Review Samsung E1272 Caramel: Pemonopoli Dual SIM Lipatan

Bertolak belakang dengan ponsel qwerty, batangan (candy bar), atau berlayar sentuh, ketersediaan ponsel lipatan sangat terbatas. Apalagi, kalau yang dicari ponsel lipatan merek global dengan kemampuan dual on GSM-GSM. Saat ini hanya ada satu pilihan.

Ya, Samsung GT-E1272 Caramel menjadi pemonopoli ponsel dual SIM merek global yang berbentuk lipatan alias clamshell alias folder. Tak ada pilihan lain. Kalau tidak cocok dengan ponsel yang dijual Rp 340 ribu sampai Rp 355 ribu itu, calon pembeli mesti melirik ponsel bentuk lain. Alternatif lain, terpaksa berurusan dengan ponsel dual SIM lipatan merek lokal buatan Tiongkok.

Samsung E1272-1

Sebagai ponsel kelas pemula alias entry level, tak ada fitur ekstracanggih yang dibenamkan ke Caramel. Jangankan 3G, kemampuan berinternet via layanan GPRS/EDGE pun tidak tersedia. Kamera, selot microSD, dan bluetooth juga takkan dijumpai di ponsel itu.

Selain tentu saja fungsi telepon dan SMS, Caramel dilengkapi alarm, kalender, kalkulator, jam dunia, dan stopwatch. Ada pula memo untuk menyimpan catatan kecil, SIM tool kit, dan radio FM. Untuk mendengarkan siaran radio FM, pengguna wajib menancapkan handsfree berkabel yang sayangnya tidak disertakan dalam paket penjualan.

Spesifikasi lain Caramel, di antaranya, layar TFT 1,8 inci yang mampu menyajikan sampai 65 ribu warna, konektor charger micro USB, dan buku telepon seribu nama multiple entry. Kalau enggan menerima panggilan telepon atau SMS dari nomor tertentu, pengguna tinggal mengaktifkan fitur pemblokir. Dua game siap dimainkan kapan saja. Silakan pilih, mau memainkan Luxor Quest yang mirip game Zuma di laptop/PC atau Sudoku.

Samsung E1272-2

Sumber daya ponsel berukuran 95 x 46,5 x 17,95 mm dan berat 82,9 gram itu berasal dari baterai lithium ion 800 mAh. Dengan pemakaian ala penulis, baterai ponsel perlu diisi ulang tiga hari sekali. Lumayan hemat.

Secara umum, Caramel memiliki performa yang cukup bagus. Kalau Anda termasuk penyuka ponsel lipatan, silakan membelinya. Namun, bila kebutuhan Anda sebatas ponsel dual SIM merek global, apa saja bentuknya, tersedia berbagai alternatif pilihan. Misalnya, LG A275 yang berlampu senter dan siaran radio FM-nya bisa dipantau tanpa handsfree berkabel. Harga baru ponsel itu cuma Rp 190 ribu. Anda boleh pula mempertimbangkan Nokia 101 yang dilengkapi selot microSD dan kini dijual di kisaran harga Rp 325 ribu.

***

Isi paket penjualan terdiri atas ponsel, baterai, dan charger micro USB dengan output 0,55 ampere.

295 thoughts to “Review Samsung E1272 Caramel: Pemonopoli Dual SIM Lipatan”

    1. Pak Yudistira,

      E1272 tidak memiliki kemampuan transfer data. Kalau perlu sync kontak dengan PC, beli LG A230 saja. Harga baru Rp 345 ribu.

    1. Pak Gede,

      Saya memang belum membahasnya karena belum resmi. Plus, saya tak ada ponsel Gingerbread yang bisa dipakai untuk mencoba.

  1. Wah, LG A230 masih ada ya di pasar?

    Saya beli 2012 di Gar*** Tek*** WTC seharga 325rb, dari dulu masih awet ya harganya. πŸ™‚

    1. Pak Yudistira,

      Masih ada. Saya pas iseng melihat-lihat di Garuda Teknik, lho… kok ternyata masih punya stok. Berarti, dibandingkan 2012, terjadi kenaikan harga Rp 20 ribu ya.

  2. Disesuaikan dengan inflasi & BI rate mungkin Pak, haha…

    Btw, toko itu masih punya LG keluaran lama2 gak ya; C310 atau C375? Kalau harganya miring (300-400 ribuan) menarik sih..

    1. Pak Yudistira,

      He… he… asal jangan ikutan kurs dolar AS deh. πŸ™‚

      Saya tak tahu punya C310 atau tidak. Kalau C375 seharusnya tidak ada. Ponsel itu kan dijual lebih modern channel. Jadi, dulu penjualannya hanya di Global Teleshop dkk. Toko-toko independen di WTC dan Plasa Marina tidak menjualnya.

  3. Pak Herry dulu sempat dapat C375 di clearance sale Global Teleshop kan ya? πŸ™‚

    Sorry oot, jadi nyambung ke merek tetangga, tapi LG ini ada beberapa produk menarik yang sayangnya nggak masuk ke Indo. Ada C333 (triple sim – http://www.gsmarena.com/lg_tri_chip_c333-5089.php) dan C299 (quad sim – http://www.gsmarena.com/lg_c299-5964.php).

    Padahal kalo muncul, potensi bakal jadi “monopoli” juga tuh (Nokia dan Samsung kayanya gak punya produk sejenis).

    1. Pak Yudistira,

      Benar, dulu saya sempat dapat C375 di cuci gudangnya Global Teleshop. Ponsel itu yang kemudian saya gunakan untuk merekam percakapan telepon dengan seorang penipu. Bisa dicari di YouTube dengan kata kunci “Ngisengin Penipu via Telepon”.

      C333 saya pernah membaca informasinya dan konfirm tidak akan masuk ke sini. Kalau C299, saya malahan baru tahu nih. Asyik deh seandainya prinsipal dan distributor LG berani memasukkannya ke sini.

    1. Pak Yudistira,

      Kalau melihat harga jualnya dan kurs USD sekarang, saya kok pesimis distributor berani “memakan kuota”. Kecuali, ada harga spesial dari LG ya.

  4. Pak HSW,

    Apakah ada rekomendasi tentang HP flip yang paling tidak untuk menyetel multimedia seperti musik masih ok seperti SE W series (yang tentunya sekarang sudah tidak dijual lagi)?

    1. Pak Yudistira,

      Iya sih. Tapi, kalau dari hitung-hitungan “subsidi” yang harus diberikan cukup besar, prinsipal belum tentu bersedia.

  5. pak Herry

    Ada nggk ya hp seperti Samsung E1272 ini tapi yang GSM + CDMA?
    yang sederhana, kecil, fungsi hanya telp saja?

  6. Pak Herry, gimana ya settingnya E1272 ini agar ketika akan menerima panggilan tdk langsung tersambung ketika membuka flipnya?
    Punya sy ini kalo ada panggilan, trus sy buka jadi langsung tersambung padahal belum sy tekan tombol terima.

    1. Pak Jojo,

      Saya lupa lokasi pengaturannya ada di mana, tetapi pasti bisa diatur. Kebetulan dulu saya mengalami hal serupa. Saya ingin panggilan tak langsung diterima saat lipatan dibuka. Setelah saya cari-cari, kalau tak salah di menu setting, ada pilihan untuk mengubahnya.

  7. Pak heri, e1272 ini dual on stanby atau cuma satu aja ya? Saya baca baca di review web tabloid katanya cuma salah satu aja yg stanby. Lagi galau pilih caramel atau a275. 101 saya coret karena masalah charger gak micro usb.

    1. Pak Yuwono,

      Dua nomor dapat siaga bersamaan di E1272.

      Kalau saya memilih LG A275. Dengan harga lebih murah sekitar sepertiganya, A275 lebih nyaman dipakai. Kecuali, Anda membutuhkan buku telepon berkapasitas besar ya.

  8. Thanks pak, tapi saya ahirnya beli caramel 329rb, gak nemu a275. Dari bodinya cukup wah untuk hp 300 rb an. Tapi tetep kangen motorola v3 best ever flip phone.

    1. Pak Yuwono,

      Jadi penasaran. Bapak di kota mana ya? Kok susah menemukan A275.

      He.. he.. Caramel kalau dibandingkan dengan V3 sih njomplang banget.

  9. saya punya samsung GT E1272 pas di mainin panas bgt hpnya terus saya pake telpon langsung ngeheng saya matiin terus pas di nyalahin lagi ga bisa nyala ada yang tau ga kenapa?

  10. @pak jojo pengaturan panggilan ada di setting pak, aplikasi lalu pada panggil disitu letak pengaturan ketika kita menerima panggilan,,silahkan cek pak.

  11. salam kenal…lg gugling mo beli hp dual gsm
    tertarik ma produk satu ini soalx dr dl pngn hp lipat
    eh nemu blog ini makacih bwt reviewnya jd bs tau sblm membeli πŸ˜€

    1. Pak Mbem,

      Salam kenal juga. Saya turut senang bila tulisan di blog yang sangat sederhana ini ternyata bermanfaat.

    1. Pak Fat,

      He… he… sudah lama dipinang teman.

      Saya sih lebih memilih A275. Sebab, lebih praktis (nggak perlu buka tutup flip), ada lampu senter yang terang, bisa mendengarkan siaran radio tanpa perlu menancapkan handsfree berkabel, dan harga lebih murah.

  12. ada pilihan sim 1 sim 2 gak kalo pas mau telpon? katanya gak ada ya? mohon di jawab ya om.. terima kasih πŸ™‚

    1. Pak Ron,

      Saya lupa tampilan menu untuk memilih nomor di E1272 seperti apa. Namun, intinya bisa pilih nomor kok.

    1. Pak Rifky,

      Saya sudah tidak memakai E1272 lagi sehingga tidak bisa mengecek menunya. Coba utak-atik menu settings atau dual SIM.

      Kalau boleh menyarankan, fitur tersebut sebaiknya tidak diaktifkan. Sebab, Anda bakal dikenakan biaya pengalihan panggilan yang bila rutin dipakai tentu nilainya akan lumayan terasa.

  13. Pak Herry, apakah handsfree 3.5mm untuk iphone bisa dipake d samsung caramel? Mohon konfirmasinya mengenai kualitas suara pada caramel pada saat melakukan panggilan? Katanya suaranya sangat kecil ya? Thanks

    1. Pak Eduardo,

      Soal handsfree, saya tidak mengetahui jawabannya.

      Terkait suara di Caramel, suaranya keras kok. Bahkan, bila diatur pada volume maksimal, saya merasakan terlalu keras. Jadi, biasanya saya turunkan 1-2 tingkat.

  14. Terima kasih atas responsenya Pak Herry.

    Pak, bagaimana dengan kualitas suara pada handsfree yang diberikan oleh samsung? Terima kasih

  15. Dear Pak Herry,
    apakah ringtone 1272 di sms dan telpon masuknya bisa support mp3? Mohon infonya ya Pak. terima kasih

    1. Pak Roni Hidayat,

      Pengguna tak bisa menambahkan nada dering ke E1272. Jadi, suka atau tidak suka, harus memanfaatkan nada dering bawaan saja.

  16. Mau bertanya, ponsel ini untuk mengubah penyimpanan pesan dani SIM ke ponsel bagaimana ya ?
    Terimakasih

    1. Pak Kasim,

      Ini maksudnya lampu keypad tidak menyala ya? Seingat saya, ada pengaturannya kok. Coba telusuri menu Settings dengan seksama. Saya tak hafal struktur menunya.

  17. Pak klo samsung C3322 gmn mnrt bapak, saya butuh dualsim, radio, trus paling penting bisa mobile banking, n utk dipake dilapangan, tahan banting gak pak herry?

    1. Pak Dimas,

      C3322 alias Lakota secara umum layak beli.

      Tahan banting gimana yang Anda maksud? Kalau jarang bermasalah, ya C3322 jarang bermasalah. Namun, bila yang dimaksud adalah tahan dibanting-banting atau mengalami kekerasan fisik, terus terang saya meragukannya.

      Pilihan lain yang lebih murah dan sampai sekarang masih rutin saya gunakan adalah LG A230. Harga barunya Rp 345 ribu.

  18. Pak herry terimakasih ‘respon jawaban cepatnya’ πŸ™‚ , mksd saye tahan banting trhdp pemakaian pak, bukan dibanting banting, pak herry emg teliti yah hehe , oia LG A230 bisa utk internet pak? Soale mau dipake mobile banking (applikasi berbasis java), trus klo beli online yg trprcaya ad rekomended pak? Di pontianak agak nd mudah pak mencari brngnya πŸ™‚

    1. Pak Dimas,

      Ok, berarti A230 dan C3322 boleh dilirik. Khawatirnya mau dibanting-banting. Kalau kondisinya begitu, dua ponsel itu tidak memenuhi persyaratan.

      A230 dan C3322 sama-sama bisa dipakai berinternet, tetapi cuma GPRS/EDGE. Kalau untuk mobile banking seperti yang Anda ceritakan, idealnya pakai ponsel 3G. Tanpa layanan 3G, lebih baik ber-mobile banking yang memanfaatkan SIM Tool Kit (pakai jalur SMS).

      Toko online yang tepercaya? Bisa coba Erafone.com dan Blibli.com. Namun, kalau Anda cari A230 di sana, saya yakin tidak ada. A230 itu sebenarnya ponsel keluaran lumayan lama, tetapi sampai sekarang masih ada toko tertentu di Surabaya yang punya stok.

    1. Pak Dimas,

      Bisa saja, asalkan menyetujui syarat dan ketentuan sebagai berikut:

      1. LG A230 adalah barang stok lama. Jadi, anggaplah sudah tidak ada garansi resmi lagi. Kardus ponsel mungkin juga tidak mulus kinclong.

      2. Silakan pilih A230 saya kirimkan dalam kondisi tersegel atau saat di toko saya buka dulu sekadar untuk tes nyala.

      3. Barang baru bisa saya kirimkan ke Pontianak pada 5 Agustus 2014. Sebab, kalau sebelum tanggal tersebut kan masih libur Lebaran. Toko ponselnya pun hingga beberapa hari mendatang masih tutup.

      4. Pengiriman ke Pontianak memakai jasa FedEx/RPX. Bila alamat tujuan ternyata belum termasuk dalam area pengantaran, barang bisa diambil di kantor FedEx/RPX di Jl Merdeka, Pontianak.

      5. Dengan alasan apa pun, saya tak mau menggunakan jasa JNE. Sebab, saya tidak ingin emosi saya memuncak gara-gara layanan yang tidak bisa diandalkan.

      6. Total dana yang perlu diganti (harga ponsel + ongkos kirim) kelak ditransferkan ke rekening BCA saya.

      Setuju?

  19. Oke pak herry, terimakasih banyak pak, baiklah pak klo masih lama saya cari dulu disini, klo tidak ada boleh saya kontak mnt bantuan bapak .
    Adapun persyaratab dr bapak ;
    1. Setuju
    2. Di tes sama pak herry dulu dong.
    3. Dgn Rpx oke.

    Tunggu kabar dr saya dulu ya pak, terimakasih banyak herry bantuanny.

  20. Oia maaf pak, mobile banking beda dgn net banking ya pak, klo net banking hrs buka situsnya dahulu, nah klo mobile banking yg saya mksud menggunakan aplikasi berbasis java pak. Ato pak herry sudah prnh coba install aplikasi mobile banking nya pak, sukses transaksi nda drngan LG nya

    1. Pak Dimas,

      Iya beda.

      * Internet banking: masuk ke situs tertentu dulu.
      * Mobile banking: ada yang pakai jalur internet (yang Bapak ceritakan) dan ada yang pakai jalur SMS (SIM Tool Kit).
      * SMS banking: pakai jalur SMS dengan mengetikkan SMS.

      Saya tidak pernah berencana mencoba mobile banking yang pakai aplikasi Java di A230. Sebab, dengan koneksi internet cuma GPRS/EDGE, bakal terasa lambat dan berisiko gagal. Saya lebih rutin memakai mobile banking yang via SIM Tool Kit. Kalau Anda berencana ber-mobile banking pakai aplikasi, sebaiknya Anda memakai ponsel yang mendukung layanan 3G.

    1. Pak Dimas,

      Hmm… anggaran maksimal berapa dulu? Yang spesifik ya. Jangan, misalnya, Rp 1 jutaan karena Rp 1,999 juta pun masih termasuk Rp 1 jutaan. Hal lain, apakah Anda perlu dual SIM?

  21. Pak Herry,
    Anggaran klo bisa dibawah 500 pak, saya butuh dual sim yg bisa dipakai untuk mobile banking #applikasi java, hrpan sih seperti LG A230 pak, murah dan kualitas, cmn sayang blm mumpuni utk mobile banking, rasanya saya pengen coba menggunakannny dulu pak #install applikasi mobile banking.

    1. Pak Dimas,

      Sesuai penjelasan saya sebelumnya, bila Anda ingin ber-mobile banking memakai aplikasi, idealnya Anda membeli ponsel 3G.

      Nah, ditambah dengan kriteria dual SIM, berarti Anda perlu mencari ponsel Android dual SIM. Dengan anggaran di bawah Rp 500 ribu, terus terang saya tak berani memberikan rekomendasi ponsel.

  22. Maaf pak herry, boleh nda pak herry install kan di LG yg bapak pakai, aplikasi mobile banking syariah mandiri? Apakah sudah support

    1. Pak Indra,

      Saya sudah lama tidak memakai Caramel sehingga telah lupa dengan caranya. Ini kalau tak salah ingat: coba tekan dan tahan tombol di sudut kanan bawah.

  23. Pa Herry, ada rekomendasi ga hp yg single sim (model candy bar), ada setingan font bisa diperbesar. Buat ortu nih klu terlalu kecil fontnya susah nti bacanya hehehe..

    Terima kasih sebelumnya πŸ˜‰

    1. Pak Zaki,

      Nokia 206 ukuran hurufnya cukup besar untuk orang tua. Itu ponsel dual SIM, tetapi boleh diisi satu kartu saja kok. Saya tak ingat ada menu untuk mengubah pengaturan font atau tidak. Tanpa mengubah pengaturan awal pun, ukuran huruf sudah besar.

  24. Wah terima kasih atas responnya yg cepat pa Herry.
    Sekedar buat pembanding aja, dr sisi layar sepertinya sudah dipastikan ukuran font N206 pasti lebih besar dibandingkan N101 cuma beda jauh ga ya dan N101 bisa pakai hanya 1 sim juga?

    1. Pak Zaki,

      Perbedaan ukuran huruf tidak terlalu jauh. Namun, perbedaan ketajaman tampilan layar dan kenyamanan keypad berbeda jauh. 206 yang lebih nyaman.

      Ya, 101 juga boleh diisi dengan satu kartu saja.

      Bila memang rencananya hanya diisi satu kartu dan sudah memutuskan membeli 101, silakan membeli 100 saja. Dua ponsel itu bak saudara kembar. 100 single SIM, 101 dual SIM.

  25. Pak Herry, saya mau tanya untuk tombol mengunci di hp samsung caramel ada dimana ya pak? Sy tdk ketemu mencarinya. Mohon pencerahan pak.
    Terima kasih

    1. Bu Maia,

      Dulu saat memakai Caramel, saya malahan tidak terpikir mencari tombol lock. Sebab, usai bertelepon, saya tinggal menutup lipatan ponsel. Tak perlu khawatir ponsel tertekan tanpa sengaja lagi deh.

  26. Dear all,

    Jika telepon panggilan masuk apakah bisa angkat telpon dengan melihat si penelpon
    mau tanya gmana untuk angkat telepon setelah flip dibuka ?
    mihon penjelasannya.
    Thanks

    1. Pak Dimas.

      Bisa. Jadi, ponsel bisa diatur begini:
      1. Kala ada panggilan masuk, pengguna tinggal membuka lipatan dan panggilan langsung diterima.

      atau

      2. Kala ada panggilan masuk dan pengguna membuka lipatan, panggilan tidak langsung diterima. Pengguna bisa melihat dulu nomor pemanggil. Bila ingin menerimanya, pengguna harus menekan satu tombol dulu.

  27. enak nih, hp begini super tahan banting sih. cuman kalo yang flip agak riskan di bagian fleksibelnya karena sering dibuka-tutup kan ya..

    1. Bu Chika,

      Asalkan buka tutup lipatannya tidak kasar, seharusnya tahan sampai beberapa tahun. Kalau buka tutupnya kasar atau iseng ditekan-tekan, ya cepat almarhum deh.

  28. sekedar info untuk pengaturan yang biasa ditanyakan pada samsung gt-e1272 caramel:
    1. untuk membuat panggilan dari sim1 atau sim2, cara mengubah mode panggil dengan menekan dan tahan tanda pagar (#) dan begitu juga sebaliknya.
    2. untuk mengatur mode panggilan, pilih setting > aplikasi > panggil > semua panggilan > mode jawab. di mode jawab ada 3 pilihan jawab yaitu: sembarang tombol, flip aktif, dan otomatis.

    sekian infonya dan semoga bermanfaat…..

  29. ni Samsung Caramel GT-E1272 Terbaru 2014, kalau ada tlp masuk, jika buka lipatnya, kok langsung jwb tlp otomatis.., gimana cara of kan nya pak ?

    1. Pak Adi,

      Beberapa hari lalu kebetulan Pak Ihsan berbagi tip di blog ini. Berikut saya copy paste-kan:

      —–
      2. untuk mengatur mode panggilan, pilih setting > aplikasi > panggil > semua panggilan > mode jawab. di mode jawab ada 3 pilihan jawab yaitu: sembarang tombol, flip aktif, dan otomatis.
      ——

  30. Saya pengguna baru samsung caramel E 1272 ,,
    Ada 5 tombol keypad yang tidak menyala.. ( tombol pilih, hapus, panggil, tombol reject/nonaktif kan, dan tombol OK)
    sedangkan tombol keypad angka itu menyala semua..

    mohon pencerahannya

    1. Pak Royadhie,

      Saya tak ingat pasti kondisinya gimana. Kalau tak salah, aneka tombol yang lokasinya di atas deretan tombol 1, 2, dan 3 memang tidak menyala.

  31. saya pengguna caramel tp masih belum ketemu cara agar sms tidak langsung tersimpan di memori sim, mohon pencerahannya agar sms masuk langsung ke memori hp

    1. Pak Dani,

      Maaf baru bisa membalas pertanyaan Anda. Beberapa hari ini aktivitas saya kebetulan sangat padat.

      Saya sudah tidak memakai Caramel sehingga tak bisa membantu mengecek struktur menunya lagi. Rekan-rekan pengguna Caramel yang memantau thread ini, tolong bantu Pak Dani ya.

  32. Maaf mau nanya, pada HP samsung lipat GT-E1272 ada nggak pengaturan supaya saat melakukan panggilan telepon flip nya ditutup tapi panggilan telepon tetap nyala (tidak mati teleponnya)? Kalau ada gimana caranya? Tolong pencerahannya πŸ™‚ mksih…

    1. Bu Lia,

      Wah, maaf, saya tidak memperhatikan pengaturan itu. Saya justru senang kalau panggilan otomatis terputus bila lipatan ponsel saya tutup. Jadi, ketika dulu memakai E1272, saya tak mencari cara mengubah kondisi tersebut.

  33. Maaf mau nanya, pada HP samsung GT-E1272 ada gak pengaturan supaya pada saat sedang melakukan panggilan telepon (telponan) flip nya ditutup panggilan teleponnya tidak terputus (mati)?. Kalo ada gimana caranya? Mohon pencerahannya yaaa πŸ™‚ terimakasih…

    1. Bu Linda,

      Saya sudah tidak memakai Caramel. Jadi, saya tak bisa lagi membantu mengintipkan urutan pengaturan fake call.

      Pengguna aktif Caramel yang membaca posting ini, tolong bantu Bu Linda ya.

  34. maaf mau tanya..gimana cara mengubah profile sim 2? saya sudah mematikan nada tombol tp hanya berpengaruh di sim 1 saja padahal saya mengubahnya juga saat on di sim 2. mohon bantuannya

    1. Bu Windy Rizki,

      Maaf, saya sudah tidak memakai Samsung E1272 Caramel. Dengan demikian, saya tak bisa mengecek lagi urutan menunya.

  35. ah kurang bagus msa sambil nelpon tidak bisa sambil buka kotak masuk mau di pakay bisnis bisa hancur bisnis saya , saya kurang puas , dengan handphone merek GT-E1272 , kurang memuaskan tidak bisa lihat kotak masuk sambil nelpon , aplikasi nya kurang bagus pokok ny ,

    1. Pak Aditya,

      Kalau dalam jangka pendek sih tak ada masalah. Baik-baik saja. Untuk pemakaian jangka panjang (lebih dari satu tahun), saya tidak mengetahuinya.

  36. Dear Pak Herry n All,

    Berarti tombol navigasi Samsung GT-E1272 memang tidak menyala pada saat HP on ya Pak?
    Terima kasih.

    1. Pak Adhan Kazawa,

      Setelah bepergian ke dua kota sejak 17 Maret 2015, baru pagi ini (21 Maret 2015) saya kembali menjawab pertanyaan yang masuk ke blog Ponselmu.com.

      Maksudnya lari ke SIM1 gimana ya? *bingung*

  37. Mau taanya dong, anak saya yg lg bljr2 hafal nomor rajin bngt nelpon bkin boros pulssa, hp ini bs dikunci tombolnya kahh, jd meski dy pencet nomor2 hpnya langsung, hp tdk merespon krn tombol terkunci?

    1. Bu Nuke,

      Lain kali tolong ketikkan kalimat dengan utuh. Jangan disingkat-singkat ya.

      Saya sudah lama tidak memakai E1272 sehingga tak bisa mengecek. Sepertinya sih tak ada tombol lock.

    1. Pak Arif,

      Pengaturan apa? Silakan membaca buku panduan pemakaiannya dulu. Sudah dijelaskan detail di sana kok.

  38. Misalkan ada panggilan,kita tdk harus angkat dulu gimana,di situ kan programnya kalo ada panggilan masuk jika di buka kan langsung di angkat,mohon pencerahanya,ada nggak pengaturanya untuk samsung GT-E1272

    1. Pak Irwanto,

      Oh, maksudnya gitu. Bisa kok. Saya sudah lupa detail menunya. Gambarannya begini:
      * Cari setting
      * Cari application dan call setting atau sejenisnya.
      * Cari answer mode atau sejenisnya.
      * Di situ seharusnya ada tiga pilihan yang intinya: anykey, automatic, dan flip…. Ubahlah ke anykey.

  39. samsung e1272 ini, dua sim…. tapi bagai mana cara memanggil dengan sim 2.,,, kok samsung saya ini setiap memanggil atau cek pulsa langsung terpanggil dengan sim 1. ada yang tau ngak…? biasanyakan kalo sim nya ada dua disaat panggilan atau sms ada pertanyaan atau pilihan dulu,,,, baagaimana ini samsung e1272………..?????

    1. Pak Jhay,

      Anggaplah saat ini ponsel selalu melakukan panggilan memakai SIM1. Untuk berpindah ke SIM2, tekan dan tahan tombol tanda pagar.

  40. hapenya kok ini bisa buat ngrim pesan ke lain hape , bisa nelfon/nerima telfon TAPI ngga bsa nerima sms… ini hape knapa dan bgaimna solusinya?

  41. pak, apakah samsung caramel bisa membaca file .vcf melalui sms? agar tidak ribet untuk mengcopy/salin kontak. tks

    1. Pak Ery Mara,

      Mohon maaf atas keterlambatan saya dalam memberikan respons.

      Saya sudah lupa apakah Caramel bisa menerima VCF. Rekan pengguna Caramel yang mengikuti thread ini, tolong bantu Pak Ery Mara ya.

  42. nanya agan2 mungkin bisa bantu sy…..
    sy punya ponsel kayak dia cuman kmarin ngotak ngatik kode telpon biar aman.. e malah saya lupa sandinya… tertulis dsitu #kunci telepon…
    sy lupa kode..

    saya solusinya donk…. tankss smua

    1. Pak Alwi,

      Anda menuliskan “sy punya ponsel kayak dia….” Ehm, yang dimaksud ponsel tipe apa ya?

  43. bisa gak smsung flip ini kalo pas nulis pesan, trus pengen ngirim nomor orang lain lewat pesan, jadi nomor org lain yg mau d kirim d sisipin langsung… jadi gak harus d ketik ulang nomornya. bisa gak ?? mohon jawabannya πŸ™‚

    1. Bu Lia,

      Saya tak bisa mengecek karena sudah tidak memakai Caramel.

      Rekan-rekan pengguna Caramel yang membaca thread ini, tolong bantu Bu Lia ya. Terima kasih.

  44. Maaf mau tanya, apakah waktu bapak dulu msh menggunakan samsung caramel itu saat melakukan panggilan/tlpn, suara kita yg diterima si penelpon berdengung? Soalnya suara yg sy dengar dr hp samsung jelas sekali, tetapi ketika didengar oleh si penerima tlp lain suara dr sy terdengar ada bunyi mendengung. Mungkin bapak tau solusinya, terimakasih

    1. Pak Ufuq,

      Suara baik-baik saja sih. Tak sampai mendengung.

      Lawan bicara yang berbeda-beda apakah selalu mendengar suara Anda mendengung? Kalau iya, coba periksakan ponsel Anda ke pusat perbaikan resmi Samsung.

  45. Pak Herry, mau tanya, apa Samsung GT-E1272 Caramel itu mendukung perpesanan MMS? Soalnya sy udah coba daftar mms di provider secara manual tapi tetap gak bs terima pesan MMS..

  46. klo mw sisipin nmer pas ngetik psan. bsa kok. …prinsipx mirip samsung galaxy, tinggal plih ‘tambahkan pesan teks’ llu plih kontak.

  47. Pak Herry maaf saya mau tanya.. samsung caramel saya tidak bisa menerima sms kenapa ya? mohon bantuannya. terima kasih

    1. Bu Dewi,

      Apakah di ponsel Anda tersimpan banyak SMS masuk maupun keluar? Kalau iya, hapus dulu sebagian.

      Seandainya masalah belum tuntas, problem itu seringkali bisa diakali dengan cara begini:
      * Lakukan pencarian secara manual dan pindahlah ke jaringan operator lain.
      * Proses perpindahan akhirnya pasti akan dibilang gagal. Tak masalah sih. Matikan ponsel.
      * Nyalakan ponsel lagi. Lakukan perpindahan jaringan secara manual lagi ke jaringan operator yang Anda gunakan.
      * Kini seharusnya sudah bisa menerima SMS lagi.

      Umpama tetap belum bisa menerima SMS, silakan berhubungan dengan customer service di kantor layanan operator.

  48. Pak saya mau tanya,

    Di samsung caramel ini ada speedcall ngga? Contohnya anda tekan 2 lalu dial, nomor tertentu akan ditelfon.. Terimakasih

  49. Ponsel style flip/clamshell spt E1272 ini (E1270 = Single-SIM) tidak diperuntukkan bagi user yg tak tahu mau dipakai utk solusi spt apa ponselnya ini. Ponsel style candy-bar memang simpel dan very basic (bahkan terlalu umum), langsung terlihat layarnya dan bisa diakses langsung, tapi nyatanya supaya ga kepencet ga sengaja klo ditaruh di kantong maka ditambahkan fitur lock-screen yg malah menambah lama utk bisa akses layarnya langsung. Kedua, supaya gak baret-2 klo kena benda tajam maka perlu screen protector, nambah duit lagi (besarnya yg harus disetor tergantung seberapa sayang anda kpd layarnya). Nah, buat yg ogah layarnya baret2 tanpa perlu keluar duit lagi buat screen protector dan ogah kena delay klo mo akses layarnya alias langsung bisa pake/akses instan! (candy-bar wajib tekan tombol tertentu utk buka proteksi tombol, tahan laaaaamaaaaaa… an! baru kebuka deh proteksi tombolnya! Inipun, sesuai pengalaman saya sendiri, masih bisa aja ga sengaja kebuka proteksinya gara2 tombol kuncinya kegencet lama ama benda apaaan saya juga ga tau, pokoknya tuh tau2 dia quick dial ngasal (saya pernah set fitur quick dial di ponsel candy bar tsb) dan saya baru taunya setelah keluarin dari kantong pas tiba di tujuan). Kekurangannya E1272 ini: Bisa diatur klo dibuka flipnya ga langsung answer, tapi sebaliknya ga bisa diatur klo ditutup flipnya ga langsung hang-up (jadi mo ga mau yg nelpon tau klo ditutup berarti si penerima dah tau dia yg nelpon tapi ditutup sengaja, alias ga bisa ngeles lagi klo ga denger/ga tau) – ya solusinya dibiarin aja si E1272 ngangkang ampe yg nelpon bete en hang-up sendiri, tapi ga mungkin kan dibiarin spt itu klo lagi dipake bepergian/traveling? Kedua, ga ada LED indicator atas Voice-Call/SMS masuk (setidaknya sbg pengganti layar LCD kedua yg biasanya dipasang diluar utk versi flip yg mahalan – layar luar ini emang fungsinya sbg bemper layar utama, jadi biar dia aja yg baret2 sedang yg utama di dalem tetep mulus bak perawan tanpa perlu keluar duit utk nambah pake tameng layar tambahan lagi), setidaknya membantu sekali tanpa harus ngecek layar dgn buka flip lagi. Ketiga, ga ada lampu senternya! Gua ga peduli alesannya apa, ponsel basic en murah wajib harus ada senter/flashlight-nya! Ga mahal kan lampu LED-nya, koq pelit sih ngasih extra 1 lampu LED aja?! Saking murahnya banyak senter2 LED dari Sina pakai extra lebih dari 9 LED utk satu senter aja dan super murah lagi! Keempat, radio masih tergantung sama kabel antena external (klo ga nyolokin headset audioplug ya pake colokan kabel palsu sbg antena external), lah LG A275 aja bisa, koq yg lebih panjang klo dipaksa ngangkang (opened flipcase) masih butuh antena eksternal (nyolok plug headset) utk radio FM aja?

    Selain kelemahan ini, ponsel flip ini jelas lebih tahan banting drpd candy-bar, pake ribbon wire strip sbg penghubung lidah atas dan bawah sama spt yg dipakai di Nintendo Game-n-Watch (ada yg tau/masih ingat game portable jadul ini?) dan sampe sekarang masih bisa saya pakai main tanpa problem.
    Anda mau banting beneran, layar dijamin lebih aman ga ancur berat drpd candy-bar. No layar baret2, No delay in accessing keys (ga pake lama buat mencet tombol unlock lagi, apalagi klo doski nelpon/sms mulu tiap abis nutup telpon). Atas dasar inilah saya switching dari candy-bar ke flip/clamshell style, bukan krn modelnya cantik, sering dipake K-pop star ternama, dst yg aneh2 en ga penting banget alesannya. Sekarang saya sedang testing E1272 ini utk daya tahan batere (saat ini sudah tembus 14 hari standby+occasional call/sms), yg penting jangan dipake buat radio atau setel speaker yg overloud (yg nyetel volume gain-nya sinting nih, ring+SMS tone alert di level 1 aja masih cukup keras bagi saya en ga bisa turun lagi ke level 1/2 misalnya) atau setel screen brightness diatas level 2, tau sendirilah yg dah pengalaman di ponsel Android mana aja yg wajib dihindari agar batere awet. Oiya, saya juga sengaja buka-tutup flipnya dgn gaya macam ‘preman’ maenin pisau lipat butterfly. tau kan? agar bisa uji ketahanan engsel flip dan kabel konektor ribbonnya, kendor/putus apa kagak nanti – ga perlu risau, ponsel flip murah ini, rusak juga ga bakal nangis kejer2 kayak Samsung Edge Series nya kebanting ga sengaja en pecah-retak layarnya ato ga sengaja layarnya kegigit dalem abis ama bulldog gila punya tetangga sebelah :v..Coba pake flip style, layarnya pasti dijamin aman dari bantingan dan gigitan hewan buas kelas berat tuh! wkwkwk…
    Singkat kata, bagi saya, ponsel flip itu wajib utk dibawa travel keluar kemana2 klo ga bawa mobil, en ponsel candy-bar sebaiknya ditaruh dirumah saja, kecuali you mau keluar extra money utk screen protectornya (entah elastomer layer, tempered glass, diary-style/back case cover, dst) en mau repot2 nyetel kunci tombol “anti ga-sengaja kepencet(TM)” termasuk delay yg lebih lama utk unlocknya lagi, apalagi klo pake password.
    Alasan yg sama utk pertanyaan mendasar ini: Mending bawa notebook atau tablet? jawabannya ya sama spt flip (notebook) vs candybar (tablet), tergantung seberapa sayang dan level kepelitan anda thd layarnya – ogah keluar duit lagi en ogah repot2 unlocking screen, ya pilih notebook aja, sekarang mulai muncul koq notebook super ringan spt tablet pake eMMC utk storagenya sama spt tablet. Klo seneng pamer layar/displaying what you got apalagi rela gadaikan apa aja demi buat ngelindungin layarnya yg telanjang, ya pilih tablet aja, ga perlu buka-tutup panel hanya utk ngeliat isi layarnya lagi, sangat ringkas for displaying images/photos/videos/etc while on-the-go/walk. Intinya kembali kpd kebutuhan anda sendiri yg paling penting dan hakiki atas ponsel/gadget style apa yg wajib dimiliki anda – lebih berat utk ke arah gaya/mode atau ke arah fungsional kah?

    Oiya sbg tambahan utk E1272, sebenarnya pengaturan dual-SIM nya ini mudah sekali (meskipun saya cuma pakai utk single-SIM, krn lebih tertarik pada fungsi yg lebih penting lainnya spt yg sudah diterangkan diatas) bahkan sebelum anda menelpon/call atau kirim SMS pun – silahkan switch dulu SIM utama/default yg mana yg mau dipakai utk aktivitas anda berikutnya, itu aja yg perlu diingat. Klo udah switch ke SIM tsb (bertahan di SIM itu terus sampai diswitch lagi nanti, entah oleh anda sendiri atau by auto-switch SIM feature), silahkan call/SMS no telpon target anda – simple abis kan? Bahkan saya lebih suka sistem call/SMS on Dual-SIM mode spt ini di E1272 drpd di ponsel Android semi-jadul saya yg lebih canggih tapi wajib milih dulu SIM mana yg mau dipakai setelah masukin nomor target (sekarang sih udah lebih enakan stlh diupdate ke versi GUI terakhir, by default pake SIM yg terakhir dipilih dan bisa diubah ditengah jalan seperlunya di GUI-nya langsung, ga pake acara nanya2 SIM mana yg mau dipake lagi).

    1. Pak FlippinSide,

      Terima kasih atas komentarnya yang panjang, lengkap, dan mencerahkan.

      Btw, terus terang saya tadi sempat bingung dengan kata Sina. Setelah saya renungkan, tampaknya yang Anda maksud China alias Tiongkok ya.

  50. Oiya, lupa…
    Satu lagi kelemahannya, entah mengapa keys yg juga sama pentingnya spt 12-digit numeric keypad tidak diberi ‘ijin’ utk ikutan nyala spt num keypad. Banyak yg ngeluh bin protes soal ini, saya sendiri juga kecewa kenapa disainnya se-cacat ini, koq pake nanggung ga nyala sekalian Nav keys, soft keys, Dial & Hangup keys, koq pake acara dimatiin segala (saya udah cek ke internal gutnya, ternyata sengaja dicat/mask hitam bagian tembus-cahayanya waktu di mold elastomer piece-nya, sedangkan bagian 12-digit numeric keypadnya dibiarkan clear tak dicat/mask hitam). Aneh, sptnya disain dial pad yg nyala tapi gelap utk tombol2 lainnya lebih utk dengerin radio (i.e: quick dial for radio station) drpd utk dial phone number yg butuh mencet tombol [DIAL] setelah mencet nomor telpon target, sama spt anda di area gelap mencoba meng-input voucher code di laptop/notebook dgn numpad keys yg nyala terang tapi tombol ENTER-nya malah sengaja digelapin, ini bukannya konyol bin aneh? apa ga lebih baik ga perlu nyala aja numpadnya, krn kesannya yg bikin ga niat utk bantu kita input atau nelpon/SMS dlm gelap – krn jelas anda harus lakukan itu semua dlm kondisi terang, alias mubazir itu numpadnya nyala krn ga berguna utk voice-call/SMS dlm gelap, masa harus maen raba2an lagi utk nemuin tombol DIAL dan HANGUP? atau SoftKeys, atau lebih parah lagi NavKeys yg wajib harus jelas terlihat utk mobilitas kursor yg lancar sulit dilakukan klo ga lkeliatan mana tombol atas/bawah/kiri/kanan-nya. Harus diakui, kali ini Samsung salah disain keypad lighting utk E1272, dan itu besar sekali tingkat ‘kemubazirannya’ (sulit dipakai dlm gelap, kec. jika dipakai utk quick radio station selection via keypad) stlh direalisasi dlm produk jadi.
    Shame on your non-visionary designers, Samsung!

  51. Hp syh di cass nyala nya bkn tampilan batre melainkan tampilan tipe hp nya,di cabut batre di nyalakan sama tampilan di layar nya tipe hp GT-E1272 trus rusak apa nya ya tlg bntu bgi pengalaman dong….rsk apa nya atau ada cra spy hp samsung aku kmbli lgi di pakai tks.

    1. Pak Yopi,

      Lain kali bila mengirimkan pertanyaan ke blog ini harap perhatikan dua hal berikut:
      * Cukup kirimkan pertanyaan yang sama satu kali. Pertanyaan Anda ini terkirim dua kali. Satu lainnya sudah saya hapus.
      * Biasakan menuliskan kata demi kata dengan lengkap. Jangan disingkat-singkat.

      Ok, intinya ponsel E1272 Anda tidak bisa masuk ke halaman menu kan? Layar ponsel hanya menampilkan GT-E1272 dan diam di situ saja. Benar? Berarti, ponsel itu harus Anda bawa ke “rumah sakit” alias pusat perbaikan resmi Samsung.

  52. Saya mau menanyakan, bagaimana cara mengatur dual sim dihp ini?
    saya memakai kartu xl dan telkomsel, ketika saya ingin memanggil teman saya dengan kartu xl yang muncul adalah kartu telkomsel begitu juga sebaliknya

    Terima kasih

  53. pak herry

    pak saya mempunyai hp samsung ne,,,
    tapi di buka lipatnya gak mau hidup,
    gimana tu pak..?
    panya syang rusak tu..?

    1. Pak Irwan Nurhalim,

      Ketika tombol ditekan-tekan, apakah layar tetap padam? Kalau iya, silakan mampir ke pusat perbaikan resmi Samsung deh.

  54. sudah beli handphone GT-E1272 tp mau tanya gimana cara mengaktifkan klu seumpama sim 1 mau dipake menelpon atau sim 2 krn sma sekali tidak ada fasilitisanya..atau sy yng tidak temukan..klu ada dimana dn bagaimana caranya…mksh sebelumnya ata s jawabannya

  55. bagaimana ya caranya agar saat ada panggilan ke sim 1 maupun ke sim 2 dapat aktif kedua-duanya,tanpa harus menekan # untuk mengaktifkan salah satu kartu sim saja? mohon dijawab ya pa terimakasih

    1. Bu Dwi Apriliani,

      Tombol # itu hanya berfungsi untuk mengubah nomor saat Anda akan menelepon.

      Kalau ponsel sedang siaga, Anda tak perlu menekan tombol #. Dua nomor yang terpasang sama-sama siaga, siap menerima panggilan masuk.

  56. Mau tanya , saya punya samsung flip cara agar 2 nomor standby gimana caranya yaa …

    mohon bantuannya .

    1. Pak Anwar,

      Apakah Anda menggunakan Samsung E1272 Caramel? Kalau iya, cukup masukkan dua kartu SIM, kemudian nyalakan ponsel. Dua nomor akan siaga bersamaan.

  57. Selamat pagi, ko herry πŸ™‚

    Boleh tau harga pasaran samsung caramel terbaru? Saya mau beli buat dikasih ke mama saya, dari dulu kepengen ponsel flip tapi belom kesampean soalnya, hehehe…
    Terimakasih sebelumnya.

  58. sy jg pengguna samsung caramel gt-e1272 pakai dua kartu . tapi setiap mau telpon atau sms kenapa ga ada penggunaan sim 1 atau sim 2 ya. sudah saya utak atik tapi tidak bisa berubah juga .. mohon pencerahannya .. terima kasih

    1. Pak Ilham,

      Anggaplah Anda barusan selesai menelepon memakai SIM1. Kalau ingin menggunakan SIM2, tekan dan tahan tombol pagar # sampai ponsel berpindah ke SIM2.

  59. samsung GT E-1272 saya terkunci terus saya lupa paswordnya. bisa d bantu bagaimana solusinya pak ? makasih

  60. Bisa minta tolong saya baru beli samsung gt e1272 bisa krm sms bisa tlfn tp tidak bisa terima sms, harus gmn ya

    1. Pak Jeffry,

      Ada aneka hal yang perlu diperiksa. Sulit dijelaskan via tulisan seperti ini. Saran saya, silakan mampir ke kantor layanan operator seluler yang Anda gunakan.

  61. Dear pak hery,
    Hp smsung gt e 1272 saya untuk pencarian jaringan tidak bisa kadang nunggu satu hari baru muncul jaringan tersebut.
    Mohon bantuan dan solusi agar saya bisa mempergunakan.

    Slm

    1. Pak Marwandi,

      Wah… itu sih sangat tidak normal. Silakan memeriksakannya ke pusat perbaikan resmi Samsung.

    1. Bu Icha,

      Hmm… Anda ini mau tanya apa ya? Saya bingung membaca posting Anda. Silakan kirimkan ulang dengan kalimat yang tidak disingkat-singkat.

    1. Pak Alex,

      Yang sekarang terkunci itu keypad-nya atau ponselnya secara keseluruhan?

      Kalau yang pertama, tinggal asal tekan salah satu tombol, bakal muncul panduan untuk membuka pengunci layar.

      Kalau yang kedua, silakan ke pusat perbaikan resmi Samsung.

      Btw, kalau boleh tahu, sebelumnya Anda melakukan aktivitas apa sehingga ponsel terkunci?

  62. Pak..saya baru menggunakan samsung gt e1272,kenapa inbok cuma bisa menampung 17sms setelah itu kalau ada sms tidak bisa masuk dan ada peringatan memori penuh?

    1. Bu Nurjanah Fitriani,

      Dulu saya tidak memperhatikan daya tampung SMS E1272. Jadi, saya kurang tahu penyebab pasti munculnya peringatan itu. Dugaan saya, SMS Anda tersimpan di memori kartu SIM. Cobalah mengutak-atik menu SMS. Periksalah apakah SMS bisa disimpan di memori telepon.

    1. Pak Gusni,

      Karena saya tak bisa memegang dan mengecek langsung ponsel Anda, silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Samsung.

  63. pak, saya mohon bantuannya .
    kenapa ya samsung flip saya setiap ada sms kadang tidak nitifikasinya ?
    misalnya di inbox udah ada 28 pesan, nanti 28 pesan itu udah saya delete multiple
    nah stelah delete selesai tau tau nongol lg beberapa pesan dengan ikon blm terbaca ( amplop tertutup)
    jadi kadang gak tau ada pesan apa gak nya .
    mohon balas pak ,

    trmksh

    1. Pak Rudi,

      Kalau membaca paparan Anda, isi SMS yang tersimpan di ponsel Anda terlalu banyak. Akibatnya, pesan baru tak bisa masuk.

  64. Min.. ada hp samsung gt-e1272

    Saya bingung.. udh masukin 2 sim card ke hp.. tapi yang sim dua gd sinyal.. setiap mw nlpn hanya panggilan darurat teruz.. kalo yang sim 1 normal.. itu kenapa ya? Ada solusinya gk min??

    Udh nyerah otak-atik abisnya

  65. pak herry saya mw tanya, knp ya klw saya gunakan sim 1 menelfon dan orang lain menelfon sy dengan no sim 2 ku tp malah ndk aktif. ada ngak caranya supaya pas menelfon di sim1, sim 2 juga dapat menerima panggilan,,,

    1. Bu Musyrifah,

      Ya memang standar pabrikannya seperti itu. Tak bisa dibuat supaya saat Anda menelepon via SIM1, SIM2 juga dapat menerima panggilan.

  66. agan agan, mohon bantuan nya. gt e 1272 ana rusak flexibel nya ad gk y jualan nya dan berapa harga nya. tlong bntu ana. bls ya email.

  67. Maf pak saya pengguna HP samsung GT-E1272
    Awalnya sih HP itu baik” saja,batrai masih penuh kondisi normal,ketika saya matikan mau memasang sim di sim 2,kemudian saya hidupkan lagi kenapa kq tidak bisa,saya cess tidak bisa nyala gambar batrainya padahal batrainya sudah ada isinya,kesimpulan mati total, itu kenapa ea,gejalanya ada dmna…mohon infonya, trimksih…

  68. Misi bang, saya mau tanya, samsung lipat 2 sim ini bisa diatur agar saat menerima panggilan, jika di buka tidak langsung menerima, terimakasih..

    1. Pak Yudis,

      Pasti bisa karena dulu saya juga mengaturnya begitu. Namun, saya tak ingat struktur menu untuk mengubahnya. Silakan diutak-atik sendiri ya.

  69. mau tanya, kenapa kok kartu satunya tidak bisa menerima pesan, tetapi bisa mengirim pesan, menerima tlfn, dan untuk menelefon, sedangkan kartu satu nya tidak ada masalah, terima kasih.

    1. Bu Gita,

      Silakan memeriksa kapasitas kartu SIM Anda. Siapa tahu ternyata penuh. Bila semua pengaturan tampak normal, luangkan waktu ke kantor layanan operator seluler yang Anda gunakan. Mintalah petugas di sana melakukan pengecekan.

  70. Mohon bantuan klo terima telp kok suaranya seperti di loudspeker bagaimana cara mengecilkan volumenya ya ? apa bisa di kecilin volumenya soalny

    1. Pak Ariel,

      Saat sedang menelepon atau ditelepon, ubahlah tingkat volume. Saya tak ingat caranya dengan menekan tombol navigasi ke kiri atau ke bawah. Selamat mencoba.

  71. bagaimana cara mengecilkan volume pada profil sim 2… padahal pda profil sudah saya kecilkan semua nada ny, tetapi ketika meberima telp or sms suara ny besar sekali,, tolong bntuan ny,?

    1. Pak Azis,

      Yang Anda maksud adalah volume nada dering atau volume saat sedang bercakap-cakap ya? Kalau volume nada dering, tinggal diatur di menu settings. Kalau volume saat sedang bercakap-cakap, ketika Anda sedang bertelepon, kecilkan volume dengan menekan navigasi ke kiri atau bawah (saya lupa yang mana).

  72. suara nada dering,, sudah saya setting tetapi tidak mau kecil ketika menerima telp or sms suara nya tetap besar teimakasih atas jwaban ny bpk

  73. Pak herry, saya punya samsung flip gt-1195. Pake kartu telkomsel, saat ada panggilan telp masuk ga bisa diangkat, saat panggilan keluar ga brp lama terputus. Tapi kalo pake kartu selain telkomsel ga ada masalah. Itu knp ya?

  74. Mau tanya, untuk hp samsung saya GT – E1272 tiba tiba mati saat saya melakukan sms, trs saya nyalakan lagi tidak bisa, saya cabut batrenya saya pasang lagi, tetap tidak mau nyala. Saya chager pun ttp tdk mau nyala. Klo saya bawa ke service apa mungkin phone book nya bisa kembali ya.. karena itu yg terpenting. Terimakasih

    1. Pak Adit,

      Saya sudah lupa dengan menu E1272. Intinya, nomor-nomor itu akan masuk ke folder khusus. Anda tinggal membukanya.

  75. saya mau tanya cara mematikan suara notifikasi
    saat chek pulsa atau chek *889#
    selalu berbunyi
    saya ingin saat chek pulsa tidak ada suara yang keluar

  76. mau nanya pak
    saya menggunakan samsung caramel, saya juga menggunakan kartu im3. hp sya nggak bisa menerima sms. tapi kalau mengirim sms bisa, tapi kartu saya nggak ada masalah, saya coba ke hp yang lain bisa menerima sms.

    1. Bu Devi,

      Coba direset dulu. Kalau masih mengalami masalah serupa, silakan mampir ke pusat perbaikan resmi Samsung. Ada aneka hal yang perlu dicek. Bila tidak memegang ponselnya langsung, saya agak kesulitan menjelaskan karena tak hafal struktur menu ponsel itu.

  77. Pak Herry. Saya mau nanya. Hp saya e 1272, awal pakai baik baik saja. Tp setelah jatuh setiap lagi terima telpon Si penerima selalu bilang suara putus-putus padahal saya lihat sinyal masih banyak. Dan ini sering terjadi, jadi kalau lagi terima telpon suara putus-putus harus saya matikan dulu telponnya, baru saya telpon lagi suara membaik. Mohon solusinya. Terima kasih

  78. Maaf mau tanya saya pake samsung e1272 setiap ada pesan atau ngirim pesan masuknya ke memori sim ? Saya pengen rubah ke memori telepon gmna caranya ada yg tau ? Please

    1. Pak Irvan,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      Terus terang saya sudah lupa dengan struktur menu E1272. Cobalah mengutak-atik menu Messages.

    1. Pak Saddam,

      Saya sudah lupa menu detailnya. Intinya, cari ke menu pengaturan suara, lalu suara keypad diubah menjadi nol.

  79. Mas, mau tany, ko utk kartu indosat gk bs terima sms ya ? Udh di pindahkan slot sim 1, sim 2 tetap gk bs trima sms, tp klo panggilan oke” aj, nah klo ngirim pesan, masuk di nmr lain, tp gk ad laporan pengirimanny, gmn ya mass

    1. Bu Zakiyyah Husna,

      Wah, masalah lama di Indosat ternyata masih ada sampai sekarang ya. Ada solusinya, tetapi lumayan panjang dan membingungkan. Ini tahapannya:

      * Ubahlah mode pencarian jaringan ke manual.
      * Arahkan nomor Indosat ke salah satu jaringan milik operator non-Indosat. Setelah menunggu 1-2 menit, pasti muncul notifikasi kegagalan. Wajar sih.
      * Matikan ponsel.
      * Nyalakan ponsel lagi.
      * Lakukan pencarian jaringan secara manual dan arahkan ke Indosat.
      * Selesai. Nomor seharusnya sudah bisa menerima SMS masuk lagi.

      Seandainya jurus di atas tidak manjur atau Anda kebingungkan melakukan langkah-langkahnya, silakan mampir ke Galeri Indosat terdekat.

  80. Oohh ternyata gini solusinyaaaa, samsung lipat knp gk mau im3 terima sms ato krim sms, tryta kita harus daftar atau registrasi lewat hp itu. Barusan sy beli im3 baru, blm registrasi. Trs sy registrasi, alhasil penyakit lama im3 di samsung lipat hilaaangggggggg..

  81. Kmrn kan beliny sm mb” spg gtu mas, mgkn regis ny di hp lain, jd gk bs trima sms wktu dpasang di samsung lipat, buktiny byk yg ngalamin, tp gk dapet solusiny gimana, udh 2x sy beli nmr indosat br, regis di samsung lipat, bs trima sms ko mas, pykt samsung lipat lama tryta solusiny gtu, sy kmrn jg udh ke galeri indosat, mas ny jg blg mmng yg ngalamin troubleny gtu di samsung lipat, nmr sy di tahan, udh sminggu gk ad kbar.

    1. Bu Zakiyyah Husna,

      Lain kali tolong ketikkan kata demi kata dengan lengkap. Jangan disingkat-singkat. Saya puyeng bacanya.

      Registrasi bebas dilakukan di ponsel mana pun. Solusinya ya mengikuti langkah-langkah yang sebelumnya sudah saya paparkan.

  82. Maaf mau bertanya , hp sya GT-E1272 Caramel sim 1 bisa untuk menerima panggilan tapi tidak bisa untuk menerima pesan .. Sedangkan sim 2 bisa semua untuk menerima pesan maupun telfon , mohon jawabanya

    1. Pak Ibenk Sbathian,

      Apakah SIM1 diisi dengan Indosat?

      Silakan melakukan langkah-langkah berikut:
      * Ubahlah mode pencarian jaringan ke manual.
      * Arahkan nomor SIM1 ke salah satu jaringan milik operator yang bukan terpasang di SIM1. Misalnya, kalau SIM1 Anda isi dengan nomor Indosat, arahkan ponsel ke jaringan XL atau Telkomsel. Setelah menunggu 1-2 menit, pasti muncul notifikasi kegagalan. Wajar sih.
      * Matikan ponsel.
      * Nyalakan ponsel lagi.
      * Lakukan pencarian jaringan secara manual dan arahkan ke operator yang sesuai dengan SIM1.
      * Selesai. Nomor seharusnya sudah bisa menerima SMS masuk lagi.

  83. malam pak Herry,
    mau nanya, seting profile nada dering selalu bunyi, padahal sudah di seting,
    ketika memakai sim 2. akan tetapi pada di nada sim 1, setingan profile sudah sesuai yang di seting.
    tolong di bantu pencerahannya
    thks
    rgrds
    candra

  84. saya pengguna samsung GT-E1272,,,,
    saya ingin bertanya sedikit, bagaimana cara membuka/membaca sms masuk ketika kita sedang menerima telpon?????? karena saya sudah berusaha mencari dipengaturannya, tapi tidak ketemu. Trims

    1. Bu Irma,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

      Saya sudah lupa dengan struktur menu di E1272. Pengguna E1272 yang memantau thread ini silakan membantu Bu Irma ya.

  85. Samsung ini kan duos tapi punya saya cuma kebuka satu kartu. Gimana biar kedua kartu terbuka yah saya otak atik belum nemu juga

    1. Bu Enik,

      Seharusnya tak ada yang perlu diatur lagi. Begitu dua kartu dipasangkan lalu ponsel diaktifkan, dua nomor itu langsung siaga. Di atas layar ponsel Anda ada berapa sinyal?

  86. pak maaf mohon bantuannya. cara setting ringtone di samsung gt e1272 ini gimana? soal nya tiap saya setting volume nya yg berubah hanya nada di sim 1 aja. lah sim 2 nya cara nya gimana saya bingung. mohon bantuannya pak. terima kasih sebelumnya

  87. Pak, saya mau bertanya sedikit, kenapa Samsung saya jika layarnya dalam keadaan tertutup dan saya pegang kok goyang ya, seperti ada yang kendor? Tapi jika dalam keadaan terbuka tidak kendor. Apa memang begitu setiap ponsel flip?
    Terima Kasih

    1. Pak Bagus Aji,

      Seharusnya tidak goyang. Silakan Anda periksakan ke pusat perbaikan resmi Samsung.

  88. Samsung C35201 bisa menerima panggilan tapi tidak ada suara,,,ada suara kecuali di kasi aktif spikerx,,,gimana cara mengaturx,,tolong inpox

    1. Pak Asran,

      Kemungkinan terjadi kerusakan hardware. Coba Anda reset dulu deh. Bila masalah serupa tetap muncul, terpaksa Anda harus mampir ke pusat perbaikan resmi Samsung.

  89. Pa Herry…saya mau nanya handphone basic yg baterai nya tahan lama dan harganya murah (antara Rp.150.000 – Rp.250.000) merk apa yang Pak Herry rekomendasikan? Makasih byk pak

  90. Gan, ne E1272 ada software buat otak-atik systemnya gak, biar bisa inject nada dering… bosan dengan nada bawaan yang itu2 aja, pengen buat sesuatu yg beda dengan hp yang minim segala-galanya ini πŸ˜€ . . . Thank’s

    1. Pak Alan,

      Anda tinggal mengetikkan kode PIN yang benar. Kalau Anda lupa, reset-lah PIN dengan memasukkan kode PUK.

  91. Saya mau tanya.hp samsung gt e1272 punya saya di blikir kunci tlp nya sudah saya coba buka dengan *2767*3855# engga bisa ketik *dan# nya.apa ada cara lain lagi terima kasih

  92. NUMPANG TANYA MAS…
    HP e1712ku kalau di masukkan betereinya tanpa dinyalakan tetap panas…
    lebih2 kalau dihidupin… panasnya minta ampun…

    mohon pencerahannya….

    1. Pak Isran,

      E1712? Saya tak tahu yang Anda maksud itu ponsel merek dan tipe apa. Apa pun ponselnya, kondisi tersebut sangat tidak wajar. Saran saya, bawalah ke pusat perbaikan resmi untuk dicek.

  93. Saya ingin bertanya karena saya ingin membeli samsung gt e1712 dan saya termasuk orang yang sangat sering melakukan panggilan. ketika melakukan panggilan, telepon akan terputus dengan sendirinya jika flip nya tertutup. Bagaimana jika melakukan panggilan dengan earphone? Apakah akan terputus juga panggilannya jika flip nya tertutup? Terima kasih

    1. Pak Aan,

      Setahu saya, tidak ada Samsung E1272 yang dilengkapi kamera. Kemungkinan yang Anda lihat barang palsu atau merek lain, tapi dengan tampilan fisik sangat mirip.

  94. saya mau tanya, apakah hp ini bisa dipakai untuk mobile banking ya? saya lagi cari hp murmer khusus untuk mobile banking ada saran? makasi

  95. Try
    Pak Herry..
    Saya mau tanya ni gimana ya cara mengunci layar hp GT E 1272 soalnya suka tertekan di kantong celana kadang juga di tekan sama anak2 jadi.

    1. Bu Try,

      E1272 kan berbentuk lipatan. Begitu dilipat dan dikantongi, aman deh. Takkan tertekan tanpa sengaja. Jadi, saat dulu memakainya, saya tidak mencari-cari cara mengunci layar lagi.

    1. Pak Syahrizal,

      Terus terang saya sudah lupa pilihan nada deringnya ada berapa macam. Seingat saya, tak bisa ditambah.

      1. Ada yg bilang harus di flash ulang karna programnya error, apa benar begitu ? Karna nada deringnya cuma 2 gan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *