Review Nokia 206: Manjakan Pemilik Jempol Besar

Karena di situs Nokia tampilan 206 Dual SIM warna kuning terlihat paling menarik, penulis memburu ponsel itu. Hasilnya, meskipun sudah keluar masuk puluhan toko ponsel di dua pusat penjualan ponsel dan dua mal, penulis gagal menemukan 206 kuning. Stok yang tersedia kebanyakan biru dan putih.

Tiada kuning, warna lain pun jadi deh. Kardus berisi 206 warna magenta dibuka. “Aduh!” teriak penulis dalam hati. Sisi muka 206 magenta, menurut penulis, sungguh jauh dari cantik. Kalau diungkapkan dengan bahasa yang hiperbola, ia lebih tepat disebut menjijikkan. Penilaian berbeda penulis berikan kepada sisi belakang 206 magenta. Tampilan warnanya terlihat lebih kalem dan elegan, mengingatkan penulis dengan Nokia seri Lumia.

Nokia 206-1

Penulis kemudian mengeluarkan 206 biru (cyan) dari kardusnya. Lagi-lagi penulis harus mengelus dada. Sisi muka 206 biru terkesan pucat dan murahan. Sangat bertolak belakang dengan permukaan belakang ponsel itu yang berwarna biru cantik. Mirip dengan Lumia 800 warna biru.

Masih ada satu unit 206 yang tersimpan rapi di dalam kardus. Kali ini varian warna putih. Dibandingkan 206 warna magenta dan biru, 206 putih terlihat jauh lebih mewah. Sama dengan dua varian warna lain, warna di sisi belakang 206 putih lebih cantik daripada sisi mukanya.

Terlepas dari warna bodi yang membuat penulis prihatin, 206 sebenarnya merupakan produk yang menarik. Kinerja ponsel dual on GSM-GSM itu pantas dikategorikan prima. Kesimpulan tersebut diperoleh setelah penulis berhari-hari menguji pakainya.

Layar TFT 2,4 inci di 206 beresolusi 320 x 240 piksel. Layar bukan sentuh itu mampu menyajikan hingga 65.536 warna. Tampilan huruf dan ikon relatif tajam, cemerlang, sekaligus nyaman dipandang mata.

Pengguna berjari tangan besar bakal dimanjakan oleh 206. Sebab, ukuran keypad ponsel itu tergolong ramah untuk pemilik jempol besar. Ibu jari masih leluasa menari-nari dari satu tombol ke tombol lain.

Nokia 206-2

Hal menarik lain yang dijumpai di 206, pengguna dapat menyinkronkan data kontak dengan Microsoft Outlook di PC/laptop. Sinkronisasi dilakukan secara nirkabel via bluetooth. Ponsel berdimensi fisik 49,4 x 116 x 12,4 mm dan berat 91 gram tersebut mampu menampung maksimal 1.000 kontak multiple entry.

Radio FM yang siarannya bisa direkam, kamera 1,3 megapiksel tanpa fokus otomatis maupun lampu kilat, perekam video, bluetooth, dan selot microSD adalah sebagian spesifikasi lain 206. Memori internal yang bisa digunakan pengguna sekitar sepuluh MB saja. Untuk berinternet, pengguna hanya dapat menikmati layanan GPRS/EDGE.

Ada pula fitur simulate call yang cara kerjanya sama dengan fitur fake call di ponsel Samsung dan Alcatel. Intinya, fitur itu siap membuat panggilan telepon palsu. Jadi, misalnya, suatu saat pengguna hendak meninggalkan rapat yang membosankan, ia tinggal mengaktifkan simulate call.

Bersama dengan 205 yang lebih dulu beredar, 206 menjadi sepasang ponsel pertama Nokia yang mendukung Slam. Slam memungkinkan pengguna berbagi foto dan video dengan lebih cepat lewat bluetooth. Ketika penulis mencoba mengirimkan foto ke Nokia Asha 302, transfer file bisa dilakukan tanpa proses pairing. Ponsel tujuan cukup memberikan konfirmasi accept alias menerima.

Lain waktu, saat penulis mengirimkan foto ke Lenovo P700i, ponsel ternyata harus di-pairing-kan dulu. Asal tahu, Slam belum kompatibel dengan ponsel bersistem operasi Windows Phone dan iOS.

Ketika penulis mengetikkan naskah review ini, ponsel yang menggunakan baterai BL-4U 1.110 mAh itu dijual di rentang harga Rp 620 ribu hingga Rp 650 ribu. Umpama ia dibekali konektor micro USB sebagai penghubung kabel data sekaligus charger, 206 bakal lebih menarik lagi.

197 thoughts to “Review Nokia 206: Manjakan Pemilik Jempol Besar”

  1. Review yang menarik,pak.

    Kalau mau mendengarkan radio harus tancepin handsfree dulu yah?
    Apakah ada lampu senter?

    Trims

  2. Pak David,

    Ya, pengguna harus menancapkan handsfree berkabel saat ingin mendengarkan siaran radio.

    Tidak ada lampu senter.

  3. Pak Herry,

    maaf sedikit oot, dari sekian banyak hp dual sim yg pernah di-review, apa rekomendasinya utk hp qwerty dual-sim klo cm utk telp dan sms dgn daya tahan batre serta keypad yg nyaman.

    Matur tengkyu sebelumnya.

  4. Pak Yusuf,

    LG C375. Ponsel itu tidak saya review karena saya baru membelinya hampir setahun setelah beredar. Keypad-nya nyaman dan berfitur relatif komplet.

  5. pak herry

    saya minta pendapat, kalo hp asha 311 dengan asha 302, bapak pilih yang mana?

    #pilih salah 1, dan mohon penjelasan nya
    sebelumnya,trmksh pak!

  6. Pak Miftah,

    Saya belum pernah mencoba Asha 311. Kalau Asha 302, ponsel itu layak beli. Apa alasannya? Silakan membaca dengan rinci di http://ponselmu.com/qwerty-asha-terbaik-saat-ini/

    Satu pesan saya, saat membeli Asha 302, pastikan memperoleh ponsel dengan lampu keypad berwarna putih. Sempat beredar Asha 302 dengan lampu keypad berwarna biru yang tidak nyaman di mata.

  7. maaf oot nih pak
    klo nokia yg di bawah 500ribu rekomended yg type apa ya pak?
    apakah ada yg dual sim?
    Thanks before

  8. Pak/Bu Danti,

    Nokia 101 boleh dilirik. Harga jual ponsel dual SIM tersebut saat ini sekitar Rp 295 ribu.

  9. Pak Miftah,

    Nokia Asha 302 bisa dipakai WhatsApp. Kalau Line dan We Chat, saya tidak pernah mencobanya.

  10. Pak Miftah,

    Nokia C3 mana nih yang dimaksud? C3-00 atau C3-01? Untuk sementara, saya anggap C3-00 yang memiliki qwerty keypad ya.

    Asha 302 menang telak dibandingkan C3-00. Dilihat dari berbagai sisi, C3-00 jelas kalah. Asha 302, misalnya, tidak lemot. Beda dengan C3-00 yang sering terasa lemot.

  11. pak, harap di reply nih, nokia 206 apakah dual-standby? bagaimana dengan ketahanan batrainya? dan mohon tips untuk ponsel alternatif dari nokia lainnya

    terakhir, bagaimana dengan nokia 109?

  12. Pak Raushan,

    Benar, dua nomor GSM bisa siaga bersamaan di 206. Ketahanan baterai sekitar dua hari, bergantung perilaku pemakaian.

    Ponsel dual SIM Nokia lain yang boleh dipertimbangkan:
    * Kalau cari yang termurah: 101. Harga baru sekitar Rp 295 ribu.
    * Kalau yang kelas menengah, ada X2-02. Harga baru sekitar Rp 650 ribu.

    Saya belum pernah mencoba Nokia 109. Sepintas sih ponsel itu saya anggap kurang menarik. Sebab, hanya mendukung koneksi GPRS/EDGE dan bukan dual SIM. Dengan selisih harga yang tipis, mending melirik yang dual SIM.

  13. Pak Herry,

    kalo X2-02 dibandingkan 206, kelebihan dan kekurangan masing2 nya apa?
    lalu kalau menurut pak Herry sendiri lebih pilih yang mana?
    Terima Kasih.

  14. Pak Yopie,

    Kelebihan X2-02 dibandingkan 206:
    * Ada konektor micro USB untuk transfer data dan sinkronisasi kontak via kabel.
    * Siaran radio FM bisa didengarkan tanpa perlu menancapkan handsfree.
    * Resolusi kamera lebih tinggi: 2 MP versus 1,3 MP.
    * Baterai tipe BL-5C yang sangat mudah ditemukan di pasaran. Harganya juga murah. Yang orisinal terakhir Rp 99 ribu.

    Kelebihan 206 dibandingkan X2-02:
    * Keypad lebih enak.
    * Layar lebih lebar (beda 0,2 inci).

    Saya pribadi lebih memilih X2-02.

  15. Pak, saya mau tanya apakah nokia 206 ini bisa download aplikasi whatsapp? tolong dibalas. dan bagaimana hasil foto menggunakan kamera trsbt menurut bpk? dan apa memang warna kuning tidak keluar di Indonesia?

    1. Bu Chacha,

      Yang bisa memakai WhatsApp Nokia 206 single SIM. Yang beredar di sini kan 206 dual SIM. Nah, itu nggak bisa WhatsApp.

      Hasil kamera tidak istimewa.

      206 kuning kini sudah tersedia di pasaran.

  16. Review yang sangat membantu sekali Pak Herry, dan saya setuju dengan pendapat anda untuk lebih memilih X2-02. Saya sndiri akan segera membeli ponsel trsebut, namun ada yg masih sya bimbangkan. Apakah X2-02 support whats app?? Terima kasih.

  17. Pak Irfan,

    X2-02 tidak mendukung WhatsApp. Nokia 206 dual SIM juga tak bisa dipakai WhatApp. Yang kompatibel dengan WhatsApp adalah 206 versi single SIM.

  18. Pak Bayu,

    Apakah Anda berencana melakukan sinkronisasi kontak dengan MS Outlook di laptop/PC? Apakah Anda berencana memadukan ponsel dengan headset bluetooth?

    Bila jawaban Anda untuk dua pertanyaan di atas “tidak”, Samsung C3322 lebih layak dipinang.

    Sementara itu, bila ada jawaban “ya”, sebaiknya Anda membeli 206 saja. Sebab, ada bug di firmware C3322 yang cukup mengganggu. Bug itu terkait sync kontak dengan Outlook dan koneksi dengan headset bluetooth.

  19. Pak Naufal Hanif,

    Maksudnya Nokia Asha kan, bukan Nokia Asah.

    Tipe apa dulu Pak Asha-nya? Saya nggak tahu satu per satu isi paket penjualannya. Mestinya ada tipe yang dapat kabel, ada pula yang tidak.

  20. hp ini bisa ngirim email via sms, jadi tidak perlu masuk ke email dulu atau masuk internet dulu, cukup ketik pesan lalu kirim ke email, kalau provider bagus, 10 detik tu email juga sudah sampai. hehe….

  21. Pengen share dikit pengalaman ane.

    Ane naksir bentuknya nokia 206, dual sim pula, yg single sim ga/blom beredar di indonesia. Jadilah ane meminang nokia 206 dual sim warna

    kuning

    Ternyata resminya, whatsapp tidak mendukung nokia 206 dual sim, alias ga bisa whatsapp an, cuma single sim yg bisa, tp juga ga beredar.

    Abis browsing2 dapet info coba cara ini: Download UC web browser dari nokia store. Jalankan UC web browser, lalu pilih tab app… Cari whatsapp for S40, pilih install, ikuti petunjuknya. Ternyata berhasil terinstall. Aktivasi, jalan pertama kali memang agak lama, tapi berhasil kok. Sekarang nokia 206 dual sim ane bisa whatsapp an… notifikasi muncul, aplikasi bisa di hide/minimize… sip dah… Alhamdulillah… O ya…. versi whatsapp nya 2.4.23

    Info tambahan buat nokia 206 dual sim. Aplikasi chat lain ada juga, viber (kurang terkenal kayanya). LINE juga ternyata bisa jalan di nokia 206 dual sim, dan resmi, ada di nokia store…

    Mudah2an berguna buat yg punya nokia 206 dual sim ato yg tertarik ama hape cakep ini…

    1. Pak Alim,

      Terima kasih atas sharing-nya. Benar, yang bisa WhatsApp hanya 206 single SIM. Ponsel itu tidak beredar di sini.

      Wow… asyik juga tuh kalau ternyata 206 dual SIM juga bisa ber-WhatsApp. Itu berarti kalau mau ber-WhatsApp harus menjalankan UC Browser ya, Pak?

  22. Ooh… ndak harus njalankan UC Browser, pak. UC Browser cuma utk install whatsapp saja. Abis itu UC browser nya dihapus jg ga masalah.
    Whatsapp nya jalan terus, cuma kalo diupdate kayanya jadi ngadat whatsapp.nya, jd abis diinstall jangan diupdate2 lagi :p gitu setau saya…

  23. Pak/Bu Salamah,

    Harus lewat bluetooth. Tapi, sangat tidak nyaman karena 206 belum mendukung layanan 3G.

  24. Pak/Bu Salamah,

    Di Nokia Suite kan ada pilihan koneksinya mau lewat kabel data, inframerah, atau bluetooth. Pilih yang bluetooth. Lalu, ikuti petunjuk di layar.

  25. Please, qan..

    Daa yq bLi hp d toko kmi..
    Tpi dia .. Mau aplikasi chat..
    Clao qak ada aplikasi chat qak mw bLi…

    Nokia 206 dual sim. # yanq mw tnya..

    Apa nokia 206 dual bisa mengunakan whatsapp, line , n wechat..?

  26. Pak Deathz Lordz,

    Maaf, lain kali mohon tidak menggunakan kata sapaan Gan di blog ini. Harap juga tidak menuliskan kalimat dengan disingkat-singkat.

    Nokia 206 dual SIM tidak bisa WhatsApp. Line dan Wechat tak pernah coba.

    Kalau mau ngakalin supaya 206 bisa WhatsApp, silakan membaca paparan Pak Alim di thread ini.

  27. Pak Herry, apakah nokia 206 ini bisa sync google contact?
    mengingat kapasitas kontaknya cm 1000, sedangkan saya butuh 1500-an kontak.
    thanks

    1. Pak JusOdir,

      Tak ada menu yang mengisyaratkan pengguna bisa melakukan sync via Google Contact. Entah praktiknya bisa atau tidak. Saya tidak pernah mencobanya.

  28. Pak herry, sy pernah punya hp dual sim merk s*****g type d***s. Kelemahannya, apabila inbox sms kira2 lebih dari 200 sms, maka memori sms penuh. Apakah hal ini juga serupa dgn nokia asha 206? Mohon infonya ya pak. Tks sebelumnya.

    1. Pak Daniel September,

      Merek dan tipe ponsel disebutkan utuh saja. Tak perlu disensor. Duos itu bukan tipe, melainkan seri untuk penanda ponsel dual SIM. Jadi, ponsel Samsung Duos apa yang dulu Bapak gunakan?

      Wah, saya nggak pernah menyimpan SMS sampai ratusan. Baru belasan, maksimal 30-an, sudah saya hapus.

  29. Samsung gt-c3322 pak herry.
    Ini juga serupa dgn pengalaman saya waktu punya sony ericsson w810. Kelemahannya tidak bs menampung banyak sms si ‘inbox’-nya. Terkadang kita kan lupa menghapus sms pak herry. Maklum pak herry, sehari saja saya bisa sampai 30 sms di inbox. Maklum pak, saya & teman2 sy msh lbh bnyk menggunakan sms daripada aplikasi pesan lain spt bbm, whatsapp, kakao, dll. Tks.

    1. Pak Daniel September,

      Oh ok. Dulu saya pernah pakai Samsung C3322. Saya pernah pula menggunakan Sony Ericsson W800i yang merupakan “saudara” W810i. Tapi, ya begitu, jumlah SMS tak sampai ratusan.

    1. Pak Sugeng,

      Yang beredar di sini Nokia 206 Dual SIM. Ponsel itu bisa dipakai untuk membuka email. Sedangkan untuk WhatsApp, harus sedikit diakali. Silakan membaca komentar dari pembaca thread ini. Ada jurus sakti yang dilontarkan seorang pengguna.

  30. Saya install line di 206. Pas teman saya kirim pesan lewat line pemberitahuannya ada tapi setelah terbuka, pesan itu tidak ada. Dan setiap teman saya kirim pesan lewat line, di hp 206 saya tidak pernah muncul. Solusinya gimana ya?

    1. Pak Irsan,

      Line apakah kompatibel dengan Nokia 206? Saya tidak mengetahuinya dengan pasti. Setelah ada notifikasi pesan baru, bukalah dan tunggu beberapa saat. Apakah pesannya tetap tak muncul?

      Saya pernah coba menginstalasikan WhatsApp di 301. Ketika ada notifikasi pesan baru, kemudian saya membukanya, pesan baru tak langsung muncul. Saya harus menunggunya beberapa detik dulu.

  31. Sepertinya kompatibel, karna di ovistore ada untuk 206 dan di web line juga bisa didownload. Saya akan coba saran bapak.

    1. Pak Irsan,

      Bila saat itu Bapak mengakses Nokia Store via 206 dan ada pilihan Line, ya… seharusnya kompatibel.

  32. Pak apakah ringtone smsnya bisa pakai file MP3 ? Perpindahan antar menu / buka sub menu cepat tidak, dan buat ngetik sms nggak lemot kan pak ? 206 ini sering hang tidak…

    Terimakasih pak, maaf nanyanya banyak

    1. Pak Eka,

      Nada dering SMS: bisa.
      Perpindahan menu: tidak cepat, namun juga tidak lemot. Biasa-biasa saja.
      Sering hang? Selama saya memakainya belum pernah hang sih. Sekarang saya sudah tidak menggunakannya.
      Radio dan pemutar MP3 apakah bisa diatur supaya mati sendiri? Maaf, saya tidak memperhatikan hal tersebut.

  33. Pak Herry SW ,
    Pak Alim ,

    Untuk share anda mgenai trik install whatsapp(saya ijin utk dsingkat WA ya pak) . Saya sudah mmiliki UC Browser versi 9.1.0 .
    Stelah saya mencoba lgkah Pak Alim , tidak bisa dan ada yg saya tanyakan . Apakah UC Browsernya harus dari ovi store ? Saya kesulitan untk mencari opsi tab app yg dmaksud Pak Alim diatas , tlong bs djelaskan krn UC Browser saya brbhasa indonesia .
    Yang saya lakukan adlah , dgn mensearch d URL UC Browser , WA for s40 , yg terjadi adlah dikatan bhwa hp saya ini tdk mendukung .

  34. Pak Herry, saya pengin nyari hp yang bisa insert number/insert kontak ketika mengolah pesan. Apakah di asa 206 ada fiturnya… berapa kapasitas maksimal sms inboxnya dengan asumsi tidak ada pesan di draft maupun sms terkirim. trims

    1. Pak Fauzan,

      Saya tidak memperhatikan bisa insert kontak atau tidak. Barusan saya mencoba di Nokia 301 dan hasilnya bisa.

      Entah kapasitas inbox SMS-nya berapa. Sebab, ketika SMS di inbox mencapai maksimal 20, saya sudah bergegas menghapusnya.

    1. Pak Ridwan,

      E1 itu apa ya? Kalau yang dimaksud GPRS (G) dan EDGE (E), perubahan itu akan terjadi otomatis. E lebih tinggi/cepat daripada G lho.

    1. Pak Ridwan,

      Huruf E-nya ada kotaknya? Itu berarti Bapak sedang berinternet di jaringan EDGE memakai kartu SIM1.

      Aduh… 206 kan belum mendukung layanan 3G. Jangan dipakai nonton YouTube deh. Kasihan ponselnya. Kecuali, Anda ingin sekalian berlatih mengendalikan emosi.

  35. Pak Herry SW

    saya mau tanya ! Dari segi Fitur fitur sama kualitasnya . Lebih bagus yg mana antara Nokia 5130 ExpressMusic sama Nokia 206 Dual Sim ?
    Mohon infonya pak .

    1. Pak Diky Setyaputra,

      Tanpa melihat kemampuan dual SIM-nya, saya merasa 5130 XpressMusic lebih menarik daripada 206. Bodinya juga terasa lebih solid.

  36. Pak Herry SW,
    Saya menginginkan ponsel candy bar yg dual SIM, yg awet batterynya. Pilihan sementara ada di Nokia X1, tp barangnya sulit di dapat baik yg new maupun yg seken tapi fulset mulus. Akhirnya nemu review 206 Bapak.
    Diantara X1, X2 & 206, kalau dari 1) keawetan batterynya 2)kualitas + kerasnya suara music 3)nyaman & awetnya keypad, Mana yg Bapak pilih? MAKASIH banyak Pak Herry

    1. Pak MasAmik,

      X1 yang dimaksud apakah X1-01? Seharusnya masih mudah didapatkan kok, Pak.

      Untuk X2, maksudnya X2-02 ya?

      Berarti sementara ada tiga pilihan ya: X1-01, X2-02, dan 206. Di antara tiga tipe itu, saya memilih 206. Namun, kalau boleh mengusulkan tipe lain, Nokia 301 jauh lebih menarik. Review-nya sudah saya unggah ke Ponselmu.com.

  37. MAKASIH Pak Herry atas responnya yg begitu cepat. OK sementra ke TKP review 301 di pnselmu. Sekali lagi MAKASIH atas fast respond-nya.

    1. Pak MasAmik,

      Kebetulan saja kemarin saya pas memantau. Rata-rata sih saya menjawabnya dalam 24 jam sejak pertanyaan dikirimkan.

    1. Pak Ridwan,

      Hmm… ini maksudnya curhat atau bertanya ya? Saya agak bingung dengan kalimatnya.

      Kalau Anda bermaksud bertanya, coba lakukan reset dulu. Pastikan sisa memori internal tidak terlalu sedikit. Bila masalah serupa tetap muncul, silakan kunjungi pusat perbaikan resmi Nokia.

  38. saya memakai nokia 206 yang dual sim. Pak mau nanya.saya telah menginstal game dari gameloft tapi yang versi demo dan ukurannya lumayan besar.dan game-game tersebut tersimpan di dalam memori hp.ketika saya akan update software ternyata memori penuh dan butuh untuk dihapus.tapi permasalahannya adalah game-game tersebut tidak dapat dihapus/uninstall.bagaimana caranya menghapus game yang tersimpan di memori hp

    1. Pak Boeddy,

      Untuk menghapus game yang diinstalasikan, pengguna biasanya harus masuk ke dalam menu Apps. Sorot judul game yang ingin dihapus, lalu pilih Options. Sekadar info tambahan, game bawaan ponsel kadang ada yang memang tak bisa dihapus.

  39. jangan pada hawatir kalau nokia 206 dual sim tidak bisa Whats App, Line, We Chat atau pun lain’a. ini solusi’a. kalian semua tidak usah repot” cari-cari applikasi whats app. lebih baik kalian semua Memperbarui Perangkat Ink Telp anda, seperti punya saya pada nokia 206 dual sim. Rincian Perangkat Ink V 04.51 / 31-05-2013 / RM-872 / (c) Nokia = itu Versi Perangkat Nokia 206 Dual Sim Terakhir, yang sampai saat ini beluma da Versi terbaru’a lagi.

    pada Versi itu, Applikasi What App, Line, We Chat, You tube sudah termasuk di aplikasi telepone kita. bagi yang ingin memperbarui perangkat cara’a cukup mudah koq.

    Langkah – langkah Perbarui Perangkat

    1. Buka Menu
    2. Masuk ke Pengaturan
    3. Pengaturan Telepone
    4. P’baruan Perangkat
    5. Downl. Perangkat Ink Tlp
    6. Selesai.
    7. Instal Perangakat tersebut, biasa’a jika memori telepone kita penuh dia minta untuk beberapa data pada memori telepone di hapus.
    8. Selesai Insta, otomatis Restart, tunggu beberapa menit sampai dia selesai proses loading pada Versi terbaru.
    9. Jreeng.. lihat hasil’a…. Pasti memuaskan.. 😀

    Silakan Coba, ini Terbukti 100%. Nokia 206 Dual Sim saya seperti hanphone Samsung s4

    1. Saya sudah coba berulang kali download prbaruan perangkat tpi gk bsa , ada bacaan no new update available

    1. Pak Dimas,

      Dengan kebutuhan menyimpan SMS sebesar itu, lebih baik Anda membeli ponsel dual SIM Android deh. Pilihlah yang memiliki ROM minimal 4 GB.

      Kalau ditanya apakah 206 tak bisa menyimpan SMS sebanyak itu, jawabannya mungkin saja bisa. Namun, saya yakin tidak akan nyaman.

  40. Pak alim : makasi atas infonya. Akhirnya saya bisa pake whatsapp juga.
    Pak heri, saya mau bertanya kenapa hp nokia asha saya sering mati sendiri yak pak? Tolong jelaskan dan beritahu solusinya pak.?

    1. Pak/Bu Cindan Usman,

      Saat sedang siaga mendadak mati sendiri? Kemungkinan yang paling ringan, dudukan baterai kurang erat. Kalau itu masalahnya, Anda tinggal mengganjalnya dengan sepotong tisu atau kertas. Bila bukan karena hal tersebut, lebih baik Anda membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi untuk pengecekan lebih detail.

  41. Hi pak,

    Saya mau share mngenai 206 dual sim white saya,,

    Saya cukup puas dgn hp ini, soalnya yg saya cari emg hp dual sim, murah, bisa internet, batrai lamam itu aja sih,

    Saya dapet dikonter harganya 500rb (seken, tp mulus abism no lecet, malah casing nya masih ori berpalstik tipis gt bagian blakang kamera, tanda masih baru 2 minggu pake)

    Stelah digunakan, emg daya batrainya lumayan lama banget, 2 hari, buat nelpon sms, radio, mp3, skali kali internet

    Saya iseng2 donlod wechat, dan hasilnya emg bisa digunakan, pke kartu as telkomsel. Internetnya pun lancar banget,apalgi layarnya gede, cukuo puas, mskipun edge, tp aplikasi lain blom coba, krn mikir quota juga hehehe

    Segi desain, yg white cantik kali, layarnya. Cukup bagus lah, apalagi ini kan hp model baru, mnding cari model baru dari pd hp lama, biar dibilang uptodet, hehehe

    1. Bu Desi,

      Terima kasih atas sharing-nya. Merujuk pada cerita Anda, tampaknya sudah ada perbaikan firmware yang cukup signifikan dibandingkan saat dulu saya mencobanya.

  42. Saya udah coba yg prbarui perangkat lunak sperti yg diutarakan littlemouze, waw, di layar menu langsung ada watsup terletak disblah kiri pojok atas, pas disamping menu kontak,

    Gak nyesel pke 206, ringan simple penuh fitur

    1. Pak Sholah,

      Maaf, mohon lain kali tidak menggunakan kata sapaan “gan” di blog ini.

      Terkait cara menginstalasikan WhatsApp, silakan scroll halaman ini ke atas. Ada panduan dari Pak Littlemouze yang sangat lengkap.

  43. Pak saya mau tanya, kalo rekomendasi untuk hape murah bisa whatsapp dan line tanpa touchscreen menurut bapak apa ya?
    Saya mau beli hape

    1. Pak Dodi Sukmana,

      Maaf, dengan kriteria seperti itu dan kalau yang dicari barang baru, saya tak berani memberikan rekomendasi. Sebab, pengalaman pemakaian yang didapatkan bakal kurang memuaskan. Namun, bila Anda tetap menginginkannya dan tak keberatan dengan ponsel bekas, lebih baik mencari BlackBerry 9105 bekas.

  44. mau tanya. gimana cara menghapus aplikasi bawaan hape di asha 206? soalnya tiap aku mau download atau upload katanya memori penuh. aplikasi memori internal sedikit kali. balas ya thanks.

    1. Bu Bella,

      Tidak semua aplikasi bawaan bisa dihapus. Coba sorot suatu aplikasi, lalu tekan options. Kalau tak ada pilihan delete, berarti tak bisa dihapus.

  45. Nokia 206,signyal turun naik…sampi kosong tampil tulisan masuk kartu sim – keluar kartu sim, terus tampil sampai ada signyal baru di ok/yes normal balik…sangat mengganggu.

    1. Pak Jhos,

      Coba keluarkan kartu SIM, lalu pasangkan lagi. Bila masalah sama tetap muncul, selot kartu SIM Anda sebenarnya tidak beres. Silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Nokia.

  46. Nokia 206,signyal turun naik…sampai kosong tampil tulisan masuk kartu sim – keluar kartu sim, terus tampil sampai ada signyal baru di ok/yes normal balik…sangat mengganggu.

  47. pak her,
    bisakah nokia 206 dikoneksikan ke PC, saya ingin menghapus aplikasi bawaan di hape tersebut?? apakah ada solusi??trims

  48. pak hery,
    kenapa hp nokia 206 yang saya punya sering restart setelah saya pasang sim card IM3 dan XL? mohon penjelasannya. trima kasih.

    1. Pak Su’udi,

      Kalau dipadukan dengan kartu operator lain apakah tidak sering restart?

      Bila tidak sering restart, coba ke kantor layanan operator Anda saat ini dan minta dilakukan penggantian kartu SIM.
      Bila tetap sering restart, berarti ponsel itu perlu Anda bawa ke pusat perbaikan resmi Nokia.

  49. Pak Herry,
    Share pengalaman: Saya saat ini pakai nokia 206, bisa WhatsApp, inbox SMS sudah hampir 600 pesan dan item terkirim hampir 500 pesan.

    Cuma yang masih saya bingung, apa nokia 206 tidak bisa mengirim file ke HP/ Laptop? karena yang sudah saya coba sampai sekitar 1 bulan, fasilitas gigi biru ini hanya bisa menerima file saja.

    Kemudian kalau dibandingkan dengan Samsung Lakota (GT C3322) dalam hasil kamera/video, bagusan mana ya, pak?

    Trim’s, sebelumnya, pak.

    1. Bu Azmi,

      Wah, ternyata daya tampung SMS-nya banyak juga ya. Kebetulan saya terbiasa menghapus SMS ketika baru menumpuk sekitar 20 pesan.

      206 bisa mengirimkan file ke ponsel lain maupun laptop. Di ponsel atau laptop penerima biasanya ada permintaan konfirmasi yang harus disetujui dulu.

      Karena sudah lama banget mencoba C3322, saya tidak ingat pasti hasil foto ponsel itu sebagus apa.

    1. Pak Ade,

      Lain kali mohon tidak mengetikkan kalimat pertanyaan dengan disingkat-singkat. Ini bukan telegram lho.

      Coba perhatikan sisa memori internal 206 Anda. Apakah terlalu sedikit? Apakah SMS yang tersimpan ada puluhan? Silakan menghapusnya sebagian.

    1. Bu/Pak Irmhaa,

      Tak ada aplikasi yang perlu diiinstalasikan untuk menikmati internet. Yang perlu dicek:
      * Pastikan akses data di nomor Anda telah aktif.
      * Pastikan pengaturan internet di ponsel sudah benar.

      Kalau bingung, sempatkan waktu mengunjungi kantor layanan operator yang Anda gunakan. Boleh pula mampir ke pusat perbaikan resmi Nokia. Keduanya pasti bisa membantu.

  50. apakah nokia 2 kartu 206 tidak bisa menyimpan pesan yg tidak terkirim
    alias tidak ada save to drafft atau pun tidak dapat di simpan sebagai konsrp?
    bagaimana agar pesan yg di ketik dapat di simpan sebagai konsep
    terima kasih

    1. Pak Anot,

      Saya yakin bisa. Namun, saya tak ingat struktur menunya karena sudah lama banget tidak memakai 206 lagi.

    1. Pak Boboy,

      Bisa kok. Silakan masuk ke menu, pilih SIM Manager, lalu pilih Ask Every Time. Setiap kali Anda akan bertelepon, Anda dipersilakan memiilh ingin memakai SIM1 atau SIM2. Penjelasan lebih lengkap mestinya tersedia di buku panduan pemakaian yang disertakan dalam paket penjualan.

  51. Selamat malam OM Herry
    Ane mau nanya nih , handphone ane lagi ngadat gak mau gonta ganti sim dari operator lain , sekarang ane pake IM3 mau tuker ke XL tapi, gak mau masuk XL nya , ane cuma di beri tau ama Om Nokia ( Start up phone winthout sim1? Note: Using sim2 requires sim1 )
    Ane lagi puyeng, apa hape ane yang rosak, mungkin ane kudu anter ke NOKIA SERVICES.
    info nya di tunggu .
    Hatur nuhun Om Herry mau jawab .

    1. Pak Matt,

      Sampai saat ini, seandainya kartu IM3 dipasang ke selot SIM1 apakah tetap dapat berfungsi normal? Kalau iya, coba bersihkan bagian logam/chip kartu SIM XL Anda menggunakan penghapus pensil. Kemudian, pasangkan kartu XL itu ke selot SIM1. Seandainya tetap tak dikenali, kunjungi XL Center terdekat dan minta dilakukan penggantian kartu.

  52. Malam om Herry…. Pengen nanya nih, untuk kualitas suara telp saat nerima atau calling bagusan mana antara nokia 206 dual sim vs Nokia 220 dual sim?
    thanks om…

    1. Pak Vano,

      Nokia 220 Dual SIM belum beredar, bahkan mungkin tidak masuk ke Indonesia. Jadi, saya belum tahu bagaimana perbandingannya.

    1. Pak Vano,

      Kalau cuma untuk telepon dan SMS, 108 pun sudah sangat cukup.

      Bila tak harus Nokia, silakan mencari LG A230. Harga barunya Rp 345 ribu. Keunggulannya dibandingkan 108, pengguna bisa menyinkronkan kontak dengan Microsoft Outlook di PC/laptop.

  53. punteun pak mau tanya….
    Hp Nokia 206 saya tidak bisa mendengarkan radio,padahal headsett sudah di pasang,tapi kalo headsett di gunakan untuk mendengarkan music bisa di dengar,gimana cara setingnya ya pak agar radio bisa di dengar kembali…terima kasih..wassalam

    1. Pak Mohamad Yusup,

      Apakah Anda sudah mencoba melakukan scan ulang stasiun radio? Bila tak paham cara detailnya, silakan mampir ke pusat perbaikan resmi Nokia sebentar. Scan ulang tak lebih dari lima menit kok.

  54. Pak mau nanyak. Gmna yaaa cara simpan draft/konsep pada nokoa 206

    Koq gak ad yaaa pesan konsep nya (?_?’!l)

    1. Pak Fikri,

      Maaf, saya sudah lupa dengan menu 206. Apakah kalau tekan Options ada pilihan Save?

      Bagaimana kalau usai pura-pura mengetik kemudian langsung keluar? Apakah tak tersimpan di draft?

  55. Akhirnya saya beli Nokia 225 Dual SIM yg baru keluar untuk ortu. Sebelumnya tertarik beli Nokia 206 ini, tapi cari dimana-mana stok kosong. Eh begitu order Nokia 225 online ternyata Nokia 206 ini ready kalau ga salah di web Global Teleshop.

    Tujuan belinya sebenarnya untuk dipakai ortu saya, tepatnya si nyokap. Berhubung dah makin berumur beliau suka ngeluh susah melihat tulisan pada hp. Nokia 225 unggul disisi layar yg 2.8″ tapi keypadnya dempet jadi sering salah tekan ataupun tertekan sama ortu (mau pencet angka 3 malah ketekan 3 dan END button sekaligus).

    Sebelumnya ortu dah dikasih coba hp ini itu, kebanyakan hp bekas saya. Terakhir Android Lenovo A690 yg low end. Lama2 kasian juga karena beliau ga bisa2 (hp hanya digunakan untuk telpon dan ditelpon). Sebelumnya ngincar Nokia 206 atau 301, akhirnya beli Nokia 225

    1. Pak Liat2aja,

      Terima kasih atas sharing-nya. Boleh tahu beli 225 di harga berapa?

      Saya sempat mau membeli ponsel itu. Namun, karena barusan keluar dan harga pasar saya lihat masih belum stabil (cenderung di atas harga ritel resmi), saya menundanya dulu.

  56. Saya beli Rp 599 ribu pak. Pasarannya berapa saya tidak tahu. Terus terang berhubung waktu terbatas, dan saya orang yg tipenya malas keluar, saya tidak ngecek lagi berapa harganya di toko-toko. Kena ongkir 20 ribu karena saya tinggal di Jambi (seller di Jakarta)

    Sekalian beli Smartfren Xstream yg bisa untuk WiFi harga 275 rb di seller yg sama. Menarik juga ini hp low end tapi bisa dijadikan hotspot

  57. Numpang tanya yah Pak Herry…saya ingin pakai nokia,tadinya pilihan condong ke nokia 225,tapi stelah baca review yg lain…ada nokia 208 dan 301 malah jadi galau karna bingung nentukan pilihan…kalau bole,ingin minta pendapat Pak Herry…diantara 225, 208 dan 301 …mana yg lebih pantas dibeli?
    Selama ini pake BB yg single sim aza dan BB nya dah mulai bermasalah
    Ingin punya nokia yg dual sim…dgn pertimbangan hanya utk telepon n sms aza karena untuk paket internetan dah terpenuhi oleh gadget lainnya…
    Saran dan pendapat dari Pak Herry sangat kuharapkan…atas perhatiannya saya haturkan banyak terima kasih…

    1. Pak Arsan,

      Nokia 225 keypad-nya terlalu datar lho. Jadi, kurang enak dipakai.

      Nokia 208 dan 301 sama-sama layak beli. Pilih yang mana? Patokannya begini:
      * Kalau kartu SIM Anda berukuran reguler alias mini SIM, pilih 301. Ponsel itu sudah diskontinyu sehingga agak sulit dijumpai di pasar.

      * Kalau kartu Anda berukuran micro SIM, beli 208 saja deh. Selain masih mudah ditemukan, harga 208 lebih murah sekitar Rp 200 ribu ketimbang 301.

  58. Maaf mas mau tanya…
    Kalo hp candybar yang keypad sederhana yang bisa whatsapp dual sim dan kalo di pakek whatsapp tahan lama baterainya, itu nokia tipe berapa mas? Dan tahannya berapa jam?

    1. Pak Vyrus Biotik,

      Wah, kalau kriterianya seperti itu, saya tidak berani memberikan rekomendasi ponsel apa pun. Sebab, hasil akhirnya akan sangat tidak nyaman. Lemot dan baterai boros (sekitar tiga jam sudah harus nge-charge lagi).

  59. Kalau yang buat whats app pan tahan lama apa mas? Katanya temenku nokia 210 bisa sampek 2 hari? Bener nggak?

    1. Pak Vyruz Biotik,

      Wah, hemat banget kalau bisa tembus dua hari. Pengalaman saya cuma sehari. Selama memakai Asha 210 untuk WhatsApp, saya ibarat sedang mengikuti ujian pengendalian emosi. Ponsel terasa lemot banget.

      Saran saya, kalau Anda memang berencana rutin pakai WhatsApp, belilah smartphone, bukan feature phone. Ponsel pintar alias smartphone Android harganya sudah semakin terjangkau kok. Supaya tahan lama, cari yang baterainya minimal berkapasitas 2.500 mAh. Makin besar makin baik.

  60. skedar ingin tanya om..
    apakah nokia asha 220, 206, 208 sudah java??
    apakah ponsel tipe tersebut bisa di instal operamini??

  61. Pak Herry..
    Saya sudah beli N 206. Tapi memang tidak bisa menyimpan pesan [d??i??] konsep..
    Semisal kita ketik pesan, lalu menekan tombol call ended, klo [d??i??] nokia lain, langsung muncul tulisan: “pesan tersimpan [d??i??] draft”
    Nah klo nokia 206 g?? pak..
    Gimana ya solusinya.
    Terus pertanyaan saya lagi, nokia 220 dan 225 apakah bisa menyimpan pesan?
    Karena saya mau memberikan ke ibu saya, agak kuno tidak bisa memakai hp2 canggih, dan tidak mau klo tidak ada simpan pesannya

    1. Pak/Bu Febiola,

      Yang dimaksud dengan “pesan [d??i??] konsep” itu apa ya?

      Kalau maksudnya draft, saya tak ingat tiga ponsel itu bisa menyimpan draft atau tidak. Kemungkinan besar sih bisa, tetapi nama menunya mungkin berbeda.

  62. Maaf Pak, yang ingin saya tanyakan.
    Lebih bagus mana antara nokia 206 vs nokia 220?
    Mohon diberi penjelasan, terimakasih.

    1. Pak Sahnan,

      Saat memakai 206, saya tak pernah berpikir melihat YouTube via ponsel tersebut. Sebab, seandainya bisa pun, pasti akan sangat tidak nyaman. Koneksi GPRS/EDGE kurang andal digunakan untuk memutar video streaming.

  63. saya menggunakan nokia 206,setiap mendownload gambar gambarnya menjadi dua bahkan mau jadi 3..prtama dilihat dpenampil gambar memang satu,tapi begitu keluar trus diliat lagi,gambar tersebut menjadi dua…mohon solusinya,,,,

  64. nb : tapi kalau hasil dari foto kamera tidak mau jadi dua,dan foto / gambar yg dikirim dari hape lain..saya biasa mendowload gambar dari UC browser yg saya instal dan diletakkan dkartu memori…mohon mas solusi nya,,,,
    trus gambar yg double tsb kalau dihapus,satu memang terhapus tapi yg satunya gagal operasi…tapi tetap terhapus begitu dkembalikan kelayar utama…

    1. Pak Ferdys Statham,

      Oh, unduh gambar dari UC Browser. Kebetulan saya tak pernah memakai browser tersebut. Kini saya juga sudah tidak menggunakan 206. Jadi, saya tak bisa lagi mengecek kondisi sebenarnya.

  65. Pak saya udh ikutin semua trik diatas untuk mendapatkan whatsapp di nokia 206 namun setelah berhasil tidak bisa di pakai, gmn caranya ya?

    1. Pak Rahman,

      Saya sudah tidak memakai 206 sehingga tak bisa mengeceknya. Maaf ya tak bisa membantu.

  66. setelah saya memperbarui aplikasi whatsapp dihp nokia 206 . setelah itu aplikasinya tdk bisa dibuka lg.
    mohon bantuanya 🙂

    1. Bu Nana94,

      Maaf, saya sudah tak mengetahui kondisi terkini 206. Pesan error apakah yang muncul saat Anda coba mengakses WhatsApp?

  67. maf pak,
    klo di hp 206 bisa buat blokir nomor yg sangat mengganggu pa gk ia,,?
    dn bagaimana caranya.

    tolong di bantu pak, terima kasih

    1. Pak Ade,

      Saya sudah lupa 206 bisa memblokir nomor atau tidak.

      Anda sudah memakai 206? Kalau sudah, coba utak-atik di menu kontak. Adakah menu screening number atau yang bermakna sama? Kalau ada, berarti bisa.

  68. Pak, saya punya n0kia 225.
    Lalu saya mau menghapus fiture games nya/mau mengHapus permainan nya. Tapi kok gak bisa ya?
    Gak ada tombol pilihan untuk menghapus.
    Jika bapak tahu caranya, m0h0n infonya.

  69. Pak, saya mau tanya nokia 225 itu bsa simpan sms sampai brp bnyak. Trus sms ny dalam satu no kayak chat gtu g y. Tks

    1. Bu Olin,

      Wah, saya tidak memperhatikan bisa menyimpan berapa banyak SMS. Mestinya tidak sampai ratusan.

      Benar, tampilannya kayak percakapan chat.

  70. Saya punya nokia 225 tdk bisa menerima n mengirim foto.
    Sim: telkomsel.
    Bagaimana caranya supaya bisa.
    Kebetulan ayah saya mau pakai
    Thanks

    1. Bu Meily,

      Tolong diperjelas dulu:
      1. Pengiriman dan penerimaan menggunakan media apa? Bluetooth atau MMS?
      2. Berapakah ukuran file foto yang akan dikirimkan?

  71. selamat sore pak saya mau tanya gimana caranya kalau mau memblokir sms atau telfon pakai hp nokia tipe 206 tolong infonya ya pak terima kasih

  72. Pa,saya punya nokia 225 mau tanya kalo bikin konsep pesan sms sering hilang sendiri.Misal bikin konsep pertama lalu tertimpa konsep berikutnya malah hilang.Yg ada itu cuma konsep yg terakhir dibuat.Bs dicari/ditemukan dimana pa? Makasih sebelumnya…

  73. Iya pa,kalo bikin konsep/draft baru itu pasti nimpa draft sebelumnya. Otomatis hilang,ga ada muncul lagi,ga tau lari kemana… Bingung juga…

    1. Pak/Bu Yuli,

      Terus terang saya sudah lupa apakah di 206 tersedia fitur penyaring panggilan telepon dan SMS.

  74. untuk nokiem 206 dual sim card bisa instal whatsap, saya pake opramini untuk download dan tidak ada kendala apapun dari awal pemakaian,smoga bermanfaat tks.

  75. Pak Herry,

    Saya sedang mencari feature phone yang bisa sync google contact dengan lancar tanpa kendala, mohon rekomendasinya hp merk/tipe apa yang ok?
    Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *