Review Samsung Galaxy J5: Sukses Dicoba dengan LTE Empat Operator

Samsung saat ini identik dengan ponsel Android sejuta umat. Biarpun harga mahal, ia tetap dicari karena bermerek terkenal dan dipersepsikan pasti bagus. Tak sedikit konsumen, terutama wanita, yang menganggap membeli ponsel Android berarti harus membeli ponsel Samsung.

Karena Samsung identik dengan harga mahal, penulis langsung curiga kala melihat iklan Samsung Galaxy J5 yang dibanderol Rp 2.799.000. Apalagi, ponsel LTE itu dibundel dengan Bolt. Hmm… jangan-jangan di-lock nih. Setelah mendapatkan konfirmasi ponsel tersebut tidak dikunci, niat mencoba spontan membuncah.

Galaxy J5-1

Sebuah kartu perdana Bolt dengan total bonus kuota 14 GB disertakan dalam paket penjualan. Di Surabaya, tempat penulis sehari-hari tinggal, nomor Bolt takkan bisa digunakan. Sebab, operator LTE pertama di Indonesia itu memang belum merambah Kota Pahlawan.

Kebetulan awal September lalu penulis berada di Jakarta. Saatnya mencicipi Bolt dan menikmati kuota gratisan deh. Selama perjalanan dari lokasi satu ke lokasi lain, penulis menjajal Bolt. Aneka aktivitas dilakukan, mulai email, browsing, chatting, mengunduh aneka aplikasi tambahan berukuran besar, hingga menikmati video streaming via YouTube. Lancar jaya.

Sesekali penulis melakukan speed test, sekadar untuk mengetahui kecepatan unduh dan unggah yang didapatkan. Sama dengan yang selalu terjadi di operator lain, kecepatan yang diperoleh tak pernah menyentuh kecepatan maksimal yang rutin dipromosikan. Meskipun demikian, kecepatan nyata yang didapatkan secara umum tetap menyenangkan. Berikut beberapa contohnya, lengkap dengan keterangan lokasi.

Galaxy J5-22

Galaxy J5-23

Galaxy J5-24

Galaxy J5-25

Galaxy J5-26

Galaxy J5-27

Galaxy J5-28

Galaxy J5-29

Kembali ke laptop eh… ponsel. Galaxy J5 dibekali layar Super AMOLED lima inci beresolusi 1.280 x 720 piksel. Tampilan layar pantas disebut tajam dan cemerlang. Tidak tersedia fitur auto brightness. Saat berada di luar ruangan, pengguna dapat mengaktifkan mode outdoor yang akan menambah tingkat kecerahan layar secara signifikan.

Dua nomor, keduanya menggunakan kartu micro SIM, dapat siaga bersamaan di Galaxy J5. Satu nomor di antaranya leluasa berada di jaringan 2G, 3G, dan 4G LTE. Sedangkan satu nomor lainnya otomatis terkunci di jaringan 2G. Pengguna bebas memilih nomor mana yang diizinkan berkelana sampai ke 4G LTE.

Mengacu kepada spesifikasi teknis, ponsel bersistem operasi Android 5.1.1 Lollipop tersebut kompatibel dengan LTE band 3 (1800 MHz), 5 (850), 8 (900), dan 40 (2300). Penulis pernah memadukannya dengan nomor Bolt, Smartfren, Telkomsel, dan XL. Hasilnya, layanan LTE empat operator itu terbukti bisa dinikmati via Galaxy J5. Hanya LTE Indosat yang belum pernah penulis rasakan. Sebab, di Surabaya operator tersebut masih setia dengan layanan HSPA. Itu pun performanya tidak mengesankan.

Galaxy J5-18

Prosesor empat inti (quad core) Qualcomm Snapdragon 410 MSM8916 1,2 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, selot kartu microSD, RAM 1,5 GB, dan ROM 8 GB merupakan sebagian spesifikasi lain Galaxy J5. Kala ponsel kali pertama diaktifkan, sisa memori internal tercatat 4,36 GB.

Ponsel dengan baterai non-tanam berkapasitas 2.600 mAh itu mempunyai dua kamera. Asyiknya, kamera depan Galaxy J5 dibekali lampu kilat yang cukup terang. Selfie di lokasi remang-remang tak lagi menjadi masalah. Kamera depan tanpa fokus otomatis tersebut tersebut mampu menghasilkan foto beresolusi lima megapiksel dan klip video full HD 1080p.

Galaxy J5-3

Galaxy J5-4

Sementara itu, kamera utama yang berada di sisi belakang ponsel dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat. Ia sanggup memproduksi foto beresolusi 13 megapiksel dan klip video full HD 1080p. Tersedia mode pro yang memungkinkan pengguna mengatur kompensasi cahaya, ISO, white balance, dan metering secara manual. Namun, tindakan serupa tak dapat pengguna lakukan terhadap kecepatan rana (shutter speed) dan pemfokusan.

Galaxy J5-2

Kalau disarikan, di mata penulis ponsel berdimensi fisik 142,1 x 71,8 x 7,9 milimeter dan berat 146 gram itu memiliki satu keunggulan utama. Yakni, kompatilitas LTE-nya tergolong lengkap. Ia siap dipadukan dengan semua operator LTE di Indonesia. Empat di antara lima operator LTE yang sekarang beroperasi sudah penulis buktikan sendiri. Lancar.

Sedangkan sisi minus utama Galaxy J5, minim sensor dan sesekali ponsel itu terasa tersendat alias nge-lag. Untuk sebuah ponsel Samsung, kondisi tersendat sebenarnya jamak terjadi. Jangankan Galaxy J5 yang dijual Rp 2.799.000, Galaxy Note 5 yang harganya Rp 9.999.000 pun mengalami hal serupa kok.

***

Contoh hasil jepretan kamera Galaxy J5.

Galaxy J5-5

Galaxy J5-6

Galaxy J5-7

Galaxy J5-8

Galaxy J5-9

Galaxy J5-10

Galaxy J5-11

Galaxy J5-12

Kini mencoba lampu kilat. Dimulai dengan memotret suatu objek tanpa mengaktifkan lampu kilat.

Galaxy J5-14

Kalau lampu kilat diaktifkan, begini hasilnya.

Galaxy J5-15

Selfie time… πŸ™‚

Galaxy J5-13

Selfie di tempat remang-remang. Tanpa lampu kilat.

Galaxy J5-16

Kalau lampu kilat kamera depan diaktifkan, beginilah hasilnya.

Galaxy J5-17

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

Galaxy J5-19

Galaxy J5-20

Galaxy J5-21

397 thoughts to “Review Samsung Galaxy J5: Sukses Dicoba dengan LTE Empat Operator”

  1. Ko HSW,
    Jadi sebenarnya ponsel ini layak beli atau tidak?
    Bila dibandingkan dengan xiaomi (dengan harga sama) apakah lebih baik mengambil Mi4i?
    Hehehe..
    Thanks Ko..

    1. Pak Ren,

      Kalau dibandingkan dengan Mi 4i, ya saya lebih memilih Mi 4i. Masalahnya, sebagian pengguna di sini kan sangat anti dengan merek Tiongkok. Mereka menganggap ponsel Tiongkok pasti jelek. Padahal, kenyataannya tidak selalu demikian.

  2. Bang hsw, andaikan saya punya budget sebanyak itu, tanpa pikir panjang akan memboyong xiaomi 4i. Kalau dari perbandingan spesifikasinya sudah jelas kalah. Tapi berhubung J5 itu merupakan produk yang dinilai premium di masyarakat, apa boleh buat. Omong-omong setelah gawai ini, apa lagi gawai yang akan direview bang?
    Terima kasih

    1. Pak Izal,

      Xiaomi 4i? Maksudnya Mi 4i ya?

      Nah… itu dia. Di mata sebagian konsumen di negeri ini, Samsung is the best. Samsung pasti bagus. πŸ™‚

      Urutan berikutnya Lenovo Vibe Shot.

  3. Sepertinya selain 4G dan layanan purna jual yang bagus, tidak ada hal spesial dari ponsel samsung galaxy j5 itu ya Pak Herry? Artinya dengan harga segitu menurut saya masih banyak merek sebelah yang lebih menggiurkan.
    Menurut saya kekeurangan HP ini antara lain:
    1. Desainnya seperti ponsel samsung yang jadul. Frame plastik dengan lapisan chrome yang kualitasnya jelek.
    2. Sensornya miskin. Sensor magnetik & cahaya absen. Bagi saya itu sangat penting.
    3. Kapasitas RAM-nya nanggung. Kenapa tidak 2GB aja sekalian.

  4. Kesimpulannya Pak? Apakah sudah sepadan antara harga Dan apa yg didapat? Apakah harganya akan bisa turun drastis seperti Note 5 atau LG Magna? #mengharap πŸ™‚

    1. Pak Solehoptikcokro,

      Kalau berbincang soal Samsung, adakah kesepadanan harga? πŸ™‚

      Untuk sebuah ponsel Samsung, harga Galaxy J5 termasuk murah dan di luar dugaan. Dengan memperhatikan kebiasaan Samsung, Galaxy J5 mestinya dipatok sekitar Rp 3,25 juta.

      Saya optimis harganya takkan turun drastis dalam waktu singkat. Sebab, tarikan pasar Galaxy J5 tergolong sangat bagus.

    1. Pak Ariez Ilectrik,

      Saya sebenarnya paling nggak suka bila diminta memberikan nilai pakai angka begini. Kalau tetap harus memberikan skor, saya memberikan nilai 7.

  5. Harganya bersaing dengan Xiaomi Mi4i,dengan spek mirip adiknya Redmi 2. Kalau sooal nge lag, saya nyoba towel-towel Galaxy 6 Edge pun ngelag. Padahal demo unit toko, ga banyak aplikasi yang diinstal.

    1. Maaf. Saya bukannya fanboy Samsung, malah saya baru mencari brand pengganti samsung.

      Cuma kalo dibanding dengan demo unit, pastinya tidak akan sesuai dengan penggunaan sehari2.
      Alasannya :
      1. Demo unit dipakai oleh banyak orang, dan setiap orang yang memakai belum tentu menutup aplikasi yg dicobanya, sehingga memorinya semakin penuh.
      2. Handphone biasanya saat di charge cpu yang sipakai tidak maksimal, hp saya sendiri saya lancar, tetapi kalo di charge terasa melambat

      Lalu pengalaman saya juga dengan redmi 2 yg normal, saat dicas malah tidak bisa dipakai sama sekali, layarnya sangat tidak responsif, bahkan hanya untuk scrolling di google chrome dr halaman atas ke bawah atau sebaliknya

    1. Pak Edwin,

      Galaxy J5 unggul di tiga hal:
      * Mendukung LTE 2300. Jadi, bisa pakai Smartfren dan Bolt.
      * Kapasitas baterai lebih besar.
      * Mereknya terkenal bok. πŸ™‚

      Kalau kesepadanan antara harga, kinerja, dan spesifikasi diperhitungkan, hasil akhirnya memang lebih unggul Redmi 2. Nambah dana sedikit, Redmi 2 Prime.

  6. Akhir nya yg di tunggu2 keluar juga review nya & thanks om HSW

    Mau tanya apa maksudnya :
    Untuk sebuah ponsel Samsung, kondisi tersendat sebenarnya jamak terjadi? Jangankan galaxy J5, galaxy note 5 juga mengalami hal serupa.
    Tahu tersendat nya gimana ya?
    Apa itu merupakan ciri khas Samsung?
    Bagaimana cara mengatasi nya?

    & mau nanya, waktu di masukin No Smartfren, apa sempat di coba utk voice & sms selain data?

    & di tunggu review galaxy note 5 nya ya om HSW

    1. Pak Santoso,

      Tahu tersendatnya dari mana? Ya ketahuan saat ponsel itu sehari-hari kita gunakan. Note 5 saya malahan pernah freeze. Layar sama sekali tidak merespons saat disentuh. Ponsel juga diam membisu saat tombol home ditekan.

      Kalau yang terpasang nomor Smartfren atau Bolt, pasti hanya bisa untuk internetan.

  7. Kalau di bandingkan dgn Redmi 2 Gimana Pak ?? secara keseluruhan.

    Saya dengar katanya Redmi 2 Prime, Gak di lengkapi Pelindung Layar spt Redmi 2 RAM 1GB yaa..

    1. Pak Wandy,

      Kalau tak memerlukan LTE 2300, Redmi 2 lebih menarik.

      Ehmm.. paket penjualan Redmi 2 kan memang tidak menyertakan pelindung layar.

      1. maksud pak Wandy mungkin begini ko Herry… di gsmarena, redmi 2 jelas disebut pakai gorilla glass 2, sedangkan kolom yang sama di redmi 2 prime dikosongi

        menurut saya, mau pakai gorilla, kingkong dll, kalau untuk pengguna barbar, tempered glass protector adalah hal wajib, apapun layar aslinya

        1. Pak Shinosuke Nohara,

          Oh ok, maksudnya mengacu ke tampilan informasi di GSM Arena tho. Saya sih acuannya ke situs resmi pabrikan.

          Betul. Mau pakai layar apa pun, sebaiknya tetap dilapisi dengan screen protector. Untuk mengantisipasi terjadinya kondisi terburuk.

    1. Pak Rommy Lauw,

      Iya, bisa dipadukan dengan LTE Smartfren.

      Ayo, saya pinjam Galaxy J7 Anda. Ntar saya review deh. πŸ™‚

  8. Pak Herry,

    Apa kabar? Smoga masi ingat…
    Walau sdh lama subscribe, baru skrg brani ikut nimbrung.
    Kapan review LG G4 Stylus? Sepintas dibanding J5 gimana?

    1. Pak Dodo,

      Ehmm… ini Cak Dodo ’93? Masih ingat dong.

      G4 Stylus masih antre. Kurang 2-3 ponsel lagi. Belum tahu sepintasnya gimana. Lha saya baru towel-towel sebentar banget.

    1. Pak Wandy,

      Oh, maksudnya “kaca” layar tho. Setahu saya, selain RAM dan ROM, spesifikasi Redmi 2 Prime sama persis dengan Redmi 2 kok.

  9. Pak Herry,

    Anda tepat sekali. Senang sekali masih ingat.
    OOT, kalau yang ada fitur NFC, fitur remote infrared, apa ya? Lebih bagus jika RAM 2GB, ROM 16GB, dual SIM. Thanks

    1. Pak Dodo,

      Kalau mau yang terbaik sekalian, ada LG G4. Komplet deh itu. Dual SIM, kamera bagus, ada remote control, ada NFC, RAM malahan 3 GB, dan ROM 32 GB.

  10. Pak Herry, maaf keluar topik. Beberapa waktu yang lalu secara tidak sengaja sekilas saya melihat rekaman talkshow Pak Herry menjadi pembawa acara sebuah siaran yang isinya membicarakan ponsel di youtube. Sepertinya sudah lama banget itu Pak. Selain lewat blog ini & twitter, adakah media lain yang memuat karya Pak Herry (baik tulisan, audio, atau video)? Apakah Pak Herry punya jadwal siaran di radio misalnya atau di tv? Saya sempat beberapa kali membaca tulisan Pak Herry di sebuah majalah (“Ny**a”). Hanya saja sekarang sudah tidak pernah berlangganan tabloid itu lagi. Hehehe.

    1. Pak Michel,

      Wah, rekaman waktu talkshow apa ya? Saya jadi penasaran. Boleh tahu tautannya di YouTube?

      Selain blog dan Twitter, saya juga mengasuh halaman konsultasi seluler di Koran Sindo, Pak.

      Belum ada jadwal siaran di radio dan TV. Oh, tabloid Nyata ya, bukan majalah Nyata. Per September 2015 saya sudah mengundurkan diri dari media tersebut.

    1. Pak Darum,

      Saya belum pernah mencoba Galaxy G7. Kalau Lenovo P70, bila Anda mengutamakan daya tahan baterai dan kinerja yang secara umum cukup bagus, ponsel itu boleh dibeli.

    1. Pak Zaki,

      Selama bertahun-tahun saya memang menjadi pengasuh halaman seluler di tabloid Nyata. Status saya bukan sebagai karyawan tabloid tersebut.

      Efektif mulai bulan ini, saya tidak lagi terlibat di sana.

  11. Maaf OOT Pak Herry,
    jaringan 4g telkomsel masih di frekuensi 900 ya?
    ada info ga pak kapan frek 1800 mulai menyeluruh dipakai telkomsel? terutama di jabodetabek

    1. Pak Rido,

      Mayoritas masih di 900. Baru sebagian kecil yang sudah pakai 1800.

      Mestinya paling lambat awal Januari 2016, kebanyakan sudah menggunakan 1800.

  12. Hallo Pak herry,

    Dari review nya Pak Herry , ini Samsung J5 bisa memakai 2 Jaringan Bolt/Smartfren dan Telkomsel/indosat/xl/Tri ya.
    Pak herry sudah test J5 menggunakan dengan kartu 4G smartfren? Kira2 klo 4G smartfren tidak terjangkau maka kita akan di alihkan ke evdo gak? Soalnya teman saya memakai andromax 4G seperti itu jika dia kehilangan sinyal 4G nya maka sinyal nya menjadi Evdo bukan 3G/2G. Apakah itu berlaku di ponsel Samsung j5 juga?
    Kebetulan kantor saya di Basement, Frekuensi GSM tidak bisa tembus kecuali CDMA RevA/B lancar jaya.
    Oh ya pak, selain Samsung J5 ada pilihan lain ga pak, ponsel dual sim yang bisa 4G smartfren dan 4G telkomsel/Indosat. Saya kurang tertarik dgn model Samsung ( masalah selera aja pak)

    1. Pak Andros,

      Benar sekali.

      Tidak. Di Galaxy J5 kemungkinannya cuma dua: dapat sinyal LTE Smartfren atau SOS (tak dapat sinyal sama sekali).

      Ada Hisense Pureshot Rp 2.699.000 dan Pureshot+ Rp 3.199.000. Namun, saya belum pernah menguji pakai ponsel itu.

  13. Reviewnya menarik pak, utk ketahanan baterynya yang 2600 mah itu gimana pak apakah sesuai dgn angkanya? Oh iya satu lagi klu bisa di pasangi kartu smartfrend berarti salah satu sim cardnya berbasis CDMA dong pak!
    Terima kasih

    1. Pak Alwi Wahab,

      Soal baterai, sesuai kok. Ponsel saya nyalakan pukul 06.00, sekitar saat makan malam mulai minta “makan lagi”.

      Bukan CDMA, melainkan LTE. LTE tidak mengenal CDMA atau GSM lagi.

    1. Pak Andry,

      Benar, itu dapat ditambahkan. Kalau cari yang service center-nya bagus, berarti untuk sementara hanya ada tiga merek yang layak beli deh. Urutan pertama LG, kedua Samsung, dan ketiga Acer.

  14. maaf pak Herry,
    sedikit OOT. no offense sebelumnya.

    kenapa pak Herry kok bilang layanan indo*at kurang bagus ya di banyak artikel? memang saat ini di sby masih blm 4G. tapi selama ini saya untuk keperluan data selalu pake Indo*at dan baik2 saja. entah di rumah (rumah saya kebetulan di kawasan jl. Tidar dan sekitarnya) ataupun di perjalanan. malah soal kecepatan 3G jauh lebih cepat dan stabil dibanding operator lain.
    contoh di rumah saja, untuk DL film ber giga2 lancar jaya tanpa putus dan saya bisa dapat speed s/d 1 MBps lo. sedangkan si merah cuma bisa 150 KBps-an. mentok di 200. apalagi operator lain.. padahal rumah saya di kawasan lumayan padat lo pak. hanya memang jangkauan sinyal Indo*at terkadang serasa kurang tajam. tapi hal ini gak jauh beda dengan operator lain, kecuali si merah.

    maaf ya pak. ini sekedar saya sharing saja.
    kalau nggak dimuat pun juga gpp.

    terima kasih.

    1. Pak Erik,

      Mengapa saya mengatakan layanan Indosat kurang bagus? Ya karena dalam pemakaian sehari-hari saya merasa layanan Indosat memang buruk. Kebetulan saya dan keluarga menggunakan nomor Matrix. Buat saya, status Matrix sudah saya turunkan dari nomor utama menjadi nomor cadangan. Sedangkan dua anggota keluarga yang lain masih memakai Matrix sebagai nomor utama karena mereka enggan berganti nomor lain. Nah, dari situlah saya mengetahui kalau performa Indosat buruk.

      Belum lagi kejadian lain yang pernah saya alami dengan Indosat. Ini contohnya:
      http://ponselmu.com/kejutan-saat-tukar-kartu-4g-lte-indosat/

      Pada Juli lalu saya mengalami lain lagi. Saya berlangganan paket internet dan sisa kuota masih banyak, tetapi dikenakan tarif pemakaian internet normal.

    2. Klo jaringan indosat memang cacat coba deh rasain bbm dengan yg menggunakan indosat pasti cacat pasti ckls mulu
      Saya aja pernah beli paket yg semingu untuk coba coba eh taunya ga kepake sedikitpun
      Indosat itu emng cacat jaringan modalnya cuman iming iming kuota gede doang percuma kuota gede jaringan cacat

  15. Lho pak kalau udah gak nulis di nyata nulis di blog ini aja ya pak? Atau ada yg lain pak? Kalau saya kerumah mertua saya. Saya pasti baca tulisan bapak di tabloid itu.

    Servis centre ke 4 sony ya pak?ke 5 xiaomi?udah benner ya pak tulisan saya?

    1. Pak Yudi,

      Ya, untuk review hanya di blog ini. Kalau konsultasi atau tanya jawab ada di Koran Sindo juga.

      Service center Sony? Saat ini boleh dibilang peringkat satu deh. Peringkat satu terburuk. Xiaomi lebih bagus daripada Sony. Iya, kali ini nulisnya sudah benar. πŸ™‚

  16. Pak Herry klo boleh usul pada saat mereview HP tolong dong di kasih testing game dari game ringan, menengah, sampe game berat supaya tahu performa hardware bawaan hp tersebut handal gak di ajak main game.
    Serta review performa Audio SI HP tersebut. Saya sebagai pembaca setia ponselmu jarang sekali pak Herry membahas performa Audio ketika sedang mendengarkan musik dari segi kualitas suarannya istimewa, bagus, atau standar saja serta pada saat menonton video apakah gambar yg ditangkap jelas, detail tidak serta view angelnya bagus tidak.
    Itu saja usulan saya pak semoga situs ponselmu semakin maju

    1. Pak Rudi Ismayadi,

      Boleh tolong sebutkan contoh judul game untuk masing-masing tingkatan yang Anda tuliskan?

      Saat menguji pakai ponsel, saya sebenarnya juga memainkan 1-2 game, mencoba audio, dan menonton 1-2 video YouTube. Namun, saya memang tidak memperhatikannya secara ekstradetail. Saya baru akan menyinggungnya kalau menemukan kondisi yang ekstrem bagus atau jelek.

      1. Banyak sih game2 bagus pak dari game ringan sampe game berat yg memiliki grafis bagus contohnya
        Game ringan : subway surfer, minion, FTS15, shadow fight 2, laracroft relic run/GO,Angry birds2. Spiderman ultimate
        Game menengah : leos foetune,riptide gp2, dead trigger 2, real racing 3, six guns.
        Game berat : Asphlat 7,8, Modern Combat 3,4,5, Dungeon Hunter 5, kritika, Mortal Combat x

        1. Pak Rudi Ismayadi,

          Terima kasih atas informasinya.

          Untuk game ringan, yang kadang saya mainkan adalah Minion dan Angry Birds.
          Untuk game menengah, yang Anda sebutkan kebetulan tidak saya mainkan.
          Untuk game berat, biasanya saya menjalankan Asphalt 7:Heat versi berbayar.

  17. Pak herry, kalo xiaomi redmi 2 pakai 4g smartfren bisa nggak ya ?
    Bagaimana dgn router wifi bolt ? Biskah pakai smartfren 4g ?

    Satu lagi, kalo 4g nya xl paketannya dibedain ya sama 3g ? Beda seperti telkomsel yg bisa pakai paketan surabaya yg 50 rb 4gb

    1. Pak Wismoyo,

      * Redmi 2: saya tak pernah mencoba memadukannya dengan kartu LTE Smartfren.
      * Router wi-fi Bolt: MF90 unlocked bisa. Tipe lain tak pernah coba.

      Paket LTE XL kini seharusnya tak dibedakan lagi. Asalkan beli yang paket HotRod minimal Rp 60 ribu, kuota yang didapatkan bisa dipakai di jaringan 2G, 3G, dan 4G.

  18. Tiap hari apa pak hery kallau di koran sindo? Harus beli nih kalau ada ulasan bapak

    Kalau kehabisan hp yg di ulas sesekali ulas aplikasi yg rasa nya perlu di instal di android pak. Kayak bapak yg dulu kasih saya link tap untuk lock itu pak atau aplikasi utk liat tv streaming atau denger in radio. Kebetulan saya gak suka ngegame di ponsel. Ponsel utk hiburan dan telp aja. Atau fungsi kesehatan yg bisa di instal di ponsel

    Makasi pak

    1. Pak Yudi,

      Selasa. Hanya ada di Koran Sindo edisi Jabodetabek.

      He… he… antrean ponsel yang di-review kebetulan tak kunjung habis, Pak. Bahkan, saking lancarnya, saya sampai cuti me-review power bank.

    1. Pak Herry,

      Note 5 akan saya review. S6 Edge Plus tak ada rencana di-review. Ngeri deh sekarang beli ponsel Samsung. Harga jual bekasnya mulai hancur, terutama tipe high end. Note 5 saya kemarin terjual Rp 7,6 juta.

      1. Hah??? Baru 1 bulan kurang sudah rugi 2,4jt pak? Ruginya aja bisa buat beli Lenovo A7000 Special Edition tuh pak ,haha

    1. Pak Ari,

      Paling mudah begini:
      * Kalau perlu stylus, ambil Note 4.
      * Kalau tak perlu stylus, ambil Xperia Z3.

      Bila boleh memberikan usulan ponsel lain, LG G4 lebih menarik lho.

  19. Sebenarnya menarik sekali gawai J5 ini karena frekuensinya lengkap. Tadinya saya berencana untuk beli agar nomor SmartFren saya yg disimpan lama dapat digunakan kembali. Ternyata oh ternyata, paduan J5 + Smartfren hanya sebatas data saja. Ditambah lagi, sayangnya nomor SmartFren existing tidak bisa dimigrasikan ke SmartCall layaknya migrasi nomor Esia existing ke EsiaTalk. Kalau bisa dimigrasikan, saya masih bisa call/SMS lewat aplikasi SmartCall. Artinya, meski frekuensi lengkap, saya seolah hanya pakai gawai single SIM + Mifi. Sudah hal biasa dual SIM itu manfaatnya 1 nomor pribadi/keluarga dan 1 nomor untuk umum/bisnis.

  20. Pak Herry,

    Berarti emang beda pengalaman ya pak dengan Indosat.
    Kalau nomer utama sekeluarga emang pake si merah. tapi kalau data pake yang Indosat. karena emang paling kencang di 3Gnya.
    saya juga pake perjalanan dari Sby-Rembang-Semarang-Jogja-Sby lagi selama seminggu juga OK2 saja.

    maaf ya pak. ini bener2 sekedar sharing saja.
    terima kasih.

      1. Iya setuju pak. Saya di Semarang Indosat dan Smartfren juaranya. Telkomsel? Cuma kerasa mahalnya.Internetnya ampun dah.haha

  21. Saya rasa, untuk perfoma Galaxy J5 ini sama dengan LG magna ya, Pak Herry (tanpa memperhatikan harga). Bisa dilihat dari skor antutu (meski bukan jadi patokan, paling tidak bisa menggambarkan). Bahkan untuk sensor LG Magna lebih lengkap. Mungkin perbedaannya hanya kamera belakang saja. Kalau dilihat dari segi value dengan apa yang kita dapat, manakah yang layak beli LG magna atau Galaxy J5?

    1. Pak Faisal,

      Tidak, Pak. Kinerja umum Galaxy J5 di atas LG Magna.

      Kalau memperhatikan kesepadanan harga, spesifikasi, dan kinerja, saya justru memilih Xiaomi Redmi 2.

  22. Pak Herry,

    mau tanya. antara acer z410 vs lenovo a6000/a6000+ mana yang lebih direkomendasikan dari sisi :
    1. keunggulan hardware
    2. purna jual yang lebih bagus
    3. kesiapan lte di masing-masing operator (band)
    4. keawetan

    mohon diberikan feedback komparasi per poin ya Pak

    5. adakah rekomendasi merk dan type lain di sekitar harga yang sama. layar max 5 inch.
    6. matur suwun

    1. Pak Diki,

      Saya belum pernah mencoba A6000 maupun A6000 Plus. Jadi, pertanyaan nomor 1 dan 4 belum bisa saya jawab.

      Kalau nomor 2, layanan purna jual Acer lebih bagus daripada Lenovo.
      Kalau nomor 3, kompatibilitas LTE Liquid Z410 dengan operator di sini lebih bagus.

      Untuk nomor 5, di kisaran harga sama, pilihan terbaik adalah Xiaomi Redmi 2.

  23. Masak sih indosat kenceng? Setau ku yg paling kenceng smartfren. Gak ada promo. Bbm gak pernah pending. Sampe skr tak bela2in pake bb di inject kartu smartfren. Cuman di luar pulau sering gak ada signal. Sekedar share pak

    1. Pak Yudi,

      Sejak minggu lalu saya malahan bercerai dengan LTE Smartfren karena performanya memburuk signifikan dibandingkan Juni-Juli lalu. Beda lokasi, beda waktu, memang bisa beda prestasi.

  24. Ko Herry, pilih samsung J5 atau xiaomi redmi2 prime? Berikan alasannya. Dan baterainya lebih kuat yang mana? Kamsia sebelumnya

    1. Pak Jhony be Good,

      Benar. Lha itu ada screen capture saat saya padukan dengan LTE Smartfren.

      Hanya untuk data. Tak bisa voice Smartfren.

    1. Pak Ari,

      Hasil jepretan kamera lebih bagus, bisa dijadikan remote control TV (Note 4 juga bisa), dan ada fitur ketuk-ketuk layar yang sangat memudahkan operasional.

  25. Koh HSW
    mau nanya nih
    dulu sy pernah pakai galaxy mega 5,8 dan cukup puas dengan performance kamera belakangnya terutama dalam rekam video dalam keadaan minim cahaya
    nah setelah itu sempat ganti-ganti gawai lain sampe skrg sudah sangat kecantol sama iphone 5s

    tapi sepanjang pengalaman saya, tetap rekam video dgn keadaan minim cahaya masih belum bisa ngalahin mega 5,8 (jangan tanya buat apa, let’s say hobby saja rekam video remang2 :p)
    nah skrg kalo sy pengen beli hp/android second hand (untuk hp kedua) dengan performance video minim cahaya yg bagus apa ya koh? sempat lirik CLBK lagi sama mega 5,8 tapi kok hrg msh diatas 1,6-1,8 an yg buat saya masih overbudget untuk hp kedua

    kalo yg kisaran <1-1,3 (hrg seken) an kira2 rekomendasi koh HSW apa ya? GSM ya pasti nya, dual/single sim ga masalah

    Thx, sori bingung naruh pertanyaan dimana πŸ˜€

    1. Pak Hitenmitsurugi-ryu,

      Dengan kebutuhan dan anggaran yang disebutkan, terus terang tak ada ponsel yang berani saya rekomendasikan. Saya jadi penasaran dengan hasil rekaman video Galaxy Mega 5.8 nih.

  26. ko herry mau nanya nih kenapa yah hp android kalau dikunci pola pasti baterainya mau habis kenapa yah solusinya dong

    1. Pak Muhammad Amar,

      Pola yang Anda maksud di sini apakah pattern lock? Kalau iya, seharusnya tidak membuat baterai habis kok. Coba dicek lagi deh.

  27. Dengan harga yg ditawarkan J5 saya tanpa ragu akan lgsg memilih meizu m2 note dan msh lbh banyak lumayan bisa buat beli aksesoris penunjang… btw pak herry udah pernah review meizu m2n blm ya?

        1. Pak Agos,

          Kalau di menu ponsel tak ada pilihan itu, coba masuk ke menu telepon, tekan *#*#4636#*#*, lalu pilih phone information. Scroll ke bawah sampai menemukan set preferred network type dan pilihlah LTE only.

  28. mau nanya lagi nih ko. maaf kalo OOT. hehe.

    mau minta saran buat hape dg budget 3-4jtan dong ko. secara general aja gpp, apa yang bagus gitu. rencana mau beli secondnya s5 atau alpha sih, soalnya juga dulu pake samsung. tapi stlh baca2 komen dsini mulai mikir lagi buat beli samsung. haha. bener banget yg soal ngelag itu, mau yg harga berapapun kayaknya sama. jadi, hape apa yang bener2 worth to buy di rentang harga segitu ya ko? thank you πŸ™‚

  29. makasih pencerahan di postingan sebelumnya tentang oppo, hampir mau beli r7,,,hehe
    Ko herry pencerahannya dong mending samsung j7 , xiaomi mi4i atau lenovo vibe shot . Buat jadi hp kesayangan..hehehe…atau ada rekomdasi lain boleh kasih tau. Makasih

    1. Pak David,

      Kalau soal awet tidaknya, saya tak berani memastikan. Saya kan tidak mengetahui perilaku pemakaian Anda.

  30. Vive shot harganya hampir 5jt di daerah saya d oke shop nawarin 4,999000. dengan harga segitu kira kira sebanding dengan spek nya ga ko?
    Ga terlalu kemahalan untuk kelas lenovo?

    1. Pak David,

      Vive Shot? Kalau Vibe Shot harga jual resminya memang Rp 4.999.000. Review bisa dibaca di blog ini.

  31. Ko herry maaf nanya nya sebagian sebagian.hehe
    Sebenarnya kebutuhan saya adalah untuk promosi jadi aplikasi sosial media yg banyak saya gunakan, seperti line, whatsapp, path, instagram, fascebook, twitter, bbm, email yahoo, gmail, youtube, kadang juga maen game online / offline, penggunaan kamera lumayan sering.
    Nah untuk mendukung itu semua xiaomi mi 4i/lenovo vibe shot kira kira bagus ga? Atau ada rekomendasi lain? Ya budget dibawah 5jt ko..
    Mohon pencerahannya.

    1. Pak David,

      Waduh! Kalau kebutuhan Anda sebanyak itu, ya idealnya Anda membeli ponsel flagship. Anggaran yang harus disiapkan setidaknya mendekati Rp 8 juta.

  32. Kalau ponsel flagship yg sekarang ko herry sarankan kira kira apa? Barangkali jd pertimbangan saya buat nambah anggaran.
    Hehe

    1. Pak David,

      Buat saya, LG G4 masih yang terbaik. Samsung Galaxy Note 5 yang lebih mahal pun, menurut saya, kalah menarik dibandingkan G4.

  33. Oiy ko herry maaf..klo selain LG G4 apa ya ?? saya kurang tertarik style nya..hehe..tpi jangan samsung note 5 …ngeri juga denger cerita ko herry tempo lalu..

  34. Maaf oot pak, nnya aja, request dong pak, review sony e4G.. 1 lg pak, nnya, samsung j5 ini kan multitochnya 2, yg laen kan biasanya 4-10, nah fungsi multitoch ini dmnnya sih pak, bnyk kerasa ga pengaruhnya?

    1. Pak Juna,

      Request Xperia E4G pasti takkan terpenuhi.

      Biasanya terasa saat, misalnya, main game piano dan mengetik cepat.

  35. Waduh knp pasti ga akan trpenuhi pak? Hehe.. Ooo gt, brrti pmkaian biasa2 aja udh ckp pak ya multitouch J5 ini.
    Kl hasil test benchmark antutu brdasarkan spek procie+ram+gpu kan pak ya, knp ya hasil test antutu j5 (20rb-an) msh dbwh sony e4G (30rb-an (info dr gugling)), pdhl spek sm2 quadcore, cm j5 pke chipset snapdragon yg infonya lbh bgs dr chpset mtk yg dpke e4g, ram jg j5 lbh gede 1.5gb vs e4g 1gb..
    Hasil antutu ini kerasa di game jg pak ya?
    Pdhal sy pngen tau jg hasil kamera e4G, soalnya walo scra pixel jauh dbwh j5 yg 13mp vs 5mp, tp e4g jg bwaan sony yg biasanya bgs, cm ya watir aja seri yg ini ga ckp bgs, aplg lowlightnya.. Soalnya mnrut sy review pak herry ini realistis, mknya sy sng bca reviewnya, cm bru x ini emg sy nnya soalnya lg galau milih antara 2hp ini hehe..
    Mohon pencerahannya pak ya, trims

    1. Pak Juna,

      Takkan terpenuhi karena saya memang tak berencana me-review Xperia E4G.

      Intinya, kalau saya sih tidak peduli dengan skor Antutu. Screen capture hasil Antutu saya tampilkan sebatas untuk memenuhi permintaan sebagian pembaca yang rutin mengacu kepada skor Antutu. Skor Antutu tinggi belum tentu nyaman dipakai, demikian sebaliknya.

      Terakhir, lain kali tolong ketikkan kata demi kata dengan lengkap. Jangan disingkat-singkat. Pusing bacanya euy… πŸ™‚

  36. Ohh gitu.. Hehe maaf pak, online+ngetiknya pake hape blackberry lama, bukan online pake leptop/komputer.
    Ok, makasih pak ya

  37. Ko Hery: pilih yang mana ditinjau dari berbagai aspek= samsung J5 / xiaomi redmi 2 prime / wiko ridge fab 4g/ lenovo P70?
    Terima kasih sebelumnya

    1. Pak Gondo,

      Kalau kesepadanan harga dipertimbangkan, pilihlah Redmi 2 Prime. Boleh dibilang ponsel itu best buy deh.

  38. Pak kalo saya jual Sony Xperia T2 Ultra saya untuk beli Samsung Galaxy J5 kira-kira worthed gak ya??? Soalnya video recorder di Xperia saya jelek sekali hasilnya terutama dari produksi suaranya yang mono, bila dibandingkan dengan Galaxy yang hasilnya lebih baik dan stereo.

    1. Pak Rio,

      Karena saya belum pernah mencoba Xperia T2 Ultra, saya tak mengetahui seberapa bagus atau buruk ponsel itu.

      Hmm… berarti Anda mengutamakan kamera ya? Kalau iya, Galaxy J5 bukan pilihan tepat lho.

    1. Pak Gondo,

      Setelah mengetikkan alamat email, jangan lupa menekan tombol Subscribe. Tampilan di layar akan berubah menjadi “Success! An email was just sent to confirm your subscription. Please find the email now and click activate to start subscribing.”

      Sebuah email konfirmasi akan dikirimkan ke alamat email yang sebelumnya Anda ketikkan. Bukalah email itu dan ikuti petunjuk di dalamnya.

  39. Ko HSW…
    Mohon maaf bila sudah melenceng dari apa yang di bahas. Saya cuma pengen tau aja, apa Lenovo A7000 bisa seperti Samsung J5 yang bisa menggunakan LTE 4 operator di Indonesia ? Kalo memang bisa mohon petunjuk untuk settingnya. Karena jujur saja, Lenovo A7000 milik saya ini yang di beli lewat Lazada tidak bisa menikmati indahnya jaringan 4G/LTE. Saya sudah pernah coba pake operator Smartfren tapi ga bisa. Jangankan Smartfren, Telkomsel aja ga keluar 4Gnya. Mohon pencerahannya yah… ???

    1. Pak Angga Mongkau,

      Saya belum pernah menguji pakai Lenovo A7000. Di atas kertas, ponsel itu mendukung layanan LTE 1800 dan 2300. Jadi…
      * Mestinya bisa dipadukan dengan Smartfren.
      * Dapat pula dipadukan dengan layanan LTE Telkomsel, Indosat, dan XL, asalkan Anda berada di area layanan LTE 1800, bukan LTE 900. Boleh tahu Anda berada di kota mana? Seingat saya, LTE 1800 Telkomsel baru resmi beroperasi di Manado dan Makassar.

    1. Pak Gondo,

      Hmm… aneh. Alamat email yang diketikkan sudah benar? Barusan saya pura-pura subscribe sendiri. Langsung berhasil.

  40. Ko Herry apakah email saya tidak biss suscribe ke “ponselmu.com” mungkin karena di “blocked” oleh sistem /pengaturan anda? Karena saya coba suscribe dengan email lain kog bisa ya

    1. Pak Gondo,

      Mestinya tidak diblok karena memang tak ada pengaturan untuk ngeblok. Hmm… aneh juga ya kejadiannya.

  41. Pak Herry

    Apakah ada settingan untuk menentukan penggunaan data dengan sim 1 atau sim 2. Dan yang bapak capture gambar sim 1 telkomsel dan sim 2 Smartfren itu jika bapak memilih data di sim 1 apakah sinyal smartfrennya akan tampil sedangkan smartfrennya dijaringan 2G karena bapa menggunakan data di sim 1 telkomselnya.

    1. Pak Omexs,

      Ya. Pengaturannya langsung di menu ponsel.

      Jadi, SIM1 diisi Smartfren dan SIM2 diisi Telkomsel? Bisa saja.

      Oh, Galaxy J5 tidak mendukung layanan CDMA. Kartu Smartfren yang dipasangkan ke sana hanya memiliki dua kemungkinan: mendapatkan sinyal 4G LTE atau tidak mendapatkan sinyal sama sekali. Nomor Smartfren yang terpasang tidak dapat dipakai untuk bertelepon.

  42. Pa Herry,
    Klo saya On kan data menggunakan smartfren di slot 2, apakah Telkomsel di slot 1 masih berfungsi atau tidak? atau harus di balik posisinya, smartfren di slot 1 dan telkomsel di slot 2?
    Best regards,

    1. Pak Koko,

      Kalau Smartfren Anda pasangkan di selot kartu SIM2, Telkomsel di selot SIM1 harus dikunci di 2G.

      Oh, posisi kartunya tidak harus dibalik.

    1. Pak Putra,

      Prinsip saya sederhana. Selama cara berjualan Oppo masih cenderung mengelabui konsumen, saya takkan merekomendasikan ponsel itu. Jadi, silakan membeli Samsung Galaxy J5.

      Kalau boleh menyarankan tipe lain, silakan melirik Hisense Pureshot. Mereknya memang kalah populer dibandingkan Samsung. Namun, spesifikasi dan kinerja ponsel itu lebih mantap daripada Galaxy J5.

      1. Pak herry

        ohh begitu ya pak, tapi maksudnya mengelabui seperti apa ya pak?
        saya bingung antara memilih samsung galaxy j5 atau oppo mirror 5, sebenernya saya lebih tertarik dengan samsung j5, tapi banyak yg mengatakan kalo samsung j5 dengan ram 1,5 gb dan rom 8 gb bisa menjadi lemot apalagi kalo ditambah game, benar begitukah pak?
        tolong infonya ya pak.
        Thanks

        1. Pak Putra,

          Mengelabui yang saya maksud:
          * Tidak mengaku bahwa Oppo adalah ponsel merek Tiongkok buatan Tiongkok. Promotor Oppo sering menyatakan kalau Oppo adalah ponsel dari Amerika. Ada yang bilang Oppo ponsel Amerika, ada pula yang agak berputar. Misalnya, Oppo adalah ponsel dari Tiongkok dengan lisensi Amerika. Pernah juga saya menjumpai promotor Oppo yang mengatakan kalau Oppo merupakan ponsel buatan Tiongkok, sama dengan Apple dan Samsung.

          * Promotor Oppo tak segan-segan melakukan demo produk yang tergolong lebay. Misalnya, membanting ponsel, membenturkan ke ujung meja, dan membakar layar ponsel itu. Mereka ingin memamerkan daya tahan ponsel Oppo. Ironisnya, kalau ada konsumen yang membeli ponsel Oppo, meniru demo produk tersebut, kemudian ponselnya rusak, klaim garansi ponsel dinyatakan hangus. Untuk poin kedua ini, saya perhatikan demo produk yang lebay sudah semakin jarang.

          * Akurasi penjelasan promotor Oppo terhadap spesifikasi produk tergolong rendah. Find Mirror 5, misalnya, oleh promotor Oppo pernah disebutkan sudah mendukung LTE. Realitanya kan tidak demikian.

          Benar. Kalau Anda menjalankan aneka aplikasi di Galaxy J5, ponsel itu akan terasa lemot. Saran saya, dengan harga yang relatif sama dengan Galaxy J5, lebih baik Anda membeli Hisense Pureshot. Alternatif lain, turun saja ke Xiaomi Redmi 2 Prime yang dijual Rp 1,799 juta.

    1. Pak Omexs,

      Saya belum pernah mencoba Galaxy J7. Kalau melihat spesifikasi di atas kertas, seharusnya bisa dipakai untuk menikmati layanan 4G LTE Smartfren.

    1. Pak Sakdia,

      Bisa. Pastikan Anda menggunakan kartu 4G LTE XL ya. Kalau masih kartu lama, takkan bisa masuk ke 4G LTE.

  43. pak. sy mau tanya. bagusan j5 atau galaxy grand prime plus??? sy lht hasil camera lbh bags grand prime… sy bgung mau beli yg mana. budgt sih ckup j5. tp hsl fto kyknya kurang. trmksh pak..

    1. Bu Isna,

      Coret kedua ponsel itu dan beli Hisense Pureshot saja. Harga Rp 2,699 juta. Kalau mau yang lebih murah, boleh beli Xiaomi Redmi 2 Prime Rp 1,799 juta.

      Saya sadar, amat mungkin Anda akan berpikir, “Wah, kok bukan Samsung sih.” Jawaban saya, “Inilah saatnya move on. Ponsel Samsung nggak selalu bagus lho. Banyak merek lain yang bagus dengan harga lebih murah. Cara pemakaiannya sama gampangnya dengan Samsung kok.”

      Silakan baca-baca dua tulisan ini:
      http://ponselmu.com/review-xiaomi-redmi-2-prime-dua-kali-lipat-lebih-lega/
      http://ponselmu.com/review-hisense-pureshot-cocok-dengan-layanan-lte-dan-telepon-semua-operator/

  44. Dear Pak Herry SW,
    Sy mau tanya tentang Samsung Galaxy A8, bagaimana review secara garis besarnya menurut bapak? Apakah layak beli?
    Maaf jika sebelumnya mungkin pernah direview karena sy baru nemu web ini. Terimakasih sebelumnya.

    1. Bu Chacha,

      Saya belum pernah uji pakai Galaxy A8. Dari hasil pegang-pegang sebentar, menurut saya, Galaxy S5 justru lebih menarik. Memang Galaxy S5 keluaran lebih lama, tetapi secara umum lebih mantap.

  45. kyknya kamera kurang memuaskan tidak seperti seri A5..pdhl resolusi sama dan jenis layr sama Super Amoled juga. ada yang salahkah di j5 ini.

  46. Gan pada intinya hp ini layak di beli atau tidak?
    Dengan harganya apa ada saran yg lebih baik?
    Dan yg bisa digunakan untuk smartfren dan Bolt
    Tolong saran nya bos

  47. Ass, saya mau tanya kalau SIM 2 pada j5 keterangan nya tidak diketahui itu kenapa ya? Padahal saya sudah coba dua kartu tapi sama aja..

    1. Bu Bella,

      Dengan asumsi cara pemasangan benar dan semua pengaturan sudah tepat, bisa jadi selot kartu SIM2 di ponsel Anda rusak. Silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Samsung.

    1. Pak Afrizal,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban. Sebab, hingga 18 Desember 2015 jadwal aktivitas saya sangat padat plus harus beberapa kali bepergian ke luar kota.

      Beda lokasi beda prestasi ya. Kalau buat saya, justru saya cenderung menghindari memakai kartu 4G LTE XL. Sebab, ponsel menjadi cenderung panas dan boros baterai. Saya lebih memilih memadukan Galaxy J5 dengan Telkomsel atau Smartfren. Kalau Anda di Jakarta, boleh pula memasangkannya dengan Bolt.

  48. Maaf koo..mau tanya
    Cara setting perdana smartfren 4g di sam J5 gman ya koo??? Punyaku gak bisa konek.
    1 lagi ko.. cara mengetahui nomor smartfrennya n cara maketinnya gmna ko..sya beli kartu ini lewat olshop.. terimkasih sebelumnya.?

    1. Pak Prakas,

      Saya jawab cara pengaturannya dulu ya.
      1. Pasangkan kartu Smartfren di selot kartu SIM1.
      2. Aturlah ponsel ke jaringan LTE only.
      3. Lakukan pengaturan APN Smartfren. Ini parameter yang perlu dimasukkan:
      * APN: smartfren4G
      * Username: smartfren
      * Password: smartfren

      Beralih ke pertanyaan berikutnya. Saat membeli kartu itu, apakah Anda tidak memperoleh sampul perdananya? Bila tidak, cobalah pasangkan kartu itu ke ponsel CDMA biasa. Tekan *995 laku tekan tombol telepon. Sesaat kemudian akan ada SMS masuk yang menginformasikan nomor Smartfren Anda.

      Untuk cara maketin-nya, paling mudah buka brower dan arahkan ke my.smartfren.com. Boleh juga dengan menginstalasikan aplikasi Smartfren Customer Info di ponsel Android.

  49. maaf koo mau tanya.. j7 mau saya pasang kartu bold. dan dijakarta sendri untuk koneksi bold 4g gimna yaa. saya tinggl di daerah pulogadung.. katnya kalok gak ada jaringan 4g malah hilang gam ada jaringan sma sekali.. mohon infonya koo

    1. Pak Jack,

      Saya sehari-hari di Surabaya sehingga tak terlalu mengetahui soal area layanan Bolt.

      Beberapa bulan lalu, kalau tak salah ingat September 2015, saat sedang ke Jakarta saya iseng memakai Bolt. Area layanan saya nilai cukup bagus.

      Benar, kalau Bolt Anda padukan dengan Galaxy J7, kemudian Anda kebetulan berada di area layanan 4G LTE, otomatis ponsel Anda sama sekali takkan memperoleh sinyal.

    1. Bu Farida,

      Bisa. Syaratnya, harus berada di area layanan 4G LTE. Nomor yang terpasang hanya bisa dipakai untuk berinternet. Tak dapat digunakan untuk SMS dan telepon.

  50. maaf pak mau tanya
    saya ada rencana beli ini J5.. sesampainya di conternya ditawarin oppo neo7. -_-”

    emang sih klo diliat dari sisa RAM dan internalnya lebih bagus oppo.
    sisa RAM J5 (500-700an mb, pdhl di spek 1,5 gm), sisa RAM oppo neo 7 (murni 1gb)
    internal J5 cm 8, yg bisa kepake cm 4gb an, internal oppo neo 7 masih ada 10gb an (di spek nya 16gb)

    yg mau saya tanyakan, apa memang smua samsung itu ngambil RAM nya banyak banget ya pak?

    saya pinginnya cari yg kualitas kamera bagus dan RAM cukup utk medsos dan aplikasi standar. kurang suka game sih…

    1. Pak Syeif,

      1. Aplikasi dan tampilan antarmuka Samsung memang dikenal rakus RAM.

      2. Sisa RAM Oppo Neo 7 tidak mungkin murni 1 GB. Sebab, kapasitas RAM ponsel itu hanya 1 GB. Saat dinyalakan, walaupun belum dipakai, sebagian RAM tersebut pasti sudah digunakan oleh sistem operasi bawaan. Coba dicek lagi deh. Jangan percaya dengan penjelasan promotor Oppo karena sangat sering tidak akurat.

      3. Sebaiknya jangan membeli ponsel merek Oppo. Silakan baca-baca ini dulu http://ponselmu.com/yang-perlu-anda-ketahui-tentang-oppo/

      4. Dengan anggaran yang sama, bahkan lebih murah, saya menyarankan Anda membeli salah satu di antara tiga ponsel berikut ini saja. Saya urutkan mulai yang termurah.
      a. Xiaomi Redmi 2 Prime, harga Rp 1,799 juta. Review http://ponselmu.com/review-xiaomi-redmi-2-prime-dua-kali-lipat-lebih-lega/
      b. Hisense Pureshot, harga Rp 1,999 juta.
      c. Hisense Pureshot+, harga Rp 2,499 juta. Review ada di http://ponselmu.com/review-hisense-pureshot-cocok-dengan-layanan-lte-dan-telepon-semua-operator/

    1. Pak Syeif,

      Wah, soal kualitas kamera tidak bisa dibuat urutan berdasarkan merek gitu, Pak. Harus per tipe, itu pun mesti dicoba satu per satu.

  51. Saya pakai samsung j7 pak herry. Sudah 3 bulan tanpa keluhan krn baterainya 3060 mah cukup besar. Yg saya penasaran itu bisakah slot1 lte diisi sim card telkomsel lte pak?

    1. Pak Hilmar Alfian,

      Karena sedang ada acara di luar kota dan jadwal aktivitas di sana relatif padat, baru sore ini saya bisa mulai merespons pertanyaan dan komentar yang dikirimkan ke blog ini. Mohon maklum.

      Saya belum pernah mencoba Galaxy J7. Spesifikasi dasar ponsel itu, setahu saya, sama dengan Galaxy J5. Jadi, seharusnya bisa dipadukan dengan kartu 4G LTE Telkomsel.

  52. om hery.. saya mw tanya..
    untuk qualitas segalanya, xiomi redmi atau samsung j5 om.. hehee.. bingung mw beli 2 brand itu.

  53. Ko herry maaf nanya nya
    Saya ada rencana beli Hp antara 2 s.d 3 jt, menggantikan samsung tab 2 saya yg di cuci oleh anak. Hampir 3 thn pake samsung, saya tdk merasakan kendala, karena Hp hanya buat sosmed. Kebutuhan saya adalah untuk promosi online, jadi aplikasi sosial media yg banyak saya gunakan, seperti whatsapp, instagram, fascebook, twitter, bbm, email yahoo, gmail, youtube,penggunaan kamera lumayan sering. Dan saya ga suka selfi (mungkin bs berubah jika Hp nya mendukung selfi he..he…)
    Nah untuk mendukung itu semua xiaomi mi 4i/atau samsung J7? kira kira bagus ga? Atau ada rekomendasi lain? Saya jalan jalan ke toko ponsel, kena mas OPPO, dijejalin “all about OPPO”, kok jd ilfill πŸ™‚ Saya sebenarnya sudah mau beli Mi 4i cuma di kota saya, mataram, belum ada servis centernya. Itu saja yang mengganjal dari Mi 4i, pilihan ke 2 nya ya samsung πŸ™‚
    Mohon pencerahannya.

    1. Bu Rita,

      Saya belum pernah mencoba Galaxy J7. Kalau Mi 4i pernah coba dan boleh Anda beli.

      Dengan kebutuhan seperti yang Anda sebutkan, idealnya Anda membeli ponsel dengan RAM besar, baterai besar, dan kamera bagus. Masalahnya, dengan anggaran hingga Rp 3 juta, tak ada ponsel yang bisa memenuhi semua kriteria itu. Kalau kamera tidak harus istimewa, silakan melirik Infinix Note 2. Harga barunya Rp 1,899 juta.

      Mengapa disodorin Oppo terus? Silakan baca ini http://ponselmu.com/yang-perlu-anda-ketahui-tentang-oppo/

  54. eh…salah, maksud saya lagi galau antara samsung galaxy J5 vs mi4i? lebih tertarik beli mi4 i sebenarnya. Cuma, di Mataram, NTB kota saya, blm ada servis centernya.

    1. Bu Rita,

      Iya, di Mataram belum ada pusat perbaikan resmi Xiaomi. Kalau mengabaikan satu hal itu, Mi 4i lebih menarik sih.

  55. Malam pak HSW …
    Mau tny bagaimana cara setting smartfren 4G LTE di hp meizu m2 note di slot sim 2 , slot sim 1 saya pakai utk SD card

    1. Pak Riki,

      Rasanya memang akan selalu masuk ke internal.

      Saya tak ingat pasti ada atau tidak, coba cek menu storage. Di sana apakah ada pilihan default storage ke memori eksternal? Kalau ada, coba pindah ke eksternal dan perhatikan hasilnya. Siapa tahu ternyata hasil unduh bisa otomatis masuk ke kartu microSD.

    1. Pak Leo,

      He… he… saya tak ingat namanya. Waktu beli langsung nunjuk di etalase. Chasiu apa gitu deh. Biasanya tersedia di restoran yang menawarkan menu dimsum.

  56. Kalau di surabaya bagus pake kartu 4G apa ya pak?
    Ohya tentabg kamera, apa j5 ada mode HDR? Panorama?
    Videonya bisa fokus nggak?
    Sekian terimah kasih :v

    1. Pak Yoga,

      Beda lokasi beda prestasi sih. Untuk Surabaya, pesan saya jangan pakai 4G LTE XL dulu. Pilihlah Telkomsel atau Indosat.

      Saya tak ingat ada HDR dan panorama atau tidak. Videonya sih bisa fokus.

    1. Pak Dedyhermansyah,

      Cek di pengaturan jaringan. Kalau sudah memilih otomatis 4G, 3G, dan 2G, tetapi masih belum mendapatkan sinyal LTE, bisa jadi Anda berada di luar area layanan LTE.

  57. Pak HSW klo di kota makassar pke kartu 4g,
    bgus apa ya pak ? Soalnya bingun mau pke yg kartu yg mna πŸ˜€ biar gk nyesal nantinya.trims

  58. Terima kasih pak HSW sebelumnya .
    Saya masih punya kendala lagi nih,saya memakai hp samsung grand prime,koneksi jaringan saya sering hilang klo memakai dual card sim.
    Sim 1 saya memakai kartu 3
    Sim 2 saya memakai kartu indosat
    Tpi klo saya cmn pke dari 1 cars sim saja,jaringan sayabaik baik sja .kira2 kendalanya apa itu pak .trims

    1. Pak Aswan,

      1. Silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Samsung untuk dicek.

      2. Sekadar informasi, kualitas ponsel Samsung dalam pantauan saya memang tidak sebanding dengan nama besarnya. Ponsel Samsung yang menarik biasanya hanya seri Note dan S. Itu pun setelah dipakai maksimal dua tahun lebih baik dijual.

  59. Denger-denger samsung j5 kalau diganti 3G agak lemot ya.. Apakah benar pak kalau pakai telkomsel? Ditempat saya layanan 4G lte belum ada :'(

    1. Pak Chairil,

      Mau di jaringan apa pun, Galaxy J5 kan memang agak lemot dibandingkan beberapa ponsel lain berharga jual setara, bahkan lebih murah.

    1. Pak Irfan,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      Tidak ada cara khusus. Kalau Anda menggunakan kartu 4G LTE dan berada di area layanan 4G, sinyal 4G bakal muncul.

  60. Pak , saya mau bertanya tiga hal:
    1. saya mau membeli HP dengan kisaran harga 2.000.000 – 2.500.000, kira-kira HP yang bagus dan awet rekomendasi bapak apa ya ?

    2. lebih bagus dan rekomen mana antara samsung J5 dengan lenovo P70?

    3. kalau diurutkan, zenfon 2 550ML, samsung J5, samsung prime, dan lenovo P70 bagaimana urutan dari yang terbaik ya pak?

    Terimakasih

    1. Bu Priska,

      1. Silakan melirik Hisense Pureshot atau Pureshot+. Review ada di http://ponselmu.com/review-hisense-pureshot-cocok-dengan-layanan-lte-dan-telepon-semua-operator/

      2. Coret keduanya. Lebih baik Anda membeli Pureshot. Lebih murah dan lebih bagus. Bila saya tetap harus memilih P70 atau Galaxy J5, saya lebih condong ke P70.

      3. Tidak ada ponsel bernama zenfon 2. Yang pernah saya coba Zenfone 2 dan tidak menarik. Galaxy Grand Prime sebaiknya juga langsung dicoret. Tersisa dua pilihan. Urutan pertama P70, sedangkan Galaxy J5 menyusul di urutan berikutnya.

  61. itu yg pakai smartfren sim 1 apa 2 pak? terus kalo udah pakai smartfren, slot 1 lg bisa buat telpon dan sms kan? Saamsung J5 ini yg bundling bolt apa ngga pak? fast respon ya, terimakasih πŸ™‚

    1. Pak Ricky,

      Nomor Smartfren di selot SIM1. Nomor Smartfren itu hanya bisa dipakai berinternet. Tak bisa telepon dan SMS. Kalau ingin yang bisa telepon dan SMS, Anda bisa membeli ponsel 4G LTE Smartfren Andromax dan Hisense Pureshot maupun Pureshot+.

      Samsung Galaxy J5 yang saya uji pakai itu bundling Bolt.

      1. iya sim 1 pakai smartfren, terus sim 2 pakai operator lain bisa kan buat telpon dan sms pak?

        apa ada perbedaan antara bundling bolt dan tidak?

        1. Pak Ricky,

          Bisa telepon dan SMS.

          Spesifikasi ponsel persis sama. Bedanya, kalau bundel Bolt dapat paket data gratis sejumlah tertentu dari Bolt. Itu saja.

  62. iya sim 1 pakai smartfren, terus sim 2 masih bisa pakai operator lain buat telpon dan sms kan pak?

    ada perbedaan tidak pak antara bundling bolt sama yg tidak bundling?

      1. oh iyaa maaf, saya kira pertanyaan nya belum terkirim, jadi saya tanya ulang

        oke terimakasih atas infonya Pak, ditunggu review berikutnya ya Pak.

  63. Pak saya mau bertanya, saya memakai samsung j5 yang katanya dibekali 4G LTE. Kan dual sim. Saya kadang pakai internetan dengan kartu 3, sya baru pakai seminggu sudah habis 6gb. Kira-kira pakai kartu apa yang cocok buat samsung j5?

    1. Bu Rizkapressila,

      Beda lokasi bisa beda prestasi. Silakan coba aneka operator dulu di tempat Anda biasa beraktivitas selama 1-2 hari. Mana yang terbaik, itulah yang dipilih.

  64. Buat samsung j5, apa wajar saja mengechas sampai 4 jam? Karna fullnya lama. apa pertama beki harus d.chas selama 24jam. Karna saya pas pertama beli hanya mengechas sampai 100%. Karna saya pikir sama aja biar berapa jam. Kalo sudah full ya gak bakal teisi lebih. Mohon solusinya

    1. Bu Rizkapressila,

      Ponsel dalam kondisi padam kan? Kalau iya, empat jam tidak wajar. Seharusnya tidak selama itu.

      Saat beli pertama tak perlu di-charge selama 24 jam. Yang penting lakukan pengisian ulang sampai penuh dan ponsel wajib dalam kondisi padam.

  65. Om, numpang nanya.. Sorry nylewar. Cara setting kartu smartfren 4g pada samsung grand prime plus gimana ya ?

    1. Pak Rio Sukmana,

      Saya malahan belum tahu soal Galaxy Grand Prime Plus. Apakah ponsel itu sudah LTE? Kalau LTE, apakah mendukung LTE 850 atau 2300?

  66. Pak herry kenapa samsung j5 saya tidak bersegel sein atau segel baut ya..
    Samsung j5 saya buatan indonesia itu asli atau replika yahh

    1. Pak Epin,

      Tak tahu. Saya belum pernah pakai E5.

      Galaxy J5 sesekali terasa nge-lag. Dengan anggaran yang sama, menurut saya, lebih baik Anda membeli Hisense Pureshot. Harga barunya saat ini Rp 1,999 juta. Lebih murah dibandingkan Galaxy J5, tetapi justru lebih bagus.

    1. Pak Fivo,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Mi 4i menang mutlak.

  67. Pak Herry, kalau antara j5 dan redmi 2 prime mending yang mana ya? Kebutuhan saya untuk social media dan games. Terimakasih

    1. Bu Faranisya,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Redmi 2 Prime dong.

  68. Selamat malam Pak Herry SW. paketan smartfren yang pak herry pake itu paketan yang harga berapa ya? oh ya, minta rekomendasi dong pak herry rencana mau pake kartu smartfren untuk dipadukan dengan samsung J5, kiraΒ² untuk paketanya yg enak mana ya volume based apa yang unlimited ya.

    1. Pak Ardhita Gendys Pardana,

      Dulu saat memakai Galaxy J5, saya berlangganan paket Smartplan. Saya lupa berlangganan yang Rp 60 ribu atau Rp 100 ribu.

      Yang volume based biasanya lebih nyaman dibandingkan unlimited.

  69. Pak HSW,
    Saya Bingung nih pak kok didaerah pandeglang,banten sinyal H+ di J5 sangat lemot sedangkan di cengkareng,jakbar lancar-lancar aja. saya sudah mereser ulang hp saya ke setelan pabrik lagi tetapi hasil nya tetap saja di pandeglang,banten H+ nya lemot banget. Apa ada settingan jaringan yg salah? tolong pencerahan nya ya pak?

    1. Pak Ikhsan Rais,

      Ya berarti jaringan operator yang Anda pakai memang kurang bagus di daerah Pandeglang. Beda lokasi kan kinerja jaringan bisa berbeda.

  70. Pak HSW,
    Saya Bingung nih pak, saya memakai kuota dari axis kok didaerah pandeglang,banten sinyal H+ di J5 sangat lemot sedangkan di cengkareng,jakbar lancar-lancar aja. saya sudah mereser ulang hp saya ke setelan pabrik lagi tetapi hasil nya tetap saja di pandeglang,banten H+ nya lemot banget. Apa ada settingan jaringan yg salah? tolong pencerahan nya ya pak dan berikan solusinya?

    1. Pak Ikhsan Rais,

      Sudah saya jawab di bawah pertanyaan pertama Anda ya. Pertanyaan yang sama lain kali harap dikirimkan satu kali saja.

  71. Pak saya paki samsung j5 tp koh susah bgt dapet jaringn 4g lTE ya pak? Mohon pencerahann
    Pki perdana simpati sama axis

    1. Pak Imam Saefullah,

      Kalau sinyal 4G LTE di lokasi Anda kurang kuat, Galaxy J5 memang akan cenderung turun ke jaringan 3G.

  72. Saya punya xiomi mie 3 ..saya pakek 6 bulan ..saya suka game coc ..menurut saya xiomi mie 3 tidak cocok buat game online ..trus saya ganti samsung j7 ..masih tahan banting sama game coc khususnya ..saya mohon admin jangan bohong soal kulaitas .mahal berkualitas itu ok .

    1. Pak Khoirul Aaban,

      Bohong terkait apa ya? *bingung*

      Saya tak pernah me-review, bahkan baru kali ini mendengar ada ponsel bernama Xiomi Mie 3.

  73. Pak heri ..

    Saya coba samsung a5 masukkan kartu smartfren 4g lte melalui counter paket data yg jual di jalan2, tidak bisa. Padahal mrk pernah pasang 2 unit a5 ke kartu smartfren 4g lte berhasil. Tp kok punya saya gagal ya.. apakah gerai smartfren bisa membantu proses pemasangan kartu smartfren 4g lte ke samsung a5 saya pak ?

    Thx atas perhatiannya

    1. Pak Rivy Saragih,

      Pastikan kartu Smartfren yang terpasang sudah berjenis 4G LTE, entah yang warna hitam atau merah. Bila masih gagal, silakan mampir ke Galeri Smartfren untuk dicek.

  74. Pak Herry SW,

    Mohon info, lebih bagus / enak dipandang mana antara layar super amoled capacitive touchscreen yang biasa dijumpai pada smartphone samsung dibandingkan dengan layar ips capacitive touchscreen seperti pada smartphone lenovo?
    Terima kasih pak

    1. Pak Agus Irwanto,

      Dengan asumsi ponselnya di kelas spesifikasi yang sama (bukan harga yang sama karena Samsung pasti lebih mahal), saat ini sih kondisinya sama-sama enak dipandang. Beda banget dengan bertahun-tahun silam. Dulu layar AMOLED Samsung tampilan warnanya terlalu ngejreng. Istilah saya, terlalu ndangdut.

  75. Selamat pagi pak Herry
    pilih samsung j5 atau asus zf 2 laser ya?
    kok kata mbak2 yang jualan di konter hape, baterai asus suka cepet panas
    terimakasih

    1. Bu Lia,

      Zenfone 2 Laser dong. Beli yang varian LTE ya. Kode tipenya ZE500KL.

      Generasi Zenfone yang lama, terakhir sampai Zenfone 2, memang relatif mudah panas. Kalau Zenfone 2 Laser tidak.

  76. Dear om herry, mau nanya lagi menurut om herry bagusan mana j5 vs sony c3 dari spesifikasi keseluruhan, dari masukan om herry hinsense itu kebetulan adik saya baru memebeli ponsel tsb, jadi saya gamau sama2 an sama adik saya. Kira2 ada masukan lg dr om herry ga?
    Btw saya perempuan.
    Makasih πŸ™‚

  77. Dear om herry, mau nanya lagi menurut om herry bagusan mana j5 vs sony xperia c3 dilihat dari spesifikasi keseluruhan. Menurut om herry layak beli yg mana antara pilihan tsb. Masukan dr om herry hinsense itu memang ponsel bagus tapi baru di beli adik saya beberapa waktu lalu, saya gamau samasama an ponselnya om. Atau ada masukan lain dr om herry?
    Btw saya perempuan, bukan pak epin
    Makasih om herry πŸ˜€

  78. Ups..maaf om herry td kirain belom kekirim pertanyaannya,soalnya td pas saya cek pertanyaannya belom ada, jd saya coba kirim lg.
    Kira2 keunggulannya dr segi apa om herry?
    Makasih om herry

  79. Tetapi ram nya hanya 1gb om herry, apakah tidak terlalu sedikit? Takutnya force close grgr penuh akibat banyak aplikasi running dsbg? Bagaimna menurut om herry?
    Terimakasih πŸ™‚

    1. Bu Epin,

      Iya, memang hanya 1 GB. RAM Galaxy J5 memang lebih besar, yaitu 1,5 GB. Namun, TouchWiz ala Samsung itu dikenal rakus RAM lho. Ponsel Samsung dengan RAM 1,5 GB serasa ponsel dengan RAM 1 GB, bahkan 768 MB, di ponsel merek lain.

  80. Pak Herry

    Samsung Galaxy J5 yang gold 16GB belum hadir atau memang tidak hadir di Indonesia?
    Dan rumornya sih Samsung akan merilis J5 versi 2016 dengan spek yang ditingkatkan, apa itu benar pak? terimakasih πŸ™‚

      1. kira kira kapan ya j5 2016 version rilis koh herry? Soalnya udah ada spesifikasi mengenai j5 2016 version di blog2 lain koh herry.

    1. Pak Aan Iswanto,

      1. Pastikan kartu Smartfren yang Anda miliki adalah kartu 4G LTE.
      2. Selipkan ke slot SIM1 Galaxy J5.
      3. Ubah pengaturan jaringan ke LTE.
      4. Lakukan pengaturan APN secara manual.
      * APN: smartfren4g
      * Username: smartfren
      * Password: smartfren

  81. Pak Herry mau nanya…saya barusan beli samsung J5 tp agak kecewa…ada bbrp menu yg tidak ada dibanding hp lama sy dulu: di samsung J5 sy tidak menemukan menu: set as photo profil BBM atau WA klo kita buka foto dari kamera. jadi klo habis ambil foto sy tidak bisa langsung menjadikan sebagai foto profil BBM atau WA atau FB. Sy beli J5 yg dah Lolipop. Trus sy coba nanya HP sy yg eror atau smua sperti itu…trus dijwb: smua samsung keluaran baru bgitu smua…krn dah lolipop. Tp aneh saja..makin baru tipe androidnya kok menu malah ada yg hilang… Itu samsung aja atau smua lolipop seperti itu ya?

    1. Bu Een,

      Barusan saya cek di dua ponsel berbeda, Asus Zenfone Max dan Wiko Ridge 4G Fever. Keduanya menggunakan OS Lollipop. Di dua ponsel itu ada pilihan “set as WhatsApp profile photo”. Kalau BBM saya tak tahu karena sehari-hari tidak menggunakan BBM. Jadi, di ponsel saya pun tak terinstalasi BBM.

  82. Selamat malam HSW, mau sharing kenapa ya samsung j5 saya tidak bisa menggunakan simcard telkomsel.. baik kartu baru pun tdk bisa.. biar d pindah d slot 1 dan 2 tdk bisa. Mohon jawabannya..

    1. Bu Ranisa,

      Kalau kartu operator lain lancar jaya, baik di selot SIM1 maupun SIM2? Bila iya, silakan mampir ke pusat perbaikan resmi Samsung dengan membawa minimal dua kartu SIM Telkomsel deh.

  83. Om tau ga cara buat paket unlimeted tanpa batas smatfrend 4g d samsung j5?
    Ko punyaku ga bisa bisa ya om?padahal dah ta isi pulsa ?
    Trus kenapa internalnya cepet banget habis padahal aplikasi yang d download udah ta simpan d sd card
    Makasih om

    1. Pak @gus,

      Isilah pulsa Rp 300 ribu, kemudian jalankan dan login ke aplikasi My Smartfren. Pilihlah paket True Unlimited. Selesai deh.

      Kapasitas memori internal Galaxy J5 kan memang kecil.

  84. Pak, saya mau tanya..
    Kalau dibanding dengan oppo lebih bagus yg mana ya. Misal oppo f1 dan samsung j7. Lebih lancar penggunaan yg mna? Lebih kuat yg mana?kamera? Gaming? Mohon balasannya pak.

  85. selamat siang pak herry,
    samsung j5 buatan mana yah ? saya beli made in indonesia segel pt. sein tp tidak ada hologram sein
    ini asli bukan yah?

    terimakasih pak untuk tanggapan nya

    1. Pak Noe,

      Galaxy J5 Anda apakah bergaransi resmi Samsung Electronics Indonesia? Kalau iya, seharusnya memang “made in Indonesia” dan tak ada stiker hologram.

  86. Sore ko Herry SW

    Saya rencana mencari smartphone dengan kapasitas 4g LTE nya, beserta aftersales yang cukup baik. Nah pilihan jatuh di asus laser 2 Ze500KL sama galaxy J5 ini. Kira2 oke mana ya koh kalo buat 1. Sosmed 2. Gaming kecil2 an dan 3. Koneksi yg merata di LTE 2300mhz nya smartfren. Apa zenfone yg saya sebutkan tadi sudah support LTE nya smartfren? Terimakasih..

    1. Pak Agata,

      1 + 2: lebih bagus Zenfone 2 Laser ZE500KL. Kamera juga lebih mantap.
      3. Saya lupa ZE500KL mendukung LTE 2300 atau tidak.

  87. Pak herry saya coba j5 apa pake kartu smartfren kok malah gak konek terus tulisan ya tidak ada layanan tapi kadang 2 hanya panggilan darurat mohon pencerahanya

    1. Pak Donykusuma,

      Kartu Smartfren yang dipasangkan apakah kartu LTE? Kartu itu sebaiknya dipasangkan ke selot kartu pertama dan pastikan pengaturan jaringan diarahkan ke 4G LTE.

  88. pak herry..
    saya membeli samsung j5 di barselona bulan lalu… tapi kenapa samsung j5 saya cuma 1 slot sim card saja?? (apa mungkin versi eropa beda?) tapi disampingnya seperti ada tempat slot sim card yg tertutup… tapi saya tidak bisa membukanya…!!! trimakasih.

  89. Hallo pak mau tnya nh..sy baru beli j5 original lgsung dr taiwan..dan sy dwlnoad aplikasi di playstore sebesar 40mb..tp sy cek di penyimpanan kok jadi 245mb yah pdhl di coba jg blm tuh aplikasinya..dan sy coba dwload yg lain sma aja yg pas di dwnload 25mb jadi 175mb…bru dwload 9 aplikasi ehh udah gk ckup penyimpanan sya..mhon pencerahannya pak mkasihh…

    1. Bu Mutia,

      Hal itu tergolong wajar. Setelah diinstalasikan dan biarpun belum dibuka, ukuran file pasti akan membesar.

  90. Pak mau tanya lg nh..kan sy bru di beliin hp samsung j5 di taiwan sama ibu sya dgn harga 2.7 juta..tpi kok di box tulisannya SM-J5007 MADE IN CHINA BY SAMSUNG…itu kira2 asli apa ori yah pak…sy bgg nih.kalaupun KW masa harganya sama kaya ori pak . . Dan bagaimana cara membedakan samsung j5 kw dan ori……tlg di bls pak mkshh..

    1. Bu Mutia,

      Saya tak berani memastikannya. Kalau melihat harganya sih kemungkinan asli.

      Hmm… paling mudah bawa ke service center Samsung di sini, trus minta tolong dicekkan asli atau palsu. Meskipun pusat perbaikan resmi Samsung di Indonesia tak melayani perbaikan ponsel Samsung tanpa garansi resmi, kalau sekadar minta tolong dilihatkan asli palsunya kemungkinan masih bersedia membantu.

  91. Pak cara bikin LTE only gmana ya..kok aku tkan *#*#4636#*#* gk muncul apa2..dan stiap aku dwnload aplikasi lock 4g dan advanced network pasti berhenti terus..itu knapa ya..mhon di bls pak..

    1. Bu Mutia,

      Dulu saat saya menguji pakai Galaxy J5, kombinasi angka yang Anda sebutkan sukses memunculkan menu untuk mengunci LTE only. Kalau saat ini tak bisa, saya tidak mengetahuinya. Sebab, saya sudah lama berpisah dengan Galaxy J5.

        1. Bu Mutia,

          Seperti jawaban saya sebelumnya, tak tahu. Lha saya sudah lama berpisah dengan Galaxy J5.

  92. Haloo Pak Herry SW… Sy mau nanya + minta saran ni.. Saya punya 2 pilihan hp yaitu Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL (4G, 5.5 inchi) dan Oppo Neo 7..
    Saya cari tau tentang masalah asus kebanyakan seperti cepat PANAS dan panas.. sering mati juga saat panas banget.. saya jadi agak ragu untuk membeli hp ini..
    Sblumnya saya memakai oppo Find 5 mini ( intrnal 4GB), saya pakai sekitar 1 tahun 4 bulan’an, dan bootloop lah terjadi di oppo tsb. Dan kata Service Center nya hrus ganti PCB nya 800rb..
    Mengingat itu, saya pun sedikit trauma menggunakan oppo lagi. Jadi, saya bingung mau membeli hp apa lagi saat ini.

    Mohon infonya Pak Herry SW.. Dan kalo bisa, mohon sarannya..
    Sebagai plengkap, Dana saya 2,2jt..
    Terima Kasih.

    1. Pak Erick,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Ponsel Oppo silakan langsung dicoret dulu.

      Saya belum pernah mencoba Zenfone 2 Laser varian ZE550KL. Yang pernah saya coba ZE500KG dan ZE500KL. Karena anggaran Anda Rp 2,2 juta, pasti nggak cukup untuk membeli ZE550KL baru deh. Bagaimana kalau Anda membeli ZE500KL saja?

      Ponsel Asus seri Zenfone 2 Laser sudah tidak cepat panas lagi kok. Beda dengan generasi sebelumnya.

  93. Koh, saya bingung antara asus zenfone selfie atau samsung j5 dg kriteria harga sama sekitar 2,8 jtan mending mana koh? Mohon pencerahannya

  94. hallo pak .bisakah samsung j5 bisa digunakan, hanya memakai satu kartu gsm saja, pada sim 2.
    tanpa kartu LTE/4G.

  95. mau nanya pak herry,, cara lock 4g lte only di j5 kira kira ada gak yg tanpa root,
    thanks sebelumnya

    1. Pak Nur Muhammad J,

      Pasangkan kartu yang akan di-lock 4G only di SIM1. Berikutnya, masuk ke menu telepon dan silakan tekan *#*#4636#*#*. Sudah? Kini pilih phone information, geser ke bawah sampai menemukan set preferred network type, kemudian pilih LTE only.

  96. di samsung j5 saya kenapa hanya ada ikon sim2,dengan lingkaran bergaris ( tidak diketahui ).mohon pencerahannya.padahal kartu masih aktif di ponsel lain.jadi sekarang saya hanya bisa menggunakan akses wifi.terimakasih

    1. Pak Rama,

      Kemungkinan kartu yang dipasangkan di selot SIM2 itu tidak dikenali. Kartu operator apa? Coba lepaskan sebentar, lalu pasangkan lagi.

  97. terimakasih sebelumnya,
    tapi udah saya coba,namun hasil tetap sama.
    saya curiga kenapa di setelan tidak ada menu layanan jaringan (pilihan jaringan lte,3g,2g).padahal sebelumnya ada tampil.seperti jaringan terkunci

    apakah j5 saya perlu di root.
    tolong bantu saya

  98. Mau tanya pak herry..dengan harga kurang lebih sama mending J7 atau A3 2016 ..
    J7 gak suka modelnya masih plastik ..tapi speknya bagus ..
    Kasih masukan terimakasih

    1. Bu Fattimah,

      Tak tahu. Sebab, saya belum pernah mencoba ponsel itu.

      Btw, tak berminat mencoba ponsel merek lain? Ponsel non-Samsung sekarang banyak yang bagus dan dengan harga lebih kompetitif lho.

  99. pak hey

    saya mau tanya pak cara merubah jaringan hp samsung j5 dari 3G ke 4G gimana ya pak?

    1. Bu Santi Desiliana,

      Biarkan mode jaringan pada posisi otomatis. Kalau Anda berada di area layanan 4G, ponsel akan masuk ke jaringan 4G.

  100. Pak HSW
    Klo xiaomi redmi 3 pro ,sesuai gk kespadanan harga sama speknya ?

    Ada rekomendasi lain android bagus speknya dibawah 3 jutaan ?

    1. Pak Seto,

      Tak tahu. Saya belum mencoba Redmi 3 Pro karena belum ada yang bergaransi resmi.

      Boleh coba Infinx Zero 3 Rp 2,599 juta.

    1. Pak Rafi,

      Layar sentuhnya tak berfungsi? Kalau iya dan sudah coba di-restart tetap begitu, terpaksa mampir ke pusat perbaikan resmi Samsung deh.

  101. Numpang tanya pak.
    Bagus mana ya asus zenfone go ram 2 gb dengan galaxy j2….bingung nih milih mana jika dilihat untuk game dan multitaskingnya….apa zenfone go cepat panas ya???….
    Maaf berubah topik

  102. mau tanya nih, hp sy samsung J5, napa yah kok susah bnget trima invite pin tmn. mreka bilg pending. pdhal g ada msuk d hp sy. Bknnya g bs sm skli, cm ibaratnya dr 10 org invite hnya satu yg msuk. tp klu sy invite mreka lgsung msuk. tolg ksi tau dong gmn solusinya. coz sy asli gaptek bngt. Mksih bnyk sblumnya

    1. Bu Oliv,

      Saya bukan pengguna BBM.

      Teman yang mengirimkan invitation BBM memakai ponsel Android atau BlackBerry? Kalau memakai Android, saya tak tahu penyebabnya. Kalau teman Anda menggunakan peranti bermerek BlackBerry, sekitar dua minggu terakhir memang sedang ada gangguan untuk invite lintas platform. Belum ada solusi.

  103. pak saya ingin tanya nih . smartpone apa yang murah yang sudah memiki infared ya ? udah bisa menggunakan remote control

  104. koh tolong review j2 donk soalnya saya mau beli hp itu tpi pingin tau kelebihan dan kekurangannya, klo blog lain review kurang jelas, mantapan review koh herry (y)

    1. Pak Slamet,

      Masalahnya, saya tak punya ponselnya. Jadi, ya tidak bisa me-review-nya. Lagipula ponsel itu sudah lama beredar. Basi kalau baru di-review sekarang.

    1. Pak Luthfi,

      Mi 4i sudah lama banget ada yang bergaransi resmi. Yang takkan ada garansi resminya itu Mi 4.

  105. Maaf nimbrung, saya pengguna samsung j5 selama 1 bulan dan saya sudah pernah memakai produk cina yang katanya menggiurkan. OKEY saya setuju dengab kata menggiurka dengan harga yang miring, itulah alasan saya selalu membeli merk tionghoa (Asus, lenovo, xiaomi, oppo) well dari ke 4 merk tersebut setelah saya pakai selama setahun timbul kerusakan, dan dari ke 4 merk ponsel tersebut semua fasilitas service nya buruk, tapi kalo oppo agak lumayan lah. Ada ada saja ulah service center yang membuat saya kesal dari susahnya mencari barang, mahalnya harga barang dan jasa service, dan ketidak profesionalan after sales. Ketika saya membawa hp ibu saya samsung tab 2 yang rusak sim card, batre bocor, camera rusak biaya yang saya harus bayar tak lebih dari 500ribu dan waktu service cuman 2 jam, luar biasa bukan? Nah kesimpulannya jika anda membanding merk cina harga murah dengan tp bagus dengan merk samsung harga mahal, jelas samsung pemenangnya memang menggiurkan punya hp bagus harga murah tp bukankah hp salah satu kebutuhan pokok? Dan juga investasi? Bayangkan jika hp merk cina kalian rusak dan claim service susah kemudian memakan waktu yang lama ditambah mahal, kesal bukan? Coba dipikirkan lagi

  106. Pak Herry,

    Klo dari segi daya tahan gadget itu sendiri untuk pemakai seperti saya yang motto hidupnya “kalo bisa pakai satu handphone sampai rusak” bukan yang sering gonta ganti handphone, menurut Bapak apakah brand Samsung ini lebih awet daripada brand lainnya khususnya handphone Tiongkok yang banyak beredar?

    Contoh kasus saya:

    Lenovo P780 saya: mulai rusak sejak 2.5 tahun pemakaian (sinyal blank)
    Asus Zenfone 5 suami saya: tombol power mulai tdk bisa ditekan setelah 1,5 tahun pemakaian
    Xiaomi Note adik saya: sistem error melulu setelah 1 tahun pemakaian

    Mohon pencerahannya, karena klo HP Samsung memang lebih tahan lama, sayah mau beli Samsung ajah

    Terima Kasih atas perhatiannya, maap klo udh pernah dibahas sebelumnya, karena saya belum lihat pembahasannya.

    Trims

    1. Bu Yulia,

      Belum tentu juga sih. Galaxy Note 2 milik beberapa kenalan saya mendadak mati total setelah dipakai selama lebih dari setahun, tetapi kurang dari dua tahun. Padahal, Galaxy Note 2 termasuk ponsel flagship Samsung yang harga jualnya tidak murah lho.

      1. Sebenarnya tergantung pemakaian pak herry mungkin punya temen bapak honya galaxy note2 yang notabene mahal, Tapi coba kita lihat dulu pemakaiannya? Lalu di cek ke service center, dimana letak kerusakannya dan seberapa parah. Kita tidak bisa melihat dari satu sisi pak, asitektur hp tidak se simple itu pak, ada kelbihan dan kekurangan, kelebihan bisa jadi kekurangan jika pemakain tidak sesuai yang ada di guide book.

        1. Bu Putri Puspita,

          Ya, perilaku pemakaian memang turut menentukan. Namun, kalau bicara Galaxy Note 2, ponsel yang mendadak mati total setelah pemakaian setahun itu cukup sering terjadi lho.

          Memang beritanya tak sampai seheboh baterai Galaxy Note 7 yang meledak. Kebetulan penyakit Note 2 baru terlihat setahun kemudian, sedangkan Note 7 di awal kehadirannya.

  107. Pak mau nanya nih, sy mau beli hp ada 3 pilihan, yaitu samsung j5, xiaomi mi4i dan xiaomi mi4 ? Tolong pencerahannya pak yg bgus nda awet yg mana ???
    Trimakasih sebelumnya

    1. Pak Fandy,

      Kalau pilihannya begitu, ya silakan ambil Mi 4i. Pastikan membeli yang bergaransi resmi.

  108. Pak saya udah nyoba pake smartfren 4G LTE kok ga bisa? Malah ga ada sinyal nya? Hehe
    Sebenarnya, samsung bisa pake kartu cdma ga?hehe

    1. Pak Tama,

      Kartu yang Anda pasangkan sudah benar kartu Smartfren 4G LTE kan? Sebab, kalau yang diselipkan kartu Smartfren EvDO, pasti takkan bisa dapat sinyal.

      Bila benar kartu 4G LTE, selipkan di selot kartu SIM1, kemudian lakukan pencarian jaringan secara manual.

  109. Pak, gmn yah caranya utk simcard bolt 4GLTE agar dpt connect di asus ze551ml. Saya coba dgn lock di LTE only jg tetep tdk berhasil dgn *#*#4636#*#*. Ada bbrp review web yg mnyatakan berhasil. Mohon petunjuk nya. Tq

    1. Pak Martinus,

      Maaf, saya tak pernah memadukan ZE551Ml dengan Bolt. Kebetulan di Surabaya tidak ada layanan Bolt.

  110. pagi pak,,

    baru beli samsung j5 keluaran terbaru 2016 battery 3100 tadi sore. aktifin koneksi data hp langsung panas buat browsing ato buka aplikasi.

    apakah normal ini pak ??

    thx

    1. Pak Andrew,

      Sekadar menyentuh Galaxy J5 2016 pun saya kebetulan belum pernah. Jadi, saya tak tahu apakah kondisi itu normal terjadi di ponsel tersebut.

      Sekadar info, ponsel Samsung yang bagus biasanya hanya seri S dan Note. Seri lain, termasuk seri J, biasanya jelek.

  111. Pak herry mau tanya.hp saya samsung j5 2016.saya cari pengaturan hanya 4g nya tidak ada di hp nya.solusinya gmana ya untuk menggunakan hanya 4g..?

    1. Pak Mukit,

      Ini jadi ceritanya bisa dapat sinyal 4G LTE, tetapi tidak bisa dikunci LTE only ya?

      Coba masuk ke menu telepon, tekan *#0011#, dan utak-atik menu di dalamnya. Saya tidak sedang memakai ponsel Samsung sehingga tak bisa memberikan panduan lebih detail.

  112. Siang pak herry, saya selama ini memakai smartfren dengan hp jadul yang tidak bisa 4G
    kebetulan ada bonus telpon sesama smart yang lumayan lama buat telpon2 dengan istri.
    kurang lebih seminggu ini hp saya tidak lagi bisa telpon dan sms, hanya data, saya cek ke smartfren ternyata layanan 3G sudah “dimatikan” dan skrg mereka full 4G sehingga hp jadul saya yang hanya kenal 3G hanya bisa data saja.

    Saya pribadi kurang tertarik dengan andromaxnya smartfren
    Saya hampir memutuskan beli samsung j5 atau j7 versi 2016 tapi saya baca review2 lama disini ternyata hp non bundling ini hanya bisa untuk data saja, sementara kebutuhan saya untuk telpon dan sms
    Ada rekomendasi buat hp yang bisa smartfren selain data juga tentu bisa telpon dan sms.
    terimakasih

  113. Sore pak herry, mohon infonya.
    Saya baru beli galaxy j5, saya juga punya smartfren cdma tapi belum 4g. Apakah bs saya gunakan kartu smartfrennya di dalam hp baru saya?
    Kemudian pak, apabila bisa, apakah smartfren saya masih berfungsi selayaknya (Bs untuk telpon, sms, dan internet)?

    1. Bu Asti,

      Kalau kartu Smartfren-nya masih kartu CDMA, takkan bisa dipakai di Galaxy J5. Harus di-upgrade dulu menjadi kartu 4G LTE.

  114. Kalau memang nantinya bs untuk telpon, sms, serta internet. Saya akan ke galery smartfren dan urus kartunya menjadi 4G agar paired dengan J5 saya

    1. Bu Shinta,

      Bisa jadi demikian. Coba hubungi call center Telkomsel dan tanyakan apakah di lokasi Anda sudah ada jaringan 4G LTE.

    1. Pak Faresta Ady Octa Vian,

      Galaxy J5 untuk ukuran saat ini sudah nggak menarik.

      Redmi 3s Pro mending langsung dicoret karena tanpa garansi resmi.

  115. Mau nanya
    Knpa samsung j5 2016 yang baru saya beli jaringan sangat lola dan pengaturan jaringan 4g tidak ada
    Padahal pada kotak hp katanya samsung j5 2016 jaringan 4g
    Mohon bantuannya

    1. Pak DN,

      Jaringan sangat lola biasanya berhubungan dengan operator yang Anda gunakan.

      Tidak ada pengaturan untuk mengunci ke jaringan 4G LTE. Yang ada pilihan jaringan otomatis. Kalau pas dapat sinyal 4G LTE yang kuat, ponsel otomatis akan masuk ke sana.

  116. Mohon bantuannya pak
    Saya baru beli samsung j5 2016
    Tpi jaringannya amat lola bhkn d pengaturan menunya tdk ada pengaturan jaringan 4g

    1. Pak DN,

      Sudah saya jawab di tempat Anda pertama mengirimkan pertanyaan. Lain kali pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja.

  117. kan kamera samsung lebih besar pak
    13mp sedangkan zenfone laser cuma 8mp
    berarti ngaruh ea ram 1.5gb di samsung
    buat ponsel tidak gegas
    oh ya pak 1 lagi
    antara galaxy j5.zenfone laser dan redmi 2 prime
    mana hasil kameranya yg paling bagus

    1. Pak Jutawan,

      Zenfone 2 Laser varian ZE500KL dibekali kamera 13 megapiksel. Hasilnya, tetap lebih gegas dan bagus daripada Galaxy J5 lho. Padahal, harga ZE500KL lebih murah daripada Galaxy J5.

      Zenfone 2 Laser. Saran saya, beli yang ekornya KL (misalnya, ZE500KL). Saat ini yang ekor KG (misalnya, ZE500KG) sudah kurang menarik karena belum mendukung layanan 4G LTE.

    1. Pak Beni,

      Dengan dana yang sama, memang lebih baik membeli ponsel merek lain. Samsung itu harga mahal, barangnya kurang bagus. Yang bagus praktis cuma seri S dan Note.

  118. Kalau membandingkan Samsung J5 Prime dengan Lenovo vibe K5 / K4 Note, pak HSW pilih mana? Karena saya sedang cari2 Hp RAM 2-3Gb, ROM 16/32gb dengan harga 2jutaan dan tdk menembus 3 juta.
    Terima kasih sebelumnya.

    1. Bu Winnie,

      Tak tahu. Lha saya belum pernah menguji pakai ponsel itu.

      Kalau yang Anda kejar sebatas RAM 2-3 GB, ROM 16-32 GB, dan anggaran maksimal Rp 3 juta, saya lebih condong ke Xiaomi Redmi 3 Prime (3/32 GB dengan baterai tahan lama) atau Infinix Zero 3 (3/16 GB dengan kamera bagus).

  119. maaf pak herry oot..
    j5 saya ketika batrei sudah dibawah 50%mati dan ga bisa hidup lagi..harus dicharger dulu baru mau nyala..
    beberapa artikel yg saya baca sudah saya coba, tapi hasilnya nihil..
    mungkin pak herry punya solusi

    1. Pak Achmad,

      Baterai ponsel Anda mungkin sudah mulai rusak. Kalau masih dalam masa garansi resmi, bawa ke pusat perbaikan resmi Samsung deh.

  120. Selamat sore pak herry saya mau nanya tentang xiomi redmi 3s prime….apa dengan jangka waktu pemakaian hp xiomi itu kurang responsif karena hp saya low respon padahal dipakainya baru beberapa bulan….minta petunjuknya..terimakasih

    1. Pak Adi,

      Mereknya Xiomi atau Xiaomi? Mungkin yang kedua ya.

      Saya tak bisa berkomentar karena belum pernah mencoba Redmi 3S Prime. Ponsel Anda pasti tanpa garansi resmi. Nah, karena berbagai faktor, barang tanpa garansi resmi sering bertingkah aneh.

  121. maaf saya mau tanya . hp saya samsung j5 2015 .. tertiban gas 3k ancur LCD nya … sesudah saya ganti kenapa sangat susah di jaringan 4G .. hanya bertahan sekitar 3 menit saja langsung ilang lagi .. mohon yg mngerti kasi solusi untuk hp saya . terimakasih sebelumnya …

    1. Pak Abee,

      Apakah Anda melakukan penggantian LCD di pusat perbaikan resmi Samsung? Saran saya, lakukan konsultasi dan pengecekan di sana.

  122. Selamat siang Pak herry
    Saya beres beli samsung j5 2016 dua hari lalu, pas ke pengaturan SIM di bagian pesan teks hanya ada pilihan SIM 1 atau SIM 2 gak ad pilihan “selalu tanya”. Akhirnya saat mengirim pesan hanya bisa dr salah satu SIM aja, apa memang seperti itu di j5 y pak?atau ada yg salah dengan j5 saya? Thanks

  123. Selamat siang pak herry
    mau nanya nih mau pilih ponsel samsung j2 prime atau xiaomi redmi 2 prime bagus yang mana ?

    1. Pak Will,

      Hmm… jangan ambil Galaxy J2 Prime deh. Redmi 2 Prime bagus, tapi sudah diskontinyu.

      Saya menduga anggaran Anda maksimal Rp 2 juta ya. Kalau benar, silakan melirik Infinix Zero 3 Rp 1,999 juta. Di harga yang lebih murah, sekitar Rp 1,7 juta, belilah Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *