Review Maxtron IP67-1: Bisa Mengapung di Air

Ponsel yang boleh dipakai berhujan-hujan, mandi, atau iseng dicuci bukanlah hal baru. Berbagai tipe ponsel Sony Xperia yang saat ini tersedia di pasar memiliki kemampuan tersebut. Peminat bisa membelinya dengan harga mulai Rp 2 jutaan sampai lebih dari Rp 7 juta di ribuan toko ponsel di seluruh Indonesia.

Namun, bagaimana kalau sebuah ponsel bisa mengapung saat dimasukkan ke dalam air? Nah, itu baru langka. Tanpa disangka, kemampuan tersebut justru tersedia di ponsel Maxtron, merek lokal buatan Tiongkok yang eksistensinya sayup-sayup terdengar.

Maxtron-1

Maxtron IP67-1 adalah ponsel dual on GSM-GSM. Bila dimasukkan ke dalam air, ponsel itu takkan tenggelam. Sesaat setelah coba dibenamkan ke ember, wastafel, maupun bak mandi yang berisi air, ponsel akan melayang bergerak ke atas. Berikutnya, mengambang bak mainan kapal-kapalan. Klip videonya bisa disaksikan di http://youtu.be/7ssf7H6VfgA.

Selama ponsel mengapung, nomor GSM yang terpasang tetap dapat dihubungi. Layar spontan menyala dan menampilkan nomor penelepon. Sementara itu, nada dering hanya terdengar lirih karena tertahan oleh air yang mengelilingi bodi ponsel.

Maxtron-2

IP67-1 tersedia dalam empat pilihan warna. Yaitu, hitam, hijau tentara kombinasi hitam, oranye-hitam, dan kuning-hitam. Di sisi kiri ponsel terdapat konektor micro USB dan konektor handsfree berkabel yang tertutup karet. Pengguna sebaiknya hanya membukanya saat akan mengisi ulang baterai atau menancapkan handsfree berkabel.

Bila dicermati, posisi konektor micro USB di IP67-1 menjorok lebih dalam daripada mayoritas ponsel. Karena itu, pengguna seyogianya memanfaatkan kabel micro USB yang disertakan dalam paket penjualan. Kabel micro USB bawaan ponsel lain sebenarnya juga dapat dipakai, tetapi cenderung terpasang kurang erat. Goyang sedikit saja bakal lepas.

Maxtron-3

Dua nomor GSM dapat siaga bersamaan di IP67-1. Kotak masuk SMS di ponsel itu digabungkan. Untuk mengetahui suatu SMS ditujukan ke nomor pertama atau kedua, pengguna cukup memperhatikan angka di ujung kanan baris SMS.

Nada dering telepon maupun SMS dua nomor yang terpasang di ponsel itu tak bisa dibedakan. Untuk nada dering telepon, pengguna dapat menambahkan nada baru. Misalnya, menggunakan file MP3 lagu kesukaan. Sedangkan untuk nada SMS, pengguna hanya dapat memilih satu di antara tujuh pilihan nada.

Maxtron-4

Selain di kartu SIM, pengguna dapat menyimpan daftar kontak di memori ponsel. Kapasitasnya hingga 500 nama single entry. Satu nama hanya bisa dipadukan dengan satu nomor telepon. Kalender, alarm, jam dunia, kalkulator, dan pemutar multimedia merupakan sebagian fitur lain IP67-2. Ada pula bluetooth, radio FM, dan game klasik Sokoban.

Di sisi belakang ponsel yang mendukung layanan GPRS itu terdapat sebuah kamera. Kamera tanpa fokus otomatis dan lampu kilat tersebut cuma sanggup menghasilkan foto VGA alias 0,3 megapiksel. Bila difungsikan sebagai perekam video, ia maksimal memproduksi klip video beresolusi 176 x 144 piksel. Performa kamera IP67-1, menurut penulis, sangat pantas diberi predikat jelek.

Maxtron-5

Sejak kali pertama diaktifkan, kapasitas memori internal yang tersisa di IP67-1 terbatas sekali. Hanya 20 kilobyte. Karena itu, idealnya pengguna senantiasa menyelipkan kartu microSD ke selot yang tersedia. Kecuali, pengguna sama sekali tak ingin mendengarkan musik atau memanfaatkan fitur kamera.

Kekurangan lain IP67-1, menurut penulis, kinerja earpiece-nya kurang prima. Meskipun tingkat volume sudah diatur sedemikian rupa dan nomor GSM yang dipakai juga telah diganti, suara lawan bicara tetap terdengar kurang jernih. Earpiece itu apa? Itu lho, speaker yang berada di bagian atas layar dan rutin didekatkan ke telinga saat bertelepon.

Saat ini, ponsel berbaterai lithium ion 900 mAh tersebut dijual di kisaran harga Rp 650 ribu. Meskipun sudah memiliki uang tunai, peminat tetap mesti berjuang untuk mendapatkan IP67-1. Sebab, dalam pantauan penulis, tak banyak toko yang tertarik kulakan dan menjual ponsel merek Maxtron.

***

Paket penjualan terdiri atas ponsel, baterai lithium ion 900 mAh, kepala charger 500 mA, kabel micro USB, handsfree berkabel, dan keping logam untuk membuka penutup baterai.

***

Berikut beberapa contoh hasil jepretan kamera IP67-1.

Maxtron-6

Maxtron-7

Maxtron-8

45 thoughts to “Review Maxtron IP67-1: Bisa Mengapung di Air”

  1. Ini hp kesayangan saya dulu sebelum hilang dicuri orang.beli seken dgn harga 250ribu dgn kondisi 99%.ukuranx cukup besar buat di saku.kalau hujan hp ini yg sering dibawa.sayang utk hp outdoor tidak dilengkapi senter dan baterai yg kapasitasnya kecil πŸ™‚

  2. hehehe pas keliling2 toko2 ponsel nemu hp sekennya pak.dicek2 ternyata msh lumayan baru n tdk ada tanda2 pernah dibongkar.harganya murah daripada barunya. yg seken ini hp ip671 saya yg kedua.yg pertama saya beli baru pas hargax turun jd 475rb.sekarang dah naik lg jd harga di atas 500 ribu di daerah saya.

  3. mas herry,
    kayaknya sama dg yang merk ASIAFONE ya? sama-sama hp outdoor. Beberapa gerai di Sby ada kok mas.
    Oh ya, di tangan mas Herry batrenya tahan brp hari?

    1. Pak Yayan,

      Punya Asiafone apakah juga bisa mengapung?

      Saat saya menuliskan review IP67-1, di Surabaya sulit sekali menemukan penjual ponsel tersebut. Kini saya lihat ada dua toko di WTC yang menjual ponsel itu. Harga lebih murah daripada yang saya sebutkan. Namun, hanya ada warna hitam.

      Di tangan saya, baterai bertahan 2-3 hari.

  4. Terima kasih sudah mereview request saya pak, btw baterenya lumayan juga ya. sekali lagi thanks pak Herry….

  5. mas herry,
    saya tidak tahu asiafone juga bisa ngambang apa tidak, soalnya saya cuma lihat dari etalase. Di dus nya ada keterangan outdoor phone. Cuma saya browsing di youtube gk ada yang eksperimen dg asiafone, kalo maxtron banyak yang eksperimen. Kayaknya maxtron ini kalo marketingnya bagus bisa ngalahin SONIM atau samsung B2100 (sudah discontinue??)
    Saya pernah lihat di geraai daerah Banyuurip, ada warna orenz,hitam,hijau army

    1. Pak Yayan,

      He.. he.. Maxtron masih jauh deh kalau dibandingkan Sonim dan Samsung. Apalagi, dalam hal kualitas produk.

      Oh, di Banyu Urip malahan ada yang jual dengan koleksi warna komplet ya. Thanks infonya.

  6. Maaf itu buat telponan sm smsan gmna reviewnya yg lebih detil yaa..?

    sy juga tertarik dgn hp model badak sprti ini..

  7. untuk hp merk lokal atau cina yg bisa ngapung cuma maxtron ini.hp outdoor lainnya cuma tahan banting dan tahan percikan air bukan direndam setahu saya.daya tahan baterai kalai saya 4 hari.pas bar baterai kosong tp hp belum mati tdk bisa digunakan buat kirim sms n telp

  8. pak Herry bisa review hp maxtron android ip67-3.dual sim,dual core,anti banting,tahan direndam,anti debu,layar gorila glass gen2. itu yg saya baca di net Pak.thanks Pak Herry πŸ™‚

    1. Pak Rizal,

      Tentu saja bisa. Silakan mengirimkan ponselnya ke Surabaya ya. πŸ™‚

      Waktu barusan mendarat di Jakarta, saya sempat melihat papan iklan ponsel itu dan langsung berencana iseng membeli. Setelah cek sana-sini, ternyata harga jualnya Rp 1,5 jutaan. Nggak deh. Saya tak mau iseng membeli ponsel merek lokal buatan Tiongkok dengan harga segitu.

  9. Saya juga masih nabung buat beli Pak hehe
    soalnya pas buat saya di lapangan
    tp menurut Pak Herry layak ga utk diambil hp ini πŸ™‚

    1. Pak Rizal,

      Kalau saya sih nggak berani iseng beli merek lokal seharga Rp 1,5 jutaan, apalagi mengingat reputasi Maxtron yang sempat gimana gitu deh.

  10. Maaf pak herry,saya kira worth it koq pak,krna saya juga pemakai maxtron ip67 3 pak,saya rendam sehari semalam di bak mandi dan sering juga saya cuci pakai sabun dan saya gosok pakai sikat gigi juga tdk apa2 pak,sya pakai sdh hampir 5 bln ini dan alhamdulillah juga tdk terjadi apa2 pak,sy kira masih worth it dengan harga yg ditawarkan dengan spek yg didapat,batrenya juga kuat koq pak,3 hari saya br ngecharge,itu posisi online terus lo pak,bbm juga on trs…

  11. Teman saya juga ada yg pakai merek sonim xp 3 pak,dgn harga separuh dr maxtron,dan saya lihat kemampuannya juga sama pak,oiya sekedar info saja pak,hp ini aslinya rebrand dr merek oinom type lmv 7,yg saya tau oinom adalah produsen khusus pembuay hp2 outdoor yg tangguh pak,dan rata2 hp outdoor produksi oinom bnyk diimpor di negara2 eropa timur,seprti rusia dan sekitarnya,utk ulasannya bnyk koq pak di you tube dlm bahasa rusia

    1. Pak Dimas Prahestu,

      Sonim XP3 harganya separuh Maxtron? Apakah tidak terbalik, Pak?

      Oh ok, terima kasih atas informasinya soal Oinom.

  12. Iya pak,masih lancar sampai sekarang tdk kurang suatu apa pun pak,dan insyaallah lancar sampai selamanya pak.,hehehe

  13. Mksd saya harganya sonim lbh mahal separuh dr harganya maxtron pak..,hehehehehe,maklum ngetiknya sambil ngntuk pak..hehehe

    1. Pak Dimas Prahestu.

      He.. he.. ngetik sambil ngantuk kadang memang bisa bikin pikiran tidak sinkron dengan jari.

  14. Mau tanya sama semua nih, bagaimana kekuatan sinyal maxtron Ip67-1? apa bisa dikatakan diatas rata-rata? kami tinggal di daerah yang sinyal tidak terlalu bagus, Mamasa, Sulbar

    1. Pak Aa Bim,

      Beberapa waktu lalu saya sempat melihat ada toko di WTC yang menjualnya. Masalahnya, saya tak ingat nama tokonya. Ancar-ancarnya begini:

      1. Masuklah dari pintu utama WTC (bukan pintu WTC Galeria ya).
      2. Silakan berjalan lurus sampai ke dekat eskalator naik. Di kanan Anda eskalator, sedangkan di sisi kiri ada toko yang memajang banyak kartu perdana.
      3. Beloklah ke kiri. Perhatikan toko di deretan kiri. Yang menjual IP67-1 kira-kira 3-4 toko sejak belokan.

    1. Pak Fadly,

      Saya tidak mengetahui pasti. Pembaca thread ini yang berada di Jakarta mungkin bisa memberikan informasi.

  15. mohon info u/ smua.d area semarang ad yg tw g za galery yg jual maxtron ip67-1.mksh untuk semua sahabat.

    1. Pak Anton,

      Lain kali biasakan menuliskan pertanyaan dengan kalimat yang utuh ya. Jangan disingkat-singkat.

      Kalau di antara rekan-rekan ada yang mengetahui informasi yang dibutuhkan Pak Anton, tolong bantu ya.

  16. permisi..?klo ada yg tahu galery jual maxtron ip67-1 mhon infonya…:Anton 081901381316 pin bb551f611a.matur suwun??

  17. Pak Bro… sekarang yang jual HP maxtron ip67-1 di SBY dimana ya..???
    kemaren saya habis muter2 WTC sama MARINA kok gag ketemu yang jualan.
    barang kali pak bro punya info untuk saya.
    terimakasih pak.

    1. Pak Ismail,

      Ponsel itu tampaknya sudah diskontinyu. Belakangan ini saya tak pernah melihat lagi ada toko di WTC yang memajang ponsel tersebut. Kalau memang ingin banget, silakan keluar masuk toko di WTC. Mestinya minimal ada satu toko yang masih punya stok lama, tetapi tak terlihat dari luar.

  18. ni hape sangat tangguh, berhubung saya orang rescue lapangan dan sdh pake hape ini sejak 1.5 tahun yang lalu sampai sekarang, tangguh dlm segala cuaca, bs mengapung di air, dan pernah ikut kecuci di saku celana dan terendam selama sehari semalem namun ndak ada masalah sama sekali, di lokasi banjir pun juga, kadang malah saya bawa pas snorkling. Pokoknya siip nih hape. sinyalnya pun juga termasuk kuat. hape ini sangat cocok bagi rekan2 Rescue dan pekerja lapangan, tahan banting dan tangguh di segala kondisi

    1. Pak Tanpo Jeneng,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Iya, Maxtron IP67-1 memang lebih macho daripada AF22. IP67-1 menggunakan empat sekrup.

  19. …”Pengguna sebaiknya hanya membukanya saat akan mengisi ulang baterai atau menancapkan handsfree berkabel”…
    supaya tidak cepat longgar ya pak πŸ˜€
    Pak Herry pakai hape ini berapa lama, pak? Apakah sekrup/penguncinya tahan karat?

    1. Pak Tanpo Jeneng,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Hmm… berapa lama ya. Nggak sampai sebulan deh. Soal tahan karat, saya tak mengetahuinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *