Review Nokia 105: Keypad Aman dari Percikan Air

Ponsel dengan harga jual semurah mungkin tetap memiliki pasar tersendiri, meskipun pada saat bersamaan para produsen ponsel bersaing menawarkan produk tercanggih. Samsung KeyStone 2 alias E1205, misalnya, sampai sekarang masih laris manis. Kini harga jualnya sekitar Rp 210 ribu atau naik sekitar 40 persen dibandingkan beberapa bulan lalu.

Produsen papan atas yang sedang bernasib suram, Nokia, belum lama ini juga memasarkan ponsel murah meriah terbarunya. Ponsel bernama lengkap Nokia 105 itu ditawarkan dalam dua varian warna: hitam dan biru kombinasi hitam.

Nokia 105-1

Layar 1,4 inci yang dipakai di 105 berbentuk bujur sangkar, beresolusi 128 x 128 piksel, dan mampu menyajikan sampai 65 ribu warna. Ketajaman layarnya tentu jauh di bawah tampilan layar ponsel pintar kelas atas.

Ponsel berdimensi fisik 44,8 x 107 x 14,3 mm dan berat 70 gram tersebut dibekali keypad yang empuk sekaligus membal. Jari tangan pengguna mestinya bakal cepat akrab. Nokia sengaja mendesain keypad 105 berupa lembaran utuh tanpa celah atau lubang. Tujuannya, umpama keypad terkena debu atau percikan air, benda asing itu tak sampai masuk ke dalam ponsel.

Ingat, hanya keypad-nya yang didesain tahan terhadap percikan air. Jangan iseng mengajak 105 mandi, berenang, atau mencelupkannya ke akuarium ya. Air dijamin sukses masuk lewat lubang konektor charger dan konektor audio yang terdapat di sisi atas ponsel.

Buku telepon berkapasitas 500 nama multiple entry, lampu senter, radio FM, dan penjadwal pengiriman GSM merupakan sebagian spesifikasi lain 105. Dengan penjadwal pengiriman SMS, pengguna bisa mengetikkan SMS sekarang, lalu menentukan kapan SMS itu akan dikirimkan secara otomatis.

Nokia 105-2

Ponsel GSM tanpa akses internet, kamera, maupun selot microSD itu juga dibekali penyaring panggilan telepon dan SMS. Bila nomor yang telah dimasukkan ke daftar hitam menelepon atau mengirimkan SMS, ponsel takkan berbunyi atau bergetar. SMS langsung dimasukkan ke folder khusus, sedangkan panggilan telepon dibiarkan tak terangkat sampai penelepon menyerah.

Saat penulis mengetikkan naskah ini, satu unit 105 dipasarkan di kisaran harga Rp 220 ribu. Paket penjualan termasuk baterai BL-5CB 800 mAh, charger dan handsfree berkabel stereo. Dengan mencermati harga jual dan spesifikasinya, 105 tampaknya diposisikan berada di tengah-tengah 103 yang berlayar hitam putih dan 100 yang berlayar warna 1,8 inci.

Menurut penulis, 105 pantas dilirik oleh seseorang yang mencari ponsel dengan kemampuan sangat mendasar. Sebatas untuk telepon dan SMS. Ponsel itu juga boleh dipertimbangkan oleh siapa pun yang sehari-hari harus mudah dihubungi. Belilah satu, kemudian simpanlah di dalam tas. Sewaktu-waktu ia siap difungsikan sebagai ponsel cadangan. Lepaskan kartu SIM dari ponsel utama yang kehabisan baterai atau bermasalah, lalu pasangkan ke 105.

86 thoughts to “Review Nokia 105: Keypad Aman dari Percikan Air”

  1. Mo tanya, ponsel nokia termurah yang sudah ada bluetoohnya apa? Cuma butuh telpon dan sms plus batre tahan lama, tapi pengen bluetooth biar gak capek entry nomor telpon.

    Makasih…

    1. Pak Arip,

      Kalau masih bisa dapat Nokia 2323 Classic, coba cari itu. Itu barang lama, tetapi ada segelintir toko yang masih punya stok. Saya terakhir beli Rp 300 ribu.

      Kalau yang keluaran lebih baru dan masih mudah ditemukan, Nokia 110. Harga baru ponsel dual SIM itu Rp 400 ribuan.

  2. cocok banget kalau bwat nelpon aja ne pak herry.. simple & pas di tangan. tapi bntar lg nokia 208 dual sim akan nongol, mnding ane nunggu yg ini aja dah.. gmana mnurut pak herry? πŸ™‚

  3. pak arif ,(maaf pak herry) kalo cuma mau entry nmr tlp kan tinggal copy aja dari kartu sim g harus pake blutut.

  4. Pak Anto,

    Silakan Pak. Memberikan informasi kepada rekan lain diperbolehkan kok. Justru, saya imbau untuk dilakukan. πŸ™‚

  5. Pak Herry,
    Mau tanya apakah Font Nokia 105 ini dapat dibesarkan, lagi mencari untuk orang tua yang butuh font besar. atau ada saran HP lain ? πŸ™‚

  6. Pak Nizar,

    Huruf standarnya sudah lumayan. Saya tak ingat apakah ada menu untuk memperbesar huruf di 105.

    Nokia 206 sepertinya lebih cocok buat orang tua. Huruf lebih besar, layar lebih besar, dan keypad juga lebih besar.

  7. Pak Putra,

    Wah, ternyata kita sama-sama menantikan Nokia 301. Entah nih kapan ponsel itu bakal muncul. Sertifikasi postel padahal sudah berbulan-bulan keluar.

    Saking tidak sabarnya, saya sampai coba mencari 301 di Malaysia, Singapura, dan Thailand. Namun, yang beredar di sana ternyata baru versi single SIM. Versi dual SIM-nya belum muncul.

    Versi dual SIM sudah muncul di India, Pakistan, dan Bangladesh. Masalahnya, nggak ada teman saya yang bepergian ke sana. Jadi, tak bisa titip beli.

  8. 310 ya?
    Saya kok malah menunggu asha 210 qwerty dual sim dan yang katanya free whatsapp seumur hidup (mestinya sih seumur hapenya)

  9. Pak Yusuf,

    Bukan 310, melainkan 301. Kalau 310 itu Asha 310. Ponsel tersebut sudah lama beredar di sini. Sedangkan yang saya nantikan 301. Saya tertarik mencobanya karena ia merupakan ponsel dual SIM pertama Nokia yang mendukung layanan 3G.

    Asha 210 lumayan menarik. Tapi, buat saya, 301 lebih menggiurkan.

  10. daya tahan bateray mana yang lebih unggul, Nokia 105 atau Sam keystone 2?
    Pak Rio ada dipengaturan nada : tanda getar pilih aktif

  11. Tanya pak Hary ,daya tahan bateray mana yang lebih unggul, Nokia 105 atau Sam keystone 2?
    Pak Rio ada dipengaturan nada : tanda getar pilih aktif

  12. pak hery .saya mau tanya,apa keypad nokia 105 ini dalam pemakaian jangka lama maka keypadnya bisa melembung / hamil ya?seperti yang dialami nokia 1208 & 1209, menggunakan model keypad menyambung sperti nokia 105 ini..trims πŸ™‚

    1. Bu Dian,

      Saya tak berani memastikannya. Namun, peluang melembung memang terbuka. Biasanya setelah ponsel digunakan secara intensif selama lebih dari setahun.

  13. ow ya pak,ada kekurangan ya di speaker nokia 105 ini,jadi ketika dipakai untuk telfon suara speaker dari depan seperti terdengar dari speaker belakang? Trus, apakah cuma nokia saja pak yang mempunyai kelemahan pada keypad yg berpeluang rentan mengembung khususnya model keypad semacam nokia 105 ini? Sementara untk branded LG & samsung kok sy belum pernah mendengar keluhan seperti itu ya .makasie πŸ™‚

    1. Pak/Bu Dian,

      Suara yang seolah terdengar dari belakang itu seolah telah menjadi ciri bawaan Nokia seri 1xx. Meskipun demikian, saat ponsel didekatkan ke telinga, suara tetap terdengar jelas kok.

      Tentang keypad yang bisa mengembung/terangkat, dalam pengamatan saya, justru tak terlalu mudah terjadi di ponsel Nokia. Keypad Alcatel lebih mudah terangkat, disusul Samsung dan LG.

    1. Pak Junior,

      Bila dipakai dalam jangka panjang, peluang melembung selalu terbuka. Namun, sampai sekarang saya belum pernah mendapatkan laporan langsung kalau keypad 105 melembung.

      Sekadar info, penjualan 105 di seluruh dunia termasuk tinggi. Per minggu bisa mencapai satu juta unit.

  14. Pak herry mau tanya nih, ponsel yg cocok buat mbah saya apa ya , yg keypadnya enak , huruf besar, layar gak kecil2 amat, batre awet, kalo bisa ada kameranya ,kalo gak ad ya gpp, budget 500rb , terimakasih sebelumnya πŸ™‚

    1. Pak/Bu Juju Lipo,

      Silakan mencari Nokia 206. Harga barunya sekitar Rp 650 ribu. Karena anggaran Anda Rp 500 ribu, silakan mencari 206 bekas.

  15. Sedikit review singkat :
    – Daya tahan baterai untuk pemakaian dalam kategori jarang (sedikit sms dan sedikit telp), nyala 24 jam, +/- 6-7 harian
    – Multiple alarm (5 buah), fitur snooze (tiap 10 menit)
    – Keypad as good as old nokia candy bar
    – Perpindahan antar menu cepat, tidak seperti beberapa candy bar nokia yang navigasi menu nya lambat.
    – Pemakaian baru sebulan, belum kelihatan lapisan keypad mengangkat.
    – Kualitas suara penerima jelas.
    – Lampu senter kurang terang, untuk darurat sih ga masalah.
    – Build quality bagus untuk warna hitam, yang warna biru lebih kelihatan cheap plastic (selera pribadi)

    1. Bu Puri,

      Headset yang dimaksud itu handsfree berkabel ya? Kebetulan saya tak pernah mencoba bertelepon via 105 plus handsfree berkabel.

  16. Mas Herry,

    Colokan chargernya pake apa Mas, USB, nokia kecil (kayak nokia dulu)?
    Untuk fitur penyaring panggilan dan smsnya, apa bisa menyaring panggilan dari “Hidden Number”?

    Terima kasih

    1. Pak Probo,

      Colokan charger-nya bundar kecil ala Nokia, bukan micro USB.

      Soal menyaring “hidden number”, saya lupa bisa atau tidak.

  17. matur nuwun mas herry,
    nampaknya ponsel tsb sudah tidak di tangan mas herry lagi…hehe
    usul mas, buat bursa di web ini untuk menjual ponsel-ponsel bekas test drive mas Herry,kayaknya bakal banyak yang respon..hehe.cm usul, maaf kl kurang berkenan

    1. Pak Probo,

      Iya, sudah lama saya tidak memakai 105.

      Gawai bekas pakai ala HSW biasanya saya jual di Ubaya.com. Tidak ada jadwal pasti kapan akan saya posting di situs itu. Sengaja tidak saya posting di Ponselmu.com karena kurang sesuai dengan tujuan blog ini.

    1. Pak Tito,

      Silakan mencari Nokia 206. Ponsel ini sebenarnya sudah diskontinyu, tetapi masih ada toko yang punya stok.

      Alternatif lain, coba cari ke gerai yang memiliki demo unit dan minta ditunjukkan Nokia 225. Kalau Anda merasa cocok dengan ponsel itu, silakan meminangnya. Nokia 225 baru masih sangat mudah ditemukan di pasar.

  18. Mau tanya, sya abrisan beli nokia 105 tp kok g ada handsfreenya ya?kondisi masih beersegel. Kata tokonya memang dr nokianya tdk ada hansfreenya. Apa benar demikian?

    1. Bu Lala,

      Paket penjualan Nokia 105 ada dua macam. Ada yang dilengkapi handsfree berkabel, ada yang tanpa handsfree berkabel.

  19. halo mas gan. ,btw hp apa yg speknya mirip nokia 105 tp dilengkapi dg slot microSD? fitur plusnya d bnding 105 bsa untuk putar musik, layar jg sma 1.4/1.5″

    1. Pak Fauzy,

      Maaf, mohon tidak menggunakan kata sapaan gan di blog ini.

      Hmmm… setahu saya tak ada yang bisa memenuhi kriteria Anda deh. Ukuran layar biasanya lebih besar.

  20. selamat malam mas
    mw tanya
    kenapa hp nokia 105 saya kalau mw kirim sms dia restart sendiri
    trus klo mw factory reset juga restart sendiri

    1. Bu Elsa,

      Coba pasangkan kartu SIM lain ke ponsel itu. Bila tetap mengalami masalah yang sama, bawalah 105 tersebut ke pusat perbaikan resmi Nokia/Microsoft.

  21. Saya suka baca artikel ini karena bahasanya penulisannya dan cara penyusunan kata-katanya bagi saya sangat kreatif. Mantap!

  22. Pak Herry SW,

    Saya dengar ada versi baru dari Nokia 105 ini ya? kalo benar apa bedanya? Saya lagi butuh ponsel tahan banting yang bisa muat kontak lebih dari 1500 dan waktu siaga yg lama, katanya versi baru 105 bisa muat 2000 kontak dan siaga 1 bulan lebih, jika benar apa rekomended beli New 105 ini?

    1. Bu Lusi,

      Benar sekali. Namanya, New Nokia 102 dengan kapasitas buku telepon dinaikkan menjadi 2.000 nama. Namun, sampai beberapa hari lalu, belum tersedia di pasar.

      Waktu siaga satu bulan lebih (tepatnya 35 hari) itu kan teorinya. Saya jamin di sini takkan bisa menembus durasi tersebut.

  23. Pak Herry SW,

    Yah nanti saya beli New Nokia itu aja, paling tidak batre bisa tahan 3 harian sudah bagus mengingat saya sering bertelepon. Rencananya buat ganti Nokia 6220classic yg sudah uzur.

    Android pertama saya Acer z4 yang saya beli sesuai saran bapak dulu ternyata hanya bertahan 1 bulanan saja, layar sentuhnya sudah tidak mau merespon, akhirnya diminta keponakan saya. Ya sudah akhirnya saya tidak pakai android lagi, kembali ke lumia dan iphone, dan menurutku untuk pekerjaanku lebih enak memakai ios dan windowsphone.

    1. Bu Lusi,

      Saya juga penasaran dengan New Nokia 105.

      Lho, baru dipakai sebulan layar Liquid Z4-nya tak mau merespons? Ya digaransikan saja tho. Sayang kalau tidak diklaimkan.

    1. Bu Marryna,

      Ada dua kemungkinan:
      * Kartu SIM memang rusak. Silakan coba pakai kartu SIM lain.
      * Selot kartu SIM di 105-nya yang bermasalah. Berarti, perlu dibawa ke pusat perbaikan resmi deh.

  24. Selamat sore Mas Herry.

    Saya sedang bingung dalam menentukan pilihan dalam membeli hp.
    Menurut mas, antara hp Nokia 105 dengan hp Nokia 130, mana yang lebih tahan lama ya Mas? Lebih tahan banting gitu mas?

    1. Bu Lia Susanti,

      Baterai 105 lebih tahan lama. Wah, kalau tahan banting sih nggak tahu. Saya tidak pernah coba membantingnya.

  25. Selamat pagi
    .mau tanya,gmn mengaktifkan loudspeaker pd nokia 105 pd saat menelevon ya?
    .terimakasih?

    1. Pak/Bu Lutfi Kurniawati,

      Silakan menelepon dulu. Setelah diterima oleh lawan bicara, di sisi kanan bawah layar akan muncul pilihan loudspeaker. Tekan tombol di bawahnya. Aktif deh.

  26. Pak herry
    .di hp saya,tidak muncul tulisan loudspeakear.
    .jika seperti itu gmn?
    .dr pertama beli..

    1. Pak Lutfi Kurniawati,

      Karena saya tak bisa melihat ponsel Anda, coba mampir ke pusat perbaikan resmi Nokia deh. Bukan untuk klaim garansi, melainkan untuk minta tolong dicekkan fitur speakerphone-nya.

  27. Pagi pak, saya sedang mencari hp murah yang bisa terkoneksi ke internet utk pesan transportasi online. Kadang menunggu di pinggir jalan sambil membawa hp yang terlalu canggih sptnya menarik perhatian copet. Mohon rekomendasi nya hp yang murah2 saja, ga perlu bisa apa2 asalkan bisa konek ke internet. Makasih Pak.

    1. Bu Sonya,

      Maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Bagaimana kalau membeli Lenovo A2010? Harga jualnya beberapa puluh ribu di atas Rp 1 juta.

  28. Pak HSW,

    Bagaimana dgn peforma suara ketika bertelepon?
    Apakah sama dgn seri 215 yg bpk sebut empuk dan nyaman didengarkan?

    Bosen pke gadget kekinian trus,
    Sekali-kali nostalgia dikit lah mengingat harga 105 tk segahar hp skrg,

    Kl bwt telpon – sms lancar besok mau ambil 1 ahh πŸ™‚

    Salam pak HSW
    T E R I M A K A S I H

  29. Pak HSW,

    Menurut bpk nokia terbaik di model keypad non qwerty nokia seri brp pak?

    Salam pak HSW
    T E R I M A K A S I H

    1. Pak Dhimas,

      Feature phone Nokia/Microsoft yang baru-baru belum saya coba nih. Sebab, harganya tergolong tinggi banget untuk sebuah feature phone. Yang terakhir saya coba dan boleh dibilang cukup bagus adalah Nokia 215.

  30. Pak HSW,

    Ini adl stock yg ready di kota sy,
    Nokia 222 Dual Sim, keypad 549.000
    Nokia 225 Dual Sim, keypad 675.000
    Nokia 220 Dual Sim, keypad 539.000
    Nokia 215 Dual Sim, keypad 415.000
    Nokia 220 Dual Sim, keypad 539.000
    Nokia 130 Dual Sim, keypad 315.000
    Nokia 105 Single Sim Keypad 249.000
    Dari seri diatas yg paling layak beli menurut bpk seri brp?

    Oiya pak sy sebenernya gk ngejar fitur,
    krn sy lbh sering bermultimedia di android,

    Pdhl sy udh cocok dgn 105,
    Tpi klo speakernya krg enak pasti bwt telponan jg krg nyaman,

    Tolong saranya pak Herry,
    T E R I M A K A S I H

    1. Pak Dhimas,

      Kalau tak perlu dual SIM, beli Nokia 105 saja. Nokia 105 yang saat ini beredar (Nokia New 105) suaranya lebih bagus daripada Nokia 105 yang beredar 2-3 tahun lalu.

      Kalau perlu dual SIM, silakan ambil Nokia 215.

  31. Pak HSW,

    Bagaimana cara memastikan kalo 105 itu new pak?
    Bkn apa-apa sy cmn takut apes dikasih 105 stok lama oleh pedagangΒ² nakal…

    Maaf kalo terlalu kepo pak Herry,
    T E R I M A K A S I H

    1. Bu Aprillya,

      Pesan error apa yang muncul di ponsel? Anda menuliskan sejak beli memang nggak bisa dipakai telepon. Apakah Anda belum pernah menanyakannya kepada penjual?

  32. Wahh long last banget yah thread ini. Bermanfaat sampai sekarang. Terimakasih buat penulis.

    Pak Herry,
    Saya mau tanya bila dibandingkan Nokia 105 new sama Samsung Keystone 3 mana yang lebih baik yah pak? Terimakasih sebelumnya.

  33. Selamat malam pak. mau bertanya, setahu sy skrg sdh ada nokia new 105 yg bs sampai 2000 kontak. Pertanyaan sy, apakah new nokia 105 ini jg multiple entry (satu nama dgn byk nmr kontak) spt nokia 105 sebelumnya yg telah bpk bahas? Terima kasih.

    1. Bu Dea,

      Benar, sejak tahun lalu ada Nokia New 105. Kapasitas buku telepon lebih besar, trus konektor charger-nya berwujud micro USB. Ya, multiple entry.

  34. Mau tanya, nokia new 105 sms nya model inbox atau chatting kaya smartphone ya ? lagi nyari hp sederhana yang smsnya nyabung kaya di smartphone. Kalo model inbox satu2 repot, karena kalo mau tau sms sebelumnya harus nyari lagi. Terima kasih.

  35. Pak sy mau tanya, untuk urusan telpon, bagusan suara 105 dual sim atau samsung keystone 3? Lebih jernih dan enak mana? Sy paling penting buat telpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *