Review LG L1 II: Meski Murah, Bisa BBM dan 3G

Sayang tak ada pemilihan ponsel Android merek global terburuk 2013. Seandainya ada dan penulis diminta menjadi juri, penulis telah memiliki kandidat kuat: Samsung Galaxy Star. Ponsel berlayar sentuh tiga inci itu menggunakan kartu micro SIM dan tidak mendukung layanan 3G.

Belum lama ini, LG memasarkan L1 II yang juga berlayar sentuh tiga inci. Harga jualnya resminya Rp 799 ribu atau lebih murah daripada harga perdana Galaxy Star pada Juli lalu. Akankah L1 II sukses menggusur posisi Galaxy Star sebagai nominator ponsel Android merek global terburuk 2013 versi penulis? Jawabannya, L1 II gagal.

LG L1 II_1

Layar sentuh tiga inci di L1 II beresolusi 320 x 240 piksel. Ia tak mampu menyajikan gambar dan huruf dengan tajam. Namun, untungnya, layar tersebut masih peka dan responsif terhadap sentuhan. Papan ketik qwerty virtual di ponsel itu juga cerdas dalam “memahami” sentuhan jari penulis yang berukuran besar.

Kamera di L1 II mampu menghasilkan foto beresolusi dua megapiksel dan klip video VGA. Kamera itu tidak dibekali fokus otomatis maupun lampu kilat. Karena mendukung cheese shutter, pengguna bisa menginstruksikan kamera memotret hanya dengan mengucapkan kata tertentu. Misalnya, cheese, smile, dan LG.

LG L1 II_2

Prosesor berinti tunggal (single core) Qualcomm Snapdragon MSM7225A 1 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, Quick Memo, baterai 1.540 mAh, dan mendukung layanan HSDPA 7,2 Mbps merupakan sebagian spesifikasi lain L1 II. Memorinya terdiri atas RAM 512 MB, ROM 4 GB, dan selot microSD. Saat ponsel Android 4.1.2 Jelly Bean itu kali pertama diaktifkan, sisa memori internal yang dapat dimanfaatkan pengguna sebanyak 1,68 GB.

Ponsel berukuran 102,9 x 59,2 x 12,2 mm dan berat 105 gram itu dilengkapi pula dengan radio FM. Fitur FM music collector di L1 II diklaim mempermudah pengguna merekam siaran radio FM tanpa mengikutsertakan suara penyiar. Praktiknya, fitur tersebut kurang ampuh. Dari serangkaian uji coba yang penulis lakukan, berkali-kali ponsel single SIM GSM itu malahan merekam suara penyiar saja. Lagu yang mengalun justru tak terekam.

Apakah L1 II bisa dipakai ber-BBM? Ya. Meskipun harganya murah meriah, ponsel itu dapat digunakan ber-BBM dengan “jurus suntik”. Penulis sempat memakainya untuk ber-BBM dengan 280 nama kontak dan satu grup BBM.

***

Isi paket penjualan: ponsel, baterai lithium ion 1.540 mAh, kepala charger 0,85 A, kabel micro USB, dan handsfree berkabel. Disertakan pula bonus kartu perdana simPATI Loop 12 GB. Pengguna mendapatkan bonus akses data 1 GB pada tujuh hari pertama sejak aktivasi. Berikutnya, selama 11 bulan berturut-turut memperoleh bonus 1 GB setiap tujuh hari pertama awal bulan.

***

Berikut beberapa contoh hasil jepretan kamera L1 II.

Hasil foto L1 II-1

Hasil foto L1 II-2

Hasil foto L1 II-3

 

120 thoughts to “Review LG L1 II: Meski Murah, Bisa BBM dan 3G”

    1. Pak Rizal,

      LG L1 II tidak dikunci kok. Anda bebas memadukannya dengan operator GSM apa pun. Bundling Telkomsel yang dimaksud sebatas penyertaan kartu perdana dengan bonus internet dalam paket penjualan.

  1. Maksudnya “jurus suntik” itu,apa ya pak Herry? apakah OS Android LG ini blm didukung BBM Android? (min Android Ice Cream ke atas yg setahu saya utk BBM Android)

    1. Pak Chely Sutio,

      Sebagian acang yang dari sisi sistem operasi sebenarnya sudah memenuhi syarat praktiknya gagal mengunduh aplikasi BBM langsung dari Play Store. Muncul notifikasi bahwa peranti tidak kompatibel. Dalam kondisi seperti itu, pengguna disarankan memakai “jurus suntik”. Maksudnya begini, mereka dipersilakan mengunduh aplikasi BBM yang bukan berada di Play Store. Aplikasi BBM-nya sama dan asli dari BlackBerry kok. Cuma beda di jalur unduhnya.

    1. Pak Liat2aja,

      He.. he.. saya lupa. Seingat saya, tombol paling kanan itu untuk melihat daftar aplikasi yang sedang berjalan.

  2. pak Herry,pertanyaan saya diatas,tdk usah dijawab lagi setelah hari ini saya baca di artikel pak Herry “Ber BBM di Android yuk”, saya jadi mengerti,

    1. Pak Anugrah,

      Secara umum sih LG L1 II baik-baik saja. Namun, kalau dicari-cari kelemahannya tentu ada. Di antaranya:
      * Tampilan layar kurang halus dan cemerlang.
      * RAM hanya 512 MB.
      * Kamera tanpa fokus otomatis.

      Menurut saya, mengingat harga jualnya yang Rp 790 ribuan, poin-poin minus di atas masih bisa dimaklumi. Kalau L1 II nggak bisa 3G, nah… itu baru tak dapat dimaafkan.

  3. Kalau ponsel android dibawah Rp. 1.500.000 apa yang rekomen ya pak Herry? Minimal hasil kamera lumayan dan bisa buat BBM. Acer Liquid Z3?

    1. Pak Ilham,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan lagi. Karena padatnya aktivitas, sampai minggu pertama Desember 2013 saya akan lambat dalam merespons pertanyaan.

      Di kisaran harga segitu sebenarnya ada LG L4. Namun, saya tak berani merekomendasikannya karena belum pernah mencoba ponsel itu. Acer Liquid Z3 saya belum pernah coba.

  4. Klo soal daya tahan batrenya gmn pak?untk pemakaian internet slalu on(seperti bbm,whatsapp,line dsb) bs tahan brp lama ya?

    1. Pak Bejo,

      Saya tidak pernah online BBM, WhatsApp, dan Line secara bersamaan. Saya lebih sering online email plus WhatsApp. Dulu sempat pula ditambah dengan BBM, sekadar untuk mengetes. Dengan perilaku seperti itu, baterai L1 II bisa bertahan mulai pagi hingga petang.

  5. permisi om herry,, numpang tanya kalau hp android merk maxtron itu bagus atau mengecewakan.??
    mohon dibales…….

    1. Bu Sarah,

      Saya belum pernah mencoba ponsel Android Maxtron. Kalau dulu zaman Maxtron masih bermain dengan feature phone, bukan smartphone, kualitasnya biasa-biasa saja.

    1. Bu Sarah,

      Secara umum boleh dilupakan, kecuali tipe tertentu yang sebenarnya merupakan hasil rebranding ponsel merek lain. Contohnya, Imo S89.

    1. Pak/Bu Riki,

      Kalau di Jakarta, coba cari di ITC Roxy Mas atau Mal Ambassador. Kalau di Bekasi, maaf, saya tidak tahu.

  6. om herry
    saya mau tanya LG L1 ini bnrn bs Hotspot? soalnya pas baca2 di web tetangga wifi hotspot tdk di sebutin, pas liat hp lain d sebbutin.
    saya binggung yg bnr yg mana soalnya sy bth buat hotspot-an jg.
    trima kasih

    1. Pak Tedjo,

      LG L1 II bisa difungsikan sebagai Wi-Fi hotspot. Seandainya tak bisa, saya pasti sudah menyebutkannya di naskah review.

  7. Kata siapa gan hp lg l1, unduh di play store tdk kompaitible ato gagal. Saya bru beli kemarin harga 775rb di singosaren solo, di pke bbm jaya bos, lwat play store oke..

    1. Pak Drazone90,

      Dulu saat saya mencoba LG L1 II, kondisi itu benar-benar saya alami. Bisa jadi seiring update BBM yang sudah beberapa kali dilakukan oleh BlackBerry, kini pengguna L1 II dapat langsung mengunduh dari Play Store.

  8. saya mo tny.saya msh bgg nich,pgn beli hp merk LG yg ap? Sy msh cr refrensi.sy pgn it 2 sim,bs BBM,WeChat,Line,dll.dgn hrg 1jt – 1,2jt.LG n CROSS A88 bgsan mana? Suami sy blg kl tlf pke hp cina srg berdgung?.tks

    1. Bu Rina,

      Maaf, lain kali kalau mengetikkan SMS jangan disingkat-singkat ya. Ini bukan SMS lho. ๐Ÿ™‚

      Kalau harga tak masalah, langsung ke LG G2 saja. Itu ponsel mantap. Samsung Galaxy S4 yang lebih populer di sini pun kalah deh. Untuk kelas tengah-tengah, ada LG G Pro Lite yang dual SIM.

      Di bawahnya lagi ada L3, L4, dan L5, baik varian single SIM maupun dual SIM. Namun, saya belum pernah mencobanya.

      Bagi saya, merek Cross (kini Evercoss) hanya boleh dilirik kalau sudah tak ada ponsel merek lain. Paham kan makna tersiratnya?

  9. Pak Herry mau nanya dunk…apakah LG dual prolite tdk mendukung jaringan 3G..soalnya sy beli LG prolite…kok jaringannya cuman ada Edge saja…apakah hrs ada setting khusus utk support 3G. Terima kasih pencerahannya.

    1. Pak Ari,

      Ini yang dimaksud LG G Pro Lite ya? Ponsel itu mendukung jaringan 3G, tetapi tidak bisa dikunci supaya selalu berada di jaringan 3G. Ponsel akan berusaha mencari sinyal terkuat. Kalau Anda kebetulan beredar di lokasi yang sinyal GPRS/EDGE-nya lebih kuat daripada 3G, maka ponsel takkan masuk ke 3G.

      Tidak ada pengaturan khusus yang perlu Anda lakukan.

  10. Maaf pak Herry mau tanya kalau hp LG ini bisa apa BBM kan nah itu harus download di play store kan,kwalitasnya Berapa lama ya pak nanti kaya handphone blackberry lgi cepet hbis baterry nya kan sebelin baru charger dan udh habis saja

    Kalau harga pasaran nya brp sih pak toko hp biasa” bgtu brp duit ?

    Trus juga touchscreen nya awet gk pak,gk gampang ngelek kan,lebih bagusan mana pak sama android” lain

    Sama kualitasnya bagus dn tahan lama gak nih pak
    Maaf saya bawel karna saya niat mau beli karna murah di banding Samsung S4,Sony Experia,dll

    Jadi kalau android murah bgni saya mau beli,tapi tanya dulu sebelum membeli

    Sekali lagi saya minta maaf ya pak bawel karna saya gk mau nnti mentang” murah cepet rusak lagi kan gk guna mending sekalian beli mahal” juga bagus dri pada hp murahan kaaya hp china zaman sekarang tuh nexian,cross,mito,advand,dll

    Gmna mau maju jakarta kalau barang” nya murah” semua payah lah

    Jawab ya pak pertanyaan saya tadi
    Thx

    1. Pak Isak Wijaya,

      Daya tahan baterai bila dipakai BBM ya bergantung intensitas Anda ber-BBM. Semakin aktif, tentu semakin boros.

      Harga pasar Rp 775 ribu sampai Rp 790 ribu.

      Awet tidaknya layar sentuh ya bergantung cara pemakaian. Soal nge-lag, kalau BBM Anda pakai dengan sangat aktif, pasti akan terasa nge-lag. L1 II ini hanya memiliki RAM 512 MB.

      L1 II jangan dibandingkan dengan Galaxy S4 lho. Nggak sebanding.

  11. Ya sudah deh bapak tapi bener ya segitu di toko” hp di man saja nanti saya mau beli beda lagi kan suka begitu pak ada yang di mahal”in

    1. Pak Isak Wijaya,

      Harga ritel resmi yang disarankan untuk L1 II adalah Rp 799 ribu. Biasanya itu dijadikan patokan harga tertinggi.

  12. malam pak saya mw tanya hp lg ni cuma promo aja tau memang di jual dalam jumlah banyak dan harganya itu cuma harga promo atau memang harga aslinya bgtu tlng djwb ya pa

    1. Bu Marlina,

      Harga ritel yang disarankan untuk LG L1 II adalah Rp 799 ribu. Harga pasar Rp 775 ribu sampai Rp 790 ribu. Itu adalah harga normal, bukan harga promo.

  13. Apakah LG L1 ini sudah bisa di pake internetan
    di leptop lewat wifi?
    Kalo bisa caranya bagaimana?
    Sayang leptop dirumah nganggur terus
    mohon sarannya.

    1. Pak Ujang,

      Jawabannya, bisa. Caranya:
      * Aktifkan fitur Wi-Fi tethering di L1 II.
      * Aktifkan Wi-Fi di laptop.
      * Hubungkan laptop dengan L1 II.
      * Silakan berinternet.

  14. Pak, selain Samsung Galaxy Star dan LG L1 II ini ada tidak Smarthphone yang harganya satu kisaran dengan keduanya? (bukan yang China) jika ada, tolong rekomendasinya pak. Terima kasih.

    1. Pak Cholil Arifin,

      He.. he.. Oppo sih nggak ada yang harganya di bawah Rp 1 juta.

      Di kisaran harga yang sama dengan Galaxy Star dan L1 Ii, silakan coba mencari Lenovo A690, Huawei Ascend Y210, dan Acer Liquid Z2. Namun, karena belum pernah mencoba ketiga ponsel itu, saya tidak mengetahui kinerja nyatanya.

  15. Oh begitu ya pak, Hehe. Untuk saat ini saya sedang bingung memilih antara Samsung Galaxy Star dengan BB Gemini, bisa tolong dijelaskan perbandingan keduanya pak.?

    1. Pak Cholil Arifin,

      Keduanya kebetulan sama-sama belum 3G.

      Panduan pemilihannya begini deh:
      * Kalau Anda berencana memakai ponsel itu untuk ber-BBM dan menerima banyak email, pilihlah Gemini.

      * Kalau Anda perlu ponsel dual SIM sekaligus berencana menginstalasikan banyak aplikasi tambahan dan sedapat mungkin yang gratisan, pilihlah Galaxy Star.

  16. Pak mau tanya perbandingan antara LG L1 dengan Lenovo 369i
    Kira2 bagus mana รฝa . Spesifikasinya mlai dari touchscreen,aNdroid,processor,Hotspot,dg fitur2 lainnya.

    1. Pak Rizal,

      Kalau melihat harganya dan kurs dolar AS saat ini, terus terang saya ragu ponsel itu bakal masuk ke sini.

  17. sayang sekali ya Pak.padahal saya perlu banget yg satu hp bisa menampung 3 kartu plus android. Btw nih, menurut prediksi Pak Herry,apakah hp samsung galaxy star trios akan beredar di indonesia juga? thanks Pak ๐Ÿ™‚

    n.b : site ponselmu.com sudah sebulan ini tidak bisa dibuka di-opmin Pak

    1. Pak Rizal,

      Saya juga tak yakin Galaxy Star Trios akan beredar di sini. Namun, peluangnya mungkin sedikit lebih besar daripada LG L1 II Tri.

      Soal akses blog via Opera Mini, saya sudah pernah mengonsultasikannya ke perusahaan tempat saya melakukan hosting. Setelah ditelusuri, masalah ada di Opera Mini-nya. Ada kode-kode tertentu (saya lupa apa istilah bakunya yang waktu itu disebutkan) yang membuat akses via Opera Mini dianggap mengandung sesuatu yang tidak semestinya. Ujung-ujungnya, gagal membuka blog deh.

  18. pak Herry, utk daerah Yogyakarta apa ada rekomendasi tempat utk beli Hp LG I1 II ini? dan,kalo misalnya ada kerusakan, dimana service center nya di Yogyakarta? terimakasih

    1. Bu Dianti,

      Maaf, saya tidak ada rekomendasi penjual di Jogja. Anda bisa mencarinya di pusat-pusat penjualan ponsel di Jogja. Misalnya, di Toko Ramai – Malioboro dan Mal Ambarukmo. Pusat penjualan ponsel di atas KFC itu masih ada atau tidak ya? Kalau masih ada, boleh juga ke sana.

      Saya tak hafal lokasi pusat perbaikan resmi LG di Jogja. Mestinya sih ada.

    1. Pak Acoey Lientar,

      Saya tak mengetahui pastinya. Saya juga tidak bisa mencobanya langsung karena sudah tidak memakai Optimus L3 alias E400. Kalau dilihat dari versi sistem operasinya, seharusnya kini sudah bisa ber-BBM.

  19. Pak lock gpsnya cepet gak? Sama baterainya menurut bapak tergolong awet gak? Klo bisa saya minta hasil foto kamera lg l1. Maap agak maksa. Soalnya lagi butuh hp yg bisa masuk kantong. Samsung galaxy star gk bisa 3G. Mohon dibales ya pak. Makasih sebelumnya

    1. Pak Hendra,

      Locking GPS dan daya tahan baterai untuk ukuran saat ini tergolong biasa-biasa saja. Soal foto, saya carikan dulu di arsip saya ya. Kalau sampai Rabu malam saya belum meng-update-nya, tolong ingatkan saya lagi.

      Kalau dibandingkan dengan Galaxy Star, LG L1 II ini masih lebih baik sih.

  20. Wah makasih ya pak. Tapi pak saya ada 1 pertanyaan lagi. Klo bapak pke hp ini untuk buka banyak email apa terjadi lag?

    1. Pak Hendra,

      Sehari-hari saya menerima sekitar 700 email. Kalau “hujan” email itu kebetulan belum sempat dibuka sama sekali, ponsel terasa agak lambat, tetapi tak sampai lag.

  21. Permisi pak Herry SW
    Mohon bantuannya, saya bingung memilih pensel antara galaxy young, LG L1, dan LG L3
    Spesifikasi yang lumayan lengkap yg mana pak?

    Terima kasih pak sebelumnya

    1. Pak Misbahul,

      Kalau pilihannya itu, mending L3. Namun, apa nggak sebaiknya sekalian melirik L3 II atau L3 II dual? Saya belum pernah mencobanya sih. Di atas kertas spesifikasi dua ponsel itu lebih tinggi daripada L3.

  22. Mas, jika dipakai untuk ber-bbm ria mode 3G kira-kira baterai tahan berapa lama ya?
    Kalau bbm pakai mode edge kira-kira gimana?
    Thx ๐Ÿ™‚

    1. Pak Pantai,

      Kalau BBM non-grup dengan aktivitas biasa-biasa saja dan dikunci di 3G, bisa bertahan sampai sore menjelang malam. Di EDGE mestinya lebih hemat ya.

      Btw, daya tahan yang saya sebutkan di atas sangat dipengaruhi kondisi jaringan operator yang Anda gunakan di lokasi pemakaian.

    1. Pak/Bu Kiky,

      Maaf, kebetulan saya tak pernah menginstalasikan Path dan Instagram, baik di L1 II maupun di ponsel lain.

  23. Pak mau tanya.apakah LG L1 II ini lancar bila memutar video youtube yang berdurasi lama (2jam) ?

    1. Pak Teguh,

      Wah, saya tak pernah mencoba sampai sebegitunya. Mengakses Youtube selama dua jam di ponsel berlayar mungil tidak nyaman lho. Volume data yang dikonsumsi juga sangat besar.

  24. Om hp lg l1 saya kok gak bisa muter video di youtube plus g bsa lwat streaming.knp y om ini dari hpnya ato kartu prdananya

    1. Pak Ahmad Gazali,

      Supaya bisa video streaming YouTube, pastikan koneksi internet Anda cukup cepat dan stabil.

  25. pak rencananya bulan ini saya ingin beli hp lg ini. kira2 kalo akhir bulan masih ada yang new ga ya? sekarang saya lagi pake xperia mini. dengan membeli hp lg ini saya bisa merasakan kelebihan ga ya? dengan harga yang terjangkau itu. hp lg ini bisa nyimpen bbm, whatshap, line, path, soundcould, instagram, dan sedikit game ga pak? karena di xperia mini saya sangat kekurangan aplikasi. inginya sih aplikasi yang saya sebutkan bisa di taruh dan di gunakan semua di hp yang minimalis harganya ini hehe

    1. Pak Rufai,

      Dengan kebutuhan yang seperti itu, menurut saya, Anda idealnya membeli ponsel Android berharga jual minimal Rp 2 jutaan.

      Kalau dipaksakan, LG L1 II bisa saja menjalankan aneka fungsi yang Anda harapkan. Namun, pasti bakal tidak nyaman. Ibaratnya, Anda memiliki sebuah sepeda pancal, lalu Anda memakainya untuk mengangkut tiga orang, satu karung beras, sepuluh ekor ayam, dan setumpuk sayuran.

  26. oia satu lagi. mau tanya aplikasi apa aja yang udah ada di hp ini? facebook, twitter, opera sudah ada atau harus download sendiri?

    1. Pak Rufai,

      Saya tak ingat aplikasi bawaannya apa saja. Kalau Facebook, Twitter, dan Opera belum ada, Anda tinggal mengunduhnya dari Play Store.

  27. saya perempuan pak -_- oh gitu ya, tapi sudah bisa bbmkan ya pak. kalau untuk aplikasi camera 360 bisa ga pak? whatshap, bbm, camera 360, path, instagram, dan opera untuk disajikan dihp ini berat ga ya? akan berefek lola atau ga pa kira-kira?

    1. Bu Rufai,

      Dulu saya tak pernah coba menginstalasikan Camera 360.

      WhatsApp, BBM, Camera 360, Path, Instagram, dan Opera? Kalau Anda ingin menjalankan semuanya di ponsel, saran saya, belilah ponsel yang minimal punya RAM 2 GB dan prosesor quad core. Berarti, Anda perlu menyiapkan anggaran sekitar Rp 3 juta.

  28. hp sudah di tangan nih pak. saya nyari yang satu sim ga ada adanya malah yang 2 sim. sama aja kan ya pak speknya? dan saya udah coba WA, BBM, Camera 360 masih aman pak. belum di tambah intagram dan path.

    1. Pak David,

      Hitam. Merujuk pada pengalaman pribadi, tak mudah lecet, kecuali terbentur benda runcing dan tajam.

  29. Pak saya mau tanya hp lg ini ada led notificasinya ga
    Soalnya saya cari di pengaturan ga ada
    Kalo bapak tau tolong di review tolong ya pak
    Makasih

  30. Tambahan
    pak.herry tolong
    Kasih tau cara menghidupkan notifikasi nya ya pak.
    soal nya saya ingin tau kalo ada sms atau bbm masuk lampu indicator notifikasi nya menyala.
    Maaf ya pak.herry saya nanya terus
    Soalnya saya pengen tau apa hp ini ada lampu indicator nya atau ngga
    ….

  31. pak, mau tanya.. LG L1 II apakah bisa line, wechat, instagram dan n0nton video di youtube? Dan saya bingung mau pilih antara samsung galaxy star dengan LG L1 . Mohon bantuannya.. Eits satu lagi pak, kira2 harga LG L1 ini berapa ya pak?
    Makasi ๐Ÿ™‚

    1. Bu Amelia,

      Saya tak pernah menggunakan Line, WeChat, dan Instagram. Kemungkinan besar bisa. Namun, sebaiknya ketiganya tidak dijalankan bersamaan mengingat spesifikasi L1 II yang tidak tinggi.

      Nonton video di YouTube? Bisa, asalkan ponsel Anda terkoneksi ke internet yang kencang dan stabil. Namun, menonton video di ponsel berlayar sekecil itu sebenarnya kurang nyaman lho.

      Galaxy Star atau L1 II? Ya jelas L1 II. Galaxy Star tidak mendukung layanan 3G. Internet bakal terasa lemot.

      Harga L1 II saat ini sekitar Rp 750 ribu.

    1. Pak Arie,

      Lancar. Operator GSM yang dipakai sangat menentukan kelancarannya ya. Kalau layanan internet operator GSM itu lemot, ya siap-siap saja berlatih mengendalikan emosi.

  32. smartphone ini terlihat bagus pak
    apa memang kualitasnya benar-benar bagus?

    saya sedang mencari smartphone dengan harga dibawah 1,5 jt dan ukurannya kecil seperti ini
    kalau perlu denga harga di bawah 1 jt

    terima kasih

    1. Pak Samuel Adit,

      Untuk ukuran saat ini, LG L1 II sudah tidak menarik lagi.

      Dengan anggaran kurang dari Rp 1,5 juta, silakan mempertimbangkan Nexian Journey 1. Secara umum kinerjanya oke, kecuali kameranya. Ukuran memang tidak semungil L1 II. Namun, masih nyaman dikantongi maupun digenggam kok.

      Bila Anda bisa menambah anggaran sampai Rp 1,5 juta, silakan membeli Acer Liquid Z500 atau Xiaomi Redmi 2.

  33. Pagi pak herry
    Saya butuh hp layar mini (3 – 3.5 inch)
    Utk menemani saya jogging keliling kota dan desa
    Yg saya tanyakan,
    1. Apakah hp ini akurat GPS nya? Sebab saya akan pasang aplikasi Run Tracker di hp ini
    2. Bgaimana kwalitas mp3 nya, jernih kah suaranya klo pake headset?
    Itu dulu ya pak,
    Saya menerima rekomen hp2 lain asal mini, gps akurat, mp3 oke, & harga dibawah 1 juta.

    Makasih pak

    1. Pak Ayan Afeefa,

      1. Saya mencoba LG L1 II pada 2013. Jadi, terus terang saya sudah lupa detailnya mengenai akurasi GPS. Saya cek di arsip saya, saya tidak memberikan catatan khusus terhadap GPS. Berarti, GPS ponsel itu seharusnya baik-baik saja. Seandainya jelek, pasti saya sudah mencatatnya.

      Hal lain, saya tidak mengetahui kompatibilitas ponsel itu dengan aplikasi Run Tracker yang Anda sebutkan.

      2. Suara yang dikeluarkan biasa-biasa saja sih, Pak.

      Sementara belum ada rekomendasi lain. Sebab, kini sudah jarang ada ponsel berlayar sentuh dengan ukuran layar maksimal 3,5 inci dan harga kurang dari Rp 1 juta.

  34. Saya juga pakai LG L1 II
    Baterainya awet banget… dipakai telpon dan sms tahan sampai 125 jam ( 5 hari )
    Sebenarnya antara telpon dan internetan konsumsinya baterinya lebih banyak yg mana? aku tergolong aktif telpon dari pada internetan…rata2 telpon 3 – 4 jam per hari…
    Mohon jawabannya…Terima kasih..

  35. mau nanya pak.
    saya pake lg I e410, sdh 2 tahun di tangan. performance memuaskan. tapi satu hal yg buat saya gundah. ponselku tdk bisa download langsung. kalau aku hidupkan pelacak vpn, aku bisa melakukan download. tetapi kalau tidak maka aku tidak bisa download. kira2 kenapa ya?
    terima kasih atensinya.

    1. Pak Ores,

      * Pelacak VPN itu maksudnya apa ya?
      * Anda berada di kota mana? Apakah ponsel itu menjadi ponsel dinas dari kantor? Anda mengunduh file apa dari situs mana?

  36. dari play store utk aplikasi bbm atau wa, utk update program juga gak bisa. akhirnya waktu aku cari dalam mengatasi masalah disarankan pake vpn surf, atau kalo ada jaringan wifi, baru bisa download atau update aplikasi. jadinya ribet kan? sebab vpn surf itu sistemnya terbatas waktu, kalau tidak mau langganan, dan aksesnya juga sulit. saya ada di mojokerto jawa timur.

    1. Pak Ores,

      Dengan kondisi seperti itu, mestinya bisa langsung unduh deh. Notifikasi kegagalan apa yang terjadi? Sekadar informasi, entah mengapa, akhir-akhir ini koneksi ke Play Store memang cenderung sangat lambat dan sering gagal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *