Review Nokia 112: Biru Norak, Putih Elok

Nokia 110 dan 112 sebenarnya telah diperkenalkan oleh Nokia pada Mei tahun lalu. Namun, entah mengapa, 112 baru saja resmi memasuki pasar Indonesia. Padahal, 110 telah beredar di sini sejak Juli atau Agustus tahun lalu.

Sebagai ponsel dual SIM, 112 dibekali dua selot kartu SIM. Selot kartu SIM pertama berada di bagian belakang ponsel. Pengguna harus melepaskan baterai saat hendak menyelipkan kartu SIM ke sana. Hal serupa wajib dilakukan pengguna ketika akan memasangkan kartu microSD.

Nokia 112-1

Sementara itu, selot kartu SIM kedua terletak di sisi kanan bodi. Pengguna leluasa memasangkan atau mengganti kartu SIM kedua tanpa perlu memadamkan ponsel. Nokia menyebut kemampuan tersebut sebagai easy swap. Konektor handsfree berkabel dan charger tersedia di bagian atas ponsel. Tak ada konektor micro USB di sekeliling bodi 112.

Dua nomor GSM dapat siaga bersamaan. Keduanya siap menerima panggilan masuk maupun dipakai menelepon keluar. Ketika salah satu nomor sedang digunakan, satu nomor lainnya otomatis nonaktif untuk sementara waktu. Nomor tersebut bakal kembali siaga setelah pengguna tuntas berponsel.

Sumber tenaga 112 berasal dari baterai BL-6C berkapasitas 1.400 mAh. Untuk pemakaian normal ala kebanyakan pengguna ponsel, satu kali di-charge sampai penuh, baterai itu mestinya siap mendampingi selama tiga hari tiga malam. Bila kuantitas pemakaian sehari-hari rendah, daya tahan baterai tentu akan lebih lama.

Sebuah kamera bisa dijumpai di bagian belakang ponsel berdimensi fisik 110,4 x 46,9 x 15,4 mm dan berat 86 gram itu. Kamera tanpa autofocus dan lampu kilat tersebut mampu menghasilkan foto beresolusi VGA 640 x 480 piksel. Kalau difungsikan sebagai perekam video, ia sanggup memproduksi klip video beresolusi 176 x 144 piksel. Ketajaman foto dan video ala 112 biasa-biasa saja. Namun, setidaknya masih lebih bagus daripada yang dihasilkan kamera C2-00, ponsel dual SIM pertama Nokia.

Bluetooth, perekam suara, aplikasi chatting, GPRS/EDGE, dan radio FM merupakan sebagian spesifikasi lain 112. Untuk mendengarkan siaran radio FM, pengguna harus menancapkan handsfree berkabel. Kalau mau, pengguna bisa merekam siaran radio FM yang sedang dinikmati.

Di 112 tersedia pula aplikasi Facebook dan Twitter. Tiga permainan telah dibenamkan. Yaitu, Chuzzle, Need for Speed Hot Pursuit, dan Worms 2011 Armageddon.

Kurang? Silakan mengunduh permainan tambahan. Pembeli 112 berhak memperoleh lisensi gratis atas 40 permainan buatan Electronic Arts (EA). Misalnya, Tetris, Bejeweled, Need for Speed The Run, dan Monopoly Here & Now. Pengguna diberi waktu 60 hari untuk mengunduh aneka judul permainan tersebut.

Nokia 112-2

Nada dering telepon dua nomor yang terpasang di 112 tak bisa dibedakan. Nada dering nomor pertama sekaligus dipakai untuk nomor kedua. Kondisi tersebut berlaku pula untuk nada SMS.

Hal yang paling penulis sukai dari 112, pengguna bisa melakukan sinkronisasi kontak dari laptop/PC ke ponsel atau sebaliknya via bluetooth. Jadi, pengguna tak perlu mengisikan kontak secara manual. Total ia sanggup menampung 1.000 nama kontak multiple entry.

Menurut penulis, ponsel yang relatif responsif itu memiliki tiga sisi minus. Layar 1,8 inci dengan kedalaman 65.536 warna di 112 terasa kurang sedap dipandang mata. Tidak adanya konektor micro USB membuat pengguna mustahil melakukan sinkronisasi via kabel data.

Kekurangan terakhir, namun paling parah, terkait warna bodi alias casing. Di situs Nokia, 112 biru tampak memikat mata. Kenyataannya, 112 warna biru yang diuji pakai penulis terlihat norak. Ponsel itu laksana ponsel merek lokal buatan Tiongkok. Saran penulis, bila Anda kelak membeli 112, pilihlah warna putih. Sebab, wujud aslinya lebih elok dibandingkan varian warna lain.

Berapa sih harganya? Penulis membeli 112 di harga Rp 540 ribu. Pada hari itu, harga terendah yang penulis temukan Rp 525 ribu. Sekarang, saat penulis mengunggah naskah ini, harga pasar ponsel tersebut sudah turun menjadi sekitar Rp 475 ribu.

56 thoughts to “Review Nokia 112: Biru Norak, Putih Elok”

  1. untuk keypad bagaimana pak, apa se”empuk” nokia 1600 atau siemens c55? sy tertarik utk nomor utama yg sering dipakai keluar masuk kantong saku.

  2. Pak Sanjaya,

    Saya biasanya mengirimkan SMS memakai bahasa baku dan tanpa disingkat-singkat. Hasilnya, ponsel cukup pintar sih.

  3. Pak Rahmad,

    Saya tak tahu apakah pernah ada pernyataan resmi dari BlackBerry mengenai hal yang Anda tanyakan. Dugaan saya, tak bisa di-upgrade ke BB10.

  4. Halo Pak Herry,

    Senang saat pertama kali melihat blog Pak Herry yg mengulas tentang ponsel. Terutama review Lumia milik Nokia. Saya boleh request kalo seandainya Pak Herry bisa mereview Nokia Lumia 620, seperti review Nokia Lumia 920 yang komplit & jelas. Terkadang kalo saya cek di tabloid tentang ponsel yg mengulas Nokia Lumia tidak selengkap di Pak Herry. Padahal banyak fitur2 ok yg ada di Lumia berbasis WP 8 dan lebih smooth. Mohon pencerahannya. . .

    Terima kasih.

    nb: saya ijin copas artikel yg ada di blog Pak Herry tanpa mengurangi rasa hormat.

  5. Pak Agosh Salim,

    Terima kasih atas apresiasinya. Saya belum bisa menulis review Lumia 620 karena belum pernah menguji pakainya.

    Silakan, naskah review yang saya buat boleh diinformasikan kepada orang lain kok. Kalau sharing-nya mau via Facebook, email, atau Twitter, di bawah judul setiap naskah sudah saya tambahkan add-on untuk mempermudah berbagi kepada orang lain.

  6. di kotak masuk dan saat ada panggilan masuk kok nama pengirim sms dan nama pemanggilnya nggak muncul padahal udah ada di daftar kontak? itu kenapa yah apa ada pengaturannya?

  7. Pak Rohmat,

    Kalau di Nokia, biasanya kondisi itu terjadi karena salah satu hal di bawah ini. SIlakan coba dicek.
    1. Satu nomor tersimpan di lebih dari satu nama kontak.

    2. Ada dua kontak yang tujuh digit terakhir nomor ponselnya kebetulan sama. Misalnya, si A nomor HP-nya 08123007000, sedangkan si B nomor HP-nya 08583007000.

  8. Pak Putra,

    Saya tak ingat tampilan SMS di 112 bisa seperti chatting atau tidak.

    Bila Bapak yakin 110 bisa seperti itu, maka 99 persen 112 juga bisa.

  9. Maaf pak, klo merubah bahasa mnjd bahasa indonesia gmn caranya. Hp 112 saya dimainin sm anak saya, eh jadi bahasa mandarin gitu. Jd g ngerti ngerubah bahasanya.

  10. Bu Rinda Wulandari,

    Maaf, kalau struktur menu detail, saya tidak ingat. Saya coba berikan panduan secara umum ya. Silakan dicoba.

    *** Jurus pertama
    Saat ponsel dalam kondisi siaga, coba tekan *#303#. Entah jurus ini masih manjur di ponsel keluaran terbaru atau tidak. Kombinasi angka itu dulu akan mengembalikan menu ponsel ke bahasa Inggris.

    Nah, kalau sudah berbahasa Inggris, saya yakin Anda bisa lebih mudah menemukan menu untuk mengubah ke bahasa Indonesia.

    **** Jurus kedua
    Kalau jurus pertama gagal, mari mencoba jurus kedua. Ini harus masuk ke satu per satu menu.
    * Masuklah ke menu utama. Carilah ikon bergambar gerigi (Settings).
    * Gerakkan kursor ke bawah. Cari ikon bergambar rumah yang ada geriginya (Restore factory settings). Pilih itu.
    * Bakal muncul dua pilihan. Pilih yang paling atas.
    * Ketikkan 12345, lalu tekan Ok.
    * Tunggu ponsel mengalami restart.

  11. pak hp ini bisa untuk whatsapp ga yah??
    karena kebutuhan saya cuma buat nelpon dan whatsapp doank hehehe..

  12. mau tanya.
    beberapa hari terakhir ini dari hp nokia 112 tidak bisa terima sms, tapi kalau kirim sms masih bisa. itu kira-kira kenapa ya? apa ada pengaturan khusus biar bisa terima sms lagi?
    terimakasih πŸ™‚

  13. Pak Tim,

    Cobalah mengecek hal-hal berikut ini:

    1. Apakah SMS yang tersimpan di seluruh folder, termasuk kotak masuk (inbox), ada banyak? Kalau iya, hapuslah sebagian.

    2. Bila SMS yang disimpan tinggal sedikit, namun masih belum bisa menerima SMS, lakukan langkah aneh yang kadang berhasil ini:
    * Ubahlah pencarian jaringan ke manual. Lalu, paksa ponsel untuk masuk ke jaringan operator lain. Misalnya, Anda sebenarnya memakai nomor Axis. Paksa ponsel untuk masuk ke jaringan operator non-Axis.
    * Upaya itu pasti akan berujung pada kegagalan. Tak masalah. Memang sudah sewajarnya gagal kok.
    * Matikan ponsel selama sekitar satu menit.
    * Nyalakan ponsel.
    * Lakukan pencarian jaringan secara manual lagi. Kali ini arahkan sesuai operator yang Anda gunakan.

    3. Kalau langkah kedua masih belum menyelesaikan masalah, tampaknya Anda perlu mengunjungi kantor layanan operator seluler yang dipakai. Mintalah dilakukan penggantian kartu SIM dengan nomor sama.

  14. Mas Herry..tanya untuk model ini kepala chargernya model micro usb yg bisa common sama merk2 lain ato khas nokia yg bulet kecil itu ya? thanx

  15. itu kan ada slot microsdnya ya..sms bisa disimpen disitu ngga?
    kalo ngga bisa sms nya maksimum berapa ya?

  16. Pak nokia 110 saya kenapa gak bisa menyisipkan no di kontak ke sms ya…. Saat nulis sms,lalu saya tekan pilihan lalu sisipkan objek+ kartu nama… Saya pikir itu no_ aja yg masok k sms, trnyta pesan_a berubah ke multimedia… Tlg bantuan_a…

    1. Pak Hafizah Hanani,

      Kalau yang disisipkan kartu nama dengan isi yang supersingkat, kadang masih dianggap sebagai SMS. Tetapi, bila isinya banyak, kartu nama yang berformat VCF itu memang akan dianggap sebagai MMS.

  17. Mas Herry

    Menurut mas, saat ini mana yang lebih worth untuk dibeli antara nokia 112 atau samsung C3322, kebutuhan utama adalah dual sim-nya..

    Terima kasih πŸ™‚

  18. Mas Herry

    Menurut mas, saat ini mana yang lebih worth untuk dibeli antara nokia 112 atau samsung C3322 karena LG A275 susah dapetin barangnya :'(, kebutuhan utama adalah dual sim-nya..

    Terima kasih πŸ™‚

    1. Pak Gian,

      Kalau pilihannya 112 atau C3322, saya lebih memilih C3322.

      Bapak tinggal di kota mana? Sampai beberapa hari lalu, A275 masih mudah didapatkan di Surabaya sih. Kebetulan saya usai membeli lagi satu unit.

  19. Akhirnya saya dapat si LG A275 Pak, saya pake jasa orang carikan di Jakarta, mudah2an memuaskan (walau phonebooknya saya rasa kurang)

    Terima kasih banyak Mas Herry

  20. saya baru beli Nokia 112 ini Pak krn tertarik dgn kapasitas baterainya yg 1400 mAH. saya juga lihat perbandingan baterai 112 ini dgn X1 00 yg cuma 1320 mAH di sebuah site. knp justru yg 1320 mAH X1 00 stand by nya lbh lama yakni sekitar 1400 jam-an sedangkan 112 yg 1400 mAH cuma 800 jam-an ya Pak?

    dulu saya pakai X1 00 buat sms dan dengar musik dalam 1 hari baterai tdk berkurang 1 garis pun dan kalau stand by tahan 17 hari. tp pas pake 112 ini 1 hari baterai sdh berkurang 1 garis padahal cuma buat sms dan nelp yg ditotal 1 hari tsb paling 10 menit saja. saya perhatikan juga 112 yg baru 1 hari beli ini garis baterai yg berkurang kembali full.dan ini berulang lebih 3x (garis berkurang lalu full lagi lalu berkurang lagi dst)

    trm ksh Pak Herry

    1. Pak Rizal,

      Anggaplah perilaku pemakaian sama, lokasi pemakaian sama, dan nomor yang dipasangkan sama. Dengan kondisi seperti itu, ponsel yang memakai baterai, sebut saja, 2.000 mAh belum tentu lebih tahan lama dibandingkan ponsel dengan baterai 1.750 mAh. Spesifikasi komponen dan manajemen firmware/software turut berpengaruh terhadap tingkat konsumsi baterai.

      Btw, saya jadi penasaran dengan kalimat di atas yang menyatakan waktu siaga X1-00 bisa 1.400 jam dan 112 selama 800 jam. Apakah itu kondisi nyata yang Anda dapatkan? Kalau informasi tersebut Anda dapatkan saat membaca halaman spesifikasi di internet, abaikan saja deh. Kondisi itu baru mungkin tercapai kalau jaringan operator sangat ideal dan prima. Di Indonesia, daya tahan baterai yang terpapar di halaman spesifikasi sampai saat ini saya jamin belum bisa terwujud.

  21. terima kasih Pak Herry

    waktu siaga yg saya cantumkan tsb berasal dr website Pak. tapi kalau pemakaian saya dgn X1 00 dulu bisa stand by 17 hari dgn kedua sim on pak.

    1. Pak Rizal,

      Oh ok.

      Wow… bisa sampai 17 hari ya. Saya lupa dulu bisa sampai berapa hari. Seingat saya sih hanya sekitar seminggu.

  22. Mohon masukan Pak Herry nih

    Saya ada Nokia 112 dan Maxtron IP67-1

    Salah satu dari kedua hp tersebut ada yg mau saya jual. tapi saya bingung harus melepas yg mana? πŸ™‚

    Untuk Nokia 112 memenuhi kriteria saya dalam hal merk branded, kapasitas phone book 1000 nama, kotak masuk sms yg juga banyak. tapi Nokia 112 tidak memenuhi kriteria dalam hal ketahanan baterainya yg cuma tahan 4 hari dgn cara pemakaian saya.

    Adapun Maxtron IP67-1 memenuhi kriteria saya dalam hal tahan air, debu dan banting. soal baterainya, saya belum tahu daya tahannya selama apa (baterai kapasitas 900 mAH model tebal tidak tipis). tapi karena merk non branded jadi ragu. ketahanan bodi luar memang sudah teruji,hanya soal kualitas mesin dalam yg membuat saya ragu.

    nah..kalau menurut Pak Herry, yg mana sebaiknya saya lepas?

    thanks atas masukan dari Pak Herry πŸ™‚

    1. Pak Rizal,

      Saran saya sederhana saja. Karena akan dipakai dalam jangka panjang, lebih baik pertahankan yang Nokia. Lebih baik tidak tahan air, tetapi relatif lebih nyaman dipakai dan awet, bukan?

  23. Mohon maaf mau tanya Pak, caranya untuk ngatur kecerahan layar dan kunci otomatisnya gimana ya pak? Apa memang tidak ada yang buat ngatur itu?

    1. Pak Eko P.,

      Saya sudah lupa dengan menu 112. Kalau tak salah ingat:
      * Tingkat pencahayaan layar memang tak bisa diatur.
      * Untuk penguncian otomatis, coba cari di Settings, lalu Phone.

  24. bagusan mana pak dinilai dari segi kualitas dan fitur:
    samsung champ neo duos VS nokia 112.. sama Nokia x2-02 vs samsung galaxy star ?

    1. Pak Isan,

      Kalau pilihannya empat itu, juaranya Galaxy Star. Ponsel tersebut mestinya kurang tepat dibandingkan dengan tiga tipe yang lain. Sebab, dia satu-satunya smartphone.

      Bila yang diadu hanya Champ Neo Duos, 112, dan X2-02, saya memilih X2-02.

  25. maaf sebelomnya pak herry. ini saya ada beberapa info yang mungkin bisa membantu menjawab pertanyaan yang belom bisa terjawab atau kurang tepat.

    1. untuk nomor yang tidak keluar pada saat menerima sms atau telpon cobalah ganti nomor dari 08xxxxx menjadi +628xxx.
    2. untuk sms bisa disetting menjadi tampilan chatting.
    3. suara speaker standar tidak terlalu besar tapi cukup.
    4. untuk baterai sama cas seminggu sekali dengan kondisi pemakaian telpon sekitar sejam tiap hari dan sms sekitar 10-20 tiap hari. single sim yang on.
    5. 2 minggu terakhir ini saya juga mengalami error sms tidak bisa masuk. jadi menggangu aktivitas informasi saya dengan teman yang terkadang butuh segera di balas. saya cabut baterai dan saya cabut sim card dan masukkan lagi baru normal kembali. tapi kemudian hal tersebut terjadi lagi.

  26. Permisi, mau tanya nih pak, saya mau cari hp yang ada pemutar musiknya, tapi yang ada daftar artis, album, dll, sama smsnya yang udah threaded view, kalo bisa juga udah java, modalnya cuma 500rb, kira2 hape apa yang cocok ya pak ?
    Apakah nokia 112 udah memenuhi kriteria itu ? atau ada alternatif lain pak ?

    1. Pak Feri,

      Lain kali tolong cukup mengetikkan pertanyaan satu kali dan di satu tempat saja. Tak perlu berkali-kali dan di beberapa tempat/thread. Saya sudah menjawabnya di tempat Anda kali pertama mengetikkan pertanyaan. Silakan dicek.

    1. Pak Rudy,

      Terus terang saya sudah tak ingat dengan menu di 112. Kalau tak salah ingat, rasanya malahan tak ada pengaturan tingkat pencahayaan layar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *