Review Oppo N1 (2): Kesaktian Jari Tangan

Di atas kertas, spesifikasi Oppo N1 memang menggiurkan. Ia dibekali prosesor empat inti (quad core) Qualcomm Snapdragon 600 1,7 GHz, RAM 2 GB, ROM 16 GB, Wi-Fi, bluetooth, NFC, dan GPS. Saat ponsel dengan kartu micro SIM tersebut kali pertama diaktifkan, memori internal yang masih kosong terdiri atas 9,81 GB user space dan 2,59 GB system storage. Tidak tersedia selot microSD di ponsel itu.

Oppo N1-10

Ponsel yang mendukung layanan HSDPA itu memanfaatkan layar sentuh IPS 5,9 inci beresolusi 1.920 x 1.080 piksel. Karena telah mengadopsi Gorilla Glass 2, permukaan layar tersebut relatif lebih tahan terhadap goresan. Berdimensi fisik 170,7 x 82,6 x 9 mm dan berat 213 gram, N1 menggunakan sistem operasi Color 1.0 yang sebenarnya berbasis Android 4.2.2 Jelly Bean.

Bukan hanya itu. Lantaran mendukung aneka fitur gesture, pengguna N1 bisa menikmati kesaktian jari tangan untuk menjalankan berbagai perintah. Ketika ponsel terkunci, pengguna cukup menuliskan huruf O di layar untuk mengakses kamera. Kalau layar sedang menyala dan tidak terkunci, selain menuliskan huruf O, ada alternatif lain untuk menjalankan kamera. Caranya, cubitlah layar memakai tiga jari.

Oppo N1-1

Sapuan dua jari ke atas-bawah akan mengatur volume, sedangkan sapuan tiga jari ke atas-bawah bakal memotret layar (screen capture). Bila ingin menyalakan lampu senter, sapukan jari membentuk huruf V. Sama dengan di LG G2, ketukkan jari dua kali untuk menyalakan layar dan cukup dekatkan ponsel ke telinga untuk menerima panggilan masuk. Mau membuat gesture baru? Misalnya, huruf E untuk membuka email dan P untuk menelepon pacar? Bisa!

3 thoughts to “Review Oppo N1 (2): Kesaktian Jari Tangan”

  1. Pak HSW, kenapa kamera n1 kok tidak dibahas, bagaimana hasil bidikannya.

    N1 ini singgel card yah pak, sayang sekali tidak ada memori eksternal, btw apk gesturnya sangat menarik..
    Thx..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *