Review Nokia 107 Dual SIM: Serasa Dengar Radio Abal-Abal

Anda yang pernah menikmati masa kecil atau remaja di tahun 80-an mungkin masih ingat dengan syair lagu ini. Aku masih seperti yang dulu. Menunggumu sampai akhir hidupku. Ya, seratus! Lagu itu berjudul Tak Ingin Sendiri dan dinyanyikan oleh Dian Piesesha.

Kalau Anda termasuk generasi Cherrybelle atau JKT48, wajar tak mengenal lagu tersebut. Sebab, ketika Dian menyanyikan lagu itu, Anda belum lahir. Bahkan, mungkin orang tua Anda belum menikah.

Nokia 107-1

Nokia kini tak bisa berkata masih seperti yang dulu. Ia sudah sangat berubah. Dulu dicari konsumen, sekarang sering dihindari. Dulu pemilik toko berlomba menjual ponsel Nokia, sekarang sebagian pemilik toko memilih tidak kulakan lagi.

Terkait harga jual, sejak tahun lalu “tradisi” Nokia juga berubah. Harga Nokia tipe terbaru di gerai ritel berjaringan nasional justru lebih murah daripada di toko ponsel milik perorangan. Perbedaannya mulai Rp 15 ribu sampai Rp 200 ribu. Kondisi itu hanya berlaku untuk ponsel berharga jual kurang dari Rp 800 ribu dan selama maksimal dua minggu pertama sejak memasuki pasar.

Menjelang Lebaran tahun lalu, misalnya, Nokia Asha 210 yang harga eceran resminya Rp 699 ribu dijual hingga Rp 900 ribu oleh toko-toko independen. Padahal, andaikan konsumen bertransaksi di Oke Shop, Sentraponsel, Global Teleshop, atau Erafone yang gerainya dapat dijumpai di pusat penjualan ponsel maupun mal, konsumen bakal berhemat ratusan ribu rupiah.

Contoh terbaru terjadi di Nokia 107 Dual SIM. Toko-toko independen menjualnya Rp 290 ribu. Uniknya, pada hari yang sama, salah satu gerai berjaringan nasional yang identik dengan warna kuning-hitam mematok harga Rp 270 ribu saja. Aneh dan tergolong tak lazim di bisnis ponsel, tetapi benar-benar terjadi.

Spesifikasi 107 sangat sederhana. Tidak tersedia kamera, bluetooth, maupun dukungan terhadap layanan 3G. Maklum, ponsel itu memang membidik pengguna pemula. Nilai jual utamanya terdiri atas kemampuan dual on GSM-GSM, lampu senter, selot microSD, radio FM, dan pemutar musik.

Nokia 107-2

Dua nomor GSM yang terpasang bisa disiagakan bersamaan. Ketika salah satu nomor sedang dipakai bertelepon, nomor yang lain tak dapat dihubungi. Lampu senter 107 jauh lebih redup dibandingkan LG A275 yang harga jual barunya hanya Rp 200 ribu.

Nokia mengklaim selot microSD di 107 dapat dipadukan dengan kartu memori berdaya tampung 16 GB. Untuk mendengarkan siaran radio FM, pengguna harus menancapkan handsfree berkabel. Karena aksesori tersebut telah disertakan di paket penjualan, pengguna tak perlu mengeluarkan anggaran ekstra.

Saat menjalankan pemutar musik untuk menghibur diri, pengguna sebaiknya tidak menaruh harapan berlebihan. Suara yang mengalun jauh dari istimewa. Pengguna lebih baik berimajinasi sedang mendengarkan musik via radio abal-abal yang dibanderol belasan ribu rupiah di pasar kaget.

Sisi minus lain 107, ponsel berdimensi fisik 112,9 x 47,5 x 14,9 mm dan berat 75,8 gram itu masih memakai konektor bundar kecil alias dua milimeter khas Nokia. Padahal, karena dianggap lebih universal, kini sudah semakin banyak ponsel kelas pemula yang menggunakan konektor charger micro USB. Sebut saja, LG A275, Samsung E1205, dan E1272.

Cara membuka casing belakang atau penutup belakang 107 juga tidak terlalu mudah. Pengguna harus menekan, mendorong, menarik, dan mungkin sedikit mencongkel. Kalau pengguna khawatir casing patah, terutama pada hari-hari awal memakai 107, penutup baterai ponsel itu takkan terbuka.

Layar TFT 1,8 inci yang mampu menyajikan sampai 65 ribu warna, baterai lithium ion BL-5C 1.020 mAh, dan buku telepon 500 nama multiple entry adalah sebagian spesifikasi lain 107. Ada pula fitur penjadwal pengiriman SMS serta penyaring telepon dan SMS masuk. Empat permainan telah ditanamkan, yaitu Beach Rally, Colour Bridge, Sudoku, dan Snake Xenzia.

Menurut penulis, 107 bukanlah ponsel dual SIM yang menarik dimiliki. Ia hanya layak dibeli kalau konsumen ingin mempunyai ponsel dual SIM Nokia termurah. Spesifikasi dan kinerja urusan nomor sekian.

80 thoughts to “Review Nokia 107 Dual SIM: Serasa Dengar Radio Abal-Abal”

  1. Maaf pak Herry , sy mau tny, sy membaca ulasan bapak ttg nokia asha 301 . apa bpk msih memiliki nokia asha 301 yg single simcard ? Jika msh ada boleh sy beli pak ? Tlg sms pak: 081295001600 , trma kasih.

    1. Pak Yudi,

      Tidak ada ponsel dengan nama Nokia Asha 301. Yang ada Nokia Asha 310 atau Nokia 301. 301 yang saya coba versi dual SIM.

  2. padahal saya berniat beli hape ini… tapi setelah membaca review ini saya jadi mengurungkan niat saya…

    sebelum membaca review ini saya kira kualitas speakernya bakalan bagus karena merknya adl nokia… terimakasih pak herry

  3. Salam Bpk Herry

    wah ternyata hp ini kurang recomend ya pak..
    saat ini saya mencari hp dual sim branded dgn budget 500rb ke bawah. penggunaan hanya utk telpon&sms saja.

    awalnya saya membandingkan antara nokia 107&108. secara personal saya lebih tertarik dgn 108 soalnya memiliki dimensi yg lebih mungil&ringan (meskipun sebenarnya saya tdk membutuhkan fungsi kamera&bluetooth). bagaimana perbandingannya menurut pak hery, apakah performa antara 107&108 “akan sama” saja, melihat detail speknya tidak jauh berbeda.

    kalo bapak mw merekomendasikan hp dual sim branded apa yg sebaiknya saya ambil (selain lg a275), soalnya di daerah saya hp tersebut tdk ada yg menjual.

    terima kasih.

    1. Pak Rifano,

      Dengan anggaran kurang dari Rp 500 ribu, ada LG A275, A230, dan Nokia 101 yang cukup menarik dilirik. Sedikit di atas Rp 500 ribu ada Samsung C3322 Lakota yang juga layak beli. Boleh tahu Anda tinggal di kota mana? Kalau masih termasuk dalam area layanan jasa ekspedisi langganan saya, mungkin saya bisa bantu belikan. Saya tak mau menggunakan jasa pengiriman JNE.

      Soal Nokia 108, saya belum pernah mencobanya. Jadi, belum tahu performanya seperti apa.

  4. mau beli LG A275 tapi kayaknya banyak komplain soal sim 2 yg eror. padahal tertarik karena udah ada yg review juga pemakaian LG A275 bisa 12 hari. pengen beli mito 336 tapi takut rusak. soalnya belum sebulan kemarin beli hp evercoss Q6 udah dikirim ke jakarta 3 bulan servis hehe

    1. Pak Rizal,

      Kasus selot SIM2 bermasalah di A275 sifatnya random dan belum diketahui polanya nih. Buat saya cukup misterius. Namun, kalau pas kena, ya pusing juga sih. Saya punya satu Kartu As yang bila dipasangkan di selot SIM2 akan sering kehilangan sinyal. Anehnya, nomor Telkomsel lain baik-baik saja.

      Kalau tak mau A275, beli LG A230 saja, Pak. Sejauh ini tak ada masalah error, termasuk kala saya padukan dengan Kartu As yang saya ceritakan di atas. Harga barunya Rp 345 ribu. A230 itu ponsel tipe lama, tetapi di Surabaya kebetulan ada toko yang masih punya stok lama.

      Bila boleh menyarankan, lupakan beli Mito dan Evercoss deh. Kecuali, mau iseng dan siap menanggung risikonya. ๐Ÿ™‚

  5. Pak Herry,

    wah begitu ya.. apa tidak memberatkan pak? kebetulan saya berada cukup jauh pak. saya berdomisili di bukittinggi, sumatera barat pak. memang samsung lakota worth banget to buy. tapi harganya malah cenderung naik dibandingkan saat harga awal edarnya pak ๐Ÿ˜€

    1. Pak Rifano,

      Barusan saya coba cek di jasa ekspedisi langganan saya, ternyata area layanan mereka belum sampai Bukittinggi. Jadi, mohon maaf, saya tidak bisa membantu membelikan dari Surabaya. Sebab, saya tak mau menggunakan jasa JNE.

      Kalau pun Anda tetap ingin titip beli dan dikirimkan via JNE, segala risiko keterlambatan dan kerusakan menjadi tanggungan Anda. Saya tak bersedia membantu menguruskannya. Ongkos kirim dari Surabaya ke Bukittinggi via JNE diperkirakan mendekati Rp 125 ribu.

      Iya, harga Lakota sejak keluar sampai sekarang memang cukup unik. Anggaplah waktu muncul pertama harganya Rp 1, lalu naik jadi Rp 3, turun lagi ke Rp 2, dan terakhir naik ke 3.

    1. Pak Rizal,

      Harga ponselnya Rp 345 ribu. Barang dalam kondisi baru, tetapi stok lama. Jadi, garansi telah berulang tahun alias habis. Saya hanya akan coba menyalakannya sebentar ya. Tidak dicek sampai detail.

      Ongkos kirim dari Surabaya ke Banjarmasin sekitar Rp 40 ribu. Saya tak tahu tepatnya berapa. Pengiriman menggunakan FedEx/RPX. Saya tidak mau memakai jasa JNE daripada emosi dan makan hati. ๐Ÿ™‚

  6. Pak Herry,
    iya tidak apa-apa Pak. membaca ulasan&review handphone dari Bapak selama ini sudah menjadi bantuan bagi saya ๐Ÿ™‚
    di Kota Bukittinggi harga lakota saat ini berkisar antara Rp 500-600 ribuan Pak. dan harga yg termurah saya dapatkan di salah satu toko Rp 515 ribu.
    kemungkinan besar untuk LG A275, akan saya pesan lewat FJB online Kaskus saja pak. saya menemukan penjual dengan harga Rp 210 ribu.
    sekali lagi terima kasih Pak Herry.

    1. Pak Rifano,

      Lakota seharga Rp 515 ribu, menurut saya, sangat masuk akal. Hanya berbeda Rp 5 ribu sampai Rp 20 ribu dibandingkan harga jual berbagai toko di Surabaya.

  7. Akhirnya saya putuskan membeli LG A275 Pak. Puas pakai hp tsb n g ada perasaan nyesal membeli hp tsb. Tdk seperti beli hp cina ada perasaan was was rusak hehe.

    Btw..Pak Herry bisa review hp beyond B78 fashion gahehe. Menurut iklan beyond, smartphone yg berharga 999 ribu tsb udah versi 4.2.2 dual core dan RAM 1 GB. Thanks Pak Herry ๐Ÿ™‚

    1. Pak Rizal,

      Selamat menikmati A275-nya.

      Permintaan soal Beyond B78 Fashion saya tampung dulu, tetapi belum tentu saya kabulkan ya. Bertahun-tahun silam, seingat saya, ada ponsel candybar dengan nama Beyond B78. Bentuknya kayaknya salah satu tipe ponsel Nokia. Detailnya saya lupa karena telah cukup lama.

  8. thanks Pak Herry ๐Ÿ™‚

    saya pakai A275 yg putih sesuai saran Pak Herry biar lbh terang lampunya. tapi tadi pas lg ketik sms sempat restart sendiri satu kali.

    rupanya penamaan hp beyond cuma mengulang ya pak. sebelum beyond b78 fashion muncul sudah ada hp android beyond yg ics dgn nama sama yakni beyond b78 juga tanpa fashion yg mirip samsung.

    1. Pak Rizal,

      He… he… terbalik lho. Yang lebih terang A275 hitam.

      Saya malahan baru kali ini sadar kalau ada pengulangan tipe seperti itu.

  9. Waduh terbalik ya Pak Herry hehe..berarti saya kurang fokus bacanya kemarin itu kayaknya..padahal saya sebenarnya suka yg hitam..mesti beli yg hitam lg nih kayaknya hehe

  10. oh iya Pak Herry. knp ya LG A275 saya kalau di set ke bhs indonesia atau otomatis, karakter per 1 sms hanya 70 karakter saja. tapi kalau di set ke bhs inggris, karakter per 1 sms jadi 160 karakter. thanks Pak Herry ๐Ÿ™‚

    1. Pak Rizal,

      Oh ya? Selama ini saya selalu menggunakan bahasa Inggris untuk pengaturan ponsel. Saya tak bisa mencoba lagi karena sudah tak ber-A275. Kini saya memakai LG A230 dan sedang menantikan kedatangan LG C399 yang masih dalam perjalanan dari Qatar.

  11. Pak Heri.. Nokia 107 bisa sms ke banyak nomor atau group gak ya? Dan untuk dengerin audio jelas gak suaranya, jelek gak papa yg penting jelas? Untuk dengerin mp3 ceramah kajian! Smoga Pak Heri selalu sehat dan masih punya nokia 107!

    1. Pak Amasdan,

      Soal SMS ke banyak nomor, saya tidak memperhatikannya. Kemungkinan bisa.

      Oh, kalau sekadar untuk mendengarkan rekaman ceramah, seharusnya suara yang terdengar sudah cukup jelas.

      He… he… 107-nya sudah saya pindah tangankan.

  12. Wah, kok sudah dipindahtangankan Pak?
    Saya tertarik ke nokia 107 karena dual sim dual on nokia paling murah. Baru rncana beli, tapi kalo liat review-nya jadi gimana gitu….

    Dari komentar yg saya amati kok bapak tidak percaya dengan paket JNE ya? #padahal udah nemu toko online yg otomatis rekber, harga murah, kirim2 pake JNE

    tolong dijawab, terimakasih

    1. Pak Priyangga,

      Saya kalau pakai ponsel kan memang jarang sampai lama.

      Dengan memperhatikan kesesuaian harga, fitur, dan kinerja, menurut saya, daripada membeli Nokia 107 lebih baik Anda membeli LG A275. Harga barunya Rp 200 ribu.

      Kalau tidak terpaksa, saya memang tak mau menggunakan jasa JNE. Terlalu banyak pengalaman pahit yang saya dapatkan saat menggunakan layanan tersebut.

  13. Pak herry apakah nokia 107 ini bisa insert nomer telepon di dlm sms? Sy pernah pake nokia 112 dan nokia 210 klo mau masukin no tlpn di sms ga bisa,bisanya ngirim no tlpn aja. Terima kasih.

  14. saya baru beli Nokia 107 Kemarin.

    @bu Anny : bisa koq Nokia 107 insert no.tlpn disms.

    dimadiun ponsel Nokia 107 ini dibanderol seharga 285ribu.

    cara insert no.tlpn di sms:
    select “options”> “insert options” > “insert number” >”search” > udah tinggal pilih dah.

  15. Pak Herry SW mohon ijin untuk ikut berbagi pengalaman q selama megang nokia 107. Walau q megangnya yaa cuma baru sehari.

    *Nokia 107 Dual SIM*

    -kapasitas phone book ponsel: 500 kontak.

    -angka 500 kontak di atas tidak termasuk nomor kontak yang tersimpan di kartu SIM.
    -jika nomor kontak yang ada di kartu SIM (kartu perdana/kartu operator) ikut dijumlahkan maka jumlah(kapasitas) maximal nomor kontak yang mampu disimpan Nokia 107 juga akan bertambah.
    -Dikarenakan Nokia 107 ini dual SIM maka maximal kapasitas nomor kontak yang mampu disimpan Nokia 107 adalah sebagai berikut:
    *500 kontak di phone memory + kontak yang tersimpan di SIM1 + kontak di SIM 2*

    -dilengkapi slot micro SD.
    -slot micro SD disini cuma berguna untuk menyimpan lagu. tidak lebih dari itu.

    -menurut GSM arena, Nokia 107 mampu menampung micro SD up to 16 GB.
    -tapi klo menurut q pribadi 8 GB aja udah kebanyakan klo sekedar untuk menyimpan lagu.

    -dari 10 file berextensi .mp3 yg q taruh di micro SD, ada 1 lagu yang tidak mampu di putar oleh music player Nokia 107. Ada tulisan “file not supprted”.

    -Play list : Nokia 107 hanya mampu bikin 1 playlist. “My Favourite Song”.

    -Kontrol yang terdapat di music player hanya “shuffle” dan “repeat”

    -berikutnya walau nokia 107 ini dilengkapi micro SD tapi tidak ada bluetooth ataupun kabel data yang bisa menghubungkan nokia 107 ke komputer atau perangkat lain.
    -jadi satu-satunya jalan untuk menambahkan lagu ke nokia 107 adalah dengan cara memindahkan terlebih dahulu micro SD ke card reader atau gadget lain yang bisa dihubungkan ke komputer/perangkat lain.

    -ada torch light. Berguna saat kita terlambat datang di bioskop atau saat listrik tiba-tiba mati atau tempat gelap lainnya.

    -user interface dalam kaitannya dengan kemudahan penggunaan.
    -Imho Nokia 107 ini cukup user friendly koq.
    -tombol gulir 4 arah.
    -tombol gulir atas : tekan & tahan 2 detik torch light nyala. lepas tombol gulir atas maka torch light padam. jika menginginkan torch light nyala terus menerus, pilih ikon extras, select torch light.

    -tombol gulir kiri : menuju menu SMS.

    -tombol gulir bawah : menuju nama kontak. Kita dapat melakukan panggilan telepon keluar dari sini.

    -tombol gulir kanan : menuju kalendar.

    Minus Nokia 107, mengutip review pak Herry SW pada situs ponselmu.com:
    -Nokia 107 Dual SIM: Serasa Dengar Radio Abal-Abal
    -Untuk mendengarkan siaran radio FM, pengguna harus menancapkan handsfree berkabel.
    -Saat menjalankan pemutar musik untuk menghibur diri, pengguna sebaiknya tidak menaruh harapan berlebihan. Suara yang mengalun jauh dari istimewa. Pengguna lebih baik berimajinasi sedang mendengarkan musik via radio abal-abal yang dibanderol belasan ribu rupiah di pasar kaget.
    – Sisi minus lain 107, ponsel berdimensi fisik 112,9 x 47,5 x 14,9 mm dan berat 75,8 gram itu masih memakai konektor bundar kecil alias dua milimeter khas Nokia. Padahal, karena dianggap lebih universal, kini sudah semakin banyak ponsel kelas pemula yang menggunakan konektor charger micro USB. Sebut saja, LG A275, Samsung E1205, dan E1272.

    untuk ke-Empat hal yang dituliskan pak Hery SW diatas q setuju sepenuhnya. Tapi masalah suara yg kayak radio abal-abal q memaklumi. Feature phone gitu lhoh. Yang penting keypad nyaman, baterai tahan lama dan penangkapan sinyal bagus. Dah cukup deh.

    tapi untuk hal berikut ini q punya pendapat yang berbeda.

    “Cara membuka casing belakang atau penutup belakang 107 juga tidak terlalu mudah. Pengguna harus menekan, mendorong, menarik, dan mungkin sedikit mencongkel. Kalau pengguna khawatir casing patah, terutama pada hari-hari awal memakai 107, penutup baterai ponsel itu takkan terbuka” tulis pak Herry SW

    -mungkin apabila saya tidak nyasar ke alamat web http://www.wpxbox.com/review-nokia-107 saya akan berpendapat sama dengan pak Herry SW.

    -Tapi seperti dapat dilihat di video pada wpxbox.com bahwa membuka casing belakang nokia 107 ini cukup gampang koq. kuku telunjuk kiri pada sisi terluar casing belakang sebelah kiri. ujung kuku kanan di pinggiran sisi kanan [casing belakang Nokia 107 itu di desain ibarat cangkang]. tekan logo nokia dengan jempol. lepas deh casing belakangnya.

    -Saran q untuk kali pertama membuka casing dengan cara di atas lakukan ditempat yang lembut yaa. di sofa atau tempat tidur. agar HP tidak terbanting. ^^

    berikutnya di akhir tulisannya pak Herry menulis, ” Menurut penulis, 107 bukanlah ponsel dual SIM yang menarik dimiliki. Ia hanya layak dibeli kalau konsumen ingin mempunyai ponsel dual SIM Nokia termurah. Spesifikasi dan kinerja urusan nomor sekian.”

    q berbeda pendapat. menurut q Nokia 107 adalah pilihan terbaik dari segenap feature phone yang beredar di hari ini.

    Penyebab q butuh feature phone adalah karena HP Nokia N70 yang sehari-hari dipake ibu q tiba-tiba mulai rusak. Layar sering kedip sendiri, saat ditanyakan ke conter harga perbaikannya 300 ribu. Berarti lebih baik yaa beli HP baru.

    Saat ku back up, jumlah kontak ibu di HP Nokia N70 telah mencapai 436 kontak.

    Maka spec minimum HP yg hendak dibeli, minimal harus bisa menampung 500 kontak.

    LG A275 jumlah kontak cuma 250, coret dari daftar.

    Polytron C240 jumlah kontak 300, coret juga.

    Samsung Keystone 2, E1205. temen q punya HP ini, hasil dari beli online di LAZADA. jumlah kontak yg mampu disimpan phone sih 1000{udah q lihat dan pegang sendiri itu menu di keystone}.
    q ragu beli ini dikarenakan di web lazada menulis di bagian spesifikasi bahwa jumlah maximal entries cuma 100 nama.

    _———_———_———
    Lalu klo cuma HP untuk ortu kenapa tidak beli yang paling murah aja misal 105, lha wong cuma untuk call dan sms aja.

    Atau nambah 100 ribu lagi udah dapat nokia 108 yg juga dual sim tapi ada ketambahan gimmick bluetooth dan camera.

    Alasan mencoret Nokia 105 [fyi harga 105 lebih murah 50ribu dibanding 107]
    * Nokia 107 : Value for Money Feature Phone with Better Keypad than 105
    * Before I really talk about 107 design and build, what really will attract the users will be its keypad. Itโ€™s a single layer keypad i.e. no individual buttons for keypad like 108 and it closely matches with Nokia 105 but improved. This is an alphanumeric keypad, which is easy to press, respond quickly and fast to type in.
    * Those who are unsure about the durability, there was no tear and wear after using 107 for last 15 days, unlike Nokia 105 where the keyboard peeled off in 10 days straight. Also the keypad makes sure that no dust gets inside the phone.
    * Though the design of 107 is exactly same as Nokia 108, the keyboard changes the looks by giving it a uniform design view which many of you guys would love.

    Lalu kenapa di toko q tdk menanyakan pilihan warna yang ada tapi langsung bilang pengen beli 107 yang warna hitam.
    * The black version of 107 is completely matte on all the sides and houses a 1.8 inch LCD Transmissive screen which simply means you have an excellent indoor reading but when outdoor, you should use it in shade.
    {Garis bawah pada completely matte}

    Kenapa tdk pengen beli 108, nombok 100ribu dapat bluetooth & camera.
    * Nokia 108 โ€” Type Phone with an Impressive Keypad but Poor Voice Calls.
    *The call quality of 108 turned out really low which disappointed me big time. If I have to use this as a primary phone, half of the time I will have to concentrate hard on what the other person has to say which defeats the purpose of having this phone.
    * Surprisingly Nokia 107 has an excellent voice quality compared to Nokia 108 and I had no issues for numbers of call I had received and made using this. This is definitely a great news for those who were disappointed in our 108 review.

    Tapi pilihan 107 sebagai yg terbaik cuma berlaku bagi yg menggunakannya sebagai secondary phone.

    Sedangkan untuk primary phone dan bimbang memilih antara 107 dan 108 dapat membaca artikel berikut:
    http://www.wpxbox.com/nokia-108-vs-nokia-107
    Nokia 108 vs Nokia 107 : 108 as Primary & 107 as Secondry Phone
    BY ASHISH – NOVEMBER, 12TH 2013

    So while Nokia 108 and 107 both have same screen size, Nokia 107 supports RGB Stripe which makes text crisper compared to 108. Though you may not find a substantial difference but text does make a bit of difference because of this.

    When it comes to file sharing,ย  Nokia 107 stays stranded because of the missing Bluetooth. Nokia 108 like Nokia 301 has Bluetooth sharing using Nokiaโ€™s own Bluetooth slam tech which works almost like NFC. Though both of them does support SD card, Sharing via Bluetooth is one feature used a lot in India.

    A 0.3MP camera hardly makes any difference but if you are taking this as your primary phone, there is no point in picking up 107. Plus you get 32GB SD card support which lets you store more data and space for camera.

    When it comes to software interface, Nokia 108 has better interface compared to 107. Many of you might call it as minor, but feature like FM recordingย is important.

    So if you should be buying a Nokia 107 or Nokia 108?

    If you are looking for a feature phone at low cost but as primary phone, pick up a Nokia 108 which has camera, Bluetooth, 32 GB SD card support and so on while if you are looking for a low cost secondary phone, Nokia 107 is a better choice as you wont be able to drain battery by any means except by talking longer on the phone.
    __—————-__————–__

    oh iyaa Nokia N70 punya ibu(yang telah uzur/rusak & perlu diganti baru) itu ada fitur untuk “tandai semua” lalu mengirim sekaligus sebanyak 436 kontak ke HP Android Lenovo S880 sekaligus dalam satu kali kirim.

    di Nokia tipe …. . punya bapak dilengkapi bluetooth juga. tapi fitur “tandai semua” lalu kirim sekaligus seluruh nomor kontak yang ada tidak tersedia.

    bisanya dikirim satu-satu, painfull!!!.

    Mengingat di android ada fitur sinkronisasi kontak dengan akun G.Mail. Yang mana asalkan nomor kita simpan di gmail dan kita sinkronkan. Ketika kita pindah HP android lain, pas setting up kita pilih akun G.Mail kita. Maka kontak otomatis ngikut. Tidak terjadi kontak hilang karena nyangkut di HP lama. Tidak ada ritual mindahin kontak yang bikin repot.

    Maka untuk mencegah di hari depan agar tidak terjadi kerepotan/painfull mindahin nomor kontak{dikarenakan 107 sekedar bluetoothpun tak ada}, ibu q, q bujuk agar pake Lenovo S880 aja.

    Sedangkan HP Nokia 107nya aq pake sebagai secondary phone. Untuk ngidupin Kartu Im3 yang tidak mumpuni buat internetan (di area rumah q). Tapi dibuang sayang karena nomor itu udah kadung dipake sejak jaman masih kuliah.

    Kalau boleh usul, mohon agar saat mereview feature phone (harga dibawah 700ribu) fitur untuk mengirim sekaligus seluruh nomor kontak lewat bluetooth untuk diperiksa di menu. Apakah tersedia ataukah tidak? ^^

    atau paling tidak jika feature phone tersebut dilengkapi slot micro SD mohon diperiksa, apakah ada fitur untuk membackup seluruh nomor kontak ke micro SD.
    Mengingat di Lenovo S880 ‘kan ada fitur untuk menyalin kontak dari Kartu SD.

    Karena dari q nyoba kemarin, kartu SIM cuma mampu menampung data kurang dari 200 kontak. Kartu im3 q yang keluaran 2003 malah cuma bisa menampung 50 kontak. ::sigh::

    Terima kasih sebelumnya dan mohon maaf bila ada kata yang tidak berkenan.

    —o0o- —

  16. Aku baru pake nokia 107 5 hari.. Hapenya suka ngeblank tiba-tiba, sering ngeblank kalau mau reply sms dan terima sms. Udah kembali ke toko n karena msh garansi ditukar yg baru lagi sama pihak toko, dan hasilnya sama saja suka ngeblank. Itu kenapa ya pak? Aku dah coba pake simcard baru juga, pikir karena simcard lama yg sudah mulai rusak tapi ternyata tidak. Mohon jawabannya.

    1. Bu Irmaaa,

      Wah, pemilik tokonya baik hati banget tuh. Ponsel yang berumur lima hari masih diganti baru. Padahal, biasanya kebijakan itu hanya berlaku untuk pembelian maksimal 1 x 24 jam. Boleh tahu nama dan lokasi tokonya?

      Saya tak bisa memastikan penyebabnya. Saran saya, coba kunjungi pusat perbaikan resmi Nokia.

    1. Pak Fery,

      Maaf baru balas. Saya usai “dikunjungi” sakit perut plus masuk angin. Sekarang pun baru pulih sekitar 60 persen.

      Apakah kode pengaman pernah Anda ganti? Kalau pernah diganti dan kini lupa, berarti Anda harus membawanya ke pusat perbaikan resmi Nokia. Kalau belum pernah diganti, coba 12345, 00000, 1234, atau 0000.

  17. Awalnya saya tertarik dengan nokia ini. Tapi setelah membaca review ini saya jadi mikir2 lagi.
    Tujuan utama saya sih sebenarnya pengen beli hape yang bisa nampung ribuan sms bahkan unlimited. Masalahnya nomer tri saya hanya bisa menampung 100 sms saja.
    Mungkin bapak tau recomendasi hape yang biaa menampung banyak sms seperti itu? Yang harga sekelas nokia 107? Keperluan hanya untuk sms telpon saja karena yang paling sering dihubungi kantor. Mungkin rekan2 disini ada yang bisa membantu recommendasi?
    Terima kasih sebelumnya.

  18. Apakah ada yg bermsalah dengan mp3 nya?
    Saya pake SD card 2gb lalu saya isi mp3 dan tidak terdeteksi di hp, apakah ada setting atau bitrate tertentu untuk mp3 nya?

    thx

    1. Pak Sofyan,

      Saya sih tidak mengalami masalah. Coba file lagunya jangan dimasukkan ke dalam folder.

  19. Maap nih mas, saya kebanyakan ga setuju sama semua pendapat anda soal nokia 107 ini

    Apalagi dengan kutipan ini

    “Saat menjalankan pemutar musik untuk menghibur diri, pengguna sebaiknya tidak menaruh harapan berlebihan. Suara yang mengalun jauh dari istimewa. Pengguna lebih baik berimajinasi sedang mendengarkan musik via radio abal-abal yang dibanderol belasan ribu rupiah di pasar kaget.”

    Saya sudah hands on dan saya sudah buktikan sendiri, kualitas speaker nokia 107 saya rasa standar, memang kalau volume di buat full agak terasa pecah, tapi di saat volume di tengah, itu udah cukup keras & bersih suaranya.. tidak jelek & tidak sempurna juga..
    namun saat menggunakan handsfree suara sudah lebih baik, mendengarkan musik/radiopun terasa nyaman..

    dan radio nokia 107 ini bersih, saya bandingkan dengan zenfone 4 yang harganya 1 jutaan, kualitas radio nokia 107 jauh lebih baik.

    lalu soal membuka casingnya yang anda bilang sulit, apa anda membaca panduan yang ada di box-nya? di box-nya kan sudah tertera cara membuka casing yaitu dengan menekan logo nokia dan mencongkel sedikit keluar. Saya dengan mudah membukanya hanya dengan sekali coba..

    soal senter yang kalah terang sama LG, yaailah mas..
    segala senter dipermasalahin segitu lebay nya, bagi saya asal dia bisa nerangin isi tas saya udah cukup kok..

    saya pake hape ini krn daya baterainya yang 1000an mah, & menggunakan media musik/radio dikala suntuk..
    dan saya puas menggunakan nokia 107 baik sbg primary/secondary mobile..

    saya rasa judul artikel anda sangat offensif sekali..

  20. saya memiliki dua handphone nokia 107, satu saya pakai pribadi dan yg satunya dipakai ibu. namun dalam pemakaiannya sering error kedua-duanya. saat mendengarkan musik tiba-tiba musik berhenti tanpa sebab, terkadang beberapa kontak hilang. saat menerima telepon diangkat tulalit. semua itu bisa normal kembali setelah kita gnti profil atau kita matikan ponsel terlebih dahulu.

  21. Permisi, mau tanya nih pak, saya mau cari hp yang ada pemutar musiknya, tapi yang ada daftar artis, album, dll, sama smsnya yang udah threaded view, modalnya cuma 500rb, kira2 hape apa yang cocok ya pak ?

    1. Pak Feri,

      Soal threaded view SMS, ponsel Nokia biasanya sudah mendukung hal itu. Soal ada daftar artis, album, dll terus terang saya tidak memperhatikannya. Kalau sedang ingin mendengarkan musik, saya biasanya langsung main putar begitu saja.

    1. Pak Feri,

      Sesuai jawaban saya sebelumnya, soal daftar album, artis, dll saya tidak memperhatikannya. Jadi, saya tak berani memastikan apakah 112 memenuhi persyaratan itu.

  22. selamat sore pak herry, menarik setelah membaca ulasan pak herry. Maaf saya bertanya disini. Awalnya saya punya nokia C-200 yang saat ini sudah diskontinyu, tetapi hp tersebut bisa connect dengan nokia pc suite. Setelah hp itu hilang, saya menggantinya dengan nokia 225, tetapi tidak dapat connect dengan nokia pc suite. Mohon pencerahan pak herry, apakah nokia 225 memang tidak bisaconnect dengan nokia pc suite?

    1. Pak Primanto,

      Ponsel-ponsel Nokia keluaran terbaru memang sudah tak bisa dihubungkan dengan Nokia PC Suite. Saya lupa yang terakhir bisa itu Nokia 301 atau 208. Berikutnya, waktu saya coba Asha 210, ponsel itu sudah tidak dapat “mengobrol” dengan PC Suite.

  23. terima kasih pak Herry. Maaf to the point. Jadi kalo saya mau memanfaatkan nokia suite saya (urgent perlu sekali) type nokia mana yang tersedia saat ini bisa saya beli? atau bila ada yang bekas pun saya mau membelinya asal masih bisa berfiungsi. Saya dulu pengguna c-200. Terima kasih banyak pak Herry

  24. terimakasih banyak pak Herry. Kalo ada info barangnya ada dimana saya akan di beli di pak herry saja. Terimakasih banyak.

    1. Pak Primanto,

      He.. he.. saya tak punya toko ponsel, Pak. Silakan mencarinya di pusat penjualan ponsel terdekat.

  25. Pagi pak nanya hp nokia 107 saya di ces gak bisa masuk dan masih garansi terus saya tanya ke servis counter carefur gak bisa di servis trus di suruh ke tokonya yang jual aturanya ganti bary, dan saya beli di jigja tronik menurut bapak apa mungkin bisa tukar baru terimakasih

    1. Pak Agoes,

      Sudah berapa lama Anda membelinya? Kalau lebih dari 1 x 24 jam, aturannya diservis, bukan diganti baru. Silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Nokia.

  26. ada saran buat hp tanpa kamera,tapi ada mp3,micro sd? lokasi saya di denpasar , makasi buat review nokianya, lagi 1 tambahan saya pengguna nokia 105 , suara speakernya jelek banget ,malahan speaker di belakang hp lebih keras kalau dipakai nelpon,suaranya juga pecah,ga jernih. dan kabel jack buat headset juga sering bermasalah ( alat tidak dikenal ) sering ada pemberitahuan seperti itu.

  27. Saya mau menambahkan sedikit nih, jadi saya nanya ke beberapa nokia care center, masalah hp saya adalah hp saya tidak bisa dicharger, dan mereka bilang bahwa tipe 105,107 dan 108 tidak bisa diservice di nokia care center jika masih garansi, tapi kita harus ke toko tempat kita membeli hp itu dan hp kita akan ditukar dengan unit yang baru dengan tipe yang sama.

  28. Pak Herry, mohon infonya, saya sudah terlanjur beli Nokia 107 dan permasalahannya adalah sinyalnya sering hilang sendiri, setelah di restart akan muncul lagi, awalnya saya garansikan dan diganti unit baru, tapi ternyata masalahnya sama dan lebih parah, susahnya lagi produk after garansinya itu tidak bisa di garansi lagi….

    kira-kira sebab dan solusinya apa pak hery, biar sinyalnya stabil dan tidak menghilang?

    Terimakasih

    1. Pak Ardhani,

      Lho.. ini maksudnya garansi cuma bisa dipakai satu kali? Lha kok aneh. Garansi seharusnya bisa dipakai berkali-kali selama masa garansi setahun.

      Apakah Anda sudah coba memasangkan kartu SIM operator lain dan mengalami masalah yang sama? Kalau iya, berarti yang bermasalah ponselnya. Lakukan klaim garansi lagi. Kalau sampai ditolak dengan alasan sudah pernah mengajukan klaim garansi, masukkan kejadian itu ke surat pembaca media cetak terkemuka deh.

  29. Kenapa Nokia 107 error ya buat kirim SMS ….aneh sekali kadang nggk terkirim padahal laporan udah terkirim

    1. Pak Bayu Joko Untoro,

      Kebetulan saya dulu tidak mengalami hal itu. Sudah coba pasang kartu lain dan tetap mengalami hal serupa? Kalau iya, mampir ke pusat perbaikan resmi Nokia deh.

  30. Iya Pak. Herry, pertama saya beli di Toko katanya garansi resmi seluruh pelayanan after sales dilakukan di Servis Center, tetapi setelah ada masalah saya coba bawa ke servis senter resmi ternyata ditolak dan suruh dikembalikan ke Toko, dengan alasan khusus untuk beberapa tipe tidak ada jaminan resmi, termasuk 107. Setelah saya bawa ke Toko kemudian diterima dan suruh nunggu sktr 1bulan karena harus kirim ke jakarta, selang satu bulan digantilah unit baru, karena penggantian unit baru nomor IMEI dan Seri nya berbeda dengan yang lama, maka nota asli yg lama diminta dan tidak diperkenankan klaim lagi.Terus terang saya kecewa dengan pelayanan yang membedakan adanya garansi toko dan resmi, parahnya lagi tidak disampaikan di awal. Saya sudah mengganti dengan beberapa SIM Card dan hasilnya sama, sinyal awalnya muncul selang beberapa saat hilang dua -duanya, baru direstart muncul lagi dan entah tidak tentu nanti hilang lagi. Semoga yang lain tidak mengalami hal demikian.

    1. Pak Ardhani,

      Terima kasih atas penjelasannya. Setahu saya, yang Anda alami nyaris seluruhnya tidak sesuai prosedur. Hanya satu yang benar, yaitu ponsel pengganti memiliki nomor IMEI berbeda.

      Saran saya, masukkan ke surat pembaca saja deh. Pilihlah media yang besar dan terkenal.

  31. Pak saya mau tanya
    Apakah nokia 225 dll yg ada fitur bluetoothnya bisa memakai headset bluetooth utk tlp ? Karena sy pernah baca kalau fitur bluetooth utk 225 hanya bs utk terima dan kirim file aja, tapi utk tlp via hdset bluettht ga bs . Karena saya berminat utk membeli hpnya .

    1. Pak Nadd,

      Maaf, saya tak berani memastikannya karena belum pernah mencoba memadukan 225 dengan headset bluetooth.

    1. Pak Ridho,

      Silakan mencari Nokia New 105 atau Samsung E1205 (Keystone 2).

      Nokianya yang ada embel-embel New ya. Jangan Nokia 105 yang lama. Cara termudah untuk mengidentifikasi, belilah yang di sudut kiri atas kardus ada tulisan Microsoft.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *