Review LG V20: Diremehkan, Padahal Komplet dan Memuaskan

Untuk memenuhi permintaan pembaca blog Ponselmu dan pengikut akun Twitter @herrysw, dua tahun terakhir penulis alias HSW memunculkan daftar ponsel ter-…. Ada ponsel pintar (smartphone) terbaik, terburuk, dan beragam kategori lainnya.

Dengan memperhatikan beragam faktor, HSW menetapkan V20 sebagai ponsel pintar terbaik 2016. Review ponsel itu awalnya direncanakan tayang di blog ini paling lambat 17 Januari 2017. Karena berbagai kendala, mulai dari laptop rusak yang berujung kepada hilangnya data sampai mendadak mesti mengikuti beberapa acara, akhirnya baru hari ini ulasan tersebut siap Anda baca.

Ada beraneka hal yang membuat V20 begitu memikat. Kalau LG di materi promonya terlihat mengagung-agungkan kualitas audio Hi-Fi Quad DAC yang dibesut B&O Play, HSW lebih menomorsatukan kamera. Lensa sudut lebar (wide angle lens) V20 sangat berguna. Foto-foto yang dihasilkan ponsel itu saat diajak berjalan-jalan ke Labuan Bajo mampu menimbulkan efek wow. Silakan mengklik tautan ini untuk melihatnya.

Di atas kertas, spesifikasi kamera utama V20 sama dengan LG G5 SE. Kamera dengan fokus otomatis dan lampu kilat itu berlensa ganda. Lensa standarnya memiliki bukaan alias diafragma f/1,8, mampu menangkap area sebesar 75 derajat, dan dapat menghasilkan foto beresolusi maksimal 16 megapiksel.

Sementara itu, lensa sudut lebarnya berdiafragma f/2,4, sanggup menangkap area selebar 135 derajat, dan siap memproduksi foto beresolusi hingga delapan megapiksel. Kalau difungsikan sebagai perekam video, klip video beresolusi 4K siap disodorkan oleh kamera utama V20. Pemfokusan kamera V20 mengombinasikan Laser Detection Autofocus (LDAF), Phase Detection Autofocus (PDAF), dan Contrast AF.

Nah… yang di atas kertas terlihat persis sama, realitanya terbukti berbeda. Hasil jepretan kamera V20 lebih bagus daripada G5 SE. Perbedaannya cukup signifikan. Pengguna yang sebelumnya puas dengan hasil jepretan G5 SE kini bakal lebih puas.

Ingin memotret secara manual? Bisa! Pengguna V20 leluasa mengatur ISO/ASA mulai 50 hingga 3200. Sedangkan kecepatan rana alias shutter speed dapat diubah menjadi 1/4.000 detik sampai 30 detik. Ya, 30 detik. Asyiknya, di mode video pun tersedia pilihan pengaturan manual.

Beralih ke kamera depan V20. Lebar area cakupannya mencapai 120 derajat. Kamera itu sebenarnya tanpa fokus otomatis dan lampu kilat. Namun, cukup dengan menekan ikon lampu kilat, layar ponsel bakal berubah menjadi lampu sorot dadakan. Lumayan memadai untuk memberikan tambahan pencahayaan kala pengguna berswafoto di lokasi yang gelap.

Dapat difungsikan sebagai pengendali nirkabel (remote control) berbagai perangkat elektronik menjadi sisi poin menarik lain V20. Beragam merek televisi, proyektor, dan AC dapat dikontrol langsung dari ponsel. Pengguna tinggal mengarahkan inframerah di bagian atas V20 ke perangkat yang ingin dikendalikan.

Tip dari HSW, bila berencana rutin memanfaatkan fitur itu, pengguna sebaiknya menginstalasikan aplikasi ZaZa Remote dari Play Store. Pasalnya, database perangkat elektronik yang dimiliki aplikasi itu lebih komplet daripada aplikasi Quick Remote bawaan LG.

Saatnya membicarakan kemampuan Hi-Fi Quad DAC. LG mengklaim V20 merupakan ponsel pertama di dunia yang dilengkapi Hi-Fi Quad DAC terintegrasi. Untuk mengujinya, HSW mengopikan kumpulan file musik berformat FLAC dan DSF ke V20. File-file itu kemudian diputar dan didengarkan menggunakan earphone Bang & Olufsen (B&O) yang disertakan dalam paket penjualan.

Bagi HSW yang belum layak disebut pemilik telinga emas, suara yang terdengar pantas diacungi jempol. Namun, penggemar suara bass mungkin akan kurang puas. Sebab, lagi-lagi menurut HSW yang bukan pengamat musik, suara bass terdengar kurang kuat.

Masih berhubungan dengan audio, ada satu fitur yang lebih HSW apresiasi. Namanya, HD Audio Recorder. Intinya sih fitur perekam suara yang lazim dijumpai di ponsel, tetapi milik V20 lebih peka dalam menangkap suara. Pengguna yang sering merekam percakapan rapat pantas mengoptimalkannya. Teman HSW yang sehari-hari berprofesi sebagai reporter radio pasti menyukainya.

Serupa dengan V10, pendahulu V20 yang tak pernah beredar resmi di sini, V20 dibekali dua layar. Layar utamanya memanfaatkan LCD IPS 5,7 inci beresolusi Quad HD 2.560 x 1.440 piksel. Di atas layar utama itu terdapat layar kedua yang kecil-kecil cabe rawit. Mungil, tetapi sangat bermanfaat. Layar tersebut dapat menampilkan nama pengguna, notifikasi, maupun tombol jalan pintas alias shortcut fitur-fitur tertentu.

Berbekal layar kedua itu pula pengguna dengan cepat bisa berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain. Ketika ponsel siaga, tetapi layar padam, si layar mungil bisa diatur agar selalu menampilkan waktu dan ikon notifikasi masuk. Jadi, untuk sekadar melihat jam dan ada tidaknya pesan baru, pengguna tak perlu mengaktifkan layar utama.

Ketika pengguna ingin menyalakan layar utama, tersedia beberapa pilihan cara. Pengguna bisa melakukan cara konvensional, yaitu menekan tombol power. Pengguna boleh pula mengetukkan jari dua kali di permukaan layar. Alternatif lain yang lebih mudah, cepat, dan aman adalah menyentuhkan ujung jari ke sensor sidik jari yang terdapat di sisi belakang V20.

Kalau mau, dengan pengaturan tertentu di menu Gallery, sidik jari pengguna sekaligus berfungsi sebagai kunci pembuka file rahasia. Koleksi foto dan video yang bersifat privat dapat disembunyikan.

Seberapa aman? Ehmm… walaupun ponsel dihubungkan dan diakses memakai laptop/PC via kabel data, keberadaan kumpulan file itu takkan terdeteksi. Saat ingin menampilkannya di ponsel, pengguna tinggal masuk ke Gallery, memilih menu show locked files, lalu menyentuhkan ujung jarinya ke permukaan sensor sidik jari. Voila, seluruh file rahasia itu spontan muncul.

Bodi V20 terbuat dari logam. LG menyatakan ponsel tersebut lulus uji jatuh (drop test) standar militer AS yang dikenal sebagai MIL STD-810G. Benarkah V20 tahan jatuh? Terus terang HSW tidak rela sengaja menjatuhkan atau melemparkan ponsel itu. Kalau Anda kebetulan memiliki V20 dan ingin menguji klaim LG tersebut, mari kita bertemu. Dengan senang hati HSW akan membantu menjatuhkan V20 milik Anda. Ha… ha… ha….

Di sisi kiri belakang bodi V20 terdapat sebuah tombol. Bila ditekan, penutup belakang ponsel akan terbuka. Terlihat sebuah baterai berkapasitas 3.200 mAh yang dapat dilepas pasang dengan mudah. Ada pula dua selot nano SIM dan satu selot kartu microSD.

Dua nomor yang diselipkan bisa siaga bersamaan. Nomor yang dipilih untuk berinternet, tak peduli berada di selot SIM1 atau SIM2, leluasa mengakses jaringan 4G LTE. Sedangkan satu nomor lainnya masih dapat masuk ke jaringan 3G. Asal tahu, kemampuan 4G-3G secara simultan seperti itu sekarang amat penting, terutama di kota-kota besar yang “lebar jalan” layanan 2G terus dipersempit. Manfaat nyata untuk pengguna, dua nomor yang siaga di ponsel cenderung lebih mudah ditelepon pihak lain.

Selama menguji pakai V20, HSW telah membuktikan ponsel itu kompatibel dengan layanan 4G LTE Telkomsel, XL, Indosat Ooredoo, dan Smartfren. Bolt dan Tri tak pernah dicoba karena layanan 4G dua operator tersebut belum merambah Surabaya. Secara teknis, V20 mendukung LTE Cat 9. Kompatibilitasnya meliputi FDD LTE di band 1/2/3/4/5/7/8/12/17/20/28 dan TDD 38/39/40/41.

Ponsel pertama dengan sistem operasi Android 7.0 Nougat itu menggunakan prosesor empat inti (quad core) Qualcomm Snapdragon 820 MSM8996, terdiri atas dua inti berkecepatan 2,15 GHz dan dua inti 1,59 GHz. Wi-Fi, bluetooth, NFC, GPS, radio FM yang siarannya bisa direkam, RAM 4 GB, dan ROM 64 GB merupakan sebagian spesifikasi lain V20. Saat ponsel kali pertama diaktifkan, sisa memori internalnya sebesar 51,39 GB.

Adakah hal-hal tertentu yang mengurangi daya tarik V20? Ada banget. Sebab, tiada gading yang tak retak, bukan? Walaupun HSW menyukai dan memuji kamera V20, harus diakui kalau kemampuannya menangkap detail objek belum semantap kamera Huawei P9. Kerja sama antara Leica dan Huawei terbukti tak sia-sia.

Tingkat konsumsi daya ponsel berdimensi fisik 159,7 x 78,1 x 7,7 milimeter dan berat 175 gram tersebut juga lumayan rakus. Dengan perilaku pemakaian ala HSW, baterai bawaan yang berkapasitas 3.200 mAh rata-rata bertahan 12 jam saja. Itu berarti takkan memadai buat pengguna yang pagi hari sudah meninggalkan rumah dan baru pulang pada malam hari.

Solusinya, pengguna wajib membawa charger atau power bank. Ketika daya baterai mulai melemah, saatnya menancapkan kabel charging ke konektor USB tipe C di bagian bawah V20. Alternatif lain, siapkan battery kit yang terdiri atas desktop charger dan sebuah baterai cadangan.

Pada periode penjualan tertentu, battery kit sering dijadikan bonus pemikat konsumen. Pembeli berhak mendapatkannya secara gratis. Di luar periode promo, pengguna V20 yang membutuhkan aksesori itu dapat membelinya di berbagai toko offline maupun online. Harga pasarannya maksimal Rp 500 ribu.

Dijual dengan harga ritel Rp 9,499 juta, tak sedikit penggemar gawai yang meremehkan V20. Apalagi, nama lengkapnya LG V20, bukan Samsung Galaxy V20. Padahal, ia sebenarnya pantas dibeli oleh pengidam ponsel flagship berfitur komplet dan berkinerja memuaskan. Ya, spesifik di satu fitur V20 mungkin tak sebagus ponsel “anu” atau “itu”. Namun, ponsel lain itu tak mempunyai fitur X, Y, maupun Z yang bermanfaat dan telah tersedia di V20.

***

Contoh hasil jepretan kamera V20.

Mencoba mode popout.

Bereksperimen memakai mode kamera multi-view.

Bermain-main dengan titik fokus. Kamera difokuskan ke wajah Mario.

Kini kamera difokuskan ke seorang promotor yang asyik menatap ponsel di latar belakang.

Saatnya mencoba mode manual.

Dua foto berikut dijepret menggunakan kamera depan. Satu dengan sudut normal, satu lagi sudut lebar.

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

 

157 thoughts on “Review LG V20: Diremehkan, Padahal Komplet dan Memuaskan

  1. Pak herry android froyo itu masih bisa digunakan tidak untuk sekarang saya punya croos a1 androidnya froyo sinyal masih e kira kira bisa digunakan untuk apa , katanya nokia 6 itu nggak ada playstorya kalau dijual dichina?

    1. Pak Ahmad,

      Masih bisa dipakai. Minimal bisa untuk telepon, SMS, dan email. Kalau untuk WhatsApp dll saya tak tahu masih bisa atau tidak. Kebetulan sudah tidak memiliki unit ponsel dengan OS Froyo.

      Ponsel Android yang dijual di Tiongkok, bukan hanya Nokia, memang tidak dilengkapi Google Play Store.

  2. Pak Herry,

    1. Itu yg foto dalam gerbong KA, Itu kereta apa ya? Jurusan dari mana ke mana?
    2. Jam tangannya itu apakah Samsung Gear S3?
    3. Apakah P. Herry sudah dapat info spec LG G6? Jika ya, kira2 lbh menarik mana dibandingkan dgn V20 ini?

    Terima kasih
    Gong Xi Fa Cai _/\_

  3. wow ruuuaaarrr biasa,,,, andai bermerk Samsul atau i phin pasti laku keras,,,, karna kedua ponsel tersebut sering muncul di tv, bukan karna sponsor,tapi karna sering dipakai selebriti, maaf,sengaja saya plesetin merk ponsel tersebut, takut kena uu it,hhehehehhe,,,,thx reviewnya Kho,

  4. Pak Herry,
    Sebenarya harga ponsel LG V20 ini jauh dari kemampuan saya. Namun, apa salahnya bertanya kepada ahlinya untuk nambah pengetahuan dan kalau ada teman yang tanya2 karena minat beli, saya bisa menjawab berdasarkan informasi dari Pak Herry. Banyak teman2 saya beli ponsel berdasarkan ulasan Pak Herry.
    1. “Kemampuan menangkap detail objek belum semantap kamera Huawei P9.” Apakah bisa
    disimpulkan bahwa hasil kamera Huawei P9 lebih baik daripada LG V20?
    2. Dengan mengabaikan kamera, apakah LG V20 jauh lebih bagus?

    1. Pak Yose,

      1. Ya, dalam hal kemampuan menangkap detail objek. Namun, perlu diingat kalau V20 dilengkapi lensa sudut lebar yang sangat bermanfaat.

      2. Ya.

  5. Mantap pak review nya.
    V20 saya lama2 terasa lagging.
    Buka camera juga lagging, padahal save image nya di internal memory.
    Btw Zaza Remote lebih bagus dari Sure Remote. Lebih detail.

    1. Pak Sony Djuana,

      Dulu usai update firmware dari versi v10… (lupa tepatnya) ke v10e apakah sudah di-factory reset? Kalau belum, coba lakukan hal itu dulu. Sebelum saya reset, ponsel sempat agak nge-lag. Setelah di-reset lancar jaya sampai sekarang.

      Ok, thanks infonya soal ZaZa Remote vs Sure Remote.

  6. mantep bgt ya bang herry, menurut saya menilik harganya, LG V20 tidak memiliki kemampuan tahan air. oiya bang katanya ini hape mudah panas yaaa?
    setuju engga bang herry klo desain LG V20 mirip Blackberry Z10…?

  7. Hasil kamera dibandingin dengan LG G4 ada kenaikan signifikan gak Pak, atau mirip mirip saja ? Terima kasih Pak HSW

    1. Pak Al,

      Saya tak tahu pasti. Coba cek ponsel merek Vivo. Lini produknya banyak yang sudah mendukung hifi.

      Huawei P9 Lite sudah dibekali NFC. Namun, belum hifi.

  8. Maaf oot, pak herry saya mau tanya untuk budget 1,5 jt hp ap yg rekomend untuk dibeli dengan pertimbangan :
    1. Lncar multitasking tidak lag
    2. Kompatibel dgn smua band 4g indonesia
    3. Baterai awet (minimal pagi lepas charge, malam kembali di charge)
    Terimakasih

  9. Pak hsw, kenapa di bagian kameranya seperti ada tempelan warna biru muda, dan sepertinya kaca penutup kameranya mudah tergores ya pak?

    1. Pak Dede,

      Oh, itu plastik tipis bawaan yang sengaja tidak saya lepas. Karena cuma plastik tipis banget, ya otomatis mudah tergores. Jadi, yang tergores bukan kacanya, melainkan plastik yang melapisinya.

    1. Pak Satria,

      Tidak bisa. Lha belum pernah coba. Dilihat dari nama lengkap dan kebiasaan Samsung, jangan berharap ponsel itu tidak lemot ya.

  10. Pak herry, saya lg galau nih. Hehe..
    Antara asus zenfone 3 ze520kl ram 3gb (harga 3,8 jt) dan huawei p9 lite (harga 3 jt) mana yg lebih baik dari segi performa, kegegasan, kamera dan kesesuaian harga?
    Terima kasih.

      1. Di Bukalapak dan Tokopedia banyak yang jual dibawah harga 3 juta Pak, resmi garansi Huawei Indonesia.

        Berarti kalau P9 Lite harga 3 juta, ponsel ini termasuk yang best choice ya di harga segitu? Kalau membaca review Pak Herry, kameranya sangat kaya fitur yang bermanfaat dan bukan sekedar gimmick.

    1. Pak Adie W,

      Sebanding deh. Apalagi, kalau rajin memantau toko online, bisa dapat V20 dengan harga lebih murah sekitar Rp 1 juta.

  11. zenfone 2 laser ZE601KL apa masih banyak yang lcd nya kena ghost touch Ko?soalnya pengalaman punya zenfone 2 ZE550ML kena ghost touch dan baca di asus.com banyak dialami zenfone 2 dan zenfone 2 laser..makasih Ko

  12. Pak HSW V20 memang bagus tapi harganya memang sepadan dengan kemampuannya pertanyaan saya kalau di kelas menengah dengan fitur dual sim,kamera bagus,audio hires/hifi,nfc,baterai 3000 mAh atau lebih merk apa ya Pak? Terimakasih

  13. Om,mau tanya nih,tapi oot.smartphone apa saja sih yg mengutamakan fitur musiknya.terutama jika didengar melalui headset/earphone.soalnya saya lebih mengutamakan fitur musik daripada kamera.

    1. Pak Sigit Herdi,

      Kalau spesifik musik, saya malahan tidak berani memberikan rekomendasi. Sebab, saya tak pernah khusus mengeksplorasi kemampuan bermusik suatu ponsel.

  14. Bagus reviewnya pak, jelas dan netral. Cuma sayangnya design depan V20 kalo menurut saya agak mirip ponsel HTC n Blackberry Z30 yg udah jadul.
    Kalo LG G6 kayaknya keren designnya.
    Btw, servis Moto itu gabung ama Lenovo ya pak?

  15. Pak HSW

    Seandainya ketiga ponsel ini beredar di indonesia dengan garansi resmi, ponsel manakah yang akan bikin anda tertarik untuk review diantara beberapa ponsel ini ya. Seandainya lho pak.. Dan harus milih ya hehehe…

    Oneplus 3T
    ZTE Axon 7
    Mi 5s
    Mi 5s plus

    Makasih sebelumnya

      1. Kalo boleh tau pak, kenapa bapak memilih OnePlus 3T, yang cenderung biasa aja, padahal tipe lain yang saya sebutkan lebih mempunyai fitur unik, seperti ZTE Axon 7 dengan speaker dolby nya, Mi 5s plus dengan kamera ganda nya, atau bahkan Mi 5s dengan fitur sensor sidik jari ultrasonic nya.

        Makasih sebelumnya

  16. Maaf mau nanya hal lain Ko Herry ..
    Mau minta saran: pilih yang mana Ko, antara Moto E power dengan Hisense Kingkong2 dengan Asus zenfone max
    Terima Kasih sebelumnnya

    1. Pak Gondo,

      Tak ada ponsel bernama Moto E Power. Kingkong 2 saya belum pernah coba. Jadi, ya tinggal tersisa Zenfone Max deh.

    1. Pak Gondo,

      Oh ok. Kamera lebih bagus Zenfone Max. Kegegasan lebih oke Moto E3 Power. Saya tidak bisa berkomentar soal Kingkong 2 karena belum pernah coba.

  17. Kenapa harga samsung lebih mahal? Apa karena bahan yang dipakai adalah bahan berkualitas baik sedangkan merk lain tidak?

    Pak hsw, ada pegalaman org yg pakai smartphone china selama rentang waktu 2-3 tahun? Jika ya, apakah ada kendala?

    1. Pak Seto,

      Ya salah satunya mereka kan market leader. Ada “harga merek” yang harus dibayarkan konsumen dan nilainya lebih besar daripada merek lain.

      Smartphone China ini maksudnya ponsel merek Tiongkok yang seperti apa?
      * Kelas global: Huawei, Lenovo, dan ZTE, atau
      * Kelas non-global: Vivo, Oppo, dan Coolpad

  18. Sebagai pengguna lg g4,sy sebenernya sangat tertarik dengan v20,karena performa g4 yg nyaris sempurna,ya nyaris,karena baterenya boros bgd,bisa swap sich,tp lama lama ribet sendiri,melihat v20 yg masi di angka 3000an mah,jelas membuat saya ragu,apalagi layarnya jg besar yg tentu lebih rakus daya,lainnya sy yakin pasti memuaskan banged.semoga g6 memiliki batere 4000mah dan semoga masalah2 klasik seperti bootloop,pink screen,burn screen bisa hilang.

    1. Pak Hendra,

      Kalau saya berharap LG mengeluarkan update firmware yang memungkinkan pengguna memilih resolusi layar. Misalnya, resolusi layar bisa diubah secara mandiri dari Quad HD menjadi full HD saja. 🙂

  19. LG pernah produksi ponsel yg memiliki stylus, tapi bukan di flagship memang. Andaikata kemampuan membaca stylus dibenamkan di flagshipnya bakalan mantap kyknya ya om hehe. Tapi bakal di cap meniru sama pabrikan sebelah. Cuma seri note deh yg menurut saya menarik dari pabrikan sebelah, sayang yg terakhir jadi bom.. Sukses terus om Herry

  20. Pak hsw
    Teman saya pakai xiaomi bergaransi resmi, hpnya bootloop lalu di klaim garansi, dan udahlebih dari 3bulan hpnya belum diperbaiki, kok bisa seperti itu?

    1. Pak Seto,

      Boleh tahu ponselnya tipe apa dan dibawa ke pusat perbaikan resmi Xiaomi yang di mana? Tolong sebutkan alamat lengkap dan nomor repair order-nya.

  21. Pak hsw

    Tolong Jangan lupa stiap review selain dijelaskan kemampuan foto suatu smarthphone, jangan lupa untuk uji kemampuan videonya.

    Ini kutipan dari kompas tekno :
    Namun, untuk layanan berbasis video seperti Snapchat dan Periscope, performa Vibe K4 Note belum bisa dibilang sempurna. Perekaman video kerap tersendat-sendat, begitu pula saat membuka video yang diunggah pengguna lain.

  22. 1. Dengan kisaran 2-3 juta, menurut pk HSW ponsel apa saja yg layak dibeli? Saya lebih mementingkan kualitas.
    2. Menurut pk HSW urutan kualitas ponsel dr yg paling OK ke KO di kategori menengah seperti apa? Daftarnya LG, Huawei, Infinix, Xiaomi, Asus, Samsung, Vivo.

    1. Pak Likhin,

      1. Di rentang harga segitu jagoan saya Infinix Zero 3.

      2. Hmm… mesti lihat tipe per tipe deh. Nggak bisa dipukul rata berdasarkan merek.

  23. Koh, vivo V5 plus udah keluar tuh.. Minat review gak koh?
    Kalo zenfone 3 kan banyak variasi tuh. Kalo yang mengutamakan kamera+performa yang varian apa ya?

    Pertanyaan OOT: sekarang di stasiun pasar turi taxi online gak boleh masuk kedalam parkiran stasiun ya? Kalo di semarang tawang kalo gak salah masih boleh.. Gak tau kalo sekarang

    1. Pak You,

      Saya sih nggak berani keluar duit segitu untuk ponsel Vivo.

      Kemungkinan Zenfone 3 Deluxe. Saya bilang kemungkinan karena belum pernah coba Zenfone 3 Deluxe. Kalau di antara yang pernah saya coba, silakan beli Zenfone 3 tanpa embel-embel apa pun.

      Iya, tidak boleh. Mengambil di kompleks ruko seberang Stasiun Pasar Turi pun nggak boleh.

      Bulan lalu saya naik kereta dan turun di Semarang Tawang. Driver taksi online nggak berani menjemput saya di dalam stasiun. Saya harus keluar dulu.

      1. Karena kemahalan kah? Atau kalo nanti dijual lagi bakal terjun bebas?

        Kalo zenfone 3 (yang tanpa embel2 apapun) lebih worthed yang kode apa ya?

        1. Pak You,

          Karena persentase penurunan harga jualnya tajam. Kalau harga ponselnya Rp 1 juta sih masih oke deh turun ratusan ribu. Lha ini kan harga ponselnya Rp 5 jutaan. Nilai penurunannya jadi terasa besar banget dong. 🙂

          ZE552KL.

  24. Infinix Hot 4, Zero 4, Zero 4 Plus, Note 3 Pro Kerasa Agak Overpriced ya Pak Herry S.w. Kaya cuma Modal Made in Indonesia+Toko Offline harganya jadi Overpriced. Mending Up ke Asus atau Samsung aja sekalian Kalo gitu. Sc,Aftersales nya juga lebih baik

  25. Om HSW di v20 apakah nano simnya tidak hybrid dengan slot sd card? Masalah lg tetap di konsumsi daya displaynya yg rakus karena menggunakan layar lcd non amoled beruntung baterainya bisa diganti dengan mudah. Modul kamera lg sejak g4 memang sudah bagus karena itu sekarang lg juga memasok modulnya untuk iphone. Buat saya v20 lebih cocok disebut sebagai penerus g4 ketimbang g5 se.

  26. Mantap review nya ko Herry, apakah ada rencana review beberapa produk Xiaomi yang baru-baru ini resmi ko? Sepertinya Redmi 3S Prime dan Redmi 4A yang resmi mengikuti TKDN.

  27. Om HSW sya mau tanya untuk lg G5 apa tdk bs menggunakan APK zaza remote control…?
    Apa. Hp nya harus ada fitur infra red untuk bs menggunakan APK tsb…?

  28. pak, kenapa tidak dibahas untuk pengambilan gambar dengan lensa lebar? karena di beberapa review, gambar yg diambil dgn lensa lebar ( mungkin foto santa klaus diatas jg menggunakan lensa lebar). bagian kanan dan kiri foto nampak agak melengkung tidak wajar. apa benar?

    untuk pengambilan foto outdoor di siang hari yg agak terik, apakah ada kesan “cahaya yang berlebih” pak?

    1. Pak Hendra,

      Oh, maksudnya distorsi ya. Tidak saya bahas khusus karena distorsi adalah hal yang sangat wajar terjadi bila pemotretan dilakukan menggunakan lensa sudut lebar. Kondisi itu tetap terjadi walaupun pemotretan dilakukan memakai lensa yang harganya setara dengan satu sepeda motor baru.

      Tidak.

  29. Pak, jika ingin membeli LG V20 secara online lebih baik beli dimana yang sekiranya harganya terjangkau dan sudah terpercaya

    1. Pak Angga,

      Tak tahu karena saya belum pernah coba. Satu hal yang perlu Anda ketahui, pusat perbaikan yang diklaim resmi Meizu itu statusnya tidak jelas.

  30. 1. pak herry hp marsmallow,awet batreinya dan kamera tidak mengecewakan harga 2,5 jt kebawah apa yg paling recomanded?
    2. apakah hp infinix udah bergaransi resmi?

    1. Pak Dany,

      1. Paling-paling Asus Zenfone Max. Namun, saya tak tahu versi OS terbaru ponsel itu.

      2. Sudah. Sejak 9 Juni 2015 deh.

  31. Maaf oot, pak herry saya mau tanya untuk budget 1,5 jt hp ap yg rekomend untuk dibeli dengan pertimbangan :
    1. Lncar multitasking tidak lag
    2. Kompatibel dgn smua band 4g indonesia
    3. Baterai awet (minimal pagi lepas charge, malam kembali di charge)
    Terimakasih

    Maaf ikut opini, kalo pendapat saya jawabnya LG G2 bekas. Sekarang pasarannya sekitar 1,5jt. Memenuhi semua syarat di atas. Bahkan Batere bisa hampir 2 hari.

    1. Pak Zulfikar,

      Apakah Anda yakin G2 kompatibel dengan semua band 4G di Indonesia? Berarti, dia harus mendukung band 3, 5, 8, dan 40 lho.

  32. Pak Herry,
    Maaf OOT,mau nanya lebih bagus Asus Zenfone 3 ZE552KL atau Lenovo Vibe P1 Turbo menurut Bapak dari sisi semuanya secara overall..
    Terima kasih.

  33. lg g4 second seri 6901 single sim kira2 layak dibeli gak koh,?
    apakah performa sama dengan yang dual sim

    1. Pak Jon,

      Nggak. Sekarang dual SIM itu sudah kebutuhan. Adanya garansi resmi, walaupun cuma sisa beberapa bulan karena barang bekas, juga patut dipertimbangkan.

  34. Selamat sore Pak Herry. Tolong tanya secara keseluruhan kriteria , mohon Pak Herry rekomendasikan mana yang paling bagus menurut Pak Herry. Anggap saja nih Pak Herry yang mau beli Smartphone. Huawei P9, LG G5 SE, LG V20, Zenfone 3, atau jika ada lainnya yang menurut Pak Herry layak dipertimbangkan. Ceritanya galau nih Pak mau beli yang mana. Apakah betul kalau sekarang sudah pakai OS Nougat sebaiknya membeli yang ROM minimal 64 GB? Terimakasih banyak atas bantuan Pak Herry.

  35. Selamat pagi, Pak Herry. Beberapa hari lalu saya pos pertanyaan di sini. Tertulis dalam moderasi. Kenapa sekarang malah hilang ya?

  36. Maaf Pak, biasa langsung terlihat kalau pertanyaan saya masih belum terjawab. Tapi tadi tidak muncul apa2. Ternyata setelah saya masukkan pertanyaan ke 2 muncul lagi hehehe. Makasih Pak

  37. halo ko HSW, saya pemakai LG G5,saya ambil kesimpulan, ternyata pemakaian hp saya hanya pada aktivitas biasa2 saja,spt wa, foto2 (dokumen, trip, dll), saya mau ganti hp yg layar dan kamera nya plg ok, mrk dan tipe apa ya ko bagusnya?

    thanks

      1. nah kalo compare dgn mi 6 gmn ko HSW? mengingat harga mi6 lbh ekonomis, pikir2 sayang beli v20 mahal2 hanya utk chatting , foto2 aja, thanks ko

        1. Pak Juan,

          Belum bisa komentar karena Mi 6 masih proses uji pakai. Hal lain, harga Mi 6 yang selama ini berseliweran itu harga di Tiongkok, bukan harga unit bergaransi resmi Indonesia.

  38. Selamat Siang Pak HSW,

    Saya ingin bertanya soal LG v20 ini, Di perangkat yang saya gunakan (LG V20) acap kali applikasi video player bawaannya tidak dapat di pergunakan. Terdapat pesan yang bertuliskan “This video is playing on the external display”, setelah melakukan research di internet hal ini terjadi juga di LG G5. Dan hingga saat ini saya belum mendapatkan solusi permanen untuk mengatasi masalah ini. Hanya dengan melakukan restart, memang video playernya bisa di pergunakan kembali, tapi setelah beberapa saat error tersebut kembali datang. Apakah Pak HSW memiliki solusi mengatasi hal ini, atau bila ada applikasi yang dapat memutar video slowmo yang direkam melalui kamera V20.

    Sekian Terimakasih.

    1. Pak Kevin,

      Kalau membaca notifikasinya, seolah fitur wireless display sedang aktif dipakai.

      Hmm… coba install aplikasi MX Player.

  39. Halo pak, saya pernah dengan LG V20 ini lebih cocok untuk “content creator” alias buat orang-orang yang suka membuat video atau rekaman. Apakah untuk mahasiswa yang baru lulus dimana tidak begitu suka membuat rekaman video/vlogging LG V20 ini masih layak dibeli (harga 8jutaan). Atau ada rekomen HP lain di harga yg sama atau mungkin lbih murah.
    Karena jika beli mahal-mahal namun banyak fitur tidak dipakai kan sayang juga hahaha

    1. Pak Vincent,

      Nggak juga deh. Bukan content creator cocok pakai V20 kok.

      Sekarang begini saja deh. Biar nggak berputar-putar, fitur yang Anda butuhkan sebenarnya apa saja? Trus, anggaran maksimal berapa juta?

      1. Jujur saya masih bingung fitur apa saja yg akan saya butuhkan nanti. Saat ini sih saya lebih mengutamakan performa seperti smartphone yg tidak mudah lag, tidak cepet panas, battery yg tidak cepat habis, bisa dual SIM 4G (karena akan memakai kartu 3 4G), tahan banting.

        Menurut Pak HSW sendiri apakah LG V20 ini merupakan investasi yang cukup bagus untuk masa depan?Karena saya orang yg sangat jarang mengganti smartphone

        1. Pak Vincent,

          Kalau yang dimaksud dua nomor bisa siaga di jaringan 4G secara bersamaan, jawabannya sampai saat ini belum ada ponsel yang mampu deh.

          Lah… ponsel dijadikan investasi. Ya tidak tepat, Pak. Kalau ingin investasi, lebih baik beli emas atau properti.

  40. Pak herry pasaran harga bekas lg v20 berapa ya?
    Kebetulan kemarin ditawari teman lg v20 garansi resmi indonesia tapi kardusnya hilang anggap saja hp batangan di harga 4,7 juta.

    1. Bu Tiya,

      Dengan asumsi lengkap, mulus, berfungsi normal, dan bergaransi resmi: Rp 6 juta.

      Kalau yang hilang hanya kardusnya, harga Rp 4,7 juta murah tuh.

  41. Ko Herry, saya tertarik banget dengan LG V20 setelah baca reviewnya. Mengenai issue bootloop di LG V20 apakah yang versi Indonesia juga banyak yang terkena? Trus untuk rata2 penggunaan baterai 12 jam dengan dual sim boleh tahu aktivitas apa saja? Thanks.

    1. Pak Sandi,

      Sejauh ini aman-aman saja.

      Email (700-an email sehari), WhatsApp, Facebook, Twitter, browsing, kamera, dan telepon.

  42. Malam ko Herry, Saya jadi tertarik dengan LG V20 setelah membaca reviewnya ko HSW apalagi baterainya removable. Mengenai issue bootloop di LG V20 apakah yang versi Indonesia juga banyak yang terkena? Trus kalo boleh tahu rata2 baterai bertahan 12 jam dengan dual sim untuk aktivitas apa saja? Thanks.

  43. Pak Herry,
    kira kira smartphone yang overall worth it untuk dibeli saat ini di budget harga 2jt-3jt apa saja ya? yang sekiranya mudah dimengerti untuk perempuan. Pemakaian sehari hari untuk foto, chatting dan telpon. trims sebelumnya.

    1. Pak Steven Aristo,

      Dengan kebutuhan seperti itu, silakan melirik Huawei P9 Lite. Jangan beli Samsung.

  44. Mas Herry,
    Sy ingin bertanya, mengenai permasalahan burn screen pada seluruh HP LG apakah pernah mas herry alami pada g5 se dan v20?
    jika iya apakah sedemikian mengganggu?
    sy kemarin uji pakai v20 di erafone beberapa menit untuk tes kamera,
    coba buka menu lain, eh pengaturan manual kamera masih ada. heran

    1. Pak Jaje,

      Hmmm… bukan seluruh ponsel LG deh.

      G5 SE: tak pernah mengalami.
      V20: seorang teman mengalaminya. Karena barusan beli (2-3 hari) langsung diganti unit baru.

      Mengganggu tidaknya bergantung burn screen-nya seberapa parah.

      Ehmm… demo unit di gerai Erafone maupun LG brand shop kadang tak bisa dijadikan patokan. Sebab, bukan mustahil yang dipajang adalah unit purwarupa alias prototipe non-final yang belum sempurna.

      1. Terimakasih mas herry atas tanggapannya.

        Oiya saya ingin bertanya dua hal sebelum membeli gadget.
        1. mengenai LG v20, bagaimana kegegasannya menurut mas herry? apakah muat masuk kantong celana? atau harus bawa pouch/tas saat jalan jalan? kemarin sy bandingkan sama dompet saya, dimensi nya lebih besar v20. saat uji pakai di er*fone tidak bisa dimasukin ke saku
        (belum lagi isu burnscreen di HP dengan harga segitu. tentu agak gimana…)

        2. mengenai uji baterai. saya menangkap adanya perbedaan hasil uji baterai mas herry dengan situs luar seperti gsmar*na dan lain-lain. misal p9. di situs tsb dikatakan cukup awet, sedangkan mas herry bilangnya agak boros. padahal baterai merupakan salah satu pertimbangan penting sy dalam membeli hp. bagaimana menurut mas herry? apakah demikian signifikan perbedaan daya konsumsi p9 dan v20?karena tentu jika p9 baterainya awet, pilihan jatuh pada p9..

        terima kasih mas herry. maaf ganggu. semoga sehat selalu

        1. Pak Jaje,

          1. Gegas. Muat banget. Entah kalau di celana jeans yang ketat. Kebetulan saya tak pernah memakai cleana jeans.

          2. Perbedaan perilaku pemakaian dan kondisi jaringan di lokasi pemakaian turut menentukan hasil akhir. Ya, bedanya lumayan signifikan.

    1. Pak Edric,

      Belum ada solusi tuntas. Solusi yang saat ini tersedia: kalau Anda memakai nomor Telkomsel sebagai nomor utama, jangan membeli LG V20 dulu.

  45. Ko, sorry tidak tahu, mau tanya ada masalah apa ya LG V20 dan telkomsel? Bukannya paket penjualan LG V20 disertakan paket internet Telkomsel 14 GB?

    1. Pak Sandi,

      Kalau dipadukan dengan nomor Telkomsel, biarpun bukan nomor bundling, bakal muncul aneka materi yang berhubungan dengan Telkomsel. Misalnya, wallpaper dan booting tone. Sangat mengganggu deh.

  46. Pak Herry, izin bertanya..

    1. Adakah smartphone lain yg angle kamera nya lebih dari 135 derajat seperti LG V20 ini? Kamera smartphone mana saja yg wide angle seperti LG V20 ini? (yang dibawah 135 derajat dan diatasnya)

    2. Pak Herry, apakah ada rekomendasi reviewer laptop yg Pak Herry tau yg review nya jujur juga seperti Pak Herry ini? (tanpa titipan sponsor)
    Laptop saya baru saja hilang, dan sekarang saya bingung untuk pilihan laptop yg akan dibeli karena pilihan tipe laptop dari satu merek saja sepertinya banyak sekali dan saya memang gak mengikuti tren laptop.

    Terimakasih Pak Herry.

    1. Pak Ape,

      1. Wah, kalau sampai sedetail itu saya nggak hafal, Pak. Silakan tanya Om Google. Kalau tak salah ingat, wide angle di LG G5 SE juga 135 derajat. Kalau di LG G6 125 derajat.

      2. Tak tahu.

  47. Pak Herry,
    Mau tanya untuk urutan pelayanan service center gawai Indonesia yang paling bagus sampai jelek urutannya gimana menurut bapak? sony-xiaomi-samsung-LG-huawei-asus-lenovo? Terimakasih untuk tanggapannya Pak.

    1. Pak Hendra,

      Terbaik LG, disusul Samsung. Terjelek Sony.

      Nah… yang di tengah-tengah itu agak sulit membuat urutannya. Oh ya, Asus yang dulu tergolong jelek sekarang sudah naik menjadi cukup bagus ya.

      1. Pak Herry,
        klo boleh tau apa alasan pak Herry berubah pendapat mengenai kualitas service center asus?
        apakah mengalami sendiri atau dari masukan/testimoni beberapa teman?

        soalnya kalau pak Herry mengalami sendiri, jujur saya ada “kecurigaan” karena yang berurusan dengan mereka (service center asus) adalah reviewer terkenal (HSW / ponselmu.com), jadi ada kemungkinan beda perlakuan dengan user jelata lainnya.
        Mungkin karena review HSW bener2 independen/ real apa adanya dan mereka tidak mungkin bisa “mempengaruhi” review2 yang ada, jadi bener2 harus kasih service yang baik.

        Tapi kalau memang ada masukan dari teman2 lain yang baru mencoba produk asus dan ada kendala, kemudian harus berurusan dengan service center dan mendapat perlakuan lebih baik dibanding yang selama ini pak Herry ketahui, mungkin itu memang benar ada perbaikan kualitas.

        Terima kasih pak.

        1. Pak David,

          Testimoni dari pembaca blog, follower Twitter, teman, dan beberapa pemilik toko.

          Bulan lalu saya memang sempat berurusan sendiri dengan pusat perbaikan resmi Asus. Namun, pengalaman tersebut tidak ikut menjadi pertimbangan karena petugas di sana langsung mengenali identitas saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *