Review Motorola Moto G5s Plus: Wajib Dibeli Sebelum Harga Normal

Sampai penulis alias HSW selesai mengetikkan ulasan ini, resminya Motorola Moto G5s Plus baru dijual secara eksklusif via Lazada. Harganya pun masih sama dengan harga pre-order yang dipatok Rp 2,999 juta. Lenovo Indonesia (eh… atau Motorola Indonesia ya?) belum mengungkapkan harga normalnya.

Kalau Anda menemukan penjual Moto G5s Plus selain di Lazada, dapat dipastikan mereka kulakan dari Lazada dan berharap meraup keuntungan saat menjualnya kembali. Lihatlah iklan di Tokopedia, Bukalapak, dan situs belanja lain untuk membuktikannya.

Saat dikeluarkan dari kardusnya, tampilan fisik Moto G5s Plus langsung terlihat memesona. Bodi ponsel yang terbuat dari logam berwarna abu-abu terlihat mewah dan kuat. Seolah ia adalah ponsel flagship. Cekungan tepat di logo M sangat pas untuk meletakkan ujung jari telunjuk kala memegang ponsel. Sayang, kamera belakang ponsel itu masih sedikit menonjol.

Konektor audio 3,5 milimeter terdapat di bagian atas ponsel, sedangkan selot kartu SIM di sisi kiri. Menganut dual SIM hybrid, pengguna harus memilih akan menyelipkan dua nano SIM atau satu nano SIM dan satu kartu microSD. Tombol volume dan tombol power bakal dijumpai di sisi kanan ponsel. Sementara itu, di sisi bawah pengguna bakal menemukan konektor micro USB dan speaker.

Moto G5s Plus berdimensi fisik 153,5 x 76,2 milimeter dan berat 168 gram. Ketebalannya bervariasi, mulai 8,04 hingga 9,5 milimeter, bergantung sisi mana yang diukur. Desain yang ergonomis membuat ponsel itu nyaman digenggam.

Ponsel Android 7.1.1 Nougat tersebut dibekali layar 5,5 inci full HD 1.920 x 1.080 piksel dengan Corning Gorilla Glass 3. Tampilan layarnya halus dan tajam. Di bawah layar, terdapat sensor/pemindai sidik jari yang bentuknya serupa dengan milik Moto Z2 Play.

Spesifikasi lain Moto G5s Plus, di antaranya, prosesor delapan inti (octa core) Qualcomm Snapdragon 625 MSM8953 2 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, RAM 4 GB, dan ROM 32 GB. Saat ponsel masih segar, ruang kosong di memori internalnya mencapai 23,02 GB. Ada pula NFC, penyaring panggilan telepon dan SMS masuk, serta radio FM yang siarannya bisa direkam.

Sama dengan beberapa tipe lain ponsel Motorola, bodi Moto G5s Plus dilengkapi nano coating sehingga tahan terhadap percikan air. Baterai tanam berkapasitas 3.000 mAh menjadi pemasok daya ponsel. Dengan perilaku pemakaian ala HSW, baterai tersebut mampu bertahan selama 14 jam.

Kamera utama Moto G5s Plus berlensa ganda dengan bukaan f/2. Teoretisnya satu kamera memproduksi foto berwarna, satu lagi menangkap detail objek lewat foto monokrom. Keduanya lalu dikombinasikan otomatis untuk menghasilkan sebuah foto berwarna yang detail. Kamera dengan fokus otomatis dan lampu kilat itu sanggup menghasilkan foto beresolusi maksimal 13 megapiksel dan klip video 4K Ultra HD.

Selain mode pemotretan otomatis/normal, tersedia mode panorama, profesional, dan depth enabled. Pada mode profesional, pengguna leluasa mengubah pemfokusan, white balance, kecepatan rana (1/6.000-1/4 detik), ISO (100-3200), dan kompensasi pencahayaan.

Berlanjut ke mode depth enabled. Mudahnya itu adalah mode bokeh. Objek utama pemotretan terlihat tajam, sedangkan bagian lain sengaja dibuat kabur alias blur. Hal yang menarik, intensitas blur dapat diatur sebelum maupun sesudah pengguna memotret.

Latar belakang objek utama pemotretan juga bisa diubah menjadi hitam putih, bahkan diganti dengan gambar lain. Misalnya, pengguna sebenarnya berfoto di dalam kamar, tetapi latar belakang foto diganti gambar pantai atau Menara Eiffel.

Sama dengan mayoritas ponsel, spesifikasi kamera depan Moto G5s Plus tak setinggi kamera belakang. Ia sanggup menghasilkan foto beresolusi delapan megapiksel dan klip video full HD 1080p. Tersedianya lampu LED di bagian muka ponsel mempermudah pengguna berswafoto di lokasi temaram.

Selama berhari-hari memakai Moto G5s Plus sebagai ponsel utama, ia selalu terasa gegas. Sesekali bodinya memang lebih hangat daripada biasanya, tetapi masih dalam batas wajar.

Kalau dirangkum, selain antilemot, setidaknya ada empat hal yang membuat HSW menyukai Moto G5s Plus. Pertama, sensor/pemindai sidik jarinya multiguna dan dapat menggantikan tombol navigasi di layar. Saat ponsel padam dan terkunci, pengguna cukup menyentuhkan ujung jari di sampai ponsel terasa bergetar. Layar ponsel dengan cepat bakal aktif dan terbuka.

Untuk melihat daftar aplikasi yang sedang aktif (recent apps), sapukan jari dari kiri ke kanan sensor sidik jari. Untuk mundur satu halaman (back), sapukan jari dari kanan ke kiri. Ingin kembali ke home screen? Cukup sentuh sensor sidik jari dengan cepat sebanyak satu kali.

Ketika tuntas mengoperasikan ponsel, kemudian ingin memadamkan layar dan menguncinya, pengguna tinggal menempelkan ujung jari ke sensor sidik jari. Tunggu sesaat sampai ponsel bergetar. Praktis. Seandainya pengguna lebih menyukai tombol navigasi virtual di bagian bawah layar, tenang… hal itu tetap bisa dilakukan.

Masih terkait gerakan tangan (gesture), Moto G5s Plus juga menawarkan cara mudah mengaktifkan kamera atau menyalakan lampu senter. Gerakkan ponsel membentuk setengah lingkaran sebanyak dua kali untuk membuka aplikasi kamera. Sedangkan untuk menyalakan lampu senter, goyangkan ponsel ke depan sebanyak dua kali.

Kedua, kompatibilitas 4G LTE Moto G5s Plus tergolong komplet. Ia siap dipadukan dengan seluruh operator 4G LTE di Indonesia, bahkan mendukung native VoLTE Smartfren. Bagi HSW yang memiliki nomor nyaris semua operator seluler di Indonesia, kemampuan itu sangat bermanfaat.

Ketiga, dibekali NFC. Momennya pas banget dengan kebijakan pembayaran tol memakai uang elektronik nih. Meskipun tidak selalu sukses, minimal kini HSW lebih mudah mengecek sisa saldo kartu e-Money yang rutin dipakai saat bepergian ke Jakarta.

Keempat, mendukung charging cepat Turbo Power dan kompatibel dengan standar Qualcomm Quick Charge. Dengan perilaku pemakaian ala HSW, baterai Moto G5s Plus rata-rata sanggup bertahan selama rata 14 jam. Jadi, fitur ini sebenarnya tidak mutlak ada. Namun, bila tersedia tentu takkan ditolak. Saat pemakaian daya kebetulan lebih banyak daripada biasanya, HSW dapat mengisi ulang dengan ekspres.

Tiada gading yang tak retak. Di samping sederet poin positif, ada beberapa hal yang berpotensi mengurangi daya tarik. Apa saja? Pertama, efek bokeh kamera Moto G5s Plus kurang natural.

Kedua, bila mode depth enabled diaktifkan, jeda waktu sejak tombol penjepret (shutter) kamera ditekan hingga ponsel tuntas menyimpan foto lumayan lama. Sekitar dua detik. Bila selama proses penyimpanan foto ponsel digerakkan, foto yang dihasilkan akan kabur. Tampak bergoyang.

Ketiga, Moto G5s Plus tidak dibekali sensor magnetik. Hal itu bermakna tak ada kompas. Buat HSW sih tak apa-apa. Sebaliknya, untuk pengguna yang sehari-hari perlu mengetahui arah kiblat, kondisi tersebut patut disesalkan.

Dengan memperhatikan spesifikasi, kinerja, dan segala plus minusnya, menurut HSW, harga Moto G5s Plus yang sekarang bertengger di Rp 2,999 juta itu sangat rasional. Anda yang tidak memerlukan kompas dan kamera dengan fitur bokeh wajib membelinya sebelum harga normal ponsel itu dirilis.

Harga normal Moto G5s Plus mestinya lebih mahal daripada sekarang. HSW menduga harga normalnya urung di Rp 3,999 juta, melainkan di rentang harga Rp 3,25 juta sampai Rp 3,399 juta. Kalau Lenovo Indonesia ternyata kelak memutuskan tetap di Rp 2,999 juta, berarti mereka khilaf. Wkwkwkwkwk. πŸ˜€

***

Inilah beberapa contoh hasil foto Moto G5s Plus.

Memodifikasi hasil jepretan mode depth enabled.

Seperti ini penampakan foto awalnya.

Latar belakang diubah menjadi hitam putih.

Sekarang latar belakang diganti dengan pemandangan lain.

Tiga foto di bawah ini dijepret memakai kamera depan.

Kamera depan Moto G5s Plus dibekali lampu LED. Bagaimana perbandingan hasilnya? Berswafoto dulu tanpa mengaktifkan lampu tambahan.

Sekarang lampu tambahan diaktifkan.

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

162 thoughts to “Review Motorola Moto G5s Plus: Wajib Dibeli Sebelum Harga Normal”

  1. pertamax?

    wah, tumben Pak Herry memakai orang lain sbg objek foto utama.. biasanya makanan atau lainnya.

    btw, bagi yang masih meragukan antara Moto G5s plus dengan Xiaomi Mi A1, setelah membaca ini saya rasa sudah tidak perlu ragu lagi. butuh infrared & kompas, ambil Xiaomi. butuh NFC & pengisian cepat, ambil ini. setujukah Pak Herry?

    terimakasih

    1. Pak Hari,

      Kebetulan rekan tersebut ingin tahu tentang Moto G5s Plus. Sekalian saya jadikan objek foto deh.

      Ya, itu salah satu cara memilihnya.

  2. baik moto G5s atau Xiaomi A1 jarak antara kamera dan objek untuk bikin foto bokeh bebas tau terbatas pada jarak tertentu?

    1. Pak Sunar,

      Lebih tinggi ya? Saya tidak memperhatikannya. Skor Antutu tak bisa dijadikan pedoman mutlak.

      Kinerja keseluruhan sih boleh dibilang imbang. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Tinggal Anda sesuaikan dengan kebutuhan deh.

  3. Pa ni hp kan ga ada kompas nah buat aplikasi map semacam google map atau waze gimana?denger2 panahnya ga gerak y?

    1. Pak Hendra,

      Saya tidak memakai waze, tetapi sangat rutin menggunakan Google Maps di Moto G5s Plus. Navigasi tetap bisa dilakukan dengan baik kok. Bisa gerak. πŸ™‚

    2. Utk aplikasi peta setahu saya sih masih bisa digunakan karena menggunakan sensor GPS yg tertanam di hp tsb. Magnetic sensor atau kompas biasanya digunakan utk menentukan arah mata angin atau kiblat, contohnya. Mohon koreksi jika salah ya

  4. Terima kasih review G5+nya koh HSW,sangat bermanfaat. Mohon informasi ponsel apa yang lengkap, yang ada NFC, infra red dan ke 9 sensornya ada semua (dari accelerometer sampai pressure sensor ada semua)

    (Koh kalau duplikat mohon dihapus yang duplikatnya, soalnya jaringan kurang bagus. Terima kasih).

  5. Ada yg mau saya tanyakan:
    1. “Meskipun tidak selalu sukses, minimal kini HSW lebih mudah mengecek sisa saldo kartu e-Money….” >>> ini maksudnya NFC nya sering eror ya?
    2. Jika mode depth enabled dimatikan, hasil foto tidak mungkin ada bokehnya ya?
    3. Hape ini bisa OTG?
    4. Apa kelak hape ini bakal dijual juga secara offline?

    Terima kasih atas jawabannya Pak Herry.

    1. Pak Amaris,

      1. Kadang gagal mengenali kartu e-Money maupun Flazz.

      2. Masih mungkin, bahkan lebih natural. Namun, objek pemotretan tak boleh terlalu besar dan jarak dengan latar belakang harus jauh.

      3. Bisa.

      4. Ya, bakal dijual resmi secara offline.

  6. Wow, Ko Herry super sekali, 2 review ditulis dengan waktu dekat.
    Bila harga Mi A1 dan G5S+ sama, lebih baik yang mana Ko?

    1. Pak Ren,

      Uji pakai Mi A1 sebenarnya kan sudah selesai agak lama. Namun, saya belum sempat mengetikkannya.

      Kalau Moto G5s Plus uji pakainya baru selesai kemarin. Langsung saya kebut ketikannya sebelum besok pagi pergi ke luar kota.

      Seandainya harga sama, dengan merujuk kepada kebutuhan pribadi, saya lebih memilih Mi A1.

  7. Koh herry,
    untuk casing saya temukan iklan casing G5 plus di lazada apakah ukuran G5 plus sama dengan ukuran G5s plus?
    Terimakasih

  8. Kualitas sinyal gimana Om, jika dibandingkan dengan Mi A1.

    Sekitar tahun 2003 (HP jadul), sinyal Motorola saya lebih lemah dibanding Nokia & Siemens teman, tentunya di lokasi yang sama & sim card provider yang sama. Terkadang indikator sinyal menguat tapi tidak bisa terima/kirim sms, apalagi untuk telpon. Maaf terlalu panjang Om.

    Terima Kasih Om HSW

  9. Pagi Ko Herry

    antara Asus Zenfone 4 Max Pro, Xiaomi Mi A1 dan Motorola Moto G5S Plus dari sisi camera dan penggunaan sehari2 untuk chat, cek email, browsing sosial media dan ngegame lebih rekomen yg mana ya?

    terima kasih

    1. Pak Cun Xia,

      Zenfone 4 Max Pro belum bisa komentar karena masih antre untuk diuji pakai.

      Kamera lebih unggul Mi A1. Lain-lainnya sih relatif imbang.

  10. Maf Pak Herry, tanpa melihat ke harga dan juga Modular. Dari segi kamera, lebih baik moto G5S plus atau LG G5 SE ya.? Terima kasih Pak Herry.

  11. Sudah nebak sebenarnya saya kl performa pasti beda tipis aja alias sama dengan Mi A1. SoC sama, RAM besar, Motorola UI nya jg nyaris polosan seperti stock android. Jadi kalau performa memang sudah yakin mirip2.

    Kalau menurut saya preferensinya jadi seperti ini :
    – Butuh ROM agak besar dan jaminan update = Mi A1. Karena sepertinya IR sih bukan deal breaker dalam menentukan pilihan smartphone.

    – Butuh quick charging = G5S Plus. NFC seharusnya di Indonesia belum deal breaker, karena belum luas digunakan untuk pembayaran seperti di luar negeri (android pay, apple pay samsung pay, dll). Kalo untuk cek saldo kartu prabayar rasanya masih jadi sekedar fungsi tambahan aja hehe

    Yang jadi pertanyaan, untuk kondisi low light menang mana pak herry hasil fotonya antara G5S Plus dan Mi A1??

    1. Pak Erik,

      Di luar dugaan, hasil foto Mi A1 lebih bagus. Saya bilang di luar dugaan karena di atas kertas bukaan lensa Moto G5s Plus lebih besar sehingga lebih optimal dalam menangkap cahaya masuk.

  12. Quote: “Dengan perilaku pemakaian ala HSW, baterai tersebut mampu bertahan selama 14 jam”

    Berarti dari segi ketahanan batere imbang dengan Mi A1 ya pak?

  13. Mas, kabarmya LG G5 SE udah turun harga jadi Rp3.499.000, kalau dibandingkan dengan Mi A1 dan G5s Plus dari segi kamera, baterai, performa dll mending mana ya mas??

    1. Bu Nur Ami,

      Benar, harga turun jadi Rp 3,499 juta dan bonus battery kit.

      Kamera dan performa umum lebih bagus G5 SE. Namun, untuk daya tahan baterai, G5 SE kalah dibandingkan dua ponsel yang lain.

      1. Koh Herry,

        Di daerah Surabaya mana ya yang masih ada promo LG G5 SE dengan harga Rp 3,499 juta dan bonus battery kit tsb?
        Terimakasih,

  14. Pak Herry,

    MI A1 dan Moto G5s Plus bisa 4G bersamaan di dua SIMCARD-nya?
    Menurut pak Herry, diantara 2 itu yg penampilan fisiknya lebih keren yg mana?
    Tentang layanan purna jual, yg mana yg lebih baik?

    OOT: Operator 3 apakah sudah bisa 4G di Surabaya?

    1. Pak Iwan,

      Tidak bisa. Sampai saat ini belum ada ponsel dual SIM yang bisa 4G-4G secara simultan.

      Mi A1 hitam.

      Seimbang.

      Tri di Surabaya sudah bisa 4G LTE. Namun, jangan mengharapkan kualitas bagus ya.

  15. Ijin nambahin kesan dan pesan yaa Koh HSW.
    Dr awal sebenernya pingin beli Mi A1 buat HP kedua. Tp ketika tau tentang harga pre-order moto G5s plus cuma 3jt langsung banting setir ke moto G5s plus karena daridulu gak suka kalo pake hp yang mainstream hehe
    Secara keseluruhan saya puas dgn performanya
    Gaming lancar,kamera belakang oke,kamera depan yg bagus di kelasnya dan menurut saya desain serta kualitasnya mantep banget. Oh iya mungkin banyak orang yang tidak tahu moto G5s plus juga mendukung fitur face recognition yang cukup baik performanya.
    Kelemahan hp ini mungkin cuma satu yaitu susah banget cari aksesorisnya tapi mungkin lama-kelamaan akan tersedia juga di pasaran.
    Maaf Koh kalo kepanjangan hehe.

    1. Pak Ivan,

      Terima kasih atas komentarnya.

      Aksesori Moto G5s Plus sudah mulai muncul di Bukalapak dan Tokopedia. Namun, harganya memang masih premium. Jelly case yang biasanya Rp 25 ribu masih dipatok 3-4 kali lipatnya.

  16. Review-nya mantap Koh,
    Menurut koh HSW, jika melihat harga LG G5 SE yg kini semakin turun lebih baik pilih mana koh, dlm hal kinerja kamera, baterai awet mana jika dibanding Xiaomi Mi A1 ? Oiya kemampuan dual sim di LG G5 SE bisa 4g-3g ?? dan terakhir melihat tren dual kamera saat ini Koh Herry lebih condong dgn setup dual ala LG, Huawei, atau Xiaomi? Alasannya knp?? Maaf koh pertanyaannya kebanyakan.
    Sukses trs Koh HSW πŸ˜‰

    1. Pak Ahmad,

      Kamera lebih bagus G5 SE.

      Untuk daya tahan baterai, G5 SE kalah dengan Mi A1.

      Tidak bisa.

      Mengikuti tren pasar dan selera konsumen.

  17. terima kasih review-nya Pak Herry. sayangnya memory internal Motorola moto g5s plus ini hanya 32 gb ya. seandainya 64 gb pasti lbh ok lagi.
    saya ada 1 pertanyaan, apa ya rekomendasi ponsel android harga termurah dgn spesifikasi yg lumayan dan sdh punya fitur nfc? alasannya tentu untuk memudahkan pengecekan saldo uang elektronik sih.

    1. Pak Mkhairullahz,

      Tak ada. Saya cenderung tak memedulikan notifikasi LED. Sebab, toh sehari-hari ponsel sering dipegang dan dilihat.

  18. Salam Pak Herry SW,

    Maaf kalau pertanyaan2nya OOT. Saya berencana mau meminang sebuah smartphone berbaterai besar tp masih ragu karena beberapa hal.

    1. Menurut bapak, apakah produk keluaran 2016 (Lenovo Vibe P1 Turbo) masih layak beli seandainya dijual dgn harga 1.8 juta (kondisi baru di toko biasa)?

    2. Berapa lama rata2 sebuah OS android bertahan sampai tidak didukung lg? Katakanlah apakah kira2 android M masih bisa bertahan 4-5 tahun kedepan?

    3. Sepengetahuan bapak, ponsel apa saja yg sudah beredar resmi di Indonesia yg mendukung 4G+3G (simultan) dgn baterai besar (>4000 mah)?

    4. Bila berkenan, menurut bapak kalau diurutkan berdasarkan preferensi bapak bagaimana urutan smartphone2 ini: Lenovo Vibe P1 Turbo, Motorola Moto E4 Plus, Xiaomi Redmi Note 4 (4gb / 64gb), Asus Zenfone 4 Max Pro?

    Terima kasih atas jawabannya. Sehat dan sukses terus buat pak Herry.

    1. Pak Alexander Ipin,

      1. Layak.

      2. Nggak pernah memperhatikan maksimal berapa tahun. Untuk amannya lima tahun sejak kali pertama keluar deh.

      3. Definisi baterai besar di sini saya anggap minimal 4.000 mAh ya. Ada Xiaomi Redmi 4X, Xiaomi Redmi Note 4, Lenovo P2 Turbo, dan Asus Zenfone Zoom S.

      4. Hmmm… bergantung titik beratnya di mana dulu nih.

  19. Mantap review-nya Koh,
    Mau tanya, menurut Koh Herry jika melihat harga LG G5 SE yg skrg 3.5jt lebih worth it mana dibanding Xiaomi Mi A1 dari segi kinerja, kemampuan kamera, dan keawetan baterai ? Kemampuan dual SIM LG G5 SE apa bs 4G-3G ?? dan terakhir jika melihat tren dual kamera saat ini, Koh Herry lebih menyukai setup kamera ala LG, Huawei, atau Xiaomi ? Alasannya knp ? Terimakasih Koh, sukses terus dgn blognya ! πŸ˜‰
    Maaf sblmx klw pertanyannya kebanyakan..

  20. Pak Herry SW,

    Apabila dibandingkan dengan Zenfone 3 ZE552KL ataupun Mi A1, menurut anda lebih gegas yang mana?

    1. Pak Valiant Puspo Nalendro,

      Sepintas sama, tetapi kalau diperhatikan dengan cermat akan terasa Mi A1 lebih gegas.

  21. 1. Untuk kamera depan mn yg lbih oke urutan ny, mi a1, zenfone 3 atau motorola g5s ?
    2. Oh ya saya membuka laman ponselmu via google chrome hp, saya melihat ad iklan mngkn ini berguna buat HSW krn setau saya laman web HSW tidak prnah ad iklan selama ini
    3. Dalam penggunaan nyata HSW mn yg lbih awet batre gawai dr ini kalau diurutkan, zenfone 3, moto g5s plus, mi a1
    4. Apakah zenfone 3 msh layak ? Mengingat untuk harga varian zenfone ze520kl dan ze552kl smua terjun bebas dipasaran?

    1. Pak Jefri,

      1. Kamera depan ya? Zenfone 3, Moto G5s Plus (kalau Moto G5s saya tak pernah coba), baru Mi A1.

      2. Benar. Blog saya tanpa iklan. Hampir pasti iklan itu muncul karena operator yang dipakai. Apakah Anda menggunakan layanan internet XL?

      3. Moto G5s Plus, Mi A1, dan Zenfone 3.

      4. Masih.

  22. pak Herry, maaf keluar dari topik,
    cuman mau nanya saat test moto g5s plus ini, apa pak Herry pernah periksa ke dokter tusuk jarum di sekitar area barata jaya? hehehe…

      1. krn di salah satu foto ada yg menunjukkan kl pak Herry pernah ke dokter itu…jadi kaget aja mendadak muncul di ponselmu.com. hehehe

        btw tetap update terus info2 terbaru pak spt info promo lg g5se kemarin, mungkin kl pak Herry gak share..jarang org tau soal itu pak..(salah satunya saya).

        1. Pak David,

          Oh ada ya foto yang menunjukkan saya pernah ke dokter tersebut? Saya malahan lupa.

          Terima kasih. Sama-sama.

  23. Saya sebagai fans xiaomi kok malah lebih tertarik ini ya, Om. Mungkin karena di lingkungan saya jarang ada yg pakai merk ini. Kan anti mainstream gitu ?

  24. Kalau milih kira2 bagus man ya koh antara mia1,g5s plus ama zenfone 3?kebutuhan kamera belakang dan depan bagus,batere awet.oiya mia1 ada double tap to wake g?kamsia

    1. Pak Hendra,

      Pertanyaan Anda rasanya kok berulang ya?

      Kalau kamera depan dan belakang harus bagus plus baterai harus awet, jawabannya nggak ada yang benar-benar memenuhi syarat. Yang paling mendekati sih Zenfone 3.

      Tidak ada.

  25. Salam Ko Herry,
    Mau tanya nih,
    1. itu foto diatas yg background/latar belakang yg bisa diganti dgn gambar lain,apakah bisa dgn gambar latar yg kita ambil sendiri atau hanya bisa dgn bbrp gambar latar yg sdh disediakan/ada?

    2. Kalau digunakan untuk dual SIM,apakah tetap DPT sinyal 4G-3G atau 4G-2G?

    Terima kasih.

  26. maaf pak Herry pertanyaan saya OOT. menurut pak Herry ponsel pintar dari Huawei yang akan segera dirilis di Indonesia, layak di tunggu atau tidak? terima kasih.

  27. Sam Herry, sekarang saya lagi pakai redmi 4x 3 32. dulu sempat punya redmi 3s tapi warna nya gold, jadi pindah ke warna hitam. tapi 4x ini kok kameranya bikin hati miris ya Sam Herry .
    tolong masukan sam herry, untuk hp kisaran 1,5 juta – 3 jt yang hasil fotonya bagus bingit dan kalo bisa yang baterainya besar juga hehe. tp yg terpenting tetep foto belakang ya sam herry
    nuwus sam

    1. Pak Abu Sujak,

      Kamera Redmi 4X memang kurang bagus.

      Kamera bagus banget dan baterai besar? Di kisaran harga segitu tidak ada, Pak. Yang ada kamera bagus (bukan bagus banget) dan baterai tidak terlalu awet. Yaitu, Infinix Zero 3 Rp 1,999 juta. Boleh pula mencari Asus Zenfone 3 ZE520KL yang kalau beruntung bisa didapatkan di harga Rp 2,5 jutaan.

  28. Sam Herry, sekarang saya lagi pakai redmi 4x 3 32. dulu sempat punya redmi 3s tapi warna nya gold, jadi pindah ke warna hitam. tapi 4x ini kok kameranya bikin hati miris ya Sam Herry .
    tolong masukan sam herry, untuk hp kisaran 1,5 juta – 3 jt yang hasil fotonya bagus bingit dan kalo bisa yang baterainya besar juga hehe. tp yg terpenting tetep foto belakang ya sam herry
    nuwus sam

  29. Sore Ko Herry,

    Untuk Xiaomi Mi A1, Motorola G5S Plus dan LG G5 SE. Mana yang lebih baik ya? Bimbang diantara 3 smartphone tersebut. Terima kasih.

  30. Hasil kameranya dibanding advan a8
    Bagus mana om
    Karna advan pd ngasih harga yg sma 3jt
    Dan kata xiaomi kamera moto g5s plus
    Itu jelek karna pake lensa murah
    Apa benar om.thx

    1. Saya mau mencoba meluruskan, Pak. Yang saya tahu, pihak Xiaomi tidak pernah menyebut kamera Moto G5s Plus itu jelek. Xiaomi hanya mengklaim bahwa konfigirasi kamera ganda mereka, yaitu telephoto-wide angle, lebih mahal daripada konfigurasi monochrome-RGB (seperti punya Moto G5s Plus). Dan saat mengatakan begitu pun, Donovan tidak menyebut nama Moto G5s Plus, melainkan hanya menyebut “yang itu”.

      1. pak Herry,
        kira2 stok ponsel dkk di lemari yg siap muncul di “lapak.ponselmu.com” apa bersedia dibocorkan? hehehe
        soalnya biasanya kl muncul itu seperti “flash sale” (dibaca: mendadak muncul, cepat sold) …. jadi kalau tidak memantau twitter terus bisa keduluan yg lain deh.

  31. Pak herry, maaf diluar topik,,

    Mau tanya untuk range harga max 2 juta hape dengan kebutuhan kamera, dan baterai awet ram minimal 2GB internal memory minimal 32 dan support external memori apakah ada saran ? terima kasih

  32. Fasilitas sensor minimalis banget ya.

    Efeknya apa dengan hilangnya sensor orientasi itu pak?
    Apa bakal ngerepotin saat navigasi?

      1. sensor orientasi bukan semacam sensor arah ya pak? macam kompas? apa tetap ada arah heading di saat menggunakan peta seperti google maps atau semacamnya? kalau memang tidak berpengaruh bagus juga nih buat ng-uber πŸ™‚

        terima kasih pak

        1. Pak Dedi,

          Sensor orientasi itu mendeteksi arah ponsel. Kalau sensor magnetik kaitannya dengan kompas, yang kemudian berhubungan dengan arah mata angin.

          Tetap ada arah heading saat memakai Google Maps.

  33. Pak Herry,

    1. Cara menampilkan persentase baterai ada di mana ya?
    2. Saran buat pelindung kaca, mending tempered glass apa yang plastik biasa? Lalu tipe hp apa yg mirip sama Moto G5S Plus? Makasih.

    1. Pak Isa Muhammad,

      1. Sapukan baris notifikasi ke bawah sampai muncul berbagai ikon. Di bawah ikon baterai akan terlihat persentase sisa daya.

      2. Bebas sih. Kalau saya dulu pakai plastik biasa. Bisa pakai punya Oppo F1S Plus.

  34. Sori ko HSW di luar topik. Tahu alamat email petinggi XL? Teman saya bermasalah dengan no XL dimana no yg dia gunakan tersebut dikenakan sms premium tanpa dia daftar. Kalkulasi kerugian sekitar 130 rb. Dan celaka nya lagi ternyata no papa, mama, mama mertua dan papa mertua juga no XL dan kena sms premium. Alasan pihak customer xl itu krn pengguna melakukan pendaftaran. Bgm mau melakukan pendaftaran ortu tsb gaptek dan hp nya jadul tdk bisa digunakan untuk internet. Kalau ko HSW tahu mohon info nya dong. Krn protes melalui CS tidak ada jawaban sama sekali. Terima kasih

    1. Pak Jeffry,

      Tahu, tetapi saya tidak dapat memberikannya.

      Kalau CS dianggap gagal memberikan solusi, ya silakan masukkan ke surat pembaca.

      1. Ko HSW per sore tadi pihak vendor layanan konten sdh menghubungi teman saya dan sdh memberikan penggantian sebesar 150 rb untuk masing-masing no XL yg di laporkan (ada 4 nomer). Phk vendor layanan konten tsb meminta untuk menghapus semua postingan di media sosial. Tp teman saya tidak mau krn beliau ingin mendapatkan penjelasan pihak XL. Krn berdasarkan dr respon di media sosial bnyk pengguna XL jg yg baru sadar bahwa selama ini pulsa mereka di ambil diam-diam oleh XL. Terima kasih

          1. Iya betul sekali ko HSW content provider. Seolah-olah phk XL lepas tangan. Iya ini teman saya sdh masuk in ke surat pembaca juga. Bnyk ternyata korban nya. Terutama org tua yg blm melek teknologi. Yg hny pakai untuk telpon dan sms doang. Hati-hati

    1. Pak Ezio Auditore,

      Yang termasuk bonus battery kit: di mana-mana sudah habis.
      Yang tanpa bonus battery kit: Erafone terdekat di kota Anda.

  35. Pak herry,

    maaf pertanyaan saya diluar topik.dengan harga hampir sama dipasaran,lebih baik pilih xiaomi redmi 4x atau lenovo p1 turbo..?

    Terimakasih atas jawabannya

    1. Pak Vladimir,

      Dengan kondisi saat ini, saya lebih condong ke Vibe P1 Turbo. Kecuali, Anda memerlukan kemampuan dua nomor siaga di jaringan 4G-3G secara simultan.

  36. siang koh, mau nanya
    * kalo perbandingan LG G5 SE sama VIVO V7+ gimana koh?
    * dan kenapa ga pernah review vivo koh? seperti vivo v5+.
    terimakasih

  37. koh herry maaf melenceng dr topik, barusan sy melihat di sebuah artikel tentang asus zenfone 4 selfie dan selfie pro. menurut koh herry apa kedua ponsel tsb cukup menarik atau biasa saja kah? dan apa ada niatan koh herry buat review ke 2 atau salah 1 ponsel tsb?

    1. Pak Lanamulya,

      Tak tahu. Belum pernah coba. Acara launching resminya pun baru digelar minggu depan.

      Salah satu di antaranya akan saya review. Saya condong mencoba yang Zenfone 4 Selfie Pro.

  38. Pak minta saran hp termurah dengan baterai awet minimal seharian.
    Kebutuhan buat sosmed sama browsing saja,.
    Abaikan fitur yang lain, yang penting baterai tahan lama.
    Terima kasih.

  39. Selamat pagi, Pak Herry.
    1. Saya pemakai LG G5 SE membutuhkan baterai kit karena gampang banget low bat. Mohon saran sebaiknya saya beli di mana, karena tanya ke Service LG baterai saja 360.000, terlalu mahal bagi saya.
    2. Kalau beli smartwatch seharga 2 jutaan sebaiknya saya beli apa ya buat anak cowok saya?
    Terimakasih sudah memberi info terbaik selama ini. Sukses selalu untuk Ponselmu.

    1. Pak Sofy,

      1. Mestinya beli di pusat perbaikan resmi LG. Harga battery kit yang terdiri atas satu baterai cadangan dan satu external battery charger, seingat saya, Rp 499 ribu.

      2. Untuk sementara belum ada rekomendasi. Saya belum mencoba smartwatch keluaran terbaru. Kalau mau tipe yang agak lama, silakan melirik Moto 360 generasi kedua.

      Terima kasih.

  40. Pak Herry yth,

    Selain Motorola Moto G5s Plus ini, ponsel apa lagi yang punya fasilitas mengganti latar belakang pemotretan?

    Terima kasih

    1. Pak Adi Siswadi,

      Salah satu tipe ponsel Lenovo, tetapi saya lupa tipenya, memiliki kemampuan serupa. Namun, spesifikasi keseluruhannya kalah menarik dibandingkan Moto G5s Plus.

  41. Tolong dibantu P Herry antara Xiaomi mi A1 dengan Motorola Moto G5s Plus anda lebih memilih yg mana? Seandainya infra red, Nfc, kompas dan efek bokeh kamera diabaikan? Dilihat dari segi kesesuaian harga, performanya (tidak lemot atau cepat panas) dan ketahanan baterai untuk pemakaian seharian. Terima kasih

  42. Pak Herry Maaf OOT
    pak saya lagi cari hape dengan budget maksimal 4.5 juta untuk kakak saya. Kebutuhan beliau kamera dan baterai awet minimal seharian karena dia suka travelling. Mau ngincer Zenfone Zoom S cuma dana belum ada dan saya tertarik sama Lenovo P2 turbo. Apa pak herry pernah mencoba Lenovo P2 Turbo kira-kira bagus gak pak handphonenya? Apa pak herry punya rekomendasi selain dua handphone tersebut dikisaran 4 juta atau di bawah harga 4 jutaan pun gak apa-apa?

    1. Pak Rudi,

      Saya belum pernah menguji pakai P2 Turbo, tetapi pernah towel-towel sejenak. Hasil jepretan kameranya kurang bagus.

      Dengan kriteria baterai awet dan kamera bagus, saat ini rekomendasi saya lagi-lagi ya Zenfone Zoom S. Masalahnya, anggaran Anda Rp 4,5 juta, sedangkan harga Zenfone Zoom S Rp 4,999 juta. Jadi, mesti cari tambahan anggaran dulu deh.

      Di harga kurang dari Rp 4 juta, tak ada yang cocok dengan kriteria Anda.

  43. Selamat sore Pak Herry,
    Saya baca2 artikel di beberapa site kok merk opp* dan viv* merajai pasar HP di mainland China ya?apa strategi pemasaran mereka sama sperti yg dilakukan di Indo (agresif,merendahkan produk lain,marketing gila2an, joget2 di jalan, dll)? Untuk hp android “alakadarnya” apa pak Herry pernah menjajal Fujitsu f03 yg hrgnya dbwh 1jt? Trm ksih Pak

    1. Pak Satria,

      Merek ponsel dituliskan lengkap saja deh. Nggak perlu disensor.

      Saya tak tahu strategi mereka di Tiongkok seperti apa.

      Saya tak pernah menjajal Fujitsu F03. Selain tidak beredar resmi, barang yang dijual di sini adalah barang bekas.

  44. pak herry mau tanya yg lebih mendekati dengan iphone 7 dr segi kamera dan gbr yg dihasilkan yg mana diantara p9 lite dan moto g5s plus?

  45. oh iya pak herry kalo harga p9 leica brp skrg ya? soalnya saya kemaren nemu beberapa p9 leica yg dijual 3,5 jutaan. takutnya itu palsu atau rekondisi gt.

    1. Pak Ara,

      Rp 5,499 juta, tetapi sudah jarang ada yang memiliki stok.

      Kalau Rp 3,5 juta, kemungkinan itu barang bekas.

  46. Sebelumnya maaf out of topic..

    Om.. Bisa request untuk review ponsel dari brand oppo om?

    Saya mau tau sprti apa pengalaman om slama pemakaian mengingat ponsel oppo sudah menjamur dan banyak d pakai masyarakat trutama d kalimantan om

    Apalagi oppo f5 bakal rilis..
    Saya brencana mau beli f5 jika sudah rilis..
    Mengingat ada fitur face unlock dgn layar bezel-less nya..

    1. Pak Ipong,

      Request biasa, tetapi belum tentu terpenuhi.

      Kalau ada yang meminjamkan Oppo F5 kepada saya, mungkin saya akan me-review-nya. Namun, kalau harus beli sendiri, saya pasti takkan membelinya. Harga jual ponsel Oppo bekas terjun bebas.

      Saya perhatikan banyak konsumen awam yang membeli Oppo karena “tercuci otak” oleh promo besar-besaran. Biaya pemasaran yang mahal itu akan menjadi beban konsumen lho. Makanya, kalau dicermati, harga ponsel Oppo relatif lebih mahal dibandingkan beberapa merek lain.

  47. Maaf OOT koh, sy rencana mau beli samsung galaxy S6 flat ex inter 32 GB kondisi fisik dan mesin msh oke dg harga 2,7jt. Apakah worth to buy in 2017 koh? Thnks

    1. Pak Taufik Lombok,

      Berarti, bukan eks-garansi resmi kan. Langsung coret deh. Kalau sampai ada masalah, Anda takkan bisa memperbaikinya di pusat perbaikan resmi Samsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *