Review Nexian Journey 1: Android One Jadi Momentum Kebangkitan

Android One, program Google dalam penyediaan ponsel Android berharga terjangkau untuk negara-negara sedang berkembang, bulan lalu menghampiri Indonesia. Tiga ponsel meluncur bersamaan: Evercoss One X, Mito Impact, dan Nexian Journey 1. Di atas kertas spesifikasi ketiganya sama. Hanya berbeda merek dan tampilan fisik.

Karena mustahil mencoba ketiganya sekaligus, penulis memilih salah satu saja. Nexian Journey 1 menjadi pilihan karena dua alasan utama. Pertama, Journey 1 seolah menjadi momen kebangkitan Nexian setelah beberapa tahun mati suri. Kedua, Journey 1 memiliki pilihan warna selain hitam dan putih.

Journey 1-1

Setelah mundur dua kali dari jadwal, satu unit Journey 1 berwarna merah akhirnya tiba di tangan penulis. Merahnya tampak segar dan atraktif. Tak sampai terkesan norak atau murahan. Ponsel itu berlayar sentuh 4,5 inci dengan resolusi 480 x 854 piksel. Meskipun beresolusi pas-pasan, tampilan layarnya ternyata tetap sedap dipandang mata.

Prosesor empat inti (quad core) MediaTek MT6582 1,3 GHz, RAM 1 GB, ROM 8 GB, dan selot microSD merupakan sebagian spesifikasi lain Journey 1. Saat ponsel baru dinyalakan, sisa internal storage yang hanya terdiri atas satu partisi mencapai 5,2 GB. Ada pula Wi-Fi, bluetooh, GPS, dan wireless display.

Ponsel yang mendukung layanan HSPA dengan kecepatan unduh sampai 21 Mbps itu dibekali dua selot kartu micro SIM. Dua nomor GSM dapat siaga bersamaan. Pengguna bebas memilih nomor mana yang diperkenankan masuk ke jaringan 3G. Sayang, di menu bawaan ponsel tak tersedia pilihan untuk mengunci ponsel supaya selalu berada di jaringan 3G.

Journey 1 memanfaatkan sistem Android 5.1 Lollipop. Bersama dengan dua ponsel Android One lain, mereka bukan hanya menjadi ponsel Android pertama di Indonesia yang menggunakan versi sistem operasi itu. Trio Android One tersebut adalah ponsel Android 5.1 Lollipop pertama di dunia. Wow!

Journey 1-2

Dengan spesifikasi seperti di atas, sejak awal penulis yakin Journey 1 akan cukup gegas. Dugaan itu tidak salah. Ponsel berdimensi fisik 132 x 67x 9,15 milimeter dan berat 107 gram tersebut tak lemot. Bahkan, tingkat kegegasannya melebihi prediksi semula.

Di antara seluruh ponsel Android dengan RAM 1 GB dan berharga jual Rp 1 jutaan yang pernah penulis coba, responsivitas Journey 1 adalah yang terbaik. Ia serasa ponsel Android berprosesor empat inti dengan RAM 2 GB. Kerja keras Google sebagai bidan Android One dalam meramu hardware dan software tampaknya tak sia-sia.

Ponsel bernama lain Mi438S itu mendapatkan pasokan energi dari baterai 1.700 mAh yang bisa dilepas pasang. Dengan perilaku pemakaian ala penulis, ia mampu bertahan minimal delapan jam dan maksimal sepuluh jam. Selama rentang waktu tersebut, ponsel digunakan untuk aktivitas telepon, WhatsApp, email, dan browsing ringan.

Dua kamera tersedia di Journey 1. Kamera di sisi belakang dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat. Ia mampu menghasilkan foto beresolusi lima megapiksel dan klip video full HD 1080p. Sementara itu, kamera di sisi muka siap memproduksi foto beresolusi maksimal dua megapiksel dan klip video HD 720p.

Selain mode pemotretan normal, terdapat mode photo sphere, panorama, dan lens blur. Photo sphere memungkinkan pengguna menghasilkan foto hingga 360 derajat. Sedangkan lens blur berguna untuk menonjolkan objek utama foto dan mengaburkan latar belakangnya.

Kamera itulah yang, menurut penulis, menjadi kekurangan utama Journey 1. Kamera di sisi muka gagal menghasilkan foto yang mengesankan. Catatan minus kamera di bagian belakang ponsel lebih banyak lagi. Selain tidak bisa diajak memotret cepat, bagian tengah foto yang dihasilkan cenderung kemerahan.

Aktivasi HDR atau lampu kilat sebenarnya sukses meminimalkan munculnya spot kemerahan di foto. Masalahnya, solusi itu tidak senantiasa dapat digunakan. Apalagi, lampu kilat Journey 1 tergolong kurang cerdas. Ia tak pintar mengatur kekuatan pancaran cahaya. Lampu kilat selalu menyala dengan kekuatan penuh. Akibatnya, kalau pemotretan dilakukan dalam jarak dekat atau menengah, hasil foto bakal didominasi warna putih. Detail objek foto akan lenyap.

Journey 1-3

Kamera ponsel itu sempat pula mogok bekerja. Kalau kamera dijalankan, di layar muncul notifikasi Camera error. Can’t connect to the camera. Bila sudah demikian, ponsel harus dipadamkan total, lalu diaktifkan lagi.

Sekarang Nexian mematok dua macam harga ritel resmi Journey 1. Yaitu, Rp 1.099.000 untuk penjualan online dan Rp 1.199.000 untuk penjualan offline. Dalam pantauan penulis, harga pasar seringkali lebih rendah. Sebuah situs penjualan online yang telah penulis masukkan ke dalam daftar hitam, contohnya, hari ini (24/3) menawarkan Journey 1 Rp 999.000. Setelah dipotong kode diskon dan ditambah ongkos kirim ke Surabaya, total harga yang harus dibayarkan Rp 918.040 saja.

***

Contoh foto yang dijepret memakai Nexian Journey 1.

Journey 1-4

Journey 1-5

Journey 1-6

Journey 1-7

Perhatikan bagian tengah foto di bawah ini. Adakah sesuatu yang terlihat tidak normal? Kardus ponsel itu aslinya berwarna putih.

Journey 1-8

Journey 1-9

Journey 1-10

Journey 1-11

Sekarang mencoba fitur lens blur.Β Foto ini dijepret tanpa mengaktifkan lens blur.

Journey 1-12

Kini memakai lens blur.

Journey 1-13

Papan ini dijepret dengan mode normal. Cermati baik-baik ya.

Journey 1-14

Kali ini fitur HDR diaktifkan. Apakah perbedaan yang paling Anda rasakan?

Journey 1-15

Tiga foto di bawah ini dijepret menggunakan kamera depan. Foto kedua memanfaatkan lens blur.

Journey 1-16

Journey 1-17

Journey 1-18

Lampu kilat di Journey 1 tergolong kurang cerdas. Mau tahu buktinya? Saat penulis memotret sambal tempe ini, lampu kilat dalam kondisi nonaktif.

Journey 1-19

Sekarang lampu kilat diaktifkan. Inilah hasilnya.

Journey 1-20

Lampu kilat padam.

Journey 1-21

Lampu kilat menyala.

Journey 1-22

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

Journey 1-23

Journey 1-24

Journey 1-25

87 thoughts on “Review Nexian Journey 1: Android One Jadi Momentum Kebangkitan

  1. saya beberapa waktu yang lalu menemani temen saya beli android one nexian kok, stiker yg menempel di layar memuat keterangan kalau os nya masih os kitkat 4.4 ya pak??
    apakah memang begitu??

    1. Pak Leos,

      Acer Liquid Z205 masih antre.

      A6000 belum pernah coba. Saya lebih ingin coba P70 yang berbaterai besar. Saya sepertinya juga akan review Livo yang mirip iPhone 6. Buat lucu-lucuan.

  2. Akhirnya review android one muncul juga. Bagaimana kualitas service center Nexian pak?
    Untuk lampu flash kamera belakang, beberapa pengguna di salah satu forum populer mengakalinya dengan ditutup selotip kertas. Tapi saya tidak begitu paham detilnya karena tidak melihat langsung.
    Btw Acer Z205 nya mau direview juga ya?

    1. Pak Hendra C.P.,

      Layanan pusat perbaikan resmi Nexian masih misterius nih.

      Oh, mungkin ditutup selotip kertas untuk meminimalkan cahaya lampu kilat ya.

      Acer Liquid Z205 akan di-review, tetapi masih cukup lama. Antre dulu.

  3. Wah, ini di tes sambil jalan2 ke bali-ntb ya pak? πŸ˜€
    Melihat harganya yang murah, saya rasa kekurangan kamera bisa dimaklumi. Saya jadi tertarik mencoba, soalnya menunggu lollipop hadir di G2 mini sepertinya masih lama, ato malah gak dapat..

    1. Pak Erwin,

      Tepatnya ke Lombok – NTB saja. Saya tidak ke Bali.

      Benar, dengan mengabaikan kamera, ponsel itu boleh dilirik.

  4. Saya pake Mito, hehehe
    Asli, cukup puas nih
    Jumlah applikasi yang sama, saya Install di hp sebelum nya ( jellybean, quadcore, ram 1Gb) jauh banget rasa nya ma Android One ini
    Handset yang lama berasa lemot, hahahaha

  5. wah.. ahirnya keluar juga review nya
    msalah led flash ngaco semoga cepat kluar update sw nya.
    ada rencana buat nge review redmi 2 om?

    1. Pak Mamed,

      Sejauh ini belum ada rencana menguji pakai Redmi 2. Kecuali, kelak ponsel itu resmi beredar di sini. Yang sekarang ada di pasar kan bukan bergaransi resmi.

  6. Berarti dari dua ponsel yg lain hampir bisa dipastikan mirip hasil review nya (spek sama). Kalo mau dijadikan sebagai feature phone kira2 bagaimana om? Bila dibandingkan dengan lumia 432…

    1. Pak Ahmad,

      Mau dijadikan feature phone ya boleh-boleh saja. Dengan pemakaian ala saya, kalau dijadikan feature phone daya tahan baterai menembus dua hari. Bluetooth selalu nyala dan ponsel sesekali dipakai memotret.

      Lumia 432? Saya malahan belum pernah tahu ada tipe tersebut. Kalau yang ekornya 32 sih Lumia 532. Namun, saya belum pernah coba.

  7. Saya sudah mencoba ponsel Android One dari Nexian, hanya sekedar mencoba karena hanya mampir di tangan saya 2 hari sebelum berganti Acer Z205 demi efisiensi kantong. πŸ˜€

    Untuk minus di kamera, bisa diakali dengan aplikasi pihak ke 3 semacam Camera Zoom FX. Jadi bug lebih kepada aplikasi kamera bawaan google, bukan modul flashnya kalau di ponsel saya.

    Untuk kamera bagian tengah berwarna kemerahan, itu terjadi di seluruh ponsel Nexian Journey One termasuk punya saya.

    Menunggu review Z205, apakah impresi yang dirasakan Pak Herry sama dengan yang saya rasakan, terutama kameranya yang kualitasnya “seperti itu” untuk brand global. πŸ˜€

    1. Pak Daru Kartiko N.,

      Terima kasih atas informasinya soal pemakaian aplikasi kamera buatan pihak ketiga.

      Soal Liquid Z205, saya belum coba. Saya sih yakin kameranya akan seburuk Liquid Z200.

  8. kalo android lolipop kerasa banget bedanya dengan sebelum2nya. mau tanya ko, untuk masuk menu dialer/panggilan ada jedanya ndak ko? soalnya kalo di moto g ada jedanya sedikit tp ndak mengganggu banget soal nya android one kan ver 5.1. Secara umum android 5 sangat bagus baik menejemen ram, battry, tampilannya.

    1. Pak Dodo,

      Ya, ada sedikit jeda.

      Jeda yang paling terasa sebenarnya saat menekan tombol penjepret kamera. Ada waktu tunggu sepersekian detik sampai kamera benar-benar menjepret.

  9. Waah rupanya ud review juga andro one hehe.. Kl urusan responsif lebih unggul dr redmi 1s ya?

    Lumia 432 kayanya yg promo dinomarket atau groupon 700-800ribuan. Ada hands onnya di gsmarena

    Pasti situs blacklistnya laz***. Emang tu site menjebak. plantronic legend palsu diakui asli ma salah 1 supplier. sampe saya mesti nunggu refund

    1. Pak Amunes,

      Benar, Journey 1 yang lebih murah justru terasa lebih gegas daripada Redmi 1S.

      Oh, kalau lihat harganya, itu Lumia 435 deh.

      Benar, Lazada. Waks… ada Plantronics palsu juga di sana ya?

  10. Minusnya di kamera ya pak, saya pernah coba Nexian Journey ini… Saya nggak sreg pake aplikasi Google Camera, dan memutuskan untuk menggantinya dengan aplilasi Manual Camera pak, canggih bisa atur shutter speed, ISO, focus dll… Kalau pake aplikasi pihak ketiga, sepertinya masalah flashnya nggak begitur parah pak, CMIIW πŸ™‚

  11. ko herry,,
    kira-kira ada pengaruh g antara ketiga merk ponsel yg menjual Android One tsb
    misalnya masalah gegas, camera dll
    apa mayoritas sama

    trims..

    1. Pak Onky,

      Yang pernah saya uji pakai baru punya Nexian. Yang bermerek Mito cuma pernah towel-towel sebentar.

      Tingkat kegegasan relatif sama. Mito tak alami masalah kemerahan di kamera. Namun, berbeda dengan Nexian, tampilan fisik Mito terlihat murahan banget.

  12. Om HSW mau tanya… papan ketiknya sewaktu ber BBM dan SMS itu tergolong kecil kecil atau besar kotak2 huruf nya Om? Mengingat saya mempunyai rencana membeli HP ini untuk orang tua.
    Tks Om HSW

    1. Pak JW, SH,

      Ukuran papan ketiknya standar deh. Sama dengan ponsel lain. Tidak kecil-kecil, juga tidak besar-besar.

  13. Om Herry, kalo secara om gimana Nexian Journey 1 kalo di-compare dengan AccessGo 4E? Saat ini saya pake AccessGo 4E merasa cukup puas dengan kinerjanya. Cuma memang perlu sedia PowerBank.

    1. Pak Leonardo,

      Nexian Journey 1 unggul dalam hal kecepatan respons. Saya merasa layarnya juga lebih sedap dipandang mata.

      Sementara itu, AccessGo 4E menang di NFC dan kamera.

  14. Baru pakai sebulan tapi tombol navigasinya udah macet pak, tapi jika posisi ponsel landscape kekanan bisa. Padahal udah direset segala tetap gitu. Kenapa iya pak?

    1. Pak Tri Slank,

      Ini maksudnya tombol yang berada di bagian bawah layar ya? Kalau iya, kemungkinan panel sentuh di area itu bermasalah.

      Kalau masih kurang dari 30 hari, ajukan klaim ganti unit saja, Pak. Kan ada klausul tersebut. Bila sudah melebihi 30 hari, ya berarti masuk ke service center.

  15. pak Leo dan pak HSW, accessgo lumayan ok kah?

    pak HSW, untuk nexian, suara speakernya saat nerima telepon enak nggak di kuping? yang dulu kan suaranya sember pecah melengking nggak nyaman…

    1. Pak Dhan,

      Ya, AccessGo 4E cukup bagus kok.

      Suara earpiece Nexian Journey 1 memang tidak seempuk ponsel bermerek global di harga Rp 1 jutaan. Namun, menurut saya, masih dalam batas-batas yang bisa ditoleransi. Lebih enak daripada suara Polytron Zap 5 deh.

  16. Pak Herry

    Klaim 30 hari ganti unit baru itu klaimnya kemana ya Pak?
    Apakah Service Center Nexian ada di SBY?

    1. Pak Didin,

      Mestinya sih ke service center ya.

      Di Surabaya ada di Plaza Tunjungan 1 lantai atas. Saya tak hafal satu lantai atau dua lantai di bawah foodcourt.

  17. @pak herry iya, 435 hehe, keliru kodenya.

    wuih lebih gegas? pasti pengaruh lolipop hmm.. tapi kl ada budget mending punya xiaomi drpd andro one ya pak haha

    iya palsu, seller gadgetholic berani kirim dibungkus Koran, kotaknya bahasa cina x.x. baiknya jgn tergiur brg murah hehe

    1. Pak Amunes,

      Oh, Lumia 435.

      Saya rasa bukan semata-mata karena Lollipop, melainkan kombinasi racikan hardware dengan software.

      Iya, kalau anggaran tersedia, saya lebih pilih Xiaomi dari Nexian Journey 1.

      Soal barang palsu, sudah coba komplain ke Lazada?

  18. Betul pak
    Pas baru pertama beli jg sudah muncul spot merahnya
    Tapi malas untuk klaim garansi
    Cuma itu saja masalahnya sejak saya beli november 2013 sampai sekarang
    Hape lokal kualitasnya sudah lumayan bagus
    Nah saya berencana mengganti cross A66 saya dgn salah satu android one pak
    Menurut pak herry apakah worth?

    1. Pak Tomo,

      Sekarang tak ada lagi merek Cross lho. Yang ada Evercoss.

      Saya belum pernah mencoba Evercoss A66. Jadi, tak mengetahui kinerja ponsel itu seperti apa dan bagaimana bila dibandingkan dengan Android One.

      Nexian Journey 1 sendiri, menurut saya, layak dibeli dengan asumsi Anda bersedia menerima kondisi kameranya yang kemerahan.

  19. koh herry, knp tuh lazada masuk blacklist? ada pengalaman buruk apaan?
    kl selain lazada toko online yg trusted & recommended apaan ya koh ya? takutnya beli gadget mahal2 malah kecewa.
    makasih

    1. Bu/Pak Nur,

      Wah, pengalaman buruknya macam-macam deh.
      1. Transaksi dibatalkan sepihak.
      2. Beli ponsel baru, tetapi barang saya terima dalam kondisi segel sudah terkelupas. Saya sudah coba komplain. Hasilnya, tak ada respons.
      3. Proses refund yang lama banget.
      4. Kiriman baru tiba 19 hari setelah tanggal pelunasan.

      Toko online yang boleh dicoba kalau akan membeli ponsel: Erafone.com, Globalteleshop.com, Oke.com, dan Wellcommshop.com.

  20. Tanggal 26 Maret kemarin, iseng beli Journey 1 di Lazada pakai pembayaran COD padahal di webnya tertulis ” Bayar di tempat tidak berlaku untuk produk ini”
    Eh, ternyata bisa.. Namun, barang dikirim oleh LEX. Semoga saja gak terlalu menguji kesabaran. Hehe
    oiya, lokasi Wiyung, SBY

    1. Pak Didin,

      Seharusnya kali ini Nexian Journey 1 itu akan Anda terima dengan cukup cepat. Sebab, dengar-dengar di Surabaya sudah disiapkan setumpuk stok Journey 1.

  21. tapi ketika ponsel keadaan lock screen saya coba sentuh ikon kamera sama dialer dibawahnya merespon pak. Itu yang saya binggung

  22. Bung HSW
    Saya awal kali pakai Android dari Nexian Journey, saat itu klo gak salah masih Android 2.2 klo gak salah. Service center Nexian yg di jl Ambengan cukup baik dlm tangani customer. Nexian is good brand, saat itu.
    Saya ingin tahu kenapa kok kemudian brand ini menghilang? Bung HSW punya kisah utk dibagikan kah?

    1. Pak Cak Hananto,

      Oh, berarti Nexian Journey zaman dulu ya? Yang gambar kardusnya ada gambar cowok-cewek berpose ala jagoan di film laga. Kantor Nexian di Jl Ambengan sudah lama tutup.

      Mengapa Nexian tiba-tiba menghilang, padahal sebelumnya sangat terkenal? Ceritanya panjang sih. Singkatnya begini:
      * Terjadi perubahan kepemilikan atas Nexian. Pemilik lama menjual Nexian dan dibeli oleh perusahaan dari India. Merek Nexian kemudian berubah menjadi S Nexian.

      * Beberapa orang dari India menjadi pejabat tertinggi Nexian di sini. Mereka tidak sepenuhnya mengenal pasar Indonesia, tetapi merasa percaya diri dan sangat paham.

      * Akibatnya, Nexian rontok dan mati suri deh.

      * Terakhir Nexian coba dibangkitkan lagi. Petinggi dari sebuah merek lokal lain berbondong-bondong masuk ke Nexian.

  23. Pak Herry, saya minta rekomendasi tablet Android dari bapak di kisaran harga 2jt hingga 3,5 jt rupiah. Dengan mengutamakan ram diatas 1GB dan memiliki ketahanan yang baik. Karena pengalaman saya menggunakan tablet Adv*n sangat mengecewakan. Terimakasih dan salam kenal sebelumnya

    1. Pak Radit,

      Tidak heran deh kalau Anda kecewa dengan tablet Advan.

      Dengan kriteria seperti itu, saya cenderung menyarankan Anda menabung Rp 500 ribu lagi, kemudian membeli Samsung Galaxy Tab S bekas.

  24. Info, untuk yg casing hitam, seperti review pak HSW, jauh dari kesan murahan. Casing belakang serasa berlapis karet kesat dan buildnya bagus. Apakah yg warna putih dan merah glossy, pak HSW?

    1. Pak Dhan,

      Yang merah tidak sekasat hitam, tetapi juga tidak sampai glossy banget. Bagus kok.

      Kalau yang putih saya belum pernah lihat.

  25. Pak Herry, saya rencana mau beli mito impact. Menurut bapak, lebih baik beli di roxy, itc depok atau pgc cililitan?

    1. Bu Retno,

      Saya tak mengetahui soal kondisi harga di tiga tempat itu. Sehari-hari saya di Surabaya. Saya baru pernah ke ITC Roxy Mas. Belum pernah ke ITC Depok dan PGC Cililitan.

  26. Info lagi.
    Untuk lolipop Nexian ini, tidak ada lagi 3 tombol “fisik” di bagian bawah, melainkan langsung menyatu dengan layar. Berarti ngurangin dikit porsi “clickable” di layar. Nggak tahu sih, apakah ini mempengaruhi saat teman2 main game atau tidak,.. silahkan review yg pernah coba ngegame

    1. Pak Nut’s,

      Waktu saya mencoba Journey 1, aplikasi otomatis masuk ke memori internal. Seingat saya tak ada pilihan untuk memindahkannya ke kartu microSD.

  27. Oh ya Pak HSW, sepertinya k touch bangkit dari kubur nih, dan nggak main main dg NEXT nya yg octacore, ram 2gb. Dan rom 16gb. Patut di review pak?

    1. Pak Dhan,

      K-Touch bukan bangkit dari kubur kok. Sejak bertahun-tahun lalu mereka masih eksis, tetapi sunyi sepi. Produk baru secara berkala masih muncul. Kalau Pak Dhan meminjamkannya kepada saya, saya review deh. πŸ™‚

  28. Hahaha, males dengan k-touch pak, yg dulu-dulu melatih kesabaran beneran.. terakhir yg aku tahu memang masih main yang low-end..
    Ada godaan sih, soalnya kali ini pake octacore, dengan layar langsung 1080p, ram 2gb, rom 16gb, kamera 13mpx dan 5mpx. di web yang diblacklist pak HSW yg l****a cuma dikasih harga 1,499
    Ini memang produk tiongkok dengan brand tiongkok dgn spek dahsyat, tapidisana kok sepi-sepi saja ya?

    1. Pak Dhan,

      Yang di Lazada itu barusan saya cek bukan octa core, melainkan hexa core lho.

      Sepertinya popularitas K-Touch di Tiongkok sendiri sudah menurun.

  29. nah itu lah hebatnya: spek nya simpang siur nggak jelas hahaha…
    di web-web yg mengulas di luar juga isinya beragam. Ada yg bilang octa, ada yg bilang hexa, ada yg front camera 8mpx ada yg bilang 5 mpx, ada yg bilang batre 2200mah, ada yg bilang cm 2000mah, lha iki sing bener endi seehhh?

  30. ooh… ternyata ada dua jenis ya…. yang octa dan yg ini Hexa…. memang beda di screen yg cuma 720p dan core nya ya pak HSW?

  31. pak herry

    pernah ngalamin journey one tiba2 drop batre ga?
    punya temen saya tiba2 drop nih batrenya. padahal cuman standby
    ada solusi ga pak?

    pak herry & pak dhan
    k touchnya itu beda tipe. untuk yg octacore itu nibiru h1, klo yg hexa nibiru h1c
    *CMIIW

    1. Pak Ihsan NF,

      * Soal baterai Journey One, saya tak pernah mengalami. Kalau baterai sudah drop, ya mesti ganti baterai. Namun, kok cepat banget ya baterainya sudah drop. Usianya kan baru beberapa bulan. Sudah coba lakukan klaim ke pusat perbaikan resmi Nexian?

      * Terima kasih atas informasinya soal K-Touch.

  32. pak HSW, mau tanya nih, untuk android lolipop ini apakah ada problem dg penerimaan apk lewat bluetooth ya?
    saya coba berkali kali dg beberapa HH dgn icecream maupun jellybean tetep tidak mau nerima file nya

    1. Pak Dhan,

      Maaf, saya tak tahu. Kebetulan saya tidak melakukan pengiriman file APK via bluetooth. Aplikasi langsung saya unduh dari Play Store.

  33. Saya sudah pakai hape ini sebulanan. Setelah dapat update OS terbaru, masalah kamera dan flash udah fix pak. Overall sangat puas pake hape ini. Satu hal yang nyebelin dari varian nexian, output chargernya cuma 700 mAh, kalau mito 1A. Ngecasnya jadi agak lama.

    1. Pak Rey,

      Maaf baru bisa merespons komentar Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman yang saya tuliskan di blog, jawaban atas pertanyaan yang masuk pada 24-30 Mei 2015 akan mengalami penundaan. Pada rentang waktu tersebut saya sedang berada di Beijing, Tiongkok, untuk mengikuti Lenovo Tech World.

      Wah, “penyakit” kamera dan lampu kilat sudah sembuh ya? Mantap deh.

  34. apakah android one dibuat atau diproduksi oleh google dan kualitasnya terjamin ko herry ??? apakah gampang rusak ???

    1. Pak Amar,

      * Biasakan tidak menuliskan ??? saat mengirimkan pertanyaan. Cukup satu tanda tanya saja.
      * Ponsel Android One bukan dibuat oleh Google. Namun, perencanaan dan pengembangannya dalam supervisi Google.
      * Saya tak berani memjamin tidak mudah rusak. Sebab, hal tersebut bergantung perilaku pemakaian Anda juga.

  35. Saya mencari smartphone android untuk hp kedua dengan budget maksimal 700 ribu. Dari ketiga trio Android One ini (Evercoss, Mito dan Nexian), jenis yang mana yang bagus menurut Pak HSW?
    Thanks

    1. Pak Upan,

      Hmm… sebenarnya saya lebih condong ke Nexian. Namun, sudah sulit dapat yang dalam kondisi baru. Jadi, coba cari punya Evercoss deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *