Review LG G3: Terlalu Sayang untuk Dilewatkan

Tahukah Anda di negara mana kota London berada? Kata tvOne, London berlokasi di Jerman. Ini buktinya http://goo.gl/LMNUmu. He… he… he…. Penulis kebetulan pernah dua kali ke London atas undangan Nokia. Keduanya mengunjungi London yang di Inggris.

Di London, Inggris, itulah pada 27 Mei lalu LG G3 resmi diperkenalkan. Keesokan harinya ponsel tersebut mulai dipasarkan di Korea Selatan. Hasilnya sangat menggembirakan. Selama lima hari pertama, seratus ribu unit G3 terjual di kampung halamannya.

LG G3-1

Penampakan fisik

G3 dibekali layar sentuh IPS 5,5 inci. What? Begitu membaca kata 5,5 inci, amat mungkin di benak Anda langsung terbayang ponsel yang bongsor atau lebar. Bayangan yang merujuk kepada pengalaman nyata itu tidak dapat disalahkan. Mantan pengguna Samsung Galaxy Note II, LG G Pro, LG G Pro Lite, Lenovo Vibe Z, dan Samsung Galaxy Note 3 Neo pernah membuktikannya.

Namun, kejadian serupa seharusnya tak dialami pengguna G3. Biarpun berlayar 5,5 inci, saat digenggam ponsel itu hanya terasa sedikit lebih besar daripada ponsel berlayar lima inci. Kondisi tersebut bisa terwujud karena bezel atau pinggiran layar G3 tergolong tipis. Dibandingkan Lenovo S920 yang berlayar 5,3 inci pun, ukuran G3 masih lebih kecil. Dimensi fisiknya 146,3 x 74,6 x 8,9 mm dengan bobot 151 gram.

Layar G3 beresolusi Quad HD 2.560 x 1.440 piksel. Itu berarti resolusinya empat kali lipat lebih tinggi dibandingkan layar beresolusi HD. Bayangkan saja Anda melihat sebuah artbook, bukan lagi sekadar majalah, apalagi koran. Konon G3 adalah ponsel merek global pertama di dunia yang memiliki resolusi layar setinggi itu.

Dalam pemakaian sehari-hari, harus diakui kalau resolusi nan tinggi tersebut tak selalu bisa dirasakan mata pengguna, termasuk penulis. Mata penulis sebatas memberikan pesan ke otak bahwa tampilan layar G2 tajam, halus, dan cemerlang. Keistimewaan layar G3 baru terasa kala penulis sengaja menonton video atau melihat foto beresolusi tinggi yang diunduh dari internet.

LG G3-2

Sama dengan LG G2 dan beberapa ponsel lain LG, di sekeliling bodi G3 tidak ditemukan satu pun tombol. Ponsel itu mengadopsi rear key yang meletakkan tombol volume dan power di sisi belakang. Di sisi atas terdapat inframerah yang dipakai kala menjalankan quick remote alias remote control. Sementara itu, konektor handsfree berkabel dan konektor micro USB berada di bagian bawah.

Letakkan G3 di meja, lalu intiplah bagian bawah atau atas ponsel. Bagian tersebut terlihat melengkung. Rancang bangun seperti itu bukan sekadar hiasan, melainkan agar pengguna bisa menggenggam ponsel dengan lebih nyaman.

Penutup baterai G3 bernuansa metalik dengan garis-garis tipis yang membuatnya tidak monoton. Lepaskan penutup baterai yang sepintas terbuat dari plastik itu, kemudian cobalah melekukkannya. Susah? Wajar sih. Sebab, penutup baterai itu sebenarnya mengandung unsur logam. Tepatnya, hasil pencampuran 85 persen plastik dengan 15 persen logam.

Tampilan antarmuka

Tampilan antarmuka (user interface) G3 terlihat sederhana, tetapi tetap sedap dipandang mata. Pengguna juga takkan terusik dengan bloatware. Apaan tuh? Bloatware adalah istilah yang lazim diberikan terhadap aplikasi bawaan yang bejibun, padahal tak selalu dibutuhkan pengguna. Aplikasi bawaan itu bahkan acap kali terasa mengganggu. Di G3, bila pengguna merasa tak cocok dengan segelintir aplikasi bawaan, mereka dengan mudah dapat menghapusnya.

Ingin melakukan personalisasi home screen? Sangat bisa! Ikon standar aplikasi atau fungsi tertentu dapat diganti sesuka hati pengguna. Contohnya, tiga ikon pertama di deretan terbawah home screen G3 penulis ganti menjadi HSW. Sesuai inisial nama penulis. Kemampuan yang sebetulnya sudah lama dibenamkan ke ponsel Android LG itu praktiknya belum banyak diketahui pengguna.

Hal yang benar-benar baru di ponsel LG adalah smart notice. Secara berkala smart notice akanmemberikan informasi yang relevan. Misalnya, pengguna diingatkan bila ramalan cuaca menyatakan di lokasi pengguna bakal turun hujan. Lain waktu, kalau ada panggilan telepon tak terjawab, beberapa waktu kemudian smart notice otomatis mengingatkan pengguna. Pengguna sekaligus ditanya apakah ingin menelepon balik nomor tersebut.

Ada pula smart cleaning. Fungsinya membantu pengguna mendeteksi file-file yang tidak terpakai di ponsel. Selanjutnya, kalau mau, pengguna dapat menghapus kumpulan file tersebut hanya dengan satu sentuhan.

Saatnya berbincang tentang papan ketik qwerty virtual. Papan ketik virtual G3 pantas mendapatkan acungan jempol. Ia ibarat memadukan kelebihan dua papan ketik virtual yang selama ini dikenal nyaman dan pintar. Yaitu, SwiftKey Keyboard yang tersedia di Play Store dan papan ketik virtual ala BlackBerry 10. Kalau mau, pengguna dapat mengubah ukuran tombol papan ketik menjadi lebih besar atau lebih kecil.

Setelah beberapa hari dipakai, papan ketik G3 semakin pintar memprediksi kata yang akan diketikkan pengguna. Tatkala ponsel menyodorkan pilihan kata, pengguna cukup menyapukan jempol kiri atau kanan ke kolom yang sejajar dengan pilihan kata itu. Pengguna tak usah menggerakkan jari untuk menyentuh kata yang ingin dipilih. Tangan pengguna juga tidak perlu bergeser ke bagian atas layar ketika hendak memperbaiki kalimat yang salah ketik.

LG G3-27

LG G3-28

Kamera

Spesifikasi kamera G3 sangat menggiurkan. Kamera di sisi belakang ponsel dibekali lampu kilat ganda dan optical image stabilization plus (OIS+). Hal yang paling istimewa, kamera itu dilengkapi fokus otomatis laser (laser autofocus). Fokus otomatis laser diklaim memiliki kecepatan fokus hingga 0,276 detik alias lebih cepat daripada kedipan mata manusia.

Sekadar meluruskan kesalahpahaman yang sempat beredar, fokus otomatis laser berbeda dengan laser pointer. Selama proses pemotretan, takkan ada titik merah yang mengenai objek foto. Teknologi fokus otomatis laser lebih mirip dengan teknologi yang diimplementasikan di pistol pengukur kecepatan kendaraan bermotor milik polisi lalu lintas.

Kamera utama G3 itu mampu menghasilkan foto beresolusi 13 megapiksel. Kalau difungsikan sebagai perekam video, ia sanggup memproduksi klip video ultra HD 3.840 x 2.160 piksel. Tersedia pula pilihan perekaman video HD slow motion. Pergerakan air yang keluar dari shower, contohnya, dapat diabadikan dengan jelas dan perlahan. Saat pengguna bermain golf, ayunan stik juga mampu direkam tahap demi tahap dengan detail.

LG G3-3

Kamera kedua ponsel berada di sisi muka, beberapa milimeter di kiri atas layar. Kamera itu dapat menghasilkan foto beresolusi 2,1 megapiksel dan klip video full HD 1080p. Saat berfoto selfie, pengguna patut mencoba fitur quick selfie. Caranya, bukalah telapak tangan dan arahkan ke kamera depan sampai muncul kotak berwarna biru di layar. Berikutnya, tangan menggenggam dengan ibu jari yang sebaiknya terlihat. Penghitung waktu akan mulai bekerja. Tiga… dua… satu… jepret. Nah, selama perhitungan mundur itu, pengguna silakan berpose yang terbaik.

LG G3-29

Masih ada hal lain yang perlu diketahui. Biarpun di bagian depan ponsel tak ada lampu kilat, praktiknya pengguna bisa selfie dengan tambahan pencahayaan. Manfaatkan fitur virtual flash. Caranya, saat pengguna sudah memandang kamera depan, tekanlah simbol lampu kilat. Tampilan layar spontan bakal berubah. Ada bingkai tebal berwarna putih semimerah jambu. Area itulah yang bertugas menambah pencahayaan.

LG G3-31

Dalam penilaian penulis, hasil jepretan kamera G3 tergolong bagus. Sedikit catatan penulis berikan untuk pemotretan di lokasi berpencahayaan terbatas (low light). Kalau di lokasi itu pengguna memotret tanpa lampu kilat, foto yang dihasilkan akan terlihat berbintik-bintik. Grainy. Penyebabnya, ponsel otomatis melakukan pemotretan dengan ASA/ISO tinggi. Misalnya, ISO 2.900.

Baterai

Berbeda dengan G2 yang beredar resmi di sini, G3 menggunakan baterai yang dapat dilepas pasang (removable battery). Kapasitasnya 3.000 mAh. Dengan perilaku pemakaian ala penulis, sekali diisi ulang baterai itu sanggup bertahan sekitar 14 jam.

Lebih hemat atau lebih boros dibandingkan G2? G3 lebih boros. Penulis yakin kondisi itu terjadi karena layar quad HD G3 lebih rakus daya dibandingkan layar full HD G2. Sekadar info, dulu saat penulis memakai G2, baterai tanam 3.000 mAh ponsel itu rata-rata mampu menyiagakan ponsel mulai pagi sampai lewat pukul 24.00.

Fitur-fitur menarik

Selain aneka kemampuan yang sudah penulis paparkan di bagian atas tulisan ini, ada beragam fitur lain yang tak boleh dibiarkan tidak terpakai. Sayang dong. Pengguna G3 sebaiknya mencobanya satu per satu. Apa saja?

Berbekal quick remote, G3 bakal berfungsi sebagai pengendali jarak jauh alias remote control. Perangkat yang bisa dikendalikan meliputi televisi, set-top box, dan audio. Merek perangkatnya pun tidak harus LG. Di submenu televisi, misalnya, ada banyak sekali pilihan merek. Mulai dari yang populer seperti Panasonic, Samsung, dan Toshiba hingga merek-merek yang mungkin terdengar asing di telinga. Sebut saja, Alien, Baosheng, CWN, Ferguson, JiaLiCai, dan Zenith.

Umpama perangkat yang hendak dikendalikan tidak tercantum di daftar pilihan, pengguna tinggal menekan pilihan universal remote. Syaratnya, remote control asli perangkat tersebut masih tersedia. Gunakan remote control asli itu untuk mengajari quick remote G3.

LG G3-25

LG G3-26

Ingin tenang saat meminjamkan ponsel kepada orang lain? Aktifkan guest mode sebelum menyerahkan ponsel. Pengguna leluasa menentukan aplikasi apa saja yang dapat diakses di mode tersebut. Supaya perlindungan privasi lebih optimal, gunakan pula knock code dan content lock.

Knock code memungkinkan pengguna membuat kode pembuka layar sepanjang 3-8 ketukan. Tanpa mengetukkan kode yang tepat, meskipun ponsel sukses dinyalakan, layar akan tetap terkunci. Sementara itu, content lock membuat pengguna leluasa menyembunyikan foto dan video dari galeri. Orang lain takkan bisa melihatnya, bahkan kendati G3 dihubungkan dengan laptop/PC.

Bila bersedia mengeluarkan dana tambahan untuk membeli aksesori, tak ada salahnya pengguna meminang quick circle case. Di sisi muka aksesori itu terdapat jendela bundar. Hingga enam aplikasi, sesuai pilihan yang disodorkan ponsel, leluasa dipilih oleh pengguna. Untuk menerima panggilan telepon dan membaca SMS, pengguna tak perlu membuka lipatan quick circle case itu.

Spesifikasi teknis lain

G3 memanfaatkan prosesor empat inti (quad core) Qualcomm MSM8974 2,5 GHz. Ponsel bersistem operasi Android 4.4.2 Kitkat itu juga dibekali Wi-Fi, bluetooth, NFC, dan GPS. Ia sebenarnya telah mendukung layanan LTE. Namun, karena sampai sekarang belum ada operator GSM Indonesia yang menggelar LTE secara komersial, pemilik G3 masih harus bersabar. Kartu SIM mikro yang diselipkan ke ponsel maksimal baru bisa mengakses layanan HSPA 42 Mbps.

Memori G3 terdiri atas RAM 2 GB dan ROM 16 GB. Ruang penyimpanan internal ponsel menyatu dalam satu partisi yang diberi nama internal storage. Kala ponsel diaktifkan untuk kali pertama, sisa internal storage mencapai 10,48 GB. Pengguna yang memiliki banyak file multimedia tinggal menyelipkan kartu microSD ke selot memori eksternal.

Rekomendasi

Saat penulis mengetikkan naskah ini, harga ritel resmi G3 dipatok Rp 7,199 juta. Harga pasar nyaris selalu di bawah itu. Dalam pengamatan penulis, mayoritas toko menawarkan G3 di kisaran Rp 6,9 juta.

Dengan memperhatikan harga jual, spesifikasi, dan kinerjanya, rekomendasi penulis terhadap G3 adalah jangan! Maksud penulis, jangan ragu-ragu membelinya bila Anda mengidamkan ponsel pintar yang andal dan berharga jual rasional. G3 terlalu sayang untuk dilewatkan. Apalagi, Anda barusan mendapatkan THR, bukan?

***

Inilah berbagai foto yang dihasilkan G3. Olah digital yang dilakukan hanya memperkecil resolusi foto (resize) dan mengompresi ukuran file hingga 80 persen, kecuali disebutkan lain.

LG G3-4

LG G3-5

LG G3-6

LG G3-7

Suatu malam, saat sedang makan di sebuah pujasera di sebuah mal, ada lalat yang hinggap di ransel saya. Iseng dijepret ah.

LG G3-8

Foto di atas di-cropping. Biar lalatnya terlihat lebih jelas.

LG G3-9

Masih tentang lalat. Berhari-hari kemudian, ketika saya pulang ke rumah, di jendela terlihat ada seekor lalat. Saya pun bergegas mengeluarkan G3. Klik… klik… klik….

LG G3-10

Saya coba cropping ya. Hmm… si lalat sedang apa tuh?

LG G3-11

LG G3-12

LG G3-13

LG G3-14

LG G3-15

Bisakah Anda menemukan kejanggalan di foto ini?

LG G3-16

LG G3-17

Dua foto di bawah ini dijepret memakai kamera depan.

LG G3-18

LG G3-19

Ini lho gedung WTC, satu di antara dua pusat penjualan ponsel teramai di Surabaya. Dijepret sekitar pukul 20.00, tanpa lampu kilat maupun tripod.

LG G3-20

Beberapa menit setelah meninggalkan WTC, saya memotret objek ini. Lagi-lagi tanpa lampu kilat maupun tripod. Terlihat ada bintik-bintik di foto. Hal itu terjadi karena pada pemotretan dengan pencahayaan terbatas, ponsel otomatis akan memakai ASA/ISO tinggi. Satu foto di bawah ini dijepret dengan kecepatan rana (shutter speed) 1/9 detik dan ISO 2.900.

LG G3-21

LG G3-22

LG G3-23

Perbandingan hasil foto G3 versus Sony Xperia Z2 dapat dilihat di tautan ini: http://goo.gl/CSGozq

***

Screen capture Antutu Benchmark dan Android Sensor Box.

LG G3-24

LG G3-30

 

247 thoughts to “Review LG G3: Terlalu Sayang untuk Dilewatkan”

    1. Pak Enwui,

      Wah, bisa ngefek ya. Kalau G3 saya beri es krim, kira-kira dapat skor Antutu berapa ya? 🙂

    1. Pak Anto,

      Baru dapat nilai 50 ya. Sebab, jawaban kedua kurang tepat. Seharusnya Jusuf Kalla, bukan Jusuf Kala.

    1. Pak Saeful,

      Sampai saat ini sepertinya LG belum berencana memasarkan LG G3 dengan RAM 3 GB dan ROM 32 GB ke Indonesia.

  1. Oh ya pak Herry, soal management ram di LG G3 bagaimana ya pak (ketika out of the box pertama kali, sama setelah diinstall berbagai aplikasi ) ? saya ada baca beberapa review dari internet yang mengatakan katanya ditemukan sedikit lag di LG G3, apakah itu bapak juga rasakan ya? terima kasih pak 🙂

    1. Pak Joseph,

      Ya, saya beberapa kali membaca komentar yang menyatakan kalau ke G3 suka nge-lag karena manajemen RAM-nya buruk. Merujuk pada pengalaman pribadi, saya merasa G3 selalu gegas saat dipakai. Saya tak ingat saat out the box berapa. Kalau kondisi sekarang, setelah saya pakai hampir sebulan, sisa RAM biasanya di kisaran 500 MB. RAM terendah yang pernah terlihat saat iseng saya lihat adalah 465 MB.

  2. mempertanyakan soal RAM, pernah coba ditoko HP didaerah kota saya tinggal, liat RAM yang terpakai di G3 itu 1.5gb sekian tersisa cuma 400mb saja, kalo saya pikir itu wajar kalo diAndroid, tapi pernah saya coba liat di HP yang RAM 2gb juga itu cuma terpakai cuma 400mb saja terbalik dengan G3, apakan koh Herry mengalami gejala kekurangan RAM di G3 (lag) ?

    1. Pak Cuardika,

      Saya tak pernah mengalami gejala kekurangan RAM di G3. Sisa RAM terendah yang pernah saya lihat saat iseng mengeceknya adalah 465 MB. Kala ponsel saya gunakan untuk pemakaian harian, biasanya sisa RAM di kisaran 500 MB. Menurut saya, hal itu masih normal bahkan lebih baik daripada Samsung Galaxy Note 3 yang RAM-nya 3 GB. Ketika aktif dipakai, sisa RAM Note 3 juga 500-an MB.

  3. Note3 temen saya yang RAM 3GB sisa ram free juga sekitar 500mB silahkan di test di hp hp ber rm 3gb lain bagi yg kurang percaya hehehe, lag sepertinya krn layar 2k nya yg memakan resource GPU terlampau besar

    1. Pak Enwui,

      Iya, Note 3 saat aktif dipakai sisa RAM-nya sekitar 500 MB. Waktu masih segar dan sama sekali belum diutak-atik, seingat saya, dari 3 GB RAM tersisa 1,x GB saja.

  4. Ada satu lagi di banner yang di tiang listrik dekat rel , tulisan coblosnya jadi ‘cobols’ no 1.
    Thanks reviewnya.

  5. Selamat sore Pak Herry, mau tanya tapi out of topic tidak apa-apa yah pak hehehe.
    Bapak kan sudah me-review BlackBerry Z3, menurut bapak apakah BlackBerry Z3 dengan harga pasar 2,4 juta saat ini layak beli? Hal-hal apa saja yang menjadi kekurangan BlackBerry Z3 ini Pak? Terima kasih banyak Pak.

  6. Saya udah hands on neh hp,impresi awal,mungill!!padahal layarnya 5,5 inci ya,desainnya cakeppppp banged.tp layarnya kok ga beda jauh ma yg full hd y?hp ini benar benar hebat,sayangnya kekuatan batere ga sehebat g2.saingan otomatis cuma xperia z2.galaxy s5 kelaut aja.

  7. “Laser autofocus”,bahasa marketing yang terbukti sangat mampu menjebak konsumen,teman saya pernah mencoba untuk melihat bagaimana laser ditembakkan dari lubang yang ternyata keluaran infra merah. “Kok lasernya nggak keluar ya..?”

    Wah,ada bakwan Surabaya. Saya dari dulu ngidam itu tapi belum kesampaian,boleh berbagi dengan saya pak Herry…hehehe.. 🙂

    1. Pak Kurniawan,

      Merujuk pada pengalaman pribadi, laser autofocus memang bermanfaat. Proses focusing terasa lebih cepat.

      Ya, sempat terjadi salah persepsi. Begitu membaca laser autofocus, disangka ada titik merah yang ditembakkan, seperti yang terlihat di film-film laga gitu deh. Padahal, sebenarnya tak ada sinar apa pun yang akan terpancar dan bisa dideteksi mata.

    1. Pak Yuwono,

      Benar. Dan… G3 ini bukan yang termahal lho. Masih ada Samsung Galaxy S5, Galaxy Note 3, dan HTC One M8 yang lebih mahal.

  8. Terimakasih atas review nya Pak Herry.
    Pas kemarin banget saya ketemu sama temen saya yang sudah ‘naik kelas’ ke G3 (dahulu kami sesama user G2)
    Dan saat disandingkan, antara G2 saya dan G3 dia, terlihat G3 kurang gegas dibanding kakak nya.

    Meskipun memang patut diacungi jempol, selisih layar 0.3″ lebih besar dari G2 hampir tidak terasa sama sekali.

    1. Pak M. Ragil S.,

      Lama-lama saya jadi penasaran mencoba LG G2 yang sudah di-update ke Kitkat. Saya kebetulan belum pernah mencobaya. Saya ingin membandingkan G2 Kitkat dengan G3, dalam hal ke-smooth-an pergerakan menu ponsel. Kalau G2 Jelly Bean dan G3 sih smooth-nya boleh dibilang sama.

    1. Pak Sakti,

      Saat G3 barusan keluar memang tidak bisa. Pemicunya diduga keras karena layar G3 yang beresolusi quad HD tidak dianggap sebagai ponsel. Sejak beberapa hari lalu, G3 sudah bisa mengunduh BBM langsung dari Play Store.

    1. Pak Marundruri,

      Ya, G3 lebih rakus daya daripada G2. Namun, dengan pemakaian ala saya, G3 biasanya bisa dipakai sampai sekitar pukul 21.00 sebelum kehabisan daya. Bagaimana dengan Anda?

      Kalau relatif sama dengan saya, berarti power bank yang dicari cukup untuk menyambung nyawa. Tak perlu mampu mengisi ulang baterai G3 sampai penuh. Dengan kondisi demikian, power bank berkapasitas sekitar 2.000 mAh pun sudah memadai. Anda boleh melirik merek (saya urutkan berdasarkan abjad), antara lain, Delcell, Energizer, MiLi, Noontec, Sanyo, dan Sony.

  9. Pak Herry SW maaf oot, saya mau nanya
    saya beli lenovo yoga tablet, trus langsung saya belikan case nya yg ada magnet gitu jadi begitu case di buka langsung nyala sendiri acang nya.
    Sekarang udah 2 bulan setelah beli, Touch screen di kiri atas bermasalah. Jadi kayak di teken terus2an sudut kiri atasnya.
    Nah pertanyaan saya, apa case yg bermagnet itu bisa mempengaruhi Touch screen atau emang produk saya ini barang jelek.?
    Terima kasih banyak pak.

    1. Pak Anton,

      Saya tak berani memastikan penyebab layar sentuh tablet Anda bermasalah.

      Pemakaian aksesori bermagnet dengan daya tarik yang kuat memang diyakini dapat berdampak negatif terhadap layar sentuh. Bila magnetnya tak terlalu kuat, diyakini hal itu takkan sampai berefek negatif terhadap layar sentuh.

  10. Selamat siang pak Herry SW.
    sebelumnya maaf nih pak OOT.. hehehe..
    pak, tolong review asus zenfone 5 dong. sekalian review hasil kamera yg konon pembunuh lumia 1020 kayak yg dibilang di [ http://www.lowyat.net/2014/04/low-light-camera-output-comparison-asus-zenfone-5-vs-nokia-lumia-1020-lumia-1520-sony-xperia-z1-and-htc-one-m8/ ] tapi kok berbeda sama yg di [ http://idwinphone.com/foto-lowlight-lumia-720-vs-zenfone-5 ]

    kalo sama pak Herry yang review kan saya yakin orangnya netral alias tidak memihak.
    hehehe..

    terimakasih pak.

    1. Pak Fauzan,

      Zenfone? Sudah deh lupakan saja. Sampai batas waktu yang belum ditentukan, saya merekomendasikan Anda jangan membeli ponsel dan tablet merek Asus. Kalau menangani penjualan saja (yang berarti dapat duit) mereka terbukti nggak becus dan menjadi PHP (Pemberi Harapan Palsu) kelas wahid, apalagi bila kelak harus menangani klaim garansi (berarti Asus keluar biaya) yang diajukan konsumen.

      Berbincang tentang Zenfone 5, teman saya memakai ponsel itu. Belum sampai sebulan, ponselnya mati total. Ketika sedang dipakai, tiba-tiba saja padam dan tak mau dihidupkan lagi.

  11. maaf kalau dibilang pembunuh Lumia 1020 saya kok mengernyitkan alis ya, saya berprinsip sekuat apapun software tidak akan mampu menandingi superioritas hardware, dalam kasus ini Lensa Carl Zeiss Vario Tessar 38megapixel Blitz Xenon ditandingkan dengan Zenfone 5, saya belum pernah megang dua duanya tapi ya itu tadi software tak bisa menandingi hardware, contoh lain adalah zoom digital vs zoom optical, lalu stabilizer digital vs stabilizer optical

    1. Pak Sakti,

      Saya belum pernah mencoba Oppo Find 7. Namun, andaikan saya memiliki uang lebih pun, saya tak mau membeli ponsel itu dengan pertimbangan:
      * Harga jual Oppo bekas terjun bebas. Minimal turun 30 persen. Seringkali menembus 50 persen.
      * Layanan pusat perbaikan resminya masih perlu dibenahi.
      * Oppo Indonesia tutup mata terhadap tingkah promotornya yang tidak jujur kepada konsumen, yaitu dengan mengatakan bahwa ponsel Oppo adalah produk lisensi Amerika. Padahal, jelas-jelas ponsel Oppo adalah merek Tiongkok buatan Tiongkok.

  12. Hehehe.. Iya bener juga sih..
    Terimakasih buat penjelasan sama pengetahuannya pak Herry dan pak Enwui.

    Lagi satu saya tanya pak tentang oppo.. Maksudnya color os di smartphone oppo itu apa ya?

    1. Pak Fauzan,

      Color OS di sebagian ponsel Oppo itu sebenarnya dikembangkan berdasarkan sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean. Oppo kemudian melakukan kreasi di tampilan antarmuka. Ditambahkan pula kemampuan tertentu. Misalnya, ketuk layar dua kali untuk memadamkan layar.

    1. Pak Budi,

      Saya belum pernah menguji pakai HTC One M8. Cuma pernah towel-towel sebentar. Terus terang saya tak berminat membeli ponsel itu karena harga baru mahal, harga bekas terjun bebas, dan layanan service center amburadul.

  13. Pak Fauzan & Pak Enwui: Dari yang saya baca di artikel Lowyat, sepertinya mereka hanya mengganti mode di Nokia Camera ke mode Pro, tanpa mengubah settingan ISO dan Shutter Speed. Padahal di mode Pro, hal itu wajib. Harusnya supaya seimbang, pakai modus malam di Nokia Camera (entahlah kenapa malah diganti ke mode Pro, padahal lainnya pakai night mode). Dari komparasi hasil foto teman saya, @Adit38 (yang dia upload ke IDWinPhone), terlihat foto dari Zenfone sangat noisy. Itu karena sensor kamera Zenfone kecil. Asus hanya memanfaatkan ISO tinggi dan oversampling (dari 8MP diturunkan ke 2MP, seperti Lumia dari 38MP ke 5MP). Padahal, kalau Pro mode di Lumia 1020 diubah-suaikan, shutter speed bisa dinaikkan ke 1-1,5 detik (karena ada OIS, jadi speed segini foto masih stabil). Hasilnya pasti lebih bagus dan minim noise, karena dari segi ukuran sensor saja jauh lebih besar. Belum lagi pakai ISO 4000. Cuma meluruskan aja, cmiiw (correct me if I’m wrong). 🙂

    Koh Herry: Coba kalau LG rilis G3 dengan varian resolusi layar lain, prefer 1080p. Untuk meminimalisir lag dan menambah daya baterai. Karena resolusi layar segini menurut saya… percuma. (personal opinion, dari pengguna layar 768p) :p

    1. Pak Prasetyo,

      Setuju. Dengan layar 5,5 inci, mata kurang bisa merasakan sensasi layar Quad HD. Kecuali, memang sengaja dicermati dengan konsentrasi penuh ya. Layar full HD mestinya sudah memadai.

  14. Wah terimakasih pak review G3 nya 🙂
    Pak Herry, tolong di reviewkan dong Sony Xperia Z2 nya hehe. Oh iya pak, untuk remaja (saya umur 14 tahun) lebih cocok Xperia Z2 atau LG G3 ya pak? Berhubung orang tua saya menawarkan diantara 2 itu tapi saya masih bingung pak. Terimakasih sebelumnya 🙂

    1. Bu Sania,

      Saya belum pernah mencoba Xperia Z2. Jadi, belum bisa review. Karena itu pula, saya belum bisa menjawab pertanyaan Anda yang kedua. Dugaan sementara sih G3 lebih cocok.

  15. untuk yang pakai G3, sudah terbit update software minor, perbaikan bug dan kawan kawan, berhubung minor jadi masih di 4.4.2 tapi dengan varian software V10e (saat ini V10a)

    silahkan ke bagian update centre, besaran sekitar 45mB

    1. Pak EnWui,

      Ya, kemarin saya dapat notifikasi update. Namun, mungkin server LG sempat overload ya. Berkali-kali proses unduh putus di tengah jalan. Padahal, koneksi internet baik-baik saja. Akhirnya saya baru berhasil melakukan update pada tengah malam.

  16. Pak hsw..maaf mau kasih saran..bagaimana kalau review itu dikasih nilai..dari segi design.performance.harga.fitur dll…oh ya pak bentar lagi akhir tahun kan..cb pak hsw bikin list the best smartphone versi Bapak..mulai dari high.midle n low class….maaf pak cm saran lho karena review pak hsw itu netral tanpa mihak vendor jadi lebih apa adanya..kalau baik ya baik kalau jelek ya jelek he..he…terima kasih sebelumnya..

    1. Pak Sakti,

      Terima kasih atas masukannya.

      Soal pemberian nilai, saya takkan melakukannya. Untuk memberikan nilai, idealnya ada perhitungan sangat detail yang harus dilakukan. Tidak bisa langsung tiba-tiba muncul angka atau nilainya.

      Tentang daftar ponsel terbaik per tahun, saya akan pertimbangkan.

  17. Pak Herry SW, maaf agak OOT kalau saya ingin move on dari android namun budget saya terbatas apakah lebih baik saya meminang blackberry Z3 atau Nokia Lumia 630? mengingat keduanya berada di range 2 jutaan terima kasih sebelumnya

    1. Pak Dit,

      Kalau sama-sama sesuai dengan harga ritel resminya (Rp 2,199 juta vs Rp 1,999 juta), saya merekomendasikan Anda memilih Z3 saja. Masalahnya, harga Z3 saat ini sedang bergerak liar. Ada penjual yang mematok harga sampai Rp 2,8 juta.

    1. Pak Tomy,

      Saya sebutkan beberapa ya.
      * LG G2 Mini Rp 3,299 juta.
      * LG L70 Rp 2 juta.
      * Sony Xperia E1 dual Rp 1,5 juta.

      Review tiga ponsel itu telah saya unggah ke blog ini. Silakan mencarinya dengan memanfaatkan kolom pencarian di sisi kanan atas halaman ini.

  18. Pak Herry,

    Dengan bezel tipis, saat kita genggam apakah layarnya sering bereaksi spt kena touch? Karena dengan menggenggam, sebagian kulit kita akan menyentuh pinggir layar krn bezelnya tipis.
    Hal ini sering saya alami pada Andromax V saya.

    Thanks.

    1. Pak Iwan,

      Sejak kali pertama memakai G3 sampai malam ini, saya belum pernah mengalami layar bereaksi sendiri gara-gara tak sengaja tersentuh saat saya menggenggam G3.

  19. Pak Herry, Mo numpang tanya donk.. td saya liad LG L7 II hanya Rp 1 jt pas di mall.. kebetulan budget saya juga segituan.. mnurut bapak oke ga kalo diambil? ada alternatif lain yg sekelas?
    Thx

    1. Pak Danny,

      Saya belum pernah mencoba LG L7 II. Namun, kalau memang ada penawaran L7 II baru dan bergaransi resmi dengan harga Rp 1 juta pas, menurut saya, langsung disambar saja. Sudah mantap banget tuh harga segitu dapat L7 II baru.

  20. Pak Herry, saya berniat mengganti iphone 5 saya, lebih worth it ke LG G2 atau LG G2 mini atau LG G3 atau Xperia Z2? Saya perlu yg kualitas kameranya sama dg Iphone 5 saya, trmks

    1. Pak/Bu Adele,

      Kalau tidak keberatan dengan tipe lama, baterai tanam, dan tanpa microSD, yang saat ini harganya sudah paling masuk akal: LG G2.
      Kalau harus tipe keluaran terbaru: LG G3.

    1. Bu Cathlin,

      Harga ritel resmi awalnya Rp 6,999 juta. Seiring dengan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, harga naik menjadi Rp 7,199 juta.

      Itu harga ritel resminya ya. Harga pasar saat ini sekitar Rp 6,8 juta. Barang telah tersedia di pasar sejak akhir Juni 2014.

  21. G3 update software ke versi 10G … minor update Power Optimization dan Google Patch, LG sekarang gak kayak LG dulu ya g hampir gak pernah di urus abis dijual

    1. Pak EnWui,

      Terima kasih atas informasinya. Saya malahan baru tahu tadi pagi, saat melakukan pengecekan secara manual. Iya, dalam hal update firmware, LG tampaknya sudah berubah ke arah yang jauh lebih baik.

  22. Pak herry mau tanya
    1.jika kita menerima hp lg g3 msh dalam keadaan tersegel apakah garansi masih berlaku jika ad kerusakan…karena biasanya kalau beli ditoko dicoba dulu didpn kita
    2.harga yg cck lg g3 second pemakaian 1 bln berapa mnrt bapak..barang masih mulus..minus nota pembelian
    3.gimana cara membedakan lg g3 asli dan yang palsu
    4.fitur apa aja yg wajib dicoba saat beli lg g3 second
    makasih ya pak..maaf banyak tanya..moga2 pak Hsw sehat selalu

    1. Pak Sakti,

      1. Garansi tetap berlaku.
      2. Rp 6 juta sampai Rp 6,2 juta.
      3. Sejauh ini belum ada LG G3 palsu. Yang banyak palsunya itu ponsel Samsung.
      4. Cek kondisi fisik. Kalau lolos, cek layar sentuhnya. Sentuhlah di berbagai area. Setelah itu baru dicoba bertelepon, SMS, Wi-Fi, bluetooth, kamera, dll.

  23. Selamat Siang Pak Herry S.W.

    Saya sangat tertarik dengan review Bapak soal LG G3. bahkan saya seperti “terprovokasi” untuk membeli karena sampai sekarang saya belum memutuskan beli hape apa untuk mengganti gemini 3g saya yang sudah tidak mampu memenuhi tuntutan kebutuhan saya menggunakan gadget.

    mohon pencerahannya, mengingat spesifikasi yang “mirip” dari sisi prosesor dan dimensi + kualitas layar, tapi dengan harga yang lebih murah pada oppo find 7, mana yang lebih worth to buy betwen oppo find 7 and LG G3? mengapa?

    1. Pak Indra,

      Saya belum pernah mencoba Oppo Find 7 sehingga belum mengetahui kinerjanya. Terlepas dari kinerjanya yang entah bagus atau tidak itu, saya merekomendasikan Anda tidak membeli ponsel merek Oppo dengan alasan:

      1. Harga jual terlalu tinggi.
      Harga jual semua ponsel Oppo cenderung terlalu mahal dibandingkan rata-rata merek lain dengan spesifikasi setara. Salah satu pemicunya, Oppo berusaha memikat toko dengan persentase keuntungan yang sangat besar. Keuntungan menjual satu unit ponsel Oppo bisa mencapai lebih dari Rp 1 juta. Itu hanya dari menjual satu unit ponsel lho.

      2. Layanan purna jual masih meragukan.
      Bahkan, sikap petugas di pusat perbaikan resmi pun bukan mustahil sangat konyol. Ini salah satu contoh nyatanya http://www.suarapembaca.net/report/reader/856653/dua-minggu-hp-oppo-mati-total

      3. Tidak mengaku merek Tiongkok.
      Oppo adalah ponsel merek Tiongkok buatan Tiongkok. Praktiknya, promotor Oppo seringkali tidak mengungkapkan hal yang sebenarnya. Mereka paling sering menyatakan bahwa ponsel Oppo berlisensi Amerika dan dibuat di Tiongkok alias sama dengan iPhone.

      Bila konsumen kompak menolak ketidakjujuran tersebut, penjualan Oppo akan menurun, dan lama kelamaan mungkin akan berubah sikap menjadi jujur atau sekalian angkat kaki dari Indonesia. Jadi, mari kita bersama-sama tidak membeli ponsel Oppo.

      4. Masih ada aneka “borok” lain yang suatu saat akan saya buka.

  24. Harap sabar ya pak..mau tanya lagi
    1.Apa bedanya garansi resmi Lg Ma garansi TAM
    2.Kalau garansi Tam..dmn kita bisa klaim jika terjadi sesuatu dengan hp kita…makasih

    1. Pak Sakti,

      1. Distributor resmi ponsel LG ada dua. Pertama, TAM alias Erajaya. Kedua, MTS alias Transel alias Telesindo. Ponsel yang dijual oleh dua distributor itu sebenarnya sama-sama bergaransi resmi LG Electronics Indonesia (LGEIN).

      Nah, penjual kadang menyebut LG garansi TAM. Itu maksudnya ponsel LG bergaransi resmi LGEIN yang didistribusikan oleh TAM. Kalau LG garansi Telesindo maksudnya ponsel LG bergaransi resmi LGEIN yang didistribusikan oleh Telesindo.

      2. Tetap di pusat perbaikan resmi LG.

  25. Selamat Siang Pak Herry S.W.

    Selamat pagi Pak Herry.

    terima kasih quick respon-nya.
    sebenarnya saya sekarang sedang galau tingkat dewa, antara membeli G3 atau note 3 neo. memang tampaknya tak sekelas sih mereka itu. teman saya memakai note 3 neo, dan jujur saja, itu dapat menunjang pekerjaan kami dengan fungsi coret2nya. tombol back dan home -nya ada di bezel di luar screen, sedangkan G3 ada di dalam screen yang sebenarnya mengurangi bentang 5,5nya itu. secara kinerja, saya belum tahu mana yg lebih handal ketika sudah saya gunakan. karena saya termasuk tipe pengguna yang mengoptimalkan fasilitas dalam gadget.
    mohon masukannya Pak Herry, wich one? note 3 neo or G3?

    1. Pak Indra,

      Saya belum pernah mencoba Galaxy Note 3 Neo. Sekadar menyentuh pun belum pernah. Namun, setahu saya, Galaxy Note 3 Neo itu kan di bawah Galaxy Note 3. Padahal, Galaxy Note 3 dalam penilaian saya terasa kurang gegas. Wi-Fi Note 3 juga kurang andal.

      Kuncinya, menurut saya, di satu hal. Apakah Anda perlu coret-coret memakai stylus? Kalau tidak, silakan ambil G3. Kalau perlu stylus, berarti Anda sebaiknya membeli seri Galaxy Note, entah mau yang tipe mana.

  26. Apa memang benar kalau LG G3 tahan air? Soalnya saya pernah lihat di youtube kalau LG G3 bisa tahan sampai 2 jam didalam air, akan tetapi waktu saya searching spesifikasi di google tidak ada dikatakan kalau LG G3 tahan air. Mohon penjelasannya.

    1. Bu Selvin,

      Tidak benar. LG G3 tidak memiliki sertifikasi IPxx sehingga seharusnya bukan didesain untuk tahan air. Kalau Anda mau mencoba mencelupkan G3 ke dalam air ya silakan saja. Saya tak bisa melarangnya. Namun, segala kerusakan menjadi tanggungan sendiri ya.

  27. Pagi pak Hsw..saat kita beli hp baru..sebaiknya lgsg dipake ap di cas dulu….ketika batrai sdh full sebaiknya langsung di cabut ap harus dicas 6-8jam kaya hp jaman dl..thx before

    1. Pak Afin,

      Yang paling ideal adalah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. LG G3-nya sendiri kompatibel dengan kartu microSD berdaya tampung sampai 128 GB.

    1. Pak Bagus Indra,

      Ya, masih layak beli. Hasil jepretan kamera lebih bagus dan lebih nyaman digenggam. Oh ya, harga juga lebih murah.

  28. salam kenal, mau tanya Pak Herry terkait Hp LG G3, apakah benar body bezer LG G3 mudah retak, yakni sekitar bagian Microphone?
    Saya sudah kepingin beli LG G3 LTE, tetapi setelah ada sebagian pengguna LG G3 mengeluhkan pada body bezer LG G3 mudah retak, terutama bagian Microphone, saya jadi agak ragu untuk membelinya.
    tolong masukkannya.

    1. Pak Dian Aditya,

      Ya, kondisi itu dialami sebagian pengguna G3. Namun, hal tersebut termasuk dalam garansi kok. Ada beberapa pengguna G3 di Indonesia yang sudah melakukan klaim garansi dan mendapatkan penggantian secara gratis.

      Btw, maaf, saya tidak melayani permintaan jawaban via email.

    1. Pak Dian Aditya,

      Retaknya itu kecil seperti sehelai rambut. Sebenarnya tidak mengganggu fungsi. Namun, karena bisa diklaim garansi dan gratis, lebih baik lakukan klaim.

      G3 yang berpotensi mengalami retak konon hanya keluaran awal.

  29. Dear Pak Herry,
    Pak, aku sekarang pake LG Nexus 5, berencana untuk ganti ke LG G3, menurut bapak layak gak?
    Mengingat spesifikasinya beda tipis…

    Terima kasih

    1. Pak Alvo,

      Tergantung alasan gantinya karena apa dulu. Kalau ingin yang kameranya lebih bagus, silakan berganti ke G3.

  30. Dear P. Herry,
    Alasan saya yg utama sebenarnya adalah ingin expand storage, Nexus 5 kan tidak ada slot microsdnya. Sekarang mulai terganggu karena keterbatasan storage yg cuma 16gb. HAHA.
    Kalau secara overall, layak tidak pak ganti ke LG G3?
    Menurut Bapak bagaimana?

    Terima kasih

    1. Pak Alvo,

      Saya lebih memilih G3. Alasannya, buat saya kenyamanan total lebih penting daripada kemampuan tahan air.

  31. Pak Herry, kira2 mana yang lebih bagus antara LG G3 dan xperia Z3 compact? Atau antara LG G3 dengan xperia Z3? Mohon pencerahannya ya Pak. Thanks

    1. Pak Donnie,

      Dua ponsel itu sama-sama menarik. Panduan pemilihannya begini:

      * Kalau ingin layar lebar, baterai bisa dilepas, kamera cepat dalam menjepret, dan dapat difungsikan sebagai remote control televisi, pilihlah G3.

      * Kalau ingin yang lebih nyaman digenggam, baterai lebih awet, dan tahan air, pilihlah Xperia Z3 Compact.

      Saya belum pernah mencoba Xperia Z3. Jadi, belum tahu perbandingannya gimana. Karena Xperia Z3 Compact relatif mirip dengan Xperia Z3, terus terang saya tidak terlalu bernafsu mencicipi Xperia Z3.

  32. Salam Pak Herry, dah lama lagi tidak bicara, pak. Hahahaha.
    Kebetulan akhirnya saya move on dari Lenovo K860 kesayangan dulu untuk ganti ke LG G3 ini gara-gara udah ga tahan ama lagging dan lemotnya waktu ngetik keyboard. Melihat perbedaan kinerjanya, sepertinya Exynos serasa tidak ada apa-apanya dibanding Qualcomm (meskipun CPU clock nya beda tapi untuk sekitar homescreen saja kan tidak perlu clock CPU tinggi). Hahahaha. Tapi RAM nya ini ketika HP baru nyala memang hanya tersisa hampir 1 GB saja ya, pak ?

    Tapi saya merasa beberapa yang aneh, pak. Di beberapa review HP entah blog maupun review video, orang-orang mengatakan bezel bawah G3 apa mudah beret ya, pak ?

    Kemudian mengenai kamera yang 13 MP + fitur laser itu, kok menurut saya dibanding hasil gambar saya dari K860 dulu kok hasil G3 ini sedikit di bawah K860 yang hanya 8 MP ya, pak ? Padahal di G3 ini saya sudah pasang resolusinya 10 MP (bukan 13 MP karena saya lebih suka resolusi widescreen).
    Kemudian fitur HDR nya itu pengertian dan fungsinya apa ya karena saya tidak bisa membedakan hasilnya ketika HDR baik ON maupun OFF.

    Kemudian selama pemakaian dulu Pak Herry apa pernah merasakan bagian belakang HP kerasa panas ya, pak ? Kalo untuk dibuat game berat rasanya sih normal saja, tetapi sekali pernah itu hanya browsing & chatting, terasa panas (tapi tetap hold-able kok).

    Lalu mengenai battery life ini G3 versi 16GB ini memang termasuk cepat ludes ya battery nya ? Saya pakai chatting, sosmed, dan browsing menggunakan hanya data connection XL itu battery 100% dari jam 7 pagi sampai jam 8an malam habis tinggal hampir 20%, belum lagi kalo hendak bermain game.
    Lalu untuk masalah battery ini menurut pak Herry lebih recommend untuk menggunakan powerbank (powerbank yang saya punya outputnya 1200 mAh, padahal output charger original nya G3 ini 1800 mAh) atau battery dock ? LG apa juga mengeluari produk battery dock untuk G3 ya ? Harga umum battery dock original itu biasanya berapaan ya, pak ? (yang isinya 1 battery ori + 1 charger battery nya).

    Terima kasih.

    1. Pak Rianto,

      Anda ini pakai G3 yang RAM 2 GB kan? Di G3 saya, saat ponsel masih segar, sisa RAM malahan hanya 645 MB.

      Setahu saya, bukan bezel bawah mudah beret, melainkan crack alias retak rambut. Hal itu terjadi di sebagian G3 keluaran awal. Kalau mengalami hal itu, tinggal dibawa ke pusat perbaikan resmi LG untuk mendapatkan penggantian casing secara gratis. Bila Anda baru membeli G3, seharusnya tak ada lagi problem tersebut.

      Soal hasil kamera, apakah sudah coba dipindahkan ke laptop/PC dan dicermati hasilnya di layar yang sama, Pak? Jadi, bukan mengacu kepada tampilan di layar ponsel.

      Beralih ke HDR. Mode HDR bermanfaat kala Anda melakukan pemotretan dengan pencahayaan yang kontras. Misalnya, memotret orang yang berdiri di depan jendela mal. Bila mode HDR aktif, sekali menekan tombol shutter, ponsel sebenarnya akan menjepret tiga foto. Satu foto dengan pencahayaan normal, satu underexposed, dan satu overexposed. Ketiganya lalu digabungkan otomatis.

      Di G3, ada tiga pengaturan mode HDR yang bisa dipilih pengguna. Yaitu, off (berarti selalu nonaktif), on (selalu aktif), dan auto (otomatis aktif bila dibutuhkan).

      Kalau Anda merasa hasil foto saat HDR on dan off tidak berbeda, mungkin saat itu objek/lokasi pemotretan kurang kontras.

      Sebentar… saya istirahat minum dulu ya.

      Lanjut. 🙂

      Soal bagian belakang terasa panas, yang saya rasakan hanya hangat. Frekuensi hangat berkurang setelah ponsel mendapatkan update firmware.

      Terkait baterai, saat saya pakai maksimal bertahan 14 jam. Kebanyakan sih di rentang 12-14 jam alias lebih boros daripada LG G2. Konon konsumsi baterai di LG G3 dengan RAM 3 GB jauh lebih hemat. Kebetulan ada teman saya yang pernah memakai G2, G3 RAM 2 GB, dan G3 RAM 3 GB. Kata dia, yang paling hemat baterai adalah G3 RAM 3 GB dan disusul G2. G3 RAM 2 GB yang paling boros.

      Bebas sih mau pakai power bank atau battery dock. Kalau pakai power bank seperti yang Anda sebutkan, proses charging akan lebih lama karena output power bank Anda lebih kecil daripada output charger bawaan.

      Saya pernah menanyakan soal battery dock (sering disebut sebagai external battery charger) dan baterai cadangan di pusat perbaikan resmi LG. Mereka tidak menjual battery dock. Yang mereka jual hanya baterai. Saya lupa harganya Rp 199 ribu atau Rp 299 ribu.

  33. Iya pak saya pakai yang RAM 2GB kok. Ya segituan pak, pokoknya ga sampe 1 GB sisa RAM yang available pokoknya.

    Apabila crack, berarti apa tampilannya seperti hampir terbelah dua gitu ya, pak ? Setahu saya HP itu kalo body yang bermasalah kok seringnya entah “cuil” atau beret. Ini pertama kali saya dengar bisa adanya retak di HP, apalagi kalo retak halus, bagaimana cara mbedakan dengan beret halus ya. Lalu kalo misal retak halus ini orang-orang mengklaim ketika baru buka segel HP atau sesudah pemakaian HP beberapa waktu ya ?

    Sebenarnya kalau masalah warna memang menurut saya sedikit lebih baik daripada Lenovo K860 saya dulu, cuma karena saya berprofesi mahasiswa kan saya sering memfoto tulisan / catatan di kertas, nah K860 ini bisa fokus pada tulisannya sangat tajam bahkan meskipun dizoom tetap terlihat jelas. Sedangkan G3 ini kok ketajamannya biasa-biasa saja padahal saya sudah mencoba yang focus on click, maupun touch-shoot nya. Kalau foto pemandangan atau landscape sih memang bagusan G3.

    Wah yang HDR ini saya masih kurang mudeng pak, maksudnya underexposed dan overexposed itu apa ya, pak ? (Seinget saya salah satu dari dua kata tadi itu merupakan nama album dari Maroon 5. Hahahaha)
    Oh iya mengenai kamera saya lupa tanya juga, fitur laser itu fungsi utamanya untuk bagaimana ya, pak ? Itu memang tidak ada setting nya ya minimal untuk ON/OFF gitu ?

    Monggo minum, pak. Saya ambil permen dulu sekalian 😀

    G3 yang RAM 3GB itu memangnya apa termasuk barang official juga ya ? Apakah firmware yang digunakan memiliki versi yang sama juga dengan yang RAM 2 GB ? Perbedaan battery life nya sampe berapaan ya, pak ?

    Terima kasih.

    1. Pak Rianto,

      Kalau crack, bakal terlihat seperti ada garis tipis gitu. Jadi, jangan membayangkan ponsel sampai terbelah dua dan mangap besar begitu.

      Khusus yang beredar di Indonesia, ini kasus kedua yang saya temukan sih. Sebelumnya bodi Lenovo A706 milik teman juga bisa retak sendiri. Retaknya malahan lebih parah. Kelihatan banget. Kalau yang di G3 ini baru terlihat kalau dicermati dengan seksama.

      Kalau kasus geripis di tiga sisi, selama mencoba ratusan ponsel, baru saya temukan di Asus Zenfone 4.

      Untuk membedakan dengan baret halus, kalau diraba biasanya ketahuan. Yang retak akan terasa nggerenjel. Ehm… apa ya bahasa Indonesianya. Tidak benar-benar rata gitu deh.

      Underexposed itu maksudnya tingkat pencahayaan lebih rendah daripada seharusnya/normalnya. Kalau overexposed berarti tingkat pencahayaan melebihi kondisi normal.

      Fitur laser itu tidak kasat mata. Ia bermanfaat untuk melakukan focusing yang lebih cepat. Tidak ada pengaturan di menu kamera.

      Ya, sekarang G3 RAM 3 GB telah masuk resmi ke Indonesia. Dulu, saat saya me-review G3, yang beredar resmi di sini baru G3 RAM 2 GB. Saya tak tahu versi firmware-nya sama atau berbeda.

      Detail perbedaan battery life-nya tidak saya tanyakan kepada teman saya. Kalau mengacu kepada ceritanya, hitung-hitungan kasarnya sepertinya beda sampai kisaran 50 persen.

  34. Oh iya iseng tanya OOT pak Herry,
    Pak Herry apa sudah mencoba Android (entah merk apapun) yang sudah menggunakan OS Lollipop ? Perbedaannya dibanding KitKat yang signifikan di bagian apanya ya, pak ?
    Biasanya perubahan jenis OS apa juga bisa mempengaruhi battery life ?
    (kalo saya selalu ujung-ujungnya battery life. Hahahaha)

    Terima kasih.

    1. Pak Rianto,

      Saya kebetulan belum pernah mencoba Lollipop. Jadi, belum tahu bedanya apa saja.

      Beda versi firmware (tidak harus major update seperti dari KitKat ke Lollipop) bisa berpengaruh terhadap daya tahan baterai.

  35. Ah gakpapa pak pake bahasa Jowo setengah gaul gitu, saya juga asli Surabaya kok.
    Hahahaha.

    Sudah sekitar sebulan masih mulus sih bezel bawah saya, mungkin udah produksi yang baru ya, pak.

    Wah perbedaan battery life bisa sampai sekitar 50% antara G3 16GB dan 32GB ??? Kok bisa sampai begitu ya, pak ? Apakah yang 16GB ini produk iseng-isengan LG ato progal (produk gagal) nya LG ??

    Oh iya pak saya kok pernah ya G3 saya hanya sedang chatting via BBM (aplikasi lain tidak ada yang jalan) itu G3 saya tiba-tiba terasa hangat begitu. Sesudah saya berhenti chatting, lalu saya taruh G3 nya kembali dingin. Apa BBM ini begitu berat ya ?

    Dengar-dengar G3 ini dapat update lollipop udah sampai di Indo ya, pak ? Saya baca beberapa web ada yang ngomong gitu tapi saya belum sempat tanya ke LG sendiri mungkin Pak Herry tau ?

    Terima kasih.

    1. Pak Rianto,

      Karena Anda baru beli, kemungkinan memang sudah dapat yang batch produksi baru.

      Soal perbedaan battery life, saya rasa bukan masalah 16 GB atau 32 GB-nya. Perbedaan kapasitas RAM (2 GB vs 3 GB) yang diduga lebih berpengaruh. Di G3 dengan RAM 3 GB, ponsel tidak dipacu terus bekerja keras sehingga konsumsi baterai lebih hemat.

      He… he… yang 16 GB itu bukan produk iseng atau produk gagal. Lebih ke variasi produk deh.

      BBM memang cukup berat.

      Coba dicek langsung dari menu software update saja, Pak. Kalau memang sudah muncul Lollipop yang resmi, di layar bakal muncul notifikasi.

  36. Kalo perbedaannya di masalah RAM sih masuk akal juga ya, pak. Tapi kalo dilihat dengan ukuran segini ternyata bisa lebih muat yang RAM 3 GB mengapa harus dibuat versi 2 GB dulu.

    Ya selama ini kalo dilihat RAM sih yang paling berat ya BBM beserta Facebook itu paling berat, dan sayangnya saya memerlukan kedua aplikasi itu setiap saat.

    Lapor juga, pak. LG G3 saya ternyata beneran dapat update Lollipop secara OTA (dari settings doang).
    Sebenarnya biasanya orang-orang sih berkata “YAY” kalo ada update terbaru begini lalu dapat yang paling pertama (bahkan setahu saya perangkat Samsung belum dapat Lollipop). Tapi menurut saya sendiri sih jujur malah saya tidak suka. Mengapa ? Biasanya makin pertama dapat, malah menjadi kelinci percobaan OS baru deh. Buktinya di beberapa website, atau reviewer HP di Yutup mengatakan beberapa bug yang terdapat pada OS baru ini, salah satunya yang menjadi sorotan saya adalah battery nya yang LEBIH cepat ludes lagi, dan perangkat yang sering menjadi hangat.
    Dan kenyataanya, rumor diatas tadi itu betul terjadi, pak ! Ini baru saja sesudah setengah jam saya update dan pakai terasa persis seperti rumor di atas, dan langsung saya komentarin di sini.
    Tampilannya sih sama persis karena UI nya ya sekitar 80% sama aja seperti waktu KitKat dulu, perbedaannya ada di penambahan animasi-animasi seperti waktu Clear tab di notification bar, di recent apps, dan softkey di bawah handphone.

    Mungkin bagi pemilik LG G3 lainnya yang berpikiran seperti saya, sekedar saran saja lebih baik jangan update dulu HP nya ke Lollipop kecuali benar-benar ingin demi ajang pameran saja, karena secara fitur belum ada perubahan yang signifikan dan worth dari Kitkat selain penambahan animasi. Untuk OS masih lebih stabil firmware paling dari update paling akhir milik KitKat. Untuk info juga nama update yang didapat dari OTA itu untuk berubah ke Lollipop adalah update v20f_dec_22 sebesar 500 MB-an. Di sana sayangnya tidak dijelaskan dengan detail isi dari update tersebut, hanya mengatakan “OS update” yang menurut saya kurang komunikatif dan detail padahal saya sudah mewanti-wanti tidak mau mengupdate G3 saya ke Lollipop sampai beberapa bulan sejak tersedia pertamanya Lollipop, tapi karena kurang detail-nya penjelasan di update log nya akhirnya saya “tertipu” juga. Semua ini hanya opini saya sih.

    Semoga tim LG cepat memberikan update firmware baru untuk membenarkan masalah-masalah ini. Btw setahu Pak Herry apa ada cara untuk mengembalikan Android ke firmware atau Os yang lebih lama ya, pak ?

    Terima kasih.

    1. Pak Rianto,

      Saya jawab satu per satu ya.

      1. Sejak awal muncul, G3 sebenarnya tersedia dalam dua varian: RAM 2 GB + ROM 16 GB dan RAM 3 GB + ROM 32 GB. Saya menduga untuk menekan harga jual perdana, LG Electronics Indonesia memilih memasukkan varian pertama.

      2. Wah, sudah beneran ber-Lollipop ya. Kalau usai melakukan major update seperti itu, ponsel sebaiknya di-factory reset. Biar kondisinya benar-benar segar.

      3. Standarnya tidak bisa downgrade firmware. Namun, kalau dioprek, saya yakin bisa. Entah detail caranya bagaimana. Saya tak pernah melakukannya. Sekadar root pun tidak saya lakukan kok.

    2. pak Herry, Saya sudah beli G3 yg 3 GB, dgn harga 6.799.000.00. Hari minggu kemarin ada cashback 700.000.00
      tetapi ada info dari beberapa situs, bahwa G3 suka mati tiba2. apa ini benar, apa semua produk G3 begitu atau hanya hanya produk G3 sebagian?

      1. Pak/Bu Dian Aditya,

        Saya malahan baru dengar kalau ada kasus G3 tiba-tiba mati. Selama ini saya belum pernah mendapatkan keluhan itu dari pengguna G3, baik yang RAM 2 GB maupun 3 GB.

          1. pak Herry, kenapa ya LG3 Yg 3 GB, baru di dipakai 10 menit, bagian belakang terasa agak panas. padahal saya tdk menonton film2 yg panjang dan tdk bermain games yg berat2.
            bagaimana cara mengatasinya?

          2. Pak Dian Aditya,

            Baru kali ini saya dapat pertanyaan G3 RAM 3 GB terasa agak panas. Kalau di G3 RAM 2 GB, hal itu sempat dikeluhkan beberapa pengguna. Hal tersebut dialami oleh pengguna awal G3 RAM 2 GB. Setelah mendapatkan update firmware, masalah serupa sudah berkurang signifikan. Ponsel hanya sesekali terasa agak hangat kala aktif melakukan akses data, padahal kondisi jaringan operator GSM yang dipakai sedang setengah mabuk.

            Terkait G3 RAM 3 GB Anda, mungkinkan hal itu terjadi karena ponsel sedang aktif melakukan sinkronisasi data via internet dan sinyal sedang kurang stabil?

  37. Factory reset cukup yang dari Settings -> Backup and reset itu saja kan, pak ?
    Kalo menggunakan *2767*3855# itu juga sama saja kan ?
    Atau harus masuk ke Recovery sekalian ya ?
    Ini soalnya waktu update, semua app langsung “dioptimasi” masuk ke Lollipop sih.

    Ah iya pak kalo dioprek mah segalanya juga bisa sih, tapi sayang harga segini kalo dioprek, pak. Hahahaha

  38. Pak Herry, Hp G3 saya, cover belakang klu di pakai sekitar 10 menitan, terasa agak panas, pemaian normal. apa itu normal atau tidak pengaruh dengan G3 saya. padahal saya tidak bermain games yang filenya besar.
    apa ada solusinya?

  39. Pak Herry iseng tanya pak, barusan kemarin itu LG G3 saya ada update software baru ternyata update firmware aja nah kalo cuma update versi firmware bgini apa perlu factory reset lagi ya, pak ?

    Kemudian Android One itu maksudnya gimana ya, pak ? Bedanya ama Nexus gimana kan sama-sama anak kandung nya Google. Apa Android 5.1 cuma ada di Android One dan tidak / belum tersedia di Android yang umum ?

    Terakhir pak, tablet Acer 811 yang dulu pak Herry “makcomblan-in” kan saya suka sekali, tapi ternyata sudah setahun lebih gini tombol On/Off nya tuh masuk “ndelep” gitu tapi kalo tersentuh masih bisa responsif tapi kan juga nda enak, pas diminta dicek eh harus ganti se-motherboard alias ganti baru semua kan ya rugi, pak. Pak Herry apa ada saran tablet 8 inch yang lumayan murah sekitar 3 juta-an ato di bawahnya gitu jaga-jaga suatu saat tablet saya dah ga bisa tertolong lagi ? Saya cari pokoknya Quadcore entah MTK ato Exynos apapun, sama juga bisa masuk SIM card untuk internet aja tidak perlu telpon, dan ada slot microSD. Yang optional kalo bisa juga mampu USB OTG juga, dan layarnya resolusi 4:3 (yang mirip iPad tidak mirip Samsung yang layar cenderung memanjang).

    Terima kasih, pak Herry.

    1. Pak Rianto,

      Maaf baru bisa merespons pertanyaan Anda hari ini. Karena ada perpindahan server, pada 6 Februari 2015 pukul 00.01 sampai 8 Februari 2015 pukul 06.00 saya tak bisa membalas pertanyaan maupun memposting naskah baru.

      Kebiasaan saya, kalau ukuran updater-nya kurang dari setengah GB, saya melakukan factory reset. Namun, kalau ukuran updater-nya besar atau major update (misalnya, dari ICS ke Jelly Bean), saya akan melakukan factory reset.

      Android One itu menyasar pengguna pemula smartphone, Pak. Boleh dibilang ia ingin menjangkau orang-orang yang dulu pakai feature phone. Supaya tertarik mencoba smartphone, mereka ditawari smartphone berharga jual terjangkau yang “kelahirannya” dipantau Google.

      Android 5.1 baru ada di Android One, tetapi bakal menyusul ke ponsel lain.

      Usia tablet Acer itu sudah setahun lebih berapa bulan, Pak? Kalau baru lebih 1-2 bulan, mungkin masih ada solusi lain.

      Soal tablet delapan inci harga Rp 3 jutaan, saya belum ada rekomendasi.

  40. Mau tanya pak soal retak…
    Apa benar garansi untuk claim retak hanya 6 bulan saja…
    Saya kapan hari claim retak tapi kata SC nya dah ga bisa claim karena hanya di garansi 6 bulan… Dan termasuk kategori acessoris…
    Dan sebelumnya saya udah pernah claim retak sebelum 6 bulan dan sekarang retak lagi…

    1. Pak Ervin DP,

      Saya tak mengetahui apakah batasan klaim retak hanya selama enam bulan.

      Wah, bisa retak sampai dua kali ya. Biasanya setelah satu kali diganti casing bakal baik-baik saja.

  41. Selamat Malam Pak, saya pengguna LG G3, awal beli saya merasa sedikit kesal karena batrai LG G3 ini tidak sesuai dengan harapan, karena sebelumnya saya menggunakan Sony Z2 … Tapi bukan itu yg saya ingin tanyakan
    .
    Nah saya Root LG G3 saya akhirnya saya bisa menghapus beberapa aplikasi dengan Link2SD yang menurut saya tidak penting seperti Play Store, Google Service, cuaca bawaan, Google kontak, google musik, google play book, google play kios, google search, broser bawaan
    Lalu saya Unroot Hp saya
    Banyak perubahan ternyata Batrai lebih awet 40% dari sebelumnya
    Dan saya unroot setelah itu supaya garansi tetep ada … Namun saat saya iseng2 mau instal aplikasi dri Google ternyata tidak bisa berjalan selalu terhenti … hmmmm saya sekarang ada di Android 5.0 LLolipop bagaimana supaya saya bisa menginstal layanan google kembali ?

    1. Pak/Bu @Rana_DAcademy,

      Maaf, saya kebetulan tak pernah melakukan root. Jadi, saya tak mengetahui solusinya.

      Ini cuma dugaan saya: saat menghapus hal-hal yang dianggap tidak penting, services Google yang berhubungan dengan instalasi aplikasi ikut terhapus. Akibatnya, kini Anda tak bisa melakukan instalasi.

  42. Hai Om, mau tanya dong..
    Aq niatnya mau beli LG G3 32Gb second nih,,
    Bekas pemakaian 6 bulanan dan ktanya masih garansi LG resmi smpe Des 2015,,
    Yg aq mau tanyai, dia jualnya cuma 4,8 nett..
    Hrga segitu apa emang kemurahan atau mang secondnya dah dgtu ya??
    Msh agak ragu mau beli krena klo aq searching2 second 32Gb rata2 msh 5Jutaan,,
    Mohon infonya om,, Thankyu 🙂

    1. Pak Raisha,

      Harga segitu tergolong wajar sih. Tidak terlalu murah.

      Teman saya kemarin baru menjual G3 32GB juga. Karena ia lusa sudah pergi ke luar kota dan ingin segera laku, ponsel itu malahan dilepasnya Rp 4,3 juta saja.

  43. Oia om mau tanya lagi, kalau untuk membuat Folder di LG G3 gimana ya caranya?
    Kalau aq teken yg lama misalnya aplikasi Twitter dia langsung masuk ke home screen utama bikin foldernya di sana,,
    Sedangkan aku pengen bikin New Foldernya di dlm menunya bukan Home Screen aq liat di settigan kok ga ada pilihan Add folder kaya di samsul,,
    Mohon bantuannya ya Om,, Thankyuuuuuuuuuuuu 🙂

    1. Bu Raisha,

      Oh, mungkin ada sebagian pengaturan yang sudah berubah. Tahapannya secara umum begini:

      1. Masuklah ke apps drawer (halaman yang isinya ikon-ikon aplikasi). Tekan titik tiga di kanan atas layar. Pilih View apps by, lalu custom.

      2. Tekan titik tiga di kanan atas layar lagi. Pilih edit/uninstall apps.

      3. Nah, sekarang Anda tinggal menyentuh suatu ikon, lalu letakkan di atas ikon lain yang ingin dijadikan satu folder. Begitu seterusnya. Selamat mencoba.

    1. Pak Angga,

      Saya kebetulan tak pernah menguji dan membandingkan aneka kartu microSD. Saya pakai yang ada saja. Paling sering sih pakai merek Transcend dan Sandisk. Buat saya sih kapasitas 8 GB sudah cukup. Kalau Anda merasa kurang, silakan pakai yang 16 GB.

  44. Pagi Om, mau tanya lagi boleh? 🙂
    Apakah untuk produk handphone LG yang beredar di Indonesia langsung semuanya Made In Korea ya?? Atau ada yg Made in china..?
    Karena aq bli G3 baru ternyata Made In Korea,,
    Kalau utk samsul kn ada yg Made in Vietnam atau China sama kaya NOTE 2 aq dulu rakitan di Vietnam,,
    Mohon infonyaa.. Thx yaa

    1. Pak/Bu Raisha,

      Ponsel LG yang beredar di Indonesia tidak semuanya buatan Korea. Ada yang buatan negara lain juga kok. Misalnya, Tiongkok.

      Kalau Samsung, kini malahan ada yang buatan Indonesia. Lokasi produksinya di Cikarang.

  45. Trimakasi sblumnya. Maaf pak, saya mau bertanya.
    Jadi gini. Kmren ada pmberitahuan untuk mengupgrade software yg lbh bagus dr sblmnya. Kmdian saya upgrade. Tapi stlah upgradean software selesai. Saya merasa kurang puas dan tdk ssuai dg yg aaya inginkan. Yg saya tanyakan dsini bagaimana caranya biar software yg LG G3 saya bisa kmbali kayak semula. Trimakasii
    Minta saran n jawaban

    1. Bu Lailil,

      Normalnya setelah upgrade tak bisa downgrade.

      Apakah tak bisa diakali supaya bisa downgrade? Jawabannya bisa. Namun, terus terang saya tak pernah melakukannya. Saya juga tidak mengetahui langkah-langkah detailnya. Gambarannya, sistem operasi di ponsel Anda harus dibersihkan dulu semua, baru kemudian “disuntik” dengan versi firmware yang Anda inginkan.

      Kalau boleh tahu, upgrade yang baru saja Anda lakukan bersifat major atau minor? Yang dimaksud major, misalnya, dari KitKat ke Lollipop. Kalau major, usai upgrade idealnya Anda melakukan factory reset dulu.

  46. Siang pak,

    mau nanya nih, menurut pribadi pak Herry, lebih bagusan mana ? Z2 or G3 ?
    khusus nya dlm pemakaian berat seperti nontn video, sama main game emulator seperti PPSSPP ?
    lalu speaker G3 bagus tidak ? kalau di bandingkan dgn Z2 bagusan yang mana ?
    dan yg trakhir, saya baca di GSMarena, katanya G3 kalau di update ke Lollipop bakalan nge-lag dan makin boros battery nya, apa pak Herry sudah pernah mencobanya ?

    terima kasih

    1. Pak Julfri,

      Lebih bagus G3, dengan syarat G3-nya yang RAM 3 GB.

      Saya belum pernah mencoba G3 dengan OS Lollipop.

  47. Pa Herry ikutan nanya dong.. Mirip sm pertanyaan bpk2/ibu2 sebelum2nya.. Soal g3 yg di update dari kitkat ke lollipop terus pengen di balikin lagi ke kitkat. (Saya juga pengen dibalikin ke kitkat lagi.. Serius ????) Kalo di bawa ke service center nya LG langsung, minta di downgrade bisa ngga ya pa..? Ngga berani nekat nyoba2 ngoprek..ngerii. Mumpung masih garansi. Hehe
    Terus pa, soal font di aplikasi bbm/wa, kok bawaan nya jd standar ya..G berubah? Padahal udh setting font. Kenapa ya..? Kalo nama2 di folder atau di sms, tampilan font nya sesuai dgn yg udh di setting.
    Heran saya.. Pa, apa karena berubah ke lollipop gitu?aps quickmemo+ aja jd g jalan???? terus jg jd rada lama kalo pas startup. Waktu di kitkat,ngga gt.
    Mohon Bantu kasih saya pencerahan Pa Herry.. Makasih.

    1. Pak/Bu Widy,

      Seharusnya tidak bisa minta downgrade firmware. Namun, kalau mau mencoba keberuntungan, silakan mampir ke pusat perbaikan resmi LG. Siapa tahu sukses.

      Saya tidak memakai BBM. Kalau WhatsApp, jenis huruf memang tak bisa diubah.

      Saya belum pernah mencoba G3 dengan OS Lollipop. Jadi, tak tahu Quick Memo+ seharusnya jalan atau tidak. Logikanya sih tetap jalan. Lha di G2 Mini – Lollipop juga berfungsi normal kok.

      Ada satu pertanyaan dari saya untuk Anda. Dulu usai update dari KitKat ke Lollipop, apakah G3 Anda sudah di-factory reset? Kalau belum, lakukanlah segera.

  48. Ko, lagi galau utk ganti hape.

    Saat ini pake lenovo p780, dan masih puas dengan batrai 4000 mah nya. namun, RAM 1gb sudah ngga cukup lagi utk menampung apps yang mau ngga mau harus dipake utk keperluan komunikasi, kerja dan belajar. jadi tidak ada game dalam hape saya. Tahun lalu beli ram 1 gb terasa cukup. Sekarang, tidak lagi. Hape jadi luelet. gampang panas. dan seringkali message di LINE dan BBM ngga bisa masuk, karena smartphone kelolotan memori. Padahal baru pake setahun, dan fisik hape masi Oke.

    Telihat 2015 ini era smartphone 2 GB, ada yang murah meriah ala lenovo a7000, menengah asik ala p70 dan mi41, juga Asus. beli G3 second jadi alternatif saya, tapi jadi pikir pikir utk beli smartphone ram 2GB, jangan jangan setahun aja sudah ngga mumpuni menunjang aktifitas. Pengen Ram 3 atau 4 yang harganya masih sekitar 4.

    Nah, pertanyaan saya, menurut pengamatan Ko Herry, akankah smartphone dengan RAM 2 GB ini mumpuni untuk dipakai 2-3 tahun ke depan? Sementara ini belum ingin beranjak dari android, walau sempat ingin beralih ke sistem yang katanya lebih stabil di wndows/ios.

    Saat ini saya pakai smartphone untuk 3 email aktif, whatsapp, line, bbm, instagram, googledrive, dropbox, playbooks, juga maps.

    ada komentar atau rekomendasi gawai Ko?

    Makasih….

    1. Pak SasBud,

      Dengan kebutuhan Anda sekarang pun, idealnya Anda mencari ponsel Android dengan RAM minimal 3 GB deh. Sebab, aktivitas Anda tergolong rakus RAM.

  49. Om,,,kmrn sy tnya G3 baru harganya 5,5jt,,,,untuk saat ini masih layak beli ga? Semua varian G3 yg dijual di indonesia dual sim ga?

    1. Pak Awal,

      G3 untuk ukuran saat ini sudah kurang menarik sih. Lebih baik Anda menambahkan sedikit dana untuk meminang LG G4 bekas.

      G3 yang beredar resmi di Indonesia pasti single SIM. Kalau G4 pasti dual SIM.

  50. mohon info cara setting LG G3 untuk perpindahan semua data ke kartu micro sd soale ada tambahan kartu sd 32 gb trim

    1. Pak Sampurno Hadi,

      Anda tinggal masuk ke file manager lalu memilih data yang akan dipindahkan. Intinya, seperti memakai Windows Explorer di laptop/PC.

      File aplikasi tidak dapat dipindahkan. Yang bisa dipindahkan hanya file multimedia.

  51. mhon maaf saya mnta penjelasan.LG G3 stylush gmn caranya kalo ada sms atau panggilan masuk lampu bag belakang tidak nyala sperti mau ambil gambar.mhon bantuan nya.

    1. Pak Komarul Arifin,

      Tidak ada ponsel bernama LG G3 Stylush. Apakah yang Anda maksud G3 Stylus? Kalau iya, seingat saya, memang tak ada lampu yang menyala di belakang kala ada panggilan telepon atau SMS masuk.

  52. Pak Herry,
    Mau nanya untuk sekarang ini apakah masih worth it jika saya merekomendasikan teman saya membeli smartphone ini. Kalau tidak apa rekomendasi Bapak? Teman saya mencari smartphone dengan spesifikasi setara LG G3 ini, dengan kamera depan yang baik (5MP)dan budget maks 6 juta.
    Terima kasih Pak Herry 🙂

    1. Bu Arvina,

      Kalau begitu, sarankan teman Anda membeli LG G4 bekas saja. Masa edar G4 belum lama. Jadi, kondisi ponsel bekasnya seringkali masih bagus. Review LG G4 bisa Anda baca di blog ini.

  53. Pak Herry
    gimana yaa cara menanggulangi pemakaian batre yang berlebihan itu pak?? hape LG G3 16MB saya sering panas dan saya sering ngereebot hape saya, saya minta tolong saran dan masukannya pak
    makasih pak

    1. Pak Andy,

      Tingkat konsumsi baterai berbanding lurus dengan intensitas pemakaian. Kalau ingin baterai lebih hemat, intensitas pemakaian Anda harus diturunkan. Hapuslah aplikasi tambahan yang sudah tidak diperlukan lagi.

      Lah… mengapa ponsel Anda reboot? Aktivitas itu memakan daya baterai lho.

  54. Dear Pak Herry
    Apakah masih relevan dan tidak tertinggal untuk membeli LG G3 ( baru & garansi resmi ) untuk saat ini ? kalau tidak bisa di kasih saran untuk merek atau gawai andro yang lain
    Karena saya mau upgrade LG G2 mini saya .
    Thanks

    1. Pak Bambang Eko,

      Memperhatikan harga LG G3 baru saat ini, menurut saya, ponsel itu kurang menarik dilirik. Dengan dana yang sama, lebih baik membeli LG G4 bekas.

  55. Mlm Om Herry.. Sy pgn tanya masalah LG G3. Ini hp kan udah ckup lama sy pake, led flash kamera kok sepertinya g fungsi ya? biasanya kan waktu jepret nyala 2x, ini nyala yg pertama aja terang banget, lalu pas nyala kedua bareng bunyi klik nya kok redup bgt. alhasil gambar nya gelap, to klo g pake flash terang gambarnya. Ini emang error pada kamera atau ada imbas dari baterai jg? soalnya baterai hp sy ni udah minta adik.
    Makasih sebelumnya atas balasannya Om Herry..

    1. Pak Endie,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban. Sebab, hingga 18 Desember 2015 jadwal aktivitas saya sangat padat plus harus beberapa kali bepergian ke luar kota.

      Coba lakukan reset dari dalam menu kamera. Kalau masih bermasalah, tak ada salahnya Anda memeriksakannya di pusat perbaikan resmi LG. Biarpun masa garansi G3 Anda mungkin sudah habis, untuk pengecekan awal secara sekilas, pusat perbaikan resmi LG tidak memungut biaya kok.

  56. Halo Mas,

    Mau tanyain ni, utk LG G3 aq setelah beberapa bulan pemakaian ada retakan kecil di bagian eraphone bawah.
    Katanya bisa di claim ya? Kalo boleh info Service Center utk claimnya di JAKARTA dimana ya??? LGku belum sampai setahun pembelian,.
    Thanks. 🙂

    1. Bu Raisha,

      Di dekat lubang mikrofon ya? Kalau masih dalam masa garansi memang bisa klaim gratis.

      Saya tak hafal alamat lengkap pusat perbaikan resmi LG di Jakarta. Yang saya tahu ada di Panglima Polim dan Biak. Namun, detailnya saya tidak mengetahuinya. Pada hari dan jam kerja, silakan menelepon ke 14010 untuk menanyakaan alamat detail service center.

  57. Halo mas,
    nuwun advice dong..
    Ada clearance sale di sebuah gerai LG dan potong harga LG G3 menjadi 3.850.000. Kondisi baru bukan barang display.
    Untuk saat ini apakah masih layak untuk dibeli, mengingat dia launching tahun 2014, cth: bagaimana dengan update OS nya?
    Walau jika saya browsing dengan harga segitu memang sepertinya belum ada hp lain yang jeroannya mendekati LG G3.
    Terima kasih…

    1. Pak Yos80,

      Itu G3 yang RAM 3 GB atau RAM 2 GB? Kalau yang RAM 3 GB, silakan dibeli.

      Kalau ternyata yang RAM 2 GB, sebenarnya kurang menarik. Namun, harganya memang menggiurkan. Keputusan di tangan Anda.

      Update OS ponsel LG kini sudah jauh lebih baik daripada bertahun-tahun silam.

  58. Om HSW

    Maap membangunkan review lama

    Saya mau ambil G3 dual bekas (hongkong) dg asumsi spek kamera sama dg G3 yang umum dijual di Indonesia.

    Saya ingin membandingkan kamera G3 indonesia vs lenovo vibe shot

    Hasil jepretannya menurut om HSW bagus mana?

    1. Pak Yudi Eko,

      Pada mode otomatis setara. Vibe Shot unggul karena tersedia mode manual yang dapat menghasilkan foto lebih mantap daripada mode otomatis.

  59. Oiya sedikit saran saya

    Alangkah baiknya jika review hape satu dan lainnya ada 1-2 foto yang selalu menggunakan objek sama khusus u/ cahaya banyak & cahaya sedikit

    Jadi kita bisa membandingkan antara hape satu dan lainnya lebih mudah. Dan jika ingin menggali data lama lebih mudah.

    Trimakasih bnyak om HSW

  60. saya mau tanya
    apakah lg g3 ini masih rekomended kalo dibeli ditahun 2016 ini, soalnya ditempat saya ada yg jual seken tp barang massih bagus.
    kebetulan juga harga nya pas dikantong saya

    1. Pak Tahta,

      Tergantung Anda dapat harga berapa dulu. Kalau yang RAM 3 GB dan harga di bawah Rp 3 juta, masih boleh dilirik.

  61. harganya sih 2.65jt , versi ram 2gb/16gb
    kalo tanya2 temen sih katanya harganya bagus,
    kebutuhuan harian :
    saya sih bukan penggila game kelas berat, paling cuma coc doang pak + sosmed+browsing+musik
    saya juga penggemar layar dgn resolusi bagus, karna jujur redmi 2 saya skrg ini dgn resolusi HD nya, masih kurang enak dipandang mata saya pak

    kira2 dengan kebutuhan macem itu, masih worth kah beli seken lg g3 nya ?
    thanks

    1. Pak Tahta,

      Harga segitu sih terlalu mahal untuk LG G3 RAM 2 GB bekas. Ambang batas maksimalnya Rp 2,4 juta deh.

    1. Pak Irfhan Pratama,

      Dengan asumsi beli barang dalam kondisi sama-sama baru, mending beli LG G2 yang 32 GB. Harga Rp 2,6 juta.

  62. Soalnya sy sudh kadung beli g3 bekas 2.6 jt ram 2gb. Sedangkn g2 yg baru (segel) hrga 3 jt. Jika lebih rekomended yg g2 sy akan jual lagi g3 yg baru sy beli pak.. ? Mksihhh

    1. Pak Irfhan Pratama,

      Harga G2 – 32 GB baru dan bergaransi resmi saat ini Rp 2,6 juta kok. Kalau yang 16 GB lebih murah Rp 200 ribu.

      Kalau Anda sudah terlanjur beli G3 bekas, ya sudah pakai itu saja.

  63. Pak Herry, ini sudah sy pke LG G3 nya. Semua normal barang mulus pak. Yg mau sy tanyakan, knpa ngecasnya dri 20%-100% butuh wktu 4-5 jam ya pak??
    Apa yg harus sy ganti (kabel/adaptor/kabel & adaptornya? Dsni keterangan chargernya 1.8 A (kata yg jual original). Mksh master, smoga tambah sukses ?

    1. Pak Irfhan Pratama,

      Selama proses charging, ponsel dipadamkan total atau tetap dipakai?

      Seharusnya tidak selama itu kalau padam total. Entah sumber masalahnya di kabel, kepala charger, atau konektor di bodi ponsel.

  64. Pak Henry,

    saya venny, saya baru beli hp G3 bekas 16gb ram 2gb dengan harga 2.4 jt. pas saya pake hpnya mulai panas dan lama” dipake jd panas bgt..

    padahal ga buka aplikasi apa”/dimainin games, pas saya cek di pengaturan akun baterai ternyata ke pake buat screen 60%

    gmn ya pak caranya untuk bikin screennya jd lebih rendah?
    padahal saya udh atur brighnest jd 34%, tampilan lain udh saya non aktifin, sinkronisasi juga non aktif, pokoknya semua yg bisa menghemat baterai udh saya atur semua..tp tetep aja jd panas bgt.

    saya td juga udh ke service center LG, mekaniknya bilang itu bermasalah di baterai krn baterainya buatan 2014 harus diganti ke 2015, krn baterainya sudah mulai mempengaruhi kinerja hp.

    langsung saya minta diganti baterai baru tp tetep aja pas di ganti baterai baru tetep panas bgt pas dimainin.

    nah menurut saya sepertinya itu karena os lolipop, saya ingin downgrade os ke kitkat aja, apakah di service centre Lg bisa mendowngrade os lolipop ke kitkat? dan berapa biayanya kira”?

    atau lebih baik saya jual lagi hpnya?

    dan satu lagi pertanyaan saya pak, menurut bapak hp apa dengan harga dibawah 5 jt yg bagus/compatible untuk bisa main/nonton film pake Virtual Reality?

    Terima kasih

    1. Bu Venny,

      Oh, pertanyaan sebelumnya buat Herry tho. 🙂

      1. Intinya begini, saya menilai kondisi G3 Anda kurang normal. Kalau membaca cerita Anda, kini kemungkinannya tinggal dua:
      * Sinyal ponsel di lokasi Anda tergolong buruk sehingga ponsel harus bekerja keras dan akhirnya bodi panas.
      * Ada masalah di hardware ponsel.

      2. Untuk mengurangi screen, coba brightness diturunkan lagi dari 34% menjadi lebih rendah. Hal lain, durasi backlight Anda kurangi menjadi maksimal 30 detik saja.

      3. Saya yakin bukan karena Lollipop-nya. Petugas di pusat perbaikan resmi LG kemungkinan tidak dapat melakukan downgrade versi OS. Sebab, hal itu sepertinya menyalahi standar operasional.

      4. Saran saya, lebih baik Anda menjual G3 tersebut.

      5. Nah… yang ini saya kurang tahu. Kebetulan saya belum pernah bermain-main dengan VR.

  65. Selamat sore Pak Henry… Eh salah juga ? #B.venny. Ternyata Pak Herry humoris juga ya. Smoga sehat selalu menyertaimu.

    Jawaban: HP di mode terbang pak.
    & skr masalah LG G3 sudah selesai. Ternyata kabelnya yg bermasalah. Skr ngecas dri 20%-pull, hanya perlu wktu -+2 jam. Matur suwon master

  66. bantu jawab buat mbak venny
    kalo LG G3 panas biasaya karna os masih di lolipop, dan itu juga banyak dirasain sama pengguna di forum lg g3 di facebook
    sarannya sih di upgrade ke marshmellow, kemungkinan besar pasti beres
    karna lolipop nya lg g3 emng terkenal bikin overheat

    updatenya cari file di forum XDA atau bisa gabung dulu di grup g3 di facebook

  67. Malem Pak. Herry mau tanya
    Apa benar OS Marshmallow tidak bisa di downgrade…? Karena lg G3 saya sudah upgrade ke MM dan pengen saya downgrade lagi sulit banget cari tutorialnya.. Mungkin bisa dibantu link tutorialnya… Thx

    1. Pak Zain,

      Ya, default-nya tidak bisa downgrade.

      Kalau dioprek sih ada peluang bisa turun. Namun, saya tak tahu langkah-langkahnya.

  68. Pak Herry, di erafone skr dijual 3.999 jt, yg ram 3GB. apakah msh layak untuk dibeli di th 2016 ini? thx sblmnya.

    1. Pak Rio,

      Sebenarnya sudah kurang menarik. Namun, kalau memang ingin beli, harga segitu sih boleh dilirik.

  69. pak herry, saya dimas ingin menanyakan DRM pada factory reset LG G3. definisi & kegunaan DRM apa ya pak? saya dapat info2 di forum lain, untuk upgrade OS setelahnya di sarankan factory reset & backup data tentunya. Namun saya ragu untuk factory reset terkait dengan DRM itu sendiri. Terima kasih pak Herry

    1. Pak Dimas,

      DRM itu berhubungan dengan hak cipta konten-konten tambahan. Nggak masalah, silakan dihajar saja.

  70. saya ingin tanya lagi pak mengenai upgrade OS Marshmallow. apa upgrade OS MM versi OTA untuk LG G3 D855 sudah ada pak ? OS saya masih bawaan Kitkat 4.4.2 dan saya ingin loncat langsung ke OS MM karena OS Lollipop sejauh saya mengikuti forum, OS Lollipop tidak optimal dan efisien.
    terima kasih sebelumnya pak Herry

    1. Pak Dimas,

      Langsung dicek saja dari menu ponsel, Pak. Saya sudah tidak mengikuti perkembangan G3.

  71. salam pak herry
    sy mau tanya,utk LG G3 itu kan bnyak varian tipenya
    D850,D851,D855 DAN D856
    yg mana yg bagus,coz ada yg cdma ya
    dari segi spec tipe mana yg bagus pak?

    dan utk tipe ponsel saat ini mana yg bagus menurut pak herry?

    –trimakasih–

    1. Pak ND,

      Tak usah bingung dengan aneka tipe itu deh. Pilihlah yang bergaransi resmi. Sederhana deh.

      LG G4 masih boleh dilirik.

  72. permisi mas herry
    saya ingin bertanya , saya pakai lg g3 ram 2gb , kenapa ya ko kartu sd ga ke baca (memori eksternalnya) di hp saya padahal kartunya kalo di pasang di hp lain bisa itu kenapa ya minta solusi nya mas

  73. Pak Herry,
    Saya mau menanyakan LG G3 ini.
    1. Dibandingkan Mi4i dan Lenovo Vibe Shot, secara keseluruhan pak Herry lebih memilih mana, dan tolong beri urutanserta alasannya (asumsi LG G3 ram 3GB)
    2. Dibandingkan Mi4i dan Vibe Shot, masalah kamera pak Herry lebih memilih mana, dan tolong diberikan urutan dan alasannya.

    Sekian Pak Herry, terimakasih & sukses selalu^^

    1. Pak Edgar,

      1. Vibe Shot, G3, lalu Mi 4i. Alasannya, ya karena Vibe Shot terbaik. Mi 4i posisi terakhir karena terakhir ponsel itu dikenal mudah panas dan sering nge-lag.

      2. Vibe Shot. Ya karena hasil fotonya secara umum lebih bagus. Kamera depan ponsel itu juga dikenal jarang bermasalah.

      1. Terimakasih pak Herry atas jawabannya, hmm mungkin satu lagi Pak, soal kamera, antara Vibe Shot dan Xperia Z1 unggul mana ya pak? apakah perbedaannya juga jauh?

        1. Pak Edgar,

          Terus terang saya sudah lupa detail hasil jepretan Sony Xperia Z1. Sepertinya Vibe Shot unggul tipis.

  74. Mau nanya dikit nh pak,
    Saya mau beli LG G3 tp setelah saya browsing. Di situs jualbeli online di BL n TKPD ada LG G3 f400 n g460 yang katax dari import dr Korea keduax mengusung lte class cat6 ram 3gb rom 32gb hargax di bawah LG G3 (milik pak herry) yg ram 2gb rom 16gb. jadi pertanyaan saya:
    LG G3 cat6 (f400 & f460) asli atau fake?
    Kenapa LG G3 cat6 yang ram n romx lbh besar dr LG G3 hargax bisa lbih murah sekitar 800-900rbuan?

    1. Pak Firman,

      Tak tahu. Lha saya belum pernah mencoba LG G3 yang seharusnya ditujukan untuk pasar Korea.

      Pesan saya, sebelum beli, pastikan frekuensi LTE-nya cocok dengan Indonesia ya. Khawatirnya berbeda.

  75. kalau dari segi Kekuatan Signalnya LG vs merk hp yg pak Herry pernah gunakan gimana? mngkin ad pngalaman trsendiri mngenai signal lg dkk

    1. Pak Firman,

      Kalau kita bicara penerimaan sinyal, ponsel keluaran terkini secara umum sama saja sih.

  76. Malam Pak Herry..

    saya ikuti saran bapak, hp LG G3 nya sudah saya jual..
    terima kasih banyak atas jawaban & sarannya sangat membantu sekali.

    maaf saya baru bisa membalas karena baru buka gmail 😀

    Thanks, Best Regards & sukses selalu ya pak

    Dari venny 🙂

  77. Buat Bapak Tahta terima kasih juga atas jawaban & sarannya sangat membantu..

    Thanks & Best Regards

    from venny 🙂

  78. Pak Herry SW,

    HP LG G3 saya RAM 2 GB suatu ketika sedang digunakan setelah ambil gambar di Camera, tiba tiba restart sendiri dan akhirnya selalu restart.
    Akhirnya saya matikan ponsel saya dengan cabut battery. Setelah itu saya nyalakan kembali namun hanya sampai di logo LG, kemudian blank hitam, kembali lagi di logo LG, blank hitam terus secara berulang ulang, lampu notif sempat menyala.
    Itu terus berlangsung, namun tidak ketika di colokkan charger bawaannya, bisa nyala kembali dan digunakan seperti biasa.
    Ketika charger kita lepas, ponsel kembali kumat hal tersebut diatas terjadi kembali.
    Pertanyaan saya apakah ini sudah waktunya battery tersebut minta di ganti? Kira kira range berapa harga battery originalnya tersebut?
    Oh ya, saya sudah lakukan factory reset juga sebelumnya dalam keadaan tercolok charger.
    Mohon solusi.

    Best Regards,
    John Tambunan

    1. Pak John Tambunan,

      Sebelum memutuskan membeli baterai baru, silakan mampir ke pusat perbaikan resmi LG dan mintalah teknisi melakukan pengecekan. Meskipun garansi ponsel Anda mungkin sudah habis, teknisi LG biasanya bersedia membantu.

      Bila dari hasil pengecekan sumber masalah memang di baterai, Anda bisa sekalian membeli baterai baru di pusat perbaikan resmi LG. Saya tak tahu harganya berapa.

  79. Mau nanya pak herry
    Lg g3 saya ram 2gb kok layarnya kalah cerah ya dibandingkan ponsel adik saya yang resolusi layarnya cuman hd 720X1280.
    Baik dalam kondisi auto brightness maupun 100 persen.
    Kayak agak redup gitu.
    Padahal kalau gak salah resolusi layarnya lg g3 Quad hd yak.
    Apakah layarnya bermasalah pak atau memang karakteristiknya memang gitu.
    Matur sembah nuwun

    1. Pak Nabil,

      Quad HD itu bukan menunjukkan cerah tidaknya layar lho. Quad HD menunjukkan resolusi layar yang biasanya lebih berhubungan dengan ketajaman gambar.

  80. mau tanya sedikit..
    sy punya LG G3 D851 T-Mobile
    sudah unlock sih..
    tapi anehnya saat pakai provider lokal seperti XL atau Telkomsel, sinyalnya sering hilang, mobile datanya juga sering hilang, dan setting APN harus manual.. apa ada yang punya solusinya??

    1. Pak Ricky Aditya Supratman,

      Saya tak mengetahui detail spesifikasi G3 varian tersebut. Bisa saja memang ada spesifikasi dan firmware yang tak optimal untuk pemakaian di Indonesia.

  81. Selamat siang pak herry..
    saya review semua komentar di atas..
    kira-kira untuk saat ini, harga LG G3 kisaran brp ya untuk bekasnya? karena saya di tawari teman saya dengan harga 2jt, hanya lecet di chrome, untuk sistem masih lancar jaya..

  82. Disini juga ada yg nawarin LG g3 ram 2gb dgn hrga 1,9 juta.. kondisi hp mulus cm hansdfree gak ada..

    pertanyaannya itu hp kn product 2th yg lalu.. tp kondisi msih sprti baru.. ane tkut nya sih g3 kw..

    mohon pnjelasannya..

    1. Pak Deny,

      Kalau perilaku pemakainya hati-hati, wajar deh masih tampak mulus seperti baru.

      Btw, G3 untuk ukuran saat ini sudah nggak menarik deh. Harga yang Anda dapatkan juga terlalu mahal. Mending abaikan.

  83. Pak Herry,

    Mau Tanya Pak, G3 untuk ukuran saat ini tidak menarik lagi karena apa ya Pak ?
    Apakah karena dari sisi kameranya sudah kalah bagus dengan HP yang harganya sama atau mungkin karena dibandingkan HP keluaran terbaru menjadi terasa lag-nya ?
    Atau karena apa Pak Herry ?
    Terima kasih sebelumnya.

  84. Pak herry, saya mau tanya.
    Dimana kira kira yang menjual LG G3 bekas yang kondisinya masih bagus.
    Kalo bisa sih yang RAM 3 GB.
    Sama harganya di kisaran berapa pak?
    Saya cocok banget sama LG G3 soalnya sudah pernah pakai yang RAM 2GB.

    Terimakasih sebelumnya

    1. Pak Haryo,

      Untuk ukuran saat ini LG G3 sudah tidak menarik lho. Kalau tetap ingin beli, harga pasaran G3 – RAM 3 GB Rp 1,8 juta. Cari di mana? Nah… itu yang susah. Harus rajin keluar masuk pusat penjualan ponsel deh.

  85. Memang sudah agak ketinggalan pak.
    Tapi pengalaman pake LG G3 sangat memuaskan pak, beda sama ponsel2 lain, jadi kepingin pakai LG G3 lagi.

    Kisaran harga sudah di bawah 2 juta ya pak.
    Kalau begitu saya coba cari di penjualan Online bekas saja pak, barangkali ada yang jual.

    Terimakasih infonya pak herry.

    1. Pak Hendrik,

      Harap diperhatikan, dilarang keras berjualan dan beriklan di kolom komentar blog ini. Sebagian komentar Anda telah saya hapus.

  86. Pak herry saya mau bertanya kenapa hp saya lg g3 f400 low dan saya cass baterai naik langsung sampai sekitar 30 persen dan setelah penuh saya pakai tetapi setelah baterai kembali mencapai 30 persen hp langsung mati ,apa kendalanya ya pak?
    Mohon penjelasan dan saranya

  87. siang pa Herry.
    kemarin siang saya ke service center lg, update lg g3 saya, eh malah mati, tp pihak lg mau ganti rugi dengan lg g4 stylus tp harus nambah 700ribu.
    Pertanyaan saya, menurut pa Herry, apa saya ambil aja lg g4 stylus itu atau ada solusi lain dari pa Herry?.
    sekedar catatan, lg saya lg g3 ram 3gb rom 32gb dan sudah habis masa garansinya.
    Terima kasih.

    1. Pak Budi,

      Coba minta alternatif ponsel lain deh. Minta yang sudah bisa 4G LTE.

      Hingga belum tercapai kesepakatan, LG G3-nya jangan Anda ambil dulu.

      Btw, kalau boleh tahu, mengapa Anda melakukan update firmware G3 itu? Gratis atau dikenakan biaya?

  88. kameranya masih ok gak om untuk sekarang
    dibanding kamera sekelas mi4i
    dan huawei p9 lite lebih bagus mana
    dan secara peforma dan kamera
    lebih bagus mana dibanding zenfone 3

    1. Pak Jono,

      Kamera G3 sudah tergolong kurang sip. Mending Mi 4i atau P9 Lite.

      Oh, kalau diadu dengan Zenfone 3, saya lebih memilih Zenfone 3 daripada ponsel lain yang Anda sebutkan.

  89. Pak Herry,
    Sedikit OOT, minta pendapatnya.

    1. Kira-kira apa resiko beli smartphone ex display (bekas pameran) ya Pak?

    2. Kira-kira apa resiko beli smartphone ‘old-stock’ (stok lama), tapi kondisi masih baru alias belum pernah dipakai. Misalnya barang lama yang masih tersimpan di gudang dan kemudian dijual ala ‘cleareance sale’ (cuci gudang).

    Kalau menurut asumsi saya, resiko terburuk di daya tahan baterainya saja sih dan itu bisa diakali dengan mengganti baterainya dengan cara membeli baterai ori yang baru (jika baterainya removable). Nah, yang susah kalau baterainya tergolong ‘non-removable’ alias baterai tanam.
    Menurut Pak Herry gimana?

    1. Pak Iskandaria,

      1. Risiko utamanya, kemampuan baterai sudah menurun drastis. Risiko lain, bodi dan layar mungkin tidak mulus karena terbentur, jatuh, atau tergores, baik yang disengaja maupun tidak.

      2. Selain garansi resmi sudah hangus, biasanya cuma ada satu risiko, yaitu kemampuan baterai sudah menurun. Bukan mustahil baterai sudah tak bisa diisi ulang lagi.

      Ya, risiko utama berhubungan dengan baterai. Biarpun bukan baterai tanam, kalau keluaran lama, amat mungkin mencari baterai baru dan orisinal telah sangat sulit.

  90. Koh, LG G3 punya saya pembelian Agustus 2016 mengalami retak rambut di dekat mikrofon bawah dan atas di bagian dekat (kayaknya) IR sensor. Apakah saat ini masih bisa di klaim garansi seperti yg koh rekomendasikan diatas ? Kalau iya, dimana ya? Karena barusan dari SC plasa Marina dibilangnya “dari kesalahan pengguna jadi tidak dicover”.

    1. Pak Ade,

      Retak rambut di dekat mikrofon bawah normalnya bisa diklaim karena itu termasuk “penyakit” yang telah disadari oleh LG.

      Masalahnya, Anda menyebutkan LG G3 itu dibeli pada Agustus 2016. Boleh dibilang itu sudah melewati masa toleransi garansi. Sulit untuk memperjuangkannya agar bisa diperbaiki dengan gratis.

      1. Sedikit cerita koh, sepulang dari Plasa Marina, saya live chat dengan SC LG pusat bertanya apa benar retak rambut tidak termasuk claim garansi.
        Karena saat chat belum didapat kesimpulan (saya bisa maklum, mungkin hp keluaran lama jadi “lupa” kasusnya), saya akhiri chatnya dengan meninggalkan nomer WA untuk meminta info apakah memang dicover garansi atau tidak.
        -saat ini saya tidak berharap apa, saya anggap sudah tidak dicover-
        Lalu tgl 20 Juni saya dihubungi SC Plasa Marina lewat WA menginfokan jika memang bisa si claim garansi dan mereka meminta foto kartu garansi dan nota pembelian untuk verfikasi.
        Karena dalam masa Lebaran, jadi pesanan sparepartnya kemungkinan datang max 2 minggu.
        Bagi saya tidak masalah menunggu, yang penting ada perhatian dari mereka. Mudah mudahan tidak “lupa” ya koh.
        Memang SC LG memang top koh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *