Review Power Bank Minion dan Screen Protector Tyrex: Bermula dari Film

Anda yang pernah menonton film Despicable Me dan Despicable Me 2 pasti mengenal Minion. Makhluk berbentuk seperti kapsul, berkaca mata tebal, dan berwarna kuning itu sungguh menggemaskan. Mereka berbicara dalam bahasa aneh dan kerap bertingkah lucu.

Mundur belasan tahun ke belakang, sebagian di antara Anda mungkin masih mengingat film Jurassic Park yang disutradarai Steven Spielberg. Di film itu, tyrannosaurus rex alias t rex (baca: tirek) digambarkan sebagai predator yang sangat berbahaya. Para ahli meyakini, hewan karnivora itu bisa melahap hingga 230 kilogram daging hanya dalam sekali gigit.

Di dunia nyata, saat ini si lucu dan si ganas itu dapat ditemukan sebagai aksesori acang. Ada power bank berbentuk Minion, ada pula screen protector yang diberi nama Tyrex.

Minion

Power Bank Minion

Saat sekilas melihatnya, orang lain bakal menyangka Anda membawa action figure atau mainan anak-anak. Padahal, benda tersebut sebenarnya adalah power bank. Di kemasannya tidak tertulis merek. Tak ada pula buku panduan pemakaian.

Diklaim berkapasitas 3.500 mAh, power bank Minion hanya memiliki satu port USB sebagai konektor output dan satu konektor micro USB sebagai input. Arus yang mampu lewat maksimal sebesar satu ampere. Paket penjualan termasuk satu kabel USB dengan tiga macam konektor. Yaitu, konektor micro USB, lightning ala Apple generasi terkini, dan 30 pin ala tablet Samsung.

Sentuhan akhir pengerjaan power bank Minion kurang halus. Bagian mulut dan giginya tak mirip dengan yang tersaji di film. Betapa pun, kalau sekadar untuk lucu-lucuan, power bank Minion masih boleh dilirik. Rentang harga jualnya sangat lebar, mulai Rp 205 ribu sampai Rp 300 ribu. Padahal, barang yang dijual persis sama.

Tyrex

Pelindung Layar Tyrex

Licin, bening, mudah dibersihkan, dan sangat tahan terhadap goresan merupakan sederet kelebihan pelindung layar (screen protector) Tyrex. Air yang sengaja diteteskan di atas permukaannya bakal meluncur kala ponsel dimiringkan. Keringat dan “minyak” yang kadang menempel usai pengguna bertelepon dapat diminimalkan. Seandainya permukaan layar terlihat kotor, pengguna dapat membersihkannya dengan mudah.

Tyrex mempunyai ketebalan 0,3 mm atau 6-10 kali lebih tebal daripada pelindung layar biasa. Meskipun begitu, layar sentuh ponsel yang dilapisi Tyrex tetap cemerlang dan sensitif terhadap sentuhan.

Tingkat kekerasan permukaan Tyrex diklaim mencapai 9H. Bandingkan dengan pelindung layar biasa yang hanya 3H. Hal itu membuat pengguna relatif tak perlu khawatir layar ponsel bakal tergores saat dikantongi bersama dengan kunci atau uang logam. Penulis sempat iseng menggoreskan cutter berharga jual ribuan rupiah ke permukaan BlackBerry Q10. Hasilnya, layar yang telah dilapisi Tyrex itu tetap mulus. Klip video singkat ala penulis dapat dilihat di http://youtu.be/EOP6jqFBjgc

Karena harga jualnya premium, mulai Rp 150 ribu hingga Rp 300 ribu, jangan heran bila Tyrex hanya tersedia untuk acang berharga jual minimal Rp 3 jutaan. Contohnya, BlackBerry 9900, Z10, Q10, Q5, iPhone 4, dan iPhone 5/5S/5C. Pengguna Samsung Galaxy Note 2, Galaxy S4, dan Sony Xperia Z juga bisa mencicipi Tyrex. Dalam waktu dekat bakal hadir Tyrex untuk aneka varian iPad (kecuali iPad generasi pertama), LG G2, Samsung Galaxy Note 3, dan Sony Xperia Z1.

12 thoughts to “Review Power Bank Minion dan Screen Protector Tyrex: Bermula dari Film”

  1. Screen proctector Tyrex itu beli dimana ya di area surabaya? Lebih baik lagi jikalau diberikan lokasi spesifiknya. Thanks

    1. Pak Roy,

      Langsung ke House of Blink di Hi Tech Mall, Surabaya, saja. Saya lupa posisinya di lantai 1 atau 2.

      Alternatif lain, silakan mencarinya di WTC atau Plasa Marina. Sudah banyak toko yang menjualnya kok. Di WTC, yang saya ingat, antara lain, Hallo Cell (lantai 1), Sentris (lantai 1), dan Aqua (ehm… saya lupa lantai 2 atau 3).

  2. Btw itu screen proctector itu jenis doff atau glare ya? Karena kalau doff biasanya mengurangi kualitas layar yang dipandang oleh mata…

    1. Pak Roy,

      Tyrex itu berjenis clear/bening, bukan doff atau glare. Tampilan layar yang dilapisi Tyrex tetap tajam dan cemerlang.

    1. Pak Faid,

      Entah sekarang yang masih punya stok siapa. Cobalah mencarinya di Plasa Marina lantai 3 atau WTC lantai 5.

    1. Pak Arie,

      Pak Henry siapa ya? *tolah-toleh*

      Saya Herry, bolehkah menjawab? 🙂 Setahu saya Tyrex tidak tersedia untuk iPhone 3GS.

  3. Nanya pak, kalo tempered glass merek “Platinum” katanya 2nd brand dari Tyrex, itu betul apa gak?
    Saya cari2, kalo untuk g2 mini, tempered glass yg merek tyrex gak ada, adanya merek platinum. Karena katanya tyrex itu hanya untuk smartphone level atas, kalau untuk yg level menengah mereknya platinum.
    Kalau menurut pak Herry, untuk g2 mini, tempered glass yang bagus merek apa pak?

    1. Pak Pembaca (ehmm… nama Anda benar itu?),

      Benar. Tyrex untuk lapis pertama, sedangkan Platinum lapis kedua.

      Lebih tepatnya, Tyrex untuk ponsel kelas atas atau ponsel yang populasi penggunanya banyak. Kalau Platinum untuk ponsel kelas menengah atau yang populasi penggunanya sedikit.

      Tanpa melihat tipe ponsel, saya baru pernah mencoba tiga merek tempered glass. Yaitu, Tyrex, Nillkin, dan Moon Lightnings. Menurut saya, yang paling memuaskan Tyrex.

  4. P Herry SW,

    Kalau Tempered glass Tyrex dan Delcell untuk LG G4, lebih bagus yang mana ya P Herry? (jika P Herry SW pernah mencoba Tempered glass merk Delcell).

    Terima kasih sebelumnya,

    1. Pak Agus Rianto,

      Tak tahu. Saya tak pernah menggunakan tempered glass Tyrex maupun Delcell di LG G4.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *