Review Redmi Note 9 Pro: Jawara di Rentang Harga Rp3 Jutaan

Hingga awal bulan lalu, Redmi Note 8 Pro yang diluncurkan pada Oktober 2019 adalah ponsel kelas menengah di rentang harga Rp3 jutaan yang paling menarik. Fitur relatif komplet, kinerjanya pun secara umum memuaskan. Setitik nila yang mengurangi nilai jual Redmi Note 8 Pro, performa kameranya hanya layak dilabeli cukup. Tak pantas dikategorikan bagus.

Predikat Redmi Note 8 Pro sebagai ponsel Rp3 jutaan paling menarik kini direnggut adik kandungnya sendiri. Redmi Note 9 Pro. Peningkatan yang paling terasa di sektor kamera. Kinerja kamera Redmi Note 9 Pro membaik signifikan dibandingkan Redmi Note 8 Pro. Pengisian daya ponsel itu juga lebih kencang: 30 Watt versus 18 Watt.

Redmi Note 9 Pro tersedia dalam tiga varian warna. Yaitu, abu-abu (interstellar grey), putih (glacier white), dan hijau (tropical green). Kalau dicermati, varian warna hijau agak berbeda daripada dua varian warna lain. Bodi belakang yang menggunakan Corning Gorilla Glass 5 itu terbagi dua tidak sama besar. 1/3 bagian atas polos, sedangkan 2/3 bagian di bawahnya bergaris-garis miring. Desain kameranya pun berbeda, meski spesifikasi kamera semua varian warna Redmi Note 9 Pro sebenarnya persis sama.

Empat kamera di sisi belakang Redmi Note 9 Pro terdiri atas kamera utama beresolusi 64 megapiksel, kamera sudut lebar delapan megapiksel, kamera makro lima megapiksel, kamera untuk sensor kedalaman dua megapiksel. Resolusi foto yang sanggup dihasilkan maksimal 64 megapiksel, sedangkan resolusi video hingga 4K 30 bingkai per detik.

Terdapat pilihan mode portrait, night, dan pro. Pada mode pro, pengguna leluasa mengatur aneka parameter secara manual. Misalnya white balance, pemfokusan, kecepatan rana 1/4.000-1/30 detik, dan ISO 100-3200. Kompensasi pencahayaan, tipe lensa yang dipakai, dan metering juga bisa diatur. Pengguna yang menginginkan RAW file untuk diolah lebih lanjut pun dapat memperolehnya.

Beralih ke kamera depan. Kamera tunggal tanpa lampu kilat itu mampu memproduksi foto beresolusi 16 megapiksel dan klip video beresolusi maksimal full HD 1080p 30 bingkai per detik. Tersedia mode portrait untuk menambahkan efek bokeh saat pengguna berswafoto.

Redmi Note 9 Pro berdimensi fisik 165,75 x 76,68 x 8,8 milimeter dan berat 209 gram. Di sisi atas ponsel terdapat inframerah dan mikrofon. Selot kartu yang siap menampung dua nano SIM dan satu kartu microSD secara bersamaan terletak di kiri bodi. Tombol volume dan tombol power yang menyatu dengan sensor sidik jari berada di kanan. Sedangkan di bagian bawah, pengguna bakal menjumpai konektor audio 3,5 milimeter, USB tipe C, mikrofon, dan speaker.

Ponsel itu dibekali layar IPS 6,67 inci beresolusi full HD+ 2.400 x 1.080 piksel. Kendati sudah mengadopsi Corning Gorilla Glass 5, selembar pelindung layar tambahan dipasangkan ke kaca layar Redmi Note 9 Pro. Langkah sederhana yang patut diapresiasi konsumen. Sebab, Gorilla Glass bukan berarti tidak bisa tergores, melainkan lebih sulit tergores.

Dapur pacu Redmi Note 9 Pro memanfaatkan prosesor delapan inti (octa core) Qualcomm Snapdragon 720G dengan kecepatan hingga 2,3 GHz. Spesifikasi lain ponsel itu, antara lain, GPS, Wi-Fi, bluetooth, dan NFC. Tersedia pula radio FM, kompas, dan lampu notifikasi.

Bersistem operasi Android 10 dengan tampilan antarmuka MIUI 11, Redmi Note 9 Pro dilengkapi fitur raise to wake, ketuk-ketuk layar (double tap screen to wake), dual apps, dan second space. Ketika debu mulai terlihat menempel di lubang speaker, jalankan saja menu clear speaker beberapa kali untuk mengusir debu.

Redmi Note 9 Pro tersedia dalam dua pilihan kapasitas memori, 6/64 GB dan 8/128 GB. Penulis alias HSW menguji pakai varian RAM 8 GB dan ROM 128 GB (UFS 2.1). Saat ponsel kali pertama dinyalakan, ruang kosong di memori internal mencapai 107,63 GB.

***

Dua nomor yang diselipkan ke Redmi Note 9 Pro dapat siaga bersamaan di jaringan 4G LTE. Karena mendukung native VoLTE Smartfren, pengguna operator itu tetap leluasa bertelepon tanpa perlu menginstalasikan aplikasi tambahan.

Kegegasan ponsel tidak perlu disangsikan. Walaupun diajak menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, ponsel tetap bisa bekerja dengan lancar. Suhu bodi ponsel relatif sejuk. Sesekali saja terasa agak hangat dalam batas wajar. Biasanya ketika ponsel digunakan di lokasi yang penerimaan sinyalnya kurang optimal.

Sensor sidik jari yang terletak di sisi kanan ponsel, menyatu dengan tombol power, relatif responsif. Pengguna bebas mengatur sensor sidik jari itu akan bekerja hanya dengan sentuhan sidik jari atau harus dipencet/ditekan lebih dulu.

Penempatan sensor sidik jari di tombol power sebenarnya bukan hal baru. Pada lima tahun lalu penulis alias HSW pernah mencicipinya di Sony Experia Z5 Dual. Namun, entah mengapa, teknologi itu sempat jarang diimplementasikan dan baru akhir-akhir ini kembali digunakan oleh beberapa produsen ponsel. Contohnya, Realme di Realme 6 Pro.

Bagi HSW, penempatan sensor sidik jari di tombol power kalah nyaman dibandingkan sensor sidik jari di sisi belakang ponsel. Sebab, ketika menggenggam ponsel, seringkali ibu jari tanpa sengaja menyentuh tombol power. Alhasil sensor sidik jari bereaksi dan pengunci layar pun terbuka.

Menyoal kamera, secara umum kinerja kamera Redmi Note 9 Pro tergolong prima di kelasnya. Foto yang dihasilkan di lokasi berpencahayaan memadai, baik menggunakan lensa utama maupun lensa sudut lebar, layak disebut bagus. Foto yang dihasilkan saat ponsel dipakai memotret objek dalam jarak ekstradekat juga memuaskan.

Ketika diajak berburu gambar dalam kondisi minim cahaya, barulah kamera Redmi Note 9 Pro mulai terlihat ngos-ngosan. Saat itu kadang noise terlihat cukup jelas di foto yang dihasilkan. Memanfaatkan mode malam HSW sarankan demi mendapatkan foto yang terlihat lebih terang dan menawan.

Kamera depan? Tidak bisa disebut jelek, tetapi juga belum pantas dibilang bagus. Cukup baik adalah penilaian yang lebih tepat. Dalam pengamatan HSW, wajah di swafoto yang dihasilkan seringkali kurang cahaya sekitar satu tingkat.

Performa remote control inframerah yang tidak sekuat biasanya menjadi sisi minus lain Redmi Note 9 Pro. Kebetulan HSW amat rutin menggunakan fitur itu di berbagai tipe ponsel Xiaomi yang diuji pakai. Kendati posisi ponsel agak miring, biasanya AC di kamar masih dapat dikendalikan dengan baik oleh remote control beragam tipe ponsel Xiaomi. Kali ini di titik yang sama remote control Redmi Note 9 Pro gagal melakukannya.

Di dunia maya, HSW sempat menerima keluhan mengenai area tertentu layar yang keabuan. Ada pula yang mengeluhkan adanya debu di kamera belakang. Hingga sekarang HSW tidak menganggap keduanya sebagai sisi minus. Mengapa?

Menyangkut warna keabuan, terutama di sekeliling kamera depan, hal itu merupakan salah satu karakter layar IPS. Sedangkan terkait debu, bila kondisi tersebut ditemukan saat ponsel dikeluarkan dari kardus untuk kali pertama, HSW sepakat itu tidak wajar. Namun, karena persentase kejadian konon sangat kecil dan Xiaomi Indonesia trengginas merespons, berarti masih dapat dianggap sebagai riak normal di rangkaian proses produksi dan penjualan ponsel.

Pasokan daya Redmi Note 9 Pro berasal dari baterai tanam berkapasitas 5.020 mAh. Dengan perilaku pemakaian ala HSW, baterai itu selalu mampu bertahan seharian penuh. Daya baterai tak jarang masih tersisa hingga keesokan harinya, sehingga total pemakaian menembus 20-an jam.

Karena mendukung pengisian cepat 30 Watt, pengguna tak perlu menunggu lama saat melakukan pengisian ulang daya baterai. Di ponsel apa pun HSW terbiasa memulai pengisian daya saat indikator baterai menunjukkan angka sepuluh persen. Dengan menggunakan charger bawaan yang memiliki keluaran hingga 33 Watt, daya baterai Redmi Note 9 Pro akan terisi penuh dalam 68-72 menit.

 

Saat naskah ini HSW unggah, harga ritel resmi Redmi Note 9 Pro dengan RAM 6 GB dan ROM 64 GB dipatok Rp3,399 juta (jalur penjualan daring) dan Rp3,499 juta (jalur penjualan luring). Sedangkan harga ritel resmi varian 8/128 Rp3,799 juta dan Rp3,899 juta. Asalkan rajin membandingkan harga, calon konsumen bukan mustahil mendapatkan penawaran dengan harga lebih murah Rp50 ribu sampai Rp100 ribu.

Dengan memperhatikan plus minusnya, HSW menilai Redmi Note 9 Pro saat ini adalah ponsel jawara di rentang harga Rp3 jutaan. Asalkan anggaran tersedia, sebaiknya jangan hanya membeli satu unit. Sebab, ponsel pasangan, anak, atau orang tua Anda mungkin juga perlu diremajakan. Berbagi kebahagiaan tidak dilarang, bukan? Ha… ha… ha….

***

Inilah contoh hasil jepretan kamera Redmi Note 9 Pro. Supaya lebih ringan diakses, seluruh foto telah diperkecil dan dikompresi. Tidak dilakukan olah digital yang mengubah komposisi, pencahayaan, atau pewarnaan.

Ketika nasi Padang dipadukan dengan ayam goreng KFC.

Andai saat ini ada produsen ponsel yang menyertakan pengisi daya berbodi transparan di paket penjualan standar, asyik deh.

Mari membandingkan hasil foto mode normal dengan mode malam.

Perhatikan lampu nama hotel.

Dua foto berikut dijepret menggunakan kamera depan.

***

Tangkapan layar AnTuTu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

227 thoughts to “Review Redmi Note 9 Pro: Jawara di Rentang Harga Rp3 Jutaan”

  1. mantap om, terutama pengisian daya 30w yg naik dari 18w di note 8 pro. untuk sensor inframerah karena om Herry bahas saya jadi ngeh bener juga, kemarin² saya merasa kok agak jauh sedikit ngga bisa nyala ac-nya.

  2. saya pengguna redmi note 8 pro, menurut bapak apakah upgrade ke note 9 pro worth it, atau lebih baik tetap di note 8 pro sembari menunggu penerus note 9 pro saja?

    1. Pak Herry mau bertanya seputar redmi note 9 pro. Saya baru beli ada sedikit problem toggle notifikasinya terbatas dan tidak bisa diedit. Bagaimana cara membetulkannya?
      Terima kasih pak

  3. Maaf Pak, menurut Bapak HSW,
    Lebih layak beli redmi note 8 pro 6/128 atau redmi note 9 pro 6/64
    Dengan mempertimbangkan anggaran yg relatif sama..
    ?

    1. Om saya mau tanya, lebih prefer Vivo v19, realme 6, atau redmi note 9 pro ya? Saya fokus ke kamera dan rom serta update software. Mohon bantuannya om, makasih

        1. Om Herry mending note 9 pro ini atau Poco X3 yang baru rilis? Kalau dari spek sepertinya menang Poco ya tapi cari-cari review kalau note 9 pro kameranya banyak yang kemasukan debu buat barang batch awal. Kalau Poco X3 katanya vibrationnya ganggu, kalau jatuh dari posisi berdiri ke tidur, itu langsung lecet. Trus sempat nemu tweet orang luar yang Poconya meledak waktu di charge. Jadi bingung mau meminang yang mana.?

          1. Pak Ara,

            Kalau Anda bisa mendapatkan Poco X3 NFC dengan harga normal, ambil ponsel itu. Kalau dapatnya harga gaib yang minimal Rp400 ribu di atas harga resmi, mending ambil Redmi Note 9 Pro.

            * Redmi Note 9 Pro kloter produksi sekarang sudah bebas debu.
            * Getaran di Poco X3 NFC, menurut saya, tidak mengganggu.
            * Kalau jatuh saat tidak dipadukan dengan case, apalagi di permukaan kasar, ya wajar bila tergores. Kan bodinya polikarbonat.

  4. Pak Herry.

    Untuk charger 30 Watt nya menggunakan teknologi apa? Quick Charge nya qualcomm atau teknologi Mi sendiri?
    Kalau VOOC 5V 4A, sedangkan di charger bawaan yang 33 Watt berapa volt, ampere yang digunakan?

    Terima kasih

    1. Pak Richard,

      Saya belum tahu detailnya. Yang pasti bukan Quick Charge. Saya agak curiga PD, tetapi kebetulan tidak mempunyai charger PD sebagai pembanding.

      Kalau tak salah ingat 10 Volt.

      1. Ponsel saya redmi me note 7. Apakah layak upgrade k redmi note 9 pro dari segi kamera? Atau saya harus nunggu penerusnya lagi?
        Di rentang harga yg sama…adakah rekomendasi lain untuk mengejar kamera yang lebih baik?

      1. Sekarang pasaran secondnya 2.8-3.1 jt om, sebenarnya mending beli ponsel kelas mid keluaran terbaru atau ponsel kelas diatasnya keluaran periode sebelumnya yang harganya sudah mulai turun?

        1. Pak Rian Permana,

          Kalau saya mending beli ponsel mid keluaran baru. Alasannya sederhana. Pocophone F1 kan usianya sudah sekitar dua tahun. Kemampuan baterai seharusnya telah menurun.

          1. Ok koh, kalau saya bisa mendapatkan pocophone f1 di harga 2.8 lebih baik menambah anggaran untuk ambil redmi note 9 pro atau ambil pocophone aja?

          2. Pak Rian Permana,

            Kalau siap dengan risiko baterai sudah drop, silakan saja melirik F1.

          3. Kalau redmi note 9 pro dengan realme 6, bagusan yg mana ya? Saya fokus untuk ke kamera dan rom serta dukungan software. Terima kasih

          4. Pak Chris,

            Kamera belakang: Redmi Note 9 Pro.
            Kamera depan: Realme 6.
            Dukungan software: Redmi Note 9 Pro.

  5. Mau minta saran Ko Herry SW: dengan rentang harga yang sama dengan xiaomi redmi note 9 pro, smarphone mana yang layak dibeli? Apakah oppo a9 atau lainnya?

    1. Pak Gondo,

      Kalau di rentang harga sama, tidak ada deh. Redmi Note 9 Pro juaranya. Kalau sedikit lebih mahal, Realme 6 Pro boleh dilirik.

      1. Ko,Kalau dibandingkan dg Vivo Y50 RAM 8/128GB harga 3,5 dan Vivo V19 RAM8 /128GB harga 3,9 JT,mohon petunjuknya mau jadi agen property ?

        1. Pak Henry,

          Mohon maaf atas respons saya yang superlama.

          Untuk kondisi saat ini, saya lebih condong menyarankan Anda beli Realme 7.

  6. Setuju dengan review nya om..menjelang satu bulan pemakaian rn9pro.. Tidak ditemukan kendala berarti terutama masalah yg sempat tren kemarin yakni kamera yang berdebu… Namun selebihnya sangat top untuk rn9pro.. Menurut Om sebagai hp pendamping untuk rn9pro apa yg cocok?

        1. Pak Arsyad NH,

          Oh ok. Lain kali biasakan tidak asal menyingkat nama/tipe ponsel ya, Pak. Kalau pun mau disingkat, kali pertama tuliskan lengkap “Redmi Note 9 Pro”, sedangkan berikutnya “Note 9 Pro”.

          Untuk pendamping bisa memakai ponsel dengan spesifikasi lebih rendah. Misalnya, Redmi 8A Pro.

      1. Rn9p = redmi note 9 pro Om ? jika note 9 pro nya sebagai hp pertama.. Untuk pendamping Om rekomendasikan yg mana antara seri redmi note atau realme?

          1. Oh iya terima kasih Om.. Terakhir.. Saya ada 2 pilihan yg sudah di kantongi antara redmi note 8, redmi note 8 pro atau redmi note 9.. Rekomendasi yg mna Om?. Sukses selalu Om Herry SW

          2. Pak Arsyad NH,

            Saya tidak pernah mencoba Redmi Note 9.

            Redmi Note 8 Pro layak beli.

    1. Pak Jarwadi MJ,

      Reno 9 Pro itu benda apa ya? Reno 4 saja baru akan diluncurkan di Indonesia pada bulan depan.

    1. Pak Setyo Nugroho,

      Dengan kabel. Kalau tidak perlu kabel, sudah saya sebutkan sebagai salah satu daya tarik deh.

        1. Pak Iskandar Zulkarnaen,

          Optimal atau tidak, Pak? Karena di sebagian ponsel ada yang asal bisa jalan, tetapi suaranya kresek-kresek parah.

          1. acceptable om cukup jernih, lumayan buat alternatif hiburan pas ngirit kuota, kalo spotify dkk kan perlu kuota haha

  7. Kalau hasil foto dibanding realme 5 pro ataupun realme XT bagaimana om?
    Terutama untuk night mode-nya.
    Terimakasih

    1. Pak Lucky Luke,

      Secara umum saya pilih Redmi Note 9 Pro. Namun, kalau spesifik mode malam, Realme 5 Pro unggul tipis.

  8. Pak Herry,
    Sedikit usul. Ketika mencoba kamera depan bisa dicoba ketajamannya dgn memotret tulisan kecil. Ini bermanfaat misal ketika sedang registrasi bank dengan video call yg mengharuskan untuk foto KTP. Trms.

    1. Pak Arya,

      Terima kasih atas masukannya. Namun, maaf, saya takkan melakukan pengujian itu karena pada dasarnya peruntukan kamera depan bukan untuk memotret tulisan kecil, melainkan berswafoto.

      Foto KTP untuk registrasi bukankah biasanya dijepret menggunakan kamera belakang? Kamera depan untuk memotret wajah kita dengan tangan sambil memegang KTP.

  9. Redmi Note 9 pro ini emang mantab pak, after sales nya juga ok, saya beli saat Pre order awal ternyata dapat layar yang bright/white pixel, bawa ke MI exclusive service center harus diganti LCD & sparepart belum siap,kamera sering eror ,katanya hanya bug miui, akhirnya email service center pusat dan diganti baru. dan kendala bug seperti kamera eror tidak sata temukan lagi selama pemakaian diunit yg baru ini.

    1. Pak Adhitya,

      Terima kasih atas kesediaannya berbagi pengalaman. Kalau boleh tahu, saat itu ada bright pixel berapa titik, Pak? Berdempetan atau tidak?

      1. berapa titiknya kurang paham, tapi agak besar titiknya yg terlihat mata ,mungkin beberapa titk saling saling berdempetan sehingga terlihat agak besar.

  10. om hsw, saya masih bingung masalah pengisian daya nih. Standart charger bawaan redmi note 9 adalah 18W, jika saya pake ke redmi note 9 pro yg standarnya 30w apakah jadi masalah (lama/rusak) ? begitu juga sebaliknya 30w ke 18w?
    terima kasih.

    1. Pak Pocha,

      * Charger bawaan Redmi Note 9 dipakai untuk mengisi ulang baterai Redmi Note 9 Pro: ponsel takkan rusak. Namun, durasi pengisian lebih lama daripada bila menggunakan charger bawaan Redmi Note 9 Pro.

      * Charger bawaan Redmi Note 9 Pro digunakan untuk men-charge baterai Redmi Note 9: ponsel takkan rusak. Charger akan otomatis menyesuaikan output. Durasi pengisian relatif sama dengan bila Anda memakai charger bawaan Redmi Note 9.

  11. Dear Pak Herry
    untuk warna terbaik dari redmi note 9 pro menurut selera pak herry warna apa ya?
    saya perhatikan untuk warna hijau posisi flash nya tidak dilapisi warna hitam lagi. sedangkan di warna lainnya masih ada dasar hitam di posisi flash nya.

    terima kasih

    1. Pak Kenzo,

      Kamera depan lebih bagus Realme 6 Pro. Kamera belakang secara umum setara, tinggal Anda lebih menyukai warna natural (Redmi Note 9 Pro) atau gonjreng (Realme 6 Pro).

  12. om HSW, saya ngrasa motor vibration nya sedikit lembut ya, ketimbang di HP saya terdahulu A5 2017. apakah ada cara untuk meningkatkan getarannya? karena redmi note 9 pro nya sehari-hari saya pakai untuk kerja di lapangam dan terkadang suka ga kerasa getarannya karena pakai pouch di sabuk. Lalu untuk mode silent kenapa saat ada whatsapp call HP juga tidak bergetar ya, padahal kalau ada whatsapp chat bergetar? lagi-lagi di HP lama saya kalau di silent, saat ada whatsapp call HP tetap bergetar. apakah ada menu pengaturannya? kebetulan saya cari belum ketemu. ada satu hal lagi yang aneh menurut saya om HSW. kalau HP nya buat tethering, nanti setelah beberapa jam wifi nya jadi no connection, padahal di HP koneksi internet lancar. jadi harus dimatiin, baru dinyalaian lagi tetheringnya. oiya, menurut om HSW keyboard yang bagus apa ya? saya semenjak pindah ke redmi note 9 pro mau pencet spasi malah keliru pencet b. saya pakai google keyboard btw. terimakasih om.

    1. Pak Dheny Orlando,

      1. Kekuatan getaran seharusnya tidak bisa diperkeras. Saya pribadi merasa getarannya sudah cukup.

      2. Ehmm… saya tak bisa jawab karena skenario pemakaiannya kebetulan tak pernah saya coba. Kemungkinan ada pengaturannya. Coba cari di settings lalu sound and display.

      3. Tentang tethering, Bapak orang kedua yang mengadukannya kepada saya. Kebetulan saya tak pernah mengalami hal tersebut. Padahal, saya juga rutin memakai ponsel untuk tethering.

      4. Saya menggunakan SwiftKey Keyboard.

    1. Pak Bam’s Zongonk,

      Benar. Skor AnTuTu Redmi Note 9 Pro lebih rendah beberapa ribu.

      Hal yang perlu dicamkan, AnTuTu hanya bisa mengukur sebagian performa ponsel. Kinerja kamera, misalnya, tak dapat dinilai oleh AnTuTu. Padahal, kamera merupakan salah satu sisi menarik Redmi Note 9 Pro dibandingkan Redmi Note 8 Pro.

  13. Pak Herry. Ijinkan saya bertanya. Pilih mana antara Realme 5 pro 4/128 atau Redmi Note 8 pro 6/64 dengan rentang harga yg tidak banyak. Saya bukan tipe yang suka gonta-ganti hape. Penggunaan pun bukan game berat. Harapan saya masih enak dipakai 3 tahun lagi

    1. Pak Fajar,

      Cara memilihnya sederhana. Anda lebih mengutamakan kinerja kamera (Realme 5 Pro) atau performa keseluruhan (Redmi Note 8 Pro) suatu ponsel.

      Ponsel kelas menengah idealnya diremajakan setelah 1,5-2 tahun pemakaian, walaupun saat itu ponsel belum rusak. Sebab, biasanya ponsel sudah terasa ketinggalan zaman.

  14. Pak Herry, bagaimana dengan berita tentang xiaomi mengirim data personal ke server cina, benarkah? Saya jadi takut mau beli xiaomi pak

  15. Pak, saya baru unboxing redmi note 9, saat saya koneksi ke wifi IndiHome tidak bisa. Ada notif “Connected, no internet”, Play Store tidak bisa update (pending download…),
    Tapi bisa nonton youtube dan buka chrome
    sdh coba F.reset juga g berhasil
    Bagaimana cara mengatasinya…..
    Trims…

    1. Pak Rudy,

      Saya tidak mengetahui sumber masalahnya di Indihome atau bukan. Sebab, saya tak pernah mau berlangganan Indihome, bahkan walaupun pernah ditawari gratis.

      Ketika ponsel baru kali pertama diaktifkan dan menjalankan Play Store, biasanya ponsel serta merta akan melakukan pembaruan. Selama aktivitas itu berjalan, bakal muncul notifikasi “pending download” di halaman unduh aplikasi tambahan yang Anda pilih.

  16. Pak Herry mau tanya,

    Apa Redmi Note 9 Pro dirasa butuh tempered glass tambahan? Disebutkan bahwa Redmi Note 9 Pro udah terpasang pelindung layar.

    1. Pak Rizal Prasetya,

      Pakai pelindung layar bawaan dulu saja sampai kondisinya sudah jelek. Setelah itu, baru deh mencari tempered glass baru.

  17. Waduh boros juga kalau 2 tahun ganti pak. Kamera realme 5 pro dengan redmi note 8 pro apakah beda terasa ? Yg sy tekankan adalah perbedaan ram 4/128 dengan ram 6/64 penggunaan jangka panjang mending mana pak?

    1. Pak Fajar,

      Terasa di performa keseluruhan (menang Redmi Note 8 Pro) maupun spesifik kinerja kamera (unggul Realme 5 Pro).

      Nggak bisa melihat hanya RAM saja sih. Spesifikasi lain juga perlu dicermati. Kalau harus memilih, saya tetap condong ke Redmi Note 8 Pro 6/64.

  18. Tanpa melihat harga dan kelas, jika dibandingkan dengan mi note 10,
    1. Baterai gawai mana yang lebih awet ala pemakaian HSW?
    2. Untuk pengisian daya, gawai mana yang lebih cepat penuh?
    Terimakasih HSW

    1. Pak Jefri,

      Jawaban dua pertanyaan Anda sama: tak tahu. Saya tidak pernah menguji pakai Mi Note 10 secara mendalam. Saya hanya mencoba kameranya sebentar.

  19. om herry nokia 5310 yang baru kan jaringan e cuma 2g.
    kira kira aman kah buat pemakain 5 tahun ke depan.
    soalnya kan di indonesia jaringan 2g mau di matikan

    1. Pak Solga,

      Sampai sekarang belum terbit regulasi jaringan mana yang akan dimatikan.

      Dulu wacananya yang bakal dimatikan memang jaringan 2G. Namun, kalau melihat kondisi terkini, saya malahan curiga jaringan 3G yang akan dimatikan. Bukan jaringan 2G.

    1. Pak Alfanur,

      Tidak ada yang berani saya rekomendasikan. Kalau pun bisa WhatsApp, ber-WhatsApp menggunakan feature phone dijamin tidak nyaman.

  20. Om Herry , kalo handphone untuk pemakaian sehari hari vc dan streaming dengan baterai yang lega, misal 5000mah, serta direntang harga 2,6 jt , rekomendasi om Herry handphone apa ya … ?

        1. Pak Jim,

          Vivo: tak pernah masuk daftar cekal saya deh.
          Oppo: sudah keluar dari daftar hitam sejak 25 Mei 2017.

  21. Om Herry , kalo handphone untuk pemakaian sehari hari vc dan streaming dengan baterai yang lega, misal 5000mah, serta direntang harga 2,6 jt , rekomendasi om Herry handphone apa ya … ?

    Mohon maaf kalo double post , soalnya disini sinyalnya kurang stabil kualitasnya.

  22. Maaf OOT pak, menurut pak herry bagaimana kamera Poco F2 Pro? Saya bandingkan masih kalah daripada Poco F1 saya, apalagi kamera depannya, tampak seperti over beautify, padahal settingan beautify di Poco F2 Pro sudah saya setting rata kiri. Terima kasih.

    1. Pak Erwin,

      Menurut saya, kamera F2 Pro lebih bagus.

      Agar tidak over beautify, pastikan di pengaturan satu per satu parameter sudah diubah ke paling kiri. Kalau ada yang terlewat, hasil swafoto akan kurang natural.

  23. Selamat siang, om Herry.

    Om, minta rekomendasi handphone baru buat dana 2juta pas (bisa kurang tapi ga bisa lebih Oom).

    Kebutuhan ane kamera sama lock GPS nya cepat tanggap dan tepat, Oom.

    Terima kasih sebelumnya Om Herry.

  24. Pak Herry, apakah benar Redmi Note 9 Pro tak lagi bisa difungsikan sebagai wifi extender sebagaimana Redmi Note 8 Pro atau support tapi perlu pengaturan khusus?

    Konon, kamera belakang Redmi Note 9 Pro lebih baik, namun kamera depan agak kalah dengan Redmi Note 8 Pro, apakah ini benar?

    Terima kasih.

  25. Halo Bung Herry SW
    Berikut beberapa pertanyaan sekaligus ya. 😀

    1. Untuk pemakaian standar, yang penting gawai lancar, tidak banyak bug dan tidak lag, performa bagus, di rentang 2 – 2.6 juta, rekomendasinya apa ya? (boleh lebih dari satu pilihan)

    2. Untuk rentang harga 2 – 2.6 juta, kamera gawai apa yang terbaik?

    3. Seri Redmi yang terbaik, sampai hari ini, apa ya?

    4. Di masing-masing kelas Realme (kalau ada), seri Realme apa saja yang terbaik (bukan Pro) ?

    5. Pembeda inti, antara seri Realme dan Realme Pro, di mananya ya?

    Terima kasih Bung Herry.
    Salam sehat bahagia selalu.

    1. Bu Adinda,

      1. Realme 5 Pro.

      2. Realme 5 Pro.

      3. Redmi Note 9 Pro.

      4. Realme 5i di kelas Rp2 jutaan dan Realme 6 di kelas Rp3 jutaan.

      5. Yang ada embel-embel Pro memiliki spesifikasi lebih tinggi daripada non-Pro pada waktu yang sama. Misalnya, Realme 6 Pro memiliki spesifikasi lebih tinggi daripada Realme 6.

      1. Terima kasih untuk jawabannya Bung Herry SW

        Saya baru cek, Realme Pro 5, harganya RP2,999,000 😀 :D, bukan di rentang 2 – 2,6 juta.
        Tapi gak apa2, artinya mungkin itu rekomendasi terbaik dari Bung Herry.

        Terima kasih untuk ulasan dan jawabannya.
        Salam sukses sehat sejahtera selalu. 🙂

        1. Bu Adinda,

          Harga ritel resminya memang Rp2,999 juta. Namun, kalau rajin mencari di loka pasar (marketplace) bisa dapat dengan dana Rp2,6 juta kok.

          1. Bung Herry SW

            Tentang toko online maupun offline (non-official) yang menjual Realme 5 Pro atau Redmi Note 8 Pro.
            Saya selalu penasaran dengan harga yang mereka tawarkan bisa berbeda dengan selisih lebih murah 200-300 ribu dari Official Online Store.

            Apakah mereka bisa dipercaya? (Ga bongkar2 HP dan tuker2 isinya .. 😀 hehe)
            Apa pengalaman dan tips dari Pak Herry kalau berbelanja di toko non-resmi ?

            Terima kasih banyak Bung Herry SW

          2. Bu Adinda,

            Tergantung Anda dapat penjual yang jujur atau nakal.

            *** Penjual jujur:
            Mereka bisa menjual lebih murah daripada harga ritel resmi karena memotong porsi keuntungan. Misalnya, profit margin ponsel tipe A seharusnya Rp300 ribu. Mereka hanya mengambil Rp100 ribu + insentif penjualan (nanti saya jelaskan). Nilai Rp200 ribunya dipakai untuk memotong harga jual.

            Bagi mereka, lebih baik untung Rp100 ribu saja per unit tetapi dalam sehari bisa menjual sepuluh unit, daripada untung Rp300 ribu per unit tetapi hanya laku satu unit per hari.

            Mereka juga mendapatkan keuntungan tambahan dari insentif penjualan. Karena itu, banyak penjual yang membuka segel kardus dan memotong kartu garansi. Jadi, pembeli menerima ponsel dalam kondisi kardus sudah tidak tersegel lagi dan kartu garansi tidak utuh.

            *** Penjual nakal:
            Ada berbagai kemungkinan. Barang yang sebenarnya bekas, tetapi masih sangat mulus, dijual sebagai barang baru.

            Bisa juga barang sebenarnya masih baru, tetapi charger atau aksesori di dalam kardus diganti dengan yang bukan orisinal. Aksesori orisinal itu kemudian dijual tersendiri oleh mereka.

          3. Oh ya, satu lagi.

            Jika ada dan berkenan, mungkin Bung Herry bisa menyebut atau merekomendasikan satu atau beberapa toko Online (non-official), yang terpercaya, berdasarkan pengalaman Bapak sendiri?

            Dan saya menyadari bahwa segala kemungkinan risikonya (jika ada), namun dengan adanya rekomendasi dari orang terpercaya, minimal saya belanjanya bisa lebih tenang. Hehe

            Terima kasih

          4. Bu Adinda,

            Yang ini saya tidak berani memberikan rekomendasi langsung. Sebab, nama toko di loka pasar (marketplace) kadang berganda. Misalnya, saya menyebutkan toko bernama Cakrawala. Eh… di suatu loka pasar ternyata ada beberapa penjual dengan nama toko sama atau hampir sama.

  26. Om herry charger xiaomi qc 3 yang di shoppe 75rb harga promo yang om share di twitt
    Kalau seumpama harga e sama sama 99 rb
    Om herry pilih mana antara charger xiaomi di shoppe mall xiaomi dan charger aukey di emartby shoppe ?
    Harga nya sama sama 99 rb om

    Kalau bentuk model nya saya suka charger xiaomi om.

    1. Pak Faiz Kilue,

      Saya tak mengetahui tipe charger Aukey yang Anda ceritakan. Namun, begitu mengetahui penjualnya Emart, saya sih langsung pilih charger Xiaomi yang kemarin saya informasikan.

        1. Pak Faiz Kilua,

          Detail kejadiannya saya lupa. Mesti bongkar-bongkar catatan dulu. Intinya ada kejadian kurang mengenakkan dan terjadi lebih dari sekali.

  27. Om herry gimana review charger ugreen menurut om herry ? Apa bagus om kualitas nya ?
    Saya baca baca di youtube lumayan buat PD nya iphone om.

    1. Bu Kurniati Andini,

      Boleh tahu iklannya muncul saat apa? Iklan apa? Sebab, selama saya dulu memakai Realme 5 Pro, tak ada iklan yang muncul.

  28. Pak HSW, daily driver saya Asus Zenfone Max Pro M1 yang sampai saat ini masih tahan banting dan sering dapat update firmware. Jika ingin diremajakan dengan beli Max Pro M2 apakah saat ini masih layak? Atau dengan kebutuhan kamera, kecepatan dan kinerja yang cukup bagus dan baterai besar di rentang harga maks 2 juta, memilih Redmi 9 lebih realistis? Terima kasih

    1. Pak Adrian,

      Tidak. Zenfone Max Pro M2 untuk ukuran saat ini sudah mulai kurang menggiurkan. Apalagi, Anda menyatakan perlu kamera bagus. Lebih realistis memilih Redmi Note 8.

      1. Terima kasih sarannya, baiklah Zenfone Max Pro M2 saya skip saja,
        Pak, boleh tau apa nilai lebih Redmi Note 8 dibanding Redmi 9 selain kamera tentunya seperti yang telah Bapak sebutkan diatas?

  29. Koh boleh minta rekomendasi case untuk realme 5 pro selain iconic case officialnya? Karena saya beli iconic case lama lama tulisan realme dibelakang entah kenapa jadi mengkerut dan mengelupas

          1. Selamat siang pak Herry, mohon masukan nya ya pak. Antara Oppo Reno 4 dan Redmi Note 9 pro, pilih yang mana pak? Apabila pilih Redminote 9 pro, better ambil yang 6Gb/64Gb atau 8Gb/128Gb? Terima Kasih sebelumnya pak…

          2. Pak Willy,

            Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

            Tak tahu. Lha saya belum pernah memakai Reno 4.

            Untuk Redmi Note 9 Pro, kalau anggaran tersedia mending langsung ambil varian tertinggi.

          3. Pak Herry, terima kasih untuk tanggapan-nya. Maksudnya untuk secara spesifikasi & harga, oppo reno 4 vs redmi note 9 pro, better pilih yang mana pak? Terima kasih

          4. Pak Willy,

            Mohon maaf atas respons yang superlama.

            Kalau membicarakan spesifikasi dan harga, Redmi Note 9 Pro tentu lebih menarik. Sekarang ada pilihan lain yang kinerjanya saya nilai lebih bagus, yaitu Realme 7.

  30. Pak Herry, tolong tanya:
    1. Apa rekomendasi ponsel dibawah 3 juta dengan kamera depan terbaik? (untuk selfie dan video selfie)
    2. Pasangan saya 2 minggu lalu hpnya dicuri. Apakah ada fitur dari ponsel terkini yang ketika hp dicuri bisa ketahuan di mana posisi pencuri tsb berada?
    3. Ketika hp tsb hilang, ketika saya chat dan WA hp tsb, terlihat “online”. Padahal layar sudah ada kunci pola dan fingerprint. Kira2 bagaimana caranya pencuri bisa masuk akses ponsel tsb?
    4. Untuk ke depannya, ketika beli ponsel baru, adakah fitur / aplikasi agar ketika hp dicuri, pencurinya benar2 tidak bisa mengakses data / login?
    terima kasih Pak

    1. Pak Adi Titi,

      1. Realme 5 Pro.

      2. Cukup gunakan Find My Device-nya Google. https://www.google.com/android/find?u=0

      3. Hmmm… mungkinkah si pencuri berhasil menebak pola pengunci layar setelah berkali-kali mencobanya?

      4. Bergantung merek ponsel yang Anda gunakan. Selain mengandalkan sensor sidik jari, pola yang rumit, dan Find My Device Google, kadang pabrikan juga memiliki layanan tambahan. Misalnya, Mi Cloud di ponsel Xiaomi.

  31. Mas Herry, tanya:
    1. Kenapa hp keluaran baru2 kok ukuran layarnya cenderung HANYA makin memanjang (tidak diimbangi dengan melebar agar lapang / seimbang)? sehingga untuk nonton film yang skalanya 16;9, terasa “PERCUMA” jika ditonton dengan hp ukuran 19:9, sebab sisa space sebelah kiri-kanan tidak terpakai (cuma warna hitam)
    2. Untuk nonton film agar benar2 lapang & besar, sebenarnya nyaman pakai tablet. Nah, tablet dengan ukuran 10 inch type apa yang Mas Herry rekomendasikan? Sebab saya terakhir pakai Samsung galaxy tab A8, speknya cuma ram 3/rom 32. Jadi ingin cari yang lebih gegas..
    3. Di manakah yg menyediakan sarana menyimpan data secara online dengan kapasitas unlimited? (jika di google drive, dibatasi 15 GB)
    4. https://shoee.co.id/Google di sini ada jasa yang menyediakan penyimpanan unlimited, apakah menurut Mas Herry ini resmi? Lalu amankah (penyedia jasa tsb tidak bisa membuka file pelanggan secara diam2)

    Terima kasih

    1. Pak Jojon,

      1. Tren pasar sedang seperti itu, Pak. Pasar cenderung menginginkan ponsel yang berlayar luas, tetapi tetap enak digenggam. Kalau masih berkutat dengan 16:9, ponsel akan bongsor dan tak nyaman digenggam. Cobalah memperhatikan ponsel berlayar enam inci keluaran lima tahun lalu dibandingkan ponsel berlayar enam inci keluaran terkini. Yang keluaran lama terlihat besar banget, bukan?

      2. Belum ada yang berani saya rekomendasikan karena saya sudah lama sekali belum mencoba tablet lagi.

      3. Berlangganan layanan Microsoft OneDrive atau Google Drive, Pak. Pilih yang, misalnya, berkapasitas 1 TB dulu. Kalau kurang tinggal nambah.

      4. Tautan lengkap sengaja saya hapus sebagian. Saya yakin pasti ada klausul yang dilanggar oleh penjual. Namun, entah klausul yang mana. Perlu penggalian informasi yang lebih dalam.

      Langsung melihat sepertinya tidak bisa. Kalau penjual nakal, password diganti lalu dengan password baru itu dia login untuk melihat-lihat.

  32. Koh Herry, Apakah sudah mencoba Pocophone F2 Pro? Apakah ponsel tersebut layak beli di rentang harganya? Jika iya rekomen yg RAM 6 atau 8? Jika dibandingkan dgn Vivo X50 krn harganya hampir sama, sebaiknya pilih yg mana?

    1. Pak Os,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      Sangat layak beli. Kalau anggaran tersedia, mending langsung varian 8/256 GB.

      Tak tahu. Saya tidak mencoba Vivo X50. Yang saya uji pakai Vivo X50 Pro.

  33. Om herry pilih mana antara nokia 5130 xpress music atau nokia 2730 Classic.?
    Di kantor saya di kasih fasilitas hp tersebut buat yang kerja di lapangan om. Terima kasih.

    1. Pak Mikail,

      Serius nih sekarang Anda ditawari fasilitas ponsel tersebut? Keduanya ponsel lama sekali yang sudah tidak tersedia barunya lho. Kalau tetap harus memilih, saya memilih Nokia 5130 XpressMusic.

  34. Om herry minta saran dong, antara realme 6 dan readmi note 9 pro 6+64 mending pilih mana dari segi batrei dan kamera?
    Oh ya satu lagi om, kamera realme 6 dan realme xt bagus mana ya om?
    Terimakasih

    1. Pak Zein,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      Saya lebih condong ke Redmi (bukan Readmi) Note 9 Pro 6/64.

      Menurut saya, hasil foto Realme XT lebih sedap dipandang mata daripada Realme 6.

  35. Om herry mau tanya untuk hp harga max 2.500.000 antara realme dan redmi, om herry lebih merekomendasikan type dan merk yang mana?
    Oh ya maaf om tadi saya juga ada pertanyaan mengenai hp realme 6 dan redmi 9 pro, mohon dijawab juga ya om soalnya saya salah penulisan merk redmi, Terimakasih om herry

    1. Pak Zein,

      * Hmmm… Redmi Note 8. Menurut saya, mending nambah sedikit untuk meminang Realme 5 Pro.

      * Redmi 9 Pro? Tidak ada ponsel bernama itu deh. Pertanyaan Anda sebelumnya sudah saya jawab.

  36. Maaf pak mau tanya.
    Kalau kepala charger support quick charger tapi pakai kabel bawaan hape (contoh redmi 9) yang secara fitur bisa quick charge tapi kabel dan kepala charger hanya 10watt.
    Apakah bisa ngecas cepet pakai kepala charger yg bisa quick charger dg kabel bawaan redmi 9?

    1. Pak Prast,

      Kalau ponsel hanya sanggup menerima 10 Watt, walaupun Anda mengisi ulang daya baterai menggunakan kepala charger Quick Charge 3.0, kecepatan pengisian takkan lebih cepat. Tetap 10 Watt.

  37. Pak herry, mohon info
    Saya ingin membeli ponsel
    Sebaiknya memilih huawei mate 20 pro bekas atau redmi note 9 pro baru?
    Jika dibandingkan secara keseluruhan ya,pak
    Thanks

    1. Pak Steven,

      Mohon maaf atas respons yang superlama.

      Mate 20 Pro sebenarnya memiliki spesifikasi menarik. Namun, karena masa edarnya sudah lama, risiko kemampuan baterai menurun lumayan tinggi. Belum lagi kalau kita mempertimbangkan masa depan divisi ponsel Huawei.

      Jadi, dalam kasus ini, dengan dua pilihan itu, saya lebih menyarankan Bapak membeli Redmi Note 9 Pro baru. Pilihan lain yang lebih menarik adalah Realme 7.

  38. maaf mau bertanya, ponsel untuk mahasiswa baru mending iphone 7 atau android sajaa? dengan keperluan hanya sosmed dan untuk membuka file” saja, terimakasih

    1. Bu Lia,

      Mohon maaf atas respons yang superlama.

      Saya condong ke Android karena lebih fleksibel dan, dengan kebutuhan seperti yang Anda sebutkan, dana yang perlu Anda keluarkan lebih sedikit.

  39. Halo Pak Herry,

    Saya ingin bertanya Pak, saya ingin membeli ponsel android untuk ibu saya dengan anggaran maksimal 3.5juta. Dengan harus memiliki memori internal 128GB, ponsel mana lagi yang layak untuk dibeli ya pak? Soalnya saya tertarik untuk membelikan Redmi Note 9 Pro 6/64 ini, tetapi kembali kebutuhan yang mengharuskan memori lega ini sedikit mengganjal.

    Terima kasih Pak Herry.

    1. Pak Fernando,

      Mohon maaf atas respons yang superlama.

      Dengan anggaran dan kebutuhan seperti itu, silakan melirik Redmi Note 8 Pro.

  40. Pak herry,
    Maaf mau bertanya smartphone kisaran 1-2 jt apa yg pak herry rekomendasikan saat ini?

    Ohya pak sy ditawarin asus Zenfone 2 laser 550kl second 600rb, apakah Worth utk harga dan kelayakan pemakaian saat ini?
    Terimakasih

    1. Bu Fira,

      Mohon maaf atas respons yang superlama.

      * Redmi 9 varian 4/64 GB.
      * Zenfone 2 Laser sudah terasa ketinggalan banget sih.

  41. Redmi 9 bisa sampai 18 watt pak, tapi charger bawaan hanya 10 watt.
    Yang saya tanyakan, apakah charger yg support 18 watt pakai kabel bawaan redmi 9 yg notabene nya hanya 10 watt, waktu ngecas nanti bisa fast charge sampai 18 watt?

  42. Sori OOT, om HSW
    Saya perlu melakukan penggantian baterai Samsung Galaxy S7. Ada rekomendasi toko yang jual baterainya sekaligus melayani pemasangannya?

    Selain gerai service resmi nya ya. Karena kalo di servis resmi harganya mahal dan barangnya juga harus indent

    Thx

    1. Pak Budi,

      Mohon maaf atas respons yang superlama.

      Saya hanya merekomendasikan penggantian di pusat perbaikan resmi sih.

  43. Koh Herry mau tanya,

    Apakah sudah menemukan rekomendasi kabel charger, adaptor, ataupun powerbank yang support turbo charging 30 Watt di Redmi Note 9 Pro? Saya butuh sebagai cadangan kabel dan adaptor utama

    1. Pak Rizal Prasetya,

      Mohon maaf atas respons yang superlama.

      Belum dan saya sudah tidak melakukan pencarian lagi karena telah berpisah dengan Redmi Note 9 Pro.

  44. Ko Herry yang baik,

    Mau tanya Ko, kalau Redmi Note 9 Pro ini kan bisa pasang SD Card.
    Nah SDCard nya itu nanti nyatu sama internal memory atau sebagai external ya?

    Misal yg tipe internal 64GB, saya pake-in SDCard, apakah aplikasi seperti WhatsApp (gallery nya itu masuk nya di SD Card atau di Internal ya?) Ataupun aplikasi2 lain nya.

    Soalnya dulu pernah pasang SDCard di Mi A2 Lite, di set sebagai internal, tapi ternyata storage nya penuh juga kalau internal aslinya penuh. Padahal SDCard nya masih kosong banyak.
    Jadi kayak mubazir gitu pasangin SDCard.

    Sebaiknya SDCard itu diformat sebagai internal atau external ya? (Kalau Ko Herry biasanya gimana?)

    Oya, minta urutan dong Ko : Realme 5 pro 4/128, Realme 6/128, atau Redmi Note 9 pro 8/128.
    Kebutuhannya camera belakang bagus, storage besar, baterai besar.
    Pengennya yang paling ekonomis / yg paling worth to buy.

    Thanks Ko.

    1. Pak William K.,

      Mohon maaf karena respons saya superlama.

      * Tak tahu, Pak. Saya sudah bertahun-tahun tidak pernah lagi memasangkan kartu microSD ke ponsel pintar. Saya hanya mengandalkan memori internal bawaan.

      * Realme 6/128? Tipe ponselnya apa nih? Kalau Realme 5 Pro dan Redmi Note 9 Pro, saya lebih pilih Redmi Note 9 Pro.

  45. Ko Herry yang baik,

    Sorry Ko, ada salah tulis di comment sebelum nya. Ini yang bener..

    Mau tanya Ko, kalau Redmi Note 9 Pro ini kan bisa pasang SD Card.
    Nah SDCard nya itu nanti nyatu sama internal memory atau sebagai external ya?

    Misal yg tipe internal 64GB, saya pake-in SDCard, apakah aplikasi seperti WhatsApp (gallery nya itu masuk nya di SD Card atau di Internal ya?) Ataupun aplikasi2 lain nya.

    Soalnya dulu pernah pasang SDCard di Mi A2 Lite, di set sebagai internal, tapi ternyata storage nya penuh juga kalau internal aslinya penuh. Padahal SDCard nya masih kosong banyak.
    Jadi kayak mubazir gitu pasangin SDCard.

    Sebaiknya SDCard itu diformat sebagai internal atau external ya? (Kalau Ko Herry biasanya gimana?)

    Oya, minta urutan dong Ko : Realme 5 Pro (4/128), Realme 6 (4/128), Realme 6 (8/128), atau Redmi Note 9 Pro (8/128).
    Kebutuhannya camera belakang bagus, storage besar, baterai besar.
    Pengennya yang paling ekonomis / yg paling worth to buy.

    Thanks Ko.

    1. Pak William K,

      Mohon maaf karena respons saya superlama.

      * Tak tahu. Saya sudah lama sekali tidak lagi memasangkan kartu microSD ke ponsel. Saya hanya mengandalkan memori internal bawaan.

      * Redmi Note 9 Pro, Realme 5 Pro, lalu Realme 6. Kalau boleh memberikan pilihan lain, pilihan pertama saya Realme 7.

  46. halo kak,

    klo smartphone dibawah 4jt yg kameranya paling bagus apakah redmi note 9 pro?
    atau ada yg lain?

    1. Pak Arya,

      Mohon maaf karena respons saya superlama.

      Keduanya sudah saya review di Twitter dan Instagram.

      Intinya begini:
      * Kalau ingin yang layar, kamera, dll-nya terbaik dan tidak keberatan dengan single SIM, ambil Mi 10.
      * Kalau ingin yang kinerja keseluruhannya bagus (walaupun tak semantap Mi 10), wajib dual SIM, dan harga lebih seksi, ambil F2 Pro.

  47. Koh mau tanya rekomendasi HP Xiaomi.
    Saya belum mempunyai anggaran, tapi hp yang saya inginkan adalah merk Xiaomi dari Xiaomi yang paling termurah dahulu, yang RAM-nya terbilang lega walau yang paling murah dan yang sudah memiliki sensor Fingerprint.
    Tujuan penggunaan HPnya nanti utamanya untuk berjualan online.
    Rekomendasi seri apa saja Ko dan kisaran harga berapa seri tersebut? Kalaupun ada merk sebelah yang layak dilirik boleh Koko sertakan juga.
    Terimakasih

    1. Pak Rizqy Afrizal,

      Mohon maaf karena respons saya superlama.

      Xiaomi termurah, RAM lega, dan dilengkapi sensor sidik jari? Redmi 9C. Varian 3/32 Rp1,399 juta, sedangkan 4/64 Rp1,599 juta.

      1. Iya Ko superlama, seperti kayak orang vakum hehe.
        Iya saya memang butuhnya HP Xiaomi/Redmi yang paling murah, RAM lega, dan mempunya fingerprint.
        Maaf Ko saya tambahi keinginan saya, harus yang ada LED notifikasi serta bisa diketuk 2x untuk menghidupkan layar (double tap to wake), apakah Redmi 9C bisa? Kalau tidak bisa minta saran seri lainnya Ko? Budget kira-kira Rp 2 juta, ya boleh kalau haris menambah 100-200rb

        1. Pak Rizqy Afrizal,

          Maaf ya, Pak. Kondisi saya sedang tidak bagus nih.

          Ketuk-ketuk layar tersedia di Redmi 9C. Kalau LED notifikasi terus terang saya tak memperhatikannya. Saya jarang memedulikan fitur itu karena ponsel kan sering dipegang dan dilihat. Jadi, dalam kondisi tertentu, adanya LED notifikasi malahan mengganggu saya.

          Kalau anggaran bisa ditambah sampai Rp2,2 juta, ada Redmi Note 8 dan Realme 5i.

  48. Minta saran bang,
    Ane ada budget 2,7… Enaknya ngambil hp New Midrange jaman sekarang atau ambil Eks Flagship ya (misal Pocophone, Samsung S8, LG V30, Google Pixel 2).
    Kebutuhan buat game berat & sedikit foto”

    1. Pak Kress,

      Mohon maaf atas respons saya yang superlama.

      Ponsel baru kelas menengah. Kalau Anda membeli ponsel eks-flagship keluaran lama, risiko mendapatkan unit dengan baterai yang kemampuannya telah menurun relatif besar.

  49. Pagi pak Herry, apakah Redmi Note 9 Pro sudah support Qualcomm APTX ya di audionya?
    Kalau belum, apakah masih worthed jika mau upgrade dari Redmi Note 8 Pro ke Redmi Note 9 Pro , dengan asumsi menambah budget sekitar 500rb -1 jt rupiah?
    Matur nuwun

    1. Pak Jimmy,

      Mohon maaf atas respons saya yang superlama.

      Di spesifikasinya tertulis aptX Adaptive Audio. Itukah yang Bapak maksud?

      Kalau Anda perlu kamera bagus, layak upgrade. Kalau nggak perlu kamera bagus, tidak usah upgrade dulu.

  50. Ko Herry, saya mau beli HP rentang 3-4 Jt. Dengan NFC, baterai jumbo, kamera bagus, menurut Ko Herry yang bagus HP merk/tipe apa? Saya juga pernah liat review Poco X3 NFC di Youtube (bahasa asing), bgmana menurut Ko Herry ttg HP ini. Kalo bisa review HP ini ya

    1. Pak Linus AN,

      Mohon maaf atas respons saya yang superlama.

      Silakan membeli Realme 7 Rp3,999 juta. RAM 8 GB, ROM 128 GB.

      Poco X3 kan belum beredar resmi di sini.

  51. Selamat Pagi Om HSW,

    Atas saran dari Om, akhirnya saya menjatuhkan pilihan ke Redmi Note 8 Pro 6/128 bekas bergaransi (umur pakai ditinjau dari situs buy.mi.com/id/registration baru dipergunakan mulai tgl 22 Juni 2020). Alhamdulillah, sejauh ini cukup puas pakainya, hp selalu gegas dalam menjalankan bermacam aplikasi. Hanya saja, setelah unit saya mendapatkan Update MiUi 12, ada sedikit “keanehan” yg cukup mengganggu, di antaranya :

    1. Dalam posisi dark mode, seringkali keyboard juga terpengaruh, artinya huruf yang ditampilkan warna gelap, latar keyboard juga gelap, akhirnya tidak terbaca. Solusi jangka pendek, matikan dark mode ketika akan mengetikkan sesuatu. Cukup repot, padahal saya suka tampilan dark mode nya.

    2. Sensor cahaya (kalau tidak salah sebutannya Ambient Light Sensor ya Om, CMIIW), jadi ngaco Om. Di bawah terik matahari, auto brightness nya malah semakin redup, demikian juga ketika unit sengaja di terpa sinar senter, malah makin redup. Sebelumnya di MiUi 11, tidak pernah kejadian begini Om.

    Apakah Om pernah mendengar keluhan serupa? Adakah solusinya Om?

    Kemudian, untuk ibu saya, saya sarankan untuk membeli Realme 6 8/128 baru untuk menggantikan Lenovo Vibe K5 nya yg sudah terasa sangat lambat. Ternyata, setelah dipakai, baterai 4300 mAh nya terasa boros sekali. Pagi pukul 07.00 full 100%, dipakai beraktivitas normal (telp, sms, wa, fb), sore pukul 16.00 hanya tersisa sekitar 20%. Fitur refresh rate sudah diturunkan ke 60Hz padahal. Apakah itu normal Om?

    Kemudian, jika saya ingin mengganti Redmi Note 8 Pro saya ke Realme 7, apakah terasa peningkatan yg signifikan, Om? Cukup galau juga karena unit baru Realme 7 di Medan di hargai “hanya” 3,65 juta saja Om.
    Mohon pencerahannya Om, terima kasih.

    1. Pak Fikri Ahadian,

      Mohon maaf atas respons saya yang sangat lama.

      Saya tidak pernah memakai Redmi Note 8 Pro dengan MIUI 12. Jadi, tak pernah mengalami keluhan tersebut.

      Untuk kasus nomor 1, bagaimana kalau theme keyboard-nya Anda ganti? Siapa tahu itu bisa menjadi solusi.

      Untuk kasus nomor 2, sepertinya bug yang perlu diselesaikan dengan pembaruan firmware ya.

      Terkait Realme 6, kondisi itu tidak normal. Kecuali, penggunaan ponsel ibu Anda sangat intensif.

      Ya, terasa ada peningkatan signifikan di sisi kamera. Oh… lha kok murah.

  52. Pak Herry SW,

    Saya barusan membeli Redmi Note 9 Pro dari sebuah toko ponsel di Surabaya melalui Tokopedia. Harga agak miring, karena katanya repack kartu garansi sudah diaktifkan. Apa memang ada ya Pak Redmi Note 9 Pro yang repack itu..? Terima kasih.

    1. Pak Arthur,

      Hmmm… alasan yang cukup aneh dari penjual. Sebab, di dalam kardus Redmi Note 9 Pro kan tidak ada kartu garansinya.

      Mungkinkah Anda kebetulan bertransaksi dengan penjual “kreatif” yang menjual barang BSB? Bekas seperti baru yang kemudian dijual sebagai barang baru.

    1. Pak/Bu Kaia,

      Menurut Palson Yi, Direktur Pemasaran Realme Indonesia, mereka akan melihat permintaan pasar dulu. Jadi, belum diputuskan bakal dibawa ke sini atau tidak.

  53. Selamat siang pak, semoga selalu diberi kesehatan. Mau tanya di luar topik. Untuk brand anker yang sudah pasti kualitas nya, apakah bapak punya rekomendasi dengan brand lain yang dibawah anker, seperti baseus, ugreen, micropack, aukey, acmic, robot, Hippo, Vivan?bila diurutkan secara kualitas bagaimana pak?

    1. Pak Purwoko Adhi Widhi Nugroho,

      Di kelasnya Anker ada Energea.

      Di bawahnya ada Ugreen, Baseus, lalu Micropack, Aukey, dan Tronsmart. Kalau boleh menyarankan, asalkan anggaran tersedia, minimal ambil di kelas Aukey dan Tronsmart ini deh.

      Jika tetap ingin turun ke bawah lagi, ada Hippo, Vivan, Robot, baru kemudian Acmic.

      1. Terimakasih pak, infonya sangat bermanfaat sekali, karena saya masih belum tau kualitas ugreen dan baseus sebelumnya.

  54. Ijin bertanya Pak Herry,

    Bila kami mencari smartphone dengan harga kurang dari 4 juta rupiah. Ponsel manakah yang terbaik? Saat ini saya tertarik antara Redmi Note 9 Pro, Realme 7 dan Vivo V20 SE. Pertimbangan kami untuk pemakaian jangka panjang dengan storage yang memadai (8/128). Serta mumpuni dlm fotografi tanpa mengorbankan kegegasan.

    1. Pak Rendy,

      Vivo V20 SE saya belum pernah coba.

      Kalau Realme 7 vs Redmi Note 9 Pro, saya lebih condong ke Realme 7.

      1. Ijin bertanya lagi Pak Herry, dengan hadirnya Poco X3 NFC, dengan budet 4jt masihkah direkomendasikan Realme 7 dibanding Poco X3 NFC?

  55. Mau konsul om Herry. Sekarang saya masih pakai LG G6, rencana mau cari hp baru yg kameranya lebih bagus. Kamera LG G6 kalau untuk foto dalam ruangan dengan penerbangan lampu TL gitu hasil ngak tajam untuk orangnya. Kalau foto luar dengan penerangan sinar matahari sih bagus.
    Tertarik dengan xiaomi mi 10. Ada pilihan lain untuk harga 9juta atau dibawahnya? Mi 10 sekarang harganya 9juta. Terima kasih.

    1. Pak Kelvin,

      Hmmm… kalau mengejar kamera saja, ada Huawei P40 Rp7,999 juta saat promo 10.10. Namun, tanpa layanan Google ya.

  56. halo om herry,akhirnya sy ikut juga komen setelah sekian lama jadi silent reader

    sy bingung pilih realme 7 atau redmi note 9 pro yah kalau RAM dan ROM nya serupa,
    ,dan pemakaian utk sehari hari,balas wa,surfing,buka aplikasi sosmed,sedikit telpon dan sms

    Apa masih relevan jika saya beli kelak setengah tahun lagi?

    mohon pencerahannya
    terimakasih

    1. Pak Ruly,

      Berarti, tidak mementingkan kamera ya. Belilah yang harganya Anda dapatkan lebih murah, entah Realme 7 atau Redmi Note 9 Pro.

      Masih kok.

  57. Om saya mau tanya, mending beli realme 7. atau redmi note 9 pro ya? Saya fokus ke kamera dan rom nya aja. Serta penggunaan jangka panjang. Mohon bantuannya om, makasih

  58. Om her. Dulu kalau tidak salah xiaomi redmi note 5 nya om herry pakai garskin tulisan HSW kan ?
    Beli nya di mana om ? Apa biasa pesan buat hp model lain ?

      1. Status layak beli produk Wiko yang rilis 2020 ini masih lebih baik daripada Infinix yang gencar rilis produk baru akhir2 ini ya. Apa pertimbangannya Om?

        1. Pak Adrian,

          Layanan purna jual Wiko lebih jelas daripada Infinix. Akhir tahun lalu Infinix menutup pusat perbaikan resmi eksklusif di beberapa kota dan beralih menggunakan jasa pihak ketiga yang reputasinya kurang mantap.

  59. Om herry, kalau boleh tau untuk hasil kamera lowlight antara hp poco X3 NFC, Realme 7 dan Realme 7 pro mana lebih bagus ya untuk hasilnya, apakah cukup signifikan ?

  60. Pak Herry,

    Mohon sarannya,
    Smartphone apa saja yang bisa disejajarkan sebagai pembanding setara untuk Redmi Note 9 Pro ini?
    Dengan range harga yang hampir sama, dan memiliki fitur NFC.

    Terimakasih.

    1. Pak Rifki,

      Realme 7. Hanya ada satu varian, yaitu 8/128 GB, dengan harga ritel resmi Rp3,999 juta. Harga pasar di loka pasar daring Rp3,6 juta.

      1. Terimakasih atas jawabannya, pak Herry.

        Bagaimana jika dibandingkan dengan Poco X3? Jika bisa diurutkan, mana yang pak Herry lebih rekomendasikan?

        Kemudian terkait keawetan dan aftersales ketiga brand tsb? Jujur saya masih awam dengan tingkat kehandalan, keawetan, dan aftersales brand2 tsb, krn sebelumnya saya samsung & asus user, sehingga msh ada sedikit keraguan ttg hal tsb.

        Terimakasih.

        1. Pak Rifki,

          Mending Realme 7 dong.

          Urutannya begini:
          1. Realme 7.
          2. Redmi Note 9 Pro.
          3. Poco X3 NFC.

          Daya tahan dan layanan purna jual seharusnya setara. Kalau merujuk kepada pengalaman pribadi, layanan purna jual Samsung malahan jelek sekali. Padahal, yang saya beli ponsel harga Rp12,999 juta.

          1. Pak Herry,

            Terimakasih atas saran dan info nya.

            Untuk Poco X3 NFC dengan julukannya sebagai “mid range killer”, mengapa direkomendasikan setelah Redmi Note 9 Pro dan bukan sebaliknya?

            Terimakasih

          2. Pak Rifki,

            Harga pasar Poco X3 NFC saat ini lebih mahal daripada Redmi Note 9 Pro. Jadi, ya mending beli Redmi Note 9 Pro saja. Apalagi, bodi Redmi Note 9 Pro lebih bagus daripada Poco X3 NFC. Kinerja kamera untuk pemotretan di lokasi terang juga lebih mantap.

  61. Maaf pak herry sw, mau tanya .. ini saya ada dana 3 jutaan.. rencana mau buat beli poco x3 nfc atau mending nunggu redmi note 10 aja pak?? Mohon pencerahannya…

    1. Bu Citra,

      Ambil Poco X3 NFC saja.

      Kalau tunggu menunggu, ketika kelak Redmi Note 10 hadir, Anda bakal mulai berpikir menanti Redmi Note 11. Begitu seterusnya dan akhirnya tak kunjung beli ponsel.

  62. Pak Herry SW,

    Kira-kira lebih baik pilih Redmi Note 9 Pro varian 8/128 atau Realme 7 ya, pak? Saya ingin upgrade dari Realme 3 dan ada budget sekitar 3,6 juta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *