Review LG L70: Lebih Aman dengan Password Ketuk Layar

Sebelum mulai menguji pakai LG L70, penulis menggunakan Sony Xperia Z1 Compact sebagai ponsel utama. Kala beralih ke L70, ponsel dual SIM bersistem operasi Android 4.4.2 KitKat itu terasa lambat. Pergerakan layar terlihat kurang trengginas.

Kondisi itu sebenarnya wajar sekali. L70 memang tak pantas diadu dengan Xperia Z1 Compact. Spesifikasinya sangat tidak seimbang. Harganya pun berbeda tajam. L70 dibanderol Rp 2,149 juta, sedangkan Xperia Z1 Compact Rp 6,499 juta.

L70-1

Setelah standar kegegasan ponsel di otak penulis “diprogram ulang”, barulah L70 mulai terasa nyaman. Untuk menyalakan layar, penulis cukup mengetukkan jari dua kali di permukaan layar. Hal serupa dapat dilakukan untuk memadamkan layar. Kemampuan yang dinamakan KnockON itu sebelumnya telah tersedia di LG G2, G Pro Lite, dan beberapa tipe lain.

Masih berhubungan dengan ketuk-ketuk layar, pengguna L70 pantas mencicipi Knock Code. Pengguna dapat menciptakan password ketukan untuk mengakses layar utama alias home screen. Ada empat area ketukan yang bebas dipilih pengguna. Sedangkan jumlah ketukan minimal dua dan maksimal delapan. Hitung saja sendiri ada berapa ribu kemungkinan kombinasi password yang dapat tercipta. Banyak banget! Ponsel jadi lebih aman dari tangan-tangan usil, bukan?

Hal menarik lain, di L70 ada pilihan home screen yang disebut EasyHome. Kalau diaktifkan, layar sentuh IPS 4,5 inci beresolusi 480 x 800 piksel di ponsel itu akan berubah tampilan menjadi sangat sederhana. Sepintas seperti feature phone berlayar sentuh. Bila Anda berencana menghadiahkan L70 kepada orang tua yang relatif gaptek, misalnya, EasyHome seharusnya bakal mempermudah mereka.

L70-14

Prosesor dua inti (dual core) Qualcomm Snapdragon 200 MSM8210 1,2 GHz, RAM 1 GB, ROM 4 GB, dan selot microSD merupakan sebagian spesifikasi lain L70. Memori internal ponsel berbaterai lithium ion 2.100 mAh itu hanya terdiri atas satu partisi. Saat ponsel baru dikeluarkan dari kardusnya, sebanyak 1,36 GB di antara 1,5 GB memori internal berstatus kosong.

Pengguna L70 juga bakal menjumpai Wi-Fi, bluetooth, GPS, guest mode, dan radio FM yang siarannya bisa direkam. Dua nomor GSM dapat siaga bersamaan. Pengguna bebas menetapkan nomor GSM kesatu atau kedua yang diizinkan masuk ke jaringan 3G. Nomor itu bisa dikunci di jaringan 3G dan selanjutnya berpeluang menikmati akses data HSPA+ 21 Mbps.

Dua kamera ditanamkan ke ponsel berdimensi fisik 127,2 x 66,8 x 9,5 mm dan berat 126,6 gram tersebut. Kamera belakang dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat. Ia mampu menghasilkan foto beresolusi maksimal lima megapiksel dan klip video 800 x 480 piksel. Sementara itu, kamera di sisi muka ponsel hanya sanggup memproduksi foto dan klip video VGA alias 640 x 480 piksel.

L70-2

Selama menguji pakai L70, ada dua hal yang paling penulis tidak suka. Pertama, deretan tombol di bawah layar ponsel itu tidak dilengkapi lampu sama sekali. Kala ponsel dipakai di lokasi yang gelap, gelap gulita-lah jadinya. Diperlukan adaptasi selama minimal beberapa jam dulu. Bila sudah hafal dengan posisi tombol, tak khawatir lagi dengan kegelapan deh.

Kedua, sesekali ponsel terasa tersendat sepersekian detik saat dioperasikan. Solusinya, tekan dan tahan tombol home sampai di layar muncul daftar aplikasi yang sedang berjalan. Pilih clear all. Setelah itu ponsel biasanya akan lebih gegas.

Dengan memperhatikan spesifikasi dan plus minusnya, menurut penulis, L70 layak dibeli oleh siapa saja yang mempunyai anggaran Rp 2,5 juta dan ingin membeli ponsel Android dual SIM GSM-GSM baru. Dibandingkan Samsung Galaxy Core, contohnya, performa umum L70 lebih memuaskan. Mereknya saja yang kalah populer. Sehingga, calon pembeli kadang ragu membawa pulang ponsel bermerek LG.

***

Berikut beberapa foto yang dijepret menggunakan L70.

L70-3

L70-4

L70-5

L70-6

L70-7

L70-8

Foto di bawah ini dihasilkan oleh kamera depan L70.

L70-9

***

Screen capture Antutu Benchmark, Quadrant Standard Edition, dan Android Sensor Box.

L70-10

L70-11

L70-12

L70-13

193 thoughts to “Review LG L70: Lebih Aman dengan Password Ketuk Layar”

  1. built qualitynya…terkesan murahan gk k0?brp lm awet batrenya?oh ya ap bnar,ktnya kit kat tidak bisa mindahin aplikasi ke memory eksternal?

    1. Pak Hendra,

      Di blog ini tak ada hitungan per karakter dalam mengetikkan pertanyaan kok. Jadi, lain kali tolong ketikkan pertanyaan dengan kalimat utuh. Jangan disingkat-singkat.

      Built quality oke kok. Tidak terkesan murahan atau ringkih.

      Daya tahan baterai tentu bergantung perilaku pemakaian. Di tangan saya sih bisa bertahan sekitar 12 jam. Ya, KitKat memang membatasi akses penulisan data ke kartu microSD.

      Kamera lebih bagus Zenfone 4 dan sedikit di atas Galaxy Core. L70 putih terlihat lebih mewah daripada hitam.

  2. mnrt ko hery kualitas kameranya dibanding asus zenfone 4 n samsung core gmn?n jga trlhat mewah gk hp ini,klo mau bli meding warna putih atau warna lain yang lbh terlihat mewah

  3. Hah… jadi L70 ini nggak bisa mindah aplikasi ke microsd??
    Waduh, kok malah gitu sekarang…
    L3 II saya aja setelah ada update firmware resmi, jadi bisa mindah aplikasi ke microsd
    Padahal saya berencana mau ganti HP ke L70..
    Gimana nih om Herry?

    1. Pak Heidy Ismanto,

      Saya tidak menyatakan L70 tidak bisa memindahkan aplikasi ke kartu microSD. Yang saya sebutkan, KitKat memang membatasi penulisan data ke kartu microSD.

      Apakah berarti tak bisa memindahkan aplikasi ke kartu microSD? Saya tidak mencobanya. Karena memang tak hobi menginstalasikan banyak aplikasi, bagi saya kapasitas memori internal bawaan sudah memadai untuk instalasi aplikasi tambahan. File multimedia yang saya simpan di kartu microSD.

  4. makasih pak hery atas jawabanya….oh ya pak kalo beli ditokoh online lazada,terjamin gak keaslian barangnya…saya lagi order xiaomi redmi,sm kakak yang tinggal di malaysia,dia pesan melalui lazada malaysia harganya RM 489,klo di rupiahkan sktr 1,8 jt,..

    1. Pak Hendra,

      Kalau Lazada Malaysia saya kurang tahu.

      Kalau Lazada Indonesia, keaslian barang mestinya relatif terjamin. Yang perlu dicermati adalah status garansi. Ada penjual yang menawarkan produk bukan bergaransi resmi, melainkan bergaransi distributor independen. Pada sebagian kecil kasus, barang yang dikirimkan kepada pembeli ternyata barang bekas.

  5. Pak Herry,

    Saya mohon masukannya. Saya ingin membelikan hp baru untuk istri saya, budget 2jtan, kalau bisa specknya minimal sama dengan imo s89 (miracle) yg saat ini saya gunakan. Nah LG L70 ini secara performa lebih bagus atau lebih inferior jika dibandingkan dengan imo s89.
    Atau kalau pak Herry mungkin ada masukan lain yg performanya mirip2 dengan imo s89 akan sangat saya hargai.
    Di forum jual-beli di FB ada yang menawarkan Xiaomi mi3 seharga 2.2jt++. Bagaimana speck dan value yg didapat menurut pa Herry.

    Terima kasih sebelumnya.

    1. Pak Santo,

      Saya tidak pernah menguji pakai Imo S89. Seingat saya S89 sudah menggunakan prosesor quad core. Jadi, mestinya yang lebih tepat dijadikan pengganti adalah LG L90, bukan LG L70.

      Xiaomi Mi3 Rp 2,2 juta++? Menurut saya patut diwaspadai karena harganya terlalu murah. Saya belum pernah menguji pakai Mi3. Saya cuma pernah towel-towel sebentar dan sepintas cukup menarik.

  6. Pak herry, sudah review tentang L90? Karena saya lihat beda harga antara L70 & L90 nggak sampe 1 juta. Jadi saya inginnya membeli L90 dan sebelum membeli saya butuh reviewnya. Oh iya Kitkat membatasi pemindahan data ke micro sd, jadi untuk cara pindah data ke micro sd bagaimana pak? Makasih

    1. Pak Gera,

      Review L90 masih lama muncul. Paling cepat tiga minggu lagi.

      Performa L90 jauh lebih bagus daripada L70. Kalau Anda memiliki anggaran lebih, saran saya, silakan naik sekalian ke LG G2 Mini. Di atas kertas spesifikasinya bak pinang dibelah dua dengan L90. Namun, kinerja dan kenyamanan nyatanya lebih bagus G2 Mini.

      Ya, KitKat membatasi (bukan melarang total) penulisan data ke kartu microSD. Hal itu berlaku untuk semua merek ponsel. Kalau yang akan dipindahkan file multimedia, bisa langsung seperti biasa kok. Yang dibatasi itu data aplikasi.

  7. dear Pak Herry,

    terima kasih atas review-nya
    waktu itu saya membeli hh android lenovo s880 berkat review Bapak yg sangat meyakinkan dengan budget saya.

    sayang hp tsb kecopetan, saya ingin membeli baru dengan budget max 2,6 juta dgn merk yg sama tetapi pengalaman sbelumnya dgn service center yg sulit dihubungi saya pertimbangkan berpindah ke LG

    menurut Bapak jika yg saya utamakan adalah tidak lag saat membuka aplikasi office, email, chats dan browsing bersamaan Serta metode membaca nomor saat sms (lenovo aagak aneh krn membwdakan antara +62 dan 08 ) yg flexible. LG L70 ini pilihan yg sesuai? Atau tanggung sekalian yg L80?

    terima kasih,
    theresia

    1. Bu Theresia,

      Turut prihatin atas hilangnya ponsel Anda.

      Kinerja pusat perbaikan resmi Lenovo memang masih kurang memuaskan. Harus banyak pembenahan.

      Saya belum pernah mencoba L80. Sepintas sih perbedaan utamanya dengan L70 di ukuran layar.

      Anggaran Anda yang Rp 2,6 juta itu apakah sama sekali tak bisa ditambah? Kalau bisa ditambah, saran saya, lebih baik sekalian naik ke LG L90 yang kinerjanya jauh lebih baik daripada L70. Harga ritel resminya Rp 2,999 juta. Namun, bila anggaran memang tak bisa ditambah, silakan membawa pulang L70.

  8. pak herry, maaf oot.
    saya berniat membeli hp kisaran 3-4jt. untuk penggunaan standar (sosmed, sms, kamera, game ringan). ingin pindah android dr lumia. mungkin bisa rekomendasikan. terima kasih sebelumnya.

    1. Bu Yasmin,

      Dengan kriteria seperti itu, silakan mencari Lumia 920. Ponsel itu memang keluaran lama (Desember 2012), tetapi performa keseluruhan ponsel tersebut tak kalah dengan Lumia keluaran lebih baru.

  9. Malam Pak Henry, apakah G2 mini sudah masuk Indonesia? bila sudah masuk, apakah perbandingan harga dan kualitas setara pak?

    1. Pak Fandy,

      Sudah masuk. Ponsel itu sudah sekitar dua minggu menjadi ponsel utama adik saya. Ya, setara dan layak beli.

  10. Hallo Pak Herry,

    Terima kasih atas review-nya.

    Memory LG L70 ini termasuk kecil hanya 4 GB.
    Kalau ingin menambahkan microSD, saya punya beberapa pertanyaan:
    – micro sd yang bagus merk apa?
    – max pakai berapa GB?
    (Apakah ada ketentuan membeli microSD yang separuh dari kapasitas max-nya yang 32 GB, yaitu 16 GB)
    – class berapa?
    – harga berapa?

    Terima kasih, Pak Herry.
    Salam.

    1. Pak Roy,

      Bergantung kebutuhan sih. Buat saya, microSD 8 GB pun sudah memadai. Saya biasanya pakai merek Transcend atau Sandisk.

      Kalau Anda ingin yang berkapasitas lebih besar, 32 GB seharusnya masih bisa berjalan dengan baik di L70. Pilih yang kelas 10 ya. Harga detail saya tak hafal.

  11. Fitur EasyHome menarik tuh, walaupun sekadar launcher doang. HP jaman sekarang memang terlalu canggih buat sebagian orang tua, sedangkan feature phone makin sedikit. Bahkan sebagian feature phone sudah touch screen juga.

    Saya juga pakaikan dialing pad seperti itu buat ortu saya, ada program freenya di Play Store walaupun ga stabil suka error. Ditambah dialing shortcut jadi contoh ortu ingin telpon anaknya tinggal pencet langsung nelpon ke nomor tertentu

  12. Wah akhirnya ada review L70, pantesan webnya dari kemaren trouble :p. Pak saya kan dari dulu pake L7 II yang single, saya klo mau ganti ke L70 mnurut bpk gmn? Pdhl spek kedua HH tsb beda tipis, dan tmbh fitur2 terbarunya

    1. Pak Hayat,

      Kemarin blog ini baik-baik saja tuh. Apakah Anda coba mengakses memakai Opera Mini atau Chrome + operator Tri?

      Saya belum pernah memakai L7 II. Jadi, tak tahu kinerjanya seperti apa.

  13. Dear Pak Herry,

    Terima kasih atas balasannya.
    Teman saya sudah pakai LG Pro lite dengan harga yang mirip dengan L90.
    Menurut Bapak dari segi harga, lebih baik ambil yang mana ?
    Dan semalam saya ada sempat membaca ulasan Bapak mengenai Motorola Moto G, sebagai penyuka Motorola saya jadi mempertimbangkan untuk ambil. Tetapi sampai saat ini belum tahu bisa beli di mana di Jakarta šŸ˜€

    Thanks,
    Theresia

    1. Bu Theresia,

      1. Saya lebih memilih L90 daripada G Pro Lite. Harga L90 memang sedikit lebih mahal. Namun, spesifikasi lebih tinggi, kinerja lebih bagus, dan kenyamanan juga lebih oke dibandingkan G Pro Lite.

      2. Setelah statusnya sempat tidak jelas, bulan depan Moto G akan mulai dipasarkan resmi di Indonesia. Pada awal Juni akan dimulai pre-order, sedangkan akhir bulan seharusnya bakal dijual masal. Moto G 8 GB dijual Rp 1,949 juta. Kalau mau yang 16 GB, harganya Rp 2,249 juta. Saya cenderung menyarankan ambil yang 16 GB. Satu hal yang sampai sekarang belum saya ketahui, Moto G yang masuk ke sini itu versi single SIM atau dual SIM.

  14. Terima kasih review nya pak ,tetep independent ya. .
    Setia nunggu review G2 mini pak penasaran perbedaan performa dengan L90 yang di sebutin di atas. .

  15. Pak Herry,
    1. Bagian hitam disamping kamera depan itu apa ya Pak? Sensorkah? Kalau di kelas Samsung Galaxy bagian itu sebagai sensor untuk kedipan mata, benarkah? Kalau memang benar berati layar L70 bisa menyala terus kalau ada kedipan? Mohon koreksi
    2. Menurut Anda, mana yang lebih baik antara Chrome dan Opera Mini? Soalnya Chrome bawaan smartphone saya loadingnya lama, kalau pakai Opera cukup cepat. Apa sebabnya? Kemudian, apa bedanya Opera dan Opera Mini di smartphone?
    3. Oya, ketika read email di aplikasi Ymail di smartphone memang cukup mudah. Anehnya ketika saya buka di smartphone saya yang lain kok inboxnya masi bertanda ‘belum terbaca’? Demikian juga dengan mail inbox yang saya hapus, ternyata di smartphone saya yang lain masih ada. Kenapa ya? Ataukah harus pake PC atau laptop?

    Trims

    1. Pak Adrian,

      1. Yang di kanan atas? Itu proximity sensor. Btw, L70 memang dilengkapi fitur smart screen. Bila fitur itu diaktifkan, selama ponsel mendeteksi ada wajah yang menatap ponsel, layar ponsel akan tetap menyala.

      2. Sudah lama sekali saya tidak menggunakan Opera dan segala variannya, baik di ponsel maupun laptop. Jadi, kondisi terkini saya kurang tahu. Lagipula, karena alasan teknis yang intinya dianggap sebagai spam, Opera sering sekali gagal mengakses blog Ponselmu.com ini.

      Bagi saya, browser bawaan ponsel (termasuk Chrome di ponsel Android) sudah sangat memadai untuk sekadar membaca informasi.

      3. Maaf, saya tak tahu. Saya tak pernah menggunakan aplikasi itu karena sehari-hari memang tidak menggunakan email Yahoo.

  16. Pak, apa berminat mereview lenovo lagi? Terutama A859 ? Hehehe saya mau komparasi juga dengan lg l8 / l90

    1. Pak Benedictus,

      Boleh saja. Silakan kirimkan A859 itu kepada saya. Saya akan review-kan. Namun, antre agak panjang lho ya.

  17. Pak Herry boleh nambah review sedikit? Berdasar pengalaman saya yang baru beli L70, cukup lebih dari lumayan. Baterai terasa lebih awet dibanding L7 II dual yg kapasitasnya lebih besar 2.450mAh. padahal L70 cuma 2.100mAh. Nilai plus ya lagi sudah dapat free Jelly Skin yg unik, disaat layar nyala bisa mati seketika bila Jelly skinmya ditutup. Dan ketika mau menerima telepon tidak perlu membuka penutup layar, karena sudah ada lubang/ QuickWindow untuk menyentuh layarnya. Itu saja pak sharenya.

    1. Pak Solehoptikcokro,

      Tentu saja boleh nambah review. Malahan kalau bisa yang banyak, jangan cuma sedikit.

      Mungkin yang dimaksud dapat flip cover ya, bukan jelly skin. Saya belum pernah melihat flip cover bonus untuk L70. Kalau flip cover bonus pembelian L90 dan G2 Mini kondisi fisiknya cukup mengerikan. Saya takkan berani memasangkannya ke ponsel. Sebab, kelihatan banget murahan, kurang bagus, dan berpotensi menggores bodi.

  18. ko, saya ada anggaran kisaran 2,3 jt saya mau tanya, enakan android atau windows phone ya , terus diantara nokia 625, lg l70 dengan experia M , secara kualitas bagusan mana ya dan mendingan mana untuk rekomendasi, soalya harganya sudah sama dibeberpa situs jual beli hp ko, makasi ..

    1. Pak Aris Styadi,

      Mending Android deh. Lebih fleksibel. Kalau bosan dan mau jual kembali juga lebih gampang. Saran saya, di antara tiga pilihan itu, silakan membeli L70.

    1. Pak Ibrahim,

      Saya belum pernah menguji pakai Zenfone 5. Saran saya, lupakan Asus Zenfone deh. Asus Indonesia terbukti merupakan PHP (Pemberi Harapan Palsu) kelas wahid. Lha kalau mengurusi penjualan perdana saja nggak becus, apalagi kelak saat harus melayani konsumen yang melakukan klaim garansi.

    1. Pak Ade,

      Review L90 dan G2 Mini masih cukup lama.

      Saya berikan bocoran dulu saja ya. Intinya dua ponsel itu sama-sama pantas dibeli. Kalau ada anggaran lebih, saya menyarankan Anda meminang G2 Mini saja. Sebab, meskipun di atas kertas spesifikasinya sama dengan L90, dalam pemakaian nyata G2 Mini lebih jempolan.

  19. pak herry ,walau bapak belum review lg L90 bila dibanding lenovo P780 mana yg bapak sarankan untuk beli,trims.

    1. Pak Suheri Nugroho,

      Kuncinya begini:
      * Kalau baterai 2.540 mAh cukup untuk Anda beraktivitas seharian, silakan melirik L90. Di tangan saya, baterai L90 bisa bertahan sampai sekitar 14 jam. Di tangan adik saya yang aktivitas WhatsApp-nya terbilang tinggi, baterai ponsel itu mampu menembus 18 jam.

      * Kalau baterai 2.540 mAh tak cukup untuk beraktivitas seharian, pilihlah P780.

  20. Pak herry, maaf sblmnya, sy berencana membeli ponsel android dg kisaran 2 jutaan, maks 2,5 jt an lah, menurut p.herry ponsel apa yg terbaik dari value-to-price nya..? dengan ram min 1gb dan layar min 4 inch,merk bebas non lokal, dan satu lagi sy mau tanya apakah BB z3 layak dipertimbangkan?
    Terima kasih sebelumnya..

  21. pak herry ,kalau boleh dapet bocoran dikit L90 suport USB ont the go apa tidak, dan seberapa besar memory/aplikasi yg bisa dipindah ke SD card.

    kalo boleh tau toko online mana yg sudah menjual L90.trims

    1. Pak Suheri Nugroho,

      L90 tidak mendukung USB on the go.

      Terkait berapa besar aplikasi yang bisa dipindah ke kartu microSD, saya tak mencobanya. Sekadar info, sistem operasi Android KitKat membatasi akses penulisan data ke kartu microSD. Hal itu berlaku untuk semua merek. Bukan hanya LG.

      Saya berikan contoh:
      Saya menyunting file dokumen yang tersimpan di kartu microSD L90. Usai disunting, saya tak bisa langsung menyimpannya ke kartu microSD. File hasil penyuntingan itu harus di-save dulu di memori internal. Selanjutnya, baru dipindahkan ke microSD.

      Soal toko online penjual L90, coba cek ini http://www.blibli.com/search?s=LG+L90&c=

  22. Pak kalau dibandingkan dgn Moto G dlm hal kamera maupun secara keseluruhan bagaimana? Atau ada saran lain ponsel dgn spesifikasi yg hampir sama dan harga yg tdk jauh beda? Terimakasih.

    1. Bu Natasya,

      Moto G kalau diadu dengan L70 ya jelas menang Moto G.

      Moto G lebih tepat dikomparasikan dengan LG L90 atau G2 Mini. Nah, kalau pertempurannya seperti itu, saya memilih G2 Mini.

  23. Thanks pak atas jawabannya. Kalo saya sih lebih condong ke L90 daripada G2 Mini soalnya dana cuma nyampe di L90 hehehe dan saya baca di forum kaskus katanya G2M layarnya kepotong ama tombol. Oh iya saya tunggu full review L90 nya šŸ™‚

    1. Pak Gera,

      Iya, G2 Mini memang memakai on screen button. Secara keseluruhan sih saya tetap lebih suka G2 Mini daripada L90. Ini saya sedang berburu G2 Mini bekas lagi.

  24. ko, sekarang ada lg L80 lho, harga juga gak jaub beda dengan yang L70, semakun banyak pilihanya ini … hehe

  25. Jadi kalo sudah ber o.s kit-kat gak begitu memerlukan kapasitas memori external yang besar ya pak herry, kira kira cukup 1Gb-2Gb ya pak…

    1. Pak Sandi,

      Siapa yang menyimpulkan bahwa KitKat tak perlu memori eksternal besar? Saya tidak menyatakan begitu lho ya. Kalau banyak menyimpan file multimedia (foto, lagu, dan video), ya perlu kapasitas besar.

  26. Thanks atas review-nya pak, mau tanya kira2 klo LG L40 worthed nggak ya? processor sama kayak L70 tapi layar, kamera sama RAM lebih kecil. klo kurang layak di level harga 1.299 ada alternatif apa pak?

    1. Pak/Bu Fris,

      Saya belum pernah mencoba L40. Jadi, tak tahu layak beli atau tidak.

      Kalau mau nekat langsung ambil, selain L40, Acer Liquid Z4 Rp 899 ribu sepertinya juga boleh dilirik. Ini asumsinya ibarat beli kucing dalam karung ya. Sebab, saya juga belum pernah mencoba Z4.

  27. Ooo gitu ya pak, pasti saya salah memahami. Saya pernah tanya di salah satu stan yg menjual LG di hitech-mall bulan kemarin, lampu dibagian bawah layar (menu atau back dll) memang tdk ada mulai dari seri l1 , l3, l40, l70 apa memang sengaja ya pak dibuat seperti untuk menekan biaya produksi..?

    1. Pak Sandi,

      Bergantung tipe sih. Seri L yang dual SIM sepertinya semua tanpa cahaya. Kalau yang single SIM bercahaya. Entah apa alasannya.

  28. Pak Herry, harga Moto G 16 GB di Lazada yang sekitar Rp 2,2 juta itu apakah akan standard di Jawa?

    Jika Moto G dibandingkan dgn LG L70 atau L90, pak Herry sarankan yang mana?

    1. Pak Teguh,

      Entah harga Rp 2,2 juta itu akan menjadi harga normal atau tidak. Saya juga belum tahu apakah Moto G kelak akan dipasarkan secara offline di sini.

      Moto G atau L70? Saya pilih Moto G.

      Moto G atau L90? Saya pilih L90.

  29. pak herry,
    antara LG G2 mini dgn samsung Galaxy grand neo lebih bagus yg mana utk spesifikasi dan performance nya?

    tks

  30. Sore Om Herry…
    Dari lenovo,moto g,akhirnya LG L90 yg saya pinang…
    Ternyata saya tidak bisa berpindah hati dari hp merk LG…,karena baru di pakai 3minggu jadi belum d coba semua aplikasinya…
    Yg terasa adalah batrenya yg awet untuk yg lain belum bisa d komentar šŸ™‚

    1. Bu Reni,

      Terima kasih atas sharing-nya. Lho, sebelum pakai Lenovo dan Moto G, dulu Anda pakai LG tipe berapa?

  31. Salam kenal Ko Heri
    mau nanya nih antara=
    1.xperia m2 = + design, NFC, OTG, led notif, iluminate bar
    2. g2 mini = + gorila glass, ips, kamera dpn 1.3m, batere copot, IR

    mending pilih mana, karena mau dipakai jangka panjang.
    thx yah Ko… GBU

    1. Pak Roy F.S.,

      Anda sudah bisa menyaring poin-poin dua ponsel itu. Beli yang mana? Ya tinggal Anda tentukan fitur mana yang lebih Anda perlukan tho. Saya belum pernah mencoba Xperia M2 sehingga belum tahu lebih bagus mana dibandingkan G2 Mini.

  32. awalnya sih xm2, tapi kemudian cenderung ke g2mini, karena after sales nya yg kata Ko Herry “super duper memuaskan”. Kenapa di artikel yg lain Ko Herry blg ga mau review M2?
    oot=ngomong2 kalau beli nasi b.wijaya di jln manyar kertoarjo dpn bank nitip ya Ko… hahahhahaha

    1. Pak Roy F.S.,

      Lain kali penulisan tipe ponsel jangan disingkat-singkat ya.

      Ya, awalnya saya berencana tidak me-review Xperia M2. Saya lebih penasaran mencoba Xperia Z2. Saya berubah pikiran setelah melakukan pemungutan suara di Twitter. Saat itu saya meminta para follower memilih satu ponsel Sony yang paling ingin diketahui review-nya. Pilihannya, Xperia T2 Ultra, Xperia Z2, dan Xperia M2. Hasilnya, Xperia M2 memperoleh suara terbanyak. Saya menghargai hasil pemungutan suara tersebut dan memutuskan akan menguji pakai Xperia M2.

      Lho, melihat saya beli nasi di sana ya?

  33. Ok Ko Herry, ditunggu review Xperia M2 nya. Trus kalau bisa dibandingkan dengan LG G2 Mini. Kalau bisa review nya max.2 minggu sebelum lebaran, karena beli nya nunggu THR an. Hahahahaha… thx.

    1. Pak Roy FS,

      Saya baru mulai mencoba Xperia M2 pada minggu depan. Saya takkan membandingkannya dengan LG G2 Mini. Kelak Anda boleh menanyakannya di bawah review Xperia M2 dan saya dengan senang hati akan menjawabnya. Ya, sebelum Lebaran review-nya akan keluar.

  34. Om Herry,
    mau tanya nih.. smartphone ini direkomendasikan untuk penggunaan jangka panjang ga?
    kalo dibandingin sama Samsung Galaxy Core Duos I8262, lebih unggul yang mana ya?
    bingung nih mau pilih Galaxy Core Duos I8262 atau L70 ini..

    Thanks sebelumnya.. šŸ™‚

    1. Bu Hannie PH,

      Definisi jangka panjang itu berapa tahun ya? Yang jelas, spesifikasi L70 bukan yang tertinggi. Sekarang pun sudah ada banyak ponsel lain yang mempunyai spesifikasi lebih tinggi.

      Mending L70 daripada Galaxy Core.

  35. om.. kira2 ini hape cocok gak ya jadi pengganti xperia M.
    saya kurang puas sama layar dan hasil jepretan kamera XM

    1. Pak Mdz_92,

      Boleh saja sih berganti ke L70. Namun, karena perbedaan kinerja nyatanya tidak terlalu jauh dibandingkan Xperia M, saran saya, mending melompat yang agak tinggi sekalian. Kalau anggaran tersedia, lebih baik naik kelas ke LG L90 atau Sony Xperia M2.

  36. Pak Herry, mohon masukannya jika berkenan. Jika tanpa memperhatikan harga, mana yg lebih bapak sarankan antara LG L70 atau Motorola Moto G?

    Terima kasih Pak Herry buat masukannya.

    1. Pak Arthur,

      Saya pribadi lebih memilih LG L70 dengan pertimbangan hasil kamera lebih bagus, baterai bisa dilepas, ada selot microSD, ada fitur ketuk-ketuk layar yang berguna, dan rekam jejak pusat perbaikan resmi LG telah terbukti bagus.

      Kalau Anda lebih mengutamakan kehalusan tampilan layar dan smooth alias lancarnya pergerakan menu, Moto G-lah jawabannya. Namun, harap diingat kalau ponsel itu memakai baterai tanam, tidak ada selot microSD, dan performa kameranya kurang mantap.

  37. saya beli lg l70 berkat review bapak ini bserta komen2 positif pengunjungnya, dan saya puas bgt pake lg l70. sangat layak dgn uang yg saya cari dg kerja keras. ibaratnya beli tempe malah dpt sate ayam.
    terimakasih atas reviewnya bapak herry sw.
    gbu šŸ™‚

    1. Pak Samir Nasri,

      Terima kasih atas komentar dan testimoninya. L70 jadi dapat tagline baru nih: “Bayar Tempe, Dapat Sate Ayam.” šŸ™‚

  38. Pak Herry, selamat pagi. Terima kasih atas review L70 saya juga kepincut karena ada fitur guest mode dan ketuk layarnya, tapi saya biasa menggunakan bb, pertanyaan saya apakah semua Android bila BBM memakan masa baterai dan panas bila selalu terhubung datanya? DU Baterai untuk penghematan daya ada pengaruhnya? Atau bisa juga pengaruh kartu GSM yang dipakai, saya memakai 3. BBM saya hanya 276 kontak dan 6 Grup. Oya kameranya L70 belum autofokus ya? Tapi cukup ok daripada L90 atau G2 mini yang terpaut 1 juta atau lebih menurut saya L70.
    Terima kasih sebelumnya Pak Herry.

    1. Pak Michael,

      Saya bukan pengguna rutin BBM, baik di peranti BlackBerry maupun Android. Saya cuma pernah mencoba BBM di Android saat aplikasi itu barusan muncul di sana.

      Dalam pantauan saya, BBM akan terasa rakus baterai bila pengguna memiliki banyak grup BBM atau aktif chat dengan orang lain. Kalau sinyal operator yang digunakan kembang kempis, selain rakus baterai, bodi ponsel akan terasa hangat atau panas. Hangat atau panasnya bergantung karakteristik ponsel juga. Ada ponsel tipe tertentu yang memang mudah panas, sebaliknya ada ponsel lain yang relatif lebih dingin.

      Saya tak pernah memakai DU Baterai. Kalau BBM tetap rutin Anda pakai, saya rasa DU Battery takkan banyak membantu.

      BBM Anda memiliki 276 kontak dan enam grup. Grupnya tergolong lumayan banyak lho. Dengan kondisi seperti itu, saran saya, minimal Anda membeli ponsel Android dengan RAM 1 GB. Lebih baik lagi kalau 2 GB.

      Kamera belakang L70 sudah dilengkapi fokus otomatis kok. Ya, kalau harga menjadi pertimbangan utama, L70 pun sebenarnya sudah lumayan memadai.

  39. Pak Herry

    Jika tanpa memperhatikan harga,lebih bagus mana om antara LG L70 ini dengan acer liquid E2 jika diperhatikan hanya dari kualitas kamera dan ketahanan batere yang dilmiliki???

    Terimakasih

  40. Ko mau tanya, jika LG L70 ini dibandingkan dengan LG L80 bagaimana Ko? Karena dari harga hampir berimbang…

    1. Pak Rizqyaf,

      Saya belum pernah mencoba L80. Di atas kertas, L80 itu ibarat L70 yang layarnya diperbesar. Dugaan saya sih kinerjanya berimbang.

  41. Jadi untuk kinerjanya seimbang dengan hanya beda layar ya Om?
    Om kalau menurute samean urutan dari hp-hp ini gimana Om yang bisa dibuat untuk keperluan sehari-hari dari:
    Nokia Lumia 630, LG (L70 maupun L80), serta Sony (M Dual maupun E1 Dual), karena ketiga hp ini hampir setara harganya

    1. Pak Rizqyaf,

      Ya, diduga keras begitu. Saya tulis diduga keras karena saya belum pernah mencoba L80.

      Menjawab pertanyaan kedua, L80 dan Lumia 630 saya keluarkan dulu ya. Lha saya belum pernah coba. Nah, dari tiga ponsel yang tersisa, L70 di urutan pertama. Kinerja Xperia M dan Xperia E1 dual secara umum berimbang.

    1. Pak Rizqyaf,

      Maaf baru merespons. Saya baru pulang dari luar kota dan selama di sana
      aktivitas kebetulan lumayan padat sehingga tak sempat memantau blog
      maupun Twitter.

      Saya jelaskan satu per satu ya. Selanjutnya, Anda tinggal memilihnya.

      L70 unggul di sistem operasi Android yang bagi saya sampai saat ini masih lebih menarik daripada Windows Phone. Ia dilengkapi fitur KnockOn dan Knock Code yang sangat bermanfaat. Layanan pusat perbaikan resmi LG lebih bagus daripada Nokia. Seandainya bosan dan mau dijual lagi, L70 lebih mudah dijual daripada Lumia 630.

      Lumia 630 terasa lebih gegas daripada L70. Fitur peta di Lumia 630 lebih nyaman daripada di L70.

  42. pak, saya mau tanya budget 2 jutaan. yang saya butuh ponsel dengan kamera lumayan bagus dan tidak lemot untuk aplikasi2 standar kaya wa, bbm, office, line, dan tampilan ok. Lebih baik galaxy core ii apa l70 dual pak? atau ada saran lain. Terimakasih

    1. Bu Nonniek,

      Kalau anggaran Anda Rp 2 jutaan (Rp 2,999 juta masih termasuk Rp 2 jutaan lho), saran saya, silakan mencoret Galaxy Core 2 maupun L70 Dual. Sebab, dengan anggaran segitu, Anda bisa membeli ponsel lain yang spesifikasinya lebih tinggi.

      Pilihan yang boleh Anda pertimbangkan:
      * Xiaomi Redmi Note. Layar besar, baterai tahan lama, dan kamera cukup bagus.
      * Acer Liquid E3. Kamera bagus dan nyaman digenggam.
      * LG G2 Mini. Kamera bagus (masih kalah dibandingkan Liquid E3), baterai lumayan, dan nyaman dipakai.

  43. saya mau tanya pak. Apakah ada aplikasi atau software apa yang bisa menyimpan foto, lagu, dll agar dapat menyimpan banyak aplikasi di hp ini? mengingat ruang penyimpanannya hanya sekitar 2Gb. Terima kasih.

    1. Bu/Pak Noor Puspita,

      Tak perlu aplikasi tambahan. Foto, lagu, dan musik kan memang bisa disimpan di kartu microSD.

      Kalau aplikasi tambahan, nah… itu yang akan disimpan di memori internal.

      1. Tapi pak ketika saya download lagu via opera mini nge-save nya langsung ke memori internal.. tidak ada pilihan untuk menyimpan ke sd card.. masa iya harus mindahin lg ketika sudah didownload,, -_-

        kalau LG90 dengan xiaomi note lebih baik mana ya pak?? apakah Qslide di LG hanya ada di LG dan tidak ada di hp merk lainnya?
        Terima kasih.

        1. Bu Noor Puspita,

          Ya. Silakan dipindahkan secara manual.

          L90 dan Redmi Note sama-sama menarik. Kalau ingin yang enak dikantongi dan digenggam, ambillah L90. Bisa difungsikan sebagai remote control TV dan dilengkapi fitur ketuk-ketuk layar menjadi kelebihan lain L90. Sementara itu, kalau Anda ingin ponsel berlayar lebar dan berbaterai tahan lama, silakan meminang Redmi Note.

          Qslide kan memang milik LG. Jadi, ya hanya ada di ponsel LG.

  44. pak saya mau tanya lagi,
    ada yang aneh dengan L70 saya, sebelumnya (pemakaian blm sampai 1 bulan) termasuk baterai yang awet,,
    berhubung saya tidak selalu on internetnya, saya kadang aktifkan fitur mode pesawat (biar lebih awet juga)..
    nah beberapa hari yang lalu, ketika malam hari saya gunakan untuk internetan hingga lumayan panas (aplikasi du savety power menunjukkan suhu 45%) baterai tinggal 20an%, kemudian data saya matikan, lalu pagi harinya hp saya mati, dan saya nyalakan kembali ternyata baterai tinggal 3%, pdhal sebelumnya tidak pernah secepat itu habisnya..
    semenjak itu baterai hp cepet banget habis, saya masih sering mengaktifkan mode pesawat tp hp tidak bisa bertahan lebih dari 6 jam,, itu kira2 kenapa ya pak?
    terima kasih.

    1. Bu Noor Puspita,

      Terus terang saya tak berani memastikan apa penyebabnya. Beberapa hal yang boleh dicoba:
      * Hapuslah aplikasi yang berhubungan dengan fungsi penghemat baterai. Perhatikan kondisi ponsel setelah itu.
      * Bila masih ada keanehan, lakukan factory reset.
      * Tingkat konsumsi baterai masih aneh? Silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi ponsel.

      Btw, jawaban saya di atas dengan asumsi kondisi sinyal operator dan perilaku pemakaian Anda tidak mengalami perubahan ya.

  45. nah, saya pikir juga begitu pak, sepertinya ada aplikasi yang memakan daya baterai..
    kemarin baterai tinggal 40% saya tinggal beberapa saat (dalam mode pesawat) ketika saya lihat hape langsung menjadi 20%.

    untuk factory reset masuk ke pengaturan atau bagaimana pak? lalu dampak kalau direset apa pak (kecuali data yang hilang)?
    karena pengalaman waktu reset nokia dulu ada aplikasi bawaan yang ter uninstal (bukan aplikasi yang berasal dari download-an).

    1. Bu Noor Puspita,

      Ya, masuk ke pengaturan untuk melakukan factory reset.

      Semua data yang disimpan di memori internal akan hilang.

  46. Pak Herry,

    Saya baru saja membeli LG L70 Dual di erafone, disitu disertakan quickwindow case. Yang saya tanyakan kenapa quickwindownya gak berfungsi apa-apa. Mohon pencerahannya. Terima kasih

    1. Pak Adi Ridho,

      Coba perhatikan bagian dalam quick window case tersebut. Yang terlihat tulisan “Voia” atau “made in Korea”?

      Normalnya, ketika flip window case ditutup, layar ponsel otomatis akan padam. Kalau flip dibuka, layar ponsel akan menyala. Tingkat keberhasilan di quick window case Voia jauh lebih tinggi daripada yang bertuliskan made in Korea saja.

    1. Pak Adi Ridho,

      Kalau Voia, seharusnya bisa berfungsi dengan lancar dan mudah dipakai. Coba mampir ke pusat perbaikan resmi LG untuk minta tolong diperiksakan deh.

  47. Adakah caranya supaya aplikasi2 dapat dipindah ke memori eksternal di LG L70 nih?
    Karena memori internal sudah mau penuh dan terus keluar notif yg buat risih gitu..

    Saya juga kesusahan menemukan menu untuk memindahkan foto, lagu, dll (non aplikasi) unt dipindah ke eksternal

    Mohon bantuannya ko

    1. Pak Charis,

      Standarnya tak ada. Aplikasi akan diinstalasikan di memori internal.

      Foto dan lagu yang terlanjur disimpan di memori internal bisa dipindahkan manual ke kartu microSD kok. Gunakan aplikasi file manager atau hubungkan ponsel ke laptop/PC.

  48. Pak herry,saya termasuk pembaca baru web anda,tapi saya tertarik dengan banyak ulasan anda yang bermanfaat.
    Saya boleh tanya pak,bapak ada saran unuk handphone harga dibawah 2 jt yang cukup mumpuni unuk jualan online. Awalnya saya tertarik redmi note tapi budgt saya tidak mencukupi, budgt dibawah 2jt. Terima kasih pak.

    1. Bu Hamigia,

      Terima kasih atas apresiasinya terhadap blog saya yang sangat sederhana ini.

      Dengan harga kurang dari Rp 2 juta, Anda boleh mempertimbangkan Acer Liquid Z500 dan Xiaomi Redmi 1S.

      Harga jual resmi Liquid Z500 saat ini Rp 1,899 juta. Harga di pasaran seringkali sedikit di bawah itu. Kalau ada yang mematok harga jual lebih tinggi, lebih baik Anda mencari penjual lain. Review ponsel itu bisa dibaca di http://ponselmu.com/review-acer-liquid-z500-suka-atau-tidak-harus-gunakan-flip-cover/

      Sementara itu, harga jual resmi Redmi 1S sebenarnya Rp 1,499 juta. Namun, karena permintaan begitu tinggi, harga pasarnya naik sampai Rp 1,75 juta. Seandainya kelak Anda memutuskan membeli Redmi 1S, pastikan Anda mendapatkan unit yang diimpor oleh Trikomsel atau Erajaya. Sebagian penjual biasanya akan mengatakan Redmi 1S dari mana pun sama saja. Saran saya, jangan menelan mentah-mentah informasi itu. Review Redmi 1S bisa dibaca di http://ponselmu.com/review-xiaomi-redmi-1s-pantas-dibeli-tanpa-pikir-panjang/

  49. Wah saya baru saja membaca review Anda mengenai acer liquid z500 dan redmi 1s. Mengenai rumor redmi 1s yang cepat panas menurut Anda bagaimana Pak?
    Secara performa lebih rekomendasi acer liqud z500 baru redmi 1s y pak?
    Jika dibandingkan 2hp di atas dengan LG L80 dual dan Samsung Galaxy core 2 gimana pak?
    Terimakasih pak

    1. Bu Hamigia,

      Menurut saya, Redmi 1S bukan panas, melainkan hangat. Saya sudah pernah mencoba ponsel itu. Kondisinya masih tergolong wajar untuk sebuah ponsel pintar.

      Secara umum, dalam hal performa, saya lebih merekomendasikan Liquid Z500. Hal itu ditunjang layanan pusat perbaikan resmi Acer yang tergolong bagus.

      Saya belum pernah mencoba LG L80 Dual. Kalau Galaxy Core 2, ponsel itu kalah menarik dibandingkan dengan Liquid Z500 maupun Redmi 1S.

    1. Pak Siddik,

      Maaf, saya baru bisa merespons pertanyaan Anda pada hari ini. Pada 25-27 Februari 2015 saya menjalani aktivitas yang padat di luar pulau. Sehingga, relatif tak sempat menjawab pertanyaan masuk.

      LG memang merek dari Korea. Namun, ponsel-ponsel LG belum tentu diproduksi di Korea. Hal serupa berlaku untuk merek lain pula, termasuk Samsung, BlackBerry, dan Apple iPhone. Karena beragam faktor, terutama menekan biaya produksi, tak sedikit produsen yang memilih melakukan produksi di Asia. Entah di Vietnam, India, atau Tiongkok.

  50. Om mau nanya.kalo kekuatan batre lg l70,xiaomi redmi 1s.sama core2. Kalo di pake online terus plg kuat yg mana yah, kuat brp jam. Nah kalo sya pny bugget 1,7jt hape yg plg ccok yg mana om . Mksh om herry

    1. Pak Imron,

      L70 paling kuat. Saya tak ingat durasi pastinya. Namun, setidaknya lebih lama 1-2 jam daripada Redmi 1S dan Galaxy Core 2.

      Dengan anggaran Rp 1,7 juta, lebih baik membeli Redmi 1S + satu baterai cadangan. Harga pasar Redmi 1S saat ini Rp 1,6 juta sampai Rp 1,75 juta. Harga baterai cadangan Rp 100 ribu sampai Rp 150 ribu.

  51. Salam Heri, selamat siang
    saya beli LG L70 sekitar 5 hari yang lalu, pada saat saya menge-cas dalam kondisi hp dimatikan dan saya hidupkan kembali pada saat sudah 100 % full, tetapi pada saat dihidupkan kapasitas baterai langsung turun 1 % dan cepat turun hingga 97 %, kira2 itu kenapa ya, mohon penjelasannya pak, terimakasih

    1. Pak Fahrezi,

      Sejak beli baru sampai sekarang, L70 itu sudah Anda charge berapa kali? Dari 100 persen ke 97 persen total kira-kira berapa menit? Dalam rentang waktu itu, apakah ponsel terkoneksi internet dan apa saja yang dilakukan? Hal lain, setelah 97 persen, persentase penurunan apakah lama?

      Dari analisa sepintas, sebelum mendapatkan jawaban dari Anda, saya menilai kondisi itu masih bisa dianggap normal.

  52. Terimakasih pak heri atas jawaban awal anda. Semenjak beli saya sudah mengecasnya kira2 8 kali, penurunan yg drastis itu berlangsung kurang dari 5 menit dan dengan atau tanpa terkoneksi internet, dan hal yg lain2 seperti kecerahan layar d atur kurang dr 40%
    Setelah penurunan yg drastis itu yg kira2 sampai 91% tsb, memang msh bertahan cukup lma utk sampai lobet total tp hal tsb tdk berlaku ketika d gunakan utk internet yg hanya bertahab kira-kira 3-4jam saja, demikian pak heri mohon penjelasannya, terimakasih

    1. Pak Fahrezi,

      Terima kasih atas tambahan informasinya. Kalau demikian, berarti kondisinya kurang normal. Saran saya, silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi LG untuk dicek. Seandainya yang bermasalah baterainya, baterai Anda akan diganti baru.

  53. Pak hery saya mohon reviewnya untuk lg l fino kl dibandingkan dengan asus zenfone 4 lebih bagus mana ya pak untuk performanya….? Karena sekarang saya menggunakan asus zenfone 4 berniat untuk ganti lg l fino…! Mohon balas via email saya ya pak. terimakasih sebelumnya….!!!

  54. Pak, saya pengguna L70. Sekitar 2 minggu yang lalu, ponselnya lemot sekali tapi saya paksa untuk tetap mengirim pesan ke temam saya. Sampai-sampai, pesan balasan baru sampai ke ponsel Saya besok harinya. Setelah itu, pesan balasan tersebut sering muncul namun setiap di klik untuk di baca, bukannya pesan tersebut tampil, malah masuk ke tempat membuat pesan. Sekarang, setiap ada pesan masuk, pesan yg dari teman saya itu selalu ikut masuk juga tapi lagi2 tidak bisa di baca. Parahnya lagi, gara2 pesan tersebut ponsel saya tidak bisa mati, karena selalu menyala, baterai cepat habis dan ponsel menjadi sangat panas. Bagaimana solusi untuk masalah tersebut, pak? Terimakasih

  55. Pak, saya ada bujet 1,6 jt. Kmrn liat di lazada, ada pilihan LG L70 sama redmi. Kalo menurut pertimbangan bapak, saya lbh cocok pakai yg mana? Berhubung saya adl penjual olshop, shg harus connect internet 24 jam. Serta kebutuhan selfie ^_^ kualitas mesin bagus mana?
    Kalo kamera depan, redmi 2 mp lalu LG vga. Bbrp reviev saya baca , kualitas 2 mp redmi kaya vga –” mnrt bpk, saya mndg pakai yg apa?

  56. kualitas foto kamera depan redmi banyak yang mengatakan lebih bagus redmi 1, apa benar?
    banyak yang bilang katanya yang produk di pasarkan di Indonesia itu pakainya dragontrail, sedangkan yang di china gorilla glass apa iya ,pak?
    bisa di kualifikasikan lbh jelas pak, antara perbandingan redmi 2 sama LG dual D325?
    terima kasih Pak hary

    1. Pak/Bu Iza,

      Redmi 1 yang Anda maksud itu Redmi (saja) atau Redmi 1S?

      Redmi 2 pakai Gorilla Glass? Setahu saya tidak deh.

      Ya Anda tinggal baca lagi review saya soal L70 dan Redmi 2. Baca dengan perlahan dan lengkap. Bakal ketahuan mana yang lebih bagus.

  57. Permisi koh
    saya mau tanya nih
    menurut pertimbangan koh.bagusan samsung galaxy core 2 atau LG L70 yang cocok untuk digunakan buat bbman.WA.FB.IG Twittter dan medsos lain untuk membantu saya berjualan online shop šŸ™‚ saya masih nyari hp yg cocok dan kuat dri segi kapasitas memori dan baterai…saya punya bajet skitr 1,5-1,7 jtaan

  58. Pagi pak Herry permisi mau tanya L70 kl pindah file(video) dr internal kok ga bisa ya? File cm akses baca saja jd tdk bisa di copy,cut ke sd card. Tlg kl pny solusi pak,trims

    1. Pak Erwin,

      Dulu saat saya mencoba L70, file multimedia bisa dipindahkan dengan mudah. Tinggal di-copy paste via File Manager seperti saat melakukan hal serupa di Windows Explorer PC/laptop.

      Saya tak tahu apakah selama perjalanan waktu ini ada update tertentu yang membuat langkah serupa tidak bisa dilakukan lagi.

  59. Untuk Redmi 2 kira2 tahan banting dan awet gak ya…tkutny kayak merk china lain baru pake 2 ban udah bermasalah layar nya.software ny
    dan juga gmpng gak buat nyari sparepart dan aksesori redmi 2

    Dan menurut koh herry mendingan Redmi 2 atau Lenovo A6000..soalnya marak bgt yg bilang lenovo A60000 itu bagus

    1. Pak Fandu Ridwan,

      Kalau tahan banting yang Anda maksud adalah mengalami kekerasan fisik secara ekstrem dan berulang-ulang, saya yakin tak tahan. Kalau yang dimaksud adalah tahan lama untuk pemakaian normal, mestinya iya.

      Xiaomi memang merek Tiongkok. Namun, kualitasnya bagus kok. Diadu dengan merek Tiongkok yang sudah berskala global pun berani. Misalnya, diadu dengan Lenovo, Huawei, dan ZTE.

      Jangan mengadu Xiaomi dengan Mito, Evercoss, Nexian, dan sejenisnya. Nggak level. Xiaomi jelas lebih baik.

      Aksesori Redmi 2 mudah ditemukan. Kalau suku cadang, saya tak pernah cari. Lha buat apa membeli suku cadang. Itu kan urusannya pusat perbaikan resmi.

      Saya belum pernah coba A6000. Kalau disuruh memilih secara buta, saya lebih pilih Redmi 2. Spesifikasinya di atas kertas lebih menarik. Pengendalian kualitas dan layanan pusat perbaikan resmi Xiaomi saya pantau juga lebih bagus daripada Lenovo.

  60. Mantap pak Herry responnya cepat sekali.
    Saya sudah cb pakai file comander bwt copy file tp ga bisa trs kmrn cb pakai file manager jg ga bisa.Bwt lbh jelas saya screen capture ya pak trs ta mention ke twitternya,trims

    1. Pak Erwin,

      Kebetulan kemarin saya sedang balas-balas pertanyaan. Ok, sudah saya lihat dan balas. Mungkin sejak terakhir kali saya pakai L70, ada update firwmare yang memang membatasi akses.

      Coba dipindah dengan bantuan laptop/PC, Pak. Barusan saya coba di LG G2 Mini milik adik, cara tersebut sukses dilakukan.

  61. Saya masih bingung antara
    samsung galaxy grand neo vs LG L70 vs Acer Liquid Z500 vs Redmi 2 vs Lenovo A6000
    yang bisa bantu2 jualan dan kuat multitasking medsos dan browsing…klo kamera dan game mh gk.masalah..yg penting awet aja

  62. Hmmm begitu ya
    Takutny uatu waktu ada masalah di LCD.IC.Konektor dn komponen yang rusak…takutnya komponen itu susah di cari atau harganya mahal gitu…

    Klo L70 sndiri internal memory ny sanggup gak ya buat fban.WA.Instagram.bbm.line.kakao gk y…khusus medsos aja gtu..untuk game atau aplikasi lain saya tidak tertarik..jadi internal storagyg kosong hanya di iisi aplikasi medsos…
    Sayasuka ama fitur.tampilannya…cuma internal memory ny aja yg saya bikin takut gk kuat buat jualan

    1. Pak Fandu Ridwan,

      Anda harus bisa menentukan, ingin beli “ponsel yang disukai” atau “ponsel yang memenuhi kebutuhan.” Intinya itu saja. Sederhana dan tak perlu dibikin ruwet.

  63. Permisi koh
    saya jadi nih mau ambil Redmi 2
    kebetulan di counter daerah jogja saya liat2 dlu nah ada yg jual
    harganya 1.5juta pas..di kardus nya sih garansi Erajaya

    kira2 bner asli gak ya itu

    1. Pak Fandu Ridwan,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman yang saya tuliskan di blog, jawaban atas pertanyaan yang masuk pada 24-30 Mei 2015 akan mengalami penundaan. Pada rentang waktu tersebut saya sedang berada di Beijing, Tiongkok, untuk mengikuti Lenovo Tech World.

      Kalau nama importir di stiker belakang kardus tertulis Erajaya, mestinya benar barang bergaransi resmi.

  64. Pak Herry

    Saya tanya bagaimana caranya setting di hp LG L70 agar menyimpan multi media seperti foto lagu dll (bukan aplikasi) secara automatis ? tanpabdi pondahin manual?

    1. Pak Dono,

      Kalau lagu, seingat saya, memang harus manual. Kalau foto, bisa diatur otomatis masuk ke kartu microSD kok. Caranya, jalankan kamera dulu, pilih setting, lalu ubahlah storage menjadi SD card.

  65. pak.. cara mengaktifkan sensor gerak di L70 gimana ya? punya tmen saya udah aktif waktu baru beli, tp punya saya kok gk bisa padahal saya baru beli sekitar seminggu an..

    Makasih.. mohon info nya!

  66. Asslm.mohon saranya pak.antara l70 dg moto e dual sim plih mana ya?saya ada dana 1jt,dtwrin tmn l70 1jt,n dtwrin moto e 850rb.kdua nya scond kndisi bgus.

    1. Pak Munes,

      Dengan kondisi penawaran seperti itu, lebih baik Anda melirik Moto E.

      Btw, anggaran Anda maksimal berapa? Kalau sampai Rp 1,1 juta, lebih baik membeli Nexian Journey 1 baru.

    1. Pak Z..a4,

      Oh, maksudnya sensor proximity tho. Sensor itu otomatis aktif. Tak ada pengaturan untuk mematikan atau menyalakannya.

      Cara mengetes fungsinya sederhana. Silakan bertelepon lalu dekatkan layar ponsel ke telinga. Layar seharusnya padam. Ketika ponsel menjauh dari telinga, layar akan kembali menyala.

    1. Pak Z..a4,

      Langkah pertama, lakukan factory reset. Seandainya masih tak bisa, lakukan langkah berikutnya: bawalah ponsel itu ke pusat perbaikan resmi LG.

  67. ooo. ya kalo pada waktu layar di tutup kok gk muncul jam ya pak? padahal punya tmen saya bisa..
    truz jg udah saya aktifkan quick windownya

    1. Pak Z..a4,

      Hal itu masih berhubungan dengan proximity sensor. Karena sensor tersebut diduga bermasalah, maka penggunaan quick windows juga tidak optimal.

  68. Mksh pak atas ptunjuk nya.
    apkh nexian journey hedwer nya bagus n ckup tahan?klw dbnding dg politron zap 5 lbh rekom yg mana?mslh hrg ny mirip2,n prbdi sy kurang sreg dg produk cina.

  69. mau tanya Pak Harry, kenapa ya di lenovo a6000 plus saya tidak bisa membaca micro sd, misal foto yg harusnya di galeri bisa dilihat ttpi nyatanya tidak dan harus liat di file manager bgtu pula dgn music ataupun video.makasih

    1. Pak Zacky,

      Yakin bukan gara-gara terpasang screen protector yang tebal atau buram kan? Kalau factory reset tidak membantu, silakan membawa L70 Anda ke pusat perbaikan resmi LG.

  70. Om, L70 Bisa vidio cal gk? Kalo bisa caranya laya gimana untyk bisa di aktifkan. Terimakasih

  71. Mau tanya pak herry,
    saya baru baca web bapak,sekedar hanya ingin mencari informasi mengenai hp LG L70 saja,saya bingung dengan mode getar sms’nya..
    saya sudah aktifkan mode suara dan getar untuk pemberitahuan sms tapi setelah di atur yang ada cuman suara musiknya saja tanpa ada getar..
    nah kira-kira itu kenapa?lalu solusinya bagaimana??
    thanks..

    1. Pak/Bu Septa,

      Saya sudah lupa dengan susunan menu di L70. Namun, gambarannya kira-kira begini:
      * Masuklah ke aplikasi/fitur Messaging.
      * Tekan titik tiga di kanan atas layar, lalu pilih settings.
      * Pilih notification settings.
      * Nah, di dalam menu itu ada pilihan vibrate. Masuk ke sana dan mestinya ada beberapa pilihan. Pilihlah yang intinya bermakna “always”.

  72. selamat siang pak herry,,
    saya mau tanya.. kenapa kamera LG L70 saya terbalik atau selalu saja mode landscape padahal mengambil gambarnya posisi hp berdiri atau potrait…

    1. Bu Vina,

      Yang terbalik ini hasil fotonya atau tampilan di layar? Sambil menanti jawaban Anda, coba lakukan ini:
      * Saat ponsel siaga, sapukan jari dari atas layar ke tengah/bawah.
      * Di atas layar ada bermacam-macam ikon, bukan? Tekanlah rotation atau yang bermakna sama.

  73. pak Herry sy mau tanya.. saya memakai HP LG L70 Dual D325. saat saya sdg menggunakan hp, saya ingin membuka tombol kunci, seperti biasa saya tekan tombol power, tetapi tdk ada reaksi dr hp saya.. tiba2 hp sy menyala dan ada notif : “tekan tombol power dlm 3 dtk” tapi sy blm sempat menekan tombol power hp sy sdh mati. tidal lama kemudian hp sy menyala lagi, muncul logo LG, tapi kmudian hp saya mati lagi. . dan begitu terus selanjutnya (mati-nyala-mati-nyala). sy mencoba cash hp, tp tdk ada reaksi.

    Mohon bantuannya .. Terima kasih..

    1. Bu Selvira,

      Coba lepaskan baterai selama 1-2 menit. Berikutnya, pasangkan baterai dan nyalakan ponsel. Kalau masih tetap bermasalah, silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi LG.

    1. Pak Muhammadfadhil,

      Silakan melirik Xiaomi Redmi 1S dan Infinix Hot 2. Review Hot 2 pagi ini barusan saya unggah ke blog.

  74. Pak herry, saya pengguna LG L70.
    Kemarin tiba2 tdk bisa digunakan utk screenshoot, setelah itu hp ter restart dan kemudian qslide tidak ada. Bagaimana cara mengembalikan qslide tsb ya pak?
    Terima kasih.

    1. Bu Pingkan Larasati,

      Karena saya tak bisa melihat ponsel Anda, langkah tercepat adalah lakukan factory reset dulu. Jadi, semua pengaturan ponsel kembali ke pengaturan awal sesuai standar pabrik.

  75. pak heery saya mau tanya pa …knpa yah ..saat kondisi hp lg l70 suhu nya di atas maksimal .hp nya suka mati sendiri

    1. Pak Pepenk,

      Itu bagian dari perlindungan ponsel. Ketika suhu ponsel terlalu panas, ponsel akan “menyelamatkan diri” dengan memadamkan diri sendiri.

      Seberapa sering ponsel terasa terlalu panas? Biasanya saat dipakai apa? Kalau terlalu sering panas, hal itu tergolong tidak normal.

  76. Pak herry, saya pengguna LG L70.
    saya Mau tanya Bagaimana cara mematikan sensor depan… soalnya jika mau nelepon tiba2 layar mati… thank’s

    1. Pak Suhani,

      Lah… itu yang benar tho. Usai menekan tombol telepon dan ponsel Anda dekatkan ke telinga, layar akan padam.

      Itu berhubungan dengan proximity sensor. Tak ada menu untuk mematikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *