Review Nokia Lumia 730 Dual SIM: Selfie Oke, Wefie pun Boleh

Pertengahan tahun lalu penulis menguji pakai Nokia Lumia 720. Hasil akhirnya, penulis puas dengan kinerja kamera ponsel yang dijual Rp 3,45 juta itu. Dulu penulis menyatakan, umpama selot micro SIM dan microSD Lumia 720 dapat diakses tanpa memakai alat bantu, ponsel tersebut akan lebih menarik. Apalagi, bila ia memakai baterai yang bisa dilepas pasang. Bukan baterai tanam.

Kini harapan penulis dipenuhi oleh Nokia Lumia 730 Dual SIM. Bahkan, sebenarnya bukan sekadar dipenuhi. Masih ada bonus kemampuan dual SIM GSM-GSM dan peningkatan spesifikasi umum. Asyiknya, harga jual perdana Lumia 730 justru lebih murah ketimbang Lumia 720 saat baru beredar. Ponsel itu dibanderol Rp 2,999 juta.

Lumia 730-1

Lumia 730 hadir dengan layar ClearBlack 4,7 inci beresolusi 1.280 x 720 piksel. Warna hitam disajikan benar-benar hitam, bukan abu-abu tua. Beragam warna lain juga ditampilkan dengan prima oleh layar yang telah mengadopsi Corning Gorilla Glass 3 tersebut.

Dua nomor GSM dapat siaga bersamaan di Lumia 730. Keduanya menggunakan kartu micro SIM. Pengguna bebas menentukan nomor mana yang akan digunakan untuk berinternet. Nomor itu selanjutnya dapat berpindah otomatis dari jaringan 2G ke 3G atau sebaliknya. Pengguna mustahil mengunci ponsel supaya selalu berada di jaringan 3G. Asalkan didukung layanan operator, pengguna berpeluang menikmati layanan HSPA 21 Mbps.

Kala ponsel siaga dan pengguna ingin menyalakan layar, pengguna tinggal mengetukkan jari ke layar. Tuk… tuk…. Dua ketukan ringan itu bakal menyalakan layar yang sebelumnya padam. Ingin memblokir telepon dan SMS masuk dari nomor tertentu? Masuklah ke settings, gulirkan layar ke bawah, dan pilih call+SMS filter. Lakukan pengaturan di sana.

Sepasang kamera tersedia di Lumia 730 yang bersistem operasi Windows Phone 8.1 – Lumia Denim itu. Kamera 6,7 megapiksel di sisi belakang memanfaatkan lensa Carl Zeiss 26 milimeter dengan bukaan f/1,9. Kamera berlampu kilat dan fokus otomatis itu maksimal menghasilkan foto beresolusi 2.848 x 2.144 piksel. Bila difungsikan sebagai perekam video, ia mampu memproduksi klip video beresolusi full HD 1080p.

Lumia 730-2

Karena berlensa Carl Zeiss, kinerja kamera utama Lumia 730 mudah ditebak. Hasil jepretannya pantas diacungi jempol. Lebih bagus mana dibandingkan kamera Lumia 720 yang juga berlensa Carl Zeiss? Secara umum setara. Namun, khusus pemotretan di tempat yang minim cahaya, Lumia 730 harus mengaku kalah. Sebab, dalam bahasa awam nih, foto yang diproduksi warnanya kurang keluar.

Satu kamera lain Lumia 730 berada di sisi muka dan sebenarnya menjadi fitur unggulan Lumia 730. Ia mampu menghasilkan foto beresolusi sampai 5,02 megapiksel dan klip video full HD 1080p. Lensa 24 milimeter dengan bukaan maksimal f/2,4 tersebut memungkinkan pengguna leluasa berfoto selfie. Jangankan selfie. Mau wefie pun dapat dilakukan dengan mudah.

Wefie? Ya, wefie. Bukan Wi-Fi atau wife. Kalau selfie adalah aktivitas memotret diri sendiri secara mandiri, wefie ialah selfie yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. Lantaran kamera depan Lumia 730 memakai lensa sudut lebar, tanpa memakai tongsis pun pengguna bisa ber-wefie dengan mudah.

Asal tahu, bulan lalu Nokia bekerja sama dengan Coca Cola sukses melakukan selfie dengan jumlah orang terbanyak sedunia. Sebuah foto yang dijepret memakai Lumia 730 sukses merekam 1.151 orang. Kepalanya terlihat kecil-kecil dong? Partisipan di deretan depan terlihat sangat jelas. Semakin ke belakang tentu semakin kurang jelas.

Lumia 730-20

Masih soal selfie, ponsel berdimensi fisik 134,7 x 68,5 x 8,7 milimeter dan berat 130,4 gram itu dibekali aplikasi Lumia Selfie. Aplikasi tersebut membantu pengguna mempermak hasil selfie. Tersedia beragam filter yang bisa dipilih. Misalnya, elegant, B&W (hitam putih), fresh, vintage, retro, dan lomo.

Hal yang menarik, pengguna bisa pula “melakukan operasi plastik” terhadap wajahnya. Mata bisa dibuat lebih besar dan putih. Pipi yang tembem dapat disulap menjadi lebih tirus. Kulit wajah tampak kasar? Dengan mudah bisa dibikin mulus bak artis Korea.

Spesifikasi lain Lumia 730, di antaranya, prosesor empat inti (quad core) Qualcomm Snapdragon 400 MSM8926 1,2 GHz, RAM 1 GB, ROM 8 GB, dan selot microSD. Saat ponsel belum diutak-atik, sisa memori internal menembus 3,64 GB. Sumber daya ponsel berasal dari baterai 2.220 mAh yang dapat dilepas pasang dengan mudah.

Lumia 730 juga dibekali Wi-Fi, bluetooth, GPS, NFC, dan radio FM. Fitur khas Nokia seperti HERE Maps, HERE Drive+, dan MixRadio tetap tersedia. Untuk memantau jumlah pemakaian data, pengguna cukup mengakses Data Sense.

Kalau Anda hobi mengoleksi ponsel yang dianggap bersejarah, Nokia Lumia 730 Dual SIM wajib dibeli. Sebab, ia merupakan ponsel Nokia Lumia terakhir yang menyapa Indonesia. Takkan ada lagi Nokia Lumia. Anda akan disapa oleh Microsoft Lumia, diawali dengan Microsoft Lumia 535 Dual SIM.

***

Inilah foto-foto yang dihasilkan Lumia 730 Dual SIM.

Lumia 730-3

Lumia 730-4

Foto di bawah ini dijepret di samping wastafel sebuah hotel. Kondisi cahaya tak terlalu terang dengan lampu yang cenderung kuning.

Lumia 730-5

Lumia 730-6

Lumia 730-7

Tinggi dua mainan berikut ini masing-masing hanya empat sentimeter.

Lumia 730-8

Lumia 730-9

Waktu pemotretan pukul 17.34. Cuaca mendung.

Lumia 730-10

Waktu pemotretan pukul 18.17.

Lumia 730-11

Lumia 730-12

Seluruh foto di bawah ini dijepret menggunakan kamera depan Lumia 730 Dual SIM.

Lumia 730-13

Lumia 730-14

Lumia 730-15

Sekarang saatnya bermain-main dengan fitur Lumia Selfie. Ini foto yang orisinal.

Lumia 730-16

Yang ini sudah dipermak. Perhatikan mata, pipi, dagu, dan gigi saya.

Lumia 730-17

Wajah masih terlihat kasar ya?

Lumia 730-18

Anggap saja ini aktor kesiangan dari Korea deh. Kulit wajahnya mulus. 🙂

Lumia 730-19

129 thoughts to “Review Nokia Lumia 730 Dual SIM: Selfie Oke, Wefie pun Boleh”

  1. Makasih pak herry atas reviewnya.. Pak herry saya masih penasaran sama hasil foto utama apabila mem foto obyek orang dengan lampu flash apa mata obyek masih spt mata kucing yg menyala pak?? Karena di lumia 720 saya saat memfoto orang dengan flash pasti di matanya menyala.

  2. Wah, akhirnya reviu sudah keluar 🙂

    Sepertinya menarik sekali Lumia 730 ya om, dari reviu yang ada kayaknya produk ini bagus banget. Apa memang Lumia 730 ini tidak ada sisi minusnya, selain kualitas foto pada malam hari dibandingkan Lumia 720.

    Baterai mampu bertahan berapa lama om?

    1. Pak Kuatwj,

      Sisi minusnya sudah langsung saya selipkan di tengah-tengah paragraf lho. Ayo silakan dibaca ulang lagi secara perlahan. 🙂

      Baterai bisa tembus 12-14 jam.

  3. Akhirnya di review juga sama pak herry. Klo di adu sama sony xperia C3 hasil kameranya gimana pak lebih bagus yg mana? Sekarang microsoft lumia 535 udah ada di indonesia pak, apa ada rencana untuk di review?

    1. Pak Rudi Ismayadi,

      Terkait kamera, skor akhir sangat pantas dibilang imbang.

      Lumia 535 masih dalam tahap pre-order, Pak. Baru ada di pasar pada 12 Desember 2014. Kemungkinan akan saya review.

  4. maksudnya gak bisa lock di 3G only ato sebaliknya lock di 2G only gmn itu om?
    pernah coba liat lumia 730 di nokia wtc, di setting itu kan ada pilihan koneksi jaringan 2G, 3G. bukannya itu buat pilih jaringan mana yg ingin kita pakai??
    bisa dijelaskan mksudnya om…?

    1. Pak Roni Sanjaya,

      Yang saya maksud dengan 3G only itu ponsel diarahkan selalu berada di jaringan 3G. Jadi, kondisi yang mungkin terjadi hanya “dapat sinyal 3G” atau “sama sekali tidak mendapatkan sinyal alias SOS”.

      Di ponsel Windows Phone, pilihan yang tersedia hanya dua. Pertama, otomatis yang memungkinkan ponsel berpindah dari jaringan 2G ke 3G atau sebaliknya secara otomatis. Kedua, 2G only.

      Zaman dulu, waktu versi sistem operasi Windows Phone masih 7.5 atau 7.8, ada kombinasi kode tertentu yang memungkinkan ponsel dikunci di 3G only. Seingat saya, sejak Windows Phone 8, belum ada cara untuk memaksa ponsel selalu berada di jaringan 3G. Kombinasi kode yang dulu ampuh berubah menjadi tak bermanfaat.

  5. keren review nya,jd makin suka sm lumia730 hehehe,,masi nunggu hrg nya turun aja lah.3juta masi mahal buat saya.the last Nokia Lumia with perfect dual cameras..hehehe..

  6. maksudnya gak bisa lock di 3G only ato
    sebaliknya lock di 2G only gmn itu om?
    pernah coba liat lumia 730 di nokia wtc, di
    setting itu kan ada pilihan koneksi jaringan 2G,
    3G. bukannya itu buat pilih jaringan mana yg
    ingin kita pakai??
    bisa dijelaskan mksudnya om…?

    1. Pak Roni Sanjaya,

      Sudah saya jawab ya. Lain kali tolong agak bersabar. Saya tidak mungkin selalu memantau blog ini.

  7. Trmkah Koh atas review nya,meskipun telat karena tak sabar saya keburu beli hehe.
    Tambahan saja. Krn terbiasa pk leno p770 bagi saya batre lumi730 terasa boros. Pdhl saya cm pake 1 sim 3 aon utk internetan sj tnp pk utk tlp bisa 2 x charge sehari. Mungkin krn aingal 3 sdg jelek2 nya.
    Kedua,posisi power di sisi tengah kadang sgt membantu tp sering jg mengganggu krn tak sengaja terpencet.
    Minus lain posisi sim dan micro sd yg tak bisa hot swap jd tak bisa gonta-ganti dgn mudah.

  8. Lanjut:
    Ini ponsel WP pertama saya setelah coba android. Yg bikin jatuh hati dr WP adalah sepertihalnya ios mereka tdk fakus RAM. Kesimpulan saya ttg android, semakin canggih spek nya meski diberi RAM 2 GB ttp sj akan kepayahan. Itulah knp org disebelah saya meskipun sdh punya glxy note 4 akhirnya dia beli lumi730.
    Main game2 berat di hh ini lancar jaya. Hil yg mustahal yg saya lakukan di tab 3 8′ dan leno770 saya. Satu hal yg mah saya pastikan adalah apakah benar WP lebih makan kuota karena live tilenya. Soalnya ketika data sense saya aktifkan terlihat hanya beberapa hr saya pakai kuota 3 saya berkurang tajam. Namun hal ini blm saya bisa simpulkan.
    Utk audio sayang nya menurut saya kualitas earphone nya justru biasa saja. Tapi kl keluaran suara dr speaker sdh bagus meski jg gdk istimewa.
    Nanti boleh lanjut ya koh setelah saya coba2 lagi ????

    1. Pak Edi,

      Eh, ada satu pertanyaan yang tadi terlewat saya jawab. Bergantung tile-nya diisi apa saja. Kalau yang always online memang akan mengonsumsi data.

  9. Bagian 3 🙂
    Yg bikin saya ngebet dan g sabar beli lumi 730 krn fitur tuk..tuk..dan guest mode nya. Tdnya sy mau pilih HH brand tetangga nmn urung krn beberapa alasan yg saya sebutkan sebelum nya terkait penyakit robot hijau. Body lumi730 yg ringan bs jd plus minus. Ia tdk bikin tangan saya pegal seperti ketika pegang leno770 tp juga kadang 2 gampang melayang dr genggaman. Triknya adalah jari kelingking menjadi bantalan dibawah sedangkan 3 jari lagi menjadi bantalan dibelakang.
    Mohon maaf sdh posting banyak 2 ya koh.

  10. sekedar info buat kuota nya yg srg cpt abis mungkin krn auto upload ke onedrive nya aktif kali ya,soalnya kl suka motret2,foto2 yg kita ambil lsg di upload ke onedrive scr otomatis..

  11. kalo lumia 730 ini apakah pada saat mendownload file via intrnet, jika pada saat masih proses download layarnya kita lock, apakah proses download itu tetap berjalan di background apa berhenti dan hrus diulang lg?

    1. Pak David,

      Saat mengunduh aplikasi dari Store, kebetulan layar pernah sampai padam. Hasilnya, proses unduh tetap berjalan.

  12. Numpang tanya koh untuk ketahanan batrai jika d bandingkan dgn acer e700. Dngn 3 sim aktif semua lebih tahan mana. Secara harga 11-12

    1. Pak Harris,

      Boleh coba cari LG A230. Itu ponsel tipe lama yang keluar sebelum A275. Namun, sampai sekarang justru masih ada toko yang punya stok. Harga sekitar Rp 350 ribu.

  13. Wih keren Lumia 730 nya, desainnya mitip Lumia lawas ya pak… Soal jepretan, Lumia memang mantap, hihihihi walo saya cuma pake Lumia 520, hasilnya oke… Tapi memang warnanya kurang nendang 😀 Oya pak, itu dual SIM nya bisa 3G semua secara bergantian atau suma SIM 1 saja yang bisa 3G?

    1. Pak Tuxlin,

      Hanya satu nomor yang bisa masuk ke jaringan 3G. Kalau akses data memakai SIM1, maka SIM1 yang bisa masuk ke jaringan 3G. Kalau akses data memakai SIM2, berarti SIM2 yang bisa masuk ke jaringan 3G.

  14. Bung herry,bagaimana caranya merubah sim card dari mini sim ke micro sim. Apakah harus ke service center atau ke toko-toko handphone yang menerima jasa pemotongan sim card atau di potong sendiri. Terima kasih.

    1. Pak Tri Firmansyah,

      Ada beragam alternatif yang bisa dilakukan:

      1. Datang ke kantor layanan operator seluler yang Anda gunakan. Sesampai di sana, Anda bisa meminta tolong dipotongkan atau ganti dengan kartu baru berukuran micro SIM.

      Kalau minta tolong dipotongkan, tidak ada biaya alias gratis. Kalau ganti dengan kartu SIM baru, nomor pascabayar biasanya gratis. Kalau nomor prabayar akan dikenakan biaya. Besarnya bervariasi, mulai Rp 2.000 sampai Rp 10.000, bergantung operatornya. Yang paling mahal XL.

      2. Dibawa ke toko ponsel yang menyediakan jasa pemotongan kartu. Biayanya Rp 5.000.

      3. Dipotong sendiri. Kalau belum terbiasa, saya tidak menyarankan hal ini.

  15. Pak Herry, saya ada pertanyaan ;

    1. Pada rentang harga yang sama dengan Lumia 730 ada G2 mini. Menurut pak Herry, diantara kedua smartphone tersebut mana yang lebih baik dan dalam hal apa saja? (keduanya pernah direview oleh pak Herry)

    2. Layanan purna jual Lumia 730 bagaimana ya pak Herry?

    Saya suka dengan review dari pak Herry. Keep posting ya pak, saya nantikan posting/review Bapak yang lain. Terima kasih

    1. Bu Aditia,

      1. Saya pribadi lebih memilih G2 Mini dengan alasan:
      * Bagi saya Android masih lebih nyaman daripada Windows Phone.
      * G2 Mini dilengkapi fitur ketuk-ketuk layar untuk menyalakan maupun memadamkan layar. Kalau di Lumia 730 Dual SIM, ketuk-ketuk layar hanya berfungsi untuk menyalakan layar. Tak bisa memadamkan layar.
      * G2 Mini bisa difungsikan sebagai remote control TV.
      * Layanan pusat perbaikan resmi LG lebih bagus daripada Nokia.
      * Harga jual G2 Mini saat ini lebih murah daripada Lumia 730 Dual SIM.

      2. Layanan purna jual Nokia saat ini lebih bagus daripada dulu. Mungkin karena sekarang sepi ya?

  16. pak herry kan udah pernah mereview LG G2 Mini, dan skrg Lumia 730, nah selama pak herry menggunakan kedua smrtphone tsb, manakah yg menurut pak herry lebih unggul performanya? tanpa melihat segi hrga, krn hrg menurt saya itu relatif.
    terima kasih

    1. Pak David,

      Saya memilih G2 Mini. Alasannya silakan dibaca di atas ya. Kebetulan saya usai menjawab pertanyaan serupa dari seorang pembaca.

    1. Pak Sukoco,

      Saya lebih memilih G2 Mini. Alasannya silakan dibaca di atas ya. Saya sudah jelaskan saat menjawab pertanyaan dari seorang pembaca.

  17. Pak tri firmansyah

    Bisa juga dipotongkan di tempat jual pulsa yg jg jual kartu perdana. Kadang ada yg punya alat potongnya.
    Saya dulu potong micro sim di tempat jual pulsa. beli pulsa dulu trus minta tolong ptongkan sim, jadinya ga bayar 😀

  18. Saya pernah pakai Lumia 520 saat awal2 launching. Kesan saya ponsel WP lebih smooth dari ponsel Android. Pendayagunaan RAM lebih efisien. Saya mundur dari WP karena aplikasi masih terbatas saat itu. Apalagi Lumia 730 ini, dimana aplikasi2 utama Android sudah bisa dijumpai. Jadi pengen coba.

  19. Pak Herry yang baik hati, maaf pertanyaan saya keluar dari jalur, karena saya bingung mau posting di mana. Saya ingin bertanya apakah ponsel nokia 130 layak beli? saya ingin membelikan untuk orang tua saya. Kalaua tidak salah ada music player nya juga, dual sim, dan yang pasti sistem pengoperasiannya mudah. Menurut bapak bagaimana kinerja ponsel tersebut, apakah layak untuk dibeli mengingat harganya cukup terjangkau. Terima kasih

    1. Pak Buz,

      Sudah, tetapi kata beberapa teman yang rutin ber-BBM, belum sebagus BBM di Android dan iOS. Saya sendiri kebetulan bukan pengguna BBM.

  20. Lebih baik mana antara Nokia Lumia 730 dg Sony Xperia C3 dr segi hardware n kamera depan belakang.. thanks Pak Henry Yth..

          1. Oh gt ya Pak, unggul tipis lumia 730..
            Klo kamera depan ato mukanya Pak, prefer mana, melihat sony disertai flash,,
            Thanks Pak Herry Yth atas jawaban2nya.. 🙂

          2. Pak Bally,

            Dengan asumsi memotret pakai kamera depan dan sama-sama tanpa flash, Lumia 730 lebih bagus.

            Namun, kalau pemotretan memakai kamera depan itu dilakukan di tempat gelap dan Xperia C3 mengaktifkan lampu kilat, ya hasilnya lebih bagus Xperia C3.

  21. Selamat Siang Pak Herry, maaf ingin meminta pendapat mengenai ponsel yang lebih layak dibeli dari segi kameranya yaitu antara Nokia Lumia 730 atau Xiaomi Redmi Note. Manakah yang memiliki hasil jepretan lebih baik?

  22. Sebenarnya apa pengaruh Mp (megapiksel) untuk hasil jepretan, Pak?
    Mohon penjelasannya dengan analogi yang mudah dipahami hehe soalnya saya baca di beberapa blog/web kurang begitu paham. Mungkin Pak Herry bisa membantu 🙂 Terimakasih sebelumnya.

    1. Pak Cipta K,

      Megapiksel menunjukkan resolusi/ukuran foto terbesar yang bisa dihasilkan. Anggap saja begini (hitung-hitungannya tidak benar-benar presisi ya):
      * Kamera dua megapiksel mampu menghasilkan foto seukuran kertas foto 3R.
      * Kamera tiga megapiksel sanggup memproduksi foto seukuran kertas foto 4R.
      * Kamera sepuluh megapiksel dapat menghasilkan foto seukuran tabloid.

      Bagus tidaknya foto lebih ditentukan oleh lensa, prosesor, dan sensor yang digunakan.

  23. Mengingat kamera Redmi Note dilengkapi dengan 13 Mp sedangkan untuk Lumia 730 “hanya” 6.7 Mp. Karena pekerjaan saya terkadang membutuhkan survey lapangan, saya butuh smartphone dengan kamera yang bagus, Pak, untuk membackup kamera utama. Sekali lagi dengan kebutuhan saya yang seperti itu, manakah yang harus dipilih? Terimakasih banyak Pak Herry semoga berkenan menjawab dan memberikan masukan 🙂

    1. Pak Cipta K.,

      Hasil foto kamera ponsel itu rencananya akan dilihat di laptop/PC atau dicetak? Kalau dicetak, sampai seberapa besar?

      Bila cuma dilihat di laptop/PC, saya tetap merekomendasikan Lumia 730. Bila akan dicetak, saya perlu tahu dulu bakal dicetak seberapa besar.

  24. Pak Herry,

    Terimakasih banyak Pak atas kesediaannya memberi masukan. Kemungkinan di cetak namun dimasukan dalam laporan bukan berdiri sendiri. Apabila dibandingkan dengan Iphone 4S, hasil foto kamera Lumia 730 tidak kalah jauh ya pak?

  25. Pak saya mau tanya.kalau hp ini bisa pake timer apa ga kameranya?
    Trus apakah benar kalau pake timer trus ambil gambar lagi harus mengatur timernya lagi?
    Trimakasih

    1. Pak Danang,

      Maaf, saya baru bisa merespons pertanyaan Anda pada hari ini. Pada 25-27 Februari 2015 saya menjalani aktivitas yang padat di luar pulau. Sehingga, relatif tak sempat menjawab pertanyaan masuk.

      Harga belum berubah. Harga Lumia 730 Dual baru dan bergaransi resmi Rp 2,999 juta.

  26. Pak herry saya ingin tanya. Dulu saya pengguna WP yang os nya masih 7.8 tapi banyak kekurangan nya notif dari aplikasi seperti line dan yang lain sangat lamban kadang jaringan internet nya jelek saya sudah coba hampir semua operator dan hasil nya sama lemot.
    yang saya ingin tanyakan apakah lumia 730 dual ini sudah bagus di segi jaringan dan minim masalah?
    Dan jika ingin konek ke komputer apa masih harus menggunakan aplikasi zune?
    Trimakasih sebelum nya pak

    1. Pak Alan,

      Saya tidak tahu kondisi Line seperti apa. Sebab, saya tidak memakai aplikasi chatting tersebut.

      Kalau WhatsApp, mulai Windows Phone 8 terasa lebih lancar daripada zaman dulu. Dulu seringkali ponsel berbunyi sebagai penanda ada pesan baru WhatsApp yang masuk. Namun, ketika dibuka, pesan tak langsung muncul. Ada proses loading beberapa detik dulu. Di Lumia 730 hal itu tidak terjadi lagi.

      Yang saya tak suka dengan Windows Phone keluaran terkini, pengguna tidak bisa mengunci ponsel supaya selalu berada di jaringan 3G (3G Only).

      Untuk konek ke komputer, tak perlu pakai Zune lagi.

  27. No problem, pak

    Waaw, masih stagnan diharga segitu ya pak?
    Kira2 harha wp bakal turunturun dikisaran bln apa?

    1. Pak Danang,

      Iya. Saya perhatikan sekarang harga Nokia Lumia jarang turun. Namun, sekali turun langsung lumayan banyak. Pengendalian harga lebih mudah dilakukan karena kini yang jualan Lumia praktis hanya gerai-gerai berjaringan nasional (Erafone, Oke Shop, dll). Toko-toko perorangan jarang yang menjual Lumia. Sebab, pemiliknya enggan kulakan seri Lumia.

      Entah kapan akan turun harga.

  28. Pak Herry saya mau tanya :

    1. Pak saya sering menggunakan layanan push email untuk kegiatan sehari hari,apakah notifikasi email (kebetulan pake gmail) selalu tepat waktu dan mudah diketahui saat ada email masuk seperti halnya d android??bagaimana juga dengan notif LINE dan BBM??
    2. Kalo misalkan spek dan perlakuan yang sama antara android dan lumia,manakah dari keduanya yang baterenya lebih tahan lama??

    Terimakasih

    1. Pak Budz,

      1. Anda selama ini memakai ponsel Android, bukan? Untuk Gmail, di Windows Phone intinya sama dengan Android.

      Untuk Line, maaf, kebetulan saya tak pernah pakai. Untuk BBM, notifikasi BBM di Windows Phone masih sering terlambat. Notifikasi itu baru muncul ketika pengguna membuka aplikasi BBM. Dengan kata lain, BBM di Android masih lebih bisa diandalkan daripada BBM di Windows Phone.

      2. Mestinya sih relatif sama, Pak.

  29. pak, bila dibanding dengan lumia serie 920 atau 925 lebih baik mana cameranya?
    rencana mau cari 2nd
    terimakasih

    1. Pak Budi,

      Saya tidak pernah mencoba Lumia 925. Kalau Lumia 730 versus Lumia 920, hasil fotonya lebih bagus Lumia 920.

    1. Pak Nanda,

      Terus terang saya tak pernah coba memainkan file musik berformat FLAC di Lumia. Dulu banget sih pemutar musik bawaan Lumia tak mendukung FLAC. Kondisi terkini saya kurang tahu.

      Sepertinya Anda penikmat musik ya. Buktinya, koleksi file musik Anda berformat FLAC.

    1. Pak Aries,

      Silakan mencarinya di gerai Erafone, Oke Shop, Sentra Ponsel, atau Global Teleshop. Jangan mencari di toko-toko milik perorangan.

  30. Tambahan Om Herry, kalo mau matikan screen, ada opsi utk tap 2x di navigation bar di bawah, jadi 2 klik di antara tombol back dan logo windows trus layar mati dan ponsel terkunci 😀

  31. Pak Herry mau tanya, saya beli Lumia 730 Desember 2014. Kalau sedang charge baterai saya tinggal tidur dari jam 9 malam sampai jam 5 pagi. Akhir akhir ini kalau saya internet dari jam 5 pagi yang masih 100% sampai jam 8 tinggal 40% Apakah itu termasuk indikasi baterai bocor? Terimakasih sebelumnya.

    1. Pak Gana,

      Saat men-charge ponsel, ponsel Anda biarkan aktif seperti biasa atau Anda pindahkan ke airplane mode?

      Pada pukul 05.00-08.00 pagi itu, aktivitas internet apa saja yang Anda lakukan? Di jaringan 2G atau 3G? Kondisi sinyal bagaimana?

  32. Saya mencharge dalam keadaan data seluler menyala tapi layarnya mati Pak Herry. Jaringan saya atur di 3G & kekuatan sinyal 3-4 balok dr 5 balok. Hanya buka website berita.

    Kalau tidak salah pertama kali beli dulu di Battery Saver tertulis 1 hari 2 jam keadaan standby jika habis diisi 100%. Sekarang kalau di isi 100% tertulis 15 jam. Kalau punya Pak Herry setelah diisi 100% bisa digunakan berapa jam/hari lagi? Apakah baterai saya sudah mulai rusak ya Pak Herry?

    1. Pak Gana,

      Nah… pangkal masalahnya mulai ketahuan. Anda melakukan pengisian ulang dalam kondisi ponsel siaga dan layanan internet aktif. Dalam jangka panjang, dampaknya kurang bagus untuk baterai ponsel.

      Saya sudah lama tidak memakai Lumia 730. Terus terang saya sudah lupa dulu bisa bertahan berapa lama. Ya, kemampuan baterai ponsel Anda mulai menurun.

  33. selamat sore pak Herry,
    saya termasuk penggemar windows phone ni.
    dan skrg sya mau beli WP 730.
    di batam susah bngt jdi hrs booking dlu ma langganan krn gk da yg jual.

    saya mau tanya,
    1. aplikasi bbm di wp 730 berjalan baik ya pak?
    soalnya di nokia lumia 520 bbmsya suka rusak/ tdk ada pemberitahuan inbox, klu bbmny gk dibuka dulu.
    2. wp 730 atau 640 xl pak?

    1. Bu Juliana,

      1. Kalau perlu BBM, jangan ambil Windows Phone dulu. Masih kurang lancar.

      2. Tak tahu. Lha saya belum pernah mencoba Lumia 640 XL.

  34. Kemarin baru beli ini hh di summarecon, promo hut kemerdekaan, hrgnya 1,599,000 free tongsis 😀 fyi promonya 15-17 agustus

  35. Titip sama kakakku, Koh. Dikirim ke palembang pk jne :)) tapi blm sampe nokiyemnya. Bisa dipake maen hayday nggak ya, Koh? Selama ini blm pernah pk windows phone. Oh iya Koh, acer liquid jadenya bagus, sesuai saran Koh Herry, saya pilih yg putih, lebih elegan :p tapi susah yaa cari antigores sm casenya T_T

    1. Bu Poni,

      Oh ok. Soal Hayday, maaf, saya tak tahu. Lha nggak pernah main game itu.

      Iya, aksesori ponsel Acer memang cukup sulit didapatkan.

  36. Siang Koh, lumia 730 ku udah sampe, tapi bingung Koh makenya, biasa pake andro 🙁 gabisa main hayday juga hiks.. app nya juga terbatas ga kyk andro ya..

  37. kenapa ya, pas saya foto dengan kamera depan lumia 730 hasil pas sudah di foto menjadi menguning/mengorange padahal sebelum di foto nampak bagus hasil warna.
    mohon pencerahannya.
    terima kasih

    1. Pak Andra,

      Terus terang saya juga bingung menjawabnya. Sebab, saya tak mengalami hal itu saat memakai Lumia 730. Coba diperiksakan di pusat perbaikan resmi Microsoft/Nokia.

  38. Dear pak Herry

    Sorry mau tanya juga, saya punya nokia Lumia 730 pemakaian bulan Agustus 15 lalu, untuk penggunaan BBM nya kok sering loading lama ya? malah sering setelah loading trus malah keluar sendiri…mohon pencerahannya pak….thanks

  39. kelengkapan (paket penjualan) lumia 730 apa aja pak? katanya tidak disertakan headset dalam paket penjualan ya..

    sayangnya lumia 730 udh di-discontinued ya, soalnya sekarang udh susah dicari di simpang5 maupum di citraland semarang.. cari yg seken ah selain nyari lumia 540 baru..

    1. Pak You,

      He… he… terus terang saya tak ingat paket penjualannya dapat apa saja. Benar, sudah lama diskontinyu.

  40. Pak Herry,
    Mohon infox….lebih baik mana hp nokia lumia dgn hp microsoft lumia. Infox hp nokia lbih tangguh drpd microsft..apakah sperti itu pak ?

  41. sy hny bisa katakan kalau lumia l730 smartphone super duper,,,,, hp kedua ku setelah l720… review nya bagus… nice info min..

  42. Halo Pak. Menurut Bapak lebih bagus mana antara lumia 730, xiaomi redmi 2, dan lenovo a6600 plus?
    untuk hasil kamera belakang lebih oke mana Pak? terima kasih

  43. Mau tanya Pak Herry

    saya ada lumia 730, apakah ketika layar discroll ada warna keunguan itu normal?

    atau memang layar oled seperti itu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *