Review MiLi Power Crystal II dan Power Crystal III: Penerus Produk Pelopor

Masih ingat dengan power bank MiLi Power Crystal yang beredar di sini lima tahun lalu? Meskipun tak ada piagam yang mengesahkannya, dalam sejarah perponselan Indonesia, Power Crystal dikenal sebagai pelopor power bank berdesain cantik, berkualitas prima, dan bukan ditawarkan oleh produsen ponsel.

Saat itu, Power Crystal yang berkapasitas 2.000 mAh dijual Rp 299 ribu. Penjualannya laris manis. Respons pasar yang sangat positif memantik munculnya produk palsu. Ada pula power bank merek tertentu yang terang-terangan menjiplak desain Power Crystal.

SONY DSC

Kini penerus Power Crystal telah memasuki pasar. Untuk menunjukkan generasi sekaligus perbedaan tipe, MiLi hanya menambahkan angka romawi. Tinggal pilih, mau MiLi Power Crystal II atau MiLi Power Crystal III. Dibandingkan Power Crystal generasi pertama, tentu ada serangkaian pengembangan yang dilakukan.

Power Crystal II dibekali baterai lithium polymer berkapasitas 5.000 mAh. Sebuah kabel micro USB diintegrasikan ke bodi power bank berdimensi fisik 116,5 x 70 x 15 mm dan berat 145,8 gram itu. Jadi, tak ada ceritanya lagi lupa membawa kabel. Arus yang dapat mengalir via kabel micro USB tersebut sebesar 1 A.

Satu output lain Power Crystal II berupa port USB yang mampu melewatkan arus sampai 2,4 A. Selama proses pengisian ulang baterai ponsel atau tablet, lampu indikator di sisi muka power bank takkan menyala. Untuk mengecek sisa daya power bank, pengguna harus menekan tombol power. Sedangkan persentase pengisian dapat dipantau langsung di layar gawai yang sedang di-charge. Gawai? Sama dengan acang, gawai adalah terjemahan bahasa Indonesia gadget.

Pemilik produk Apple, baik iPod, iPhone, maupun iPad, mestinya tak perlu ragu memakai Power Crystal II. Sebab, ia telah mengantongi sertifikat Apple MFI yang proses pengujiannya dikenal sangat ketat. Dari seluruh produk yang disertifikasi, konon hanya sekitar dua persen yang dinyatakan lulus.

SONY DSC

Bagi pengguna yang menginginkan power bank berkapasitas lebih besar, tersedia MiLi Power Crystal III yang berukuran 135,5 x 80 x 13,5 mm dan bobot 185,8 gram. Selain dimensi fisik, hanya ada dua perbedaan di antara keduanya. Pertama, kapasitas baterai lebih besar, 7.000 mAh versus 5.000 mAh. Kedua, saat diisi ulang, konektor micro USB di Power Crystal III mampu mengisap arus listrik sampai 1,8 A. Bandingkan dengan konektor input Power Crystal II yang maksimal sanggup menerima 1 A.

Power Crystal II dijual Rp 478 ribu, sedangkan Power Crystal III Rp 560 ribu. Paket penjualan keduanya sama, yaitu terdiri atas power bank, kabel micro USB sepanjang 60 cm, serta adapter dari micro USB ke konektor mini USB dan konektor lebar Samsung Galaxy Tab. Diduga untuk menekan harga jual, kabel charging yang kompatibel untuk produk Apple sengaja tidak disertakan.

9 thoughts to “Review MiLi Power Crystal II dan Power Crystal III: Penerus Produk Pelopor”

  1. maksudnya konsisten tu, kapasitasnya sesuai dengan apa yang ditulis, daripada ada power bank yang namanya 10000 mAh, tapi dipakai ngecharge cuma kuat 3 kali charge…untuk kapasitas baterai hape 1500 mAh…

    1. Pak Dinno,

      Oh, intinya yang jujur menyebutkan kapasitasnya ya. Merek global seperti Sony, Energizer, MiLi, dan Nokia menuliskan apa adanya. Untuk merek lokal, Delcell juga menuliskan apa adanya.

  2. Pak Herry, adakah outlet atau online shop terpercaya untuk beberapa merk powerbak ini? MiLi, Eneloop, Noontec, Delcell, Energizer, dan Sony.
    takut salah beli ke barang tiruan.
    Trims.

    1. Pak Andre,

      Tak ada satu penjual yang menawarkan seluruh merek yang Anda sebutkan. Jadi, Anda harus menghubungi beberapa penjual. Saya sebutkan satu per satu ya.

      1. MiLi.
      Anda bisa mencari di gerai Pazia yang biasanya ada di pusat perbelanjaan. Bisa pula mencari Delta Gadgets. Kalau di Surabaya lokasi tokonya ada di Ratu Plaza. Sedangkan di Surabaya ada di Jl Biliton 1. Kalau dari arah Hotel Sahid, posisinya tepat setelah Rumah Cantik Citra. Saya hafal banget karena sehari-hari tinggal di Surabaya dan rutin melewati toko tersebut.

      2. Eneloop.
      Carilah di gerai penjual aksesori yang cukup besar. Anda boleh pula mencarinya di toko yang rutin menjual baterai AAA merek Sanyo.

      3. Noontec.
      Sama dengan MiLi. Baca poin 1.

      4. Delcell.
      Anda bisa mencarinya di pusat penjualan ponsel atau gerai Delta Gadget yang berada di Jakarta dan Surabaya.

      5. Energizer.
      Silakan berburu di Wellcommshop yang berada di berbagai mal. Bisa pula mencari di gerai aksesori komputer merek Zimbadda yang biasanya terdapat di pusat penjualan komputer.

      6. Sony.
      Silakan mencari di Sony Center. Wellcommshop kadang juga memiliki stok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *