg dipancarkan LG. Thanks waktunya

    1. Pak Hendra T,

      Sangat bisa. Saya tidak menyinggungnya di review karena Wi-Fi tethering sebenarnya sudah menjadi kemampuan standar ponsel bersistem operasi Android mulai Froyo alias 2.2. Kalau kebetulan ada ponsel yang kemampuan Wi-Fi tethering-nya sengaja ditutup, biasanya karena ponselnya belum 3G, saya baru sebutkan di review.

  6. pak boleh tahu apa perbedaan lg g2 yang dikeluarkan di indonesia, dengan yang di keluarkan di korea, karena banyak yang bilang kalau yang di keluarkan di korea itu baterainya bisa bongkar pasang, dan bisa tambah sim card, …apa hal ini benar? dan apa pendapat bapak, terima kasoih

    1. Pak Firman,

      Dua perbedaan yang paling kentara:
      * G2 versi internasional, termasuk Indonesia, menggunakan baterai tanam 3.000 mAh. Sementara itu, G2 versi Korea memakai baterai yang bisa dilepas-pasang dengan kapasitas 2.610 mAh.

      * G2 versi internasional tidak dilengkapi selot microSD, sedangkan G2 versi Korea dibekali selot microSD. Jadi, yang benar bisa ditambahkan kartu microSD, bukan ditambah kartu SIM.

  7. Pak Herry,

    Saya salah satu yang sangat tertarik dengan LG G2 ini… tapi saya juga penasaran dengan produk LG yang sebelumnya yaitu LG Optimus G Pro E988… kalau dilihat dari spec nya sih tidak terlalu berbeda jauh dengan harga yang cukup significant… bisa beda sekitar 1 jt an

    Apakah Pak Herry pernah mencoba LG Optimus G Pro ini?

  8. pak herry,

    bagaimana cara memanfaatkan capture plus nya pak sy otak atik di menunya tidak bisa menemukan pak
    thanks…..

    1. Bu Listy Ho,

      Dengan menggunakan browser Chrome, silakan membuka halaman situs yang diinginkan. Berikutnya, tekan Option, lalu pilih Capture Plus.

  9. Dear Pak Herry, kalau saya baca berita di web dan posting anak-anak kaskus, banyak ditemukan permasalahan terkait dengan display LG G2. Mulai dari layar yang pecah padahal hanya jatuh sekitar 1/2 meter, layar yng tiba2 naik turun sendiri dan layar yang tidak responsif. Bagaimana pendapat Pak Herry?

    1. Pak Ega,

      Saya tidak memantau Kaskus. Terima kasih atas informasinya.

      Sejauh ini, saya malahan belum pernah menerima keluhan terkait layar G2. Yang pernah saya terima:
      * Kaca di backcover retak. Akibatnya, meskipun lensa kamera G2 baik-baik saja, hasil foto akan terganggu retakan tersebut.
      * GPS susah nge-lock. Nah, yang kasus ini terus terang saya heran. Sebab, dulu saat memakai G2, GPS-nya tergolong cepat mengunci posisi. Pengalaman serupa dialami beberapa teman yang memakai G2.

      Saya curiga konsumen yang GPS G2-nya susah nge-lock itu kebetulan mendapatkan unit yang agak bermasalah. Sayang, konsumen itu tak sampai memeriksakan ponsel tersebut ke pusat perbaikan resmi LG. G2 tersebut diputuskannya dijual.

      Oh ya, soal layar yang pecah, padahal hanya terjauh sekitar setengah meter, di semua ponsel seringkali ada “sudut kematian” yang tidak kita ketahui. Kalau saat terjatuh posisi ponsel kebetulan berada di “sudut kematikan” itu, amat mungkin bakal terjadi kerusakan fatal. Terjatuh dari sofa ke lantai pun bisa membuat layar retak.

  10. selamat sore Pak Herry SW. saya sedang “galau” antara: LG G2 atau xperia Z1. lebih worth to buy yang mana? ibarat sama-sama naik sedan, driving experiance (saya pribadi) lebih tinggi honda dibanding toyota. bagaimana dengan kedua merek acang tersebut?
    selain masalah “experiance’ tersebut, dengan mempertimbangkan after sales service, update firmware, dsb, manakah yang lebih worth to buy?
    terima kasih.

    1. Pak Indra,

      Saya jawab dengan mengabaikan kualitas layanan pusat perbaikan resmi dan ketersediaan update firmware dulu ya.

      Kuncinya begini. Kalau Anda menomorsatukan kinerja kamera dan kemampuan tahan air, silakan ambil Xperia Z1. Sementara itu, bila yang Anda cari adalah kenyamanan pemakaian dan performa keseluruhan, G2 lebih tepat dilirik.

      Layanan pusat perbaikan resmi LG jauh lebih bagus daripada Sony. Sebaliknya, dalam hal ketersediaan update firmware, Sony biasanya lebih prima daripada LG.

  11. pak share hp ini kok gampang panas yak?? game bentar aja dah panas amat. baterai sih lumayan bagus. panasnya itu untuk jangka ngaruh gak sih untuk jangka panjang.

    1. Pak Jonet,

      Selama memakai G2, saya tak pernah merasakan ponsel itu panas. Hangat pun jarang-jarang.

      Kalau panas, efek jangka panjang terhadap ponsel (terutama baterai) akan kurang bagus.

    1. Pak Antoni,

      G2 Sprint dijual oleh operator di Amerika. Asalkan sudah dikonfirmasi bukan di-lock, Anda bisa menggunakannya di sini. Bedanya terutama di status garansi. G2 Sprint kalau dipakai di sini ya pasti tidak bergaransi resmi.

      Hmm… harga G2 seharusnya belum serendah itu deh. Harga bekasnya pun masih lebih dari Rp 3,5 juta.

  12. Pak g2 kalau digenggam atau penggunaan satu tangan masih nyaman tidak? saya ragu membelinya karena takut terlalu besar. kemudian saat scrolling atau banyak aplikasi terbuka terasa lag atau tetap smooth dan gegas?

    1. Bu RegH,

      Sama-sama. Btw, kalau perlu yang dual SIM, barusan beredar G2 Mini. Itu versi murah dan dual SIM G2. Spesifikasi tidak setinggi G2. Harga jual baru sekitar setengahnya.

  13. Maaf pak herry,, saya ingin nanya,, ada beberapa kasus masalah wifi pada LG g2 yang ketika ingin berpindah ke paket data, perangkat Lg g2 butuh di restart dan maslah GPS yang sulit untuk locked. Bapak pernah mengalami kasus itu tidak? oh ya kalo di bandingkan dengan s4 gimana ya pak hehehe butuh pencerahan nih pak. Terimakasih pak

    1. Pak Franky,

      Berpindah paket data harus di-restart? Maksudnya pindah paket data bagaimana ya?

      Soal GPS, dulu selama memakai G2, locking GPS-nya tergolong cepat.

      S4 versus G2? Saya sih pilih G2.

  14. Pak Herry, maksud dari “Dengan perilaku pemakaian ala penulis” itu seperti apa Pak?
    Soalnya, jika buat internet dengan kcerahan dibawah 20% saja tergolong boros, 2-4menit per persennya, Pak.
    Oiya Pak, dulu kalu tidak salah Bapak prnah ngtweet, saat promosi G2, barang yg dipercobakan tidak sama dengan yg bapak pakai. Itu perbedaan yg paling mencolok apa, Pak? Takutnya ini G2 yg beda itu Pak…

    1. Pak Eko,

      Untuk ponsel Android, perilaku ala saya biasanya sebagai berikut:
      * Saya melakukan sinkronisasi dua email. Total email masuk sekitar 700 email per hari.
      * WhatsApp cukup aktif digunakan. Sama sekali tidak ada grup WhatsApp.
      * Sesekali browsing, memainkan game ringan, memotret, SMS, dan bertelepon.

      Soal twit, yup benar. G2 yang saat itu dipajang adalah G2 versi prototipe alias purwarupa. Yang paling mencolok, fitur knock on-nya nyaris selalu gagal dimanfaatkan. Semua G2 bergaransi resmi LG Electronics Indonesia pasti tak ada yang prototipe.

  15. pak heru saya mau nanya saya bru beli lg g2 skitar 3 mingguan, kemudian saya beli no telkomsel dengan paket 9gb/3bln/99rb nah pertanyaanya di layar lg g2 terlihat sudah ada koneksi H(hsdpa) tpi penggunaan sering no connectivity. apakah ini penyakit lg g2 apa dari telkomselnya ya pak. tidak bisa internetan tpi HSDPA ttp nyala thx

  16. Hallo pak,mau nanya sy kan baru beli G2,kenapa yaa hpnya cepat panas,mau buka kamera bentar uda panas,buka playstore bentar uda panas,begitupun buka aplikasi online uda panas baik fb,instagram dan lain2,padahal baru bentar aja uda panas minta ampun,tolong disolusikan,,,makasih..

    1. Pak Chil,

      Mengacu kepada pengalaman saya saat dulu memakai G2, ponsel tidak sampai terasa panas. Kalau kini Anda mendapatkan G2 itu panas, banyak yang hal dapat menjadi pemicu. Silakan coba dicermati hal-hal berikut ini:
      * Aplikasi apa saja yang berjalan di ponsel itu? Semakin banyak aplikasi, apalagi kalau aplikasinya termasuk berat, semakin berpotensi membuat suhu ponsel meningkat.
      * Bagaimana kondisi sinyal operator yang Anda gunakan? Kalau lemah dan tidak stabil, hal itu bisa menjadi pemicu.

      Bila masih mengalami kendala, silakan mampir ke pusat perbaikan resmi LG.

  17. Pak Chil,

    Lain kali harap lebih sabar saat mengirimkan pertanyaan. Pertanyaan yang sama ini saya terima empat kali lho. Tiga pertanyaan yang lain telah saya hapus. Sehingga, hanya satu yang tampil di blog.

  18. Selamat pagi pak Herry…
    maaf pak bisa terkirim 4 kali,krn kepikir yg 3 ga terkirim rupanya terkirim juga sy juga kaget,hehe..oh iya pak ini lagi lupa tanya berhubungan dgn pertanyaan sebelumnya,G2 sy kalau setiap dicas panas juga padahal kondisi mati.trus semalam sy menggunakan GPS aja baru berapa menit uda panas lagi,stela itu sy matikan dan sy buka aplikasi instagram hal yg sama panas juga,padahal sy buka aplikasi ga lebih dari 1 setiap menggunakan yg lain sy log out tpi tetap panas,semua dalam kondisi hp non cover…tolong referensinya…makasih pak Herry

    1. Pak Chil,

      He.. he… iya semua terkirim.

      Kalau membaca cerita Anda, ada beragam hal yang perlu diperiksa. Lebih baik Anda membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi LG untuk dicek.

  19. Solusi pak Herry sangat bijak….
    Menutup pertanyaan sy pak Herry, Dengan keadaan seperti demikian kira2 bisa dikategorikan ciri2 produk gagal atau ada kesalahan teknis dari hpnya sendiri..
    Terima kasih atas pemasukannya…

    1. Pak Chil,

      Mohon maaf atas keterlambatan saya dalam memberikan respons.

      Kali ini pertanyaan Anda malahan masuk lima kali lho. Empat yang lain barusan saya hapus. πŸ™

      Kalau dibilang produk gagal, saya pastikan G2 bukan produk gagal. Mungkinkah unit yang Anda dapatkan kebetulan bermasalah? Nah… itu yang perlu dicek secara mendalam dulu. Bisa jadi produknya sebenarnya baik-baik saja, tetapi ada masalah eksternal lain. Karena itu, silakan segera membawanya ke pusat perbaikan resmi LG.

  20. Helo pak Herry…

    Solusinya sangat bijak..
    pak,kesimpulan dari keterangan saya diatas,itu bisa dikategorikan ciri ciri produk gagal atau cuma ada kesalahan teknis aja..

    Terima kasih atas pendapat & solusinya…

    1. Pak Chil,

      Pertanyaan Anda ternyata masuk tujuh kali. Ini sengaja saya tampilkan yang ketujuh.

      Lain kali cukup kirim satu kali ya.

  21. Pak Herry, saya dapat tawaran memilih lg g2 versi korea dan redmi note. Kira2 apakah lg g2 ini specnya masih cukup mumpuni bila dibandingkan handphone2 terbaru? Kalau melihat ram yg sama 2gb, performanya bagaimana ya? Trims

    1. Pak/Bu Vicenzia,

      LG G2 versi Korea berarti memakai baterai yang bisa dilepas pasang ya. Meskipun bukan ponsel keluaran terbaru, G2 masih mumpuni dan layak beli kok. Performa dua ponsel itu sama-sama oke. Saya sih lebih memilih G2.

  22. Iya pak Herry, yang baterainya bisa dilepas dan ada slot micro sd. Terima kasih atas advisenya pak.

  23. Selamat pagi pak herry…
    Maaf atas kejadian yg sama atas kiriman sy.

    Pak herry,sy sudah konfirmasi ke custumer service atas keluhan sy,setelah dikonfirmasi pihak LG langsung mengganti mesin hp sy,nah setelah sudah memakai mesin baru ternyata hasilnya hal yg sama.tidak ada perubahan.
    Menurut pak herry apakah sy wajib untuk meminta yg baru atas hasil yg tidak memuaskan.

    Terimah kasih atas referensinya…

    1. Pak Chil,

      Karena sudah sampai ganti mesin dan ternyata masalah yang sama tetap muncul, kasusnya lumayan aneh nih. Ganti mesin ibarat lahir baru. Jadi, mestinya masalah lama akan hilang.

      Ada banyak hal yang perlu dicek, berdasarkan kondisi pemakaian Anda. Di antaranya:
      1. Kondisi sinyal operator yang dipakai. Bila perlu, dilakukan uji pakai pula memakai nomor dari operator yang berbeda.
      2. Ragam aplikasi yang dijalankan.

      Argumentasi Anda belum terlalu kuat untuk meminta ganti baru. Saran saya, ke pusat perbaikan resmi lagi saja dan mintalah petugas di sana melakukan pengecekan. Karena pengecekan itu mestinya juga membutuhkan percobaan dan pemantauan, berarti ponsel Anda perlu ditinggal disana.

  24. Selamat sore pak herry…
    Terima kasih atas pemasukan pemasukannya,
    Sebenarnya pergantian mesin baru itu atas tindakan dari pihak LGnya stelah sy memberitahukan kondisinya,padahal sy sudah bilang dari awal tolong dicekan tapi pihak lg langsung mengatakan harus ganti mesin.tetapi hasil pergantian mesin hal yg sama sy laporkan,anehnya jawaban lg mengatakan emang sudah begitu hp system android cepat panas,akirnya dia suruh sy ganti mesin lg,sy langsung komentar munkin ini bukan masalah mesin tp ada kesalahan teknis dari hpnya karena pergantian mesin sudah dilakukan tapi sama hasilnya jadi tolong dicekan lebih mendalam lagi selain pergantian mesin yg ke2 kalinya.tapi pihak LG tetap mengatakan itu akibat mesin.disitula pak herry sy bertanya2 kenapa pihak LG mengambil cuma keputusan pergantian mesin semata tanpa harus dicek sesuai apa yg dikatakan pak herry tersebut.
    masalah pemakain aplikasi sy tdk memakai aplikasi lebih dari 1begitupun sy sudah mencoba jaringan bagus tetap saja panas diatas normalnya,
    jangankan koneksi internet sy flight mode aja cuma make kamera bentar aja uda panas,gimana kalau sy menggunakan perekam video wauu panasnya minta ampun.
    Maaf pak herry atas komentar sy aga banyak kali ini. Jadi sy ambil kesimpulan pihak LG tidak mengambil tindakan sesuai perkataan pak herry padahal sy sudah sampaikan sesuai perkataan pak herry tapi tetap saja berpikir itu adalah karena mesinnya.ganti mesin uda dilakukannya tapi hasil yg sama,tetapi masih saja berpikir harus ganti mesin lg tanpa mengecek lebih mendetail g2 sy tanpa harus mengganti mesin ug ke2 kalinya.
    Jadi sy harus bagaimana lagi menurut pak herry setelah jawaban pihak LG hal yg sama ganti mesin lagi,
    TERIMA KASIH PAK HERRY ATAS TANGGAPANNYA KEMBALI….

    1. Pak Chil,

      Saya menduga teknisi LG langsung melakukan penggantian mesin karena mereka ingin memberikan solusi tercepat kepada konsumen. Kalau harus mencoba langkah-langkah seperti yang saya sebutkan, mereka membutuhkan waktu berhari-hari untuk melakukan pengujian. Ponsel berarti harus dirawat inap.

      Logikanya, ganti mesin juga akan menyelesaikan masalah. Bila tertentu masalah serupa tetap terjadi, berarti pemicu masalah seharusnya bukan di ponsel, melainkan faktor eksternal. Misalnya, kondisi jaringan operator atau perilaku pemakaian.

  25. Selamat siang pak herry…
    Atas keterangan keterangan pak herry semakin sy mendekati inti atas masalah yg dialami,
    Oke pak sy pengen tau lebih dalam hal external dimana g2 sy setelah log out aplikasi yg sy gunakan dan flight mode tetapi sy cek task killer bawaan aplikasinya itu masih ada keterangan pemakaian ram minimal 800MB sampai 1 komaan GB.munkin pengaruh atas pemakaian ram tu mengakibatkan cepat panas tetapi pertanyaan sy kenapa sudah menghentikan semua aplikasi jalan tetapi keterangannya masih pemakaian ram sesuai keterangan diatas.
    Atas analisa sy keterangan pak herry munkin itu salah 1 sumber yg dimaksud,masalahnya bagaimana cara menghentikan pemakaian ram tersebut karena sy sudah menghentikan semua lewat task killer bawaannya tetapi masi masih ada pemakaian yg tersembunyi yg belum sy ketahui.
    Masalah hal jaringan sy sudah mencoba kewilayah jaringan terbaik tetapi hal yg sama.

    Terima kasih banyak pak herry atas konfirmasinya yang sangat membantu.

    1. Pak Chil,

      Tidak semua yang berjalan itu bisa dihentikan. Kalau memang dibutuhkan oleh sistem, ya tetap akan jalan. Yang bisa dihentikan adalah aplikasi bawaan yang tak Anda perlukan. Coba cek di settings, apps, lalu all apps. Yang tak perlu dapat di-disable. Kalau saya biasanya men-disable Google+, Hangouts, Google Play Newsstand, dll.

  26. Selamat pagi pak herry…

    Senang sudah mengenal pak herry walaupun hanya lewat dunia maya,hehe….
    Terima kasih pak atas pemasukan & saran nya yang sangat bijak.

  27. Selamat pagi pak herry…

    Semoga hari harinya sehat & ceria selalu ????

    Pak,maaf sebelumnya jika saya bertanya kembali. Kali ini sy bertanya hal lain minta pendapatnya khususnya g2 dengan adanya update ke OS kitkat untuk segi kinerja mesin lebih lama panas & optimalnya apakah lebih baik & cocok dari pada OS jelly bean bawaan nya,dimana kita ketahui awal dikeluarkan g2 dengan system OS jelly bean itu sudah jelas diperhitungkan dengan kemampuan g2 itu sendiri.

    Terima kasih atas jawaban terbaiknya.

    1. Pak Chil,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman yang saya tuliskan di blog, jawaban atas pertanyaan yang masuk pada 24-30 Mei 2015 akan mengalami penundaan. Pada rentang waktu tersebut saya sedang berada di Beijing, Tiongkok, untuk mengikuti Lenovo Tech World.

      Terakhir G2 sudah ada update ke Lollipop lho. Kinerja pascaupdate tidak saya ketahui. Sudah lama sekali saya berpisah dengan G2.

  28. pak herry saya mau bertanya..

    ini mengapa yaa LG G2 saya tidak bisa untuk menyalakan wifi sama bluetooh ?? apa ada yang salah yaa pak ?

    terima kasih

    1. Pak Jiyan Anggara,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman yang saya tuliskan di blog, jawaban atas pertanyaan yang masuk pada 24-30 Mei 2015 akan mengalami penundaan. Pada rentang waktu tersebut saya sedang berada di Beijing, Tiongkok, untuk mengikuti Lenovo Tech World.

      Kalau tombol Wi-Fi dan bluetooth Anda tekan, apakah reaksi ponsel? Langsung mati lagi? Muncul notifikasi error? Bila iya, lebih baik Anda langsung membawanya ke pusat perbaikan resmi LG. Kemungkinan terburuk, terjadi kerusakan hardware. Namun, jarang banget bluetooth dan Wi-Fi bisa rusak bersamaan.

  29. Selamat sore pak herry…

    Oh iya pak dimengerti.
    Pak Herry, Kemarin belum sebulan sy barusan update software terbaru di service center LG katanya g2 baru kitkat belum ada update ke lollipop nya.

    Terima kasih atas jawaban setia nya.
    Sehat & sukses selalu pak herry…

    1. Pak chiL,

      G2 bergaransi resmi sudah ada update ke Lollipop deh. Langsung dicek sendiri saja. Tak perlu ke pusat perbaikan resmi.

  30. Selamat sore kembali pak herry…

    Berhubungan dengan pemberitahuan pak herry jadi sy update software ke lollipop nya melalui update center di pengaturan g2 kan pak herry..???

    Terima kasih atas konfirmasinya.

  31. Selamat pagi pak herry

    Maaf sy bertanya kembali masalah perawatan & ketahanan battery,
    Kalau boleh tahu pendapatnya kondisi berapa persen sisa battery yang harus segera di charger.

    Terima kasih yang kesekian kalinya atas konfirmasinya

  32. Pak herry…

    Kalo konek ke pc suite untuk upgrade lollipopnya hp posisi mati atau hidup pak.

    Terima kasih atas konfirmasinya

  33. Pak Herry,

    Mau tanya kalau LG G2 mini, Lenovo Livo, sama Lenovo A7000 bagusan mana ya pak? Terimakasih

    1. Bu Nurul Hidayati,

      Saya belum pernah coba A7000.

      Kalau G2 Mini vs Livo, kondisi sebagai berikut:
      * Responsivitas ponsel: Livo menang.
      * Hasil jepretan kamera: kamera belakang lebih bagus G2 Mini, kamera depan lebih bagus Livo.

  34. Selamat pagi pak herry

    Sy sudah upgrade ke os lollipop melalui pc suite yg direkomendasikan & berjalan dengan lancar.

    Pak herry, setelah itu apakah ada tindak lanjutan agar performa hp & system os nya bekerja dengan baik ???

    Terima kasih atas info & konfirmasinya.

  35. Pak herry

    Koreksi pertanyaan sy diatas atas petinjuknya otomatis data data sy terhapus semua termasuk lisensi bawaan pabrik ya pak setelah phone reset, dan
    kalau boleh tahu fungsi tujuan di factory reset lagi setelah upgrade ke os terbarunya

    Terima kasih atas konfirmasinya.

    1. Pak Chil,

      Data di ponsel memang akan terhapus sehingga ponsel akan kembali ke kondisi seperti ketika Anda dulu baru membeli G2 tersebut.

      Fungsinya untuk mengembalikan kondisi sesuai standar pabrikan.

  36. Sore pak herry

    Phone reset ialah langkah terakhirkan pak setelah upgrade OS terbarunya ???

    Terima kasih atas konfirmasinya

  37. Pak herry

    Maaf lupa melanjutkan pertanyaan yg ke2 diatas
    Factory reset ada di pengaturan => phone reset
    Apakah benar pak.

    Makasih atas jawaban terbaiknya

  38. Selamat pagi pak herry…

    Saya uda factory reset & berjalan dengan lancar.
    Namanya kurang lebih demikian pak.
    Pak uda clear kan ?? tdk ada lagi tindakan selanjut.

    Pemasukan pemasukan pak herry sangat membantu sekali.

    Terima kasih atas referensi & konfirmasinya

  39. Siang pak, mau minta pencerahan Sy lg kesal dgn LG G2 yg baru sy beli. Kebetulan sy tinggal di daerah, dan kemarin belinya pas ke luar kota. Setelah di ketuk 2 x dan layarpun mati..tiba2 video mengenai LG G2 tiba2 nongol..sy matikan..eh hidup lg..dimatikan lg..eh hidup lg..berulang2…stress pak. Akhirnya sy matikan tombol off di belakang. Kesel!!! Lalu bsknya sy hidupkan..sy coba mainkan lama..stlh itu sy ketuk 2 x utk matikan layar…layarpun mati..dan sy tunggu2…syukur slide videonya nga hidup lg. Bsknya sy ke kantor, hp masuk ke tas..nyampe kantor…eh di video dah muncul lg..sy matiksn lg layar..eh muncul lg..berulang2..Help pak..pusing pala barbie..Oiya, sy blm masukkan kartu sim, blm sempat ke toko hp utk motong kartu lama sy..lagian krn masalah di layar LG ini yg membuat sy menunda memindahksn sim sy..ntar sy sibuk buat matiin layar terus πŸ™

    1. Bu Lenny Laoli,

      Saya penasaran dengan kasus yang Anda alami. Boleh saya minta beberapa data berikut?
      * Anda membeli G2 itu dalam kondisi baru atau bekas?
      * Di toko apa Anda membelinya? Di kota mana?
      * Apakah ponsel tersebut bergaransi resmi?

  40. Selamat pagi pak herry

    Maaf sebelumnya kembali sy bertanya.
    Pak emang sudah begitu ya pak setiap sy hidupkan g2 muncul suhu panas dari mesin nya, karena yg sy alami demikian.apakah pengaruh karena sy tdk membuka plastik yg menempel dicasing belakangnya.

    Terima kasih atas konfirmasinya

    1. Pak Chil,

      Seharusnya tidak panas.

      Apakah karena plastik yang masih menempel? Saya tak berani memastikan. Sebab, saya tak pernah memakai G2 dalam kondisi plastik pelapis bodi masih menempel. Dugaan saya sih hal itu tidak berpengaruh signifikan.

  41. Sore pak

    Jadi menurut pak herry kira kira itu karena faktor apa ya…??
    casing belakang yg mengkilat ne tempelan plastik bening atau memang sudah casingnya yg mengkilat…???

    Terima kasih atas konfirmasinya.

    1. Pak Chil,

      Kalau mau, silakan plastiknya dilepas. Saya pribadi tetap menduga plastik itu tidak berpengaruh signifikan terhadap naiknya suhu ponsel.

      Dugaan saya, saat ponsel baru dinyalakan, ada banyak aplikasi yang mulai berjalan di background. Ponsel pun bekerja keras. Apalagi, bila Anda berada di lokasi yang tidak ramah sinyal.

      Bila mau mencoba, lakukan factory reset dulu deh. Setelah itu cermati apakah G2 Anda tetap panas saat baru dinyalakan.

  42. Halloo Pak Herry,

    Mohon petunjuk dari Pak Herry,
    saya ingin membeli handphone tp masih bingung memilih antara LG G2 atau LG G Pro 2. Mohon penjelasan dari Pak Herry.

    Terimakasih banyak sebelumnya.
    Salam.

    1. Bu Dinarpratitis,

      Sederhana saja. Anda lebih menginginkan ponsel berlayar lebar (G2) atau ekstralebar (G Pro 2)? Saya pribadi lebih memilih G2. Sebab, G Pro 2 agak terlalu besar untuk dikantongi.

  43. Sore pak herry

    Sy sudah mencoba membuka plastik casingnya tapi tdk bisa pak krn sudah menyatu harus buka casing.
    Apakah sy harus ke service center…???

    Terima kasih atas konfirmasinya

    1. Pak Chil,

      Lho, plastik pelapis casing kan cuma menempel biasa. Tinggal ditarik. Nggak bisa? Saya jadi penasaran dengan plastik yang menempel di G2 Anda.

  44. S.pagi pak herry..
    Untuk lg g2 versi korea, apa layanan purna jual nya mudah di indo?
    Untuk harga jual kembali, lebih mahal yg internasional atau korea? Trimakasi sebelumnya pak herry

    1. Pak Dwipayana,

      G2 versi Korea yang pasti tanpa garansi resmi. Kalau terjadi kerusakan yang suku cadangnya kebetulan sama, pusat perbaikan resmi LG di sini biasanya masih bersedia membantu. Konsumen tentu dikenakan biaya perbaikan. Namun, kalau suku cadangnya berbeda, ya mereka tak bisa membantu.

      Saat ini lebih mahal G2 eks-garansi resmi.

  45. Siang pak herry

    Berhubungan dengan plastik tempel yg sy maksud bukan plastik yg bisa ditarik seperti yg terletak dipinggiran pinggiran casingnya tetapi keseluruhan casing belakang yg terlihat mengkilat itu pak…

    Pertanyaannya apakah itu tambahan plastik yg terlihat mengkilat yg menempel ibarat kertas yg di laminating atau memang casingnya …???

    Terima kasih atas konfirmasinya.

    1. Pak Chil,

      Maaf, saya tak bisa membayangkan plastik yang sebenarnya Anda maksud. Kalau memang bukan seperti lembaran yang menempel biasa, ya jangan coba-coba dilepas.

  46. seandainya saya membeli G2 melalui toko online apakah Bapak ada masukan atau rekomendasi?? mengingat LG G2 adalah produk lama. Terima Kasih sebelumnya Pak Herry. GBU

  47. Selamat pagi pak herry

    Saran nya sangat bermanfaat sekali.
    Terima kasih atas pemasukan nya.
    Semoga sukses selalu…

    Salam

  48. Selamat siang Pak Herry,
    Perkenalkan nama Saya Dudan. Saya pengguna LG G Pro Lite, namun saya kecewa dengan ponsel tersebut. Rencana dalam waktu dekat ini mau cari gantinya. Saya mau ponsel dengan kamera yang bagus (terutama dalam kondisi low light), dan batre yang tahan seharian, serta RAM minimal 2GB. Apakah LG G2 ini masuk dalam kriteria tersebut? Saat ini saya tertarik dengan Xiaomi Mi4i dan Zenfone 2 RAM/Internal 2GB/16GB. Bagaimana menurut Pak Herry, atau mungkin ada rekomendasi ponsel lainnya? Oya, budget saya 3.5jt.

    1. Pak Dudan,

      Salam kenal juga.

      Boleh tahu hal apa yang membuat apa kecewa dengan G Pro Lite?

      Anda mencari ponsel dengan tiga kriteria utama ini: kamera bagus (terutama saat low light), baterai tahan seharian, dan RAM minimal 2 GB. Oh ya, anggarannya maksimal Rp 3,5 juta.

      Hmm… terus terang sulit menemukan ponsel yang memenuhi kriteria tersebut. G2 gagal memenuhi syarat di low light, sedangkan Mi 4i dan Zenfone 2 gagal di baterai tahan seharian.

  49. Hal yang saya kecewa dengan G Pro Lite:
    1. Beberapa setingan kembali ke default setelah ponsel direstart: dial pad touch tone, sms delivery report, screen timeout, hour format serta mobile data.
    2. Di beberapa lokasi di daerah, pada saat charging signal langsung hilang. Sementara ponsel teman saya signalnya baik-baik aja padahal provider yang digunakan sama.
    3. Fitur knock on sering kali tidak berfungsi dengan baik ketika ingin membangunkan ponsel. Justru pada saat saya taruh di atas meja terkadang malah nyala sendiri.
    4. Baterai tidak terisi full setelah habis dicharge (kondisi ponsel off semalaman) terus saya hidupkan, yang terisi biasanya di posisi 97% an. Makannya sekarang saya kalau charge tidak dalam kondisi ponsel off, namun konsekuensinya ada pada point 2.
    5. Font size terkadang berubah ukuran sendiri, padahal saya udah setting Small.

    Iya pak, maksimal 3,5 jt.

    Oya, berarti kalau saya tarik kesimpulan G2 unggul di baterai sementara Mi 4i dan Zenfone 2 unggul di kamera (terutama saat low light)? Kalau boleh minta saran dari kedua ponsel itu mana yang bapak rekomendasikan, dan apa alasannya?

    1. Pak Dudan,

      Terima kasih atas sharing-nya soal G Pro Lite.

      Betul. Kalau mau mengambil langkah kompromi, silakan membeli Mi 4i + power bank berkapasitas 10.000 mAh yang bagus.

  50. selamat malam, saya mau tanya LG G2 saya kok tiba” panas lalu sering mati hidup mati hidup, nnti macet sedikit langsung mati, belum pernah root, hanya saja saya perah memakai charger bukan milik LG krn ketinggalan, apakah ada solusi? terimakasih

    1. Pak Enggar,

      Coba ponsel dikembalikan sesuai kondisi awal dulu dengan cara di-factory reset. Kalau sudah normal, mungkin sebelumnya ada yang crash. Sebaliknya, bila masih sering mati hidup mati hidup, bawalah ke pusat perbaikan resmi.

  51. kelanjutan pertanyaan.. bagaimana cara penggunaan dan perawatan yang baik untuk pengguna LG G2 ? soalnya sudah jatuh cinta nih sama produk ini,, apakah kecepatan penggunaan juga mempengaruhi sistem yg akhirnya gampang mati itu? trimakasih

    1. Pak Enggar,

      Tak ada cara khusus sih. Ya silakan dipakai seperti biasa dan hindari dari hal-hal yang bisa merusak ponsel. Misalnya, terbentur dan terkena air.

      Kecepatan penggunaan seharusnya tidak berkorelasi dengan ponsel gampang mati.

  52. Maaf, apa pak herry bisa memberi info berapa harga LG G2 saat ini kalau beli offline? Barangkali lebih murah dari beli online.
    Kalau di salah satu toko di tokopedia.com sih saya lihat, sambil menulis ini, paling rendah masih 3,2 juta yang 16 GB.
    Terima kasih.

  53. Flagship terbaik yang pernah saya miliki,
    Cantik, batere kuat, dan punya hardware ‘monster’ yang masih bisa diajak nemenin buat beberapa taun kedepan. Sempet kecewa dengam design g3, tapi terobati dengan design g4, tapi ko tetep manisan g2 ya? Tapi sayang udah saya ceraikan, sekarang rindu pengen minang lagi. πŸ™ oh beautiful monster

    1. Pak Yatss,

      Dengan asumsi G4-nya bukan yang leather, iya… sepintas lebih manis G2. Sekarang sih saatnya meminang “monster” G4 dong.

  54. Selamat pagi pak herry…

    Maaf jika diwaktu istrahatnya sy berkomentar kembali.harap solusinya setelah membaca.

    Permasalahannya, G2 sy terjatuh mengakibatkan kerusakan pada casingnya selebihnya sampai saat ini baik baik saja.
    Atas wacana diatas terhadap masih berlakunya garansi apakah pihak LG masih bertanggung jawab (free) untuk pergantian casing baru.

    Terima kasih atas konfirmasinya

  55. malam pak herry saya ingin bertanya maaf jika misalnya di bagian atas sudah disebutkan .. hehe
    pak apakah untuk saat ini LG G2 ini masih layak beli?
    jika ya dimanakah saya bisa menemukannya?
    sy lokasi surabaya pak.
    dan apakah ini single sim pak?
    terima kasih sebelumnya

  56. Selamat pagi pak herry

    Maaf sebelumnya sy hadir kembali untuk bertanya.
    Pak, selama sy beralih ke lollipop suhu panasnya semakin cepat terutama saat browsing maupun online secara tidak bersamaan. Begitupun saat sy menghidupkan suhu panasnya mulai terasa. kondisi Jaringan normal tetapi tetap reaksi suhu panasnya meninggi….bgtupun offline stiap sy membuka aplikasi yg tdk berhubungan dgn jaringan internet tetap suhu panasnya ada.
    Catatan sejak awal setelah upgrade ke lollipop sy sudah factory reset.

    Atas keterangan diatas apakah perlu di factory reset kembali atau downgrade ke kitkat sebagai solusi bebas dari kendala tersebut.

    Terima kasih banyak atas konfirmasinya.

    1. Pak chiL,

      Tak perlu di-factory reset lagi. Downgrade ke KitKat seharusnya bisa, tetapi perlu kemampuan dan materi teknis yang lumayan kompleks. Maaf, saya tak tahu langkah-langkah detailnya.

  57. Sore pak herry

    Sesuai pemasukannya apakah ada pengaruh bisa mengatasi suhu panas tersebut jika saya downgrade ke kitkat aja…???
    Berhubungan dengan kemampuan dan materi teknis yang komplit apakah solusi jika saya downgrade ke service center LG langsung

    Terima kasih atas konfirmasinya

    1. Pak chiL,

      Saya tak berani memastikan. Dulu waktu masih di KitKat gimana lho?

      Pusat perbaikan resmi LG (dan merek lain) mestinya tidak melayani permintaan downgrade.

  58. Ko Herry sekedar info saya pengguna G2 hampir 2 tahun baru update ke lollipop dan dapet fungsi keyboard G3 fungsinya bener kayak kata ko Herry ada fungsi seperti keyboard Blackberry he2. Kemaren ditawar temen 2,5jt tapi akhirnya gak jadi lepas sudah bener2 puas pake G2. Lollipop emang lebih boros batere tapi kebayar dengan fungsi2 baru lolipop yang memudahkan pengoperasian G2 ( menurut saya pribadi ).

  59. Pak mau nanya. G2 saya hbs jatuh, tiba2 screenya buram, tapi ketika aku tekan2 screnya kadang kembali normal. Pas hp lampu screen mati akan terulang lagi screen yang buram. Kira2 ada masalah apa yaa?? Terima kasih. Ini saya selalu mode on screen biar gk mati.

      1. Kl hbs mati screenya buram, tp.kdng bisa balik normal lagi. Semua fungsi msh normal. Pas kmren tny di lg center kudu ganti mesin hbs 2.5jt.

  60. Pak Herry tolong tanya spesifikasi LG G2 untuk kapasitas ROM nya apakah ada 2 tipe 16Gb & 32Gb? ato cuman ada 1 tipe 32 Gb? thx infonya

  61. Slamat siang pak Herry,
    apakah LG G2 msh tersedia di pasaran Indonesia sekarang?
    Kalo masih,dimana sy bs membeli unit LG G2 dan brp harganya?
    Trima kasih sebelumnya.

  62. Pak Herry,

    LG G2 yg versi korea F320 apakah support LTE disini? Klo spec sih sudah tapi katanya dilock dan harus dibuka hiden menu, itupun belum tentu bisa. LG bm spt itu apakah baru atau refurbish ya?

    Makasih….

    1. Pak Ari,

      Entahlah. Saya belum pernah mencoba layanan LTE di G2 versi Korea.

      Lha Anda dapat tawaran G2 Korea itu di mana? Kalau baru sih kemungkinannya kecil deh. Amat mungkin bekas atau (kalau penjualnya nakal) bekas diakui baru.

  63. Selamat pagi pak Herry,
    Untuk saat ini apakah lg g2 masih layak beli, kan lg g2 termasuk produk lama apakah sparpartnya juga masih tersedia, takutnya jika bermasalah, sparepartnya langka.

  64. salam kenanl dari saya nano di salatiga.gini pak Hery saya mau nanya berapa kisaran harga secan LG G2 FERSI KOREA saat ini…saya ditawari dengan harga 2juta..terimakasih

    1. Pak Nano,

      Tidak ada patokan pasti karena varian itu tidak beredar resmi di sini. Namun, kalau Rp 2 juta mestinya terlalu mahal ya. Lha G2 eks-garansi resmi saja saat ini harga bekasnya sudah Rp 2 juta.

      Sebelum memutuskan membeli G2 versi Korea itu, pahamilah bahwa bila terjadi kerusakan ponsel itu tak bisa diperbaiki di pusat perbaikan resmi LG di Indonesia. Performanya juga belum tentu optimal karena hardware dan software-nya tidak pernah dioptimasi dengan kondisi jaringan Indonesia. Asyiknya, G2 versi Korea menggunakan baterai removable dan dibekali selot microSD.

  65. Pak herry, kamera lg g2 kalo dibanding sama andromax r2 lebih bagus mana? Saya penasaran walaupun g2 produk lama tapi kan mantan flagship, siapa tau kameranya masih oke buat ukuran sekarang.

    1. Pak Ihwan Setiawan,

      Hmmm… rasanya relatif setara deh. Namun, focusing-nya kemungkinan lebih cepat G2.

  66. mlm pak, sy mo tany. sy brsan beli g2 tipe d801. ni termsk tipe internasional/indonesia bukan? yg kedua kbtln sy da zenfone 2 dan lenovo a7000 plus, dgn operator yg sama (indosat im3) tp kok g2 sinyal internetny susah bgt (sering g bs mlh), jd klo mo buka google aj g bs. tp yg 2 hp yg lain g da mslh, memang rmh sy kbtln didesa tp klo lenovo ma asus bisa HSDPA tp kok yg g2 g bs (kdg2 bisa edge aj). cmn klo tak bw k kota sinyalny normal bisa 4g. tu knp y? pa memang itu ciri khas LG lemah d penangkapab sinyal? mksh

    1. Pak Adhi Wisnu Mahendra,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Terus terang saya bingung membaca pertanyaan Anda. Silakan kirimkan ulang dengan kata demi kata yang dituliskan utuh. Jangan disingkat-singkat.

      1. maaf pak heri. Singkatnya bgini, saya ada 3 hp (zenfone 2, lenovo a7000 plus, LG G2). smua memakai kartu indosat im3, tp yg LG G2 susah sekali dapat sinyal internet (padahal bar nya penuh). yg zenfone 2 & lenovo smua nya lancar bahkan bisa HSDPA, untuk nonton video youtube lancar ngg ada masalah. yang unik waktu LG G2 saya bawa ke kota malah bisa keluar HSDPA sama seperti hp yang lain. cuman pas dirumah saja LG G2 ngg bisa internet sama skali. apakah itu memang bawaan dari LG yang memang lemah di sinyal atau bagaimana? trimakasih pak heri

        1. Pak Adhi Wisnu Mahendra,

          G2-nya apakah bergaransi resmi atau eks-garansi resmi? Kalau iya, coba periksakan ke pusat perbaikan resmi LG deh. G2 seharusnya tidak lemah sinyal.

          1. klo garansi sy krg tau pak, beli second soalny. cmn tipeny D801 bukan D802 spt yg kebykan ada. apa ada pengaruh?

          2. Pak Adhi Wisnu Mahendra,

            Oh tipe spesifiknya berbeda tho. Ya, itu bisa berpengaruh. Saya tak tahu D801 mendukung 3G di frekuensi berapa saja. Yang pasti 4G LTE-nya tidak cocok dengan Indonesia.

  67. saya ada HP LG G2 baru pake 2 tahun sudah rusak Wifi nya. berkedip2 terus. hidup segan, matipun tak mau. saya sudah berusaha perbaiki tidak bisa. lainnya masih sempurna. hanya wifi yang bermasalah. saya putus asa akhirnya mau saya jual. berapa harga pasaran sekarang ya? ada yang tau?

    1. Bu Santi,

      Apakah Anda sudah coba iseng menanyakan biaya perbaikannya di pusat perbaikan resmi LG?

      Kalau Anda akan menjualnya dengan kondisi seperti itu, ya paling laku Rp 1 juta deh.

      1. Sudah ke LG center tapi orang LG juga tidak bisa memperbaiki. Setelah direset ga berhasil ,dia bilang Harus ganti mesin seharga 2 jutaan. Berarti mending beli baru aja kalo gitu ya. Makasih infonya pak. πŸ˜‰

  68. Pak HSW,kalo sekarang beli lg g2 baru resmi harga 3 juta lebih dikit apa masih worthed ya? Sebenernya naksir tipe ini dr lama cm harganya manteng di atas 4 juta.

    1. Pak Dhani,

      Kalau Rp 3 juta lebih sedikit terlalu mahal deh. Akhir Februari atau awal Maret tahun ini, G2 baru gres dengan ROM 32 GB di Erafone sudah Rp 2,699 juta kok. Yang ROM 16 GB lebih murah Rp 300 ribu.

  69. Pak hery , battery hp lg g2 saya cepat kali habis , kira kira dalam 100 persen paling lama cuma tahan 3 jam itu berarti batterynya da bocor atau rusak ? (Pemakaian membuka instagram , main game ) Terus bagaimana cara mengatasinya , terima kasih

    1. Pak Maxi,

      Kalau membaca paparan Anda, kemampuan baterai mulai menurun, tetapi belum rusak. Anda bisa melakukan penggantian baterai di pusat perbaikan resmi LG. Saya tak tahu biayanya.

  70. Wah kok review yg ini gak ada contoh hasil kamera nya Pak?
    Kalau untuk ukuran saat ini, LG G2 vs Asus Zenfone 2 Laser (4G) kira2 menang mana ya, Pak Herry?

    1. Pak Amaris,

      Review G2 itu saya buat pada 2013. Saat itu saya belum menyertakan contoh hasil kamera di naskah review.

      Dari hasil kamera, relatif imbang.

    1. Pak Agus,

      Ehmm… ini maksudnya Anda cari ponsel dengan kriteria seperti di atas? Asus Zenfone 2 Laser atau Moto E3 Power.

  71. om saya mau nanya lg g2 versi korea dengan internasional apakah sperpartnya sama ya..terutama lcd setnya

  72. Dear pak Herry,
    Sorry tanya hape yang umurnya sudah lewat 3 tahun. Saya ditawarkan LG G2 bnib stock lama lengkap dengan hadiah case flip nya seharga Rp. 1.4 juta. Masih worth it tidak harga segitu untuk LG G2 saat ini? Atau masih kemahalan?
    Terima kasih atas bantuannya

    1. Pak Ronny,

      LG G2-nya yang memori internal 16 atau 32 GB?

      Anggaplah yang 16 GB, kalau tidak butuh dual SIM, harga segitu masih cukup menarik sih. Penjual apakah berani memberikan garansi selama minimal tiga hari?

      1. Pak Herry, ini yang internal 32 gb. Sebenarnya saya tdk butuh lagi yang dual sim, krn sudah punya hape galaxy note dual sim. Tapi saat ini saya punya kartu sim ada 3, masing2 dari operator utama di indonesia. Makanya butuh hape kedua.

        Berarti kesimpulannya harga nya bagus ya? Soalnya BNIB, berarti garansi masih utuh, ini stock lama di suatu toko.

        Terima kasih atas masukannya pak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *