Review Oppo Find 5 mini: Umpama Maksimal Tiga Juta

Terpantau sempat jujur selama sekitar dua minggu, promotor Oppo di Surabaya kembali berusaha menyembunyikan fakta. Parahnya, hal itu juga dilakukan oleh promotor yang bertugas di Erafone, sebuah gerai ritel berjaringan nasional. Mereka mengaku Oppo adalah ponsel Amerika yang diproduksi di Tiongkok. Padahal, Oppo adalah merek asli Tiongkok yang agresif berekspansi ke berbagai negara, termasuk Amerika dan Indonesia.

Sebagai ponsel asal Negeri Tirai Bambu, Oppo sebenarnya bukan ponsel berkualitas ala kadarnya. Oppo Find 5 mini menjadi salah satu bukti nyata. Hasil uji pakai yang dilakukan penulis selama setengah bulan membuktikan bila ponsel itu sangat layak diperhitungkan.

Find 5 mini-1

Beragam kemudahan siap dinikmati pengguna. Ketika ponsel terkunci dan layar padam, pengguna cukup mengetuk layar dua kali untuk mengaktifkannya. Bila ada panggilan telepon masuk, pengguna tak usah menyentuh layar. Cukup dekatkan ponsel ke telinga, panggilan masuk otomatis bakal diterima.

Di sisi kanan bodi terdapat tombol volume. Namun, pengguna sebenarnya dapat mengatur tingkat volume tanpa menekan tombol fisik tersebut. Caranya, cukup sapukan dua jari ke atas atau bawah. Bila yang disapukan dengan gerakan sama sebanyak tiga jari, tampilan layar spontan akan dijepret (screen capture).

Find 5 mini juga dibekali guest mode alias mode tamu. Mode itu memungkinkan pengguna menyembunyikan kontak, foto, dan video tertentu. Aplikasi pilihan pengguna bisa pula diatur supaya tidak tersaji di layar.

Asyiknya, pengaturan wallpaper, nada dering, dan aneka hal lain di mode tamu mengikuti mode utama/standar alias owner mode. Hanya orang terlatih yang dapat mengidentifikasi Find 5 mini sedang aktif pada mode tamu atau mode utama. Kondisi itu sangat menguntungkan pengguna. Sebab, privasinya terlindung tanpa membuat orang lain curiga. Daftar kontak, misalnya, terlihat masih menyajikan daftar nama dan nomor telepon. Padahal, beberapa nama kontak yang dikategorikan top secret sudah menghilang.

Selain mode tamu, tersedia holiday mode alias mode liburan. Pada mode tersebut, pengguna awalnya harus menentukan rentang waktu yang dianggap sebagai liburan. Berikutnya, pengguna menentukan nama-nama kontak yang termasuk dalam daftar putih (white list). Selama mode liburan aktif, panggilan dari nomor yang tidak tercantum di daftar takkan membuat ponsel berdering. Kecuali, nomor itu menelepon minimal tiga kali dalam rentang waktu tiga menit.

Find 5 mini-2

Tampilan fisik Find 5 mini alias R827 cukup elegan. Sisi belakangnya mengingatkan penulis dengan Sony Xperia Z. Meskipun berbahan baku plastik, penutup baterai ponsel itu terlihat lebih mewah daripada plastik ala Samsung.

Sayang, untuk membuka penutup baterai Find 5 mini, pengguna harus menusukkan jarum atau klip kertas ke lubang mungil yang tersedia. Sampai sekarang penulis masih tak mengetahui alasan Oppo melakukan hal itu. Seandainya Oppo menyiapkan cekungan kecil di bodi dan pengguna tinggal mengungkitnya untuk membuka, pasti lebih praktis, bukan?

Bila diperhatikan, di sisi bawah ponsel terdapat dua lubang speaker. Hal itu bukan bermakna Find 5 mini dibekali speaker ganda. Kalau ponsel dipegang dalam posisi vertikal, lalu lubang kanan ditutup memakai telapak tangan, ponsel akan membisu.

Spesifikasi lain Find 5 mini, di antaranya, prosesor empat inti (quad core) MediaTek MT6582 1,3 GHz, RAM 1 GB, ROM 4 GB, dan selot microSD. Memori ponsel dibagi dua, phone storage dan system storage. Kala ponsel kali pertama diaktifkan, sisa phone storage mencapai 1,42 GB, sedangkan sisa system storage yang dipakai untuk menginstalasikan aplikasi tambahan hanya 708 MB.

Ponsel berdimensi fisik 137 x 68 x 7,75 mm dan berat 128 gram itu menggunakan dua kartu micro SIM. Pengguna bebas menentukan nomor GSM pertama atau kedua yang diizinkan masuk ke jaringan 3G. Namun, dalam kondisi masih standar pabrikan, pengguna tak bisa mengunci ponsel supaya selalu berada di jaringan 3G.

Di ponsel berlayar IPS 4,7 inci dengan resolusi 960 x 540 piksel tersebut, pengguna juga bakal menjumpai Wi-Fi, GPS, bluetooth, kompas, dan radio FM. Kamera utamanya mampu menghasilkan foto beresolusi delapan megapiksel dan klip video HD 720p. Kamera dengan bukaan lensa f/2.0 itu dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat.

Satu kamera lain terletak di sisi muka. Ia mampu memproduksi foto beresolusi maksimal 1.600 x 1.200 piksel yang bila dibulatkan setara dengan dua megapiksel. Kalau difungsikan sebagai perekam video, kamera itu sanggup menghasilkan klip video HD 720p.

Find 5 mini memanfaatkan sistem operasi Color OS yang berbasis Android 4.2.2 Jelly Bean. Ibarat makanan, ia sebenarnya ponsel Android yang dimasak ulang dan dibumbui agar lebih menggoyang lidah penggunanya. Dengan perilaku pemakaian ala penulis, baterai lithium ion 2.000 mAh yang ditanamkan ke bodi ponsel mampu bertahan sampai 12 jam.

Saat ini Find 5 mini dijual dengan harga Rp 3,699 juta. Umpama harga jualnya maksimal Rp 3 juta, dengan segala kekurangan dan kelebihannya, penulis akan sangat merekomendasikan Anda membeli ponsel itu. Dengan harga jual setinggi sekarang, Find 5 mini tampaknya hanya akan dibeli oleh dua kelompok konsumen. Siapa?

Pertama, pengguna yang tidak memedulikan harga jual. Asalkan senang, berapa pun harganya tetap akan dibayar. Kedua, pengguna awam yang sukses dibujuk rayu sehingga akhirnya meyakini kalau Oppo adalah ponsel Amerika.

Penulis sampai detik ini masih memegang teguh satu prinsip. Sebelum promotor Oppo mau jujur mengungkapkan bahwa ponsel Oppo adalah merek Tiongkok, penulis takkan membeli ponsel itu dan memakainya sebagai ponsel harian. Selama masih ada dusta, kalau pun penulis bertransaksi Oppo, ponsel tersebut hanya dipakai sebatas untuk keperluan review.

***

Paket penjualan terdiri atas ponsel, kabel micro USB, handsfree berkabel, kepala charger 1 A, SIM ejector, dan panduan singkat pemakaian.

***

Berikut beberapa contoh foto yang dihasilkan Find 5 mini.

Pemotretan dilakukan di dalam ruangan. Jendela dengan sinar matahari yang sangat kuat berada di sisi kanan.

Find 5 mini-3

Di lokasi sama dengan foto di atas, tetapi kali ini memakai kamera depan.

Find 5 mini-4

Dijepret di dalam sebuah restoran. Tidak ada cahaya matahari.

Find 5 mini-5

Es krim ini di daftar menu diberi nama “Remaja Bercinta”. Ups… hidung remaja yang kanan jatuh.

Find 5 mini-6

Find 5 mini-7

Find 5 mini-8

***

Screen capture Antutu Benchmark, Quadrant Standard Edition, dan Android Sensor Box.

Find 5 mini-10

Find 5 mini-11

Find 5 mini-9

191 thoughts to “Review Oppo Find 5 mini: Umpama Maksimal Tiga Juta”

  1. Pak Herry,

    Kalau melihat review-nya sebenarnya oppo produk yang bagus dari segi kualitas. Satu contoh saja dari hasil jepretan kamera, gambar yang dihasilkan cukup bagus. terlihat jernih dan minim distorsi..

    Color OS yang diterapkan oopo juga terlihat menarik (saya pernah mencoba UI oppo..)

    Tapi sekali lagi sayang seribu sayang.. Selain harga yang overpriced (bahkan menurut saya lebih overprice daripada Samsung), cara berjualan-nya yang tidak elegan membuat saya jadi ilfil untuk membeli oppo..
    Andai harga yang ditawarkan lbh menyentuh masyarakat dan marketing yang tdk berlebihan saya akan dengan senang membeli produk ini..

    Thanks pak Herry

  2. Saya termasuk salah satu mantan pengguna oppo find clover, sebenarnya produk oppo lumayan bagus dan saya setuju dengan P Erik bahwa cara pemasarannya yg kurang sip alias tidak jujur. Dan pengalaman saya setelah pemakaian 1 bulan dan mau saya jual kembali di tempat saya membeli harga hp tersebut turun Rp 1.000.000 dari harga baru saat saya membeli dan ini berlaku hampir di semua counter. Untung akhirnya ada satu counter yg mau membeli lebih tinggi Rp 250.000 akhirnya langsung saya lepas

  3. Dari semua produk ponsel lokal, ponsel lokal manakah yang terbaik dan juga bila pak hsw memilih, akan memilih yang mana

    1. Pak Budi,

      Kalau secara umum, dulu sih saya menjagokan HT Mobile. Sayang, jagoan saya itu sudah almarhum. Almarhumnya bukan karena tidak laku, melainkan karena ada perpecahan internal.

      Saat ini sih tidak ada yang sangat saya jagokan. Axioo dan SpeedUp sebenarnya masih lumayan. Namun, derajat jagoannya tak setinggi zaman HT Mobile dulu.

  4. pak Herry SW tidak tertarik membahas Nokia X series yg berOS android costum, atau Nexus 5 yg udah make kitkat, atau lenovo yoga tablet sebagai tablet dengan bentuk agak unik mungkin.?
    terima kasih.

    1. Pak Anton,

      Tentu saya tertarik menguji pakai seluruhnya. Namun, kalau harus beli sendiri semua, ya pening, Pak. ๐Ÿ™‚

    1. Pak Yuwono,

      Kalau unboxing tak ada rencana. Sedangkan review dalam bentuk video, saya sudah memiliki rencana. Kelak kalau telah memiliki alat perekam yang cukup bagus plus “ruangan studio”, hal itu akan saya wujudkan.

  5. Ko herry, saya ingin menanyakan ttg hp china dengan merk xiaomi mi3, kira2 kapan ya masuk indonesia? Soalnya saya bnr2 jth cinta setelah melihat tampilan fisiknya. Dan bisa ga direview disini? Thx

    1. Pak Hengky,

      Jadwal mi3 beredar resmi di sini belum diketahui. Kalau yang tanpa garansi sudah beredar secara terbatas kok. Harga pasarnya Rp 6,5 juta.

      Bisa nggak di-review di sini? Kalau Anda sudah punya, lalu meminjamkannya kepada saya, dengan senang hati saya akan mengulasnya. ๐Ÿ™‚

  6. secara umum menurut opini pribadi om herry, oppo menarik tidak untuk dimiliki? kualitas oppo sudah termasuk bandel belum? karena harganya yg menurut saya terlalu berani untuk pemain baru di Indonesia bikin saya bertanya-tanya.

    1. Pak Kuat,

      Tanpa melihat harga dan kejujuran, kinerja ponsel Oppo secara umum tergolong bagus. Di atas rata-rata ponsel Cina deh.

  7. Wah, cukup oke ya sebenarnya…kalau disandingkan dengan lenovo secara kualitas oppo sama atau masih di bawahnya om?

    1. Pak Kuat,

      Ya, tetapi dengan mengabaikan kejujuran dan harga jual ya.

      Kalau dibandingkan dengan Lenovo, saya berani bilang setara, bahkan untuk tipe tertentu di atas Lenovo.

  8. Pak Herry,

    Saya setuju dengan Pak Erik untuk masalah pemasaran. Karena di kota saya tepatnya Jember. hampir semua gerai penjulaan ternama lebih merekomendasikan Oppo daripada Smartphone merek lain (Lenovo, Sony Experia, Samsung, dan lain-lain). bahkan menurut saya cenderung keterlaluan. Saya yang baru pertama kali ingin membeli smartphone pertama saya sampai galau, Pak… Karena saya yang sudah mantap ingin membeli Lenovo S820 dipersulit sekali perihal stock barang yg masih tersegel, garansi, purna jual sampai dengan aksesoris. Hal ini membuat saya bener-bener frustasi, Pak… Saya Mahasiswa yang punya uang pas2an dibuat kelabakan berpikir karena ingin membeli smartphone dengan harga rata2 berkisar 2 juta sampai dengan 3 juta yang pas dihati. Saya takut kecewa karena ini Smartphone pertama saya. Saran dari bapak kira2 Smartphone apa yang berkualitas (Kamera, Video, Musik, dan OS) dan tahan lama antara Lenovo S820, Oppo Find 5 mini, Lenovo P780, Oppo Clover, dan Sony Experia M dual?
    terima kasih sebelumnya, Pak… ^_^

    1. Pak Rezuicy,

      Panduan singkatnya begini:
      * Coret dulu Oppo Find 5 mini karena harganya melebihi anggaran.
      * Kalau ingin yang mungil dan cukup andal, pilihan Xperia M dual.
      * Kalau ingin yang musiknya prima banget, pilih Find Clover.
      * Kalau ingin yang baterainya tahan lama dan kinerja umum andal, pilih P780 8 GB.
      * Kalau ingin yang tampilan fisik cantik, layar tajam, dan baterai cukup awet, pilih S820.

    1. Pak/Bu Arung,

      Dengan kebutuhan seperti itu, Oppo Find 5 mini menang mutlak melawan Samsung Galaxy Grand Duos.

  9. Wah kameranya bagus ya Pak . tapi diluar anggaran ..
    anggarannya hanya ada d 3,1 . ada tidak pak yang punya kualitas kameranya juga bagus . saya suka jalan” dan memotret tempat yang saya kunjungi hehehe

  10. pak herry, kalau anda si suruh memilih, lebih milih mana antara oppo find 5 mini atau lenovo s820? terimakasih pak.

    1. Pak Akhmad,

      Bergantung yang diutamakan apa dulu nih. Kalau kinerja keseluruhan dan daya tahan baterai, S820 lebih baik. Kalau kamera dan menyangkut gesture (ketuk-ketuk layar dll), Find 5 mini lebih menarik.

      Btw, paparan saya di atas mengabaikan harga jual dan kejujuran penjual ya. Sampai saat ini promotor Oppo masih seringkali menyatakan ponsel itu lisensi Amerika. Padahal, ponsel Oppo jelas-jelas merek Tiongkok dan dibuat di Tiongkok.

  11. saya sih mengutamakan kinerja yg baik, dan harga yang terjangkau. Niatnya milih lenovo s820. terimakasih pencerahannya pak.

  12. Dear Pak Heri..

    Saya masih Bingung Pak,saya ingin Memiliki Hp Lenovo tpi takut kecewa dngn Product ini.. Kalau Menurut Bapak,Kualitas Hp China yg patut di Acungi Jempol dari Brand Apa pak.?

    Thank’s Before ๐Ÿ™‚

    1. Pak Maulana,

      Secara umum merek-merek seperti Lenovo, Huawei, dan Oppo boleh dilirik. Namun, harus dilihat per tipe juga ya.

      Lenovo dan Huawei meskipun berasal dari Tiongkok, dia sebenarnya sudah tergolong merek global. Sedangkan untuk Oppo, kalau kita berbicara built quality produk, sebenarnya ponsel itu bagus.

      Yang masih sangat saya soroti, penjual seringkali tidak mau berkata jujur menyatakan Oppo dari Tiongkok. Mereka menyatakan ponsel Oppo lisensi Amerika. Hal lain, harga jual baru tinggi banget, sedangkan harga jual bekas hancur banget.

  13. Pak Herry.

    Waduh.. kalo Hh oppo yg bgus speknya sih mahal bnget ya,pak.. klo lenovo speknya bagus dan hrganya jga pas lah untuk kalangan menenglah seperti saya.. hehehe ๐Ÿ™‚ klo saya sih pngennya lenovo s820 pak,tpi bisa di katakan di Jamin kan pak Lenovo itu gk mengecewakan..? Soalnya msih bingung nih,apalagi orang Indonesia sudah tau persis masalah HH kalo product China itu bisa dikatakan “Gak Banget Deh” ๐Ÿ˜€

    1. Pak Maulana,

      Iya, harga jual Oppo memang di atas rata-rata. Satu hal lagi yang sampai sekarang sering mengesalkan saya, promotor Oppo seringkali menyatakan ponsel Oppo adalah produk lisensi Amerika. Padahal, jelas-jelas ia berasal dari Tiongkok.

      Lenovo S820 secara umum oke kok. Yang masih buruk dari Lenovo adalah layanan pusat perbaikan resminya. Btw, ponsel buatan Tiongkok nggak selalu jelek lho. Bagi saya, Lenovo sudah sangat layak dianggap sebagai merek global. Kebetulan saja ia berasal dari Tiongkok.

  14. Pak Hery..

    Ok Deh pak,terimakasih.. ๐Ÿ™‚

    Oh ya pak,satu hal lagi yg ingin saya,pertanyakan.. kemarin saya,lihat di google di situ ada pasang Iklan Oppo N1 dngan harga 2,5 juta.. Saya terkejut kan pak.. Jelas Jelas Oppo N1 itu Hrganya skitaran 6juta.. itu mksudnya Apa,ya pak.? Apa mungkin Barang tersebut itu Replica,? tapi masa,iya Oppo sudah ada yg Replica.? Mohon pak,penjelasanya ๐Ÿ™‚

    1. Pak Maulana,

      Mustahil Oppo N1 dijual Rp 2,5 juta. Kemungkinannya cuma dua:
      1. N1 palsu.
      2. Praktik tuti alias tukang tipe. Jadi, begitu konsumen usai mentransfer pembayaran, penjualnya menghilang deh.

      Saya cenderung ke poin nomor 2.

  15. pak, mau tanya kalau dengan budget maksimal 3,5juta kira” smartphone yang pling bgus apa ya?? soalnya lagi bngung ini mau plih handphone… tlong jlasin deskripsinya juga ya pak…

  16. keunggulannya kalau dibandingkan dengan smartphone lain sperti xperia c, grand dan lenovo s820 apa pak???
    mohon spesifikasikan scra singkat dab jelas pak…

  17. Pak Kristofer,

    P780: baterainya tahan lama banget dan bisa jadi power bank.

    G Pro Lite: baterai tahan lama (masih kalah kuat dibandingkan P780) dan bisa jadi remote control TV.

    1. Pak Alfa,

      Silakan mencoret K900 dulu. Untuk kinerja keseluruhan plus kesepadanan harga, saya memilih Lenovo P780 8 GB. Setelah itu baru Oppo Find 5 mini.

  18. Saya bingung pak. Udah 1 bulan mau beli handpone pending terus, gara2 kebingungan..
    Lenovo s820 apah oppo find 5 mini yah, hati saya pngennya oppo, tpi bkalan ngecewain gga yah.. ? Mhon pencerahannya pak ! Trima ksh.

    1. Pak Bhenet,

      Kalau Anda tak keberatan membayar harga terlalu mahal, boleh deh melirik Find 5 mini. Namun, bila kesepadanan harga menjadi salah satu pertimbangan, silakan membeli S820.

  19. Pak Herry, kalau disuruh memilih antara oppo find clover dengan lenovo S920 pak herry lebih memilih mana?
    kalau dilihat dari harga jual kembali perbandingan 2 produk di atas bagaimana pak?
    terima kasih..:D

    1. Bu Linda,

      Dengan mengabaikan harga jual, kalau Anda ingin yang suara musiknya mantap silakan ambil Find Clover.

  20. pak, mau tanya masing” keunggulan dari lenovo s820, p780, dan lg pro lite apa ya pak??
    trus klu disruh pilih antara lenovos820 dan lg pro lite, bapak lbih plih mana dan alasanny apa ya???
    Mohon dijawab…

    1. Pak Kristofer,

      Mohon maaf karena saya baru bisa merespons pertanyaan pada saat ini. Beberapa hari terakhir saya terkena sinusitis sehingga kesulitan berlama-lama menatap layar laptop atau ponsel.

      Plus minus masing-masing ponsel telah saya paparkan di naskah review. Silakan mengintipnya di:
      * Lenovo S820
      http://ponselmu.com/review-lenovo-s820-template-puzzle-untuk-padukan-foto/

      * Lenovo P780
      http://ponselmu.com/review-lenovo-p780-ponsel-perkasa-pemberi-tenaga/

      * LG G Pro Lite
      http://ponselmu.com/review-lg-g-pro-lite-dual-sim-peduli-privasi/

      Kalau disuruh memilih S820 atau G Pro Lite, saya pilih S820. Namun, harus S820 yang 8 GB ya. Alasannya, ponsel itu lebih gegas dan nyaman digenggam.

  21. Pak, saya bingung antara memilih samsung grand 2 atau oppo find 5 mini. Menurut bapak mana yang lebih baik pak?

    1. Bu Iling,

      Galaxy Grand 2 saya belum coba. Jadi, belum bisa berkomentar. Kalau Oppo Find 5 mini sudah coba dan sebenarnya bagus. Namun, sebelum membeli ponsel itu, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dulu:

      1. Harga jualnya tergolong mahal. Jauh di atas rata-rata. Dengan spesifikasi seperti itu, mestinya harga jual Find 5 mini tak lebih dari Rp 3 juta.

      2. Harga jual bekas Oppo sangat terjun bebas. Kebanyakan pedagang ponsel bekas maksimal hanya berani membeli 50 persen dari harga barunya.

      3. Layanan purna jual Oppo masih patut dipertanyakan.

      Kalau akhirnya Anda memutuskan membeli Galaxy Grand 2, saran saya, coba lihat perkembangan dulu 1-2 minggu ini. Sejak Galaxy Grand 2 muncul sampai hari ini, saya lihat penurunan harga pasarannya tergolong cepat. Dalam waktu sekitar dua minggu sudah turun Rp 600 ribu.

    1. Bu Nurul,

      Daya tahan baterai P780 sangat mantap. Ponsel itu juga bisa difungsikan sebagai power bank.

      Kamera lebih bagus Find 5 mini. Kalau baterai lebih mantap P780. Soal kesetaraan harga, P780 jauh lebih baik daripada Find 5 mini.

  22. kalau lenovo S820 bagaimana dengan kualitasnya pak? dan harganya juga apakah lebih mahal di bandingkan smartphone lain, dengan kualitasnya juga .

    1. Bu Nurul,

      Harga S820 relatif sepadan dengan apa yang diperoleh konsumen. Kesepadanannya lebih bagus daripada Find 5 mini.

  23. kalau saya mau membeli hp smartphone, menurut bapak saya harus membeli yang mana?dengan kualitas bagus, baterai tahan lama, dan kameranya bagus.. dan di bawah 3jutaan, apakah samsung grand, lenovo,oppo, atau htc ?

    1. Bu Nurul,

      Anggaran di bawah Rp 3 jutaan berarti saya asumsikan maksimal Rp 3 juta pas ya. Saran saya, silakan membeli Lenovo P780 8 GB. Lebih baik Anda melupakan Oppo dan HTC.

  24. Dear Pak Harry,
    Menurut bapak bagaimana Asus zenfone dgn processor dual core intel atom-nya yg gosipnya performanya sama dgn quad core, krn saya ada rencana utk beli hp tsb ketika beredar di pasaran tgl 15 Mei nanti. Terima kasih Pak

    1. Bu Afidah Ayu Azhari,

      Yang sudah saya coba baru Zenfone 4. Rekomendasi saya, silakan membeli ponsel lain saja.

  25. Pak HSW

    Tanpa memperhitungkan harga dan keujuran lebih baik pilih mana pak antara lenovo s820 p780 dan oppo find 5 mini dari segi keandalan dalam pemakaian sehari-hari no lag dan sebagainya?

    1. Pak Marundrui,

      Nah itu dia. Sepengetahuan saya, Lenovo belum pernah memberikan major update firmware. Jadi, kalau membeli ponsel Lenovo, sebaiknya sejak awal asumsikan kalau takkan pernah ada update firmware. Bila ternyata kelak ada, ya anggaplah itu sebagai bonus.

    1. Pak Marundruri,

      Kalau yang tidak bergaransi resmi sekarang sudah banyak beredar. Kalau yang bergaransi resmi, tahun ini akan masuk ke Indonesia. Namun, jadwal tepatnya masih misterius.

  26. Pak Herry yth,

    sampai tanggal 13 Mei 2013, Bapak recommended mana samsung galaxy grand 2, oppo find 5 mini, Lenovo P780 8 GB, dengan perbandingan terhadap harga, layak atau tidak layaknya Pak? budget saya 4 juta. terimakasih sebelumnya Pak.

    1. Pak Id,

      Saya belum pernah coba Grand 2. Kalau Find 5 mini versus P780 8 GB, saya lebih memilih P780 8 GB.

  27. Saya pengguna oppo find 5mini.. sya ud 2 bln menggunakan ny.. tmn2 sya pas tau cra krja oppo find 5 mini pd blng keren ap lg klu dgr lagu mao gnti lagu gk prlu nyalain layar nyTOP hhe

    1. Bu Vinia,

      Lain kali jangan pakai kalimat yang disingkat-singkat ya. Baru dilihat saja sudah bikin kepala pening, apalagi saat saya coba membacanya.

  28. Mas Herry, saya berencana membeli antara Lenovo A516 (hargaRp. 1,549,000) dengan Oppo Jay (harga Rp. 1.699.000), mana yang gak bikin nyesel?. Terus terang 2 minggu ini saya masih mikir2 karena bingung, mohon sarannya. Terima kasih sebelumnya.

    1. Pak Dzarrin,

      Dua ponsel yang Anda sebutkan sama-sama belum pernah saya coba. Andaikan harus beli buta, saya sih akan pilih Lenovo A516. Oppo dikenal sangat overpriced (harga yang ditetapkan terlalu mahal), harga jual bekasnya turun tajam (pantauan saya 50 persen dari harga baru), dan service center masih meragukan.

  29. Pak Herry, saya sudah bolak balik baca review Lenovo S820, S920 dan Oppo Find 5 Mini. Saya bermaksud menggunakan fasilitas cicilan Kartu Kredit, tetapi Lenovo S820, S920 tidak tersedia lagi di toko seperti OkeShop, Global. Yang saya mau tanyakan di sini, adakah handphone lain yang kualitas fotonya sama bagusnya dengan Oppo 5 Mini dengan harga di bawah Oppo Find 5 Mini ini? Bagaimana dengan Oppo Find Mirro karena harganya turun menjadi 3,5 juta per hari ini. Mohon infonya Pak. Terima kasih sebelumnya.

    1. Bu Rini,

      Saran saya, lupakan Oppo deh. Harga baru terlalu mahal, harga bekas terjun bebas, dan layanan purna jual masih belum teruji. Anda boleh melirik LG L90 atau G2 Mini.

  30. Saya akan lihat LG L90 atau G2 Mini karena saya tidak terlalu ‘familiar’ dengan tipe hp. Seri LG L90 dan G2 Mini itu seri baru dari LG ya? Saya suka jalan-jalan dan nonton konser, Pak. Jadi saya butuh hp yang hasil fotonya agak lumayan tp tidak begitu mahal karena kamera hp hanya untuk back-up saja. Terima kasih atas sarannya, Pak Herry.

    1. Bu Rini,

      Iya, L90 dan G2 Mini sama-sama keluaran baru.

      Hmm… karena ada kata-kata “nonton konser”, berarti ponselnya harus yang berkamera di atas rata-rata. Yang termurah sih Nokia Lumia 720, disusul Nokia Lumia 920.

  31. Pak hery.. Saya mau tanya harga hp 3.5-4,5 itu yang paling bagus menurut pak hery apa yah?
    Sebab kemarin saya baru melihat oppo find 5 mini dan mulai tertarik menurut pak hery bagaimana yah?

    1. Pak Febry Naldy,

      Oppo Find 5 mini sebenarnya cukup bagus. Namun, mengingat kejujuran, polah tingkah, dan harga pasaran bekas ponsel itu, lebih baik Anda mencoret Oppo deh.

      Di rentang harga Rp 3,5 juta sampai Rp 4,5 juta, Anda boleh melirik LG G2 Mini. Harganya malahan di bawah anggaran Anda. Harga ritel resminya Rp 3,299 juta.

    1. Pak Febry Naldy,

      Ada Sony Xperia Z1 Compact yang saat saya coba terbukti bagus dan memuaskan. Namun, harganya masih Rp 6 jutaan.

  32. Pak herry..
    kalo di bandingkan antara oppo find 5 mini dan oppo find mirror, dari segi ngelag dan ponsel lebih cepat menjadi panas bila sedang di gunakan mana yang lebih bagus. Saya bingung mau beli yang mana. Saya berencana untuk menggunakannya dalam jangka lama namun takut salah pilih.

  33. Met mlm pak herry, apakah benar kualitas oppo bagus alias tahan banting, diatas rata2, kalau memang benar apakah oppo r1 atw find 5 mini juga begitu pak, ma kasih pak di tunggu sarannya

    1. Pak Tedy,

      Apakah Anda menanyakan soal tahan banting gara-gara melihat promotor Oppo mendemonstrasikan ponsel dilempar atau dibenturkan ke meja? Kalau iya, saran saya, Anda jangan ikut-ikutan deh.

      Kualitas ponsel Oppo memang relatif di atas rata-rata ponsel merek Tiongkok lain. Ya, ponsel Oppo adalah merek Tiongkok buatan Tiongkok. Jangan percaya kalau ada yang menyatakan bahwa ponsel Oppo berlisensi Amerika.

  34. Pak. Tolong rekomendasinya kira-kira hp oppo find 5 mini , LG G2 mini apa sony xperia SP,.. Dengan bajet uang saya 3,5-4juta kira bagus yg mana pak. Dengan pemilihan kamera, musik dan hp tidak mudah ngelag.. Ditunggu saranya pak

    1. Pak Darta,

      Dengan cepat saya akan menyarankan Anda membeli LG G2 Mini. Harga ritel resminya Rp 3,299 juta.

      Sedikit informasi tambahan, ponsel itu hanya dijual di modern channel. Yang paling gampang sih silakan mencarinya di Erafone. Jangan berburu di toko-toko ponsel biasa karena tak dijual lewat jalur distribusi tersebut.

  35. Terimaksih pak sarannya.. Kira-kira dengan budget 3-4.. HP yang bisa bapak sarankan ke saya apa pak. Dengan pertimbangan kualitas kamera,musik, grafis game dan tempat servis yang mudah apa pak.. Terimakasih

  36. Pak, saya mau tanya. Saya punya budget sekitar 3 jutaan. Saya ingin membeli HP, yg kameranya bagus apa ya pak? saya jg senang instal2 sosmed dan game, kadang jg hp saya gunakan utk membuka file seperti pdf, dkk. Tapi saya bingung mau beli apa. Mohon diberi pencerahan ya pak. Terima kasih banyak pak.

    1. Bu Dian,

      Rp 3 jutaannya apakah sampai Rp 3,299 juta? Kalau iya, silakan membeli LG G2 Mini.

      Kalau Rp 3 jutaannya adalah maksimal tepat Rp 3 juta, Anda boleh melirik Acer Liquid E3 (Rp 2,899 juta) atau LG L90 (Rp 2,999 juta).

  37. Pak. Saya mau tanya lgii.. Saya bingung pak. Saya mau pilih LG G2 mini apa sony xperia SP.. Klw saya liat spesifikasinya bagus xperia SP.. Menurut bapak bagusan LG G2 mini apa xperia SP.. Terimaksih sebelumnya…

    1. Pak Darta,

      Saya sudah pernah mencoba keduanya. Menurut saya, LG G2 Mini jauh lebih menarik daripada Sony Xperia SP.

  38. pak,, hp apa yang bp sarankan dgn harga sekitar 2,5 smpai 3,5 jt
    krna saya berencana memakai dgn jangka waktu yg lama jd saya ga mau salah pilih
    sy suka dengar musik, foto2, batrai yg tahan lama, pokoknya dgn spesifikasi yg dibutuhkan mahasiswa
    untuk hp samsung bp rekomendasi yg mana ?
    oppo yg mana ?
    dan lenovo yg mana ?
    terima kasih sebelumnya dan mohon pencerahannya pak..

    1. Bu Putri,

      Saya merekomendasikan LG G2 Mini atau Lenovo P780 8 GB.

      Samsung kurang menarik. Oppo? Jangan deh.

  39. Pak Herry, saya masih bingung nih, mau beli smartphone apa, saya pengin yang kualitas dan penampilan sama dengan oppo find 5 mini, tapi yang harganya 3 juta kebawah. Tapi, saya gak tertarik sama merk lenovo dan samsung

    1. Bu Sri Dewi,

      Silakan melirik LG L90. Harga resminya Rp 2,999 juta alias seribu rupiah di bawah Rp 3 juta. ๐Ÿ™‚

      Harga pasar L90 lebih murah daripada harga resminya.

  40. Pak mau nanya nich, sy suka banget foto2,denger musik & browsing. Lagi mikir2 buat beli android, tapi bingung banget. Antara mau beli oppo find 5 mini atau oppo find mirror. Klo adekku sih pakenya oppo find way keluaran pertama, tapi sayangx udah ga jual lgi. ?ยช!zZ ( ? ? ??). Tolong masukan & solusix donk pak ๐Ÿ™‚

    1. Pak Wie Wie,

      Lain kali bila mengajukan pertanyaan cukup dikirimkan satu kali ya. Tak perlu diulang-ulang sampai tiga kali.

      Kalau harus Oppo, Find Mirror lebih sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, bila boleh menyarankan, lebih baik Anda mulai melupakan Oppo. Harga baru yang terlalu tinggi, harga bekas yang terjun bebas, dan layanan purna jual yang belum prima merupakan sederet catatan untuk Oppo. Oppo semakin memperoleh catatan minus bila kejujuran promotor juga diikutkan dalam penilaian.

      Bila boleh menyarankan merek lain, Anda dapat mempertimbangkan LG G2 Mini yang harga barunya Rp 3,299 juta.

  41. Pak mau nanya nich, sy suka banget foto2,denger musik & browsing. Lagi mikir2 buat beli android, tapi bingung banget. Antara mau beli oppo find 5 mini atau oppo find mirror. Klo adekku sih pakenya oppo find way keluaran pertama, tapi sayangx udah ga jual lgi. ?ยช!zZ ( ? ? ??). Tolong masukan & solusix donk pak ๐Ÿ™‚

  42. Wah mendengar comment Pak Herry tentang oppo saya jadi tambah galau.. sebenarnya udah 75% mau beli oppo find 5 mini -_-

    1. Pak Andrian,

      Ayo… saatnya move on ke merek lain. ๐Ÿ™‚

      LG G2 Mini menarik dibeli lho. Harga barunya Rp 3,299 juta.

  43. kira-kira smartphone apa ya pak yang harga jual nya ga terjun bebas ? (2-3 jutaan) Terima kasih.

    1. Pak Andrian,

      Yang bekasnya relatif mudah dijual dengan harga tak terjun bebas sih Samsung. Namun, produknya jarang ada yang mampu memikat saya. Di rentang harga yang Anda sebutkan, ada Samsung Galaxy Core. Ponsel itu agak lemot, terutama saat membuka galeri foto.

      Kalau boleh menyarankan merek lain, ada LG L70 (Rp 2,1 jutaan), LG L90 (Rp 2,999 juta), Lenovo P780 8 GB (Rp 3 juta), dan LG G2 Mini (Rp 3,299 juta). Dua tipe terakhir yang paling menarik. Ambil P780 kalau ingin layar besar dan baterai dahsyat. Belilah G2 Mini kalau ingin menikmati kenyamanan yang paling optimal.

  44. Ko Hery, mohon pencerahannya, menurut kk kira2 kalo melihat dari ketajaman layar dan ketajaman hasil jepret back dan front camera, kko prefer yang mana ya antara oppo find5mini atau lenovo s820? Makasih ko sebelomnya.. ๐Ÿ™‚

    1. Pak Jevv Zheng,

      Saran saya, coret dua ponsel itu dan silakan membeli LG G2 Mini. Harga barunya Rp 3,299 juta alias lebih murah ratusan ribu dibandingkan Find 5 Mini.

      Tampilan layar G2 Mini memang tak sehalus S820. Namun, masih dalam taraf toleransi deh. Imbal baliknya Anda mendapatkan kamera yang lebih bagus, kemampuan remote control televisi, dan aneka fitur menarik lain.

  45. Ko Herry, mohon sarannya.
    Rencananya saya akan membeli HP android. Sudah ada 3 HP incaran saya yaitu Sony Experia M2, Oppo Find 5 mini dan LG G2 mini.
    Saya tidak mempermasalahkan harga dan akan memakainya dalam jangka waktu yang lama (tidak akan dijual lagi sampai rusak). Yang saya butuhkan hanya hasil jepretan kamera yang bagus.
    Kira-kira lebih OK yang mana ya ko? Terimakasih ๐Ÿ™‚

    1. Bu Istiana,

      Silakan memilih LG G2 Mini. Ponsel itu lebih andal dan menarik dibandingkan dua ponsel lainnya.

    1. Pak Anggito,

      Kalau yang dimaksud adalah Find 5 Mini bandel layaknya “ponsel badak”, jawabannya daya tahan Find 5 Mini tidak seperti itu. Saran saya, lupakan Find 5 Mini dan produk Oppo lainya. Saya pribadi baru akan melirik Oppo kalau penjual ponsel tersebut sudah jujur. Tidak lagi menyatakan kalau Oppo adalah ponsel lisensi Amerika.

      Ya, Xperia M2 di atas kertas lebih unggul.

  46. Salam sejahtera pak herry
    Pak saya berencana untuk membeli hp,menurut bapak dirange harga 3-3,5 mana yang lebih unggul atau lebih baik antara lenovo k900 32g atau lg g2 mini
    Thx pak

  47. Pak, antara LG g2 mini dan Oppo find 5 mini, mana yang lebih bagus?
    Dan kalau mempertimbangkan ketahanan baterai, kamera, mana yang harus dipilih?
    Lalu, sejauh mana kitkat dan jey bean berpengaruh pada performa HP? Terima kasih banyak pak ๐Ÿ™‚

    1. Pak/Bu Nyanya’,

      Silakan coret Find 5 Mini dan belilah LG G2 Mini.

      Dalam pemakaian sehari-hari perbedaan Jelly Bean dengan KitKat mungkin tidak terlalu terasa. Namun, bila diperhatikan dengan cermat, biasanya KitKat sedikit lebih hemat baterai dan smooth. Bagi saya, sebuah ponsel Android keluaran baru yang masih memakai Jelly Bean tak perlu dipermasalahkan. Oke-oke saja kok. Yang patut dipermasalahkan itu kalau ada ponsel baru yang masih menggunakan, misalnya, Gingerbread.

  48. Pak saya sangat kebingungan sekali untuk memilih LG G2 Mini atau Oppo find 5 Mini. saya sangat tertarik dengan LGG2mini tapi setelah melihat Find 5 mini jadi bingung pak. untuk kualitas, tahan lama, awetnya, lebih baik pilih yang mana pak? katanya oppo itu cepat rusak? apakah benar pak?
    Terima kasih.

    1. Bu Vee,

      Sudah deh, lupakan Find 5 Mini dan ambil G2 Mini saja. Harga lebih murah, barang lebih bagus, dan layanan purna jual lebih prima.

      Oppo cepat rusak? Hi.. hi.. no comment ah. *kode*

  49. ko Herry, klo oppo find 5 mini dan samsung grand 2, mana yg lebih bagus dr spec nya? tanpa melihat harga beli dan jual kembali. dan tanpa melihat kejujuran marketing dlm hal lisensi. thx sebelumnya

    1. Bu Winda,

      Dengan mengabaikan poin-poin yang Anda sebutkan, di atas kertas Grand 2 lebih menarik daripada Find 5 Mini. Saya sendiri belum pernah mencoba ponsel itu.

  50. pak herry, mau tanya . saya mau beli hp tapi masih bingung antara merk samsung, oppo, lenovo atau LG . budget saya 4jt an , Hp yang punya dual simcard , baterai tahan lama, serta kinerjan dan kameranya bagus yang mana ya ? mohon bantuannya

    1. Bu Tike,

      Dengan kebutuhan seperti itu, ada dua alternatif yang boleh dipertimbangkan:
      * LG G2 Mini. Harga baru Rp 3,299 juta.
      * Lenovo P780 8 GB. Harga baru Rp 3 juta.

      Daya tahan baterai lebih bagus P780. Namun, soal kenyamanan pemakaian, hasil kamera, dan layanan purna jual, G2 Mini lebih unggul.

  51. wah. iya pak, saya kemaren udah niat banget beli xperia m2 single, nah kok disodorin oppo find 5 mini. akhirnya mutusin beli oppo, tp warna yang saya minta tidak ada. untung deh. saran bapak, dengan pertimbangan budget setara dan performa yang maksimal bagus mana : lg g2 mini, xperia m2, lenovo p780 8gb???

    1. Pak Abdul,

      Jangan kaget kalau penjual cenderung menyodorkan ponsel Oppo. Lha keuntungan yang bakal mereka peroleh sangat besar. ๐Ÿ™‚

      G2 Mini, Xperia M2, atau P780 8 GB? Saya akan memilih G2 Mini.

    1. Pak Dedi Putra,

      Ya, untuk ukuran sekarang Find 5 Mini tidak menarik lagi. Lebih baik Anda membeli LG G2 Mini.

  52. hallo mas herry kelihatanya anda begitu tidak menganjurkan untuk membeli oppo find 5 tapi ayah saya meliat penjual menggosok lempar memukul dll malah jadi menarik minatnya,apa benar sperti itu kualitasnya. saya cuma tidak mau ayah saya salah pilih, apa xperia m2 kalah mutlak dari oppo ?

    sedangkan saya sangat tertarik dengan sony m2, apa bagus ?tentang kecanggihanya.

    1. Pak Andra S.W.,

      Yang Anda ceritakan Find 5 atau Find 5 mini? Itu dua ponsel yang berbeda tipe dan berbeda kelas lho.

      Soal demo yang atraktif banget, percayalah, kalau ponsel yang dibeli rusak gara-gara Anda melakukan aktivitas tersebut, klaim garansi pasti akan ditolak. Saran saya, jangan beli Oppo deh.

      Review Xperia M2 bisa dibaca di http://ponselmu.com/review-sony-xperia-m2-dual-pembunuh-xperia-c-pesaing-g2-mini/
      Stok Xperia M2 di pasar saat ini sedang kosong. Kalau ada toko yang masih punya stok, mereka amat mungkin akan menjual di atas harga ritel resmi. Pasokan diharapkan mulai lancar mulai minggu depan.

  53. pak saya tanya bagus handphone oppo find 5 mini atau samsung galaxy grand 2 ? tampa mempertimbangkan harganya
    terimakasih ๐Ÿ™‚

    1. Bu Elshy,

      Kalau kondisinya seperti di atas, saya pilih Grand 2. Namun, kalau boleh menyarankan tipe lain, LG G2 Mini lebih menarik dilirik.

  54. Pak Herry,

    kalau lenovo A859 apa saja kelebihan & kekurangannya ? layak untuk dipinang atau tidak ? di Plasa Marina sby ada yang jual 2.075.000, trims

    1. Pak Dedyx,

      Saya belum pernah menguji pakai Lenovo A859. Jadi, belum tahu bagus atau tidak.

      Saya pernah mencoba beberapa ponsel Lenovo seri A. Namun, kebetulan banget, selalu saja ada hal yang membuat saya kurang puas.

  55. iya maksud saya find 5 mini ..yg anda bahas di atas itu ,rasanya harganya sekitar 3,2jt..
    berarti sebaiknya jangan memilih oppo ya..

    iya kemarin juga saya tanya setelah lebaran baru ada barangnya untuk sony m2 dual..

    1. Pak Andra S.W.,

      Oh ok, Find 5 Mini ya.

      Yup, sebaiknya jangan membeli Oppo.

      Kalau tidak ada kendala, minggu depan pasokan Xperia M2 Dual seharusnya sudah lancar lagi.

  56. pak hsw, saya pengguna iphone 4 tp mau ganti ke android. saya tertarik bgt sm oppo find 5 mini ini, menurut bapak lebih baik ini / redmi note / ttp iphone 4 aja ya? trims.

    1. Bu Nisa,

      Jangan beli Oppo deh. Kecuali, Anda memang bersedia membayar mahal untuk sesuatu yang sebenarnya bisa dibeli dengan harga lebih murah.

      Saya pribadi rutin mencegah orang membeli Oppo karena cara berjualan ponsel itu saya nilai kurang jujur dan cenderung berusaha membohongi konsumen. Oppo harus diberi pelajaran deh.

      Kalau ingin ganti, silakan melirik Redmi Note. Satu hal yang perlu diketahui, seluruh Redmi Note yang dipasarkan di Indonesia pasti bukan bergaransi resmi. Lha yang bergaransi resmi memang belum keluar.

  57. saya membca dari atas sampai bawah, sebagai penikmat hp yang baik saya mau tanya ni, lupakan masalah harga dulu, saya bertanya performa, kekuatan, camera mana yang lebih baik/unggul dari semua merk yang bapak2 ibu bicarakan? ( Oppo, Lenovo, LG)

    1. Pak Eka,

      Mesti lihat tipe per tipe.

      Namun, kalau bicara soal kejujuran dalam berjualan, Oppo sepertinya yang jadi juara. Juara tidak jujur. ๐Ÿ™‚

  58. Pak tolong sarannya donk.. saya bingung ni mau beli hp apa soalnya mau saya pakai dalam jangka panjang dan spesifikasinya yg bagus pak.. antara acer liquit e3, e700, lenovo s860, s820.. makasih

  59. Ataukah ada.saran lain pak.. baget 3-3,5 jt pak.. yg pasti batrenya tahan lama.. kamera oke n dll nya oke semua.. hehehe

  60. pak dengan harga oppo find 5 mini yang sekarang seharga Rp.2799.000. menurut anda itu sudah setara dengan kualitasnya kah?
    saya mau beli smartphone tapi masih bingung mau pilih yang mana.
    mohon infonya pak.terima kasih ๐Ÿ™‚

    1. Pak Chandra,

      Oh, dengan anggaran segitu, ada banyak pilihan. Bahkan, harganya di bawah anggaran tersebut.

      Anda boleh mempertimbangkan:
      * LG G2 Mini. Nyaman dikantongi, kamera oke, baterai pagi sampai petang/malam.
      Review http://ponselmu.com/review-lg-l90-dual-dan-lg-g2-mini-ponsel-kembar-tidak-identik/
      http://ponselmu.com/perbandingan-hasil-kamera-sony-xperia-m2-dual-dengan-lg-g2-mini/

      * Xiaomi Redmi Note. Cukup bongsor, kamera cukup bagus, dan baterai tahan lama (lebih lama daripada G2 Mini).
      Review http://ponselmu.com/review-xiaomi-redmi-note-prosesor-8-core-harga-2-jutaan/
      http://ponselmu.com/inilah-alasan-membeli-xiaomi-redmi-note/

      * Xperia C3 Dual. Cocok buat yang suka foto selfie.
      Review http://ponselmu.com/sony-xperia-c3-dual-pilihan-bijak-untuk-penyuka-selfie/

  61. Koh,
    saya pengguna oppo find 5 mini, sebelumnya experia M2 DUAL. saya recommend oppo find 5 mini. experia ngebosenin. sering hang juga. tapi saya agak bingung, kayaknya speaker cuma nyala satu yah? apa HH sajah yg rusak
    thanks

    1. Pak Nono Hoeruman,

      Kalau Anda menduga ada masalah dengan hardware ponsel Oppo yang Anda miliki, silakan memeriksakannya ke pusat perbaikan resmi Oppo.

  62. sekarang oppo find 5 mini hrg 2.8jt nah pilihan yg setara dg harga itu cuma sams grand prime 2.6jt trus experia m (tipe nya lupa) dan experia c(lupa juga)…lbh baik yg mana yah?range harga yg sy cari dibawah 3jt saja..
    apa karena masalah pabrikan yg bukan dari amerika yg jadi kendalanya?

    1. Bu Lusi,

      Saya jawab pertanyaan kedua dulu. Bukan masalah pabrik bukan dari Amerika. Mau dibuat di Lamongan, Jawa Timur, pun asalkan mengaku dari Lamongan lebih saya hargai. Itu lebih pantas diapresiasi daripada mengaku produk Amerika, padahal sebenarnya merek Tiongkok yang dibuat di Tiongkok.

      Menjawab pertanyaan soal pilihan ponsel, silakan membeli Xiaomi Redmi Note atau LG G2 Mini saja.

  63. Pak Herry,
    Saya sangat terkesan dan membantu saya yang masih juga kebingungan dengan Find 5 Mini padahal saya sudah membelinya sejak kemarin. Setelah membaca ulasan bapak saya cukup yakin tidak menyesal membeli smartphone ini dengan kriteria yg saya cari (fitur kamera yg katanya sensor BSI & gesture mode), dan saya mendapatkan dengan harga murah.
    Jikalau pak Herry memiliki channel youtube atau akan memulai untuk mengulas smartphone diyoutube silahkan email linknya, nanti akan saya subscribe.

    Salam

  64. slm kenal pak hery

    saya mau bertanya kenapa sih bpk
    seolah olah sangat tidak menyukai hp oppo.,?

    saya seoarang gamers .
    dan pada waktu saya mau beli hp android sya bingung harus beli yang merk apa dan kebetulan teman teman saya sdh punya hp android dengan fitur fitur yang sangat menarik. dan mereka merekomendasikan hp hp tersebut namun pada saat saya mengetestnua saya lebih tertarik sama oppo r827 (fnd5mni).
    karna pada waktu saya menjalankan dari sekian banyak game yang ada di stiap hape mereka, hanya oppo (fnd5 mni) yang mampu menjalankan semua game dengan sangat mulus tanpa ngadat ngadat ataupun error. sedangkan harga dari masing masing hp mereka rata rata 3,5jt-4jt rupiah.
    jadi akhirnya dengan penuh semangat saya langsung bergegas menjemput hp idaman saya (r827) di counter terdkat.
    ada 4 hp dari teman teman saya yg sdh saya coba pak.
    2 dengan merk yang sama
    samsung galaksy grand
    1. lennovo p870 8g
    1. Lg g2
    maaf saya gak hafal dengan seri hp yang lainnya.

    sekarang saya mau bertanya apa yang salah dengan hp yang ada saya tuliskan diatas pak.,?

    karena setelah saya membaca postingan postingan dan coment coment bapak saya pikir bapak bisa menjawab pertanyaan saya. thanks.

    1. Pak Kia,

      Benar. Saya termasuk pembenci ponsel Oppo. Bukan karena kualitas produknya, melainkan lantaran cara berjualannya. Saya menentang keras cara penjualan ponsel Oppo yang terkesan mengelabui konsumen. Salah satunya, dengan tidak mengakui bahwa ponsel Oppo adalah ponsel merek Tiongkok.

  65. Mau nanya hp saya OPPO joy R1001,itu knp ya kok pas dimatikan terus dinyalakan lg loading kok lama banget ya??

  66. slm kenal ko hery.
    sepakat dg anda, memang cara jual mereka yg agak narsis. bahkan sy sampai berpikir “hmm, kok mereka pd ngebet banget yah nawarin ini produk”? padahal harga ini produk terbilang diatas rata2 harga vendor lokal lainnya. pastilah ada profit yg menggiurkan.
    tp sy akui bahwa ini produk emang patut utk dilirik, tp kl melihat sentimen pasar terkait purna jualnya sy mesti coret ini produk. kecuali sy memposisikan sbg second buyer, shg penurununan harga purna jualnya dpt sy tekan seminimal mungkin.
    contoh saja skrg sy kebetulan nyari emang lg nyari smartphone. kriteria yg sy cari : kamera bagus, dapur pacu oke, rentang harga 2-3 juta. awalnya sy nyari s4 second atau alternatif terahir grandprime(new). malah sy ditawari mirror 3 (second). kameranya oke, cm sy kwatir juga krn sy g ada referensi terkait kelebihan dan kekurangannya.
    nah, kl menurut ko hery yg terbaik dg kriteria sy itu apa yah? 1x lg kriterianya yg sy butuhkan adl : kamera bagus, lock signal gps ok, baterai kuat, dapur pacu ckp, anggaran 2-3juta. boleh itu baru atau second.
    trims, by akbar jember.

  67. trims pencerahannya pak hery. bener dugaan saya terkait oppo ini, hehe…
    terkait rekomendasi pak hery diatas, trs terang awalnya sy emang ngincer mi4i. tp sy kembali berpikir, dg harga barunya mi4i tsb kan bs dpt s4 second dg merk branded. fitur yg sy cari juga ada disitu. sempat putus asa hingga melirik yg dbwhnya (grand prime). menurut bpk kl antara s4 vs mi4i bgs mana pak? dan recomend link reviewnya kl ada, hehe…
    trims

  68. Pak saya baru beli xperia e4 dual. awalnya saya tergiur karena speknya sangat bagus(di internet). tetapi setelah digunakan ternyata hasil kameranya jelek sekali. saya ingin menukar hp saya dengan yang baru, yang harganya tidak jauh beda dengan hp saya yang sekarang ini, tetapi saya bingung harus membeli apa. ada niat untuk membeli oppo find 5 mini ini. tetapi setelah membaca ulasannya, saya sedikit bingung. bisa tolong kasih saran, apa yang harus saya beli menurut bapak? terima kasih.

    1. Pak Nuha,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Anda mengejar kualitas kamera kan? Kalau iya, tindakan Anda memilih Find 5 Mini sudah tepat. Hasil jepretan kamera Find 5 Mini lebih bagus daripada Xperia E4 dual. Saya juga menyarankan Anda membaca tulisan ini dulu http://ponselmu.com/yang-perlu-anda-ketahui-tentang-oppo/

      Btw, hasil jepretan kamera Xperia E4 Dual memang tidak istimewa. Namun, seharusnya tidak sampai jelek sekali. Silakan membuka tautan ini dan melihat foto-foto yang dihasilkan ponsel itu. http://ponselmu.com/review-sony-xperia-e4-dual-penampung-migran-feature-phone-dan-lanjut-usia/

      1. Terima kasih, Pak. Tetapi setelah saya mencari informasi lain, rupanya saya tertarik dengan oppo neo 5 (2015). Selain speknya yang mirip dengan oppo find 5 mini ini, harganya juga sedikit lebih murah. Bisakah tolong bapak ulas mengenai oppo neo 5 (2015) ini supaya saya lebih mantap dengan pilihan saya? Sekali lagi terima kasih. Oh ya, btw saya perempuan, Pak. Hehehehe

        1. Ups… maaf ya, Bu Nuha.

          Saya belum pernah mencoba Oppo Neo 5.

          Btw, mengapa Anda berminat membeli ponsel Oppo? Harga barunya terlalu tinggi, sedangkan harga bekasnya terjun bebas lho.

  69. Hehehe saya juga tidak tahu, Pak. Saya mau bertanya satu lagi, apakah harga bekas handphone Sony juga terjun bebas seperti halnya pada Oppo, Pak?

    1. Bu Nuha,

      Harga ponsel Sony bekas tidak serendah ponsel Oppo bekas. Gambaran umumnya:
      * Harga ponsel Sony bekas sekitar 70 persen dibandingkan harga baru saat itu.
      * Harga ponsel Oppo bekas sekitar 50 persen dibandingkan harga baru saat itu.
      Asumsinya, ponsel itu sama-sama Anda tawarkan kepada pedagang ponsel bekas ya.

  70. lebih gede dari neo 3 ya ukuran layarnya.. kameranya bagus juga. dan saya baru ngeh kalo ada guest mode hehe

    1. Bu Sela,

      Dengan mengabaikan cara promotor Oppo dalam berjualan yang cenderung mengelabui konsumen, Find 5 Mini lebih menarik.

  71. salam kenal ko.
    tolong reviewnya dong.. sy lagi binggung mau beli hp antara xiaomi redmi 2, lenovo a6000/6000+, & oppo find 5 mini (2nd)..
    harga dr hp2 tsb tergolong hampir sama.
    Sy ingin cari hp dg hasil kamera yg bagus, fitur2 ok, & internetnya cpt.
    Trm ksh

  72. Pak HSW

    Kalau di suruh antara oppo find 5 mini dengan Galaxy prime bpk pilih yang mana ?? Kalau di lihat dari segi kamera, internet dan tahan lama

  73. Ktnya hp oppo jika terkunci layar, cukup dngan mngetuk lyar 2 kali. Tapi saya sdh coba kok nda prnh jadi. Mohon bantuannya..

    1. Bu Riia,

      Silakan coba menanyakannya kepada promotor Oppo yang bertugas di toko tempat Anda membeli ponsel Oppo itu.

    1. Pak Juan Dodie,

      Maksudnya sudah dibekali kamera dengan fokus otomatis atau belum ya? Jawabannya, sudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *