Review LG L90 Dual dan LG G2 Mini: Ponsel Kembar Tidak Identik

Ulasan tentang ponsel kembar tidak identik ini, LG L90 Dual dan G2 Mini, awalnya saya jadwalkan diunggah ke blog Ponselmu.com pada 9 Juni lalu. Namun, karena padatnya aktivitas, rencana itu tertunda, tertunda lagi, dan lagi-lagi tertunda. Betapa pun, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, bukan? Hari ini, 24 Juni 2014 pukul 04.00 lewat beberapa menit, menjelang saya berangkat ke bandara, sebuah review sederhana akhirnya tuntas diunggah.

Kita mulai dengan LG L90 Dual. Mengingat yang beredar di sini hanya varian dual SIM, Anda boleh menyebutnya L90 saja. Tak perlu mengatakannya dengan komplet. Toh takkan tertukar dengan versi single SIM. Dibandingkan seluruh ponsel LG L Series III yang dijual resmi di Indonesia, L90 memiliki spesifikasi tertinggi.

SONY DSC

Ponsel bersistem operasi Android 4.4.2 KitKat itu menggunakan prosesor empat inti (quad core) Qualcomm MSM8226 1,2 GHz. Layar IPS 4,7 inci beresolusi 960 x 540 piksel, RAM 1 GB, ROM 8 GB, dan mendukung layanan HSPA+ 21 Mbps merupakan sebagian spesifikasi lain L90. Tentu ia juga dibekali Wi-Fi, bluetooth, dan GPS. Kala ponsel baru diaktifkan, sebanyak 3,71 GB memori internal masih kosong. Pengguna yang memiliki banyak file multimedia tinggal menyelipkan kartu microSD ke selot yang tersedia.

Dua kamera tersedia di L90. Kamera di sisi belakang dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat. Ia mampu menghasilkan foto beresolusi sampai delapan megapiksel dan klip video full HD 1080p. Sementara itu, kamera depannya dapat memproduksi foto dan klip video beresolusi maksimal VGA.

Sepasang selot kartu mini SIM siap menampung dua nomor GSM milik pengguna. Keduanya bisa siaga bersamaan. Satu nomor di antaranya, yang bebas dipilih pengguna, dapat dimasukkan ke jaringan 3G dan dikunci di sana. Tenaga L90 bersumber dari baterai lithium ion 2.540 mAh yang mudah dilepas pasang.

Sekarang saatnya membedah fitur-fitur menarik di L90 yang berdimensi fisik 131,55 x 66,02 x 9,65 mm dan berat 126 gram itu. Untuk mempermudah pengguna yang baru beralih dari feature phone ke smartphone, tersedia pilihan mode EasyHome. Tampilan layar akan menjadi lebih sederhana.

Remote control televisi di rumah rusak? Asalkan televisi itu bermerek terkemuka, misalnya, LG, Sony, Samsung, dan Panasonic, tak perlu bingung membeli remote control pengganti. Manfaatkan saja fitur Quick Remote di L90. Selain mengendalikan televisi dari jarak jauh secara nirkabel, pengguna dapat mengontrol pemutar DVD dan blu-ray merek tertentu.

Pengguna yang sangat memedulikan privasi pantas mengoptimalkan dua fitur. Yaitu, guest mode dan Knock Code. Dengan mengaktifkan guest mode, pengguna leluasa menentukan aplikasi apa saja yang dapat diakses oleh orang lain.

Sementara itu, Knock Code adalah fitur untuk menciptakan password berdasarkan ketukan jari. Layar ponsel seolah dibagi menjadi empat area. Sebut saja, kiri atas, kiri bawah, kanan atas, dan kanan bawah. Pengguna bebas menentukan kombinasi ketukan di empat area itu. Panjang password minimal dua ketukan dan maksimal delapan ketukan. Tanpa mengetahui kode ketukan yang tepat, biarpun layar sukses dinyalakan, layar itu tetap senantiasa terkunci. Tak bisa masuk ke halaman utama.

SONY DSC

Saat ini harga ritel yang disarankan untuk L90 adalah Rp 2,999 juta. Toko-toko di pusat penjualan ponsel biasanya mematok harga jual Rp 100 ribu sampai Rp 150 ribu lebih murah. Pengguna tinggal memilih, ingin meminang L90 warna hitam atau putih.

Beralih ke LG G2 Mini. Berbeda dengan L90, G2 Mini yang dibanderol Rp 3,299 juta didistribusikan secara eksklusif oleh Erafone. Karena itu, peminat jangan mencarinya di toko-toko milik perorangan yang berada di tepi jalan raya, kompleks perumahan, atau pusat penjualan ponsel. Peminat sebaiknya berburu G2 Mini di gerai Erafone yang biasanya terdapat di mal, hypermarket, atau pusat penjualan ponsel.

Di atas kertas, G2 Mini ibarat ponsel kembar tidak identik dengan L90. Letak tombol power dan volume di G2 Mini mengikuti jejak LG G2. Deretan tombol itu bukan berada di samping, melainkan di sisi belakang ponsel. LG menyebutnya sebagai rear key. Sementara itu, tombol power dan volume L90 masih konvensional. Keduanya berada di samping bodi.

G2 Mini memakai dua kartu micro SIM, sedangkan L90 menggunakan dua kartu mini SIM. G2 Mini dibekali baterai lithium ion berkapasitas 2.440 mAh alias seratus mAh lebih kecil dibandingkan baterai bawaan L90. Perbedaan lain di antara keduanya, kamera depan G2 Mini dapat menghasilkan foto beresolusi 1,23 megapiksel dan klip video HD 720p. Sedangkan kamera depan L90 hanya mampu menghasilkan foto dan klip video VGA.

Dalam pemakaian sehari-hari, menurut penulis, perbedaan G2 Mini dengan L90 ternyata sangat signifikan. Minimal ada lima perbedaan utama yang perlu diketahui calon pembeli, sebelum akhirnya memutuskan membungkus L90 atau G2 Mini. Apa saja?

Pertama, deretan tombol home dan back L90 berada di bawah layar. Tombol itu tidak dilengkapi lampu. Dengan demikian, bila pengguna ingin mengoperasikan ponsel di lokasi yang relatif gelap, ia idealnya hafal dengan susunan tombol.

Pengguna G2 Mini lebih enak. Deretan tombol home dan back berupa tombol on screen di bagian bawah layar. Selama layar bercahaya, tombol itu otomatis bercahaya pula dan terlihat sangat jelas. Asyiknya, pengguna dapat mengubah susunan tombol sesuai keinginan. Tombol tertentu yang tak dibutuhkan bisa disembunyikan.

Kedua, operasional tombol konvensional di samping bodi L90 tak senyaman rear key di G2 Mini. Awalnya rear key mungkin akan terasa aneh. Namun, setelah pengguna rutin memakainya selama 1-2 hari, kenyamanan dan kemudahan rear key bakal mencuat.

Ketiga, tingkat reaksi layar sentuh L90 kalah tipis dibandingkan layar sentuh G2 Mini. Keempat, persentase kesuksesan Knock Kode di L90 tidak setinggi G2 Mini. Kelima alias terakhir, tampilan warna putih di L90 cenderung buram dan kekuningan. Hal serupa tak terjadi di G2 Mini. Layar ponsel itu sukses menyajikan warna putih dengan menawan.

Kesimpulannya, bila harus memilih, penulis tanpa ragu menudingkan jari ke G2 Mini yang berukuran 129,6 x 66 x 9,9 mm dan bobot 121 gram. Harga eceran resminya memang lebih mahal Rp 300 ribu daripada L90. Namun, selisih itu sepadan dengan perbedaan kenyamanan yang diperoleh.

Berbincang mengenai sisi minus, ada dua poin yang kebetulan seragam. Resolusi layar ponsel kurang tinggi, meskipun sebenarnya masih nyaman dilihat. Seandainya layar L90 dan G2 Mini beresolusi 1.280 x 720 piksel, ah… pasti lebih asyik.

Satu lagi. Ini sepertinya kutu alias bug di firmware ponsel. Kalau ponsel menerima SMS saat sedang dipakai bertelepon, maka usai percakapan berakhir, ponsel akan mendadak lambat. Layar L90 maupun G2 Mini menjadi tidak responsif. Solusinya, ponsel harus dipadamkan dulu sesaat, lalu diaktifkan lagi. Ingat, wajib benar-benar dipadamkan, bukan sekadar restart.

***

Berikut contoh foto yang dihasilkan L90 dan G2 Mini. Foto yang ditampilkan pertama dijepret memakai L90, sedangkan foto kedua menggunakan G2 Mini. Begitu seterusnya, berganti-ganti.

Hasil foto L90-1

Hasil Foto G2 Mini-1

Hasil foto L90-2

Hasil Foto G2 Mini-2

Hasil foto L90-3

Hasil Foto G2 Mini-3

Hasil foto L90-4

Hasil Foto G2 Mini-4

Hasil foto L90-5

Hasil Foto G2 Mini-5

Hasil foto L90-6

Hasil Foto G2 Mini-6

Hasil foto L90-7

Hasil Foto G2 Mini-7

Update: Awalnya saya sengaja tidak mengunggah foto selfie memakai kamera depan. Biar tidak bosan melihat wajah saya. Namun, karena ada beberapa yang menanyakannya, kini saya tambahkan. Kebetulan saya tak memiliki foto selfie yang dipotret di lokasi dan pada waktu yang sangat berdekatan. Ini yang tersedia.

Yang ini memakai kamera depan L90.

Kamera depan L90

Yang ini menggunakan kamera depan G2 Mini. Pencahayaan tidak sebanyak foto di atas. Mata juga masih kriyip-kriyip karena baru bangun tidur. Plus… belum mandi. πŸ™‚

Kamera depan G2 Mini

***

Screen capture Antutu Benchmark dan Android Sensor Box di L90.

Hasil foto L90-8

Hasil foto L90-9

***

Screen capture Antutu Benchmark dan Android Sensor Box di G2 Mini.

Hasil Foto G2 Mini-8

Hasil Foto G2 Mini-9

254 thoughts to “Review LG L90 Dual dan LG G2 Mini: Ponsel Kembar Tidak Identik”

  1. terima kasih sudah memberikan perbandingan atas kedua hp ini. saya mau tanya pak Herry, jika bapak akan memilih mana dari ketiga hp ini; g2 mini; xperia m2; atau galaxy grand 2? terus kenapa skrg ada perbedaan artikel di tabloid N**** dengan ponselmu? maaf kalo oot.

    1. Pak Eko Vincen,

      Saya belum pernah mencoba Galaxy Grand 2. Kalau harus memilih G2 Mini atau Xperia M2, saya lebih memilih G2 Mini. Adanya fitur remote control dan ketuk-ketuk layar membuat ponsel itu lebih menarik daripada Xperia M2.

      Tentang tabloid, sejak beberapa waktu lalu redaksi tabloid itu meminta saya selalu menulis soal tip dan artikel lain secara umum. Bukan lagi berupa review. Istilahnya, ada perubahan format.

      Kalau Anda ingin mengikuti review ala saya, secara berkala silakan masuk ke blog ini. Saran saya, Anda juga mem-follow akun Twitter @herrysw. Sebab, usai mengunggah sebuah naskah review, saya akan berikan pengumuman di sana.

  2. Waah, akhirnya di review juga dua hape LG ni. Walopun resolusi sm2 8MP, tapi masih terang yang G2 Mini. Pak Herry blum review foto kamera depan y(?). Lalu, fitur IR Remote itu bisa langsung diarahkan ke TV, apa harus mendata nomer khusus di tiap TV? mksih.

    1. Pak Hayat,

      Iyaaaa… setelah berkali-kali tertunda, akhirnya naskah review selesai juga.

      Soal foto kamera depan, karena banyak yang tanya, barusan saya tambahkan. Silakan dilihat.

      Untuk remote control televisi, iya memang harus diarahkan ke televisi. Mendata nomor khusus gimana nih maksudnya?

  3. Apakah anda setuju kalau kelemahan g2 mini hanya 1,yaitu layarnya belum hd?karena sy pikir itu saja kelemahan utama hp ini,sebagai flagship mini,seharusnya mempunyai spek yg cukup wah,terutama dilayar.

    1. Pak Hendra,

      Ya, boleh dibilang begitu. Namun, buat saya, layar yang 960 x 540 piksel itu masih sangat bisa ditoleransi. Memang sih seandainya 1.280 x 720 piksel tentu lebih asyik. Sekadar pembanding, Samsung Galaxy Grand yang berlayar lima inci malahan cuma beresolusi 800 x 480 piksel.

      G2 Mini, menurut saya, bukan tergolong ponsel flagship.

  4. Hasil kamera buat gelap lebih seneng yg G2 mini tapi kok untuk jarak dekat adesnya saya lebih seneng yg L90.
    Spesifikasi kameranya apakah sama Om Herry
    Thanks

    1. Pak Indra,

      Seperti yang sudah saya paparkan di review, spesifikasi kamera belakang sama, sedangkan kamera depan beda sedikit.

    1. Pak Adank,

      He… he… he… nggak saya lempar, Pak. Kasihan ponselnya dong kalau dilempar, kemudian terbentur benda keras.

    1. Pak Allfreed,

      Karena ada banyak orang yang menanyakan hal itu lewat berbagai media, pagi ini saya tambahkan foto selfie. Silakan dilihat deh. πŸ™‚

  5. Keren riviewnya, jadi pembaca bisa memilih antara kedua gawai dan tidak menyesal, andai bapak meriew satu – satu mungkin akan beda, L90 di review kemudian G2 dengan rentan 1 minggu atau 2 minggu pasti pengguna L90 akan jengkel dan sangat menyesal sekali di kala melihat review G2 kemudian. Terimakasih atas pencerahan selama ini untuk pembaca dari review motorola xt 530 dulu saya jadi rajin dan selalu menunggu review ada apa yang baru dan ramai di perbincangkan di tweet @herrysw , mungkin harapan saya pribadi blog ini dikelola dengan baik dan ada sisi bisnis tak apalah ada iklanya hehe.

    sedikit saran mungkin kedepanya bisa meriew 3 sekaligus ponsel beda brand misal (g2 mini; xperia m2; atau galaxy grand 2) dengan keunggulan dan kelemahanya agar tak terjerumus oleh iklan oppo haha, mungkin banyak pembaca yang tertolong dengan tulisan bapak waktu itu. sekali lagi terimakasih.

    mungkin bisa meriview ini bapak kan anti mainstream haha : http://inet.detik.com/read/2014/06/23/000000/2596925/796/2/merasakan-kekuatan-octacore-sesungguhnya-di-spitze-veloce-dari-noxx

    1. Pak Ambang,

      Terima kasih atas apresiasinya.

      Wah, saya malahan baru tahu ada ponsel merek Noxx. Semoga segera beredar dan harga yang tertulis Rp 2 jutaan itu nantinya Rp 2 jutaan tipis. Maksudnya, Rp 2 jutaan yang dekat Rp 2 juta, bukan nyaris menyentuh Rp 3 juta.

  6. saya sudah punya puas bnget pke lg g2 mini,kekurangan cuman 1 kyaknya resolusi blum HD jd klo dilihat dngan jarak yg dekat kurang padat aja rasanya,andai lyarnya HD.quad corenya membuat nyaman gak lag
    oh iya pak lg g2 mini perasaan kok boros baterai ya klo browsing,tapi kalau cuman bbm sih irit .apa perasaan aja ya karna sebelumnya pke nokia c5 πŸ˜€ biasanya sms an doang bisa tahan 1 minggu.

    1. Pak Hadi,

      Iya, baru terasa kalau kurang halus bila layar G2 Mini dilihat dari jarak dekat dan dengan cermat. Namun, secara umum hal itu masih bisa ditoleransi dan “ditebus” dengan kinerja umum ponsel tersebut.

      Daya tahan ponsel Android rata-rata hanya sehari saja. Itu pun jarang yang bisa tembus 24 jam. Menurut saya, daya tahan baterai G2 Mini masih sangat wajar.

  7. wah akhirnya datang juga review nya. hehehe.. oh iya cuma mau kasih sedikit info dari L90, diatas pak herry bilang kalo tingkat kesuksesan knock code L90 tidak setinggi G2 mini. Memang benar sih begitu saya user L90 juga mengalaminya tetapi minggu lalu saya dapat update software terbaru dan setelah saya update ternyata tingkat kesuksesan knock code L90 meningkat menjadi lebih baik. Apa L90 yg pak herry review sudah mendapatkan update software terbaru?

    1. Pak Gera,

      Terima kasih atas informasinya. Karena uji pakai L90 sebenarnya sudah berakhir agak lama, tetapi saya baru tuntas mengetikkan naskah review-nya dua hari lalu, saya tak sempat merasakan update yang Anda ceritakan.

  8. Oh, nomor khusus maksud saya itu, semacam nomor identitas TVnya. Misal kita mau pake fitur remote , nah itu harus masukin nomer (xxx-x-xx) yang tertera di TV kedalam aplikasinya, atau tinggal arahin HP trus bisa ganti channel sendiri? Nah klo tinggal arahin HP kan bisa iseng ganti channel di Mall gitu, haha πŸ˜€

    1. Pak Hayat,

      Saya masih tak paham dengan nomor khusus yang Anda maksud.

      Intinya, cara pengaturan awal remote control di L90 dan G2 Mini tinggal memilih merek televisinya dan mengikuti panduan singkat di layar. Ya, kalau mau iseng, saat di mal bisa mengganti saluran televisi milik orang lain. πŸ™‚

      Kalau pas makan di depot dan televisinya pas memutar sinetron, saya sesekali juga mengganti saluran televisi tersebut. He… he… he….

  9. haha iya pak,..

    saya suka riview bapak yang antimainstream kayak hp maxtron, polytron, motorola, xiomi dll. mungkin bapak bisa jadi satu – satunya loh yang ngeriview di indonesia haha,…

    saya tunggu riview yang identik dengan bapak, langka dan menarik,..

    tabloid apa ya maksud bapak eko vincen hehe ,..

  10. @ambang : tabloid nyata hahahahha btw G2 mini di Surabaya ndak keluar2, parahhhh, sudah inden 1 bulan tp ndak jelas kapan keluarnya =(

    1. Pak Fandy Malonda,

      Lho, Anda inden G2 Mini di mana? Sepuluh hari lalu saya usai beli lagi dan ada barang.

  11. Om Herry, seandainya ada:
    – Sony Xperia M2
    – Motorola Moto G 4G
    – LG G2 Mini
    Mending beli yang mana, kalau alternatif yang lain apa?
    bingung nih πŸ™

    1. Bu Amel,

      Motorola Moto G 4G itu maksudnya Moto G 8GB atau Moto G 16GB ya?

      Di antara tiga pilihan di atas, saya paling merekomendasikan LG G2 Mini.

  12. Kan Moto G ada yang udah 4g dan ada yang masih 3G katanya.
    Tapi kenapa di gsmarena yang “dieluh-eluhkan” malah Xperia M2 sama Motorola Moto G
    bukan LG G2 Mini :/

    1. Bu Amel,

      Moto G yang beredar di sini adalah versi dual SIM dan belum 4G.

      Dieluh-eluhkan? Yang Anda maksud dikeluhkan (berarti negatif) atau dielu-elukan (berarti positif)? Mana pun yang Anda maksud, untuk mengetahui mengapa kondisinya di GSM Arena seperti itu, ya jangan tanya ke saya. Tanyakan ke GSM Arena.

  13. Moto G 16 Gb terlalu lama, mundur lagi 10 juli, saya gak jadi preorder takut mundur lagi n gak jelas statusnya seperti zenfone, mau beli G2 mini kepikiran harganya πŸ™

  14. G2 mini stok emang langka.saya aja beli second harga 2.6 baru pke sebulan.mentab dah nih hh asphalt 8 lancar jaya hahaha..

  15. oh kayak tabloid ibuk2 ya namanya hehe nanti deh aq beli, kapan edisi yang terbaru pak kluarnya,..

    apakah bapak tidak ingin merubah blog bapak seperti tmcblog dan membuatkan aplkasi di google play hehe,.. saya sangat berharap prospek kedepanya sprti tmcblog hehe,..

    1. Pak Ambang,

      Iya, memang buat keluarga muda. Setiap Sabtu siang beredar edisi baru.

      Soal perubahan blog, terus terang saya nggak paham bahasa pemrograman. Karena itu, tampilan blog ini apa adanya banget.

  16. Wah brarti emang bisa jail tu Pak :D. Padahal merek sebelah ada fitur ini hanya di flagshipnya(kelas atas), tapi LG harga middle udah punya fitur bejibun. ^^

    1. Pak Hayat,

      Sayang, karena popularitas merek LG dan kepercayaan konsumen terhadap LG belum setinggi Samsung, ponsel G2 Mini yang bagus seringkali tak diketahui orang ya.

  17. apakah bug di firmware G2mini bersifat permanen?
    onscreen button apa slalu terlihat ketika membuka browser ato aplikasi yg lain?

    tks

    1. Pak Aji,

      Soal bug, ya kita tinggal menanti ada update firmware. Bug itu beberapa hari lalu sudah diketahui pihak LG Mobile Indonesia.

      On screen button tetap terlihat sangat mengakses browser. Kalau saat main game Asphalt, misalnya, tombol itu akan menghilang.

  18. siang pak herry, pak herry beli dmn sepuluh hari lalu? krn saya tlp era galaxy, mrk br dpt brg nya, sore kmrn

  19. siang pak herry, pak herry beli dmn sepuluh hari lalu? krn saya tlp era galaxy, mrk br dpt brg nya, sore kmrn pak,tp saya sudah terlanjur inden d android nations TP, dan d sana blm ada brg nya, apakah saya bisa beli di luar gerai resmi erafone?

    1. Pak Fandy Malonda,

      Waktu itu di Erafone ada. Saya kurang tahu kondisi sekarang gimana. Toko-toko biasa tidak menjual G2 Mini.

    2. Pak Fandy Malonda,

      Ini saya barusan keluar (27 Juni 2014 pukul 13.30) dari Erafone di WTC Surabaya. G2 Mini warna hitam maupun putih ready stock.

  20. Ko Hery nanya donk. Kalau boleh milih LG G2 Mini dengan Galaxy Grand 2 pilih mana? Karena Galaxy Grand 2 RAM nya udah 1.5GB. Trims.

    1. Pak Roy F.S.,

      Saya belum pernah mencoba Galaxy Grand 2. Yang perlu dicermati, ponsel Android Samsung biasanya memiliki aplikasi bawaan yang banyak banget dan turut mengonsumsi RAM. Jadi, kalau pun terlihat 0,5 GB lebih besar, sisa nyatanya mungkin relatif sama dengan G2 Mini yang 1 GB.

      Galaxy Grand 2 juga tidak dibekali remote control TV yang praktiknya sangat bermanfaat. Hal lain, harga Galaxy Grand 2 lebih mahal.

  21. malam om
    saya mau minta saran..dari review om..di antara LG G2 mini,LG L90 sama LG pro lite dual..mana yang om paling rekomendasi??kegunaan saya untuk browsing,music,game dan untuk foto..trus mana yang paling tahan lebih lama baterainya om dengan pemakaian kayak d atas
    makasi om atas perhatiannya

    1. Pak Herry,

      Saya urutkan dari yang paling direkomendasikan ya: G2 Mini, L90, baru G Pro Lite.

      Kalau soal daya tahan baterai, G Pro Lite lebih unggul dibandingkan dua ponsel lain sih.

  22. iya pak herry, saya akhirnya beli di galaxy mall karena yang d TP ndak ada kejelsan nya, padahal2 sama2 milik nya era fone

    1. Pak Fandy Malonda,

      Berarti, dulu waktu meninggalkan nomor telepon untuk inden praktiknya percuma ya? Sebab, ketika barang datang, sama sekali tidak ada yang menelepon.

  23. Pak saya memiliki anggaran 2 juta. Saya berencana untuk membeli smartphone baru. Saya minta rekomendasi pak herry dong.. saya biasanya pakai handphone untuk browsing,chatting,dan game ringan. Terimakasih pak

    1. Pak/Bu Nur,

      Harus maksimal Rp 2 juta ya? Kalau, misalnya, tambah sekitar Rp 100 ribu apakah bisa? Kalau bisa, Anda boleh mempertimbangkan LG L70.

      Bila sama sekali tak bisa nambah, Anda dapat mencari Sony Xperia E1 dual.

    1. Pak Sigit,

      Saya tidak akan iseng membeli Zenfone 5. Saya hanya akan me-review ponsel itu kalau kebetulan ada yang meminjamkannya. PHP kelas berat ala Asus membuat saya tak berminat lagi dengan Zenfone.

  24. Dear pak Herry
    kasi saran dong pak kalau mau beli gawai bekas apa aja yang perlu di cek, termasuk mengecek keaslian produk itu.

    dapet tawaran LG g2 mini second baru 3 minggu beli di erafone ditawarkan 2,9jt menurut bapak berani beli gak? dan apa aja yang perlu di cek? terima kasih

    1. Pak Adank,

      Untuk pertanyaan pertama, paling mudah carilah yang masih bergaransi resmi. Sebab, bila dijelaskan tanpa melihat langsung barangnya, lumayan sulit mendapatkan gambaran.

      Asalkan mulus dan berfungsi normal sih harga segitu masih wajar sih. Harga pasaran bekasnya memang bisa tembus Rp 2,9 juta. Terutama cek layar sentuhnya. Hal lain, coba fungsi-fungsi utama ponsel.

  25. Pak menurut bapak apakah g2 mini sepadan untuk menjadi pengganti htc one s saya yang baterainya sudah mulai kepayahan. Yang saya masih sangsikan adalah resolusi layarnya.. belum pernah lihat langsung untuk memastikan masih enak di mata apa tidak?

    1. Pak Firza Faisal,

      Menurut saya, sepadan. Kepadatan piksel memang sedikit di bawah One S, tetapi seharusnya tak terlalu terasa.

  26. Menurut kacamata Ko Herry, apakah G2 mini dapat digunakan jangka panjang (min.5 tahun kedepan). Kalau bole tau (kalau masih inget sih), sisa RAM nya G2 mini brp dlm kondisi pertama dr Erafone? Thx.

    1. Pak Roy F.S.,

      Apakah dapat digunakan dalam lima tahun ke depan? Jawabannya, dapat. Dalam arti, untuk pemakaian normal, ponsel seharusnya belum rusak dalam rentang waktu tersebut. Baterainya saja yang mungkin sudah kurang prima.

      Namun, kalau yang dimaksud apakah tidak ketinggalan zaman, saya optimis lima tahun lagi G2 Mini sudah terasa ketinggalan zaman. Jangankan G2 Mini. Ponsel yang harga jualnya jauh lebih mahal pun, sebut saja Samsung Galaxy S5, lima tahun lagi bakal terasa kurang canggih.

      Free RAM awal G2 Mini sekitar 450 MB.

  27. pak, untuk menonaktifkan fitur knock code di l90 bagaimana caranya? soalnya setelah iseng2 mengaktifkan fitur tersebut mau kembali ke knock on biasa gak bisa

    1. Pak Ferdi,

      Silakan masuk ke settings, display, lock scren, lalu pilih screen lock. Akan muncul beragam pilihan. Pilihlah swipe.

  28. saya butuh pencerahan pak. saya baca dibeberapa review l90 terdapat fitur capture plus, nah bagaimana cara kerja fitur tersebut? bagaimana pula cara mengktifkannya? karena saya baca di manual guide kok sepertinya gak ada fitur tersebut. kemudian juga dijelaskan kalau kitkat terdapat fitur Smart Caller dan IDGoogle Now atau voice command. nah ini bagaimana caranya pak? satu lagi pak, bagaimana cara kerja clip tray? terima kasih atas jawaban-jawabannya

    1. Pak Ferdi,

      * Capture Plus
      Fungsinya melakukan screen capture satu halaman utuh, bukan hanya satu halaman layar ponsel. Cara memakainya, silakan browsing menggunakan browser bawaan LG. Jangan memakai Chrome. Setelah halaman yang diinginkan terbuka, pilih menu, lalu pilih Capture Plus.

      * Smart Caller.
      Saya malahan belum pernah menemukannya di L90. Di sebelah mananya ya, Pak?

      * Google Now.
      Tekan dan tahan tombol home (ikon rumah). Google Now akan muncul.

      * Clip tray.
      Intinya menyimpan data (misalnya, teks yang usai dipilih) yang Anda copy paste.

  29. saya baca di beberapa review L90 katanya semacam menampilkan identitas penelpon, apabila ada orang yang menghubungi kita, tetapi nomornya tidak ada di phone book kita, nah ini bagaimana pak?
    waktu saya tekan dan tahan tombol home yang keluar cuman keterangan hapus semua dan pengelola tugas, google now apa harus instal programnya dulu kah pak?
    kemudian tampilan home (icon yang paling bawah) cuman ada telepon, kontak, pesan, dan aplikasi. apakah ini bisa dimodifikasi pak? misalkan ditambahkan icon/aplikasi.
    kemudian yang terakhir mengenai quick windows cuman ada 3 aplikasi yang dicantumkan yaitu jam analog, cuaca, dan music, nah apakah ini juga bisa dimodifikasi/ditambahkan pak? terima kasih atas jawabannya

    1. Pak Ferdi,

      * Menampilkan identitas penelepon.
      Saya malahan baru tahu. Apakah nama fiturnya?

      * Google Now
      Yang harus ditekan tombol home (ikonnya seperti gambar rumah) lho, bukan tombol aplikasi (ikonnya dua kotak bertumpuk). Tak perlu instalasi program dulu.

      * Tampilan home (ikon paling bawah)
      Bisa dimodifikasi kok. Anda hanya perlu menyeret ikon aplikasi yang ingin ditambahkan ke sana. Tampilan ikon juga dapat diganti. Caranya, tekan dan tahan ikon yang ada di sana, lalu lepaskan. Ada semacam gambar kuas. Pilih itu.

      * Quick window.
      Maaf, saya tak pernah memakai aksesori itu. Biasanya bisa ditambahkan/dimodifikasi sesuai pilihan bawaan yang hanya beberapa. Pengguna tidak dapat menambahkan/memodifikasi di luar pilihan itu.

  30. Kalo dr segi kualitas sound baik menggunakan headset / speaker stereo suara lebih bagus mana L90 dgn G2 mini pak herry? Kalo dgn oppo find clover?

    1. Pak Arry,

      Kalau dipakai untuk memutar musik, jelas unggul Find Clover. Ponsel itu kan memang didesain untuk memanjakan penggemar musik. Spesifikasi lain sih lebih menarik L90 dan G2 Mini.

      Saran saya, dengan mempertimbangkan beragam faktor, sebaiknya jangan membeli ponsel Oppo. Kecuali, Anda ingin memakainya dalam jangka panjang dan agak tutup mata dengan ketidakjujuran penjual.

  31. Oke pak herry trims sarannya. Btw harga L90 ???? WTC sby paling murah brp ya pak? Sekalian saran nama tokonya pak herry

    1. Pak Arry,

      Harga ritel resmi Rp 2,999 juta. Harga pasar di bawah itu.

      Coba cari di Garuda Teknik lantai 1 atau G-Shop lantai 1.

  32. Pak Herry,

    tentang bug “ponsel harus dimatikan jika menerima sms saat telepon” ; itu terjadi SETIAP menerima sms saat telepon ?

    atau terjadi kadang2 saja ?

    jika terjadi setiap terima sms saat telepon, dalam 1 hari bisa ber-kali2 matiin ponsel dong ya ?

    thx in advance

    1. Pak Darius,

      Bug ponsel akan lemot bila menerima SMS saat sedang bertelepon itu nyaris selalu terjadi.

      Kalau merujuk pada pengalaman pribadi, saya jarang banget kebetulan ada SMS masuk saat sedang bertelepon. Sehari sekali belum tentu kejadian. Namun, kebiasaan berponsel tiap orang kan belum tentu sama.

      Bug itu sebenarnya saya temukan secara tidak sengaja kok.

  33. Pak Herry, saya masih bingung dengan ram vs processor dalam pemilihan sebuah smartphone. Mana yang menurut Bapak lebih penting? Realnya, liquid e3 memiliki RAM 2 Gb sedangkan LG G2 mini hanya 1 GB RAM tapi dengan processor yang menurut banyak pihak lebih superrior dibandingkan Acer. Mohon penjelasannya. Terima kasih.

    1. Pak A.K. Anwar,

      Saya pribadi masih berprinsip spesifikasi di atas kertas bukan segala-galanya. Yang lebih penting adalah pengalaman nyata yang didapatkan.

      Dalam kasus ini, Liquid E3 versus G2 Mini, dalam pemakaian sehari-hari sih perbedaan kinerja keduanya relatif tak terasa. Bahkan, saya merasa kadang G2 Mini justru sedikit lebih gegas. Perbedaan dua ponsel itu baru terasa bila sedang menjalankan banyak aplikasi atau game yang berat. Nah, baru deh terasa kalau Liquid E3 lebih smooth.

  34. Ya mungkin kerjasama dengan orang pihak2 lain pak saya yakin banyak yang mau beriklan nantinya. Seperti tmcblog awalnya juga gt dulu. Apalagi asik nt misal ada aplikasi Android haha. Kapan ya pak hehe

  35. pak Herry mau tanya, saya perly hape dual sim yang mendukung Usb OTG, samsung grand maupun grand 2 tidak mendukung. Apakah LG 2 mini mendukung Usb OTG? Atau bapak ada rekomendasi lain?
    Ditunggu responnya ya pak. Terima kasih.
    Arief

    1. Pak Arief,

      G2 Mini belum mendukung USB OTG. Kalau Anda mencari ponsel dual SIM yang mendukung USB OTG, Anda boleh mempertimbangkan Lenovo P780 8 GB. Beli yang 8 GB ya, jangan yang 4 GB.

  36. saya juga kurang memahami pak. hanya saja sempat membaca beberapa review kalau Aplikasi ini akan mendeteksi nomor telepon yang melakukan panggilan menuju handphone pengguna. Misalkan, bila ada panggilan masuk ke handphone pengguna namun bukan dari daftar kontak, maka Caller ID akan menemukan dari manakah perusahaan nomor tersebut berasal. ohya mau tanya pak, apakah smartphone dapat terjangkit virus/spyware? bagaimana cara mengatasinya? bagaimana cara membersihkan layar smartphone agar tidak tergores? ada yang bilang kalau tidak boleh pake cairan kimia. L90 saya juga sudah terpasang screen protector, kemarin sempat dibersihkan dengan pembersih laptop, ntah kenapa sekarang saya perhatikan kalau layar dalam keadaan gelap nampak kayak ada goresan-goresan halus, ini kenapa pak ya? padahal sudah terpasang screen protector

    1. Pak Ferdi,

      Saya respons satu per satu ya.

      1. Caller ID. Saya masih penasaran nih. Saya sempat tanyakan ke seorang teman yang memakai L90, eh… dia juga tak tahu.

      2. Virus dan spyware. Peluang ke arah sana memang terbuka. Namun, saya tetap lebih memilih berhati-hati daripada menginstalasikan antivirus. Berhati-hati ini maksudnya tidak menginstalasikan aplikasi secara sembarangan. Sedapat mungkin mengunduh aplikasi dari Play Store, itu pun tidak asal comot.

      3. Membersihkan layar smartphone supaya tidak tergores. Gunakan lap yang lembut. Misalnya, memakai lap yang biasanya dipakai untuk membersihkan kacamata atau lensa kamera. Dalam kasus Anda, saya menduga yang tergores adalah screen protector-nya, bukan layar ponsel. Mungkin Anda terlalu keras/kencang saat membersihkan layar.

  37. Pak herry, apakah kedua ponsel tsb layarnya sdh pake gorilla glass? Batre nya removable? Bgmn dgn kualitas penerimaan sinyal? Mana yg lbh baik dipakai utk telpon & internetan?
    Trmksh atas jawabannya.

    1. Pak Deta,

      Di situs LG tidak ada penjelasan tentang Gorilla Glass di L90 maupun G2 Mini. Namun, beberapa pihak meyakini ponsel itu sudah ber-Gorilla Glass.

      Ya, keduanya memakai baterai removable. Baterai L90 berkapasitas 2.540 mAh, sedangkan G2 Mini 2.440 mAh.

      Kualitas penerimaan sinyal dua ponsel itu sama. Sama-sama baik.

  38. Pak herry, memory internal LG G2 mini brp ya pak? Apakah 8 gb, klo iya knp di pengaturan sy liat yg tertera cuma 3,87gb total ruangnya. Mohon penjelasannya Pak.

    1. Pak Iskandar,

      ROM G2 Mini berkapasitas 8 GB. Mengapa di pengaturan hanya terlihat 3,87 GB? Sebab, selebihnya dipakai untuk sistem operasi yang besaran pemakaiannya tidak ditampilkan.

  39. Pak, kenapa ya G2 Mini cuma dijual eksklusif di Erafone? Apa G2 mini ini termasuk limited edition?
    Kalau iya, apa kemungkinan suku cadangnya juga limited?
    Terima kasih..

    1. Bu Lia,

      Kebetulan pada saat bersamaan ada dua ponsel yang spesifikasinya hampir sama: L90 dan G2 Mini. Setelah LG melakukan diskusi dan negosiasi dengan para distributornya, diputuskan:
      * L90 dipasarkan lewat traditional channel. Maksudnya, tersedia di toko-toko ponsel biasa.
      * G2 Mini dipasarkan lewat modern channel dan eksklusif Erafone. Karena itulah G2 Mini hanya tersedia di Erafone. Ada sebagian kecil pemilik toko yang membeli lewat Erafone, lalu menjual ponsel itu di tokonya. Jadi, kalau rajin berkeliling, bukan mustahil Anda menemukan G2 Mini di 1-2 toko ponsel biasa.

      Apakah G2 Mini berarti limited edition? Tidak.
      Apakah suku cadangnya juga limited? Tidak. Perbaikan G2 Mini yang kebetulan bermasalah tetap dilakukan di pusat perbaikan resmi LG, bukan di Erafone.

  40. Terima kasih banyak infonya pak…
    Soalnya ada temen yg nyeletuk kayak gitu..jadi kepikiran πŸ˜€
    Keinget laptop saya juga, dulu salah beli yg limited edition…pas mau servis, cari suku cadangnya ga ada…mau beli jadi bimbang :))

    1. Bu Lia,

      Sama-sama. Btw, apakah Anda orang yang sama dengan yang mengajukan pertanyaan di Twitter @herrysw? Kebetulan isi pertanyaannya sama.

    1. Bu Lia,

      He… he… dimaklumi kok. Sebab, Anda mengetikkan pertanyaan itu di dua media yang berbeda. Kalau sama-sama diketikkan di blog, apalagi sampai di dua judul posting berbeda, biasanya akan kena jewer. πŸ™‚

  41. Maaf pak pertanyaannya agak ndesoo.
    Erafone itu biasanya letaknya dimana ya? Dugaan saya sih di mall mall.
    Tetapi felling saya apa benar kalo beli hape di situ relatif lebih mahal?
    Lalu menurut bapak rekomendasi untuk beli hape dari segi harga dan kenyamanan lebih baik beli di erafone atau online?
    Thanks in advancd

    1. Pak Taufiq Nurrohman,

      Erafone biasanya ada di pusat penjualan ponsel dan pusat perbelanjaan atau mal. Harga jual di Erafone biasanya sesuai dengan harga ritel yang disarankan oleh masing-masing pabrikan. Mudahnya, sama dengan harga iklan di koran. Kalau toko-toko biasa kan seringkali mematok harga jual di bawah harga ritel resmi.

      Beli di Erafone atau online? Bergantung kebutuhan dan selera. Kalau Anda ingin lihat-lihat dulu, bila perlu memegang demo unitnya, dan meminta penjelasan tambahan dari penjual, ya lebih baik datang langsung ke gerai Erafone. Kalau tidak ada kebutuhan tersebut, membeli online terasa lebih praktis. Anda tak perlu ke luar rumah. Tinggal menanti barang datang.

  42. pak,saya mau nanya…
    Kalau mau beli G2 Mini harus di erafone ya?gak ada tmpt lain yg jual?
    Soalnya saya berada di sumatera barat,dan gak pernah dengar nama erafone..
    Jadi bingung mau beli dimana.

    1. Pak/Bu Gita,

      G2 Mini memang dijual secara eksklusif di Erafone. Meskipun demikian, dalam pantauan saya, ada sebagian kecil toko (ehm… kira-kira satu di antara seratus toko) yang juga menjual G2 Mini. Sepertinya pemilik toko kulakan dari Erafone.

      Boleh tahu Anda berada di kota mana?

      Kalau berbelanja online apakah mau? Bila mau, barusan saya cek di Blibli.com dan Erafone.com ada stok. Keduanya situs yang tepercaya kok. Saya sudah membuktikannya sendiri. Ini tautannya:
      http://www.blibli.com/search?s=LG+G2+Mini&c=
      http://www.erafone.com/product-detail/lg/lg-g2-mini-3g-d618-black/1475

  43. Ko Herry… Review HTC Desire 616 donk, itu lho ponsel octacore terbaru besutan HTC, ponsel tersebut sudah dijual di singapura awal Juni, aq sudah cek spesifikasinya di situs HTC Singapura, tetapi belom pernah pegang. mungkin 1 Bulan lagi sudah beredar di Indonesia, tolong review ya ko herry.

    1. Pak Yudha,

      Ayo silakan mengirimkan Desire 616 itu kepada saya. Dengan senang hati saya akan me-review-nya.

  44. Pa’ Herry,

    Kemarin saya iseng ke Erafone dan tanya2 ttg G2 mini,kok kata mereka G2 mini sudah support USB OTG ya?apa sudah ada update specs dari hp ini skrg?

    Lalu saya mau tanya Pak,kalau sim card sudah terlanjur dibuat micro sim card,apakah nantinya bisa digunakan lg di ponsel dengan ukuran mini sim?(misal kalau sd card semacam ada ‘wadah’nya gitu kan)

    Satu lagi ya Pak,untuk onlen shop yang terpercaya untuk membeli smartphone dimana ya Pak?? di anatara Dinomarket,Lazada, Bhinneka,dan Blibli mana yang terpercaya?

    Terimakasih aebelumnya πŸ™‚

    1. Bu Dinda,

      G2 Mini tidak mendukung USB OTG. Setahu saya tidak ada perubahan spesifikasi.

      Kartu SIM mikro dapat dipasangkan ke selot kartu SIM mini dengan menambahkan adapter. Namun, saya lebih menyarankan Anda datang ke kantor layanan operator untuk minta ganti kartu. Sebab, bila Anda kurang tepat dalam memasangkan ke adapter dan memasukkannya ke selot kartu SIM, kala ingin dikeluarkan kartu itu berpotensi tersangkut.

      Biaya penggantian kartu SIM relatif murah kok. Kalau pascabayar biasanya gratis, sedangkan prabayar hanya kena Rp 2.000, kecuali XL yang mematok biaya Rp 10.000.

      Soal toko online, di antara empat yang Anda sebutkan, saya menyarankan Anda memilih Blibli.com. Bhinneka.com di urutan berikutnya, sedangkan dua toko yang lain lebih baik dicoret.

  45. Maaf pak, ada yang terlewat satu pertanyaan lagi Pak.
    Kalau ponsel sudah dilengkapi Corning Gorilla Glass, apakah sebaiknya masih diperlukan screen protector tambahan baik screenguard biasa atau yang Ubox Anti Smash?
    Ataukah Gorila Glass sudah cukup aman dari pecah, retak, dsb?

    Terimakasih πŸ™‚

    1. Bu Dinda,

      Meskipun ponsel yang dipakai sudah mengadopsi Gorilla Glass, saya merekomendasikan Anda tetap menambahkan screen protector. Sekadar untuk mengantisipasi kondisi terburuk. Gorilla Glass bukan berarti tidak bisa tergores, melainkan lebih sulit tergores.

      Cukup beli screen protector yang bening biasa. Harganya sekitar Rp 25 ribu.

  46. Pak herry, terimakasih atas review2 yang sangat membantu dan jujur, dan juga telah meluangkan waktunya dalam menjawab pertanyaan2 sesepele apapun, pembaca sekalian pasti sangat merasa terbantu. terimakasih pak:)

    1. Bu Gita,

      Blibli.com dan Erafone.com sama-sama tepercaya sih. Harga di Blibli.com kadang lebih rendah daripada Erafone.com. Sedangkan soal kecepatan pengiriman, Erafone.com biasanya lebih cepat 1-2 hari ketimbang Blibli.com.

  47. pak herry, saya lagi bingung antara lg g2 mini & samsung galaxy grand 2. kebutuhan saya kamera, daya tahan batere & performa (tidak lelet). mana yg bisa menjawab kbutuhan saya ya pak, ato mungkin bapak pny saran lain dgn rentang harga antara kdua hp tersebut? trims pak.

    1. Pak Reymon,

      LG G2 Mini lebih menarik daripada Galaxy Grand 2. Untuk ponsel di kisaran harga sampai Rp 3,3 juta, saya rasa itu pilihan terbaik saat ini.

    1. Pak Bahrul,

      Hmm… apa saya salah ingat ya. Seingat saya beneran ada kok. Coba pura-pura mau memotret, lalu tekan tombol Mode di bagian atas layar. Nah, geserlah ke kiri-kanan untuk mencari mode HDR.

  48. Pak , sya baru mmbeli L90 sebulan yg lalu, yg mw d pertanyakan, apa memang lampu kilatnya agak sedikit mnggu mata ketika berfoto? jadi seperti habis melihat matahari lama,hehe.. sya bandingkan dgn Sony experia L lampu kilatnya tidak mengganggu sperti L90 sya..
    Lalu, speaker atas suaraya suka kepotong2 gtu pak kalau lg telepon…Mohon solusinya,trimakasih

    1. Bu Ratna,

      Karena lampu kilatnya terang, mata pun berkunang-kunang. Hal itu wajar kok. Saya pribadi justru lebih menyukai lampu kilat kamera yang mampu membuat mata “buta sesaat” karena berarti lampu kilatnya benar-benar berdaya guna.

      Ini maksudnya speaker yang menempel di telinga saat bertelepon ya? Suara timbul tenggelam saat bertelepon bisa dipicu oleh layanan operator yang kurang prima. Coba bertelepon pakai kartu operator lain dulu. Bila suara terdengar lancar, berarti sumber masalah di operator pertama. Sebaliknya, kalau suara tetap terdengar terpotong-potong, silakan membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi LG untuk dicek.

  49. selamat malam pak herry. saya ingin bertanya. apa bedanya LG G2 MINI dan LG G2 MINI D618 ya? dan menurut bapak hp yang seharga 3jt lebih baik meminang yang mana yaa? tapi jangan samsung, karena saya kapok memakainya. tolong sarannya pak, trims.

    1. Bu Cathlin,

      Dua ponsel yang Anda sebutkan sebenarnya merujuk kepada benda yang sama. Nomor serinya D618. Biar lebih mudah diingat, ponsel itu dipasarkan dengan nama LG G2 Mini. Ponsel tersebut layak dibeli.

      Kalau boleh tahu, mengapa Anda kapok memakai ponsel Samsung? Silakan diceritakan ya.

    1. Bu Cathlin,

      Sampai detik ini LG tidak pernah mengumumkan ponsel bernama LG G3 Mini. Yang ada G3 Beat. Boleh dibilang G3 Beat adalah versi mininya G3.

  50. saya mau menanggapi yang caller ID, setauu saya, caller ID hanya ada di LG G2 Mini, kalau mau tau gimana infonya, bisa dilihat di youtube, ada reviewnya untuk caller ID
    oya, saya juga mau tanya, apakah beli LG G2 Mini di gallery LG sama saja dgn membeli di erafone? mengapa disarankan beli di erafone bukan di LG, karena saya punya pengalaman beli handphone smartfren bukan di gallery resmi smartnya, tapi beli di counter2 yang ada di plasa marina, dan 3 bulan pemakaian, Layar saya (LCD) jadi eror, lap-lap kelap kelip, makanya saya jadi trauma untuk membeli di counter2, tolong infonya ya pak, apakah sama beli di gallery LG resmi dengan erafone? terimakasih pak bantuannya πŸ™‚

    1. Bu Iiz Nur Azizah,

      Terima kasih atas informasinya soal caller ID. Nanti saya coba cari di YouTube.

      Beli di Galeri LG apakah sama dengan beli di Erafone? Galeri LG yang Anda maksud itu yang seperti apa ya? Sekadar info, G2 Mini didistribusikan eksklusif via Erafone.

      Membeli ponsel Smartfren di Galeri Smartfren dengan di toko-toko biasa mestinya sama. Kualitas barangnya tidak dibedakan kok. Kalau ponsel yang Anda beli di toko biasa rusak setelah dipakai tiga bulan, hal itu hanya kebetulan. Kondisi yang sama tetap berpeluang terjadi meskipun bertransaksi di Galeri Smartfren.

    1. Pak Bahrul,

      Karena sudah tak ada L90, saya tidak bisa mengecek langsung. Kalau pas jalan-jalan saya lihat ada pemakai L90, saya akan coba pinjam sebentar ponselnya deh.

  51. oh begitu ya pak, ya mungkin pas saya beli kedapetan barang lagi apes hehehe πŸ˜€

    yang saya maksud itu galley LG yang ada di WTC pak, kan kmaren saya kesana, trus mbak yg disana bilang, besok kalo mau beli hape kesini aaja mbak, nanti dibantu penginstalan, gitu pak bilangnya, nah bedanya beli di galery LG yang di WTC dengan di erafone apa? apakah ada perbedaan atau sama saja? terimakasih pak, mohon infonya πŸ™‚

    1. Bu Iiz Nur Azizah,

      Iya, sepertinya pas sedang kurang beruntung.

      Saya masih belum paham yang Anda maksud dengan Gallery LG. Manakah yang Anda maksud?

      1. Service center LG di lantai 2, atau
      2. Toko-toko ponsel biasa yang ada neonbox dan materi promosi LG?

      Kalau yang pertama, service center LG setahu saya tidak menjual ponsel LG.

      Kalau yang kedua, itu sebenarnya toko biasa yang di-branding oleh LG. Apakah bedanya dengan Erafone? Kualitas barang sama persis. Status garansi juga sama. Bedanya, toko-toko itu biasanya dimiliki perorangan. Harga jual yang dipatok seringkali di bawah harga ritel resmi yang disarankan (suggested retail price, SRP). Sementara itu, Erafone dimiliki oleh perusahaan besar di Jakarta. Gerai Erafone tersebar di seluruh Indonesia. Harga jual di gerai Erafone biasanya sesuai dengan harga ritel resmi yang disarankan.

  52. P.herry, smartphone android yg recommend dg hrg 3-4 jt , single sim, batere lepas, yg kamera ok dan batere awet apa ya pak? Oya selain xperia n samsung pak.. Trmksh

    1. Bu Nana,

      Anda boleh melirik LG G2 Mini yang harga jualnya Rp 3,299 juta. Itu memang ponsel dual SIM, tetapi tak masalah kalau cuma diisi dengan satu kartu.

      Kalau tetap harus yang selot kartu SIM-nya cuma satu, silakan mempertimbangkan LG G Pro. G Pro yang pertama ya, bukan G Pro 2. Sebab, harga G Pro 2 melebihi anggaran Anda.

  53. Malem Ko, maaf ganngu ya,
    Aq mau tanya Ko…. G2 mini udah pakai Corning Gorilla glass belom? kok aq cari di website corninggorillaglass.com gak ada ya g2 mini, ciri2nya gmn ya kalau udah pakai corning gorilla glass? hehehe.

    1. Pak Yudha,

      Seingat saya, LG tidak pernah mengklaim kalau G2 Mini memakai Gorilla Glass. Kalau cuma dilihat, sulit dikenali suatu layar sudah memakai Gorilla Glass atau belum. Kalau mau sih, dengan segala konsekuensinya, ya silakan coba digores menggunakan cutter. Bila tergores, berarti belum menggunakan Gorilla Glass.

  54. maaf baru bisa membalas pak herry. saya kapok karena pada saat saya memakai samsung sering kali terjadi hal2 yang buruk seperti hp yg sering kali suka restart sendiri dan dengan seperti itu keadaan software makin buruk sehingga menyebabkan kerusakan pada hp. lalu kadang play store kadang suka ga mau loading padahal saya lg dalam kondisi sinyal bagus dan pake paket/wifi.

  55. menurut pak herry selain lg g2 mini ada lagi tidak hape yang spesifikasinya bagus? tp tetap dengan harga 3jt spt lg g2 mini tsb. mungkin dari merk lain. mohon sarannya pak.

    1. Bu/Pak Nana,

      Layanan pusat perbaikan resmi LG justru lebih bagus daripada Samsung. Namun, karena LG kalah populer, kondisi itu jarang diketahui calon konsumen.

    1. Bu Cathlin,

      Liquid E3 unggul di kamera. G2 Mini unggul di kenyamanan keseluruhan dan daya tahan baterai.

      Service center LG lebih unggul daripada Acer.

    1. Bu Cathlin,

      Wah, ternyata ada pertanyaan lanjutan.
      * Kamera: menang Liquid E3.
      * Baterai: menang G2 Mini.
      * RAM: menang liquid E3.
      * Kenyamanan keseluruhan: memang G2 Mini.

  56. Pak Herry lg g2 mini yg udah di review udah ada peminatnya kah? πŸ˜€
    Kalau boleh tau alamat web milik Pak Herry yang khusus menjual gawai “bekas” review bapak apa ya?
    Terima kasih sebelumnya

    1. Pak Bondan,

      G2 Mini-nya sudah dihibahkan kepada adik saya. πŸ™‚

      Kadang saya buka lapak barang milik pribadi di Ubaya.com. Namun, situs itu sekarang sedang tidak bisa diakses. Sekitar seminggu lagi mestinya kembali lancar.

  57. Pak Herry, tolong Pak..
    Saya baru pakai L90. Sekarang saya kehilangan sebuah fitur/fungsi yang awalnya ada, tapi kemudian saya nonaktifkan tanpa berpikir bagaimana cara menampilkannya kembali. Sayangnya saya tidak tahu nama fitur tersebut. Fitur tersebut tampil di layar awal, berupa jendela yang menyediakan tempat untuk menggambar pola (gesture) yang bisa dipakai sebagai kode untuk menuju ke aplikasi tertentu yang bisa kita atur.
    Gesture tersebut bisa kita buat secara bebas, tidak dibatasi oleh pattern sembilan titik.
    Pertanyaan saya, bagaimana cara memunculkan kembali fitur tersebut?
    Sudah saya telusuri menu demi menu tak ketemu juga. πŸ™‚
    Terima kasih, Pak.

    1. Pak Wawan,

      Maaf baru merespons. Saya baru pulang dari luar kota dan selama di sana
      aktivitas kebetulan lumayan padat sehingga tak sempat memantau blog
      maupun Twitter.

      Saya malahan baru mengetahui dari Anda kalau L90 memiliki fitur itu. Kalau untuk menggambar di home screen, ada fitur Quick Memo. Namun, itu sebatas catatan, bukan menjalankan perintah tertentu.

  58. Wah, sayang sekali kalau Pak Herry juga tidak mengetahui. Tapi terima kasih Pak sudah bersedia merespon pertanyaan saya. Tapi jika suatu saat menemukan fitur tersebut, saya diberitahu ya Pak.. πŸ™‚
    Fitur itu saya jumpai sejak L90 baru saya beli, Pak. Tampilnya bukan di homescreen tapi di “Beranda LG” (halaman pertama yg muncul ketika layar dinyalakan, yang wallpapernya balon bentuk hati warna merah).

  59. Wah reviewnya bagus banget Pak, saya juga galau milih 2 hape ini.
    Kalau Boleh Tau Daya tahan baterai antara L90 sama G2 Mini lebih hebat mana y pak?

    1. Pak Fikri,

      Daya tahan baterai L90 sedikit lebih lama dibandingkan G2 Mini. Perbedaannya sangat tipis kok. Saya lupa tepatnya. Seingat saja berbeda sekitar satu jam saja. Untuk kinerja keseluruhan, saya masih lebih menjagokan G2 Mini daripada L90.

  60. LG G2 Mini ini tidak ada yang single SIM kah pak Herry?
    Bisa minta rekomendasi HP LG yang single SIM,jangan dual SIM kisaran harga 2-3,5 juta an yang sekiranya ada mode knock mode,kalau bisa OS Kitkat,kegunaan utama untuk email dan sosial media,tidak untuk game
    Terima kasih sebelumnya

    1. Pak Bondan,

      LG G2 Mini yang beredar resmi di sini hanya versi dual SIM. Biarpun dual SIM, tetap bisa dan boleh hanya diisi dengan satu kartu kok. Hal itu takkan berdampak negatif terhadap ponsel.

      Kalau tetap ingin G2 Mini yang benar-benar single SIM, negara terdekat yang menjualnya adalah Singapura.

  61. Pak Herry,
    Dugaan ‘nakal’ saya bapak sdh pegang LG G3 Stylus, gimana dan kapan reviewnya ? sekilas berminat lihat harganya yg menarik di salah satu onlineshop (saat ini lagi preorder), tetapi rada ragu2 melihat G3 series dgn harga segitu kira2 apa yang menjadi point minusnya ?
    Ditunggu segera ya pak, mumpung masih promo preorder πŸ™‚
    terima kasih

    1. Pak Soetrisno,

      Jangan membandingkan G3 Stylus dengan G3 lho. Spesifikasi keduanya berbeda sangat jauh. G3 Stylus itu penerusnya LG G Pro Lite.

      Kalau dulu zaman LG G2, urutannya G2, G2 Mini, baru G Pro Lite.

    1. Bu Dina,

      Sepertinya Anda sudah lebih dari satu kali bertanya soal G3 Stylus dan telah saya jawab belum tahu deh. Lha belum pernah mencoba G3 Stylus.

      Supaya lebih jelas, berikut saya copy paste-kan cuitan saya di Twitter @herrysw beberapa hari lalu.

      1. Teman, karena beberapa hari terakhir banyak yg tanya soal LG G3 Stylus, saya coba berikan penjelasan yg agak panjang ya.

      2. Meski ada kata “G3”, jangan bandingkan LG G3 Stylus dengan LG G3. Keduanya beda kelas. G3 Stylus kelas menengah, G3 flagship.

      3. Saya ajak sedikit mundur ke belakang. Dulu ada LG G2, G2 Mini, dan G Pro Lite. Masing-masing bidik segmen konsumen yg beda.

      4. G2 berada di tingkat teratas. Di bawahnya ada G2 Mini. Di bawahnya lagi baru G Pro Lite.

      5. Kalau sekarang, yg teratas G3, lalu G3 Beat, baru G3 Stylus. Jadi, kalau harga G3 Stylus jauh lebih murah daripada G3, ya wajar.

      6. Demikian sedikit cerita dari saya tentang G3 Stylus. Semoga sudah tidak bingung lagi.

  62. Koh,sy pemakai lg g2 mini baru sebulan ini,akhir2 ini jika kondisi batre 55% ke bawah, bila layar di kunci atau terkunci sendiri dan di diamkan beberapa saat, untk menghidupan layar lg kok tidak bisa /susah( hrs pencet tombol belakang, tombol volume , klo beruntung setelah pencet sana sini baru lyr nyala lg, bila tdk bisa sampe 5 menitan setelah pencet sana sini baru nyala) tp walau layar padam waktu terkunci, ketika layar di buka dgn tombol power yg di belakang , hp tetap bisa hidup walau lyr nya tetep mati( kedengeran dr suara tombol2 nya waktu di pencet sembarang)…ini bug atau salah pengaturan koh? Tlg solusi bya

    1. Pak Chris,

      Coba lakukan factory data reset dulu. Bila masalah yang sama tetap muncul, silakan membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi LG.

    1. Pak Zedi,

      LG G2 Mini.

      Kalau Anda bersedia melirik barang tanpa garansi resmi, Xiaomi Redmi Note pantas dipertimbangkan. Harga barunya sekitar Rp 2,4 juta.

  63. Koh, ternyata masalah ada di flip cover bw an dr lg nya…entah apa hubungan nya, setelah sy lepas flip cover dan pake polosan masalah mati layar sdh ngga muncul lg….padahal blm sy factory reset…..sekian info dr sy

  64. selamat pagi, om Herry
    mau tanya nih, kalau antara LG L Bello, LG G2 mini, dan LG g3 stylus, rekomendasi om Herry yg mana ?
    Keperluan nya buat sosmed, browsing, sm game ringan..
    Makasi sblm nya πŸ™‚

    1. Bu Nur Khosiyah,

      Saya belum pernah coba L Bello. Kalau G2 Mini lawan G3 Stylus, dengan tegas saya akan menyarankan Anda membeli G2 Mini. Jangan membawa pulang G3 Stylus.

  65. Misi pak saya mau nanya….. saya ingin membeli G2Mini atau G3Beat. Kira2 lebih baik saya beli yang mana ya? Saya tergiur dengan layar 720p G3Beat, tapi apakah itu worth it? Terima kasih…

  66. Pak Herry, klu LG G2 mini dan LG L Bello, di antara keduanya mana yg lebih baik di lihat dari kinerja dan daya tahan baterainya serta untuk berselancar ke dunia maya, serta menonton video di Youtobe tanpa buferring yg lama. karena di lihat harga kedua hp ini tidak terlalu jauh.

    1. Bu Dian Aditya,

      Saya belum pernah mencoba L Bello. Jadi, belum tahu ponsel itu lebih bagus atau lebih buruk bila diadu dengan G2 Mini.

      Soal buffering saat mengakses YouTube, hal itu lebih ditentukan oleh koneksi internet operator GSM yang dipakai.

  67. oh,,pertanyaan saya hampir sama dan sdh di jawab oleh pak Herry. maaf pak Herry, saya tdk baca2 komentar2 sebelumnya.

  68. saya baru beli lg l80. permasalahannya quick windows tdk berfungsi padahal memakai quick windows case bawaan hp. bagaimana solusinya? terimakasih

    1. Pak Wahyu,

      Saya belum pernah mencoba L80. Namun, cara pemakaian quick windows case di ponsel itu seharusnya sama dengan L70 maupun L90. Karena Anda barusan membelinya, coba mampir ke toko penjual lagi, Pak. Minta tolong dicek.

  69. Yth Bapak Herry WS,
    Apakah ada cara untuk mengaplikasikan keyboard “alphabeth” disamping standard “querty”.
    Baterei LG G2 mini apakah standard
    Fasilitas GPS apakah berfungsi dengan baik?
    Terima kasih atas perhatian Bapak

    1. Pak Heru,

      Coba kita nantikan jawaban dari Pak Herry WS ya. Saya tak berani menjawab. Khawatir dia marah. πŸ™‚

  70. Salam pak Herry
    Mau nanya nih, G2 mini saya kok sering bgt restart ya, apalagi kl pas lg browsing. Dlm 1 hari bisa 7-8 kali restart. Sy sdh coba ga pakai microSD tp ttp restart. Mhn pencerahannya pak ya. Tks

    1. Pak Gun,

      Coba lakukan factory data reset. Bila masalah serupa tetap muncul, silakan membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi LG.

      Minggu depan kemungkinan saya juga akan memasukkan sebuah G2 Mini ke pusat perbaikan resmi. Gangguan yang dialami, saat dipakai mengetik, ada huruf tertentu yang sering tidak merespons. Kameranya juga lumayan sering menutup sendiri.

  71. pak, mau tanya. LG G2 mini masih ada kan di pasaran?terus apa cuma di erafone aja ready stok,nya dan harga erbaru berapa ya??.makasih

  72. Saya pengguna LG G2 Mini. Over all semua nya memuaskan. Minus nya setelah saya instal apk dead pixel, ternyata pas layar screen hitam ada titik putih yg sangat kecil, kalau test warna lain nya tidak ada. (Jadi hanya tampak pada test screen hitam pekat saja)
    1. Apakah itu yg disebut dead pixel.
    2. Apakah itu hanya debu atau partikel saja yg menempel antara kaca lcd dan back panel.
    3. Kalau itu dead pixel, apakah bisa menular atau menjalar ke titik2 lain nya. (Karena untuk saat ini, tidak sama sekali mengganggu dan tidak pernah terlihat untuk penggunaan normal).
    4. Garansi Tam oleh erajaya.
    5. Terima kasih atas jawaban nya pak hery.

    1. Pak Ahmad,

      Mestinya itu bright pixel. Dari jarak jauh saya tak bisa mengetahui itu debu atau bukan.

      Tidak menular.

      Di industri elektronik, dead pixel dan bright pixel adalah hal yang wajar terjadi. Mau merek apa pun, peluang dead pixel maupun bright pixel pasti ada.

      Boleh tahu jumlah titik-titiknya ada berapa? Kalau hanya 1-2 titik biasanya tidak bisa diklaim. Kalau 3 titik tepat bersebelahan atau 5 titik menyebar, baru ada peluang klaim.

  73. TrimaKasih pak hery atas jawaban sebelum nya.

    Sekitar 4 titik menyebar. Tapi, Hanya dua titik yang terlihat kasat mata. 2 titik lain nya, sangat super kecil. Hanya bisa dilihat dengan seksama dan dari dekat.

    Tidak menular, itu yg menjadi pertimbangan saya, untuk mengurungkan niat mengclaim. Karena, sama sekali tidak menggangu, paparan layar dalam keadaan normal.

    Trimakasih pak hery

    1. Pak Ahmad,

      Hmm… kalau empat titik menyebar kemungkinan tak bisa diklaim.

      Ya, kalau tidak mengganggu mending ponselnya langsung dinikmati saja.

  74. selamat sore pak….

    mau tanya tentang mode guest nya, apabila aplikasi bbm,watsup atau line dan kontak tlp masuk ke menu utama dan hp dalam keaadaan di mode tamu……terus ada bbm atau line masuk apakah akan tampil tanda atau pemberitahuan di mode tamu ????

    thanks

    1. Pak Jimmy,

      Maaf, dulu waktu mencoba guest mode di G2, saya kebetulan tidak memperhatikan sampai sedetail itu. Dugaan saya (ini sebatas dugaan ya), bila aplikasi-aplikasi itu dipilih sebagai daftar aplikasi yang diizinkan pada guest mode, notifikasi tetap akan muncul. Sebaliknya, kalau aplikasi itu tidak termasuk dalam daftar aplikasi guest mode, notifikasi takkan tampil.

  75. Selamat pagi pak herry sw
    Mau tanya pak,lg g2 miniku restart terus,tapi kalau dipakai sambil dicharge mah ga pernah restart,saya dapat hp ini dari tukar tambah sama lg l70 saya,jadi saya tidak tahu rekam jejaknya,mohon dibantu yah pak herry..
    Trimakasih sebelumnya.

    1. Pak Untung Kuntadi,

      Coba di-factory reset dulu. Bila tetap bermasalah, bawalah ke pusat perbaikan resmi LG.

  76. Ko, aku baca2 spek LG Optimus G Pro masih lebih baik dari G2 Mini. Kira2 menurut pertimbangan Ko Herry SW mending pilih yg mana?

    1. Pak Heru Prayogo,

      Benar, spesifikasi Optimus G Pro memang lebih mantap daripada G2 Mini. Ponsel itu hanya kalah di kemampuan dual SIM.

      Kalau Anda tak perlu dual SIM, silakan ambil Optimus G Pro.

  77. Pak herry sw mohon bantuannya. Saya sudah semingguan ini tertarik ingin membeli G2 mini, stoknya masih ada di erafone. Tapi pas saya iseng2x tanya harga iPhone 4 di konter lain sekarang harganya malah sama dengan G2 mini (2.2jt) itupun yang 32GB pak. Apakah itu iPhone palsu atau bagaimana? Kok jadi murah gitu ya? Dan sebaiknya saya pilih yang mana pak? Makasih ditunggu jawabannya

    1. Pak Claudia Yunus,

      Harga G2 Mini baru saat ini Rp 1,799 juta lho, bukan Rp 2,2 juta.

      Saya tidak update dengan harga iPhone. iPhone 4 adalah ponsel tipe lama. Kalau ada toko milik perorangan yang menjual iPhone 4 baru, saya justru akan sangat curiga. Bukan mustahil itu adalah iPhone 4 hasil rekondisi. Casing-nya saja yang baru, sedangkan dalamannya bekas. Casing baru itu juga belum tentu orisinal.

  78. Waduh berarti rekonsisi itu cepat rusak dong? Soalnya murah sekali iPhone nya pak. Saya kira palsu

    Kalau G2 Mini sekarang 1.8jt berarti sepertinya saya ambil G2 Mini deh, udah murah banget pak. Kalau dibandingkan dengan Lenovo A7000 yang beda sedikit harganya mending mana pak? Kalau Butuhnya batre dan kamera.

    Ngomong2x saya cewe nih masak dipanggil pak hehe

    1. Ups… maaf Bu Claudia Yunus.

      Kalau dibilang cepat rusak ya belum tentu. Namun, kan sudah nggak jujur di awal. Dibilang baru, tetapi dalamannya bekas, bahkan mungkin sudah pernah diservis.

      Saya belum pernah coba A7000.

  79. Sudah hampir setahun saya pakai LG G2 mini, dan saya puas dengan performanya, yang saya tanyakan, Produk yang direkomendasikan setara atau lebih dalam hal performa, tapi yang layarnya 5.5 inch. Maturnuwun.

    1. Pak Awaludin,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Berapakah anggaran maksimal yang Anda sediakan? Tolong sebutkan dengan spesifik ya. Misalnya, Rp 6 juta. Jangan menuliskan, contohnya, Rp 4 jutaan karena Rp 4,999 juta pun masih termasuk Rp 4 jutaan.

      Kalau anggaran bebas, saya merekomendasikan LG G4. Performa jauh di atas LG G2 Mini. Kameranya mantap. Fitur-fitur yang ada di G2 Mini bakal Anda temukan lagi di G4.

      Meskipun bentang layarnya 5,5 inci, G4 tetap nyaman digenggam.

  80. pak hery,saya tertarik dengan hp g2 mini..kira2 d erafone cabang mana yg msh ada stok??karna saya tanya erafone rata2 stok sdh tdk ada..
    Thx pak heri..

    1. Pak/Bu Wendy,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Saya tak mengetahui pasti ketersediaan stok di masing-masing Erafone. Anda berada di kota mana?

  81. Terimakasih atas jawabannya, sekali lagi mau tanya yang lebih detil,
    Produk yang direkomendasikan setara atau lebih dalam hal performa seperti lg g2 mini, anggaran dibawah 4 juta, dan ukuran layar 5 – 5.5 inch, dual sim, terimakasih.

    1. Pak Awaludin,

      Hmm… silakan mempertimbangkan (saya urutkan mulai dari yang termurah):
      * Acer Liquid Jade Rp 1.999.000
      * Lenovo P70 Rp 2.525.000.
      * Xiaomi Mi 4i Rp 2.799.000.

  82. Salam pak HSW

    apakah bug pada kalimat ini masih ada di update firmaware terakhir g2 mini ??
    “Kalau ponsel menerima SMS saat sedang dipakai bertelepon, maka usai percakapan berakhir, ponsel akan mendadak lambat. Layar L90 maupun G2 Mini menjadi tidak responsif. Solusinya, ponsel harus dipadamkan dulu sesaat, lalu diaktifkan lagi. Ingat, wajib benar-benar dipadamkan, bukan sekadar restart.”

    Selain bug diatas,apakah ada bug lain selama bapak memakai g2 mini ini??

    Terimakasih

    1. Pak Budz,

      Saya kurang tahu bug tersebut sampai sekarang masih ada di G2 Mini atau tidak.

      Saat kali terakhir memakai G2 Mini, saya tidak menemukan bug lain sih.

  83. malam pak HSW, mau tanya kalo g2 mini aplikasi yg didownload apakah bisa dipindah ke memori eksternalnya?
    kalau bisa, apakah apk yg didownload bisa dipindah semua, atau ada jg apk-apk yg tdk bisa dipindah?
    trims pak

  84. Pagi pak, penasaran sama keterangan diatas:

    ” Ini sepertinya kutu alias bug di firmware
    ponsel. Kalau ponsel menerima SMS saat sedang
    dipakai bertelepon, maka usai percakapan berakhir,
    ponsel akan mendadak lambat. Layar L90 maupun G2
    Mini menjadi tidak responsif. Solusinya, ponsel harus
    dipadamkan dulu sesaat, lalu diaktifkan lagi. Ingat,
    wajib benar-benar dipadamkan, bukan sekadar
    restart.”

    itu terjadi setiap saat telpon + sms masuk berbarengan pak? Apa hanya kadang2 aja pak? Termasuk sering terjadi ga pak? Hehehe.. Trims

    1. Pak Juna,

      Ya, setiap kali. Namun, saya sebenarnya jarang sekali menerima SMS kala sedang bertelepon. Belum tentu seminggu sekali.

  85. Selamat malam Bapak..

    Bapak, sy posisi di surabaya, apakah lg g2 mini masih available ya? dan mgkn bapak ada info sy bisa cari dimana?

    trma kash respons nya πŸ™‚

    1. Pak/Bu Fayza,

      G2 Mini sudah semakin sulit ditemukan. Sekitar dua minggu lalu saya sempat melihat ada toko di WTC Surabaya yang masih punya stok. Masalahnya, saya lupa di toko mana.

  86. makasi pak,buat reviewnya.. sy sndiri pengguna lg l90 dual sim & sudah 1thn lebih pake. mungkin kalo dulu sebelum beli sy liat review ini bakalan beli yg g2 haha tp pake yg l90 ini puas. menurut pngalamn sy,ponselny cukup tahan banting,prnah keinjek anak layarnya..gak rusak sama skali (mungkin beneran gorilla glass kayanya), pernah kelempar jatuh..ga rusak, batrei awet 1hari buat pmakaian wajar, paling prnah brmasalah di charger..ahirnya ganti charger doank, kelemahan lain paling klo pmakaian lama buat browsing&game suka agak panas aja c, tp so far so good, ga prnah lag ga pernah hang.. jd klo buat ponsel lg lumayan lah..spertinya sy bakal beli hp lg lg klo yg ini ud uzur

    1. Bu Mellisa,

      Ponsel LG secara umum memang bagus. Yang jadi masalah, karena kalah populer dibandingkan rekan senegaranya, banyak orang ragu membeli LG.

  87. Salam pak HSW, sy mau tnya speaker external lg g2 mini kan ada dua, itu nyala semua apa yg satu cm hiasan mslhny pny sy kok hny satu yg hidup

    1. Pak Roni,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama. ,

      Terus terang saya sudah tak ingat speaker G2 Mini seperti apa.

  88. Malam pak, tolong tanya apa g2 mini support utk pemakaian sandisk usb otg? Karena sy cek di web sandisk sdh compatibel utk dual usb, tp ketika sy cb pake usb otg kok ga ke detect? Apa ada saran bgmn apy bs menggunakan usb otg? Terima kasih.

  89. halo pak, saya mau nanya dong. saya beli LG G2 mini via online dan belakangan ini baru nyadar kalo kayaknya hp saya ga ori, karena ternyata LG G2 mini yang saya beli dual sim. awalnya saya ga curiga karena banyak platform online yang jual produk ni dengan dual sim. Berarti kalau begini, hp saya beneran ga ori ya pak? dan ko bisa ya pak hp ga ori (made in china) dijual di platform2 online terkenal seperti l*za*a dan el*va**a? terima kaisih.

    1. Bu Hana,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      LG G2 Mini yang beredar resmi di Indonesia kan memang varian dual SIM non-LTE. Soal made in China, pabrik LG kan ada berbagai negara.

      1. Ohh begitu ya pak. Terus pak, kalau ada tulisan ‘made in china’ dan ‘negara pembuat tiongkok’ tertera di barerai dan di hp bagian belakang (di tempat untuk baterai) apakah itu tetap ori? Maaf sebelumnya saya kurang paham soal ini. Terima kasih pak sebelumnya atas infonya.

        1. Bu Hana,

          Paling mudah begini deh. Di dalam kardus ada kartu garansi resmi dari LG Electronics Indonesia? Kalau ada, biarpun di ponsel ada tulisan made in China, unit yang Anda dapatkan tetap asli.

  90. halo pak. baru2 ini saya sering baca review bpk. dari beberapa review yg saya baca, saya tertarik untuk membeli lg magna/ lg g2 mini. tp g mungkin juga kan saya beli dua2nya. saya mau minta pndapat bpk, mnurut bpk lbih bagus lg magna/ lg g2 mini? bpk lebih rekomendasi lg yg mana?
    trimakasih pak. .

  91. halo pak,
    saya lumayan sering membaca review bapak, dan berdasarkan review bapak akhirnya saya membeli LG G2 mini,
    secara keseluruhan saya sangat puas dengan ponsel ini,
    namun ketika jaringan 4g mulai bisa di gunakan di daerah saya, ponsel ini terasa kurang optimal karena belum menduking 4g,

    saya berniat untuk upgrade ke ponsel yang sudah mendukung 4g,
    saya minta saran dari bapak kira2 ponsel apa yang cocok dengan saya, terutama dalam hal kamera, batrai, dual sim, dan mendukung 4g

    dengan dana maksimal 3 juta,

    1. Pak Ari Putra,

      Dengan anggaran maksimal Rp 3 juta, Anda tidak bisa mendapatkan ponsel dual SIM dan 4G LTE yang memiliki kamera bagus serta baterai tahan lama. Harus pilih salah satu deh.

      Kalau kamera bagus, setidaknya di kelas harga segitu, silakan membeli Hisense Pureshot saja. Kalau baterai tahan lama, ada Infinix Note 2. Harga baru dua ponsel itu kebetulan sama-sama Rp 1,999 juta. Review bisa dibaca di blog ini.

  92. Terima kasih pak atas jawabannya,
    mungkin saya harus mempertimbangkan untuk menambah dana untuk upgrade ponsel,
    karena batrai dan kamera adalah bagian yang penting bagi saya,

    saya minta sarannya lagi pak,
    untuk kebutuhan tersebut berapa kira2 idealnya dana yang mesti saya siap kan?
    ponsel apa kira2 yang bapak rekemendasikan?

  93. Baca2 blog BP jadi pingin ikutan nih..
    Sy punya lg g2 mini tapi Loudspeaker nya mati apa masih bisa diperbaiki tanpa harus ke service center pak… Mohan pencerahannya, tq
    Terus klo ada yg minat beli boleh hubungi email sy aja.. Heheh.

    1. Pak One,

      Ada kemungkinan bisa. Bawalah ke tempat servis independen yang Anda percaya.

      Eitss… dilarang keras berjualan di blog ini.

  94. Pak, Stau bapak di Surabaya toko mana ya yg masih ada stok baru LG G2 mini??

    Saya udah nyari di marina udah gak ada yg jual baru

    Terimakasih

    1. Pak Budz,

      Di G Shop WTC lantai dasar ruang 125 dan LG Brandshop, juga WTC lantai dasar, masih ada stok. Mau beli setengah lusin pun rasanya masih ada deh.

    1. Pak Mahmud Lovers,

      Harga apa? L90 Dual dan G2 Mini sama-sama sudah diskontinyu. Tidak ada patokan yang pasti mengenai harga jual. Harga pasar sih Rp 1 juta sampai Rp 1,3 juta.

  95. Pak, sy mau tanya.. Sy mau beli G2 mini, hrg ditoko biasa 1,200,000 tp di LG resmi 1,299.000.
    Utk ditoko biasa lbh murah itu rekondisi bukan ya?

    1. Pak Eko,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Seharusnya bukan rekondisi.

    1. Pak Agus,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Sudah nggak menarik sih.

  96. permisi pak saya mau minta solusinya…ini hp lg g2 mini saya sering muncul pemberitahuan (suhu tinggi terlalu panas) habis itu hpnya mati sendri ..itu gimana mengatasinya pak .mohon bantuanya

    1. Pak Amin,

      Baru kali ini saya membaca ada kasus seperti itu untuk G2 Mini.

      Ketika suhu ponsel terlalu tinggi, ponsel memang akan memadamkan diri secara otomatis. Itu bagian dari keamanan. Kalau fungsi padam sendiri tersebut tidak berfungsi optimal, bisa-bisa G2 Mini Anda menjadi “petasan” kayak Samsung Galaxy Note 7.

      Hal yang Anda alami tergolong sangat tidak lazim untuk G2 Mini. Boleh tahu hal itu terjadi saat Anda usai memakai ponsel Anda untuk apa? Dalam jangka waktu berapa lama? Bagaimana kondisi sinyal pada saat itu?

  97. terima kasih atas jawabanya pak…
    saya menggunakan ponsel untuk browsing/download dalam waktu cukup lama sekitar 1jam . kondisi sinyal yang saya gunakan 3g…

    1. Pak Amin,

      Kalau aktivitasnya seperti itu dan kondisi sinyal kurang stabil plus kurang kuat, masih mungkin terjadi hal seperti yang Anda alami sih. Namun, kalau sinyal stabil dan cukup kuat, seharusnya hal tersebut tidak terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *