Review LG G6: Layar Besar di Bodi Kecil

Hingga tahun lalu, LG masih kukuh menggunakan baterai yang dapat dilepas pasang (removable battery) di lini ponsel flagship. Tahun ini produsen asal Korea tersebut berubah sikap. LG G6 mengadopsi baterai tanam.

Ponsel yang tahan air dan debu sesuai standar IP68 itu telah beredar di Indonesia. Harga jualnya dipatok Rp 9,999 juta. Seberapa menarik G6 dibandingkan pendahulunya? Bacalah ulasan berikut hingga tuntas.

Dalam uji pakai kali ini, penulis alias HSW menggunakan G6 versi purwarupa alias prototipe. Asal tahu, unit purwarupa kadang-kadang memiliki spesifikasi dan kinerja yang berbeda dengan unit yang dijual di toko.

G6 dibekali layar 5,7 inci beresolusi QHD 2.880 x 1.440 piksel dengan aspek rasio 18:9. Penggunaan Gorilla Glass 3 membuat permukaan layar ponsel itu relatif lebih tahan terhadap goresan.

Hal yang menarik, walaupun berlayar besar, dimensi fisik bodi G6 setara dengan kebanyakan ponsel berlayar 5,2 inci. Bila diukur, panjang x lebar x tebalnya hanya 148,9 x 71,9 x 7,9 milimeter. Bobotnya 163 gram. Karena itu, tak berlebihan bila G6 kemudian disebut sebagai ponsel berlayar besar di bodi kecil.

Di sisi atas bodi G6 pengguna akan menjumpai konektor audio 3,5 milimeter. Inframerah yang lazim ditemukan di ponsel flagship LG tak tersedia lagi di G6. Padahal, ketersediaan fitur remote control televisi, AC, dan beragam perangkat elektronik itu sebenarnya menjadi daya tarik tambahan ponsel kelas atas LG.

Konektor USB tipe C dan speaker bakal ditemukan pengguna di bagian bawah ponsel. Tombol volume diletakkan di sisi kiri ponsel, sedangkan selot kartu SIM berada di sisi kanan. G6 menganut sistem dual SIM hybrid. Pengguna harus memilih akan memasangkan dua kartu nano SIM atau satu nano SIM plus sekeping kartu microSD.

Anggaplah pengguna memilih menyelipkan dua nano SIM. Dua nomor itu bisa siaga bersamaan. Pengguna bebas menentukan nomor mana yang akan dipakai berinternet. Nomor tersebut otomatis leluasa masuk ke jaringan 4G LTE. Satu nomor lain yang siaga takkan terkunci di jaringan 2G, melainkan masih bisa berkelana di jaringan 3G.

Kemampuan 4G-3G atau 3G-4G secara simultan itu akan menguntungkan pengguna G6. Sebab, performa jaringan 2G aneka operator di Indonesia, terutama di kota-kota besar, saat ini memburuk signifikan. Nomor yang berada di jaringan 2G cenderung sulit dihubungi.

Beralih ke bodi belakang. Kalau layar G6 memanfaatkan Gorilla Glass 3, sisi belakang G6 justru telah mengadopsi Gorilla Glass 5. Generasi terbaru Gorilla Glass tersebut diketahui lebih tahan terhadap goresan maupun benturan. Di sisi belakang G6 itu pengguna akan menjumpai sepasang lampu kilat, sepasang lensa kamera, dan tombol power sekaligus sensor sidik jari.

Sama dengan di LG G5 SE dan V20, kamera utama berlensa ganda di G6 memiliki fungsi berbeda. Satu lensa normal, satu lagi lensa sudut lebar. Di G5 SE dan V20 lensa sudut lebar itu mampu menangkap area seluas 135 derajat. Sedangkan di G6, area tangkapan lensa sudut lebar tersebut lebih sempit. Cuma 125 derajat.

Pada G6 yang HSW gunakan, lensa normal mampu menghasilkan foto beresolusi 13 megapiksel. Sedangkan lensa sudut lebar siap memproduksi foto beresolusi  maksimal delapan megapiksel. Kalau difungsikan sebagai perekam video, keduanya siap menyodorkan klip video beresolusi 4K alias Ultra HD. Tersedia mode manual yang pantas dijajal oleh pengguna yang gemar bereksperimen.

Merujuk kepada informasi di situs resmi LG, square camera sebenarnya merupakan fitur baru yang terlihat menarik untuk dieksplorasi. Sayang, HSW tidak bisa mencobanya karena fitur itu tidak tersedia di unit G6 yang dipakai.

Suka berswafoto di tempat remang-remang? Kamera depan G6 siap mengakomodasi. Betul, di sisi depan ponsel memang tak terlihat adanya lampu kilat kamera. Walaupun demikian, praktiknya pengguna bisa memiliki lampu kilat dadakan saat berswafoto alias selfie. Tekan saja ikon lampu kilat di bagian atas layar. Spontan layar akan memberikan pencahayaan tambahan. Kamera depan G6 siap menghasilkan foto beresolusi lima megapiksel dan klip video full HD 1080p.

G6 memanfaatkan prosesor empat inti (quad core) Qualcomm Snapdragon 821 yang terdiri atas dua inti 2,35 GHz dan dua inti 1,6 GHz. Spesifikasi lain ponsel itu, di antaranya, Wi-Fi, bluetooth, GPS, NFC, wireless display, dan USB On-the-Go (USB OTG).

Ponsel Android 7.0 Nougat tersebut dibekali baterai tanam 3.300 mAh, RAM 4 GB, dan ROM 64 GB. Ketika ponsel kali pertama diaktifkan, sisa memori internal mencapai 51,43 GB. Sama dengan V20, G6 dibekali kemampuan Quad DAC yang siap memanjakan penikmat audio.

Kalau dirangkum, selama menjajal G6, HSW paling menyukai kombinasi layar dan bodi ponsel itu. Layar besar, tetapi dimensi fisiknya tidak bongsor. Ponsel itu amat nyaman digenggam maupun dikantongi. Kameranya juga layak dikategorikan bagus, walaupun belum bisa mengalahkan Huawei P9 dan Xiaomi Mi 6.

Dengan perilaku pemakaian ala HSW, baterai tanam 3.300 mAh di G6 hanya sanggup bertahan paling lama sepuluh jam. Hal itu bermakna HSW harus selalu membawa power bank atau charger. Dihilangkannya fitur remote control menjadi nilai minus lain G6.

Jadi, apakah G6 layak dibeli? Nah… ini dia. G6 bukanlah ponsel jelek. Ponsel itu secara umum bagus kok. Masalahnya, harga jual G6 dipatok Rp 9,999 juta atau lebih murah Rp 500 ribu saja dibandingkan Samsung Galaxy S8. Padahal, di sini Samsung jauh lebih populer. Galaxy S8 juga dibekali layar lengkung nan seksi dan menggunakan prosesor yang lebih baru. Seandainya disuruh memilih, orang dungu pun tampaknya akan menudingkan jarinya ke Galaxy S8.

***

Inilah contoh hasil foto LG G6. Semua menggunakan mode otomatis, kecuali disebutkan khusus. Olah digital yang dilakukan hanya resize foto dan kompresi ukuran file.

Temukan satu kejanggalan di foto ini.

Dua foto berikut dijepret dengan mengaktifkan filter BW.

Foto di bawah ini dihasilkan oleh kamera depan G6.

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

147 thoughts to “Review LG G6: Layar Besar di Bodi Kecil”

  1. Bung HSW

    Ada Smartphone dengan cpu snapdragon 820 dan Ram 4GB.
    harga baru di jual 2,6 juta .
    menurut Bung HSW murah atau KEMAHALAN?
    apakah layak untuk di pinang?

    1. Pak Yoobee,

      Pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja. Tak perlu diulang-ulang. Silakan cek jawaban saya di tempat Anda kali pertama mengirimkan pertanyaan serupa.

  2. Pak herry.. kalau dengan LG V20 mending mana pak secara overall?? Dimensi kemarin lihat sama dengan LG G4 saya.. Kalau V20 apa sama juga?

    1. Pak Agus,

      Dengan memperhatikan harga jual, mending ambil V20.

      Ini perbandingan dimensi fisik tiga ponsel tersebut:
      * G4: 154,4 x 79,2 x 9,4 milimeter
      * V20: 159,7 x 78,1 x 7,7 milimeter
      * G6: 148,9 x 71,9 x 7,9 milimeter

  3. “Tank You” hehehehe

    Oom herry bedanya apa antara unit prototype dengan unit jual? Bagusan yang mana om?

    Saya liat hasil fotonya bagus2. Di harga yang ga nahan hehehe..

    1. Pak Dil,

      Seratus! 🙂

      Unit prototipe itu unit yang diproduksi sebelum unit komersial (unit yang dijual). Bisa lebih jelek, bisa sama, bisa lebih bagus.

  4. RIP English. Yang janggal tidak hanya “Tank You”, Pak. Poin 2 juga. Kalau di atasnya sudah tertulis “It’s Prohibited to Enter” seharusnya yang poin 2 itu cukup “Wear Short Pants”. Nggak usah pakai “Do Not”. Logikanya jadi kacau.

    Eh ya, berarti LG G6 ini yang bikin tidak menarik adalah harganya ya, Pak? Sepakat sih. Galaxy S8 yang lebih mahal 500 ribu itu bahkan juga menyertakan earphone AKG. Padahal biasanya LG punya price-to-value yang lebih bagus dari Samsung, tapi untuk kasus G6 vs S8 ini, yang berlaku justru sebaliknya.

    Pak Herry bilang, kamera LG G6 tidak sebagus P9 atau Mi6. Nah, kalau pertanyaannya P9 vs Mi6, Pak HSW pilih mana soal kamera? (Apa ini sudah bisa ditanyakan mengingat review Mi6 belum keluar?)

    1. Pak Argha Premana,

      Ternyata yang janggal bukan hanya satu ya.

      Hmm… dijawab sekarang atau tidak ya. Saya jawab deh. Masih lebih unggul kamera P9. Namun, selain faktor kamera, Mi 6 jauh lebih bagus daripada P9. P9 itu kan cuma unggul di kamera. Spesifikasi lain untuk ukuran sekarang sudah boleh dikatakan jelek.

  5. “Kameranya juga layak dikategorikan bagus, walaupun belum bisa mengalahkan Huawei P9 dan Xiaomi Mi 6.”
    kalau huawei p9, masih maklum krn pakai leica, kl masih kalah sama mi6? woww saya jadi gak sabar nunggu reviewnya mi6.
    kalo saya tidak salah ingat, di salah satu tweet pak Herry rencana review mi6 dalam minggu ini ya pak?

    1. Pak David W,

      Benar, Pak. Semoga bisa terwujud ya. Ada kejadian di luar dugaan yang membuat kemarin saya perlu ke dokter THT.

      1. Pak Herry,
        Semoga cepat sembuh pak.
        Menurut pak Herry, LG G6 ini pantasnya di harga berapa ya pak?
        mungkin kalau dikisaran harga Asus Zenfone Zoom S, cukup layak atau justru terlalu murah?
        Siapa tahu pihak LG ada yang memantau blog ini, bisa dapat masukan..hehehe, saya sangat setuju sekali dg kalimat terakhir di atasnya simbol ***

        1. Pak David W,

          Terima kasih.

          Kondisi saat ini idealnya Rp 8,499 juta.

          G6 Rp 6 juta? Terlalu murah dong.

      2. Sakit apa pak? Kalo dokter tht di sby yg cocok sih dokter soediono tp sdh tua. Cuma denger nya 1 hari cuma mau terima 5 pasien

        1. Pak Djunaedi,

          Kepala terasa kencang, terutama di daerah pangkal hidung. Saya sempat khawatir sinusitis kumat. Setelah dicek oleh dokter THT, bukan karena sinusitis melainkan pilek biasa + kurang tidur.

          Dokter Soediono? Saya baru tahu. Lokasi praktiknya di mana?

  6. Oppo f3 plus vs asus zenfone 3 zoom s mana lebih best,unggul??kalau nubia gimana kualitasnya?kalau mau high end hp yg bagus,murah apa mending pilih one plus 3T/5,Mi 6???..gimana pendapat Pak Herry ttg Luna,Lava,Coolpad,Meizu,Infinix,HTC,Huawei yg low end hp???tolong beri peringkat ya pak..

    1. Pak Henry Eka,

      * Belum tahu. Sebab, belum saya uji pakai.
      * Belum tahu juga.
      * Keduanya tanpa garansi. Jadi, menurut saya, mending coret keduanya. Mi 6 sih sebenarnya bagus banget.
      * Luna, Lava, dan Coolpad mending jangan deh. Meizu boleh dilirik kalau tak peduli layanan pusat perbaikan resmi. Infinix dan Huawei boleh dilirik. HTC kan sudah keluar dari pasar Indonesia.

      1. Pagi Pak Herry,
        Kalau boleh tahu kenapa coolpad, luna, langsung di coret, apa kasusnya seperti oppo dan vivo?

        1. Pak Hari,

          Coolpad: harga tinggi, purna jual tak jelas, harga bekas hancur lebur.
          Luna: saya sangsi dengan kualitas produk yang dipasarkan di sini. Untuk tipe tertentu, harga baru turun tajam dalam waktu singkat.

          Vivo ada kasus apa ya? #bingung

          1. Vivo sama seperti oppo pak, dari pihak penjual agresif (promotor) pak, sampai menjelek-kan xiaomi atau produk lain, misalnya xiaomi untung2an, barangnya ilegal, serta purna jualnya jelek, padahal yang resmi ada,

          2. Pak Hari,

            Bedanya, Vivo sejak dulu mengaku dari Tiongkok. Kalau Oppo kan sempat mengaku dari Amerika, Jerman, Belgia, dll.

      2. Wahduh pak.. Service centernya meizu apakah cukup melatih kesabaran ya pak..?!
        Kebetulan layar hape saya tiba-tiba bergaris tanpa sebab.
        Sabtu rencana mau nyerviskan mudah2an bisa ditunggu 1-2jam #Berharap ?

  7. Met siang ko Herry.. thanks atas review LG G6 langsung ke pertanyaannya aja
    1. Ko Herry bilang kamera LG G6 belum bisa sebanding dengan Huawei P9. Disektor mananya ko?
    Di mode manual atau mode low lightnya?
    Saya baca review ko Herry yg Huawei P9 dan LG G5 SE ada perbandingan low light gedung yg diambil dari ketinggian. Pas saya bandingkan gambar di P9 agak gelap sebaliknya gambar low light di G5 SE terang.

    2. Ko Herry sepertinya masih memakai Samsung S8 ya hehehe, dibandingkan dengan LG G6 disektor low light dan recording video bagus yang mana ko Herry? Soalnya saya baca spesifikasi di GSM arena untuk disektor recording video LG G6 sudah diacungi jempol Kebagusan nya.

    3. Yang terakhir.. kan sekarang sudah era 4,5G, apakah masih worth it memakai LG G4 atau LG G5 SE ko Herry? Mengingat harga LG G5 SE semakin jeblok. Dan harga second LG G4 sudah dikisaran 2,5-3 juta ko herry.

    Saya sudah gak sabar menantikan review Xiaomi MI 6, flagship tertinggi Xiaomi.

    Terima kasih ko Herry 🙂

    1. Pak Pratama Yudha Handrianto,

      1. Asumsi pemotretan sama-sama dilakukan memakai mode otomatis.

      2. Sudah tidak pakai S8 nih.

      3. Tergantung dapat harga berapa dulu.

  8. Siang Pak, sptnya kalo utk G6 yg official di Indonesia, slot kartunya triple ya Pak? Bukan Hybrid spt yg Pak HSW sebutkan di atas….

  9. “Seandainya disuruh memilih, orang dungu pun tampaknya akan menudingkan jarinya ke Galaxy S8.”
    Tampaknya akan menjadi ujian yang sangat berat untuk LG…

  10. Pak Herry kesimpulannya G6 menjadi kurang menarik ketimbang Samsung S8 ya? Tetapi reviewnya tetap TOP as usual. Bravo!

    1. Pak Rio,

      Ya, dengan kondisi harga sekarang ya. Kalau G6 lebih murah minimal Rp 2 juta daripada S8, lebih baik ambil G6 deh.

  11. ‘Seandainya disuruh memilih, orang dungu pun tampaknya akan menudingkan jarinya ke Galaxy S8.’. Sy agak kurang setuju dengan kalimat ini.mengapa?karena sy sendiri lebih menyukai desain G6 ketimbang s8 yg edge nya menurut sy aneh dan membuat hp malah lebih panjang lg.udah panjang jadi tambah panjang.blum lg posisi fingerprint yg ga biasa.harga sama pun sy tetep pilih G6.karena ada kelebih dual camera belakang.

    1. Pak Hendra,

      Benar, G6 jauh lebih enak digenggam daripada S8. Masalahnya, kalau harga G6 berbeda tipis dibandingkan S8, ponsel itu jadi nggak menarik deh. Amat jarang ada konsumen seperti Bapak, yang lebih memilih G6 daripada S8, bahkan meskipun harganya sama.

  12. Uwew, jadi yg wide itu kamera belakangnya ya Pak? Kamera wide lebih cocok untuk selfie, seperti di Infinix S2 Pro, biar bisa foto rame2. Menurut saya loh pak.
    Ini kamera nya ada mode manual nya kah? Lalu yg bisa diatur apa saja jika memakai mode manual?
    Hape prototipe itu dibeli dimana? Bagaimana caranya Pak Herry kok bisa punya?

    Terima kasih Pak Herry. Saya tunggu review Xiaomi Mi 6 nya.

    1. Pak Amaris,

      Kamera belakang: dua lensa. Salah satunya wide.
      Kamera depan: satu lensa, tetapi ada fungsi wide-nya.

      Ada mode manual. Bisa mengatur white balance, focus, ev compensation, ISO, dan shutter speed.

      Dipinjami LG.

      1. Kamera depannya satu lensa tapi ada fungsi wide nya? Berarti kamera depan menggunakan lensa wide ya Pak?

  13. Kalo dimensi 5,2 inch, berarti compact banget, ya. Saya suka layarnya, kesannya retro gitu, jadi positioning product-nya unik. Bila untuk market yang lebih luas dengan harga mepet S8 jelas akan lebih banyak milih S8.

    (1) Penggunaan sensor di belakang kagok, ngga, Pak?
    (2) Dibandingkan dengan kamera Huawei P9 apa perbedaannya terlihat secara kasat mata, khususnya untuk awam?

    1. Pak Riyadus,

      Ya. Enak buat digenggam deh.

      1. Di G6 kan? Enak banget kok. Kalau di S8 sangat tidak nyaman.

      2. Kalau hanya dilihat di layar ponsel sih kurang terasa.

  14. 1. Maaf Pak Herry, mungkin sedikit aneh kalau menggunakan prototipe untuk di-ulas bukankah hasil ulasan tidak akan maksimal atau mewakili nilai dari ponsel tersebut?
    2. pak Herry apakah flagship awal tahun seperti Xiaomi Mi 6, LG G6 dan Samsung Galaxy S8 pantas dibeli, atau menunggu akhir tahun setelah semua pabrikan ponsel sudah mengeluarkan senjata rahasia masing-masing?

    1. Pak Gilson,

      1. Kebetulan saya ditawari pinjaman oleh LG dan ternyata unit prototipe. Karena itu, di naskah review saya berikan catatan tambahan.

      2. Kalau memang perlu sekarang ya silakan dibeli. Kalau menanti akhir tahun, kelak Anda berpikir mending beli akhir tahun atau nunggu flaghsip awal tahun. Hasil akhirnya, ya malahan nggak pernah beli ponsel.

    1. Pak Galuh,

      Tak tahu. Saya belum pernah coba. Karena pasti tanpa garansi resmi, menurut saya, mending jangan deh.

  15. Om herry, boleh nanya, pake app apa untuk resize foto yang ditampilkan diatas? Karena selama ini saya pake PS, ukuran file mengecil, tapi kualitas foto pun ikut turun. Thx

  16. salam om Herry Sw
    mau tanya om… apakah benar Mi6 punya hasil tangkapan kamrea yang lebih oke dibanding LG G6?
    apa bukan karena pengaruh veri prototype yang om coba? jdi mmbuat hasil foto nya gk masimal?
    thanks pencerahaannya om.. sehat selalu

  17. Nampaknya sejak G5 sunat bos marketing LG secara konsisten melakukan blunder dalam strategi pricing ya pak Herry..

  18. Om HSW, ada rekomendasi hp yg gegas dan ada sensor gyroscope dengan budget maksimal 2 juta dan 2,5 juta?

    1. Pak Panca,

      Yang maksimal Rp 2 juta belum menu. Tadi saya terpikir Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL dan Infinix Zero 3. Namun, keduanya ternyata tanpa sensor giroskop.

      Kalau yang maksimal Rp 2,5 juta, ada Infinix Note 3 Pro.

  19. tank you koh reviewnya ?

    suka hasil kameranya,warnanya natural,detailnya juga cukup..tpi harganya..kalo punya duit segitu,mending buat ngelunasin kreditan motor..hhheee

  20. kok menurut saya desain LG G6 maupun G5 kurang bagus ya,LG G4 terlihat lebih elegan menurut saya (ato mungkin saya yg belum terbiasa melihat kamera ganda dan hape LG tanpa tombol volume di belakang?)

    koh,saya punya saran.bagaimana kalo koh HSW juga mereview pernak-pernik lain yg berhubungan dg ponsel?powerbank sudah cukup sering,bagaimana kalo earphone/headset?

    kebanyakan review headset yang saya baca terlalu rumit dan “canggih”,mungkin ada pembaca lain seperti saya yg lebih menyukai review headset yg sederhana dan dapat dirasakan orang awam (sekedar membahas bass-treble,kenyamanan,build quality,dan hal2 semacamnya)

    earphone Infinix XE-01 patut dicoba koh,untuk harga 60 ribuan sudah bagus menurut saya

    1. Pak Rafie Mohammad,

      Soal desain, selera tiap orang seringkali subjektif. G4 yang sisi belakangnya kulit, terutama warna cokelat, memang terlihat mewah sih.

      Terima kasih atas usulannya. Untuk sementara belum ada rencana me-review earphone/headset. Lha ponsel saja antreannya panjang kok, apalagi bila ditambah earphone/headset.

  21. Halo pak, newbie mau nanya nih, handphone xiaomi ada yg resmi masuk di Indonesia gak ya (alias garansi resmi)? Saya ada budget 5jutaan dan bingung mau beli smartphone apa, ada saran gak ya pak? Pnginny xiaomi mi 6, tpi gk masuk Indonesia ya itu?

    Thank you sebelumnya pak 🙂

    1. Pak Vincent,

      Ada. Yang saat ini masih mudah ditemukan di pasar:
      * Redmi 3S
      * Redmi 3 Prime
      * Redmi Note 3
      * Redmi 4A
      * Redmi 4X
      * Redmi Note 4

      Rp 5 jutaan berarti maksimal Rp 5,999 juta ya. Silakan melirik Huawei P9 atau LG G5 SE.

      Mi 6 belum beredar resmi di Indonesia. Harga di Tiongkok pun lebih dari Rp 5 juta.

  22. Permisi, saya mau tanya..

    Saya ada dana sekitar 6 juta, tapi bingung mau minang yang mana? Di list saya ada P9 leica dan samsung a9 pro (2016), menurut mas bagusan yang mana dan kalau ada masukan perihal hp yang lain saya juga tidak masalah. Terima kasih

    1. Pak Fernando,

      Samsung seri A sih mending dilewatkan. Dengan dana Rp 6 juta, pilihannya:
      * Huawei P9 kalau Anda menomorsatukan kamera dan mengabaikan fitur lain.
      * LG G5 SE kalau Anda mengutamakan kinerja keseluruhan suatu ponsel, termasuk kameranya.

      1. Pak Herry,

        kenapa dengan harga mendekati Rp. 6 juta, Anda tidak menyarankan Asus Zoom S (ZE553KL) tapi malah merek lain yang keluaran setahun lalu? Terus terang saya tertarik dengan Asus Zoom S (ZE553KL) tapi saya juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan LG G5 (bukan SE) dengan harga yang setara. Apakah berarti LG G5 lebih Anda rekomendasikan?
        Saya saat ini memakai LG L90 dan berpikir untuk upgrade karena HP sudah terasa lambat responnya.
        Terima kasih untuk jawaban yang akan disampaikan

        Salam

        1. Pak Setya,

          Saya belum berani merekomendasikan Zenfone Zoom S karena ponsel itu masih dalam antrean uji pakai. Jadi, bagus tidaknya belum diketahui.

          LG G5? Berarti, pasti bukan bergaransi resmi. Coret deh.

      2. Om Herry. Ini benar benar bikin saya bingung.
        pada segmen harga yang sama, di toko di kota kasablanka, jakarta, tersedia
        Huawei p9 = 5.499k +giftbox
        asus zoom s = 5.999k + wireless usb (yang entah gunanya apa)
        lg g5 se = 5.999k + jbl + battery kit

        sy user di Indonesia timur kebetulan di jakarta yang jarang banget ganti hp. rencana beli ini untuk minimal 3thn ke depan
        kebutuhan utama : sosmed, main game, kamera,

        sy baca hampir seluruh review om herry. dan sy perhatikan bahwa daya tahan p9 versi om herry max 9 jam. dan lg g5se max 11 jam lebih.

        pertanyaan sy :
        – pilihan yg paling masuk akal menurut om herry untuk sy?
        – apakah ada hp baru yg akan masuk lagi sampai bulan juli? mengingat harga g6 saja saat ini sudah turun hingga kepala 8..

        terima kasih om herry. semoga sehat selalu

        1. Pak Ady Suryadinatha,

          * Giftbox bonus P9 itu isinya jelek kok. Abaikan saja giftbox-nya.
          * Zoom S masih dalam antrean uji pakai. Jadi, belum bisa berkomentar.
          * Untuk G5 SE, bilang saja nggak mau speaker JBL dan minta harga dipotong Rp 1 juta. Jadi, harga akhirnya Rp 4,999 juta.

          Saran saya, mending ambil G5 SE.

          Pasti masih ada ponsel baru yang akan muncul. Namun, saat ini belum bisa saya rinci satu per satu.

        1. Pak Ivan,

          Ya karena nggak asyik. Seri S keluaran terbaru saja, si Galaxy S8, di luar dugaan saya ternyata sesekali bisa nge-lag.

  23. Halo pak Herry SW
    Ini masih prototype ya? seharusnya sih melihat review dari pak Herry SW mereka memasukkan kembali infrared alias remote TV dan merubah harganya.

  24. Ko Herry, sorry OOT
    Saat ini saya pakai Xiaomi Redmi Note 4 yanh resmi TAM. Nah, temen saya nawarin G4 2nd ex garansi resmi seharga 2.4jt.
    Apakah saya lebih baik bertahan atau pindah ke G4? Dan alasannya apa?
    Thanks

    1. Pak Ersan,

      Kalau Anda ingin memiliki ponsel dengan kamera yang lebih bagus, silakan pindah. Namun, perlu Anda ketahui, baterai G4 jauh lebih boros daripada Redmi Note 4. Ponsel itu juga lebih mudah panas.

          1. om HSW, kayanya review om HSW tentang Redmi Note 4 belum ada deh… Jarang lho om HSW rekomendasiin gawai yang belum masuk tayang… kayanya lagi proses hendak tayang nih, lagi proses test yaaa? hehe

          2. Pak Dhan,

            Redmi Note 4 sebenarnya sudah selesai saya uji pakai. Namun, ulasannya memang belum diketik. Antre dulu. Saya juga mesti mengambil jarak karena hari ini baru mengunggah review Xiaomi Mi 6.

  25. LG G6 emang terbukti gagal menarik minat pembeli di Indonesia. harga baru nya sekarang udah drop, di bawah 8,3 jt di toko2 online. emang kelihatannya pihak LG over confidence dalam mematok harga saat launching. malah secara value kalah dari Samsung S8.

  26. Pak kamera LG G5 SE apakah bedanya jauh di bandingkan s8 ato p9?
    Hwawei yg mate 9 / mate 9 pro apakah masuk ke indo?
    Brp harga pasaran saat ini hp yg saya sebut kan diatas pak?
    Terima kasih, selamat siang
    Yg salah “tank you”

    1. Pak Leo,

      Kamera G5 SE vs P9: LG kalah, tetapi tidak sangat signifikan.

      Kamera G5 SE vs Galaxy S8: tunggu review S8 keluar dulu ya.

      G5 SE Rp 4,999 juta; P9 Rp 5,499 juta; dan S8 Rp 10,499 juta.

      Benar. Tank you.

  27. Pak Herry kalau diadu antara V20 dan G6 mending ambil mana? Secara harganya ga terlalu jauh bedanya (di online). V20 dapat headset yg keren lagi.
    1. Hasil Kamera
    2. Ketahanan baterai
    3. Kegegasan

  28. Maaf oot om herry sw.. Saya Berencana membeli samsung galaxy s6 flat seken.. Apakah masih layak beli dan mengenai baterenya boros tidak ya om.. Terima kasih

    1. Pak Exnia,

      Asalkan Anda siap menghadapi risiko mendapatkan unit dengan baterai kurang bagus, masih boleh dilirik. Dengan asumsi baterai masih normal, sehari perlu nge-charge dua kali deh.

  29. Pak HSW saya masih berharap review Xiaomi Redmi Note 4 penasaran nih Pak prosesor Snapdragon 625, RAM 3 GB, Baterai 4100mah garansi resmi harga nggak sampai 2,5 jt benar2 price to value ya Pak? Kapan Pak?

  30. Pagi Pak Herry SW.

    Mau nanya nih, untuk sekarang LG G3 apa masih layak dipakai?
    Secara itu kan flagship beberapa tahun lalu.
    Dan untuk sekarang kisaran harganya berapa ya?
    Mungkin pak Herry pernah liat di penjualan ponsel.

        1. Pak Doni,

          Yang RAM 2 GB sekitar Rp 1,3 juta. Sedangkan yang RAM 3 GB berbeda maksimal Rp 200 ribu. Itu kondisi sekarang ya.

  31. Halo pak herry…
    Menurut ulasan di atas sepertinya saya tidak perlu upgrade v20 ke g6…benar begitu pak?
    Btw, layar g6 ada cacat screen burn gak pak?
    Riwayat pake g5 se sama v20 dua-duanya mengalami screen burn walau bisa hilang tetap saja mengganggu.

    Terima kasih pak
    Semoga sehat selalu

    1. Pak Alvo,

      Benar sekali. Lebih baik bertahan di V20.

      Sejauh ini belum ada laporan masuk.

      Kalau G5 SE atau V20-nya masih bergaransi, bisa diganti layar gratis kok. Ada teman saya yang pernah mengalaminya. Setelah diganti layar, tak mengalami screen burn lagi.

  32. Mau tanya koh herry
    1.apakah masih layak membeli xiaomi redmi 3 prime di tahun ini??
    2.saya dengar rumor kalau xiaomi cepat rusak benar apa gk koh?
    3.meskipun xiaomi harganya murah apakah kualitasnya setara dengan samsung?
    4.dalam hal kegegasan menang mana redmi 3 prime sama asus zenfone 3
    Makasih sebelumnya

    1. Pak Dimas,

      1. Tidak. Lha yang bergaransi resmi nggak bisa 4G LTE.

      2. Tidak benar. Syaratnya, pastikan beli yang bergaransi resmi.

      3. Untuk harga sampai Rp 2 jutaan, menurut saya, Xiaomi malahan lebih bagus daripada Samsung.

      4. Seingat saya Redmi 3 Prime lebih gegas.

  33. Koh sarannya koh saya punya bajet 2.5 jt.mau beli hp dengan minimal ram 2 gb.octa core.internal minimal 16 gb.utamakan merk samsung.merk lain juga gapapa.
    Kalo boleh tau rumahnya pak herry ini di surabaya mana ya..apakah di daerah dekatnya makam sunan ampel ya??

    1. Pak Alex,

      Harga Rp 2,5 juta mau beli merek Samsung? Aduh… jangan deh, Pak. Samsung harga segitu nggak bagus. Silakan melirik Xiaomi Redmi Note 4 Rp 2,399 juta.

      Maaf, tak boleh tahu.

  34. Pak herry, saya punya dua pertanyaan
    1. Apakah OPPO A37,layak beli? Harganya sudah turun dari 2,6jt jadi 1,9jt
    2. Apakah Redmi Note 4 kameranya lebih baik dari Redmi Note 3?
    Terimakasih pak

    1. Pak Jordann,

      1. Mending cari merek lain deh.

      2. Ya, tetapi tetap belum bisa dikategorikan bagus.

      1. Klo redmi note 4 dibandingkan dengan kamera vibe p1 turbo dan zenfone max, urutannya bagaimana Pa Herry ? Tks

        1. Pak Jordann,

          Sebab, dengan dana yang sama bisa dapat ponsel lain yang lebih bagus. Atau sebaliknya, dengan spesifikasi yang setara, kalau dibelikan ponsel lain, Anda masih dapat uang kembalian lumayan banyak.

  35. Dear Ko Herry,

    Saya berminat sama G6 ini, apakah sudah mendukung dualapp?

    Dan kira kira apakah ada bocoran mi6 akan di jual resmi di indonesia? Kl memang iya mending bersabar tunggu mi6 aja ya? Hehehe

    Regards,
    Herry

  36. Pak Herry, saat ini di online ada yg menawarkan HP baru sbb:
    1. LG G6 garansi resmi Rp 8,3 jt an.
    2. LG V20 garansi resmi Rp 7,3 jt an.
    -Apakah dg hrg masing2 tsb sdh cukup layak utk dibeli?
    -HP mana yg lebih direkomen utk dibeli?
    Tks

    1. Pak Ryan,

      Harga di toko online masing-masing sempat menyentuh angka Rp 8 juta dan Rp 6,999 juta lho. Dengan harga segitu, keduanya layak dibeli. Saya lebih condong ke V20.

    2. Selamat Siang Pak Ryan… Saya bantu jawab ya.
      Di BliBli, utk LG V20 dijual dgn hrg Rp. 6.999.000,-
      Sedangkan di Toko offline, Garuda Teknik WTC, dijual dgn harga Rp. 7.450.000,- tapi disertai battery kit.
      Menurut saya kok lbh menarik yg di Garuda Teknik itu ya hehe…

  37. Halo pak, jika diibaratkan LG V20 dan LG G6 memiliki harga yang sama, apa bapak lebih tetap memilih LG V20? Alasannya apa ya? Thanks

      1. Setelah saya baca-baca keliatannya hp pilihan pak Herry saat ini LG V20 ya, jika dibandingkan dengan S7 Edge alasannya apa ya pak tetap memilih LG V20?

        1. Pak Hans,

          Saya tak pernah mencoba Galaxy S7 Edge lho. Jadi, bagaimana Anda bisa menyimpulkan saya lebih memilih V20 daripada Galaxy S7 Edge?

  38. Pak Herry

    saat ini g6 sudah tembus 7,9 juta, apa masih worth to buy?
    Saya ada budget 7-8 juta tertarik ke g6, apa ada rekomendasi yang lain?

    Thanks

    1. Pak Cheper,

      Dengan harga Rp 7,9 juta, LG G6 sebenarnya sudah layak beli. Namun, melihat penurunan harganya yang sangat cepat, kini saya justru menyarankan Anda mengambil posisi “wait and see” dulu. Siapa tahu dalam waktu dekat bakal diturunkan lagi.

      LG V20.

  39. Ko herry, saya punya budget sekitar 4,5, menurut ko herry yang bagus apa yang mencangkup semua aspek, berikan pilihan 5 dong ko herry. Maturnuhun.

      1. Ooh LG gada ya ko? Trus diantara 3 itu ko herry memilih yang mana? Kalo saya sedikit tertarin dgn yg ze552kl. Ada review ttg ketiganya ga ko?

        1. Pak Ikhsan,

          Kalau LG, anggaran Anda perlu ditambah sekitar Rp 300 ribu untuk membeli LG G5 SE.

          ZE552KL.

          Review ZE520KL dan Zero 4 Plus bisa dicari di arsip blog ini. Tinggal ketikkan Zenfone 3 atau Zero 4 Plus di baris pencarian. ZE552KL tidak saya review karena pada dasarnya sama dengan ZE520KL. Cuma beda di bentang layar dan kapasitas baterai.

  40. om herry

    kasi saran ke sy om,,ponsel apa yg bagus sesuai dgn kebutuhan sy di segi internet dan kamera om
    soalnya kebutuhan kerja sy sllu browsing internet utk issued tiket dan kamera utk foto pemandangan jk berpergian dan sy tdak sk main game di ponsel
    dgn harga yg lumayan kira2 ponsel tipe apa ya om dr semua merk yg ada di indonesia
    yg bergaransi resmi…

    trims

  41. sekarang harganya brpa om LG G5SE..untuk wil.surabya om?
    krn tiap toko hrganya beda2..patokanya hrgany brpa om
    lalu kalau mau beli baiknya di mana om?langsung di counter resmi atau di counter2 biasa
    kata tmn kalau di resmi lbh mahal dll,,,
    sy ga mau salah beli om

    trimz

    1. Pak ND,

      Harga ritel resmi Rp 4,999 juta.

      Bebas deh mau beli di toko mana. Kalau di toko biasa kadang memang bisa lebih rendah hingga Rp 200 ribuan.

  42. Bagus reviewnya pak Herry… saya mw bertanya pak herry, saya kurang puas dengan asus ze520kl di masalah ketahanan baterai… ingin ganti ke s7edge (tertarik dgn desain) atau lg g6 (tertarik dgn quad dac nya)… mana yg lebih worth di antara lg g6 dan s7 edge? Utk asus zenfone zoom s apakah ada rencana utk mereview (tertarik dgn ketahanàan baterainya ..?

    1. Pak Adly,

      Kalau Anda tak puas dengan ZE520KL karena daya tahan baterainya, seharusnya Anda bakal lebih tak puas kalau hijrah ke Galaxy S7 Edge dan G6. Jadi, silakan coret keduanya.

      Ya. Bila tidak ada kendala, hari ini saya akan mengetikkan review Zenfone Zoom S.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *