Review Mito A90: Bentuk Fisik Ideal, Kinerja Menyebalkan

Keputusan Mito menghadirkan A90 tergolong cerdas. Sebab, di pasar praktis tak ada ponsel Android dual SIM GSM-GSM merek global yang dibekali qwerty keypad. Padahal, buat sebagian orang, kenyamanan merangkai kata via papan ketik qwerty fisik belum bisa digantikan oleh papan ketik virtual di layar sentuh.

Tampilan fisik A90 mengingatkan penulis dengan Nokia Asha 303 yang mulai dipasarkan di Indonesia pada Desember 2011. Layar sentuh A90 berukuran 3,14 inci dengan resolusi 320 x 240 piksel.

Mito A90-1

Di bagian atas ponsel terdapat sederet tombol dan konektor. Yaitu, tombol power, konektor charger dua milimeter ala Nokia, konektor micro USB, konektor audio 3,5 mm, dan antena televisi. Meskipun tersedia colokan charger ala Nokia, praktiknya baterai A90 tak bisa diisi ulang menggunakan charger Nokia. Setiap kali charger Nokia ditancapkan, beberapa detik kemudian muncul peringatan untuk mencabutnya karena tegangan berlebih.

Baterai bawaan A90 tertulis berkapasitas 1.200 mAh. Hal yang menarik, baterai Nokia tipe BL-5C dapat dipasangkan dan berfungsi sempurna di ponsel itu. Dengan demikian, pengguna takkan kesulitan mencari baterai cadangan.

Satu-satunya kamera A90 berada di bagian belakang ponsel. Kamera itu dibekali lampu kilat, tetapi tanpa fokus otomatis. Ia sanggup menghasilkan foto beresolusi maksimal 1.600 x 1.200 piksel atau setara dengan dua megapiksel. Kalau difungsikan sebagai perekam video, ia mampu memproduksi klip video VGA.

Dua nomor GSM dapat siaga bersamaan di ponsel bersistem operasi Android 4.1 Jelly Bean tersebut. Pengguna hanya bisa menikmati layanan internet berbasis GPRS/EDGE. Karena itu, bila kebetulan berada di lokasi ber-hotspot, pengguna sebaiknya memanfaatkan jalur Wi-Fi.

Prosesor berinti ganda (dual core) Mediatek MT6517 1 GHz, bluetooth, Wi-Fi, A-GPS, RAM 512 MB, dan ROM 4 GB merupakan sebagian spesifikasi lain A90. Saat ponsel kali pertama dinyalakan, sebanyak 782 MB di antara 848 MB total kapasitas internal storage berstatus kosong. Sementara itu, phone storage-nya masih utuh 2,05 GB. Selipkan kartu micro SD untuk memperbesar ruang penyimpanan file multimedia.

Mito A90-2

A90 juga dibekali televisi analog yang siarannya bisa direkam maupun disimpan sebagai foto. Bila ingin memantau berita terkini tanpa melihat layar ponsel, aktifkan saja radio FM. Saat radio FM dijalankan, di layar ponsel akan muncul notifikasi yang meminta pengguna menancapkan earphone. Earphone atau handsfree berkabel itu disebutkan bakal berfungsi sebagai antena radio. Abaikan! Cukup julurkan antena televisi, lalu silakan sepuasnya menikmati siaran radio FM. Bisa kok.

Di atas kertas, selain sisi minus belum mendukung layanan 3G, A90 terlihat sangat menarik. Bentuk fisiknya ideal, apalagi bila kelak pengguna berencana menikmati BlackBerry Messenger (BBM) via Android. Harga jualnya pun relatif terjangkau. Saat penulis mengetikkan naskah ini, harga pasar A90 antara Rp 549 ribu sampai Rp 575 ribu.

Praktiknya, kinerja nyata A90 tak seindah yang dibayangkan. Papan ketik qwerty yang relatif keras, tampilan layar yang melelahkan mata, dan hasil jepretan kamera yang sangat buruk merupakan sederet cela yang penulis temukan.

Bukan hanya itu. Sehari setelah dibeli, keypad A90 yang penulis gunakan sudah bermasalah. Ada tombol yang sama sekali tak berfungsi, ada pula yang baru merespons saat ditekan keras.

Beruntung, sebelum 24 jam sejak pembelian, penulis telah membawa ponsel itu kembali ke gerai penjual. Setelah menanti sekitar sepuluh menit, A90 penulis diganti dengan unit baru, disertai perjanjian bahwa penukaran itu adalah yang terakhir. Bila terjadi kerusakan lagi, penulis dipersilakan langsung mengunjungi pusat perbaikan resmi Mito.

Sehari kemudian, ponsel tetap berfungsi sempurna. Keypad tidak bermasalah. Namun, penutup baterai yang baru dibuka pasang empat kali sudah tak bisa menutup sempurna. Meskipun bentuk fisiknya sepintas ideal, rupanya kinerja A90 pantas diberi label menyebalkan.

72 thoughts to “Review Mito A90: Bentuk Fisik Ideal, Kinerja Menyebalkan”

  1. Problem hp lokal ya seperti itu, diatas kertas kayaknya bagus, sekali dipakai sangat tidak nyaman. Jaman skrg lebih enak buat mereka, bisa bikin hp Android. Jamannya feature phone, UI hp2 Mediatek sangat tidak user friendly

  2. iya pak. saya salah satu pemakai hape android china merk lokal. tapi menurutku merk mito itu punya kasta terendah dalam hal kualitas. saya ada imo s78 sudah lama dan tidak ada kendala sama sekali. cross a18 juga pak. jd salah satu pertimbangan dalam beli hp andro cina maybe beli hape yg dah di branding sama negara lain ya. kyk s78 sama a18 di luar juga ada tapi merknya beda. yg mito rata2 ga ada.

    1. Pak Andra,

      Ya, tampaknya ponsel rebranding begitu boleh dipertimbangkan. Kayaknya zaman dulu ada Nexian Journey yang sama dengan Motorola tipe tertentu. Saya lupa tipe lengkapnya. Trus, terakhir ada Imo S89 yang sama dengan Amoi tipe tertentu pula.

  3. Betul banget Pak..saya juga pernah coba2 A90 yg seken ini..tombol keypadnya memang keras…juga sayang masih edge

    btw..di Banjarmasin harga baru A90 ini sudah Rp 485 ribu Pak

    1. Pak Rizal,

      Wah, di Banjarmasin harga A90 malahan lebih murah daripada Surabaya ya. Padahal, biasanya Surabaya lebih murah. Terima kasih atas informasinya.

  4. segitu buruk nya ya pak herry brand mito ini. Pdhal sya berencana mau beli mito a95 quad core.. Tp kya mesti mkir pnjang buat beli produk mito ni..

  5. Pilih mana pak harga 575 android 1 GHz dapat kamera +flash +TV atau beli HP senilai 575 yang cuma bisa sms+telp ?

  6. Pak Herry, bisa kasih referensi HP Android GSM yang ada keypad qwerty? samsung chat, prosesor masih 800MHz.SE Xperia Pro/Mini Pro..udah discontinued..ga tahu apa bisa upgrade. Kira2 apa yg direkomendasikan? Makasih.

    1. Pak Nunoz,

      Kalau tak keberatan dengan tipe lama, Sony Ericsson Xperia pro masih ada yang jual kok. Sekitar dua minggu lalu, harganya Rp 2,8 juta. Untuk sementara belum ada tipe lebih baru yang lebih menarik. Galaxy Chat lemot.

  7. Pak Herry, sy pnh lihat ada bluetooth casing keyboard buat i phone. Nah..kira2 ada gak ya buat hp android? kalo pak herry pnh coba, gmana responnya? makasih.

    1. Pak Nunoz,

      Ini maksudnya keyboard eksternal atau bagaimana ya? Kalau keyboard eksternal dengan koneksi bluetooth, saya pernah iseng memakai keyboard lama banget zaman Palm masih berjaya. Eh, keyboard itu sukses saya padukan dengan peranti BlackBerry dan Android keluaran terkini.

  8. Iya pak, keyboard eksternal. Dipasangkan di bawah hp, jadi hpnya seperti mempunyai sliding keyboard seperti xperia pro gitu pak. Itu buat iphone 5. Nah, sy pikir mungkin ada orang yang ga biasa dengan hp full touchscreen spt lumia atau android, kan berguna sekali. Tapi apa ada ya, pak? Kalopun ada…pasti hanya untuk tipe tertentu karena ukuran hp yang berbeda2.

  9. Alhamdulilah, da referensi kyk gni. Sempet mau beli mito a90, trgiur ma hrga nya n fitur”nya. Jdi brfikir 2x deh bt beli ni hp. Sya jg pny nexian a899, n alhamdulillah fine” ja smpek skrg. Thanks bnget bt info nya.

  10. review ponsel….klo yg review udah biasa megang android high end tentu semua hp yg dibawahnya penuh kekurangan…lain klo yg review biasa megang hp low end trus review hp android high and pasti bilang sempurna…semisal biasanya make samsung wonder trus review samsung galmin2 atau young pasti jelek reviewnya mulai dr layar dll….

  11. dan masalah tutup belakang mungkin agan kasar…aq sering lepas pasang juga gpp…jgnkan mito sony experia x10i aja punyaku tutup belakang rusak krn sering buka tutup….masalah qwerty keybord tdk mengalami kendala sama sekali bagiku…dan aq punya mito a90 dan samsung galchat…tp malah samsulnya yg gampang masalah padahal harganya 1 jutaan…

  12. mendingan cari hp lokal yg udh go international.kya Snexian,Evercoss/cross dll.biasany kualitas lbih di perhatikan.

    1. Pak Fahmi,

      Belum tentu juga deh. Yang mengaku ganti nama karena mau go internasional itu sebenarnya punya cerita lain di balik layar. Terakhir, klaim mereka yang mengaku sebagai “BBM Official Partner” saya duga juga bakal dipermasalahkan oleh pihak tertentu.

  13. terima kasih bgt bgt…..buat ni blog.td liat ni hp di lazada.com jd ngiler pngen beli .untung liat ni blog ,klo di luar sana orang lg pusing nge-Root,Custom ROM,SWAP dll tp ni mlah pusing bolak balik Servise center.

  14. ane lebih sreg ama metej lokal lain, kek imo yg ane pake skrg, S79 d philipin ada jg tp dg brand yg berbeda. punya komunitas utak atik sana sini, ngeroot nya jg gampang.

    menurut ane cari komunitas/cara root ,stock, customrom nya dulu. biar gampang d kemudian hari. neh imo ane sebenarnya mentok d GB, skrg malah ada yg ngoprek ato bikin ICS buat neh hp

    1. Pak Daud,

      Browsing? Asalkan terkoneksi dengan Wi-Fi yang cepat, browsing ringan masih lumayan.

      Layar sentuh? Bikin emosi deh.

      Buat lihat YouTube? Biarpun terkoneksi Wi-Fi yang cepat, masih tidak nyaman. Kalau tidak terkoneksi Wi-Fi, wah… bakal jadi latihan pengendalian diri deh.

      Singkatnya, saran saya, lebih bijak membeli ponsel lain deh.

    1. Pak Mierza,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan lagi. Karena padatnya aktivitas, sampai minggu pertama Desember 2013 saya akan lambat dalam merespons pertanyaan.

      Saya belum pernah mencoba A50 sehingga otomatis takkan menulis review mengenai acang tersebut.

    1. Pak Irham Kurniawan,

      Mohon maklum karena saya baru bisa merespons pertanyaan pada malam ini. Kebetulan beberapa hari terakhir sedang sibuk pindahan ke rumah kontrakan baru.

      Maaf, saya belum pernah mencoba Cross A11.

  15. Berhubung lenovo s560 yg jd incaran saya udh discontinue saya nekat minang mito a50 koh,, & hasil cukup lumayan,, untk hrga 1,2 koh, awalny saya minat ama advan s5e tp stlh liat review dari koh herry akhirnya saya putusin pinang mito a50 aja koh,,, barangkali koh herry minat utk review mito a50 boleh pake punya saya koh

    1. Pak Mierza,

      Terima kasih banget atas tawarannya. Saya berminat. Apakah Anda berada di Surabaya?

      Btw, harga beli A50-nya apakah tidak terlalu tinggi ya?

  16. Saya d tuban koh,, udh sy bandingin di bnyak outlet harga kisaran segitu koh saya belinya 1,14 mlah ad yg nawarin 1,3,,, akhirny sya ambil yg 1,14 + perdana simpati loop, ap perlu sy paketin koh?

    1. Pak Mierza,

      Oh, kalau di Tuban, jangan deh, Pak. Saya nanti bingung cara mengirimkannya kembali. Sebab, saya tak mau menggunakan jasa JNE. Saya biasanya memakai jasa Tiki dan FedEx/RPX. Masalahnya, Tiki tidak melayani pengiriman acang bekas, sedangkan FedEx/RPX seingat saya belum menjangkau Tuban.

      Harga ritel yang disarankan untuk A50 Rp 1,199 juta. Saat ada pameran, teman saya di Jakarta membeli acang itu Rp 999 ribu saja. Mungkin karena Anda berada di kota yang agak kecil, penjual bisa mematok harga jual di atas harga ritel yang disarankan.

  17. Sy tertarik beli Mito A90 ini, tapi stlh tahu kinerjanya buruk, gak jadi deeeh…
    makasih infonya..

    salam dari Yogya
    Ahmad
    081392307089

  18. Saya pengguna A90 juga, beli juga sekitar Oktober 2013. Untuk touch screennya lumayan. hanya saja emang bener karena masih edge untuk sambungan internetnya lemot banget, kecuali pake wifi. Kalau pake wifi bisa cepet (tergantung jaringan penyedia wifi nya juga). 1 lagi minusnya di A90 saya: baterai masih 90% ketika pake sambungan edge A90 langsung mati. tapi ketika kita pake wifi, baterai awet. Apalagi pake dual SIM, HP langsung mati meski baterai masih di atas 70%.
    Itu pengalaman saya, semoga jadi catatan buat calon pengguna A90, terimakasih.

  19. hmm padahal saya juga mau beli pak mitonya itu, storm2 saya udah ampun2 kondisinya :D.. mungkin saya pertahankan dulu aja storm2 saya, makasih pak herry 😀

    1. Pak Ian,

      Sekadar menyentuhnya pun belum pernah. Btw, daripada membeli Evercoss, lebih baik beli ponsel merek global deh. Kecuali, niat belinya sekadar untuk iseng.

    1. Pak Roy,

      Saya belum pernah mencoba Treq Tune Z. Sepentahuan saya, rekam jejak Treq di mata sebagian pemilik toko ponsel kurang bagus sih.

  20. Ini lage review hape mito saya nyari di surabaya kok g da ya gan??di pasar maling juga ndak ada

  21. mito A90 sya bermasalah pd layar,hpnya aktif tp tampilannya putih,(menunya gak nampak)mohn bantuannya

    1. Bu Maryna Mazaya,

      Maaf baru balas. Saya usai “dikunjungi” sakit perut plus masuk angin. Sekarang pun baru pulih sekitar 60 persen.

      Silakan membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Mito.

  22. maaf sekedar nambahin para master robot ijo disini, ane pegang ni neng mita a90 (sapaan akrab pemakai mito) gak ada masalah sama sekali, mungkin dari ribuan produksi ada yg gagal 1 wajar, vendor besar pun gak mungkin sempurna semua yg mereka produksi. bagaimana produk lokal bisa bersaing kalo warga negaranya saja malas memakai, malah menjelekan secara gambalang. maaf kalo bicara saya kurang sopan.

    1. Pak Danzyach,

      Dalam kasus ini, Mito A90 yang saya beli dan satu unit pengganti sama-sama rusak dalam waktu kurang dari 1 x 24 jam. Berarti, minimal ada yang gagal dua unit. Entah itu masih layak dianggap wajar atau tidak.

    1. Pak Budi Wiryo,

      Ini sih Anda keluar dari mulut buaya, tetapi malahan masuk ke kandang macan. Saran saya, beli merek global saja. Jangan beli merek lokal. Cross (kini Evercoss) keluaran terkini tidak sebagus zaman dulu ketika belum laris manis. Lebih baik membeli merek lain.

  23. yah memang sangat-sangat menyebalkan nih hp.saya 8 bulan aja tahan make nih hp.ini hp bisa dibilang gurulah untuk belajar menggunakan smartphone tpi klo dah bsa sangat membosankan dan membuat geram sistemnya ini.seperti bersekolah ada waktunya kelulusankan nah jdi klo dah bsa diganti aja sama hp baru kyak saya sekarang make samsung galaxy s5.

  24. saya punya nih mito a90 tpi ga kepake dah 1 thn +.seperti benda rongsokan gitu deh di simpan.klo bsa dijual pasti saya jual.klo pun bsa harganya kurang dari rp100.000 dikalimantan selata atau daerah amuntai,barabai,kandangan,paringin,dan tanjung pak.tpi dgn punya nih hp saya dapat belajar penuh atau dapat memahami cara kerja android.saya juga seorang programer dan hackers sekarang.awalnya ga tau apa2 tentang smartphone.jdi sekarang pengatahuan saya buka cuma dikomputer,laptop,dll tpi juga semua tentang smartphone.

  25. sekarang hp ga kyak dulu lagi.biar tampang sistemnya hebat atau pintar dimata masyarakat umum tpi system nya ketahanan ga sehebat nokia dulu.kami para hackers juga ber eksperimen mengenai ini.tpi tetap nokia zaman dulu sangat kuat.bahkan amerika serikat memakai nokia untuk menyelubungkan atau mengecuh pemindai uni soviet/russia dalam perang.

    1. Pak/Bu Dania,

      Saya tak tahu karena belum pernah mencoba ponsel itu. Saran saya, merek seperti Mito, Evercoss, dan aneka merek lokal lain sebaiknya dijadikan pilihan terakhir deh. Sebaiknya Anda mencari merek global dulu.

  26. pak herry sw.

    ini pak hape saya mito a 90 tiba2 eror.
    di buka batre nya.trus dipasang kebali batre nya.
    titiba2 eror.kira2 apa nya itu ea pak herry.

    sekian dan terima kasih

  27. Maaf sebelumnya….!!

    saya sudah lebih dri 3 thn make hp mito a90 blom pernah ada masalah…

    makanya klw pake barang harus hati2..

    contohnya aja rumah tangga loe, trus loe kasarin pasti rusak..

    terimakasi…!!

    1. Pak Hasan,

      Anda sudah lebih dari tiga tahun memakai Mito A90? Wow… keren sekali. Berarti, Anda telah memiliki ponsel itu lebih awal daripada bos Mito. Lha Mito A90 baru diluncurkan pada September 2013. Dua tahun pun belum sampai.

  28. Ngakak bgt baca komen2 tentang acang ini,apalagi komen trkhr dr pak Hasan… 😀
    Tetap smangat koh Herry buat review’nya,meskipun ada pihak2 yg kayaknya agak risih dgn review koh Herry kali ini.

  29. saya pengguna mito a90 beli sejak akhir thun 2013, sampe skrng fine2 aja, menurut saya wajar aja a90 emang banyak minus krna itu dikususkan buat kalangan menengah kebawah mkanya hrganya murah, meski pun murah bukan brrti murahan, di daerah saya kalo interntan pke a90 lumayan meski cuma mengandalkan edge/gprs, masukan saran ane kalo pnya hh android pstikan anda ngerti apa itu custom rom, backup os, dll. biar klo trjdi apa2 bisa di prbaiki sndiri.
    #bijak dalam membeli hp
    #nih nokia hitam putih saya udah 5 thun lbih msih mulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *