Review Motorola Moto G: Pelepas Rindu yang Memuaskan

Meskipun popularitasnya sudah terbenam sebelum Nokia dan BlackBerry, Motorola tetap memiliki penggemar setia. Demi mencicipi ponsel Motorola yang absen beredar resmi di Indonesia, mereka rela berburu sampai ke luar negeri.

Bulan ini, kalau tidak molor lagi, kerinduan atas ponsel Motorola terbaru seharusnya terobati. Sebab, Motorola Moto G bakal dipasarkan ke sini. Aspek legal pemasaran ponsel itu telah beres. Tinggal menantikan kehadirannya.

Moto G-1

Tak sabar menunggu, atas bantuan seseorang, penulis meminang Moto G dari Malaysia. Di sana, Moto G dual on GSM-GSM dengan kapasitas memori internal 16 GB dijual di kisaran harga MYR 780. Kalau dikonversikan ke rupiah, saat itu harganya sekitar Rp 2,85 juta.

Paket penjualan Moto G terdiri atas ponsel dengan baterai tanam 2.070 mAh, charger micro USB dengan output 500 mA, handsfree berkabel, lembaran panduan pemakaian, kartu garansi, dan tentu saja kardus. Ada pula bonus pelindung layar (screen protector) dan casing belakang (back case) berwarna-warni. Kabel data tidak disertakan.

Bodi Moto G cukup kasat dan tergolong ergonomis. Dipegang dalam posisi horizontal maupun vertikal sama-sama nyaman. Kalau casing belakang dibuka, bakal terlihat dua selot kartu berukuran micro SIM. Tak usah mencari-cari letak selot kartu microSD. Sebab, ponsel tersebut memang tak dibekali selot memori eksternal.

Moto G-12

Layar IPS 4,5 inci di Moto G beresolusi 1.280 x 720 piksel. Karena telah mengadopsi Corning Gorilla Glass 3, permukaan layar ponsel berdimensi fisik 65,9 x 129,9 x 11,6 mm dan berat 143 gram itu relatif tahan gores. Tampilan layar tergolong sedap dipandang mata.

Kamera utama Moto G dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat. Berbeda dengan mayoritas ponsel berkamera autofocus, pada pengaturan standar, di layar Moto G tak ada lingkaran atau kotak yang menunjukkan proses fokus otomatis telah tuntas. Ketika pengguna menyentuh layar, kamera langsung menjepret.

Resolusi foto yang dihasilkan kamera utama maksimal lima megapiksel, sedangkan resolusi video hingga HD 720p. Sementara itu, kamera di sisi muka dapat memproduksi foto beresolusi 1,3 megapiksel dan klip video HD 720p.

Moto G-11

Bila tak ingin diganggu saat sedang tidur atau rapat, pengguna Moto G patut mengoptimalkan fitur Motorola Assist. Dengan fitur tersebut, selama tidur atau rapat, ponsel otomatis akan sunyi. Dari mana ponsel mendeteksi pengguna sedang tidur atau rapat? Waktu tidur dapat diatur manual. Sedangkan jadwal rapat otomatis dikenali ponsel dengan memperhatikan jadwal aktivitas yang disimpan di kalender.

Spesifikasi teknis utama Moto G meliputi prosesor empat inti (quad core) Qualcomm Snapdragon 400 1,2 GHz, RAM 1 GB, ROM 16 GB, Wi-Fi, GPS, dan bluetooth. Saat kali pertama diaktifkan, memori internal yang leluasa dioptimalkan pengguna mencapai 12 GB.

Kinerja GPS ponsel itu cukup memuaskan. Sejak dijalankan sampai sukses mengunci lokasi, waktu yang dibutuhkan untuk mengunci lokasi sekitar 20 detik. Moto G kompatibel dengan layanan HSPA+ 21 Mbps. Pengguna bebas menentukan nomor mana yang diizinkan masuk ke jaringan 3G.

We Are The RhoadsClient: Motorola

Selama mencoba ponsel Android 4.3 Jelly Bean yang kini telah memperoleh update ke Android 4.4 KitKat itu, penulis hanya terganggu dengan dua hal. Pertama, normalnya pengguna tidak bisa mengunci ponsel supaya selalu berada di jaringan 3G. Kedua, akurasi fitur fokus otomatis kamera Moto G berkali-kali tak akurat. Akibatnya, foto yang dihasilkan kurang tajam. Solusinya, pilihlah titik fokus secara manual.

Kecuali dua hal di atas, Moto G memiliki performa yang pantas diacungi jempol. Penulis juga tak perlu khawatir kehabisan baterai saat sedang beraktivitas. Sebab, baterai ponsel tersebut setidaknya mampu bertahan selama 15 jam. Singkatnya, sebagai ponsel pelepas rindu atas produk Motorola, Moto G sukses memuaskan penulis.

Sampai detik ini, harga jual resmi Moto G di Indonesia masih misterius. Bila Anda tak sabar menantikannya, di pasar sebenarnya sudah bisa dijumpai Moto G nongaransi. Ponsel itu kebanyakan didatangkan dari Singapura dan Malaysia. Harga pasar Moto G dual SIM 8 GB tanpa garansi tersebut sekitar Rp 3,1 juta, sedangkan varian 16 GB dijual di kisaran harga Rp 3,3 juta.

***

Berikut beberapa contoh foto yang dihasilkan Moto G.

Moto G-3

Moto G-4

Moto G-5

Moto G-6

Moto G-7

Yang di bawah ini hasil jepretan kamera depan. Saat di rumah saya memang terbiasa tidak mengenakan kaos, apalagi kemeja. πŸ™‚

Moto G-8

***

Screen capture Android Sensor Box, Antutu Benchmark, dan Quadrant Standard Edition.

Moto G-13

Moto G-9

Moto G-10

134 thoughts to “Review Motorola Moto G: Pelepas Rindu yang Memuaskan”

  1. Om HSW

    Dual SIM, koneksi data apakah seperti ponsel dual SIM lain? Hanya SIM 1 yang bisa 3G?

    Btw, nggak ke MWC oom? Hehehe

    1. Pak Yodi,

      Hayo… bacanya kurang teliti ya. Di salah satu paragraf sudah saya tuliskan “Moto G kompatibel dengan layanan HSPA+ 21 Mbps. Pengguna bebas menentukan nomor mana yang diizinkan masuk ke jaringan 3G.”.

      Jadi, intinya, pada satu waktu hanya satu nomor yang bisa masuk ke jaringan 3G. Pengguna bebas memilih yang mau dimasukkan ke 3G adalah SIM1 atau SIM2.

  2. waduh, sudah pegang ini HP,
    saya lagi nungguin resminya. sudah nungguin dari desember….

    ada info terbaru kapan dilaunching, 8/16GB, dual sim ato single sim dl yg keluar?

    1. Pak Quddus,

      Belum jelas nih kapan bakal meluncur. Mestinya bulan lalu, mundur jadi akhir Februari, tetapi sampai sekarang belum ada kabar lagi.

      Yang beredar resmi di sini yang dual SIM. Soal apakah yang 8 GB atau 16 GB, belum jelas.

  3. Mantap yang ditunggu uda nonggol juga,.. tinggal harganya berapa ya ?
    kalau di singapura brp ya mumpung tetangga ada yang mau balik dari sana,

    ternyata baterai yang jadi pikiran saya selama ini salah, tahan lama juga dgn 2000an mah ,..

    oia pak seperti pertanyaan terdahulu Kalau misal di suruh milih antar P780 sama Moto g milih mana ya pak ( sekarang kan uda sama2 review hehe )

    Makasi pak HSW

    1. Pak Ambang,

      Harga ritel resmi di sini belum diketahui.

      Di Singapura yang 8 GB sekitar SGD 250, sedangkan yang 16 GB sekitar SGD 320.

      Iya, biarpun hanya 2.000 mAh ternyata cukup tahan. Entah itu karena KitKat-nya atau karena manajemen firmware Motorola.

      Saya lebih memilih P780 8 GB.

    1. Pak Yuwono,

      Yang Anda maksud restart atau reset ya?

      Kalau restart, seingat saya tak ada tombol mungil yang harus ditusuk bolpen atau benda runcing. Untuk memaksa ponsel melakukan restart (bukan reset) bila kebetulan hang, pengguna cukup menekan tombol power di Moto G selama sekitar sepuluh detik. Data yang tersimpan tidak akan hilang.

      Kalau yang Anda maksud reset, pengguna cukup masuk ke menu settings. Data di ponsel akan hilang.

  4. Pak HSW, mau nanya klo motoG bisa buka video HD dengan lancar? (file mkv)
    untuk game2 berat apakah lancar atau lemot? (spt asphalt 7 , dead trigger 2, robocup dll).

    terus kenapa anda lebih memilih lenovo P780 daripada moto G?
    Terima Kasih

    1. Pak Herman,

      Saya tak pernah coba memainkan video HD (format MKV). Saya jarang banget melihat video di ponsel.

      Kebetulan saya memainkan game yang tidak terlalu berat. Misalnya, Stick Tennis dan Minion Rush. Pengin coba memainkan Asphalt, tetapi agak ngeri lantaran harus unduh data 1 GB lebih dulu.

      Saya lebih memilih Lenovo P780 karena:
      * Daya tahan baterai lebih bagus. Kapasitasnya memang beda jauh banget sih.
      * Bisa difungsikan sebagai power bank.
      * Akurasi focusing kamera lebih bagus.

      Bahwa merek Motorola terkesan lebih global daripada Lenovo, saya tak terlalu memedulikannya. Sedangkan terkait layanan pusat perbaikan resmi, saya menduga hasilnya akan mirip-mirip. Sebelas dua belas deh.

  5. Wah.. Akhirnya di review juga πŸ˜€
    Pak, Itu kan dpt bonus back-case, dptnya brp biji? (Tadi tulisannya ‘berwarna-warni’)
    Nah sekarang tinggal keputusan final nih. Klo Moto G sm Xperial L, bpk lebih milih kemana?
    Minus Moto G :
    – non SDcard
    – non removeable battery
    – Desaik kurang elegan walaupun plastik.
    – Tidak bisa mengunci 3G (ini mengganggu gk?)
    -Tak mendukung NFC , LTE/4G
    – Kamera kurang fokus dan tak ada tombol shutter cam.

    Minus Xperia L :
    – Kapasitas baterai kecil
    – Layar kurang tajam
    – Tidak ada BRAVIA Engine

    Mohon pencerahannya y pak. Saya sudah ‘riset’ 1 bln dan jatuh pd 2 pilihan ini. Thank.

    1. Pak Hayat,

      Bonus back case-nya cuma satu buah. Karena pilihan warnanya ada bermacam-macam, maka saya sebut berwarna-warni.

      Pilih Moto G dong.
      * Tak ada selot memori eksternal. –> Nggak masalah, asalkan beli Moto G-nya yang 16 GB.
      * Non removable battery. –> ya, ini bisa dianggap sebagai sisi minus. Namun, merujuk pada rekam jejak Motorola dengan baterai tanam, baterainya tak mudah rusak kok.
      * Desain kurang elegan, walaupun plastik. —> ehmm… biarpun plastik, menurut saya, cukup elegan lho. Back case-nya coba cari yang warna royal blue. Sepertinya lebih bagus daripada warna lime yang sempat saya pakai.
      * Tidak bisa mengunci 3G. –> secara standar memang tak bisa. Solusinya, gunakan kode *#*#4636#*#* untuk memunculkan menu buat mengunci 3G only.
      * Tak mendukung NFC , LTE/4G –> nggak masalah. Saya belum terlalu membutuhkannya kok.
      * Kamera kurang fokus dan tak ada tombol shutter cam. –> tinggal aktifkan pemilihan titik fokus secara manual.

    1. Pak Hendra,

      Saya tidak menyatakan situs tersebut penipu atau bukan penipu. Namun, saya pribadi terus terang agak ragu kalau diminta bertransaksi di sana.

    1. Pak Yudistira,

      Bukan, Pak. Distributor Moto G adalah Trikomsel. Jadi, kelak jangan mencari di Erafone, melainkan berburulah di Oke Shop dan Global Teleshop.

  6. oww gitu ya pak berarti memang sesuai kebutuhan kantor bapak haha,..
    kalau saya bilang apa kelebihan moto g di banding dengan p780 atau hp lain yang tidak di miliki mereka apa ya pak hehe,..
    Terimaksih info harga yang di singapura,.

  7. Brarti kita jadi punya 2 back-case y. Pak klo misal keluar akhir februari nanti, biasanya keluarnya serentak di bbrp kota, atau di gerai tertentu kayak OkeShop ?

    1. Pak Hayat,

      Benar. Jadi, waktu itu Moto G saya punya dua buah back case. Satu hitam, satu lagi kuning.

      Kapan pun kelak Moto G akhirnya beredar resmi di sini, mestinya akan tersedia di:
      * Oke Shop.
      * Global Teleshop.
      * Toko-toko ponsel perorangan yang selama ini rutin kulakan barang ke Trikomsel.

      Pada minggu pertama seharusnya sudah tersedia di kota-kota besar di Pulau Jawa, lalu berikutnya ke seluruh Indonesia.

  8. Pak, klo Android Sensor Box, ex: accelerometer, light, orientation, proximity, temperature, gyroscope, sound, magnetic, sama pressure sensor itu fungsinya buat apa pak?
    Maaf banyak nanya πŸ˜€

    1. Pak Hayat,

      Fungsinya macam-macam. Di antaranya:
      * Mengenali posisi ponsel yang sedang dipegang pengguna. Apakah sedang vertikal atau horizontal, miring ke arah mana, dll. Salah satu manfaat nyatanya, katakanlah pengguna sedang bermain balap mobil, untuk mengarahkan mobil si pengguna tidak menggerakkan ponsel. Tak perlu memencet layar.

      * Mengenali jarak antara ponsel dan penggunanya. Contoh manfaat nyatanya, ketika pengguna akan menelepon dan melihat layar, layar akan bercahaya. Saat ponsel kemudian ditempelkan di telinga, lampu layar padam.

  9. pak herry
    perbedaan jellybean dan kitkat apakah sangat terasa dari sisi fitur dan pemakaian. p780 dan moto g.

    1. Pak Suheri Nugroho,

      Saya tidak mengetahuinya. Sampai Moto G saya jual, update ke KitKat belum muncul. Eh, beberapa hari kemudian nongol.

      Kalau merujuk pada pengalaman pakai Nexus 4 KitKat, yang paling saya rasakan konsumsi baterai terasa lebih hemat.

  10. pak herry
    apa sih kelebihan\kekurangan kalau jaringan ponsel kita kunci pada 3g sementara kita tinggal didaerah pelosok yg jaringannya kadang 2g atau 3g.

    1. Pak Suheri Nugroho,

      Ada sebagian operator yang layanan internetnya praktis tak bisa dipakai bila berada di jaringan 2G. Karena itulah kemampuan mengunci di jaringan 3G terasa penting. Buat saya, lebih baik SOS daripada dapat 2G tetapi sering bengong total. Dengan SOS, saya tahu kalau saat itu tak bisa berinternet.

  11. Jadi tertarik nih.

    Beberapa pertanyaan: kabarnya Moto G itu agak ‘polos’ dalam artian tidak banyak program2 tambahannya ya? Soalnya kalau pakai Samsung kan banyak program tambahan yg tidak semuanya kita pakai.

    Yg kedua: bagaimana dgn dual on Moto G sistemnya kartu utama+kedua atau saat call/sms bisa pilih kartu pertama dan kedua?

    1. Pak Liat2aja,

      1. Benar, relatif polos. Ada sedikit aplikasi tambahan, tetapi tak sampai mengganggu. Aplikasi itu justru bermanfaat. Misalnya, Motorola Assist yang sudah saya paparkan di atas. Iya, kalau Samsung bloatware alias aplikasi tambahan yang kurang terpakai makin lama makin banyak.

      2. Bisa diatur maunya gimana.

  12. Udah akhir Februari nih Pak…
    Belum ada tanda munculnya Moto G T_T
    Apa ada masalah di PT Trikomsel y?
    Kira2 kpn dirilis? Udah bertahan tanpa HP 2 bulan, hehe

    1. Pak Hayat,

      Iya nih, sudah Maret dan Moto G bergaransi resmi tetap belum muncul. Saya tak tahu ada masalah apa.

      Lho, kalau memang sudah butuh ponsel, ya mending beli ponsel lain dulu tho. Jangan gara-gara menanti Moto G sampai dua bulan tidak berponsel.

  13. ngliat FB resminya OkeShop dikasih tw klw rilis resminya jadinya April
    padahal dah nungguin bgt dari kmrn,klw kayak gini saya malah lebih baik beli yang dari luar aja XD,kepengen yg dual SIM
    Mw tanya pak Herry,klw misal kita beli dari luar gitu nanti masalah service2 gitu klw terjadi kerusakkan seperti gmn ya ?

    1. Pak Ismoyo,

      Wah, molor lagi jadi bulan April? *pingsan*

      Kalau beli di luar negeri dan ada kerusakan, ya kita takkan bisa melakukan klaim garansi di sini. Umpama pusat perbaikan resmi di sini mau menerima pun, pasti dikenakan biaya.

  14. Waduh April ! Padahal udah nunggu dari dulu…
    Y dah beli Xperia L aja klo gitu.
    Pak Ismoyo Fanpage okeshop di Facebook namanya yang apa?

  15. Pak Herry,
    Akhirnya tiba yg ditunggu2 reviewnya , tapi masih penasaran dengan samsung grand 2 kira2 menurut pak herry pilih mana?tks

    1. Pak Iwan,

      Belum tahu nih Galaxy Grand 2 bagus atau tidak. Saya sih lebih ngeri dengan harga jualnya kelak. Tahu sendiri kan Samsung kalau mematok harga jual kayak gimana.

  16. Ternyata rumornya emang muncul di AWAL APRIL.. *Gile lu ndro!* Sy liat di forum kaskus.
    Paling tdk dr pihak Trikomsel kasih kejelasan produk, harganya brp, kpn keluar. Pdhal barang udah nyampe Indonesia dr awal 2014. Trus jg katanya yang bakal dikeluarin yang 8 GB dulu, buat strategi. Moga2 awal maret udah rilis (amin). Klo emg April, say good bye… Pasti udah banyak produk lain yang lebih bersaing, ntar motoji udah basi.

  17. Bung HSW, sori OOT

    Saya hanya mau komen klo tadi kemekel gak abis2 pas liat situ pake kaos “Aku lagi pura2 GENDUT”. Aduuuh, gak tahan liatnya!

    1. Cak Hananto,

      Ha… ha… ha….

      Kaos itu saya beli tanpa rencana. Saat sedang berjalan melewati sebuah stan di mal, saya melihat ada kaos yang unik. Ukurannya juga besar. Sebenarnya saya lebih menyukai kaos berwarna dasar putih. Namun, karena yang tersedia hanya hitam, sikat deh.

  18. setelah saya baca2 koment dr pak herry kayaknya saya lebih memilih p780 di banding moto g yg blm muncul jg hehehe takutnya moto g muncul harganya menggila karena bnyk permintaan.pak herry moto g bisa OTG jg ya?kitkat udah mendukung OTG ya pak?

  19. Pak Herry, menurut bapak antara Moto G dan LG G Pro Lite, secara keseluruhan lebih worth to buy yang mana ya Pak…

    -Trims-

    1. Pak Arthur,

      Tergantung Moto G-nya dapat harga berapa. Kalau seperti harga di Malaysia (Rp 2,8 jutaan), ya lebih mending Moto G. Namun, kalau harganya sesuai harga pasaran BM di Indonesia saat ini (sekitar Rp 3,5 juta), ya mending G Pro Lite.

  20. koh herry, maaf kan saya oot comment disini dikarenakan tak ada page khsus untuk bertanya πŸ™ (kode juga biar diadain :D)

    saya sekedar mau tau, untuk saat ini antara LG, Lenovo, dan Motorola mana yang harga untuk dijual kembalinya lebih menguntungkan ? maksudnya yang harganya tidak terlalu jatuh gitu dari harga belinya

    untuk jawabannya saya ucapkan kamsia πŸ™‚

    1. Bu Dian,

      Saya urutkan dari yang paling kurang jatuh sampai paling jatuh ya: Lenovo, LG, dan Motorola.

      Btw, itu kalau jualnya ke pasar bebas ya. Kalau ke kumpulan penggemar gawai alias gadget, urutannya berubah jadi Lenovo, Motorola, dan LG.

  21. Pak, setelah nunggu lama akhirnya saya beli LG L7 II ..hehe capek nunggu moto g. Makasih pak buat reviewnya slm ini πŸ˜€

    1. Pak Hayat,

      Kalau sudah dipakai 1-2 minggu, ceritakan pengalaman memakai ponsel itu di sini ya. Saya kebetulan belum pernah mencoba ponsel tersebut.

  22. Salam kenal Om Herry. Rasanya menyesal baru kenal Om sekarang ini. Yg pasti mulai saat ini saya akan ikuti blog / review Om terus. Saya juga galau antara P780 dan Moto g. Lebih galau lagi setelah baca Om Herry malah pilih P780. Hahaha. Soalnya minus di upgrade os kitkat dan gorilla glass. Plus nya P780 udah ready dgn cash back di mega bazaar sekarang. Mohon pencerahan lagi Om. Terima kasih.

    1. Pak Ronal,

      Salam kenal juga.

      Harga P780 di Mega Bazaar berapa? Perlu saya tanyakan karena harga promo di Mega Bazaar Surabaya masih lebih mahal daripada harga normal pasaran.

  23. Mas Herry..
    lg bingung nie.. mau beli moto G tapi kok tertarik lenovo p780 πŸ™‚
    Menurut mas herry..mana yg layak di pinang

    ma kasih jawabannya…

    1. Pak/Bu Renichi,

      Bergantung Anda mendapatkan Moto G di harga berapa. Kalau sesuai harga di Malaysia, Moto G lebih menarik. Namun, bila Anda memperoleh ponsel itu sesuai harga pasaran Moto G non-garansi di Indonesia (saat ini sekitar Rp 3,5 juta), membeli P780 tampaknya lebih bijak.

  24. Malam Om Herry, terima kasih atas responnya. mega bazaar jakarta harga P780 8gb 3199rb cashback 100rb jadi nett 3099rb. Plus cashback dari kartu kredit bca sebesar 200rb lagi. Mohon advice apakah worthed untuk dibeli dibanding dengan moto g, mau nitip temen kebetulan mau ke singapore. Terima kasih

    1. Pak Ronal,

      Berarti, harga bersihnya 3.199 – 100 – 200 = Rp 2.899.000 ya? Kalau harga segitu sih layak dibeli, Pak.

      Soal Moto G, harga pasaran di Singapura lebih tinggi daripada Malaysia lho.

  25. Bener ma pak HSW di malang aja cuma 2895 di indocell terakhir lihat kemarin .Kalau sama harga 3 jt milih mana pak P780 vs Moto G ya,..
    terimakasih

    1. Pak Ambang,

      Moto G-nya harga berapa? Kalau sama dengan harga Malaysia, saya pilih Moto G dengan pertimbangan merek lebih terkenal, fisik cantik, dan nggak pasaran.

    1. Pak Ambang,

      Dengan asumsi itu Moto G dual SIM dan 16 GB, saya memilih Moto G. Alasan saya sangat subjektif: karena tampilan fisiknya sedap dipandang mata dan nggak pasaran. Kalau setelah 1-2 minggu bosan, bisa dijual bekas dengan harga sekitar Rp 2,9 juta, lalu dibelikan P780 baru.

  26. ok lah kl begitu pak saya nitip aja dr hongkong dengan harga 1989 dolar dengan kurs rupiah 1470 ya ketemunya 2,8 juta lebih dikit tp apa kode dual 16 gb moto g itu XT1033 .soalnya pke tulisan sandi rumput jadi gak tau pak,..

  27. Om HSW maaf rada OOT .. kl boleh nanya btw itu tshirt
    yg ada tulisan : “aku lagi pura-pura gendut” itu beli nya
    di KGW (Kampung Gajah Wonderland) Bandung yah?
    soalnya minggu kemaren saya ke KGW hampir saja beli tshirt yg
    om HSW pake itu ????

    1. Pak Andrieioid,

      Saya beli di mal yang menyatu dengan Trans Studio Bandung. Ehm… Bandung Supermall ya namanya? Lupa.

  28. Pak Herry, saya mau beli ponsel baru, ada 3 pilihan: Lenovo P780, Sony Xperia M, dan Moto G. Kalau dilihat secara keseluruhan, mana yang paling baik menurut Pak Herry?

    1. Pak Adrian,

      Mohon maaf karena saya baru bisa merespons pertanyaan pada saat ini. Beberapa hari terakhir saya terkena sinusitis sehingga kesulitan berlama-lama menatap layar laptop atau ponsel.

      Di antara tiga pilihan itu, Xperia M silakan dicoret dulu. Kalau Anda bisa mendapatkan Moto G dual SIM berkapasitas 16 GB dengan harga maksimal Rp 3 juta, silakan membeli Moto G. Bila harga Moto G yang Anda peroleh lebih dari Rp 3 juta, lebih baik melirik P780 8 GB.

  29. Sony Xperia M memang tdk saya pilih karena layarnya cuma 4″, Moto G sebenarnya powerful tapi masih BM, akhirnya saya pilih Lenovo P780. Makasih Pak Herry

    Omong2, sebagai pengamat gadget Pak Herry pake ponsel apa nih? Masa ganti2 terus?

    1. Pak Adrian,

      Ponsel yang sedang saya review biasanya saya gunakan sebagai ponsel utama. Jadi, ya memang ganti-ganti terus.

      Selain itu, saya biasanya membawa LG A230. Itu ponsel biasa banget kok. Harga barunya Rp 300 ribuan.

  30. Btw, sinusitisnya apa ga bisa diobati? Di uap kek.. di irigasi kek.. Kalo sakit terus kan sangat mengganggu Pak. Cepat sembuh ya Pak

    1. Pak Adrian,

      Sinusitis bisa diobati dan saya sedang mengonsumsi obat yang diberikan dokter. Hasilnya mulai terasa.

      Terima kasih.

  31. Pak Herry,
    ada info terakhir ga kapan Moto G ini keluar? saya lebih minat ke Single Sim aja, karena nomer saya dari dulu cuma 1 biji aja, ga mau nambah πŸ˜€

    btw, oot dikit, Xperia M2 ada info kapan keluar juga?

    1. Pak Feri Reza,

      Jadwal edar Moto G secara resmi di Indonesia berubah jadi misterius banget nih.

      Xperia M2 pasti akan muncul di sini, tetapi saya belum tahu kapan.

    1. Bu HK,

      Moto G lebih menarik dibeli. Untuk Zenfone, melihat perkembangan akhir-akhir ini, saya menyarankan Anda melupakan segala tipe Asus Zenfone dulu. Logikanya, menangani distribusi saja tak becus, apalagi kelak layanan purna jualnya.

  32. Pak Herry
    Dari screencapture review bapak, MotoG gak ada gyroscope sensornya dibanding LenovoP780 ya pak….ini mengurangi keasyikan saat main game….apa fungsi lain sensor ini pada smartphone pak…selain gaming.

    1. Pak Dimmas,

      Di Lazada tidak disebutkan yang ditawarkan versi single SIM atau dual SIM. Saya sih menduga yang dual SIM.

    1. Pak Teguh,

      Terima kasih atas update-nya.

      Pesanan Moto G yang 8 GB besok seharusnya mulai didistribusikan kepada pemesan. Kalau yang 16 GB baru akhir bulan.

  33. Halo pak..
    sy udah pegang ni moto g 8gb..
    tp kok gak mw detect sim ya kedua2nya..
    Bisa ksi saran gak pak ?

    Trims..

    1. Pak Jeje,

      Kalau kedua selot gagal mendeteksi kartu SIM, saya terus terang curiga Anda terbalik dalam memasangkan kartu SIM. Coba dicek lagi deh.

      Seandainya pemasangan sudah benar, tetapi dua kartu SIM yang terpasang masih tidak terdeteksi, silakan segera melakukan klaim kepada penjual. Lazada ya?

    1. Pak Rombang Rizky S,

      Sampai saat ini, pemasaran Moto G di Indonesia masih eksklusif hanya dilakukan Lazada. Jadi, belum ada pilihan lain.

  34. Pak herry sw

    Saya baru meminang hp ini dari lazada,kebetulam dapat yang dual sim 8gb dan sudah dapat update kitkat 4.4.2.
    yang mau saya tanyakan,untuk lock 3g bagaimana pak?
    saya sudah coba lewat (setting > more > mobile network > prefered network type> lalu saya pilih 3g kok tidak mau ya pak,selalu kembali ke 2g saja).
    lalu saya coba pakai cara yang pak herry tulis,yakni pakai *#*#4636#*#*,saya coba pilih ke WCDMA only atau WCDMA prefered tetapi selalu saja kembali ke GSM only.
    apakah pak herry mengalami hal yang sama?
    menurut pak herry,ini kesalahan ada di HP saya atau bagaimana?

    mohon bantuannya,terima kasih banyak pak herry

    1. Pak Aditya,

      Jurus *#*#4636#*#* itu sudah benar. Namun, hanya berlaku untuk SIM1 ya. Ketika ponsel usai dimatikan, lalu dinyalakan lagi, biasanya jurus tersebut perlu dijalankan lagi.

      Bila langkah-langkah di atas telah Anda jalankan, tetapi masih gagal, terus terang saya juga bingung. Sebab, dulu waktu pakai Moto G, jurus itu terbukti lancar jaya.

  35. mas Herry
    distributor resminya lazada yaa??
    aq masih sangsi kalo hrs transfer onlune..mas Herry dulu jg dpt moto g dari lazada??
    nih masih pre order saya

    1. Bu Ratih,

      Lebih tepatnya, Lazada itu mitra eksklusif untuk penjualan online.

      Dulu saya beli Moto G dari Malaysia. Lazada seharusnya tak sampai menipu. Namun, pelayanan dan kecepatan pengirimannya kini jauh lebih buruk daripada dulu.

  36. Pak hendry…
    Menurut bapak pilihan jatuh kemana antara Moto G 16gb atau Axioo picophone X1 dengan pertimbangan harga yang sama??

    1. Pak/Bu Ainur,

      Saya belum pernah menguji pakai Picophone X1, tetapi saya pernah towel-towel ponsel itu selama beberapa menit. Terus terang kesan pertama saya kok gimana gitu ya. Nggak meyakinkan deh.

      Kalau Moto G 16 GB sih menarik dibeli.

  37. Salam pak herry.. Klo menurut bpk diantara moto g,l70 atau ponsel lenovo (sy kurang hapal model dan harga ponsel lenovo yg sekarang) dg harga setara pilihan yg paling ideal yang Mana pak?
    Terima kasih..

    1. Pak Yudi,

      Yang harga setara dengan Moto G dan LG L70 berarti Lenovo (kalau tak salah ingat) A526. Di antara tiga ponsel itu, saya memilih Moto G 16 GB. Yang 16 GB ya, bukan Moto G 8 GB.

  38. Salam pak, setelah baca2 review p.herry dan respon dari p.herry atas pertanyaan saya kmrn akhirnya saya meminang lg l70 buat istri saya,overall sy puas sekali dg kinerjanya bahkan sy berencana mengganti hp yg sekarang sy pakai.
    Pertanyaan sy -karena sy sudah pernah pegang2 l70- antara l70 dg moto g 16gb mending mana pak?
    Terima kasih sblmnya..

    1. Pak Yudi,

      Di atas kertas spesifikasi Moto G lebih tinggi daripada L70. Dalam pemakaian nyata, Moto G juga terasa lebih gegas dan smooth. Namun, Moto G menggunakan baterai tanam dan tidak dilengkapi selot microSD.

      Pilih mana? Keputusan akhir di tangan Anda.

  39. Pak Herry gimana cara Restart moto G jika hang…karena batterynya kan gak bisa dilepas…trims

    1. Pak Suheri Nugroho,

      Tekan dan tahan tombol power selama sepuluh detik.

      Kalau masih gagal, hubungkan ponsel dengan charger, lalu tekan dan tahan tombol power selama dua menit. Dua menit ya. Tidak boleh kurang satu detik pun.

  40. malam pak..salam kenal…sy memakai moto g cdma.
    kalau semisal baterai tanam mau di ganti…kira kira tempatnya dimana ya pak…tka

    1. Pak Agung Ari,

      Saya belum pernah menjumpai gerai yang menawarkan jasa penggantian baterai Moto G.

      Anda berada di kota mana? Baterai Moto G Anda gembung atau bagaimana nih ceritanya?

  41. Yth. pak herry,
    Mau menanyakan apakah efek dari upgrade software moto G misalnya dari bawaan android ver 4.4.2 ke versi 4.4.4?
    Apakah ada pengaruhnya terhadap performance gadget ybs, spt misalnya kualitas hasil jepretan kamera dll.
    Terimakasih sebelumnya.

    1. Pak Hartono,

      Saya sudah lama tidak memakai Moto G. Dengan demikian, saya belum pernah merasakan update ke 4.4.4 sehingga otomatis juga tak pernah merasakan perbedaannya terhadap performa ponsel.

  42. Pak Herry, mohon info distributor/toko apa yang menjual Motorola? Di Surabaya, pusat perbaikan resmi Motorola ada dimana ya? Saya tertarik dengan Motorola karena dulu pengguna C650 dan tetap tahan dipakai sampai bertahun2. Trims

    1. Pak Adrian,

      Saat ini penjualan ponsel Motorola hanya dilakukan online di Lazada.co.id, situs yang masih saya masukkan dalam daftar hitam karena kinerjanya memburuk. Padahal, dulu Lazada.co.id termasuk dalam daftar tempat belanja online yang saya rekomendasikan.

      Setahu saya, di Surabaya tidak ada pusat perbaikan resmi Motorola. Di lembaran garansi Moto G dan Moto E memang ada alamat pusat perbaikan resmi Motorola di Surabaya. Saya sudah coba cek keberadaannya dan ternyata di alamat itu hanya ada gudang.

  43. Pak Herry
    Cara lock 3G di moto G apakah kita pilih opsi WCDMA.
    Apakah dengan factory reset bisa juga menghapus virus di ponsel.Saat ponsel dipakai browsing internet terkadang muncul keterangan bahwa ponsel saya terkena virus padahal saya telah memasang app antivirus.Apakah memang bisa suatu web memantau virus di ponsel orang lain.Dan apakah virus juga menyebabkan ponsel menjadi lambat membuka suatu web.trims

    1. Pak Suherinugroho,

      Dulu saat memakai Moto G, seingat saya di menu bawaan ponsel tersebut tak ada pilihan mengunci di 3G saja. Saya tak mengetahui kondisi terkini, setelah ponsel mendapatkan update firmware. Bila ternayta ada pilihan “WCDMA only”, pilihlah itu untuk mengunci ponsel supaya selalu berada di jaringan 3G.

      Ya, factory reset akan mengembalikan ponsel ke kondisi awal, seolah ponsel baru dikeluarkan dari kardusnya untuk kali pertama. Munculnya keterangan bahwa ponsel terkena virus itu biasanya cenderung merupakan jebakan supaya pengguna menginstalasi aplikasi yang kredibilitasnya meragukan.

  44. pak herry mohon diulas tentang motorola moto e pak, karena saya penasaran performanya, dgn harga sekitar 1,3 jt di lazada, kbrnya hp ini sdh kitkat dan dual core 1,2 Ghz

  45. Salam pak.
    maaf nih telat baca dan lgsg minta saran. saya tertarik beli moto g karena hp baru hilang. hiks. tapi yg tersedia hanya 8 gb skrg ini. dgn budget yg tidak jauh berbeda apakah ada saran lain? Oiya saya termasuk yg bkn gadget mania. selama ini hp gak pernah dipakai nge-game.Jeleknya saya, saya tidak suka layar lebar. niat beli lumia 535 tp lgsg keki lihat layarnya. trmksh ya pak.

    1. Pak Famu,

      Karena awalnya Anda mengincar Moto G 16 GB, saya mengasumsikan anggaran Anda maksimal Rp 2,25 juta.

      Dengan anggaran maksimal segitu, Anda boleh coba melirik Acer Liquid E3. Harga barunya sebenarnya Rp 2,299 juta. Namun, siapa tahu Anda sukses menemukan penjual yang menawarkan ponsel itu di bawah harga pasar.

  46. Pak Herry, mohon info tentang “Motorola Moto G 2nd gen (2014)”, saya cukup tertarik dengan tipe tersebut, dan apakah benar Moto G terbaru itu sudah dirilis di Indonesia, karena saya sempat melihat penampakannya di daftar harga pada sebuah tabloid (sebut saja pulsa).

    Selain itu saya juga memiliki alternatif lain yaitu LG G2 Mini, dan juga Xiaomi Redmi 1S, karena Pak Herry pernah mereview ketiganya, menurut bapak lebih baik saya memilih yang mana? apakah ada alternatif lain juga untuk kisaran harga 2 juta

    1. Pak Reza,

      Moto G (2014) belum beredar resmi di sini. Saya juga belum pernah mencobanya.

      Kalau G2 Mini versus Redmi 1S, saya lebih memilih G2 Mini. Alternatif lain, terutama bila mengidamkan ponsel berlayar lebar dan berbaterai awet, adalah Xiaomi Redmi Note.

  47. Pak HSW
    Mau tanya soal Hp suami moto G XT 1033 yg dulu ikutan beli di lazada.
    Beberapa hari yang lalu baru di update lolipop 5.1. Entah kenapa sekarang kontak jadi hilang semua (klo diklik hanya loading), bahkan tidak bisa menambahkan kontak baru.
    Notifikasi Whatsapp tidak ada, kontaknya juga loading saja. Setiap buka aplikasi agak lama loading trus ada warning aplikasi tidak menanggapi. Sms cukup lama masuknya.
    Tolong petunjuknya pak… Terima kasih

    1. Bu Selvi,

      Sebelumnya KitKat dan kini di-update ke Lollipop? Kalau iya, sebaiknya di-factory reset dulu satu kali.

    1. Bu Selvi,

      Ya. Data di memori internal akan hilang. Ponsel akan kembali ke kondisi seperti saat barusan Anda beli.

  48. Sudah bisa pak… Terima kasih yah sudah menolong saya yang gaptek ini hehehehe…
    Sukses buat pak heri..

  49. Oh iya pak… Maaf oot neh
    Powerbank yang cocok dan ori yang pas buat lg g4 apa yah? Dan beli yang ori dimana? Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *