Review LG G3 Stylus: Performa Melebihi Prediksi

Bulan lalu, selama tiga minggu berturut-turut LG G3 Stylus menjadi ponsel yang paling sering ditanyakan kepada penulis. Mayoritas penanya ingin mengetahui apakah ponsel itu layak dibeli. Mereka rata-rata menganggap G3 Stylus adalah LG G3 yang diberi tambahan stylus dan dijual murah.

Saat itu penulis belum bisa menjawab G3 Stylus pantas dibeli atau tidak. Sebab, penulis belum menguji pakai ponsel tersebut. Sekarang penulis telah mencobanya. Kesimpulan versi penulis, performa G3 Stylus melebihi prediksi semula. Bacalah tulisan ini sampai tuntas untuk mendapatkan informasi lebih detail.

G3 Stylus-1

Dulu penulis sebatas meluruskan persepsi para pengirim pertanyaan. Penulis menjelaskan kalau G3 Stylus bukanlah G3 yang diberi tambahan stylus. Spesifikasi dua ponsel itu berbeda signifikan. Demikian pula harga jualnya.

Menurut penulis, G3 Stylus merupakan ponsel lapis ketiga. Lapis pertama dulu ditempati G2 yang kemudian digantikan G3. Pada lapis kedua ada G2 Mini yang posisinya mulai diambil alih G3 Beat. Sedangkan di lapis ketiga bercokol G Pro Lite yang sekarang diteruskan G3 Stylus. Dari situ, penulis memperkirakan kinerja G3 Stylus seharusnya tidak istimewa.

Realitanya, penampakan fisik G3 Stylus cukup elegan. Lebih keren daripada G Pro Lite yang beredar tahun lalu. Ia hadir dengan layar IPS 5,5 inci beresolusi 540 x 960 piksel. Dengan kombinasi bentang layar dan resolusi seperti itu, wajar kalau tampilan layar G3 Stylus terlihat kurang halus. Namun, menurut penulis, masih cukup nyaman dipandang mata. Apalagi, bila ponsel tersebut kebetulan dipakai oleh lansia.

Sebuah stylus terselip di sisi atas-belakang ponsel. Bagi penulis, stylus itu kurang bermanfaat. Stylus tumpul untuk layar kapasitif tersebut kurang enak dipakai. Jangan membandingkannya dengan S-Pen ala Samsung seri Galaxy Note. Kalah jauh. Diadu dengan stylus ala HP Slate 7 Beats Special Edition yang harga jualnya lebih murah daripada G3 Stylus pun, kenyamanan stylus G3 Stylus masih kalah kok.

G3 Stylus-2

Mengikuti jejak G2, G2 Mini, dan G3, tombol power dan volume G3 Stylus tidak diletakkan di samping bodi, melainkan di sisi belakang ponsel. Rear key yang sepintas aneh itu praktiknya terbukti nyaman dan ergonomis. Ya, memang perlu uji coba langsung untuk merasakan sensasinya.

Dua kamera dibenamkan ke ponsel berdimensi fisik 149,3 x 75,9 x 10,2 mm dan berat 163 gram itu. Kamera di sisi belakang dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat. Ia mampu menghasilkan foto beresolusi 13 megapiksel dan klip video full HD 1080p. Sedangkan kamera depan ponsel siap memproduksi foto beresolusi 1,23 megapiksel (dibulatkan menjadi 1,3 megapiksel) dan klip video HD 720p.

Kala ingin berfoto selfie, pengguna bisa memanfaatkan gesture shot. Cara pemakaiannya sama dengan quick selfie di G3. Arahkan telapak tangan ke kamera depan hingga di layar muncul kotak berwarna biru. Selanjutnya, kepalkan tangan. Ibu jari sebaiknya terlihat. Penghitung waktu akan mulai berjalan. Sebelum kamera benar-benar menjepret, silakan bergaya sebaik-baiknya.

G3 Stylus-3

Sebagai ponsel dual SIM GSM-GSM, sepasang nomor GSM dapat siaga bersamaan di G3 Stylus. Keduanya memanfaatkan kartu micro SIM. Asalkan didukung operator yang dipakai, satu nomor GSM di antaranya leluasa masuk ke jaringan 3G dan menikmati layanan HSPDA 21 Mbps. Pengguna bebas memilih nomor mana yang akan diarahkan dan dikunci di jaringan 3G.

Spesifikasi lain ponsel itu, antara lain, prosesor empat inti (quad core) MediaTek MT6582 1,3 MHz, RAM 1 GB, ROM 8 GB, selot microSD, Wi-Fi, bluetooth, dan GPS. Ketika baru dikeluarkan dari kardus, memori internal yang digabung dalam satu partisi masih menyisakan ruang kosong 3,8 GB. Ponsel Android 4.4.2 KitKat itu memperoleh daya dari baterai berkapasitas 3.000 mAh. Dengan perilaku pemakaian ala penulis, baterai G3 Stylus siap menyiagakan ponsel mulai pagi hingga larut malam.

Aneka fitur khas ponsel LG tetap dapat ditemukan di G3 Stylus. Misalnya, Knock Code untuk membuka layar dengan kombinasi ketukan, Quick Memo+, dan guest mode. Sama dengan G Pro Lite dan beberapa tipe lain ponsel LG, G3 Stylus juga dibekali fitur remote control. Pengguna dapat mengendalikan, misalnya, televisi secara nirkabel via ponsel. Bedanya, G3 Stylus memanfaatkan aplikasi Peel Smart Remote yang pengaturan awalnya lebih rumit ketimbang ponsel lain LG.

G3 Stylus-10

Dibandingkan saat dulu mencoba G Pro Lite, di G3 Stylus penulis merasakan adanya peningkatan kinerja. Hal itu sangat lumrah karena spesifikasi G3 Stylus memang lebih tinggi. Meskipun demikian, performa keseluruhan G3 Stylus sebenarnya melebihi prediksi penulis semula. Bukan lebih baik, melainkan lebih buruk. Awalnya penulis menyangka respons G3 Stylus akan selalu lancar jaya. Realitanya, ponsel itu lumayan sering tersendat alias lag saat dipakai. Proses pemfokusan (focusing) kamera G3 Stylus juga tak secepat yang diduga.

Ketika tulisan ini diketik dan diunggah penulis di sebuah resto siap saji berlogo M, harga ritel resmi G3 Stylus dipatok Rp 2,999 juta. Toko-toko ponsel milik perorangan seringkali menjualnya Rp 2,875 juta sampai Rp 2,9 juta. Ponsel itu tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu putih, hitam, dan emas. Kalau boleh memberikan saran, daripada membeli G3 Stylus, lebih baik Anda melirik G2 Mini.

Kepada pemakai G3 Stylus yang kesulitan menemukan pelindung layar (screen protector) ponsel itu, penulis memiliki satu tip. Beli saja pelindung layar G3. Pelindung layar G3 tinggal dipasangkan ke layar G3 Stylus tanpa perlu memotong sedikit pun.

***

Inilah beberapa contoh foto yang dihasilkan G3 Stylus.

G3 Stylus-4

G3 Stylus-5

G3 Stylus-6

G3 Stylus-7

G3 Stylus-8

Satu foto berikut dijepret menggunakan kamera depan.

G3 Stylus-9

***

Screen capture Antutu Benchmark dan Sensor Box for Android.

G3 Stylus-11

G3 Stylus-12

70 thoughts to “Review LG G3 Stylus: Performa Melebihi Prediksi”

  1. om, kapan mau review LG G3 BEAT sama Nokia Lumia 730??
    soalnya saya tertarik sama 2 gadget tsb.
    sama mau tnya om, lbh baik pilih windows phone ato android?

    1. Pak Roni Sanjaya,

      Belum ada rencana mengulas G3 Beat. Kalau Lumia 730 masih dalam antrean.

      Saya lebih memilih Android karena saat ini “lebih kaya” dan lebih menarik daripada Windows Phone.

  2. Pak HSW, screen onnya berapa jam? apakah konsumsi baterainya lebih irit dibanding G3 yg lebih mahal?

    Tampaknya akan lebih menarik lg G3 beat atau Grand 2 dengan selisih harga setengah juta. resolusi layarnya kurang tinggi, prosesor mediatek murah meriah.

    1. Pak Zedi,

      Wah, saya nggak memperhatikan screen on-nya berapa jam. Secara umum biasanya pemakaian saya menghasilkan screen on 2-3 jam. Ya, konsumsi baterai G3 Stylus lebih hemat daripada G3.

      G3 Beat saya belum pernah mencoba. Grand 2 baterainya agak boros lho. Daripada Grand 2, buat saya G2 Mini lebih menarik.

  3. Saya kira luar biasa performanya dengan pemilihan judul yang bombastis ternyata penonton kecewa.
    Kalo gitu saya tunggu Lumia 730 saja pak bagaimana kinerjanya..

    1. Pak Edi Swarso,

      Iya, performa melebihi prediksi itu maksudnya lebih buruk daripada dugaan saya semula.

      Lumia 730 masih antre dicoba nih.

    1. Pak Adit,

      Alasannya banyak:
      * Lebih nyaman digenggam.
      * Lebih responsif.
      * Operasional remote control lebih mudah.
      * Locking GPS lebih cepat.

    1. Pak Elvin Pras,

      Versi saya, buat gaya-gayaan. Saya sendiri lebih suka memakai jari daripada memakai stylus G3 Stylus yang kurang nyaman.

      1. Klo buat desainer lumayan membantu nih stylus, mmg jauh dibanding S-Pen tp cukup buat menampung ide yg tiba2 datang ……saya sudah beli, dg prtimbangan harga jauh di bawah G Note….. klo trbiasa pegang android spek tinggi mmg kecewa….. tp brhubung saya butuh stylus ya akhirnya ambil ini, gagal ambil Starnote S55 karena stylus ditenteng terpisah…. overall ckup puas dipakai krn sering dipakai urusan kerjaan dan online sesekali tanpa sibuk nge game …..cm memang resolusi layar mengecewakan πŸ˜€

        1. Pak Wanto,

          Pfff… untung Anda tak jadi mengambil Advan Star Note S55. Merek-merek seperti Advan, Imo, Mito, dan Evercoss lebih baik dilupakan.

  4. Terimakasih Pak Herry sudah menjawab keingintahuan saya tentang LG G3 stylus. Kalau dari ulasan Pak Herry di atas tampaknya lebih baik pilih Redmi Note daripada LG G3 stylus ya, Pak?

  5. Wah HP slate beats disebut sebut nih. Sabar nunggu giliran reviewnya nih. Saya sempet cari disana sini tapi kok ga ada yang jual ya. Emang masi dihold untuk distribusinya atau memang sudah habis ya, banyak toko yang saya tanya masi ngga tau barang itu ada.

    1. Pak William,

      Semoga minggu ini review HP Slate 7 Beats Special Edition bisa saya tuntaskan.

      Konon tablet tersebut akan dijual di Indonesia pada akhir November atau awal Desember 2014.

    1. Bu Afnie,

      Yang pertama itu maksudnya Axioo kan?

      Maaf, saya tak tahu mana yang lebih bagus. Sebab, saya belum pernah mencoba keduanya. Kalau untuk layanan pusat perbaikan resmi sih lebih bagus Axioo.

  6. Pak Herry,
    Minta masukannya dong pak, untuk budget sekitar 3,5 juta handphone apa ya pak yang bapak rekomendasikan. Kalau Sony Xperia T2 Ultra menurut bapak bagaimana?

    Beberapa hal yg menjadi keperluan utama saya adalah Ketahanan Baterai & Kamera.

    Terima Kasih.

    1. Bu Dee,

      Ini ceritanya ingin baterai awet sekaligus kamera bagus ya? Hmm… agak sulit nih. Yang paling mendekati sih Xiaomi Redmi Note dan LG G2 Mini.

      Saya belum pernah mencoba Xperia T2 Ultra.

  7. pak mau tanya bagaimana cara seting kamera depan agar full screen
    kok tiba2 kamera depan LG G3 Stylus jadi kecil di layar

    thx

    1. Pak Aswen,

      Apakah wajah terlihat kecil di layar dan di sekelilingnya berwarna putih? Kalau iya, hal itu terjadi karena Anda mengaktifkan semacam bantuan pencahayaan untuk kamera depan.

      Saya sudah tidak memakai G3 Stylus sehingga tak bisa mengecek menu kamera ponsel itu lagi. Coba lakukan reset kamera saja. Menu reset ada di dalam menu kamera, saat kamera belakang aktif.

  8. Saya pakai lg 3g stylus sdh coba beberapa operator selular utk koneksi internetnya. Permasalahannya kenapa sambungan data internetnya sering putus sendiri secara tiba tiba ya..? Padahal semua sinyal operator bagus. Dipakai di gadget lain jg gak masalah. Apa ada pengaturan yg tdk sesuai atau bagaimana.? Terimakasih atas informasinya.

    1. Pak Fatout,

      Karena Anda sudah mencoba lebih dari satu operator dan kasus yang sama tetap muncul, saran saya, bawalah ponsel Anda ke pusat perbaikan resmi LG untuk dicek.

      Menurut saya, G3 Stylus memang ponsel yang tidak layak beli.

  9. Om, kok hasil jepretan foto dr kamera g3 stylus saya ga semulus yg om ya? Blur terus nih.. Apa lagi kalo pake kamera depan,,kaya yg pecah gitu..
    Siasatinnya gmn ya om??
    Kecewa sih sm g3 stylus ini.. Tapi udah terlanjur beli.. ????????

    1. Pak Oki,

      Tidak ada pengaturan khusus yang saya lakukan terkait kamera sih. Ya tinggal jepret-jepret gitu saja. Pastikan tangan tidak bergerak saat kamera menjepret.

      Kan saya sudah bilang kalau LG G3 Stylus sebaiknya jangan dibeli.

      1. Pak Wanto,

        Ya, benar. Kamera depan G3 Stylus maksimal menghasilkan foto beresolusi 1,3 megapiksel. Itu pun sebenarnya hasil pembulatan dari 1,23 megapiksel.

  10. saya baru pake lg g3 stylus. oke oke saja kok. kemera belakang bagus, main game tidal leg. dan yang bateri dijamin tahan satu hari lebih.

  11. ah baca postingan bapak HSW jadi galau… niatnya mau beli nih hape malah tertunda… pdhal udah jatuh hati pada saat cobain barang tester di toko henpon… tolong kasih masukan dong pak HSW.. xiaomi red mi 2 atau lg g3 stylus??

    1. Pak Faizal,

      Lupakan G3 Stylus dan belilah Redmi 2. Karena Anda sudah berniat membeli G3 Stylus, berarti Anda sebenarnya bisa pula melirik Xiaomi Mi 4i.

    1. Pak Sukma,

      Wah, kalau pilihannya seperti itu, ya jelas saya memilih G2. Itu dua ponsel yang berbeda kelas. Ibarat memilih naik Alphard atau Xenia gitu deh.

    1. Pak Sukma,

      Saya belum pernah mencoba Xperia M4 Aqua. Btw, Xperia lho, bukan Experia.

      Kalau G2 Mini versus G2, ya saya jelas memilih G2.

  12. Pak heri , tadi di toko hp ditawarin g3 stylus padahal saya pengen mi4i,dari segi kualitas kamera dan kecepatannya lebih bagus yang mana?menurut bapak untuk budget 3 juta bapak merekomendasikan apa?kamera depan tidak perlu resulisi besar yang penting bagus dan bisa videocall malam. Terimakasih,mohon sarannya

    1. Bu Regita,

      Kalau G3 Stylus vs Mi 4i, jawaban saya ya sangat jelas: pilih Mi 4i. G3 Stylus itu kurang nendang lho.

  13. Pak Herry,saya minta sarannya soalnya mau beli hp pak. Lebih baik samsung galaxy grand prime atau xiaomi redmi note? Dari segi ketahanan baterainya dan kameranya. Terima kasih sebelumnya pak.

    1. Bu Ike,

      Redmi Note. Masalahnya, saat ini mencari Redmi Note bergaransi resmi sudah sangat sulit. Jangan membeli yang bukan bergaransi resmi ya.

  14. Pak HSW

    Mau tanya selama bapak pake g3 stylus ini,apakah ada bug penerimaan sinyal operator yg sama yang lebih lemah daripada saat dipake di ponsel lain???

    Terimakasih

    1. Pak Budz,

      Saya tidak mengalami masalah dengan penerimaan sinyal. Baik-baik saja kok. Sama dengan ponsel lain.

  15. Mas Herry, kalo cuma sekadar dipake untuk hp kedua apakah G3 Stylus layak? Cuma sekadar dipakai buat socmed, google dan mp3 saja kok. Soalnya saya dengar batrenya mantap sekali ini. Saya liat penawaran di erafone harganya udah jadi 2.4 juta bonus quick circle case. Apakah worth it pak?

  16. Tambahan pak. Dengan pemakaian ala saya diatas, kira kira lagnya parah kayak ace 3 saya dulu atau nggak? (Grup wa dan bbm kampus rame). Terus dengan pemakaian saya diatas kira2 batre bisa tahan berapa lama ya? Yaa seenggaknya dari jam 7 pagi sampai 8 malam lah. Maaf banyak nanya saya

    1. Pak M. Irfan,

      Oh, masih lebih gegas G3 Stylus daripada Ace 3.

      Hmmm… berarti minimal 13 jam ya. Saya tak berani memastikan bisa tembus segitu nggak. Sebab, grup BBM yang ramai biasanya sangat rakus baterai.

  17. Pak herry, apa G3 Stylus penerimaan sinyalnya kuat pak? Baik sinyal telepon maupun berinternet. Soalnya di kampus saya sinyal (bahkan telkomsel) susah dipakai internetan. Entah hanya hp saya yang gitu atau memang dari sananya

  18. Pak Herry, kalo diliat kan “daleman” G3 Stylus ini sama kaya Magna ya ? Nah berarti Magna juga ga layak beli dong ya ? Diluar dari resolusi layar dan bentuk ya. Kan katanya performa G3 Stylus kurang nendang, sedangkan jenis prosesor yang dipake sama Magna kan sama kaya ini. Terus kira kira kalo sama Samsung Grand Prime lebih enak yang mana ya ? Saya ngiler sama baterainya G3 Stylus sebenernya hehe. Thx pak.

    1. Pak Ridho,

      Di atas kertas prosesornya memang sama. Namun, setelah dicoba, Magna terasa lebih gegas daripada G3 Stylus. Karena itu, saya masih mempersilakan peminat membeli Magna.

      Grand Prime? Mending dananya dibelika Xiaomi Redmi 2 Prime, Pak. Lebih murah, lebih bagus.

  19. om, minta saran donk, kalau mau beli hp buat orang yg udah tua biar bisa WA an yg gampang pakai nya dan layar nya lebar apa ya baik nya, tks

  20. Pak Herry,

    Saya sbnrnya sgt terkesan dengan penggunaan batrei pada LG sylus dg harga yg skrg dp dijangkau dibawah 3 juta..
    Mnurut bapak, jika LG G4 styus dg G3 stylus mana yg lebih baik y pak?

    Bgaimana pula performa LG G3 Stylus dan LG magna?? bapak lebih prefer yg mna??

    Thanks..

    1. Bu Ulfa,

      Tidak ada ponsel bernama LG Sylus maupun G4 Styus. Apakah yang Anda maksud adalah G4 Stylus dan G3 Stylus? Kalau iya, lebih bagus G4 Stylus.

      G3 Stylus vs Magna lebih bagus Magna.

    1. Pak Daffa,

      Wah, saya malahan nggak memperhatikan. Dalam memberikan rekomendasi ponsel, saya sih tak peduli dengan Antutu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *