Review Moto Z: Ibarat Gadis Cantik yang Pintar dan Adaptif

Kembalinya ponsel Moto (dulu Motorola) ke pasar Indonesia kini terasa lebih lengkap. Setelah tahun lalu menghadirkan Moto E3 Power di kisaran harga Rp 1 jutaan, awal tahun ini Lenovo memboyong ponsel flagship Moto Z. Pada saat bersamaan, Lenovo sebagai pemilik Moto juga memperkenalkan Moto Z Play.

Seandainya Moto Z adalah manusia, ia ibarat gadis yang cantik, trengginas, sekaligus pintar. Ia sangat adaptif dan fleksibel. Lebih tepat disebut sebagai multitalenta daripada berkepribadian ganda.

Kali pertama melihat wujud nyata Moto Z, terutama varian berwarna putih kombinasi emas, siapa pun bakal menilai ponsel itu bertampilan fisik menawan. Mewah. Normalnya takkan ada yang mengelak kalau Moto Z tergolong tipis. Tebalnya yang cuma 5,19 milimeter menempatkannya sebagai ponsel pintar (smartphone) premium tertipis di dunia. Setidaknya hingga saat ini.

Di sisi atas ponsel berbobot 136 gram itu terdapat selot kartu. Pengguna diberi kebebasan ingin memasangkan dua nano SIM atau satu nano SIM plus satu keping microSD. Umpama pengguna menyelipkan dua nano SIM, sepasang nomor itu bisa siaga bersamaan. Satu nomor di antaranya, tak peduli berada di selot SIM mana, leluasa mengakses internet dan masuk ke jaringan 4G. Sedangkan satu nomor lainnya masih dapat merasakan jaringan 3G.

Kombinasi 4G-3G, 3G-4G, atau 3G-3G secara simultan itu jelas menguntungkan pengguna. Nomor yang siaga tak perlu “terbuang” ke jaringan 2G yang dari waktu ke waktu kualitas layanannya kian menurun.

Di atas kertas, Moto Z kompatibel dengan layanan 4G LTE semua operator di Indonesia, termasuk Smartfren dan Bolt. Mengacu kepada pengalaman penulis alias HSW, Moto Z terbukti sudah mendukung layanan VoLTE Smartfren. Ketika kartu 4G Smartfren diselipkan, ponsel itu lancar digunakan untuk bertelepon, ber-SMS, maupun berinternet.

Tombol volume dan power bakal ditemukan pengguna di sisi kanan Moto Z. Sementara itu, di bagian bawah ponsel terlihat sebuah konektor USB tipe C. Di manakah lokasi konektor audio 3,5 milimeter yang digunakan untuk menancapkan handsfree berkabel? Jawabannya, tidak ada!

Ketebalan ponsel yang begitu minim membuat konektor audio harus disingkirkan dari bodi Moto Z. Kalau ingin memakai handsfree berkabel, pengguna mesti memasangkan konverter dari USB tipe C ke konektor audio universal dulu. Tenang… tak usah bingung mencarinya. Adapter itu sudah disertakan di dalam paket penjualan ponsel.

Gesture yang relatif komplet menjadikan Moto Z cantik sekaligus pintar dan praktis digunakan. Saat ponsel siaga, tetapi layar padam, misalnya, pengguna cukup menutupi bagian bawah ponsel dengan telapak tangan. Layar ponsel spontan bakal menampilkan ikon notifikasi masuk. Untuk mengetahui isi notifikasi, pengguna tinggal menyentuh dan menahan ikon notifikasi.

Hendak memakai lampu kilat kamera sebagai lampu senter darurat? Goyangkan ponsel dua kali, seolah pengguna memotong sesuatu memakai pisau. Lampu kilat spontan bakal menyala terang. Untuk memadamkannya, goyangkan ponsel dua kali lagi.

Kalau mendadak menemukan objek menarik yang ingin difoto, pengguna memiliki jalan pintas untuk mengakses kamera. Gerakkan ponsel dengan cepat ke depan-belakang membentuk setengah lingkaran sebanyak dua kali . Cara serupa dapat dilakukan untuk berpindah dari kamera belakang ke kamera depan atau sebaliknya.

Masih ada gesture lain yang kelak bisa dijajal pengguna Moto Z. Di antaranya, membalikkan ponsel untuk memasuki mode do not disturb, mengangkat ponsel untuk menghentikan dering, dan menyapu layar untuk memperkecil tampilan layar.

Dengan pengaturan mudah, pengguna bisa memberikan nama panggilan kepada Moto Z. Selanjutnya, pengguna dapat memanggil dan memerintahkan hal tertentu kepada ponsel. Misalnya, “Herry SW phone” lalu diikuti pertanyaan “jam berapakah sekarang?” Ponsel akan bersuara, “Waktu saat ini adalah pukul sembilan empat puluh satu.”

Tak jarang pengguna ponsel dibuat sebal oleh aplikasi bawaan yang bejibun. Hal serupa takkan dialami pembeli Moto Z. Pasalnya, ponsel bersistem operasi Android 7.0 Nougat itu hanya dibekali sederet aplikasi standar Android plus dua aplikasi spesifik Moto. Kalau memerlukan aplikasi tambahan lain, pengguna bisa mengunduhnya dari Google Play Store.

Kamera utama Moto Z dilengkapi fokus otomatis laser dan lampu kilat ganda. Kamera dengan bukaan lensa alias diafragma f/1,8 itu sanggup menghasilkan foto beresolusi hingga 13 megapiksel. Kalau difungsikan sebagai perekam video, ia mampu memproduksi klip video beresolusi 4K alias Ultra HD.

Bila memilih mode kamera profesional, pengguna bebas mengatur parameter pemotretan secara manual. Misalnya, ISO/ASA dipilih antara 100 dan 3200, sedangkan kecepatan rana (shutter speed) mulai 1/6.000 detik sampai setengah detik. Ada satu keanehan yang HSW temukan di mode profesional. Kecepatan rana nyata saat memotret sering tidak sesuai dengan kecepatan rana yang telah dipilih. Contohnya, kala HSW memilih kecepatan rana 1/2 detik, kecepatan rana nyata tercatat 1/4 detik.

Beralih ke kamera di sisi muka Moto Z. Kamera itu dibekali lampu kilat yang siap memberikan pencahayaan tambahan ketika pengguna berswafoto alias selfie. Resolusi foto yang bisa dihasilkan hingga lima megapiksel, sedangkan resolusi video maksimal full HD 1080p.

Spesifikasi teknis lain Moto Z, di antaranya, prosesor empat inti (quad core) Qualcomm Snapdragon 820 MSM8996 yang terdiri atas dua inti 1,8 GHz dan dua inti 1,6 GHz. Ada pula Wi-Fi, bluetooth, NFC, GPS, RAM 4 GB, dan ROM 64 GB. Saat ponsel usai menjalani factory reset, sisa memori internal mencapai 52,32 GB.

Moto Z memanfaatkan layar AMOLED 5,5 inci beresolusi Quad HD 2.560 x 1.440 piksel. Permukaan layar telah mengadopsi Corning Gorilla Glass 4 sehingga relatif lebih tahan terhadap goresan.

Di bawah layar terdapat sensor sidik jari (fingerprint sensor) yang memberikan pengamanan tambahan sekaligus mempermudah pengguna mengakses home screen. Sentuhkan saja ujung jari ke sensor sidik jari itu. Dalam waktu singkat layar Moto Z akan aktif dan terbuka. Untuk memadamkan dan mengunci layar, sentuhkan lagi ujung jari.

Sumber daya ponsel berasal dari baterai tanam berkapasitas 2.600 mAh. Dengan perilaku pemakaian ala HSW, baterai itu mampu bertahan selama maksimal 12 jam. Untunglah proses pengisian ulang baterai Moto Z tergolong cepat. Charger bawaan yang memiliki fitur TurboPower sanggup menuntaskan pengisian dalam waktu paling lama satu jam 15 menit.

Kalau dirangkum, Moto Z adalah ponsel Android dual SIM yang memiliki desain cantik. Fisiknya tipis dan relatif ringan sehingga enak dikantongi. Selama diuji pakai HSW, ponsel itu tak pernah terasa lambat. Bahkan, ia terasa lebih gegas daripada LG V20 yang kecepatan CPU-nya di atas kertas sedikit lebih tinggi.

Performa kamera Moto Z secara umum layak disebut bagus, walaupun harus diakui belum bisa mengungguli kamera LG V20 dan Huawei P9. Karena telah mengimplementasikan water repellent nano-coating, pengguna Moto Z tak perlu khawatir bila ponselnya terkena percikan air.

Saat ini Moto Z dijual dengan harga ritel resmi Rp 8,499 juta. Tersedia dua pilihan warna, hitam berpadu abu-abu dan putih berpadu emas. Di paket penjualan disertakan sebuah bumper semitransparan dan back cover bermotif kayu.

Lebih Maksimal dengan Moto Mods

Agar fungsinya lebih maksimal, pengguna Moto Z dapat memadukan ponselnya dengan aksesori tambahan yang disebut Moto Mods. Cara pemakaian Moto Mods sangat mudah: lekatkan ke sisi belakang Moto Z dan langsung siap digunakan. Pengguna tidak perlu menginstalasikan driver atau aplikasi tambahan.

Magnet yang dipakai akan membuat ponsel melekat erat dengan Moto Mods. Komunikasi antara dua peranti itu dilakukan via konektor logam yang berada di sisi belakang ponsel.

Ada lima macam Moto Mods yang diboyong Lenovo ke Indonesia. Pertama, Moto Style Shell. Mudahnya, itu adalah back coverΒ yang dipasangkan ke bagian belakang Moto Z. Tersedia beragam warna dan corak yang bisa dipilih pengguna. Kalau tak ada perubahan, harga jualnya dipatok Rp 200 ribuan. Di dalam kardus Moto Z telah disertakan satu Moto Style Shell bercorak kayu.

Kedua, Incipio offGRID Power Pack. Buat sebagian pengguna, termasuk HSW, baterai Moto Z yang berkapasitas 2.600 mAh tak cukup untuk beraktivitas seharian penuh. Aksesori Incipio setebal 6,2 milimeter itu menjadi solusi. Ia siap memasok daya tambahan sebesar 2.220 mAh. Dengan demikian, Moto Z pengguna seakan-akan dibekali baterai berkapasitas 4.000-an mAh. Cukup untuk mendampingi pengguna beraktivitas mulai pagi hari sampai larut malam.

Berapakah harganya? Pembeli paket pre-order Moto Z dan Moto Mods berhak mendapatkannya secara gratis. Kelak aksesori itu akan dijual terpisah dengan harga Rp 1,599 juta.

Ketiga, JBL SoundBoost. Speaker eksternal itu mampu mengeluarkan suara yang keras dan berdentam. Agar lebih mudah diletakkan di meja, bangku, atau permukaan tanah, JBL telah menyiapkan sebuah penyangga lipat. Harga jualnya Rp 1,599 juta.

Keempat, Hasselblad True Zoom. Bila dipadukan dengan Moto Mods tersebut, Moto Z bakal berubah menjadi kamera saku digital dengan optical zoom 10x dan lampu kilat Xenon. Memotret objek secara diam-diam dari jarak jauh dapat dilakukan dengan lebih mudah. Siapkan dana Rp 3,599 juta untuk meminangnya.

Buat yang belum tahu, Hasselblad merupakan salah satu produsen kamera yang terkemuka. Pendaratan pertama manusia di bulan pada 20 Juli 1969 diabadikan menggunakan kamera Hasselblad lho.

Terakhir, Moto Insta-Share Projector. Harganya paling mahal dibandingkan Moto Mods yang lain, yaitu Rp 4,599 juta. Tampilan layar Moto Z bisa diproyeksikan menjadi jauh lebih besar. Maksimal hingga 70 inci. Serasa memiliki bioskop pribadi di dalam kamar deh.

***

Inilah contoh hasil jepretan kamera Moto Z.

Berani minum LPG?

Tiga foto di bawah ini dihasilkan oleh kamera depan Moto Z.

Berswafoto di ruangan yang gelap gulita.

Masih di tempat dan situasi yang sama. Namun, lampu kilat kamera depan Moto Z kini diaktifkan.

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

129 thoughts to “Review Moto Z: Ibarat Gadis Cantik yang Pintar dan Adaptif”

  1. om herry

    untuk motoz n moto z play made in mana yah..?
    lebih worth to buy mana om yg moto z atau moto z play
    pengen minang si gadis nunggu mahar terkumpul
    makasih om
    #ngilermaksimal

    1. Pak Motolovers sedjak th.2000,

      Yang bergaransi resmi Indonesia dirakit di Cikarang.

      Tak tahu karena saya belum pernah mencoba Moto Z Play.

  2. Satu nomor di antaranya, tak peduli berada di selot SIM mana, leluasa mengakses internet dan masuk ke jaringan 4G. Sedangkan satu nomor lainnya masih dapat merasakan jaringan 4G.

    salah ketik om? harusnya 3G ya?

  3. Ko Herry, kamera dari moto z jika diadu dengan Asus Zenfone 3 dan LG G4 disektor manual dan low light bagusan yang mana? (Saya mengesampingkan prosesor)

  4. “Satu nomor di antaranya, tak peduli berada di selot SIM mana, leluasa mengakses internet dan masuk ke jaringan 4G. Sedangkan satu nomor lainnya masih dapat merasakan jaringan 4G.”

    Kayaknya ada kesalahan pengetikan deh Pak, harusnya 4G yang terakhir itu 3G..

    1. Pak St3v4nt,

      Moto Z Play: tak tahu. Lha belum pernah coba.

      Hasselblad: tak tahu juga. Kemarinnya cuma sempat towel-towel sebentar banget.

  5. Dear, Tn. Herry,,
    Maaf kalau OOT,, bicara vendor xiaomi sekarang membawa resmi ke Indonesia varian redmi 3s yang sudah 4G dengan ram 3gb dan rom 32gb,, (meski telat masuk), menurut Tn. Herry, masih layak untuk dibelikah sekarang ini jika disandingkan asus zenfone 3 max ZC520TL dari segi value dan performa serta kesediaan aksesoris dan service center?
    Terima kasih.
    Sehat selalu.

    1. Pak Jaka,

      Dari sisi value dan performa saya tak bisa berkomentar karena belum pernah mencoba ponsel Xiaomi tersebut.

      Kalau dari sisi ketersediaan aksesori dan pusat perbaikan resmi sih layak beli.

    1. Pak Jaka,

      Luna: tak ada rencana.

      Redmi 3S: belum tahu. Saya masih belum memutuskan akan mencoba ponsel itu atau Redmi 4A.

  6. Bung hsw menurut saya desain depan smartphone ini kurang menarik dibandingkan pesaingnya yaitu huawei p9 dan LG V20. Menurut bapak gimana?

  7. Pak hsw

    Apakah mifi speedup layak dibeli jika harga 800ribu ? Berapa harga layak beli menurut hsw, dan kalau bisa berikan link tokonya?

    1. Pak Seto,

      Harga resmi Rp 699 ribu. Saya tak punya tautan toko online. Kalau offline, di GraPARI Ciputra World Surabaya sempat saya lihat masih ada stok.

      Gimana kalau harganya Rp 800 ribu? Lha kalau memang perlu ya silakan dibeli.

  8. Mohon tanya Infinix zero 4 plus sampai hari ini kok belum keluar ya, kira2 kapan keluar resminya? yang keluar hanya zero 4 biasa. Terima kasih tanggapannya

  9. Ok om.. moto z nya sangat menarik kecuali harganya.. hha..
    Ada banyak pertanyaan ni om seputar moto mods..

    1. Apakah moto mods akan memberikan tambahan daya untuk ponsel? Kalau tidak tentu akan mengurangi daya tahan baterai donk om. Kira-kira yang paling boros daya dan yg paling hemat daya yang mana? (Kecuali incipio)

    2. Terkait incipio powerpack, apakah berfungsi sama seperti halnya power bank sebagai carger (pemindah daya) atau dapat juga sebagai tambahan daya sehingga daya ponsel lebih besar (maksudnya kondisi 100% baterai lebih dari 2600mAh)?

    3. Adakah kemungkinan moto mods ini akan bertambah?

    4. Adakah kemungkinan bisa dipakai pada ponsel Motorola seri selanjutnya?

    Maaf om kalau banyak pertanyaan,
    Trims untuk jawabannya..

    1. Pak Delavega,

      1. Ada Moto Mods yang dibekali baterai internal sebagai sumber daya. Ada pula yang tanpa baterai internal. Saya belum pernah menguji pakai semua Moto Mods. Dugaan saya, yang paling boros daya si proyektor.

      2. Saya belum pernah menguji pakai Incipio. Kata teman yang pernah pakai, bisa difungsikan pula sebagai penambah daya. Jadi, seolah kita punya ponsel dengan baterai berkapasitas besar.

      3. Sangat mungkin.

      4. Bisa dipakai di ponsel Moto seri Z generasi berikutnya.

  10. halo koh herry maaf nih ya kalau oot
    saya mautanya nih apa aja sih yang harus diperhatikan dalam membeli ponsel bekas apakah harus ada kartu garansinya atau bagaimana,oh ya hp lg g4 bekas bisa dipakai 2 tahun kedepan gak?.Maaf kalau kebanyakan sukses selalu koh herry

    1. Pak Dhani,

      Selain ada kartu garansi dan garansinya wajib masih berlaku, lakukan pengecekan fisik terhadap ponsel yang akan dibeli. Kemudian, lakukan pengetesan terhadap fitur-fitur utama. Misalnya, fungsi telepon, Wi-Fi, dan kamera.

      Dua tahun ke depan masih oke deh.

    1. Pak Husein,

      Keunggulan umum: tipis dan ringan. Enak banget digenggam maupun dikantongi.
      Kekurangan umum: kalau tidak dipadukan dengan Moto Mods, kinerja umumnya kalah mantap dibandingkan V20.

  11. Saya mau tanya kemarin minggu tanggal 12 februari 2017 ke pameran komputer trus saya tertarik membeli powerbank xiaomi karena terburu buru langsung beli tanpa dicek asli nggak trus saat saya cek konektornya longgar trus kabelnya ada tulisan minya bodynya tertulis xiaomi.com tapi di box mi.com kalau ciri cirinya itu asli ato palsu?

  12. Saya merasa lucu dengan logo moto kecil di depan, seolah lenovo sengaja gedein bezel dikit hanya demi logo tersebut. πŸ˜›

  13. Harganya ngiler banget koh..

    Request retro review yang Nokia 2300 dong koh kalo ada..

    Kalo xiaomi yang sekarang dibuat di Indonesia itu seri apa ya selain redmi 4a?

      1. Tadi siang keliling nyari redmi 3s resmi di plasa simpang lima Semarang. Ternyata masih banyak pedagang yang belum tau kalo redmi 3s akhirnya udah resmi disini, bahkan waktu tanya ke salah satu pedagang katanya yang dijual resmi disini masih 3G. πŸ˜€
        Capek deh.. Kayanya mereka belum buka media online deh

          1. Permisi pak. Waktu itu saya tanya di Erafone WTC, harganya 2,048 juta pak. Itu pun stoknya sedikit..

  14. Pak Herry, barusan saya pegang2 moto z. Tipis banget pak hehe pas dicoba pake mods itu lgsg pengen beli tp harganya bikin mikir.
    Ohya gimana tentang baterainya moto z pak?
    Lalu untuk moto z play apa ada rencana utk direview?
    Terimakasih

    1. Pak Indramaul,

      Soal baterai sudah saya singgung di naskah review lho. Dengan memperhatikan kapasitas baterainya, tergolong cukup hemat sih.

      Saya belum memutuskan akan me-review Z Play atau tidak.

  15. Selamat malam om HSW,
    maaf oot, kira-kira smartphone 4G apa yg direkomendasikan dengan budget 1,5 juta?
    Untuk ibu saya, keperluan paling untuk WA atau BBM saja

  16. Pak Herry

    Mungkin bapak tahu, apakah di Telesindo Shop Surabaya tersedia ZTE A110?
    Telesindo Shop Surabaya dimana saja ya Pak adanya?
    Kalau tidak di Telesindo Shop, apakah bapak pernah mungkin secara sekilas melihat ZTE A110 di toko perorangan dan dimana itu jika bapak pernah melihatnya?

    Thanks.

    1. Pak Daru Kartiko,

      Maaf, saya tak tahu tersedia di Surabaya atau tidak.

      Telesindo Shop ada di Plaza Tunjungan 2 dan Grand City. Di WTC dulu ada, tetapi saya tak tahu sekarang masih buka atau sudah tutup.

      Saya belum pernah melihat A110.

  17. Om HSW, dimana sudah ada yg jual Moto Style Shell nya? kebetulan sudah meminang Moto Z
    Dan maaf itu hotelnya di Yogya ya pak? Hotel apa ya kalo boleh tahu?
    terima kasih

    1. Pak Eddo Linus,

      Belum ada yang jual Moto Style Shell nih.

      Ada dua hotel yang saya foto. Foto yang manakah yang Anda maksud?

  18. Koh, dengan mengabaikan jaringan yang dipakai apakah masih 3G atau udah 4G, apakah Samsung note 4 ex resmi dengan harga sekitar 2,9-3,1 juta masih layak beli kah? Yang mau beli teman saya koh bukan saya sendiri πŸ˜€

    1. Pak Kian,

      Terima kasih banyak atas penawarannya. Saya tidak berminat menguji pakai G5 karena ponsel itu tak beredar resmi di sini.

  19. siang ko hsw

    saya rencana beli HP kedua (sudah ada HP utama)
    bujet sekitar 1-1,2jt saja
    boleh baru boleh second
    kebutuhan umum: android, dual sim, LTE prefered, min RAM 1 GB
    sudah itu aja ko, ga minta neko2 dgn bujet segitu hehe lagian untuk keperluan game, jepret2 dan aplikasi berat2 udah ada HP utama πŸ™‚
    kira2 ada saran ko sesuai kebutuhan saya?

    1. Pak Donny Andrean,

      Hmm… paling cari Asus Zenfone 2 Laser bekas ya. Dengan anggaran segitu, tentu dapatnya yang non-4G LTE.

  20. Sore Pak Herry
    Saya mau tanya pak
    Adik saya pakai Lenovo K5 Plus Ram 3
    Tapi touchscreen nya kurang gegas & sensitif
    Saat di click atau pun di scroll ke atas dan ke bawah
    Apa ada cara untuk mengakali nya pak?
    Melalui aplikasi atau settingan
    Terima kasih pak Herry

    1. Pak Panda,

      Seharusnya tak ada jurus atau pengaturan khusus. Kalau Anda merasa layar ponsel itu tidak normal, coba periksakan ke pusat perbaikan resmi.

  21. Hallo pak herry,
    Semoga sehat selalu…
    Dibandingkan LG V20 bagus mana pak? Sudah terlanjur tukar g5 se dengan v20.
    Kira2 kelebihan moto z dibanding v20 di mananya pak?
    Saya kemarin dari marina dan wtc belum ada contoh displaynya ya pak…

    Terima kasih sebelumnya

    1. Pak Alvo,

      Kalau dipakai sendirian (hanya ponselnya, tanpa aksesori tambahan), V20 lebih bagus daripada Moto Z.

      Moto Z baru menarik karena dipadukan dengan aneka Moto Mods.

  22. Pak Herry, antara Bukalapak, tokopedia, lazada, dan blibli, mana yg bapak rekomendasikan? Atau ada usulan lain? Terima kasih.

    1. Pak Heru Sulistiadhi,

      Belum pernah uji pakai keduanya. Saya sih kok tidak percaya dengan keandalan ponsel Samsung selain seri S dan Note ya.

    1. Pak Joko W,

      Yang Infinix Hot 4 X557 saya tak bisa berkomentar karena belum pernah uji pakai.

      Untuk dua ponsel yang tersisa, saya lebih merekomendasikan Pureshot+.

  23. Pak herry, sorry oot kalo device xiaomi yg bisa garansi di unicom itu yg pake stiker apa? Menurut org unicom kalo xiaomi yg diterima garansi adalah yg stiker TAM. Tp aneh nya saya ke beberapa toko di wtc semua ngomong kalo garansi TAM itu bkn garansi resmi. Kalo service mesti dibawa ke jkt, malah ada yg ngomong kalo redmi prime 3s blm support LTE. Kok jadi membingungkan garansi xiaomi ya? Kebanyakan pegawai toko di wtc sibuk menawarkan oppo n vivo kalo xiaomi kurang diperhatikan. Sorry kalo kepanjangan comment nya
    Thx

    1. Pak Djunaedi,

      Bebas sih. Boleh tanpa stiker maupun berstiker TAM, asalkan bergaransi resmi.

      Mengapa kondisi di pasar seperti yang Anda alami? Ceritanya panjang dan sebagian berstatus off the record sih. Yang bisa saya ungkapkan hanya hal ini: toko sibuk menawarkan Oppo dan Vivo karena keuntungan yang akan mereka dapatkan jauh lebih tinggi daripada menjual Xiaomi.

      1. Pak herry, yg aneh itu kenapa banyak pegawai toko itu tidak tahu kalo xiaomi redmi prime 3s itu sdh garansi resmi. Anggapan mereka xiaomi tdk mengeluarkan garansi resmi lagi. Dan yg ngomong itu pegawai di konter yg besar. Kalo strategi oppo n vivo memang bikin toko semangat jual produk mereka. Kalo diperhatikan di wtc hampir semua toko di semua lantai dipasang brand oppo atau vivo.

        1. Pak Djunaedi,

          Mungkin mereka benar-benar tak tahu karena bos merek tidak kulakan ponsel itu.

          Mungkin pula mereka pura-pura tidak tahu karena berusaha nge-push penjualan Oppo atau merek lain.

  24. Pak Herry, dengan dana 5 jt, saya tertarik dengan xiaomi MI 5s plus RAM 4gb ROM 64gb, asus zenfone 3 ZE552KL, saya suka MI5s plus karena pakai snapdragon 821 yg cocok utk game berat, menurut pak herry manakah yg direkomendasikan..terima kasih

    1. Pak Odit,

      Kalau sering memantau komentar saya, jawaban pertanyaan ini sebenarnya sudah bisa ditebak. Coret Mi 5S Plus karena pasti tanpa garansi resmi.

  25. Pak HSW, maaf OOT. Kalau dengan budget max 3jt, HP 4G Android apa yang recommended yang performa kamera nya paling ok?

  26. Pak HSW, mohon maaf mau bertanya untuk aksesoris Moto Insta-Share Projector (ISP) itu jika kita pakai,

    1. Output suara apakah tetap memakai speaker handset-nya atau di aksesoris Moto ISP tersebut sudah ada built-in speaker tersendiri (yang lebih powerful dibanding speaker handset)?

    2. Kalau misalnya ada built-in speaker tersendiri, apakah speaker tersebut kira-kira cukup jelas terdengar jangkauannya di ruangan (katakanlah) 10×10 meter persegi? (dengan catatan hampir tidak ada suara lain yang mengganggu)

    3. Jika tidak ada built-in speaker di Moto ISP dan harus lewat handset speaker, apakah audio output bisa juga disalurkan via USB-C converter jack audio universal tsb, ataupun via Bluetooth ke external speaker lain?

    Maaf kalau pertanyaannya banyak. Terimakasih sebelumnya, Pak.

    1. Pak Ronni Sukandar,

      1. Menggunakan speaker ponsel.

      2. –

      3. Seharusnya bisa, tetapi saya belum pernah mencoba skenario pemakaian seperti itu.

  27. Pak Herry, untuk saat ini Lenovo Vibe P1 Turbo masih direkomendasikan untuk dibeli atau tidak?
    Atau ada rekomendasi lain mungkin, dengan harga yang segitu?

    Satu lagi…
    Tanpa bermaksud membandingkan karna harga yang berbeda, menurut sampeyan mending pilih Lenovo Vibe P1 Turbo, atau Lenovo Moto E3 Power?

    Karna saya jatuh hati pada “mereka berdua”, tapi tak mungkin memiliki keduanya hehe

    Tks.

    1. Pak Tian,

      Kalau mencari ponsel yang dibekali baterai besar, nge-charge-nya cepat, dan gegas, Vibe P1 Turbo masih boleh dilirik.

      Ya jelas pilih Vibe P1 Turbo. πŸ™‚

  28. Pak Herry,
    dari semua mods, bagi saya kayaknya Mod Hassleblad atau kamera yang sebenarnya paling bermanfaat menemani aktivitas seharihari.
    Compare dengan LG V20 vs moto Z + Mods camera , dengan mengesampingkan harga mana lebih layak dibeli ? Apakah dengan mata kebanyakan/mata teanjang hasil foto keduanya berbeda jauh/signifikan ?

    terima ksih

    1. Pak Hari Yudha,

      Yang saya paling penasaran coba juga si Hasselblad (bukan Hassleblad) itu.

      Belum tahu karena saya belum pernah menguji pakai Moto Mods tersebut. Saya cuma sempat towel-towel sekitar sepuluh menit.

  29. Pak, kalo saya baca oppo, vivo, one plus itu kan 1 company di Chinanya. Produknya saja mirip banget, misal F1s dengan V5. Apakah strategi pemasaran Oppo di Indonesia sama dengan Vivo?
    Kalau Vivo layak beli kah?
    Oh ya pak, misal kamera depan Vivo V5 plus 20 MP plus 8 MP, yg diunggulkan diadu dengan kamera depan misal Samsung S7, mana yg hasil kamera depannya lebih baik?
    Saya pernah baca dimana gitu, kalau MP besar tidak berarti hasil lebih baik.
    Thank you, Pak

    1. Pak Ming,

      Mirip, tetapi tidak persis sama. Amunisi Oppo jauh lebih banyak daripada Vivo.

      Tergantung tipe. Saya sudah lumayan lama tidak menguji pakai Vivo.

      Tak tahu. Lha belum pernah coba.

      Benar. Megapiksel tidak berbanding lurus dengan kualitas. Bukan mustahil kamera ponsel A yang cuma lima megapiksel hasil fotonya lebih bagus dibandingkan ponsel B yang berkamera 13 megapiksel.

  30. Om,
    mau tanya tapi agak nyimpang dari topik. lokasi foto yang ada kursi merah dan keramiknya bagus itu dimana? keren banget!
    Terimakasih

  31. Maaf Oot pak Herry,
    Mau tanya.. Untuk tablet Merk Apa yg bagus mnrut bapak,dengan anggaran sekitar harga 1jt-1,6jt.fungsi nya untuk browsing cepat,cerdas,layar lumayan jernih,batrei lumayan awet.spesifikasi baiklah disetaranya dg hrga sgtu tab merk apa aja?? Bisa dkasih tips pak..

    Makasih banyak sebelumnya..

  32. koh moto itu masih motorola yah? bagus banget lenovo membuat flagship dr moto yang terkenal dengan body yang seksi..??
    oh ya koh maaf ini sedikit kasar namun Kok sepertinya sekarang banyak konsumen yang selalu di rayu dan dibodohi suatu merk dan menjatuhkan merk lain,,..

    1. Pak Arief,

      Ya, Moto itu yang dulu lebih dikenal sebagai Motorola.

      He… he… iya, kadang promotor bersikap kurang etis saat menawarkan produk. Apalagi, promotor ponsel merek berinisial O.

  33. Permisi pak Herry, saya mau minta saran bapak buat smartphone Android terbaik dengan budget max 3jt. Diutamakan kamera dan baterainya pak. Makasih

    1. Pak Dewa,

      Hmm… dengan anggaran segitu, Anda harus memilih mengutamakan kamera atau baterai.

      Kalau kamera, silakan melirik Infinix Zero 3. Kalau baterai, boleh mempertimbangkan Asus Zenfone Max.

  34. Ko Herry,

    Maaf OOT. Ada rencana untuk full review huawei P9 kah? kalau di postingan sebelumnya kan cuma bentar aja hands on-nya. Hehe. Soalnya saya denger udah resmi masuk Indonesia ya. Harganya sekitar 7jt apa betul ya ko? Jadi kepengen tau juga gimana kinerjanya. Thank you.

    1. Bu Merry,

      Ya, saya akan me-review Huawei P9. Malahan saya berencana membuat dua tulisan. Satu review keseluruhan, satu lagi khusus membahas kameranya. Yang review keseluruhan rencananya tayang minggu depan.

      Benar, harganya Rp 6,999 juta.

      1. Wahh asik. Ditunggu banget ko reviewnya, khususnya buat kamera. Biar ada pertimbangan dulu, cocok dibeli atau enggak. Hehe

    1. Pak Ignatius Tanoto,

      Diduga keras bisa. Tak bisa saya buktikan karena saya tak memiliki USB OTG dengan konektor USB C.

    1. Pak Ahmad,

      Pasti superduper direkomendasikan dan akan laris manis. Namun, kalau ponsel dengan spesifikasi seperti itu Anda hargai kurang dari Rp 2 juta, itu sih mimpi di siang bolong.

  35. Pak Herry,

    Selain Moto Z ini, merk smartphone mana lagi yg bisa 4G-3G seperti yg bapak jelaskan di atas?

    Terima kasih

  36. Hi Pa HSW, saya mau nanya perihal, seri moto/motorola apa aja yg masuk resmi dan beredar yg di indonesia…..? Tks

        1. Pak Lolot,

          Eh… di jawaban sebelumnya saya lupa menyebutkan Moto C dan Moto M. πŸ™‚

          Kalau Moto G, belum ada yang masuk resmi lagi.

  37. Pak saya mau tanya mengenai Moto Mods, apakah semua ponsel moto yg terbaru, yakni moto c, moto e4 dan seterusnya, bisa menggunakan Moto Mods, atau mungkin Moto Mods hanya bisa di gunakan di hp moto yg mahal.. Terima kasih sebelumnya,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *