Review Nokia 215 Dual SIM: Mampu Saring Telepon dan SMS

Semakin terjangkaunya harga ponsel pintar alias smartphone tak membuat feature phone punah. Ponsel minim fitur itu tetap dicari konsumen. Di Indonesia, penjualan feature phone juga masih memberikan kontribusi signifikan kepada Microsoft Mobile Oy.

Berbeda dengan seri Lumia, Microsoft belum mencantumkan namanya di bodi feature phone. Tulisan Nokia masih tercetak jelas. Contohnya, di Nokia 215 Dual SIM yang ditawarkan dalam tiga varian warna: hitam, putih, dan hijau.

Nokia 215-1

Disodori tiga pilihan warna seperti itu, penulis tanpa ragu memilih 215 hijau. Alasannya simpel. Hitam dan putih terlalu biasa. Warna hijau ponsel itu terlihat cerah. Tampak lebih ngejreng saat diletakkan berdampingan dengan aneka ponsel Android berharga jual jauh lebih mahal.

Dua nomor GSM, keduanya menggunakan kartu mini SIM, dapat siaga bersamaan di 215. Layar 2,4 inci dengan resolusi 320 x 240 piksel yang digunakan ponsel itu relatif bagus. Enak dipandang mata. Di bawah layar terdapat keypad yang ergonomis. Nyaman dipencet oleh pemilik jempol berukuran kecil, sedang, maupun besar.

Ponsel itu tak lagi menggunakan konektor charger bundar kecil ala Nokia tempo dulu, melainkan memakai konektor micro USB. Dengan demikian, pemilik berbagai ponsel pintar keluaran terkini sebenarnya tak perlu membawa satu charger tambahan. Mereka bisa memanfaatkan charger ponsel pintarnya untuk mengisi ulang baterai 215.

Nokia 215-2

Baterai bawaan 215 berkapasitas 1.100 mAh. Selama uji pakai, sehari-hari penulis menggunakan ponsel tersebut hanya untuk bertelepon danβ€”terpaksaβ€”menerima penawaran plus percobaan penipuan via SMS. Hasilnya, baterai 215 perlu diisi ulang 3-4 hari sekali.

Saat dipakai bertelepon, suara yang dikeluarkan earpiece 215 tergolong prima. Terdengar jelas dan cukup jernih. Empuk di telinga. Demikian istilah penulis untuk menggambarkan performa fitur telepon ponsel tersebut.

Selain di kartu SIM, pengguna bisa menyimpan daftar kontak di memori telepon. Ponsel berdimensi fisik 116 x 50 x 12,9 milimeter dan berat 78,6 gram itu mampu menampung maksimal seribu nama kontak. Sayang, 215 belum mendukung daftar kontak multiple entry. Satu nama hanya dapat dipadukan dengan satu nomor telepon. Kalau pengguna ingin mencatat data kontak seseorang yang memiliki lebih dari satu nomor telepon, penyimpanannya terpaksa harus dipisah-pisah. Misalnya, Ayu XL, Ayu Tsel, Ayu Rmh, dan Ayu Ktr.

Masih di dalam menu kontak, bila dicermati terdapat menu number screening. Fungsinya untuk memasukkan nomor tertentu ke daftar hitam, kemudian menyaringnya. Kalau nomor itu menelepon, ponsel takkan berdering maupun bergetar. Seandainya nomor yang sama mengirimkan SMS, SMS otomatis dimasukkan ke folder khusus. Ponsel tetap sunyi.

Nokia 215-3

Satu-satunya kamera di 215 tidak dibekali fokus otomatis maupun lampu kilat. Kamera itu hanya bisa memproduksi foto beresolusi VGA dan klip video QVGA. Kualitas gambar yang dihasilkan sangat pantas disebut buruk. Ketika dipakai memotret di luar ruangan pada siang hari pun, hasilnya lebih mirip lukisan cat air daripada foto.

Bluetooth, selot kartu microSD, radio FM, kalkulator, stopwatch, dan lampu senter merupakan sebagian spesifikasi lain 215. Ponsel itu mendukung layanan internet berbasis GPRS/EDGE. Saat ponsel dinyalakan, telah tersedia browser Opera Mini, Twitter, Facebook, dan Facebook Messenger.

Lima judul permainan telah disertakan di 215. Yaitu, Asphalt 6: Adrenaline, Block Breaker 3 Unlimited, Modern Combat 2: Black Pegasus, Real Football, dan The Amazing Spider-Man. Namun, empat di antara lima permainan itu berstatus uji coba (trial). Pengguna hanya dapat memainkannya tiga kali dengan durasi terbatas. Berikutnya, kalau berminat, pengguna mesti membelinya Rp 5.000 per judul permainan.

Seseorang yang sedang mencari feature phone dengan kemampuan dual SIM, entah untuk ponsel utama atau cadangan, boleh melirik 215. Harga ritel yang disarankan sebenarnya Rp 399.000. Namun, harga pasar bukan mustahil justru lebih mahal. Ketika penulis mengetikkan naskah ini, ada penjual yang mematok harga jual hingga Rp 415.000. Sedangkan harga terendah yang penulis temukan adalah Rp 390.000.

***

Foto-foto berikut ini dijepret memakai Nokia 215 Dual SIM.

Nokia 215-5

Nokia 215-4

Nokia 215-6

Nokia 215-7

Nokia 215-8

Nokia 215-9

Nokia 215-10

 

 

 

181 thoughts to “Review Nokia 215 Dual SIM: Mampu Saring Telepon dan SMS”

  1. Pak Herry, Apakah Nokia punya hp dual SIM yg lebih murah dari 215 ini? Kebetulan saya butuh buat cadangan

      1. Thanks pak, tapi not recomended keliatannya ya. Kl merk laen yg dual SIM n bandel dan lebih ekonomis apakah ada pak? Terima kasih

        1. Pak Pakdhe Ery,

          Ya, saya tidak merekomendasikan Nokia 107.

          Dual SIM yang bandel dan lebih ekonomis? Saat ini ya 215. Kalau dulu ada LG A230 dan A275. Namun, keduanya sudah tidak diproduksi lagi.

          1. saya melihat ada evercoss C9
            dengan harga 255 ribu (nemu di OLX)
            keypad fisik alfanumerik, masih Java OS,
            tapi sudah berani menawarkan bisa Whatsapp

            mungkin jika Pak Herry berkenan me-review
            hehehehe

          2. Pak Joko,

            Terima kasih atas informasinya. Saya tampung dulu ya. Namun, saya tak berjanji akan me-review-nya.

  2. Mas Herry,akhirnya yang ditunggu2 datang juga..hehe. Hp masih di pakai kan mas? Tanya dikit mas..apakah Bisa insert nomor phonebook ke Sms?,Satu lagi mas Herry,ada folder untuk simpan sms nggak ya? Matur nuwun mas..

    1. Pak Darmawan Wonogiri,

      He… he… saya sudah berpisah dengan 215.

      Wah, dua hal yang Anda tanyakan tidak saya perhatikan.

  3. hehehe…
    kok foto wajahnya pak herry,yg legendaris itu kali ini gak ada pak? πŸ™‚
    saya sebenarnya agak tertarik membeli fitur phone kecil ini
    mungkin pak hery pny arahan fitur phone nokia yg kameranya agak bener atau agak beres, dan bisa GPRS/EDGE

    1. Pak Stevy,

      Foto wajah saya itu kan biasanya terpaksa numpang tampil untuk mencoba kamera depan. Karena 215 tanpa kamera depan, maka wajah saya tidak muncul. πŸ™‚

      Yang kameranya agak benar? Hmm… coba cari sisa-sisa stok Nokia 301, Pak.

  4. Saya sudah punya. Nyaman dipakai. Facebook dan Messenger-nya pun enak. Namun sayang saya selalu gagal untuk memutar Youtube.

    1. Pak Aslich,

      Selama memakai 215, saya tak pernah menggunakannya untuk mengakses YouTube. Entah seharusnya ponsel itu kompatibel dengan YouTube atau tidak. Kalau pun kompatibel, wajar bila 215 gagal memutar YouTube. Sebab, ponsel tersebut hanya mendukung layanan GPRS/EDGE yang kecepatannya saat ini tergolong rendah.

  5. Pak Hery, nokia 215 susah buat balas sms ya pak. Sama kita kirim sms sambil di sisipi kirim no.telp dari kontak telp. Gmana menurut pak Hery

    1. Pak Teguh,

      Buat balas SMS gampang kok. Ya tinggal diketikkan biasa.

      Soal menyisipkan nomor telepon dari kontak, saya tak pernah mencobanya.

  6. Pak Herry bisa kasih saran sebaiknya saya beli smartphone dual sim apa di bawah 1 juta karena sebetulnya saya lebih membutuhkan untuk bertelepon saja . Karena di pasaran saya lihat seperti Samsung Ace dll ditawarkan murah sekali , apakah lebih baik beli Nokia 215 atau smartphone murah tsb ? Terimakasih Pak

    1. Bu Sofy,

      Silakan membeli Acer Liquid Z205. Harga ritel resmi Rp 799 ribu. Review bisa dicari di blog ini.

  7. Koh, apakah port micro sd pada Nokia 215 juga bisa digunakan untuk transfer data?

    Terima kasih.

  8. Pak Hery ,saya mohon infonya adakah handphone keyboard numerik seperti Nokia C5 bkn layar sentuh yg bisa menyimpan kontak diatas 3000,sbb Om Saya kontaknya diatas 3000 dan sdh terbiasa memakai C5 krn bentuknya yg simple dan mudah di gunakan,Terima Kasih sebelumnya Pak Hery untuk semua ulasan Gagdetnya.

    1. Pak Budhi Samuel,

      Kalau dalam kondisi baru tidak ada. Kalau bekas, silakan mencari Nokia C5 bekas atau BlackBerry 9105 bekas.

  9. Siang Pa Herry,
    mohon rekomendasi merk/ type HP dg spec nokia 215 tetapi memiliki daya tampung phone book lebih besar (1000 nomor) .
    terimakasih.

    1. Pak Irfan,

      Hmm…. tak ada deh. Dengan kebutuhan seperti itu, silakan membeli ponsel pintar (smartphone), bukan feature phone.

  10. dibanding LG A275 bagus mana, pak HSW ? cuman dua dua nya nggak bisa synch dengan Google Account ya, jadi kontak nama nya di input satu satu , thx

    1. Pak Hari Gunawan,

      Dengan memperhatikan harga, spesifikasi, dan kinerja, A275 lebih menarik sih. Yang jadi masalah, saat ini sudah mustahil mendapatkan A275 baru.

      Benar. A275 dan 215 tak bisa disinkronkan dengan Google Account.

      1. Pak Gosbo,

        Bisa, dengan cara mengakses via browser. Namun, pasti nggak nyaman karena koneksinya cuma GPRS/EDGE.

  11. Pak Herry, apakah ukuran font sms/mengetik sms bisa diperbesar?
    Saya berencana mengganti nokia 2630 yg dipakai ibu saya, di nokia 2630 ukuran font bisa lumayan gede.
    oia, ngecas 3-4 hari sekali itu dua sim aktif atau satu sim aktif??

  12. Akhirnya yang ditunggu tunggu keluar juga πŸ˜€ 400 ribu seems worthed lah buat hp cadangan kayak gini

    Oya pak, apakah Nokia 215 bisa diinstal opera mini? Soalnya di Nokia 225 ibu saya tidak bisa. Katanya sih tidak ada javanya. Dan bagaimana kualitas audio mp3 nya pak? Ya saya tau gak bisa berharap banyak sama yang 1 ini. Tapi kan lumayan buat sekedar denger musik kalo iPhone saya habis baterai πŸ˜€

    1. Pak Hardi,

      Browser bawaannya memang Opera Mini.

      Kualitas audio biasa saja. Sama dengan kebanyakan feature phone berharga setara deh.

  13. Pak herry salam kenal..sy pbaca setia ulasan pak herry tp br x ini ninggal komen..hehe.
    Sy ingin tanya berkaitan dgn komen pak hsw di http://ponselmu.com/review-nokia-107-dual-sim-serasa-dengar-radio-abal-abal/ lkpnya
    February 17, 2014 at 22:20Β 

    Reply

    Pak Rizal,

    Harga ponselnya Rp 345 ribu. Barang dalam kondisi baru, tetapi stok lama. Jadi, garansi telah berulang tahun alias habis. Saya hanya akan coba menyalakannya sebentar ya. Tidak dicek sampai detail…blabla..
    Nah yg sy ingin tanyakan : barang kondisi baru tapi stok lama..garansi habis.
    1.bgmana cr mngetahui brg baru stok lama yg garansinya habis pak?krn kbtlan sy srg bli di olshop hp2 baru smcm keystone2..nokia 105 dll.harganya jd murah krn sy pkai poin n vocer kmudian sy jual lg..
    2.brarti garansi itu bkn blaku sjak hp mulai digunakan ya pak walaupun kondisi msh segel dusnya?
    3.untuk keystone2 sy tdk dberi nota walopun sdh minta utk kperluan klaim garansi jk hp rusak.apakah jk sy menerbitkan nota sndiri selaku seller apakah bs dpakai utk pmenuhan syarat klaim garansi bg customer sy?trimakasih pak heri..

    1. Pak Rio,

      1. Ada dua cara. Pertama, diberitahu oleh toko. Kedua, memperhatikan masa edar ponsel tersebut. Misalnya, Nokia E90 Communicator sudah lama sekali tidak diproduksi lagi. Jadi, umpama Anda menemukan penjual E90 Communicator baru dan kardusnya masih segel pun, garansinya pasti sudah tidak berlaku.

      2. Normalnya berlaku sejak ponsel dibeli. Namun, batas masa edar seperti yang saya jelaskan di poin pertama tetap harus diperhatikan.

      3. Kalau Anda memang penjual, ya silakan bikin nota.

  14. Mengingatkan pada hp berlayar warna waktu baru2 keluar, paling murah 1,5 juta :'(
    Kelebihannya sekarang bisa pasang memory card gede buat denger yg disimpan d situ πŸ™‚

  15. Saya lihat di iklannya di youtube, nokia 215 ini memiliki fitur facebook messenger, saya mau tanya pak herry, apakah fitur itu realtime atau harus dibuka dulu baru bisa digunakan? Direview juga dong pak herry tampilan facebook messengernya

    1. Pak Ikipyon,

      Selain untuk browsing, jangan berharap banyak dengan fitur-fitur yang berhubungan dengan internet di 215 deh. Sangat tidak nyaman. Kalau Anda rutin ber-Facebook Messenger, lebih baik membeli smartphone Android.

  16. Siyap..terima kasih byk atas informasinxa pak herry.. yg sy jual kbetulan msh byk beredar di pasaran.brarti aman..hehe.. oiya dl sy baca review bpk yg asus zen 4.. lalu sy nekat beli.hasilnya..nyesel ndak ikut saran pak herry.pmasalahan utama mengenai corning gorila glass yg ktnya ada di semua zen4 (bdasarkan jawaban lgs via email oleh asus indonesia)tp 1-2bln kmudian diketahui bahwa zen4 seri cxg,kbtulan sy dpt seri cxg, tdk dipasangi corning gorila glass.lgs sy jual zen4 sy n masuk dlm blacklist sy untuk hp/hh merk asus.walopun untuk laptop sy msh pakai.

  17. Mas Herry, hp2 LG harganya lagi turun drastis tuh. Coba review lg magna πŸ˜€ tertarik sama layar lengkung dan kamera depan 5mp nya

    1. Bu Sofie,

      Benar. Beberapa tipe lama turun harga. Sedangkan untuk tipe baru, LG Magna juga turun dari Rp 2.399.000 menjadi Rp 1.799.000. Saya pinjam Magna milik Anda ya. Nanti saya review-kan deh. πŸ™‚

    1. Pak Iwan,

      Apakah tipe itu beredar di sini? Kalau lihat tipenya, yang nama-nama begitu biasanya beredar di India.

  18. Pak Herry, lama gak komen nih

    Agak OOT ya pak, kalo menurut bapak case mana yang lebih melindungi smartphone? Hard case atau jelly case? Itu dulu deh pertanyaannya πŸ˜€

    1. Pak Dicky,

      Lebih terlindung pakai jelly case. Aksesori itu akan melindungi sisi kiri-kanan, atas-bawah, dan belakang ponsel. Kalau hard case biasanya tidak melindungi sisi atas dan bawah.

      Hal lain, seandainya ponsel terjatuh, jelly case bisa agak meredam benturan. Kemungkinan sisi kiri dan kanan ponsel tergores saat Anda melepas-pasang jelly case juga lebih kecil.

  19. “Masih memberikan keuntungan kepada Microsoft Mobile Oy”

    Oy? Mungkin maksud bapak Microsoft Mobile Os ya pak.

    1. Pak Hendra,

      Bukan. Yang saya maksud memang Microsoft Mobile Oy kok. Itu nama perusahaan. Dulu Nokia Oyj lalu berubah menjadi Microsoft Mobile Oy.

  20. Pak Herry,
    Kemarin saya sudah mencoba menggunakan Nokia 215 ini untuk transfer data via kabel microUSB ke komputer. Bisa Pak, hanya saja yang terlihat cuma memori eksternal (MicroSD)

  21. Pak Herry,

    Untuk ponsel NOKIA yang model jadul gini tipe apa aja ya yang masih available ?
    Saya pengen beli NOKIA nih mumpung masih ada. Terakhir saya puas banget pake NOKIA 6303 classic, sayang sudah rusak πŸ™

    Btw, ini operating systemnya apa ya ? Saya malah lebih suka yg non-OS kaya HP lama saya. Yg bukan smartphone (bukan symbian).

    1. Pak Darius,

      Di pasar masih ada (saya sebutkan berdasarkan ingatan, urut dari tipe terkecil): 105, 107, 108, 208, 215, 220, dan 225.

      Proprietary OS, Pak. Itu bukan smartphone. Kalau non-OS alias tak ada OS-nya, ponselnya nggak mau nyala dong.

  22. Iya itu maksudnya pak herry, yg feature phone. Ternyata namanya proprietary os ya..hehe

    Kalo dari antara nokia 105, 107, 108, 208, 215, 220, dan 225; yg paling bagus / di-rekomen yg mana pak ? Biasanya si yg angkanya paling gede ya (225), bener ga ? Hehe

    1. Pak Darius,

      Ya, istilahnya feature phone dengan proprietary OS.

      Belum semuanya pernah saya coba. Di antara yang sudah saya coba, 208 paling menarik.

    1. Pak Darius,

      Memang tak ada review-nya. Lha saya baru mencoba 208 setelah ponsel itu nyaris setahun beredar.

      Menariknya di mana? Keypad lebih enak daripada 220 dan 225, mendukung layanan 3G, dan bisa sinkronisasi kontak dengan MS Outlook di laptop.

  23. Terima kasih Pak Herry atas racunnya, saya akhirnya langsung naksir & beli 215 πŸ™‚ Pas lihat 3 pilihan warna saya ngga berani pilih warna hijau haha, terlalu silau dimata saya pas lihat layarnya. Enak juga buat saya pakai sebagai ponsel utama dua sim.

    1. Pak Ramadhani,

      Kalau saya dulu cari yang warna hijau karena hitam dan putih terasa terlalu biasa. πŸ™‚

  24. Pak HSW,

    Nanya lagi nih. Kemarin kan Pak HSW rekomen Nokia 208 dibanding seri 2 yang lain. Kalau dibanding Nokia 301 mending mana ? Keypadnya enakan mana ya ? Thanks.

    1. Pak Darius,

      Keypad 208 boleh dibilang sama dengan 301. Resolusi kamera 301 lebih besar daripada 208.

      Karena perbedaan di antara dua ponsel itu tidak terlalu signifikan, sedangkan harga jualnya berbeda Rp 200 ribuan (301 lebih mahal), menurut saya, lebih baik ambil 208.

  25. Pak HSW,

    301 uda ga ada yg baru ya ? Sy cek ke beberapa tempat ga ada. Sepertinya memang harus ambil 208. Kalau 208 masi banyak yg jual. Harga sekitar 625 rb..hehe..

    Thanks ya pak infonya.

    1. Pak Darius,

      Nokia 301 baru memang sudah sulit ditemukan. Harus rajin keluar masuk toko.

      Ya, kalau 208 masih gampang ditemukan.

  26. apa kabar pak Herry, maaf sedikit oot, nokia 301 punya istri kalo dipakai putar youtube menggunakan kartu xl pada sim 1 dgn jaringan 3G kuota berkurang tapi yg aneh jika dipasang pada sim 2 dgn jaringan edge kuota tdk berkurang meski ada bufering tak sampai 1 menit. apakah memang begitu pak kalo pake kartu xl?.
    Trims

    1. Pak Sandi,

      Wah, 301 bisa dipakai nonton YouTube ya?

      Seharusnya tidak begitu. Namun, bila kuota ternyata tetap utuh, lebih baik diam-diam saja, Pak. Daripada ketahuan orang XL trus bug-nya diperbaiki. πŸ™‚

  27. Pak Herry,

    Saya kan naksir 215 ini, udah hampir beli.
    Tapi tiba-tiba ngelirik Samsung C3322, terutama krn memory internalnya 45 MB (si 215 ini kan cuma 8 MB). Pikir saya, klo 45MB berarti bisa nampung SMS lebih banyak daripada 8MB.
    Saya lihat2 lagi, kamera si C3322 juga udah 2MP. Mungkin ketahanan baterainya aja yg saya belum cari tau.

    Menurut Pak Herry mendingan 215 atau C3322?
    Saya perlu buat HP sekunder aja, budget 500rb.

    1. Pak Dissa,

      Kalau anggaran Anda sampai Rp 500 ribu, lebih baik membeli C3322. Masalahnya, C3322 baru sudah sulit ditemukan lho.

      Saat ada konsumen datang ke toko dan mencari C3322, tetapi tak ada stok, penjual biasanya akan mengarahkan ke Samsung B310. Pesan saya, jangan beli B310. Ponsel itu jelek banget.

  28. Akhirnya saya beli hp ini memang ok sesuai review P Herry. Keypadnya jg empuk. Yg ingin saya tanyakan, bagaimana cara melakukan pembatasan panggilan keluar karena apabila langsung mengaktifkan pembatasan panggilan keluar sandi yg saya masukkan 1234 selalu tidak bisa. Saat saya berusaha mengubah sandi pembatas juga tidak bisa. Trims

    1. Pak Han,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada pagi ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Pembatasan panggilan keluar yang Anda maksud adalah call barring atau fixed dial number? Mana pun yang Anda maksud, hubungi call center operator yang Anda gunakan untuk mendapatkan password-nya.

  29. Benar P Herry yg saya maksud adalah call barring. Trims atas jawabannya akan saya coba telpon ke operator telepon yg saya gunakan

  30. Pak Herry,

    Apakah Nokia 215 ini ada senternya Pak ? Radionya bisa dipake tanpa colokin earphone gak Pak ? Thx jawabannya Pak

  31. Pagi Pak Herry,

    Saya mau minta hekomendasi hp basic, Pak.
    1. Dual Sim
    2. Tanpa ada batasan sms
    (kebanyakan sekarang hp basic dibatasi 100sms atau lebih kurang)
    (saya menggunakan Nokia 225, sangat tidak nyaman dan kecewa sekali karena ketika sms ada sekitar 20-an, nokia langsung lemot dalam mengetik pesan)
    3. Mp3 musik
    4. Dan yang saya rindukan adalah OS lama nokia java seperti nokia 5310 XM (dulu pengguna hampir 5tahun), dan temen-temannya karena kegegasannya
    .
    Adakah rekomendasinya atau pilihannya apa saja, Pak Herry?

      1. Pak Herry,

        Waduh…
        Jika seandainya minimal 50 sms, gimana Pak?
        Tertarik Samsung C3322, tapi punya teman saya baru beli 3 bulan sudah rusak.
        Terlebih lagi rata-rata adanya hp seken.

        1. Pak Rudy,

          Coba cek Nokia 215. Saya tidak memperhatikan kapasitas penampungan SMS-nya. Namun, kalau 50 SMS dengan panjang per SMS maksimal 160 karakter, rasanya masih bisa.

  32. Waaah kenapa baru nemu web ini sekaraaanggg.
    Pak sy pake nokia 215 baru beli 1 mingguan dsn pas beli sdg terburu2. Kl di pakai nelepon keciiiil bgt suara lawan bicaranya. Dan pas beli sy ga diksh nota.
    Sy jg gak ngeh. Apa bs lgsg ke service center? Atau hrs minta nota dulu? Tq Pak Herry:)
    Sebelum beli hp mustinya mampir ke web ini duluuu
    Sangattt mendidik!

  33. pagi pak herry,

    kalo di compare antara 215 dan 208 lebih pilih mana?
    pemakaian cuma sms, telpon dan transfer lagu pake bluetooth
    atau ada rekomendasi lagi under 400k ?

    1. Pak Andri,

      Saya lebih memilih 208. Namun, persentase perbedaan harganya dibandingkan 215 kan lumayan besar.

      Harga dua ponsel itu sekarang lebih dari Rp 400 ribu. Belum ada rekomendasi ponsel dual SIM dengan harga kurang dari Rp 400 ribu.

  34. Pak Herry,
    Apakah ponsel ini bisa diatur supaya tidak berdering jika nomor asal belum ada di kontak?
    Akhir-akhir ini saya sering dapat penawaran dari bank-bank yang saya punya rekening di situ.

  35. dear pak Herry, review nya menarik, boleh dong minta diulas juga handphone basic nokia yang terbaru, new nokia 105?

    hal yang paling saya ingin tau, multiple entry pada kontak, penyisipan nomor telp pada sms, dan backup phone book.

    terima kasih sebelumnya, ditunggu ulasnya πŸ™‚

    1. Pak Andi,

      Saya nyaris pasti takkan me-review New Nokia 105. Sebab, intinya itu Nokia 105 yang buku teleponnya diperbesar dan konektor charger-nya diganti micro USB.

  36. Pak, saya mau tanya, gimana cara memunculkan nomor dr phonebook ke layar depan pak, soalnya saya coba berkali2 g bisa

    1. Bu Titi Uswatun,

      Tidak ada cara khusus. Kalau ada penelepon yang menghubungi, bukankah langsung muncul di layar ponsel?

  37. Slmt pagi pak, saya ingin bertanya mengenai penerimaan pesan melalui sms. Apakah pesan yang masuk ke kontak pesan itu bisa langsung berpindah ke External memori. Sebab saya kesulitan ketika ada pesan masuk dan memori internal selalu full sehingga tdk bisa menerima pesan. Dan kalau bisa, bagaimana settingan untuk itu agar bisa masuk ke external memori. Terimakasih

    1. Pak Budi,

      Saya waktu itu tidak mengeceknya. Kebetulan saya termasuk orang yang rajin menghapus SMS. Baru ada sekitar sepuluh SMS, biasanya sudah saya hapus.

    1. Bu Tiara,

      Nokia 105 keluaran terbaru (di kardusnya sudah ada tulisan Microsoft) bisa menyimpan sampai 2.000 nomor. Harga barunya sekitar Rp 270 ribu.

  38. Nokia 215 saya ko ga ada signalnya yah, lebih tepatnya mungkin ga mau nerima signal. soalnya udah di manualin tapi tetep kekeuh ga mau dianya. keras kepala, minya dibanting?

    1. Bu Dian,

      Apakah Anda sudah coba memasangkan kartu operator lain? Bila sudah dan tetap tak dapat sinyal, silakan mampir ke pusat perbaikan resmi Microsoft Mobile.

  39. Dear pak Herry. Saya ingin beli nokia 215 ini. kira2 bentuk aplikasi SMS nya sudah mendukung bentuk conversation atau inbox manual kita lihat satu persatu sms yg masuk.
    Terima Kasih

  40. Pagii pak Herry,
    saya mau HP back up, lebih baik mana Noikia 105 (2015) atau Samsung Guru Piano 2 (B310E)? dari segi kualitas nya?

    Terima kasih

  41. Pak saya tertarik dengan nokia 225, tapi katanya lemot dan ga bs pake headset bluetooth saya ragu . kalau saya beli Nokia 215 ini aja kira-kira bgmn pak? Kegunaan saya utk tlp (harus bs headset bluetooth) & sms .

    1. Pak Nadd,

      Saya belum pernah coba memadukan 215 dengan headset bluetooth. Kalau Nokia 301 pernah saya pasangkan dengan headset bluetooth dan sukses.

  42. Mohon maaf, mau tanya, untuk menyalin kontak dari Lenovo A369i ke Nokia 215 ini bagaimana caranya ? Saya sudah coba melalui bluetooth tetapi yg tersimpan hanya nama saja, nomor teleponnya tidak ada. Terima kasih

  43. koq bisa sampe sering ngecas dalam sehari pak,,??
    berarti gak bisa di andelin dong untuk jadi ponsel ke dua pak,,,

    1. Pak Boedhy,

      Di naskah review saya menuliskan “baterai 215 perlu diisi ulang 3-4 hari sekali” lho, bukan “3-4 kali sehari.”

  44. Aku beli 2 buah Nokia 215, kok suara yg terdengar pas telepon pelan sekali ya? volume juga udah max…. ada solusi?

    1. Pak Jerry,

      Barusan beli kan? Coba dibawa ke penjual dan minta tolong dicek. Suara yang terdengar seharusnya cukup lantang kok.

      Btw, yang suaranya pelan hanya salah satu unit atau kedua-duanya?

  45. bisa di isi game lagi gak pak? yang formatnya jar? atau cuma support game bawaan aja? kayak nokia dulu yg tipe 2rb an, kan bisa d isi game jar lagi.. kebetulan ada game jar lawas yg saya kangen banget.. mohon d ulas OS hp 215 ini java nya gimana pak..

    1. Pak Ricky PAS,

      Wah, tak tahu. Saya tidak mencoba mengisikan game. Kini saya sudah berpisah dengan 215 Dual SIM itu.

  46. saya cb jawab pak, hsl browsing, nokia 215 java nya s30 yg berarti format aplikasinya .vxp kalo yg s40 misal nokia 2730 format .jar kalo s60 misal nokia symbian 6600 format .sis

  47. Pak Herry,
    Ada rekomendasi jenis hp dengan font besar? Keperluan hanya untuk sms dan telp. Ukuran layar tidak harus besar, yg penting default font size nya besar (atau mungkin ada hp yg bisa disetting ukuran font nya?). Hpnya untuk orang tua, kalau lihat tulisan kecil suka susah kebaca. Tapi tidak mau smartphone karena tidak terbiasa keypad qwerty.

    Ditunggu masukannya ya pak, terima kasih.

  48. Terima kasih masukannya Pak. Saya kemarin sempat lihat2 Nokia 222. Menurut Pak Herry, lebih baik 222 atau 225? Sepertinya ukuran fontnya sama ya?

  49. Gan mau nanya, knapa kalo download aplikasi di nokia ane pasmau dibuka “aplikasi tdak dapat dibuka skarang” itu gimana yah cara ngatasin nya, padahal ane udah lama download nya. :'(

  50. Pak Herry, saya lagi nyari hp candybar dual sim yg kapasitas penyimpanan smsnya minimal 300an gitu yg Anda rekomendasikan merk apa ya? Saya beli Samsung duos SM-B310E ternyata kapasitas hanya bisa menyimpan 100 sms. Buat saya fitur minim alias low end yg cuma bisa telepon dan sms aja nggak masalah yg penting dual sim, candybar (tidak qwerty maupun touch screen), kapasitas memori penyimpanan smsnya besar. Terima kasih sebelumnya.

    1. Bu Fatiah Laily R,

      Wah, Anda di Salatiga ya? Jadi ingin sarapan Soto Esto nih. πŸ™‚

      Saya nyaris tak pernah memperhatikan kapasitas penyimpanan SMS. Ketika SMS di inbox sudah mencapai 20-an, saya terbiasa menghapusnya.

      Feature phone, candy bar, dual SIM, dan dengan kapasitas SMS 300-an rasanya sudah tidak ada. Kalau ponsel itu akan Anda gunakan untuk telepon dam SMS, bagaimana kalau membeli ponsel Android dual SIM yang murah meriah? Yang Rp 500 ribuan gitu deh. Carilah ponsel merek global stok lama.

  51. Pak Herry,

    Monggo mampir ke Salatiga pak. Sekarang di Salatiga banyak tempat kuliner yang enak selain soto Esto lho ????

    Kalau Android berarti touch screen ya pak? Saya prefernya candy bar tapi kok ya belum menemukan yang memori smsnya banyak hingga saat ini ?

    1. Bu Fatiah Laily R.,

      Iya, Android berarti berlayar sentuh. Menyesuaikan dengan kondisi pasar, kini produsen ponsel semakin jarang mengeluarkan ponsel candy bar. Ponsel candy bar, non-Android, dan memiliki memori penyimpanan besar malahan boleh dibilang sudah punah.

  52. Cara insert nomor HP dari phonebook saat menulis SMS di nokia 225.
    aku jualan pulsa tapi kecewa saat menggunkan nokia 225 karena tidak ada insert no hp tujuan.
    bagai mana caranya untuk mengatasinya.

  53. Pak Herry,apakah ada fitur noise cancellation atau noise reduction di hp nokia yang low-end? Kalau ada type apa pak? Hape saya nokia 105,apakah ada fitur untuk mengaktifkan EFRnya? Kalau ada bisakah dijelaskan.Maaf agak panjang,terimakasih atas jawabannya.

    1. Pak Benny,

      Rasanya tak ada.

      Biarpun ada EFR-nya, kalau operatornya tidak mendukung ya percuma tho. Fitur itu tak usah dipedulikan deh.

  54. Nokia 215 klo ngetik sms lemot kyk 225 g?sy tw beli 225,awal e enk,,,lama2 lemot pol polan.makasih

    1. Bu Putri,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Mirip dengan 225.

  55. Permisi pak
    Klo blh tnya Knp 215 kapasitas kotak pesan masuknya hanya sedikit ya?
    Jd cepat penuh sehingga menghambat pesan baru baik keluar/masuk, apa ada Cara untuk memerbesar kapasitasnya ?
    Trmksi

    1. Pak Satyadi,

      Ya wajar deh. Nokia 215 itu kan feature phone entry level. Jadi, kapasitas memorinya terbatas banget. Tak ada cara untuk memperbesar kapasitas penyimpanan pesan.

    1. Pak Kukuh Wj,

      Maaf, saya sudah tak ingat hal yang detail seperti itu. Sebab, saya telah lama sekali berpisah dengan 215 Dual SIM.

  56. Pa Herry….
    Hp saya Nokia 105 dual sim, pada sim card 1 tidak dapat menampilkan ID pemanggil hanya tertulis ‘no pribadi’, semua pemanggil, lalu sim card saya pindah ke hp teman dan bisa menampilkan ID pemanggil, tetapi di sim card 2 ID pemanggil dapat timbul dan sudah saya coba juga card 1 dipindah ke tempat sim card2 tetapi hasilnya sama saja… tks infonya

    1. Pak Irwan,

      Karena saya belum pernah menguji pakai 105 Dual SIM, maaf, saya tak bisa menjawab pertanyaan Anda.

  57. Pak herry mau tanya hp nokia 215 itu kalo menyisipkan no.telepon gimana ya caranya… Kok pada pilihan menu sisipan ngak ada

    1. Bu Siti,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Tidak bisa.

    1. Pak Erix,

      Hmmm… ada banyak hal yang perlu dicek langsung dengan tatap muka. Sulit kalau hanya ditebak dari jarak jauh.

      Coba lakukan satu cara ini dulu deh: reset ponsel Anda. Sinyal di ponsel tetap muncul kan?

  58. gan sy mau tanya utk case nokia 215 yg KW apakah tetap nyaman seperti yg original? terus cara buka casing dpn nokia 215 kyk mana ya?
    makasih sebelumnya

  59. Pak Herry,

    Rekomendasi Ponsel Dual sim yg ada fitur Multiple Entry untuk Phone Booknya yang tipe apa ??
    Hanya untuk Telpon dan sms saja pak, nda trlalu butuh Fitur aneh2, πŸ˜€
    Terima Kasih

  60. mohon maaf pak herry
    untuk penyimpanan pesan apakah bisa di rubah?
    soal.nya seringkali sms gak masuk2 eh ternyata kok memori penuh hehe
    mohon penjelasan pak, terima kasih

  61. malam, saya mau tanya, hape 215 ini ada pilihan pengiriman pesan ” Kirim Nanti ” atau tidak ya? seperti pada hape 101 dan 107, pada pilihan pesannya ada pilihan pengiriman –> Kirim Nanti
    jadi bisa di atur jadwal kapan mau sms nya.
    tolong respon. dan hape apa saja ya nokia double sim yang punya fitur SMS Kirim Nanti ini.
    terimakasih banyak

    1. Pak Akbar,

      Saya tak ingat ada fitur itu atau tidak. Fitur tersebut biasanya tersedia di Nokia seri 30. Jadi, kemungkinan tersedia di 215.

  62. Pak Herry,
    untuk hape nokia yang memiliki fasilitas pesan
    Pilihan pengiriman –> Kirim Nanti
    nokia apa saja ya pak?

    nokia seri 30 itu maksudnya yang angka seri depannya 30 ? conto 3030 ?

    1. Pak Akbar,

      Saya tak ingat satu per satu.

      Bukan. Maksudnya yang secara teknis oleh internal Nokia dikategorikan sebagai seri 30. Kode tipenya tak selalu diawali angka 30.

      1. Pak herry tolong rekomendasi hp merk apa yang bisa black list kontak/ blokir pilih kontak tertentu jadi tidak aktif.. terima kasih

        1. Pak Rendy Ahades DP,

          Kalau seolah menjadi tidak aktif, jawabannya sudah lama tidak saya temukan lagi. Yang sekarang masih tersedia adalah bisa menolak panggilan, tetapi penelepon akan sempat mendengar nada sambung. Jadi, dia tahu kalau panggilannya telah di-reject alias ditolak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *