Review LG V30 Plus: Siap Memanjakan Mata dan Telinga

Hadir sebagai ponsel dengan prosesor Snapdragon 835 pertama yang beredar resmi di Indonesia, keberadaan LG V30 Plus hanya sayup-sayup terdengar. Satu kondisi yang tampaknya takkan terjadi seandainya ia bermerek Oppo, Samsung, Vivo, atau Xiaomi. Padahal, setelah penulis alias HSW menjajalnya, V30 Plus alias V30+ sebenarnya bukan ponsel yang pantas dicampakkan.

V30 Plus dibekali layar OLED FullVision enam inci beresolusi QHD+ 2.880 x 1.440 piksel. Layar itu mendukung HDR10 yang kedahsyatannya bakal terasa ketika pengguna menyaksikan klip video berstandar tersebut. Ingin coba? Buka saja aplikasi YouTube, lalu ketikkan kata kunci HDR10 demo video.

Dengan bentang layar enam inci, awalnya Anda mungkin menduga V30 Plus takkan nyaman digenggam. Realitanya berbeda 180 derajat. Rasio layar 18:9 dipadu bingkai yang tipis memberikan sensasi ala menggenggam ponsel berlayar 5,5 inci. Kalau diukur, inilah dimensi fisik V30 Plus: 151,7 x 75,4 x 7,39 milimeter dan berat 154 gram.

Ketika ponsel siaga, tetapi layar padam dan terkunci, pengguna memiliki aneka alternatif untuk membuka layar. Di antaranya, memanfaatkan sensor sidik jari di sisi belakang ponsel, pemindai wajah (face recognition), maupun pengenalan suara (voice recognition). Pengguna bebas merekam perintah suara yang kelak harus dikenali oleh V30 Plus. Ini contohnya.

Mau iseng? Anda boleh memaki-maki ponsel. Silakan beruji nyali dengan mempraktikkannya di hadapan klien atau bos Anda.

Ponsel dengan konektor USB tipe C itu menganut dual SIM hybrid. Pengguna harus memilih akan menyelipkan dua nano SIM atau satu nano SIM dan satu keping microSD. Anggaplah pengguna memasangkan sepasang nano SIM. Dua nomor itu dapat siaga bersamaan. Nomor yang dipakai berinternet leluasa masuk ke jaringan 4G LTE, sedangkan satu nomor lainnya masih bisa menduduki jaringan 3G.

Merujuk kepada uji pakai yang dilakukan HSW, V30 Plus kompatibel dengan 4G LTE Telkomsel, Indosat, XL, Tri, dan Smartfren. Khusus Smartfren, aktivitas bertelepon dan ber-SMS dapat dieksekusi tanpa perlu menginstalasikan aplikasi Smart VolTE. Sebab, ponsel itu telah mendukung native VoLTE.

V30 Plus memanfaatkan prosesor delapan inti (octa core) Qualcomm Snapdragon 835 MSM8998 yang terdiri atas empat inti berkecepatan 2,45 GHz dan empat inti 1,9 GHz. Wi-Fi, bluetooth, GPS, NFC, RAM 4 GB, dan ROM 128 GB merupakan sebagian spesifikasi lain V30 Plus. Ketika ponsel baru diaktifkan, sisa memori internal mencapai 109,14 GB.

Baterai tanam berkapasitas 3.300 mAh menjadi sumber daya ponsel bersistem operasi Android 7.1.2 Nougat itu. Dengan perilaku pemakaian ala HSW, sekali diisi ulang hingga penuh, baterai tersebut biasanya mampu bertahan 12-13 jam.

Karena telah lulus uji ketahanan terhadap air, debu, dan benturan sampai batas tertentu, V30 Plus berhak mengantongi sertifikat IP68 dan US MIL-STD 810G.Asal tahu, permukaan layar dan bodi belakang ponsel itu menggunakan Corning Gorilla Glass 5.

Kini saatnya membicarakan dua fitur yang rutin dibanggakan LG saat memasarkan V30 Plus: kamera dan audio. Meneruskan jejak pendahulunya, kamera di sisi belakang ponsel itu berlensa ganda. Tentu saja dengan fitur fokus otomatis dan lampu kilat.

Lensa normal kamera utama V30 Plus siap menghasilkan foto beresolusi hingga 16 megapiksel. Bukaan lensa yang mencapai f/1,6 memberikan keuntungan ekstra kala ponsel dipakai memotret di lokasi minim cahaya. Satu lensa lain berupa lensa sudut lebar 120 derajat dengan bukaan f/1,9. Kemampuan maksimalnya memproduksi foto beresolusi 13 megapiksel.

Tersedia mode manual yang mengizinkan pengguna mengatur parameter pemotretan dengan lebih leluasa. Kecepatan rana alias shutter speed, misalnya, bisa diubah mulai 1/4.000 detik sampai 30 detik. Sedangkan ISO dapat dipilih antara 50 dan 3200. Pengguna juga dipersilakan mengatur white balance, pemfokusan, dan kompensasi pencahayaan.

Bila difungsikan sebagai perekam video, kamera belakang V30 Plus siap memproduksi klip video beresolusi 4K 3.840 x 2.160 piksel. Adanya fitur point zoom memungkinkan pengguna menentukan objek yang ingin ditonjolkan saat syuting dan melakukan perbesaran.

Bukan hanya itu. Pilihan efek di menu Cine mempermudah pengguna menghasilkan klip video yang lebih artistik. Singkatnya, dengan mengoptimalkan fitur-fitur bawaan kamera V30 Plus, pengguna dapat menjadi videografer dadakan deh.

Beralih ke kamera depan. Spesifikasinya lumayan “mengagetkan” untuk kelas ponsel flagship. Baik pada mode pemotretan normal maupun sudut lebar, ia hanya sanggup memproduksi foto beresolusi lima megapiksel dan klip video full HD 1080p.

Bagaimana dengan kemampuan audionya? V30 Plus mendukung Hi-Fi Quad DAC. Bagi HSW yang bukan seorang audiophile, penikmat musik, atau pemilik “telinga emas”, suara yang dihasilkan ponsel itu tergolong mantap. Untuk uji coba, HSW hanya memakai earphone berharga jual Rp70 ribuan. Detail suara yang terdengar kala fitur Hi-Fi Quad DAC diaktifkan sangat berbeda dibandingkan kala fitur tersebut dinonaktifkan.

Kalau dirangkum, inilah deretan kelebihan V30 Plus: layar prima, selalu gegas, dan dibekali memori internal berkapasitas besar. Kinerja kamera utama memuaskan, performa audio mantap pula. Ponsel tersebut benar-benar siap memanjakan mata maupun telinga penggunanya.

Sedangkan yang bisa dianggap sebagai kekurangan, antara lain, bodi agak licin dan sesekali lumayan panas kala ponsel aktif dipakai. Sidik jari pengguna juga relatif mudah menempel di permukaan belakang V30 Plus. Soal kamera depan, jujur nih, ia layak diberi acungan jempol terbalik.

Harga ritel resmi V30 Plus dipatok Rp10,499 juta. Karena sedang ada promo cashback Rp500 ribu, kini total dana yang harus dibayarkan pengguna sebesar Rp9,999 juta. Kenapa lihat-lihat? HSW paham kok Anda menganggap harga tersebut kurang seksi untuk sebuah ponsel LG.

***

Inilah contoh hasil jepretan kamera V30 Plus. Perhatikan perbedaan area tangkapan lensa normal dan lensa sudut lebar.

Tulisan di kaki mainan ternyata masih terbaca.

Satu foto di bawah ini dijepret menggunakan kamera depan.

***

Tangkapan layar Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

69 thoughts to “Review LG V30 Plus: Siap Memanjakan Mata dan Telinga”

  1. Mantap, tapi harganya yang jadi penghalang, pak Herry, oot kalau photo efek bokeh di LG G3, apa bisa ?, bagamana pak caranya ?
    Terima kasih

    1. Bu Lisa Iriyani,

      Bokeh natural dari karakter lensa sih bisa. Bokehnya baru muncul kalau objek yang dijepret benda kecil, pemotretan dilakukan dari jarak dekat, dan jarak objek dengan latar belakang cukup jauh.

      Kalau bokeh ala ponsel-ponsel keluaran terkini, belum bisa.

  2. Om, mau tanya nih,
    Lebih pilih mana antara Redmi 5 plus atau Mi A1?
    Atau ada alternatif pilihan lain untuk range 2-3 juta?

    Trims om

    1. Pak Leno,

      Cara memilihnya begini:
      * Ambil Redmi 5 Plus kalau Anda mengutamakan daya tahan baterai.
      * Beli Mi A1 kalau Anda menomorsatukan kamera.

      Yang segera dijual sih Xiaomi Redmi Note 5 dan Asus Zenfone Max Pro M1. Namun, saya belum menguji pakai dua ponsel itu.

        1. Pak Edwin,

          Honor rasanya mending dilewatkan dulu. Honor 9 Lite ternyata mengecewakan. Nge-lag dan tidak bisa dipakai untuk berinternet memakai nomor Smartfren.

  3. Hallo Om.Herry…

    Berdasarkan pengalaman Om.Herry, Apakah panas nya body LG ini sama dengan gawai berprosesor 835 lain yg pernah bapak coba?

    Misal : nokia 8 atau mi 6 gitu

    1. Pak Saiful,

      Lebih bagus V30 daripada V20.

      Saya belum pernah menguji pakai Galaxy S9. Mi MIX 2S belum/tidak beredar resmi sehingga saya tak mau berkomentar.

      Huawai P20 Pro? Saya malahan baru mengetahui ada ponsel bermerek itu.

  4. Selamat siang Om Herry, saya mau tny, sbnrnya LG G7 sudah keluar/tersedia di pasaran apa belum ya Pak?
    Terima kasih Pak…

  5. Klo dua kartu bekerja simultan 3G-4G berarti semua harus terkoneksi internet ya koh,ga kaya hp yg 2G-4G,reguler-data..

  6. Review paling d tunggu2..
    Menurut Koh Herry melihat tren smartphone dgn konsep dual kamera yg semakin pesat koh Herry lebih menyukai konsep dual camera LG, Huawei, Nokia 8, Xiaomi Mi A1 ? Dan Alasannya knp??
    Thx koh Herry sukses trs sm blognya

    1. Pak Apri,

      Saya lebih suka kamera ganda kombinasi lensa normal dan sudut lebar ala LG. Alasannya sederhana. Kadang saya perlu memotret di tempat yang sempit atau ingin mengabadikan objek yang sangat lebar.

  7. Pak HSW,

    Mantab, seperti biasa review dari pak HSW selalu lengkap dan nyaman untuk dibaca. Tapi itu kok dibagian tes kameranya ada foto saya nongol ya pak, hehehe. Kapan nih pak ada acara towal towel smartphone lagi? Apalagi kalau towal towelnya Huawei P20 atau Xiaomi Mi7.

    1. Pak Christian Utomo,

      Maaf baru hari ini saya bisa merespons.

      He… he… sekali-sekali jadi model. 🙂 Itu dijepret saat towel-towel di WTC ya.

      Besok (1 April 2018) ada towel-towel Huawei Nova 2 Lite.

      1. Pak Herry SW,

        Iya betul pak itu pas di acara WTC.

        Lho, kok tidak ada informasinya pak yang acara towal towel Huawei Nova 2 Lite? 1 April 2018 bukannya sudah kelewat 1 bulan ya pak?

        1. Pak Christian Utomo,

          Mohon maaf atas keterlambatan respons.

          Ups… saya salah ketik. Seharusnya 1 Mei 2018. Saat itu saya informasikan via Twitter.

  8. Maaf Koh Herry sw saya mau tanya pertanyaan yg keluar topik yg anda bahas . Karena saya bingung mau tanya siapa. Semoga anda bisa menyuarakan keluhan saya berkenaan dg UNREG layanan indosat prime. Saya sudah mencoba jalur call center 185 yg katanya gratis namun tidak ada satu pun manusia yg menjawab saya malah dijawab mesin yg ngasih tahu kalo call center tdk bisa menjawab karena banyaknya antrian dan itu puluhan kali. Kedua saya via twitter agar mematikan tapi belum ada tindak lanjut. Malah ada pemberitahuan via sms bahwa besok akan dpt layanan prime lite. Saya baca info klo indosat mendapat teguran dari BRTI namun tdk ada perubahan sama sekali betapa sulitnya UNREG layanan indosat prime . Mau buang kartu indosat tdk semudah yg saya pikirkan, pertama nohp sudah tersebar dg teman dan keluarga , kedua satu jatah KTP dan KK terpakai utk registrasi indosat.

    1. Pak Endi Eko Wibowo,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda.

      Ketika mengamati bagaimana cara Indosat merawat konsumennya, terus terang saya sudah putus asa deh. Saran saya, lebih baik secara bertahap mulai beralih ke operator lain saja deh. Dibandingkan zaman dulu, proses memberitahu teman dan keluarga tentang pergantian nomor HP kini lebih praktis.

  9. Halo Pak Herry,
    Semoga sehat selalu
    Dibanding LG V20, apakah peningkatannya banyak sekali atau tidak terasa?

    Terima kasih..

      1. Berarti saat ini bertahan dulu dengan V20 masih bisa dibilang layak dong…?
        Belum butuh upgrade, mengingat pak Herry bilang peningkatannya tidak terlalu banyak…

          1. Pak Herry ,

            Menurut Pak Herry, saat ini apakah saat yang tepat bagi pengguna LG G6 untuk hijrah ke LG G7+ ThinQ? Apakah lebih bijak menunggu harganya turun dulu ataukah menunggu produk baru yang akan diluncurkan LG atau pabrikan lainnya di tahun ini.

            Terima kasih.

          2. Bu Ivonne,

            Senyampang masih pre-order, kalau mau ganti inilah saat yang tepat.

  10. Selamat malam , Pak. Apakah rekomended Pak, buat ganti LG G5 SE? Gak tahan sama baterai cepat habisnya, Pak. Sekalian tanya nih, kalau barang yang dibeli di Korea dan di Indonesia apa bedanya ya, Pak?
    Terimakasih banyak sudah setia berbagi info tentang ponsel.
    Makin sukses untuk Ponselmu.

    1. Pak Sofy,

      Beralih dari G5 SE ke V30 Plus? Saya rekomendasikan kalau harga V30 Plus sudah turun menjadi Rp8 jutaan.

      Yang pasti ponsel yang dibeli di Korea tanpa garansi resmi. Kemungkinan juga ada perbedaan spesifikasi hardware.

  11. LG V30+ sektor audio nya memang bagus koh. pas coba kemarin di nostalgila bisa angkat Earbud 64 ohm rakitan. biasanya ponsel lain ngosngosan. bunyi tapi perlu volume tinggi itupun ga bisa kejar detil. mungkin ini juga yang mempengaruhi harga jualnya juga. Redmi Note 4 saya masih perlu Bantuan FiiO A3 buat angkat. itupun detailnya ga terlalu dapat, karena DAC bawaan Redmi Note 4 yang asal bunyi. kualitas sumber bunyi pengaruh juga ya.

  12. Menurut Pak Herry jika dibandingkan dengan Nokia 8 penilaiannya hasilnya seperti apa ya Pak karena penasaran nih Pak dengan prosesor yang sama harga Nokia 8 cuma 6jutaan lebih masuk akal

    1. Pak AL,

      Kamera Nokia 8 kalah telak dibandingkan V30 Plus. Kalau Anda tak terlalu memedulikan kamera, lebih baik membeli Nokia 8 karena perbedaan harga dua ponsel itu sangat signifikan. Padahal, selain kamera, kinerja keseluruhan dua ponsel itu mirip.

  13. Mantabb pak herry,oh yaa sekarang gaung ponsel lenovo sudah tidak terlalu terdengar ya pak,kira2 kalau saya membeli ponsel Lenovo untuk 3 tahun kedepan,apakah layanan aftersales nya masih bisa diandalkan ?
    Mengingat harga ponsel lenovo rata2 sekarang ini dibanderol murah.
    Terimakasih pak herry, semoga sehat selalu.

    1. Pak Rahmad Riadi,

      Ya, merek Lenovo semakin tak terdengar. Apalagi, Lenovo Indonesia tahun ini tampaknya akan fokus dengan merek Motorola. Hmmm… kalau tiga tahun mendatang, saya kurang yakin dengan ketersediaan suku cadang deh.

  14. kalo tidak salah sudut lebar lg v20 lebih lebar dari v30 tapi karena resolusinya lebih besar di v30 maka hasilnya bagus lg v30. begitu koh?

    1. Pak Maa Bule,

      Betul, lensa sudut lebar di V20 lebih besar daripada V30.

      Resolusi besar bukan jaminan hasil bagus. Sensor, lensa, dan prosesor yang lebih menentukan kualitas hasil jepretan deh.

    1. Pak Yassir,

      Mohon maaf keterlambatan jawaban.

      Sejak dulu saya kurang merekomendasikan G6 lho. Mending menanti V30 Plus turun harga. Sekarang sih sudah turun menjadi Rp9,499 juta, tetapi saya nilai masih kurang rendah.

    1. Pak Rudi,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      Boleh-boleh saja sih. Masalahnya, mengapa ponsel Anda harus sering di-restart?

  15. Selamat malam, Pak Herry. Mau minta tolong rekomendasi HP pengganti LG G4 anak saya, sebetulnya dia suka sekali dengan LG G4. Masalahnya baterainya saat ini sudah parah sekali. Lama waktu pengisiannya dan cepat habis. Saya berencana mencarikan penggantinya. Saya sendiri pemakai LG G5 SE, puas dengan kameranya. Tapi sama cepat habis baterainya. Kalau mau beli LG V30 plus, kok harganya masih gak worthed menurut saya. Apalagi kalau mau jual HP LG bekas nilainya kok jelek sekali.
    Mohon bantuan Pak Herry nih, kalau Pak Herry pilih beli HP apa , Pak. Penting kamera bagus, harga worthed dengan spesifikasi dan kinerjanya.
    Maaf kalau panjang sekali, galau tingkat tinggi, Pak, hahaha. Terimakasih banyak untuk bantuan Pak Herry.

  16. Pak Herry, maaf OoT. Saya mau meminta saran/masukan dari Bapak; apakah aman membeli ponsel di jd.id? Saya berniat membeli LG V20, dan di jd.id ponsel tersebut tersedia dengan embel-embel pre-order disertai bonus battery charging kit, dengan harga yang lebih murah dibandingkan paket yang sama di Tokopedia. Terima kasih

    1. Pak Ian,

      Biasanya aman, tetapi pengirimannya sering lama sekali. Barang bukan pre-order dengan alamat pengiriman ke Surabaya pun bisa seminggu baru sampai.

    1. Pak Adi Siswadi,

      Tidak.

      Sekadar info, saat beberapa waktu lalu mengadakan towel-towel LG V30 Plus di beberapa kota, tingkat ketidakhadiran peserta di Jakarta adalah yang tertinggi. Ketika pendaftaran dibuka, peminat ada banyak. Namun, peserta yang terpilih dan sudah konfirm hadir realitanya sekitar 20% tidak datang. Sebagian di antara mereka ketika dihubungi via WhatsApp sama sekali tidak merespons.

  17. Wah tangkapan kamera sudut lebar LG V30 Plus bagus ya Om ???? . Sekalian saya mau nanya, kalo punya dana 3-4 jutaan hape dengan kamera depan dgn sudut lebar yg bagus apa ya ?
    saya sering jalan2 dan suka poto rame2 bareng teman2 n keluarga .

    Terima Kasih Om HSW

  18. Pagi pak Herry, saya sedang mencari gawai yang bisa dikatakan cukup bagus di semua bidang. Awalnya saya melirik Samsung Galaxy Note 8, namun harganya masih jauh dari jangkauan. Apakah LG V30+ dapat dikatakan gawai yg memenuhi di semua bidang? Sebenarnya saya juga melirik Asus Zenfone 5z, namun saya ragu membelinya karena belum bersetifikat IP, tetapi sudah menggunakan Snapdragon 845, terdapat Audio Jack dan Kamera yang cukup bagus dengan harga yang terbilang murah. Jadi saya lebih baik beli yang mana? Atau bapak punya rekomendasi tersendiri? Terima kasih

    1. Pak Eries Osmani,

      * Ya, V30 Plus secara umum sudah memenuhi aneka kebutuhan. Kecuali, daya tahan baterai yang tidak terlalu awet ya. Tak cukup kalau diajak bekerja keras seharian penuh.

      * Zenfone 5Z kan belum beredar resmi. Jadi, ya saya belum tahu bagus tidaknya.

      1. Baik pak, harga yang cocok untuk membeli V30+ di bulan Juli kira-kira berapa ya? Apakah delapan sampai delapan setengah juta, sudah layak untuk dibeli?

        1. Pak Eries Osmani,

          Bergantung saat itu Asus Zenfone 5Z sudah mudah dijumpai atau belum. Jadi, silakan mengirimkan ulang pertanyaan pada bulan depan. 🙂

  19. Pak herry, saya mau tanya
    Apakah ada paket pembelian LG V30+ yang tidak dapat earphone B&O ?
    Saya lihat review yang dalam paketnya dia tidak mendapatkan earphone itu dan banyak 2nd hand yang isinya earphone standard LG bukan earphone B&O.
    Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *