Review Nokia 5: Saatnya Melupakan Masa Lampau

BlackBerry hidup lagi. Nokia datang kembali. Itulah topik yang tahun lalu sempat ramai diperbincangkan pedagang dan pengguna ponsel. Realita di lapangan membuktikan kembalinya BlackBerry ke Indonesia masih jauh dari kriteria sukses.

Kondisi lebih baik dialami Nokia. Walaupun produk “lahir baru” pertama yang diusung berupa feature phone, Nokia 3310 tergolong laris manis. Terutama, pada hari-hari awal peredaran ponsel itu. Padahal, harga jualnya tak bisa dibilang murah. Harga ritel resminya Rp 649 ribu, sedangkan harga pasarnya sempat menembus Rp 900 ribu khusus untuk warna oranye. Wow!

Berselang beberapa bulan, Nokia meluncurkan trio ponsel Android: Nokia 3, Nokia 5, dan Nokia 6. Berbeda dengan saat 3310, pasar relatif adem ayem menyambut kehadiran tiga ponsel itu. Mari kita menguliti tipe yang berada di tengah-tengah. Ya, Nokia 5.

Acungan jempol patut diberikan atas kualitas pengerjaan (built quality) bodi Nokia 5. Solid dan elegan. Lekukan di sisi kiri dan kanan membuat bodi ponsel berbahan aluminium itu nyaman digenggam. Dibandingkan Nokia 6 yang lebih mahal, menurut penulis alias HSW, Nokia 5 lebih enak digenggam.

Konektor audio 3,5 milimeter terdapat di bagian atas ponsel. Lubang speaker dan konektor charger berwujud micro USB ditempatkan di bagian bawah. Tombol volume dan power bakal dijumpai di sisi kanan Nokia 5.

Sementara itu, di samping kiri terlihat ada dua selot. Selot atas siap menampung dua nano SIM, sedangkanย selot bawah untuk meletakkan sekeping kartu microSD. Kondisi itu mengakomodasi pengguna ponsel yang membutuhkan kemampuan dual SIM sekaligus ruang penyimpanan lebih lega. Tak usah lagi berebut selot.

Nokia 5 dibekali layar IPS 5,2 inci dengan Corning Gorilla Glass. Meskipun resolusi layarnya “hanya” HD 1.280 x 720 piksel, dalam pemakaian sehari-hari layar itu tetap enak dipandang mata. Di bawah sinar matahari yang terik pun tampilan huruf dan gambar masih cukup mudah dilihat.

Tepat di bawah layar terdapat tombol back dan menu yang akan menyala kala disentuh. Ada pula pemindai sidik jari yang cukup akurat mengenali identitas pengguna. Namun, ia terasa kurang cepat dalam membuka ponsel yang terkunci. Tak usah membuang waktu untuk mencari fitur ketuk-ketuk layar alias double tap to wake up. Pasalnya, fitur tersebut memang tak tersedia di Nokia 5.

Dibekali sistem operasi Android 7.1.1 Nougat, aplikasi bawaan Nokia 5 condong ke plain Android. Maksudnya, selain aplikasi bawaan standar Google, tak banyak aplikasi bawaan ini-itu yang dibenamkan. Hanya ada BaBe, ID3 Store, PicMix, dan Support. Tiga aplikasi pertama diduga keras ditanamkan demi memenuhi persyaratan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN).

Beralih ke aplikasi bertajuk Support. Aplikasi itu siap membantu pengguna mencari informasi yang berhubungan dengan ponsel. Misalnya, panduan pemakaian dan pengecekan status garansi.

Pengguna juga bisa mengetahui lokasi pusat perbaikan resmi terdekat maupun melakukan chat dengan customer support Nokia. Pada pukul 08.00-16.00 pengguna dapat bercakap memakai bahasa Indonesia, sedangkan di luar periode tersebut mesti berbahasa Inggris.

Berikut tangkapan layar dua percakapan ala kadarnya yang sengaja HSW lakukan untuk menguji respons mereka.

Saatnya membicarakan kamera. Kamera utama Nokia 5 dibekali lensa dengan bukaan f/2, fokus otomatis, dan lampu kilat. Kamera di sisi belakang itu sanggup menghasilkan foto beresolusi 13 megapiksel dan klip video full HD 1080p.

Tidak tersedia mode manual. Ketika memotret, pengguna disarankan menekan tombol rana (shutter button) dengan cepat lalu segera melepaskannya. Bila tombol penjepret itu ditekan terlalu lama, ehmm… sekitar satu detik, kamera Nokia 5 justru takkan memotret. Tidak ada satu pun foto baru yang dihasilkan dan disimpan.

Beralih ke kamera depan. Kamera tanpa fokus otomatis itu mampu memproduksi foto beresolusi delapan megapiksel dan klip video full HD 1080p. Walaupun tak ada lampu kilat di sisi muka, praktiknya pengguna memiliki lampu kilat darurat. Tersedia menu untuk memfungsikan pendar layar ponsel sebagai sumber pencahayaan tambahan.

Dengan memperhatikan harga jual ecerannya yang dipatok Rp 2,899 juta, performa kamera Nokia 5 pantas disebut jauh dari memuaskan. Hasil jepretan kamera ponsel itu cenderung kurang terang dan detail.

Prosesor delapan inti Qualcomm Snapdragon 430 MSM8937 1,4 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, RAM 3 GB, dan ROM yang hanya 16 GB merupakan sebagian spesifikasi lain Nokia 5. Ketika ponsel baru dikeluarkan dari kardus, sisa memori internal tercatat 8,44 GB.

Ponsel berdimensi fisik 149,7 x 72,5 x 8,05 milimeter dan berat 160 gram itu mendukung USB On-the-Go (USB OTG). Tersedia pula NFC, radio FM, serta penyaring panggilan telepon dan SMS.

Dua kartu nano SIM yang diselipkan ke Nokia 5 dapat siaga bersamaan. Nomor mana pun yang dipilih untuk berinternet leluasa masuk ke jaringan 4G. Sedangkan satu nomor lainnya masih bisa menduduki jaringan 3G.

Kemampuan simultan 4G-3G seperti itu menguntungkan pengguna, terutama yang berada di kota-kota besar. Sebab, selain biasanya relatif lebih lancar berinternet, pengguna tetap mudah ditelepon maupun menelepon. Hal serupa agak sulit dinikmati pengguna ponsel dual SIM yang salah satu nomornya “dipenjara” di jaringan 2G.

Di atas kertas, Nokia 5 mendukung 4G LTE di band 1, 3, 5, 7, 8, 20, 28, 38, 40. Hal itu bermakna ia siap dipadukan dengan layanan 4G LTE aneka operator di Indonesia, termasuk Smartfren yang telah sayonara dengan CDMA.

Kesimpulan akhir HSW usai memakai Nokia 5 sebagai ponsel utama selama sekitar dua minggu, performa ponsel itu mengejutkan. Dengan perpaduan spesifikasi di atas, baterai tanam 3.000 mAh di Nokia 5 ternyata bertahan sekitar sepuluh jam saja.

Terkait kegegasan, di hari-hari awal penggunaan, ponsel itu selalu terasa responsif. Kejutan baru muncul seminggu kemudian. Ketika ada panggilan telepon masuk, berkali-kali HSW terlambat menerima panggilan. Panggilan masuk itu terlanjur putus karena layar Nokia 5 sangat lambat dalam merespons sentuhan jari.

Kalau pun panggilan berhasil diterima, HSW tak bisa mendengar suara lawan bicara. Demikian sebaliknya. Satu-satunya solusi bila mengalami hal tersebut, padamkan ponsel beberapa detik, kemudian aktifkan lagi.

Kejadian di luar prediksi itu harus diakui sangat mengesalkan. Padahal, aplikasi tambahan yang diinstalasikan ke Nokia 5 dan rutin dipakai tidak berlebihan. Berikut daftarnya berdasarkan abjad: Bukalapak, Go-Jek, Grab, Instagram, My Blue Bird, My IM3, My Smartfren, My Telkomsel, Twitter, Uber, dan WhatsApp.

Berbagai sisi minus yang ditemukan selama uji pakai Nokia 5 itu mestinya dapat disembuhkan lewat pembaruan firmware. Alasannya sederhana. Salah satunya, Asus Zenfone 4 Max Pro yang menggunakan prosesor sama (dan kebetulan harganya berdekatan) tak mengalami hal serupa.

Menurut HSW, Nokia harus segera move on. Mereka, dalam hal ini termasuk HMD Global sebagai pemegang lisensi merek ponsel dan tablet Nokia, wajib melupakan kejayaan masa lampau Nokia.

Sebagai individu yang pernah diundang mengunjungi kantor pusat dan pabrik Nokia di Finlandia, plus beberapa kali mengikuti konferensi Nokia World di berbagai negara, HSW sangat paham betapa hebatnya Nokia dulu. Namun, biarlah itu terkubur menjadi kenangan.

Ibarat bayi hasil reinkarnasi, kini Nokia harus belajar merangkak lagi. Pantaulah selera pasar. Dengarlah suara para pemilik toko, promotor, dan pelaku jalur distribusi. Perhatikan pula pergerakan kompetitor dalam meluncurkan produk dan menetapkan harga jual.

Percaya diri boleh-boleh saja dan memang perlu, asalkan jangan berlebihan. Kalau jadwal rilis dan distribusi produk sering tertunda, apalagi harga jualnya memicu kalimat “wow gila” dalam konotasi negatif, mulailah menekan penghitung waktu mundur. 10… 9… 8… 7….

Ujian terdekat untuk Nokia adalah memasarkan Nokia 2 dan Nokia 8 di Indonesia. Sebuah soft case Nokia 8 bertekstur ala kulit jeruk telah HSW siapkan sejak November 2017. Akankah kali ini Nokia mendapatkan “nilai ujian” lebih baik? Kita lihat saja nanti.

***

Inilah foto-foto hasil jepretan Nokia 5. Pemotretan menggunakan mode otomatis. Seluruh foto telah di-resize dan dikompresi supaya ukuran file tidak terlalu besar. Tak ada olah digital lain yang dilakukan.

Satu foto berikut dijepret menggunakan kamera depan.

***

Tangkapan layar Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

146 thoughts to “Review Nokia 5: Saatnya Melupakan Masa Lampau”

  1. Mau minta saran Ko Herry SW,
    Hp dengan internal memory minimal 32gb menurut anda apa yang terbaik?
    Xiaomi A1 / Nokia 6 / samsung J7 pro atau ada saran lain.
    Saya berharap suara penelepon bisa jelas. Tidak kecil dan pecah

    1. Pak Gondo,

      Tak ada Xiaomi A1. Kalau yang dimaksud Xiaomi Mi A1, silakan melirik itu di kisaran Rp 3 jutaan. Di rentang harga lebih tinggi, ada Asus Zenfone Zoom S.

    2. kemarin waktu ke wtc saya mencoba nokia 5 dan nokia 6, dr segi bahan body, besar layar, sya lebih tertarik nokia 6. Menurut Pak HSW apakah nokia 6 ini worth it ? Bgmn bila dibanding xiaomi mi A1?

      1. Pak Hanung,

        Tak tahu. Saya belum pernah menguji pakai Nokia 6. Kalau melihat spesifikasi di atas kertas sih harganya terlalu tinggi. Mending ambil Mi A1.

  2. Berarti pak Herry, lebih baik Asus Zenfone Max 4 Pro saja ya?

    Apakah bapak akan menguji Nokia 6 (atau 8)? Karena saya yakin bapak tidak akan menguji Nokia 3 hehehehe

    Terimakasih pak.

  3. Selamat sore koh
    Tadi nya saya sempat tergoda dengan Nokia 5 & 6..tapi setelah membaca ulasan ini saya jadi ragu untuk membeli Nokia 5..
    Menurut koh herri apakah dengan harga segitu Nokia 5 layak beli atau tidak koh…

        1. Pak Budi,

          Mending jangan beli keduanya sih.

          Lain kali pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja ya, Pak. Kali ini saya terima empat kali lho. Yang lain sudah saya hapus.

  4. Pak Herry,

    Dengan melihat spesifikasi dan performa, apakah Redmi 4X yang lebih murah 900ribu masih lebih layak?

  5. nokia 2 mo dijual resmi? diketawain redmi 5a, bakal jadi penghuni gudang dan lemari doang. lebih baik masukkan tipe yg masih fresh, misalnya nokia 6 2018 yg harganya cukup masuk akal.

    1. Pak K1n,

      Ya. Rencana harga jualnya pun sudah saya ketahui. Semoga direvisi sebelum barang didistribusikan ke pasar.

  6. Maaf Pak Herry, saya rencana mau beli asus zenfone 3 ze520kl
    * Tokopedia Rp. 2.382.710
    * Blibli Rp. 2.399.000
    semua sudah termasuk ongkir, menurut bapak lebih aman dan nyaman yang mana?
    Terimakasih…..
    Sukses dan sehat selalu pak….

  7. E63 menjadi ponsel nokia terakhir saya, sejak saat itu saya memutuskan untuk move on dan move away dari nokia kecuali ada gebrakan spektakuler.

    Pak herry……
    1. Apa selling point dari Nokia 5 ini ? .
    2. Menurut pak herry berapa harga jual yg pantas untuk Nokia 5 ?
    3. Blog ini makin semarak dengan hadirnya foto foto cewe……. ??… Pertahankan dan tingkatkan terus ya pak ?.

    Thanks.

    1. Pak Randy,

      1. Built quality bagus.

      2. Rp 1,999 juta.

      3. Tolong siapkan modelnya. Jadi, saya tinggal memotretnya. ๐Ÿ™‚

  8. Pak Herry, serius hasil jepretan kamera belakang Nokia 5 kurang memuaskan?
    Saya lihat foto2 yg diposting itu lumayan koq.
    Bahkan saya nggak nyangka hasil foto low light-nya seperti itu. Lumayan koq sepertinya.

    Kalo gitu saya mau tanya:

    1) Untuk kamera belakang, Nokia 5 vs Xiaomi Redmi Note 4 lebih bagus mana?
    2) Untuk daya tahan batere, Nokia 5 vs Xiaomi Mi A1 lebih bagus mana?

    Terima kasih

  9. Pak, saya penasaran. Kalau review gawai, apakah nomer hp ditaruh di sim atau bagaimana? Pasti ribet kalau bolak-balik salin nomer dari gawai 1 ke lainnya kalau mau review.

    1. Bu Rania,

      Iya. Ponsel yang sedang diuji pakai otomatis menjadi ponsel utama saya. Ribet? Iya sih. Itu sudah menjadi risiko saya sebagai tukang ngetes ponsel. Ha… ha… ha….

      Perpindahan data kontak tidak ribet. Kan disinkronkan dengan akun Gmail.

  10. Pak Herry,
    Ceritanya saya mau curhat nih pak. Saya baru meminang Nokia 3. Sebenernya cm naksir NFCnya saja pak. Nokia 3 saya rasa juga biasa-biasa saja dibandingkan dengan Xiaomi Redmi 4A Prime saya. Padahal harganya jauh lebih murah Xiaomi Redmi 4A Prime saya. Tapi fitur dan hasil kameranya lebih unggul. Nokia 3 yg saya beli cuman menang NFC nya saja.

  11. Mantab djiwo koh herry nasihatnya untuk nokia. Belajar dr kegagalan masa lalu, jika Nokia bisa mencium selera pasar mungkin vendor besar seperti apel kroak bisa disainginya. Bahkan mengalahkan vendor besar lainnya…..

  12. Kekuatan Nokia pertengahan 2000an memang sangat luar biasa termasuk di Indonesia, ponsel mereka tetap laris terjual bak kacang goreng padahal spesifikasi hanya kamera VGA + tanpa memory eksternal disaat kompetitor di harga setara mempunyai kamera 2MP Autofocus + slot memory eksternal.

  13. Pak Herry, ada bocoran untuk Xiaomi Redmi 5 dan 5 plus, mengenai jadwal edarnya di Indonesia?
    Saya sudab tidak sabar. Hehe.

  14. Salam, Pak Herry SW.
    Sekarang saya memiliki gawai Lenovo Vibe P1 Turbo dan kini sedang memikirkan gawai penggantinya. Menurut Pak Herry, apakah Motorola Moto E4 Plus layak dijadikan pengganti dari gawai saya saat ini? Jika dilihat dari processor, kinerja RAM, dan ketahanan baterai. Dan apakah kamera Moto E4 Plus lebih baik dari Lenovo Vibe P1 Turbo?
    Untuk lebih mudahnya saya menyimpulkan, apakah menurut Pak Herry jika penggantian ini saya lakukan apakah merupakan suatu tindakan upgrade atau downgrade?

    Terima kasih banyak, Pak Herry SW.

    1. Pak Joko,

      Aduh… jangan, Pak. Kinerja nyata Moto E4 Plus tidak sebagus Vibe P1 Turbo. Downgrade deh. Mending bertahan di Vibe P1 Turbo dulu.

      1. Terima kasih untuk balasannya, Pak Herry SW. Mungkin ada rekomendasi penggantinya Pak di rentang harga 1.8 – 2.3 juta Rupiah yang mengutamakan kinerja processor, RAM, dan ketahanan baterai?

        1. cuma kasih saran saja…. kemarin liat p2 turbo di marina harganya 2,3jt dengan spec snap625 mungkin itu bisa jadi pertimbangan untuk upgrade.

          1. Pak Gigih,

            Toko manakah di Marina yang menjual P2 Turbo Rp 2,3 juta? Kalau nggak ingat nama tokonya, cukup berikan ancar-ancar lokasi.

  15. pak Herry SW, mau sedikit bertanya. saya ada rencana meminang Galaxy Note FE, harga kira-kira 7,5-7,9 setelah cashback, menurut pak Herry SW, apakah masih worth spesifikasi FE (kamera, spen, waterproof dll) ditahun 2018 ini dengan harga segitu? atau pak Herry SW punya saran ponsel dari brand lain di rentan harga yg sama?

    1. Pak Khrisna,

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba Galaxy Note FE.

      Ketika ponsel itu barusan beredar dan dibanderol Rp 8,499 juta, saya tak berminat mencobanya karena harga segitu saya anggap terlalu tinggi untuk sebuah ponsel dengan komponen bekas Galaxy Note 7.

      Di rentang harga sama, saya belum ada saran merek lain.

  16. Maaf om Herry, OOT.
    Ponsel yang disarankan di harga sekitar 2 jutaan, apa ya om?. Melirik Motorola Moto M, Infinix Note 4, dan Xiaomi Redmi Note 4. Atau ada saran gawai yang lain om?. Kalau boleh gawai yang disarankan diurutkan. Pertimbangan utama baterai dan kegegasan. Terimakasih.

    1. Pak Ezi,

      Kalau pertimbangannya itu, ya berarti Xiaomi Redmi Note 4. Tinggal pilih mau Redmi Note yang RAM 3 GB dan ROM 32 GB atau varian 4/64. Saya lebih merekomendasikan yang kedua.

  17. Menurut pak herry, mending pilih nokia 5 atau redmi 5a. Untuk pemakaian sehari hari tanpa main game. Social media seperti facebook instagram whatsapp line. Thx.

  18. Kalau xiaomi MI A1 dengan samsung J7 pro pilih mana Ko Herry?
    Apakah suara penelepon di xiaomi mi A1 jelas? Kog ada yang review, katanya suaranya pecah..dan katanya HP ini gampang panas

  19. Selamat siang Pak Herry

    Minta sarannya untuk hp yg memiliki kamera terbaik dengan budget maksimal 4 juta

    Terima kasih..

    1. Pak Zein,

      Dengan fokus ke kamera dan mengabaikan kinerja lain, ada Huawei Nova 2i.

      Kalau mencari yang kamera bagus dan memedulikan kinerja lain, termasuk daya tahan baterai, ada Asus Zenfone 3 ZE552KL Rp 2,999 juta.

  20. Sayang banget tidak ada pureview technology seperti seri symbian nokia 808 dan seri windows phone lumia 1020, nokia dengan android sekarang kehilangan terobosan terobosan yang dahulu dimilikinya

  21. Pak HSW.
    Saya butuh hp dengan kamera bagus, batre bisa tahan seharian pakaian normal.
    Pilih ze520kl atau zenfon 4 max pro? Atau ada saran lain?
    Budget 2-2,7jt.
    Terimakasih.

    1. Pak Fajar,

      Zenfone 3 ZE520KL, tetapi baterainya belum tentu bisa bertahan seharian penuh ya. Bergantung perilaku pemakaian Anda.

  22. Maaf melenceng dari topik, mau nanya rekomendasi hp yang terbaik dari performa dan kamera untuk budget di bawah 3 juta apa ya

  23. Selamat malam Pak Herry,
    Saya rencana mau beli smarthphone dengan alokasi dana 2,5 juta. Yang saya butuhkan :
    – performanya bagus
    – layar tidak lebih dari 5″
    – kalo bisa baterai awet (optional)
    – tidak butuh kamera bagus
    mungkin ada saran smartphone apa yang kira-kira cocok buat saya. Terimakasih

  24. Selamat pagi pak herry, semoga kesehatan bapak selalu terjaga dengan baik. Saya ada pertanyaan di luar topik pak. Mohon rekomendasinya untuk feature phone, keperluannya cukup telepon dan sms saja. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

  25. Koh Herry. Apakah benar kalau Hp dari Kitkat diupgrade ke Mashmallow akan bermasalah saat detect MicroSD. Ini saya alami di Hp LG Magna saya, setelah upgrade dan juga factory reset sebagaimana yg koh Hery ajarkan maka Hp selalu bilang bahwa microSD saya rusak dan harus diformat, namun saat diformat selalu berhenti di 20 persen. Saat saya masukan ke Hp lain dan laptop ternyata MicroSD tsb masih bagus dan format yg berhenti di 20% tsb tak ada efek apapun, alias file di MicroSD tsb tetap utuh.

    Saya juga sudah format MicroSD tsb di laptop (format FAT maupun exFAT sudah saya coba) sebagaimana yg diajarkan tukang service hardware, namun tak ada efeknya. Saat saya bawa ke tukang service hardware maka dia bilang bahwa kerusakan bukan dihardware, itu terbukti dari Hp tsb masih mau mendetect MicroSD dan katanya harus dibalikkan ke Kitkat sehingga dia sarankan saya ke tukang service Software, benarkah demikian ? Makasih, saya tunggu jawabnya.

    1. Pak HaeF,

      Mestinya tak ada hubungan antara update firmware dan selot microSD. Dalam kasus Anda, kebetulan saja microSD Anda rusak usai melakukan update.

  26. ko mw tanya klw LG G5 yang tidak bootlop memiliki sn brpa ? kan klw lg g4 diatas kepala 5 kan. nah klw untuk lg g5 gmn ?
    terima kasih

    1. Pak Permana,

      Kalau Anda mencari ponsel dengan bodi keren, layar bagus, dan baterai relatif awet, ponsel itu boleh dilirik. Namun, kameranya kurang bagus ya.

      Saya sih lebih memilih ponsel lain.

    1. Pak Diyon,

      Ponsel Sony kan sudah mati suri di Indonesia. Tak ada tipe baru yang beredar lagi. Jadi, jangan berharap saya akan me-review ponsel Sony lagi, kecuali kelak mereka kembali beredar resmi di sini.

  27. Siang ko..
    Mau minta saran nih,sy pengguna microsoft lumia.dan belum pernah sekalipun menggunakan android merk apapun.sekarang sy mau coba beralih ke android.tadinya mau beli nokia 3, tapi agak kurang yakin.hehehe. Ada saran ga ko kira2 merk apa yg bagus dg budget 1,8 kebawah.untuk penggunaan sehari2,sosmed,browsing,youtube dan selfie2.trus yang ga ribet dipakenya secara sy awam bgt,ga prnh megang andoid ??..mksh sebelumnya ko

    1. Pak Dei,

      Hmmm… dengan kriteria seperti itu, tak ada ponsel yang sanggup memenuhi semua kriteria dengan optimal. Yang paling mendekati sih Xiaomi Redmi 4X. Namun, Anda perlu menambah anggaran sekitar Rp 100 ribu.

  28. Hola pak herry,
    Saya pengguna Redmi 4A yg ingin mengupgrade gadget, untuk sementara ini pilihan hanya ada 2, vibe P1 turbo dan Redmi Note 4, ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan pada pak herry terkait keduanya.
    1. Antara P1 turbo dan Redmi Note 4, manakah yg paling enak digenggam ?.
    2. Manakah yg lebih gampang panas ketika misalkan dipakai untuk browsing atau nge game ?.
    3. Dgn anggaran 3 juta, adakah pilihan yg bisa pak herry rekomendasikan jika kita nyarinya ponsel dgn baterei tahan lama, kamera gak harus sangat bagus dan gak lemot ?.
    Terakhir..
    4. Kamera Nokia 5 vs Redmi 4A, mana yg lebih unggul ?.

    Makasih.

    1. Pak D. Tiberias,

      1. Redmi Note 4.
      2. Keduanya tidak mudah panas. Namun, bila tetap harus menyebutkan satu, ya Vibe P1 Turbo.
      3. Redmi Note 4.
      4. Redmi 4A.

  29. Om herry
    Spesifikasi yang lebih merinci untuk hp xiaomi 5A itu gimana ya, trus legalitas nya itu gimana kak, juga kelengkapan nya kalo kita beli hp nya gimana itu kak (apa hanya hp dan tidak sama dengan charger nya)? Mhon penjelasannya kak, sekian

    1. Bu ZiyadatunN,

      Saya tidak pernah mencoba A71. Kalau boleh menyarankan, apakah tidak lebih baik membeli ponsel selain Oppo? Harga jual Oppo baru selalu di atas rata-rata lho.

  30. Menurut Om, Nokia ini apakah memang memposisikan diri sebagai penantang Samsung, LG atau produsen gawai high class lainnya ataukah strateginya yang salah dalam memasuki pasar tanah air? Bukti bahwa Nokia 6, Nokia 5 ini lalu Nokia 2 yang dipatok lebih mahal dari gawai sekelasnya membuat euforia akan comeback-nya harus dikubur dalam. Apakah Om juga sekecewa saya (dan mungkin ribuan fans lainnya yg masih terjebak nostalgia) melihat sepak terjang merek ini?

    1. Pak Adrian,

      Sepertinya mereka berusaha bermain di harga ala Samsung, LG, dan merek global papan atas. Namun, senjatanya tidak mumpuni.

      Hasil uji pakai Nokia 5 mengecewakan saya sih.

  31. 1. koh, itu foto pas truk terbalik memang lagi kebetulan lewat ya?
    2. redmi note 5A yg resmi beredar disini varian 2/16 atau 3/32?

    1. Pak You,

      1. Oh, itu truknya saya minta berpose sebentar. He he he bercanda. Iya, saya pas kebetulan lewat.

      2. 2/16.

      1. tanya lagi dong koh..
        1. Apakah bapak berencana akan mereview nokia 8?
        2. apakah bloatware bawaan nokia 5 (dan mungkin nokia seri lain) spt babe, picmix, dll bisa dihapus? klo di redmi 5a kan bisa spt microsoft apps, WPS office, pemutar musik bawaan, mi remote, sama caping (app lokal, dan spt nya ada satu atau dua app lokal lainnya tp kurang tau apa namanya soalnya langsung saya hapus).

  32. Om Herry,
    Kalau dibandingkan dengan Zenfone 3 ZE520KL lebih rekomendasi mana ya..?
    Usia Zenfone 3 ZE520KL yang usianya sudah hampir 2 tahun juga menjadi pertimbangan..

  33. Saya saat ini pakai Redmi 4 Prime. Sejak Nokia kembali lahir dan reinkarnasi sebetulnya saya sudah menyimpan ekspektasi yang tinggi, tetapi begitu beberapa tipe diluncurkan saya terus terang illfeel…hehehe.
    Keinginan untuk menggunakan Nokia kembali akhirnya pupus.

  34. Pak Herry,

    Apakah masih layak untuk membeli Asus Zenfone 3 ZE520KL 4/32 seharga 2.499.000?
    Kalau tidak, untuk harga maks 2.5jt apakah ada tipe lain yg direkomendasikan?

    Terima kasih

  35. Halo Pak Herry semoga sehat selalu saya baru meminang Nokia 3 karena terjebak nostalgia dan kepincut dengan NFC dengan harga 2juta susuk 1ribu yang saya dapatkan prosesor masih Mediatek Ram/Rom cuma 2/16 baterai cuma 2600mAh dan setelah dapat update software pertama ketika dicharge hp mati/ngeblank sesaat kira2 5menit kemudian nyala lagi bikin panik dan kecewa nggak gegas wong hp anyar kok ngene? Hasil kameranya biasa saja seperti ulasan Pak Herry Poin plusnya bodi solid,NFC dan dijanjikan selalu mendapat update semoga HMD Global membaca ulasan di Ponselmu.com ini dan mau mengoreksi harga ditunggu ulasan Nokia 8 nya ya Pak Herry

    1. Pak AL,

      Beberapa hari ini saya kebetulan sedang terkena flu berat.

      Terima kasih atas kesediaannya berbagi pengalaman memakai Nokia 3.

  36. Hallo Pak HSW,

    beberapa hari yang lalu saya membeli redmi 4a seharga 1,7 juta pada umumnya keren kinerjanya lancar, cuma saya kecewa berat dengan hasil rekaman videonya terutama audionya sangat kecil dan suaranya seperti ketutup, juga ada bug tidak bisa memutar karoke sperti di app smule bahkan youtube, ternyata setelah dibaca di forum miui, katanya itu masalah hp xiaomi dari mulai redmi 4a,4x, note 4 bahkan seri terbaru seperti 5a. Padahal Saya berencana mau beli yg agak mahal yaitu redmi note 4 seperti saran bapak.

    Nah saya melirik nokia 5, katanya dapat oreo, terus saya lihat banyak yg jual murah padahal baru dipakai beberapa minggu. pertanyaannya untuk harga 2,1juta second selama 3 minggu, apakah layak beli?

      1. Setuju PERFORMANCE NOKIA 5 sangat bikin kecewa pdhal saya tertarik n sering pakai QuickCharge 3 tp performance jd worsted then before

  37. Halo ko HSW… mau sedikit sharing…
    Saya skrg genggam Nokia 5 . Dari segi body memang betul mantap nyaman. Layar di bawah matahari lumayan. NFc ya. Untuk main game ‘kini’ spt Mobo dan PUGB (grafic H) cukup lah. Mmm
    Kamera sejauh ini memuaskan, ‘namun’ jika kondisi cahaya cerah (outdoor).
    Dari update system terbaru Oreo 8.0.
    Dari Daya hidup batre, pemakaian standar (main game di sela2 kerja) Pagi 100%, malam 10% ?.
    Nah, tapi sayang rom hanya 16GB ,jd saya gunakan external 32GB ??.
    Jadi, menurut saya cukup lah untuk awal kembali nya si legend meskipun harga dikisaran 2,8xx
    Semoga kedepan ‘si legend’ bisa lebih di ‘gebrak’ dengan lihat kanan kiri terutama masalah Harga.
    Salam hangat ?

      1. Pak Sandy,

        Terus terang saya juga bingung. Emoticon kadang muncul, kadang tidak. Lebih sering gagal muncul sih.

  38. Selamat Malam Pak herry.

    Maaf nih nanya di post nokia 5, sbnrnya out of content dikit. langsung ke pertanyaan nih. mending Nokia 8 apa LG G6 ya? saya tipikal orang yg sering multitasking edit video di hp sama sering ngegame.

    Thank in Advance pak herry.

    1. Pak Pascal,

      Kalau kebutuhannya seperti itu, saya yakin baterai dua ponsel tersebut akan sama-sama kedodoran. Sehari-hari Anda perlu membawa charger atau power bank. Saya lebih condong ke Nokia 8.

  39. Selamat Siang Ko,
    Ko mau tanya Nokia 5 sudah ada playstore belum? jika dibandingkan sama samsung A3 2016 sama atau lebih buruk?
    terimakasih Ko Herry

  40. Assalamu’alaikum
    Pak Herry, mau tanya HP yg bagus untuk main game bateri tahan lama dan tidak mudah panas,
    Kinerja bagus dana 2 jutaan, terima kasih.

    1. Pak EB Susilo,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons.

      Saya tidak suka main game nih. Coba cek Zenfone Max Pro M1 deh.

  41. Selamat pagi.Pak Herry.SW. Saya pakai smartphone microsoft lumia 535, apakah masih layak di gumakan. OS 8.1 lumia denim, apa masih bisa ke W 10 M. Caranya bagaimana. Terima kasih

    1. Pak Aris Lamidin,

      * Mestinya sudah ketinggalan ya.
      * Maaf, saya tak tahu karena sudah tidak mengikuti perkembangan Lumia.

  42. Selamat pagi koh Herry ..
    Saya mau tanya koh, kira2 kalo casing nokia 9500 comunicattor itu bisa di ganti gak ya koh?
    Kalo bisa, apakah kira2 masih ada yang jual casingnya ?
    Terimakasih

    1. Pak Dafiq,

      * Bisa.
      * Kalau orisinal rasanya sudah tak ada. Kalau yang palsu, seharusnya masih ada yang punya stok lama. Silakan mencarinya di toko aksesori yang sudah eksis belasan tahun.

  43. salam pak herry
    menurut bapak dengan spek yg hampir sama. harga lebih murah
    apa xiaomi redmi 5A lebih layak beli dari pada nokia 5 ? atau redmi 4 prime (masih android marsmallow) ?
    saya sebenarnya ingin beli nokia 5, tapi ragu setelah lihat review ini
    mohon sarannya pak herry
    terima kasih

    1. Pak Ardi,

      Spek hampir sama? Ya tidak tho. Dengan memperhatikan harga dan kinerja, saya menilai Redmi 5A lebih menarik daripada Nokia 5.

      Redmi 4 Prime pasti tanpa garansi resmi. Jadi, langsung coret saja.

  44. PAGI pak herry..

    Terimakasih ulasan nokia 5 nya…rencana siang ini sy mau beli nokia 5, tp setelah baca ulasan dari bpk, sy jadi maju mundur, cendrung mundur cantik ini jd ny…??
    menurut bpk utk budget d bawah 3jt an hp mana yg cocok utk aktifitas pencarian data yg cpt, layar yg tdk lelah d mata dan kamera yg baik..
    terimakasih pak…

    1. Pak/Bu Demayani,

      Ya, Nokia 5 lebih baik jangan dibeli.

      Silakan mencari Redmi Note 5 varian RAM 3 GB dan ROM 32 GB.

  45. selamat pagi ko
    Ulasan ulasan yg muncul selalu membantu saya ..sangat mudah dipahami..

    Mohon saran ko

    Untuk saya yg butuh daya batere besar dan jaringan lancar serta tahan banting.. Sebaiknya beli tipe apa untyk budget 2-4 jutaan
    Terima kasih

    1. Bu Ima,

      Hmmm… nggak ada yang tahan dibanting-banting deh. Kalau yang Anda maksud adalah bisa diandalkan, silakan melirik Xiaomi Redmi Note 5 atau Asus Zenfone Zoom S.

  46. Selamat siang Pak Herry,
    Saya dpt penawaran Nokia 5 TAM di harga Rp. 1,580,000. Dengan harga ini yg sgt jauh lbh murah dibanding harga awal launchingnya apakah kira2 sepadan dg spek & kondisi Nokia 5 tsb ya Pak ?

    Terima kasih sebelumnya..
    Salam

    1. Pak Arifin,

      Mohon maaf karena saya baru bisa merespons pertanyaan Anda pada hari ini.

      Kalau Anda perlu NFC, boleh dilirik deh.

  47. Halo pak hsw,
    Saya mau ganti hp dari xiaomi redmi 5a ke nokia 5 ini apakah naik kelas? Mengingat harga nokia 5 sekarang sdh dibawah 2 juta via pembelian online (jd.id)

  48. Apakah nokia 5 ini support volte smartfren? Artinya bisa call dan sms pake voltenya smartfren?

    1. Pak Eko Rahman Wisuda,

      Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda.

      Saat dulu mencobanya, seingat saya, belum mendukung native VoLTE. Kondisi terkini saya tak tahu.

  49. Pak, sekarang harga HP udah turun
    Nokia 5 : kisaran 1.5 – 1.6
    BB Aurora : Kisaran 1.35 – 1.5

    Antara kedua ponsel tersebut, Pilih yang mana pak, kalau bisa alasannya sedetail mungkin. ๐Ÿ™‚

    1. Pak Tulus,

      Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda.

      Anda perlu NFC atau tidak? Kalau tak perlu, ambil Aurora saja.

  50. Selamat pagi pak Herryy
    Mau nanya pak, menurut pak Harry honor 7c sama alcatel 3v bagus mana?
    Terimakasih ?

    1. Pak E.B. Susilo,

      Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda.

      Keduanya tidak/belum beredar resmi di sini. Jadi, langsung coret semua deh. Pastikan hanya membeli ponsel yang bergaransi resmi.

    1. Pak Aak,

      Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda.

      Kalau Anda perlu NFC, boleh dilirik.

  51. Siang Pak. Mending Redmi 5a, Nokia 5 atau BB Aurora? Terutama dari segi kameranya lebih bagus yg mana? Sekarang harganya hampir sama. Makasih.

  52. Selamat pagi koh,,,
    Mau nanya apakah pernah mencoba mengisi e money menggunakan Nokia 5 ini, jd tdk hanya sebatas cek saldo saja, mengingat harganya sdh worth it dikelas 1500k dgn fitur NFC. Terima kasih

    1. Pak Rudi,

      Tak pernah. Karena tak memiliki rekening Bank Mandiri, saya selalu mengisi kartu eMoney di Indomaret.

  53. permisi om HSW… berhubung harga nokia 5 sudah turun jadi 1,5 jutaan dikota saya, di website resmi nokia juga tertera 1,599 jutaan… mending pilih nokia 5 atau zenfone max pro(gak pakai m1)

    1. Pak Rindhangm,

      Nokia 5. Apakah Zenfone Max Pro masih ada yang menjual dalam kondisi baru? Masa edar ponsel itu kan sudah lama.

    1. Pak Dadang,

      * Dulu belum mendukung native VoLTE Smartfren. Kondisi terkini saya tak tahu.
      * Saya memakai NFC hanya untuk mengecek saldo kartu eMoney. Bisa berjalan dengan baik.

      1. Betul Pak Herry bahkan NFC di Nokia 3 saya sudah sering saya manfaatkan untuk alat pembayaran di restoran fast food melalui aplikasi TCash (kebetulan banyak promo yang saya manfaatkan ?) lancar jaya tanpa kendala oh iya sedikit tips kalau menggunakan NFC lebih baik jangan menggunakan casing tambahan atau bisa dilepaskan sementara sewaktu pembayaran via NFC demikian tambahan saya Pak semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *