Review LG G5 SE: Pembuktian Performa Sunat Edition

Kehadiran LG G5 SE ke pasar Indonesia ramai diperbincangkan penggemar ponsel. Poling via Twitter yang penulis alias HSW lakukan pun menempatkan G5 SE di urutan pertama. Ketika diminta memilih satu ponsel LG yang review-nya paling ingin dibaca, lebih dari setengah partisipan menunjuk G5 SE.

Untuk memenuhi harapan rakyat, he… he… dalam hal ini pengikut Twitter @herrysw dan pembaca setia blog Ponselmu.com, HSW memutuskan menguji pakai G5 SE. Seberapa mantapkah kinerja G5 SE yang merupakan singkatan dari G5 Sunat eh… Special Edition itu?

G5 SE-1

Sebenarnya cerita telah dimulai sejak 10 Mei 2016. Saat itu LG Electronics Indonesia resmi meluncurkan LG G5 SE. Keputusan LG menawarkan G5 SE, bukan G5 yang merupakan ponsel flagship dengan spesifikasi tertinggi, sontak menjadi bahan pergunjingan. Tak sedikit penggemar ponsel, terutama pencinta LG, yang menyesalkannya.

Kepanjangan SE yang sebenarnya Special Edition spontan dijadikan bahan bercanda. Sebagian orang, termasuk HSW, memelesetkannya menjadi Sunat Edition. Sebab, spesifikasi G5 SE lebih rendah daripada G5. Kalau G5 dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon 820 dan RAM 4 GB, G5 SE hanya Qualcomm Snapdragon 652 dan RAM 3 GB. Itu berarti disunat, bukan?

Ada pula yang memanjangkan SE menjadi Simple Edition, Slow Edition, Slimdown Edition, Smaller Edition, Seadanya Edition, hingga Sebel Edition. Intinya, G5 SE ramai diperbincangkan, tetapi mayoritas dengan nada alias tone negatif. Pemungutan suara yang HSW lakukan via Twitter juga menyiratkan kondisi serupa. Di antara 431 responden, hanya tiga persen yang akan membeli G5 SE.

G5 SE-58

Uniknya, meskipun dicemooh, ternyata banyak yang menantikan review G5 SE versi HSW. Besaran persentasenya lumayan tinggi, mencapai 56 persen. Hmm… ibarat benci tapi rindu dong.

G5 SE-59

G5 SE bergaransi resmi LG Electronics Indonesia tersedia dalam dua varian warna, abu-abu (titan) dan emas (gold). Setelah melihat langsung keduanya, HSW menilai G5 abu-abu lebih menarik. Alasannya, terlihat lebih maskulin dan elegan.

Dengan merujuk kepada informasi di situs LG, terlihat ada dua poin utama di G5 SE yang ingin ditonjolkan. Pertama, fungsi modular. Kedua, spesifikasi dan kinerja kamera.

Ponsel Modular

Fungsi modular di G5 SE memungkinkan bagian bawah ponsel dilepas. Setelah “janggut” ponsel terpisah dari ponsel, ada beragam hal yang bebas dilakukan pengguna. Kalau pengguna memiliki baterai cadangan, baterai removable 2.800 mAh di G5 SE dapat diganti dengan mudah dan cepat.

G5 SE-5

Tindakan lain yang leluasa dilakukan adalah mengganti modul standar G5 SE dengan modul lain sesuai kebutuhan. Misalnya, pemilik G5 SE yang gemar memotret bisa memasangkan modul Cam Plus. Berbekal modul itu, pengguna dapat mengabadikan objek menarik dengan lebih nyaman. Pengguna seolah bukan lagi memegang ponsel, melainkan sedang mengoperasikan kamera saku digital. Terdapat roda yang mempermudah pengguna melakukan zoom in dan zoom out. Tombol untuk memotret dan merekam video pun dibedakan.

Sementara itu, bila pengguna kebetulan gemar menikmati musik berkualitas prima, dia tinggal menyelipkan modul LG Hi-Fi Plus with B&O Play. “Janggut” berwarna hitam itu berfungsi sebagai konverter sekaligus amplifier. Hasil akhirnya, suara yang diperdengarkan G5 SE akan lebih prima dibandingkan sebelumnya.

G5 SE-12

Apakah bagian modular di G5 SE dapat dilepas pasang dengan gampang? Iya. Jujur nih, kali pertama melakukannya HSW sempat was-was. Pasalnya, modular itu terkesan agak ringkih. Setelah membongkar pasang 3-4 kali, aktivitas tersebut bisa HSW lakukan dengan lebih tenang, cepat, dan lancar.

Kamera Berlensa Ganda

Beralih ke kamera. Kamera di sisi muka G5 SE sanggup menghasilkan foto beresolusi maksimal delapan megapiksel dan klip video full HD 1080p. Bila dipakai berswafoto alias selfie, kamera dapat otomatis menjepret saat ia mendeteksi pengguna tersenyum.

Fitur quick selfie atau gesture shot ala LG G3 dan G4 juga masih tersedia di G5 SE. Masih ingat caranya? Ketika ingin melakukan swafoto, pengguna cukup mengarahkan telapak tangan yang terbuka ke kamera depan G5 SE. Bila di layar sudah muncul kotak berwarna biru, tutuplah telapak tangan. Kamera akan mulai menghitung mundur 3… 2… 1… jepret. Satu foto dihasilkan.

Umpama pengguna ingin berswafoto empat kali, jurusnya sedikit berbeda. Awalannya sama dengan quick selfie, tetapi pengguna harus membuka dan menutup telapak tangan secara cepat sebanyak dua kali. G5 SE akan memotret, jeda sekitar satu detik, memotret lagi, jeda lagi satu detik, dan seterusnya sampai tuntas menghasilkan empat foto.

G5 SE-3

Kamera utama di sisi belakang G5 SE lebih menggiurkan. Kamera dengan fokus otomatis dan lampu kilat itu dibekali lensa ganda. Satu lensa normal, satu lagi lensa sudut lebar alias wide lens. Lensa normal di ponsel tersebut mampu menangkap area selebar 78 derajat. Ia siap menghasilkan foto beresolusi 16 megapiksel dan klip video 4K UHD 2160p.

Sementara itu, lensa sudut lebar G5 SE sanggup menangkap area selebar 135 derajat. Hal tersebut berarti lebih lebar daripada pandangan mata manusia yang biasanya sekitar 120 derajat. Lensa sudut lebar itu siap memproduksi foto beresolusi maksimal delapan megapiksel dan klip video 4K UHD 2160p.

G5 SE-37

G5 SE-38

Ketersediaan lensa sudut lebar memberikan banyak manfaat nyata kepada pengguna G5 SE. Misalnya, memungkinkan pengguna berfoto bersama dengan banyak orang di ruangan yang relatif sempit. Pengguna yang gemar memotret pemandangan alam atau interior ruangan juga bisa melakukannya dengan lebih mudah. Tak perlu lagi bergerak mundur menjauh dari objek pemotretan.

Masih terkait kamera utama, tersedia aneka pilihan mode siap pakai yang pantas dieksplorasi. Di antaranya, mode multi-view dan popout. Mode multi-view mengaktifkan tiga kamera (satu kamera depan dan dua kamera belakang) sekaligus untuk menghasilkan satu foto.

G5 SE-41

Sementara itu, mode popout menjalankan dua kamera di sisi belakang ponsel secara bersamaan. Dengan memanfaatkan efek yang tersedia, objek yang difoto bisa terlihat lebih menonjol.

G5 SE-42

G5 SE-43

G5 SE-44

G5 SE-45

Untuk pengguna yang memahami prinsip dasar fotografi, disiapkan mode manual. Beraneka parameter pemotretan mulai white balance, pemfokusan, kompensasi pencahayaan, ISO, sampai kecepatan rana (shutter speed) dapat diubah secara manual. Rentang pilihan ISO mulai 50 sampai 3200. Kecepatan rana tertinggi yang dapat dipilih pengguna adalah 1/4000 detik, sedangkan terendah 30 detik.

Benarkah Logam?

Pertanyaan ini sering HSW terima dari orang-orang yang telah melihat dan memegang G5 SE. “Benarkah bodi G5 SE terbuat dari logam? Waktu dipegang seperti plastik lho,” kata mereka. Jujur, HSW juga sempat menyangsikannya usai memegang G5 SE di gerai LG Brandshop.

Jawabannya, bodi G5 SE benar terbuat dari logam. LG mengklaim tubuh ponsel itu dibuat dari aluminium alloy LM201 yang biasanya dipakai dalam pembuatan mobil kelas atas dan pesawat. Bodi logam tersebut kemudian diberi lapisan tambahan dan dicat.

G5 SE-2

Jadi, dalam bahasa sederhana versi HSW, G5 SE bertolak belakang dengan berbagai tipe ponsel aneka merek yang beredar di pasar. Ponsel-ponsel itu sebenarnya berbodi plastik, tetapi dikemas sedemikian rupa sehingga tampak seolah terbuat dari logam. Sedangkan G5 SE justru kebalikannya. Ponsel itu terbuat dari logam. Namun, pelapis dan cat bodi G5 SE membuat bodi ponsel tersebut seperti berbahan plastik.

G5 SE hadir dengan layar IPS 5,3 inci beresolusi QHD 2.560 x 1.440 piksel. Tampilan layarnya halus, tajam, dan cemerlang. Sedap dipandang mata. Di bagian atas ponsel terdapat inframerah dan konektor audio 3,5 milimeter. Sedangkan di sisi bawah terlihat speaker dan konektor USB tipe C. Proses isi ulang baterai maupun transfer data via kabel dilakukan dengan memanfaatkan konektor USB C itu.

Di sisi belakang ponsel, selain dua lensa kamera dan lampu kilat, pengguna bakal menjumpai tombol power sekaligus sensor sidik jari. Tak ada tombol volume di sana karena tombol itu dipindahkan ke sisi kiri. Entah mengapa LG melakukan hal itu. Padahal, sejak LG G2 yang diluncurkan tiga tahun lalu, pemakaian rear key telah menjadi tradisi ponsel LG.

Saat ponsel siaga, tetapi layar padam, layar G5 tidak sepenuhnya hitam polos. Fitur always-on display bakal selalu menyajikan jam dan tanggal di layar ponsel. Notifikasi juga akan ditampilkan di sana. Misalnya, bila ada pesan SMS dan WhatsApp baru maupun panggilan telepon tak terjawab. Jadi, kalau sekadar melihat waktu atau mengetahui ada tidaknya missed call, pengguna G5 SE tak perlu lagi mengaktifkan dan membuka layar. Praktis.

G5 SE-4

Dikaitkan dengan nilai-nilai kesantunan, fitur always-on display membuat pengguna G5 SE terlihat lebih sopan saat mengikuti rapat. Maksudnya? Begini. Kala mengikuti rapat ponsel biasanya diubah ke mode silent. Ponsel itu mungkin diletakkan di meja dengan layar menghadap ke atas.

Untuk melihat jam atau ada tidaknya pesan baru, mayoritas pengguna perlu mengaktifkan layar ponselnya. Tindakan itu di mata sebagian partisipan rapat akan dinilai kurang sopan. Pengguna dapat dikesankan bosan mengikuti rapat atau terburu-buru.

Nah, berbekal G5 SE, pengguna bakal terlihat selalu sopan. Tanpa sekali pun menyentuh ponsel, pengguna sebenarnya tetap bisa melihat waktu terkini maupun memantau ada tidaknya pesan baru dan missed call. Caranya, cukup melirik informasi yang disajikan always-on display.

Ketika akan mengaktifkan dan membuka layar G5 SE, pengguna dapat menggunakan cara lama: ketuk-ketuk layar. Cara lain yang lebih cepat, aman, dan terkini adalah memakai sensor sidik jari. Cukup sentuhkan jari ke sensor di sisi belakang ponsel. G5 SE dengan cepat akan mengenali sidik jari pengguna dan mengaktifkan sekaligus membuka layar ponsel.

Agar tampilan layar utama ponsel tidak monoton, tak ada salahnya pengguna bukan memakai wallpaper biasa, melainkan mengaktifkan 360 wallpaper. Tampilan wallpaper akan berubah seiring pergerakan ponsel. Pengguna juga dapat menyapukan jari ke layar untuk menggeser gambar, seolah pengguna sedang melihat sebuah foto yang lebar dan panjang.

G5 SE-56

G5 SE-57

G5 SE menggunakan prosesor delapan inti (octa core) Qualcomm Snapdragon 652 MSM8976 yang terdiri atas empat inti 1,8 GHz dan empat inti 1,4 GHz. Wi-Fi, bluetooth, GPS, NFC, RAM 3 GB, dan ROM 32 GB merupakan sebagian spesifikasi lain ponsel itu. Saat ponsel baru dikeluarkan dari kardus, ruang kosong di memori internal mencapai 23,47 GB.

Dua nomor GSM, keduanya memakai kartu nano SIM, dapat siaga bersamaan di G5 SE. Pengguna bebas memilih ingin berinternet memakai nomor pertama atau kedua. Nomor itu selanjutnya dapat berpindah-pindah ke jaringan 2G, 3G, dan 4G LTE.

Uji pakai yang dilakukan HSW membuktikan ponsel Android 6.0.1 Marshmallow tersebut kompatibel dengan layanan 4G LTE Telkomsel, XL, dan Indosat Ooredoo. Dengan sedikit pengaturan tambahan, G5 SE bisa pula dipakai menikmati layanan 4G LTE Smartfren. Khusus saat dipadukan dengan 4G LTE Smartfren, di layar ponsel biasanya muncul peringatan jaringan tidak tersedia. Abaikan saja peringatan itu karena realitanya sinyal 4G LTE Smartfren muncul di layar dan berfungsi normal.

Bisakah pengguna menambahkan kartu microSD? Hal itu bergantung konfigurasi yang pengguna pilih. G5 SE merupakan ponsel hybrid. Kalau pengguna memasangkan dua nomor, berarti pengguna tak dapat menambahkan kartu microSD ke ponsel tersebut. Namun, bila pengguna hanya menyelipkan satu nomor GSM, maka satu selot yang masih kosong dapat diisi dengan kartu microSD.

Fitur lain ponsel berdimensi fisik 149,4 x 73,9 x 7,7 mm dan berat 156 gram itu, di antaranya, radio FM, perekam suara, dan quick remote. Dengan quick remote, G5 SE dapat didayagunakan layaknya pengendali jarak jauh (remote control). Televisi, set-top box, perangkat audio, penyejuk udara alias AC, dan proyektor dapat dikontrol via ponsel. Merek perangkat yang dikendalikan tidak harus bermerek LG.

G5 SE-53

G5 SE-54

Kinerja Umum

Selama berhari-hari HSW menguji pakai G5 SE, ponsel itu selalu terasa gegas. Ponsel tak pernah mendadak lemot, apalagi hang atau diam seribu bahasa. Layarnya juga patut memperoleh acungan jempol. Di bawah sinar matahari yang terik pun HSW masih bisa melihat tampilan layar dengan sangat mudah.

Sesuai dugaan, performa kameranya memuaskan. Di luar maupun di dalam ruangan dengan pencahayaan memadai, foto yang dihasilkan sangat mengesankan. Sedangkan di lokasi yang temaram, foto yang diproduksi masih layak dikategorikan bagus.

Tak sedikit pengguna ponsel yang sebelum makan gemar memotret hidangan di depannya, lalu memamerkannya kepada orang lain via media sosial. G5 SE menunjang kebiasaan tersebut. Sebab, hasil jepretan ponsel itu lebih berpotensi memantik air liur.

Di tangan penulis, sekali diisi ulang baterai G5 SE biasanya sanggup bertahan selama 11-12 jam. Proses charging tergolong cepat. Dengan memakai charger bawaan, pengisian ulang daya dari sepuluh persen sampai penuh memerlukan waktu maksimal 70 menit. Asal tahu, G5 SE mendukung Qualcomm Quick Charger 3.0.

Sisi minus G5 SE, menurut HSW, lebih berhubungan dengan hal-hal fisik. Sejak menggunakan G2, G2 Mini, dan “adik-adik kandungnya”, HSW telah merasa nyaman dengan rear key. Tombol power dan volume yang diletakkan di sisi belakang memungkinkan HSW melakukan screen capture dengan satu jari saja.

Kini kebiasaan itu terpaksa harus ditinggalkan. Buat HSW yang sering memegang ponsel memakai tangan kanan, posisi tombol volume G5 SE kurang ergonomis. Terletak di samping kiri ponsel, tombol itu tak enak dijangkau memakai jari telunjuk kanan.

Satu lagi. Wajah sisi belakang G5 SE jauh dari kesan mewah. Sangat kontras bila dibandingkan dengan sisi belakang G4. Apalagi, G4 varian back cover kulit berwarna cokelat.

Manakah yang kinerjanya lebih bagus, G5 SE atau G4?  Performa G5 SE mengungguli G4. Dalam pemakaian sehari-hari ponsel itu terasa lebih gegas. Sebuah eksperimen sederhana, tetapi menghabiskan kuota internet sekitar dua GB, HSW lakukan. Game Real Racing 3 diinstalasikan ke dua ponsel itu, kemudian dijalankan bersamaan. Hasilnya, ketika G5 SE sudah menyajikan gambar mobil balap yang bergerak, layar G4 baru menampilkan logo kera. G4 ketinggalan sekitar 15 detik.

Baterai G5 SE juga lebih awet. HSW mengomparasikannya dengan G4 yang telah di-update ke Android 6.0 Marshmallow. Dengan perilaku pemakaian ala HSW, G4 hanya sanggup bertahan maksimal delapan jam. Peringatan low battery bakal muncul dan ponsel mesti segera dihubungkan ke charger. Padahal, baterai G4 berkapasitas 3.000 mAh. G5 SE yang dibekali baterai 2.800 mAh, dengan beban pemakaian yang sama, mampu bertahan minimal tiga jam lebih lama.

Bagaimana kalau G5 SE diadu dengan G5? Nah, itu dia. Rencana HSW menguji pakai G5 tertunda. Teman yang berencana membeli ponsel itu di Singapura, lalu meminjamkannya kepada HSW, sebenarnya sudah tiba di toko. Masalahnya, uang tunai yang dimiliki teman HSW tinggal SGD 500, dia gagal menarik uang tunai via ATM, dan toko tersebut tidak melayani transaksi memakai kartu kredit.

Saat ini harga ritel resmi G5 SE baru dan bergaransi resmi dipatok Rp 7,999 juta. Paket penjualannya termasuk bonus Cam Plus. Karena spesifikasinya lebih rendah daripada G5, tak dapat dielakkan kalau G5 SE dipelesetkan menjadi G5 Sunat Edition. Lha spesifikasi prosesor dan RAM-nya memang lebih rendah daripada G5.

Namun, kalau ekor SE di ponsel itu lantas dianggap sebagai Slow Edition atau Seadanya Edition, HSW amat menentangnya. Alasannya sangat jelas. G5 SE tidak slow alias lemot. Spesifikasi dan performanya juga bukan seadanya. Komponen kamera, bodi, layar, dan baterai G5 SE sama persis dengan G5 reguler kok.

LG Friends

Setiap pembeli G5 SE akan memperoleh bonus Cam Plus. Itu adalah salah satu Friends yang disiapkan LG untuk pengguna G5 SE dan G5. Friends? Ya. “Teman” yang dimaksud di sini adalah peranti untuk melengkapi aktivitas pengguna saat sehari-hari memakai G5 SE.

Sesuai namanya, Cam Plus, ia adalah modul kamera yang menjadikan G5 SE lebih nyaman dipakai memotret. Saat mencobanya, HSW serasa memegang kamera saku digital, bukan ponsel. G5 SE yang dipadukan dengan Cam Plus bertekstur mirip kulit jeruk sangat enak digenggam. Sama sekali tidak terasa licin.

G5 SE-6

G5 SE-7

Di bodi Cam Plus terdapat roda untuk mempermudah pengguna melakukan zoom in maupun zoom out. Pengguna cukup memutarnya ke kiri atau kanan. Ada pula tombol untuk memotret dan memulai perekaman video. Pengguna bisa mengontrol kamera langsung dari Cam Plus. Tak perlu menyentuh layar ponsel. Memotret dengan satu tangan pun mudah dilakukan.

G5 SE-8

Baterai yang ditanamkan ke Cam Plus berkapasitas 1.200 mAh. Ditambah dengan baterai yang diselipkan ke ponsel, berarti total pengguna G5 SE memiliki sumber daya sebesar 4.000 mAh.

Satu Friends lain yang sempat HSW uji pakai adalah LG Hi-Fi Plus with B&O Play. Ia merupakan 32-bit HiFi DAC (Digital to Audio Converter) sekaligus amplifier. Harga jual resminya Rp 2,199 juta. Mahal? HSW dan Anda yang bukan penggemar audio amat mungkin menganggukkan kepala. Namun, buat pencinta audio, produk Bang & Olufsen harga segitu bukan mustahil dianggap murah.

G5 SE-10

Percobaan sederhana HSW lakukan. Beragam lagu diputar di G5 SE. Suaranya keluar lewat speaker internal di bagian bawah ponsel. Berikutnya, modul LG Hi-Fi Plus dipasangkan dan lagu yang sama diputar lagi. Suara yang kini keluar lewat speaker internal Hi-Fi Plus terdengar lebih bertenaga dan jernih.

Cenderung warm atau cold? Terus terang HSW tak paham. HSW bukanlah pemilik “telinga emas” yang sehari-hari bercengkerama dengan peranti audio premium. Satu hal yang HSW rasakan, suara yang terdengar sekarang lebih bagus. Hi-Fi Plus ibarat master chef. File lagu yang sama ketika telah mendapatkan sentuhan master chef terasa lebih memanjakan telinga.

G5 SE-9

G5 SE-11

Pengalaman lebih maksimal terjadi saat HSW menancapkan earphone H3 by B&O Play ke bagian bawah Hi-Fi Plus. Mantap. Selama earphone terpasang, bila diinginkan pengguna dapat mengatur keseimbangan suara earphone kiri dan kanan. Bisa dibuat sama, bisa pula berbeda. Sesuai selera pengguna deh.

G5 SE-55

Dengan menggunakan kabel, Hi-Fi Plus bisa pula dipadukan dengan ponsel non-G5 SE. Tak ada aplikasi tambahan yang perlu diinstalasikan dulu. Mau dihubungkan ke laptop atau PC pun bukan mustahil dilakukan pengguna. Namun, sebelumnya pengguna wajib menginstalasikan driver tambahan yang dapat diunduh dari situs LG Mobile.

Tipe Friends lain yang tersedia untuk G5 SE adalah Cam 360, headset stereo nirkabel Tone Platinum HBS-1100, kacamata 360 VR, dan peranti kamera pengawas berbentuk bola yang dinamakan Rolling Bot. Cam 360 saat ini sudah bisa dibeli di gerai resmi LG. Harga jualnya dipatok Rp 3,499 juta.

G5 SE-48 G5 SE-47

G5 SE-49 G5 SE-46

HSW sempat mencicipi Cam 360 selama sekitar sepuluh menit. Ya, durasi yang terlalu singkat untuk mengambil kesimpulan. Meskipun demikian, Cam 360 mampu memberikan kesan pertama yang positif. Peranti itu unik dan menarik. Daripada membeli LG Hi-Fi Plus with B&O Play, menurut HSW, Anda lebih baik menambah dana untuk membawa pulang satu unit Cam 360.

***

Berikut foto-foto yang dihasilkan G5 SE.

G5 SE-13

G5 SE-14

G5 SE-15

G5 SE-16

G5 SE-17

G5 SE-18

G5 SE-19

G5 SE-20

G5 SE-21

G5 SE-22

G5 SE-23

Saat HSW makan malam di suatu depot, ada lalat nakal yang hinggap di sedotan bekas teh tarik. Jepret!

G5 SE-24

Kalau di-crop, inilah penampakan si lalat.

G5 SE-25

G5 SE-26

G5 SE-27

Tak usah bingung. Dua foto di bawah ini adalah foto bola lampu.

G5 SE-28

G5 SE-29

Saatnya menjajal lampu kilat. Dimulai dengan pemotretan tanpa lampu kilat.

G5 SE-30

Kini lampu kilat diaktifkan.

G5 SE-31

Swafoto dulu ah.

G5 SE-32

Sekarang bermain-main dengan mode manual.

Memotret pemandangan dari lantai tujuh area parkir sebuah pusat perbelanjaan. Andai suasana lebih gelap dan kendaraan bermotor yang lewat lebih banyak, hasilnya berpotensi lebih menarik. HSW tak bisa berlama-lama berdiri di tempat itu. Hanya sekitar tiga menit. Mengapa? Sebab, ada satpam yang memperhatikan gerak-gerik HSW. Bahasa tubuhnya menunjukkan beliau bersiap-siap meminta HSW menyingkir. 🙂

G5 SE-33

HSW duduk di kursi. Ponsel dengan lampu kilat menyala digerakkan membentuk simbol jantung hati. Wajar kalau tubuh HSW terlihat kabur. Sebab, tubuh itu tidak diam membatu.

G5 SE-34

Seperti apa perbedaan hasil foto lensa normal dengan lensa sudut lebar? Di atas sudah ada satu contoh. Kini HSW berikan dua contoh tambahan.

Saat melakukan pemotretan, posisi ponsel relatif tidak berubah. Yang ditampilkan lebih dulu adalah hasil jepretan lensa normal, disusul hasil jepretan lensa sudut lebar.

G5 SE-35

G5 SE-36

G5 SE-39

G5 SE-40

Ingin mengetahui perbandingan hasil jepretan kamera LG G4 dengan LG G5 SE? HSW memiliki satu contoh yang bisa diakses di http://goo.gl/QAs9qO.

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

G5 SE-50

G5 SE-51

G5 SE-52

341 thoughts to “Review LG G5 SE: Pembuktian Performa Sunat Edition”

  1. Waaww kereennn kameranya,, pengen di adu dengan S7 dan Xperia X Performance kalo sdh masuk di indo hehehe

  2. Mantab koh herry reviewnya, lengkap.
    Itu headset B&O yang pakai kabel, beli terpisah atau sudah sepaket dengan modular Hi-fi plus?

    1. Pak Mochamad Dody,

      Earphone H3 B&O itu tidak satu paket. LG juga tidak menjualnya. Yang memasarkan H3 adalah gerai dan diler B&O. Entah di harga berapa. Saya tak tahu.

    1. Pak Dede,

      Menurut saya, harganya masih terlalu tinggi. Idealnya maksimal Rp 7,499 juta. Lebih menarik lagi kalau G5 SE dijual Rp 6,5 juta tanpa bonus apa pun.

        1. Pak Saodin,

          Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

          Saya sebelumnya memprediksi tentang apa ya? Lupa.

    1. Pak Hendra CP,

      Hi-Fi Plus tidak termasuk earphone H3.

      Earphone H3 dijual terpisah oleh B&O. LG tidak memasarkannya.

  3. Akhirnya yg di tunggu2 keluar juga & Thanks review nya om HSW,
    Mau tanya, waktu menggunakan kartu 4G Lte Smartfren nya, untuk voice & data atau cuma data aja ya? Kalo menggunakan voice, apa harus DL apps dulu ya? Apa nama apps nya?
    & kesan positif utk cam 360 nya apa aja?

    Thanks & salam

    1. Pak Santoso,

      Voice dan data. Untuk voice, harus install aplikasi Smart VoLTE dari Play Store dulu.

      Hasil fotonya bagus dan bisa 360 derajat.

  4. Kalo yg SE saja sudah lumayan ok berarti yg real SE mungkin lebih bagus ya Om?
    Apakah ada kemungkinan yg real SE masuk pasar Indonesia?
    Dan apakah benar asumsi sebagian org, ‘lebih baik nambah dana sedikit lagi bisa kebeli galaxy s7’. Thanks Om

    1. Pak Saeful,

      G5 SE sudah tergolong bagus sih, bukan cuma lumayan.

      Real SE? Lha yang dijual resmi di sini itu kan memang real SE.

      Tak tahu. Saya belum pernah menguji pakai Galaxy S7. Sekitar towel-towel di toko sih pernah, tetapi nggak dapat feel-nya.

  5. Wah akhirnya review nya matang juga ya pak. Terimakasih atas review nya yg sangat informatif pak. Ada beberapa yg ingin saya tanyakan :

    1. Apakah device cepat panas saat pemakaian kamera dan perekaman video?

    2. Apakah mendukung perekaman video 60 fps pak?

    3. Bagaimana dengan build quality nya pak? Erica Griffin seorang reviewer youtube dia mendapatkan produk dengan cacat di build quality antara lain tidak sempurna nya sambungan sambungan pada badan ponsel dan yang paling parah adalah screen bleed (dapat dilihat pada layar berwarna abu abu menggunakan screen Test di tempat gelap)

    4. Apakah bapak sempat mencoba GPS nya pak? Jika iy, bagaimana kinerja locking GPS locking nya?

    5. Saya sekarang menggunakan G4 dan sedang ingin upgrade hp. Jika ingin UP ke G5, apakah ditahan dulu atau bagaimana pak?

    6. Sukses terus untuk pak Herry. Ketahuilah pak, review bapak adalah “panduan” ketika saya menyarankan sebuah ponsel kepada orang orang yg mereka tidak begitu paham dunia gadget

    1. Pak Giffary,

      1. Tidak.

      2. Tidak bisa 60 fps.

      3. Tampilan fisiknya kalah mewah dengan G4 leather. Namun, build quality-nya oke kok. Halyang Anda sebutkan tidak saya alami.

      4. Berkali-kali saya pakai Penguncian cepat dan akurat.

      5. Kalau Anda sering ke Singapura, beli G5 di sana saja, Pak. Kalau Anda jarang ke Singapura, upgrade ke G5 SE bergaransi resmi masih layak kok.

      6. Terima kasih.

    1. Bu Mira,

      Tak tahu. Saya terbiasa menginstalasikan dan menyimpan file aplikasi tambahan di memori internal. Apalagi, G5 SE memori internalnya kan cukup lega.

  6. Waw mantap ya, saya sempat mencoba unitnya sebentar langsung naksir. Btw Pak HSW juga coba pakai Stylus 2 ya? Kalo dibandingkan G4 atau Stylus jauh gak perbedaan nya Pak? Worth to buy kah?

    1. Pak Bennylie,

      Saya belum pernah menguji pakai Stylus 2, tetapi pernah towel-towel di toko. G4 diadu dengan Stylus? Mestinya beda jauh deh.

        1. Pak Hari,

          Cukup gegas. Stylus-nya lebih enak daripada G4 Stylus. Namun, dengan harga Rp 3,499 juta, saya kok merasa harganya terlalu mahal ya. Dengan mengacu kepada hasil towel-towel, saya lebih memilih LG K10 deh.

      1. Maksud saya G3 atau G4 Stylus Pak dibandingkan Stylus 2 hehe. Dengan harga yang lebih apakah masih worth to buy si Stylus 2 ini jika melihat dr sisi stylus dan spesifikasinya.. Trims Pak HSW.

        1. Pak Bennylie,

          Oh, maksudnya G3 Stylus vs G4 Stylus vs Stylus 2 ya? Terasa ada perbaikan sih. Pena stylus-nya juga lebih enak. Namun, jangan dibandingkan dengan S-Pen di Note 5 ya. Pasti kalah. Lha harganya pun beda jauh.

  7. Pak Herry,
    Dengan hadirnya Lg G5 SE ini apakah masih worthed utk membeli Lg G4 yg sdh mulai turun harganya?

    Thanks utk pencerahannya..

    1. Bu Ikke,

      Kalau anggaran Anda hanya Rp 5,5 juta, ya silakan beli G4. Namun, kalau anggaran Anda Rp 7 jutaan, lebih baik menanti LG melakukan koreksi harga jual G5 SE. Marilah kita berharap Samsung segera menurunkan harga jual Galaxy S7. Kalau ponsel itu turun harga, saya yakin harga G5 SE bakal diturunkan.

  8. Om Herry ,maaf OOT ya

    Minta sarannya dong om, untuk budget 2,5 juta om rekomendasi hp apa? Secara keseluruhan bagus gitu om. Saya bingung milih hp hehe. Maunya sih baterai bisa tahan lama dan tidak nge-lag.

      1. Infinix ya om? Takutnya di pontianak belum ada service center nya om. Kalo yang lain gimana om? Terima kasih om.

        1. Bu Theresia,

          Oh Anda di Pontianak tho. Dengar kata Pontianak, jadi teringat dengan pengalaman pertama saya ke sana, bertahun-tahun silam. Kulinernya mantap. 🙂

          Iya, di Pontianak belum ada service center Infinix.

          Bagaimana kalau Asus Zenfone Max? Baterai tahan lama, kamera bagus, tetapi kadang nge-lag.

          1. Pengalamannya apa om kalo boleh tau? Hehe. Baguslah om suka sama kulinernya 🙂
            Sayang sekali infinix belum ada scnya.
            Zenfone Max denger-denger lagnya parah ya om?
            Zenfone 2 Laser nggak nge-lag ya cuma baterainya agak boros ya?

          2. Bu Theresia,

            Dulu saya mencoba Nasi Campur Asan 333, pisang goreng selai kaya di Hotel Peony, es lidah buaya di tepi Jl Gajahmada, dan kwe kia theng. Sempat pula mencicipi tau swan, kokue goreng, minum liang teh pahit di tepi jalan, Mie Kepiting Ou Kie, Cakue Muslim, Nasi Akwang (seingat saya, anak pemilik gerai ini cantik menawan he.. he…), dan chai kue. Menu lain yang saya coba adalah Bubur Pesawat, kengcie kwetiau, air tahu, dan kwe cap.

            Tidak parah kok. Sesekali nge-lag, tetapi masih dalam taraf bisa ditoleransi.

            Ehmm… sebenarnya bukan boros sih. Kapasitas baterai bawaannya kan memang jauh lebih kecil dibandingkan Zenfone Max. Jadi, wajar kalau Zenfone 2 Laser ZE500KL baterainya habis duluan.

          3. Bu Theresia,

            Ada. Ini dia:
            Unicom Pontianak – Multibrand
            Jl. Nusa Indah Baru No. F5, Pontianak
            Senin – Sabtu : 09.00 – 17.00
            (62-561) 768470

  9. Waaks.. Maksud sy real G5 Om :D,,
    Terus terang hape ini dalam radar buruan saya Om
    #Efek kekenyangan ketupat

  10. Selamat malam pak Herry. Pak saya mau menanyakan rekomendasi hp dari bapak hp dengan kamera bagus terutama di modr auto battre yang bisa removeable dan min tahan 12 jam. Kalau bisa ada fitur tambahan finger print. Sebenarnya tertarik lenovo k4 note tapi battre nya non-removeable.

  11. maaf jika pertanyaan nya tidak mengenai LG g5 se, saya ingin tanya, apakah untuk hp dalam kondisi baru ada perlakuan khusus dalam mengisi baterai agar maksimal, karna yang saya rasa hp dalam kondisi baru ini terasa boros padahal saya set koneksi seluler nya ke 2G,

    1. Pak Rizal Anwar,

      Kebiasaan yang saya lakukan, ponsel saya pakai dulu sampai low batt. Setelah itu, dalam kondisi padam total ponsel saya charge hingga penuh. Ponsel kemudian diaktifkan dan dipakai beraktivitas sampai low batt lagi. Begitu seterusnya sebanyak 3-4 kali.

      Setelah melewati siklus itu, saya lebih bebas dalam mengisi ulang baterai. Namun, tetap diusahakan ponsel dalam kondisi padam total dan daya baterai minimal tersisa setengah.

      1. Pak Kevin,

        Sebenarnya paling gampang sih dibawa ke service center. Namun, tak ada salahnya mencoba jurus itu dulu. Siapa tahu sukses.

  12. Ngom” pak saya pengguna smartfren dan beberapa hari ini saya sempat mendapatkan update kalau layanan di sekitar jakarta barat akan di ubah ke 4Glte apa artinya kedepannya sudah todak akan ada lagi cdma ya pak? Ini mempengaruhi keputusan saya beli hp juga pak. Iya pak tapi lg g5 se ini harganya masih gak pas di kantong mau mencoba di g4 tapi yang range 4jt masih di second hand. Wkwkwk terkendala budget.
    Ngom” terimakasih pak respon nya sangat cepat.

    1. Pak Adit,

      1. Layanan CDMA belum akan dihapus, tetapi takkan dikembangkan lagi.

      2. Pelanggan diarahkan segera hijrah ke 4G LTE untuk mendapatkan pengalaman pemakaian yang lebih baik. Aneka promosi (bonus kuota dll) hanya akan diberikan untuk pengguna 4G LTE. Tak ada promo serupa untuk pengguna CDMA.

      3. Saat ini, di mana biasanya ada sinyal EvDO Smartfren, di situ pula ada sinyal 4G LTE Smartfren.

      4. Saat ini 4G LTE Smartfren di kota-kota kecil aktif di frekuensi 850 MHz, sedangkan di kota-kota besar memakai frekuensi 850 dan 2300 MHz. Setelah Lebaran, di kota-kota kecil yang trafiknya tinggi juga akan diaktifkan 4G LTE 2300.

      Balasan saya cepat karena kebetulan pertanyaan Anda masuk saat saya sedang membalas pertanyaan yang dikirimkan pembaca.

  13. akhir nya review LG G5se dari pak HSW nongol jg.yg mau saya tanya kan lbh bgs mana hasil kamera antara LG G4 ama G5se ini? dengan kondisi mengesampingkan kamera 8 MP kedua di G5se.jadi yg di bandingkan hanya kamera utama yg 16 MP aja.karena kebetulan tulisan diatas pak HSW saat ini punya kedua hp tsb.jd bs di bandingkan lsg head to head.saya sebenar nya sangat tertarik dengan LG G5 diawal kemunculan nya,setelah dpt info kalau G5 resmi msk indo ternyata versi SE. akhir nya saya putuskan ambil LG G4 sebln yg lalu setelah baca review dari pak HSW jg.

    1. Pak Hertono,

      Hasil jepretan kamera G5 SE unggul tipis atas G4.

      He… he… andai yang masuk G5, bukan G5 SE, lebih seru ya, Pak.

  14. selamat pagi pak
    keren bgt ni hp impian saya.
    sayang sekali LG yg bagus dan memory internal besar harganya diatas 3 juta. yg dibawah 3 juta rata2 memory internalnya cuma 8 gb, itupun dipakai oleh sistem android 4.5gb, jadi yg bebas digunakan user cuma 3,5 gb :”(
    tanya pak dan oot sedikit,
    apakah asus zenfone 2 laser ze500kl masih layak beli di harga 2juta? klo ada rekomendasi lain silahkan pak tapi yg memory internalnya besar (min.16gb)
    terimakasih banyak pak

  15. Selamat siang pak herry…
    Mau tanya saya tertarik untuk membeli meizu m2 note… menurut bapak apakah meizu m2 note itu kualitas nya bagus? Terus after sale dari meizu sendiri itu bagaimana?

    1. Pak Zainul,

      Tak tahu. Saya belum pernah coba M2 Note.

      Layanan pusat perbaikan resminya sih parah.

  16. Wah, itu kameranya luas (wide) banget ya Pak! Heran saya lihatnya… Berarti kalau mau beli G5 yg bergaransi, mau gak mau ya harus ke Singapur dulu ya pak? Klaim garansi pun disana ya?

    1. Pak Amaris,

      Iya, wide banget.

      Ya. Namun, garansi itu tidak berlaku di Indonesia lho ya.

      Asalkan Anda menyadari kondisi tersebut, di Indonesia pun ada yang jual G5 kok. Biasanya barang dari Singapura dan tentu saja garansinya tidak berlaku di sini. Harga pasarnya Rp 8,5 juta sampai Rp 8,9 juta.

  17. Pada Android Sensor Box, ada kategori “Pressure Sensor”, kegunaan nya untuk apakah itu? Apakah sama seperti fitur 3D Touch di iPhone 6S, yang jika bisa memberi respon menu berbeda pada tiap tekanan jari yg berbeda?

  18. Akhirnya yg di tunggu2 keluar juga & Thanks review nya om HSW,
    Mau tanya, waktu menggunakan kartu 4G Lte Smartfren nya, untuk voice & data atau cuma data aja ya? Kalo menggunakan voice, apa harus DL apps tertentu dulu ya? Apa nama apps nya?
    & kesan positif utk cam 360 nya apa aja?

    Thanks & salam

    1. Pak Santoso,

      Voice dan data. Untuk voice, unduh aplikasi Smart VoLTE dulu.

      Hasil fotonya keren dan tergolong bagus.

  19. ternyata hasil kamera LG G5se lbh bgs yah drpd G4.thx buat pak HSW yg sudah menjawab pertanyaan saya.iya pak HSW…andaikan yg msk ke indonesia itu LG G5 doang,pst saya ambil.mengingat SC LG salah satu yg terbaek di indo,jd G5 doang yg BM tdk mungkin saya ambil.apakah saya bs request perbandingan hasil kamera G5se vs G4 dengan objek foto yg sama,hanya penasaran saja sampai sejauh mana beda nya.karna spek kamera utama G5se dgn G4 sama percis lho.sejauh ini saya sangat puas dgn hasil kamera G4,gawai dgn kamera terbaek yg pernah saya pakai sampai saat ini.

    1. Pak Hertono,

      Ya.

      Betul. Pusat perbaikan resmi ponsel LG memang mantap. Samsung saja kalah.

      Soal request perbandingan foto, kalau kondisi memungkinkan saya akan buatkan. Sebab, G4-nya bukan di tangan saya dan si pengguna sudah ngantor lagi. Eh… kayaknya saya punya satu foto perbandingan deh. Saya coba cari dulu di laptop.

  20. Akhirnya LG G5se direview jg nih. Mungkin di awal G5se keluar banyak yg kecewa karena G5 tidak dijual resmi di Indonesia. Kalo baca review pak herry G5se sebenarnya bagus jg bkn hp seadanya terutama kamera nya jadi andalan hp ini. Tp orang2 kecewa tdk bisa merasakan G5 varian tertinggi dr LG. Kalo baca alasan petinggi LG bahwa G5 blm support di Indonesia karena pakai snapdragon 820. Apa ini benar? Kalo lihat hp flagship yg dijual di Indonesia blm ada yg pake snapdragon 820. Samsung S7 edge yg dijual di Indonesia jg pake exynos bkn yg snapdragon 820.
    Kpn review xiaomi redmi note 3 dibuat pak?

    Thx

    1. Pak Djunaedi,

      Benar. Buat konsumen di Indonesia, mending nambah dana asalkan bisa dapat G5 resmi dengan Snapdragon 820.

      Ya. Yang resmi belum ada yang Snapdragon 820. Kalau yang tanpa garansi resmi ada Xiaomi Mi 5.

      Review Redmi Note 3 masih lama. Dia ada di antrean urutan ketiga.

  21. Halo ko, tanya nih. Saya membatasi pembelian gadget di harga maksimal 4 juta untuk pemakaian jangka panjang (tidak suka gonta-ganti). Menurut ko herry, komparasi hape high end 2 atau 3 tahun lalu vs mid range terbaru di rentang harga sama lebih pilih mana secara keseluruhan? Pikir saya mempertimbangkan high end walaupun sudah “tua” adalah produk tersebut benar-benar dibuat dan dipertimbangkan secara maksimal.

    1. Pak Bosnya HSW (lah… namanya kok gitu sih),

      Kalau saya, daripada anggaran dibatasi maksimal Rp 4 juta untuk pemakaian jangka panjang lebih baik anggaran maksimal Rp 2 juta, tetapi setiap paling lama dua tahun berganti ponsel. Alasannya, Anda bisa lebih merasakan gawai terbaru yang lebih menarik.

    2. Anda beli gadget high end 10 juta sekalipun saat ini, 3-6 bulan lagi sudah bukan lagi high end tertinggi saat itu. Benar kata Om Herry, lebih baik mid range namun terbaru dan 2 tahun ganti HP.
      Saya pernah mencoba Samsung Galaxy Note 10 generasi pertama sekitar tahun 2012, namun ternyata 2 tahun kemudian teknologi nya juga sudah usang, dan Samsung pun merilis versi Update Note 10 tersebut, 2014 edition.

        1. Pak Kurniawan,

          He… he… jangan membeli ponsel merek Evercoss, Mito, dan sejenisnya deh. Kalau mau membeli merek lokal, yang kualitasnya cukup bagus itu Polytron.

          1. Wah kalo Polytron rada jual mahal,masa 1,5 jt cuma Quadcore snapd 410,sedangkan saya bingung pilih Polytron atau smartfren

          2. Pak Kurniawan Faizal,

            Benar. Harga ponsel Polytron biasanya di atas rata-rata merek lokal.

  22. Pak herry smartfren surabaya mau ganti 4g lte. Yogya tgl 31 agustus terakhir tukar jadi 4g lte. Apa surabaya juga sama?. Karena itu ganti evercross t 4g m40. Katanya all operator 4g lte. Daripada andromax a. Mau langsung saya pakai. Asumsi saya pertanyaan saya sebelumnya tak ada jawaban. Berarti anggap saja tak ada pertanyaan sebelumnya. Thank you

    1. Pak Budi Wiryo,

      Soal Smartfren:
      1. Layanan CDMA belum akan dihapus, tetapi takkan dikembangkan lagi.

      2. Pelanggan diarahkan segera hijrah ke 4G LTE untuk mendapatkan pengalaman pemakaian yang lebih baik. Aneka promosi (bonus kuota dll) hanya akan diberikan untuk pengguna 4G LTE. Tak ada promo serupa untuk pengguna CDMA.

      3. Saat ini, di mana biasanya ada sinyal EvDO Smartfren, di situ pula ada sinyal 4G LTE Smartfren.

      4. Saat ini 4G LTE Smartfren di kota-kota kecil aktif di frekuensi 850 MHz, sedangkan di kota-kota besar memakai frekuensi 850 dan 2300 MHz. Setelah Lebaran, di kota-kota kecil yang trafiknya tinggi juga akan diaktifkan 4G LTE 2300.

      Waks… berani beli ponsel merek Evercoss? Kalau belum terlanjur beli, mending jangan deh.

      Pertanyaan sebelumnya tak ada jawaban? Ehm… Anda tanya apa ya?

  23. Pak Herry, mau tanya krn Service center LG mantap, ada rekomendasi HP LG kelas menengah yg Ram 2GB(syukur2 3GB) Rom:16GB/32GB dual sim (non hybrid), yg hrgnya cukup bersahabat (2-3jt)?

    1. Pak Edwin,

      Belum ada. Di rentang harga segitu sebenarnya ada LG K10. Namun, saya belum pernah mencobanya.

  24. Pak Herry out of topic ya,

    Ada ga Pak tablet atau Smartphone yang dual os Android-Windows yang beredar resmi Di Indonesia? Atau adakah Sarah satunya yang Pak Herry sarankan?

    Pak, main Pokemon Go Pak hehe, game yang bisa membuat begini:
    -http://palembang.tribunnews.com/2016/07/09/stop-di-tengah-jalan-untuk-tangkap-pikachu-saat-main-pokemon-go-pria-ini-sebabkan-kecelakaan-parah
    -http://www.independent.co.uk/arts-entertainment/pokemon-go-police-ask-players-to-stop-trying-to-catch-sandshrew-in-darwin-police-station-a7127616.html

    Terima kasih Pak,
    Salam

    1. Pak Leo,

      Ada merek Axioo, tapi saya belum pernah coba. Cuma pernah towel-towel sebentar dan fisiknya tampang kurang elegan.

      He… he… Pokemon Go sedang ramai dibicarakan nih.

      1. Yg RAM 2 GB ga ada pak? 1 GB untuk windows tablet kayaknya kuranh lega

        Hehe tertarik main pak? Saya ada APKnya kalau minat

  25. Sory Pak Herry
    Mau nanya, Tapi bukan tentang LG

    Tadi buka web nya sulit dibuka
    Tp begitu pakai web bawaan baru bisa

    Mau nanya klo di Infinix Zero3
    Cara matiin “Red Eyes/Mata menyala”
    Wktu pnggunaan camera dg flash
    Biasa dimalam hr
    Sperti hp2 berMerk Samsung dlu dan Nokia dlu

    Klo misalkan gk ada
    Bisa tidak
    Saya install aplikasi di PlayStore

    Saya pengguna Zero3
    Mnta tlong jwabannya
    Good Luck
    Tks

    1. Pak Acipp,

      Kebetulan saya sudah berpisah dengan Zero 3. Saya tak ingat di Zero 3 ada tombol untuk menonaktifkan “red eye reduction” atau tidak. Saya kebetulan tak pernah mencari aplikasi semacam itu di Play Store.

  26. Itu diadu dengan baterai G4 berkspasitas 3000 mah bisa lebih tahan 3 jam-an, apa bukan karena baterai G4-nya yang sudah soak? Bisa jadi kurang fair. Andai bisa berswafoto memakai kamera utamanya dengan konsep modular juga, tanpa ditambah2 kamera depan yang lebih rendah kemampuannya, mungkin bakal lebih menarik. Jadi tidak hanya baterainya saja yang bisa dibuka2 seperti itu.

  27. maaf oot koh herry, kalo ada budget 2 jt saja enak nya ambil hp apa ya koh ?? yg diutamain sih yg gegas hp nya. .kamera lumayan lahh koh. .mau nglirik hisense pureshot skrg harga nya brapa ya koh ? harga pureshot dan pureshot + skrg beda brapa koh ?? sama di surabaya toko yg jual hisense pureshot dimana ? hehee maaf banya nanya koh. makasih

    1. Pak Rizal,

      Silakan beli Pureshot deh. Harga Pureshot masih sama, Rp 1,999 juta.

      Beda harga Pureshot dengan Pureshot+ juga masih sama, Rp 500 ribu. Mending beli Pureshot.

      Anda bisa membelinya di service center Hisense di Ruko Karimunjawa (seberang RS Siloam/Budi Mulia) atau di toko-toko di WTC.

    1. Bu Wida,

      Mesti lihat tipe per tipe. Kalau secara umum, menurut saya, di harga yang sama Xiaomi lebih unggul Xiaomi.

  28. Wow gile om hajar semuanya, keren. Bubur Pedas belum dicoba ya om? Kwe tiau Apollo ada coba gak,om? Ada lagi, Mie Tunggu hehe. Menunggu bakmi pake lama soalnya cuma satu orang aja yang masak hehe. Masih banyak yang lain, tapi sebagian besar om sudah hajar . Apa di Surabaya tidak ada makanan seperti di sini? Kapan-kapan ke Pontianak lagi lah om hehe.

    Gitu ya, om. Saya mikir-mikir lagi mau beli hp apa. Makasi om Herry buat sarannya. Salam dari Pontianak, om Herry 🙂

    1. Bu Theresia,

      He… he… setiap kali sampai kamar hotel, perut rasanya mau meledak deh. 🙂

      Yup, saya belum mencoba Bubur Pedas, Kwetiau Apollo, maupun Mie Tunggu. Sebagian makanan yang saya coba saat di Pontianak itu sebenarnya tersedia di Surabaya. Namun, cita rasa dan auranya kan beda.

      Iya, suatu saat saya ingin ke Pontianak lagi. Selain kulineran, penasaran ke Tugu Khatulistiwa plus meluncur ke Singkawang sekalian.

      Ok. Selamat berpikir mau beli ponsel apa.

  29. Ko Herry, saya ada beberapa pertanyaan nih :
    1. Ko Herry biasanya klo beli ponsel, konter langgananya dimana ya? ada rekomen ndak di area surabaya?
    2. Untuk merk nexian kok agak susah ya cari di wtc dan marina, apa memang sepi peminat ya?
    3. Saya perhatikan merk Mito skrg juga agak berkurang yg jual, soalnya saya cari Androidone Mito di wtc n marina jarang yang jual, kalopun ada hrganya msh 1jt seperti awal launching dulu.
    4. Konter yang menjual hp fitur Nokia yg lumayan lengkap dimana ya, saya mau cari Nokia 301 utk hp kedua. incaran yg lain Asha 210 atau Nokia 230

    1. Pak Roni,

      1. He.. he.. saya belanjanya pindah-pindah, baik offline maupun online.

      2. Lha Nexian kan boleh dibilang sudah mati suri.

      3. Mito masih banyak yang jual kok. Namun, kalau yang Anda cari Android One Mito, ya pasti susah. Lha ponsel itu sudah diskontinyu. Kalau pun ada yang masih punya stok, memang bakal pasang harga sekitar Rp 1 juta. Lha dulu mereka kulakannya sekitar harga itu. Mengapa tidak dijual rugi? Lha ngapain dijual rugi kalau praktiknya ponsel itu kadang masih dicari orang dan bisa dijual sekitar Rp 1 juta.

      4. He… he… penjual ponsel Nokia sudah jarang banget. Nokia 301 dan Asha 210 sudah lama sekali diskontinyu. Kalau Nokia 230 biasanya toko nggak berani kulakan.

  30. 1) :v INFINIX NOTE 2 masih layak beli nggak?
    2)Menurut anda, garansi distributor itu kerugiannya apa?
    3) Toko Online HP terbaik dan terpercaya menurut anda apa?
    4) Apakah HP samsung dibawah 2 Juta berkualitas baik? Soalnya orang tua saya Lebih menyukai HP Buatan samsung.
    5) Langganan WordPress Dengan Domain .com berapa?

    1. Pak Isa Ganteng,

      1. Masih.

      2. Layanan purna jual tidak jelas, kemungkinan dapat barang bekas bahkan bekas rusak yang disulap jadi baru, dan aksesori tidak orisinal.

      3. Erafone.com.

      4. Bahasa kasarnya nih: ponsel Samsung dengan harga di bawah Rp 2 juta sih barang busuk.

      5. Tak tahu.

  31. Pak HSW,
    Untuk ponsel android dengan spek sbb: ukuran layar mulai dari 5″ sampai 5,5″, dual sim card, kamera bagus, RAM lebih besar dari 2GB, harga maksimal Rp. 3,5jt apa ada yang rekomen?
    Terima kasih atas jawabannya.
    Btw saking setianya para pembaca dengan ponselmu.com sampai2 ada yang bertanya tentang biaya beli domain segala 🙂

    1. Pak Ilham ES,

      Infinix Zero 3.

      Iya. Yang ditanyakan adalah biaya kalau WordPress disambungkan ke domain.com. Saya tak mengetahui biayanya. Yang saya ketahui adalah biaya beli domain .com plus jasa hosting.

  32. Ok tks P.Herry
    Good Luck

    Mau nanya lg;
    Untuk jam Android yg beredar di Lazada/Online
    Itu gmna ya P.Herry
    Trutama yg murah merk Unix U8 SmartWatch
    Harganya murah bgt cuma 99rb
    Pdahal yg lain bisa 300-700
    Klo BerMerk bisa 3jt lebih
    Minta tolong P.Herry
    Rekomendasi & sedikit review
    Tks

    1. Pak Acipp,

      Saya pernah iseng beli. Jangan deh. Di foto kelihatan keren. Barang aslinya, ampun deh. Jelek banget. Kayak mainan anak-anak. Koneksi ke ponsel sering sekali putus.

  33. Hallo Pak HSW,
    Ada rencana mau mereview smartphone Xiaomi Redmi Note 3 versi garansi resmi ga? soalnya saya berencana mau membelinya tapi masih menunggu reviewnya dulu mengingat yang dirilis resmi di Indonesia merupakan yang versi internal memori 16 gb/ram 2 gb. Trims… 🙂

    1. Pak Aldyan,

      LG peringkat pertama, Samsung peringkat kedua (ada kemungkinan turun karena belakangan ini service center Samsung makin bertingkah), dan Acer di urutan ketiga.

      1. Service center samsung bertingkah gmn? Padahal salah satu keunggulan samsung berkaitan dengan servis center kalo banyak bertingkah bisa ditinggal pelanggan.

        1. Pak Djunaedi,

          Saat mengajukan klaim garansi dulu cukup membawa ponsel. Tak usah membawa nota pembelian dan kartu garansi. Belakangan ini sebagian konsumen diwajibkan menunjukkan nota pembelian dan kartu garansi.

          Hal lain, ponsel yang jelas-jelas bermasalah di pusat perbaikan resmi A bisa dinyatakan normal, sedangkan di tempat B (beda lokasi) dianggap bermasalah dan baru diperbaiki.

  34. sekali lg thx byk buat pak HSW yg telah memenuhi request saya buat perbandingan pic g4 dgn g5se,walaupun cuman 1foto doang 🙁 setelah saya lihat seperti nya foto g5se lbh terang dikit,overall detail nya hampir sama.jika berkenan apakah bs request nightshot tanpa flash dan indoor pencahayaan seadanya.
    trus yg mau saya tanyakan apakah pak HSW berminat mereview infinix xband? saya sangat tertarik dgn xband karena bs dijadiin blutooth headset.kebetulan jg lg butuh banget buat gantiin jabra xtreme 2 saya yg sudah ujur.batre mulai ngedrop,fisik jg dah ancur2an 🙁 kalau pak HSW emang ada niat ngereview infinix xband,akan saya tunggu review nya seblm beli.saya lbh percaya review dari pak HSW drpd review website lokal yg laen.terutama xband ini yg review lokal nya sudah ada bbrp tapi ms kurang jelas,cuman sekedar unboxing atau hand on doang tanpa penjelasan user experience.sangat berbeda dgn review pak HSW yg berdasar kan pemakaian sehari2.

    1. Pak Hertono,

      Iya, maaf cuma ada satu foto. Kebetulan saya hanya punya itu.

      Request berikutnya tak bisa saya penuhi. Sebab, saya belum bisa membawa G4 dan G5 SE secara bersama-sama lagi.

      Ya. Infinix Xband akan saya review. Kalau tujuannya dipakai buat headset bluetooth, menurut saya, kurang bagus deh. Suara bluetooth-nya sih masih bisa dikategorikan lumayan. Namun, Xband kurang bisa melekat dengan kencang di daun telinga. Kemungkinan jatuh terbuka sangat lebar.

  35. wah…mantap ni ternyata xband masuk daftar review pak HSW 😀
    apakah barang nya sudah di tangan pak HSW? kapan kira2 review nya bs tayang?
    kalau menurut pak HSW xband gk cocok buat blutooth headset,kira2 apa yah rekomendasi nya buat gantiin jabra xtreme2? dgn budget sehrg xband jg.

    1. Pak Hertono,

      Sudah di tangan. Kalau Anda di Surabaya, boleh coba towel-towel. Review kira-kira muncul sepuluh hari lagi.

      Hmmm… buat pengganti Jabra Extreme 2, tetapi anggaran seharga Xband? Apa ya. Nggak beli Extreme 2 lagi saja?

  36. Om herry mohon infonya donk..
    Saya ingin membeli smartphone dengan budger 2juta aja. Pemakaian yg saya sering pakek cuma game online kamera sama medsos..
    Kira2 smartphone apa yg cocok ya om, trimakasih banyak infonya om herry…..

    1. Pak/Bu Akida,

      Silakan melirik:
      * Asus Zenfone 2 Laser –> pastikan membeli yang 4G LTE dan bergaransi resmi.
      * Hisense Pureshot.

  37. Om herry mohon infonya donk..
    Saya ingin membeli smartphone dengan budger 2juta aja. Pemakaian yg saya sering pakek cuma game online kamera sama medsos..
    Kira2 smartphone apa yg cocok ya om, trimakasih banyak infonya om herry…..

    1. Bu Akida,

      Saya yakin tadi sudah menjawab pertanyaan yang sama dari Anda. Silakan mengecek jawaban saya di bawah pertanyaan pertama yang Anda kirimkan.

    1. Pak Fidzi,

      Banyak deh. Saya sampai nggak hafal satu per satu.

      Saya sebutkan seingatnya ya. Ada Sony, Asus, Huawei, Lenovo, Samsung, BlackBerry, LG, Apple, Microsoft/Nokia, Xiaomi, dan Acer.

  38. Pak Herry,
    Salam kenal pak Herry, mau tanya tentang kamera depan G5 SE ini,..
    hasil jepretannya normal kah, ato terbalik..??
    Thanks…

  39. Siang pak herry,

    Maaf kalau diluar topik. Saya sedang mencari smartphone dengan budged maks 3jt dengan kriteria memori internal 32gb dan layar full hd. Kira kira ada yang bisa bapak rekomendasikan ke saya?

    Makasih sebelumnya

  40. Selamat siang om Herry.
    saya mau nanya untuk LG L90dual masih layak beli apa tidak ? saya tertarik setelah membaca review dari Om dan melihat harganya yang kini 999rb di salah satu situs jual beli online. Terimakasih.

    1. Pak Rdwn,

      Sudah terasa ketinggalan banget lho. Namun, kalau Anda cuma memerlukannya untuk telepon dan SMS, masih boleh deh. Daripada L90 Dual, lebih baik Anda mencari LG G2 Mini. Masih ada toko yang punya stok kok.

  41. Selamat siang pak Herry
    Saya mau nanya untuk LG L90 dual masih layak beli ? Soalnys saya tertarik baca review dari bapak di tambah liat harganya yang sekarang 1jt-an. Makasih

    1. Pak RDWN,

      Pertanyaan yang sama lain kali harap dikirimkan satu kali saja ya. Silakan membaca jawaban saya di bawah pertanyaan pertama Anda.

  42. Koh.saya baca layar pureshot Itu TFT tapi di box IPS jadi yang benar itu IPS atau Tft koh. Viewing anglenya gimana menurut koh heri

    1. Pak Kurniawan,

      IPS. Dituliskan TFT karena IPS sebenarnya masih termasuk varian TFT.

      Baik-baik saja.

  43. Minta rekomendasi hp di bawah 3jt koh. Batere awet, kamera bagus, full hd (tidak harus). Coba 3 atau 4 hp paling recomended apa nih koh?

    1. Pak Muqtafun,

      Cuma ada satu tipe sih. Jadi, saya tidak bisa memberikan 3-4 pilihan. Apa itu? Asus Zenfone Max.

  44. hahaha…saya di medan ni pak HSW 🙂 kalo bs sih emang pengen banget ngerasain lsg seblm beli 😀
    masa di srh beli lg jabra xtreme2,udah bosan makek nya pak HSW,pemakaian dari baru lho….dah 2taon lbh. jd pengen ganti suasana…hehehe
    semoga review xband pak HSW bs tayang seblm flashsale ke 2 dilazada,biar lbh mantap beli nya 🙂

  45. Koh, maaf meyimpang mau beli hp nih yg ad sensor sidik jari, dual sim tetapi kartu memorinya tidak bergantian dgn sim 2, harga 2-3jt an koh kira2 smarpone merek ap ya?? Tq

  46. Dear pak herry,
    maaf ada rencana mereview polytron zap 6 power? Krn harga dbwh 2 jt, big battery dan usb otg..kalo polytron zap 6 power dibandingkan dgn hisense pureshot masih bagus hisense pureshot ya pak?
    Makasii

    1. Bu Rani,

      Ada rencana. Minggu ini review-nya muncul di blog ini kok.

      Dengan mengabaikan sensor sidik jari dan baterai besar, masih lebih bagus Pureshot.

  47. Pagi Pak Herry,

    Semoga anda sehat selalu.
    Review LG G5 SE mantap pak.
    saya jadi minat dengan gadget itu. sayang budget belum cukup.

    kebetulan saya juga lagi cari smartphone untuk kebutuhan sehari2 (telpon, sms, chat) dan pergi ke kantor (via KRL/Busway).
    dan saya lagi intip LG K8. karena ada fitur NFC dan RAM > 1 GB.
    Saya belum pernah pakai smartphone LG. jadi belum tau kualitas brand tersebut.

    Kalau untuk budget <2 jt.
    diantara LG K8, Asus Zenfone, Redmi 2 Prime, Infinix
    untuk kebutuhan saya tersebut lebih baik yang mana?
    atau ada tipe lain yang bisa anda rekomendasikan?

    1. Pak Muaz,

      Saya belum pernah menguji pakai K8 sehingga tak bisa berkomentar.

      Asus Zenfone dan Infinix yang Anda maksud tipe apa nih? Sebab, ada banyak tipe.

      Redmi 2 Prime secara umum cukup bagus. Boleh dibeli.

      1. iya pak herry, karena produk baru jadi belum banyak reviewnya.

        saya compare Lg K8 dengan Asus zenfone 2 laser, infinix hot 2 one, dan LG G2 mini.

        kalau LG G2 mini LTE D620 apakah dijual resmi di Indonesia?

        Terima kasih atas tanggapan bapak.

        1. Pak Muaz,

          Zenfone 2 Laser ada beragam varian. Yang mana nih? ZE500KG, ZE500KL, atau yang apa?

          Hot 2 dan G2 Mini untuk ukuran saat ini sudah kurang menarik.

          G2 Mini LTE tidak dijual resmi di Indonesia.

  48. •Saya Melihat Mungkin Trend Fingerprint di Hape semakin besar Mas. Dan saya ingin bertanya, Memang Keuntungan Fingerprint dibandingkan Keamanan biasa apa ya?

    • Kebetulan Juga saya membeli HP Ber-fingerprint.

    • Arti kata ‘Koh’ itu apa? Contoh kata: Koh – Herry .

    1. Pak Isa Ganteng,

      Lebih praktis sekaligus aman sih. Sidik jari tiap orang kan berbeda. Trus, Anda tak perlu susah-susah membentuk pattern atau memasukkan kombinasi angka tertentu untuk membuka ponsel. Tinggal sentuhkan jari ke ponsel, beres deh.

      Koh itu kata sapaan. Artinya sama dengan Kak, Mas, dan Bang.

  49. Buat saya, yg Sunat Edition ini memang dijual terlalu mahal, harusnya 6 jt an tanpa LG friend
    LG sendiri menganggap ini produk gagal, karena tak seberapa laku secara global.

    Ini harusnya jadi saingan Samsung A9/A9 Pro, sayangnya g dimasukin SEIN

  50. 1.Pak rencana mau review smartphone apa lagi nih? Kasih bocorannya dong…
    2. Pak, apakah service center xiaomi dipegang semua oleh UNICOM ? Apakah kualitasnya bisa dibandingkan dengan service center Lenovo

    1. Pak Aldyan,

      1. Redmi Note 3.

      2. Nyaris semua, kecuali satu tempat yang berada di Roxy Mas Jakarta. Bisa.

  51. Bpk Herry,
    saya ingin tanya beberapa hal,,
    1. Apakah di masa depan pak Herry ada niatan untuk review ponsel selain android? karena saya masih menggunakan handphone biasa (nokia x1-01 & blackberry lama) untuk orang tua yang tidak biasa menggunakan touchscreen. (sering tersenggol touch tidak sengaja).

    1b. Maaf, boleh saya tahu rekomendasi handphone basic bukan smartphone untuk orang tua yang ringtone nya, sangat keras?

    2. Apakah ponsel windows phone masih dapat diperhitungkan jika kebutuhan hanya untuk telepon, sms, media sosial & tanpa gaming dan gimmick lainnya?

    3. Pak Herry pernah menjawab di atas, kelemahan garansi distributor adalah barang bekas yang bisa di sulap jadi baru,, apakah pak herry punya rekomendasi toko / distributor (resmi maupun non-resmi) di wtc surabaya atau marina yang relatif aman? (apa bisa whisp mail saya pak jika pertanyaan saya off limit?)

    4. Apakah situs jual beli seperti lazada termasuk aman pak? maksud saya, barang benar2 baru,, bukan barang sulapan rusak yang sudah diperbaiki?

    Terima kasih.

    1. Pak Billyjeanfiles,

      1. Sebenarnya saya tidak mengkhususkan diri me-review ponsel Android saja. Masalahnya, ponsel-ponsel terbaru biasanya memakai sistem operasi Android. Jadi, ya ketemunya dengan ponsel Android terus deh.

      1b. Ringtone sangat keras. Hmm… tak ada deh. Kalau ingin yang seperti itu, tampaknya harus berurusan dengan merek lokal yang tergolong mengerikan.

      2. Bisa sih. Namun, dengan dana yang sama, menurut saya, mending beli ponsel Android. Personalisasinya lebih enak. Kalau bosan atau tidak cocok dan perlu dijual lagi, ponsel Android lebih mudah laku daripada ponsel Windows Phone.

      3. Kalau yang garansi resmi, boleh lihat-lihat di Garuda Teknik, Sentra, G Shop, dan Peace Cell. Semua di WTC. Kalau distributor tidak resmi, mending jangan beli deh. Whisp mail? Apa ya itu?

      4. Tidak berbelanja di Lazada merupakan langkah bijak. Mending jangan belanja di sana deh. Terlalu mengerikan.

      1. Pak herry, kalau belanja di lazada mengerikan kok beberapa brand masih menggunakan sbg online selling bahkan pre sale. Apakah brand tersebut tidak tahu reputasi lazada?

        Thx

        1. Pak Djunaedi,

          Saya yakin mereka tahu. Masalahnya, popularitas Lazada di Indonesia kan sangat tinggi. Peluang prinsipal sukses melakukan penjualan dengan volume transaksi besar terbuka sangat lebar.

  52. pak herry sw,pertanyaan saya sebelumnya saya pesan evercross t 4g m40,karena search di google, tak saya temukan keluhan.saya bertanya apa pak herry mau review evercross m40.kukira pak herry tak tertarik,jadi saya hubungi lazada untuk membatalkan ternyata tak bisa batal tapi saya diminta tak membuka paket dari evercross dan tak dikenai biaya.saya cod jadi tenang,sampai sekarang belum datang,
    saya kemarin baca review t3, kok jelek evercross tadi lihat review a76,bisa install game sendiri jadi mantap tak beli evercross.thank you review dan yang comment tentang evercross jadi sadar deh

    1. Pak Budi Wiryo,

      Kalau ada yang mengirimkan Evercoss (bukan Evercross) M40 itu kepada saya, mungkin akan saya review. Bila saya harus membelinya, saya sedang malas iseng. Membeli ponsel Evercoss itu berarti harus siap emosi dan rugi banyak. 🙂

  53. Maaf OOT koh Herry, Tq sebelumnya, GBU
    1. saya punya Gmail yg dulunya saya pakai khusus buat mailing list, karena sibuk lupa saya tengok hingga inbox jadi penuh. Stuck tak bisa terima email lagi, kemudian saya hapus seluruh email tsb & lakukan unsubscribe. Gmail tsb bisa terima email lagi, namun anehnya semua email masuk ke Trash bukan ke inbox. Gimana ya caranya supaya masuknya ke inbox kembali. Gmail tsb pakai nama saya, jadi sayang kalau harus saya buang
    2. IPS dan Super Amoled spt yg biasa dipakai Samsung apakah terasa beda significan bila buat nonton film sambil santai tiduran (jadi posisi sudut pandang layar semaunya). Kalau TFT BIASA pastilah parah, tak layak buat nonton cara begitu.

    1. Pak Hengky Fanggian,

      1. Untuk sementara, rajin-rajinlah membuka folder Trash. Pilih email-email yang sebenarnya bukan spam, lalu tandai sebagai “not spam”. Setelah beberapa kali email-email serupa akan otomatis masuk ke inbox.

      2. Tak tahu. Saya tidak berponsel sambil tiduran menonton film.

  54. Malam pak wah dari kemarin coba buka blog bapak gak bisa nih sedang maintenance kah pak??

    Ngom” saya mau titip review pak kan pak Herry ada rencana mau review redmi note 3 pro apakah bisa di pakai untuk 4g LTE smartfren terutama aplikasi smart volte dari smartfren apakah bisa dengan lancar dipakai untuk telpon dan sms pak. Karena saya masih ragu antara mau move ke hisense pureshot atau redmi note 3 ini pak secara di battery xiaomi unggul jauh sama fitur fingerprint (yang gak terlalu wajib hanya untuk ke kinian saja pak heheheh). Ngom” saya adalah pengguna lama smartfren yang sedang keteteran karena wajib pindah ke jaringan 4G nya pak jadi memang mau cari hp yg bisa competible dengan aplikasi smart volte smartfren. Terima kasih banyak” pak Herry.

    Salam

    1. Bu Meia,

      Blog tidak sedang dalam perawatan tuh. Kemarin saya berkali-kali akses dan selalu lancar jaya. Notifikasi error apa yang Anda dapatkan?

      Yang Anda tanyakan kebetulan sudah saya coba. Jawabannya, tak bisa dipadukan dengan Smartfren. Btw, saya memakai Redmi Note 3 bergaransi resmi ya.

  55. Saya kurang memperhatikan detail error yang muncul sih pak yg pasti ada gambar kalau sedang perbaikan kalau tidak salah alasan errornya adalah karea sibuk dan diminta menghubungi tenisi nya saya kira karena sedang maintenance pak.

    Hoo iya pak kan garansi resmi masih 3g walau bisa dioprek tapi kira” apakah kedepannya akan resmi ada update OTA ya pak.

    1. Bu Meia,

      Ehmm… yang ada gambar orang pakai helm proyek? Kalau benar itu, berarti akses memang sedang mengalami gangguan.

      Memperhatikan pergerakan Xiaomi di Indonesia, saya ragu hal itu akan terjadi.

  56. Pak Herry, apa disemua ponsel LG bila kita sudah mengatur tingkat pencahayaan dilayar & bila ponsel dimatikan setelan kita berubah ketika ponsel dihidupkan kembali ? Contoh : saya set layar ke 40% pencahayaan & saya matikan,kemudian saya hidupkan ponsel lagi,hasilnya pencahayaan kembali ke 100%.itu sedikit merepotkan bagi saya,mohon solusi dari Pak Herry,terimakasih

    1. Pak Richard,

      Rasanya saya tak pernah mengalami hal itu.

      Karena penasaran dengan pertanyaan Anda, barusan saya mencobanya di LG G5 SE. Tingkat pencahayaan layar saya ubah ke 51%, ponsel dimatikan, lalu dinyalakan lagi. Tingkat pencahayaan layar tetap 51% kok.

  57. Iya pak benar pakai helm proyek.

    Haha setuju pak beberapa kali barang tak jadi masuk resmi di indonesia sedangkan kalau beli d luar selain tidak garansi resmi juga rom masih perlu disesuaikan juga bisa dapat barang palsu. seperti kurang serius dapat dibikang mungkin (?)

  58. Selamat siang pak Herry, saya butuh rekomendasi…saya lg pengen upgrade hp nih. Lebih baik ambil G4 atau G5se yg menurut penjelasan diatas td adalah produk yang gagal?
    Terima kasih pak Herry…

    1. Pak Juan,

      G5 SE bukan produk yang gagal, tetapi patut disayangkan. Disayangkannya adalah mengapa LG Electronics Indonesia tidak sekalian memasukkan G5 ke Indonesia.

      Kalau pilihannya G4 atau G5 SE, jawabannya ya mending G5 SE sekalian.

  59. Aku pemakai g3 n g4 nih koh, abis baca2 review g5se kok jd pengen ganti gadget lagi. LG mania pokoknya hahahaha

  60. Pak, apakah ada rencana me-review ponsel LG yg K atau X series? Sepertinya layak di tunggu perbandingan kamera yg tipe G5 SE dan X cam.

    1. Pak Likhin,

      Enaknya gimana yaaaa… 🙂

      G5 SE nggak cocok diadu dengan X Cam deh. Beda banget kelasnya.

  61. Enaknya ada salah satu yg di review pak. Misalkn yg LG X Screen, kn spertinya ada nilai plus di screen-nya pak. Meskipun beda kelas jg gk papa pak membandingkan kamera LG G5 SE dn LG X cam, melihat seserius apa LG membuat produk kelas bawahnya.

  62. Ko Herry SW
    Apakah dengan budget 5jt masih worth membeli samsung s6edge 64gb ex garansi sein? Minta pendapat dan masukan koh. Kebutuhan saya untuk diprioritaskan untuk foto. Thanks

  63. Pak Herry,
    Saat ini eraf**e sedang ada promo LG G5 SE bundling dengan battery kit (include secondary battery + charging dock) seharga Rp. 7.999.000
    Menurut Bapak, apakah layak beli?

    1. Pak Yudha,

      Ponselnya sih boleh dibeli. Kalau soal harga, harga penawaran Erafone itu saya nilai kurang menggiurkan.

  64. Pa Herry

    Maaf oot, bisakah pak herry mereview LG K10 LTE, sudah masuk di indonesia bulan juli ini. Saya juga lagi bingung mau beli LG K10 LTE atau Lenovo Vibe K4 Note ya? Mohon pencerahannya dari pa herry heee.. Makasih..

    1. Pak Dody,

      Tidak bisa karena saya belum pernah mencobanya.

      K10 sudah beredar sejak bulan lalu (Juni) kok.

      Belum tahu. Lha saya belum pernah coba K10.

  65. Koh…baca review G5 se jd pengen upgrade..wide camera nya keren..ga usah pk fish eye lg, btw koh, sy pengguna G4 (super tertarik krn bc review dsini jg) kbetulan beli nya ga kena promo yg dpt batre cadangan, lah kok br 6 bln batre hp sy cpt bgt lowbat ya koh, charge 2 jam biasanya lgsng full ini ms 50an%..kira2 itu masalah di batre atau chargerannya ya? Trs GPS sy ke lock nya area medan trs setiap di hidupkan (sy tgl jkt), sdh coba uninstall gps,maps, lalu install ulang tp ttp kadang2 baca nya area medan, itu knp y koh?

    1. Pak/Bu Rurie Asmara,

      Bisa baterai, bisa charger. Coba Anda charge pakai charger lain deh. Bagaimana hasilnya?

      Soal GPS, nggak masalah sih. Begitu diaktifkan kan ponsel akan segera mencari lokasi terkini.

  66. pak saya mau nanya kalau harga 5-6 juta rekomendasi dari bapak apa? saya maunya ram 4gb dan rom 64gb/lebih. terima kasih pak

    1. Pak Fikri,

      Haduh… empat kali nih pertanyaan yang sama dari Anda masuk. Cek jawaban saya sebelumnya.

  67. Koh,, itu klo ” jenggot modular ” nya pengen d’lepas, G5 nya harus d’matikan dlu atau langsung tinggal lepas aja.?

    Trus gimana perbandingan kamera nya klo d’bandingin sma G4, misal’x seperti kecepatan fokus, detail gambar + tangkapan warna?

    Makasih

  68. Koh,, itu klo ” jenggot modular ” nya pengen d’lepas, G5 nya harus d’matikan dlu atau langsung tinggal lepas aja.?

    Trus gimana perbandingan kamera belakang G5 SE nya klo d’bandingin sma G4, misal’x seperti kecepatan fokus, detail gambar + tangkapan warna? Apakah ikut d’sunat dari G5 standard ?

    Makasih

    1. Pak SS,

      Tolong diperhatikan. Pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja. Jangan diulang-ulang. Pertanyaan Anda ini masuk tiga kali. Sebagian sudah saya hapus.

      Spesifikasi kamera G5 SE sama persis dengan G5.

  69. Om herry pilihan RAW di mode manual di g5 se emang tidak ada ya? Kalo di g4 kan ada om herry.apa saya tidak memperhatikan tapi saya cari2 tdk ketemu

  70. Sy eks pengguna samsung s5.pgn ganti sih dg flagship selain samsung. Klo ipon bisa bluetotth mngkn sy prefer ipon. Sy brulang kali baca review lg g5 se. Bnyk yg kcw dg snapdragonnya yg disunat. Blh ksh saran apakah dg dsunat performa brkurang? Dibanding z5 dual gmn ya? Klo dr jwbn sblumnya mas heri mnjwb mnding g5 dliat dr kamera. Oia mslh sc juga lg sama sony.. Trimakasih

    1. Pak Ajie,

      Kalau dibilang apakah performa G5 SE lebih rendah daripada G5, saya yakin iya. Namun, saya tak tahu seberapa besar karena belum pernah menguji pakai G5.

      Btw, G5 SE pun ternyata enak dipakai untuk sehari-hari beraktivitas lho. Anda boleh mempertimbangkannya. Apalagi, saat ini sedang ada program cash back Rp 1 juta. Harga ponsel itu menjadi Rp 6,999 juta.

      Kalau dibandingkan Xperia Z5 Dual, saya lebih memilih G5 SE.

      Service center LG versus Sony? Ya LG menang sangat mutlak, Pak.

  71. Trimakasih banyak pak hsw, 2 hr ini sy bolak balik mmbaca review pk hsw mngenai z5dual,g4,g5 dan beberapa browsing mengenai sc sony. Sekarang mantap lg, tp trnyata baterai g4 lbh besar drpd g5, snapdragonnya g4 sepertinya juga lbh besar. Hny g5 ada fingerprint.. Galau… Haha

    1. Pak Ajie,

      Kapasitas baterai G4 memang lebih besar daripada G5 SE (bukan G5 karena saya belum pernah coba). Namun, baterai G4 justru lebih cepat habis lho.

      Angka Snapdragon G4 memang lebih besar daripada G5 SE. Namun, punya G5 SE lebih gegas lho.

  72. Mau nanya nih pak, saat mau memotret kalo kita pilih format jpg+raw otomatis file akan tersimpan ke format jpg dan dng
    Yang saya mau tanyakan bagaimana caranya saya bisa lihat file format dng , sementara hanya file format jpg yang bisa saya lihat di galeri, apa file format dng hanya berkas, dan harus di kirim ke pc dulu untuk melihat dan mengolahnya
    Terima kasih

    1. Pak Zakaria,

      Maaf karena respons saya lama. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota.

      File DNG itu idealnya Anda buka menggunakan Photoshop di PC/laptop.

  73. Pak Herry,
    Saya pengguna xperia m5 dual saat ini.
    Pengen ganti hp, sebaiknya samsung galaxy s7, lg g5 atau sony xperia z5 atau pak herry punya saran lebih baik lagi.
    Terima kasih sarannya.

  74. Halo Pak Herry,
    saya akhirnya beli LG G5 SE seperti sarannya Pak Herry.
    btw, adakah trik untuk melepas baterai dari modulnya pak?
    kenceng banget. mau saya paksa takut patah.
    satu lagi,dibanding asus zenfone max bagusan mana sama LG G5 SE?
    zenfone max lumayan speknya…
    Terima kasih

    1. Pak Alvo,

      Nggak ada trik khusus. Saat baru 1-2 kali dilepas memang terasa kencang banget. Setelah beberapa kali, jadi lebih mudah kok.

      He.. he.. itu sih Anda ibarat ingin membandingkan hotel berbintang tiga dengan hotel berbintang lima. Ya beda tho. Nggak cocok diadu.

  75. Mau tanya ko, untuk hal kamera nya, itu G5 SE apakah sudah mendukung file RAW?? karena beberapa temen bilang kok LG G5 SE ga ada raw nya dan yg ada hanya LG G5 biasa…

    Mohon klarifikasinya ko. Terimakasih banyak.

  76. Pagi Pak herry,
    Mw tanya, hp apa yg spec nya mirip atau mendekati LG G4 dr segi kamera dan performa lainnya, saya td ny mw upgrade ke G5 tp gara2 G4 saya kmrn smpt mati total (bootlop) dan hrs ganti perangkat (walaupun gratis krn ms garansi) dan data penting sy jd ilang semua, jd agak was2 jg nanti mengalami kejadian yg sm, walaupun issue bootloop blm ada di G5, dan sc nya LG responnya sangat baik tp kl ms ada garansi ms mending, kl garansi ud abs bs tepok jidat..hehehe…krn sy mw pk untuk kisaran lebih dr 2thn kl bs mengingat harga yg lumayan buat kantong saya. Trima kasih sblm nya pak.

    1. Pak Darmawan,

      Tak berani saya pastikan. Lagipula, kalau memang tak perlu mengeluarkan update, tak perlu dipaksakan memunculkan update setiap bulan, bukan?

  77. Dear pak Herry SW,

    Saya mencoba lg g5 se dengan kartu smartfren 4g warna merah kog tidak muncul jaringan maupun tanda koneksi 4g? Adakah setting tambahan yang harus saya masukkan?

    Mohon bantuan

    Terima kasih

    1. Pak Johan,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Kartu Smartfren itu sebaiknya dipasangkan di selot SIM1. Lalu, pastikan pengaturan jaringan berada di 4G LTE. Pastikan pula Anda sudah membuat profil APN baru.

  78. Selamat pagi koh herry
    Saya ingin bertanya apakah kemungkinan isu bootloop pada lg G4 akan terjadi juga pada lg G5 se ini ?
    Terimakasih koh

    1. Pak Raharja,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Kalau bicara kemungkinan, peluang bootloop ada di ponsel apa pun. Namun, sejauh ini, saya belum pernah mendengar ada G5 SE bootloop sih.

  79. Selamat siang pak Herry
    Saya tertarik dengan LG G5 SE. Namun sebelum2nya saya tidak pernah pakai brand LG jadi saya agak sedikit ragu untuk membeli HP LG dengan harga yg tinggi. Secara umum, apakah HP LG awet?
    Kebetulan saya tinggal surabaya, apakah service center LG di surabaya tersebar luas?

  80. Koh herry..sy lagi bingung nih pilih ipone 6s atau lg g5 se ya..menurut koh herry mana yg lebih bagus diliat dari semua speknya..sy beli ipone 6s atau lg g5 se ya koh…makasih sebelumnya

  81. Pak Herry SW,

    “Kartu Smartfren itu sebaiknya dipasangkan di selot SIM1. Lalu, pastikan pengaturan jaringan berada di 4G LTE. Pastikan pula Anda sudah membuat profil APN baru.” (Cara ini sudah saya lakukan tapi tetap belum berhasil, tapi terima kasih untuk sarannya).

    Akhirnya setelah mengirim email dan menelpon LG Service Center Jakarta, saya berhasil menggunakan kartu smartfren di lg g5 se: kita perlu mengatur setting lagi dengan memasukkan kode hidden menu: *#546368#845# lalu pilih field test – modem setting – LTE Band selection – centang band 5 & 40, setelah itu keluar dan network smartfren sudah jalan. Hanya cara ini tidak permanen, jika hp dimatikan/flight mode maka harus diulang lagi pengaturan seperti di atas.

    Overall saya puas dengan kualitas lg g5 se, baik kamera, fitur, kualitas suara dan terutama layanan service center lg. Kekurangan hanya 1: battery yang kurang tahan lama 😉

    1. Pak Johan,

      Ok. Berarti, mungkin sinyal 4G LTE di lokasi Anda tidak terlalu kuat sehingga diperlukan jurus lanjutan seperti yang dipaparkan oleh service center LG.

      Btw, saya malahan baru tahu kalau bisa konsultasi via telepon dengan service center LG.

  82. Pak HSW, bagus mana kamera G5 SE dibanding dg kamera G4?

    Apakah ada perbedaan kinerja kamera antara G5 SE dg G5..?

    Thx..

    1. Pak Muhammad Baswedan,

      Kamera G5 SE unggul tipis. Saran saya, jangan beli G5 SE dulu. V20 sudah di ambang pintu lho.

      Tak tahu. Belum pernah uji pakai G5. Satu hal yang pasti berbeda, G5 bisa menghasilkan foto RAW, sedangkan G5 SE tak bisa.

    1. Pak Wira,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Asus Zenfone 3 dan Huawei P9 Lite. Kalau mau bekas, silakan melirik LG G5 SE bekas.

  83. koh herry, penasaran nih utk foto n musik LG G5 SE compare ke iphone 6s gmn ya?
    tp kykya gak nge review iphone 6s ya koh? hehehe..
    tks

    1. Pak Baim,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba iPhone 6S.

    1. Bu Yul,

      Tak tahu. Saya belum pernah menguji pakai ponsel itu. Biarpun demikian, kalau kebutuhan Anda seperti itu, saya yakin X Cam bukan pilihan bijak.

  84. Malam, Pak Herry.

    Hendak bertanya :
    1. Ada isu jika G 5 dan g5 se ini tak laku dipasaran, tak selaku g4 sehingga ada rencana discontinue produksi. Apakah benar demikian ?

    2. Jika lazada termasuk mengerikan, bagaimana dengan blibli? Saya pernah beli hp Sony via blibli, 1.5 tahun yang lalu. Sampai sekarang fine aja.

    3. Ada penawaran G5 se di blibli, toko butik dukomsel, seharga 6.297.550, tanpa bonus. Gold. Garansi resmi LG indonesia.
    Lebih murah dari eraphone, seharga 6.499.000. Bonus softcase.
    Yang di blibli, apakah ori lg dan beneran garansi resmi ?
    Saya ragu karena di blibli tidak bisa bertanya ke penjual.

    Di eraphone, warn gold tidak tersedia.

    Apakah ada.saran dari Pak Herry tentang cara membeli g5 se gold, garansi resmi dan memang ori ?

    Terima kasih

    1. Bu Sandra,

      1. G5 tidak beredar resmi di Indonesia. Yang beredar resmi di sini G5 SE dan kalau melihat pergerakan di pasar memang tidak selaris G4. Sampai saat ini G5 SE belum diskontinyu. Kelak sih produksinya pasti akan dihentikan. Sebab, LG pasti telah menyiapkan penerusnya.

      2. Secara umum Blibli jauh lebih baik daripada Lazada.

      3. Erafone atau Eraphone? Kalau yang kedua, saya tak tahu. Dukomsel itu pemain besar di bisnis seluler kok. Kantor pusatnya di Bandung. Mestinya yang ditawarkannya adalah barang baru, orisinal, dan bergaransi resmi.

      Anda di kota mana? Paling aman dan cepat menerima barang adalah datang langsung ke LG Brandshop di kota Anda.

  85. Pak Herry,

    Saya di surabaya.

    Di komen diatas, bapak menuliskan harga LG G4 seharga 5.999.000. Kalau boleh tahu, dimana yang jual ya ?
    Di erafone (uda betulkan ?) seharga 6.499.000 sama dengan harga LG G5 SE.

    Saya ragu untuk membeli LG G5 SE karena penerimaan pasar tak sebaik G4. Kenapa ya Pak ?
    Apakah karena G5 produk jelek ? Padahal G4 kena masalah bootloop.

    1. Bu Sandra,

      Rp 4,999 juta, bukan Rp 5,999 juta. Di LG Brandshop, WTC lantai 1 Galeria.

      Sebab, konsumen berharap yang masuk LG G5, bukan G5 SE.

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba G5.

    1. Pak/Bu Dena,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota dan laptop yang sehari-hari saya pakai untuk membalas tumpukan pertanyaan mendadak tak mau menyala.

      Kamera lebih bagus P9. Secara umum lebih baik G5 SE.

  86. dear HSW

    saya pemakai hisense pureshoot, pengen ganti dengan dana 3 jt yang disarankan apa pak? lg G4 apakah masih layak beli pak, kisaran berapa harga 2ndnya? tq

    1. Pak Adank,

      Hisense Pureshot lho, bukan Hisense Pureshoot.

      Dengan anggaran Rp 3 juta, saat ini sih paling saya arahkan ke Infinix Zero 3. Kalau dana bisa ditambah sampai Rp 3,299 juta, belilah Huawei P9 Lite.

      G4 masih layak beli. Harga pasaran bekas mulai Rp 2,5 juta sampai Rp 3 juta. Bergantung kondisi fisik, kelengkapan, dan status garansi.

  87. Saya baru aja beli lg g5 se overall sih bagus tapi untuk perihal kamera depan nya lebih baik g4 yah koh?? Saya jadi labil antara mau jual lagi atau tidak menurut koh saranya apa yaa? Apakah ada pengaturan utk kamera depan agar tdk seperti pakai apk cam360 soalnya LG g5se ini pakai fitur beauty ya? Trims

    1. Bu Diana,

      Saya lupa detailnya. Seingat saya mirip-mirip deh. Fitur beautify di kamera depan G5 SE bisa dinonaktifkan kok. Jadi, saran saya, mending tetap menggunakan G5 SE.

  88. dear Pa HSW

    mau nanya, saya sedang mencari smartphone dengan kisaran budget 3-4 jt. dengan spek mumpuni di tahun 2017 ini. keperluan saya, yang bisa menyimpan berbagai data dan tahan lama, ya kalau bisa dengan camera yang bagus juga 🙂 terimakasih banyak.

  89. Pak herry
    LG G5 SE saya kok ada screen burn nya yaa.
    jadi logo ikon tidak bisa hilang / ada bayangan saat layar menunjukan warna full hitam atau gelap.
    kira kira sama dengan yang dialami dengan bapak tidak?

    1. Pak Bagus,

      Saya tidak mengalaminya. Kalau ponsel itu masih bergaransi resmi, lakukan klaim garansi saja. Layar berpeluang diganti gratis.

  90. Pak Herry

    Apakah LG G5 Se akan mendapatkan update resmi seperti G5? (pengen ngerasain Nougat)

    Yang saya liat setelah browsing untuk update G5se harus di root dulu (takut bermasalah)

    Terimakasih

    1. Pak Tidaryanto,

      Belum tahu nih.

      Ehmm… jangan di-root deh. Kalau memang ada pemutakhiran (update) resmi, pasti bisa dilakukan secara OTA tanpa perlu root.

  91. om. kalau screen on timenya kisaran berapaan y G5 se ini? tertariknya malah sekarang nih pas sekenannya murah. hehe

    1. Pak Indra,

      Screen on time (SOT) tidak saya perhatikan. Sebab, buat saya, SOT tidak bisa dijadikan patokan mutlak. Kalau ponsel banyak digunakan untuk tethering, SOT pasti akan sangat rendah. Sebaliknya, kalau ponsel hanya dipakai untuk melihat foto dengan koneksi internet padam, maka SOT bakal sangat tinggi.

      Untuk kebiasaan pemakaian harian saya, dalam sehari biasanya saya perlu menyalakan layar ponsel dengan durasi total sekitar tiga jam.

  92. Pak Herry

    Saya saat ini mempunyai 2 batrai. Yg pertama batrai bawaan hp dan yg kedua dari batrai kit.

    Yang ingin saya tanyakan apa tidak apa-apa jika saya melakukan pergantian batrai langsung dengan batrai cadangan jika batrai sudah low secara rutin/sering(bergantian)?

    Apakah ada efek yg dapat merusak batrai atau hp nya itu sendiri?

    Terimakasih

  93. Halo, Om Herry.

    Jika tidak mempertimbangkan harga dan pelayanan pabrikan ke pengguna, apakah lebih baik G5 SE ataukah Zenfone 3 5,2 inci jika diasumsikan bervarian sama-sama 32GB? Mengapa Om Herry memilih ponsel tersebut?

    Apa Om tahu, dalam LG Mobile, siapakah yang lebih berhak menentukan strategi pemasaran (termasuk penetapan harganya), apakah LGE Indonesia ataukah langsung ditentukan hanya oleh prinsipal di Korea? Karena menurut saya strategi mereka (setidaknya di Indonesia) sudah beberapa kali kurang tepat *lirik G6 yang sudah turun harga dalam sebulan dan G5 “Special” Edition ini*

    Terima kasih Om sudah bersedia menjawab ?

    1. Pak Ega_32,

      Zenfone 3. Alasannya, ponsel itu memungkinkan dua nomor yang siaga berada di jaringan 4G-3G atau 3G-4G secara simultan. Kemampuan semacam itu sekarang sangat bermanfaat. Sebab, performa jaringan 2G, terutama di kota-kota besar, telah memburuk signifikan.

      Keputusan final bergantung Korea.

  94. Salam koh Herry SW,
    Maaf sbelumnya, apakah disini boleh price-police?
    Sy ada liat promo sale lg g5 se garansi resmi di olshop terkemuka dgn harga 4.749k, & sy punya voucher 100k.
    Is it worth to buy?
    Atau ada saran hp lain di rentang harga yg mirip?
    Secara faktor keseluruhan koh.
    FYI, sy semntara menggunakan pureshot (non+) & zero3 krn saran koh Herry.
    Pernah juga p1 turbo tp cuma seminggu krn relatif besar tebal licin & berat.
    Terima kasih. Sehat selalu & God bless.

    1. Pak Pembaca Ponselmu,

      Maksudnya bertanya tentang harga dan memberitahukan kalau di tempat lain ada barang dengan kondisi sama yang dijual lebih murah? Boleh saja.

      Ya, layak beli.

  95. Pak herry,

    Iya, maksud saya begitu koh. Takutnya ndak etis sebut harga promo SALE yg cuma mgk cuma semntara atau ngabisin stok, sehingga seller lain berpotensi jadi sepi?

    Sebenarnya sih incar V20 krn quad DAC + bonus earphone, tp masih belum tega keluar bujet segitu lalu ntar depresiainya bisa2 bbrp tahun kemudian hanya laku terjual 2jutaan.

    Tks koh, lgs lanjut proses pembayaran.
    G5 se dulu, ntar ada kelonggaran beli HiFi Plus nya atau jual g5se up ke v20 sekalian kalau harganya semakin terkoreksi.

    Btw, g5se+hifiplus VS V20 dgn lagu & earphone yg sama, enakan mana racikan chef nya koh?

    Thanks again

    1. Pak Pembaca Ponselmu,

      Kalau sifatnya berbagi informasi dan Anda bukan sebagai penjual, boleh saja kok.

      Karena saya bukan pemilik telinga emas, terus terang saya lumayan sulit membedakannya. Lebih praktisnya sih ya V20 + earphone bawaan. Nggak perlu dongle tambahan.

  96. Pak herry saya ingin beli hp baru antara xiaomi mi5s atau lg g5 SE jika di lihat dari kamera, speaker, layar, performa dan build quality bagusan mana ya ? Sama apa lg g5 se kuat jika main game sepwrti real racing

    1. Pak M. Ricky R,

      Mi 5s langsung coret karena tanpa garansi resmi.

      G5 SE kuat dipakai main Real Racing. Namun, entah kalau Anda memainkannya nonstop satu jam ya. Saya cuma bermain sekitar sepuluh menit.

  97. Om herry, harga second hp lg g5se, utk fullset 3,65 sedangkan batangan 3,1 apakah mahal/murah,, kira2 yg sesuai saat ini berapa… Tks

  98. pak Harry apa saja perbedaan lg g5 se dengan g5 standar selain dari spesifikasi dan lg g5 se tidak bisa pakai format RAW, apa ada perbedaan lagi di segi fitur kamera dan fitur lainnya ?

    dan kalau di banding degan xperia x bagus mana ?

  99. Pak Herry, untuk hasil camera LG G5 SE vs Zenfone 3 vs Huawei P9 kalau diurutkan bagus mana?
    Dan kalau menurut Pak Herry, secara keseluruhan pilih yang mana?
    Untuk OS Android, menurut Pak Herry yang paling optimal dari merek apa (spec gak terlalu tinggi tapi performa terbaik selain dari Google Nexus/Pixel Series)?

    Terima kasih

    1. Pak Richard,

      Untuk kamera, dimulai dari yang terbaik: P9, G5 SE, dan Zenfone 3.

      Kinerja keseluruhan, dimulai dari yang terbaik: G5 SE, Zenfone 3, dan P9.

      Nggak bisa dipukul rata begitu sih. Kalau mau yang harga rasional coba melirik ponsel Xiaomi.

      1. Pak Herry,

        Maksud saya OS spt MIUI, EMISI, XOS dst..
        Yg menurut Pak Herry, terbaik yg mana?
        Contohnya iOS dengan Spec yg seperti iPhone 5 masih lancar digunakan

        Thanks

        1. Pak Richard,

          Oh… itu kan sama-sama Android. MIUI dll tersebut lebih ke antarmuka dan personalisasi yang dilakukan pabrikan. Bergantung selera pengguna deh.

  100. Dear Pak HWS,
    Saya berencana membeli LG G5 SE. Tapi saya masih dilema dgn slot hybrid nya. Saya terbiasa dgn dual SIM karena memakai 2 nomor sekaligus. Sedangkan saya masih pengen nambah memori eksternal, karena mgkn 32 GB masih kurang utk saya. Menurut bapak, apakah 32 GB masih oke utk pengguna yg hobi download aplikasi dan lagu? Blm lagi foto2 yg sepertinya akan memakan space lumayan besar. Mohon pendapat bapak. Terima kasih

    1. Pak Diandra,

      Saya tak tahu seberapa banyak aplikasi dan lagu yang ingin Anda unduh. Kalau banyak banget, 32 GB bakal terasa pas-pasan. Buat saya sih 32 GB sudah cukup banget.

  101. Salam Pak Herry,
    Saya baru beli G5 SE ini di akhir Juni kemarin dan sejauh ini sangat puas dengan kualitas kameranya.
    Namun ada 2 hal yang mengganjal dan ingin saya tanyakan :
    1. Apakah benar setelah update ke Nougat daya tahan baterainya jadi menurun? Saya belum pernah membandingkannya dengan saat masih OS Marshmallow karena setelah beli langsung saya update ke Nougat.
    2. Ponsel saya ternyata memiliki sedikit backlight bleeding di sisi kanan bawah layar. Apakah masalah ini bisa menjadi semakin parah dan mengganggu? Haruskah dibawa ke service center sesegera mungkin?
    Mohon tanggapannya. Terima kasih

    1. Bu Nanda,

      1. Tak tahu. Saya belum pernah memakai G5 SE dengan OS Nougat.

      2. Biasanya takkan bertambah parah. Asalkan kecil, tak sampai mengganggu. Namun, kalau Anda ingin mengklaimkan garansi di pusat perbaikan resmi, silakan saja.

  102. Saya pembaca setia ponselmu.com
    Saya pengguna HP infinix zero 3
    Mau ganti HP ke lg g5 se .menurut pak HSW perbedaan hasil kameranya gimana.sedikit atau jauh atau jauh
    Banget.Karena saya suka foto foto

    Tolong urutkan kamera HP paling
    Bagus . lg g5 se Samsung s8
    Asus zenfone zoom s mi6 lg g4

    Sebelumnya terima kasih .
    Sukses terus buat pak HSW.
    terutama hobi makanya Itu lho

    1. Pak Saiful,

      Cukup jauh.

      Mi 6 saya coret ya. Saya tak mau mengomentarinya lagi karena belum beredar resmi di sini.

      Inilah urutan ponsel yang kameranya paling bagus (yang saya sebutkan lebih dulu berarti lebih bagus):
      1. Samsung Galaxy S8. Namun, baterainya boros dan sesekali nge-lag.
      2. LG G5.
      3. LG G4.
      4. Asus Zenfone Zoom S. Dibandingkan tiga ponsel yang lain, ponsel ini memiliki daya tahan baterai paling mantap.

  103. pak ..saya mau meminang lg g5 se..klu dayan btrei buat sosmed aja boros gak..?
    saya skrang pkai mi5..kameranya bagus mana

    1. Pak Ahmad,

      Kalau doyan medsos, Anda perlu baterai cadangan atau power bank.

      Tak tahu. Saya tak pernah menggunakan Mi 5.

  104. Pak Herry,
    apakah untuk saat ini, G5 SE masih recommended?
    Jika ada yang menjual hp ini dengan kondisi baru dan resmi seharga Rp 3.990.000 (tanpa bonus apapun), apakah ada hp lain yang lebih baik dengan harga segitu?
    Terima kasih sebelumnya.

    1. Pak Dimas Putera P.,

      Ya. Dengan harga saat ini Rp 3,999 juta dan termasuk bonus battery kit + quick cover, LG G5 SE masih layak beli.

      Rp 3,99 juta tanpa bonus apa pun? Mahal dong.

  105. Om HSW, hasil jepretan kamera LG G5 SE lebih bagus mana jika dibandingkan dengan ASUS ZENFONE 3?
    Dan kalo secara umum lebih unggul LG G5 SE atau zenfone 3 om?

    1. Pak Syaihan,

      G5 SE.

      G5 SE. Kalau diadu dengan Zenfone 3, G5 SE kalah di kemampuan dual SIM 4G-3G secara simultan.

  106. Salam pak Herry,sekarang LG G5 se ini kan sedang promo,kira-kira masih worth tidak untuk dibeli tahun ini ? Atau bapak ada saran untuk budget 4jutaan yang sekelas,terimakasih.Sukses selalu

    1. Ibu Sadjirah,

      Menurut saya, tidak.

      Masih cukup bagus. Silakan melihat contoh foto-foto yang dihasilkan di bagian atas halaman ini.

  107. Pak, mau tanya.. LG G5 SE ini apakah memiliki fitur OIS atau EIS pada kameranya? Hasil videonya bagaimana, apakah terasa stabil? Terima kasih

    1. Pak Hiro,

      Rp 3,999 juta.

      Gagal dari sisi produk sebenarnya tidak. Namun, kalau dari sisi angka penjualan, tampaknya begitu.

  108. 1. Koh…kalo Redmi Note 4 yg 64gb/4gb resmi (2,5jt) dibanding LG G5 se + free x cam plus (4jt) mending ambil yg mana ya? galau banget….sebenarnya dana ada di kisaran 3jt-an sih, tapi krn ada tawaran menarik LG jd kepincut nih…itung2 pengen pegang hp flagship meski tahun lalu hehe (sebelumnya saya sudah pernah pake xiaomi mi4i).

    2. Apa ada kemungkinan LG G5 se akan turun harga lagi? karena saya gak keburu banget sih ganti hp nya

    1. Bu Karimah,

      1. Bergantung skala prioritas Anda.

      Kalau mengutamakan kamera, belilah G5 SE.
      Kalau mengutamakan daya tahan baterai, belilah Redmi Note 4. Btw, harga varian 4/64 Rp 2,599 juta. Bukan Rp 2,5 juta.

      G5 bukan ponsel flagship, melainkan kelas menengah mendekati atas.

      2. Sangat mungkin.

      1. Ok trims responnya pak. Oya last question nih…overall kalau dari segi price to performance mending yg mana pak? LG G5 se atau Redmi note 4 64gb/4?

    1. Pak Hiro,

      Saat mengetikkan pertanyaan, biasakan memakai tanda baca. Berikan tanda titik dan koma agar saya tak bingung memahami pertanyaan Anda.

      Kalau Anda mengutamakan kamera, di rentang harga segitu belum ada yang lebih baik daripada G5 SE.

  109. Hallo pa herry saya pengguna LG G5se. Lg saya sedanh bermasalah gitu screen burn apa ya namanya. Yang ada bayangan gitu. Itu bisa di perbaiki ga pa? Untuk saat ini saya ngakalin nya pake wallpapaer hitam sih.. itu munculnnya di home aja sih. Klo misal masuk ke IG ke whatsapp ke pengaturan ga keliatan cuma keliatan di layar utama. Makasih sebelum nya pa.

    1. Bu Restia,

      Ok. Anda tinggal membawanya ke pusat perbaikan resmi LG dan bakal diganti dengan layar baru. Gratis. Kalau suku cadang tersedia, bisa ditunggu.

  110. Untuk harga yang sudah turun jadi 4jt apakah G5 SE masih layak dibeli? Apa hp ini dapat update Android Nougat? Kalau memang sudah kurang layak dibeli, pak Herry bisa rekomendasikan Android yang worth to buy di harga max 4jt?

    1. Pak Adnan,

      Kalau Anda mencari ponsel yang kameranya bagus dan memiliki performa keseluruhan bagus, G5 SE masih layak beli.

      Saya sudah tak mengikuti ponsel itu terakhir mendapatkan update ke versi apa.

  111. Koh, saya lg galau. Secara keseluruhan, mending beli LG G5 SE apa Xiaomi Mi A1 atau Moto G5s Plus ya?

    Note : Saya dapat tawaran dari teman utk LG G5 SE + LG Cam plus cuma 3,5jt (barang segel dan bergaransi resmi).

    1. Pak Mi A1 vs Moto G5s Plus,

      Ehmm… nama Anda kok aneh?

      Kalau ada tawaran seperti itu, tanpa ragu saya akan memilih LG G5 SE.

  112. Maaf Pak saya mau tanya, apakah ponsel LG G5 SE ini fitur fast chargingnya dapat di nonaktifkan sementara seperti pada hp keluaran samsung ?

  113. Halo Pak Herry.

    Jadi galau nih gara-gara ada promo G5SE senilai 3.499jt di erafone.
    sebelumnya ingin beli Mi A1.
    Konsultasi dulu sama Pak Herry. Dengan RAM 3GB, apakah masih cukup kuat digunakan untuk 5tahun kedepan?
    Hanya 1 ini ganjalan nya. Mohon pencerahan.
    Penggunaan harian medsos (FB,WA,Line), sesekali Maps, ngegame HD.
    Trims sebelumnya.

    1. Pak Salken,

      Hmmm… lima tahun ke depan? Lama banget nih. Yakin tak tergoda ponsel lain dalam rentang waktu tersebut?

      Yang harus diperhatikan bukan hanya RAM lho. Kalau lima tahun mendatang, saran saya ya belilah ponsel yang saat ini berstatus flagship.

      1. Pak Mi A1 vs Moto G5s Plus,

        Promo berlaku di seluruh gerai offline Erafone. Bonus Cam Plus atau battery kit hanya selama persediaan masih ada. Kalau stoknya masih ada, dengan Rp 3,499 juta Anda boleh membawa pulang G5 SE + Cam Plus.

  114. Halo Pak Herry.

    saya mau tanya pak , rencana aja ingin beli Xiaomi MiA1 dan saya bingung pak karena diharga 3 jutaan ada pilihan yang banyak contoh Moto G5s dan ada lagi kemarin ada yang posting di ERAFONE LG G5 SE ini di harga dengan Rp 3,499 juta boleh membawa pulang G5 SE + Cam Plus. kalau pak herry nyaranin pilih mana ya ? dari pilihan ke tiga ini soalnya saya hanya butuh Hp yang Camera bagus , daya tahan baterai awet , buat sosmed , kalu game sih jarang aja dan nggak LAG . dan sebenarnya sih saya ingin menjajal kamera xiaomi mi a 1 ini karena mode protrait dan hasil blur kamera belakang lumayan rapi dan hasilnya bagus ketika saya masuk grup Mia1 dalam facebook. maka dari itu saya minta saran anda aja pak , yang masuk dalam kebutuhan saya diatas untuk kedapannya pilhan yang baik , diantara 3 smartphone diatas boleh juga bisa nyaranin yang lain pak. terimakasih

    1. Pak Arif,

      G5 SE secara umum lebih bagus daripada Mi A1 dan Moto G5s Plus, kecuali dalam hal daya tahan baterai.

  115. Siang Pak Herry,

    Wah saya sangat bersyukur sekali bisa nemu Review G5SE dulu diweb ini sebelum beli Ponsel di range harga 3 jutaan. Saya sebelumnya juga sudah liat review Bapak untuk MI A1, dan Moto G5S+

    Saya ada minat ambil MI A1 pertama kali, cuma setelah melihat review2 dari Reviewer Alliance -yang mungkin sebagian dari mereka Pak Herry juga kenal- dan ada beberapa review yg mungkin agak sedikit bikin saya menahan diri untuk ambil MI A1, seperti untuk beberapa hasil Foto Lowlight yang kadang terasa kurang ataupun dari segi sound video yang tidak begitu baik ( bagi saya )

    Dan setelah saya lihat review G5SE dan beberapa komen section, saya lihat Pak Herry lebih recommend untuk G5SE ketimbang MI A1 di range harga yang +- sama, saya jadi tertarik dan saya coba lihat dibeberapa store seperti Erafone, tapi ternyata untuk bbrp bonus yang ada sebelumnya seperti Cam Plus / Battery Kit bundle sudah tidak ada lagi, apakah dengan harga 3.5jt masih worth untuk ambil G5SE, yang Phone only?

    Tolong sarannya dari Pak Herry, untuk Ponsel dirange harga 3 – 4 jutaan, better ambil yang mana antara G5SE / MI A1? ataupun ada rekomendasi lain whether itu Android / Iphone Pak untuk HP dengan kamera yang bagus selain ASUS ( karena saya pny pengalaman tidak enak dgn SC ASUS )

    Terima kasih.

    1. Pak Chrisandy,

      Dengan harga Rp 3,5 juta tanpa bonus battery kit, G5 SE sudah tidak menarik lagi.

      Btw, untuk sementara jangan membeli ponsel LG tipe apa pun, Pak. Lebih baik mengambil posisi “tunggu dan lihat” dulu.

      Di rentang harga segitu, kalau tidak mau Mi A1 dan Asus, ya berarti Moto G5s Plus.

      1. Malam Pak Herry,

        Terima kasih untuk jawabannya Pak.

        Betul, dibeberapa store di Jakarta untuk harga 3.5 juta G5SE sudah tidak dibundle lagi dengan apapun.

        Baik bila begitu Pak, mungkin saya di posisi “tunggu dan lihat” dulu untuk kedepannya, karena saya juga masih mencari-cari yang pas untuk saya hehe.

        Thanks Pak 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *