Review Oppo Find Piano: Enggan Mengaku dari Tiongkok

Oppo merupakan merek ponsel pendatang baru di negeri ini. Ia sebenarnya berasal dari Tiongkok. Namun, entah karena enggan atau kurang percaya diri, dalam pantauan penulis, Oppo berusaha menutupi asal-usulnya itu.

Tak percaya? Silakan menghampiri promoter Oppo yang sengaja disebar di pusat-pusat penjualan ponsel di kota besar. Petugas promosi sekaligus penjualan Oppo itu akan menjelaskan bahwa Oppo merupakan merek internasional. Kualitasnya setara dengan iPhone dan Samsung. Cobalah mendebat mereka dengan menyatakan, “Ah, Oppo kan merek China. Sama saja dengan Cross, Mito, dan Nexian.”

Find Piano-1

Pengalaman penulis yang iseng menjadi calon pembeli nan lugu, saat didebat, sikap promoter Oppo terbagi menjadi dua kelompok besar. Pertama, tetap menolak Oppo disebut merek Tiongkok. Menurut mereka, Oppo adalah merek internasional. Oppo hanya pantas dibandingkan dengan iPhone atau Samsung. Diadu dengan LG dan Lenovo pun tidak tepat karena Oppo berbeda kelas. Bahkan, dua kali penulis menjumpai promoter yang dengan tegas menyatakan, “Oppo itu merek Amerika.”

Sementara itu, promoter kelompok kedua mengakui kalau Oppo berasal dari Tiongkok. Namun, mereka selalu memberikan catatan tambahan, “Kualitas kami lebih baik daripada Cross dan Mito yang tadi Koko sebutkan.”

Ketidakmauan mengaku sebagai merek asal Tiongkok juga dapat ditemukan di situs resmi Oppo Mobile Indonesia. Di sana, ada dua poin yang tampaknya ingin ditegaskan oleh Oppo. Yaitu, “merek internasional” dan “mempunyai pelanggan di AS, Eropa, dan Asia.”

Penasaran dengan Oppo yang terlihat mulai berhasil menciptakan kesan bukan ponsel asal Tiongkok itu, penulis menguji pakai Oppo Find Piano. Ponsel Android 4.1 Jelly Bean tersebut dijual Rp 1,999 juta.

Find Piano-2

Tampilan fisik Piano tak bisa dibilang buruk, tetapi juga belum layak disebut spesial. Lekukan di bodi samping ponsel dual standby GSM-GSM itu mengingatkan penulis dengan lekukan seksi ala Sony Ericsson Xperia arc.

Layar empat inci beresolusi 480 x 800 piksel yang digunakan Piano responsif terhadap sentuhan jari. Tampilan home screen-nya tergolong tajam, cerah, dan ceria. Di satu sisi, antarmuka alias user interface ponsel itu bisa dianggap mencuatkan kesan gaul dan penuh semangat. Sebaliknya, ia dapat pula dinilai terlalu berwarna-warni dan murahan.

Piano dilengkapi sepasang kamera. Kamera belakang yang dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat beresolusi lima megapiksel, sedangkan kamera depan cuma VGA. Hasil jepretan kamera itu relatif bagus. Tajam, terang, dan mirip warna asli objek. Pengguna yang senang bereksperimen layak memanfaatkan Lomo Camera di Piano. Beragam efek, mulai cermin, mata ikan, hingga wajah kucing siap dieksplorasi.

Keunggulan lain ponsel berdimensi fisik 63 x 123 x 9,9 mm dan berat 128,5 gram itu, suara yang diperdengarkan kala memainkan musik relatif prima. Prosesor dua inti MTK MT6577 1 GHz, baterai 1.710 mAh, radio FM, bluetooth, 3G, Wi-Fi, selot micro SD, RAM 512 MB, dan ROM 4 GB adalah sebagian spesifikasi lain Piano. Saat ponsel kali pertama dinyalakan, ruang kosong untuk sistem dan aplikasi sebesar 897 MB, sedangkan buat Β file multimedia sebanyak 1,66 GB.

Ditilik dari kinerja, secara umum Piano tergolong bagus. Tak salah kalau promoter Oppo spontan keberatan bila Oppo dibandingkan dengan merek lokal seperti Cross dan Mito. Betapa pun, Oppo tetaplah merek asal Tiongkok. Tanah kelahirannya tak bisa diubah walaupun kelak ia dipasarkan ke ratusan negara.

119 thoughts to “Review Oppo Find Piano: Enggan Mengaku dari Tiongkok”

    1. Merk Oppo juga sudah ada “Made In Indonesia” (oppo f1) ,itu buatan indonesia tapi klo sektor jeroan itu di buat di china . Jadi indonesia hanya bisa ngrakit dan beri stempel “Made In Indonesia”

    1. Pak Danny Prasetia,

      Kalau kebetulan ada pinjaman, mungkin saya akan review. Kalau harus beli, hmm… mesti berpikir berkali-kali lagi. Harga jual Oppo bekas tergolong hancur. Oppo Find Piano yang harga barunya Rp 1,999 juta kalau ditawarkan ke toko maksimal cuma ditawar Rp 1 juta. Seringnya sih ditawar kurang dari Rp 1 juta.

  1. di artikel pengenalan opo iki iki oppo ,kalo g salah saya menulis spg nya bilang buatan Italy ada temen yang bilang buatan amerika.Tapi Pak Herry dengan tegas mengatakan buatan cina πŸ™‚

    1. Pak Anto,

      Oh ya? Saya malahan sudah lupa. Barusan saya coba lihat posting dengan judul tersebut, tetapi nggak nemu soal Italia. Mungkin di posting lain tentang Oppo ya.

  2. Saya agak menyesalkan dengan ROM 4GB yang ternyata jika dimanfaatkan untuk memasang aplikasi hanya dibatasi dengan 897 MB, sedangkan untuk file multimedia bisa mencapai 1.66GB. Mengapa tidak dibalik saja, untuk aplikasi 1.66 dan multimedia 897MB, toh masih ada external memori yang bisa dipake buat menyimpan file multimedia.

    Sebenarnya bagaimana pola/segmentasi ROM ini pada kebanyakan smartphone yang lain atau katakanlah tablet yang bisa mencapai 8GB bahkan 16GB,, apakah memang dipisahkan juga antara aplikasi dan multimedia. Mohon pencerahkannya.

    Terima kasih

    Farhan

    1. Pak Farhan,

      Secara umum pembagian ROM di ponsel Android ada dua macam:
      * Dipisah jadi dua. Yang kecil biasanya untuk instalasi aplikasi dan data aplikasi. Yang lebih besar untuk menyimpan file multimedia.

      * Digabung jadi satu. Jadi, instalasi aplikasi maupun penyimpanan file multimedia dilakukan di partisi yang sama.

      Mana yang diterapkan bergantung kebijakan dari produsen. Saya lihat semakin lama semakin banyak produsen yang memilih “digabung jadi satu”. Sony yang dulu terbiasa menerapkan “dipisah jadi dua” sejak 2013, misalnya, nyaris selalu memakai “digabung jadi satu”.

  3. Mantab pak reviewnya. Yang pak HSW ceritakan juga terjadi pada saya pak hehe. Namun produk yang dipromosikan waktu itu adalah Oppo Find 5. Ikutan sharing ya.

    Saat saya iseng mampir ke salah satu gerai Oppo, spg nya langsung promosi dengan menyerang samsung. Kira-kira seperti ini “silakan dicoba ko, ini handphone setara dengan Galaxy S4” (kebetulan saat itu yang disodorkan Oppo find 5). Lalu kemudian saya diberi sebuah kertas brosur yang berisi perbandingan spesifikasi antara Oppo Find 5, Samsung Galaxy S4 dan HTC One, namun isinya tidak benar-benar ditulis secara lengkap oleh pihak Oppo. Misalnya di kolom perbandingan processor hanya ditulis quadcore saja tanpa menyebutkan jenis processor dan berapa besar overclock processornya padahal meskipun sama-sama quadcore, Processor Oppo Find 5 hanya 1,5Ghz.

    Kemudian untuk kerapatan pixel, pada kolom Oppo Find 5 dan Galaxy S4 ditulis 441ppi, sedangkan pada kolom HTC One dikosongi karena HTC One memiliki kerapatan yang lebih tinggi yaitu 469ppi.

    Begitu juga seterusnya pada kolom perbandingan kamera, sound, baterai, yang kualitasnya sama mereka tulis sedangkan yang kalah tidak dicantumkan sehingga seolah-olah Oppo Find 5 yang berharga jual sekitar 5,5 juta benar-benar setara kualitasnya dengan smartphone seharga 7 jutaan. Sebenarnya Oppo Find 5 menurut saya bukan barang yang buruk, di beberapa sisi memang ada yang bisa diunggulkan, hanya cara promosinya yang saya kurang suka karena bisa menyesatkan orang yang awam masalah ponsel.

    1. Pak Christian Utomo,

      Terima kasih atas sharing-nya. Wah, kok ternyata nakal gitu ya. Memang tidak memanipulasi data sih. Namun, menutup-nutupi informasi tertentu untuk mengesankan Oppo Find 5 yang tercanggih bukanlah perbuatan terpuji.

    1. Pak Yopie,

      Terima kasih atas informasi tambahan yang diberikan. Ayo jangan mau ditipu promoter Oppo yang bilang itu merek Amerika. Mestinya bilang saja Oppo itu dari China dan berikan edukasi kalau merek China tak selalu jelek. Memang butuh waktu dan usaha lebih keras untuk membentuk citra sih.

  4. Pak HSW,

    Iya nih pak nakal tapi tidak sampai menipu. Mungkin hanya orang yang awam ponsel yang jadi korban. Jika dibandingkan dengan salah satu merek ponsel dari Korea saya pikir kalah pak, merek tersebut bisa mengelabui orang yang paham ponsel sekalipun. Hehe πŸ˜€

  5. Pak Yopie,

    Iya nih pak harusnya tanya begitu, tapi waktu itu sedang banyak orang yang mampir ke gerai Oppo jadi sungkan. Selain itu saya waktu itu merasa harga 5,2 juta (aslinya 5,5 juta dapat cashback 300rb) sepadan dengan kualitas Oppo Find 5, tetapi penilaian tersebut hanya berdasarkan spesifikasi diatas kertas saja karena saya hanya mencoba barang demo beberapa menit. πŸ˜€

  6. Pak HSW,

    Waduh tertawa terbahak-bahak saya baca komen bapak. Ha ha. Kalau misal disuruh pilih Pak HSW lebih memilih mana antara Find Piano dan Lenovo S880?

  7. Meneruskan komen pak Farhan mengenai ROM/RAM di ponsel.mungkin pak Herry perlu ulas masalah ini secara lengkap.Bagi saya masalah ponsel Android yg selalu bikin “kerjaan”adalah penuhnya memori yg berakibat lambatnya kinerja ponsel dan terblokirnya notifikasi sms dan email di layar ponsel.please pak Herry.

  8. masalah rom (internal memori) yg kecil biasa diatasi dengan:
    – menginstal aplikasi yg diperlukan saja
    – aplikasi dipindah ke sd card (eksternal memori) –> tidak semua aplikasi bisa di pindah, kalo sd card di lepas aplikasi tidak bisa di jalankan
    – root (tidak disarankan) –> pakai aplikasi link to sd bisa pindah paksa aplikasi yg tidak biasa di pindahkan ke sd card
    – upgrade smartphone yg internal memori nya lebih besar

    maaf kalo ada salah mohon dikoreksi..

  9. pak Herry.tentang cara membersihkan memori residu di internal ponsel.karena aplikasi yg kita instal tersimpan di sd card,
    tapi memori pemakaian pasti tersimpan di internal ponsel yg berdampak penuhnya memori internal.mungkin pak Herry bisa memberi tips atau aplikasi yg bisa mengatasi hal ini.trims.

    1. Pak Suheri Nugroho,

      Oh itu tho maksudnya. Cukup secara rutin lakukan pembersihan cache. Yang paling praktis, masuk ke Play Store dan carilah aplikasi dengan kata kunci cache cleaner.

  10. mlm pak..
    mau tanya,,

    untuk oppo piano dengan lenovo p700i lebih milih mana?? dari segi performa dll (mengabaikan harga)

    keunggulan dan kekurangan keduanya??

    makasih..

    1. Pak/Bu Augusra,

      Dengan mempertimbangkan aneka fitur dan kinerja ponsel, saya lebih memilih Lenovo P700i. Masalahnya, P700i sudah diskontinyu.

      Apa yang membuat saya lebih memilih P700i?
      * Buat mata saya, tampilan layarnya lebih sedap dipandang.
      * Bisa mendengarkan siaran radio FM tanpa perlu menancapkan handsfree berkabel.
      * Daya tahan baterai lebih lama.
      * Case tambahan lebih mudah dicari.
      * Harga jual bekas lebih tinggi.

  11. Promoter oppo kalo ditanya tentang asal hp ini jawabnya muter2,”Om hp ini bukan buatan china hanya perakitan di china,tapi desain Eropa” Eropa nya mana tanya saya “itali” kalo memang dari itali kenapa g ditulis made in italy ? “browser aja om kata spg cowok yang tomboy” lalu saya tunjukin artikel Pak Herry ini spg nya g bisa ngomong ,spg yang cewek aja yang jawab “hp ini memang buatan china tapi desain eropa”. Padahal saya cuma pingin kejujuran saja sebenarnya hp ini produk mana jawabnya g muter2 kalo orang mungkin bakal manggut2 aja kalo dibilang hp ini dari itali ,tapi yang pernah baca review ini pasti akan lain reaksinya.Padahal kan tinggal bilang hp ini buatan cina tapi lebih bagus ,begitu pengalaman saya pak saya sama temen sampai menahan ketawa karena spg nya sampai bingung menjawab pertanyaan kami mungkin karena pesan sponsor harus jawab kalo hp ini bukan buatan cina padahal mereka tahu sebenarnya hp ini made in china πŸ˜€

  12. Pak Herry SW,

    Kebetulan sekali saya sdg penasaran dg asal oppo dan akhirnya menemukan artikel ini, krn memang sepertinya SPGnya menutup2i kalo asalnya dari China (pd bbrp kesempatan yg saya temui).

    Oiya pak, kalo untuk perbandingan oppo find piano dan lenovo A706 bapak pilih mana? karena kan harganya relatif sama.. Thx.

    1. Bu Nita,

      Iya, promoter Oppo terkesan “menipu”.

      Saya belum pernah mencoba A706 sehingga belum bisa membandingkannya dengan Oppo Find Piano. Yang pasti sih harga jual Lenovo bekas selama ini jauh lebih bagus daripada harga jual Oppo bekas.

  13. oppo mobile itu memang di China tapi Oppo bermarkas di California (AS) OPPO merupakan produsen DVD/VCD, mulai merambah ke HP..sama seperti IPhone berasal dari AS tapi Pabriknya juga di China, coba buka http://www.oppo.com
    hampir semua HP/elektronik dibuat di China, dan gak semua produk china jelek, contoh Lenovo (Legend Inovation) itu perusahaan china yang mendunia

    1. Pak Jaka,

      Yang saya tahu, Oppo itu aslinya berasal dari China. Untuk produk DVD dan bluray player, Oppo memang punya pabrik di AS. Ponsel tetap diproduksi di China.

      Setuju, tidak semua produk China memiliki kualitas jelek. Ada banyak produk China yang bagus kok. Hal yang sangat saya permasalahkan, Oppo tidak mau mengaku kalau ponsel itu berasal dari China. Sebagian promoter Oppo malahan jelas-jelas mengatakan Oppo itu merek AS. Saya juga dapat informasi kalau ada promoter Oppo yang menyatakan merek Oppo berasal dari Italia. Nah, hal tersebut sudah sangat tidak benar karena mengelabui konsumen.

    1. Pak Arif,

      Menurut saya, Oppo belum layak dibilang sebagai merek global. Ia masih tergolong merek China. Bila ia bisa menjaga pertumbuhannya seperti saat ini selama sekitar dua tahun mendatang, mungkin ia akan naik kelas ke level merek global.

  14. hi semua,cuma mao sharing aja ya.hihi,dr manapun suatu merek saya rasa tdklah penting.kalo merasa cocok ya beli,kalo tdk yg juga ngak masalah.cara berpikir org indo aja yg bego kok.suatu merek kalo dari barat ato sekutunya slalu aja dianggap merk global.hihihi,coba beberkan bukti merek acer,asus,lg,dll itu beroperasi di berapa negara?n juga dinegara mana aja mereka laku keras hingga layak disebut merek global n terpercaya.hahahaha

    1. Pak Ferry,

      Setuju, Pak. Merek China nggak selalu jelek kok. Merek China juga banyak yang bagus. Pada tataran tertentu, merek China bisa naik kelas ke merek global. Misalnya, Lenovo dan Huawei.

  15. saya liat lenovo s560 punya temen.tanpa root.smua app,game terinstal ke external(16gb)dan internal tetap perawan..sedang lenovo seri lain gak bisa(malu nanya serinya)

    1. Bu Ratna,

      Saya belum pernah mencoba Lenovo A706 sehingga tak tahu kameranya lebih bagus mana bila diadu dengan Oppo Find Piano.

      Satu hal yang saya ketahui, harga jual Find Piano bekas jauh lebih rendah daripada A706. Padahal, harga barunya sama-sama Rp 1,999 juta. Harga pasaran Find Piano bekas hanya sekitar Rp 1,25 juta, sedangkan A706 bekas sekitar Rp 1,6 juta. Kalau Find Piano bekas itu Anda tawarkan ke pedagang ponsel bekas, bukan mustahil malahan ditawar Rp 800 ribu saja.

  16. Saya user oppo find piano.

    KEKURANGAN
    – Kualitas ROM/FIRMWARE bawaan oppo kurang bagus, banyak bugs. Contoh oppo piano hanya dibekali RAM 512, Harusnya pihak oppo mengkondisikan ROM bawaannya agar tidak terlalu banyak service sistem dan app bawaan yang gak guna. Akibatnya sisa RAM low, padahal belum install app apapun alias masi asli bawaan. Jika user pemula baru install beberapa apliasi maka akan semakin low. Akibatnya RAM yang low, Hape Lag, Hape Panas, batre jadi ngedrop, Notif jadi telat. Dan segudang efek lainnya hanya karena RAM yang terlalu LOW.

    Buat pengguna expert gak masalah, cukup root, freeze app dan service sistem bawaan yang gak perlu. Atur autostart. Install Greenify. Smua teratasi. Tapi gak semua user bisa kan.

    – Aftersales yang masih kurang. Terlepas dari purna jual, service center. Harusnya pihak OPPO menyediakan ROM/FIRMWARE beserta tata cara troubleshooting dan flashing nya. User yang tak sengaja kena BOOTLOOP akan susah mengatasinya jika service centernya jauh. Merk sebelah malah nyediain tool buat flashing. OPPO masi belum nyediain

    KELEBIHAN

    – Kualitas layar setara merk branded. Bahkan dengan harga yang sama, oppo piano memberikan kualitas layar yang berjenis IPS, merk sebelah hanya ngasi kualitas TFT. Layar sungguh responsip

    – Kualitas kamera sangan jernih dibandingkan merk branded dengan ukuran mega pixel yang sama. Kamera oppo piano masi lebih oke. Aku jadi suka foto2.

    – Kualitas suara baik speakerphone maupun earphone menakjubkan dibanding merk sebelah yang harganya lebih mahal. Coba agan aktifkan Diract HD trus colokin deh HH nya ke earphone/portable sound. Terasa jernihnya.

    – Kualitas design dan bahan oppo piano lebih elegan,lebih padat dan lebih kekar meskipun terbuat dari plastik. Bandingkan dengan merk sebelah. Oppo piano masi menang.

    – Spesifikasi lain seperti CPU dan dukungan DUAL SIM memberi nilai lebih dibanding merk sebelah.

    ————–
    Intinya apapun merk HH nya, semua tergantung user nya.BISA atau TIDAK? NGERTI atau TIDAK? Oppo find piano sepadan dengan harga yang di tawarkan. Malah BEST VALUE. Merk sebelah lebih mahal tapi spek ak sepadan.

    Jika agan mau beli oppo piano, syaratnya 1 yaitu harus ngerti android. Tidak disarankan untuk pemula. Karna itu, ROM bawaan jelek. Agan perlu root dan tweak dulu agar oppo piano nyaman di pakai.
    Untuk OPPO tolong perbaiki ROM nya agar gak aus RAM dan berikan tool untuk flashing. Bintang 5 deh alo ini di lakukan.

  17. siaaaLLL gw baru aja beli hp oppo. gw ketipu berarti sama promotornya. katanya dia bilang buatan amerika. kampreet ….

    gw beli hp find muse. harganya 1,8. gw coba sih emang bagus kualitas hpnya. dari musiknya jernih bnget, kamera bagus, buat maen game ringan bnget. makanya gw percaya klo itu buatan amerika. soalnya emng bagus menurut gw. eh pas buka ini ternyta buatan cina. kampreet ….. bodoh ya gw ..

    1. Pak/Bu Nor,

      Cup… cup… jangan ngambek ya. πŸ™‚

      Kualitas ponsel Oppo memang di atas rata-rata ponsel merek China buatan China. Yang saya sesalkan, sampai sekarang mereka tidak mau jujur mengakui negara asalnya.

  18. mksh pak infox.
    kmrn hampir saja saya mw beli hp oppo,krn kagum sama demo salesmanx oppo yg blg hp buatan amerika. tp suami saya blm mw, msh cari infox. jd saya urungkan unk beli oppo.
    saya mw tanya pak unk kualitas bgs ma hp android merk oppo. LG. dan samsung. jd bingung krn kayae bgs smua. mksh jawabanx pak.

    1. Bu Uni Arifin,

      Kualitas produk Oppo secara umum sebenarnya tidak jelek. Hal yang saya sayangkan adalah mereka tak mau jujur mengakui kalau Oppo itu dari China.

      Bila harus memilih Oppo, LG, atau Samsung, saya pribadi cenderung ke LG dan Sony. Namun, masih harus lihat tipe per tipe ya.

  19. Sebenarnya saya tidak seberapa suka dg cara mempromosikan oppo
    Boleh sedikit saya berbagi pengalaman:
    Wktu itu saya sempat mengantarkan teman 2 tmn saya beli hp, sbut saja a dan b, si a berniat beli s4 dan si b s4 mini.
    Disaat saya dan tmn saya baru tny hrg kedua produk, promotor oppo dtg tiba2, kbetulan wkt itu s4 dibanding oppo find, dia blg aplikasi air gesture di s4 hanya aplikasi, dan bs di download, lalu oppo find 5 jika ada telp yg tdk msuk, bs dg diblikan saja, sdgkan s4 tdk bs
    Krn tmn saya si b yg ingin beli s4 pun tergoda ditambah lg embel2 produk amerika setara iphone ,akhirny kebeli jg, sdg kn si b tetep dg s4mini
    Maka kmudian kami pindah ke toko lain, yg kebetulan menjual samsung, kami tanya ke promotor samsung
    Alangkah terkejutnya saya,trnyata yg dikatakan promotor oppo tdk benar, sewaktu promotor samsung menunjukan livedemo s4 nya, bahkan promotor nya menunjuk kan fitur s4 yg ga ada di hp lain
    Merasa telah dibohongi, dg membeli oppo find 5, teman saya pun kecewa sama sekali
    Dan setelah itu pun ditoko yg lain jg msh bnyak org yg awam dg hp jg kebujuk rayuan nya

    1. Bu Ana,

      Terima kasih atas sharing dan komentarnya.

      Ya, saya juga kurang suka dengan sikap Oppo yang tak mau mengaku kalau dirinya berasal dari China. Kualitasnya, menurut saya, sebenarnya di atas rata-rata ponsel merek China alias Tiongkok. Kalau ia kemudian mengaku berasal dari Amerika, hal itu sangat saya sesalkan.

  20. Maaf bapak jaka, alangkah baik nya terus terang saja, produk mana oppo itu, mau LG samsung,sony, mgkin jg ada pabrik nya di amerika ato negara lain, tp tetep dimana dia didirikan, disitu lah asal nya, bener2 nyata,asli
    Masa bpk jaka misalnya dilahirkan di tanah indonesia, masih ngaku2 dilahirkan di amerika, pdhl jelas2 akte kelahiran di indonesia, πŸ™‚
    Begitu intinya, maaf jika ada salah kata

  21. Pak Herry

    saya mau tanya ni kalo saya ingin beli lebih baik oppo find piano atau xperia m tolong beri alasannya kenapa memilih salah satunya

    1. Pak Deka,

      Xperia M baru saya coba sekitar dua minggu lagi. Kalau Find Piano, Anda sudah mendapatkan informasi memadai dari membaca naskah review itu, bukan? Sekadar info, Find Piano sudah diskontinyu alias tidak tersedia lagi di pasar. Kecuali, Anda kebetulan bisa menjumpai toko yang masih punya stok lama.

  22. maaf pak saya mau tanya.
    saya lagi cari hp yg harganya sekitaran 2 juta.
    saya bingung antara samsung,oppo dan lenovo.
    tolong rekomendasikan pak yg spesifikasinya bagus dan harga jual kembalinya tidak terlalu jatuh

  23. lebih bagus mana sama samsung galaxy ace 3?
    kelemahan dari lenovo P770 apa pak? soalnya saya termasuk orang yg ga terlalu otak-atik hp. masih di bilang awam lah. jadi takut salah pilih. hehe

    1. Bu Amy,

      Saya belum pernah mencoba Galaxy Ace 3. Kelemahan yang paling utama dari P770, GPS-nya kurang andal. Proses penguncian lokasi membutuhkan waktu lama. Kalau Anda jarang menggunakan GPS, sisi minus tersebut boleh diabaikan.

    1. Pak/Bu Mlu,

      Benar, mau dari negara mana pun, asalkan bagus sih sebenarnya tidak masalah. Yang jadi masalah, Oppo yang aslinya berasal dari China tak mau jujur. Mereka mengaku berasal dari negara lain.

  24. Sekedar info, Oppo bahkan menghalalkan segala cara lho untuk jualan?karyawan toko(bukan promotor) bahkan diminta bikin surat pernyataan oleh Oppo untuk mau jual Oppo dan ditarget,kalau tidak mau nanti akan dipotong gaji atau dipecat. Hal itu terjadi karena Oppo kasih duit owner-owner toko tapi minta kesepakatan itu, Sungguh Gila ya..

    1. Pak Bush,

      Oh ya? Wah, saya malahan baru tahu kalau ada kewajiban membuat surat pernyataan seperti itu. Kalau saya sudah pulang ke Surabaya, saya coba selidiki deh.

  25. Pa saya mau tanya antara lenovo s820 dan oppo find clover bagus mana yah? kalau lenovo itu bagus tidak yah?? trims Pa.. mohon d balas ^^

    1. Bu Maria,

      Lenovo S820 lebih menarik daripada Oppo Find Clover. Layar lebih nyaman di mata, bodi lebih nyaman dipegang, dan kamera lebih bagus. Kalau suatu saat Anda bosan, lalu ingin menjualnya, mencari pembeli S820 bekas lebih mudah daripada menawarkan Find Clover bekas.

      Secara umum ponsel Lenovo cukup menarik. Namun, Lenovo memang masih punya banyak PR terkait pusat perbaikan resmi yang belum prima.

  26. saya bekas promoter oppo nih . emg hoax bgt management kantor oppo yg ecek ecek dan menghalalkan segala cara bahkan menghancurkan merk lain .saya srg diajari untuk menyerang merk bwsar sprti samsung yg kita katain plastik mahal dan sony .padahal sony lebih segalanya .dan yg soal potong gaji itu bnr.licik sekali.

  27. Saya punya oppo 2 kali nyebur di selokan tapi masih normal tanpa diservis, cukup dikeringkan pake kompresor ac langsung baik lg..oppo memang bagus dibanding hp cina lain

  28. Pak, saya mau tanya. Antara Samsung galaxy core dengan Oppo find clover lebih baik mana? Dari segi kualitas. Terimakasih πŸ™‚

    1. Bu Lely,

      Karena saya belum pernah menguji pakai Galaxy Core, saya belum tahu lebih baik mana. Kalau soal harga jual kembali dan layanan pusat perbaikan resmi, untuk saat ini Samsung unggul mutlak dibandingkan Oppo.

  29. Oppo mau buatan amerika, china atau apa lah menurut saya dengan harga yg cukup terjangkau tetapi spek nya luar biasa, contoh find clover..saya gunakan note 2, kemudian saya adu untuk sound..oppo lebih unggu, design nya keren ringan, dan elegan.
    Orang Indonesia memang agak bodoh kalau di katakan buatan China seakan-akan low quality. Masih aja mua beli produk yg punya brand kuat padahal spek loyo harga tinggi. Bahkan istri saya pun saya rekomendasikan gunakan oppo find miror. Performa nya OK. Saya sudah menggunakan samsung S3, S4, Note 2 tapi saya anggap brand itu overprice. Satu hal lagi orang indo itu kebanyakan ketakuan kalo reseller nya jatoh.. mending jadi pedagang aja. Buat saya kalo HP value nya tinggi harga terjangkau, whatever brand..take it.
    Buat Pak Herry SW, kenapa sih pake istilah Tiongkok? itu udah kaya bahasa zaman batu aja. Bagi saya Lenovo bukan tandingan oppo. design buruk display pas2an dan spek biasa aja untuk lawan yg seharga dengan oppo

    1. Pak David,

      Asal usul negara boleh tidak dipermasalahkan kalau harga jual sepadan dan si penjual mengakuinya dengan jujur. Oppo saya permasalahkan karena promotor mereka nyaris selalu menyatakan ponsel Oppo berasal dari Amerika. Padahal, Oppo berasal dari China.

      Untuk sebuah ponsel merek China, menurut saya, harga jual Oppo jauh dari kata terjangkau. Ponsel itu tergolong terlalu mahal. Apakah spesifikasinya luar biasa? Bisa ya, bisa tidak. Find Clover memang menonjolkan kemampuan audio. Ya, dalam hal audio, ia bisa mengalahkan Note 2. Namun, untuk hal-hal lain, kondisinya bisa bertolak belakang.

      Ya, orang Indonesia terlanjur mempunyai persepsi negatif terhadap produk Tiongkok. Bukan karena bodoh, melainkan karena persepsi yang kurang tepat itu terlanjur kuat. Jarang ada yang mengedukasi mereka dengan
      rutin dan mendalam.

      Setuju, Samsung biasanya juga overprice dalam mematok harga. Namun, bila diadu dengan Oppo, saya memandang tingkat overprice Samsung masih lebih bisa dimaklumi daripada Oppo.

      Mengapa saya memakai istilah Tiongkok? Kata yang dikenal dalam bahasa Indonesia sebenarnya ada dua: “Cina” dan “Tiongkok”. Kata “China” tidak ada. Beberapa tahun lalu saya pernah berdiskusi dengan seorang ahli bahasa, karena berbagai alasan yang tidak seluruhnya saya ingat, ia lebih menyarankan pemakaian kata “Tiongkok” daripada “Cina”.

      Tentang Lenovo, tentu saja dia bukan bandingan Oppo. Kesepadanan harga jualnya jelas berbeda. “Kelas” mereknya juga berbeda. Yang saat ini mungkin masih berimbang adalah layanan pusat perbaikan resminya: keduanya sama-sama masih harus “sekolah”.

  30. Oppo bukan produk amerika, denmark. Oppo ini produk asli dari china, pihak china tidak mau produk oppo gagal di pasaran mengingat akan produk mereka yang dulu2 acakadul sehingga mereka dengan sigap merombak ciptaannya yakni oppo dengan nama produk nonchina padahal ini 100% produknya. Kualitas oppo jauh di bawa samsung, sony, nokia terutama mengenai keawetannya.

    Terimakasih

  31. saya selaku promotor oppo d sini,
    saya tanya kalian semua apa bila anda d posisi promotor apa yg akan anda jawab apa bila ada konsumen tanya soal produk anda ?
    apakah anda akan jujur or bohong,
    kami cuma berusaha jadi yang terbaik tanpa merugikan konsumen,
    dari segi harga dan garansi oppo lebih komitmen dari handphone yang sudah anda kenal

    1. Pak/Bu Arie,

      Terima kasih atas responsnya.

      Maaf, saya hanya ingin mengajukan satu pertanyaan. Ketika Anda menawarkan Oppo kepada konsumen, lalu konsumen itu bertanya, “Ponsel Oppo ini buatan mana ya?”, apakah jawaban Anda?

  32. Pak Herry, saya mau tanya nih bila anda harus memilih antara Lenovo P780, Sony xperia C dual dan Oppo Find Clover anda memilih yang mana? Dan alasannya kenapa? Terima kasih sebelumnya

    1. Pak Han,

      Saya baru sekitar 30 jam memakai Lenovo P780. Jadi, sebenarnya belum memiliki kesimpulan akhir atas ponsel itu. Namun, bila tetap harus menjawab sekarang, saya memilih P780 dengan alasan kinerjanya tidak buruk dan memiliki kesepadanan harga yang paling baik. Find Clover saya tempatkan di urutan paling buncit.

  33. Pak Herry kalo menurut anda produk lenovo dibanding oppo lebih bagus yg mana (dalam hal kualitas) ? Apakah Lenovo S920 bagus? Karena selama ini saya terbiasa memakai produk sony dan samsung. Terima kasih sebelumnya

    1. Pak Iaan,

      Saya belum pernah menguji pakai Oppo Find 5. Jadi, saya tak tahu, lebih bagus mana kalau ponsel itu diadu dengan K900. K900-nya sendiri sih, menurut saya, lebih baik tidak dibeli.

  34. Pak recommend dong antara samsung mega dg oppo find mirror, banyak yang bilang kalau samsung mega cepat rusak karena ga ada pelindung gorilla glass nya, tlg bantuannya ya

  35. Iya pak mega dual sim, bener ya kalo oppo ga bisa tambah memory eksternal? Soalnya kalo saya lihat” spec katanya memory eksternal up to 32gb. Trs yg di maksud chip mediatek itu pengaruhnya ke apa pak?

    1. Bu Serly,

      Oppo yang mana nih? Kalau Find Mirror tidak dilengkapi selot microSD. Memori internalnya 16 GB.

      MediaTek itu salah satu produsen chipset untuk ponsel. Dibandingkan bertahun-tahun silam, MediaTek sudah semakin bagus.

  36. Oppo t buat’n cina!!
    Cuma desain y di amerika!!
    Tetapi,,oppo ada kerja sama dengan pihak sony,,mky kamera y bagus!!
    Smartphone tergolong bagus,,saingan samsung,sony,htc,lenovo.
    Dan harga terjangkau,,

    1. Pak Ivan,

      Boleh tahu di mana saya bisa membaca referensi yang menyatakan bahwa ponsel Oppo didesain di Amerika?

      Oppo harga jualnya terjangkau? Hmm… bagi saya sih terlalu mahal.

    1. Bu Sulistya Wahyuningsih,

      XC itu maksudnya Xperia C ya? Bila berbincang tentang kinerja, saya memilih Oppo Find 5 Mini. Btw, pilihan saya itu dengan asumsi mengabaikan harga jual ya.

  37. saya karyawan konter dikota saya, dan alhamdulillah salah satu distributor hape terbesar di kota jember.. dan sy bkn org yg paling jujur, mgkn jg bkn pembohong, yaaaah liat2 sikon lah.. hehehe… tp dlm bidang penjualan sy mmg sdh trbiasa kasihan dgn konsumen, krn itu sy selalu dan selalu menolak utk di tempatkan SPG OPPO di konter sy… krn bagi saya risih banget kalo ada tiba2 konsumen yg datang lalu menanyakan “Mz, mmg nya bnr ya oppo itu lbh bagus drpd samsung?”.
    Setelah sy jawab “lihat dulu type samsung ato oppo apa yg jd perbandingan buk”.
    Tapi klo kemudian dilanjutkan pertanyaan spt ini: “apa mmg bnr ya mz oppo itu buatan Jerman?”. (kadang Amerika lah, Kadang italia lah).
    klo sdh ada pertanyaan spt, sy selalu spontan katakan: “Jgn tertipu dgn merek yg baru berumur jagung buk/pak, bagaimanapun samsung itu lbh berpengalaman, mrk cm memanfaatkan ibu/bpk (kebetulan 50 meter dr konter sy adalah jg konter kompetitor yg ada SPG Oppo nya), semua merek hape adalah jelek di mata mrk, karena jujur ya buk/pak kalo mrk berhasil jual hape oppo yg mrk tawarkan, mrk akan dpt insentif diatas 100ribu rupiah tergantung type opponya, klo mmg ibuk ato bpk msh mau beli oppo spt yg mrk sarankan, beli disini jg ada, kan itung2 bpk nyumbang insentif utk sy hahaha.. yg pasti buk/pak oppo itu mmg murni hape cina, dia mmg bagus, tp bukan yg terbagus sampai menjelekkan hape lain yg kualitasnya jg tdk kalah bagus.. Mmg hape cina, tp ga semua product cina jelek, mgkn bs di bilang utk saat ini cm oppo dan lenovo yg terbukti kualitasnya, bukan jaminan buk/pak, tp bukti, krn elektronik itu ga bs jd jaminan buk/pak.. Sekarang ibuk/bapak mau tau kualitas hape yg mana? silahkan di liat2, yg pasti msh banyak kok pilhan hape yg bagus2 bkn cm oppo.. tp kalo mau kasih sy insentif silahkan beli oppo aja buk/pak.. hahaha.. (sekali kg candaan sy pd konsumen)”.
    Mgkn itu jwbn spontan sy krn sy btl2 tdk terima konsumen yg harusnya mndapatkan pelayanan yg baik tp justru mndapatkan pelayanan yg seolah mrk tdk memilih..
    Sampai detik ini, berkali2 pihak oppo menawarkan penempatan SPG di konter saya, tp berkali2 jg qt tolak, krn qt tdk mau di cap konter penipu…
    Jd sekali lg sy tegaskan, sy mndapatkan uang banyak jk brhasil jual oppo, tp utk kualitas, bertanyalah pd komunitas internet, krn dr internet anda akan lbh banyak wawasan dan referensi berkualitas.. browsing dulu lah, disini akn lbh neutral ketimbang bertanya pd merchan.. hehehe..
    Terima kasih ya pak HSW atas artikelnya… πŸ˜‰

    1. Pak/Bu Ayus Bangga,

      Terima kasih atas sharing-nya. Jawaban yang Anda berikan kepada konsumen, menurut saya, netral, jujur, dan apa adanya. Kalau konsumen tetap mau membeli ponsel Oppo, ya itu berarti memang rezeki Anda.

  38. Menurut saya oppo lebih baik daripada lenovo. Mungkin pak herry sendiri memang yg tidak ada dana untuk membeli produk oppo yg kualitanya sudah lumayan. Dan kelihatanya pak herry sangat mematok harga, dan pak herry sw juga kelihatanya sangan memperhatikan harga. Bilang saja tidak ada dan πŸ˜€

  39. Saya juga ikut komentar pak gpp kan., πŸ˜€ saya jg ditawarkan oppo katanya bahan materialnya bagus kuat kamera setara sony:-P. Aqidah bilang dimana-mana kualitas produk jepang dari dulu tidak pernah diragukan., langsung diam terus dia pukul layar hp oppo membuktikan kuatnya layar oppo tapi dlam hati saya ga ada ruang bagi oppo yg ada opo mene:*) setelah sy datang lagi udah gak berani dekati dan saya beli sony Xperia C dan mencoba k konter lain yg ada spg oppo jg langsung ditawarkan oppo sy keluarkan sony dan saya coba bandingkan kamera jauh sensor kamera sony dan hasil jepretannya sangat bening sy jelaskan karena memiliki sensor Xmor R dan sony itu memiliki subpixel. 3 samsung pun kalah saya perliahatkan material permanen biar jatuh gak bakal berhamburan internetx pun sy sudah tes dengan galaxy s4 kalah padahal processorx lebih tinggi sy jg heran awalx ragu jg., dan dia langsung gak banyak komentar ora peduli., opp mene-:) sony xperia kualitasnya jauh lebih bagus.,!!!;-):-D

  40. pak hery, sy bingung mau beli hp merek sony xperia c atau lenovo p780.. Sox klu sy lhat, spesfkasix hmpir sama.. Tolong dong pendapatx.. Pndapat yg jujur, tdk memihak merek..

    1. Pak Eka Gunari Marja,

      Kalau pilihannya dua ponsel itu, dengan cepat saya akan menyarankan Anda membeli P780. Pastikan beli yang 8 GB ya, jangan yang 4 GB.

  41. Gak usah pusing pusing milih hp gan, gk ada gunanya ngeributin hp yang nggk mengakui tanah kelahirannya, mending pakai hp nokia aja, toh skrg nokia bnyk yg jauh lbih baik kualitasnya ketimbang hp oppo oppo gk jelas itu, kalo skedar buat dunia maya multimedia dan sms, telponan ria sih, gk mesti yang hrus smpai harga 2 jt an kn?, nokia lumia sudah bisa kok memenuhi kebutuhan it harga cma 1.2 jt an,
    percuma jg beli hp mahal” merk abal” kalo untuk di fungsikan sama aja, lagian keawetan umur (hidupnya), jauhh lebih pendek ketimbang nokia lumia, kualitas suara nokia lumia jg sangat”lah baik menurutku…

  42. Saya pikir Oppo sedang menciptakan brand image yg kuat, dengan marketingnya yg menghalalkan segala cara. Lihat saja pak, saya yakin Oppo ga bisa bertahan lama jika kemanisan palsu marketingnnya jauh dari kenyataan yg ditawarkan. Saya juga mengamati klo Marketing yg terlalu bangga di doktrin dan gegabah quality setara iphone, padahal daleman oppo sama aja kayak mito dkk pake mediatek. Buat statement tuh pikir dong. Konsumen tidak bodoh dan akan mulai menyesal lalu mencermati kebohongan yg dibuat marketingnya setelah mereka membeli barangnya. Disitulah yg akan jatuh jika caranya seperti itu. Harga oppo itu.overprice! Mesin kualitas china harga Hp Korea. Bandingkan spek dan harga merk2 global seperti Sony C dibawah 3jt dgn oppo find mini harga 3.7 jt speknya sama2 mediatek mtk 6589? Layar siapa yg lebih.lebar? Kecepatan Hsdpa? Siapa yg lebih kenceng? Hasil benchmark? Apa find mini lebih tinggi? Bandingkan hargannya? Jauuuuh pak. Apalagi dibandingin Motorola G lebih jauuuuh murah tp spek bagus dapat merk global. Sudah tentu type2 oppo lain ga jauh beda. Oppo.sdh ada glove mode? Gestur dll? Silahkan anda cek merk gionne, xiaomi, dkk yg sama2 dari china yg cukup terkenal.. Mesin dan bentuk hampir persis oppo tp harga lebih murah Mereka jg sudah terkenal pak. Jadi janganlah membohongi konsumen dgn menghalalkan segala cara.. Saya hanya masyarakat yg ingin mengkritik cara oppo yg sudah berlebihan dlm membuat brand image yg seperti itu. Oppo build quality sudah bagus, fitur2 saya rasa sudah tdk aneh krn banyak hp keluat

  43. Hp keluaran pabrikan china yg mempunyai fitur yg sama, krn itu generalisasi fitur teknologi china. Jadi ya gitu2 aja Klo orang awam pasti taunya fitur2 tsb cuma ada di oppo padahal tidak. Lagian oppo pake prosesor snapdragon itu baru2 ini aja. Dari dulu selalu pake mediatek. Secara mediatek di hp mito yg 600rb juga ada.

  44. Maaf mas hary cagur saya selaku promotor oppo merasa tersinggung..saya selama edukasi ke konsumen gk pernah maksa buat beli oppo ..soal perbandingan antara samsung itu masalah persaingan antar brand … saling sikut uda biasa mas tapi kami edukasi sama bukti … lihat sekarang smartphone oppo menjadi besar karena kami sabar awal mula kalian mencaci sekarang kalian akan sadar diri kualitas memang teruji.. mau compair dari segi apa sama samsul???

    1. Pak Wildan,

      Terima kasih sudah bersedia berbagi komentar di blog sederhana ini.

      Kalau boleh tahu, saat ada konsumen yang menanyakan merek Oppo berasal dari mana, bagaimanakah Anda biasa menjawabnya?

      Satu lagi. Bila saya perhatikan, belakangan ini mayoritas promotor Oppo adalah wajar baru. Orang-orang lama sudah sangat jarang terlihat. Apakah memang terjadi pergantian besar-besaran?

  45. udh lah, semua tergantung peminat, toh manusia gg ad kata puas, mending diam aj. gg usah saling sikut, dunia persaingan itu biasa, gg ad hp yg sempurna

    1. Pak Bagus,

      Bagi saya, selama promotor Oppo masih berjualan dengan menyesatkan konsumen, saya takkan tinggal diam.

      Bila promotor Oppo telah berjualan dengan memberikan informasi yang benar, terutama mengaku bahwa Oppo merupakan merek Tiongkok buatan Tiongkok, saya akan diam. Soal harga jual yang mahal, saya akan menganggapkan sebagai bagian dari strategi penjualan. Itu suka-sukanya Oppo deh. Yang penting harap berjualan dengan jujur.

  46. Saya rasa untuk masalah promotor oppo menyampaikan pembuatannya itu tergantung kejujuran promotor tsb . Dan ga semua promotor oppo mengatakan kalau oppo dibuat di amerika dll. Namanya juga manusia , manusia tidak akan pernah puas sama apa yang mereka dapatkan. Tidak semua promotor oppo yang menjelekan brand lain . Kalau disini ada promotor oppo yang merasa seperti yang di bahas oleh pak herry , jika kalian punya hati tolong ubahlah cara penyampaian anda terhadap pembeli . JUJUR LEBIH BAIK !!!

  47. Kecewa beli oppo mirror 3,beli 3,2 baru 2 mnggu pake tepat nya hari ini saya jual lagi karena kecewa dengan perfoma nya, masih kalah sama g2 mini saya ,ga sesuai yg di bilang salesnya.,dan tertanyata harga jualnya jatuh bgt, di b*c bdg cuma di tawar 1,6 malah ada yg nawar 1,2, padahal ini hp masih baru keluar, akhrnya ada yg mau 1,8 setelah muter2,parah!
    Emang bener kalau penjual oppo itu kurang jujur soa asal pembuatan nya darimana, saya sudah buktikan di b*c bandung, katanya buatan amerika.

  48. Pak,mohon pencerahannya saudara saya mau membeli hp.
    ada 3 pilihan,xperia c3 dual,oppo mirror 3 atau samsung galaxy mega 2.
    mana yg lebih unggul secara keseluruhan?trims.

    1. Pak Bagas,

      Kebetulan saya belum pernah mencoba dua ponsel yang terakhir. Jadi, saya tak bisa membandingkannya. Saya pribadi masih tidak tertarik membeli Oppo karena satu alasan: cara jualannya belum jujur, masih berusaha mengelabui konsumen.

    1. Pak Sukhontaep,

      Jawabannya, iya. Kesepadanan harga Xiaomi lebih baik. Kejujuran Xiaomi juga jauh lebih baik dibandingkan Oppo.

  49. Oppo memang berasal dari cina dan dirakit di cina,ya kalau secra logika HP apapun di rakit di china,yg dari korea dirakit dichina,dari amerika pun dirakit dichina,dari perancis juga dirakit di cina,kalau mau bukti liat aja di kardus hpnya atau di casing belakang,karna dicina itu pajak untuk ekspor impor lebih murah,coba kalo di indonesia kayak gtu..gak kebayang kan … Hihihi πŸ˜€

    1. Pak Ariel Fahrully,

      Saya tidak mempermasalahkan ponsel Oppo dibuat di Tiongkok kok. Saya tahu banyak merek global lain juga melakukan produksi di Tiongkok.

      Yang saya permasalahkan, banyak promotor Oppo yang menyatakan bahwa Oppo adalah ponsel dari Amerika. Nah… itu kan jelas-jelas nggak benar. Lha wong Oppo adalah merek asal Tiongkok.

      Dalam pantauan saya, promotor Oppo sering memberikan informasi yang tidak akurat, semata-mata agar konsumen tertarik membeli ponsel Oppo. Terakhir, seorang calon konsumen cerita kepada saya kalau promotor Oppo mengatakan kepada dia bahwa jerohan ponsel Samsung sebenarnya dibuat oleh Oppo. Konyol banget kan itu.

  50. ada yg jual casing belakang oppo find piano gak ? soalnya ane masih ngandelin ni hp bwt jeprat jepret dibanding hh skrg MPnya doank gede tapi qualitas jepretanya buruk, tapi sayang kesing belakangnya udah retak retak jadi gak enak makenya… klo ada yg jual ni nomer saya 085881525600 area jakarta

  51. udah, udah gak ada soalnya produknya udh discontinue, kalo ada yg hpnya matot gtu mau jual casingnya ane siap tampung…

  52. numpang komen koh,,saya lenovo user sejak make android.

    promotor oppo yang ngomel2 berarti merasa kesentil karna kebohonganya terungkap.

    oppo bagus,,kualitas keren. mantap menurut saya setelah liat hh temen. cuma alasan saya milih lenovo,, lebih ke harga dan spek yg saya butuhkan. selain itu,,belum pernah kecewa sama lenovo. beberapa kali ke sc lenovo bandung,,fast respon kok. mungkin tergantung kerusakan.

    soal kebohongan dalam promosi,, sedikit menjijikan buat saya. kalau buat dipake lama,,harga jual kembali yang turun drastis bisa diabaikanlah.

    besok mau jalan2 ke stand oppo aaah ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *