Review Motorola Moto E4 Plus dan Moto C Plus: Duet Baterai Besar Pendukung VoLTE

Ponsel pintar dengan baterai berkapasitas besar selalu memiliki pasar tersendiri. Karena itu, produsen ponsel biasanya rutin menghadirkan produk baru untuk menggarap segmen tersebut. Misalnya, Motorola melalui duet Moto E4 Plus dan Moto C Plus.

Moto E4 Plus hadir dengan layar IPS 5,5 inci beresolusi HD 1.280 x 720 piksel dan baterai tanam 5.000 mAh. Konektor audio 3,5 milimeter terdapat di sisi atas ponsel, sedangkan tombol volume dan power di sisi kanan. Speaker dan konektor micro USB bakal ditemukan pengguna di bagian bawah ponsel.

Di manakah lokasi selot kartu SIM dan kartu microSD Moto E4 Plus? Selot-selot itu baru terlihat kala penutup belakang ponsel yang terbuat dari logam dibuka. Karena tidak menganut prinsip hybrid atau 3-pilih-2, pengguna bisa menyelipkan dua nano SIM dan sekeping kartu microSD secara bersamaan.

Dua nomor seluler dapat siaga serentak. Nomor mana pun yang dipakai berinternet leluasa masuk ke jaringan 4G LTE. Sedangkan satu nomor lainnya harus rela terkunci di jaringan 2G. Selama menguji pakai Moto E4 Plus, penulis alias HSW sukses menjajal layanan 4G LTE Telkomsel, Indosat, XL, dan Smartfren. Aktivitas bertelepon dan ber-SMS via layanan native VoLTE juga lancar dinikmati.

Kamera utama Moto E4 Plus dibekali fokus otomatis dan lampu kilat. Kemampuan maksimalnya menghasilkan foto beresolusi 13 megapiksel maupun klip video beresolusi HD 720p. Tidak tersedia mode pengaturan manual.

Sama dengan kamera utama, kamera depan ponsel itu juga dilengkapi lampu kilat. Kamera tanpa fokus otomatis tersebut sanggup memproduksi foto beresolusi lima megapiksel. Kalau difungsikan sebagai perekam video, ia siap menghasilkan klip video beresolusi HD 720p.

Prosesor empat inti (quad core) MediaTek MT6737 1,3 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, Dolby Atmos, RAM 3 GB, dan ROM 32 GB merupakan sebagian spesifikasi lain Moto E4 Plus. Ketika ponsel kali pertama diaktifkan, memori internal ponsel menyisakan ruang kosong sebesar 24,42 GB.

Ponsel Android 7.1.1 Nougat itu juga dibekali fitur penyaring panggilan telepon dan SMS masuk, USB On-the-Go (USB OTG), serta radio FM. Radio FM dapat dijalankan tanpa menancapkan earphone yang berfungsi sebagai antena, tetapi suara bakal terdengar kurang jernih.

Sebuah sensor/pemindai sidik jari terdapat di sisi depan ponsel berdimensi fisik 155 x 77,5 x 9,55 milimeter dan berat 198 gram itu. Untuk mengaktifkan layar yang padam dan terkunci, pengguna cukup menyentuhkan jari ke sensor sidik jari tersebut. Hal serupa berlaku saat pengguna usai mengoperasikan ponsel dan ingin menguncinya.

Sama dengan Moto G5s Plus dan Moto Z2 Play yang berharga jual lebih mahal, sensor sidik jari di Moto E4 Plus bisa difungsikan sebagai one button navigation. Sapukan jari ke kiri sensor sidik jari untuk mundur satu halaman (back), sapukan ke kanan untuk melihat daftar aplikasi yang aktif (recent apps). Bila ingin menuju home screen, jari pengguna cukup satu kali menyentuh sensor sidik jari dengan cepat.

Harga eceran yang disarankan untuk Moto E4 Plus Rp 2,333 juta. Praktik di lapangan, terutama di situs belanja daring alias online, mayoritas pedagang mematok harga jual lebih rendah. Dengan dana Rp 2,1 juta, peminat sudah bisa mendapatkan satu unit Moto E4 Plus warna abu-abu atau emas.

Moto C Plus

Berlanjut ke Motorola Moto C Plus. Boleh dibilang ia adalah adik kandung Moto E4 Plus. Prosesor yang digunakan persis sama, sedangkan spesifikasi teknis lainnya lebih rendah. Maklum, harga jual Moto C Plus memang lebih murah daripada Moto E4 Plus. Harga ritel resminya dipatok Rp 1,777 juta. Dalam pantauan HSW, harga nyata di pasar mulai Rp 1,65 juta sampai Rp 1,7 juta saja.

Layar lima inci beresolusi HD 1.280 x 720 piksel, Wi-Fi, bluetooth, GPS, RAM 2 GB, dan ROM 16 GB merupakan sebagian spesifikasi lain Moto C Plus. Di awal pemakaian, memori internal ponsel itu masih memiliki ruang kosong sebesar 12,99 GB.

Ponsel berbodi plastik tersebut memanfaatkan sistem operasi Android 7.0 Nougat dan mendukung USB OTG. Tidak tersedia sensor sidik jari. Kalau mau, pengguna bisa merekam siaran radio FM yang sedang didengarkan.

Kamera di sisi belakang maupun muka Moto C Plus dilengkapi lampu kilat. Kamera utama yang dibekali fokus otomatis siap menghasilkan foto beresolusi delapan megapiksel dan klip video HD 720p. Sedangkan kamera depannya hanya sanggup memproduksi foto dua megapiksel dan klip video VGA.

Dua nano SIM dan sekeping kartu microSD dapat dipasangkan bersamaan. Karena mendukung native VoLTE, kala dipadukan dengan kartu Smartfren, pengguna bisa langsung bertelepon dan ber-SMS di jaringan 4G LTE. Nomor yang dipakai berinternet leluasa berkelana di jaringan 4G, 3G, dan 2G, sedangkan satu nomor lainnya dipaksa setia menduduki jaringan 2G.

Moto C Plus berdimensi fisik 144 x 72,3 x 10 milimeter. Bobotnya 162 gram. Pasokan tenaga ponsel berasal dari baterai berkapasitas 4.000 mAh yang mudah dilepas pasang.

Setelah Uji Pakai

Kalau diminta mengomentari Moto E4 Plus dalam satu kalimat, HSW akan berkata, “Ponsel itu biasa banget.” Maksudnya, selama proses uji pakai, ponsel itu gagal memberikan sesuatu yang impresif. Daya tahan baterainya yang “hanya” 18-20 jam agak mengejutkan. Awalnya HSW menerka setidaknya sanggup bertahan 24 jam.

Performa kamera ponsel itu juga kurang bagus. Terkait penerimaan sinyal, HSW memberikan satu catatan khusus. Kemampuan Moto E4 Plus dalam merengkuh sinyal 4G LTE tak seprima aneka ponsel lain yang pernah HSW gunakan. Ia terasa agak lemah dan kurang stabil.

Pelipur lara yang bisa disodorkan Moto E4 Plus, bodinya terasa kukuh dan nyaman digenggam. Dukungan terhadap native VoLTE serta bisa difungsikannya sensor sidik jari sebagai pengganti tombol navigasi menjadi daya tarik tambahan ponsel itu.

Dengan mengabaikan ketersediaan sensor sidik jari, HSW justru lebih menyanjung Moto C Plus. Tampilan layarnya lebih enak dipandang. Walaupun beresolusi lebih rendah, kamera utama ponsel itu sanggup menghasilkan foto yang lebih tajam daripada kamera Moto E4 Plus.

Tak ditemukan kendala terhadap penangkapan sinyal 4G LTE. Terkait daya tahan baterai, meskipun berkapasitas lebih kecil, baterai bawaan Moto C Plus justru mampu menghidupi ponsel lebih lama ketimbang baterai bawaan Moto E4 Plus. Dengan perilaku pemakaian ala HSW, sekali diisi ulang baterai Moto C Plus mampu bertahan 22-24 jam.

***

Berikut contoh foto yang dihasilkan Moto E4 Plus.

Dua foto berikut dijepret menggunakan kamera depan.

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM Moto E4 Plus.

***

Inilah contoh hasil jepretan kamera Moto C Plus.

Satu foto di bawah ini dihasilkan oleh kamera depan.

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM Moto C Plus.

107 thoughts to “Review Motorola Moto E4 Plus dan Moto C Plus: Duet Baterai Besar Pendukung VoLTE”

  1. Pak Herry, kalo yg Moto C Plus, jika dibandingkan Redmi 4X yg pernah bapak review, menang mana ya? Terutama masalah kamera nya?
    Saya tertarik membandingkan, karena harganya mirip2.

  2. Mungkin OOT Pak Herry..

    Kalau Xiaomi 4X primer diadu sama motorola C plus bagusan mana?
    Ditunggu jawabannya Pak..

      1. maksud saya xiaomi 4X prime pak. yang RAM 3GB. sama internal 32GB, klo diadu ama motorola C gimana pak kinerjanya?

        sama mau tanya soal xiaomi mi4c masih worthed ga buat saat ini pak?
        makasih pak Herry..

          1. Iya Pak. Tapi, kesannya Bapak menjadi arogan. Orang akan malas lagi untuk bertanya kepada Bapak.

  3. Pak Herry adakah rencana mereview Lenovo P2?
    saya melihat belum ada yang mereview ponsel tersebut di indonesia,baik di youtube atau web,dan apakah dengan harga 4,5 di erafone layak untuk di beli? ,terima kasih pak herry

  4. kalo dibandingin antara moto e4 plus sama xiaomi redmi 4x bagusan mana koh?kok saya rasa masih agak overprice ya membandingkan harga dan spesifikasi yang dibawa..

        1. Pak Azi,

          Kegegasan kalau dicermati banget terasa Moto C unggul sedikit. Ada fast charging standar, bukan Qualcomm Quick Charge yang ngebut banget.

          1. Wah smartphone dari Asus yg ada embel-embel “Max” juga kalah pak dengan Redmi Note 4?
            Saya pake infinix Note 2, dan kurang puas dengan baterainya. Kira-kira dengan budget max harga 2 jutaan, smartphone apa pak yg paling baik dari segi ketahanan baterai, keakuratan gps dan kegegasannya?

  5. Maaf pak herry saya bertanya lagi karena pertanyaan saya sebelumnya belum bisa pak herry jawab, mana yang lebih layak beli antara moto e3 power dan moto c plus, beserta alasannya ya pak herry, terima kasih

    1. Pak Ikipyon,

      Tadi sudah saya jawab atau belum ya. Dengan memperhatikan harga jual, saya lebih menyarankan Moto E3 Power. Kameranya lebih bagus. Kinerja lain mirip.

  6. Pagi Pak Herry, maaf mau tanya diluar topik.
    Apa alasan hsw tidak pernah meriview android nokia? Misal nokia 6,7,atau 8.
    Satu lagi pak, rekomendasi gawai yang baterai awet sama gegas di rentang harga 3 jutaan apa yah?
    Terimakasih

    1. Pak Johan,

      Alasannya sederhana. Lha barangnya saja barusan beredar resmi. Jadi, ya mesti antre dulu. Nokia 7 dan Nokia 8 belum beredar resmi di sini.

      Infinix Zero 4 Plus.

  7. Pak Herry,
    Secara keseluruhan lebih baik Moto C plus apa Moto E3 Power? Kebutuhan baterai awet dan gegas.
    Terima kasih

  8. Maaf oot
    1. Untuk daya tahan baterai mn yg lbh unggul, infinix zero 4 plus, xiaomi redmi note 4, motorola g5s plus, zenfone 3 ze520kl ?
    2. Varian zenfone 4 selfie yg mn yg akn HSW review?
    3. Boleh sedikit spoiler koh apkh varian nokia 7 dan 8 serta seri flagship atau midle ap yg akn dikeluarkan huawei di indonesia scra resmi?
    4. Jika hanya mengadubkinerja kamera mn yg pling unggul, infinix zero 4 plus, motorola g5s plus, zenfone zoom s, moto z2 play?
    Terimakasih

      1. Maaf oot
        1. Untuk daya tahan baterai mana yang lebih unggul, infinix zero 4 plus, xiaomi redmi note 4, motorola g5s plus, zenfone 3 ze520kl ?
        2. Varian zenfone 4 selfie yang mana akan HSW review?
        3. Boleh sedikit spoiler koh apakah varian nokia 7 dan 8 serta seri flagship atau midle apa yang akan dikeluarkan huawei di indonesia secara resmi?
        4. Jika hanya mengadu kinerja kamera mana yang paling unggul, infinix zero 4 plus, motorola g5s plus, zenfone zoom s, moto z2 play?
        Terimakasih

        1. Pak Jefri,

          1. Seingat saya, Redmi Note 4.

          2. Zenfone 4 Selfie Pro.

          3. Belum ada kabar soal peredaran Nokia 7 dan 8 di Indonesia secara resmi. Ada Huawei Nova 2i.

          4. Zenfone Zoom S.

  9. Dear Pak Herry,

    OOT nih. Ponsel Android apa saja yang punya kemampuan 4G-3G secara simultan dan yang mana yg pak Herry paling rekomendasikan untuk rentang harga dibawah 3.5 juta?

    Terima kasih

      1. Terima kasih pak Herry,
        segera meluncur ke tautannya,
        ooo iya pak, kalau boleh tau, kenapa ga berminat review mi max 2?
        apa karena yang di Indonesia semua garansi distri, ga ada yang resmi?

        1. Bu Jessica,

          Betul sekali. Saya hanya me-review ponsel bergaransi resmi.

          Unit tanpa garansi resmi hanya di-review kalau merek itu bakal kali pertama masuk ke Indonesia, produk sangat unik, atau saya kebetulan menghadiri acara peluncurannya di luar negeri.

  10. Dengan range harga 2,5 jutaan jika dilihat dri semua aspek, mending motorola e4 plus, samsung j3 pro 2017 atau asus zenfone 4 max biasa tanpa pro mending pilih mana koh? Atau mungkin ada opsi hp lain?

  11. Halo Pak Herry,
    Mohon maaf kalau pertanyaan saya melenceng dari topik. Saya ingin bertanya, handphone dengan budget maksimal 3,5jt dan fokus ke kamera dan baterai (penggunaan standar saja), merk dan tipe apa yang bapak rekomendasikan? Saya tertarik LG G5 SE, namun saya cari-cari makin langka yang ada bonusnya (berdasarkan info Pak Herry di twitter, kalau tidak ada bonus tidak worth it). Mohon sarannya.
    Terima kasih. Sukses selalu.

  12. Mlm om Herry SW. Maaf melenceng dan gak sesuai judul karena saya gak tau lwt mana menghubungi om Herry. Jadi saya sangat tertarik sama HP Unihertz Jelly Pro yang “katanya” adalah smartphone 4G terkecil didunia dan saya berniat mengoleksinya, tapi hampir belum pernah ada pengalaman belanja dr luar negeri. Apakah memungkinkan jika saya “nitip” dibeliin sama om Herry?? Saya bisa transfer via Paypal. Siapa tau Om Herry juga ingin mereview HP ini. Terima Kasih om Herry ditunggu jawabannya.

    1. Pak Adhyt Blank,

      Jalur Anda sudah benar kok. Silakan bertanya lewat blog ini atau Twitter @herrysw.

      Ponsel itu berarti tidak beredar resmi di sini kan. Jadi, saya takkan me-review-nya. Saya juga tidak menerima titip beli.

  13. Pak Herry,
    saya mau nanya selain samsung J series ,Lenovo K , Hisense
    ponsel apa saja yang sudah support native VoLTE?
    saya mau pake smartfren buat call ama sms tanpa harus install aplikasi lagi ( langsung bisa dipake kayak di samsung J)

    Terima kasih banyak

  14. Pak Herry, mau tanya ni pak
    1. untuk rentang harga maksimal 3 jutaan, tolong pak kasih 5 referensi ponsel dengan kamera (belakang ) paling bagus hasil fotonya
    2. misal disuruh milih pak , antar sony xperia performance dengan iphone 6s bapak pilih mana? baik secara teori atau pengalaman

    1. Pak Andre,

      1. Saya urutkan berdasarkan harga resmi ya: Motorola Moto G5s Plus, Xiaomi Mi A1, Asus Zenfone 3 ZE520KL, Infinix Zero 4 Plus, dan Asus Zenfone 3 ZE552KL.

      2. Tak tahu. Lha nggak pernah pakai keduanya.

  15. Malam Pak Herry SW,
    Mohon Saran anggaran Ponsel yang 1.5 jt Ke bawah pendapat Pak Herry SW dari Segi Bagus Kamera nya serta ada 4G ?
    Mohon Bantuannya

  16. Ko, mau nanya:
    1. rekomendasi HP buat budget dibawah 7 juta apa ya? Saya mengutamakan kamera dan performa.
    2. Mana yg pling bagus antara Mi 6, samsung C9 Pro, one plus 3T?

    1. Pak Andreas Ricardo,

      1. Asus Zenfone Zoom S. Sebenarnya ada LG V20 yang lebih mantap, tetapi untuk sementara lebih baik memilih posisi wait and see.

      2. Saya tak mau mengomentari ponsel tanpa garansi resmi. Galaxy C9 Pro saya belum pernah coba.

      1. Kenapa memilih wait and see ko? Waktu yg terbaik untuk beli kapan ya kira2? dan apakah ada produk yg menarik untuk ditunggu? Thanks Ko

  17. Pagi Pak Herry SW, saya beberapa pertanyaan nih, maaf kalo OOT :

    1. Saya lagi cari HP dengan budget max 2 juta.
    Ada rekomendasi mengenai HP tsb (bisa lebih dari satu) ? Kriterianya adalah sbb :
    – dual sim, sudah 4G,
    – kamera lumayan baik (baik depan maupun belakang)
    – ga lemot.
    – batere ga boros-boros amat (lumayan awet).

    2) Untuk jaringan operator 4G di daerah Surabaya dan sekitarnya, bagaimana urutan operator / provider dilihat dari kualitas sinyalnya (urutan dari yang terbaik).

    Terimakasih banyak.

    1. Pak Lucky Luke,

      1. Dengan anggaran segitu, Kriteria “kamera lumayan baik” dan “baterai lumayan awet” tak bisa dipenuhi bersamaan. Apalagi, ada pula kriteria “nggak lemot”. Yang paling mendekati, silakan mencari penjual Lenovo Vibe P1 Turbo yang mematok harga maksimal Rp 2 juta.

      2. Hanya melihat sinyal ya? Tanpa memperhatikan kinerja. XL, Smartfren, Telkomsel, dan Indosat.

      1. Siang Koh Herry,

        Jika budget maksimal 1,5 juta dengan kriteria HP-nya adalah sudah 4G, dual SIM, ga lemot dan kamera lumayan baik apakah ada?
        Kalo ada mungkin bisa disarankan lebih dari satu type HP Koh.

        Terimakasih.

        1. Pak Lucky Luke,

          Dengan anggaran segitu Anda tak bisa berharap banyak ya. Yang paling mendekati sih Xiaomi Redmi 4A dan Motorola Moto E3 Power.

  18. Maaf om herry saya mau tanya,
    *dari keseluruhan antara Moto E4 plus sama xiaomi redmi note 4 3/32gb (TAM) bagusan mana?
    *xiaomi redmi note 4 resmi tapi second dengan harga 1,8 juta dengan pemakaian baru 2 minggu apakah layak beli?
    Terima kasih om.

      1. Terima kasih om atas jawabannya.
        Meskipun terlanjur deal dgn harga 1,8juta dari harga 1,9. Soalnya orgnya gak mau respon di harga 1,7juta.
        Sekali lagi terima kasih om.
        Dan mohon maaf, jika pertanyaan saya jd double kirain saya gagal prtanyaan sebelum nya.

  19. Pak herry, ada info kah pak, kira-kira akhir tahun ini apakah xiaomi Indonesia akan mengeluarkan ponsel terbaru atau produk elektronik lainnya?

    1. Pak Junaedi,

      Kalau rajin berburu, Anda bisa mendapatkan Vibe P1 Turbo dengan harga maksimal Rp 2 juta. Silakan beli ponsel itu daripada Moto E4 Plus.

  20. hahaha, saya ketawa-ketiwi sendiri baca beberapa komentar yg salah menyebutkan nama model/seri hp tertentu, dan selanjutnya dikoreksi oleh Pak Herry. Maklum pak, orang Indonesia memang sering memberi istilah sendiri. Oh iya pak, ada hp non mainstream yang worth it di range harga 2 juta kebawah ga pak?

  21. Lenovo P1 Turbo vs Redmi Note 4 lebih worth it mana pak? Kebutuhan baterai+kegegasan+keakuratan gps.

    Oya Lenovo P1 Turbo maksimal bisa update sampai os android apa?
    Terima kasih

  22. Pak Herry
    Di jogja ada conter yang menawarkan lenovo p1 turbo,itu emang sekarang harganya segitu apa second ya,kemaren tak bbm katanya baru garansi resmi TAM

      1. Pak Sunar,

        Harga ritel resminya memang sudah turun di kisaran Rp 2,2 juta. Harga pasar di bawah itu, malahan sempat ada (sekarang sudah tak ada lagi) yang menawarkannya Rp 1,8 jutaan. Itu unit baru dan bergaransi resmi.

  23. Hallo pak HSW..

    Mau nanya..
    apakah ada rencana me review infinix note 4 pro?
    Apa ada saran lain di rentang harga yang sama?

  24. Selamat pagi pak herry, semoga selalu di beri kesehatan. Pertanyaan saya di luar topik. Apakah pak herry sudah pernah mencoba andromax prime ? Kalo sudah, bila digunakan untuk kegiatan sosial media bagaimana performanya? Terima kasih saya tunggu jawabannya

    1. Pak Purwoko Adhi Widhi Nugroho,

      Pernah coba sebentar.

      Aduh… jangan dipakai untuk medsos. Tidak nyaman. Tulisannya kecil-kecil. Ponsel itu cocoknya hanya dipakai untuk telepon dan SMS. Sesekali browsing masih boleh deh.

  25. Pak Herry,
    Maaf out of topic..
    Mau nanya dong, jika bapak bisa merekomendasikan saya satu brand ponsel yang kameranya cenderung bagus di fokus dan warna, bapak sarankan saya brand apa ya? Saya suka gunakan ponsel untuk memotret makanan dan objek” dengan dekat, tak perlu dual camera tak apa..
    Terimakasih sebelumnya pak..

  26. Koh herry, asus zenfone zoom s vs Samsung j7 plus recommended yang mama ya? Atau ada yang lebih recommend dari kedua hp itu? Diharga 5-6 jura

    1. Pak Fardan,

      Samsung seri J sih mending dilupakan.

      Nggak ada. Di rentang harga segitu, saya masih menyarankan Asus Zenfone Zoom S yang dibanderol Rp 4,999 juta.

  27. Koh herry, asus zenfone zoom s vs Samsung j7 plus vs LG G5 atau LG G5 se. recommended yang mana ya? Atau ada yang lebih recommend dari ketiga hp itu? Diharga 5-6 juta. Dari segi kamera Dan performa

  28. Dear Ko Herry,

    Mau tanya nih. Saya rencana mau ganti HP di bulan ini atau bulan depan, pengennya sih beli LG G6 atau V20. Recommended tidak ya ko kalau ambil HP itu? Soalnya saya denger2 rumor soal LG yang mau out dr Indonesia. Semoga sih enggak ya, udah cocok sama LG sih 🙁
    Ada rekomendasi HP lain kah ko? Saya ada budget 6jt-an (maksimal 7jt), butuh HP yang bisa dibuat multitasking & kameranya bagus. Ditunggu balasannya ya ko. Thank you 🙂

    1. Bu Merry,

      Saat ini jangan beli ponsel LG dulu. Lebih baik mengambil posisi “tunggu dan lihat”.

      Asus Zenfone Zoom S Rp 4,999 juta.

    1. Pak Agus Banjar,

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba Coolpad Cool Dual.

      Kalau saya boleh menyarankan, lebih baik hindari ponsel Coolpad deh. Merujuk kepada pertanyaan masuk ke blog ini, ada aneka kasus aneh dengan ponsel itu.

    1. Pak M. Prayudi,

      Ini maksudnya Moto E4 Plus kan? Saya sempat memadukan ponsel itu dengan kartu SIM Telkomsel, XL, Indosat, dan Smartfren. Hasilnya sama. Penerimaan sinyal 4G LTE agak lemah dan kurang stabil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *