Review Nokia Lumia 720: Ramping, Ringan, dan Berkamera Andal

Dilihat dari spesifikasi dan penetapan harganya, Nokia Lumia 720 berada di kelas yang berbeda dengan Lumia 820 dan Lumia 920. Lumia 720 menyasar pengguna di kelas menengah, sedangkan Lumia 820 maupun Lumia 920 membidik segmen pengguna di kelompok lebih atas. Kendati demikian, performa keseluruhan Lumia 720 tak boleh dipandang sebelah mata.

Tampilan fisik Lumia 720 berwarna kuning yang penulis uji pakai sungguh memikat mata. Permukaan bodinya doff alias matte, bukan glossy yang mengilap. Saat penulis iseng menggenggamnya atau meletakkannya di atas meja, sering sekali ada orang di sekitar penulis yang menanyakannya. “Itu Lumia tipe berapa?” Berarti, ponsel warna-warni dengan bentuk khas ala Lumia sebenarnya mulai dikenal oleh pengguna ponsel.

Lumia 720-1

Ponsel berdimensi fisik 127,9 x 67,5 x 9 mm dan berat 128 gram itu nyaman digenggam maupun dimasukkan ke dalam saku. Ramping dan relatif ringan. Kalau sebagian pengguna Lumia 820 dan Lumia 920 sempat menganggap ponselnya terlalu berat, mestinya hal itu tak dialami pemakai Lumia 720.

Lumia 720 memanfaatkan layar IPS 4,3 inci beresolusi 480 x 800 piksel. Permukaan layar ponsel itu lebih tahan terhadap goresan karena telah mengadopsi Corning Gorilla Glass 2. Meskipun demikian, untuk mengantisipasi kondisi terburuk, pengguna idealnya tetap memasangkan pelindung layar alias screen protector.

Sepasang kamera dapat dijumpai di ponsel bersistem operasi Windows Phone 8 tersebut. Kamera di sisi belakang memanfaatkan lensa Carl Zeiss 26 mm dengan bukaan lensa f/1,9. Kamera itu dilengkapi fitur fokus otomatis dan lampu kilat. Ia mampu menghasilkan foto beresolusi maksimal 2.848 x 2.144 piksel atau setara dengan 6,11 megapiksel dan klip video HD 720p.

Kinerja kamera di sisi belakang ponsel tersebut pantas diberi predikat andal. Di lokasi berpencahayaan temaram dan tanpa lampu kilat pun, ia mampu menghasilkan foto yang tergolong bagus.

Sementara itu, kamera depan Lumia 720 berlensa 28 mm dengan bukaan f/2,4. Kamera tanpa fokus otomatis dan lampu kilat itu sanggup memproduksi foto beresolusi 1,23 megapiksel dan klip video HD 720p. Karena lensanya tergolong lebar, pengguna yang ingin berfoto narsis bersama rekannya dapat melakukannya dengan mudah.

Lumia 720-2

Masih terkait kamera, Lumia 720 dibekali Nokia Glam Me dan Smart Shoot. Nokia Glam Me membantu pengguna menyempurnakan foto wajah yang dihasilkan ponsel. Mata, gigi, dan warna kulit dapat dipermak menjadi lebih cantik daripada aslinya. Sedangkan Smart Shoot memungkinkan pengguna memilih wajah terbaik saat melakukan foto kelompok. Pengguna juga bisa menghapus obyek yang dianggap mengganggu komposisi foto.

Prosesor dua inti (dual core) Qualcomm Snapdragon S4 MSM8227 1 GHz, RAM 512 MB, memori internal 8 GB, dan selot microSD yang kompatibel dengan kartu memori berkapasitas sampai 64 GB merupakan sebagian spesifikasi lain Lumia 720. Saat kali pertama diaktifkan, kapasitas memori internal yang tersisa mencapai 4,8 GB.

Ponsel yang menggunakan kartu micro SIM itu mendukung layanan HSPA+ 21 Mbps. Ia dilengkapi pula dengan Wi-Fi, bluetooth, GPS, dan NFC. Sumber daya Lumia 720 berasal dari baterai 2.000 mAh yang ditanamkan ke tubuh ponsel.

Untuk menentukan lokasi plus mencari tahu ada apa saja di sekelilingnya, pengguna pantas mengoptimalkan HERE Maps dan HERE City Lens. Lain waktu, bila ingin membaca file dokumen, pengguna dapat menggunakan aplikasi Office. Aplikasi itu memungkinkan pengguna membuat file baru Word dan Excel.

Secara umum, menurut penulis, Lumia 720 tergolong responsif dan nyaman dipakai beraktivitas sehari-hari. Selain kamera, kecepatan dan akurasi GPS-nya dalam menentukan lokasi juga layak memperoleh acungan jempol. Andaikan selot micro SIM maupun microSD dapat diakses tanpa alat bantu berupa benda runcing, ponsel itu akan lebih menarik. Apalagi, bila ia memakai baterai yang mudah dilepas pasang seperti kebanyakan ponsel. Lumia 720 saat ini dijual di kisaran harga Rp 3,45 juta.

Contoh hasil jepretan Lumia 720 bisa dilihat di sini. Silakan klik masing-masing foto untuk melihatnya dalam ukuran lebih besar.

59 thoughts on “Review Nokia Lumia 720: Ramping, Ringan, dan Berkamera Andal

  1. Lihat review Lumia ini, yang langsung “nendang” adalah warnanya si casing yang sangat atraktif ya Bung HSW, eye catching!
    Hasil kamera juga baik, sepertinya sensornya cukup besar dibanding kamera ponsel umumnya sehingga bisa menangkap cahaya dengan baik di dalam ruangan.

    Terima kasih atas review-nya, sungguh meracuni diriku……..

  2. oopss… keren juga ya ponsel ini …

    dilihat dari hasil fotonya, kameranya tampaknya manyossss….

    tambah pusing aja …

    makasih review nya

  3. Terima kasih atas reviewnya. Saya mau tanya 1 hal mengenai OS Windows ini

    di OS Windows terbaru ini, apakah sudah bisa untuk pengaturan mode jaringan?? contohnya lock jaringan di 2G only, atau di 3G only..

    Thanks

  4. Pak Charles,

    Lock 2G only bisa.

    Lock 3G only secara default tidak bisa. Bisa diakali dengan menekan *#*#4636#*#* seolah hendak menelepon, kemudian cari pilihan WCDMA only.

  5. Mas henry, saya pakai lumia 620. Apakah masalah notif telat di lumia 620 masih dialami juga di lumia 720 ? Notif yg maksud notif aplikasi chat (wechat, line, whatsapp)

  6. Pak Pandu,

    Saya tidak memakai Line dan Wechat.

    Notifikasi WhatsApp di Lumia 720 tidak terlambat masuk. Apakah yang Anda alami bukan karena operatornya lemot?

    1. Pak Hendry,

      Saya waktu itu dapat di Jakarta. Saya malahan dapat jelly case-nya dulu, baru kemudian Lumia 720-nya.

  7. Sepertinya engga pa herry karena memang cukup banyak user yg mengalami juga. Selain notifikasi yang sulit masuk di kedua aplikasi tsb, juga pemuatan pesan yg masuk cukup lama, mungkin karena kedua aplikasi tsb tidak berjalan di background sperti di android. Apakah pengaruh ram yg kecil sehingga mengakibatkan seperti itu ? Hehehe

  8. Pak Pandu,

    Berarti, saya kebetulan beruntung. Saat memakai Lumia 720 maupun Lumia 920 tak pernah mengalami masalah dalam hal notifikasi WhatsApp.

    Kalau pesan WhatsApp lambat loading, ya saya mengalaminya di Lumia 720. Namun, hal serupa tak terjadi di Lumia 920. Hmm… apa gara-gara RAM ya? *jadi curiga dengan RAM*

  9. Sepertinya begitu pa herry, sekalian mau nanya rekomendasi android di harga 2,5 apa ya? Sepertinya WP8 dengan ram 512 belum memadai nih hehehe

  10. Pak Pandu,

    Asli saya jadi penasaran nih. Ponsel WP dengan RAM 512 MB selama ini sudah terasa smooth. Namun, apakah beneran jadi penyebab WhatsApp lambat loading ya.

    Ponsel Android paling menarik dengan harga sampai Rp 2,5 juta sebenarnya Lenovo P770. Masalahnya, di mana-mana kosong. Alternatif lain tampaknya Sony Xperia J. Atau, kalau mau nambah anggaran, ada Lenovo S890 yang harga resminya Rp 2,699 juta.

  11. Memang pak herry untuk menjalankan perpindahan aplikasi benar benar sangat smooth. Tapi ketika aplikasi tersebut di minimize , aplikasi tersebut terkadang di kill oleh system. Sehingga aplikasi chat yg saya sebutkan tadi memulai lagi dr awal, karena dari awal maka pesan pun dimuat ulang. Kalau pakai paket intenet super kencang mungkin tidak terlalu lama, tapi dngan paket di indonesia yang pakai kuota pasti lama hehe. Apalagi setahu saya pada wp sinkronisasi nya benar benar rakus data hehehe

    Apabila dibandingkan dengan Acer E2 atau C1 bagaimana? Saya juga mempertimbangkan Xperia P juga gakaxy tab 2 (dengan harga seken) hehe

  12. Pak Pandu,

    Ah iya, saya lupa menyebutkan Acer. Saya belum pernah mencoba C1 dan Xperia P. Kalau Acer Liquid E2 pernah mencobanya dan secara umum lumayan. Tapi, saya menjumpai anomali pada baterai. Review Liquid E2 versi saya akan saya unggah ke blog ini dua hari lagi.

  13. Oke pak herry ditunggu review lengkapnya, oh iya saran saya dicobakan juga game subway surf pada review pak. Karena menurut saya hasil benchmark tidak tentu berbanding lurus dengan kenyamanan game tsb. Hehe terima kasih pak herry

    1. Pak Pandu,

      Wah, request-nya terlambat nih. Saya sudah beralih ke Sony Xperia SP.

      Saya pribadi tidak berpatokan pada hasil benchmark. Skor benchmark sekadar untuk diketahui.

  14. Wah gimana kesannya pakai Xperia SP pak ? Saya juga ngidam nih hehe,, saya akhirnya berlabuh pada Galaxy Tab 7.0 Plus nih hehe lumayan dapet harga seken yg lumayan.

    Memang pak benchmark tidak menjadi acuan, walau benchmark tablet ini mungkin kecil dibanding andromax U atau pun ponsel cina quadcore tapi tablet ini benar benar lebih powerfull dibanding pocin tsb

  15. Pak Herry, tolong tanya
    Kalo di Android sekarang kan jamannya minimal dualcore, internal 8GB, RAM 1GB ya itu baru cocok untuk standard minim spek nya. Jika Windows menurut pak Herry gimana ya ?

    Lalu ini Lumia 720 tahan battery seberapa ? Ada recommend HP merk / seri laen yang pake Windows tapi budget sekitar 2 jutaan ?

    1. Pak Rianto,

      Single core 1 GHz pun sudah lumayan enak, tetapi kalau bisa dual core lebih baik. RAM 512 sudah memadai. Memori internal 8 GB juga cukup.

      Saya lupa dulu dengan pemakaian ala saya baterai Lumia 720 bisa bertahan berapa lama. Kalau tak salah, mulai pagi sampa malam. Ehm… sekitar 12 jam deh.

      Dengan anggaran Rp 2 jutaan, ada Lumia 620 yang harga barunya sekitar Rp 2,35 juta.

  16. Kalo Windows, aplikasi bisa masuk microSD nda ya ?
    Lalu kalo sistem kerja RAM nya apa seperti di Android ya ? Soalnya kalo mirip ma Android, RAM 512 rasanya dah gak kuat kalo dah keisi Facebook, Ymail, app chat lainnya.

    Kalo merk Htc / Samsung yang windows ada murah juga, pak ?

  17. Pak Rianto,

    Aplikasi masuk ke memori internal. Entah bisa diakali supaya masuk ke microSD atau tidak.

    Detail cara kerja RAM saya tak terlalu tahu. Sepintas sih mirip Android.

    Windows Phone termurah HTC masih lebih mahal daripada Nokia Lumia, Pak. Harga jual HTC bekas juga lebih anjlok. Kalau Samsung dengan WP8 belum ada yang masuk ke sini.

  18. Jadi baterai hanya bertahan 12 jam? Berarti lebih boros daripada baterai Xperia SP tahan 14 jam donk? Sori banyak tanya karena tidak mau nyesel pake….

  19. Wah Pak Pandu saya senasib ne, notifikasi Whatsapp sama Wechat telat terus, Kenapa ya bisa begitu, padahal di background App statusnya Allow. Sepertinya Microsoft harus cepat2 cari solusinya masa kalah sama nokia Asha keponakan saya :D. oya saya pake nokia 520

  20. ini kan batrenya ga bisa d ganti ya ? terus unibodi. nah kira-kira kekurangan kalo unibodi dan batrenya gimana ?

    1. Bu Tia,

      Yup, baterai ditanamkan. Sisi minusnya ya nggak bisa gonta-ganti baterai atau membawa baterai cadangan. Kelak, ketika baterai sudah drop, penggantian mesti dilakukan ke pusat perbaikan resmi. Tak bisa dilakukan sendiri.

  21. Aslmualaiqum.
    Pak saya adlah slah 1 pengguni lumia 720, tapi syangnxa saya mendapt kendala baterai lumia sya udah bocor, trus menurut apakah ada bterai lumia 720?
    Sya ingn menggantinya…
    Mksh pak

    1. Pak Muhammad Naili,

      Anda bisa melakukan penggantian baterai Lumia 720 di pusat perbaikan resmi Nokia. Kalau masih bergaransi resmi dan usia pemakaian kurang dari enam bulan, seharusnya Anda dapat memperoleh penggantian gratis.

  22. Maaf gan ,sya mau mnta slusi nih.sya pke L720,tp kmera utama sya tdak bsa buat fto.tiap x sya buka tmpilanya cma gelaap doank.mhon bntuanya,,,mksih

    1. Pak Feri,

      Maaf, mohon lain kali tidak menggunakan kata sapaan “gan” di blog ini.

      Coba lakukan factory reset. Bila kamera tetap tak bisa digunakan, berarti Anda perlu membawanya ke pusat perbaikan resmi Nokia. Bukan mustahil terjadi kerusakan di peranti keras (hardware) kamera.

    1. Pak Heru,

      Ini maksudnya hard reset Lumia 720? Seharusnya maksimal belasan menit deh. Kalau sampai tiga jam, hal itu tidak wajar.

  23. Pak Pandu *terus terang saya bingung Pak Pandu siapa*, silakan memberikan pencerahan kepada Pak Abdul Manap ya.

    Pak Abdul Manap, kalau boleh ikutan menjawab, BBM belum tersedia untuk sistem operasi Windows Phone. Jadi, mau Lumia 520 atau Lumia 720, keduanya belum bisa BBM.

  24. pak hery sw, kode yang bapak bilang *#*#4636#*#* emang dah pernah nyoba? itu namanya asal jawab pak. kode itu ga bisa, maaf.

    1. Pak Andi Putra,

      Dulu saat mencoba Lumia 720, saya memang sengaja melakukan lock 3G.

      Kalau kode itu tak bisa, coba pakai ##3282# atau ##3282. Namun, kode tersebut takkan berfungsi lagi bila Lumia Anda sudah di-update ke Amber.

  25. Akhirnya kebeli juga dimalam Imlek kemaren dgn harga 2,4 juta. Terbukti utk hasil jepretan kamera lumayan bagus dibanding HP yg seharga. Penguncian lokasi/ GPS hanya butuh waktu tidak lebih 15 detik. Dan pergeseran layar sangat responsif seperti iphone/ ipad.

  26. Pak HSW, do komen sebelumnya ada kutipan tdk bisa video call?? Apakah benar tdk bisa video call? Walaupun pake third party? Mau beranjak dari android ke windows phone. Ada review yg membahas android vs windows phone ngga?

    Terimakasih

    1. Pak Benny Alim J.,

      Ya, Lumia 720 tidak bisa dipakai untuk ber-video call menggunakan layanan 3G operator. Setahu saya, juga belum ada aplikasi buatan pihak ketiga yang dapat melakukan hal itu.

      Btw, video call yang saya ceritakan di atas berbeda dengan video call menggunakan akses internet seperti Skype ya.

      Tidak ada review perbandingan Android versus Windows Phone.

  27. Pak Henry, saya mau tanya kekurangan dari NL720 apa saja ya karena setelah saya review dari beberapa sumber diantaranya ada susah di reset, frozen screen, tidak bisa bluetooth ke ponsel selain nokia dan beberapa yang msh ditoleransi.
    dan apakah transfer data (gambar vidio) PC dapat dilakukan?

    Mohon maaf jika review saya ada yg salah mohon dibenarkan dan diberikan saran. Terimakasih

    1. Pak Romo,

      Susah direset, layar frozen, dan beberapa yang Anda sebutkan kebetulan tidak pernah saya alami. Sisi kurang menarik dari Lumia 720, menurut saya, dari sisi sistem operasi. Windows Phone bagi saya tidak sefleksibel Android. Andaikan Lumia 720 bersistem operasi Android, wah… mantap deh.

  28. Pak Herry, saya mau tanya, Lumia 720 ini dibanding Redmi 1s kameranya bagus mana ya? Kalau hanya menilik kamera dan umur baterai, mana yang lebih anda sarankan? Terima kasih sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *